Rabu, 25 Januari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1488

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: lacak nomor From: anton suryadi
1b.
Re: lacak nomor From: i Haps
2a.
Bls: [belajar-excel] Graph theory From: topan firmandha
3a.
Data from excel pindah jadi data chart di powerpoint From: yusajing_ehm@yahoo.com
3b.
Re: Data from excel pindah jadi data chart di powerpoint From: i Haps
4a.
Re: Nama hari dalam bahasa inggris From: yusajing_ehm@yahoo.com
5a.
mensummary data tanpa pivot table From: firman 21
5b.
Re: mensummary data tanpa pivot table From: i Haps
5c.
Re: mensummary data tanpa pivot table From: firman 21
5d.
Re: mensummary data tanpa pivot table From: Ki Semprul
5e.
Re: mensummary data tanpa pivot table From: firman 21
5f.
Re: mensummary data tanpa pivot table From: firman 21
5g.
Re: mensummary data tanpa pivot table From: kisemprul@rocketmail.com
6a.
Isi ComboBox dari Sheets From: Aliif Akbar
6b.
Re: Isi ComboBox dari Sheets From: i Haps
6c.
Re: Isi ComboBox dari Sheets From: Aliif Akbar
7a.
Re: Rack System From: Arie Bowo Witjaksono
8a.
Re: mensummary data tanpa pivot table (ada radio buttonnya) From: Mulki
8b.
Re: mensummary data tanpa pivot table (ada radio buttonnya) From: kisemprul@rocketmail.com
9a.
Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable From: hendrik karnadi
9b.
Re: Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable From: jkssxls Sudarsono
9c.
Re: Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable From: jkssxls Sudarsono
10a.
Mohon disempurnakan From: Supriyanto S
10b.
Re: Mohon disempurnakan From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
10c.
Re: Mohon disempurnakan From: zainul_ulum

Messages

1a.

Re: lacak nomor

Posted by: "anton suryadi" summonery@yahoo.com   summonery

Tue Jan 24, 2012 8:04 am (PST)



Dear wixli,

Case pencarian angka yang hilang telah beberapa kali muncul di milis ini, cobalah search dengan kata kunci "Angka Yang Hilang"
atau anda dapat juga mencoba array formula berikut ini:
tuliskan mulai pada cell G9, 
=SMALL(IF(ISNA(MATCH($C$9:$C$58,$E$9:$E$58,0)),ROW($C$9:$C$58)-ROW($C$9)+1),ROWS(G$9:$I9))

ingat, ini array formula, Enter dengan menekan Ctrl+Shift+Enter... dan copy-paste ke bawah 'sepuasnya'....

Untuk lebih jelasnya lihat file terlampir.

>semoga bermanfaat

________________________________
From: YULIANTO PRIMA WIXLI <ywixli@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, January 24, 2012 8:38 PM
Subject: [belajar-excel] lacak nomor


 
Dear Para Pakar Excel yang saya Hormati,

Mohon bantuannya, bagai mana melacak nomor di kolom (A) yg belum muncul di kolom (B), data seperti terlampir, mohon bantuannya ya..

Terima kasih

1b.

Re: lacak nomor

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 24, 2012 2:41 pm (PST)



Masih mengikuti cara pak Anton, hanya berbeda sedikit: yaitu menggunakan
COUNTIF
*COUNTIF($E$9:$E$58,C9)=0* sebagai pengganti MATCH untuk "melacak"
beradanya
Missing Numbers.
(formula ini pun dapat dipakai untuk dijadikan kondisi pada Conditional
Formatting;
sehingga para Missing-Numbers akan dapat di buat"mencolok" dengan format
warna)

[image: lacak dengan conditional formatting.PNG]

Jika COUNTIF menghasilkan 0 : berarti *di posisi itulah Missing Number
berada*
POSISI itu memang sudah berupa angka (dan BOLEH dianggap HASIL yg benar;
*jika saja* data yg di rujuk adalah bilangan cacah, urutan 1 sampai n

Tetapi bila data/List yg diRujuk berupa DATA LAIN; misal TEXT atau Angka
lain yg
*bukan berupa bilangan CACAH urutan dari 1 ke n; *maka Angaka-angka POSISI
tsb
harus hanya dianggap sebagai ROW-INDEX nya saja
datanya sendiri bisa dipanggil (dengan fungsi INDEX atau OFFSET) berdasarkan
angka-Posisi (row-Index) tsb

*=IFERROR(INDEX(C9:C58,SMALL(IF(COUNTIF(E9:E58,C9:C58)=0
,ROW(1:50)),ROW(1:50))),"")*

catatan:
IFFERROR hanya untuk menghilangkan hasil #NUM (cell yg berisi rumus yg
sudah diluar array)

*- i Haps -*

*2012/1/24 YULIANTO PRIMA WIXLI <ywixli@yahoo.com>
>
> Dear Para Pakar Excel yang saya Hormati,
> Mohon bantuannya, bagai mana melacak nomor di kolom (A) yg belum muncul
>
> di kolom (B), data seperti terlampir,
>
> mohon bantuannya ya..
> Terima kasih *
2a.

Bls: [belajar-excel] Graph theory

Posted by: "topan firmandha" top_p43@yahoo.co.id   top_p43

Tue Jan 24, 2012 10:30 am (PST)



Oia maaf lupa bu, bukan rahasia kok. ini buat tugas akhir saya untuk menghitung shear flow pada suatu penampang kapal.
Saya lampirkan perhitungan manual saya di excel bu..,

________________________________
Dari: indri Hapsari <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 24 Januari 2012 17:32
Judul: Re: [belajar-excel] Graph theory


 
Jadi, kami (members lain / mungkin calon penanggap) tetap tidak diperkenankan 
melihat data tabel nilai x,y  nya ya ?  
(pak topan tidak mengirimkannya,  hanya bilang: ADA)
Semoga pak Topan hanya lupa melampirkan saja...

Jika data bersifat sangat rahasia, harusnya dapat dibuatkan (oleh pak Topan) 
data dummies, asal masih mewakili kasus yg diajukan.
>> Apakah ada algoritma untuk mendeteksi data sehingga dapat dipisah ini sebagai 
>> bagian Close section dan yang itu sebagai Open sectrion. 
>> Jika terdeteksi sebagai close section (C) maka harus diadakan pemotongan 
>> sehingga menjadi Open Section (O).

Maka itulah perlu kita lihat dulu DATA angka-angka nya seperti apa ?

Mudah mudahan ada members lain yg tanpa ada contoh tabelnya bisa mengetahui 
maksud dan memberikan solusi....

2012/1/24 topan firmandha <top_p43@yahoo.co.id>

>terimakasih atas responnya bu..
>Ia,
seperti yg ibu jelaskan memang grafik itu berasal dari koordinat (x,y)
dari tabel excel. Artinya yang akan diolah adalah data dari tabel
tersebut, dimana tabel tersebut jika dijadikan graph akan nampak
sebagaimana ilustrasi pada lampiran. Data tersebut mungkin untuk berubah
dan boleh diubah ubah sehingga graph-nya pun juga ikut berubah, dimana
syarat yang harus dipenuhi tetap. Apakah ada algoritma untuk mendeteksi
data sehingga dapat dipisah ini sebagai bagian Close section dan yang
itu sebagai Open sectrion. Jika terdeteksi sebagai close section (C)
maka harus diadakan pemotongan sehingga menjadi Open Section (O).
>Dan memang benar ada 3  kemungkinan dari data tersebut:
>- Semuanya adalah open section
>- Semuanya adalah Close section
>- Campuran antara close dan open section.
>
>Terimakasih bu.
>
>
>
>________________________________
> Dari: <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>Dikirim: Selasa, 24 Januari 2012 14:40 
>Berhubung belum tahu maksudnya,  bisakah diberikan penjelasan tambahan 
>kpd kami
>
>
>- apa hubungannya dengan excel ?; 
>
>
>- apakah "Graphic" itu harus dibuat dengan Excel CHART ?
>  ataukah ada TABEL yg mendasari terbentuknya "Graphic" seperti itu ?
>
>
>- apakah ada rangkaian nilai nilai x, y sehingga bisa terbentuk "graphic" spt itu ?
>
>
>- apakah nantinya nilai nilai itu berubah ubah, sehingga gambarnya juga berubah ubah
>  dan hasil akhirnya pun harus berubah sesuai syarat yg sudah disebutkan ?
>  Jika benar demikian mohon diberian contoh minimal 3 set data
>  (agar dapat kami fahami maksudnya)
>
>
>- ATAUKAN HANYA SATU KEMUNGKINAN SEPERTI GAMBAR ITU SAJA ?
>  Jika benar seperti ini, apakah graphic boleh digambar manual 
>  di media apa saja (misal Sheet excel, Paint ) 
>
>
>terima kasih
>- i -
>
>
3a.

Data from excel pindah jadi data chart di powerpoint

Posted by: "yusajing_ehm@yahoo.com" yusajing_ehm@yahoo.com   yusajing_ehm

Tue Jan 24, 2012 10:31 am (PST)



Salam Para Master dan suhu excel,

Seperti yang kita ketahui bahwa utk membuat chart di PowerPoint 2007, data selalu di taruh di dalam excel.

Pertanyaan saya adalah,
1. Apakah bisa kita membuat suatu coding macro yang dapat menghubungkan antara data di excel dengan pembuatan chart di powerpoint ?
2. Jika ada, tolong beritahu saya contohnya ?

Mohon pencerahannya,

TerimaKasih,
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3b.

Re: Data from excel pindah jadi data chart di powerpoint

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 24, 2012 3:01 pm (PST)



bisa
(kalau ada datanya yg akan diolah)

http://chandoo.org/wp/2011/08/03/create-powerpoint-presentations-using-excel-vba/
http://www.ozgrid.com/forum/showthread.php?t=20999
http://www.vbaexpress.com/kb/getarticle.php?kb_id=370
http://peltiertech.com/Excel/XL_PPT.html#chartppt
http://skp.mvps.org/vba.htm
http://www.ehow.com/how_5551671_automatically-powerpoint-using-vba-macro.html

*- i Haps -*
*

2012/1/24 <yusajing_ehm@yahoo.com>
> Seperti yang kita ketahui bahwa utk membuat chart di PowerPoint 2007,
data selalu di taruh di dalam excel.
> Pertanyaan saya adalah,
> 1. Apakah bisa kita membuat suatu coding macro yang dapat menghubungkan
antara *
*> data di excel dengan pembuatan chart di powerpoint ?
> 2. Jika ada, tolong beritahu saya contohnya ?
> Mohon pencerahannya,
> TerimaKasih*,
4a.

Re: Nama hari dalam bahasa inggris

Posted by: "yusajing_ehm@yahoo.com" yusajing_ehm@yahoo.com   yusajing_ehm

Tue Jan 24, 2012 10:31 am (PST)



Oke thx ya atas pencerahannya,,

Best Regard,,

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "o' Seno" <ontoseno84@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 24 Jan 2012 08:09:12
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Nama hari dalam bahasa inggris

Wah itu bukan kasus pak, hanya bapak belum memperhatikan saja..

Cara Excel menampilkan :
format BILANGAN, (termasuk format pemisah RIBUAN dan pemisah DESIMAL)
format TANGGAL (termasuk nama hari, nama bulan)
dan hal lain yg berkaitan dengannya, misalnya pemisah LIST / pemisah
Argument;
itu semua mengikuti *aturan di operating system*nya (kebanyakan kita pakai
WINDOWS)
Sedangkan di Windows pengaturan hal-hal tsb dipusatkan di
*Control Panel > Regional & Language Options*

Pada umumnya ( di indonesia) orang mengatur Regional Setting pada Komputer
(windows) nya
dengan dua cara
*= English(US) *
*= Indonesian*

[image: Language & Regional Setting.GIF]

[image: Regional Setting Eng and Ind.PNG]

*Konsekwensi dari setting tsb*

*= English(US)*
Nama bulan dan hari = bahasa Inggris
Tanda/simbol pemisah Ribuan pada Angka (bilangan) = , (KOMA)
Tanda/simbol pemisah Desimal pada Angka (bilangan) = . (TITIK)
Tanda/simbol pemisah Argument (pada fungsi) ataupun pemisah Element pada
List) = , (KOMA)

*= Indonesian*
Nama bulan dan hari = bahasa Indonesia
Tanda/simbol pemisah Ribuan pada Angka (bilangan) = . (TITIK)
Tanda/simbol pemisah Desimal pada Angka (bilangan) = , (KOMA)
Tanda/simbol pemisah Argument (pada fungsi) ataupun pemisah Element pada
List) = ; (TITIK-KOMA)

Karena itulah jika member mengajukan pertanyaan mengenai masalah format
bilangan dan tanggal
SEBAIKNYA sambil menyebutkan Regional Setting di komputernya (tapi tidak
ada yg permah mau)

Mohon diLihat pula: posting beberapa minggu y.l.
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/14806


*o'Seno*


*
2012/1/24 <yusajing_ehm@yahoo.com>
>
> Dear para pakar excel,,
> Saya akhir2 ini menemukan suatu kasus, di komputer tempat saya bekerja
ketika saya menggunakan formula berikut :
>
> =TEXT (DATE(2012,1,1),"ddd")
> Di komputer saya, nama hari dalam bahasa inggris, akan tetapi ketika di
komputer teman saya menggunakan bahasa indonesia,
> Lalu yang ke-2 di komputer saya menggunakan "," sedangkan di komputer
teman saya menggunakan ";" sebagai pemisah intsruksi fungsi.
> Mohon pencerahannya untuk pengaturannya,
> TerimaKasih,*

5a.

mensummary data tanpa pivot table

Posted by: "firman 21" firman.2121@gmail.com

Tue Jan 24, 2012 2:48 pm (PST)



dear rekan-rekan Yth,

Saya sedang mencoba membikin data pengelompokan dengan suatu kriteria,
tetapi ada kendala
ketika ingin di kelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, seperti contoh
pada file terlampir.
Saya tidak ingin menggunakan pivot table, mohon pencerahannya.
Terima kasih atas bantuannya.

rgds
firman
5b.

Re: mensummary data tanpa pivot table

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 24, 2012 3:11 pm (PST)



waduh bang/pok Mods...
*kena BOOM file 2,4 MB kita !!! ck ck ck....*
( mungkin bapak firman lupa / blum baca UUD - nya )
teganya... teganya... teganya... teganya.... teganya....

*- i Haps -*
mau menjawab (meskipun salah) jadi ditunda dulu deh...

*2012/1/25 firman 21 <firman.2121@gmail.com>
> dear rekan-rekan Yth,
> Saya sedang mencoba membikin data pengelompokan dengan suatu kriteria,
tetapi ada kendala
> ketika ingin di kelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, seperti contoh
pada file terlampir.
> Saya tidak ingin menggunakan pivot table, mohon pencerahannya.
> Terima kasih atas bantuannya.
> rgds
> firman*
5c.

Re: mensummary data tanpa pivot table

Posted by: "firman 21" firman.2121@gmail.com

Tue Jan 24, 2012 5:07 pm (PST)



dear All,

Maaf sekali ternyata file yang saya buat jadi besar sekali sizenya.
sekali lagi mohon maaf atas ketidaksengajaan ini.

rgds
firman

2012/1/25 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> **
>
>
> waduh bang/pok Mods...
> *kena BOOM file 2,4 MB kita !!! ck ck ck....*
> ( mungkin bapak firman lupa / blum baca UUD - nya )
> teganya... teganya... teganya... teganya.... teganya....
>
> *- i Haps -*
> mau menjawab (meskipun salah) jadi ditunda dulu deh...
>
>
>
>
> *2012/1/25 firman 21 <firman.2121@gmail.com>
> > dear rekan-rekan Yth,
> > Saya sedang mencoba membikin data pengelompokan dengan suatu kriteria,
> tetapi ada kendala
> > ketika ingin di kelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, seperti
> contoh pada file terlampir.
> > Saya tidak ingin menggunakan pivot table, mohon pencerahannya.
> > Terima kasih atas bantuannya.
> > rgds
> > firman*
>
>
>
5d.

Re: mensummary data tanpa pivot table

Posted by: "Ki Semprul" kisemprul@rocketmail.com   kisemprul@rocketmail.com

Tue Jan 24, 2012 5:08 pm (PST)



A.
File 2,4 Mega itu, ternyata bisa dikecilkan sampai hanya 18 KB
sebab isinya hanyalah BARIS yg seharusnya belum perlu RUMUS, tetapi sudah 
diberi rumus sampai 65000 baris lebih !!!

"Penyakit" seperti ini sudah umum diderita oleh pengguna excel yg tidak peduli
soal "file size" & soal "data sampah"

B
Data : "Male / Female"
Kriteria : "Men / Women"
Hal seperti ini seperti mencekik diri sendiri, mempersulit diri sendiri
rumus yg harusnya pendek tapi kekar, menjadi panjang tapi loyo, karena harus 
melewati proses "menyamakan istilah" dulu...

Jawaban:
Array formula untuk Kolom  "men Staff, Supervisors & Workers"
=SUM(IF(('data entry'!$D$3:$D$15=F$25) * NOT('data entry'!$C$3:$C$15=F$26) * (('data entry'!$J$3:$J$15*24+hours)>24),1))

Di sini tidak dimasukkan KRITERIA  "Permanent Employee"
karena di tabel "data enty" tidak ada kolom (field) yg membedakan record apakah  termasuk 
"Permanent Employee" , ataukah termasuk "Removable (?) Employee",  he he... (spidol.. kali !?)

Mohon ampun kalau salah,
hormat kami
Ki Semprul  (Semprul.., ki!)

---------- 
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Date: 2012/1/25
Subject: Re: [belajar-excel]mensummary data tanpa pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com

waduh bang/pok Mods...
kena BOOM file 2,4 MB kita !!! ck ck ck....
( mungkin bapak firman lupa / blum baca UUD - nya )
teganya...teganya... teganya...teganya.... teganya.... 

- i Haps -
mau menjawab (meskipun salah) jadi ditunda dulu deh...

2012/1/25 firman 21 <firman.2121@gmail.com>
> dear rekan-rekan Yth,
> Saya sedang mencoba membikin data pengelompokan dengan suatu kriteria, tetapi ada kendala
> ketika ingin di kelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, seperti contoh pada file terlampir.
> Saya tidak ingin menggunakan pivot table, mohon pencerahannya.
> Terima kasih atas bantuannya.
> rgds
> firman
5e.

Re: mensummary data tanpa pivot table

Posted by: "firman 21" firman.2121@gmail.com

Tue Jan 24, 2012 5:51 pm (PST)



dear Ki Semprul,

Terima kasih atas masukkannya dan sarannya..:)
sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula

rgds
firman

2012/1/25 Ki Semprul <kisemprul@rocketmail.com>

> **
>
>
> A.
> File 2,4 Mega itu, ternyata bisa dikecilkan sampai hanya 18 KB
> sebab isinya hanyalah BARIS yg seharusnya belum perlu RUMUS, tetapi sudah
> diberi rumus sampai 65000 baris lebih !!!
>
> "Penyakit" seperti ini sudah umum diderita oleh pengguna excel yg tidak
> peduli
> soal "file size" & soal "data sampah"
>
> B
> Data : "Male / Female"
> Kriteria : "Men / Women"
> Hal seperti ini seperti mencekik diri sendiri, mempersulit diri sendiri
> rumus yg harusnya pendek tapi kekar, menjadi panjang tapi loyo, karena
> harus
> melewati proses "menyamakan istilah" dulu...
>
> Jawaban:
> Array formula untuk Kolom "men Staff, Supervisors & Workers"
> =SUM(IF(('data entry'!$D$3:$D$15=F$25) * NOT('data entry'!$C$3:$C$15=F$26)
> * (('data entry'!$J$3:$J$15*24+hours)>24),1))
>
> Di sini tidak dimasukkan KRITERIA "Permanent Employee"
> karena di tabel "data enty" tidak ada kolom (field) yg membedakan record
> apakah termasuk
> "Permanent Employee" , ataukah termasuk "Removable (?) Employee", he
> he... (spidol.. kali !?)
>
> Mohon ampun kalau salah,
> hormat kami
> Ki Semprul (Semprul.., ki!)
>
> ----------
> From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> Date: 2012/1/25
> Subject: Re: [belajar-excel]mensummary data tanpa pivot table
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
>
> waduh bang/pok Mods...
> kena BOOM file 2,4 MB kita !!! ck ck ck....
> ( mungkin bapak firman lupa / blum baca UUD - nya )
> teganya...teganya... teganya...teganya.... teganya....
>
>
> - i Haps -
> mau menjawab (meskipun salah) jadi ditunda dulu deh...
>
> 2012/1/25 firman 21 <firman.2121@gmail.com>
> > dear rekan-rekan Yth,
> > Saya sedang mencoba membikin data pengelompokan dengan suatu kriteria,
> tetapi ada kendala
> > ketika ingin di kelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, seperti
> contoh pada file terlampir.
> > Saya tidak ingin menggunakan pivot table, mohon pencerahannya.
> > Terima kasih atas bantuannya.
> > rgds
> > firman
>
>
>
5f.

Re: mensummary data tanpa pivot table

Posted by: "firman 21" firman.2121@gmail.com

Tue Jan 24, 2012 7:49 pm (PST)



dear Ki Semprul,

Di kolom terakhir yang ada, hasil yang di inginkan adalah menghitung jumlah orang yang sudah melewati 24 jam
sedangkan jawaban yang di kirimkan adalah masih menghitung dengan seluruh orang yang ada.
mohon pencerahannya

rgds
firman

> 2012/1/25 Ki Semprul <kisemprul@rocketmail.com>
>> Jawaban:
>> Array formula untuk Kolom "men Staff, Supervisors & Workers"
>> =SUM(IF(('data entry'!$D$3:$D$15=F$25) * NOT('data
>> entry'!$C$3:$C$15=F$26) * (('data entry'!$J$3:$J$15*24+hours)>24),1))
>>
>> Di sini tidak dimasukkan KRITERIA "Permanent Employee"
>> karena di tabel "data enty" tidak ada kolom (field) yg membedakan record
>> apakah termasuk
>> "Permanent Employee" , ataukah termasuk "Removable (?) Employee", he
he... (spidol.. kali !?)
>>
>> Mohon ampun kalau salah,
>> hormat kami
>> Ki Semprul (Semprul.., ki!)

5g.

Re: mensummary data tanpa pivot table

Posted by: "kisemprul@rocketmail.com" kisemprul@rocketmail.com   kisemprul@rocketmail.com

Tue Jan 24, 2012 8:30 pm (PST)



Di sheet 'data entry', kolom manakah yg membedakan LAMANYA orang ikut
training ?? saya sungguh tidak tahu babar blass. (mohon diberi
penjelasan)
Pada formula yg dikirim; Saya hanya mengira-ira saja; yaitu kolom J
(DAYS) dan kolom K (HOURS), di kedua kolom itu nilainya seragam :1 hari
+ 3 jam yg berarti 1 * 24 + 3 = 27 JAM
Jika benar kolom itu adalah kolom yg mengindikasikan LAMANYA TRAINING
yg diikuti seseorang, maka SEMUA ORANG nilai nya > 24 JAM
Lihat Formulanya Untuk cell C28 (sheet report)
=SUM(IF( ('data entry'!$D$3:$D$15=C$25)* ('data
entry'!$C$3:$C$15=C$26)*(('data entry'!$J$3:$J$15*24 + 'data
entry'!$K$3:$K$15)>24),1))
Bagian font merah dan backcolor kuning: itu adalah syarat untuk LAMANYA
> 24sedangkan LMA dievaluasi dari kolom: J*24 + K
Pada email berikutnya ki semprul mengharapkan penyebutan alamat di sheet
hendaknya dgn cara absolut misal Sheet "report" CELLS C28 sampai I28 ;
Mohon jangan dengan bahasa relatif: " Di kolom terakhir yang ada "
seperti email pak firman terakhir, ; agar kita bisa langsung bekerja
(tidak perlu buang waktu menterjemahkan dulu maksud kalimat relatif
tsb.)
Saat ini pun saya belum tahu persis yg anda maksud dengan " Di kolom
terakhir yang ada " itu
Maaf ya, saya memang agak kurang cepat berfikirnya...
salam,semprul, ki!

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, firman 21 <firman.2121@...> wrote:
>
> dear Ki Semprul,
>
> Di kolom terakhir yang ada, hasil yang di inginkan adalah menghitung
jumlah orang yang sudah melewati 24 jam
> sedangkan jawaban yang di kirimkan adalah masih menghitung dengan
seluruh orang yang ada.
> mohon pencerahannya
> rgds
> firman
>
>
> > 2012/1/25 Ki Semprul kisemprul@...
> >> Jawaban:
> >> Array formula untuk Kolom "men Staff, Supervisors & Workers"
> >> =SUM(IF(('data entry'!$D$3:$D$15=F$25) * NOT('data
> >> entry'!$C$3:$C$15=F$26) * (('data
entry'!$J$3:$J$15*24+hours)>24),1))
> >>
> >> Di sini tidak dimasukkan KRITERIA "Permanent Employee"
> >> karena di tabel "data enty" tidak ada kolom (field) yg membedakan
record
> >> apakah termasuk
> >> "Permanent Employee" , ataukah termasuk "Removable (?) Employee", >
> > he he... (spidol.. kali !?)
> >>
> >> Mohon ampun kalau salah,
> >> hormat kami
> >> Ki Semprul (Semprul.., ki!)

6a.

Isi ComboBox dari Sheets

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Tue Jan 24, 2012 5:07 pm (PST)



Selamat pagi BeExcel,
Saya dapat formula VBA di internet seperti ini,
Ini untuk mengisi dropdown combobox (CB1 itu naman comboboxnya),

Private Sub UserForm_Initialize()
Dim CB1 As Range
Set rng = Worksheets("MasterVendor").Range("A1").CurrentRegion.Offset(1)

For Each CB1 In Worksheets("MasterVendor").Range("A2:A500")

With Me.CB1
.AddItem CB1.Value
.List(.ListCount - 1, 1) = CB1.Offset(0, 1).Value
End With

Next CB1

End Sub

Pertanyaan saya, dari formula diatas, maka CB1 akan mengisi dropdown dari referensi worksheet master vendor, di cell A2:A500, sedangkan jika yang terisi hanya di cell A1:A10 naka cell kebawahnya akan tetep masuk ke CB1 n kosong, bagaimana caranya agar jika yang terisi itu di cell A1:A10 maka yang terlihat itu saja, n jika ditambah lagi, maka akan bertambah juga di CB1,
Demikian dari asror, terimakasih.
Asror
6b.

Re: Isi ComboBox dari Sheets

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 24, 2012 5:51 pm (PST)



Musti kudu harus dibuat jelas dulu: *CB1 itu makhluk apa ?*

Combobox/ListBox kah ? (karena anda memberlakukan method AddItem
terhadapnya
dan dikatakan ada property LIST dan LISCOUNT - nya. )

*atau Range kah *? (karena anda mendeklarasikan sebagai Range, dan juga
dipakai
untuk me-LOOP semua bagian Range dari Range
For Each* CB1* *In* Worksheets("MasterVendor").*Range("A2:A500")*

Paling gampang: tanya jawab soal data dan object, ya melampirkan contoh
nyata
kedua benda itu, jangan datang sebagai pendekar bertangan kosong belaka. he
he...
susah membayangkannya Bro...
(kecuali BILA : semua kata-kata dan penjelasan Bro pasti JELAS DAN LOGIS
serta tidak mengandung kesalahan sedikit pun) tidak seperti selama ini
banyak istilah
karangan sendiri...

By the way & by bus way...
mengisi combobox dengan Range Dinamis
Range -nya *jangan dicodekan secara Hard* seperti itu / Range("A2:A500")
tetapi
*set MyRange = Sheet1.Range("A2")*
*set MyRange = Range(MyRangae, MyRange.End(xlDown))*

Dengan cara itu akan didapat *range yg sesuai rangkaian cells yg ada
data-nya * saja
(Jika di kanan-kiri kolom ybs TIDAK ADA datanya, lebih praktis pakai
CURRENTREGION.)

jadi ketika di loop
*For R = 1 to MyRange.Rows.Count*
* Combobox1.AddItem MyRange(R,1)*
*Next R*

yg terisikan ke Combobox List hanya range A2:An saja, karena MyRange itu
Range Dinamis
(didapat sesaat sebelum diisikan sbg list di kombobox)

A2 dianggap BUKAN Heading (judul kolom)

CMIIW

*- i Haps -*

2012/1/25 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>

> Selamat pagi BeExcel,
> Saya dapat formula VBA di internet seperti ini,
> Ini untuk mengisi dropdown combobox (CB1 itu naman comboboxnya),
>
> Private Sub UserForm_Initialize()
> Dim CB1 As Range
> Set rng = Worksheets("MasterVendor").Range("A1").CurrentRegion.Offset(1)
>
> For Each CB1 In Worksheets("MasterVendor").Range("A2:A500")
>
> With Me.CB1
> .AddItem CB1.Value
> .List(.ListCount - 1, 1) = CB1.Offset(0, 1).Value
> End With
>
> Next CB1
>
> End Sub
>
> Pertanyaan saya, dari formula diatas, maka CB1 akan mengisi dropdown dari
> referensi worksheet master vendor, di cell A2:A500, sedangkan jika yang
> terisi hanya di cell A1:A10 naka cell kebawahnya akan tetep masuk ke CB1 n
> kosong, bagaimana caranya agar jika yang terisi itu di cell A1:A10 maka
> yang terlihat itu saja, n jika ditambah lagi, maka akan bertambah juga di
> CB1,
> Demikian dari asror, terimakasih.
> Asror
>
>
6c.

Re: Isi ComboBox dari Sheets

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Tue Jan 24, 2012 7:41 pm (PST)



Dear mbk iHaps,
Terimakasih atas tanggapanya, kebetulan saya saat ini masih di perjalanan, untuk kode yg sudah di kirimkan, akan saya coba nanti kalau saya sudah stay di depan kompi,
Teerimakasih sekali lagi,
Asror

-----Original Message-----
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Date: Wed, 25 Jan 2012 08:50:49

Musti kudu harus dibuat jelas dulu: *CB1 itu makhluk apa ?*

Combobox/ListBox kah ?
(karena anda memberlakukan method AddItem terhadapnya
dan dikatakan ada property LIST dan LISCOUNT - nya. )

*atau Range kah *? (karena anda mendeklarasikan sebagai Range,
dan juga dipakai untuk me-LOOP semua bagian Range dari Range
For Each* CB1* *In* Worksheets("MasterVendor").*Range("A2:A500")*

Paling gampang: tanya jawab soal data dan object, ya melampirkan contoh nyata kedua benda itu, jangan datang sebagai pendekar bertangan kosong belaka. he he...
--- cut ---
7a.

Re: Rack System

Posted by: "Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w@yahoo.com   arie_b_w

Tue Jan 24, 2012 7:43 pm (PST)



Dh Mr. Kid,
 
Terima kasih atas pencerahannya. Sudah saya coba dan berhasil.
 
Regards,
Arie

--- On Tue, 1/24/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Date: Tuesday, January 24, 2012, 5:36 AM

Hai Arie,

Asumsi :
1. baris 18 adalah baris pertama (record pertama),
2. baris 17 adalah baris header,
3. kolom H adalah kolom key yang menjadi patokan penomoran,
4. isi kolom H tidak tergantung cell berformula ini,
5. data kolom H telah di-sort

Ganti Row(1:1) dengan CountIF( h$17:h17 , h18 )

Kid.

8a.

Re: mensummary data tanpa pivot table (ada radio buttonnya)

Posted by: "Mulki" mulki@aop.component.astra.co.id   mulki_akbar

Tue Jan 24, 2012 8:30 pm (PST)



ki .. bisa di jelaskan penggunaan radio button yg ada dlm file dan menghubungkannya ke formula ?

thx & wassalam,
mulki

----- Original Message -----
From: Ki Semprul
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, January 25, 2012 8:02 AM
Subject: Re: [belajar-excel]mensummary data tanpa pivot table

A.
File 2,4 Mega itu, ternyata bisa dikecilkan sampai hanya 18 KB
sebab isinya hanyalah BARIS yg seharusnya belum perlu RUMUS, tetapi sudah
diberi rumus sampai 65000 baris lebih !!!

"Penyakit" seperti ini sudah umum diderita oleh pengguna excel yg tidak peduli
soal "file size" & soal "data sampah"

B
Data : "Male / Female"
Kriteria : "Men / Women"
Hal seperti ini seperti mencekik diri sendiri, mempersulit diri sendiri
rumus yg harusnya pendek tapi kekar, menjadi panjang tapi loyo, karena harus
melewati proses "menyamakan istilah" dulu...

Jawaban:
Array formula untuk Kolom "men Staff, Supervisors & Workers"
=SUM(IF(('data entry'!$D$3:$D$15=F$25) * NOT('data entry'!$C$3:$C$15=F$26) * (('data entry'!$J$3:$J$15*24+hours)>24),1))

Di sini tidak dimasukkan KRITERIA "Permanent Employee"
karena di tabel "data enty" tidak ada kolom (field) yg membedakan record apakah termasuk
"Permanent Employee" , ataukah termasuk "Removable (?) Employee", he he... (spidol.. kali !?)

Mohon ampun kalau salah,
hormat kami
Ki Semprul (Semprul.., ki!)

----------
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Date: 2012/1/25
Subject: Re: [belajar-excel]mensummary data tanpa pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com

waduh bang/pok Mods...
kena BOOM file 2,4 MB kita !!! ck ck ck....
( mungkin bapak firman lupa / blum baca UUD - nya )
teganya...teganya... teganya...teganya.... teganya....

- i Haps -
mau menjawab (meskipun salah) jadi ditunda dulu deh...

2012/1/25 firman 21 <firman.2121@gmail.com>
> dear rekan-rekan Yth,
> Saya sedang mencoba membikin data pengelompokan dengan suatu kriteria, tetapi ada kendala
> ketika ingin di kelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, seperti contoh pada file terlampir.
> Saya tidak ingin menggunakan pivot table, mohon pencerahannya.
> Terima kasih atas bantuannya.
> rgds
> firman

8b.

Re: mensummary data tanpa pivot table (ada radio buttonnya)

Posted by: "kisemprul@rocketmail.com" kisemprul@rocketmail.com   kisemprul@rocketmail.com

Tue Jan 24, 2012 9:01 pm (PST)



wah sebenarnya yg paling cocok menjelaskan adalah pemilik file /
pembuat radio-button dan formulanya yaitu mas firman

sambil menunggu penjelasan resmi dari mas firman, kita coba
sebisa-bisanya
kira kira begini

Radio button (option button) yg dibuat itu = jenis control dari FORM
toolbar
bukan dari ActiveX control (banyak bedanya, tidak dijelaskan di sini
sekarang)

Radio Button dari toolbar FORM ini antara lain:
- bekerja secara kelompok
- dapat di set CELL-LINK nya (yg ada diworkbook mas firman cell ling di
set Cell Link = A1
- jika Radio Button No.1 di pilih ( ada tanda titik tengahnya), maka
cell link menunjukkan nilai 1
- jika Radio Button No.2 di pilih, maka cell ling menunjukkan nilai 2
dst

Nah nilai 1 2 3 dst di Cell Link inilah yg dapat anda hubungkan dengan
formula
(di workbook mas firman ada formla IF(A1 = 1 ....) bukan ??

Misal FORMULA ini ditulis di cell C1
=IF(A1=1,1000, IF(A1=2,"BERAPA YA?",""))
maka C1 akan berubah sesuai radio button yg anda piih.

Selain itu A1 juga dapat dimanfaatkan sebagai FORMULA pada conditonal
formatating
jadi suatu range bisa berwarna merah, lalu bisa berubah biru, karena
anda memilih
radio button secara berganti ganti.

nuwun,
semprul! ki!

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mulki" <mulki@...> wrote:
>
> ki .. bisa di jelaskan penggunaan radio button yg ada dlm file dan
menghubungkannya ke formula ?
>
> thx & wassalam,
> mulki

> ----- Original Message -----
> From: Ki Semprul
> Sent: Wednesday, January 25, 2012 8:02 AM
>
> Jawaban:
> Array formula untuk Kolom "men Staff, Supervisors & Workers"
> =SUM(IF(('data entry'!$D$3:$D$15=F$25) * NOT('data
entry'!$C$3:$C$15=F$26) * (('data entry'!$J$3:$J$15*24+hours)>24),1))
>
> Di sini tidak dimasukkan KRITERIA "Permanent Employee"
> karena di tabel "data enty" tidak ada kolom (field) yg membedakan
record apakah termasuk
> "Permanent Employee" , ataukah termasuk "Removable (?) Employee",
he he... (spidol.. kali !?)
>
> Mohon ampun kalau salah,
> hormat kami
> Ki Semprul (Semprul.., ki!)
>

9a.

Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Tue Jan 24, 2012 8:30 pm (PST)



Untuk rekan2 yang sudah menginstal Program tsb di atas, saya mohon maaf karena ada sedikit kesalahan yang menggangu pada ComboBox_Change sesuai penjelasan Pak Sudarsono.

Namun untuk WorkSheet_Change, hasil pengetesan atas program yang saya kirim sebelumnya masih OK jadi belum saya ubah (maaf Pak Sudarsono, bukan saya nekat menolak usulan Bapak).

Agar tidak membuat rekan2 semakin bingung, saya lampirkan file Jurnal yang telah saya revisi berikut pengambilan range secara otomatis (maaf MOD filenya sedikit lewat quota, namun demi kepentingan umum mohon jangan dicekal)

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Wednesday, 25 January 2012, 10:10
Subject: RE: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable


Pak Hendrik di sheetData ada combobox1 ( akan tampak bila di Developer , design mode aktif  ). Karena sumber combobox yaitu property
ListFillRange mengambil dari range COA ( sebuah range dgn nama COA , meliputi/memiliki daerah COA!$A$1:$C$51).
Maka bila sheet COA dimodif ( add,edit ) , maka
combobox1 menghasilkan event Change
 
Private Sub ComboBox1_Change()
    ActiveCell = ComboBox1.Value
    ComboBox1.Visible = False
End Sub

 
Karena ComboBox1 berada di Sheet Data, maka event dapat menghasilkan error
maka perlu di modif
 
Private Sub ComboBox1_Change()
   If ActiveSheet.Name = "DATA" Then
       ActiveCell = ComboBox1.Value
       ComboBox1.Visible = False
    End If
End Sub

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
' sehrusnya bukan AND tapi OR
'    If Target.Column = 5 And Target.Column = 6 Then
    If ActiveSheet.Name = "DATA" And (Target.Column = 5 Or Target.Column = 6) Then
' Offset(-1,-4) erarti baris sebelumnya dan kolom tanggal
' seharusnya mungkin maksudnya
'     Offset(0,-3)
'If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
        ActiveCell.Offset(-1, -4), Range("Debit")) <> _
        WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
        ActiveCell.Offset(-1, -4), Range("Kredit"))
       
        If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
        ActiveCell.Offset(0, -3), Range("Debit")) <> _
        WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
        ActiveCell.Offset(0, -3), Range("Kredit")) Then
            Target.Select
            MsgBox "JUMLAH DEBIT dan KREDIT TIDAK SAMA" & _
            vbCrLf & "Lihat No BUKTI WARNA MERAH", _
            vbCritical + vbOKOnly, "P E S A N"
        End If
    End If
End Sub
 
 Mungkin itu yang bisa saya infokan
________________________________
Date: Tue, 24 Jan 2012 18:01:29 -0800
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Subject: Re: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable
To: jkssxls@hotmail.com

Ini Pak saya kirimkan filenya.
Ada suatu masalah yang baru saya ketahui dan belum bisa saya pecahkan.

Ketika kita mengedit suatu sel pada Sheet COA file Jurnal maka bukan hasil edit yang muncul melainkan nilai dari ComboBox (ComboBox.Value), yang macronya ada di Sheet DATA (bukan di Module)

Barangkali anda dapat membantu memecahkannya.

Salam,
Hendrik Karnadi

Catatan: Folder/filenya diextract dulu ke satu foledr mis D:

________________________________
From: jkssbma <jkssxls@hotmail.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Wednesday, 25 January 2012, 8:39
Subject: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Pak Hendrik , saya tertarik dengan Program Laporan Keuangan dengan
PivotTable , saat memasuki situs dimanana file LapKeu.rar berada , ternyata tak ada respon download. Apakah bapak bersedia mengirim melalui japri.

Terima kasih
Sudrsono
9b.

Re: Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Tue Jan 24, 2012 8:58 pm (PST)




Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Column = 5 Or Target.Column = 6 Then
If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
Cells(Target.Row, 2), Range("Debit")) <> _
WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
Cells(Target.Row, 2), Range("Kredit")) Then
Target.Select
MsgBox "JUMLAH DEBIT dan KREDIT TIDAK SAMA" & _
vbCrLf & "Lihat No BUKTI WARNA MERAH", _
vbCritical + vbOKOnly, "P E S A N"
End If
End If
End Sub
pernyataan : If Target.Column = 5 And Target.Column = 6 Then jika mengisi kolom debet ( kolom ke 5 ) atau credit ( kolom ke 6 ) , maka lakukan pengecekan jumlah voucher/transaksi sesuai nomor bukti ( kolom 2 ). Pernyataan AND tidak akan selalu False ActiveCell.Offset(-1, -4) --> jika posisi aktif di kolom debet maka -4 menuju kolom tanggal ( ini tak sesuai ) --> jika posisi aktif di kolom credit maka -4 menuju kolom no bukti ( ini sesuai yg diinginkan ) --> jika posisi di luar kolom debet atau credit akan menghasilkan ketidak-akuratan.Jadi lebih aman gunakan target sebagai acuan sel . dan kolom no bukti pasti di kolom ke 2 , maka gunakanfungsi cells.
mungkin dapat menjelaskan knapa koding perlu dimodifTo: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 24 Jan 2012 20:30:47 -0800
Subject: [belajar-excel] Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Untuk rekan2 yang sudah menginstal Program tsb di atas, saya mohon maaf karena ada sedikit kesalahan yang menggangu pada ComboBox_Change sesuai penjelasan Pak Sudarsono.
Namun untuk WorkSheet_Change, hasil pengetesan atas program yang saya kirim sebelumnya masih OK jadi belum saya ubah (maaf Pak Sudarsono, bukan saya nekat menolak usulan Bapak).
Agar tidak membuat rekan2 semakin bingung, saya lampirkan file Jurnal yang telah saya revisi berikut pengambilan range secara otomatis (maaf MOD filenya sedikit lewat quota, namun demi kepentingan
umum mohon jangan dicekal)
Salam,Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Wednesday, 25 January 2012, 10:10
Subject: RE: Program Laporan Keuangan dengan
PivotTable


Pak Hendrik di sheet Data ada combobox1 ( akan tampak bila di Developer , design mode aktif ). Karena sumber combobox yaitu property
ListFillRange mengambil dari range COA ( sebuah range dgn nama COA , meliputi/memiliki daerah COA!$A$1:$C$51).
Maka bila sheet COA dimodif ( add,edit ) , maka
combobox1 menghasilkan event Change

Private Sub ComboBox1_Change()
ActiveCell = ComboBox1.Value
ComboBox1.Visible = False
End Sub

Karena ComboBox1 berada di Sheet Data, maka event dapat menghasilkan error
maka perlu di modif

Private Sub ComboBox1_Change()
If ActiveSheet.Name = "DATA" Then
ActiveCell = ComboBox1.Value
ComboBox1.Visible =
False
End If
End Sub

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)' sehrusnya bukan AND tapi OR
' If Target.Column = 5 And Target.Column = 6 Then If ActiveSheet.Name = "DATA" And (Target.Column = 5 Or Target.Column = 6) Then' Offset(-1,-4) erarti baris sebelumnya dan kolom tanggal ' seharusnya mungkin maksudnya' Offset(0,-3)
'If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(-1, -4), Range("Debit")) <> _
WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(-1, -4), Range("Kredit"))


If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(0, -3), Range("Debit")) <> _
WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(0, -3), Range("Kredit")) Then
Target.Select
MsgBox "JUMLAH DEBIT dan KREDIT TIDAK SAMA" & _
vbCrLf & "Lihat No BUKTI WARNA MERAH", _
vbCritical + vbOKOnly, "P E S A N"
End If
End If
End Sub Mungkin itu yang bisa saya
infokanDate: Tue, 24 Jan 2012 18:01:29 -0800
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Subject: Re: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable
To: jkssxls@hotmail.com

Ini Pak saya kirimkan filenya.Ada suatu masalah yang baru saya ketahui dan belum bisa saya pecahkan.
Ketika kita mengedit suatu sel pada Sheet COA file Jurnal maka bukan hasil edit yang muncul melainkan nilai dari ComboBox (ComboBox.Value), yang macronya ada di Sheet DATA (bukan di Module)
Barangkali anda dapat membantu
memecahkannya.
Salam,Hendrik Karnadi
Catatan: Folder/filenya diextract dulu ke satu foledr mis D:

From: jkssbma <jkssxls@hotmail.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Wednesday, 25 January 2012, 8:39
Subject: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Pak Hendrik , saya tertarik dengan Program Laporan Keuangan dengan
PivotTable , saat memasuki situs dimanana file LapKeu.rar berada , ternyata tak ada respon download. Apakah bapak bersedia mengirim melalui japri.

Terima kasih
Sudrsono



9c.

Re: Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Tue Jan 24, 2012 10:58 pm (PST)




Saya lebih memilih menggunakan ComboBox ActiveX daripada Form Control , karena lebih rapih tampilannya.
Private Sub ComboBox2_Change()
If ActiveSheet.Name = "DATA" Then
ActiveCell = ComboBox2.Value
ComboBox2.Visible = False
End If
End Sub
Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
ComboBox2.Value = ActiveCell.Value
ComboBox2.Visible = False 'agar tak tampil lagi jika sudah pilih item
If Target.Count = 1 Then
If Target.Column = 4 And Target.Row > 1 Then
ComboBox2.Top = Target.Top
ComboBox2.Left = Target.Left
ComboBox2.Visible = True
ComboBox2.DropDown
End If
End If
End Sub
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Wed, 25 Jan 2012 04:58:26 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Column = 5 Or Target.Column = 6 Then
If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
Cells(Target.Row, 2), Range("Debit")) <> _
WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
Cells(Target.Row, 2), Range("Kredit")) Then
Target.Select
MsgBox "JUMLAH DEBIT dan KREDIT TIDAK SAMA" & _
vbCrLf & "Lihat No BUKTI WARNA MERAH", _
vbCritical + vbOKOnly, "P E S A N"
End If
End If
End Sub

pernyataan :
If Target.Column = 5 And Target.Column = 6 Then
jika mengisi kolom debet ( kolom ke 5 ) atau credit ( kolom ke 6 ) , maka lakukan pengecekan jumlah voucher/transaksi
sesuai nomor bukti ( kolom 2 ). Pernyataan AND akan selalu False

ActiveCell.Offset(-1, -4) --> jika posisi aktif di kolom debet maka -4 menuju kolom tanggal ( ini tak sesuai )
--> jika posisi aktif di kolom credit maka -4 menuju kolom no bukti ( ini sesuai yg diinginkan )
--> jika posisi di luar kolom debet atau credit akan menghasilkan ketidak-akuratan.
Jadi lebih aman gunakan target sebagai acuan sel . dan kolom no bukti pasti di kolom ke 2 , maka gunakan
fungsi cells.

mungkin dapat menjelaskan knapa koding perlu dimodif
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 24 Jan 2012 20:30:47 -0800
Subject: [belajar-excel] Fw: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Untuk rekan2 yang sudah menginstal Program tsb di atas, saya mohon maaf karena ada sedikit kesalahan yang menggangu pada ComboBox_Change sesuai penjelasan Pak Sudarsono.
Namun untuk WorkSheet_Change, hasil pengetesan atas program yang saya kirim sebelumnya masih OK jadi belum saya ubah (maaf Pak Sudarsono, bukan saya nekat menolak usulan Bapak).
Agar tidak membuat rekan2 semakin bingung, saya lampirkan file Jurnal yang telah saya revisi berikut pengambilan range secara otomatis (maaf MOD filenya sedikit lewat quota, namun demi kepentingan
umum mohon jangan dicekal)
Salam,Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Wednesday, 25 January 2012, 10:10
Subject: RE: Program Laporan Keuangan dengan
PivotTable


Pak Hendrik di sheet Data ada combobox1 ( akan tampak bila di Developer , design mode aktif ). Karena sumber combobox yaitu property
ListFillRange mengambil dari range COA ( sebuah range dgn nama COA , meliputi/memiliki daerah COA!$A$1:$C$51).
Maka bila sheet COA dimodif ( add,edit ) , maka
combobox1 menghasilkan event Change

Private Sub ComboBox1_Change()
ActiveCell = ComboBox1.Value
ComboBox1.Visible = False
End Sub

Karena ComboBox1 berada di Sheet Data, maka event dapat menghasilkan error
maka perlu di modif

Private Sub ComboBox1_Change()
If ActiveSheet.Name = "DATA" Then
ActiveCell = ComboBox1.Value
ComboBox1.Visible =
False
End If
End Sub

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)' sehrusnya bukan AND tapi OR
' If Target.Column = 5 And Target.Column = 6 Then If ActiveSheet.Name = "DATA" And (Target.Column = 5 Or Target.Column = 6) Then' Offset(-1,-4) erarti baris sebelumnya dan kolom tanggal ' seharusnya mungkin maksudnya' Offset(0,-3)
'If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(-1, -4), Range("Debit")) <> _
WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(-1, -4), Range("Kredit"))


If WorksheetFunction.SumIf(Range("No_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(0, -3), Range("Debit")) <> _
WorksheetFunction.SumIf(Range("NO_Bukti"), _
ActiveCell.Offset(0, -3), Range("Kredit")) Then
Target.Select
MsgBox "JUMLAH DEBIT dan KREDIT TIDAK SAMA" & _
vbCrLf & "Lihat No BUKTI WARNA MERAH", _
vbCritical + vbOKOnly, "P E S A N"
End If
End If
End Sub Mungkin itu yang bisa saya
infokanDate: Tue, 24 Jan 2012 18:01:29 -0800
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Subject: Re: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable
To: jkssxls@hotmail.com

Ini Pak saya kirimkan filenya.Ada suatu masalah yang baru saya ketahui dan belum bisa saya pecahkan.
Ketika kita mengedit suatu sel pada Sheet COA file Jurnal maka bukan hasil edit yang muncul melainkan nilai dari ComboBox (ComboBox.Value), yang macronya ada di Sheet DATA (bukan di Module)
Barangkali anda dapat membantu
memecahkannya.
Salam,Hendrik Karnadi
Catatan: Folder/filenya diextract dulu ke satu foledr mis D:

From: jkssbma <jkssxls@hotmail.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Wednesday, 25 January 2012, 8:39
Subject: Program Laporan Keuangan dengan PivotTable

Pak Hendrik , saya tertarik dengan Program Laporan Keuangan dengan
PivotTable , saat memasuki situs dimanana file LapKeu.rar berada , ternyata tak ada respon download. Apakah bapak bersedia mengirim melalui japri.

Terima kasih
Sudrsono





10a.

Mohon disempurnakan

Posted by: "Supriyanto S" priyant37@gmail.com   priweto

Wed Jan 25, 2012 1:17 am (PST)



Yth
Para Guru Excel

Saya mohon bantuannya, untuk vb di bawah ini disempurnakan sesuai keinginan
saya.
Yang saya inginkan bahwa hasil dari pencarian (*=Search*) disini bisa
diterjemahkan ke dalam Range atau alamat (=*("T508")* shingga bisa
dilakukan copypaste.

Demikian dan sebelumnya terima kasih atas bantuannya

supriy

Sub cFindID()
Dim Search As String
On Error GoTo ErrorCatch

Search = Range("E5").Value
Sheets("dBASE").Select
Range("T15:T5014").Select
Selection.Find(What:*=Search*, After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, _
MatchCase:=False, SearchFormat:=False).Activate

Range*("T508")*.Select
Selection.Copy
Sheets("F-INPUT").Select
Range("AD5").Select
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
SkipBlanks _
:=False, Transpose:=False
Application.CutCopyMode = False
Exit Sub

ErrorCatch:
MsgBox "ga nemuken..?!"

End Sub
10b.

Re: Mohon disempurnakan

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Wed Jan 25, 2012 1:58 am (PST)



Coba dirubah menjadi:
Sub cFindID()
Dim Search As String
On Error GoTo ErrorCatch

Search = Range("E5").Value
Sheets("dBASE").Select
Range("T15:T5014").Select
'Selection.Find(What:=Search, After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
'LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, _
'MatchCase:=False, SearchFormat:=False).Activate

Set c = .Find(Search, LookIn:=xlValues, SearchOrder:=xlByColumns)
If Not c Is Nothing Then exit sub
c.copy

'Range("T508").Select
'Selection.Copy
Sheets("F-INPUT").Select
Range("AD5").Select
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
SkipBlanks _
:=False, Transpose:=False
Application.CutCopyMode = False
Exit Sub

ErrorCatch:
MsgBox "ga nemuken..?!"

End Sub

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Supriyanto S
Sent: Wednesday, January 25, 2012 12:34 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mohon disempurnakan

 
Yth
Para Guru Excel

Saya mohon bantuannya, untuk vb di bawah ini disempurnakan sesuai keinginan
saya.
Yang saya inginkan bahwa hasil dari pencarian (=Search) disini bisa
diterjemahkan ke dalam Range atau alamat (=("T508") shingga bisa dilakukan
copypaste.

Demikian dan sebelumnya terima kasih atas bantuannya

supriy

Sub cFindID()
Dim Search As String
On Error GoTo ErrorCatch

Search = Range("E5").Value
Sheets("dBASE").Select
Range("T15:T5014").Select
    'Selection.Find(What:=Search, After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
    'LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, _
    'MatchCase:=False, SearchFormat:=False).Activate

Set c = .Find(Search, LookIn:=xlValues, SearchOrder:=xlByColumns)
If Not c Is Nothing Then exit sub
c.copy


    'Range("T508").Select
    'Selection.Copy
    Sheets("F-INPUT").Select
    Range("AD5").Select
    Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
SkipBlanks _
        :=False, Transpose:=False
    Application.CutCopyMode = False
Exit Sub

ErrorCatch:
MsgBox "ga nemuken..?!"

End Sub

10c.

Re: Mohon disempurnakan

Posted by: "zainul_ulum" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Wed Jan 25, 2012 2:13 am (PST)




maaf salah dikit, kurang syntax selection didepan .find

Sub cFindID()
Dim Search As String
On Error GoTo ErrorCatch

Search = Range("E5").Value
Sheets("dBASE").Select
Range("T15:T5014").Select
'Selection.Find(What:=Search, After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
'LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, _
'MatchCase:=False, SearchFormat:=False).Activate

Set c = Selection.Find(Search, LookIn:=xlValues, SearchOrder:=xlByColumns)
If Not c Is Nothing Then exit sub
c.copy

'Range("T508").Select
'Selection.Copy
Sheets("F-INPUT").Select
Range("AD5").Select
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone, SkipBlanks _
:=False, Transpose:=False
Application.CutCopyMode = False
Exit Sub

ErrorCatch:
MsgBox "ga nemuken..?!"

End Sub

> On Behalf Of Supriyanto S
> Sent: Wednesday, January 25, 2012 12:34 PM
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: [belajar-excel] Mohon disempurnakan
>
>  
> Yth
> Para Guru Excel
>
> Saya mohon bantuannya, untuk vb di bawah ini disempurnakan sesuai keinginan
> saya.
> Yang saya inginkan bahwa hasil dari pencarian (=Search) disini bisa
> diterjemahkan ke dalam Range atau alamat (=("T508") shingga bisa dilakukan
> copypaste.
>
> Demikian dan sebelumnya terima kasih atas bantuannya
>
> supriy
>
>
>
> Sub cFindID()
> Dim Search As String
> On Error GoTo ErrorCatch
>
> Search = Range("E5").Value
> Sheets("dBASE").Select
> Range("T15:T5014").Select
>     'Selection.Find(What:=Search, After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
>     'LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, _
>     'MatchCase:=False, SearchFormat:=False).Activate
>
> Set c = .Find(Search, LookIn:=xlValues, SearchOrder:=xlByColumns)
> If Not c Is Nothing Then exit sub
> c.copy
>
>
>
>     'Range("T508").Select
>     'Selection.Copy
>     Sheets("F-INPUT").Select
>     Range("AD5").Select
>     Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks _
>         :=False, Transpose:=False
>     Application.CutCopyMode = False
> Exit Sub
>
> ErrorCatch:
> MsgBox "ga nemuken..?!"
>
> End Sub
>

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Share experiences

with owners like you

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Learn about issues

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar