Selasa, 14 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1512

Messages In This Digest (22 Messages)

1a.
Re: bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..?? From: Imma nullah
2a.
Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..?? From: hendrik karnadi
2b.
Re: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan. From: mr.nmkid
2c.
Re: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan. From: mr.nmkid
3a.
Formula Penjumlahan Akumulasi by Date Range From: Arie Bowo Witjaksono
3b.
Re: Formula Penjumlahan Akumulasi by Date Range From: anton suryadi
3c.
Re: Formula Penjumlahan Akumulasi by Date Range From: Arie Bowo Witjaksono
4.
FW: [belajar-excel] Format Field Mail Merge From: jkssxls
5a.
Fungsi evaluasi From: Ratno Hadi Suswanto
5b.
Re: Fungsi evaluasi From: Ki Semprul
6a.
Re: Mohon Pencerahannya From: Ki Semprul
6b.
Re: Mohon Pencerahannya From: Ki Semprul
7a.
Re: Fwd: [belajar-excel] List File Aray satu folder tanpa menuliskan From: i Haps
8a.
Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook denga From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
8b.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: jkssxls Sudarsono
8c.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: jkssxls Sudarsono
8d.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
8e.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
8f.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: jkssxls Sudarsono
9a.
Re: Mendeteksi Data yang Sama From: sin.ur4t
9b.
Re: Mendeteksi Data yang Sama From: Ki Semprul
9c.
Re: Mendeteksi Data yang Sama From: sin.ur4t

Messages

1a.

Re: bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??

Posted by: "Imma nullah" kinantan_31@yahoo.com   kinantan_31

Mon Feb 13, 2012 2:08 am (PST)



Terima kasih banyak mas hendrik. Kurang sedikit lagi ni, gimana caranya, apabila peringatan tersebut di clik OK maka cell yang terkait kembali kosong..???
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Salam,
Im

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, February 13, 2012 3:02 PM
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??


 
Bisa pakai Macro dengan memanfaatkan Event Worksheet_Change
File jawaban terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

jangan lupa aktifkan macronya

________________________________
From: Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 13 February 2012, 13:48
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??


 
Dear Kid,

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
banyak atas responnya.
Tapi f4 bukanlah angka yg langsung
diinput, tapi merupakan hasil penjumlahan (sum) dari beberapa kolom
disampingnya (A4,
B4,C4,D4,E4), seperti
contoh telampir.
 
Best regard,
 
Im

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 10, 2012 5:57 PM
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??


 
Dear Imma,

Coba manfaatkan fitur data validation, pilih allow-nya Custom, dan bagian Formula disi :
=$F4<=$G4

Regards,
Kid.

2012/2/10 Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>


>Dear Para Master dan Teman sekalian
>Kasusnya begini :
saya ingin membatasi jumlah di kolom F4 tidak boleh melebihi angka di kolom G4, sementara nilai yang ada di kolom F4 adalah hasil penjumlahan dari beberapa sel (A4, B4,C4,D4,E4). Nah pada saat kita input nilai di salah satu sel antara A4 s.d. E4 yang menyebabkan nilai dikolom F4 melebihi angka di kolom G4 maka akan muncul pesan peringatan. Contoh file terlmapir.
>Mohon Pecerahannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
>
>
>Warm Regards
>Im
>
>

2a.

Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Feb 13, 2012 2:34 am (PST)



Tanggal tambahin perintah Target.ClearContents seperti contoh terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 13 February 2012, 15:02
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??


Bisa pakai Macro dengan memanfaatkan Event Worksheet_Change
File jawaban terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

jangan lupa aktifkan macronya

________________________________
From: Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 13 February 2012, 13:48
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??


 
Dear Kid,

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
banyak atas responnya.
Tapi f4 bukanlah angka yg langsung
diinput, tapi merupakan hasil penjumlahan (sum) dari beberapa kolom
disampingnya (A4,
B4,C4,D4,E4), seperti
contoh telampir.
 
Best regard,
 
Im

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 10, 2012 5:57 PM
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??


 
Dear Imma,

Coba manfaatkan fitur data validation, pilih allow-nya Custom, dan bagian Formula disi :
=$F4<=$G4

Regards,
Kid.

2012/2/10 Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>


>Dear Para Master dan Teman sekalian
>Kasusnya begini :
saya ingin membatasi jumlah di kolom F4 tidak boleh melebihi angka di kolom G4, sementara nilai yang ada di kolom F4 adalah hasil penjumlahan dari beberapa sel (A4, B4,C4,D4,E4). Nah pada saat kita input nilai di salah satu sel antara A4 s.d. E4 yang menyebabkan nilai dikolom F4 melebihi angka di kolom G4 maka akan muncul pesan peringatan. Contoh file terlmapir.
>Mohon Pecerahannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
>
>
>Warm Regards
>Im
>
>

2b.

Re: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan.

Posted by: "mr.nmkid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Feb 13, 2012 2:56 am (PST)



Bukannya vba dari mas hendrik ini bisa dipenuhi oleh data validation ?

Kid.

On Mon, Feb 13, 2012 at 17:33, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>wrote:

> **
>
>
> Tanggal tambahin perintah Target.ClearContents seperti contoh terlampir.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Monday, 13 February 2012, 15:02
> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan
> peringatan..??
>
> Bisa pakai Macro dengan memanfaatkan Event Worksheet_Change
> File jawaban terlampir.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> jangan lupa aktifkan macronya
>
> ------------------------------
> *From:* Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Monday, 13 February 2012, 13:48
> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan
> peringatan..??
>
>
> Dear Kid,
>
>
> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas responnya.
> Tapi f4 bukanlah angka yg langsung diinput, tapi merupakan hasil
> penjumlahan (sum) dari beberapa kolom disampingnya (*A4, B4,C4,D4,E4*),
> seperti contoh telampir.
>
> Best regard,
>
> Im
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, February 10, 2012 5:57 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan
> peringatan..??
>
>
> Dear Imma,
>
> Coba manfaatkan fitur data validation, pilih allow-nya Custom, dan bagian
> Formula disi :
> =$F4<=$G4
>
> Regards,
> Kid.
>
> 2012/2/10 Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
>
> **
>
> *Dear Para Master dan Teman sekalian*
> *Kasusnya begini : saya ingin membatasi jumlah di kolom F4 tidak boleh
> melebihi angka di kolom G4, sementara nilai yang ada di kolom F4 adalah
> hasil penjumlahan dari beberapa sel (A4, B4,C4,D4,E4). Nah pada saat kita
> input nilai di salah satu sel antara A4 s.d. E4 yang menyebabkan nilai
> dikolom F4 melebihi angka di kolom G4 maka akan muncul pesan peringatan.
> Contoh file terlmapir.
> Mohon Pecerahannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
>
> *
> *Warm Regards
> Im
> *
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
2c.

Re: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan.

Posted by: "mr.nmkid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Feb 13, 2012 3:00 am (PST)



Ini saya lampirkan saja contohnya, mumpung bisa melampirkan.

Kid.

On Mon, Feb 13, 2012 at 17:56, mr.nmkid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

> Bukannya vba dari mas hendrik ini bisa dipenuhi oleh data validation ?
>
> Kid.
>
>
> On Mon, Feb 13, 2012 at 17:33, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Tanggal tambahin perintah Target.ClearContents seperti contoh terlampir.
>>
>> Salam,
>> Hendrik Karnadi
>>
>> ----- Forwarded Message -----
>> *From:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Sent:* Monday, 13 February 2012, 15:02
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan
>> peringatan..??
>>
>> Bisa pakai Macro dengan memanfaatkan Event Worksheet_Change
>> File jawaban terlampir.
>>
>> Salam,
>> Hendrik Karnadi
>>
>> jangan lupa aktifkan macronya
>>
>> ------------------------------
>> *From:* Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
>> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Sent:* Monday, 13 February 2012, 13:48
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan
>> peringatan..??
>>
>>
>> Dear Kid,
>>
>>
>> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas responnya.
>> Tapi f4 bukanlah angka yg langsung diinput, tapi merupakan hasil
>> penjumlahan (sum) dari beberapa kolom disampingnya (*A4, B4,C4,D4,E4*),
>> seperti contoh telampir.
>>
>> Best regard,
>>
>> Im
>>
>> ------------------------------
>> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, February 10, 2012 5:57 PM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan
>> peringatan..??
>>
>>
>> Dear Imma,
>>
>> Coba manfaatkan fitur data validation, pilih allow-nya Custom, dan bagian
>> Formula disi :
>> =$F4<=$G4
>>
>> Regards,
>> Kid.
>>
>> 2012/2/10 Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
>>
>> **
>>
>> *Dear Para Master dan Teman sekalian*
>> *Kasusnya begini : saya ingin membatasi jumlah di kolom F4 tidak boleh
>> melebihi angka di kolom G4, sementara nilai yang ada di kolom F4 adalah
>> hasil penjumlahan dari beberapa sel (A4, B4,C4,D4,E4). Nah pada saat
>> kita input nilai di salah satu sel antara A4 s.d. E4 yang menyebabkan nilai
>> dikolom F4 melebihi angka di kolom G4 maka akan muncul pesan peringatan.
>> Contoh file terlmapir.
>> Mohon Pecerahannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
>>
>> *
>> *Warm Regards
>> Im
>> *
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
3a.

Formula Penjumlahan Akumulasi by Date Range

Posted by: "Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w@yahoo.com   arie_b_w

Mon Feb 13, 2012 3:01 am (PST)



 Dear Pakar Excel,
 
Mohon pencerahannya untuk kasus saya terlampir, saya mencoba untuk menjumlahkan angka berdasarkan range tanggal dengan menggunakan sumifs hasilnya error, jika saya jumlahkan menggunakan vlookup maka rumusnya panjang sekali. Mohon solusinya, apakah saya harus merubah layout data Asalnya yha....
 
Untuk lebih jelasnya bisa melihat lampiran. terima kasih.
 
Regards,
 
Arie
3b.

Re: Formula Penjumlahan Akumulasi by Date Range

Posted by: "anton suryadi" summonery@yahoo.com   summonery

Mon Feb 13, 2012 8:29 am (PST)



Berbicara mengenai layout tabel database, saya pribadi lebih prefer untuk sebisa mungkin menyusun tabel database yang memanjang ke bawah daripada memanjang ke samping serta menggunakan pivot table untuk menghasilkan pre-reportingnya.

Untuk kasus ini, coba formula berikut:

=SUM(IF((Planning!$C$3:$T$3>=$D$1)*(Planning!$C$3:$T$3<=H$5),Planning!$C$4:$T$11,0)*(Planning!$A$4:$A$11=$A6))

File terlampir

>semoga bermanfaat

________________________________
From: Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 13, 2012 5:02 PM
Subject: [belajar-excel] Formula Penjumlahan Akumulasi by Date Range


 
 Dear Pakar Excel,
 
Mohon pencerahannya untuk kasus saya terlampir, saya mencoba untuk menjumlahkan angka berdasarkan range tanggal dengan menggunakan sumifs hasilnya error, jika saya jumlahkan menggunakan vlookup maka rumusnya panjang sekali. Mohon solusinya, apakah saya harus merubah layout data Asalnya yha....
 
Untuk lebih jelasnya bisa melihat lampiran. terima kasih.
 
Regards,
 
Arie
3c.

Re: Formula Penjumlahan Akumulasi by Date Range

Posted by: "Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w@yahoo.com   arie_b_w

Mon Feb 13, 2012 7:12 pm (PST)



Dh P. Anton,
 
Terima kasih formula anda memecahkan solusi saya yang selama setahun ini saya lakukan dengan formula yang panjang.... :)
 
Regards,
Arie

--- On Mon, 2/13/12, anton suryadi <summonery@yahoo.com> wrote:
Berbicara mengenai layout tabel database, saya pribadi lebih prefer untuk sebisa mungkin menyusun tabel database yang memanjang ke bawah daripada memanjang ke samping serta menggunakan pivot table untuk menghasilkan pre-reportingnya.

Untuk kasus ini, coba formula berikut:

=SUM(IF((Planning!$C$3:$T$3>=$D$1)*
(Planning!$C$3:$T$3<=H$5),Planning!$C$4:$T$11,0)*
(Planning!$A$4:$A$11=$A6))

File terlampir

>semoga bermanfaat

4.

FW: [belajar-excel] Format Field Mail Merge

Posted by: "jkssxls" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Feb 13, 2012 3:01 am (PST)



Dikirm ulang karena belum berhasil terkirim

From: jkssxls [mailto:jkssxls@hotmail.com]
Sent: Monday, February 13, 2012 2:28 PM
To: 'belajar-excel@yahoogroups.com'
Subject: RE: [belajar-excel] Mohon Pencerahannya

Description: cid:image001.jpg@01CCEA5B.AE2C3CC0

Description: cid:image002.png@01CCEA5B.AE2C3CC0

Description: cid:image003.png@01CCEA5B.AE2C3CC0

Description: cid:image004.png@01CCEA5B.AE2C3CC0

Description: cid:image005.png@01CCEA5B.AE2C3CC0

\@ à untuk tanggal

\@ "DD" à tanggal

\@ "MMM" à nama bulan , singkat

\@ "MMMM" à nama bulan , lengkap

\@ "YYYY" à tahun

Biasanya data Mail merge berupa Access.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Joe Dien
Sent: Monday, February 13, 2012 12:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mohon Pencerahannya

Dear Master exceller....

saya ingin mengambil data dari excell ke word.

yang menjadi pertannyaan saya adalah :

- Bisakah kita ambil data dari excell ke word hanya sebagian (di excell
tertulis 15 Januari 2012) kami hanya mau ambil bulannya saja/tahunnya saja
di word (januari/2012)

- bagaimana merubah data dari date ke Text (di excell 15 januari 2012) jika
di pindah ke word hanya muncul angka...

just informasi:

data ini kami ambil dari excell ke word menggunakan"Select data source"

saya harap exceller mengerti bahasa saya..... heeeee

mohon pencerahannya ya......

regards,

Joedien

5a.

Fungsi evaluasi

Posted by: "Ratno Hadi Suswanto" rh_suswanto@hotmail.com   rattip25

Mon Feb 13, 2012 3:06 am (PST)




Dear Be-exceler,

Fungsi apa yang tepat, untuk memberikan evaluasi sebagai berikut.
Sudah mencoba memakai fungsi IF, dan If-Hlookup tetapi hasil yang diperoleh jauh dari sempurna.

Thank a lot for your advice.

Best regards,
Ratno
5b.

Re: Fungsi evaluasi

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Mon Feb 13, 2012 8:12 am (PST)



(1)
Inti Masalah yg di-hadapi = tidak dikatakan di Badan Email
: kena pasal 'sekian' UUD Milis-ini.. lho mas...

(2)
Salah-satu jawabannya, cara klasik, dengan menggunakan
!! *Fungsi IF* (membedakan beberapa kondisi)
!! *Fungsi COUNTIF* (untuk *menghitung CACAH data* dlm range tertentu
sesuai kriterianya)

*=IF(COUNTIF(B2:P2, 420) > 0, "Buruk",*
* IF(COUNTIF(B2:P2, 400) > 0, "Baik",*
* IF(COUNTIF(B2:P2, 300) > 0, "Sangat Baik", "")))*
*
*
KALAU: data [*420*] diHITUNG B2:P2, ternyata cacahnya > 0 (bahasa
manusianya *= ADA!*); maka katakan "Buruk"
KALAU: data [*400*] diHITUNG B2:P2, ternyata cacahnya > 0 ; maka katakan
"Baik"
KALAU: data [*300*] diHITUNG B2:P2, ternyata cacahnya > 0 ; maka katakan
"Sangat Baik"
KALAU Ketiga Kondisi di atas itu ternyata SALAH SEMUA (tidak terpenuhi),
jangan ragu 'tuk katakan "" (=diam saja)

hormatkami
*Semprul.. Ki!*

*2012/2/13 Ratno Hadi Suswanto <rh_suswanto@hotmail.com>
*
>
> * *
> *Dear Be-exceler,
> Fungsi apa yang tepat, untuk memberikan evaluasi sebagai berikut.
> Sudah mencoba memakai fungsi IF, dan If-Hlookup tetapi hasil yang
> diperoleh jauh dari sempurna.
> Thank a lot for your advice.
> Best regards,
> Ratno*
>
6a.

Re: Mohon Pencerahannya

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Mon Feb 13, 2012 6:47 am (PST)



Di Word - nya, mungkin
{ MERGEFIELD Date_PKWT }
dapat anda ganti dengan:
{ Date_PKWT \@ "h:mm am/pm, dddd, MMMM d" }

Lebih lengkapnya.. anda dipersilakan mengunjungi minimal "salah dua" sites
ini (Kalau Mau!..)
http://www.ehow.com/how_4619985_numbers-ms-word-mail-merge.html
http://cybertext.wordpress.com/2009/06/27/word-change-date-format-from-excel-data/
http://www.gmayor.com/formatting_word_fields.htm
http://office.microsoft.com/en-us/word-help/date-time-picture-field-switch-HP005186227.aspx

sebagian kutipan dari Microsoft.com

*Date-Time format switch*
The Date-Time format switch (\@) specifies the display of a date or time.

For example, the switch \@ "dddd, MMMM d, yyyy" in the field { DATE \@
"dddd, MMMM d, yyyy" } displays "Friday, November 23, 2007." Combine the
following date and time instructions � day (d), month (M), and year (y);
hours (h) and minutes (m) � to build a date-time format. You can also
include text, punctuation, and spaces.

*Date instructions*

Month (M)

The letter M must be uppercase to distinguish months from minutes.

M This format item displays the month as a number without a leading 0
(zero) for single-digit months. For example, July is 7.
MM This format item displays the month as a number with a leading 0
(zero) for single-digit months. For example, July is 07.
MMM This format item displays the month as a three-letter abbreviation.
For example, July is Jul.
MMMM This format item displays the month as its full name.

Day (d)

The letter d displays the day of the month or the day of the week. The
letter dcan be either uppercase or lowercase.

d This format item displays the day of the week or month as a number
without a leading 0 (zero) for single-digit days. For example, the sixth
day of the month is displayed as 6.
dd This format item displays the day of the week or month as a number
with a leading 0 (zero) for single-digit days. For example, the sixth day
of the month is displayed as 06.
ddd This format item displays the day of the week or month as a
three-letter abbreviation. For example, Tuesday is displayed as Tue.
dddd This format item displays the day of the week as its full name.

Year (y)

The letter y displays the year as two or four digits. The letter y can be
either uppercase or lowercase.

yy This format item displays the year as two digits with a leading 0
(zero) for years 01 through 09. For example, 1999 is displayed as 99, and
2006 is displayed as 06.
yyyy This format item displays the year as four digits.

*Semprull.. Ki !*

*2012/2/13 Joe Dien <shimano02@ymail.com>
>
> Dear Master exceller....
> saya ingin mengambil data dari excell ke word.
> yang menjadi pertannyaan saya adalah :
> - Bisakah kita ambil data dari excell ke word hanya sebagian (di excell
tertulis 15 Januari 2012) kami hanya mau ambil bulannya saja/tahunnya saja
di word (januari/2012)
> - bagaimana merubah data dari date ke Text (di excell 15 januari 2012)
jika di pindah ke word hanya muncul angka...
>
> just informasi:
> data ini kami ambil dari excell ke word menggunakan"Select data source"
> saya harap exceller mengerti bahasa saya..... heeeee
> mohon pencerahannya ya......
> regards,
> Joedien*
6b.

Re: Mohon Pencerahannya

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Mon Feb 13, 2012 7:35 pm (PST)



oops salah...!
tertulis
dapat anda ganti dengan: { Date_PKWT \@ "h:mm am/pm, dddd, MMMM d" }
seharusnya
dapat anda ganti dengan: *{ Date_PKWT \@ "MMMM/YYYY" }*

On Mon, Feb 13, 2012 at 9:47 PM, Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com> wrote:

> Di Word - nya, mungkin
> { MERGEFIELD Date_PKWT }
> dapat anda ganti dengan: { Date_PKWT \@ "h:mm am/pm, dddd, MMMM d" }
>
> Lebih lengkapnya.. anda dipersilakan mengunjungi minimal "salah dua"
> sites ini (Kalau Mau!..)
> http://www.ehow.com/how_4619985_numbers-ms-word-mail-merge.html
>
> http://cybertext.wordpress.com/2009/06/27/word-change-date-format-from-excel-data/
> http://www.gmayor.com/formatting_word_fields.htm
>
> http://office.microsoft.com/en-us/word-help/date-time-picture-field-switch-HP005186227.aspx
>
>
7a.

Re: Fwd: [belajar-excel] List File Aray satu folder tanpa menuliskan

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Mon Feb 13, 2012 8:55 am (PST)



*dayat said:*
*>> Setelah diotak atik *
>> sFilePath = ThisWorkbook.Path & "\"
*>> maka saya ganti *
>> sFilePath = ThisWorkbook.Path & "\"

yang D-I-G-A-N-T-I apanya ya ??
dari aslinya menurut penglihatanku memang sudah bLegittu !

Mohon dengan sangat diberi penjelasan/ dijawab...

-i-

2012/2/13 nor hidayat <dayatshogun46@yahoo.co.id>
>
> Setelah diotak atik sFilePath = ThisWorkbook.Path & "\"
> maka saya ganti sFilePath = ThisWorkbook.Path & "\"
>
> Data ini berguna untuk setiap kita memindahkan folder maka yang yang di
> listkan isi folder itu saja tanpa menuliskan alamat.
> Terimakasih atas saran dan masukannya
>
> Salam
> Nor Hidayat
>
>
> --- Pada Sab, 11/2/12, i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> menulis:
> Bagaimana ya (dlm rangka memenuhi keinginan dayat).. kalau seandainya
> If LenB(sPath) = 0 Then
> sFilePath = ThisWorkbook.Path & "\"
> diganti dengan
> If LenB(sPath) = 0 Then
> sFilePath = CurDir & "\"
>
> kindest regards,
> - i -
>
8a.

Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook denga

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Mon Feb 13, 2012 6:40 pm (PST)



Be-Exceler,
Sesuai dengan subject di atas, proses yang aku kerjakan saat ini adalah:
1. membuat object QueryTable dari dengan memasukkan syntax SQL di propery
QueryTable.Commandtext
2. Hasil dari Query kemudian di buat pivot tablenya.

Pertanyaan:
1. Bagaimanakah caranya agar bisa dibuat object pivot table tanpa
menggunakan table bantuan berupa QueryTable (menghilangkan langkah nomer #1)

Saya sdh mencoba membuat PivotCache dengan cara di bawah, tetapi tidak
berhasil saat membuat PivotTable nya

Dim pvChace As PivotCache
Set pvChace = wbTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)
With pvChace
.Connection = sConn
.CommandText = ssql
.CommandType = xlCmdSql
End With
2. Apakah memang di excel 2007 .PivotCaches.Add diganti menjadi
.PivotCaches.Create

Wassalam
-zainul-
8b.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Feb 13, 2012 7:12 pm (PST)




coba ganti :Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else menjadi
If shtTarget.QueryTables.Count > 0 Then Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: zainul_ulum@yahoo.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 09:40:44 +0700
Subject: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook dengan VBA

Be-Exceler,

Sesuai dengan subject di atas, proses yang aku kerjakan saat ini adalah:

1. membuat object QueryTable dari dengan memasukkan syntax SQL di propery

QueryTable.Commandtext

2. Hasil dari Query kemudian di buat pivot tablenya.

Pertanyaan:

1. Bagaimanakah caranya agar bisa dibuat object pivot table tanpa

menggunakan table bantuan berupa QueryTable (menghilangkan langkah nomer #1)

Saya sdh mencoba membuat PivotCache dengan cara di bawah, tetapi tidak

berhasil saat membuat PivotTable nya

Dim pvChace As PivotCache

Set pvChace = wbTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)

With pvChace

.Connection = sConn

.CommandText = ssql

.CommandType = xlCmdSql

End With

2. Apakah memang di excel 2007 .PivotCaches.Add diganti menjadi

.PivotCaches.Create

Wassalam

-zainul-

8c.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Feb 13, 2012 7:27 pm (PST)



File Excel yang digunakan , mengacu pada Path yang lama , maka saat refresh dapat menimbulkan error. Untuk itu sebaiknya dihapus.
Caranya :ketik di range Box ( Name Box ) : TblPlanVsActualmaka Tabel TblPlanVsActual terpilih , lalu tekan [DEL] . akan muncul peringatan 'The range you deleted is associated with query .... 'pilih ( [command] ) Yes.

catatan : jika memindahkan file excel yang berisi Query, maka query akan mencari file excel pada folder sebelumnya.

From: jkssxls@hotmail.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 03:10:20 +0000

coba ganti :
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else

menjadi

If shtTarget.QueryTables.Count > 0 Then
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else

From: zainul_ulum@yahoo.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 09:40:44 +0700

Be-Exceler,
Sesuai dengan subject di atas, proses yang aku kerjakan saat ini adalah:

1. membuat object QueryTable dari dengan memasukkan syntax SQL di propery
QueryTable.Commandtext

2. Hasil dari Query kemudian di buat pivot tablenya.

Pertanyaan:

1. Bagaimanakah caranya agar bisa dibuat object pivot table tanpa
menggunakan table bantuan berupa QueryTable (menghilangkan langkah nomer #1)

Saya sdh mencoba membuat PivotCache dengan cara di bawah, tetapi tidak
berhasil saat membuat PivotTable nya

Dim pvChace As PivotCache
Set pvChace = wbTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)
With pvChace
.Connection = sConn
.CommandText = ssql
.CommandType = xlCmdSql
End With

2. Apakah memang di excel 2007 .PivotCaches.Add diganti menjadi

.PivotCaches.Create

Wassalam
-zainul-

8d.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Mon Feb 13, 2012 7:34 pm (PST)



Makasih infonya.

Untuk querytable tidak ada masalah Pak.

Yang jadi problem adalah tanpa menggunakan query table tetapi langsung ke
format pivot table.

Seharusnya bisa disetting di property CommandText di object PivotChace. Ini
yang belum bisa saya lakukan

Wassalam

-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of jkssxls Sudarsono
Sent: Tuesday, February 14, 2012 10:10 AM
To: Belajar-Excel Yahoo Groups
Subject: RE: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table
dalam satu workbook dengan VBA

coba ganti :
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else

menjadi

If shtTarget.QueryTables.Count > 0 Then
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam
satu sheet
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else

_____

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: zainul_ulum@yahoo.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 09:40:44 +0700
Subject: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table dalam
satu workbook dengan VBA

Be-Exceler,
Sesuai dengan subject di atas, proses yang aku kerjakan saat ini adalah:
1. membuat object QueryTable dari dengan memasukkan syntax SQL di propery
QueryTable.Commandtext
2. Hasil dari Query kemudian di buat pivot tablenya.

Pertanyaan:
1. Bagaimanakah caranya agar bisa dibuat object pivot table tanpa
menggunakan table bantuan berupa QueryTable (menghilangkan langkah nomer #1)

Saya sdh mencoba membuat PivotCache dengan cara di bawah, tetapi tidak
berhasil saat membuat PivotTable nya

Dim pvChace As PivotCache
Set pvChace = wbTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)
With pvChace
.Connection = sConn
.CommandText = ssql
.CommandType = xlCmdSql
End With
2. Apakah memang di excel 2007 .PivotCaches.Add diganti menjadi
.PivotCaches.Create

Wassalam
-zainul-

8e.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Mon Feb 13, 2012 7:49 pm (PST)



Kalo file dipindah ke computer lain atau folder lain
Untuk refresh, menggunakan tombol [Plan Versus Actual] di sheet PlanVsActua$

Karena sudah diset di syntax:

strFileXls = ActiveWorkbook.FullName
strPath = ActiveWorkbook.Path

sConn = _
"ODBC;DSN=Excel Files;DBQ=" & strFileXls & ";" & _
"DriverId=1046;" & _
"MaxBufferSize=2048;PageTimeout=5;"

-----Original Message-----
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of jkssxls Sudarsono
Sent: Tuesday, February 14, 2012 10:23 AM
To: Belajar-Excel Yahoo Groups
Subject: RE: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table
dalam satu workbook dengan VBA

File Excel yang digunakan , mengacu pada Path yang lama , maka saat refresh
dapat menimbulkan error. Untuk itu sebaiknya dihapus.
Caranya :ketik di range Box ( Name Box ) : TblPlanVsActualmaka Tabel
TblPlanVsActual terpilih , lalu tekan [DEL] . akan muncul peringatan 'The
range you deleted is associated with query .... 'pilih ( [command] ) Yes.

catatan : jika memindahkan file excel yang berisi Query, maka query akan
mencari file excel pada folder sebelumnya.

From: jkssxls@hotmail.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 03:10:20 +0000

coba ganti :
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else

menjadi

If shtTarget.QueryTables.Count > 0 Then
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam
satu sheet
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refresh
Else

From: zainul_ulum@yahoo.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 09:40:44 +0700

Be-Exceler,
Sesuai dengan subject di atas, proses yang aku kerjakan saat ini adalah:

1. membuat object QueryTable dari dengan memasukkan syntax SQL di propery
QueryTable.Commandtext

2. Hasil dari Query kemudian di buat pivot tablenya.

Pertanyaan:

1. Bagaimanakah caranya agar bisa dibuat object pivot table tanpa
menggunakan table bantuan berupa QueryTable (menghilangkan langkah nomer #1)

Saya sdh mencoba membuat PivotCache dengan cara di bawah, tetapi tidak
berhasil saat membuat PivotTable nya

Dim pvChace As PivotCache
Set pvChace = wbTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)
With pvChace
.Connection = sConn
.CommandText = ssql
.CommandType = xlCmdSql
End With

2. Apakah memang di excel 2007 .PivotCaches.Add diganti menjadi

.PivotCaches.Create

Wassalam
-zainul-

------------------------------------

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo!
Groups Links

8f.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Feb 13, 2012 9:01 pm (PST)



Kalau sudah ada ( Err.number = 0 ) , maka yang dijalankan adalah yang Refresh Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refreshjadi tergantung pada letak file ( excel ) . Jika Ada , maka tak muncul error ... '====untuk Pivotcache :Dim pvChace As PivotCache
Set pvChace = rgTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)
With pvChace
.Connection = sConn
.CommandText = ssql
.CommandType = xlCmdSql
End With
Jika QueryTable tak ada , maka hasil kosong. Jika Sudah Ada , hasil akan muncul sesuai yang diinginkan

From: zainul_ulum@yahoo.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 10:49:43 +0700

Kalo file dipindah ke computer lain atau folder lain
Untuk refresh, menggunakan tombol [Plan Versus Actual] di sheet PlanVsActua$

Karena sudah diset di syntax:
strFileXls = ActiveWorkbook.FullName
strPath = ActiveWorkbook.Path
sConn = _
"ODBC;DSN=Excel Files;DBQ=" & strFileXls & ";" & _
"DriverId=1046;" & _
"MaxBufferSize=2048;PageTimeout=5;"

9a.

Re: Mendeteksi Data yang Sama

Posted by: "sin.ur4t" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Mon Feb 13, 2012 7:47 pm (PST)



Yth. Mr. Kid & Ki Semprul, terima kasih bnyk atas atensi dan pencerahannya.
Rumus dari Mr. Kid sdh dicoba dan berfungsi. Pada dasarnya masalah yg sekarang kami hadapi sdh terselesaikan!!!
Ketidakpuasan muncul bukan disebabkan oleh antena pemancar, tapi dasar pesawat tivi sini yg 'lemot'..
'Hakikat' dari rumus yg ditawarkan itu blm mampu kami tangkap :D.
Fungsi row, small(if(...), LOOKUP, Large itu msh membingungkan..
Apa beda antara rumus =row(A3:A10) dengan =row(3:10)??. Rumus Lookup jg msh sulit difahami, sdh coba buka2 file lama di grup ini tapi tetap blm mudeng..

Untuk ki semprul kayaknya rumusnya jg keren dan menarik, tapi gak bisa dicoba disini, krn kami msh pakai 'MS Excel 2003'.. Salah kami sendiri ya, knp jg gak dikasih tau dari kemaren hehe..

Sekali lagi terima kasih utk kedua master :)
Salam...
Imam F. Sinurat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, sin.ur4t@... wrote:
>
> salam be excel...
> Langsung saja, mohon pencerahannya ttg bagaimana cara mendeteksi data yg sama dari sederetan data.
> kasus yg sy hadapi sprt ini:
> Sel A3 s/d A10 terurut dari atas ke bawah masing-masing berisi data: 2,4,7,5,0,7,1,7.
>
> Pertanyaan 1:
> Pd suatu sel akan ditulis rumus: kapan terakhir kali muncul data yg sama dgn isi sel A10?? Jawabannya adalah 2..
> Maksudnya, sblm sel A10, angka 7 muncul terakhir kali pada sel A8 yg jaraknya 2 baris sebelum sel A10.
>
> Pertanyaan 2:
> Pd suatu sel akan ditulis rumus: pada sel mana saja muncul angka 7?? Jawabannya adlh sel A5,A8,A10.
>
> Maaf pertanyaan ini disampaikan tanpa lampiran.
> Mohon dibantu, ini sangat penting bagi kami. Trm ksh sblmnya atas pencerahan rekan2.
>
> Salam hormat,
> Imam F. Sinurat - Sumut

9b.

Re: Mendeteksi Data yang Sama

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Mon Feb 13, 2012 8:06 pm (PST)



Ysh Pak Sin Urat

Terlampir workbook yg sudah di konversi menjadi XLS (spreadsheet Excel
97-2003)

Catatan
Karena di workbook versi sebelumnya ada / menggunakan fungsi IFFERROR
=IFERROR(ADDRESS(SMALL(IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10)),ROW(1:8)),COLUMN(A3:A10),4),"")
(yg tak dikenal di excel 2003); maka kita ganti mejadi spt ini:

=IF(ISERR(SMALL(IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10)),ROW(1:8))),"",
ADDRESS(SMALL(IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10)),ROW(1:8)),COLUMN(A3:A10),4))
Jika rumus *pengurutan* menghasilkan Error- Values, maka tampilkan hasil
BLANK (""), (jika TIDAK) tampilkan hasil rumus ADDRESS....

semoga ber mang-fangat...

Ki Semprul
Semprul.. Ki!

*2012/2/14 sin.ur4t <sin.ur4t@yahoo.com>
*
>
> * *
>
> *Yth. Mr. Kid & Ki Semprul, terima kasih bnyk atas atensi dan
> pencerahannya.
> Rumus dari Mr. Kid sdh dicoba dan berfungsi. Pada dasarnya masalah yg
> sekarang kami hadapi sdh terselesaikan!!!
> Ketidakpuasan muncul bukan disebabkan oleh antena pemancar, tapi dasar
> pesawat tivi sini yg 'lemot'..
> 'Hakikat' dari rumus yg ditawarkan itu blm mampu kami tangkap :D.
> Fungsi row, small(if(...), LOOKUP, Large itu msh membingungkan..
> Apa beda antara rumus =row(A3:A10) dengan =row(3:10)??. Rumus Lookup jg
> msh sulit difahami, sdh coba buka2 file lama di grup ini tapi tetap blm
> mudeng..
>
> Untuk ki semprul kayaknya rumusnya jg keren dan menarik, tapi gak bisa
> dicoba disini, krn kami msh pakai 'MS Excel 2003'.. Salah kami sendiri ya,
> knp jg gak dikasih tau dari kemaren hehe..
>
> Sekali lagi terima kasih utk kedua master :)
> Salam...
> Imam F. Sinurat*
>
9c.

Re: Mendeteksi Data yang Sama

Posted by: "sin.ur4t" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Mon Feb 13, 2012 8:58 pm (PST)



Btw, ternyata ada ya fungsi "Address" yg mampu mendeteksi alamat sel.. Kayaknya kedua ide dari mr. Kid n ki semprul kalo digabungkan pasti seru, sayangnya kami blm mampu mengambil 'intisari' dari keduanya hehe..

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, sin.ur4t@... wrote:
>
> salam be excel...
> Langsung saja, mohon pencerahannya ttg bagaimana cara mendeteksi data yg sama dari sederetan data.
> kasus yg sy hadapi sprt ini:
> Sel A3 s/d A10 terurut dari atas ke bawah masing-masing berisi data: 2,4,7,5,0,7,1,7.
>
> Pertanyaan 1:
> Pd suatu sel akan ditulis rumus: kapan terakhir kali muncul data yg sama dgn isi sel A10?? Jawabannya adalah 2..
> Maksudnya, sblm sel A10, angka 7 muncul terakhir kali pada sel A8 yg jaraknya 2 baris sebelum sel A10.
>
> Pertanyaan 2:
> Pd suatu sel akan ditulis rumus: pada sel mana saja muncul angka 7?? Jawabannya adlh sel A5,A8,A10.
>
> Maaf pertanyaan ini disampaikan tanpa lampiran.
> Mohon dibantu, ini sangat penting bagi kami. Trm ksh sblmnya atas pencerahan rekan2.
>
> Salam hormat,
> Imam F. Sinurat - Sumut
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Learn about issues

Find support

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Dog Lovers Group

Connect and share with

dog owners like you

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar