Sabtu, 17 Desember 2011

[belajar-excel] Digest Number 1441

Messages In This Digest (19 Messages)

Messages

1a.

Re: Data Siswa yang telah terurut menggunakan macro

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Fri Dec 16, 2011 11:17 am (PST)



sama sama BU Robin....
titip salam buat TANTE BatMan ya... :)

lho kok makro masih diminta/ditunggu ya.., padahal:
--- kemarin janjinya kan makro akan dikirim KALAU BELUM ADA penanggap yg
memberikan
makro; sedangkan pak UDIN sudah memberikan cara merekam makro sorting)
--- algoritma yg ada untuk membuat formula sorting, dapat digunakan untuk
membuat makro
--- para penanggap BELUM DIBERI TAHU apakah usulan/kirimannya sudah di
test dan
"JALAN & berhasil' / atau ada bugs / cacat / "malpraktik" nya ..
(padahal itulah berita (yg biasanya) paling ditunggu oleh penanggap),
bukan "thank-you nya"
okkèhlah kalau bLegitu...

Sub MakroSortKhusus_VersiNguawurrr()
*'====================================*
*' indri Hapsari / smg, 16 Dec 2011*
*' BeExcel case # 14660*
*' makro sorting dengan Rules khusus*
*'====================================*
' makro sengaja menghindari pemakaian *SORT method *yg sudah ada
*' *di excel (tinggal pakai) karena kalau itu kan sudah biasa !
*' *(kok masih ditanyakan (??)
'---------------------------------------------------
' algoritma sorting yg implementasinya dibuat dgn VBA tentu kalah cepat
' jika dibanding dengan program SORT asli buatan Microsoft, karena
' mungkin Tools didalam Excel ditulis dgn bahasa low level /machine ( bukan
VBA yg..
' high level dimana untuk terlaksananya perlu beberapa kali translasi)
CMIIW...
*'---------------------------------------------------*
Dim Tbl As Range, Hsl As Range
Dim Komposit() As String, i As Long, n As Long

Set Tbl = Sheets("Masalah").Range("A1").CurrentRegion
Set Hsl = Sheets("HasilMAXRO").Range("B2")
ReDim Komposit(1 To Tbl.Rows.Count - 1)

For i = 2 To Tbl.Rows.Count
Komposit(i - 1) = _
Format(Tbl(i, 3), "00") + Format(Date - Tbl(i, 4), "00000") + _
Format(100 - Tbl(i, 3), "000") + Format(Tbl(i, 1), "000")
Next i
Komposit() = SortArray(Komposit())
Hsl.Parent.Activate
For i = 1 To UBound(Komposit)
n = CLng(Right(Komposit(i), 3))
Tbl(n + 1, 1).Resize(1, Tbl.Columns.Count).Copy
Hsl(i, 1).PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats
Next i
End Sub

'-------------
Private Function SortArray(Ar)
* ' bubble sorter (descending) *
* ' courtesy of: koleksi "macros mbak siti Vi"*
* '-----------------------------------------*
Dim a As Long, b As Long, c As Long, z As Long, t
z = UBound(Ar)
For a = LBound(Ar) To z - 1
For b = z To (a + 1) Step -1
c = b - 1
If Ar(b) > Ar(c) Then
t = Ar(b): Ar(b) = Ar(c): Ar(c) = t
End If
Next b
Next a
SortArray = Ar
End Function
'------------------------------------

2011/12/16 Muhammad Robin <mrobin86@yahoo.co.id>

> **
> Thank you untuk pak hapsari; wa'alaikum salam, Mr. Kids; dan Udin Haeruddin
> untuk pak hapsari, ditunggu dengan makronya
> Terima Kasih
>

> ________________________________
> Dari: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> Dikirim: Kamis, 15 Desember 2011 14:10
>
> Pakai rumus boleh ndak ya Oom..?
> Rumus ditulis langsung di sheet "hasil" merujuk data di sheet "Masalah"
>
> (1) Array Formula multi hasil / sekolom (kolom Nomor)
>
=RIGHT(LARGE(--(TEXT(Masalah!C2:C19,"00")&TEXT(TODAY()-Masalah!D2:D19,"00000")&
>
TEXT(10-Masalah!F2:F19,"000")&TEXT(Masalah!A2:A19,"00")),Masalah!A2:A19),2)
> dan
> (2) Array Formula multi hasil (sebaris) / tiap records (5 kolom) selain
Nomor
> =OFFSET(Masalah!$B$1:$F$1,--Hasil!B2,0,1,)
>
> Rumus 1 : inti "kerjaan"-nya merangkai composit key yg terdiri dari
> Angka Kelas (2 digit) & Umur dlm hari (5 digit) &
> (10 - NilaiPeringkat, (2 digit) & NomorUrut (2 digit)
>
*> Dengan Makro tentunya lebih gampang, jika sampai besok siangbelum ada yg
memberikan akan
> diberikan besok sore.* (sebetulnya sudah ada di OnLineFolder yu Siti, dan
sering disiarkan URL nya)
*> Algoritma seperti yg diuraikan di atas itu tentunya bisa di CODEkan
menjadi makro*, atau jika lebih
> senang algoritma lain (yg orang lain sulit memahaminya) juga bisa (kalau
mau) tapi untuk apa..?
> Lha wong yg ini saja belum terlaksana...
>
>
> 2011/12/15 Muhammad Robin <mrobin86@yahoo.co.id>
> Dear Be Exceller,
> Saya ingin tanya bagaimana solusinya untuk kasus:
> 1. siswa yang kelasnya lebih besar diletakkan pada nomor urut yang lebih
tinggi, jika ada dua siswa atau lebih yang memiliki kelas yang sama maka
dari mereka yang usianya lebih tua diletakkan dalam nomor urut yang lebih
tinggi
> 2. Bila ada dua siswa atau lebih, yang kelasnya sama dan usianya sama,
maka dari mereka yang peringkat kelasnya lebih tinggi dicantumkan dalam
nomor urut yang lebih tinggi
> untuk lebih jelasnya, ada diattachment
> Thank you very much
2a.

Re: Protect Validasi

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Fri Dec 16, 2011 11:40 am (PST)



Manakala sebuah cell (ASL) di COPYkan ke cell lain (TUJUAN) yg sudah diberi
"FORMAT" Data Validation.....
Maka cell tujuan tsb selain VALUE nya berubah menjadi seperti cell Asal,
FORMATTINGnya
berubah juga, termasuk setting Data Validationnya

Padahal, Cell ASAL kan tidak ber "Data-Validation"
Ini berarti CELL Tujuan ber-Ubah menjadi Tidak-Berdata-Validation-Juga
(makanya dia tidak mau ikut aturan validasi yg *dulu-pernah* di-tempelkan
kepadanya)

karena itulah, mbak Riska..
cara paling mudah ialah memberi pengertian kepada para USER agar :
mengisi data ke Range (ber data validation) jangan pakai cara asal-isi
(dengan copy-paste (all) )
pakailah cara mengetikkan atau jika harus copy, pakailah copy > Paste
Special > VALUEs.
Kelakuan inilah yg diperbaiki...

Jika user memang jenis "asal kerja, tak mau ikut aturan kalau tidak dipaksa"
ya terpaksa 'dipecat' :(, atau kita memvalidasinya pakai makro...

Atau mungkin ada member lain yg tahu caranya mempetahankan DataValidasi pada
range, ketika terhadap range tsb di-TIMPA / copy > Paste All oleh copyan
cell lain..

Maaf saya belum bisa memberi cara yg nyata, ini malah kebanyakan omong ...

On Fri, Dec 16, 2011 at 11:17 AM, Riska Wahyu Nirmalasari <
Riska.Nirmalasari@danone.com> wrote:

> **
> Dear All,
> Mau tanya apakah ada cara protect validasi pada suatu cell agar tidak
> kacau. Jadi apabila pada sel tertentu yg terdapat format validasi di paste
> dari sel yg lain dia tidak berubah..(file terlampir)
> Karena jika saya memakai protect biasa, malah validasi tidak bisa
> digunakan sama sekali.
>
> Terimakasih atas bantuannya,
> Riska
>
3a.

Re: Vba project hilang or ga berfungsi

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Fri Dec 16, 2011 12:06 pm (PST)



kemunginan besar Filenya rusak (currupted)

walaupun gambar yg dikirim (hasil jepretan kamera digital? / bukan
screenshoot
dengan tombol [print-Sceen]) tidak terlalu jelas, error messagebox tsb
memberikan
sebuah hyperlink (di pojok kanan bawah) jika diceklik insyaAllah akan
membuka
file text berisi penjelasan bagian apa saja yg hilang (rusak)
(sudahkan dilaksanakan menceklik hyperlink tsb ?)

corrupted file bisa saja terjadi dlm proses pengiriman dari satu tempat ke
tempat lain
bisa dicoba: dikirim ulang atau dikirim ulang setelah di ZIP /RAR dulu...
[image: err msg yusajing.jpg]

'--------------------
2011/12/16 <yusajing_ehm@yahoo.com>
>
> Salam para master excel,
> Ceritanya saya mengirim email ke teman saya dengan file excel yg ada
macronya, di komputer saya bisa dijalankan akan tetapi ketika teman saya
buka filenya dri kmputernya tidak bisa,, dengn peringatan seperti gambar
terlampir,
> Saya ingin bertanya knp file excel yg ada di gambar tidak dapat di buka ??
> Mohon pencerahannya
> Terimakasih,
4a.

membuat drop-down list

Posted by: "Giyanto Widodo" widodomuh2@yahoo.co.id

Fri Dec 16, 2011 5:29 pm (PST)



Yth. Master2 Excel di Be-Excel,
terutama Mr. Kid (terimakasih atas array formulanya untuk mencari
rata-rata nilai tertinggi dengan mengabaikan sel kosong)

Kali ini saya ingin bertanya :
BAGAIMANA MEMBUAT DROP-DOWN LIST
Sebelum dan sesudahnya saya sampikan banyak terima-kasih,

Salam,
Giyanto Widodo

4b.

Re: membuat drop-down list

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Fri Dec 16, 2011 7:27 pm (PST)



Dear Pak Gi,

[image: membuat DropDownList ex Data Validation.PNG]

[image: drop down List.PNG]

Mudah-mudahan dengan 2 gambar tsb dapat ditangkap maksudnya....

Selain dengan cara itu, minimal masih ada 2 cara lagi yaitu:
pemanfatan Combo Box
(ActiveX control) dan Combo Box (Form Control) yg tidak sempat dibicarakan
di posting ini...

sekedar saran
buku "standar pengoperasian excel" akan sangat berguna (bisa dibaca sendiri)
setelah itu kita bisa segera masuk ke "excel problems" bukan hanya "standar
howto" lagi...

ebook gratis tapi boso londo-inggris..?? ada di
sini<http://www.box.com/s/gu8ycedo58me4rx626a2>

2011/12/17 Giyanto Widodo <widodomuh2@yahoo.co.id>

> **
>
> Yth. Master2 Excel di Be-Excel,
> terutama Mr. Kid (terimakasih atas array formulanya untuk mencari
> rata-rata nilai tertinggi dengan mengabaikan sel kosong)
>
> Kali ini saya ingin bertanya :
> BAGAIMANA MEMBUAT DROP-DOWN LIST
> Sebelum dan sesudahnya saya sampikan banyak terima-kasih,
>
> Salam,
> Giyanto Widodo
>
4c.

Re: membuat drop-down list

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Dec 16, 2011 7:30 pm (PST)



Bapak Giyanto Yth,

Untuk Excel 2003 kebawah, coba link berikut :
http://www.contextures.com/xldataval01.html

Untuk Excel 2007 ke atas, coba link berikut :
http://www.exceldigest.com/myblog/2009/08/13/data-validation-in-excel-2007-drop-down-list/

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/12/17 Giyanto Widodo <widodomuh2@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Yth. Master2 Excel di Be-Excel,
> terutama Mr. Kid (terimakasih atas array formulanya untuk mencari
> rata-rata nilai tertinggi dengan mengabaikan sel kosong)
>
> Kali ini saya ingin bertanya :
> BAGAIMANA MEMBUAT DROP-DOWN LIST
> Sebelum dan sesudahnya saya sampikan banyak terima-kasih,
>
> Salam,
> Giyanto Widodo
>
>
4d.

Re: membuat drop-down list

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Dec 16, 2011 7:32 pm (PST)



ups, ternyata sudah direspon oleh mpok Haps beberapa menit lalu malah sudah
lengkap dengan gambar sekrinsutnya.

Kid.

2011/12/17 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Pak Gi,
>
> [image: membuat DropDownList ex Data Validation.PNG]
>
> [image: drop down List.PNG]
>
> Mudah-mudahan dengan 2 gambar tsb dapat ditangkap maksudnya....
>
> Selain dengan cara itu, minimal masih ada 2 cara lagi yaitu:
> pemanfatan Combo Box
> (ActiveX control) dan Combo Box (Form Control) yg tidak sempat dibicarakan
> di posting ini...
>
> sekedar saran
> buku "standar pengoperasian excel" akan sangat berguna (bisa dibaca
> sendiri)
> setelah itu kita bisa segera masuk ke "excel problems" bukan hanya
> "standar howto" lagi...
>
> ebook gratis tapi boso londo-inggris..?? ada di sini<http://www.box.com/s/gu8ycedo58me4rx626a2>
>
>
> 2011/12/17 Giyanto Widodo <widodomuh2@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>> Yth. Master2 Excel di Be-Excel,
>> terutama Mr. Kid (terimakasih atas array formulanya untuk mencari
>> rata-rata nilai tertinggi dengan mengabaikan sel kosong)
>>
>> Kali ini saya ingin bertanya :
>> BAGAIMANA MEMBUAT DROP-DOWN LIST
>> Sebelum dan sesudahnya saya sampikan banyak terima-kasih,
>>
>> Salam,
>> Giyanto Widodo
>>
>
>
5a.

Menampilkan data sesuai kategori dan karakter spasi

Posted by: "Winda Miranti" winda_1504@yahoo.co.id   winda_1504

Fri Dec 16, 2011 8:38 pm (PST)



Dear Pakar-pakar XL,
 
Saya mau bertanya lagi mengenai memfilteran data..
Bgmn caranya untuk memfilter data yg <2 spasi dan data yg berada setelah spasi tersebut tidak ditampilkan..
Kemudian dikelompokan berdasarkan kategorinya..
Trimkasi pakar-pakar XL :D
 
Regards,
Winda
5b.

Re: Menampilkan data sesuai kategori dan karakter spasi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Dec 16, 2011 10:46 pm (PST)



Dear Winda,

Sebaiknya, datanya diberi penanda, kemudian susun dengan cara yang lebih
standar, misal menjadi per kolom. Lebih baik lagi jika berupa tabek yang
baik.
Jika data adalah hasil dari pivot table, kenapa Pisang dan bebek tidak ikut
diambil ya. Mungkin bukan hasil pivot table.

Kid.

2011/12/17 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Pakar-pakar XL,
>
> Saya mau bertanya lagi mengenai memfilteran data..
> Bgmn caranya untuk memfilter data yg <2 spasi dan data yg berada setelah
> spasi tersebut tidak ditampilkan..
> Kemudian dikelompokan berdasarkan kategorinya..
> Trimkasi pakar-pakar XL :D
>
> Regards,
> Winda
>
>
>
6a.

punya contoh program pencarian sederhana tidak?

Posted by: "Harumi Wanasita" hwanasita@yahoo.com   hwanasita

Fri Dec 16, 2011 10:46 pm (PST)



assalamualaikum wr wb,
para pakar excel adakah yang punya program pencarian sederhana dengan menggunakan vb macro excel? jika ada 
file nya bolehkah saya tahu?
trima kasih
6b.

Re: punya contoh program pencarian sederhana tidak?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Dec 16, 2011 11:10 pm (PST)



Waalaikumussalam Wr. Wb.

Bagaimana jika memanfaatkan fitur Find milik Excel.
Jika ingin diaktifkan melalui sekali pencet tombol di layar, bisa dengan
mengatur toolbar agar tombol Find muncul dilayar. Misal, pada Excel 2007
bisa melalui :
Office button -> Excel Options kemudian set seperti :

Jika ingin dengan sebuah tombol berupa tombol yang megaktifkan sebuah
prosedur VBA, maka :
1. ke VBE (Alt F11)
2. Insert -> Module
3. Paste prosedur :
Public Sub CariApaYa()
ActiveCell.EntireColumn.Select
Application.CutCopyMode = False
Application.Dialogs(xlDialogFormulaFind).Show
End Sub
4. kembali ke worksheet (Alt F11)
5. insert sebuah shape atau form2 object berupa button (bukan activex
command button)
6. klik kanan si shape, pilih Assign Macro
7. Pilih nama prosedurnya (contoh di atas : CariApaYa)
8. Tekan OK

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/12/17 Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com>

> **
>
>
> assalamualaikum wr wb,
> para pakar excel adakah yang punya program pencarian sederhana dengan
> menggunakan vb macro excel? jika ada
> file nya bolehkah saya tahu?
> trima kasih
>
> _
>
6c.

Re: punya contoh program pencarian sederhana tidak?

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Fri Dec 16, 2011 11:11 pm (PST)



kalau mencari orang yg melarikan diri, atau mencari uang, atau mencari jodoh
mugnkin sulit dilaksanakan dengan excel ( he he... abisnya pertanyaanna gak
lengkap)

tetapi bila sekedar mencari data (text) dengan area pencariannya = Range di
Excel Sheet
itusudah pekerjaan excel....

bisa dicoba dulu file contoh: 'cari dan
temukan.xls'<http://www.box.com/shared/v2qqolxxqx>
http://www.box.com/shared/v2qqolxxqx

2011/12/17 Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com>

> **
> assalamualaikum wr wb,
> para pakar excel adakah yang punya program pencarian sederhana dengan
> menggunakan vb macro excel? jika ada
> file nya bolehkah saya tahu?
> trima kasih
>
>
7a.

Merubah format (;) ke (,)

Posted by: "jajang muhammad siddik" jajang_ms@yahoo.co.id   jajang_ms

Fri Dec 16, 2011 11:35 pm (PST)



Dear Para Pa Excel master...
Gimana cara merubah format rumus pada excel yang di satu PC menggunakan ; (titik koma) kemuadian di PC lain menggunakan , (koma)

dari
=VLOOKUP(E1;A:B;2;0)

menjadi
=VLOOKUP(E1,A:B,2,0)

Salam,

@ jajangms
7b.

Re: Merubah format (;) ke (,)

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Dec 16, 2011 11:39 pm (PST)



Pak Jajang,

Lain kali tidak melakukan cross posting lagi ya. To nya cukup ke
belajar-excel saja. Tidak perlu ada to yang lain ataupun cc ke account
apapun yang lain.

Perbedaan pada penggunaan ; maupun , disebabkan oleh regional setting
komputer.
Coba ke Control Panel -> Regional Setting -> pilih English US

Kid.

2011/12/17 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Para Pa Excel master...
> Gimana cara merubah format rumus pada excel yang di satu PC menggunakan ;
> (titik koma) kemuadian di PC lain menggunakan , (koma)
>
> dari
> =VLOOKUP(E1;A:B;2;0)
>
> menjadi
> =VLOOKUP(E1,A:B,2,0)
>
> Salam,
>
> @ jajangms
>
>
>
7c.

Re: Merubah format (;) ke (,)

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Fri Dec 16, 2011 11:48 pm (PST)



Artinya kedua pc itu menggunakan *Regional And Language Setting *yg berbeda!

Mungkin PC 1 menggunakan INDONESIAN, (pemisah argument = ; (semi colon)
dan PC 2 mengunakan English (US), (pemisah argument = , (koma)
Setting ini juga mempengaruhi hal lain, misal pemisah desimal, pemisah
ribuan.

Untuk mengubah Regional setting (maupun meng - customize setting, bentuk
tampilan
tanggal, bilangan, dsb) anda dapat mengubah settingnya melalui

Control Panel > Regional & Language Options
[image: Regional Setting Eng and Ind.PNG]

CMIIW & maaf kalau ternyata saya salah tangkap maksud....

2011/12/17 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> **
> Dear Para Pa Excel master...
> Gimana cara merubah format rumus pada excel yang di satu PC menggunakan ;
> (titik koma) kemuadian di PC lain menggunakan , (koma)
> dari
> =VLOOKUP(E1;A:B;2;0)
> menjadi
> =VLOOKUP(E1,A:B,2,0)
>
> Salam,
> @ jajangms
>
>
>
8a.

RUMUS IF(ISNA(VLOOKUP

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sat Dec 17, 2011 12:53 am (PST)



Dear BeExceller,
 
Berdasarkan rumus IF(ISNA(VLOOKUP
yang saya ketahui, maka saya membuat sebagaimana file terlampir. Pada rumus
IF(ISNA(VLOOKUP yang saya fungsikan pada situasi tersebut hanya berfungsi jika 1
user peminjam hanya meminjam 1 (satu) buku sedangkan pada kolom yang telah
disiapkan memuat 5 (lima) buku.
 
Jika pada kolom yang disiapakan hanya
berisi peminjaman 1 (satu) buku, berarti untuk melakukan pencetakan (Print)
"Form Pemijaman Buku", saya hanya cukup mengganti No. Regsitrasi yang ingin
saya print (maksimal 10 Buku untuk 1 (satu) kali Print).
Pertanyaan saya adalah: Bagaimana
jika masing-masing user meminjam dengan nominal jumlah buku (yang dipinjam)
berbeda…???
 
Pada contoh terlampir, user a/n Harry
dan Dani meminjam 1 buku jadi otomatis posisinya berada pada ROW 4 & 5.
Bagaimana cara dan rumusnya jika user a/n Andri yang meminjam 2 (dua) buku
berada pada ROW 6 & 7, user a/n Eka yang meminjam 3 (tiga) buku berada pada
posisi ROW 8, 9 & 10…??? dst.
 
Mohon pencerahannya.
 
Terima kasih,
 
 
Harry
8b.

Re: RUMUS IF(ISNA(VLOOKUP

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Sat Dec 17, 2011 4:21 am (PST)



Dibuat seragam begini saja pak..

*=IF($M$4+$B4>COUNTA('REG PINJAM BUKU'!$B$2:$B$6),"",*
* VLOOKUP($M$4+$B4,'REG PINJAM BUKU'!$A$2:$AD$6,C$1,FALSE))
*
sintaks:
*IF ( Test_Kondisi, NilaiJikaKondisiBenar, NilaiJikaKondisiSalah )*

Karena Index-Kolom yg dirujuk dengan VLOOKUP tidak berUrutan, maka kita
dapat membuat
*baris bantu *berisi nomor kolom yg tidak berurutan itu.
Tujuannya untuk mempermudah dan memperpendek rumus.
Lihat sheet FORM PINJAM Baris C1:J2 (hidden)

Rumus tsb di atas cukup ditulis sekali di sheet FORM PINJAM *Cell C5 *
kemudian* select / blok-lah range C5:J14*, lalu *tekan Ctrl + Enter*
(seperti mengkopi C5 ke semua cell di C5:J14)
----------------------------------------------------

Jadi kesimpulannya, BUKAN RANGKAIAN NAMA FUNGSI yg menentukan (untuk
mencari apa)
tetapi yg harus difahami adalah:
* Fungsi berisi argument dan tiap argument tidak harus diisi dengan NILAI
YG SUDAH SIAP.
* NILAI yg akan dimasukkan sebagai Argument itu bisa berupa FORMULA,
padahal formula
bisa juga berupa &/ mengandung: FIUNGSI

* Rangkaian IF(ISNA(VLOOKUP(----)), ValueIfTRue, ValueIfFalse)
sebaiknya jangan
dihafal
tetapi difahami maksud : Untuk apa ISNA ada di situ, untuk apa VLookUp ada di
situ dst....,
karena sedikit berbeda data, ISNA dan fungsi LAIN bisa harus diubah..

Dan.. hanya untuk sebuah tujuan, harus-kah kita menambah *hafalan* yg
semakin banyak....!?

CMIIW...

2011/12/17 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
> Dear BeExceller,
> Berdasarkan rumus *IF(ISNA(VLOOKUP* yang saya ketahui, maka saya membuat
> sebagaimana file terlampir. Pada rumus IF(ISNA(VLOOKUP yang saya fungsikan
> pada situasi tersebut hanya berfungsi jika 1 user peminjam hanya meminjam 1
> (satu) buku sedangkan pada kolom yang telah disiapkan memuat 5 (lima) buku.
>
> Jika pada kolom yang disiapakan hanya berisi peminjaman 1 (satu) buku,
> berarti untuk melakukan pencetakan (Print) "Form Pemijaman Buku", saya
> hanya cukup mengganti No. Regsitrasi yang ingin saya print (maksimal 10
> Buku untuk 1 (satu) kali Print).
> Pertanyaan saya adalah: Bagaimana jika masing-masing user meminjam dengan
> nominal jumlah buku (yang dipinjam) berbeda…???
>
> Pada contoh terlampir, user a/n Harry dan Dani meminjam 1 buku jadi
> otomatis posisinya berada pada ROW 4 & 5. Bagaimana cara dan rumusnya jika
> user a/n Andri yang meminjam 2 (dua) buku berada pada ROW 6 & 7, user a/n
> Eka yang meminjam 3 (tiga) buku berada pada posisi ROW 8, 9 & 10…??? dst.
>
> Mohon pencerahannya.
>
> Terima kasih,
> Harry
>
>
>
9a.

kode macro untuk mengcopy range berfomula ke kolom di kanan cell inp

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sat Dec 17, 2011 3:42 am (PST)



Assalaamu alaikum,
to the point saja.
saya ingin mengcopy range bernama yang berisi formula ke kolom (range ) di kanan cell input.
setelah tercopy pada range target,hasilnya di range target di paste special value . jadi yang ada tinggal nilai hasilnya saja tanpa formula.
bagaimana code macronya.
ilustrasi ada di attachment.
terima kasih sebelumnya.

wassalam

Ghozi Alkatiri
9b.

Re: kode macro untuk mengcopy range berfomula ke kolom di kanan cell

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Dec 17, 2011 4:51 am (PST)



Wa alaikumussalam wr. wb.

Prinsip mengcopy paste special :
range_yang_akan _di_copy.copy
range_tujuan.pastespecial xlpastevalues

Dimana harus meletakkannya ?
1. ketika diharapkan setiap usai suatu event (seperti ubah nilai, aktifkan
sebuah cell (pindah yang diklik) dsb), maka letakkan pada event yang
bersangkutan.
Setiap object dari class worksheet maupun workbook, dan juga dari object
control activex, memiliki event yang bisa ditangkap
seperti event ketika nilai cell berubah, bisa ditangkap melalui prosedur
event Worksheet_change() di worksheet tersebut

2. ketika diharapkan ketika sebuah shape selain activex control di klik
maka akan mengerjakan sesuatu, atau dipanggil dari daftar macro yang ada di
file,
maka letakkan pada sebuah module.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana caranya membuat sebuah prosedur yang
berisi rangkaian kalimat perintah program ?
1. untuk event :
double click object yang memiliki event
pilih eventnya pada combo box yang disediakan di VBE (tekan Alt F11 untuk
ke VBE). Combo kiri memilih object (worksheet, workbook, form, dsb)
Combo kanan akan berisi event yang dimiliki si object.

Contoh :
double click tulisan sheet1 (sheets 1) di VBA Project (project explorer
frame kiri atas)
lihat combo kiri di frame kanan, pilih worksheet
lihat combo kanan di frame kanan, pilih event change
maka akan muncul blok prosedur didahului deklarasi misal Private Sub
Worksheet_Change()
Private adalah scope, Sub adalah jenis prosedur, Worksheet_Change() adalah
nama prosedur

diakhiri oleh End Sub karena jenis prosedur adalah Sub

Diantara dua baris itu ada ruang, maka isi rangkaian kalimat perintah
disana.

2. untuk module :
ke VBE, insert Module, tulis nama prosedur, misal :
Public Sub ContohProsedur()
'tulis rangkaian perintah disini
End Sub

lalu di worksheet (Alt F11 untuk kembali ke sheet), insert sebuah shape
(bukan activex control), klik kanan dan pilih Assign Macro, muncul dialog,
pilih nama prosedur yang akan dijalankan oleh si shape (misal prosedur
contoh tadi, maka pilih ContohProsedur

Pertanyaan berikutnya, bagaimana mengimplementasikan :
range_yang_akan _di_copy.copy
range_tujuan.pastespecial xlpastevalues
?

Misal : range yang akan di-copy adalah A1:D1
range paste ada di A11:D11

Range("A1:D1").copy
Range("a11:d11").pastespecial xlpastevalues

Kalau pakai nama range bagaimana ?
Range("nama rangenya apa tulis aja disini").copy
Range("a11:d11").pastespecial xlpastevalues

Kalau gak tahu lokasinya secara persis bagaimana ?
jawabnya : ya dicari persisnya

Untuk hal ini, perlu memahami tentang hal bernama variabel, mulai dari cara
mendefinisikan , mengisi nilai, menghapus nilai, atau bahkan membuang
variabel
Misal : tabel tujuan mulai di range A9 (header kiri atas tabel hasil)

dim rngTabel as range 'artinya : siapkan ruang berupa range bernama
rngTabel

set rngTabel = range("a9").currentregion 'isi rngtabel dengan sebuah
area range yang melingkupi si range a9

range("a1:d11").copy 'copy range ke clipboard
rngtabel.offset( rngtabel.rows.count ).resize( 1 ).pastespecial
xlpastevalues 'udah mahir dengan offset di formula worksheet bukan,

'ini mirip fungsi offset di worksheet,

'ada lompat [ .Offset ] dan ubah luasan [ .Resize ]

Kid.

2011/12/17 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Assalaamu alaikum,
> to the point saja.
> saya ingin mengcopy range bernama yang berisi formula ke kolom (range ) di
> kanan cell input.
> setelah tercopy pada range target,hasilnya di range target di paste
> special value . jadi yang ada tinggal nilai hasilnya saja tanpa formula.
> bagaimana code macronya.
> ilustrasi ada di attachment.
> terima kasih sebelumnya.
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Dog Lovers Group

Connect and share with

dog owners like you

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Community resources

for parents

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar