Kamis, 18 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1853

15 New Messages

Digest #1853
1a
Re: Tanya: Rekapitulasi data dengan Macro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: Tanya: Rekapitulasi data dengan Macro by "M. Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah
1d
Re: Tanya: Rekapitulasi data dengan Macro by "M. Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah
1e
Re: Tanya: Rekapitulasi data dengan Macro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
2b
Re: trial material substore gudang by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: solusi dengan filter, formula atau macro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Ask Macro Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
warna baris by "Dede Suparman" dede_suparman111
5b
Re: warna baris by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
merubah format laporan by "tuti andrayani" andrayani_lee
6b
Re: merubah format laporan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7b
Re: RUMUS URUT DATA OTOMATIS by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Oct 17, 2012 10:35 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Odhy,

Coba pada sheet1 cell B3 :
>> kalau angka 1500 dengan pemisah ribuan di komputer Anda ditulis sebagai
1,500 -> artinya setting regional Inggris maka bisa pakai formula apa
adanya (bisa copas)
>> kalau ternyata 1500 dengan pemisah desimal di komputer Anda ditulis
sebagai 1.500 -> setting regional Indonesia, maka ganti semua tanda koma
(,) dalam formula menjadi titik koma (;)
>> Formulanya :
=SUMIFS('BPPB Report'!$G:$G,'BPPB Report'!$C:$C,$A3,'BPPB Report'!$B:$B,B$2)

>> kemudian klik kanan cell B3 -> format cells -> tab number -> pilih
custom -> tulis di textbox :
general;-general;
>> Setelah itu, copy formula B3 ke seluruh cell di B3:T18

Kalau mau buat macro, coba :
1. save as file lebih dulu, pilih save as type adalah .xlsm atau .xlsb atau
.xls, kemudian tekan save
2. ke VBE (tekan ALT F11)
3. menu Insert -> pilih Module -> hasilnya, akan muncul Module1 di sisi
kiri layar (frame Project Explorer)
4. double click si Module1 yang baru saja terbentuk
5. ke lembar kanannya dan tulis prosedur berikut : (sesuaikan penggunaan
koma (,) dengan setting regional setempat)
public sub *BuatRekap*()
range("b3:t18").formula = "=SUMIFS('BPPB Report'!$G:$G,'BPPB
Report'!$C:$C,$A3,'BPPB Report'!$B:$B,B$2)"
activesheet.calculate
range("b3:t18").value=range("b3:t18").value
range("b3:t18").numberformat = "General;-General;"
end sub

6. kembali ke worksheet (ALT F11) dan save (CTRL S)
7. klik sebuah cell di sheet hasil rekap -> jalankan macro (ALT F8) ->
pilih nama prosedurnya tadi '*BuatRekap*' -> tekan Run

Mau buat tombolnya ?
1. insert sebuah shape dengan ribbon Insert -> pilih Shape -> pilih
rectangle misalnya -> gambar di worksheet
2. klik kanan si shape tadi -> pilih Assign Macro -> pilih nama prosedurnya
'*BuatRekap*' -> tekan OK
3. klik sebuah cell di sheet1, kemudian klik si shape
4. save workbook (CTRL S)

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Master,
> Mohon bantuan membuat Rekapitulasi data dengan menggunakan Macro.
> untuk penjelesannya pada file terlampir.
> terimakasih,
>
> odhy
>
>
>
>
>

Wed Oct 17, 2012 10:36 pm (PDT) . Posted by:

"M. Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah

Dear Pak Odhy,

Maaf bukan ahli macro, jadi saya coba menjawab hanya dengan formula ya..
Formulanya :
=SUMIFS('BPPB Report'!$G:$G,'BPPB Report'!$C:$C,Sheet1!$A3,'BPPB
Report'!$B:$B,Sheet1!B$2)

wassalam,

File terlampir

> Dear Master,
> Mohon bantuan membuat Rekapitulasi data dengan menggunakan Macro.
> untuk penjelesannya pada file terlampir.
> terimakasih,
>
> odhy

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________

Wed Oct 17, 2012 10:36 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hai odhy,

saya ingin menanggapi thread ini..

1. sebaiknya laporan dibuat dari data base (tabel yang berkaidah data
base), bukan laporan dibuat dari laporan,
oleh sebab itu pada sheet BPP Report datanya saya ubah supaya berkaidah
data base.

2. kalo saya pribadi, macro adalah pilihan terakhir saat formula sudah
tidak lagi mampu mengakomodir keinginan kita
jadi saya menawarkan alternatif pertama adalah dengan formula, pada kasus
ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan:
SumProdut, SumIfS, atau array formula Sum ( If () )

=SUMPRODUCT(('BPPB Report'!$C$9:$C$287=Sheet1!$A3)*('BPPB
Report'!$B$9:$B$287=Sheet1!B$2)*('BPPB Report'!$G$9:$G$287))

3. kalo solusi dari saya dengan menggunakan formula di file terlampir tidak
berkenan di hati bapak.. insya Allah nanti akan saya buatkan macronya,
mungkin ke depannya akan saya tulis dengan panjang lebar logika programnya,
karena sebagian member (--bukan di millis ini ya--) maunya hanya terima
jadi, copas ke wbk yang baru tanpa mengetahui (--atau tidak ingin tau--)
bagaimana cara kerja kode tersebut.
*yang poin 3 : ini uneg-uneg saya pribadi*

maaf kalo saya cerewet hehehe ^_^

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 18 Oktober 2012 11:40, rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Dear Master,
> Mohon bantuan membuat Rekapitulasi data dengan menggunakan Macro.
> untuk penjelesannya pada file terlampir.
> terimakasih,
>
> odhy
>
>
>
>
>

Wed Oct 17, 2012 10:46 pm (PDT) . Posted by:

"M. Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah

Maaf OTT,

Selama ini kl mau paste value formula yg saya gunakan :

Range("A1").select
selection.copy
selection.pastespecial xlpastevalues

Ternyata ada yg lebih simple :
Range("A1").value = Range("A1").value

(begitu terbahaknya melihat perkembangan rumus yg semakin woow..x_x)
*Motifasi untuk terus belajar.

makasi Mr.Kid,

wassalam,
Ferdy

> Pak Odhy,
>
> Coba pada sheet1 cell B3 :
>>> kalau angka 1500 dengan pemisah ribuan di komputer Anda ditulis sebagai
> 1,500 -> artinya setting regional Inggris maka bisa pakai formula apa
> adanya (bisa copas)
>>> kalau ternyata 1500 dengan pemisah desimal di komputer Anda ditulis
> sebagai 1.500 -> setting regional Indonesia, maka ganti semua tanda koma
> (,) dalam formula menjadi titik koma (;)
>>> Formulanya :
> =SUMIFS('BPPB Report'!$G:$G,'BPPB Report'!$C:$C,$A3,'BPPB
> Report'!$B:$B,B$2)
>
>>> kemudian klik kanan cell B3 -> format cells -> tab number -> pilih
> custom -> tulis di textbox :
> general;-general;
>>> Setelah itu, copy formula B3 ke seluruh cell di B3:T18
>
> Kalau mau buat macro, coba :
> 1. save as file lebih dulu, pilih save as type adalah .xlsm atau .xlsb
> atau
> .xls, kemudian tekan save
> 2. ke VBE (tekan ALT F11)
> 3. menu Insert -> pilih Module -> hasilnya, akan muncul Module1 di sisi
> kiri layar (frame Project Explorer)
> 4. double click si Module1 yang baru saja terbentuk
> 5. ke lembar kanannya dan tulis prosedur berikut : (sesuaikan penggunaan
> koma (,) dengan setting regional setempat)
> public sub *BuatRekap*()
> range("b3:t18").formula = "=SUMIFS('BPPB Report'!$G:$G,'BPPB
> Report'!$C:$C,$A3,'BPPB Report'!$B:$B,B$2)"
> activesheet.calculate
> range("b3:t18").value=range("b3:t18").value
> range("b3:t18").numberformat = "General;-General;"
> end sub
>
> 6. kembali ke worksheet (ALT F11) dan save (CTRL S)
> 7. klik sebuah cell di sheet hasil rekap -> jalankan macro (ALT F8) ->
> pilih nama prosedurnya tadi '*BuatRekap*' -> tekan Run
>
> Mau buat tombolnya ?
> 1. insert sebuah shape dengan ribbon Insert -> pilih Shape -> pilih
> rectangle misalnya -> gambar di worksheet
> 2. klik kanan si shape tadi -> pilih Assign Macro -> pilih nama
> prosedurnya
> '*BuatRekap*' -> tekan OK
> 3. klik sebuah cell di sheet1, kemudian klik si shape
> 4. save workbook (CTRL S)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/18 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear Master,
>> Mohon bantuan membuat Rekapitulasi data dengan menggunakan Macro.
>> untuk penjelesannya pada file terlampir.
>> terimakasih,
>>
>> odhy
>>
>>
>>
>>
>>
>

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________

Wed Oct 17, 2012 10:55 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sama-sama.
Hati-hati dalam menggunakan value=value pada cell yang di-merge

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 M. Ferdiansyah <muh_ferdy@pusri.co.id>

> **
>
>
> Maaf OTT,
>
> Selama ini kl mau paste value formula yg saya gunakan :
>
> Range("A1").select
> selection.copy
> selection.pastespecial xlpastevalues
>
> Ternyata ada yg lebih simple :
> Range("A1").value = Range("A1").value
>
> (begitu terbahaknya melihat perkembangan rumus yg semakin woow..x_x)
> *Motifasi untuk terus belajar.
>
> makasi Mr.Kid,
>
> wassalam,
> Ferdy
>
>
> > Pak Odhy,
> >
> > Coba pada sheet1 cell B3 :
> >>> kalau angka 1500 dengan pemisah ribuan di komputer Anda ditulis sebagai
> > 1,500 -> artinya setting regional Inggris maka bisa pakai formula apa
> > adanya (bisa copas)
> >>> kalau ternyata 1500 dengan pemisah desimal di komputer Anda ditulis
> > sebagai 1.500 -> setting regional Indonesia, maka ganti semua tanda koma
> > (,) dalam formula menjadi titik koma (;)
> >>> Formulanya :
> > =SUMIFS('BPPB Report'!$G:$G,'BPPB Report'!$C:$C,$A3,'BPPB
> > Report'!$B:$B,B$2)
> >
> >>> kemudian klik kanan cell B3 -> format cells -> tab number -> pilih
> > custom -> tulis di textbox :
> > general;-general;
> >>> Setelah itu, copy formula B3 ke seluruh cell di B3:T18
> >
> > Kalau mau buat macro, coba :
> > 1. save as file lebih dulu, pilih save as type adalah .xlsm atau .xlsb
> > atau
> > .xls, kemudian tekan save
> > 2. ke VBE (tekan ALT F11)
> > 3. menu Insert -> pilih Module -> hasilnya, akan muncul Module1 di sisi
> > kiri layar (frame Project Explorer)
> > 4. double click si Module1 yang baru saja terbentuk
> > 5. ke lembar kanannya dan tulis prosedur berikut : (sesuaikan penggunaan
> > koma (,) dengan setting regional setempat)
> > public sub *BuatRekap*()
>
> > range("b3:t18").formula = "=SUMIFS('BPPB Report'!$G:$G,'BPPB
> > Report'!$C:$C,$A3,'BPPB Report'!$B:$B,B$2)"
> > activesheet.calculate
> > range("b3:t18").value=range("b3:t18").value
> > range("b3:t18").numberformat = "General;-General;"
> > end sub
> >
> > 6. kembali ke worksheet (ALT F11) dan save (CTRL S)
> > 7. klik sebuah cell di sheet hasil rekap -> jalankan macro (ALT F8) ->
> > pilih nama prosedurnya tadi '*BuatRekap*' -> tekan Run
>
> >
> > Mau buat tombolnya ?
> > 1. insert sebuah shape dengan ribbon Insert -> pilih Shape -> pilih
> > rectangle misalnya -> gambar di worksheet
> > 2. klik kanan si shape tadi -> pilih Assign Macro -> pilih nama
> > prosedurnya
> > '*BuatRekap*' -> tekan OK
>
> > 3. klik sebuah cell di sheet1, kemudian klik si shape
> > 4. save workbook (CTRL S)
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/10/18 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>
> >
> >> **
>
> >>
> >>
> >> Dear Master,
> >> Mohon bantuan membuat Rekapitulasi data dengan menggunakan Macro.
> >> untuk penjelesannya pada file terlampir.
> >> terimakasih,
> >>
> >> odhy
> >>
> >>
> >>
> >>
> >>
> >
>
> ____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
> Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
> is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
> forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
> allow it to be viewed by any individual not originally listed as
> a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
> immediately notify the sender and delete this message. The opinions
> expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
> sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
> ____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
>
>
>

Wed Oct 17, 2012 10:51 pm (PDT) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

be-exceller, mr. kid

Saya coba hanya dengan membatasi kolom B,C,D dengan protect sheet tapi ada muncul error

.offset(0, 3).Value = Now

mohon 
supportnya

amin

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 18 Oktober 2012 8:25
Judul: Re: [belajar-excel] trial material substore gudang


 
Biasanya dengan VBA memanfaatkan event change pada worksheet.
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    With Target
        If .Count = 1 Then
            If .Column = 1 Then
                If .Row > 1 Then
                    .Offset(0, 3).Value = Now
                End If
            End If
        End If
    End With
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>


>be-exceller

>dengan tidak mengurangi rasa hormat, yang saya maksud kan otomatis mengisi tanggal dan jam pada waktu kolom A diisi dan tanggal dan jam akan diisi dikolom G
>
>
>Terimakasih atas supportnya
>
>
>
>
>amin
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Kamis, 18 Oktober 2012 7:38
>
>Judul: Re: [belajar-excel] trial material substore gudang
>
>
>

>Pak Amin,

>File terlampir ada penambahan jam & jam
Input.
>semoga sesuai yg dimaksud


>Bagus


>----- Original Message -----
>>From: ngademin Thohari
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Wednesday, October 17, 2012 4:20 PM
>>Subject: Bls: [belajar-excel] trial material substore gudang
>>
>> 
>>Pak bagus,
>>
>>
>>caranya untuk menampilkan tanggal dan jam inputnya bagaimana ya?
>>
>>
>>terima kasih
>>
>>
>>Dwi Amin
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Rabu, 17 Oktober 2012 14:05
>>Judul: Re: [belajar-excel] trial material substore gudang
>>
>>
>> 
>>Dear Pak Thoha;
>> 
>>Apakah seperti file terlampir..?
>> 
>> 
>>Bagus
>> 
>> 
>>----- Original Message -----
>>>From: ngademin Thohari
>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Sent: Monday, October 15, 2012 6:21 PM
>>>Subject: [belajar-excel] trial material substore gudang
>>>
>>> 
>>>be-exceller
>>>
>>>
>>>saya akan membuat data gudang, tapi belum mendapat bentuk yang sesuai dengan harapan, data ini hanya mewakili 1 konsumen saja, tapi konsumen ditempat saya ada beberapa, jadi mohon penjelantahannya
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Terima kasih atas dukungannya
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>amin
>>
>>
>
>

Wed Oct 17, 2012 10:58 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :
1. UnProtect dulu sheetnya
2. Sebelum baris berbunyi :
With Target
tambahkan baris berikut ini :
activesheet.protect "ganti yang merah ini dengan passwordnya",
userinterfaceonly:=true

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>

> **
>
>
> be-exceller, mr. kid
>
> Saya coba hanya dengan membatasi kolom B,C,D dengan protect sheet tapi ada
> muncul error
>
> .offset(0, 3).Value = Now
>
> mohon
> supportnya
>
>
> amin
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 18 Oktober 2012 8:25
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] trial material substore gudang
>
>
> Biasanya dengan VBA memanfaatkan event change pada worksheet.
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> With Target
> If .Count = 1 Then
> If .Column = 1 Then
> If .Row > 1 Then
> .Offset(0, 3).Value = Now
> End If
> End If
> End If
> End With
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/18 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>
> **
>
> be-exceller
>
> dengan tidak mengurangi rasa hormat, yang saya maksud kan otomatis mengisi
> tanggal dan jam pada waktu kolom A diisi dan tanggal dan jam akan diisi
> dikolom G
>
> Terimakasih atas supportnya
>
>
> amin
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Bagus <bagus@kingjim.co.id>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 18 Oktober 2012 7:38
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] trial material substore gudang
>
>
> Pak Amin,
>
> File terlampir ada penambahan jam & jam Input.
> semoga sesuai yg dimaksud
>
>
> Bagus
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, October 17, 2012 4:20 PM
> *Subject:* Bls: [belajar-excel] trial material substore gudang
>
>
> Pak bagus,
>
> caranya untuk menampilkan tanggal dan jam inputnya bagaimana ya?
>
> terima kasih
>
> Dwi Amin
>
> ------------------------------
> *Dari:* Bagus <bagus@kingjim.co.id>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 17 Oktober 2012 14:05
> *Judul:* Re: [belajar-excel] trial material substore gudang
>
>
> Dear Pak Thoha;
>
> Apakah seperti file terlampir..?
>
>
> Bagus
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, October 15, 2012 6:21 PM
> *Subject:* [belajar-excel] trial material substore gudang
>
>
> be-exceller
>
> saya akan membuat data gudang, tapi belum mendapat bentuk yang sesuai
> dengan harapan, data ini hanya mewakili 1 konsumen saja, tapi konsumen
> ditempat saya ada beberapa, jadi mohon penjelantahannya
>
>
> Terima kasih atas dukungannya
>
>
> amin
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Oct 17, 2012 11:04 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Luthfie,

Bagian yang merah adalah penggunaan fungsi Index dan Match dalam VBA.
Jika penggunaan sebuah fungsi melalui worksheetfunction dalam VBA menghasilkan
error value, maka akan muncul pesan error.
Coba sebelum baris yang di-merah tersebut diberi :
On Error Resume Next

Nanti akan tampak hasilnya tidak sesuai harapan karena ada data yang
error alias
hasil formulanya error.
Kemudian, perbaiki area data dalam sheet yang dirujuk oleh baris yang
dimerah.

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 luthfie_27 <luthfie_27@yahoo.co.id>

> Cells(r, 12).Value =
> > Application.WorksheetFunction.Index(Range(Sheet1.Cells(6, 5),
> > Sheet1.Cells(idxRowAHS, 5)), _
> > Application.WorksheetFunction.Match(Sheet2.Cells(r, 2),
> > Range(Sheet1.Cells(6, 3), Sheet1.Cells(idxRowAHS, 3)), 0))

Wed Oct 17, 2012 11:32 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Masih belum ada contoh workbook dengan beberapa baris data contoh.
Asumsi :
- proses dijalankan dari workbook Y yang didalamnya ada proses membuka
workbook X
- tidak ada formula yang saling tergantung

1. Jika ada nama range dalam sheet yang akan dihapus, definisikan nama
range dimulai dari baris 1 atau baris headernya
2. Jika ada nama range dalam sheet yang akan dihapus, delete data mulai
baris 2 (offset 1 baris dari usedrange) dan hindari penggunaan clear cont
ents
3. Proses copy paste :
>> Copy data dari sheet sumbernya [misal dari sheet 2] (selain header)
dengan offset 1 baris dari usedrange
>> PasteSpecial values ke tujuan [misal ke sheet 1] pada cell A2
>> kemudian definisikan ulang nama range (jika ada namarange)
4. Lakukan hal ini untuk sheet lainnya sesuai kebutuhan.
5. Pada proses import data dari txt, bersihkan area yang tidak berisi data.
6. Hindari penggunaan formula link antar workbook baik dalam cell formula
maupun named range refers to.

Wassalam,
Kid.

2012/10/12 fehlerfinder@ymail.com <fehlerfinder@ymail.com>

> **
>
>
> Dear all masters,
>
> Minggu yang lalu saya mencoba membuat macro excel pada sebuah workbook Y,
> yang akan mengubah isi dari workbook X, cara kerjanya sebagai berikut :
>
> 1. unhide sheets pada Workbook X (ada 14 sheets)
> 2. data pada sheet kedua di-copy paste ke sheet pertama, sheet ketiga
> di-copy paste ke sheet kedua, dst sampai sheet 7, kemudian sheet 7
> dikosongkan.
> 3. data pada sheet kesembilan di-copy paste ke sheet ke delapan, data pada
> sheet kesepuluh dicopy paste ke sheet sembilan, dst sampai sheet 14,
> kemudian sheet 14 dikosongkan.
> 4. sheet 7 mengambil import txt file dari lokasi tertentu, begitu pula
> dengan sheet 14.
> 5. pada sheet terakhir (yang tidak di hidden sebelumnya), satu kolom
> di-sort from Largest to smallest.
> 6. keempat belas sheets yg sebelumnya di-hidden kembali di-hide.
>
> namun setelah saya perhatikan, setiap saya menggunakan macro tersebut,
> ukuran file workbook X menjadi tambah besar(rata-rata bertambah 3MB dari
> besar file sebelumnya). berbeda jika dengan menggunakan cara manual untuk
> mengerjakan semua langkah di atas (besar file cenderung konstan). apakah
> memang ada pengaruhnya ? kira-kira saya harus mengatasinya bagaimana ?
>
> terimakasih.
>
> Mila
>
> --- Mods ---
> Lampiran sebuah workbook berisi seluruh kegiatan yang sudah dicapai akan
> banyak manfaatnya
> ------------
>
>

Wed Oct 17, 2012 11:34 pm (PDT) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

Dear Para master dan be-excel, mau bertanya file terlampir
terimakasih sebelumnya.(file dimabil dari milis)

--- Mods ---
Sepertinya si file tercecer.
BeExceller sedaya,
harap sabar menunggu susulan file-nya ya.
------------

Wed Oct 17, 2012 11:52 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Karena belum ada juga susulan filenya, dikira-kira saja.
File terlampir adalah perkiraan tentang warna baris. Siapa tahu sesuai yang
diharapkan.
Kalau warna baris berdasar nilai disuatu kolom tertentu, maka ubah formula
yang digunakan oleh cara 2 atau cara 3 agar pewarnaan berdasar nilai kolom
yang ada di dalam formulanya conditional formatting.

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Para master dan be-excel, mau bertanya file terlampir
> terimakasih sebelumnya.(file dimabil dari milis)
>
> --- Mods ---
> Sepertinya si file tercecer.
> BeExceller sedaya,
> harap sabar menunggu susulan file-nya ya.
> ------------
>
>

Thu Oct 18, 2012 12:51 am (PDT) . Posted by:

"tuti andrayani" andrayani_lee

Dear Execelers ....

Mohon pencerahan jika saya punya data

Nama Konsumen Alamat Kota  Propinsi
A Jl. Baturaden No.15 Ciwastra Bandung Jawa Barat
B Jl. Sasak Gantung No.11 Semarang Jawa Tengah
C Jl. Raya Barat No. 1 Surabaya Jawa Timur
dst      
dimana konsumennya ada ribuan

dan saya ingin merubah format laporannya menjadi :

Nama Konsumen Alamat Klasifikasi 
A Jl. Baturaden No.15 Ciwastra Alamat
  Bandung Kota 
  Jawa Barat Propinsi
B Jl. Sasak Gantung No.11 Alamat
  Semarang Kota 
  Jawa Tengah Propinsi
C Jl. Raya Barat No. 1 Alamat
  Surabaya Kota

  Jawa Timur Propinsi

Bagaimana ya cara otomatisnya, karena kalau manual diinsert row dan copy transpose terlalu lama

Thanks
Tuti

Thu Oct 18, 2012 1:26 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 tuti andrayani <andrayani_lee@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Execelers ....
>
> Mohon pencerahan jika saya punya data
>
> Nama Konsumen Alamat Kota Propinsi A Jl. Baturaden No.15 Ciwastra
> Bandung Jawa Barat B Jl. Sasak Gantung No.11 Semarang Jawa Tengah C Jl.
> Raya Barat No. 1 Surabaya Jawa Timur dst
> dimana konsumennya ada ribuan
>
> dan saya ingin merubah format laporannya menjadi :
> Nama Konsumen Alamat Klasifikasi A Jl. Baturaden No.15 Ciwastra Alamat
> Bandung Kota Jawa Barat Propinsi B Jl. Sasak Gantung No.11 Alamat
> Semarang Kota Jawa Tengah Propinsi C Jl. Raya Barat No. 1 Alamat
> Surabaya Kota
> Jawa Timur Propinsi
> Bagaimana ya cara otomatisnya, karena kalau manual diinsert row dan copy
> transpose terlalu lama
>
> Thanks
> Tuti
>
>
>

Thu Oct 18, 2012 1:12 am (PDT) . Posted by:

"DikoYmail"

Dear Mr. Kid,

Mohon maaf sebelumnya atas size file'y en thanks jg untuk tanggapan'y.

Kasusnya dalah seperti ini:

1. Saya akan membuat sebuah Plan Prod. Yg output produk'y >2000.

2. Per nama produk sy buat 3 baris sprt yg ada di file yauti:
Produksi, Delivery en stock.

Jika saya buat all produk dlm satu sheet dikali 3 baris per nama produk maka
akan memakai baris lebih dari 6000 yg tentu'y akan memakan size yg begitu
gede. Apalagi ditambah source yg laen gitu.

Dalam hal ini saya ingin menampilkan Planning hanya untuk Produk yg diminta
Customer (Delivery) dan yg mempunyai ready stock saja tnpa menampilkan
produk2 yg tidak terpakai (tidak aktif) untuk mengurangi size dan kinerja
dari Kompi jg.

Dah2an bias dimengerti case'y. Maaf kalo kurang jelas.

Wassalam,

DIKO

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Thursday, October 18, 2012 6:54 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] RUMUS URUT DATA OTOMATIS

Pak Diko,

Mohon file lampirannya dikecilkan sampai <250KB. Cukup data tentang kasusnya
saja yang disertakan. Link ke workbook lain bisa divalueskan lebih dulu.
Sheet tidak terpakai juga dihapus.

Tentang kasus memberi nomor.
Maksud dari penyusunan sheet yang hanya berisi record yang ada nilainya
untuk apa ya ?
Jika sebagai media entry juga, berarti file terlampir tidak bisa digunakan
dan harus menggunakan VBA untuk hanya meng-hide blok record dengan nilai
stok dan delivery yang nol.
Jika sebagai media output, file terlampir masih bisa digunakan dengan
menyesuaikan formula pada cell-cell hariannya, dengan data yang diambil dari
sheet data. Tapi, sebaiknya media penyimpanan datanya (sheet data) lebih
disesuaikan susunannya agar berkaidah database.

Wassalam,
Kid.

2012/10/17 Diko Thea <diko6178@yahoo.co.id>

Dear Master,
Maaf jika pertanyaan ini sudah ada.

1. Bagaimana cara memasukkan rumus di kolom NO agar yang muncul di row 6
dan seterusnya hanya yang ada stock dan delivery saja?
2. Yang diinginkan ada di Sheet HOPE (Dengan Macro juga gak masalah)

Untuk lebih jelas lihat attached.

Wassalam,
DIKO

Thu Oct 18, 2012 1:29 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Maaf,
Ada pertanyaan tentang :
>> Data plan yang terpilih yang akan ditampilkan tersebut semuanya hanya
tinggal ambil dari suatu sumber atau akan ada kegiatan entry data oleh user
pada hasil tampilan itu ?

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 DikoYmail <diko6178@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,****
>
> ** **
>
> Mohon maaf sebelumnya atas size file�y en thanks jg untuk tanggapan�y.****
>
> Kasusnya dalah seperti ini:****
>
> **1. **Saya akan membuat sebuah Plan Prod. Yg output produk�y >2000.
> ****
>
> **2. **Per nama produk sy buat 3 baris sprt yg ada di file yauti:
> Produksi, Delivery en stock.****
>
> Jika saya buat all produk dlm satu sheet dikali 3 baris per nama produk
> maka akan memakai baris lebih dari 6000 yg tentu�y akan memakan size yg
> begitu gede. Apalagi ditambah source yg laen gitu.****
>
> ** **
>
> Dalam hal ini saya ingin menampilkan Planning hanya untuk Produk yg
> diminta Customer (Delivery) dan yg mempunyai ready stock saja tnpa
> menampilkan produk2 yg tidak terpakai (tidak aktif) untuk mengurangi size
> dan kinerja dari Kompi jg.****
>
> ** **
>
> Dah2an bias dimengerti case�y. Maaf kalo kurang jelas.****
>
> ** **
>
> Wassalam,****
>
> DIKO****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* Thursday, October 18, 2012 6:54 AM
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] RUMUS URUT DATA OTOMATIS****
>
> ** **
>
> ****
>
> Pak Diko,
>
> Mohon file lampirannya dikecilkan sampai <250KB. Cukup data tentang
> kasusnya saja yang disertakan. Link ke workbook lain bisa divalueskan lebih
> dulu. Sheet tidak terpakai juga dihapus.
>
> Tentang kasus memberi nomor.
> Maksud dari penyusunan sheet yang hanya berisi record yang ada nilainya
> untuk apa ya ?
> Jika sebagai media entry juga, berarti file terlampir tidak bisa digunakan
> dan harus menggunakan VBA untuk hanya meng-hide blok record dengan nilai
> stok dan delivery yang nol.
> Jika sebagai media output, file terlampir masih bisa digunakan dengan
> menyesuaikan formula pada cell-cell hariannya, dengan data yang diambil
> dari sheet data. Tapi, sebaiknya media penyimpanan datanya (sheet data)
> lebih disesuaikan susunannya agar berkaidah database.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> ****
>
> 2012/10/17 Diko Thea <diko6178@yahoo.co.id>****
>
> ****
>
> Dear Master,
> Maaf jika pertanyaan ini sudah ada.
>
> 1. Bagaimana cara memasukkan rumus di kolom NO agar yang muncul di row 6
> dan seterusnya hanya yang ada stock dan delivery saja?
> 2. Yang diinginkan ada di Sheet HOPE (Dengan Macro juga gak masalah)
>
> Untuk lebih jelas lihat attached.
>
> Wassalam,
> DIKO****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ****
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar