Kamis, 19 Januari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1482

Messages In This Digest (18 Messages)

Messages

1a.

Re: booking calendar

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Wed Jan 18, 2012 8:03 am (PST)



*masalah sebenarnya* kok BARU dikemukaklan "setelah JAHITAN nya siap" seh...
bisa-bisa si tukang jahit musti membongkar jahitan dan memanjangkan lengan
(biasanya, lengan bisa dipotong untuk diperpendek tetapi gak bisa
dipanjangkan
tanpa beli kain baru) kalau blegitu ya ditambal kain sisaan saja..
he he... ibaratnya begitu

padahal kita (saya, penanggap) lah yg waktu menjawab : miskin intuisi;
tidak punya pembayangan di luar yg ditanyakan, tidak berfikir out of the
box.
hanya baca soal an sich (as is)..

tapi kalau tidak begini milis memang kurang seru....
thank you pak aji..... (and all..)
sebentar nanti, akan kembali lagi ( ini sedang ngejar2 angkott)

*o'Seno <http://www.box.com/s/1c5lpx7mcb8y0t2meaxh>*

2012/1/18 widodo aji <bosseaz@yahoo.com>

> **
> Masalahnya di kolom A, B dan C *dipastikan* pengulangan (penambahan
> baris) villa
>
yang sama untuk tanggal check in/out yang lain.
>
Jadi pastinya villa A-J tidak hanya ada di cell a2 sampai a11 saja om....
>

> Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> Dikirim: Selasa, 17 Januari 2012 21:03
>
> terlampir koreksi conditional formatting untuk kolom B, C dan E
> (yg sebenarnya tidak diminta oleh pak widodoaji)
>
> urutan nama villa di data input (kolom A) maupun di kolom E untuk saat ini
> harus dibuat SAMA agar mudah membuat solusinya; dan yg penting :
> paham dulu "hal yg ditanyakan"
>
> hal hal lain dapat dipelajari berikutnya secara bertahap..
>
1b.

Re: booking calendar

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Wed Jan 18, 2012 9:41 am (PST)



Waduh belum jadi dijodohkan dgn tantenya, saya sudah dapat gelar "Oom" ini
kasih nr hpnya dong....he he..

blegini saja dweh; kita pakai fungsi IsBookedDate

sintaksnya
=IsBookedDate(*Villa_ID*, *ThisDate*)

*Villa_ID*
jelas yaitu A,B, C sampai gak tahu berapa villa,
(tapi unique listnya dapat kita peroleh dengan 'advnc-filter' maupun
'remove dupli'
type data : TEXT, harus diisi
pokoknya data yg saat ini sudah tertulis di Kolom E (Sheet Report1)

*ThisDate *(Tgl Yg DiEvaluasi)
type data = DATE, harus diisi
adalah Tanggal yg ingin diketahui, *adakah Villa ID tsb sudah dibooked
untuk Tgl Tsb*

Penulisannya di sheet bisa seperti ini : *=IsBookedDate($E6,I$2)*

Dengan dua argument itu; Fungsi *IsBookedDate* menghasilkan *TRUE atau FALSE
*
(type data Logical / Boolean)
Jawaban tsb dikeluarkan setelah dia sibuk mencari-cari bahannya di Tabel
Jurnal
(yaitu tabel yg berisi daftar booking seperti yg ada di Sheet "Jurnal"

Nantinya keadaan data di report area yg hanya berisi TRUE/FALSE itu akan
kita
manfaatken untuk memberi Conditional-Formatting, gampang kan ?...

[image: IsBookedDate- the uggly Function.PNG]

[image: villa A.PNG]

By the way & by busway...mohon maaf ternyata bahwa fungsi tsb bekerja
lamban..
Setiap kali kita ganti BULANnya, kita musti bersabar, *' Innallaha ma'
ashobirin'...*
*
*
Kesempatan ini tidak saya sia-siakan untuk Mohon bantuan Mr Kid
mudah2an sempat menjenguk sebentar, menginspeksi gerangan-apakah apa
penyebab
kelambanan itu...
(sudah agak sehat kan ya, Mr Kid..)

Dengan melihat codingnya, pasti Mr Kid langsung tahu bahwa;
fungsi itu meraba tanggal-tanggal booking untuk Villa_ID tertentu.

Setiap baris yg menyangkut Villa Tertentu di kolom B sheet Jurnal ( =vila
yg sedang
dijadikan kriteria/ argument#1 ); akan *DILIHAT nilai-Tanggal-Tanggal-nya
untuk *
*dibandingkan **dengan ThisDate *(Tgl Argument2 )

Jadi walau pun dlm 1 record disebutkan 2 tanggal (from - to) tapi
banyaknya Data Tanggal
yg dilihat bisa banyak sekali seperti kasus Villa B (3 events total 40 data
Tanggal)
[image: Villa B report.GIF]

tidak semua tanggal harus dilihat, karena sekali ketemu dengan tgl yg SAMA
(dengan
*ThisDate* maka Loop dihentikan (sebab kondisi TRUE sudah tercapai)

Mohon saran-saran 'cess-pleng' dari Mr Kid..

** lampiran XLSM <http://www.box.com/s/hoxhaxkcnae8a7yx7y1l>
** versi XLS bisa diunduh <http://www.box.com/s/6779tgoqobde64qnghh5> (saya
titipkan di OnLineFolder mbak Haps...)

*o'Seno*

*' vba code pembentuk UDF*

Function *IsBookedDate*(VillaID As String, ThisDate As Date) As Boolean
' fungsi khusus untuk mainan pak Aji Widodo
' (mempermudah formula conditional formatting dlm "Booking Calendar")
'----------------------------------------------------------
' UDF ini menghasilkan TRUE jika tgl_X termasuk tgl Booking
' coded by: ontoSeno / smg, 17 jan 2012
' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15245
'----------------------------------------------------------
Dim dJurnal As Range, oYess As Boolean, i As Long, d As Long
Set dJurnal = Sheets("Jurnal").Cells(2, 2)
Set dJurnal = Range(dJurnal, dJurnal.End(xlDown))
For i = 2 To dJurnal.Rows.Count
If dJurnal(i, 1) = VillaID Then
For d = dJurnal(i, 2) To dJurnal(i, 3)
If d = ThisDate Then
oYess = True
Exit For
End If
Next d
End If
If oYess Then Exit For
Next i
IsBookedDate = oYess
End Function
'---------end of code -------

*
2012/1/18 widodo aji <bosseaz@yahoo.com>
> Seperti pada file yang saya attach,. Misalnya saja Villa A dalam satu
bulan ada 2x check in/out.
> Di booking calendarnyapun tertampil pada baris villa A juga.
> Terima kasih
>
> ________________________________
> Dari: widodo aji <bosseaz@yahoo.com>
> Dikirim: Rabu, 18 Januari 2012 9:59
> Masalahnya di kolom A, B dan C dipastikan pengulangan (penambahan baris)
villa yang sama
> untuk tanggal check in/out yang lain.Jadi pastinya villa A-J tidak hanya
ada di cell a2 sampai a11 saja om....
>
> ________________________________
> Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> Dikirim: Selasa, 17 Januari 2012 21:03
> hal hal lain dapat dipelajari berikutnya secara bertahap..*
*
*
1c.

Re: booking calendar

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jan 18, 2012 1:50 pm (PST)



Alhamdulillah sudah mulai giras dan mulai ngejar bajaj lagi... katanya
belum boleh ngejar angkot sampai ada kabar selanjutnya. oalah.. repot
bener..

Ada sedikit gosip...
Konon, ketika menggunakan UDF dan VBE sedang terbuka, maka proses kalkulasi
akan dilakukan lebih lamban karena adanya kirim-kiriman pesan thread ke
windows, baik oleh Worksheet calculation maupun oleh VBE.

Mungkin gosipnya ada benarnya kali ya... bagaimana jika dicoba pada file
terlampir.
Pertama, coba jangan buka VBE, dan ganti bulannya. Kali pertama ganti
bulan, Excel akan mulai menyusun daftar urutan proses kalkulasi terhadap
sheet ber-udf itu.
Setelah penggantian pertama, coba ganti berulang ulang.

Kedua, coba buka VBE dan ke worksheet untuk gonta-ganti bulan.

Gosip lainnya lagi,
Konon, array variable lebih cepat dibanding object range atau cells.
Jika mau dicoba, input parameter dJurnal bisa diubah menjadi variant dan
baris vdt=djurnal.value2 diubah menjadi vdt=djurnal

gosip lagi...
array formula langsung pada sebuah blok area array hasil (multi cells)
lebih cepat dibanding array formula per cell.
jadi kayanya, kalau UDF khusus dibangun sebagai array formula dan digunakan
langsung di multi cell, akan membantu meningkatkan kinerja si UDF itu
sendiri.
Nah gosip yang satu ini belum sempet nyoba, keburu subuh.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/1/19 o' Seno <ontoseno84@gmail.com>

> Waduh belum jadi dijodohkan dgn tantenya, saya sudah dapat gelar "Oom" ini
> kasih nr hpnya dong....he he..
>
> blegini saja dweh; kita pakai fungsi IsBookedDate
>
> sintaksnya
> =IsBookedDate(*Villa_ID*, *ThisDate*)
>
> *Villa_ID*
> jelas yaitu A,B, C sampai gak tahu berapa villa,
> (tapi unique listnya dapat kita peroleh dengan 'advnc-filter' maupun
> 'remove dupli'
> type data : TEXT, harus diisi
> pokoknya data yg saat ini sudah tertulis di Kolom E (Sheet Report1)
>
> *ThisDate *(Tgl Yg DiEvaluasi)
> type data = DATE, harus diisi
> adalah Tanggal yg ingin diketahui, *adakah Villa ID tsb sudah dibooked
> untuk Tgl Tsb*
>
> Penulisannya di sheet bisa seperti ini : *=IsBookedDate($E6,I$2)*
>
> Dengan dua argument itu; Fungsi *IsBookedDate* menghasilkan *TRUE atau
> FALSE*
> (type data Logical / Boolean)
> Jawaban tsb dikeluarkan setelah dia sibuk mencari-cari bahannya di Tabel
> Jurnal
> (yaitu tabel yg berisi daftar booking seperti yg ada di Sheet "Jurnal"
>
> Nantinya keadaan data di report area yg hanya berisi TRUE/FALSE itu akan
> kita
> manfaatken untuk memberi Conditional-Formatting, gampang kan ?...
>
> [image: IsBookedDate- the uggly Function.PNG]
>
> [image: villa A.PNG]
>
> By the way & by busway...mohon maaf ternyata bahwa fungsi tsb bekerja
> lamban..
> Setiap kali kita ganti BULANnya, kita musti bersabar, *' Innallaha ma'
> ashobirin'...*
> *
> *
> Kesempatan ini tidak saya sia-siakan untuk Mohon bantuan Mr Kid
> mudah2an sempat menjenguk sebentar, menginspeksi gerangan-apakah apa
> penyebab
> kelambanan itu...
> (sudah agak sehat kan ya, Mr Kid..)
>
> Dengan melihat codingnya, pasti Mr Kid langsung tahu bahwa;
> fungsi itu meraba tanggal-tanggal booking untuk Villa_ID tertentu.
>
> Setiap baris yg menyangkut Villa Tertentu di kolom B sheet Jurnal ( =vila
> yg sedang
> dijadikan kriteria/ argument#1 ); akan *DILIHAT
> nilai-Tanggal-Tanggal-nya untuk *
> *dibandingkan **dengan ThisDate *(Tgl Argument2 )
>
> Jadi walau pun dlm 1 record disebutkan 2 tanggal (from - to) tapi
> banyaknya Data Tanggal
> yg dilihat bisa banyak sekali seperti kasus Villa B (3 events total 40
> data Tanggal)
> [image: Villa B report.GIF]
>
> tidak semua tanggal harus dilihat, karena sekali ketemu dengan tgl yg SAMA
> (dengan
> *ThisDate* maka Loop dihentikan (sebab kondisi TRUE sudah tercapai)
>
> Mohon saran-saran 'cess-pleng' dari Mr Kid..
>
> ** lampiran XLSM <http://www.box.com/s/hoxhaxkcnae8a7yx7y1l>
> ** versi XLS bisa diunduh <http://www.box.com/s/6779tgoqobde64qnghh5>(saya titipkan di OnLineFolder mbak Haps...)
>
>
> *o'Seno*
>
> *' vba code pembentuk UDF*
>
> Function *IsBookedDate*(VillaID As String, ThisDate As Date) As Boolean
> ' fungsi khusus untuk mainan pak Aji Widodo
> ' (mempermudah formula conditional formatting dlm "Booking Calendar")
> '----------------------------------------------------------
> ' UDF ini menghasilkan TRUE jika tgl_X termasuk tgl Booking
> ' coded by: ontoSeno / smg, 17 jan 2012
> ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15245
> '----------------------------------------------------------
> Dim dJurnal As Range, oYess As Boolean, i As Long, d As Long
> Set dJurnal = Sheets("Jurnal").Cells(2, 2)
> Set dJurnal = Range(dJurnal, dJurnal.End(xlDown))
> For i = 2 To dJurnal.Rows.Count
> If dJurnal(i, 1) = VillaID Then
> For d = dJurnal(i, 2) To dJurnal(i, 3)
> If d = ThisDate Then
> oYess = True
> Exit For
> End If
> Next d
> End If
> If oYess Then Exit For
> Next i
> IsBookedDate = oYess
> End Function
> '---------end of code -------
>
>
>
> *
>
> 2012/1/18 widodo aji <bosseaz@yahoo.com>
> > Seperti pada file yang saya attach,. Misalnya saja Villa A dalam satu
> bulan ada 2x check in/out.
> > Di booking calendarnyapun tertampil pada baris villa A juga.
> > Terima kasih
> >
> > ________________________________
> > Dari: widodo aji <bosseaz@yahoo.com>
> > Dikirim: Rabu, 18 Januari 2012 9:59
> > Masalahnya di kolom A, B dan C dipastikan pengulangan (penambahan baris)
> villa yang sama
> > untuk tanggal check in/out yang lain.Jadi pastinya villa A-J tidak hanya
> ada di cell a2 sampai a11 saja om....
> >
> > ________________________________
> > Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> > Dikirim: Selasa, 17 Januari 2012 21:03
> > hal hal lain dapat dipelajari berikutnya secara bertahap..
> *
> *
> *
>
2a.

Re: agar hanya userform yang bisa di liat

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Wed Jan 18, 2012 10:14 am (PST)



begini kah (attahment: tricky dikit knape.xlsm. )

ini 'kan hanya soal *status visible atau invisible-nya suatu object*
dan excel itu sendiri kan sebuah object.
kalau belajar-nya dari awal (tidak dgn cara mie instant) biasanya
hal begini tidak terlalu binun'
maaf kalau tidak cucok dengan kehendak..

sepertinya pak asror ini tertarik vba tetapi mengandalkan dari tanya-jawab
saja.
memang disini tempatnya bertanya-jawab (dan kalau ada yg sempat & bisa
tentunya ada jawabannya.

tetapi haree genee...lebih baik lagi peminat suatu mainan juga SAMBIL aktip
cari bahan yg banyak di internet dari maupun di ebook atau buku ex beli,
beli beli..

OOT dikit.
sepeti topik yg diajukan pak asror yg kemain berubah-ubah
semula pertanyaan = pembandingan text (dlm login bisa nggak), kok bisa
berubah
menjadi "*cara mengambil' IP address*", seperti yg menjawablah yg salah..
(makanya saya tidak meneruskan daripada ikut melanggar aturan milis &
kecemplung ke
OOT (judulnya apa.. isinya apa.. ) )

meng-capture IP-address dengan VBA, sebenarnya di internet banyak sekali
jawabannya..

cmiiw.
*o'Seno*

2012/1/18 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>
>
> Be Excel yang berbahagia,
> Mau tanya nee, ku punya userform, bagaimana caranya agar ketika userform
itu membuka, worksheet tidak bisa di restore or maximize, jadi yang
terlihat dlam program vba ini hanya userform tersebut,
> Dan apabila ini bisa, apakah akan mempengaruhi program vba-nya?
> Terimakasih.
> Asror
2b.

Re: agar hanya userform yang bisa di liat

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Wed Jan 18, 2012 8:13 pm (PST)



Kerenn,..
Kemaren saya sudah mencoba dengan event :

Private Sub Auto_Open()
Userform1.show vbModeless
Application.WindowState.xlMinimized
End sub

Tapi dengan itu masih keliatan workbook aplikasinya,
Terimakasih,

Asr

-----Original Message-----
From: "o' Seno" <ontoseno84@gmail.com>
Date: Thu, 19 Jan 2012 01:14:13

begini kah (attahment: tricky dikit knape.xlsm. )
ini 'kan hanya soal *status visible atau invisible-nya suatu object*
dan excel itu sendiri kan sebuah object.
kalau belajar-nya dari awal (tidak dgn cara mie instant) biasanya
hal begini tidak terlalu binun'
maaf kalau tidak cucok dengan kehendak..

cmiiw.
*o'Seno*

2012/1/18 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>
> Mau tanya nee, ku punya userform, bagaimana caranya agar ketika userform itu membuka, worksheet tidak bisa di restore or maximize, jadi yang
terlihat dlam program vba ini hanya userform tersebut,
2c.

Re: agar hanya userform yang bisa di liat

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Jan 18, 2012 8:59 pm (PST)



i.m.h.o., *AutoOpen* itu *Bukan Prosedur Event !*!
walaupun kerjanya khusus menangani Workbook jika workbook dibuka

coba lihat di ThisWorbook apakah ada Event bernama Auto Open ??
yg ada: *WorkBook*_*Open*
Event selalu menyebut *objectnya* baru *events-nya*

di dunia vba excel selain ada Event Procdures ada 2 tambahan
AUTOMATIC PROCEDURE
procedur yg mengexusi perintah2 di dalamnya jika suatu hal terjadi
yaitu
Auto_Open dan * *
*Auto_Close*
(bisa ditulis di module standar)

Di sisi lain workbook punya juga dua prosedur event
-WorkBook_Open
-Workbook_BeforeClose
(harus ditulis di module ThisWorkbook)

2012/1/19 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>

> **
>
> Kerenn,..
> Kemaren saya sudah mencoba dengan event :
>
> * Private Sub Auto_Open()*
> Userform1.show vbModeless
> Application.WindowState.xlMinimized
> End sub
>
> Tapi dengan itu masih keliatan workbook aplikasinya,
> Terimakasih,
>
> Asr
>
> -----Original Message-----
> From: "o' Seno" <ontoseno84@gmail.com>
> Date: Thu, 19 Jan 2012 01:14:13
>
> begini kah (attahment: tricky dikit knape.xlsm. )
> ini 'kan hanya soal *status visible atau invisible-nya suatu object*
>
> dan excel itu sendiri kan sebuah object.
> kalau belajar-nya dari awal (tidak dgn cara mie instant) biasanya
> hal begini tidak terlalu binun'
> maaf kalau tidak cucok dengan kehendak..
>
> cmiiw.
>
2d.

Re: agar hanya userform yang bisa di liat

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Jan 18, 2012 9:23 pm (PST)



"gambarnya ketinggalan.."

[image: workbook_events.PNG]

2012/1/19 i Haps <liz_hap@yahoo.com>

> i.m.h.o., *AutoOpen* itu *Bukan Prosedur Event !*!
> walaupun kerjanya khusus menangani Workbook jika workbook dibuka
>
> coba lihat di ThisWorbook apakah ada Event bernama Auto Open ??
> yg ada: *WorkBook*_*Open*
> Event selalu menyebut *objectnya* baru *events-nya*
>
> di dunia vba excel selain ada Event Procdures ada 2 tambahan
> AUTOMATIC PROCEDURE
> procedur yg mengexusi perintah2 di dalamnya jika suatu hal terjadi
> yaitu
> Auto_Open dan * *
> *Auto_Close*
> (bisa ditulis di module standar)
>
> Di sisi lain workbook punya juga dua prosedur event
> -WorkBook_Open
> -Workbook_BeforeClose
> (harus ditulis di module ThisWorkbook)
>
>
>
> 2012/1/19 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>> Kerenn,..
>> Kemaren saya sudah mencoba dengan event :
>>
>> * Private Sub Auto_Open()*
>> Userform1.show vbModeless
>> Application.WindowState.xlMinimized
>> End sub
>>
>> Tapi dengan itu masih keliatan workbook aplikasinya,
>> Terimakasih,
>>
>> Asr
>>
>> -----Original Message-----
>> From: "o' Seno" <ontoseno84@gmail.com>
>> Date: Thu, 19 Jan 2012 01:14:13
>>
>> begini kah (attahment: tricky dikit knape.xlsm. )
>> ini 'kan hanya soal *status visible atau invisible-nya suatu object*
>>
>> dan excel itu sendiri kan sebuah object.
>> kalau belajar-nya dari awal (tidak dgn cara mie instant) biasanya
>> hal begini tidak terlalu binun'
>> maaf kalau tidak cucok dengan kehendak..
>>
>> cmiiw.
>>
>
2e.

Re: agar hanya userform yang bisa di liat

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Wed Jan 18, 2012 10:52 pm (PST)



Heheeee
Salah nama lagi,
Automatic prosedur ia?
Terimakasih mbk iHaps,
Asr

-----Original Message-----
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 19 Jan 2012 11:59:13
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] agar hanya userform yang bisa di liat

i.m.h.o., *AutoOpen* itu *Bukan Prosedur Event !*!
walaupun kerjanya khusus menangani Workbook jika workbook dibuka

coba lihat di ThisWorbook apakah ada Event bernama Auto Open ??
yg ada: *WorkBook*_*Open*
Event selalu menyebut *objectnya* baru *events-nya*

di dunia vba excel selain ada Event Procdures ada 2 tambahan
AUTOMATIC PROCEDURE
procedur yg mengexusi perintah2 di dalamnya jika suatu hal terjadi
yaitu
Auto_Open dan * *
*Auto_Close*
(bisa ditulis di module standar)

Di sisi lain workbook punya juga dua prosedur event
-WorkBook_Open
-Workbook_BeforeClose
(harus ditulis di module ThisWorkbook)

2012/1/19 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>

> **
>
> Kerenn,..
> Kemaren saya sudah mencoba dengan event :
>
> * Private Sub Auto_Open()*
> Userform1.show vbModeless
> Application.WindowState.xlMinimized
> End sub
>
> Tapi dengan itu masih keliatan workbook aplikasinya,
> Terimakasih,
>
> Asr
>
> -----Original Message-----
> From: "o' Seno" <ontoseno84@gmail.com>
> Date: Thu, 19 Jan 2012 01:14:13
>
> begini kah (attahment: tricky dikit knape.xlsm. )
> ini 'kan hanya soal *status visible atau invisible-nya suatu object*
>
> dan excel itu sendiri kan sebuah object.
> kalau belajar-nya dari awal (tidak dgn cara mie instant) biasanya
> hal begini tidak terlalu binun'
> maaf kalau tidak cucok dengan kehendak..
>
> cmiiw.
>

3a.

Re: Mengkopi dan Menggabungkan cell otomatis

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Wed Jan 18, 2012 11:11 am (PST)



Postingnya

kebetulan aye tidak terima lampirannya, bgmana ya...
jadi sulit sekali bagi aye untuk ikut mengetahui masalah yg ditanyakan,
apalagi menjawabnya (siapa pulak yg suruh harus ikut menjawab??)

Terpaksalah telpon sana email sini untuk minta-minta belas kasihan teman
yg kebetulan menerima lampiran dan mau mengirimkan ke saya.
Akhirnya dengan menebus 10 juta saja mendapat file bapak.

Gambaran "penderitaan yg hampir sempurrna" di atas adalah hal yang
sebenarnya
sudah diantisipasi oleh MILIS; yaitu MILIS MELARANG member *bertanya *
*tanpa mencantumkan **pertanyaannya dalam BADAN EMAIL *
*(persis seperti yg pak Mil Srin lakukan saat ini)*
coba deh dibaca lagi UUD-nya...

Kasusnya

Seandaianya tabel bapak tidak di-putus-nyambung-putus-nyambung seperti itu,
(dan ini menyebabkan tabel tsb SANGAT menurun kwalitas ke-DataBase-annya)
rumus hanya perlu ditulis sekali di cell teratas
kemudian aktifkan cell berisi rumus tsb, lalu DoubleCLik FILL-HANDEL-nya
(=pojok kanan-bawah cells yg bertanda + ) (dan lihat apa yg terjadi!)

dengan keadaan tabel putus nyambung; seandainya pakai makro pun; sang makro
perlu diberitahu dulu dimensi tabel yg akan di "kerjain", terimata jika di
dalam 1
sheet terdapat banyak tabel.
(seandainya tidak putus-nyambing, makro bisa meraba sendiri seluas
mana dimensi
sebuah tabel yg biasanya dibatasi/dikelilingi oleh parit kosong)

mengenai otomatis

Otomatis itu mesti dijelaskan APA PEMICUNYA
kalau "terjadi APA" hal otomatis-nya harus bekerja

andai bapak punya pistol otomatis; tentu tidak sejak dibeli dia "nembak
otomatis",
kalau begitu ketika ADA di kantong bapak; dia akan nembak sekitar kantong
bapak kan ?
Idealnya Pistol harus menermbak otomatis jika ada penyebabnya.... (APA GITU
LOH)
misal di ceklik-nya sebbuah tombol pada peston tsb, dsb..

Menggabung DUA CELL KUNING (kolom T dan U) hasil penggabungannya ditulis
DI MANA ?
dan OTOMATIS-nya itu kapan terjadinya ?

Apakah kapan saja ? (jadi sejak worksheet dibuat, akan terus menerus
bekerja
menggabung T & U) sampai mentok di baris paling bawah ?

Mungkin yg bapak inginkan : sbb
Penggabungan T & U (pada baris n) terjadi otomatis *JIKA /KETIKA **di kolom
R *
*pada baris n diisi data (berubah isinya)*

Jika pertanyaannya jelas (minimal seperti kalimat di atas)
pengotomatisannya pun
menjadi lebih mudah dan bisa mendekati keinginan pak Mils.

*o'Seno*

2012/1/18 milsrin lee <milsrinlee@yahoo.com>
>
> Dear para Suhu dan Suhuwati,
> Ane punya pertanyaan seperti pada file terlampir.
> Mohon bantuan solusinya.
> Sebelumnya ane ucapkan banyak terimakasih.
> regards,
> Milsrinlee
3b.

Re: Mengkopi dan Menggabungkan cell otomatis

Posted by: "milsrin" milsrinlee@yahoo.com   milsrinlee

Wed Jan 18, 2012 12:39 pm (PST)



Dear Para Suhu dan Suhuwati

Terimakasih Pak Seno atas penelaahan kasusnya.

Maaf, sepertinya pertanyaan Ane masih kurang jelas, akan coba Ane jelaskan.

1. Pada kolom T Ane telah membuat rumus menggabungkan kolom G dan H ; dan pada kolom U Ane membuat rumus menggabungkan kolom R dan H
2. Rumus pada T dan U, apabila Ane kopikan ke bawah sampai dengan database terakhir, maka sheet "laporan" Ane akan benar sesuai yang diharapkan (sepertinya Kolom T & U ini berfungsi sebagai "dummies")
3. Karena adanya sebagian baris yang "kosong" dan selang-seling berisi data, maka apabila nomor 2 diatas dikerjakan manual, maka menjadi pekerjaan "tambahan", apalagi baris sebenarnya jauh lebih banyak daripada contoh.
4. Untuk menghindari pekerjaan "tambahan" inilah maka "otomatisasi" menjadi solusinya.
5. Oh ya, Tipe data yang sebagian baris "kosong" dan selang-seling berisi merupakan format yang tidak bisa diubah.

Regards,

Milsrinlee

3c.

Re: Mengkopi dan Menggabungkan cell otomatis

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Jan 18, 2012 10:12 pm (PST)



cara mengkopi yg otomatis, *otomatisnya harus dipicu oleh sebuah *
*tindakan MANUAL* yaitu anda men-DOBEL-KLIK cell T3 ( header "Month")

berikut ini text coding dan file xls>ZIP titipan dari oSeno yg sedang
kabur..

'---(prosedur events ditulis di module sheets ("DATA")---
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick( _
ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Target.Address = "$T$3" Then
If Target.Value = "Month" Then
Dim Rng As Range, lBottomRow As Long, n As Long
lBottomRow = Cells(Rows.Count, 7).End(xlUp).Row
Set Rng = Range("T5:U" & lBottomRow)

*For n = 1 To Rng.Rows.Count*
* ** If Not Rng(n, -1) = vbNullString Then*
* ** Rng(n, 1).FormulaR1C1 = "=MONTH(RC7)&RC8"*
* ** Rng(n, 2).FormulaR1C1 = "=RC18&RC8"*
* ** End If*
* **Next n*

End If
End If

ada lampiran workbook XLS, yg dikompress ZIP
semoga ada manfaatnya

- i -

*
*
*2012/1/19 milsrin <milsrinlee@yahoo.com>
*
>
> * *
> * *
>
> *Dear Para Suhu dan Suhuwati
> Terimakasih Pak Seno atas penelaahan kasusnya.
> Maaf, sepertinya pertanyaan Ane masih kurang jelas, akan coba Ane jelaskan.
>
> 1. Pada kolom T Ane telah membuat rumus menggabungkan kolom G dan H ; dan
> pada kolom U Ane membuat rumus menggabungkan kolom R dan H
> 2. Rumus pada T dan U, apabila Ane kopikan ke bawah sampai dengan database
> terakhir, maka sheet "laporan" Ane akan benar sesuai yang diharapkan
> (sepertinya Kolom T & U ini berfungsi sebagai "dummies")
> 3. Karena adanya sebagian baris yang "kosong" dan selang-seling berisi
> data, maka apabila nomor 2 diatas dikerjakan manual, maka menjadi pekerjaan
> "tambahan", apalagi baris sebenarnya jauh lebih banyak daripada contoh.
> 4. Untuk menghindari pekerjaan "tambahan" inilah maka "otomatisasi"
> menjadi solusinya.
> 5. Oh ya, Tipe data yang sebagian baris "kosong" dan selang-seling berisi
> merupakan format yang tidak bisa diubah.
>
> Regards,
> Milsrinlee
> *
>
4a.

listbox additems beberapa kolom

Posted by: "Irwan didi" irwan_didi@yahoo.com   irwan_didi

Wed Jan 18, 2012 11:30 am (PST)



Dear master excel,

Mau tanya lagi dan lagi hehehehe.... katanya malu bertanya kerja manual hehehehe...
pertanyaan saya : bagaimana menampilkan data pada listbox (userform) dengan data beberapa column plus column heading.

kira2 seperti ini gambaran listboxnya, data saya ambil dari worksheet yang memenuhi kriteria yang diminta.

 

No Nama Alamat No telp
1 Adi Malang 123456

Terima kasih
one
4b.

Re: listbox additems beberapa kolom

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Wed Jan 18, 2012 12:16 pm (PST)



lihat posting 6 Des 2011 ( listbox multi selection )
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-ListBox-Multi-Selection-td5047708.html#a5050258
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Shorting-n-Delete-listbox-td5119388.html#a5121605

pada dua treads itu ada banyak lampiran contoh
yg perlu dilihat adalah properties: Column Count dan ColumnHead
lihat contoh dari Mr Kid dlm UserForm Init ini

Private Sub UserForm_Initialize()
Set Tabel = Sheets("Sheet1").Range("A1").CurrentRegion.Offset(1, 0)
Application.EnableEvents = False
With Me.ListBox1
.Clear
For i = 1 To Tabel.Rows.Count - 1
.AddItem
.List(.ListCount - 1, 0) = Tabel(i, 1)
.List(.ListCount - 1, 1) = Tabel(i, 2)
.List(.ListCount - 1, 2) = Tabel(i, 3)
Next i
.BoundColumn = 1
* .ColumnCount = 3 *
* .ColumnHeads = True *
.TextColumn = True
.ListStyle = fmListStyleOption
.ListIndex = 0
End With
Application.EnableEvents = True
End Sub

*o'Seno*
*
*
*
*
2012/1/19 Irwan didi <irwan_didi@yahoo.com>
> Dear master excel,
> Mau tanya lagi dan lagi hehehehe.... katanya malu bertanya kerja manual
hehehehe...
> pertanyaan saya : bagaimana menampilkan data pada listbox (userform)
dengan data beberapa column plus column heading.
> kira2 seperti ini gambaran listboxnya, data saya ambil dari worksheet
yang memenuhi kriteria yang diminta.
>
> No Nama Alamat No telp
> 1 Adi Malang 123456
>
> Terima kasih
> one
4c.

Re: listbox additems beberapa kolom

Posted by: "Irwan didi" irwan_didi@yahoo.com   irwan_didi

Wed Jan 18, 2012 6:58 pm (PST)



Terima kasih mas bro sangat sesuai dengan harapan, oh ya tambahan kalau mau edit kira2 bisa gak?

Thanks & Regards
One

________________________________
From: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Sent: Thursday, January 19, 2012 3:15 AM
 
lihat posting 6 Des 2011 ( listbox multi selection )
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-ListBox-Multi-Selection-td5047708.html#a5050258
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Shorting-n-Delete-listbox-td5119388.html#a5121605

pada dua treads itu ada banyak lampiran contoh
yg perlu dilihat adalah properties: Column Count dan ColumnHead
lihat contoh dari Mr Kid dlm UserForm Init ini

  .BoundColumn = 1
   .ColumnCount = 3     
   .ColumnHeads = True  
  .TextColumn = True
  .ListStyle = fmListStyleOption
  .ListIndex = 0

o'Seno

2012/1/19 Irwan didi <irwan_didi@yahoo.com>
> Dear master excel,
> Mau tanya lagi dan lagi hehehehe.... katanya malu bertanya kerja manual hehehehe...
> pertanyaan saya : bagaimana menampilkan data pada listbox (userform) dengan data beberapa column plus column heading.
> kira2 seperti ini gambaran listboxnya, data saya ambil dari worksheet yang memenuhi kriteria yang diminta.
>  
> No Nama Alamat No telp
> 1 Adi Malang 123456
> Terima kasih
> one

4d.

Re: listbox additems beberapa kolom

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Jan 18, 2012 9:11 pm (PST)



>> oh ya tambahan kalau mau edit kira2 bisa gak?

kira-kira BISA,
terutama kalau anda sendiri jelas mengenai kemauan anda
*apa yg mau diedit*
*semula : seperti apa*
*diinginkan menjadi : seperti apa*

hal yg sangat sulit adalah menangkap maksud sekaligus menjawab keinginan:
*" saya mau edit (TITIK HABIS) "*

2012/1/19 Irwan didi <irwan_didi@yahoo.com>

> **
>
> oh ya tambahan kalau mau edit kira2 bisa gak?
> One
> ________________________________
> From: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> Sent: Thursday, January 19, 2012 3:15 AM
> lihat posting 6 Des 2011 ( listbox multi selection )
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-ListBox-Multi-Selection-td5047708.html#a5050258
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Shorting-n-Delete-listbox-td5119388.html#a5121605
>
>
4e.

Re: listbox additems beberapa kolom

Posted by: "Irwan didi" irwan_didi@yahoo.com   irwan_didi

Wed Jan 18, 2012 10:57 pm (PST)



maksudnya begini, seperti email saya sebelumnya setelah saya upload data ke list (beberapa kolom) nah kan udah muncul datanya saya klik salah satu list yang saya pilih untuk di edit datanya dan diharapkan setelah di edit database akan update

Thanks & Regards
One

________________________________
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sent: Thursday, January 19, 2012 12:10 PM
 
>> oh ya tambahan kalau mau edit kira2 bisa gak?
kira-kira BISA,
terutama kalau anda sendiri jelas mengenai kemauan anda
apa yg mau diedit
semula : seperti apa
diinginkan menjadi : seperti apa

hal yg sangat sulit adalah menangkap maksud sekaligus menjawab keinginan:
"  saya mau edit (TITIK HABIS) "

2012/1/19 Irwan didi <irwan_didi@yahoo.com>
>oh ya tambahan kalau mau edit kira2 bisa gak?
>One
> ________________________________
>From: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
>lihat posting 6 Des 2011 ( listbox multi selection )
>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-ListBox-Multi-Selection-td5047708.html#a5050258
>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Shorting-n-Delete-listbox-td5119388.html#a5121605

4f.

Re: listbox additems beberapa kolom

Posted by: "siti Vi" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Jan 18, 2012 11:30 pm (PST)



O.. jadi.. mau mengedit data di tabel melalui Listbox ?? to ??
(listbox mau diubah ubah datanya secara interaktif)

wah pak didi rupaya belum mencoba memprakatekkan membuat listbox
(atau minimal membuka links yg tadi padi diberikan )
lalu mengisinya dengan list yg ada (datanya sudah diperlihatkan di email
pak didi: Thu, Jan 19, 2012 at 12:46 AM

ListBox lazimnya bukan dimaksudkan sebagai alat untuk mengambil data
di tabel lalu di edit kemudian dikembalikan lagi ke tabel seperti halnya
TextBox

i.m.h.o : ListBox tidak bisa diisi data ketika nampak, dan tidak bisa diedit
isi-nya
Isi yg sudah ada itu merupakan hasil pengisian melalui property RowSource
yg merujuk range

atau (mggisi listbox) melalui methoda *AddItem* (yg hanya bisa dilakukan
programaticcally bukan dengan mengetikkan sesuatu ke dalanya saat dia
di-displaykan

Listbox diadakan untuk diisi beberapa pilhan data, pada saat designtime
(dengan mengisi jendela properties) dan/atau secara pemrograman
pada saat run time,
Nantinya jika data dalam listbox akan diisikan ke tabel (apa adanya) kita
hanya
perlu memilih agar mudah.

Di help VBA EXcel hal ini ada penjelasannya yg cukup jelas

saran:
untuk proses update data gunakan
Cells dari SHEET, atau
TEXTBOX baik yg di embeded di sheet maupun di userform.

oiya mengenai contoh yg diberikan tadi pagi;
memang listbox digunakan untuk mempengaruhi tabel
tetapi item dlm listbox hanya dipilih dan pilihan itu digunakan untuk
mencari baris di tabel yg akan DI DELETE (bukan diubah datanya)

2012/1/19 Irwan didi <irwan_didi@yahoo.com>
>
> maksudnya begini, seperti email saya sebelumnya setelah saya upload data
ke list (beberapa kolom) nah kan udah muncul datanya saya klik salah satu
list yang saya pilih untuk di edit datanya dan diharapkan setelah di edit
database akan update
>
> Thanks & Regards
> One
5a.

Re: search dengan criteria tertentu

Posted by: "dimas ricky" dimasr1985@gmail.com

Wed Jan 18, 2012 6:30 pm (PST)



Pak kid, it works..!!

Terima kasih banyak ya Pak...

2012/1/18 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Oh menggunakan advanced filter ya.
> Maaf gak baca posting sebelum-sebelumnya.
>
> Kalau gitu mungkin diubahnya :
> 1. define name yang menggunakan seluruh data dari sheet hasil, seperti :
> =OFFSET(hasil!$A$4,0,0,COUNTA(hasil!$A:$A)+0,5)
> diubah menjadi :
> =OFFSET(*hasil!$A$3,1*,0,COUNTA(hasil!$A:$A)+0,5)
>
> 2. baris :
> wsHasil.Range("A4").CurrentRegion.Offset(1).EntireRow.Delete
> diubah menjadi : [ hilangkan .offset(1) ]
> *wsHasil.Range("A4").CurrentRegion.EntireRow.Delete*
>
>
> Kid.
>
>
> 2012/1/18 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>>
>>
>> 2012/1/18 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>>> **
>>> Pak Kid, terima kasih banyak untuk bantuannnya, tapi saya masih
>>> bingung pak,
>>> Mohon bantuannya Pak Kid,
>>>
>>>
>> sebelumnya kode makro untuk sFilter saya pake seperti ini :
>>
>>
>> 'wsDatabase adalah worksheet Database
>> Set wsDatabase = Sheets("Combined")
>> 'wsHasil adalah worksheet HasilFilter
>> Set wsHasil = Sheets("hasil")
>> 'Menghapus seluruh data dalam worksheet HasilFilter
>> 'Menghapus seluruh data dalam worksheet HasilFilter
>> wsHasil.Cells.Delete
>>
>> 'Menyalin lebar kolom range A2:F7
>> wsDatabase.Range("A2:e2").Copy
>> wsHasil.Range("A4").PasteSpecial Paste:=xlPasteColumnWidths
>> 'Menyaring data menggunakan Advanced Filter
>> wsDatabase.Range("search_gross").AdvancedFilter _
>> Action:=xlFilterCopy, CriteriaRange:=Range("Criteria"), _
>> CopyToRange:=wsHasil.Range("A4")
>>
>> 'Menyeleksi worksheet HasilFilter
>> wsHasil.Select
>> 'Menyeleksi sel A1
>> Range("A1").Select
>>
>>
>> ----------
>>
>> Kemudian yang warna merah itu saya ganti
>>
>> 'Menghapus seluruh data dalam worksheet HasilFilter
>> wsHasil.Range("A4").CurrentRegion.Offset(1).EntireRow.Delete
>>
>> Tapi data hasil filternya malah tidak keluar, yang keluar cuman header
>> dan number saja.
>> (maaf Pak banyak nanya soalnya saya betul2 masih belajar dalam hal ini
>> hehe )
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for a happy,

healthy home

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar