Kamis, 02 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1500

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Fw: [belajar-excel] Contoh kasus formatting From: dwint ruswanto
1b.
Re: Fw: [belajar-excel] Contoh kasus formatting From: hendrik karnadi
2a.
Re: Contoh kasus formatting From: Henry Sitohang
3.
(no subject) From: Danang Yuliyanto
4a.
ubah data tanggal lahir siswa From: Danang Yuliyanto
4b.
Re: ubah data tanggal lahir siswa From: Kid Mr.
4c.
Re: ubah data tanggal lahir siswa From: Danang Yuliyanto
4d.
Re: ubah data tanggal lahir siswa From: Danang Yuliyanto
5a.
Re: Merge File From: Arie Bowo Witjaksono
5b.
Re: Merge File From: Ki Semprul
5c.
Re: Merge File From: Kid Mr.
6a.
Bls: [belajar-excel] KETERANGAN / INFO PINJAM From: Harry
7a.
Entry data dengan satu form From: herdin Sagala
8a.
Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk
8b.
Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy From: Arie Bowo Witjaksono
8c.
Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk
9a.
cara merubah fungsi excel From: Joe Dien
9b.
Re: cara merubah fungsi excel From: Kid Mr.
9c.
Bls: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel From: Joe Dien
9d.
Bls: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel From: Joe Dien
9e.
Re: Bls: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel From: hendrik karnadi
10.
Membuat daftar file atau memilih folder From: Kid Mr.
11.
Makro mengekstraksi data vertikal menjadi data horizontal From: andri apriyadi
12a.
Re: Bls: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mo From: hendrik karnadi
12b.
Permohonan maaf From: hendrik karnadi

Messages

1a.

Re: Fw: [belajar-excel] Contoh kasus formatting

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Thu Feb 2, 2012 1:00 am (PST)



gunakan saja formula ISTEXT atau ISNUMBER

=ISTEXT(E5) jika hasilnya TRUE maka cel E5 adalah text, jika hasilnya FALSE
maka cel E5 adalah angka

=ISNUMBER(E5) jika hasilnya TRUE maka cel E5 adalah angka, jika FALSE maka
cel E5 adalah TEXT

wassalam

-dwint-

Pada 2 Februari 2012 13:29, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Maaf, lampirannya tertinggal...
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Thursday, 2 February 2012, 13:27
> *Subject:* [belajar-excel] Contoh kasus formatting
>
>
> Baru saja saya mendapatkan pertanyaan sederhana dari teman sekantor.
> Pertanyaannya :
> Angka 2333.00 sdh diformat "Custom", koq ndak bisa dijumlah?
>
> Jawaban saya:
> Anda sebelumnya sdh memformatnya dgn format "Text".
>
> Jawabannya:
> Saya tidak merasa sdh memformatnya dengan format Text.
>
> Pertanyaan saya kepada Be-Excel:
> Bagaimana kita menjelaskan kepada teman saya ini atau dengan kata lain
> bagaimana kita membuktikan bahwa teman saya ini sebelumnya pernah
> memformat range tersebut dengan format "Text"?
>
> Salam
> Hendrik Karnadi
>
>
>
>
1b.

Re: Fw: [belajar-excel] Contoh kasus formatting

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Thu Feb 2, 2012 1:46 am (PST)



Terima kasih Pak Dwint dan Pak Henry.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 2 February 2012, 13:34
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] Contoh kasus formatting


 
gunakan saja formula ISTEXT atau ISNUMBER
 
=ISTEXT(E5) jika hasilnya TRUE maka cel E5 adalah text, jika hasilnya FALSE maka cel E5 adalah angka
 
=ISNUMBER(E5)  jika hasilnya TRUE maka cel E5 adalah angka, jika FALSE maka cel E5 adalah TEXT
 
wassalam
 
-dwint-

Pada 2 Februari 2012 13:29, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:


>Maaf, lampirannya tertinggal...
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Thursday, 2 February 2012, 13:27
>Subject: [belajar-excel] Contoh kasus formatting
>
>

>Baru saja saya mendapatkan pertanyaan sederhana dari teman sekantor.
>Pertanyaannya :
>Angka 2333.00 sdh diformat "Custom", koq ndak bisa dijumlah?
>
>
>Jawaban saya:
>Anda sebelumnya sdh memformatnya dgn format "Text".
>
>
>Jawabannya:
>Saya tidak merasa sdh memformatnya dengan format Text.
>
>
>Pertanyaan saya kepada Be-Excel:
>Bagaimana kita menjelaskan kepada teman saya ini atau dengan kata lain bagaimana kita membuktikan bahwa teman saya ini sebelumnya pernah memformat range tersebut dengan format "Text"?
>
>
>Salam
>Hendrik Karnadi
>
>

2a.

Re: Contoh kasus formatting

Posted by: "Henry Sitohang" henrysitohang@yahoo.com   henrysitohang

Thu Feb 2, 2012 1:01 am (PST)



Coba diperhatikan penulisan angka 2333.00 dua digit dibelakang dketik manual seharusnya tanpa tanda titik (.)jadi excel tidak merespon instruksi sum
 

________________________________
Henry Norris Sitohang
Mail : henrysitohang@yahoo.com
          henrysitohang@ovi.com
  henry@sitohang.org
Mobile : 081384056896

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, February 1, 2012 10:29 PM
Subject: Fw: [belajar-excel] Contoh kasus formatting


 
Maaf, lampirannya tertinggal...

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 2 February 2012, 13:27
Subject: [belajar-excel] Contoh kasus formatting


 
Baru saja saya mendapatkan pertanyaan sederhana dari teman sekantor.
Pertanyaannya :
Angka 2333.00 sdh diformat "Custom", koq ndak bisa dijumlah?

Jawaban saya:
Anda sebelumnya sdh memformatnya dgn format "Text".

Jawabannya:
Saya tidak merasa sdh memformatnya dengan format Text.

Pertanyaan saya kepada Be-Excel:
Bagaimana kita menjelaskan kepada teman saya ini atau dengan kata lain bagaimana kita membuktikan bahwa teman saya ini sebelumnya pernah memformat range tersebut dengan format "Text"?

Salam
Hendrik Karnadi

3.

(no subject)

Posted by: "Danang Yuliyanto" d_yuliyanto@yahoo.com   danang_yuliyanto27

Thu Feb 2, 2012 1:01 am (PST)



Dear all,,

maaf bapak saya mau minta rumus untuk membuat lama masa kerja.. terhitung dari tanggal masuk sampai per 1 februari 2012..berikut saya lampirkan formatnya.. terima kasih..

 
 
Terimakasih,

Danang Yuliyanto
Email       : d_yuliyanto@yahoo.com
                    yuliyanto.danang@gmail.com
Contact     : +6281-332-785-472
4a.

ubah data tanggal lahir siswa

Posted by: "Danang Yuliyanto" d_yuliyanto@yahoo.com   danang_yuliyanto27

Thu Feb 2, 2012 1:02 am (PST)



Dear Pak KID,

mohon pencerahnya, untuk merubah data tanggal lahir, menjadi usia sekarang Berapa Tahun, Berapa Bulan, Berapa hari.

Terimkasih
Danang Y.
4b.

Re: ubah data tanggal lahir siswa

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Feb 2, 2012 1:27 am (PST)



Dear Danang,

Coba :
=DATEDIF(B4,$C$2,"Y") & " tahun, " & DATEDIF(B4,$C$2,"YM") & " bulan, " &
DATEDIF(B4,$C$2,"MD") & " hari"

Kid.

2012/2/2 Danang Yuliyanto <d_yuliyanto@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Pak KID,
>
> mohon pencerahnya, untuk merubah data tanggal lahir, menjadi usia sekarang
> Berapa Tahun, Berapa Bulan, Berapa hari.
>
> Terimkasih
> Danang Y.
>
>
>
>
>
4c.

Re: ubah data tanggal lahir siswa

Posted by: "Danang Yuliyanto" d_yuliyanto@yahoo.com   danang_yuliyanto27

Thu Feb 2, 2012 4:49 pm (PST)



Dear Pak Kid,

rumus "invalid"

BR, danang 
 

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 2 February 2012, 16:27
Subject: Re: [belajar-excel] ubah data tanggal lahir siswa


 
Dear Danang,

Coba :
=DATEDIF(B4,$C$2,"Y") & " tahun, " & DATEDIF(B4,$C$2,"YM") & " bulan, " & DATEDIF(B4,$C$2,"MD") & " hari"

Kid.

2012/2/2 Danang Yuliyanto <d_yuliyanto@yahoo.com>


>Dear Pak KID,
>
>
>mohon pencerahnya, untuk merubah data tanggal lahir, menjadi usia sekarang Berapa Tahun, Berapa Bulan, Berapa hari.
>
>
>Terimkasih
>Danang Y.


>
>
>

4d.

Re: ubah data tanggal lahir siswa

Posted by: "Danang Yuliyanto" d_yuliyanto@yahoo.com   danang_yuliyanto27

Thu Feb 2, 2012 4:49 pm (PST)



Dear Pak Kid,

Terimakasih bantuannya Masalah sudah teratasi.

Br, Danang
 

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 2 February 2012, 16:27
Subject: Re: [belajar-excel] ubah data tanggal lahir siswa


 
Dear Danang,

Coba :
=DATEDIF(B4,$C$2,"Y") & " tahun, " & DATEDIF(B4,$C$2,"YM") & " bulan, " & DATEDIF(B4,$C$2,"MD") & " hari"

Kid.

2012/2/2 Danang Yuliyanto <d_yuliyanto@yahoo.com>


>Dear Pak KID,
>
>
>mohon pencerahnya, untuk merubah data tanggal lahir, menjadi usia sekarang Berapa Tahun, Berapa Bulan, Berapa hari.
>
>
>Terimkasih
>Danang Y.


>
>
>

5a.

Re: Merge File

Posted by: "Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w@yahoo.com   arie_b_w

Thu Feb 2, 2012 1:04 am (PST)



Dear,
 
   Berikut saya coba kolaborasi dari website http://www.rondebruin.nl/merge.htm, untuk lebih mudahnya saya coba ringkas dengan vba terlampir.
 
Kekurangan dari makro terlampir adalah hanya mengimport data dari "sheet 1" untuk setiap file-nya (Untuk import semua file dalam 1 folder). untuk yang lainnya silahkan dipelajari. terima kasih.
 
Regards,
 
Arie

--- On Wed, 2/1/12, Modby Matsnawabi <modbym@gmail.com> wrote:

From: Modby Matsnawabi <modbym@gmail.com>
Subject: [belajar-excel] Merge File
To: "belajar-excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, February 1, 2012, 11:17 PM

 

Dear All,

Mohon bantuan, bagaimana cara nya merge file/sheet.

1. ane punya 10 file dengan isi format kolom/baris yang sama. nah
file2 itu mau di gabung jadi 1 file, file di gabung jadi ngurut ke
bawah..(contoh book3,4,5) digabung seperti file hasil

2. Case lain gimana klo data nya salam satu file tapi beda sheet(misal
10 Sheet) mau kita merge jadi 1 sheet. (file BOOK 1, semua sheet
digabung jadi hasil)

3. Gimana cara nya misahin sheet dalam satu file biar bisa jadi file
masing-masing.
contoh File BOOK 1 kan ada 4 sheet, gimana cara cepatnya biar sheet
itu bisa pisah jadi 4 file.

contoh file terlampir

Thank's you...
salam cipok... ;p

5b.

Re: Merge File

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Thu Feb 2, 2012 1:04 am (PST)



Sub mergesheets()
* ' yaaa gitu dech...*
* ' Ki Semprul 2 feb 2012*
* ' be-excel case # 15559*
* ' awas kalau tanya penjelasannya .. he he*
* '----------------------------------------*
Dim FolderPth As String, txt As String
Dim FSO As Object, FOL As Object, Fle As Object
Dim wbk As Workbook, sht As Worksheet
Dim Tble As Range, Dest As Range
Dim i As Long, r As Long, newRow As Long
FolderPth = ThisWorkbook.Path
On Error Resume Next
Set FSO = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")
Set FOL = FSO.GetFolder(FolderPth).Files
Set Dest = ThisWorkbook.Sheets(2).Cells(1)
newRow = Dest.CurrentRegion.Rows.Count: If newRow > 1 Then newRow =
newRow + 1
For Each Fle In FOL
If Right(LCase(Fle.Name), 4) = ".xls" Then
If Not Fle.Name = ThisWorkbook.Name Then
Set wbk = Workbooks.Open(Filename:=Fle.Name)
For Each sht In wbk.Sheets
Set Tble = sht.Cells(1).CurrentRegion
r = Tble.Rows.Count
Tble.Copy
Dest.Cells(newRow, 1).PasteSpecial
xlPasteValuesAndNumberFormats
newRow = newRow + r
txt = txt & wbk.Name & Space(12) & vbTab & _
sht.Name & vbTab & Tble.Address & vbCrLf
Next sht
wbk.Close SaveChanges:=False
End If
End If
Next Fle
Tble.Parent.Activate
Cells(1).CurrentRegion.Columns.AutoFit
Cells(1).Select
MsgBox txt, 64
End Sub

*
2012/2/2 Modby Matsnawabi <modbym@gmail.com>
>
> Dear All,
> Mohon bantuan, bagaimana cara nya merge file/sheet.
> 1. ane punya 10 file dengan isi format kolom/baris yang sama. nah
> file2 itu mau di gabung jadi 1 file, file di gabung jadi ngurut ke
> bawah..(contoh book3,4,5) digabung seperti file hasil
> 2. Case lain gimana klo data nya salam satu file tapi beda sheet(misal
> 10 Sheet) mau kita merge jadi 1 sheet. (file BOOK 1, semua sheet
> digabung jadi hasil)
> 3. Gimana cara nya misahin sheet dalam satu file biar bisa jadi file
> masing-masing.
> contoh File BOOK 1 kan ada 4 sheet, gimana cara cepatnya biar sheet
> itu bisa pisah jadi 4 file.
>
> contoh file terlampir
>
> Thank's you...
> salam cipok... ;p*
*
*
5c.

Re: Merge File

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Feb 2, 2012 5:41 pm (PST)



Kalau boleh nambahin sedikit,
mungkin sebaiknya yang dimerge hanya datanya saja, gak perlu header dari
masing-masing sheet.

Pinjem script ya mbah semprul..
Jika menggunakan script dari mbah semprul, mungkin bisa diubah dikit di
bagian :
For Each sht In wbk.Sheets
Set Tble = sht.Cells(1).CurrentRegion
r = Tble.Rows.Count
menjadi :
For Each sht In wbk.Sheets
Set Tble = sht.Cells(1).CurrentRegion*.offset(1)*
r = Tble.Rows.Count - 1

tapi, pengubahan itu belum dicoba sih.. tapi intinya, agar tabel pada file
hasil.xls bisa tetap berkaidah database.

Wassalam,
Kid.

2012/2/2 Modby Matsnawabi <modbym@gmail.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Mohon bantuan, bagaimana cara nya merge file/sheet.
>
> 1. ane punya 10 file dengan isi format kolom/baris yang sama. nah
> file2 itu mau di gabung jadi 1 file, file di gabung jadi ngurut ke
> bawah..(contoh book3,4,5) digabung seperti file hasil
>
> 2. Case lain gimana klo data nya salam satu file tapi beda sheet(misal
> 10 Sheet) mau kita merge jadi 1 sheet. (file BOOK 1, semua sheet
> digabung jadi hasil)
>
> 3. Gimana cara nya misahin sheet dalam satu file biar bisa jadi file
> masing-masing.
> contoh File BOOK 1 kan ada 4 sheet, gimana cara cepatnya biar sheet
> itu bisa pisah jadi 4 file.
>
> contoh file terlampir
>
> Thank's you...
> salam cipok... ;p
>
>
>
6a.

Bls: [belajar-excel] KETERANGAN / INFO PINJAM

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Thu Feb 2, 2012 10:01 am (PST)



Dear,

Terima kasih atas penjelasan dan rumusnya.
Kalau seandainya rujukan tabelnya dibuat lebih dari 1 kolom bisa gak...???
Misalnya rumus:

=IF(COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51,B2) > COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2),
     INDEX('DAFTAR PINJAM'!$B$3:$B$51,
              MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51=B2,'DAFTAR PINJAM'!$A$3:$A$51))),"Ada")

kita jadikan seperti ini:

=IF(COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$G$1000,B2) > COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$G$990,B2),
     INDEX('DAFTAR PINJAM'!$B$3:$B$1000,
              MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$G$1000=B2,'DAFTAR PINJAM'!$A$3:$A$1000))),"Ada")
Hal tersebut dikarenakan peminjam bisa meminjam lebih dari 1 buku (maksima 5 buku per satu kali pinjam). Dan bagaimana memberi informasi pada kolom keterangan bahwa buku yang telah dipinjam user peminjam dinyatakan hilang (TIDAK KEMBALI)...???

Mohon berkenan solusinya.

Terima kasih,
Harry

N/B:
1. Kolom C s/d G pada Sheet "DAFTAR PINJAM" dan "DAFTAR KEMBALI" sebagai sudah terisi dan sebagaian besar masih kosong karena belum diisi user peminjam. Mis. C3 s/d G51 sudah terisi sedangkan C52 s/d G1000 masih kosong).
2. Sheet "DAFTAR KEMBALI" dibuat sampai dengan $G$990 dikarenakan untuk memperkirakan buku hilang (TIDAK KEMBALI).
3. Saya juga sudah mencoba (dan terus mencoba) mengkotak-katik rumus tersebut yang mengacu pada rumus yang pernah dijabarkan oleh Mr. Kid (dari topik pembahasan lain - "Lacak Angka") tapi sampai sekarang masih belum berhasil.

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Dikirim: Kamis, 2 Februari 2012 10:01
 
Cara menggabung formula perantara (helper) menjadi mega formula

Formula perantara (helper) ada di kolom J sampai N

Lihat cell J2
=COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51,B2)
ternyata tidak mengandung formula perantara lain, dia langsung merujuk ke tabel rujukan
jadi di dalam formula ini tidak ada bagian (komponen formula) yg perlu di SUBSTITUSI dengan 
formula / cell lain,  cukup diciuekin saja...

Demikian juga dengan Cell K2
=COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2)

Sekarang lihat Cell L2
= K2 < J2
Nah dia mengandung cell lain yg berisi formula_perantara (helper); bahkan ada dua cell helper 
yg dirujuk nya;  Jadi sekarang gantilah formula di cell L2 sbb

Text "K2" (didalam formula LS) diganti dengan TEXT FORMULA yg ada di cell K2;  
sehingga formula L2 menjadi
=COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2) > J2

Satu lagi, gantilah TEXT "J2" yg ada di cell K2 itu dengan TEXT FORMULA yg
ada di cell J2  sehingga formula di L2 manjadi
=COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51,B2) > COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2) 

Berikutnya lihat array formula Cell M2
{=MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51='DAFTAR BUKU'!B2,'DAFTAR PINJAM'!$A$3:$A$51))}
karena tidak mengandung helper di lain cell, maka kita diamkan apa adanya.
Nantinya M2 ini lah yg akan diisikan ke formula akhir.

Tahap Terakhir:
Text Formula yg ada di M2 di copykan di P2; Lihatlah text formula yg sekarang ada di P2 tsb 
dengan "seksama dan dlm tempoh yg sesingkat-singkatnya"
=IF(L2,INDEX('DAFTAR PINJAM'!$B$3:$B$51,M2),"Ada")

Di situ ada L2 dan M2
Nah sekarang TextFormula yg ada di cell L2 di copy textnya lalu disubstitusikan (untuk mengganti
"L2" yg ada di Formula P2
Demikain juga Text formula yg ada di cell M2 disubstitusikan ke :M2: yg ada di formula P2.

Detail caranya
Cara mengopy formula / cell berisi formula  adalah LAIN dengan cara mengcopy TEXT formula-nya
Text Formula, bisa di copy di FORMULA BAR
- select Cellnya  (misal M2)
- Klik Formula Bar ( atau  tekan tombol F2)
- Blok lah seluruh TEXT yg ada di Formula Bar
- Tekan Ctrl + C  (dicopy ke clip board)
Tekan Esc

Menpaste ke bagian dari formula Tujuan  
- Select cell Tujuan, (misal P2)
- Blok BAGIAN (part) Text pada formula tsb yg akan disubstitusi, misal contoh di atas: "M2" yg ada di cell P2
- tekan Ctrl + V  (mempaste data yg ada di clip board)
Maka "M2" sudah disubstitusi oleh text formula lain ( ex cell M2)

Jangan lupa di-akhirinya dengan Ctrl+Shit+Enter (karena formula tsb adlaah Array Formula

Hasil akhir penggabunan cel helper itu akira kira sbb:
=IF(COUNTIF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51,B2) > COUNTIF('DAFTAR KEMBALI'!$C$3:$C$26,B2),
     INDEX('DAFTAR PINJAM'!$B$3:$B$51,
              MAX(IF('DAFTAR PINJAM'!$C$3:$C$51=B2,'DAFTAR PINJAM'!$A$3:$A$51))),"Ada")

Dan mulai hari ini anda sudah bisa membuat MEGA FORMULA (formula panjang yg didalamnya memanfatkan
/berisi banyak fungsi) !  Dan formula yang ini =  array formula pula ! 
Mungkin anda heran sendiri terhadap hasil kerja anda ini.  
Selamat.., dan jangan bingung lagi cara menggabung formula.

Pelajaran seperti itu ada di BUKU (excel tingkat II), dan kalau anda hari ini masih bilang belum bisa (padahal 
anda  sudah main makro sejak lama) sebetulnya cukup mengherankan juga, Kok bisa ya ?
----- cut / mods ----

7a.

Entry data dengan satu form

Posted by: "herdin Sagala" herdins@yahoo.com   herdins

Thu Feb 2, 2012 10:07 am (PST)



para master yang terhormat saya mohon bantuannya atas masalah excel ini

Permasalahan

1. bisa ngga kita input data dalam 1 form untuk sheet berbeda langsung masuk ke sheet sesuai dengan daerah masing2

2. untuk data MS,BTL,TMS kita buat setiap di entry akan menambah dengan jumlah yang ada, karena per agenda bisa di kerjakana beberapa hari,
sehingga tidak langsung selesai saat itu jg, misal jumlah masuknya 100 hari pertama di kerjakan/ entry MS 30,BTL 2, TMS 5, hari kedua dikerjakan
untuk sisanya MS 50, BTL 3, TMS 10 maka total 100 balanca sama jumlah masuk

3. untuk laporan jumlah di ambil dari masing2 jumlah kolom pada sheet yang ada

bagaimana code macronya ?
terima kasih.
8a.

Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy

Posted by: "PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk" adhi_tax_dk3@yahoo.com   adhi_tax_dk3

Thu Feb 2, 2012 6:35 pm (PST)



Terima kasih atas pencerahannya Mas Ari, cuma (ada cumanya), pada saat posting kedua, seharusnya datanya ga menimpa data posting yang pertama. Artinya pada posting 11311, hasilnya adalah :
11311 CACA 200.000 - 11311 DODI         600.000 - 11311 EDI         500.000 - 11311 FERI         400.000 - 
Maka pada posting data yang kedua, yaitu 21111, maka hasilnya akan menambah secara vertikal, yaitu seperti ini :
Akun        Identitas       Debet          Kredit11311       CACA    200.000      - 11311 DODI            600.000           - 11311 EDI            500.000           - 11311 FERI            400.000           - 21111       BODONG         -            250.00021111       GHUFRON       -            275.000

 

HASANNUDINTax Officer - Riau - Kepri - Sumbar Area

--- Pada Kam, 2/2/12, Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com> menulis:

Dari: Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 2 Februari, 2012, 4:39 AM

 

Dear,
 
berikut makro yang sudah saya coba untuk ringkas dan form saya modifikasi sedikit. semoga mendapatkan pencerahan.
 
Regards,
 
Arie

--- On Wed, 2/1/12, PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com> wrote:

From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com>
Subject: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
To: "belajar xl" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, February 1, 2012, 8:46 PM

 

Dear Para Excel-er...

Aku ada problem, saya belajar dengan menggunakan fasilitas macro otomatis untuk memposting saldo akhir tahun, hasilnya, walau datanya kosong blong, tetap aja tercopy semua, sehingga banyak cell yang mubazir yang otomatis jadi nambah beban memori...

Bagaimana sih syntax-nya supaya jadi lebih praktis, ekonomis & sedikit berkumis..?
hehehehehe...

Berikut kulampirkan file-nya yang sudah kubikin...

8b.

Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy

Posted by: "Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w@yahoo.com   arie_b_w

Thu Feb 2, 2012 8:33 pm (PST)



Dear P. Hasan,
 
Sebenarnya untuk file sebelumnya sudah bisa jika langsung posting 2 akun tanpa keluar dari form. untuk revisi terlampir jika keluar kemudian posting untuk akun yang lain sudah bisa dilakukan. untuk kekurangannya silahkan dicek kembali.
 
Regards,
 
Arie

--- On Thu, 2/2/12, PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com> wrote:

From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thursday, February 2, 2012, 8:30 PM

 

Terima kasih atas pencerahannya Mas Ari, cuma (ada cumanya), pada saat posting kedua, seharusnya datanya ga menimpa data posting yang pertama. Artinya pada posting 11311, hasilnya adalah :

11311 CACA 200.000 - 
11311 DODI         600.000 - 
11311 EDI         500.000 - 
11311 FERI         400.000 - 

Maka pada posting data yang kedua, yaitu 21111, maka hasilnya akan menambah secara vertikal, yaitu seperti ini :

Akun        Identitas       Debet          Kredit
11311       CACA    200.000      - 

11311 DODI            600.000           - 
11311 EDI            500.000           - 
11311 FERI            400.000           - 
21111       BODONG         -            250.000
21111       GHUFRON       -            275.000

 

HASANNUDIN
Tax Officer - Riau - Kepri - Sumbar Area

--- Pada Kam, 2/2/12, Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com> menulis:

Dari: Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 2 Februari, 2012, 4:39 AM

 

Dear,
 
berikut makro yang sudah saya coba untuk ringkas dan form saya modifikasi sedikit. semoga mendapatkan pencerahan.
 
Regards,
 
Arie

--- On Wed, 2/1/12, PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com> wrote:

From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com>
Subject: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
To: "belajar xl" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, February 1, 2012, 8:46 PM

 

Dear Para Excel-er...

Aku ada problem, saya belajar dengan menggunakan fasilitas macro otomatis untuk memposting saldo akhir tahun, hasilnya, walau datanya kosong blong, tetap aja tercopy semua, sehingga banyak cell yang mubazir yang otomatis jadi nambah beban memori...

Bagaimana sih syntax-nya supaya jadi lebih praktis, ekonomis & sedikit berkumis..?
hehehehehe...

Berikut kulampirkan file-nya yang sudah kubikin...

8c.

Re: Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy

Posted by: "PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk" adhi_tax_dk3@yahoo.com   adhi_tax_dk3

Thu Feb 2, 2012 8:49 pm (PST)



Mantap deh, Mas....Seperti itulah yang saya kehendaki, namun saya harus pelajari dulu syntaxnya, supaya jadi lebih tau..
Terima kasih ya, Mas Arie....

HASANNUDINTax Officer - Riau - Kepri - Sumbar Area

--- Pada Jum, 3/2/12, Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com> menulis:

Dari: Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 3 Februari, 2012, 3:59 AM

 

Dear P. Hasan,
 
Sebenarnya untuk file sebelumnya sudah bisa jika langsung posting 2 akun tanpa keluar dari form. untuk revisi terlampir jika keluar kemudian posting untuk akun yang lain sudah bisa dilakukan. untuk kekurangannya silahkan dicek kembali.
 
Regards,
 
Arie

--- On Thu, 2/2/12, PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com> wrote:

From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thursday, February 2, 2012, 8:30 PM

 

Terima kasih atas pencerahannya Mas Ari, cuma (ada cumanya), pada saat posting kedua, seharusnya datanya ga menimpa data posting yang pertama. Artinya pada posting 11311, hasilnya adalah :

11311 CACA 200.000 - 
11311 DODI         600.000 - 
11311 EDI         500.000 - 
11311 FERI         400.000 - 

Maka pada posting data yang kedua, yaitu 21111, maka hasilnya akan menambah secara vertikal, yaitu seperti ini :

Akun        Identitas       Debet          Kredit
11311       CACA    200.000      - 

11311 DODI            600.000           - 
11311 EDI            500.000           - 
11311 FERI            400.000           - 
21111       BODONG         -            250.000
21111       GHUFRON       -            275.000

 

HASANNUDIN
Tax Officer - Riau - Kepri - Sumbar Area

--- Pada Kam, 2/2/12, Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com> menulis:

Dari: Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 2 Februari, 2012, 4:39 AM

 

Dear,
 
berikut makro yang sudah saya coba untuk ringkas dan form saya modifikasi sedikit. semoga mendapatkan pencerahan.
 
Regards,
 
Arie

--- On Wed, 2/1/12, PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com> wrote:

From: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com>
Subject: [belajar-excel] Hanya Data Yang Berisi Saja Dicopy
To: "belajar xl" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, February 1, 2012, 8:46 PM

 

Dear Para Excel-er...

Aku ada problem, saya belajar dengan menggunakan fasilitas macro otomatis untuk memposting saldo akhir tahun, hasilnya, walau datanya kosong blong, tetap aja tercopy semua, sehingga banyak cell yang mubazir yang otomatis jadi nambah beban memori...

Bagaimana sih syntax-nya supaya jadi lebih praktis, ekonomis & sedikit berkumis..?
hehehehehe...

Berikut kulampirkan file-nya yang sudah kubikin...

9a.

cara merubah fungsi excel

Posted by: "Joe Dien" shimano02@ymail.com   shimano02@ymail.com

Thu Feb 2, 2012 6:50 pm (PST)



Dear Exceller....

Mohon Pencerahannya....

terus terang saya masih awam dalam excell..saya punya kasus khusus di file ini...tetapi di file lain normal.
ketika saya ingin menggunakan fungsi excell tetapi yang selalu muncul seperti ini =VLOOKUP(Table52[[#This Row],[N a m a]],Table524[[N a m a]:[Posisi Terakhir]],4,0)... yang biasa saya buat seperti ini = vlookup(C7,database!C5:M34,4,0) bagaimana menghilangkan format seperti ini (khusus di file ini) 

warms Regards,
Joedien
9b.

Re: cara merubah fungsi excel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Feb 2, 2012 6:55 pm (PST)



Dear Joe,

Fitur Table telah aktif pada data anda. Sebenarnya hal ini akan memudahkan
proses. Jika belum terbiasa, mungkin sebaiknya perlu dibiasakan.
Jika tidak bersedia terbiasa, coba ketik langsung alamat cellnya.
Jika tidak bersedia terbiasa dan tidak ingin capek menulis manual alamat
cellnya, maka lakukan :
1. klik name box (pojok kiri atas, dia atas header baris dan kolom excel di
kiri formula bar)
2. tulis nama tabelnya : dalam hal ini, tulis Table52
3. lalu enter
4. tabel akan terblok, maka klik kanan dan pilih table, pilih convert to
range, tekan OK

Regards.
Kid.

2012/2/3 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

> **
>
>
> Dear Exceller....
>
> Mohon Pencerahannya....
>
> terus terang saya masih awam dalam excell..saya punya kasus khusus di file
> ini...tetapi di file lain normal.
> ketika saya ingin menggunakan fungsi excell tetapi yang selalu muncul
> seperti ini =VLOOKUP(Table52[[#This Row],[N a m a]],Table524[[N a m
> a]:[Posisi Terakhir]],4,0)... yang biasa saya buat seperti ini =
> vlookup(C7,database!C5:M34,4,0) bagaimana menghilangkan format seperti ini
> (khusus di file ini)
>
> warms Regards,
> Joedien
>
>
>
9c.

Bls: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel

Posted by: "Joe Dien" shimano02@ymail.com   shimano02@ymail.com

Thu Feb 2, 2012 7:43 pm (PST)



Dear Mr. Kid.....

Maaf saya blm terbiasa dan blm engeh.... saya masih awam dan ingin selalu belajar.....
permasalahan saya sudah terbayar.... terimakasih atas sgala ilmu yang sudah di berikan....

warms regards,
Joedien

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 3 Februari 2012 9:55
Judul: Re: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel


 
Dear Joe,

Fitur Table telah aktif pada data anda. Sebenarnya hal ini akan memudahkan proses. Jika belum terbiasa, mungkin sebaiknya perlu dibiasakan.
Jika tidak bersedia terbiasa, coba ketik langsung alamat cellnya.
Jika tidak bersedia terbiasa dan tidak ingin capek menulis manual alamat cellnya, maka lakukan :
1. klik name box (pojok kiri atas, dia atas header baris dan kolom excel di kiri formula bar)
2. tulis nama tabelnya : dalam hal ini, tulis Table52
3. lalu enter
4. tabel akan terblok, maka klik kanan dan pilih table, pilih convert to range, tekan OK

Regards.
Kid.

2012/2/3 Joe Dien <shimano02@ymail.com>


>Dear Exceller....
>
>
>Mohon Pencerahannya....
>
>
>terus terang saya masih awam dalam excell..saya punya kasus khusus di file ini...tetapi di file lain normal.
>ketika saya ingin menggunakan fungsi excell tetapi yang selalu muncul seperti ini =VLOOKUP(Table52[[#This Row],[N a m a]],Table524[[N a m a]:[Posisi Terakhir]],4,0)... yang biasa saya buat seperti ini = vlookup(C7,database!C5:M34,4,0) bagaimana menghilangkan format seperti ini (khusus di file ini) 
>
>
>warms Regards,
>Joedien

9d.

Bls: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel

Posted by: "Joe Dien" shimano02@ymail.com   shimano02@ymail.com

Thu Feb 2, 2012 8:33 pm (PST)



Dear Mr.. Kid....

terimakasih masalah saya sudah terselesaikan....
sekarang setelah saya rubah....kenapa tampilan warnanya berubah ya....
maksud saya sebelumnya. kalo saya copy ke bawah itu tdk berpengaruh.. tetapi setelah saya convert to range..format/tampilan yang saya copy pasti sama dengan yang diatas...(mau saya seperti tampilan sebelumnya)

mohon pencerahannya..

rgards,
Joedien

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 3 Februari 2012 9:55
Judul: Re: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel


 
Dear Joe,

Fitur Table telah aktif pada data anda. Sebenarnya hal ini akan memudahkan proses. Jika belum terbiasa, mungkin sebaiknya perlu dibiasakan.
Jika tidak bersedia terbiasa, coba ketik langsung alamat cellnya.
Jika tidak bersedia terbiasa dan tidak ingin capek menulis manual alamat cellnya, maka lakukan :
1. klik name box (pojok kiri atas, dia atas header baris dan kolom excel di kiri formula bar)
2. tulis nama tabelnya : dalam hal ini, tulis Table52
3. lalu enter
4. tabel akan terblok, maka klik kanan dan pilih table, pilih convert to range, tekan OK

Regards.
Kid.

2012/2/3 Joe Dien <shimano02@ymail.com>


>Dear Exceller....
>
>
>Mohon Pencerahannya....
>
>
>terus terang saya masih awam dalam excell..saya punya kasus khusus di file ini...tetapi di file lain normal.
>ketika saya ingin menggunakan fungsi excell tetapi yang selalu muncul seperti ini =VLOOKUP(Table52[[#This Row],[N a m a]],Table524[[N a m a]:[Posisi Terakhir]],4,0)... yang biasa saya buat seperti ini = vlookup(C7,database!C5:M34,4,0) bagaimana menghilangkan format seperti ini (khusus di file ini) 
>
>
>warms Regards,
>Joedien

9e.

Re: Bls: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Thu Feb 2, 2012 9:35 pm (PST)



Maaf, kalo bole ikutan.
Coba copynya per 2 baris.

Salam,
Hendrik

________________________________
From: Joe Dien <shimano02@ymail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 3 February 2012, 10:46
Subject: Bls: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel


 
Dear Mr.. Kid....

terimakasih masalah saya sudah terselesaikan....
sekarang setelah saya rubah....kenapa tampilan warnanya berubah ya....
maksud saya sebelumnya. kalo saya copy ke bawah itu tdk berpengaruh.. tetapi setelah saya convert to range..format/tampilan yang saya copy pasti sama dengan yang diatas...(mau saya seperti tampilan sebelumnya)

mohon pencerahannya..

rgards,
Joedien

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 3 Februari 2012 9:55
Judul: Re: [belajar-excel] cara merubah fungsi excel


 
Dear Joe,

Fitur Table telah aktif pada data anda. Sebenarnya hal ini akan memudahkan proses. Jika belum terbiasa, mungkin sebaiknya perlu dibiasakan.
Jika tidak bersedia terbiasa, coba ketik langsung alamat cellnya.
Jika tidak bersedia terbiasa dan tidak ingin capek menulis manual alamat cellnya, maka lakukan :
1. klik name box (pojok kiri atas, dia atas header baris dan kolom excel di kiri formula bar)
2. tulis nama tabelnya : dalam hal ini, tulis Table52
3. lalu enter
4. tabel akan terblok, maka klik kanan dan pilih table, pilih convert to range, tekan OK

Regards.
Kid.

2012/2/3 Joe Dien <shimano02@ymail.com>


>Dear Exceller....
>
>
>Mohon Pencerahannya....
>
>
>terus terang saya masih awam dalam excell..saya punya kasus khusus di file ini...tetapi di file lain normal.
>ketika saya ingin menggunakan fungsi excell tetapi yang selalu muncul seperti ini =VLOOKUP(Table52[[#This Row],[N a m a]],Table524[[N a m a]:[Posisi Terakhir]],4,0)... yang biasa saya buat seperti ini = vlookup(C7,database!C5:M34,4,0) bagaimana menghilangkan format seperti ini (khusus di file ini) 
>
>
>warms Regards,
>Joedien

10.

Membuat daftar file atau memilih folder

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Feb 2, 2012 8:32 pm (PST)



Dear BeExceller,

Beberapa thread yang cukup sering muncul adalah tentang membuat daftar file
dsb.
Berbagai solusi telah tersebar luas dalam beberapa thread dalam milis.

Mari berbincang sedikit tentang :

*>> Pemanfaatan fungsi DIr untuk mendaftar file
*
Jika pada sebuah module general dibuatkan sebuah routine function sebagai
berikut :
Public Function GetFileList(Optional sPath As String = vbNullString, _
Optional sKriteria As String = vbNullString, _
Optional lResultAsArray As Long = 0) As Variant
Dim sFile As String, sFilePath As String, sCari As String
Dim sList As String, sResult() As String
'application.volatile
If LenB(sPath) = 0 Then
sFilePath = ThisWorkbook.Path & "\"
Else
sFilePath = sPath
If Right$(sPath, 1) <> "\" Then
sFilePath = sFilePath & "\"
End If
End If
If LenB(sKriteria) = 0 Then
sCari = "*"
Else
sCari = sKriteria
End If
Application.DisplayAlerts = False
sFile = Dir$(sFilePath & sCari)
Do While LenB(sFile) <> 0
sList = sList & sFile & "|"
sFile = Dir$
Loop
If Right$(sList, 1) = "|" Then
sList = Left(sList, Len(sList) - 1)
End If
If lResultAsArray <> 0 Then
GetFileList = WorksheetFunction.Transpose(Split(sList, "|"))
Else
GetFileList = sList
End If
Application.DisplayAlerts = True
End Function

>> Funsi diatas adalah mendaftar suatu file pada sebuah folder tertentu
dengan kriteria tertentu.
>> Hasil berupa teks (string) jika lResultAsArray diisi dengan 0, dan akan
berupa array sekolom jika diisi selain 0

Pada penggunaan disebuah worksheet, maka fungsi diatas adalah sebuah UDF :
cell A1 diberi formula :
=GetFileList("C:\Windows\" , "*.*" , 0 )
akan menghasilkan teks berisi nama-nama file di folder c:\windows\ yang
memenuhi kriteria *.* (semua file) dengan delimiter vertical bar |

Jika cell A2:A13 diblok dan diberi formula :
=GetFileList("C:\Windows\" , "*.*" , 1 )
kemudian ditekan Ctrl Shift Enter,
maka akan didapatkan nama-nama file di folder c:\windows\ yang dituliskan
pada cell A2 sampai A13.

Bagaimana cara menggunakannya pada sebuah routine VBA lain, misal pada
sebuah prosedur event di sebuah form atau di prosedur sub di module
tertentu ?
Tentu saja dengan memanggil routine GetFileList dan menyimpan hasilnya
pada sebuah variabel.
Jika diinginkan bentuk array dari hasil fungsi, maka simpanlah ke sebuah
variabel bertipe variant.
Jika diinginkan bentuk teks dari hasil fungsi, sebaiknya simpanlah ke
sebuah variabel bertipe string meskipun variabel bertipe variant juga bisa
menampungnya.

Berikut contohnya : (letakkan disebuah module, penerapan bisa disesuaikan
letaknya sesuai kebutuhan alias tidak harus ada di module general)
Public Sub ContohPemakaian()
Dim sRes As String
Dim sItems() As String
Dim vRes As Variant, vLoop As Variant

* 'ambil daftar file di folder c:\windows\ dengan kriteria *.* dengan
opsi result bukan array**
sRes = GetFileList("c:\windows\", "*.*") '-> bisa juga ditulis
GetFileList("c:\windows\", "*.*",0)

'tampilkan summary text
Debug.Print Len(sRes) & " char", Len(sRes) - Len(Replace$(sRes, "|",
vbNullString)) + 1 & " file(s)", sRes

'atau mau per item file ?
'ganti debug.print dengan proses yang dibutuhkan
'vres sudah berisi nama file
'olah vres jika tidak ingin menampilkan ekstensinya
sItems() = Split(sRes, "|")
For Each vRes In sItems
Debug.Print vRes
Next vRes*

* 'ini contoh jika langsung ambil filelist menghasilkan array**
vRes = GetFileList("c:\windows\", "*.*", 1)
If IsArray(vRes) Then
For Each vLoop In vRes
Debug.Print vLoop
Next
End If*
End Sub

Yang hijau adalah cara mendapatkan string nama-nama file beserta contoh
membuat summary kecilnya.
Yang merah adalah cara menyusun item-item file dari sebuah hasil
getfilelist yang berupa string
Yang magenta adalah cara mendapatkan daftar file dari getfilelist yang
menghasilkan array nama-nama file.

*>> Menampilkan form dialog ke User untuk memilih folder
*Kegiatan memilih folder juga sering dibutuhkan ketika membahas tentang
memilih file atau mendaftar file.
Misalkan saja, ketika menggunakan fungsi di atas tadi pada sebuah VBA
(bukan sebagai UDF dalam worksheet), maka keinginan berikutnya yang muncul
adalah menentukan folder lokasi pencarian sesuai keinginan user.

Routine berikut ini bertugas untuk menampilkan dialog memilih folder.
Karena jenisnya sebagai function, maka nilai baliknya adalah nama folder
yang dipilih user.

Public Function PilihFolder() As String
Dim fd As FileDialog
Dim lFD As Long
Set fd = Application.FileDialog(msoFileDialogFolderPicker)
With fd
lFD = .Show
If lFD <> 0 Then
PilihFolder = .SelectedItems(1)
Else
PilihFolder = vbNullString
End If
End With
End Function

Fungsi di atas memanfaatkan object file dialog. File dialog memiliki
beberapa macam, dan salah satunya adalah folderpicker.
Baris lFD = .Show
akan menampilkan file dialog, dan memberi status hasil kerja dari file
dialog yang bertipe long.
Jika user memilih sesuatu, maka hasilnya bukan 0. Hal ini dapat
dimanfaatkan untuk menentukan langkah yang harus diambil.
Misal, ketika lFD <> 0 maka dilakukan pengembalian hasil pilihan user
sebagai hasil fungsi PilihFolder.

Bagaimana cara pakainya ?
Misal, disebuah modul lain dibuat routine sub sebagai berikut :
*Public Sub ContohPilihFolder()
Dim sFolder As String

sFolder = PilihFolder
Debug.Print sFolder, Len(sFolder)
End Sub*

atau pada contoh pemakaian GetFileList pada baris :
* sRes = GetFileList("c:\windows\", "*.*")*
diganti menjadi :
* sRes = GetFileList(PilihFolder,** "*.*")*

*>> Mendaftar file memanfaatkan file dialog
*Jika menampilkan file dialog untuk folder picker saja bisa, tentu ada
jenis file dialog untuk file picker.

Kira-kira seperti ini bunyinya :
Public Function PilihFile() As Variant
Dim fd As FileDialog
Dim lFD As Long
* Dim vRes As Variant*
Set fd = Application.FileDialog(*msoFileDialogFilePicker*)
With fd
* .Filters.Clear**
.Filters.Add "Excel files", "*.xls,*.xlsx"
.AllowMultiSelect = True*
lFD = .Show
If lFD <> 0 Then
* ReDim vRes(1 To .SelectedItems.Count)**
For lFD = 1 To .SelectedItems.Count
vRes(lFD) = .SelectedItems(lFD)
Next lFD
PilihFile = vRes*
Else
PilihFile = vbNullString
End If
End With
End Function

Yang dimerah adalah bagian yang sedikit berbeda dengan PilihFolder.
1. variabel vRes sebagai wadah hasil pilihan user : *Dim vRes As Variant*
2. jenis file dialog adalah *msoFileDialogFilePicker*
3. ada setting untuk proses filter file yang ditampilkan dalam listview
file dialog :
* .Filters.Clear**
.Filters.Add "Excel files", "*.xls,*.xlsx"*
4. ada setting untuk mengijinkan memilih multi files :
*.AllowMultiSelect = True*
5. Cara penyusunan array hasil pilihan user :
* ReDim vRes(1 To .SelectedItems.Count)**
For lFD = 1 To .SelectedItems.Count
vRes(lFD) = .SelectedItems(lFD)
Next lFD*
6. Menjadikan array pilihan user sebagai hasil fungsi :
* PilihFile = vRes*

Kemudian, bagaimana cara menggunakannya ?
Misal pada routine lain kira-kira berbunyi :
Public Sub ContohPakaiPilihFile()
Dim vFile As Variant, vLoop As Variant
*vFile = PilihFile*
If IsArray(vFile) Then
*For Each vLoop In vFile**
Debug.Print vLoop
Next*
Else
Debug.Print "Gak ada yang dipilih"
End If
End Sub

Baris merah adalah proses mengambil array daftar file hasil pilihan user
menggunakan file dialog file picker.
Baris-baris hijau adalah proses menampilkan daftar file pilihan user
tersebut.

*>> UserForm tanpa tombol Close dari system menu-nya atau malah
menghilangkan baris caption-nya sekalian
*Penggunaan UserForm di Excel VBA sudah sebagai hal yang biasa.
Kadang-kadang, ingin sekali tombol close (silang merah) tidak bisa di
ceklik.
Jika ingin men-disable fungsi tombol close itu, tentu bisa dengan event
query close. Dan sepertinya hal ini sudah sering dijabarkan dimilis.

Ketika yang diinginkan adalah menghilangkan si tombol silang merah itu
bagaimana ?
Ketika hal diatas sudah bisa ditangani, kadangkala muncul keinginan lain,
yaitu :
Bagaimana jika sekalian saja semua baris captionnya dihilangkan ?

Untuk kebutuhan ini, maka perlu singgungan sedikit dengan fungsi-fungsi
WinAPI. Pada kasus diatas, hanya dibutuhkan fungsi API sebagai berikut :
*Public Declare Function FindWindow Lib "user32" Alias "FindWindowA" (ByVal
lpClassName As String, ByVal lpWindowName As String) As Long
Public Declare Function GetWindowLong Lib "user32" Alias "GetWindowLongA"
(ByVal hWnd As Long, ByVal nIndex As Long) As Long
Public Declare Function SetWindowLong Lib "user32" Alias "SetWindowLongA"
(ByVal hWnd As Long, ByVal nIndex As Long, ByVal dwNewLong As Long) As Long*

Ganti Public dengan Private jika akan diletakkan pada modul-modul milik
sebuah class yang mengharuskan private, seperti pada sebuah module milik
form.
FindWindow bertugas untuk mencari id dari window (dalam hal ini bisa berupa
userform) yang memiliki string caption tertentu.
GetWindowLong bisa digunakan untuk mendapatkan properti tertentu dari
window yang dirujuk. Untuk kebutuhan kasus ini, yang dibutuhkan adalah
properti Windows Styles yang nilai defaultnya adalah -16
SetWindowLong digunakan untuk memasukkan nilai properti baru.

Contoh, ada sebuah user form. Kemudian dibuat sebuah prosedur event
activate nya :
*Private Sub UserForm_Activate()

End Sub
*
Langkah pertama adalah mencari handler window dari si form, contoh : (jenis
form milik VBA adalah ThunderDFrame)
Private Sub UserForm_Activate()
Dim hWnd As Long

hWnd = FindWindow("ThunderDFrame", Me.Caption)
End Sub

Kemudian cari styles si form yang sudah tahu handlernya tadi dan set nilai
baru.
Contoh : Untuk menghilangkan tombol silang merah (close) si form -> adanya
di sysmenu si form yang nilainya &H80000
Private Sub UserForm_Activate()
Dim hWnd As Long

hWnd = FindWindow("ThunderDFrame", Me.Caption)
SetWindowLong hWnd, -16, (*GetWindowLong(hWnd, -16)* And Not &H80000)
End Sub

Yang merah adalah proses mendapatkan styles dari window hWnd

Contoh : untuk menghilangkan baris caption si form -> caption memiliki
nilai &HC00000
Private Sub UserForm_Activate()
Dim hWnd As Long

hWnd = FindWindow("ThunderDFrame", Me.Caption)
SetWindowLong hWnd, -16, (*GetWindowLong(hWnd, -16)* And Not &HC00000)
End Sub

Karena baris caption hilang, maka koordinat 0,0 form akan naik sebanyak 20
pixel, sehingga perlu penyesuaian tinggi form dengan mengurangi sebanyak 20
pixel
menjadi :
Private Sub UserForm_Activate()
Dim hWnd As Long

hWnd = FindWindow("ThunderDFrame", Me.Caption)
SetWindowLong hWnd, -16, (*GetWindowLong(hWnd, -16)* And Not &HC00000)
me.height=me.height-20
End Sub

Obrolan jumat paginya sekian dulu....
Mohon dikoreksi, ditambahin, pokoknya diapakan aja secara langsung, biar
jadi tambah bagus dan bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

P.S.
Moga-moga seluruh thread yang ada singgungannya dengan obrolan diatas bisa
segera terjawab, walau idealnya, si penanya sudah punya arah untuk
menggunakan yang mana dari obrolan di atas sesuai kebutuhannya.
11.

Makro mengekstraksi data vertikal menjadi data horizontal

Posted by: "andri apriyadi" andreemobile@yahoo.co.id   andreemobile

Thu Feb 2, 2012 10:47 pm (PST)



Salam Para Pakar Excel

Jika dengan menggunakan tombol Makro, bagaimana mengekstraksi deretan data vertikal menjadi data berbentuk horizontal (menyamping) sesuai dengan kategorinya?

Contoh kasus ada dalam lampiran. Terima Kasih atas bantuannya.

Regards

Andree

12a.

Re: Bls: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mo

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Thu Feb 2, 2012 11:22 pm (PST)



Bukunya sudah terbit, untuk sementara baru bisa pesan onlie di inibuku.com.
Judulnya "Tingkatkan Kinerja Excel 2007 - 2010 Anda dengan VBA Excel"
Ini covernya.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 10 January 2012, 10:18
Subject: Bls: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)


 
dear para master,
 
wah, terima kasih informasinya. apa sy bisa pesan online gak ya ..? masalahnya saya jauh nih(banjarmasin)jika dijakarta mungkin gampang carinya ..
 
tapi bantu dulu dong masalah saya .. hehehee...
 
best Regards,
dep_har

Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 10 Januari 2012 11:14
Judul: Fw: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)


 
Satu buku lagi akan menyusul, membahas mengenai teori VBA(Macro), Contoh2 aplikasi Macro, Mengukur kecepatan proses Macro dan Error & Solution.
Kita tunggu tanggal mainnya.

Salam,
HendriK Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
To: Belajar-Excel Yahoo Groups <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 10 January 2012, 8:55
Subject: RE: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)


 
Ada , 2 buku karangan Yudhi Wicaksono. Buku pertama membahas belajar VBA/MAcro  , dan kedua contoh2 Macro.
 

 

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: depi.hari_yanto@yahoo.co.id
Date: Tue, 10 Jan 2012 00:58:29 +0800
Subject: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)

 
ysh. Master Excel.

salam semoga dalam keadaan sehat dan prima selalu... Amiin.

terima kasih atas macronya walaupun pusing... maklum masih awam.
sy merubah sedikit supaya nomor tampil otomatis pada saat menginput tanggal, eh malah jadi berantakan (terlampir)
ma'af yang udah membantu n minta solusinya lagi ya ...!

satu lagi tanpa mengurangi semangat buat belajar, mohon infonya dong kira2 ada gak buku belajar macro ..?

salam
dep_har

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Dikirim: Minggu, 8 Januari 2012 0:32

Siap Boss !!...

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim LastRow As Long, JmlBar As Range
LastRow = Cells(Cells.Rows.Count, 12).End(xlUp).Row
Set JmlBar = Cells(LastRow, 2).Resize(1, 11)
Application.EnableEvents = False
If Target.Column = 2 Then
If Target.Row > 5 Then
If Target.Row < LastRow Then
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Not Target.Value = vbNullString Then
If Target.Value - 1 = Target(0, 1) Then
JmlBar.Offset(-1, 0).Insert shift:=xlDown
Target(0, 7).Resize(1, 5).Copy
Target(1, 7).PasteSpecial xlPasteFormulasAndNumberFormats
Application.CutCopyMode = False
Target(1, 2).Activate
End If
ElseIf Target.Value = vbNullString Then
Target(1, 1).Resize(1, 11).Delete shift:=xlUp
End If
End If
End If
End If
End If
Application.EnableEvents = True
End Sub
'-------------

2012/1/7 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Seno, masih online ?!? Maju coy ! blum ada yg ambil tuh...

12b.

Permohonan maaf

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Thu Feb 2, 2012 11:25 pm (PST)



Maaf Mod salah kirim, seharusnya via Japri.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 3 February 2012, 14:21
Subject: Re: Bls: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)


Bukunya sudah terbit, untuk sementara baru bisa pesan onlie di inibuku.com.
Judulnya "Tingkatkan Kinerja Excel 2007 - 2010 Anda dengan VBA Excel"
Ini covernya.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 10 January 2012, 10:18
Subject: Bls: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)


 
dear para master,
 
wah, terima kasih informasinya. apa sy bisa pesan online gak ya ..? masalahnya saya jauh nih(banjarmasin)jika dijakarta mungkin gampang carinya ..
 
tapi bantu dulu dong masalah saya .. hehehee...
 
best Regards,
dep_har

Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 10 Januari 2012 11:14
Judul: Fw: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)


 
Satu buku lagi akan menyusul, membahas mengenai teori VBA(Macro), Contoh2 aplikasi Macro, Mengukur kecepatan proses Macro dan Error & Solution.
Kita tunggu tanggal mainnya.

Salam,
HendriK Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
To: Belajar-Excel Yahoo Groups <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 10 January 2012, 8:55
Subject: RE: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)


 
Ada , 2 buku karangan Yudhi Wicaksono. Buku pertama membahas belajar VBA/MAcro  , dan kedua contoh2 Macro.
 

 

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: depi.hari_yanto@yahoo.co.id
Date: Tue, 10 Jan 2012 00:58:29 +0800
Subject: Bls: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)

 
ysh. Master Excel.

salam semoga dalam keadaan sehat dan prima selalu... Amiin.

terima kasih atas macronya walaupun pusing... maklum masih awam.
sy merubah sedikit supaya nomor tampil otomatis pada saat menginput tanggal, eh malah jadi berantakan (terlampir)
ma'af yang udah membantu n minta solusinya lagi ya ...!

satu lagi tanpa mengurangi semangat buat belajar, mohon infonya dong kira2 ada gak buku belajar macro ..?

salam
dep_har

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Dikirim: Minggu, 8 Januari 2012 0:32

Siap Boss !!...

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim LastRow As Long, JmlBar As Range
LastRow = Cells(Cells.Rows.Count, 12).End(xlUp).Row
Set JmlBar = Cells(LastRow, 2).Resize(1, 11)
Application.EnableEvents = False
If Target.Column = 2 Then
If Target.Row > 5 Then
If Target.Row < LastRow Then
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Not Target.Value = vbNullString Then
If Target.Value - 1 = Target(0, 1) Then
JmlBar.Offset(-1, 0).Insert shift:=xlDown
Target(0, 7).Resize(1, 5).Copy
Target(1, 7).PasteSpecial xlPasteFormulasAndNumberFormats
Application.CutCopyMode = False
Target(1, 2).Activate
End If
ElseIf Target.Value = vbNullString Then
Target(1, 1).Resize(1, 11).Delete shift:=xlUp
End If
End If
End If
End If
End If
Application.EnableEvents = True
End Sub
'-------------

2012/1/7 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Seno, masih online ?!? Maju coy ! blum ada yg ambil tuh...

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Community resources

for parents

Yahoo! Groups

Small Business Group

Share experiences

with owners like you

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar