Rabu, 01 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1497

Messages In This Digest (24 Messages)

Messages

1.

mohon bantuan para master >> KAMI UBAH JUDULNYA MENJADI: ENTRI DATA

Posted by: "herdin Sagala" herdins@yahoo.com   herdins

Tue Jan 31, 2012 12:18 am (PST)



=================================================
mods note

ysh Pak Herdin,
SEPERTINYA BAPAK TIDAK MENDENGAR TEGURAN ATAS PERTANYAAN
BAPAK TGL 29 JAN 2012
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15450

BUATLAH SUBJECT YG LANGSUNG MENYATAKAN MASALAHNYA
Subject seperti :
"Mohon Bantuan"; "Mohon Penecerahan"; "Masalah Excel";
"Help Urgent"; "Tolong", dsb
TIDAK MENCERMINKAN MASALAHNYA, CENDERUNG KEMBAR;
TIDAK BERGUNA PADA SAAT MEMBER LAIN MENCARI TOPIK
DI MESSAGE LIST

Hal ini pun sudah diatura dlm Peraturan Milis kita.
Mohon disempatkan membaca Peraturan Milis.

Mohon maaf ModsNote ini ditulis dng huruf capital, dengan
maksud agar terbaca...

==================================================

para master yang terhormat saya mohon bantuannya atas masalah excel ini

Permasalahan

1.
bisa ngga kita input data dalam 1 form untuk sheet berbeda langsung masuk ke sheet sesuai dengan daerah masing2

2.
untuk data MS,BTL,TMS kita buat setiap di entry akan menambah dengan jumlah yang ada, karena per agenda bisa di kerjakana beberapa hari, sehingga tidak langsung selesai saat itu jg,
misal jumlah masuknya 100 hari pertama di kerjakan/ entry MS 30,BTL 2, TMS 5,
hari kedua dikerjakan untuk sisanya MS 50, BTL 3, TMS 10 maka total 100 balanca sama jumlah masuk

3.
untuk laporan jumlah di ambil dari masing2 jumlah kolom pada sheet yang ada

bagaimana code macronya ?
terima kasih
2a.

Re: sum data di file lain 'mohon batuan para master'

Posted by: "herdin Sagala" herdins@yahoo.com   herdins

Tue Jan 31, 2012 12:39 am (PST)





terima kasih atas petunjuknya saya sudah coba dan berhasil tp setiap kita buka filenya reportnya selalu muncul pesan seperti terlampir...msalahnya apa ya kira2 ?   terima kasih buat para master..atas bantuannya

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 29 January 2012, 6:08
Subject: Re: [belajar-excel] sum data di file lain 'mohon batuan para master'


 
oh begitu ceritanya ya...
mungkin contoh file yang berisi beberapa (gak perlu puluhan baris data) akan membantu dan meningkatkan semangat BeExceller untuk membantu.

Sambil menunggu contoh filenya, mungkin mbak/mas/bu/pak/tante/om/mbah/dik Herdin mau mencoba dengan sedikit iseng hal berikut :
1. Buka laporan.xls
2. ke menu File -> Open (di xl2007 melalui office button yang bunder pojok kiri atas, pilih open)
3. pada open file dialog, cari file data.xls dan tekan Open
4. ke workbook laporan.xls (klik taskbar file laporan.xls)
5. klik cell lokasi hasil Sum
6. ketik =SUM(
7. lalu cari range yang akan di SUM di file data.xls
8. ketik ) untuk menutup fungsi SUM (langsung Enter juga bisa)
9. tekan Enter.

Cobalah juga untuk fungsi lainnya.

Wassalam,
Kid.

2012/1/28 herdin <herdins@yahoo.com>


>gini ceritanya..
>saya punya dua file excel..
>dimana file pertama berisi data-data(data.xls) yang harus di jumlahkan misal di kolom c saya mau jumlhkan...dan hasilnya muncul di file (laporan.xls) kira2 gimana caranya....tq atas bantuannya..
>
>--- Mods ---
>Dimohon judul thread pada posting kasus berikutnya dapat mencerminkan kasus yang diutarakan ke forum.
>------------
>
>

3a.

cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "Joe Dien" shimano02@ymail.com   shimano02@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 1:30 am (PST)



Dear Master Excell Mania...

Bagaimana merubah format tanggal menjadi angka.
contohnya 31 Januari 2012 =>310112(ddmmyy)

mohon pencerahannya.....

Rgards,
Joedien
3b.

Re: cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Tue Jan 31, 2012 2:10 am (PST)



Dear,

Misal nulis 01 Januari 2012 di cell A1, saya udah nyoba pake rumus "=day(a1)&month(a1)&year(a1)" tanpa tanda kutip, hasilnya jadi 112012
Tks
Asror
Cmiiw

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: Joe Dien <shimano02@ymail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 31 Jan 2012 16:44:56
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Dear Master Excell Mania...

Bagaimana merubah format tanggal menjadi angka.
contohnya 31 Januari 2012 =>310112(ddmmyy)

mohon pencerahannya.....

Rgards,
Joedien
3c.

Re: cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 2:19 am (PST)



Dear Joe,

Jika datanya bertipe *DateTime *: misal di A2
di kolom lain di baris 2 coba formula :
=Text( A2 , "ddmmyy" ) -> hasilnya bertipe text
=1*Text( A2 , "ddmmyy" ) -> hasilnya bertipe numerik
=day(a2) * 10000 + month(a2) * 100 + right(year(a2),2)

Jika sekedar ingin penampilannya saja :
di B2 diberi formula :
=A2
lalu klik kanan B2 -> format cell -> number -> custom -> tulis ddmmyy

Reagrds,
Kid.

2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

> **
>
>
> Dear Master Excell Mania...
>
> Bagaimana merubah format tanggal menjadi angka.
> contohnya 31 Januari 2012 =>310112(ddmmyy)
>
> mohon pencerahannya.....
>
> Rgards,
> Joedien
>
>
>
3d.

Re: cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 2:20 am (PST)



Kalau data anda di A1; dan data tsb berupa data TYPE DATE (bukan text)
(berarti regional setting komputer anda = indonesian)

rumusnya
*=TEXT(A1;"ddmmyy")*

Kalau keadaannya bukan seperti itu ( data di A1 = BUKAN data type DATE,
malainkan type TEXT);
kita perlu tahu dulu Regional Setting komputer yg anda pakai, dan kirimkan
contoh data dlm workbook (bukan hanya dituils di badan email (tidak
ketahuan
typenya)

*o'Seno*

2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

> **
> Dear Master Excell Mania...
> Bagaimana merubah format tanggal menjadi angka.
> contohnya 31 Januari 2012 =>310112*(ddmmyy)*
> mohon pencerahannya.....
> Rgards,
> Joedien
>
3e.

Re: cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 31, 2012 2:54 am (PST)



Jika data di A1 berupa data TEXT "31 Januari 2012" atau mngkin "08
Agustus 2009"
(apa pun Regional Setting di komputernya)
maka gunakan ARRAY FORMULA (ulangai: ARRAY FORMULA)

=TEXT(DATE(RIGHT(A1;4);
MATCH(SUBSTITUTE(MID(A1;FIND(" ";A1)+1;LEN(A1));
RIGHT(A1;5);"");TEXT(ROW(1:12)*28;"$-421]mmmm");0);
TRIM(LEFT(A1;2)));"ddmmyy")

jangan lupa pemisah argument ; (titik koma) mungkin harus anda ganti
menjadi , (koma)
sesuai regional setting PC yg anda pakai.

Di sini terasa betapa panjangnya proses menterjemahkan *TEXT
"Januari"*agar dianggap
*AngkaBulan bernilai 1.*
(sambil menunggu rumus yg lebih pendek dari para pakar; pakar jagung,
pakar sate, pakar ikan dsb.. )

- i Haps-
(ibu Hapsah, penjual gado² di gang sebelah)

2012/1/31 o' Seno <ontoseno84@gmail.com>

> **
>
> Kalau data anda di A1; dan data tsb berupa data TYPE DATE (bukan text)
> (berarti regional setting komputer anda = indonesian)
>
> rumusnya
> *=TEXT(A1;"ddmmyy")*
>
> Kalau keadaannya bukan seperti itu ( data di A1 = BUKAN data type DATE,
> malainkan type TEXT);
> kita perlu tahu dulu Regional Setting komputer yg anda pakai, dan kirimkan
> contoh data dlm workbook (bukan hanya dituils di badan email (tidak
> ketahuan
> typenya)
>
> *o'Seno*
>
>
> 2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>
>
>> **
>> Dear Master Excell Mania...
>> Bagaimana merubah format tanggal menjadi angka.
>> contohnya 31 Januari 2012 =>310112*(ddmmyy)*
>> mohon pencerahannya.....
>> Rgards,
>> Joedien
>>
>
3f.

Bls: [belajar-excel] cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "Joe Dien" shimano02@ymail.com   shimano02@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 3:00 am (PST)



Dear P'Seno & master lainnya....
mohon maaf atas ketidaklengkapan datanya....
terlampir saya kirimkan datanya...

atau ada cara lain yg lebih sederhana.

Warms Regards,
Joedien

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 31 Januari 2012 17:19
Judul: Re: [belajar-excel] cara Mengubah Tanggal menjadi format angka


 
Kalau data anda di A1;  dan data tsb berupa data TYPE DATE (bukan text)
(berarti regional setting komputer anda = indonesian)

rumusnya
=TEXT(A1;"ddmmyy")

Kalau keadaannya bukan seperti itu ( data di A1 = BUKAN data type DATE, 
malainkan type TEXT); 
kita perlu tahu dulu Regional Setting komputer yg anda pakai, dan kirimkan 
contoh data dlm workbook (bukan hanya dituils di badan email (tidak ketahuan 
typenya)

o'Seno

2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

>Dear Master Excell Mania...
>Bagaimana merubah format tanggal menjadi angka.
>contohnya 31 Januari 2012 =>310112(ddmmyy)
>mohon pencerahannya.....
>Rgards,
>Joedien
3g.

Re: cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 3:06 am (PST)



Asumsi nomor urut sellau diisi dengan no urut karyawan

=text( a4 , "0000" ) & text( e4 , "ddmmyy" )

Coba pelajari cara menyusun format number

Kid.

2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

> **
>
>
> Dear P'Seno & master lainnya....
> mohon maaf atas ketidaklengkapan datanya....
> terlampir saya kirimkan datanya...
>
> atau ada cara lain yg lebih sederhana.
>
> Warms Regards,
> Joedien
>
> ------------------------------
> *Dari:* o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 31 Januari 2012 17:19
> *Judul:* Re: [belajar-excel] cara Mengubah Tanggal menjadi format angka
>
>
> Kalau data anda di A1; dan data tsb berupa data TYPE DATE (bukan text)
> (berarti regional setting komputer anda = indonesian)
>
> rumusnya
> *=TEXT(A1;"ddmmyy")*
>
>
> Kalau keadaannya bukan seperti itu ( data di A1 = BUKAN data type DATE,
> malainkan type TEXT);
> kita perlu tahu dulu Regional Setting komputer yg anda pakai, dan kirimkan
> contoh data dlm workbook (bukan hanya dituils di badan email (tidak
> ketahuan
> typenya)
>
> *o'Seno*
>
>
> 2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>
>
> **
> Dear Master Excell Mania...
> Bagaimana merubah format tanggal menjadi angka.
> contohnya 31 Januari 2012 =>310112*(ddmmyy)*
> mohon pencerahannya.....
> Rgards,
> Joedien
>
>
>
>
>
3h.

Re: cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 3:39 am (PST)



Rumus dari Mr Kid menuruf pendapat saya : sudah paling sederhana

Tetapi bila belum kenal fungsi TEXT dan hanya kenal fungsi RIGHT
bisa menggunakan rumus ini (satu baris)

=RIGHT("0000"&A4;4)&
RIGHT("00"&DAY(E4);2)&
RIGHT("00"&MONTH(E4);2)&
RIGHT(YEAR(E4);2)

*o'Seno*

2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

> **
> Dear P'Seno & master lainnya....
> mohon maaf atas ketidaklengkapan datanya....
> terlampir saya kirimkan datanya...
>
> *atau ada cara lain yg lebih sederhana.*
>
> Warms Regards,
> Joedien
>
> ------------------------------
> *Dari:* o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> *Dikirim:* Selasa, 31 Januari 2012 17:19Kalau data anda di A1; dan data
> tsb berupa data TYPE DATE (bukan text)
> (berarti regional setting komputer anda = indonesian)
> rumusnya
> *=TEXT(A1;"ddmmyy")*
>
> Kalau keadaannya bukan seperti itu ( data di A1 = BUKAN data type DATE,
> malainkan type TEXT);
> kita perlu tahu dulu Regional Setting komputer yg anda pakai, dan kirimkan
> contoh data dlm workbook (bukan hanya dituils di badan email (tidak
> ketahuan
> typenya)
>
> *o'Seno*
>
>
3i.

Bls: [belajar-excel] cara Mengubah Tanggal menjadi format angka

Posted by: "Joe Dien" shimano02@ymail.com   shimano02@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 6:07 pm (PST)



Dear Pak Seno. Mr Kid, Mrs. I Haps... dll

Terimakasih atas pencerahannya.... permasalahan saya dapat terpecahkan....

semoga ilmu2 yang anda2 sebarkan... mnjadi nilai ibadah untuk anda semua & orang lain.

Warms Regards,
Joedien

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 31 Januari 2012 18:39
Judul: Re: [belajar-excel] cara Mengubah Tanggal menjadi format angka


 
Rumus dari Mr Kid menuruf pendapat saya : sudah paling sederhana

Tetapi bila belum kenal fungsi TEXT dan hanya kenal fungsi RIGHT
bisa menggunakan rumus ini (satu baris)

=RIGHT("0000"&A4;4)&
 RIGHT("00"&DAY(E4);2)&
 RIGHT("00"&MONTH(E4);2)&
 RIGHT(YEAR(E4);2)

o'Seno

2012/1/31 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

>Dear P'Seno & master lainnya....
>mohon maaf atas ketidaklengkapan datanya....
>terlampir saya kirimkan datanya...
>
>
>atau ada cara lain yg lebih sederhana.
>
>
>Warms Regards,
>Joedien
>
>
>
>________________________________
> Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
>Dikirim: Selasa, 31 Januari 2012 17:19Kalau data anda di A1;  dan data tsb berupa data TYPE DATE (bukan text)
>(berarti regional setting komputer anda = indonesian)
>rumusnya
>=TEXT(A1;"ddmmyy")
>
>
>Kalau keadaannya bukan seperti itu ( data di A1 = BUKAN data type DATE, 
>malainkan type TEXT); 
>kita perlu tahu dulu Regional Setting komputer yg anda pakai, dan kirimkan 
>contoh data dlm workbook (bukan hanya dituils di badan email (tidak ketahuan 
>typenya)
>
>
>o'Seno
>
>
4a.

Bls: [belajar-excel] SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Tue Jan 31, 2012 5:01 am (PST)



Dear Mr. Kid,

Terima kasih atas informasi dan rumusnya.
Bantuannya sangat bermanfaat.

Regards,

Harry

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 29 Januari 2012 22:31
Judul: Re: [belajar-excel] SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA


 
Dear Harry,

Pertanyaan No. 1
>> pada event click tombol Save, ubah baris kodenya menjadi :
Private Sub cmdAdd_Click()
   Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control
  
   '----------------------------
    'Kid : 2012-01-29 : modified
    '----------------------------
    'deklarasi variabel workbook
    Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
   
    'init workbooknya
    Set wbkA = ThisWorkbook
    Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
    wbkA.Activate
   
    'init range database nya
    Set Reg = wbkDB.Worksheets("DATABASE").Cells(1)
    '----------------------------
  
   'find first empty row in database
   iRow = Reg(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row
  
  
   'copy the data to the database
   Reg(iRow, 1).Value = txtNoreg.Value
   Reg(iRow, 2).Value = txtNama.Value
  
   'clear the data / modified by Haps / 30 Jul2011
   txtNoreg.Value = ""
   txtNama.Value = ""

   '----------------------------
    'Kid : 2012-01-29 : modified
    '----------------------------
   'tulis jumlah record database di registrasi cell a1
    wbkA.Sheets("registrasi").Range("a1").Formula = Reg.CurrentRegion.Rows.Count - 1
   
    'tutup database sekalian simpan
    Application.DisplayAlerts = False
    wbkDB.Close True
    Application.DisplayAlerts = True
    wbkA.Activate
    '----------------------------
   
Unload Me
End Sub

Pertanyaan No. 2
Database yang baik tidak memiliki baris Sum atau Subtotal di baris ke sekiannya. Akan lebih baik lagi jika tidak ada formula didalamnya.
Untuk hal ini, maka jumlah record database dapat disimpan pada sheet registrasi cell a1 yang berada di file interface (lihat baris hijau pada no 1 di atas)
Karena jumlah record ada di sheet registrasi, maka text box txtJumlah pada form frmJumlah diubah nilai properti Control Source-nya menjadi merujuk ke cell A1 di sheet registrasi ( =registrasi!a1 )

Manfaatkan properti application.screenupdating = true sebelum proses dimulai dan application.screenupdating = false sebelum proses selesai untuk mengurangi efek blink saat buka workbook.

Jika control source dari txtjumlah di kosongkan, maka buat prosedur event initialize form dan beri baris kode :
    'deklarasi variabel workbook
    Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
   
    Application.ScreenUpdating = False
   
    'init workbooknya
    Set wbkA = ThisWorkbook
    Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
    wbkA.Activate

    'tulis jumlah record database di registrasi cell a1
    txtjumlah.Text = wbkDB.Sheets("database").Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count - 1

    'tutup database sekalian simpan
    Application.DisplayAlerts = False
    wbkDB.Close True
    Application.DisplayAlerts = True
    wbkA.Activate

    Application.ScreenUpdating = True

Regards,
Kid.

2012/1/29 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>


>Dear BeExceller,

>Mohon informasi dan penjelasan akan
pertanyaan saya dengan situasi dan kondisi sebabagai berikut:
>Pertanyaan No. 1
>Jika pada File "STUDI KASUS (SIMPAN
DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)" terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet "REGISTRASI"
dan Sheet "DATABASE". Pada file tersebut, jika saya mengisi User Form pada
Sheet "REGISTRASI" otomatis tersimpan pada Sheet "DATABASE".

>Pertanyaan saya adalah:
>Bagaimana caranya jika Sheet "DATABASE"
tersebut saya pindahkan pada File yang berbada Mis. File dng nama "DATABASE".


>Pertanyaan No. 2
>Pada File "STUDI KASUS (SIMPAN DATA
USER FORM PADA FILE YANG BEDA)" Sheet "DATABASE" kolom C15 merupakan
penjumlahan dari C2 s/d C13. Jika User Form "JUMLAH" kita Click otomatis muncul
hasil penjumlahannya. Tetapi jika databasenya bertambah, kok rumusnya hilang
dan berganti dengan angka yang hasilnya tidak Up To Date (tidak sesuai dengan
hasil yang diinginkan)…???


>Mohon berkenan informasinya.

>Regards,


>Harry

>N/B:
>·                Data Sekarang: File "STUDI KASUS
(SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)" terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet
"REGISTRASI" dan Sheet "DATABASE".
>·                Data yang seharusnya: File "STUDI
KASUS (SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)" hanya memiliki 1 (satu)
Sheet yaitu Sheet "REGISTRASI" sedangkan Sheet "DATABASE" terdapat pada file
yang berbeda yaitu File "DATABASE"
>

5a.

Bls: [belajar-excel] lacak nomor

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Tue Jan 31, 2012 5:08 am (PST)



Dear BeExceller,

Mengacu pada lampiran contoh yang didibahas pada topik bahasan ini, saya ingin menanyakan apakah kolom A bisa dijadikan 2 (dua) kolom...???
Saya mencoba mengembangkannya sendiri dengan rumus :
=IFERROR(INDEX(C9:D58,SMALL(IF(COUNTIF(E9:E58,C9:D58)=0,ROW(1:50)),ROW(1:50))),"")
tapi hasilnya nihil.

Mohon berkenan informasinya.

Regards,

Harry

________________________________
Dari: YULIANTO PRIMA WIXLI <ywixli@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 25 Januari 2012 21:36
Judul: Re: [belajar-excel] lacak nomor


 
Dear Pak Anton dan i-Haps

Terima kasih banyak.

________________________________
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, January 25, 2012 5:40 AM
Subject: Re: [belajar-excel] lacak nomor


Masih mengikuti cara pak Anton, hanya berbeda sedikit: yaitu menggunakan COUNTIF 
COUNTIF($E$9:$E$58,C9)=0   sebagai  pengganti MATCH untuk "melacak" beradanya 
Missing Numbers.
(formula ini pun dapat dipakai untuk dijadikan kondisi pada Conditional Formatting;
sehingga para Missing-Numbers akan dapat di buat"mencolok" dengan format warna)

Jika COUNTIF menghasilkan 0 : berarti di posisi itulah Missing Number berada
POSISI itu memang sudah berupa angka (dan BOLEH dianggap HASIL yg benar;
jika saja data yg di rujuk adalah bilangan cacah, urutan 1 sampai n

Tetapi bila data/List yg diRujuk berupa DATA LAIN;  misal TEXT atau Angka lain yg 
bukan berupa bilangan CACAH urutan dari 1 ke n;  maka Angaka-angka POSISI tsb 
harus hanya dianggap sebagai ROW-INDEX nya saja
datanya sendiri bisa dipanggil (dengan fungsi INDEX atau OFFSET) berdasarkan
angka-Posisi (row-Index) tsb

=IFERROR(INDEX(C9:C58,SMALL(IF(COUNTIF(E9:E58,C9:C58)=0,ROW(1:50)),ROW(1:50))),"")

catatan:
IFFERROR hanya untuk menghilangkan hasil #NUM (cell yg berisi rumus yg sudah diluar array)

- i Haps -

2012/1/24 YULIANTO PRIMA WIXLI <ywixli@yahoo.com>
>
> Dear Para Pakar Excel yang saya Hormati,
> Mohon bantuannya, bagai mana melacak nomor di kolom (A) yg belum muncul 
>
> di kolom (B), data seperti terlampir, 
>
> mohon bantuannya ya..
> Terima kasih 

5b.

Re: lacak nomor

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jan 31, 2012 5:14 am (PST)



Coba array formula :
*=IFERROR(INDEX(C9:D58,int(SMALL(**IF(COUNTIF(E9:E58,C9:D58)=0,**ROW(a1:b50)*100+column(a1:b50),ROW(1:100))
/100) , righ**t(SMALL(**IF(COUNTIF(E9:E58,C9:D58)=0,**
ROW(a1:b50)*100+column(a1:b50),ROW(1:100)),2)** ),"")*

Sesuaikan rujukan cell dan kurungnya.
Kid.

2012/1/31 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Mengacu pada lampiran contoh yang didibahas pada topik bahasan ini, saya
> ingin menanyakan apakah kolom A bisa dijadikan 2 (dua) kolom...???
> Saya mencoba mengembangkannya sendiri dengan rumus :
> *=IFERROR(INDEX(C9:D58,SMALL(IF(COUNTIF(E9:E58,C9:D58)=0
> ,ROW(1:50)),ROW(1:50))),"")*
> tapi hasilnya nihil.
>
> Mohon berkenan informasinya.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> ------------------------------
> *Dari:* YULIANTO PRIMA WIXLI <ywixli@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Rabu, 25 Januari 2012 21:36
> *Judul:* Re: [belajar-excel] lacak nomor
>
>
> Dear Pak Anton dan i-Haps
>
>
> Terima kasih banyak.
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, January 25, 2012 5:40 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] lacak nomor
>
> Masih mengikuti cara pak Anton, hanya berbeda sedikit: yaitu menggunakan
> COUNTIF
> *COUNTIF($E$9:$E$58,C9)=0* sebagai pengganti MATCH untuk "melacak"
> beradanya
> Missing Numbers.
> (formula ini pun dapat dipakai untuk dijadikan kondisi pada Conditional
> Formatting;
> sehingga para Missing-Numbers akan dapat di buat"mencolok" dengan format
> warna)
>
> [image: lacak dengan conditional formatting.PNG]
>
> Jika COUNTIF menghasilkan 0 : berarti *di posisi itulah Missing Number
> berada*
> POSISI itu memang sudah berupa angka (dan BOLEH dianggap HASIL yg benar;
> *jika saja* data yg di rujuk adalah bilangan cacah, urutan 1 sampai n
>
> Tetapi bila data/List yg diRujuk berupa DATA LAIN; misal TEXT atau Angka
> lain yg
> *bukan berupa bilangan CACAH urutan dari 1 ke n; *maka Angaka-angka
> POSISI tsb
> harus hanya dianggap sebagai ROW-INDEX nya saja
> datanya sendiri bisa dipanggil (dengan fungsi INDEX atau OFFSET)
> berdasarkan
> angka-Posisi (row-Index) tsb
>
> *=IFERROR(INDEX(C9:C58,SMALL(IF(COUNTIF(E9:E58,C9:C58)=0
> ,ROW(1:50)),ROW(1:50))),"")*
>
> catatan:
> IFFERROR hanya untuk menghilangkan hasil #NUM (cell yg berisi rumus yg
> sudah diluar array)
>
> *- i Haps -*
>
>
> *2012/1/24 YULIANTO PRIMA WIXLI <ywixli@yahoo.com>
> >
> > Dear Para Pakar Excel yang saya Hormati,
> > Mohon bantuannya, bagai mana melacak nomor di kolom (A) yg belum muncul
> >
> > di kolom (B), data seperti terlampir,
> >
> > mohon bantuannya ya..
> > Terima kasih *
>
>
>
>
>
>
6a.

KETERANGAN / INFO PINJAM

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Tue Jan 31, 2012 7:18 am (PST)



Dear Be Exceller,
 
Mohon informasi akan pertanyaan
saya dengan situasi dan kondisi sebagai berikut:
Jika dalam suatu organisasi
perpustakaan yang aktivitasnya pinjam meminjam buku.
 
Pada lampiran d/n INFO PINJAM di Sheet DAFTAR BUKU, terdapat
kolom "NO", "NAMA BUKU", "PENERBIT" & "LOKASI SIMPAN" + "KETERANGAN".
 
Pada Sheet DAFTAR PINJAM terdapat
kolom  "NO", "NAMA PEMINJAM", "NAMA BUKU",
"PENERBIT" & "NO. REG PINJAM".
 
Pada Sheet DAFTAR KEMBALI terdapat
kolom "NO", "NAMA PEMINJAM", "NAMA BUKU" & "PENERBIT".
 
Bagaimana cara
dan rumusnya jika buku + penerbit yang sedang dipinjam dapat diketahui pada Kolom
"KETERANGAN" di Sheet DAFTAR BUKU (siapa peminjamnya)…???
 
Mohon berkenan
informasi akan hal tersebut diatas.
 
Regards,
 
 
Harry
 
N/B: 1 (satu)
judul buku dapat dipinjam dan dikembalikan berkali-kali.
6b.

Re: KETERANGAN / INFO PINJAM

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 31, 2012 4:37 pm (PST)



Begini lho ya...
*
*
*» *Suatu buku jika pernah dipinjam 5 kali dan pernah dikembalikan 4 kali
(maksodku =cacah_pengembalian LEBLIHKECIL daripada cacah_peminjaman)
berarti status Buku itu MASIH DIPINJAM ! Setuju ?
*
*
*» *Tidak perlu dikatakan bahwa : jika cacah pengembalian SAMADENGAN atau
LEBIH BESAR daripada peminjaman, maka status si buku "SUDAH DIKEMBALIKAN"
*
*
*» *Cacah_Peminjaman maupun cacah_Pengembalian suatu Buku: GAMPANG dicari
dengan fungsi COUNTIF
*
*
*» *Kedua hasil COUNTIF itu dengan GAMPANG dapat dibandingkan untuk
mnghasilkan FALSE / TRUE, yg berarti dapat dijadikan status terhadap tiap
Buku: apakah "Sedang Dipinjam" atau-kah "Tidak Sedang Dipinjam (Ada)"

*» *Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu dicari
PENGEMBALIAN TERAKHIR
(yaitu nilai Index Baris terbawah, dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering
di demonstrasikan dimilis !!)

Akhirul Kalam, setelah Index Baris ditemukan dengan *Array Formula MAX
Bersyarat* tsb, maka mencari Nama Peminjam
adalah pekerjaan yang juga GAMPANG, tinggal memanfaatkan fungsi INDEX, atau
HLOOKUP atau OFFSET atau fungsi lain (kalau ada), terserah selera tinggi
anda...

Kalam setelah Akhirul Kalam:
Dari beberapa rumus sepotong-sepotong tsb, kita dapat meggabungnya
(mesubstitusikannya) menjadi sebuah MEGA FORMULA mandiri yg sering
mengherankan teman yg baru mulai belajar-excel, BeExcel gitu lochchch....

iHaps
*(ibu Hapsah, penjual gado² dari gang sebelah) *

*note, gak penting !*
sementara project pembuatan sistem permpustakaaan pak Haary belum
kelar-kelar
baik juga dicoba memakalai aplikasi siap pakai
http://programindosoftware.blogspot.com/2011/02/software-perpustakaan-30.html
http://kali-indonesia.blogspot.com/2008/03/download-athenaeum-light-85.html
http://www.visikata.com/beberapa-software-otomatisasi-perpustakaan-gratis-open-source-dan-freeware/

http://my-itb.com/lebih-dari-100-sekolah-dan-klinik-telah-menggunakan-produk-kami/

*2012/1/31 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
*

> * *
> *Dear Be Exceller,*
> *Mohon informasi akan pertanyaan saya dengan situasi dan kondisi sebagai
> berikut:*
> *Jika dalam suatu organisasi perpustakaan yang aktivitasnya pinjam
> meminjam buku.*
> * *
> *Pada lampiran d/n INFO PINJAM di Sheet DAFTAR BUKU, terdapat kolom "NO",
> "NAMA BUKU", "PENERBIT" & "LOKASI SIMPAN" + "KETERANGAN".*
> * *
> *Pada Sheet DAFTAR PINJAM terdapat kolom "NO", "NAMA PEMINJAM", "NAMA
> BUKU", "PENERBIT" & "NO. REG PINJAM".*
> * *
> *Pada Sheet DAFTAR KEMBALI terdapat kolom "NO", "NAMA PEMINJAM", "NAMA
> BUKU" & "PENERBIT".*
> * *
> *Bagaimana cara dan rumusnya jika buku + penerbit yang sedang dipinjam
> dapat diketahui pada Kolom "KETERANGAN" di Sheet DAFTAR BUKU (siapa
> peminjamnya)…???*
> * *
> *Mohon berkenan informasi akan hal tersebut diatas.*
> * *
> *Regards,*
> *Harry*
> * *
> *N/B: 1 (satu) judul buku dapat dipinjam dan dikembalikan berkali-kali.*
>
>
>
6c.

Re: KETERANGAN / INFO PINJAM

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 31, 2012 4:55 pm (PST)



maaf temans... ada 'sale kate'..

tertulis :
*» *Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu dicari
*PENGEMBALIAN* TERAKHIR
(yaitu nilai Index Baris terbawah, dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering
di demonstrasikan dimilis !!)

harusnya
*» *Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu dicari
*PEMINJAMAN* TERAKHIR
(yaitu nilai Index Baris terbawah, dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering
di demonstrasikan dimilis !!)

Di-ekspresikan dlm formule di sheet excel :
=MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51='DAFTAR BUKU'!B2;'DAFTAR
PINJAM'!$A$3:$A$51))

mudah mudahan tiak sempat "ngana biking-pusing"

2012/2/1 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> *» *Cacah_Peminjaman maupun cacah_Pengembalian suatu Buku: GAMPANG dicari
> dengan fungsi COUNTIF
> *
> *
> *» *Kedua hasil COUNTIF itu dengan GAMPANG dapat dibandingkan untuk
> mnghasilkan FALSE / TRUE, yg berarti dapat dijadikan status terhadap tiap
> Buku: apakah "Sedang Dipinjam" atau-kah "Tidak Sedang Dipinjam (Ada)"
>
> *» *Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu
> dicari PENGEMBALIAN TERAKHIR
> (yaitu nilai Index Baris terbawah, dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering
> di demonstrasikan dimilis !!)
>
>
7a.

Copy otomatis pake tombol

Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com   mudaguru

Tue Jan 31, 2012 4:48 pm (PST)



Mohon bantuan kepada para rekan milis.

Saya coba tulis code VBA (CODE ini hasil reparasi teman milis ini juga) agar bisa mengcopy nilai atau isi dari suatu sheet ke sheet lain pake tombol. Tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan karena jika suatu cell berisi formula maka yg dicopy formulanya, padahal saya mau mengcopy isinya (tampilannya).

Mohon Code VBA diprbaiki.

Keterangan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.

Atas pelajarannya, saya ucapkan terima kasih.

7b.

Re: Copy otomatis pake tombol

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Jan 31, 2012 5:25 pm (PST)



Sub KopiSheet()
* ' TEPATNYA COPY RANGE ANTAR SHEET*
* ' YANG DICOPY BUKAN SHEET PAK !!!!*
* ' iHaps*
* ' --------------------------------*
Dim Sumber As Range
Set Sumber = Worksheets("SUMBER").Cells(5, 1).CurrentRegion
Application.ScreenUpdating = False

With Worksheets("HASIL")
Sumber.Offset(0, 0).Resize(, 1).Copy:
.Range("B5").PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats

Sumber.Offset(0, 2).Resize(, 1).Copy:
.Range("D5").PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats

Sumber.Offset(0, 1).Resize(, 1).Copy:
.Range("F5").PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats

Sumber.Offset(0, 4).Resize(, 1).Copy:
.Range("G5").PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats

.UsedRange.EntireColumn.AutoFit
.Activate
.Cells(1).Activate
End With

Application.CutCopyMode = False
Application.ScreenUpdating = True
End Sub

*
*
*2012/2/1 guru muda <mudaguru@yahoo.com>*
>
> *Mohon bantuan kepada para rekan milis.
> Saya coba tulis code VBA (CODE ini hasil reparasi teman milis ini juga)
> agar bisa mengcopy nilai atau isi dari suatu sheet ke sheet lain pake
> tombol. Tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan karena jika suatu cell
> berisi formula maka yg dicopy formulanya, padahal saya mau mengcopy isinya
> (tampilannya).
>
> Mohon Code VBA diprbaiki.
> Keterangan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.
> Atas pelajarannya, saya ucapkan terima kasih.
>
> *
>
8.

Fwd: [belajar-excel] Filter Dengan Makro

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Tue Jan 31, 2012 6:03 pm (PST)



Setelah 'tak' pikir-pikir, akhirnya 'tak' putuskan untuk memforward mail
ini ke milis,
karena kasusnya sudah menjadi kasus umum dan agar thread selesai
/ada solusi
terakhirnya (walaupun mungin tidak sesuai harapan) & ada "kata akhir"nya.
Siapa tahu nantinya ada member yg mencari-kasus spt ini...

salam kompak
*Semprul..Ki!*
---------- Forwarded message ----------
From: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Date: 2012/1/31
Subject: Re: [belajar-excel] Filter Dengan Makro
*To: Mansor <dbpermatasari@gmail.com*>

Berikut ini VBA code untuk membuat Summary Report atas kasus pak Mansor
(setelah di tegaskan bahwa Regional setting = Engish(US) )
Prosedur Sub ini, masih memerlukan prosedur lain berupa UDF LOUV yg sudah
sering diiktsertakan dlm vbaproject yg ditayang di milis ini (terutama oleh
haps dan siti)
UDF LOUV sendiri berfungsi untuk memeras suatu list manjdi list lain tanpa
data kembar (Lilst of Unique Values)

'-----------------
Sub FilterBulan(KriTGL As Date)
' Ki Semprul - 31 jan 2012
' Membuat Tabel Summary dng 1 kriteria (Tgl YYYYMM)
' BeExcel posting # 15495
' algoritma ini masih kurang efisien, karena: misal
' baris yg memenuhi syarat hanya sedikit dan ada di atas
' Loop For n tetap bekerja kunjungi semua baris di tabel
' -----------------------------------------------------
Dim RefTbl As Range, Report As Range, CustCol As Range
Dim i As Long, n As Long, r As Long, q As Long
Dim Alamat As String, TxtNum As String
Dim CumGroup As Double, CustList As Variant

Set RefTbl = Sheets("Data Asli").Cells(1).CurrentRegion
Set Report = Sheets("Filter").Cells(9, 1)
Set CustCol = RefTbl.Offset(1, 0).Resize(RefTbl.Rows.Count - 1, 1)

Application.ScreenUpdating = False
Application.Calculation = xlCalculationManual
' area report kudu dibersihkan dulu Coy...
Report(0, 1).CurrentRegion.Offset(1, 0).ClearContents
' daftar uniq customer musti kudu kita punyai
CustList = LOUV(CustCol)

' Tahap mengakumulasi USD ex record yg memenuhi syarat
For i = 1 To UBound(CustList)
CumGroup = 0
For n = 2 To RefTbl.Rows.Count
*' --- SYARAT 1:* nama Customer
If RefTbl(n, 1) = CustList(i) Then
Alamat = RefTbl(n, 2)
'* --- SYARAT 2:* TH & BULAN
If Format(RefTbl(n, 3), "YYYYMM") = Format(KriTGL, "YYYYMM")
Then
' jika memenuhi syarat, USD-nya diakumulasi
CumGroup = CumGroup + RefTbl(n, 4)
' nomor baris dicatat dlm variabel Q
q = n
End If
End If
Next n

' Tahap menuliskan hasil akumulasi ke Summary_Report
' Jika Q > 0 ( artinya ada baris yg memenuhi syarat)
If q > 0 Then
' Jika akumulasi > 0 (artinya ada USD yg berhasil dijumlahkan)
If CumGroup > 0 Then
' baris pada report dinaikkan 1
' dan mulai proses menulis report khusus 1 customer
r = r + 1
Report(r, 1).NumberFormat = "@"
Report(r, 1) = WorksheetFunction.Text(KriTGL, "[$-421]mmmm
yyyy")
Report(r, 2) = CustList(i)
Report(r, 3) = Alamat
Report(r, 4).NumberFormat = "@"
*Report(r, 4) = Format(CumGroup, "#,##0.00")*
End If
End If

Next i
Application.ScreenUpdating = True
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
End Sub
'-----------------

*2012/1/31 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
*
>
> *Pak Ki Semprul,*
> *Setting Komputer saya ialah English (US). Screen shot adalah seperti
> dilampirkan.*
> *Saya akan meneliti setiap ilmu VBA yang saya dapat dari bapak.*
> *Cara belajar bagini lebih efektif berbanding dengan hanya membaca buku.*
> *Saya menunggu kode yang selanjutnya dari bapak untuk saya pelajari.*
> * *
> *Terima kasih*
> *-Mansor
> *
>

> **
> *2012/1/31 Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
> *
>>
>> * *
>>
>> *(1) *
>> *sebelum dilanjutkan, Ki Semprul tetap minta kerelaan informasi dan pak
>> Mansor *
>> *SETTING KOMPUTER pak Mansor Regional & Language nya di set APA ??*
>> *English(US) ataukah Indonesian*
>>
>
9a.

bagaimana cara merubah fungsi terbilang

Posted by: "Wewith Isme" wewithisme@ymail.com   wewithism

Tue Jan 31, 2012 6:59 pm (PST)



bagaimana agar fungsi terbilang tidak timbul sen dan membulatkan keatas?
mohon bantuannya

===============================================================
Mods Note:

Fungsi Terbilang itu RIBUAN jumlahnya, mungkin lebih;
karena (seperti UDF lainnya) setiap orang bisa membuat sendiri.

Coding Fungsi Terbilang yang AKAN pak Isme "Reparasi"kan itu mana?
Sebaiknya dibawa ke sini supaya bisa dilihat dan disentuh oleh
pada teknisi di BeExcel untuk di oprex-oprex ..
Ditunggu ya lampirannya
Tks
=================================================================

9b.

Re: bagaimana cara merubah fungsi terbilang

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Tue Jan 31, 2012 7:22 pm (PST)



Dear mb wiwith,
Kemaren saya juga uda nyoba, saya menambahkan rumusnya,
Misalkan dulunya cuma
=terbilang(A1)
Saya tambah jadi
=terbilang(round(A1))
Gitu kayake bisa,....
Intinya ditambahkan rumus 'round'
Cmiiw
Asror

-----Original Message-----
From: Wewith Isme <wewithisme@ymail.com>
Date: Tue, 31 Jan 2012 18:31:24
Subject: [belajar-excel] bagaimana cara merubah fungsi terbilang

bagaimana agar fungsi terbilang tidak timbul sen dan membulatkan keatas?
mohon bantuannya

===============================================================
Mods Note:
Fungsi Terbilang itu RIBUAN jumlahnya, mungkin lebih;
karena (seperti UDF lainnya) setiap orang bisa membuat sendiri.
Coding Fungsi Terbilang yang AKAN pak Isme "Reparasi"kan itu mana?
Sebaiknya dibawa ke sini supaya bisa dilihat dan disentuh oleh
pada teknisi di BeExcel untuk di oprex-oprex ..
Ditunggu ya lampirannya
Tks
=================================================================
9c.

Re: bagaimana cara merubah fungsi terbilang

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Tue Jan 31, 2012 7:24 pm (PST)



Eh salah,
Revisi,
=terbilang(round(A1,0))
Ada nol dibelakang untuk membulatkan agar tidak ada komanya,
Cmiiw
Asror

-----Original Message-----
From: "Aliif Akbar" <aliif.akbar@yahoo.co.id>
Date: Wed, 1 Feb 2012 03:05:07

Dear mb wiwith,
Kemaren saya juga uda nyoba, saya menambahkan rumusnya,
Misalkan dulunya cuma
=terbilang(A1)
Saya tambah jadi
=terbilang(round(A1))
Gitu kayake bisa,....
Intinya ditambahkan rumus 'round'
Cmiiw
Asror
10.

vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "dimas ricky" dimasr1985@gmail.com

Wed Feb 1, 2012 12:12 am (PST)



Dear all, mohon bantuannya untuk rumus excel di bawah ini,

Misal saya ingin menghasilkan angka di E4, maka dua kirteria yang harus
saya isi adalah C4 dan D4.

Mohon bantuannya untuk rumus excelnya soalnya sudah saya coba2 tapi malah
tambah bingung�

Terima ksaih banyak untuk bantua semuanya.
Recent Activity
Visit Your Group
Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar