Senin, 30 Januari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1494

Messages In This Digest (24 Messages)

Messages

1a.

Re: Memfiler Data yang mempunyai date range yang berbeda

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jan 29, 2012 12:37 am (PST)



Dear Mansor,

Coba dengan array formula untuk memilah data yang sesuai kriteria.
Kriteria yang dibutuhkan adalah kombinasi dari beberapa kriteria berikut :
(sesuaikan kriteria yang dibutuhkan per kolom hasil dengan kebutuhan kolom
hasil itu)
1. Nama Company = inputan Company
2. format YYYYMM tanggal data = format YYYYMM tanggal inputan
3. report no data > report no hasil sebelumnya -> tentukan hasil kolom
report
4. report no data = report no baris aktif hasil -> tentukan hasil
kolom selain report
5. txnDate data > tgl Start Date hasil -> tentukan
hasil end date
6. kolom Data Source data = header hasil -> tentukan hasil
Branch atau SAP

File terlampir,

Regards.
Kid.

2012/1/29 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>

> **
>
>
>
> Dear Pakar Belajar Excel,
>
> Saya ingin membuat rekap, dari Table data asli yang terdiri dari beratus
> ratus nama PT dan mempunyai no Report yang dari Date Range yang berbeda.
> Contoh : PT XYZ, Report NO 1 hanya pada tanggal 3 Disember 2011 , tetapi
> Report No 2 dari tanggal 4 Dis s/d 5 Dis 2011.
>
> Data ini juga datang dari 2 sumber yang berbeda yaitu dari cabang dan juga
> dari sistem SAP di kantor pusat.
>
> No Report akan bermula dgn 1 pada setiap bulan sehingga ke akhir bulan.
> Bulan berikutnya akan diulang lagi dengan no 1.
>
> Mohon supaya pencerahan dari rekan dan guru gimana caranya mengolah data
> tersebut dgn rumus atau makro, agar hasilnya seperti di table yang
> diinginkan.
>
> Terima kasih, atas bantuannya.
>
> Mansor
>
>
>
>
1b.

Re: Memfiler Data yang mempunyai date range yang berbeda

Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com   nbmy1980

Sun Jan 29, 2012 1:10 am (PST)



Teima kasih, Mr Kid

2012/1/29 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Mansor,
>
> Coba dengan array formula untuk memilah data yang sesuai kriteria.
> Kriteria yang dibutuhkan adalah kombinasi dari beberapa kriteria berikut :
> (sesuaikan kriteria yang dibutuhkan per kolom hasil dengan kebutuhan kolom
> hasil itu)
> 1. Nama Company = inputan Company
> 2. format YYYYMM tanggal data = format YYYYMM tanggal inputan
> 3. report no data > report no hasil sebelumnya -> tentukan hasil kolom
> report
> 4. report no data = report no baris aktif hasil -> tentukan hasil
> kolom selain report
> 5. txnDate data > tgl Start Date hasil -> tentukan
> hasil end date
> 6. kolom Data Source data = header hasil -> tentukan hasil
> Branch atau SAP
>
> File terlampir,
>
> Regards.
> Kid.
>
>
> 2012/1/29 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>>
>> Dear Pakar Belajar Excel,
>>
>> Saya ingin membuat rekap, dari Table data asli yang terdiri dari
>> beratus ratus nama PT dan mempunyai no Report yang dari Date Range yang
>> berbeda. Contoh : PT XYZ, Report NO 1 hanya pada tanggal 3 Disember 2011 ,
>> tetapi Report No 2 dari tanggal 4 Dis s/d 5 Dis 2011.
>>
>> Data ini juga datang dari 2 sumber yang berbeda yaitu dari cabang dan
>> juga dari sistem SAP di kantor pusat.
>>
>> No Report akan bermula dgn 1 pada setiap bulan sehingga ke akhir bulan.
>> Bulan berikutnya akan diulang lagi dengan no 1.
>>
>> Mohon supaya pencerahan dari rekan dan guru gimana caranya mengolah
>> data tersebut dgn rumus atau makro, agar hasilnya seperti di table yang
>> diinginkan.
>>
>> Terima kasih, atas bantuannya.
>>
>> Mansor
>>
>>
>>
>
>
2a.

Re: memotong motong database

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jan 29, 2012 5:04 am (PST)



Waalaikumussalam Wr. Wb.

Pak Rahmat,
bagaimana jika tanpa VBA seperti file terlampir yang mencari batas data
yang diambil serta menghitung sisa nilai di titik batas.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/1/29 Rahmat Sadikin <sadikinr19@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Ass. Wr
> Para Senior Excel.
> apakah ada kode makro untuk mengambil database dengan syarat jumlah yg
> kita tentukan ?
> kalau tolong pentnujuk karena pekerjaan manual menyita waktu.
>
>
> thk
>
>
>
>
2b.

Re: memotong motong database

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Sun Jan 29, 2012 9:01 am (PST)



Wassalamualailkum Wr Wb..

(maaf kalimat pertama / 'salam'nya saya hilangkan dengan sengaja
karena disingat dengan *singkatan yg **saya ndak tega membacanya* ...!
sekali sekali buka kamus inggris - indonesia la....

btw;
ADA !
Jika ingin tetap bermakro ria berikut ini salah satu alternatip VBA-coding
nya

Private Sub *PemisahanByMaxBatas*( _
MaxBatas As Double, CounterA As Long, _
CounterZ As Long, nStep As Integer)
' coded by: iHaps / ref: BeExcelCase #15459
'-----------------------------------------------
Dim Batas As Double, Ambang As Double
Dim N As Long, R1 As Long, R2 As Long, C As Integer

For N = CounterA To CounterZ Step nStep
Batas = Batas + dTabel(N, 5)
If Batas <= MaxBatas Then
R1 = R1 + 1
For C = 1 To dTabel.Columns.Count
Hasil1(R1, C) = dTabel(N, C)
Next C
Else
'----- transisi 1 -------------
If R2 = 0 Then
If (Batas - dTabel(N, 5)) < MaxBatas Then ' <<--
R1 = R1 + 1
For C = 1 To dTabel.Columns.Count - 1
Hasil1(R1, C) = dTabel(N, C)
Next C
Ambang = dTabel(N, 5) - Batas + MaxBatas
Hasil1(R1, 5) = Ambang
End If
End If
'------end of transisi 1 -------
R2 = R2 + 1
'----- transisi 2 --------------
If R2 = 1 Then
For C = 1 To dTabel.Columns.Count - 1
Hasil2(R2, C) = dTabel(N, C)
Next C
Hasil2(R2, 5) = dTabel(N, 5) - Ambang
'----- end of transisi 2 -------
Else
For C = 1 To dTabel.Columns.Count
Hasil2(R2, C) = dTabel(N, C)
Next C
End If
End If
Next N
End Sub

2012/1/29 Rahmat Sadikin <sadikinr19@yahoo.co.id>
>
> Para Senior Excel.
> apakah ada kode makro untuk mengambil database dengan syarat jumlah yg
> kita tentukan ?
> kalau tolong pentnujuk karena pekerjaan manual menyita waktu.
> thk
>
>
3a.

Re: range grafik otomatis

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jan 29, 2012 5:28 am (PST)



Hai Seismica,

Coba pelajari pemanfaatan fungsi Offset atau Index untuk menyusun nama
range yang dinamis.
Kemudian jadikan nama range tersebut sebagai data range untuk chart.

Wassalam,
Kid.

2012/1/29 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam
> Semoga para pencerah mendapat pahala yang banyak AMIIIN.
> Mohon bantuan para master grafik yang saya buat ada kendala pada operasi
> manual untuk range yang dimaksud.
> Untuk jelasnya saya lampirkan kasusnya
>
> Salam
> Seismica
>
>
>
>
4a.

Re: menentukan check in/out dan discount rate

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jan 29, 2012 6:48 am (PST)



Pak Widodo,

Semoga bapak bisa segera sempat dan segera berminat mempelajari VBA.

Jika tidak segera sempat (sayang kalau sampai tidak ada minat) untuk
memperlajari VBA, coba file terlampir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/1/29 widodo aji <bosseaz@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mbak/Ibu...
>
> Thanks, iya sih enak kalo tinggal pencet tombol.
> Kalo ndak pake makro bisa ngga ya.. (soale saya ndak bisa ngedit makro
> lho...;))
> sapa tau nanti ada beberapa item yang berubah.
>
> Untuk diskon, hanya diberikan jika total lama tinggal lebih dari 7 hari
> dan diberikan sebesar lama tinggal x 1%.
> (maks 50% untuk low season dan 30% untuk high season).
>
> Seperti contoh di lampiran yang saya buat, check in/out 25 Mar 2012 - 11
> Apr 2012
>
> Low season 25 mar - 3 apr = 9 night-------> diskon 9% (jika total lama
> tinggal suatu saat lebih dari 50 night berarti diskon yg diberikan maks 50%)
> high season 3 apr(bisa ngga hasilnya mulai tanggal 3 bukan tanggal 4) - 11
> apr = 8 night------>diskon 8%
> (jika total lama tinggal suatu saat lebih dari 30 night berarti diskon yg
> diberikan maks 30%)
>
> Maaf kalo agak membingungkan, semoga bisa dimengerti.
>
> ------------------------------
> **
>
4b.

Bls: [belajar-excel] menentukan check in/out dan discount rate

Posted by: "widodo aji" bosseaz@yahoo.com   bosseaz

Sun Jan 29, 2012 5:51 pm (PST)



Mr Kid

Minat untuk mempelajari ada, tapi sampai sekarang saya kurang mengerti VBA.
Saya sudah coba belajar tapi rasane kok ndak ngerti-ngerti.;(

Thanks untuk file yang dibuat, btw ada sedikit kesalahpahaman mengenai diskon ratenya. 

Untuk diskon, hanya diberikan jika total lama tinggal (total untuk semua, baik low high maupun peak) lebih dari 7 hari dan diberikan sebesar lama tinggal x 1%.

Jadi, asalkan total lama tinggal > 7 hari, meskipun misalnya low season cuma 2 hari, tetap akan didiskon 2 x 1%.
saya lihat di file, diskon hanya diberikan dengan kondisi total stay per season > 7 hari saja.

(maks 50% untuk low season dan 30% untuk high season).
 
Seperti contoh di lampiran yang saya buat, check in/out 25 Mar 2012 - 11 Apr 2012

Low season 25 mar - 3 apr = 9 night-------> diskon 9% (jika total lama tinggal suatu saat lebih dari 50 night berarti diskon yg diberikan maks 50%)

high season 3 apr(bisa ngga hasilnya mulai tanggal 3 bukan tanggal 4) - 11 apr = 8 night------>diskon 8% (jika total lama tinggal suatu saat lebih dari 30 night berarti diskon yg diberikan maks 30%)

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 29 Januari 2012 22:48
Judul: Re: [belajar-excel] menentukan check in/out dan discount rate


 
Pak Widodo,

Semoga bapak bisa segera sempat dan segera berminat mempelajari VBA.

Jika tidak segera sempat (sayang kalau sampai tidak ada minat) untuk memperlajari VBA, coba file terlampir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/1/29 widodo aji <bosseaz@yahoo.com>


>Dear Mbak/Ibu...
>
>
>Thanks, iya sih enak kalo tinggal pencet tombol.
>Kalo ndak pake makro bisa ngga ya.. (soale saya ndak bisa ngedit makro lho...;))
>sapa tau nanti ada beberapa item yang berubah.
>
>
>
>Untuk diskon, hanya diberikan jika total lama tinggal lebih dari 7 hari dan diberikan sebesar lama tinggal x 1%.
>(maks 50% untuk low season dan 30% untuk high season).

>Seperti contoh di lampiran yang saya buat, check in/out 25 Mar 2012 - 11 Apr 2012
>
>
>Low season 25 mar - 3 apr = 9 night-------> diskon 9% (jika total lama tinggal suatu saat lebih dari 50 night berarti diskon yg diberikan maks 50%)
>
>high season 3 apr(bisa ngga hasilnya mulai tanggal 3 bukan tanggal 4) - 11 apr = 8 night------>diskon 8% (jika total lama tinggal suatu saat lebih dari 30 night berarti diskon yg diberikan maks 30%)
>
>Maaf kalo agak membingungkan, semoga bisa dimengerti.
>
>
>
>
>________________________________
>
>

4c.

Re: menentukan check in/out dan discount rate

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Sun Jan 29, 2012 7:34 pm (PST)



ikut neimbrung ya mas....

terus... bgmana kabarnya dengan aturan terdahulu? kok belum ada SK
pencabutannya ?
he he he
di SK itu tidak ada kata kata *1%*

[image: aturan diskon widodo aji.PNG]

Ada lagi:
suatu tanggal ys di tabel Season sudah jelas masuk ke suatu baris SEASON
tertentu,
di tabel HASIL >> DI SURUH berubah menjadi ikut kelompok season BARIS LAIN
contohnya tgl: *3 April 2012*
Apa tidak tabel Seasonnya saja yg diubah (oleh pembuat tabel, bukan oleh
"pengusul" rumus)

Pertanyaan ini bukan karena ngeyel, tetapi karena dengan penjelasan yg ada,
Aki belum banyak tahu
apa yg dikehendaki penanya..

Ki Semprul (semprul, Ki!)

2012/1/30 widodo aji <bosseaz@yahoo.com>

> **
> Thanks untuk file yang dibuat, btw ada sedikit kesalahpahaman mengenai
> diskon ratenya.
> Untuk diskon, hanya diberikan jika total lama tinggal (total untuk semua,
> baik low high maupun peak) lebih dari 7 hari dan diberikan sebesar lama
> tinggal *x 1%.*
>
> Jadi, asalkan total lama tinggal > 7 hari, meskipun misalnya low season
> cuma 2 hari, tetap akan didiskon 2 x 1%.
> saya lihat di file, diskon hanya diberikan dengan kondisi total stay per
> season > 7 hari saja.
>
> (maks 50% untuk low season dan 30% untuk high season).
>
> Seperti contoh di lampiran yang saya buat, check in/out 25 Mar 2012 - 11
> Apr 2012
>
> Low season 25 mar - 3 apr = 9 night-------> diskon 9% (jika total lama
> tinggal suatu saat lebih dari 50 night berarti diskon yg diberikan maks 50%)
> high season 3 apr(bisa ngga hasilnya mulai tanggal 3 bukan tanggal 4) - 11
> apr = 8 night------>diskon 8%
> (jika total lama tinggal suatu saat lebih dari 30 night berarti diskon yg
> diberikan maks 30%)
>
>
4d.

Bls: [belajar-excel] menentukan check in/out dan discount rate

Posted by: "widodo aji" bosseaz@yahoo.com   bosseaz

Sun Jan 29, 2012 9:45 pm (PST)



Maaf ki....

Dengan ini saya cabut pernyataan diskon yang pertama;)
Untuk tanggal, file dari Mr Kid sudah OK (sedikit rumit menjelaskannya tapi overall ok kok) cuma diskon saja yang ada beda dengan yang saya tanyakan(mungkin juga karena pertanyaannya yang kurang jelas seperti yang Ki Semprul bilang).

contoh :
Check in /out 1 april / 11 april 2012
1 - 3 april = 2 night (low season)
3 - 11 april = 8 nights (high season)
total 10 nights > 7 night
diskon diberikan 2night x 1% (low  season)
dan 8night x 1% (high season)

semoga bisa dimengerti.

________________________________
Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Dikirim: Senin, 30 Januari 2012 11:34
 
ikut neimbrung ya mas....

terus... bgmana kabarnya dengan aturan terdahulu?  kok belum ada SK pencabutannya ?  
he he he
di SK itu tidak ada kata kata 1%

Ada lagi:
suatu tanggal ys di tabel Season sudah jelas masuk ke suatu baris SEASON tertentu,
di tabel HASIL >> DI SURUH berubah menjadi ikut kelompok season BARIS LAIN
contohnya tgl:  3 April 2012
Apa tidak tabel Seasonnya saja yg diubah (oleh pembuat tabel, bukan oleh "pengusul" rumus)

Pertanyaan ini bukan karena ngeyel, tetapi karena dengan penjelasan yg ada, Aki belum banyak tahu apa yg dikehendaki penanya..

Ki Semprul (semprul, Ki!)

5a.

Re: Pertanyaan: This action will reset your project anyway?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jan 29, 2012 6:55 am (PST)



Dear Mansor,

Biasanya error ini muncul ketika opsi di VBE -> Tools -> Option -> tab
General -> grup Edit and bla-bla -> notify bla-bla dalam keadaan tercentang
lalu terjadi pengeditan dalam baris kode. Jika hal ini tak sesuai kondisi
munculnya, contoh file yang sering memunculkan error tersebut akan membantu
BeExceller dalam mencari penyebabnya.

Regards,
Kid.

On Sat, Jan 28, 2012 at 11:01, Mansor <dbpermatasari@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Dear member BeExcel,
>
> Setiap kali saya selesai execute makro, maka akan keluar pesan ini, apakah
> disebabkan saya tertinggal sesuatu dalam penulisan prosidurenya. Contoh
> seperti dibawah, apa maksud pertanyaan ini?
>
>
>
>
>
>
> 'Saya mau bikin sheet management
>
> Private Sub ListBox1_Change()
> Sheets(ListBox1.Value).Activate
> End Sub
>
> Private Sub UserForm_Initialize()
> Dim sht As Worksheet
> For Each sht In ThisWorkbook.Worksheets
> ListBox1.AddItem sht.Name
> Next
> End Sub
>
> 'dan pada object workbook ditulis bagini
>
> Private Sub workbook_open()
> FrmWS.Show
>
> End Sub
>
>
> Private Sub Workbook_SheetBeforeDoubleClick(ByVal Sh As Object, ByVal
> Target As Range, Cancel As Boolean)
> Dim YaTidak As Long
>
> YaTidak = MsgBox("kamu mau lihat???", vbQuestion + vbYesNo,
> ThisWorkbook.Name)
>
> If YaTidak = vbYes Then
> Cancel = True
> FrmWS.Show
> End If
>
>
>
> End Sub
>
>
>
>
>
>
6a.

Re: SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jan 29, 2012 7:31 am (PST)



Dear Harry,

*Pertanyaan No. 1*
>> pada event click tombol Save, ubah baris kodenya menjadi :
Private Sub cmdAdd_Click()
Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control

'----------------------------
'Kid : 2012-01-29 : modified
'----------------------------
'deklarasi variabel workbook
Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook

'init workbooknya
Set wbkA = ThisWorkbook
Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
wbkA.Activate

'init range database nya
Set Reg = wbkDB.Worksheets("DATABASE").Cells(1)
'----------------------------

'find first empty row in database
iRow = Reg(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row

'copy the data to the database
Reg(iRow, 1).Value = txtNoreg.Value
Reg(iRow, 2).Value = txtNama.Value

'clear the data / modified by Haps / 30 Jul2011
txtNoreg.Value = ""
txtNama.Value = ""

'----------------------------
'Kid : 2012-01-29 : modified
'----------------------------
* 'tulis jumlah record database di registrasi cell a1**
wbkA.Sheets("registrasi").Range("a1").Formula =
Reg.CurrentRegion.Rows.Count - 1*

'tutup database sekalian simpan
Application.DisplayAlerts = False
wbkDB.Close True
Application.DisplayAlerts = True
wbkA.Activate
'----------------------------

Unload Me
End Sub

*Pertanyaan No. 2*
Database yang baik tidak memiliki baris Sum atau Subtotal di baris ke
sekiannya. Akan lebih baik lagi jika tidak ada formula didalamnya.
Untuk hal ini, maka jumlah record database dapat disimpan pada sheet
registrasi cell a1 yang berada di file interface (*lihat baris hijau pada
no 1 di atas*)
Karena jumlah record ada di sheet registrasi, maka text box txtJumlah pada
form frmJumlah diubah nilai properti Control Source-nya menjadi merujuk ke
cell A1 di sheet registrasi ( *=registrasi!a1* )

Manfaatkan properti application.screenupdating = true sebelum proses
dimulai dan application.screenupdating = false sebelum proses selesai untuk
mengurangi efek blink saat buka workbook.

Jika control source dari txtjumlah di kosongkan, maka buat prosedur event
initialize form dan beri baris kode :
'deklarasi variabel workbook
Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook

Application.ScreenUpdating = False

'init workbooknya
Set wbkA = ThisWorkbook
Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
wbkA.Activate

'tulis jumlah record database di registrasi cell a1
txtjumlah.Text =
wbkDB.Sheets("database").Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count - 1

'tutup database sekalian simpan
Application.DisplayAlerts = False
wbkDB.Close True
Application.DisplayAlerts = True
wbkA.Activate

Application.ScreenUpdating = True

Regards,
Kid.

2012/1/29 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon informasi dan penjelasan akan pertanyaan saya dengan situasi dan
> kondisi sebabagai berikut:
> Pertanyaan No. 1
> Jika pada File �STUDI KASUS (SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)�
> terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet �REGISTRASI� dan Sheet �DATABASE�. Pada
> file tersebut, jika saya mengisi User Form pada Sheet �REGISTRASI� otomatis
> tersimpan pada Sheet �DATABASE�.
>
> Pertanyaan saya adalah:
> Bagaimana caranya jika Sheet �DATABASE� tersebut saya pindahkan pada File
> yang berbada Mis. File dng nama �DATABASE�.
>
>
> Pertanyaan No. 2
> Pada File �STUDI KASUS (SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)� Sheet
> �DATABASE� kolom C15 merupakan penjumlahan dari C2 s/d C13. Jika User Form
> �JUMLAH� kita Click otomatis muncul hasil penjumlahannya. Tetapi jika
> databasenya bertambah, kok rumusnya hilang dan berganti dengan angka yang
> hasilnya tidak Up To Date (tidak sesuai dengan hasil yang diinginkan)�???
>
>
> Mohon berkenan informasinya.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> N/B:
> � Data Sekarang: File �STUDI KASUS (SIMPAN DATA USER FORM
> PADA FILE YANG BEDA)� terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet �REGISTRASI� dan
> Sheet �DATABASE�.
> � Data yang seharusnya: File �STUDI KASUS (SIMPAN DATA
> USER FORM PADA FILE YANG BEDA)� hanya memiliki 1 (satu) Sheet yaitu Sheet
> �REGISTRASI� sedangkan Sheet �DATABASE� terdapat pada file yang berbeda
> yaitu File �DATABASE�
>
>
>
>
7a.

Huruf Capital

Posted by: "IHSAN NURDIN" ihsanmn@yahoo.com   ihsanmn

Sun Jan 29, 2012 5:02 pm (PST)



Rekan - rekan milis.
 
Saat ini saya lagi nyusun daftar undangan pernikahan. Masalahnya yg saya dapatkan adalah semua nama yg akan diundang berhuruf Capital (huruf besar). Bagaimana caranya agar di awal nama saja yang besar. Misal : ABDUL AHMAD. Yang saya inginkan : Abdul Ahmad. Mohon bantuan rekan2. TK sebelumnya. Maaf kalau pertanyaan ini pernah ditanyakan sebelumnya.
 
 
Salam Belajar Excel.
7b.

Re: Huruf Capital

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sun Jan 29, 2012 5:47 pm (PST)



Ketik :
=Proper(...)
.... adalah sel yang dirujuk.

Salam,
Hendrik

________________________________
From: IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 30 January 2012, 8:02
Subject: [belajar-excel] Huruf Capital


 
Rekan - rekan milis.
 
Saat ini saya lagi nyusun daftar undangan pernikahan. Masalahnya yg saya dapatkan adalah semua nama yg akan diundang berhuruf Capital (huruf besar). Bagaimana caranya agar di awal nama saja yang besar. Misal : ABDUL AHMAD. Yang saya inginkan : Abdul Ahmad. Mohon bantuan rekan2. TK sebelumnya. Maaf kalau pertanyaan ini pernah ditanyakan sebelumnya.
 
 
Salam Belajar Excel.
7c.

Bls: [belajar-excel] Huruf Capital

Posted by: "supri yadi" supriyadi_sbm@yahoo.co.id   supriyadi_sbm

Sun Jan 29, 2012 5:51 pm (PST)



Dear Pak Ihsan,

Gunakan rumus =PROPER(cell/text)

Semoga membantu.

Best Regards,
Supriyadi

________________________________
Dari: IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 30 Januari 2012 8:02
Judul: [belajar-excel] Huruf Capital


 
Rekan - rekan milis.
 
Saat ini saya lagi nyusun daftar undangan pernikahan. Masalahnya yg saya dapatkan adalah semua nama yg akan diundang berhuruf Capital (huruf besar). Bagaimana caranya agar di awal nama saja yang besar. Misal : ABDUL AHMAD. Yang saya inginkan : Abdul Ahmad. Mohon bantuan rekan2. TK sebelumnya. Maaf kalau pertanyaan ini pernah ditanyakan sebelumnya.
 
 
Salam Belajar Excel.
7d.

Re: Huruf Capital

Posted by: "IHSAN NURDIN" ihsanmn@yahoo.com   ihsanmn

Sun Jan 29, 2012 5:55 pm (PST)



Sip.... thx Pak Hendrik, Pak Supriyadi dan rekan lain atas bantuannya...
 
 
salam belaja-excel

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, January 30, 2012 9:47 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Huruf Capital

 
Ketik :
=Proper(...)
.... adalah sel yang dirujuk.

Salam,
Hendrik

________________________________
From: IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 30 January 2012, 8:02
Subject: [belajar-excel] Huruf Capital

 
Rekan - rekan milis.

Saat ini saya lagi nyusun daftar undangan pernikahan. Masalahnya yg saya dapatkan adalah semua nama yg akan diundang berhuruf Capital (huruf besar). Bagaimana caranya agar di awal nama saja yang besar. Misal : ABDUL AHMAD. Yang saya inginkan : Abdul Ahmad. Mohon bantuan rekan2. TK sebelumnya. Maaf kalau pertanyaan ini pernah ditanyakan sebelumnya.

Salam Belajar Excel.

8a.

ComboBox_Change

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sun Jan 29, 2012 7:14 pm (PST)



Perintah huruf tebal dalam Macro
Private Sub ComboBox1_Change()
    If ActiveSheet.Name = "DATA" And ActiveCell.Column = 4 Then
       ActiveCell = ComboBox1.Value
        ComboBox1.Visible = False
    End If
End Sub
bertujuan untuk mengisi ActiveCell secara otomatis dengan No Rek yang dipilih pada ComboBox (ComboBox1.Value)

Namun dalam contoh file terlampir, jika kita ingin mengganti sel D3 dengan No Rek "1111" yang sudah kita pakai sebelumnya (ComboBox1.Value = "1111") maka isi sel D3 tetap tidak berubah (Event ComboBox1_Change tidak terjadi).

Pertanyaan saya :
Bagaimana agar isi sel D3 tetap dapat diganti dengan No Rek "1111" atau dengan kata lain 
ComboBox1_Change harus diganti dengan ComboBox1_????

Salam,
Hendrik Karnadi
8b.

Re: ComboBox_Change

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Sun Jan 29, 2012 8:57 pm (PST)




Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
If Target.Count = 1 Then
If Target.Column = 4 Then
If Target.Row > 1 Then' pada saat posisi kursor di kolom D
' agar nilai combobox1 sesuai dengan sel di kolom D ' tambahkan : ComboBox1.Value = ActiveCell' ======
ComboBox1.Top = Target.Top
ComboBox1.Left = Target.Left
ComboBox1.Visible = True
ComboBox1.DropDown
End If
End If
End If
End Sub

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Sun, 29 Jan 2012 19:14:56 -0800
Subject: [belajar-excel] ComboBox_Change

Perintah huruf tebal dalam MacroPrivate Sub ComboBox1_Change() If ActiveSheet.Name = "DATA" And ActiveCell.Column = 4 Then ActiveCell = ComboBox1.Value ComboBox1.Visible = False End IfEnd
Subbertujuan untuk mengisi ActiveCell secara otomatis dengan No Rek yang dipilih pada ComboBox (ComboBox1.Value)
Namun dalam contoh file terlampir, jika kita ingin mengganti sel D3 dengan No Rek "1111" yang sudah kita pakai sebelumnya (ComboBox1.Value = "1111") maka isi sel D3 tetap tidak berubah (Event ComboBox1_Change tidak terjadi).
Pertanyaan saya :Bagaimana agar isi sel D3 tetap dapat diganti
dengan No Rek "1111" atau dengan kata lain ComboBox1_Change harus diganti dengan ComboBox1_????

Salam,Hendrik Karnadi

8c.

Re: ComboBox_Change

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Sun Jan 29, 2012 9:12 pm (PST)




Seperti saran saya terdahulu pemakain combobox dari Controls Form , sebaiknya di ganti dengan Controls ActiveX. Karena tampilan yang mengganggu, walaupun sudah berada di sel lain , list dari item combobox tak menghilang di posisi lamanya. Ada hal lain adalah Event Change biasanya menguras sumber daya sehingga kinerja menurun . Sebaiknya gunakan user Form , sehingga data dan user interface ( kegiatan Add , Edit , Delete ) terpisah. Jadi hindari penggunaan event2 di worksheet.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Mon, 30 Jan 2012 04:57:11 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] ComboBox_Change

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
If Target.Count = 1 Then
If Target.Column = 4 Then
If Target.Row > 1 Then
' pada saat posisi kursor di kolom D
' agar nilai combobox1 sesuai dengan sel di kolom D
' tambahkan :
ComboBox1.Value = ActiveCell
' ======
ComboBox1.Top = Target.Top
ComboBox1.Left = Target.Left
ComboBox1.Visible = True
ComboBox1.DropDown
End If
End If
End If
End Sub

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Sun, 29 Jan 2012 19:14:56 -0800
Subject: [belajar-excel] ComboBox_Change

Perintah huruf tebal dalam MacroPrivate Sub ComboBox1_Change() If ActiveSheet.Name = "DATA" And ActiveCell.Column = 4 Then ActiveCell = ComboBox1.Value ComboBox1.Visible = False End IfEnd
Subbertujuan untuk mengisi ActiveCell secara otomatis dengan No Rek yang dipilih pada ComboBox (ComboBox1.Value)
Namun dalam contoh file terlampir, jika kita ingin mengganti sel D3 dengan No Rek "1111" yang sudah kita pakai sebelumnya (ComboBox1.Value = "1111") maka isi sel D3 tetap tidak berubah (Event ComboBox1_Change tidak terjadi).
Pertanyaan saya :Bagaimana agar isi sel D3 tetap dapat diganti
dengan No Rek "1111" atau dengan kata lain ComboBox1_Change harus diganti dengan ComboBox1_????

Salam,Hendrik Karnadi



9a.

Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com   mudaguru

Sun Jan 29, 2012 10:16 pm (PST)



Salam,

Kepada para warga milis belajar excel.

Mohon dibantu bagaimana mengcopy data antar sheet dengan kriteria judul kolom yg sama.
Dan nomor baris juga sama.

Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.

Terima kasih
9b.

Re: Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sun Jan 29, 2012 11:31 pm (PST)



Pak guru muda,

Langkah2nya adalah sebagai berikut :
- Buat nama2 range No, Nama, Anak pada kolom2 no, nama dan jml anak pada Sheet Data.
- Pada Sheet Hasil range A2 kerik Formula : =IF(INDEX(No,ROW())="","",INDEX(No,ROW()))
- Pada Sheet Hasil range C2 kerik Formula : =IF(INDEX(Nama,ROW())="","",INDEX(Nama,ROW())) 

- Pada Sheet Hasil range E2 kerik Formula : =IF(INDEX(Anak,ROW())="","",INDEX(Anak,ROW())) 

Kemudian copy ke bawah.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: guru muda <mudaguru@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 30 January 2012, 13:16
Subject: [belajar-excel] Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet


 
Salam,

Kepada para warga milis belajar excel.

Mohon dibantu bagaimana mengcopy data antar sheet dengan kriteria judul kolom yg sama.
Dan nomor baris juga sama.

Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.

Terima kasih

9c.

Re: Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Jan 29, 2012 11:34 pm (PST)



Secara umum, *mengambil* data (dapat dikatan juga merujuk bahkan anda pakai
istilah mengCOPY data) dari sebuah tabel dengan diketahui LABEL KOLOM dan
LABEL BARIS nya; kita dapat memanfaatkan fungsi INDEX.
Bahwa tabel ternyata ada di sheet lain, bahkan mungkin di workbook lain, ya
tetap sama. Yg berbeda hanya cara merujuk tiap range / cell nya saja.

INDEX ( Range_Tabel, Angka_IndexBaris, Angka_IndexKolom)

Sedangkan Angka-Index-Baris maupun Angka-Index-Kolom jika kita belum
mendapat HASIL yg sudah berupa ANGKA; dapat dicari denga MATCH

=INDEX_RangeTabel, Match_1, Match2)

Terlampir contoh yg sudah pernah ditayangkan di milis oleh Ni Mas Hapsari
(waktu itu pak guru muda sedang ke mana ya, he he..)..

Di situ dicontohkan merujuknya masih dalam sheet yg sama.
Untuk Sheet lain janganlan dijadikan kendala, karena kemarin sudah
diberitahu cara (notasi) merujuk cell/range pada SHeet/Book lain.

*o'Seno*

*
2012/1/30 guru muda <mudaguru@yahoo.com>
>
> Salam,
> Kepada para warga milis belajar excel.
> Mohon dibantu bagaimana mengcopy data antar sheet dengan kriteria judul
kolom yg sama.
> Dan nomor baris juga sama.
> Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.
>
> Terima kasih*
*
*
9d.

Re: Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Sun Jan 29, 2012 11:56 pm (PST)





Saya sertakan cara membuat Command button dan mengkaitkan event Clicksemoga tak melanggar ukuran File . Kalau terpaksa saya kirim secara japri.To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: ontoseno84@gmail.com
Date: Mon, 30 Jan 2012 14:34:10 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Secara umum, mengambil data (dapat dikatan juga merujuk bahkan anda pakai istilah mengCOPY data) dari sebuah tabel dengan diketahui LABEL KOLOM dan LABEL BARIS nya; kita dapat memanfaatkan fungsi INDEX.

Bahwa tabel ternyata ada di sheet lain, bahkan mungkin di workbook lain, ya tetap sama. Yg berbeda hanya cara merujuk tiap range / cell nya saja.
INDEX ( Range_Tabel, Angka_IndexBaris, Angka_IndexKolom)

Sedangkan Angka-Index-Baris maupun Angka-Index-Kolom jika kita belum mendapat HASIL yg sudah berupa ANGKA; dapat dicari denga MATCH
=INDEX_RangeTabel, Match_1, Match2)

Terlampir contoh yg sudah pernah ditayangkan di milis oleh Ni Mas Hapsari (waktu itu pak guru muda sedang ke mana ya, he he..)..
Di situ dicontohkan merujuknya masih dalam sheet yg sama.

Untuk Sheet lain janganlan dijadikan kendala, karena kemarin sudah diberitahu cara (notasi) merujuk cell/range pada SHeet/Book lain.
o'Seno

2012/1/30 guru muda <mudaguru@yahoo.com>

>
> Salam,
> Kepada para warga milis belajar excel.
> Mohon dibantu bagaimana mengcopy data antar sheet dengan kriteria judul kolom yg sama.
> Dan nomor baris juga sama.
> Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.

>
> Terima kasih

9e.

Re: Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Jan 30, 2012 12:08 am (PST)




adapun kode dari Subrutinnya : ' karena diluar Sub ... End maka timbul error `Invalid Outside Procedure`
'Worksheets("Sheet1").Columns("A").Copy Worksheets("Sheet2").Columns("B")
Sub kopisheet()
Worksheets("Data").Columns("A:E").Copy Worksheets("Hasil").Columns("A")
End Sub

daripada mengetik , silakan sorot koding diatas mulai tulisan mulai sub sampai End Sub lalu tekan [Ctrl] [C] --> copypada VBE tekan [Ctrl][V] --> Paste To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Mon, 30 Jan 2012 07:56:14 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Saya sertakan cara membuat Command button dan mengkaitkan event Click
semoga tak melanggar ukuran File . Kalau terpaksa saya kirim secara japri.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: ontoseno84@gmail.com
Date: Mon, 30 Jan 2012 14:34:10 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana Mengcopy Data Antar Sheet

Secara umum, mengambil data (dapat dikatan juga merujuk bahkan anda pakai istilah mengCOPY data) dari sebuah tabel dengan diketahui LABEL KOLOM dan LABEL BARIS nya; kita dapat memanfaatkan fungsi INDEX.

Bahwa tabel ternyata ada di sheet lain, bahkan mungkin di workbook lain, ya tetap sama. Yg berbeda hanya cara merujuk tiap range / cell nya saja.
INDEX ( Range_Tabel, Angka_IndexBaris, Angka_IndexKolom)

Sedangkan Angka-Index-Baris maupun Angka-Index-Kolom jika kita belum mendapat HASIL yg sudah berupa ANGKA; dapat dicari denga MATCH
=INDEX_RangeTabel, Match_1, Match2)

Terlampir contoh yg sudah pernah ditayangkan di milis oleh Ni Mas Hapsari (waktu itu pak guru muda sedang ke mana ya, he he..)..
Di situ dicontohkan merujuknya masih dalam sheet yg sama.

Untuk Sheet lain janganlan dijadikan kendala, karena kemarin sudah diberitahu cara (notasi) merujuk cell/range pada SHeet/Book lain.
o'Seno

2012/1/30 guru muda <mudaguru@yahoo.com>

>
> Salam,
> Kepada para warga milis belajar excel.
> Mohon dibantu bagaimana mengcopy data antar sheet dengan kriteria judul kolom yg sama.
> Dan nomor baris juga sama.
> Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.

>
> Terima kasih



10.

Tanya: Bagaimana cara copy paste value plus comment saja via makro

Posted by: "Isti Astro" milisastro@gmail.com   isti_astro

Sun Jan 29, 2012 11:12 pm (PST)



Dear All Master,

Mohon bantuannya makro untuk copy paste tapi hanya value plus commentnya
saja, untuk format dan lainnya tidak ikut ter-paste di cell yang dituju.
Adapun koding yang sudah ada saya ambil dari Bu Haps & Pak Seno dengan
sedikit modifikasi tapi masih bingung juga, berikut makronya:
====================================================================================
Sub CopyPaste()
Dim dataTbl As Range, dataRekap As Range, Rng As Range
Dim Row As Integer, Col As Integer
Dim i As Long

Set dataTbl = Sheet1.Range("B1:D4").CurrentRegion.Offset(1, 0) ' Sheet
berubah sesuai dengan data tabel sumber
Set dataRekap = Sheet2.Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)

For Row = 2 To dataTbl.Rows.Count
For Col = 2 To dataTbl.Columns.Count
Set Rng = Sheet2.Range("B1:D1").Find(Col, LookIn:=xlValues)
i = Rng.Column
dataRekap(RekRow, i) = dataTbl(Row, Col) ' Jika pakai coding
ini hanya value saja yang ke paste, maunya plus

' commentnya
Next Col
Next Row
End Sub
===========================================================================================

Tabel kasus terlaimpir. Terima kasih.

regards,
Isti
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Mental Health

Learn More

Yahoo! Groups

Dog Group

Connect and share with

dog owners like you

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar