Jumat, 09 Desember 2011

]] XL-mania [[ Digest Number 2302

Messages In This Digest (8 Messages)

Messages

1a.

Re: COUNT IF

Posted by: "NANG Agus" nangagus@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 8:50 pm (PST)



Dear Aksel Cibubur

Salam sejahtera untuk kita semua
Sebenarnya saya mencoba untuk membantu, tapi.....
saya tidak bisa, hanya dengan membayangkan permasalahannya. (hanya
keterangan saja gitu lhooooh.)
Gimana saya bisa bantu....
Mungkin saja dapat digunakan rumus* sumproduct*
(kalau saja ada file excelnya mungkin rekan milis yang lain akan cepat
menanggappi.

salam.

NangAgus

2011/12/3 akselcibubur <akselcibubur@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Assalamualaikum,
>
> abang, none, ncang-ncing nyak babeh.
> saya boleh nanya kan.
> Saya kerja di tempat bimbingan belajar sebagai yang mengatur jadwalnya.
> Trus saya sering mengalami kesulitan ketika membuat laporan akhirnya. yaitu
> saya harus menghitung jumlah sesi mengajar setiap pengajar selama satu
> semester.
> saya membuat form sheetnya itu menurun kebawah, jadi 1 sheet itu menampung
> data dari berbagai lokasi.
> misalkan.
> lokasi a
> SD : maa|idw|pzz
> byu|maa|byu
> dst
> smp: sua|faa|mtr
> dst
> sma: kdw|een|fyu
> dst
>
> lokasi b
> SD : ish|bny|mtr
> dst
> SMP: dst
> SMA: dst
>
> seperti ini contohnya, nah, ketika saya mau hitung keseluruhan lokasi saya
> dengan mudah bisa menghitung dengan memakai countif(cell,"maa") misalkan.
> lalu muncullah hasilnya.
> tapi yang bikin saya sulit adalah menghitung per jenjang : misalkan di SD
> berapa, di SMP berapa, di SMA berapa.
> saya coba akalin dengan saya hide dan pakai rumus yang sama, ternyata yang
> saya hide juga kehitung juga.
> saya coba akalin pakai format cell, custom, tambahin karakter gag di
> setiap jenjang, gag bisa karena dia teks bukan angka.
> GIMANA ya caranya, ada yang tau? coz kalau saya harus pakai cari tambah
> cell SD a + cell SD b kaya gitu panjang banget. Trims.
>
>
>
1b.

Re: COUNT IF

Posted by: "Tommy" tomz.zlow@gmail.com   tomz_aja

Thu Dec 8, 2011 8:50 pm (PST)



Bisa gunakan:
1. countif + offset + match
-match untuk mencari index column/row jenis sekolah (SD, SMP, dst)
-offset untuk mengambil range berdasarkan index column/row tersebut
-countif untuk menghitung dengan kriteria lokasi (maa, dst) yang ada dalam range hasil offset.

2. sumproduct, mungkin dengan rumus seperti ini
=sumproduct((range_header:_SD_SMP_dst="SD")*(range_semua_wilayah:_maa_dst="maa")*1)

Blessings,
tomz

----- Original Message -----
From: akselcibubur
To: XL-mania@yahoogroups.com
Sent: Saturday, December 03, 2011 7:19 PM
Subject: ]] XL-mania [[ COUNT IF

Assalamualaikum,

abang, none, ncang-ncing nyak babeh.
saya boleh nanya kan.
Saya kerja di tempat bimbingan belajar sebagai yang mengatur jadwalnya. Trus saya sering mengalami kesulitan ketika membuat laporan akhirnya. yaitu saya harus menghitung jumlah sesi mengajar setiap pengajar selama satu semester.
saya membuat form sheetnya itu menurun kebawah, jadi 1 sheet itu menampung data dari berbagai lokasi.
misalkan.
lokasi a
SD : maa|idw|pzz
byu|maa|byu
dst
smp: sua|faa|mtr
dst
sma: kdw|een|fyu
dst

lokasi b
SD : ish|bny|mtr
dst
SMP: dst
SMA: dst

seperti ini contohnya, nah, ketika saya mau hitung keseluruhan lokasi saya dengan mudah bisa menghitung dengan memakai countif(cell,"maa") misalkan. lalu muncullah hasilnya.
tapi yang bikin saya sulit adalah menghitung per jenjang : misalkan di SD berapa, di SMP berapa, di SMA berapa.
saya coba akalin dengan saya hide dan pakai rumus yang sama, ternyata yang saya hide juga kehitung juga.
saya coba akalin pakai format cell, custom, tambahin karakter gag di setiap jenjang, gag bisa karena dia teks bukan angka.
GIMANA ya caranya, ada yang tau? coz kalau saya harus pakai cari tambah cell SD a + cell SD b kaya gitu panjang banget. Trims.

2a.

Re: Macro Error

Posted by: "ifin" ari_mantap2000@yahoo.com   ari_mantap2000

Thu Dec 8, 2011 8:50 pm (PST)



Maaf baru bergabung tapi ingin sedikit memberi sesuai pengalaman yang pernah  saya alami,

saya copy file excel yang ada macronya ke komputer lain, tapi pass di "Run"  ga jalan. terus keluar kaya pesan gitu yang berisi perintah pengaturan security nya.
terus saya cari tau dan akhirnya ketemu, masih pada file excel tadi, saya klik : Tool-->Macro-->Security
terus muncul kotak Security. disitu ada beberapa opsi, terus saya coba satu2 dan yang bisa opsi Medium, jadi pilih opsi medium terus klik Ok, coba simpan, terus di "Run" lagi.

Mohon koreksi dari para master xl-mania, karena saya baru bergabung dan baru coba2,
Mudah2an berhasil,

--- On Fri, 12/2/11, Adi Sukartya <adi_on_g@yahoo.co.id> wrote:

From: Adi Sukartya <adi_on_g@yahoo.co.id>
Subject: ]] XL-mania [[ Macro Error
To: "xlmania" <XL-mania@yahoogroups.com>
Date: Friday, December 2, 2011, 1:38 AM

 

halo, permisi, mau tanya dong...kan gini, saya udh buat macro di win XP, tp pas mau dijalanin di komputer lain dgn OS yg berbeda (vista & win 7)kok error yah, dan ada beberapa fungsi yg ga jalan...tapi pas di win XP lancar2 ajah...kira2 apa yg salah yah...apa setiap OS berbeda rumusnya atau gmn?thx

2b.

Re: Macro Error

Posted by: "ari" ari_mantap2000@yahoo.com   ari_mantap2000

Thu Dec 8, 2011 8:51 pm (PST)



Maaf baru bergabung tapi ingin sedikit memberi sesuai pengalaman yang pernah saya alami,

saya copy file excel yang ada macronya ke komputer lain, tapi pass di "Run" ga jalan. terus keluar kaya pesan gitu yang berisi perintah pengaturan security nya.
terus saya cari tau dan akhirnya ketemu, masih pada file excel tadi, saya klik : Tool-->Macro-->Security
terus muncul kotak Security. disitu ada beberapa opsi, terus saya coba satu2 dan yang bisa opsi Medium, jadi pilih opsi medium terus klik Ok, coba simpan, terus di "Run" lagi.

Mohon koreksi dari para master xl-mania, karena saya baru bergabung dan baru coba2,
Mudah2an berhasil,

--- On Fri, 12/2/11, Adi Sukartya <adi_on_g@yahoo.co.id> wrote:

From: Adi Sukartya <adi_on_g@yahoo.co.id>
Subject: ]] XL-mania [[ Macro Error
To: "xlmania" <XL-mania@yahoogroups.com>
Date: Friday, December 2, 2011, 1:38 AM

halo, permisi, mau tanya dong...
kan gini, saya udh buat macro di win XP, tp pas mau dijalanin di komputer lain dgn OS yg berbeda (vista & win 7)
kok error yah, dan ada beberapa fungsi yg ga jalan...
tapi pas di win XP lancar2 ajah...
kira2 apa yg salah yah...
apa setiap OS berbeda rumusnya atau gmn?
thx

3.

Rekapitulasi Revisi Anggaran 2012

Posted by: "amelia" amelia@len.co.id

Thu Dec 8, 2011 8:54 pm (PST)



Dear Master Excel, saya ingin merekap perubahan data anggaran = awal (RKAO)
+ revisi (hasil report)

Bagaimana formula "sumif "untuk menghitung revisi: dengan menggunakan 2
kriteria yaitu unit kerja (misal DA 12XX 999) dan MA (mata anggaran misal
866/766)

Mohon Bantuannya..

Terima Kasih

4.

Mengambil data tanggal dalam text

Posted by: "Alex Wirawan" gre3n_5ky@yahoo.com   gre3n_5ky

Thu Dec 8, 2011 8:55 pm (PST)



Dear Master Excel,

Mohon bantuannya bagaimana cara untuk memisahkan data berupa tanggal didalam text ke kolom baru & sudah berupa format tanggal seperti data yang saya lampirkan.

Maaf jika membingungkan. Mohon bantuannya para master excel sekalian mengingat data yang diberikan kepada sy ini sudah mencapai sekitar 4 ribuan baris.

Regards,
Fajar
5.

Menghilangkan spasi setelah text

Posted by: "eko wiyanto" eko_tbn@yahoo.com   eko_tbn

Thu Dec 8, 2011 8:58 pm (PST)



Dear Pakar,
 
Mohon bantuannya, saya lagi vlookup data dengan master,
namun pada data yang diambil, acuan datanya tidak sama dengan acuan data di master
karena bila di tekan F2 pada kolom di data "kode item" setelah text ada spasi kosong yang tidak beraturan, dimaster "kode item" tidak ada spasi
 
ada 2 masalahnya:
- kode itemnya sendiri jumlah hurufnya tidak standar, jadi kalau dipakai rumus left tidak bisa
- jumlah spasi sebelah kanan setelah kode item juga tidak standar, jadi kalau dipakai rumus right juga tidak bisa
 
mohon bantu biar tidak manual satu2
 
thanks in advance
eko
6.

Bagaimana cara menjumlahkan dari tiga atau lebih variable.

Posted by: "Endi Tea" idsubarb@yahoo.co.id

Thu Dec 8, 2011 9:02 pm (PST)



Slamat siang XL-Mania,
 
Saya mempunyai data yang perlu di olah seperti contoh terlampir.
 
Jika terdapat tiga variable data yang sama dari data yang ada maka amount-nya perlu di jumlahkan menjadi satu baris.
 
Sangat di harapkan dapat bantuan dari para pakar XL untuk memudahkan pekerjaan saya.
 
Terimakasih sebelum dan sesudahnya.
 
Salam,
Budi
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Find support for

Mental illnesses

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| ayooo... coba cari XL-mania di linkedin.com                       |
| momods kebanyakan e-mail :(... unread di kantor 6 ribu lebih :(   |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di : http://www.friendster.com/xlmania atau...  |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar