Kamis, 09 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1507

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (19 Messages)

Messages

1a.

Cara Buat Rumus Excell

Posted by: "Joe Dien" shimano02@ymail.com   shimano02@ymail.com

Wed Feb 8, 2012 2:23 am (PST)



Dear Exceller Mania.....

Mohon pencerahannya....

saya punya kasus ingin membuat daftar urut karyawan dengan hasis Sbb :0100012412 
Ket;  Digit 1-2 menunjukan kode wilayah (diambil dari sheet lain)
 Digit 3-6 menunjukan Nomor urut karyawan (diambil dari kolom A)

 Digit 7-8 menunjukan bulan masuk karyawan (diambil dari kolom G) 

         Digit 9-10 menunjukan Tahun masuk karyawan (diambil dari kolom G)
permasalahannya ketika data saya copy ke bawah (data masih kosong rumusnya #N/A)
Bagaimana caranya supaya di baris yang masih kosong.... datanya tidak berbentuk #N/A

Mohon petunjuknya....

Best Regards,
Joedien
1b.

Re: Cara Buat Rumus Excell

Posted by: "Yulian Nugroho" yuliannug@gmail.com   yuliannug

Wed Feb 8, 2012 3:00 am (PST)



kisanak,
di cell B4 ketik
=IF(C4="","",VLOOKUP(E4,Sheet1!$A$4:$C$30,2,0)&TEXT(A4, "0000" ) & TEXT(
G4, "mmyy" ))

kopi-kan ke bawah ....
jangan lupa sebut nama saya 3x sebelumnya

salam
YN

2012/2/8 Joe Dien <shimano02@ymail.com>

> **
>
>
> Dear Exceller Mania.....
>
> Mohon pencerahannya....
>
> saya punya kasus ingin membuat daftar urut karyawan dengan hasis Sbb
> :0100012412
> Ket; Digit 1-2 menunjukan kode wilayah (diambil dari sheet lain)
> Digit 3-6 menunjukan Nomor urut karyawan (diambil dari kolom A)
> Digit 7-8 menunjukan bulan masuk karyawan (diambil dari kolom G)
> Digit 9-10 menunjukan Tahun masuk karyawan (diambil dari kolom G)
> permasalahannya ketika data saya copy ke bawah (data masih kosong rumusnya
> #N/A)
> Bagaimana caranya supaya di baris yang masih kosong.... datanya tidak
> berbentuk #N/A
>
> Mohon petunjuknya....
>
> Best Regards,
> Joedien
>
>
>

--
Thanks & Regards
Yulian Nugroho
1c.

Re: Cara Buat Rumus Excell

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Wed Feb 8, 2012 3:50 pm (PST)



Joedien,
 
Jika data referensinya kosong, pada cell berisi rumus tersebut - perintahkan rumusnya supaya mengiisi dengan blank.
Itu saja kuncinya.
 
Regards
Herry Sutjipto


________________________________
From: Joe Dien <shimano02@ymail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 8 February 2012, 15:04
Subject: [belajar-excel] Cara Buat Rumus Excell


 

Dear Exceller Mania.....

Mohon pencerahannya....

saya punya kasus ingin membuat daftar urut karyawan dengan hasis Sbb :0100012412 
Ket;  Digit 1-2 menunjukan kode wilayah (diambil dari sheet lain)
 Digit 3-6 menunjukan Nomor urut karyawan (diambil dari kolom A)

 Digit 7-8 menunjukan bulan masuk karyawan (diambil dari kolom G) 

         Digit 9-10 menunjukan Tahun masuk karyawan (diambil dari kolom G)
permasalahannya ketika data saya copy ke bawah (data masih kosong rumusnya #N/A)
Bagaimana caranya supaya di baris yang masih kosong.... datanya tidak berbentuk #N/A

Mohon petunjuknya....

Best Regards,
Joedien

1d.

Bls: [belajar-excel] Cara Buat Rumus Excell

Posted by: "supri yadi" supriyadi_sbm@yahoo.co.id   supriyadi_sbm

Wed Feb 8, 2012 4:40 pm (PST)



Dear pak Joedien,
Bisa dicoba pakai rumus ini.

=IFERROR(+VLOOKUP(E14,Sheet1!$A$4:$C$30,2,0)&TEXT(A14, "0000" ) & TEXT( G14, "mmyy" ),"")

Semoga membantu.

Best Regards,
Supriyadi

________________________________
Dari: Yulian Nugroho <yuliannug@gmail.com>
Dikirim: Rabu, 8 Februari 2012 17:29
 
kisanak,
di cell B4 ketik
=IF(C4="","",VLOOKUP(E4,Sheet1!$A$4:$C$30,2,0)&TEXT(A4, "0000" ) & TEXT( G4, "mmyy" ))

kopi-kan ke bawah ....
jangan lupa sebut nama saya 3x sebelumnya
salam
YN

2012/2/8 Joe Dien <shimano02@ymail.com>
> Dear Exceller Mania.....
>
> Mohon pencerahannya....
> saya punya kasus ingin membuat daftar urut karyawan dengan hasis Sbb :0100012412 

> Ket;  Digit 1-2 menunjukan kode wilayah (diambil dari sheet lain)
> Digit 3-6 menunjukan Nomor urut karyawan (diambil dari kolom A)
> Digit 7-8 menunjukan bulan masuk karyawan (diambil dari kolom G) 
> Digit 9-10 menunjukan Tahun masuk karyawan (diambil dari kolom G)
> permasalahannya ketika data saya copy ke bawah (data masih kosong rumusnya #N/A)
> Bagaimana caranya supaya di baris yang masih kosong.... datanya tidak berbentuk #N/A
>
> Mohon petunjuknya....
> Best Regards,
> Joedien

2a.

Re: Numpang tanya

Posted by: "siti_vi" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Feb 8, 2012 2:34 am (PST)



Subject kok "Numpang Tanya"...(berarti pak ratno blum sempat baca
UUD-nya ya.?)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15542

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Ratno sofian <ratno_plbnew@...>
wrote:> Ni filenya, mohon petunjuknya

2b.

Re: Numpang tanya

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Wed Feb 8, 2012 3:32 pm (PST)



Dera bu Siti,
 
He he he .... aku kira bu Siti sudah lupa ....... banyak yang seperti itu tidak di komen ......
 
Regards
Herry S


________________________________
From: siti_vi <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 8 February 2012, 17:34
Subject: [belajar-excel] Re: Numpang tanya


 

Subject kok "Numpang Tanya"...
(berarti pak ratno blum sempat baca UUD-nya ya.?)

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15542

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Ratno sofian <ratno_plbnew@...> wrote:> Ni filenya, mohon petunjuknya

3.

Bisakah Rapel Kekurangan Gaji ini dibuat otomatis?

Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com   mudaguru

Wed Feb 8, 2012 2:34 am (PST)



Salam,

Kepada para master excel dan segenap warga milis belajar-excel. Sebenarnya ini adalah permintaan tolong dari teman saya di bagian keuangan yg selalu pusing jika harus membuat rapel kenaikan gaji karena kerja manual dan rawan salah.

Dia ingin membuat daftar gaji dengan segenap laporan dan rekapitulasinya secara otomatis. Selengkapnya silakan lihat pada lampiran.

Terima kasih
4a.

Bls: [belajar-excel] SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Wed Feb 8, 2012 7:34 am (PST)



Dear Mr, Kid,

Terima kasih atas informasi rumusnya.
Setelah saya menuangkan rumus yang Bapak berikan, hasilnya ok. Tapi saya mengalami kendala / pertanyaan sebagai berikut:

1. Pada file "DATABASE"-nya (Sheet Database) apa bisa di protect...???
2. Apakah pada file "DATABASE" tersebut bisa kita buat user Form yang dapat di Link ke file "REGISTRASI" (Sheet ..........)...???
3. Pada program pinjam meminjam buku yang telah saya buat sebelumnya, misalnya untuk registrasi pengembalian buku yang telah dipinjam terdapat rumus sbb:
Private Sub UserForm_Initialize()
   Dim i As Long, TbHeigh As Long, TbWidth
  
   Set MemMaster = Sheets("Registrasi").Cells(1).CurrentRegion
   TbHeigh = MemMaster.Rows.Count - 1
   TbWidth = MemMaster.Columns.Count - 1
   Set MemMaster = MemMaster.Offset(1, 0).Resize(TbHeigh, TbWidth)
  
   Application.EnableEvents = False
   With Cbonoregpinjam
      .ColumnCount = 2
      .BoundColumn = 1
      For i = 1 To TbHeigh
         .AddItem
         .List(i - 1, 0) = MemMaster(i, 1)
      Next i
   End With
   Application.EnableEvents = True
   txttglkembali = Format(Date, "mm/dd/yyyy")
   txtjamkembali = Format(Time, "h:mm")
        
        
End Sub

Private Sub Cbonoregpinjam_Change()
   Dim r As Integer
   If Cbonoregpinjam.ListIndex > -0 Then
      r = Cbonoregpinjam.ListIndex + 1
      If r > 0 Then
         txtktp.Value = MemMaster(r, 2)
         txtnama.Value = MemMaster(r, 3)
    
Tapi saya selalu gagal dalam memunculkan User Form "BUKU KEMBALI".
Pada program sebelumnya yang situasinya Sheet "DATABASE" menjadi satu kesatuan dalam i (satu) file, rimus tersebut diatas bisa digunakan. tapi setelah Sheet "DATABASE" saya pindahkan menjadi file yang berbada, mengapa rumus tersebut tidak dapat difungsikan.

Masih terkait dengan pertanyaan No. 3, mohon berkenan informasi dan rumusnya...???

Terima kasih atas berkenan informasi dan rumusnya.

Regards,

Harry

N/B:
Saya telah mencoba menggunakan rumus sbb:
Private Sub UserForm_Initialize()
  Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
  Set wbkA = ThisWorkbook
  Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")

tapi yang menjadi kesalahan adalah:
TbHeigh = MemMaster.Rows.Count - 1
TbWidth = MemMaster.Columns.Count - 1

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 29 Januari 2012 22:31
Judul: Re: [belajar-excel] SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA


 
Dear Harry,

Pertanyaan No. 1
>> pada event click tombol Save, ubah baris kodenya menjadi :
Private Sub cmdAdd_Click()
   Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control
  
   '----------------------------
    'Kid : 2012-01-29 : modified
    '----------------------------
    'deklarasi variabel workbook
    Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
   
    'init workbooknya
    Set wbkA = ThisWorkbook
    Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
    wbkA.Activate
   
    'init range database nya
    Set Reg = wbkDB.Worksheets("DATABASE").Cells(1)
    '----------------------------
  
   'find first empty row in database
   iRow = Reg(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row
  
  
   'copy the data to the database
   Reg(iRow, 1).Value = txtNoreg.Value
   Reg(iRow, 2).Value = txtNama.Value
  
   'clear the data / modified by Haps / 30 Jul2011
   txtNoreg.Value = ""
   txtNama.Value = ""

   '----------------------------
    'Kid : 2012-01-29 : modified
    '----------------------------
   'tulis jumlah record database di registrasi cell a1
    wbkA.Sheets("registrasi").Range("a1").Formula = Reg.CurrentRegion.Rows.Count - 1
   
    'tutup database sekalian simpan
    Application.DisplayAlerts = False
    wbkDB.Close True
    Application.DisplayAlerts = True
    wbkA.Activate
    '----------------------------
   
Unload Me
End Sub

Pertanyaan No. 2
Database yang baik tidak memiliki baris Sum atau Subtotal di baris ke sekiannya. Akan lebih baik lagi jika tidak ada formula didalamnya.
Untuk hal ini, maka jumlah record database dapat disimpan pada sheet registrasi cell a1 yang berada di file interface (lihat baris hijau pada no 1 di atas)
Karena jumlah record ada di sheet registrasi, maka text box txtJumlah pada form frmJumlah diubah nilai properti Control Source-nya menjadi merujuk ke cell A1 di sheet registrasi ( =registrasi!a1 )

Manfaatkan properti application.screenupdating = true sebelum proses dimulai dan application.screenupdating = false sebelum proses selesai untuk mengurangi efek blink saat buka workbook.

Jika control source dari txtjumlah di kosongkan, maka buat prosedur event initialize form dan beri baris kode :
    'deklarasi variabel workbook
    Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
   
    Application.ScreenUpdating = False
   
    'init workbooknya
    Set wbkA = ThisWorkbook
    Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
    wbkA.Activate

    'tulis jumlah record database di registrasi cell a1
    txtjumlah.Text = wbkDB.Sheets("database").Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count - 1

    'tutup database sekalian simpan
    Application.DisplayAlerts = False
    wbkDB.Close True
    Application.DisplayAlerts = True
    wbkA.Activate

    Application.ScreenUpdating = True

Regards,
Kid.

2012/1/29 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>


>Dear BeExceller,

>Mohon informasi dan penjelasan akan
pertanyaan saya dengan situasi dan kondisi sebabagai berikut:
>Pertanyaan No. 1
>Jika pada File “STUDI KASUS (SIMPAN
DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)” terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet “REGISTRASI”
dan Sheet “DATABASE”. Pada file tersebut, jika saya mengisi User Form pada
Sheet “REGISTRASI” otomatis tersimpan pada Sheet “DATABASE”.

>Pertanyaan saya adalah:
>Bagaimana caranya jika Sheet “DATABASE”
tersebut saya pindahkan pada File yang berbada Mis. File dng nama “DATABASE”.


>Pertanyaan No. 2
>Pada File “STUDI KASUS (SIMPAN DATA
USER FORM PADA FILE YANG BEDA)” Sheet “DATABASE” kolom C15 merupakan
penjumlahan dari C2 s/d C13. Jika User Form “JUMLAH” kita Click otomatis muncul
hasil penjumlahannya. Tetapi jika databasenya bertambah, kok rumusnya hilang
dan berganti dengan angka yang hasilnya tidak Up To Date (tidak sesuai dengan
hasil yang diinginkan)…???


>Mohon berkenan informasinya.

>Regards,


>Harry

>N/B:
>·                Data Sekarang: File “STUDI KASUS
(SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)” terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet
“REGISTRASI” dan Sheet “DATABASE”.
>·                Data yang seharusnya: File “STUDI
KASUS (SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)” hanya memiliki 1 (satu)
Sheet yaitu Sheet “REGISTRASI” sedangkan Sheet “DATABASE” terdapat pada file
yang berbeda yaitu File “DATABASE”
>

4b.

Re: SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 8, 2012 6:57 pm (PST)



Dear Harry,

1. Proteksi sheet :
Sheets("nama sheetnya").protect "passwordnya" 'protect
Sheets("nama sheetnya").unprotect "passwordnya" 'unprotect

Ketika akan olah sheet terproteksi, lakukan unprotect lebih dulu.
Usai mengolah sheet terproteksi, lakukan protect lagi.

2. Sebaiknya file database hanya berisi data saja. Seluruh form input
(interface input) seoerti pinjam, kembali, perpanjang, beli, bayar, dsb
diletakkan pada file terpisah, misal file Input. Untuk laporan (output)
seperti laporan bulanan, daftar peminjam yang telat pengembaliannya, dsb,
juga diletakkan di file terpisah, misal di file Output.
Untuk dapat memanfaatkan data di workbook database sheet database, maka
workbook database dibuka lebih dulu. Untuk keindahan, bisa saja workbook
database disembunyikan. Yang penting, jangan lupa untuk menutup file
database ketika usai menggunakannya.

Misal, sebuah form butuh data dari sheet database, maka saat init form,
lakukan buka file database. Bila perlu, sembunyikan file database. Ketika
form ditutup, pada event query close bisa dilakukan penutupan file database.

Contoh buka dan sembunyikan file :
'letakkan di bagian deklarasi variabel module
Public wbkApp as workbook, wbkDB as workbook

'contoh routine buka dan sembunyikan file excel
public sub BukaDanSembunyi()
application.screenupdating=false
set wbkapp=thisworkbook
set wbkdb=workbooks.open "d:\data\database.xls"
wbkapp.activate
windows(wbkdb.name).visible=false
application.screenupdating=true
end sub

'contoh tampilkan kembali yang dihide
public sub TampilkanLagiSiFile()
windows(wbkdb.name).visible=true
end sub

'contoh tutup file
public sub TutupFileExcel()
wbkdb.close false 'jika tidak mau disimpan pengubahan datanya
end sub

3. Sayangnya listing code yang disertakan tidak menampakkan penggunaan
sheet database.
Jika file database telah dibuka, mestinya seluruh kegiatan (non formula
links) yang membutuhkan data di sheet database pada file database tersebut
dapat dilakukan seperti :

'contoh init variabel sheet database di file database
dim shtDB as worksheet
set shtdb=wbkdb.sheets("database")

'contoh init variabel range di sheet database pada file database
dim rngDB as range
set rngdb=wbkdb.sheet("database").range("a1").currentregion

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/2/8 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr, Kid,
>
> Terima kasih atas informasi rumusnya.
> Setelah saya menuangkan rumus yang Bapak berikan, hasilnya ok. Tapi saya
> mengalami kendala / pertanyaan sebagai berikut:
> 1. Pada file "DATABASE"-nya (Sheet Database) apa bisa di protect...???
> 2. Apakah pada file "DATABASE" tersebut bisa kita buat user Form yang
> dapat di Link ke file "REGISTRASI" (Sheet ..........)...???
> 3. Pada program pinjam meminjam buku yang telah saya buat sebelumnya,
> misalnya untuk registrasi pengembalian buku yang telah dipinjam terdapat
> rumus sbb:
>
> Private Sub UserForm_Initialize()
> Dim i As Long, TbHeigh As Long, TbWidth
>
> Set MemMaster = Sheets("Registrasi").Cells(1).CurrentRegion
> TbHeigh = MemMaster.Rows.Count - 1
> TbWidth = MemMaster.Columns.Count - 1
> Set MemMaster = MemMaster.Offset(1, 0).Resize(TbHeigh, TbWidth)
>
> Application.EnableEvents = False
> With Cbonoregpinjam
> .ColumnCount = 2
> .BoundColumn = 1
> For i = 1 To TbHeigh
> .AddItem
> .List(i - 1, 0) = MemMaster(i, 1)
> Next i
> End With
> Application.EnableEvents = True
> txttglkembali = Format(Date, "mm/dd/yyyy")
> txtjamkembali = Format(Time, "h:mm")
>
>
> End Sub
>
> Private Sub Cbonoregpinjam_Change()
> Dim r As Integer
> If Cbonoregpinjam.ListIndex > -0 Then
> r = Cbonoregpinjam.ListIndex + 1
> If r > 0 Then
> txtktp.Value = MemMaster(r, 2)
> txtnama.Value = MemMaster(r, 3)
>
> Tapi saya selalu gagal dalam memunculkan User Form "BUKU KEMBALI".
> Pada program sebelumnya yang situasinya Sheet "DATABASE" menjadi satu
> kesatuan dalam i (satu) file, rimus tersebut diatas bisa digunakan. tapi
> setelah Sheet "DATABASE" saya pindahkan menjadi file yang berbada, mengapa
> rumus tersebut tidak dapat difungsikan.
>
> Masih terkait dengan pertanyaan No. 3, mohon berkenan informasi dan
> rumusnya...???
>
> Terima kasih atas berkenan informasi dan rumusnya.
>
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> N/B:
> Saya telah mencoba menggunakan rumus sbb:
> Private Sub UserForm_Initialize()
>
> Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
> Set wbkA = ThisWorkbook
> Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
>
> tapi yang menjadi kesalahan adalah:
> TbHeigh = MemMaster.Rows.Count - 1
> TbWidth = MemMaster.Columns.Count - 1
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 29 Januari 2012 22:31
> *Judul:* Re: [belajar-excel] SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA
>
>
> Dear Harry,
>
> *Pertanyaan No. 1*
> >> pada event click tombol Save, ubah baris kodenya menjadi :
> Private Sub cmdAdd_Click()
> Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control
>
> '----------------------------
> 'Kid : 2012-01-29 : modified
> '----------------------------
> 'deklarasi variabel workbook
> Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
>
> 'init workbooknya
> Set wbkA = ThisWorkbook
> Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
> wbkA.Activate
>
> 'init range database nya
> Set Reg = wbkDB.Worksheets("DATABASE").Cells(1)
> '----------------------------
>
> 'find first empty row in database
> iRow = Reg(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row
>
>
> 'copy the data to the database
> Reg(iRow, 1).Value = txtNoreg.Value
> Reg(iRow, 2).Value = txtNama.Value
>
> 'clear the data / modified by Haps / 30 Jul2011
> txtNoreg.Value = ""
> txtNama.Value = ""
>
> '----------------------------
> 'Kid : 2012-01-29 : modified
> '----------------------------
> * 'tulis jumlah record database di registrasi cell a1**
> wbkA.Sheets("registrasi").Range("a1").Formula =
> Reg.CurrentRegion.Rows.Count - 1*
>
> 'tutup database sekalian simpan
> Application.DisplayAlerts = False
> wbkDB.Close True
> Application.DisplayAlerts = True
> wbkA.Activate
> '----------------------------
>
> Unload Me
> End Sub
>
> *Pertanyaan No. 2*
> Database yang baik tidak memiliki baris Sum atau Subtotal di baris ke
> sekiannya. Akan lebih baik lagi jika tidak ada formula didalamnya.
> Untuk hal ini, maka jumlah record database dapat disimpan pada sheet
> registrasi cell a1 yang berada di file interface (*lihat baris hijau pada
> no 1 di atas*)
> Karena jumlah record ada di sheet registrasi, maka text box txtJumlah pada
> form frmJumlah diubah nilai properti Control Source-nya menjadi merujuk ke
> cell A1 di sheet registrasi ( *=registrasi!a1* )
>
> Manfaatkan properti application.screenupdating = true sebelum proses
> dimulai dan application.screenupdating = false sebelum proses selesai untuk
> mengurangi efek blink saat buka workbook.
>
> Jika control source dari txtjumlah di kosongkan, maka buat prosedur event
> initialize form dan beri baris kode :
> 'deklarasi variabel workbook
> Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
>
> Application.ScreenUpdating = False
>
> 'init workbooknya
> Set wbkA = ThisWorkbook
> Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
> wbkA.Activate
>
> 'tulis jumlah record database di registrasi cell a1
> txtjumlah.Text =
> wbkDB.Sheets("database").Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count - 1
>
> 'tutup database sekalian simpan
> Application.DisplayAlerts = False
> wbkDB.Close True
> Application.DisplayAlerts = True
> wbkA.Activate
>
> Application.ScreenUpdating = True
>
> Regards,
> Kid.
>
> 2012/1/29 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon informasi dan penjelasan akan pertanyaan saya dengan situasi dan
> kondisi sebabagai berikut:
> Pertanyaan No. 1
> Jika pada File "STUDI KASUS (SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)"
> terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet "REGISTRASI" dan Sheet "DATABASE". Pada
> file tersebut, jika saya mengisi User Form pada Sheet "REGISTRASI" otomatis
> tersimpan pada Sheet "DATABASE".
>
> Pertanyaan saya adalah:
> Bagaimana caranya jika Sheet "DATABASE" tersebut saya pindahkan pada File
> yang berbada Mis. File dng nama "DATABASE".
>
>
> Pertanyaan No. 2
> Pada File "STUDI KASUS (SIMPAN DATA USER FORM PADA FILE YANG BEDA)" Sheet
> "DATABASE" kolom C15 merupakan penjumlahan dari C2 s/d C13. Jika User Form
> "JUMLAH" kita Click otomatis muncul hasil penjumlahannya. Tetapi jika
> databasenya bertambah, kok rumusnya hilang dan berganti dengan angka yang
> hasilnya tidak Up To Date (tidak sesuai dengan hasil yang diinginkan)…???
>
>
> Mohon berkenan informasinya.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> N/B:
> · Data Sekarang: File "STUDI KASUS (SIMPAN DATA USER FORM
> PADA FILE YANG BEDA)" terdapat 2 (dua) Sheet yaitu Sheet "REGISTRASI" dan
> Sheet "DATABASE".
> · Data yang seharusnya: File "STUDI KASUS (SIMPAN DATA
> USER FORM PADA FILE YANG BEDA)" hanya memiliki 1 (satu) Sheet yaitu Sheet
> "REGISTRASI" sedangkan Sheet "DATABASE" terdapat pada file yang berbeda
> yaitu File "DATABASE"
>
>
>
>
>
>
5a.

Buka file dan kembali ke data base book1

Posted by: "nor hidayat" dayatshogun46@yahoo.co.id   dayatshogun46

Wed Feb 8, 2012 5:39 pm (PST)



Selamat pagi
Dear All Exceler Mania

Mohon bantuannya
Saya punya data base book1.xlsm yang terdapat userform1 yang isinya listbox1 yang melist data extention "01-2012 Januari.xlsm" open file

Contoh open book1.xlsm combobox1 nya sebagai berikut
Sub combobox1_Change()
    Dim pfName As String
    pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
    Workbooks.Open Filename:= _
        IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
        ThisWorkbook.Close
End Sub

Private Sub UserForm_Initialize()
   ComboBox1.Clear
   ComboBox1.RowSource = Range("A1").CurrentRegion.Address
End Sub

nah kendalanya ketika file "01-2012 Januari.xlsm" terbuka (open) lalu diclose kembali dan memanggil kembali book1.xlsm, file "01-2012 Januari.xlsm" masih tetap tebuka meski sudah beralih ke book1.xlsm
mohon penjelasannya

Untuk lebih jelasnya .....
Contoh close workbook "01-2012 Januari.xlsm" nya adalah sebagai berikut
Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
   Dim pfName As String
   pfName = (ThisWorkbook.Path & "\" & "Book1.xlsm")
   Workbooks.Open Filename:= _
          pfName
   Windows("01-2012 Januari.xlsm").Close
   ActiveWindow.Close
        End Sub

Mohon bantuannya
Salam
Nor Hidayat
5b.

Re: Buka file dan kembali ke data base book1

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 8, 2012 5:45 pm (PST)



Kalau dibuat :
Sub combobox1_Change()
Dim pfName As String
pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
Workbooks.Open Filename:= _
IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
ThisWorkbook.Close *false
*End Sub

kira-kira bisa gak ya ?

Atau mungkin :
Sub combobox1_Change()
dim wbkA as workbook,wbkB as workbook
Dim pfName As String

pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
if lenb(dir$(pfname))<>0 then
set wbka=thisworkbook
set wbkb=Workbooks.Open pfname
wbka.activate
wbkb.Close *false
endif
*End Sub

Regards,
Kid.
2012/2/9 nor hidayat <dayatshogun46@yahoo.co.id>

> Sub combobox1_Change()
> Dim pfName As String
> pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
> Workbooks.Open Filename:= _
> IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
> ThisWorkbook.Close
> End Sub
5c.

Re: Buka file dan kembali ke data base book1

Posted by: "Dayat" dayatshogun46@yahoo.co.id   dayatshogun46

Wed Feb 8, 2012 6:50 pm (PST)



Saran MR.Kid bagus namun kendala sayakatika File "01-2012 Januari.xlsm" terbuka dan diclosekembali dengan memanggil file book1.xlms file "01-2012 Januari.xlsm" tidak terclose otomatis

Contoh Workbook srip yang saya gunakan untuk file "01-2012 Januari.xlsm" adalah sebagai berikut:

'Scrip ini digunakan untuk meng-close "01-2012 Januari.xlsm" kemudian memanggil book1.xlms

Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
Dim pfName As String
pfName = (ThisWorkbook.Path & "\" & "Book1.xlsm")
Workbooks.Open Filename:= _
pfName
Windows("01-2012 Januari.xlsm").Close
ActiveWindow.Close
End Sub

book1.xlsm terbuka, Namun "01-2012 Januari.xlsm" masih terbuka padahal deklarasiya sudah tertulis.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Kalau dibuat :
> Sub combobox1_Change()
> Dim pfName As String
> pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
> Workbooks.Open Filename:= _
> IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
> ThisWorkbook.Close *false
> *End Sub
>
> kira-kira bisa gak ya ?
>
> Atau mungkin :
> Sub combobox1_Change()
> dim wbkA as workbook,wbkB as workbook
> Dim pfName As String
>
> pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
> if lenb(dir$(pfname))<>0 then
> set wbka=thisworkbook
> set wbkb=Workbooks.Open pfname
> wbka.activate
> wbkb.Close *false
> endif
> *End Sub
>
> Regards,
> Kid.
> 2012/2/9 nor hidayat <dayatshogun46@...>
>
> > Sub combobox1_Change()
> > Dim pfName As String
> > pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
> > Workbooks.Open Filename:= _
> > IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
> > ThisWorkbook.Close
> > End Sub
>

5d.

Re: Buka file dan kembali ke data base book1

Posted by: "nor hidayat" dayatshogun46@yahoo.co.id   dayatshogun46

Wed Feb 8, 2012 7:00 pm (PST)



Dear MR.Kid
Ide bagus MR. Kid namun yang saya pertanyakan ketika file "01-2012 Januari.xlsm" terbuka dan saya close lagi dengan memanggil file book1.xlsm terkendala close  File 01-2012 Januari.xlsm-nya

contoh close scrip yang saya tulis di workbook "01-2012 Januari.xlsm"
Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
 Dim pfName As String
' untuk memanggil book1.xlsm
    pfName = (ThisWorkbook.Path & "\" & "Book1.xlsm")
   Workbooks.Open Filename:= _
          pfName
'Untuk mengclose file 01-2012 Januari.xlsm
   Windows("01-2012 Januari.xlsm").Activate
   Windows("01-2012 Januari.xlsm").Close
   ActiveWindow.Close
        End Sub

Terkendala ketika file "01-2012 Januari.xlsm" di close tidak terclose karena di book1.xlms otomatis membuka combobox1 dengan workbook scrip sebagai berikut :

Private Sub Workbook_Open()
Sheet1.Activate
UserForm1.Show 'ComboBox1
End Sub

Trims
Nor Hidayat

--- Pada Kam, 9/2/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Buka file dan kembali ke data base book1
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 9 Februari, 2012, 8:45 AM

 

Kalau dibuat :
Sub combobox1_Change()
    Dim pfName As String
    pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
    Workbooks.Open Filename:= _

        IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
        ThisWorkbook.Close  false
End Sub

kira-kira bisa gak ya ?

Atau mungkin :
Sub combobox1_Change()

   
dim wbkA as workbook,wbkB as workbook
    Dim pfName As String
  
   pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
   
if lenb(dir$(pfname))<>0 then
      set wbka=thisworkbook
      set wbkb=Workbooks.Open pfname
      wbka.activate

        wbkb.Close  false
   endif

End Sub

Regards,
Kid.
2012/2/9 nor hidayat <dayatshogun46@yahoo.co.id>

Sub combobox1_Change()
    Dim pfName As String
    pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
    Workbooks.Open Filename:= _
        IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)

        ThisWorkbook.Close
End Sub

5e.

Re: Buka file dan kembali ke data base book1

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 8, 2012 7:07 pm (PST)



Coba formnya di tutup dulu, lalu jalankan routine untuk buka file baru,
lalu tutup file lama.

contoh :

Letakkan di sebuah module general
public sub BukaFileBaru()
dim wbk1 as workbook, wbk2 as workbook
set wbk1=thisworkbook
set wbk2=workbooks.open "c:\nama.xls"
wbk1.close
end sub

Letakkan di event yang berkaitan dengan buka file baru dan tutup file form
ini
unload nama_formnya
bukafilebaru

Kid.

On Thu, Feb 9, 2012 at 09:28, Dayat <dayatshogun46@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> Saran MR.Kid bagus namun kendala sayakatika File "01-2012 Januari.xlsm"
> terbuka dan diclosekembali dengan memanggil file book1.xlms file "01-2012
> Januari.xlsm" tidak terclose otomatis
>
> Contoh Workbook srip yang saya gunakan untuk file "01-2012 Januari.xlsm"
> adalah sebagai berikut:
>
> 'Scrip ini digunakan untuk meng-close "01-2012 Januari.xlsm" kemudian
> memanggil book1.xlms
>
>
> Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
> Dim pfName As String
>
> pfName = (ThisWorkbook.Path & "\" & "Book1.xlsm")
> Workbooks.Open Filename:= _
> pfName
> Windows("01-2012 Januari.xlsm").Close
> ActiveWindow.Close
> End Sub
>
> book1.xlsm terbuka, Namun "01-2012 Januari.xlsm" masih terbuka padahal
> deklarasiya sudah tertulis.
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Kalau dibuat :
> > Sub combobox1_Change()
> > Dim pfName As String
> > pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
> > Workbooks.Open Filename:= _
> > IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
> > ThisWorkbook.Close *false
> > *End Sub
>
> >
> > kira-kira bisa gak ya ?
> >
> > Atau mungkin :
> > Sub combobox1_Change()
> > dim wbkA as workbook,wbkB as workbook
> > Dim pfName As String
> >
> > pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
> > if lenb(dir$(pfname))<>0 then
> > set wbka=thisworkbook
> > set wbkb=Workbooks.Open pfname
> > wbka.activate
> > wbkb.Close *false
> > endif
> > *End Sub
> >
> > Regards,
> > Kid.
> > 2012/2/9 nor hidayat <dayatshogun46@...>
>
> >
> > > Sub combobox1_Change()
> > > Dim pfName As String
> > > pfName = ThisWorkbook.Path & "\" & ComboBox1.Value
> > > Workbooks.Open Filename:= _
> > > IIf(ComboBox1 = "", "", pfName)
> > > ThisWorkbook.Close
> > > End Sub
> >
>
>
>
6a.

Re: Error Text "Tanda Kurung"

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 8, 2012 6:13 pm (PST)



Mungkin jadi begini :
=TRIM(SUBSTITUTE(IF(LEN($A2)-LEN(SUBSTITUTE($A2,"(",""))<>1,"kurung buka
","")&IF(LEN($A2)-LEN(SUBSTITUTE($A2,")",""))<>1," kurung tutup",""),"
",", "))
Sayangnya, masih belum mengakomodir kemungkinan penulisan : Si X ) telp (
1234567

Jika teks yang dikurung selalu diawali oleh telp, mungkin bisa langsung
dibetulkan saja (tanpa cek) dengan :
=TRIM(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(A2,"(",""),")","")&IF(COUNTIF(A2,"*telp*"),")",""),"telp","
(telp "))
Sayangnya, belum mengakomodir penulisan : Si X 1234567 atau Si Y (2345678)

Kid.

2012/2/8 aldy29jkt <aldy29jkt@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr Kid,
>
> Terima kasih atas bantuannya,
>
> Sudah dicoba dengan cara pertama
> Untuk soal no 1 dan 2 sudah bisa, adapun hasilnya -1
> namun untuk soal no 3 :
>
> Mr. Cedi (telp) (021) = kurung buka dan tutup ada 2
> keluar hasilnya adalah = 0 yang hasilnya sama dengan yg seharusnya(1
> kurung tutup dan buka)
> sedangkan di kata tersebut terdapat 2 kali kurung bukan dan kurung
> tutupnya,
> sedangkan yang diperbolehkan hanya 1 saja kurung buka dan tutupnya.
>
> Mohon pencerahannya
>
> Terima Kasih sebelumnya
> Rinaldi
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Dear Aldy,
> >
> > Coba gunakan fungsi Len dan Substitute menjadi berbunyi :
> > =LEN(SUBSTITUTE(A2,"(",""))-LEN(SUBSTITUTE(A2,")",""))
> > Hasilnya bertipe numerik
> > jika < 0 berarti kurang kurung tutup
> > jika > 0 berarti kurang kurung buka
> > jika = 0 berarti oke
> >
> > Kemudian di format cell number custom : (kata-katanya disesuaikan
> kebutuhan)
> > *"kurung buka";"kurung tutup";*
>
> >
> > Ketika inginnya langsung menghasilkan data bertipe teks, maka dapat
> > digunakan fungsi Text yang bunyinya :
> > =TEXT(LEN(SUBSTITUTE(A2,"(",""))-LEN(SUBSTITUTE(A2,")","")),"*""kurung
> buka
> > "";""kurung tutup"";*")
>
> >
> > Karena akan menuliskan karakter " (petik dua) dalam sebuah ekspresi
> string,
> > maka ditulis sebagai "" (double petik dua - warna biru)
> > Jadi susunan yang digarisbawah akan seperti tulisan format cell number
> > custom yang warna merah di atas.
> >
> > Regards,
> > Kid.
> >
> >
> >
> > 2012/2/8 aldy29jkt <aldy29jkt@...>
> >
> > > **
>
> > >
> > >
> > > Dear all,
> > >
> > > Mohon bantuannya,
> > >
> > > Tujuan : mencari kesalahan penulisan tanda kurung
> > >
> > > Rules :
> > > Dalam 1 kolom seharusnya hanya diperbolehkan terdapat 1 kurung buka dan
> > > kurung tutup.
> > >
> > > saat ini, sering ada kesalahan penulisan seperti :
> > > Mr. Adi (telp = kurang kurung tutup
> > > Mr. Budi ((telp) = kurung buka ada 2
> > > Mr. Cedi (telp) (021) = kurung buka dan tutup ada 2
> > >
> > > nah kesalahan itu yang ingin di cari .
> > > kira kira rumusnya seperti apa ya ..
> > >
> > > Salam dan Terima Kasih sebelumnya
> > > Rinaldy
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>
6b.

Re: Error Text "Tanda Kurung"

Posted by: "aldy29jkt" aldy29jkt@yahoo.com   aldy29jkt

Wed Feb 8, 2012 11:11 pm (PST)



Dear Mr Kid,

Terima kasih banyak pak ... sangat membantu sekali ...
Formula ini yang akan saya gunakan kelak
God Bless You

Regards
Rinaldy

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Mungkin jadi begini :
> =TRIM(SUBSTITUTE(IF(LEN($A2)-LEN(SUBSTITUTE($A2,"(",""))<>1,"kurung buka
> ","")&IF(LEN($A2)-LEN(SUBSTITUTE($A2,")",""))<>1," kurung tutup",""),"
> ",", "))
> Sayangnya, masih belum mengakomodir kemungkinan penulisan : Si X ) telp (
> 1234567
>
> Jika teks yang dikurung selalu diawali oleh telp, mungkin bisa langsung
> dibetulkan saja (tanpa cek) dengan :
> =TRIM(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(A2,"(",""),")","")&IF(COUNTIF(A2,"*telp*"),")",""),"telp","
> (telp "))
> Sayangnya, belum mengakomodir penulisan : Si X 1234567 atau Si Y (2345678)
>
> Kid.
>
> 2012/2/8 aldy29jkt <aldy29jkt@...>
>
> > **
> >
> >
> > Dear Mr Kid,
> >
> > Terima kasih atas bantuannya,
> >
> > Sudah dicoba dengan cara pertama
> > Untuk soal no 1 dan 2 sudah bisa, adapun hasilnya -1
> > namun untuk soal no 3 :
> >
> > Mr. Cedi (telp) (021) = kurung buka dan tutup ada 2
> > keluar hasilnya adalah = 0 yang hasilnya sama dengan yg seharusnya(1
> > kurung tutup dan buka)
> > sedangkan di kata tersebut terdapat 2 kali kurung bukan dan kurung
> > tutupnya,
> > sedangkan yang diperbolehkan hanya 1 saja kurung buka dan tutupnya.
> >
> > Mohon pencerahannya
> >
> > Terima Kasih sebelumnya
> > Rinaldi
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@> wrote:
> > >
> > > Dear Aldy,
> > >
> > > Coba gunakan fungsi Len dan Substitute menjadi berbunyi :
> > > =LEN(SUBSTITUTE(A2,"(",""))-LEN(SUBSTITUTE(A2,")",""))
> > > Hasilnya bertipe numerik
> > > jika < 0 berarti kurang kurung tutup
> > > jika > 0 berarti kurang kurung buka
> > > jika = 0 berarti oke
> > >
> > > Kemudian di format cell number custom : (kata-katanya disesuaikan
> > kebutuhan)
> > > *"kurung buka";"kurung tutup";*
> >
> > >
> > > Ketika inginnya langsung menghasilkan data bertipe teks, maka dapat
> > > digunakan fungsi Text yang bunyinya :
> > > =TEXT(LEN(SUBSTITUTE(A2,"(",""))-LEN(SUBSTITUTE(A2,")","")),"*""kurung
> > buka
> > > "";""kurung tutup"";*")
> >
> > >
> > > Karena akan menuliskan karakter " (petik dua) dalam sebuah ekspresi
> > string,
> > > maka ditulis sebagai "" (double petik dua - warna biru)
> > > Jadi susunan yang digarisbawah akan seperti tulisan format cell number
> > > custom yang warna merah di atas.
> > >
> > > Regards,
> > > Kid.
> > >
> > >
> > >
> > > 2012/2/8 aldy29jkt <aldy29jkt@>
> > >
> > > > **
> >
> > > >
> > > >
> > > > Dear all,
> > > >
> > > > Mohon bantuannya,
> > > >
> > > > Tujuan : mencari kesalahan penulisan tanda kurung
> > > >
> > > > Rules :
> > > > Dalam 1 kolom seharusnya hanya diperbolehkan terdapat 1 kurung buka dan
> > > > kurung tutup.
> > > >
> > > > saat ini, sering ada kesalahan penulisan seperti :
> > > > Mr. Adi (telp = kurang kurung tutup
> > > > Mr. Budi ((telp) = kurung buka ada 2
> > > > Mr. Cedi (telp) (021) = kurung buka dan tutup ada 2
> > > >
> > > > nah kesalahan itu yang ingin di cari .
> > > > kira kira rumusnya seperti apa ya ..
> > > >
> > > > Salam dan Terima Kasih sebelumnya
> > > > Rinaldy
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

7a.

Re: Menampilkan gambar

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Wed Feb 8, 2012 6:48 pm (PST)



oh.. Si Baee mau tetap pakai makro ya...

Kalau sudah pakai makro sebetulnya rumus di H5 (dan H30) itu sudah tidak
perlu lagi; karena bisa dikalkulasi di dalam makronya..
Banyak cara, salah satunya seperti ini:

[image: Sheet_Module.PNG]

*Ringkasan "jalan Ceritak"*
Stock Gambar tidak perlu di tempel (embedded) dan disembunyikan di *sheet*,
biarkan mereka tetap di folder berupa file (JPG, PNG dsb)
(ini memberi keuntungan: file xlsm menjadi relatif lebih langsing, tetapi
harus ada file pendukung berupa 4 gambar emotion yg terletak di folder yg
sama dengan file xlsm ini. Di makro tsb di-atur bahwa gambar dipanggil dari
folder tempat disimpannya Workbook yg berisi makro tsb (file gambar dan
file excel harus seFolder, )

Di sheet kita hanya perlu membuat beberapa SHAPE Oval ataupun
Rectangle. Pada contoh ini* dibuat 2 shape*, karena *hanya ada 2 unit
range*yg nilai average nya akan dijadikan penyebab berubahnya gambar.

Oleh karena ada DUA proses (proses menentukan dan mem-FILL gambar
berdasarkan* D11 *dan* D26*), daripada menulis 2 (dua) procedures, lebih
baik kita menulis hanya 1 prosedur yg didalamnya mengandung LOOP. Di setiap
Loop: kita hanya mengerjakan Rangkaian perintah untuk 1 proses.

Kedua *Shape* itu nantinya akan di FILL dengan gambar (yg diambil dari
folder); nama file gambar dipilih sesuai kalkulasi berdasarkan nilai Average
Shape 1 (dlm contoh ini bernama "Oval 1") akan diisi dengan gambar yg
sesuai untuk nilai (kondisi) di D11
Shape 2 (dlm contoh ini bernama "Oval 2") akan diisi dengan gambar yg
sesuai untuk nilai (kondisi) di D36

Pemicu agar makro berjalan otomatis tidak perlu seperti yg anda buat : *event
Worksheet_Calculate*; tetapi cukup dengan *Event Worksheet_Change*

*Perbedaannya*:

*Worksheet_Calculate *terjadi setiap saat ada perubahan sekecil apapun di
sheet, tetapi letak dan dimensi range (yg berubah nilainya) yg akan
dijadikan pemicu otomatisnya makro = *TIDAK DAPAT (sulit) kita dibatasi* !!
Jadi setiap anda memasukkan satu TITIK atau karakter lain di suatu cell, yg
tentu menyebabkan terjadinya Event worksheet_Calculate, akan memicu
TERJALANKAN-nya Makro Anda. Alangkah beratnya kerja Excel dan Processor
komputer.
Saya fikir ini terlalu sering dan banyak pelaksanaan yg tidak berguna
(=makro dijalankan padahal belum diperlukan hasilnya),
Sedangkan sekecil apapun makro, akan "meminta waktu proses" yg berarti
membebani kinerja processor.

*Worsheet_Change* terjadi sama seringnya dengan Event Calculate, tetapi
AREA yg berubah & yg ingin kita jadikan pemicu otomatismnya makro, *DAPAT
(dengan mudah) kita batasi letak dan dimensinya*.
Dalam hal ini range yg berubah values-nya itu (=disebut Target) kita batasi
pada *D6:D10* dan *D30:D35* saja.
Akibatnya: Hanya jika ada perubahan nilai di salah satu cell di range
(area) tersebut, makro BARU DIJALANKAN

Ini berarti akan sangat menurunkan jumlah (how-many-time) makro dijalankan;
Ringkasnya: makro hanya dijalankan pada saat memang diperlukan saja.
(yaitu ketika nilai average berubah saja (sedangkan nilai average hanya
berubah jika presedent-Cells nya berubah (dan itulah yg kita lokalisir
menjadi pemicu *terjalankan*-nya si makro.)

Berhubung ada 2 Set Data, yg tiap set nya terdiri dari 3 elemen (*Nama_Range,
Nama_Shape, Nilai_Average*) yg akan dilibatkan di tiap LOOP, sedangkan di
tiap loop_step kedua set-data tsb berbeda, maka paling gampang adalah
dengan *membuat Tabel di sheet*, atau lebih anggun *membuat Array 2
dimensi* (di
memory):
*ArraySetData(1 to 3, 1 to 2)*
(buatkan untuk yayangku: Array 2 dimensi, yg nomor kolomnya 1 sampai 3,
nomor-barisnya = 1 sampai 2)

Setiap dimensi akan berisi 3 nilai (contoh untuk data set no.1)
ArraySetData(0,0) = nama Range yg akan anda ubah (area pemberian nilai) =
D6:D10
ArraySetData(0,1) = nama Shape yg akan diubah2 gambarnya = "Oval 1"
ArraySetData(0,2) = nama Range yg berisi nilai average ex ArraySetData(0,0)
= "D11"
Set data 2 anda bisa bayangkan sediri kan!

Dengan telah mempunyai array kecil itu, maka kita sekarang dengan tenang &
damai, boleh semena-mena membuat LOOP; dimana setiap Step_Loop kita
mengurusi 1 area penilaian (1 nilai average)

Penentuan *NamaFile Gambar* yg akan di FILL ke *Shape* dicari dengan *struktur
Select Case*
(walaupun kelihatan agak 'oon', tetapi dengan Select Case terasa lebih
mudah ditulis dan dipahami, daripada formula IF-IF-an atau LookUp di sheet;
Setelah nama File gambar ditentukan, segera di FILL ke Shape yg sedang dm
genggaman LOOP.
Sebetulnya hanya itulah yg dikerjakan oleh makro...

kindest regards,
- i Haps -

Seno itu baru masuk SMK tahun kemarin, kok banyak dipanggil Oom ya..
yg memnggil mestinya masih berumur 11 - 13 th kalee yee...

*
2012/2/7 Si Baee <si.baee@yahoo.com>
> Dear Om o'Seno
> baik Om akan saya pelajari dulu walau cara yang diberikan berbeda...
>
> Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> Dikirim: Selasa, 7 Februari 2012 12:48
> gak mau lihat ini dulu..?
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15549
> atau
>
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-BARCODE-td5447001.html#a5449317
> (posting ke 4 / menampilkan bentuk hilal)
> o'Seno
>
>
> 2012/2/7 Si Baee <si.baee@yahoo.com>
> > Saya telah berhasil membuat gambar dan menampilkan berdasarkan kondisi
tertentu...
> > tetapi gambar yang saya buat hanya bisa tampilkan dalam satu sheet
hanya satu gambar.
> > bisakah dalam satu sheet ditampilkan beberapa gambar.
> > terlampir contohnya*
8a.

copy data ke bawah

Posted by: "Rachmad HIDAYAT" rachmad.hidayat@external.total.com

Thu Feb 9, 2012 12:07 am (PST)





Dear pakar,

Mohon bantuan jika saya pingin mengcopy data ke bawah denga rumus gimana ya...
Case seperti di bawah ini....

DATA

HASIL

AA

1

AA

1

2

AA

2

3

AA

3

4

AA

4

5

AA

5

6

AA

6

7

AA

7

8

AA

8

9

AA

9

10

AA

10

11

AA

11

AB

1

AB

1

2

AB

2

3

AB

3

4

AB

4

5

AB

5

6

AB

6

7

AB

7

8

AB

8

9

AB

9

10

AB

10

11

AB

11

12

AB

12

AC

A

AC

A

B

AC

B

C

AC

C

A

AC

A

B

AC

B

C

AC

C

A

AC

A

B

AC

B

C

AC

C

A

AC

A

B

AC

B

C

AC

C

Terima kasih
8b.

Re: copy data ke bawah

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Feb 9, 2012 12:12 am (PST)



Coba pelajari fungsi dasar excel seperti IF dsb

=IF( len( a2 ) , a2, c1)

Kid.

2012/2/9 Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external.total.com>

> **
>
>
> ** **
>
> Dear pakar,****
>
> ** **
>
> Mohon bantuan jika saya pingin mengcopy data ke bawah denga rumus gimana
> ya…****
>
> Case seperti di bawah ini….****
>
> ** **
>
> DATA ****
>
> HASIL****
>
> AA****
>
> 1****
>
> AA****
>
> 1****
>
> ****
>
> 2****
>
> AA****
>
> 2****
>
> ****
>
> 3****
>
> AA****
>
> 3****
>
> ****
>
> 4****
>
> AA****
>
> 4****
>
> ****
>
> 5****
>
> AA****
>
> 5****
>
> ****
>
> 6****
>
> AA****
>
> 6****
>
> ****
>
> 7****
>
> AA****
>
> 7****
>
> ****
>
> 8****
>
> AA****
>
> 8****
>
> ****
>
> 9****
>
> AA****
>
> 9****
>
> ****
>
> 10****
>
> AA****
>
> 10****
>
> ****
>
> 11****
>
> AA****
>
> 11****
>
> AB****
>
> 1****
>
> AB****
>
> 1****
>
> ****
>
> 2****
>
> AB****
>
> 2****
>
> ****
>
> 3****
>
> AB****
>
> 3****
>
> ****
>
> 4****
>
> AB****
>
> 4****
>
> ****
>
> 5****
>
> AB****
>
> 5****
>
> ****
>
> 6****
>
> AB****
>
> 6****
>
> ****
>
> 7****
>
> AB****
>
> 7****
>
> ****
>
> 8****
>
> AB****
>
> 8****
>
> ****
>
> 9****
>
> AB****
>
> 9****
>
> ****
>
> 10****
>
> AB****
>
> 10****
>
> ****
>
> 11****
>
> AB****
>
> 11****
>
> ****
>
> 12****
>
> AB****
>
> 12****
>
> AC****
>
> A****
>
> AC****
>
> A****
>
> ****
>
> B****
>
> AC****
>
> B****
>
> ****
>
> C****
>
> AC****
>
> C****
>
> ****
>
> A****
>
> AC****
>
> A****
>
> ****
>
> B****
>
> AC****
>
> B****
>
> ****
>
> C****
>
> AC****
>
> C****
>
> ****
>
> A****
>
> AC****
>
> A****
>
> ****
>
> B****
>
> AC****
>
> B****
>
> ****
>
> C****
>
> AC****
>
> C****
>
> ****
>
> A****
>
> AC****
>
> A****
>
> ****
>
> B****
>
> AC****
>
> B****
>
> ****
>
> C****
>
> AC****
>
> C****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> Terima kasih****
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Dog Lovers Group

Connect and share with

dog owners like you

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar