Rabu, 01 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1498

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: Kid Mr.
1b.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: dimas ricky
1c.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: i Haps
1d.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: Kid Mr.
1e.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: i Haps
1f.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: Kid Mr.
1g.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: anton suryadi
1h.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: anton suryadi
1i.
Re: vlookup dengan dua kriteria From: dimas ricky
2a.
BARCODE From: Ahmad Fauzi
2b.
Re: BARCODE From: i Haps
3.1.
File - Peraturan Milis belajar-excel From: belajar-excel@yahoogroups.com
4a.
Bls: [belajar-excel] KETERANGAN / INFO PINJAM From: Harry
4b.
Re: KETERANGAN / INFO PINJAM From: o' Seno
5a.
Menampilkan bentuk hilal From: Moeid Zahid GM
5b.
Re: Menampilkan bentuk hilal From: siti Vi
5c.
Re: Menampilkan bentuk hilal From: Moeid Zahid GM
6a.
Re: Copy otomatis pake tombol From: guru muda
6b.
Re: Copy otomatis pake tombol From: o' Seno
7a.
Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk
7b.
Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy From: Arie Bowo Witjaksono
8.
list box userform dalam folder From: nor hidayat
9.
list file excel dalam suatu folder ke list box userform From: nor hidayat
10.
Merge File From: Modby Matsnawabi
11.
Contoh kasus formatting From: hendrik karnadi

Messages

1a.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 1, 2012 12:33 am (PST)



Dear Ricky,

Asumsi :
>> yang akan diambil adalah data numerik di kolom E

=SumProduct( (semua_data_kolom_C = inputan_tentang_C) * (semua_data_kolom_D
= inputan_tentang_D) * semua_data_kolom_E )

Syntax diatas bisa menghasilkan
- agregat jika data berdasar kolom C dan D tidak unique
- nilai tunggal dari kolom E ketika data bersifat unique berdasar kolom C
dan D, dan akan seperti lookup dengan n kriteria

Asumsi :
>> yang akan diambil adalah data teks di kolom E
=Index( semua_data_kolom_E , Match( inputan_tentang_C &
inputan_tentang_D , semua_data_kolom_C & semua_data_kolom_D , 0 )
)

Syntax diatas adalah lookup dengan n kriteria. Data yang diambil tergantung
pada Match Type fungsi Match dan urutan data.

Regards.
Kid.

2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>

> **
>
>
> Dear all, mohon bantuannya untuk rumus excel di bawah ini,
>
>
>
> Misal saya ingin menghasilkan angka di E4, maka dua kirteria yang harus
> saya isi adalah C4 dan D4.
>
>
>
> Mohon bantuannya untuk rumus excelnya soalnya sudah saya coba2 tapi
> malah tambah bingung…
>
>
>
> Terima ksaih banyak untuk bantua semuanya.
>
>
>
>
1b.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "dimas ricky" dimasr1985@gmail.com

Wed Feb 1, 2012 1:17 am (PST)



dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang
lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach,
rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya
yang lagi ga konsen ya

2012/2/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Ricky,
>
> Asumsi :
> >> yang akan diambil adalah data numerik di kolom E
>
> =SumProduct( (semua_data_kolom_C = inputan_tentang_C) *
> (semua_data_kolom_D = inputan_tentang_D) * semua_data_kolom_E )
>
> Syntax diatas bisa menghasilkan
> - agregat jika data berdasar kolom C dan D tidak unique
> - nilai tunggal dari kolom E ketika data bersifat unique berdasar kolom C
> dan D, dan akan seperti lookup dengan n kriteria
>
> Asumsi :
> >> yang akan diambil adalah data teks di kolom E
> =Index( semua_data_kolom_E , Match( inputan_tentang_C &
> inputan_tentang_D , semua_data_kolom_C & semua_data_kolom_D , 0 )
> )
>
> Syntax diatas adalah lookup dengan n kriteria. Data yang diambil
> tergantung pada Match Type fungsi Match dan urutan data.
>
>
> Regards.
> Kid.
>
>
> 2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear all, mohon bantuannya untuk rumus excel di bawah ini,
>>
>>
>>
>> Misal saya ingin menghasilkan angka di E4, maka dua kirteria yang harus
>> saya isi adalah C4 dan D4.
>>
>>
>>
>> Mohon bantuannya untuk rumus excelnya soalnya sudah saya coba2 tapi
>> malah tambah bingung…
>>
>>
>>
>> Terima ksaih banyak untuk bantua semuanya.
>>
>>
>>
>
>
1c.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Feb 1, 2012 1:41 am (PST)



selain pakai sumproduct;
sementara biar MUDAH, agar anda tidak semakin bingung dan stress
kita pakai kolom bantu dulu
Kolom bantu adalah gabungan kolom 1 dan 2 pada tabel sumber

rumus di tabel hasil
=VLOOKUP(J5&K5,B5:E13,4,FALSE)

Lihat lampiran dengan seksama ( dan dalam tempoh yg sesingkat singkatnya )

[image: agar tidak bingung.PNG]

2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>

> **
>
> dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang
> lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach,
> rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya
> yang lagi ga konsen ya
>
1d.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 1, 2012 1:58 am (PST)



Kalau sudah coba, kok gak ada di attachment wujud coba-cobanya ?

=SumProduct( (c$5:c$13 = j5 ) * (d$5:d$13 = k5 ) * e$5:e$13 )

Kid.

2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>

> **
>
>
> dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang
> lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach,
> rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya
> yang lagi ga konsen ya
>
> 2012/2/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> Dear Ricky,
>>
>> Asumsi :
>> >> yang akan diambil adalah data numerik di kolom E
>>
>> =SumProduct( (semua_data_kolom_C = inputan_tentang_C) *
>> (semua_data_kolom_D = inputan_tentang_D) * semua_data_kolom_E )
>>
>> Syntax diatas bisa menghasilkan
>> - agregat jika data berdasar kolom C dan D tidak unique
>> - nilai tunggal dari kolom E ketika data bersifat unique berdasar kolom C
>> dan D, dan akan seperti lookup dengan n kriteria
>>
>> Asumsi :
>> >> yang akan diambil adalah data teks di kolom E
>> =Index( semua_data_kolom_E , Match( inputan_tentang_C &
>> inputan_tentang_D , semua_data_kolom_C & semua_data_kolom_D , 0 )
>> )
>>
>> Syntax diatas adalah lookup dengan n kriteria. Data yang diambil
>> tergantung pada Match Type fungsi Match dan urutan data.
>>
>>
>> Regards.
>> Kid.
>>
>>
>> 2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear all, mohon bantuannya untuk rumus excel di bawah ini,
>>>
>>>
>>>
>>> Misal saya ingin menghasilkan angka di E4, maka dua kirteria yang
>>> harus saya isi adalah C4 dan D4.
>>>
>>>
>>>
>>> Mohon bantuannya untuk rumus excelnya soalnya sudah saya coba2 tapi
>>> malah tambah bingung…
>>>
>>>
>>>
>>> Terima ksaih banyak untuk bantua semuanya.
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
1e.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Feb 1, 2012 2:00 am (PST)



Setelah "pengejaran dari" boss mereda, dan anda punya waktu yg agak santai
mari kita duduk manis mencoba lagi SUMPRUDUCT
*=SUMPRODUCT( ($C$5:$C$13=J5) * ($D$5:$D$13=K5) * $E$5:$E$13 )*

atau kalau di excel 2007/1010 bisa cobalah fungsi BARU: SUMIF*S*
*=SUMIFS( $E$5:$E$13, $C$5:$C$13, J5, $D$5:$D$13, K5 )*

( kebetulan kolom E adalah data type Numbers (Bilangan) )

Lilhat Lampiran ...

2012/2/1 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> selain pakai sumproduct;
> sementara biar MUDAH, agar anda tidak semakin bingung dan stress
> kita pakai kolom bantu dulu
> Kolom bantu adalah gabungan kolom 1 dan 2 pada tabel sumber
>
> rumus di tabel hasil
> *=VLOOKUP(J5&K5,B5:E13,4,FALSE*)
> Lihat lampiran dengan seksama ( dan dalam tempoh yg sesingkat singkatnya )
>
> *2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
> *
>>
>> * *
>>
>> *dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang
>> lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach,
>> rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya
>> yang lagi ga konsen ya
>> *
>>
>
1f.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 1, 2012 2:08 am (PST)



Jika akan pakai array formula Index Match :
=Index( e$5:e$13 , Match( j5 & k5 , c$5:c$13 & d$5:d$13 , 0 ) )
lalu tekan Ctrl Shift Enter (bukan hanya Enter saja)
kemudian copy ke cell bawahnya

Data yang diambil, tergantung match type pada fungsi Match. Contoh di atas
dengan match type bernilai 0 (percis sama)
Tipe data hasil bisa apa saja.

Kid.

2012/2/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> Kalau sudah coba, kok gak ada di attachment wujud coba-cobanya ?
>
> =SumProduct( (c$5:c$13 = j5 ) * (d$5:d$13 = k5 ) * e$5:e$13 )
>
> Kid.
>
> 2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang
>> lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach,
>> rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya
>> yang lagi ga konsen ya
>>
>> 2012/2/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Dear Ricky,
>>>
>>> Asumsi :
>>> >> yang akan diambil adalah data numerik di kolom E
>>>
>>> =SumProduct( (semua_data_kolom_C = inputan_tentang_C) *
>>> (semua_data_kolom_D = inputan_tentang_D) * semua_data_kolom_E )
>>>
>>> Syntax diatas bisa menghasilkan
>>> - agregat jika data berdasar kolom C dan D tidak unique
>>> - nilai tunggal dari kolom E ketika data bersifat unique berdasar kolom
>>> C dan D, dan akan seperti lookup dengan n kriteria
>>>
>>> Asumsi :
>>> >> yang akan diambil adalah data teks di kolom E
>>> =Index( semua_data_kolom_E , Match( inputan_tentang_C &
>>> inputan_tentang_D , semua_data_kolom_C & semua_data_kolom_D , 0 )
>>> )
>>>
>>> Syntax diatas adalah lookup dengan n kriteria. Data yang diambil
>>> tergantung pada Match Type fungsi Match dan urutan data.
>>>
>>>
>>> Regards.
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Dear all, mohon bantuannya untuk rumus excel di bawah ini,
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Misal saya ingin menghasilkan angka di E4, maka dua kirteria yang
>>>> harus saya isi adalah C4 dan D4.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Mohon bantuannya untuk rumus excelnya soalnya sudah saya coba2 tapi
>>>> malah tambah bingung…
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Terima ksaih banyak untuk bantua semuanya.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>>
>
>
1g.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "anton suryadi" summonery@yahoo.com   summonery

Wed Feb 1, 2012 7:49 am (PST)



Pada kasus ini (dan banyak kasus lainnya), jika diinginkan eksekusi suatu array formula aka CSE formula tanpa menekan Ctrl+Shift+Enter,
cobalah sematkan array formula tersebut pada sebuah fungsi INDEX,
misal pada kasus ini, CSE formula Index Match tersebut menjadi tertulis seperti ini:
=INDEX(E$5:E$13,INDEX(MATCH(J5&K5,C$5:C$13&D$5:D$13,0),0))
dengan begitu, sekarang cukuplah dengan hanya menekan Enter untuk mengeksekusi formulanya.
(menjalankan array formula tanpa upacara khusus?) 

>semoga bermanfaat

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, February 1, 2012 5:08 PM
Subject: Re: [belajar-excel] vlookup dengan dua kriteria


 
Jika akan pakai array formula Index Match :
=Index( e$5:e$13 , Match( j5 & k5 , c$5:c$13 & d$5:d$13 , 0 )  )
lalu tekan Ctrl Shift Enter (bukan hanya Enter saja)
kemudian copy ke cell bawahnya

Data yang diambil, tergantung match type pada fungsi Match. Contoh di atas dengan match type bernilai 0 (percis sama)
Tipe data hasil bisa apa saja.

Kid.

2012/2/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

Kalau sudah coba, kok gak ada di attachment wujud coba-cobanya ?
>
>=SumProduct( (c$5:c$13 = j5 ) *  (d$5:d$13 = k5 ) * e$5:e$13 )
>
>
>Kid.
>
>
>2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>
>
>> 
>>dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach, rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya yang lagi ga konsen ya
>>
>>
>>2012/2/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>>
>>
>>> 
>>>Dear Ricky,
>>>
>>>Asumsi :
>>>>> yang akan diambil adalah data numerik di kolom E
>>>
>>>=SumProduct( (semua_data_kolom_C = inputan_tentang_C) * (semua_data_kolom_D = inputan_tentang_D) * semua_data_kolom_E )
>>>
>>>Syntax diatas bisa menghasilkan
>>>- agregat jika data berdasar kolom C dan D tidak unique
>>>- nilai tunggal dari kolom E ketika data bersifat unique berdasar kolom C dan D, dan akan seperti lookup dengan n kriteria
>>>
>>>Asumsi :
>>>>> yang akan diambil adalah data teks di kolom E
>>>=Index( semua_data_kolom_E , Match(   inputan_tentang_C & inputan_tentang_D  ,   semua_data_kolom_C & semua_data_kolom_D   ,  0  )     )
>>>
>>>Syntax diatas adalah lookup dengan n kriteria. Data yang diambil tergantung pada Match Type fungsi Match dan urutan data.
>>>
>>>
>>>Regards.
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>>>
>>>
>>>> 
>>>>Dear all,
mohon bantuannya untuk rumus excel di bawah ini,
>>>> 
>>>>Misal saya  ingin menghasilkan angka di E4, maka dua
kirteria yang harus saya isi adalah C4 dan D4.
>>>> 
>>>>Mohon
bantuannya untuk rumus excelnya  soalnya
sudah saya coba2 tapi malah tambah bingung…
>>>> 
>>>>Terima
ksaih banyak untuk bantua semuanya.
>>>>
>>>
>>
>

1h.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "anton suryadi" summonery@yahoo.com   summonery

Wed Feb 1, 2012 8:12 am (PST)



Fungsi COUNTIF/S dan SUMIF/S sungguh nyaman sekali digunakan, namun perlu diketahui oleh para pemirsa bahwa tidak semua Criteria dapat menghasilkan yang diharapkan meski jumlah dan susunan karakter-karakternya sama persis.

Hal tersebut dapat terjadi jika kriteria atau data yang dicari berawalan salah satu karakter berikut ini: 
"<"
">"
"="

Misal penjumlahan suatu kriteria string "<data>" dengan formula =SUMIF(A1:A5,"<data>",B1:B5)

>semoga bermanfaat

________________________________
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, February 1, 2012 4:59 PM
Subject: Re: [belajar-excel] vlookup dengan dua kriteria


 
Setelah "pengejaran dari" boss mereda, dan anda punya waktu yg agak santai
mari kita duduk manis mencoba lagi SUMPRUDUCT
=SUMPRODUCT( ($C$5:$C$13=J5) * ($D$5:$D$13=K5) * $E$5:$E$13 )

atau kalau di excel 2007/1010 bisa cobalah fungsi BARU: SUMIFS
=SUMIFS( $E$5:$E$13, $C$5:$C$13, J5,  $D$5:$D$13, K5 )

( kebetulan kolom E adalah data type Numbers (Bilangan) )

Lilhat Lampiran ...

2012/2/1 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

selain pakai sumproduct;
>sementara biar MUDAH, agar anda tidak semakin bingung dan stress
>kita pakai kolom bantu dulu
>Kolom bantu adalah gabungan kolom 1 dan 2 pada tabel sumber
>
>
>rumus  di tabel hasil 
>=VLOOKUP(J5&K5,B5:E13,4,FALSE)
>Lihat lampiran dengan seksama ( dan dalam tempoh yg sesingkat singkatnya )
>
>
2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
>
>
>>dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach, rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya yang lagi ga konsen ya
>>

1i.

Re: vlookup dengan dua kriteria

Posted by: "dimas ricky" dimasr1985@gmail.com

Wed Feb 1, 2012 7:41 pm (PST)



Dear all, mohon maaf baru bisa reply sekrng, rumus yang di kasih ke saya
semuanya sudah saya coba, terima kasih byanak untuk bantuan semuanya, tentu
ini sangatlah membantu saya yang masih baru dalam excell, apalagi yang di
kejar2, heheheh
2012/2/1 anton suryadi <summonery@yahoo.com>

> **
>
>
> Fungsi COUNTIF/S dan SUMIF/S sungguh nyaman sekali digunakan, namun perlu
> diketahui oleh para pemirsa bahwa tidak semua Criteria dapat menghasilkan
> yang diharapkan meski jumlah dan susunan karakter-karakternya sama persis.
>
> Hal tersebut dapat terjadi jika kriteria atau data yang dicari berawalansalah satu karakter berikut ini:
> "<"
> ">"
> "="
>
> Misal penjumlahan suatu kriteria string "<data>" dengan
> formula =SUMIF(A1:A5,"<data>",B1:B5)
>
>
> >semoga bermanfaat
>
>
> ------------------------------
> *From:* i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, February 1, 2012 4:59 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] vlookup dengan dua kriteria
>
>
> Setelah "pengejaran dari" boss mereda, dan anda punya waktu yg agak
> santai
> mari kita duduk manis mencoba lagi SUMPRUDUCT
> *=SUMPRODUCT( ($C$5:$C$13=J5) * ($D$5:$D$13=K5) * $E$5:$E$13 )*
>
> atau kalau di excel 2007/1010 bisa cobalah fungsi BARU: SUMIF*S*
> *=SUMIFS( $E$5:$E$13, $C$5:$C$13, J5, $D$5:$D$13, K5 )*
>
> ( kebetulan kolom E adalah data type Numbers (Bilangan) )
>
> Lilhat Lampiran ...
>
>
> 2012/2/1 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>
> selain pakai sumproduct;
> sementara biar MUDAH, agar anda tidak semakin bingung dan stress
> kita pakai kolom bantu dulu
> Kolom bantu adalah gabungan kolom 1 dan 2 pada tabel sumber
>
> rumus di tabel hasil
> *=VLOOKUP(J5&K5,B5:E13,4,FALSE*)
> Lihat lampiran dengan seksama ( dan dalam tempoh yg sesingkat singkatnya )
>
> *2012/2/1 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com>
> *
>
> * *
> *dear Pak Kid, Mohon maaf mungkin karena data yang saya kasih kurang
> lengkap, maklum di kejar2 sama bos, hehehe tabel revisi saya udah atach,
> rumus dari Pak Kid udah saya coba tapi ttp ga bisa, ato apa mungkin saya
> yang lagi ga konsen ya
> *
>
>
>
>
>
>
2a.

BARCODE

Posted by: "Ahmad Fauzi" fauzietha@yahoo.co.id   fauzietha

Wed Feb 1, 2012 1:50 am (PST)



Mohon bantuan para master excel,

Bisa tidak kita membuat barcode sendiri dengan menggunakan excel?
Kalau bisa mohon petunjuk bagaimana caranya....

Terima kasih...
2b.

Re: BARCODE

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Feb 1, 2012 2:10 am (PST)



mungkin bisa dicoba pakai Barcode_FONTS saja

http://www.barcodingfonts.com/index-g.htm?source=adwords&campaign=barcode&adgroup=barcode_fonts&ad=001

http://download.cnet.com/Free-TrueType-Code-39-Barcode-Font/3000-2190_4-10067143.html

http://www.barcodesinc.com/free-barcode-font/
http://freebarcodefonts.dobsonsw.com/
dan banyak situs lagi KALAU rajin & mau browsing....

2012/2/1 Ahmad Fauzi <fauzietha@yahoo.co.id>

> **
> Mohon bantuan para master excel,
> Bisa tidak kita membuat barcode sendiri dengan menggunakan excel?
> Kalau bisa mohon petunjuk bagaimana caranya....
> Terima kasih...
>
>
3.1.

File - Peraturan Milis belajar-excel

Posted by: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com

Wed Feb 1, 2012 2:01 am (PST)




"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated"
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

LAIN LAIN:
==========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan" dsb, hanya akan merusak 'Thread' (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting' (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan", tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri' (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette".

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes", tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

4a.

Bls: [belajar-excel] KETERANGAN / INFO PINJAM

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Wed Feb 1, 2012 10:50 am (PST)



Dear Mba / Ibu I Haps,
 
Terima kasih atas informasi dan rumusnya yang sangat bermanfaat buat saya dan teman-2.
Hanya saja pada contoh saya sertakan sebelumnya tidak dilengkapi dengan data bahwa 1 (satu) orang Peminjam bisa meminjam buku lebih dari 1 (satu) buku, bahkan bisa sampai dengan maksimal 5 buku.
Sebagai contoh sementara, kali ini saya hanya menyertakan info bahwa 1
orang peminjam hanya dapat meminjam maksimal 2 (dua) buku.
 
Sebagai informasi tambahan, hanya Judul Buku tidak dapat dijadikan referensi dalam mencapai hasil akhir melainkan judul buku dan penerbit (=JUDUL BUKU&PERNERBIT) mis. pada Sheet “DAFTAR BUKU” kolom I(DUMMY).
 
Mohon dapat diinformasikan cara dan rumusnya sebagaimana lampiran yang saya sertakan.  
Terima kasih atas bantuan dan informasinya dan semoga bermanfaat untuk saya dan teman-2.
 
Regards,
 
Harry
 
N/B: Saya sempat tertawa (tersenyum)
dalam hati bagaimana caranya membuat RUMUS LANGSUNG yang merupakan PR buat saya; sedangkan rumus yang TIDAK LANGSUNG aja saya masih sedikit bingung.
Mohon berkenan untuk jawaban / informasi kali ini langsung aja menggunakan RUMUS LANGSUNG karena rumus yang TIDAK LANGSUNG mungkin sedikit-2 dapat saya mengerti (walaupun masih belum sangat mengerti dan masih saya pelajari).

________________________________
Dari: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 1 Februari 2012 7:55
Judul: Re: [belajar-excel] KETERANGAN / INFO PINJAM
 
maaf temans...   ada 'sale kate'..

tertulis : 
» Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu dicari PENGEMBALIAN TERAKHIR
(yaitu nilai Index Baris terbawah,  dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering di demonstrasikan dimilis !!)

harusnya
» Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu dicari PEMINJAMAN TERAKHIR
(yaitu nilai Index Baris terbawah,  dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering di demonstrasikan dimilis !!)

Di-ekspresikan dlm formule di sheet excel :
=MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51='DAFTAR BUKU'!B2;'DAFTAR PINJAM'!$A$3:$A$51))
4b.

Re: KETERANGAN / INFO PINJAM

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Wed Feb 1, 2012 7:01 pm (PST)



*Cara menggabung formula perantara (helper) menjadi mega formula*

Formula perantara (helper) ada di kolom J sampai N

*Lihat cell J2*
=COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51,B2)
ternyata tidak mengandung formula perantara lain, dia langsung merujuk ke
tabel rujukan
jadi di dalam formula ini tidak ada bagian (komponen formula) yg perlu di
SUBSTITUSI dengan
formula / cell lain, cukup diciuekin saja...

Demikian juga dengan *Cell K2*
=COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2)

Sekarang *lihat Cell L2*
*= K2 < J2*
Nah dia *mengandung cell lain yg berisi formula_perantara (helper)*; bahkan
ada dua cell helper
yg dirujuk nya; Jadi sekarang gantilah formula di cell L2 sbb

Text "K2" (didalam formula LS) diganti dengan TEXT FORMULA yg ada di cell
K2;
sehingga formula L2 menjadi
=COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2) > *J2*

Satu lagi, gantilah TEXT "J2" yg ada di cell K2 itu dengan TEXT FORMULA yg
ada di cell J2 sehingga formula di L2 manjadi
=COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51,B2) > *COUNTIF('DAFTAR
KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2) *

Berikutnya *lihat array formula Cell M2*
{=MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51='DAFTAR BUKU'!B2,'DAFTAR
PINJAM'!$A$3:$A$51))}
karena tidak mengandung helper di lain cell, maka kita diamkan apa adanya.
Nantinya M2 ini lah yg akan diisikan ke formula akhir.

Tahap Terakhir:
*Text Formula yg ada di M2 di copykan di P2*; Lihatlah text formula yg
sekarang ada di P2 tsb
dengan "seksama dan dlm tempoh yg sesingkat-singkatnya"
=IF(*L2*,INDEX('DAFTAR PINJAM'!$B$3:$B$51,*M2*),"Ada")

Di situ ada *L2 dan M2*
Nah sekarang TextFormula yg ada di cell L2 di copy textnya lalu
disubstitusikan (untuk mengganti
"L2" yg ada di Formula P2
Demikain juga Text formula yg ada di cell M2 disubstitusikan ke :M2: yg ada
di formula P2.

*Detail caranya*
*Cara mengopy formula / cell berisi formula adalah LAIN dengan cara
mengcopy TEXT formula-nya*
*Text Formula, bisa di copy di FORMULA BAR*
*- select Cellnya (misal M2)*
*- Klik Formula Bar ( atau tekan tombol F2)*
*- Blok lah seluruh TEXT yg ada di Formula Bar*
*- Tekan Ctrl + C (dicopy ke clip board)*
*Tekan Esc*
*
*
*Menpaste ke bagian dari formula Tujuan *
*- Select cell Tujuan, (misal P2)*
*- Blok BAGIAN (part) Text pada formula tsb yg akan disubstitusi, misal
contoh di atas: "M2" yg ada di cell P2*
*- tekan Ctrl + V (mempaste data yg ada di clip board)*
*Maka "M2" sudah disubstitusi oleh text formula lain ( ex cell M2)*

Jangan lupa di-akhirinya dengan Ctrl+Shit+Enter (karena formula tsb adlaah
Array Formula

*Hasil akhir* penggabunan cel helper itu akira kira sbb:
=IF(COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51,B2) > COUNTIF('DAFTAR
KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2),
INDEX('DAFTAR PINJAM'!$B$3:$B$51,
MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51=B2,'DAFTAR
PINJAM'!$A$3:$A$51))),"Ada")

Dan mulai hari ini anda sudah bisa membuat MEGA FORMULA (formula panjang yg
didalamnya memanfatkan
/berisi banyak fungsi) ! Dan formula yang ini = array formula pula !
Mungkin anda heran sendiri terhadap hasil kerja anda ini.
Selamat.., dan jangan bingung lagi cara menggabung formula.

Pelajaran seperti itu *ada *di BUKU (excel tingkat II), dan kalau anda hari
ini masih bilang belum bisa (padahal
anda sudah main makro sejak lama) sebetulnya cukup mengherankan juga, Kok
bisa ya ?

Hal yg kita bicarakan di atas adalah khusus menanggapi BAB II dari email
anda .

BAB I mengenai Databasenya sendiri akan di tanggapi members lain mudah2
iHap sedang ada waktu.
dan Mas Kid sudah kembali sehat walafiat serta punya waktu...
Demikian juga Members lain, pak anton, pak hendrik, pak sudarsono dan yg
lain tidak bisa meneybut semua)
ditunggu juga

Garis besarnya, data base anda itu mulai berbelok ke arah yg salah
(yaitu tabel transaksinya mulai
keluar dari kaidah database (beberapa transaksi pinjam/pengembalian buku
dibuat dalam BARIS yg sama)

Selain itu Tabel Jurnal Transaksi Pinjam dan Transaksi Pengembalian mengapa
harus dipisah ya..
Di bank-bank pun orang menabung, rekeningnya cuma satu walaupun MENABUNG
dan juga
MENARIK TABUNGAN; ya kan ??

Sepertinya Anda masih mencampur adukkan Tabel_Pangkalan_Data -vs-
Tabel_Report.
Jika project ini akan dipakai serius, mumpung belum terlanjur, databasenya
bisa dirancang ulang
dari dasar lagi. (atau konsultasikan kepada perancangnya yg dulu membuat
untuk anda)

Tetapi milis biasanya tidak tuntas, karena orang yg memperhatikan
pertanyaan anda toh tidak tiap hari
duduk manis hanya mengikuti milis, mereka juga punya kegiatan lain..
Moodnya juga bisa naik/turun..
Milis cocoknya untuk kasus sepotong demi sepotong; dan globalnya sudah
diketahui oleh pemilikkasus.

*o'Seno*

==============
> Mohon berkenan untuk jawaban / informasi kali ini langsung aja
menggunakan
> RUMUS LANGSUNG karena rumus yang TIDAK LANGSUNG mungkin sedikit-2
> dapat saya mengerti (walaupun masih belum sangat mengerti dan masih saya
pelajari).
*-- pak hari ternyata tidak suka belajar (proses), tetapi ingin hasil "jadi"
*
==============

2012/2/1 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> Dear Mba / Ibu I Haps,
>
> Terima kasih atas informasi dan rumusnya yang sangat bermanfaat buat saya
dan teman-2.
> Hanya saja pada contoh saya sertakan sebelumnya tidak dilengkapi dengan
data bahwa 1 (satu) orang Peminjam bisa meminjam buku lebih dari 1 (satu)
buku, bahkan bisa sampai dengan maksimal 5 buku.
> Sebagai contoh sementara, kali ini saya hanya menyertakan info bahwa 1
> orang peminjam hanya dapat meminjam maksimal 2 (dua) buku.
>
> Sebagai informasi tambahan, hanya Judul Buku tidak dapat dijadikan
referensi dalam mencapai hasil akhir melainkan judul buku dan penerbit
(=JUDUL BUKU&PERNERBIT) mis. pada Sheet “DAFTAR BUKU” kolom I(DUMMY).
>
> Mohon dapat diinformasikan cara dan rumusnya sebagaimana lampiran yang
saya sertakan.
> Terima kasih atas bantuan dan informasinya dan semoga bermanfaat untuk
saya dan teman-2.
>
> Regards,
> Harry
>
> N/B: Saya sempat tertawa (tersenyum)
> dalam hati bagaimana caranya membuat RUMUS LANGSUNG yang merupakan PR
buat saya; sedangkan rumus yang TIDAK LANGSUNG aja saya masih sedikit
bingung.
> Mohon berkenan untuk jawaban / informasi kali ini langsung aja
menggunakan RUMUS LANGSUNG karena rumus yang TIDAK LANGSUNG mungkin
sedikit-2 dapat saya mengerti (walaupun masih belum sangat mengerti dan
masih saya pelajari).
>
*> ________________________________
> Dari: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> Dikirim: Rabu, 1 Februari 2012 7:55
>
> maaf temans... ada 'sale kate'..
>
> tertulis :
> » Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu dicari
PENGEMBALIAN TERAKHIR
> (yaitu nilai Index Baris terbawah, dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering
di demonstrasikan dimilis !!)
>
> harusnya
> » Karena Buku dapat dipinjam/dikembalikan berkali kali, maka perlu dicari
PEMINJAMAN TERAKHIR
> (yaitu nilai Index Baris terbawah, dengan rumus MAX BERSYARAT, yg sering
di demonstrasikan dimilis !!)
>
> Di-ekspresikan dlm formule di sheet excel :
> =MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51='DAFTAR BUKU'!B2;'DAFTAR
PINJAM'!$A$3:$A$51))
*
5a.

Menampilkan bentuk hilal

Posted by: "Moeid Zahid GM" moeidzahid@gmail.com

Wed Feb 1, 2012 10:52 am (PST)



Assalamu Alaikum

Saat ini kami sedang membuat kalender lengkap baik masehi, hijriyah, jawa maupun pranoto mongso, kalender tersebut belum selesai 100 persen untuk melihat file sementara kalender tersebut bisa download di http://moeidzahid.site90.net/software/102_kalender_release_6.rar

Untuk mempercantik kalender tersebut kami ingin menampilkan bentuk hilal dalam setiap momen awal bulan hijriyah, tapi sayangnya saya tidak faham sama sekali dengan cara menampilkan gambar di excel tersebut, untuk itu sudilah kiranya para pakar excel membantu saya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk lebih detalinya saya lampirkan contoh file di attachment

Atas bantuannya saya sampaikan terima kasih

Wassalam

Ibnu Zahid Abdo el-Moeid
5b.

Re: Menampilkan bentuk hilal

Posted by: "siti Vi" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Feb 1, 2012 2:31 pm (PST)



Waalaikum Salam

Ysh Bp Moeid
Terima kasih telah memberi atensi dan berkenan ikut berpartisipasi pada
milis [BeExcel = [belajar-excel] kita.
Terima kasih pula 'paringanipun' 102_kalender_realease_6 (ini memang yg
di-cari2)

Mengenai Gambar yg dapat berubah sesuai nilai di suatu cell (LookUp
Pictures), mungkin ada cara lsin yg lebih baik; tetapi yg kami ketahui sbb:

Di Cell F5 kita insert Image apa saja, sebaiknya blank image
Select IMAGE tsb
Klik FORMULA BAR dan isikan "RUMUS"
*=LookUp01*
*
*
[image: formula untuk Pictures.PNG]

*LookUp01* ini (dan 11 Name lain) adalah *Define Name atas sebuah
Formula*yg isinya
[image: Formula Define Name.PNG]=INDEX(ImgDataHilal,Sheet1!$D$5)

*Prinsipnya (di Excel 2003) sebuah Image dapat diisi dengan formula tetapi
formulanya harus di DEFINE dulu menjadi sebuah NAME.*

Di dalam formula Index di atas juga terdapat sebuah NAME : (ImgDataHilal).
Ini adalah Define Name terhadap sebuah* Range* di Sheet2 yg alamatnya di
C2:C17.
*Range Name* ini tidak harus dibuat, boleh langsung ditulis Sheet2$C$2:$C$17
Di sini dibuat sebagai Range Name hanya demi kemudahan penulisan formula
pada LookUp01 sd 12.
*(sekalian penjelasan kepada teman2 lain, bahwa define name tidak hanya
untuk RANGE saja, bisa juga terhadap FORMULA dan juga STRING)*

Hasil (seharus) nya:
gambar yg tampil di Image yg kita taruh di F5 (tadinya = blank image) akan
berubah-ubah sesuai nilai di cell D5.

Kelemahnan cara ini:
1. semua Image harus di tempel ( diinsert / emmbeded) ke sheet dlm workbook
(memperbesar filezise)
2. jika data yg ditampilkan cukup banyak (dlm conthoh hanya 12 tampilan)
maka kita harus membuat DEFINE NAME formula (seperti LookUp01 sd/ Lookup12)
sebanyak yg kita perlukan.

jkt, 2 feb 2012
Wassalamu alaikum wr wb.
siti Vi

note:
** jika data cukup banyak ( image maupun FormulaDefine Namenya, maka dapat
dibantu dengan makro)

** siti tidak tahu, di excel 2007 apakah memang tidak bisa memasukkan
FORMULA ke suatu Image;
maka dari itu kita mengolahnya di Excel 2003 saja, (hanya untuk
memanfaatkan 'kebisa-an-nya"
memasukkan formula ke picture (drawing object) saja.
Setelah jadi baru dibuka dengan excel 2007 untuk dijadikan XLSX

** cara lain lagi, dengan makro, tetapi hanya bisa makro prosedur SUB
(tidak bisa makro prosedur FUNCTION);
nantinya prosedur sub dijalankan-otomatis) setiap kali ada perubahan di
kolom "kondiisi Hilal"

*
*
*2012/2/1 Moeid Zahid GM <moeidzahid@gmail.com>
*
>
> * *
> *Assalamu Alaikum*
> * *
> *Saat ini kami sedang membuat kalender lengkap baik masehi, hijriyah,
> jawa maupun pranoto mongso, kalender tersebut belum selesai 100 persen
> untuk melihat file sementara kalender tersebut bisa download di
> http://moeidzahid.site90.net/software/102_kalender_release_6.rar*
> * *
> *Untuk mempercantik kalender tersebut kami ingin menampilkan bentuk hilal
> dalam setiap momen awal bulan hijriyah, tapi sayangnya saya tidak faham
> sama sekali dengan cara menampilkan gambar di excel tersebut, untuk itu
> sudilah kiranya para pakar excel membantu saya untuk menyelesaikan
> permasalahan tersebut. Untuk lebih detalinya saya lampirkan contoh file di
> attachment*
> * *
> *Atas bantuannya saya sampaikan terima kasih*
> * *
> *Wassalam*
> * *
> *Ibnu Zahid Abdo el-Moeid*
>
>
5c.

Re: Menampilkan bentuk hilal

Posted by: "Moeid Zahid GM" moeidzahid@gmail.com

Wed Feb 1, 2012 4:58 pm (PST)



Assalamu Alaikum

Terima kasih mbak siti, akan saya pelajari lebih jauh

Wassalam
Ibnu Zahid Abdo el-Moeid
----- Original Message -----
From: siti Vi
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 02, 2012 5:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan bentuk hilal

Waalaikum Salam

Ysh Bp Moeid
Terima kasih telah memberi atensi dan berkenan ikut berpartisipasi pada milis [BeExcel = [belajar-excel] kita.
Terima kasih pula 'paringanipun' 102_kalender_realease_6 (ini memang yg di-cari2)

Mengenai Gambar yg dapat berubah sesuai nilai di suatu cell (LookUp Pictures), mungkin ada cara lsin yg lebih baik; tetapi yg kami ketahui sbb:

Di Cell F5 kita insert Image apa saja, sebaiknya blank image
Select IMAGE tsb
Klik FORMULA BAR dan isikan "RUMUS"
=LookUp01

LookUp01 ini (dan 11 Name lain) adalah Define Name atas sebuah Formula yg isinya
=INDEX(ImgDataHilal,Sheet1!$D$5)

Prinsipnya (di Excel 2003) sebuah Image dapat diisi dengan formula tetapi formulanya harus di DEFINE dulu menjadi sebuah NAME.

Di dalam formula Index di atas juga terdapat sebuah NAME : (ImgDataHilal).
Ini adalah Define Name terhadap sebuah Range di Sheet2 yg alamatnya di C2:C17.
Range Name ini tidak harus dibuat, boleh langsung ditulis Sheet2$C$2:$C$17
Di sini dibuat sebagai Range Name hanya demi kemudahan penulisan formula pada LookUp01 sd 12.
(sekalian penjelasan kepada teman2 lain, bahwa define name tidak hanya untuk RANGE saja, bisa juga terhadap FORMULA dan juga STRING)

Hasil (seharus) nya:
gambar yg tampil di Image yg kita taruh di F5 (tadinya = blank image) akan berubah-ubah sesuai nilai di cell D5.

Kelemahnan cara ini:
1. semua Image harus di tempel ( diinsert / emmbeded) ke sheet dlm workbook (memperbesar filezise)
2. jika data yg ditampilkan cukup banyak (dlm conthoh hanya 12 tampilan) maka kita harus membuat DEFINE NAME formula (seperti LookUp01 sd/ Lookup12) sebanyak yg kita perlukan.

jkt, 2 feb 2012
Wassalamu alaikum wr wb.
siti Vi

note:
** jika data cukup banyak ( image maupun FormulaDefine Namenya, maka dapat dibantu dengan makro)

** siti tidak tahu, di excel 2007 apakah memang tidak bisa memasukkan FORMULA ke suatu Image;
maka dari itu kita mengolahnya di Excel 2003 saja, (hanya untuk memanfaatkan 'kebisa-an-nya"
memasukkan formula ke picture (drawing object) saja.
Setelah jadi baru dibuka dengan excel 2007 untuk dijadikan XLSX

** cara lain lagi, dengan makro, tetapi hanya bisa makro prosedur SUB (tidak bisa makro prosedur FUNCTION);
nantinya prosedur sub dijalankan-otomatis) setiap kali ada perubahan di kolom "kondiisi Hilal"

2012/2/1 Moeid Zahid GM <moeidzahid@gmail.com>

Assalamu Alaikum

Saat ini kami sedang membuat kalender lengkap baik masehi, hijriyah, jawa maupun pranoto mongso, kalender tersebut belum selesai 100 persen untuk melihat file sementara kalender tersebut bisa download di http://moeidzahid.site90.net/software/102_kalender_release_6.rar

Untuk mempercantik kalender tersebut kami ingin menampilkan bentuk hilal dalam setiap momen awal bulan hijriyah, tapi sayangnya saya tidak faham sama sekali dengan cara menampilkan gambar di excel tersebut, untuk itu sudilah kiranya para pakar excel membantu saya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk lebih detalinya saya lampirkan contoh file di attachment

Atas bantuannya saya sampaikan terima kasih

Wassalam

Ibnu Zahid Abdo el-Moeid

6a.

Re: Copy otomatis pake tombol

Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com   mudaguru

Wed Feb 1, 2012 5:13 pm (PST)



Terima kasih Bu Guru Tua (tapi masih muda)

Saya senang banget dengan kode VBA dari Ibu Guru. Kodenya sangat canggih dan dahsyat, cermin keluasan dan kedalaman ilmu dari Bu Guru.

Kode ini sangat bermanfaat bagi saya. Dan alangkah baiknya jika pelajaran ini dilanjutkan. Yakni pada bagian mana dari kode tersebut yg harus diubah/disesuaikan apabila saya ingin mengcopy range dari sheet asal ke sheet tujuan.

Dalam contoh (lampiran) yg lalu:

SUMBER                    HASIL
kolom A ------------------> kolom B
kolom B ------------------> kolom F
kolom C ------------------> kolom D
kolom E ------------------> kolom G

Bagaimana kalau begini:

MASTER                    DATA

kolom A ------------------> kolom A

kolom B ------------------> kolom B

kolom C ------------------> kolom D

kolom D ------------------> kolom E

Alangkah baiknya lagi jika formula itu disederhanakan agar mudah diedit kodenya apabila ingin dipakai untuk kasus lain dengan niat yg sama (mengcopy range).

Saya pakai kode VBA berikut dengan beberapa kelemahan; kerjanya agak lambat, tidak langsung membuka sheet hasil copy, hanya mencopy value tidak dengan format number. Tapi kelebihannya adalah mudah diedit/disesuaikan. Kode VBA dimaksud adalah sbb:

Sub Copy_Data()
  Application.ScreenUpdating = False
  Worksheets("DATA").Columns("A").Value = Worksheets("MASTER").Columns("A").Value
  Worksheets("DATA").Columns("B").Value = Worksheets("MASTER").Columns("B").Value
  Worksheets("DATA").Columns("D").Value = Worksheets("MASTER").Columns("C").Value
  Worksheets("DATA").Columns("E").Value = Worksheets("MASTER").Columns("D").Value
  Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Terima kasih.

6b.

Re: Copy otomatis pake tombol

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Wed Feb 1, 2012 5:44 pm (PST)



Ya memang benar bahwa setiap orang punya gaya masing masing..

Tetapi kode pak guru muda itu menurutku mengocopy *SELURUH BARI*S di KOLOM
yg diproses!
Misal nya: *Columns("A").Values* di excel 2007 adalah sebuah range dengan
anggota cell sebanyak 1,048,576 cells sekolom (sejuta cell lebih)
sehingga jika ada data di atas tabel maupun di bawah tabel yg diproses
(tabel tujuan) maka
mereka akan r.u =RU, s.a.k = SAK = RUSAK.. he he..
Proses pentransferannnyapun sudah anda rasakan sendiri = cukup LAMA

Code Ni Mas Hapsari, *hanya mgmproses KOLOM setinggi yg diperlukan* saja.
Walaupun tinggi tabel diganti ganti (ditambah / dikurangi), karena
penggunaan 'CurrentRegion'

Setelah code itu dipahami, rencananya nanti: masih bisa diringkas misalnya
dengan LOOP
(walapun urutan nomor kolom tidak urut, Nimas Hapsari sudah berkali kali
mencontohkan
bagaimana cara Looping-nya)

Pak Guru.. *ringkasnya code* belum menjamin *efisiennya proses* program !!
'gitu ! (meniru gaya "'gitu" nya pak MarioTeguh)

*o'Seno*
*
*
*
*
*
*
*
2012/2/2 guru muda <mudaguru@yahoo.com>
>
> Terima kasih Bu Guru Tua (tapi masih muda)
>
> Saya senang banget dengan kode VBA dari Ibu Guru. Kodenya sangat canggih
dan dahsyat, cermin keluasan dan kedalaman ilmu dari Bu Guru.
>
> Kode ini sangat bermanfaat bagi saya. Dan alangkah baiknya jika pelajaran
ini dilanjutkan. Yakni pada bagian mana dari kode tersebut yg harus
diubah/disesuaikan apabila saya ingin mengcopy range dari sheet asal ke
sheet tujuan.
>
> Dalam contoh (lampiran) yg lalu:
>
> SUMBER HASIL
> kolom A ------------------> kolom B
> kolom B ------------------> kolom F
> kolom C ------------------> kolom D
> kolom E ------------------> kolom G
>
> Bagaimana kalau begini:
>
> MASTER DATA
> kolom A ------------------> kolom A
> kolom B ------------------> kolom B
> kolom C ------------------> kolom D
> kolom D ------------------> kolom E
>
> Alangkah baiknya lagi jika formula itu disederhanakan agar mudah diedit
kodenya apabila ingin dipakai untuk kasus lain dengan niat yg sama
(mengcopy range).
>
> Saya pakai kode VBA berikut dengan beberapa kelemahan; kerjanya agak
lambat, tidak langsung membuka sheet hasil copy, hanya mencopy value tidak
dengan format number. Tapi kelebihannya adalah mudah diedit/disesuaikan.
Kode VBA dimaksud adalah sbb:
>
> Sub Copy_Data()
> Application.ScreenUpdating = False
> Worksheets("DATA").Columns("A").Value =
Worksheets("MASTER").Columns("A").Value
> Worksheets("DATA").Columns("B").Value =
Worksheets("MASTER").Columns("B").Value
> Worksheets("DATA").Columns("D").Value =
Worksheets("MASTER").Columns("C").Value
> Worksheets("DATA").Columns("E").Value =
Worksheets("MASTER").Columns("D").Value
> Application.ScreenUpdating = True
> End Sub
>
> Terima kasih. *
7a.

Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy

Posted by: "PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk" adhi_tax_dk3@yahoo.com   adhi_tax_dk3

Wed Feb 1, 2012 7:03 pm (PST)



Dear Para Excel-er...

Aku ada problem, saya belajar dengan menggunakan fasilitas macro otomatis untuk memposting saldo akhir tahun, hasilnya, walau datanya kosong blong, tetap aja tercopy semua, sehingga banyak cell yang mubazir yang otomatis jadi nambah beban memori...

Bagaimana sih syntax-nya supaya jadi lebih praktis, ekonomis & sedikit berkumis..?
hehehehehe...

Berikut kulampirkan file-nya yang sudah kubikin...
7b.

Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy

Posted by: "Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w@yahoo.com   arie_b_w

Wed Feb 1, 2012 8:43 pm (PST)



Dear,
 
berikut makro yang sudah saya coba untuk ringkas dan form saya modifikasi sedikit. semoga mendapatkan pencerahan.
 
Regards,
 
Arie

--- On Wed, 2/1/12, PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com> wrote:

From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com>
Subject: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
To: "belajar xl" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, February 1, 2012, 8:46 PM

 

Dear Para Excel-er...

Aku ada problem, saya belajar dengan menggunakan fasilitas macro otomatis untuk memposting saldo akhir tahun, hasilnya, walau datanya kosong blong, tetap aja tercopy semua, sehingga banyak cell yang mubazir yang otomatis jadi nambah beban memori...

Bagaimana sih syntax-nya supaya jadi lebih praktis, ekonomis & sedikit berkumis..?
hehehehehe...

Berikut kulampirkan file-nya yang sudah kubikin...

8.

list box userform dalam folder

Posted by: "nor hidayat" dayatshogun46@yahoo.co.id   dayatshogun46

Wed Feb 1, 2012 7:15 pm (PST)



Terlampir Data Rar List Box

Dear Pakar (Mods: kami hapus & ganti dgn:) Be Excellers..

Mohon bantannya

Saya punya userform4 yang akan memunculkan
tombol praktis untuk membuka folder laporan

Masalahnya
- Setiap laporan terdiri dari Input Ob, Input Coal
dan seterusnya dalam bentuk excel dan terletak
di masing folder yang akan dilist-kan pada
userform5
- Setiap file tersebut saya hanya ingin
masukkan ke dalam 1 listbox ( user 5 )
Contoh Terlampir
Kalo boleh nambah bisa kah tulisan user form 4
serta tombol close windowsnya dihilangkan

Regard'sNor Hidayat - Divisi Haulling

==================================
ModsNote:
Maaf, Lampiran diatas 338 KB, tidak diapproved
(Sesuai UUD milis max 250 KB)
menunggu file dari pak Nor yg sudah di kecilkan)
===================================

9.

list file excel dalam suatu folder ke list box userform

Posted by: "nor hidayat" dayatshogun46@yahoo.co.id   dayatshogun46

Wed Feb 1, 2012 8:44 pm (PST)



Be Excellers Terlampir Data Rar List Box
Mohon Bantuannya

Saya punya userform4 yang akan memunculkan
tombol praktis untuk membuka folder serta list isi folder tersebut
Masalahnya
- Setiap laporan terdiri dari Input Ob, Input Coal
  dan seterusnya dalam bentuk excel dan terletak 
  di masing folder yang akan dilist-kan pada 
  userform5
- Setiap file tersebut saya hanya ingin
   masukkan ke dalam  1 listbox ( user 5 )
Contoh Terlampir
Kalo boleh nambah bisa kah tulisan user form 4 
serta tombol close windowsnya dihilangkan
Regard's
Nor Hidayat
10.

Merge File

Posted by: "Modby Matsnawabi" modbym@gmail.com

Wed Feb 1, 2012 9:17 pm (PST)



Dear All,

Mohon bantuan, bagaimana cara nya merge file/sheet.

1. ane punya 10 file dengan isi format kolom/baris yang sama. nah
file2 itu mau di gabung jadi 1 file, file di gabung jadi ngurut ke
bawah..(contoh book3,4,5) digabung seperti file hasil

2. Case lain gimana klo data nya salam satu file tapi beda sheet(misal
10 Sheet) mau kita merge jadi 1 sheet. (file BOOK 1, semua sheet
digabung jadi hasil)

3. Gimana cara nya misahin sheet dalam satu file biar bisa jadi file
masing-masing.
contoh File BOOK 1 kan ada 4 sheet, gimana cara cepatnya biar sheet
itu bisa pisah jadi 4 file.

contoh file terlampir

Thank's you...
salam cipok... ;p
11.

Contoh kasus formatting

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Feb 1, 2012 10:27 pm (PST)



Baru saja saya mendapatkan pertanyaan sederhana dari teman sekantor.
Pertanyaannya :
Angka 2333.00 sdh diformat "Custom", koq ndak bisa dijumlah?

Jawaban saya:
Anda sebelumnya sdh memformatnya dgn format "Text".

Jawabannya:
Saya tidak merasa sdh memformatnya dengan format Text.

Pertanyaan saya kepada Be-Excel:
Bagaimana kita menjelaskan kepada teman saya ini atau dengan kata lain bagaimana kita membuktikan bahwa teman saya ini sebelumnya pernah memformat range tersebut dengan format "Text"?

Salam
Hendrik Karnadi
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Mental Health

Learn More

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Improve your business

by community exchange

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar