Selasa, 23 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1862

15 New Messages

Digest #1862
1a
Re: set ptint area dengan kriteria by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1b
Re: set ptint area dengan kriteria by "Prazt Math" praztmath
1c
Re: set ptint area dengan kriteria by "Prazt Math" praztmath
1d
Re: set ptint area dengan kriteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1e
Fw: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2a
Source code untuk combobox by "Jodi Y" jodyslexia@rocketmail.com
2b
Re: Source code untuk combobox by "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
2c
Re: Source code untuk combobox by "Jodi Y" jodyslexia@rocketmail.com
3a
Add data from xl to Access by "Heru Safrudin" superheruu
3b
Re: Add data from xl to Access by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4
membatasi kolom input dan menambah database FL by "ngademin Thohari" ngademinth
5a
Trs: warna baris by "Dede Suparman" dede_suparman111
7
Macro Mencari Cell Marge by "rodhy hakim" odhyz83_assasaky
8
Membuat jam digital??? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania

Messages

Mon Oct 22, 2012 8:41 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Ini Macronya Pak,

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan (langsung "Yes")
    With Target
        If .Count = 1 Then
            If .Address = "$G$3" Then
                If .Value <= 10 Then
                    ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"
                Else
                    ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313"
                End If
            End If
        End If
    End With
End Sub

Silakan di copas ke Sheet1 pada VBA Sheet (untuk menampilkan VBA Sheet tekan Alt F11).

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Prazt Math <praztmath@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 22 October 2012, 17:08
Subject: RE: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria


 
Untuk lebih jelasnya saya lampirkan lagi filenya Mr. Hendrik

Mon Oct 22, 2012 4:59 pm (PDT) . Posted by:

"Prazt Math" praztmath

Oh maaf kemarin saya ganti warnanya yang kuning jadi biru, saya kirim ulang
lampirannya, maaf karena terlalui semangat malah ada yang terlupakan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of aji mumpung
Sent: 22 Oktober 2012 22:17
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria

pengen ikut jawab.. tapi masih bingung dengan kalimat yang ini:

[QUOTE]

tetapi jika G3 nilainya lebih dari 10 (G3>10) maka otomatis print areanya
menjadi yang saya blok biru dan di blok kuning

[/QUOTE]

mungkin saya salah lihat atau kurang teliti, tapi yang diblok warna kuning
di range mana ya?

wassalam,

-aji mumpung-

baru bisa ol lagi setelah nge-giring hewan ternak dari luar kota

Pada 22 Oktober 2012 17:08, Prazt Math <praztmath@gmail.com> menulis:

Untuk lebih jelasnya saya lampirkan lagi filenya Mr. Hendrik

Mon Oct 22, 2012 5:00 pm (PDT) . Posted by:

"Prazt Math" praztmath

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan (langsung "Yes")

With Target

If .Count = 1 Then

If .Address = "$G$3" Then

If .Value <= 10 Then

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"

Else

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313" .................. (1)

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313" .................. (2) "saya ingin jika G3 terisi lebih dari 10 maka (1) tetap jadi print area dan di tambah

Yang (2), cara menggabungnya bagaimana Mr. Hendrik..?"

End If

End If

End If

End With

End Sub

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: 22 Oktober 2012 22:41
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria

Ini Macronya Pak,

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan (langsung "Yes")
With Target
If .Count = 1 Then
If .Address = "$G$3" Then
If .Value <= 10 Then
ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"
Else
ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313"
End If
End If
End If
End With
End Sub

Silakan di copas ke Sheet1 pada VBA Sheet (untuk menampilkan VBA Sheet tekan Alt F11).

Salam,
Hendrik Karnadi

_____

From: Prazt Math <praztmath@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 22 October 2012, 17:08
Subject: RE: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria

Untuk lebih jelasnya saya lampirkan lagi filenya Mr. Hendrik

Mon Oct 22, 2012 5:05 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Susunan kondisi sudah dibuatkan Pak Hendrik.
Pengennya sekarang areanya ditambah.
Bagaimana kalau mencoba sendiri dengan record macro.
1. Blok range yang akan diset masuk sebagai print area
2. lakukan record macro
3. set print area (di xl2007 ke ribbon page layout -> Print Area -> Set
print Area)
4. stop record macro
5. Ke VBE (tekan ALT F11) dan lihat cara mengubah print area sehingga
seperti yang dilakukan.

Wassalam,
Kid.

On Tue, Oct 23, 2012 at 6:59 AM, Prazt Math <praztmath@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)****
>
> Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan (langsung
> "Yes")****
>
> With Target****
>
> If .Count = 1 Then****
>
> If .Address = "$G$3" Then****
>
> If .Value <= 10 Then****
>
> ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"****
>
> Else****
>
> ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"
> .................. (1)****
>
> ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313"
> .................. (2) �saya ingin jika G3 terisi lebih dari 10 maka (1)
> tetap jadi print area dan di tambah ****
>
>
> Yang (2), cara
> menggabungnya bagaimana Mr. Hendrik..?�****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End With****
>
> End Sub****
>
> ** **
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *hendrik karnadi
> *Sent:* 22 Oktober 2012 22:41
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria****
>
> ** **
>
> ****
>
> Ini Macronya Pak,
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan (langsung
> "Yes")
> With Target
> If .Count = 1 Then
> If .Address = "$G$3" Then
> If .Value <= 10 Then
> ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"
> Else
> ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313"
> End If
> End If
> End If
> End With
> End Sub
>
> Silakan di copas ke Sheet1 pada VBA Sheet (untuk menampilkan VBA Sheet
> tekan Alt F11).
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi****
> ------------------------------
>
> *From:* Prazt Math <praztmath@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, 22 October 2012, 17:08
> *Subject:* RE: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria****
>
> ** **
>
> ****
>
> Untuk lebih jelasnya saya lampirkan lagi filenya Mr. Hendrik****
>
> ** **
>
> ****
>
>
>

Mon Oct 22, 2012 7:51 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba ganti bagian yang berwarna merah menjadi:
ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313, $M$6:$S$313" 

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 23 October 2012, 7:05
Subject: Re: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria


 
Susunan kondisi sudah dibuatkan Pak Hendrik.
Pengennya sekarang areanya ditambah.
Bagaimana kalau mencoba sendiri dengan record macro.
1. Blok range yang akan disetmasuk sebagai print area
2. lakukan record macro
3. set print area (di xl2007 ke ribbon page layout -> Print Area -> Set print Area)
4. stop record macro
5. Ke VBE (tekan ALT  F11) dan lihat cara mengubah print area sehingga seperti yang dilakukan.

Wassalam,
Kid.

On Tue, Oct 23, 2012 at 6:59 AM, Prazt Math <praztmath@gmail.com> wrote:


>Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>    Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan
(langsung "Yes")
>    With Target
>        If .Count = 1 Then
>            If .Address = "$G$3" Then
>                If .Value <= 10 Then
>                    ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"
>                Else
>                ActiveSheet.PageSetup.PrintArea =
"$E$6:$K$313"   .................. (1)
>                ActiveSheet.PageSetup.PrintArea =
"$M$6:$S$313" .................. (2) "saya ingin jika G3 terisi
lebih dari 10 maka (1) tetap jadi print area dan di tambah
>                                                                                                                                                           
Yang (2), cara menggabungnya bagaimana Mr. Hendrik..?"
>                End If
>            End If
>        End If
>    End With
>End Sub


>From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
>Sent: 22 Oktober 2012 22:41
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Subject: Re: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria


>Ini
Macronya Pak,
>
>Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>    Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan
(langsung "Yes")
>    With Target
>        If .Count = 1 Then
>            If .Address
= "$G$3" Then
>               
If .Value <= 10 Then
>                   
ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"
>               
Else
>                   
ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313"
>               
End If
>            End If
>        End If
>    End With
>End Sub
>
>Silakan di copas ke Sheet1 pada VBA Sheet (untuk menampilkan VBA Sheet tekan
Alt F11).
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>________________________________
>
>From:Prazt
Math <praztmath@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Monday, 22 October 2012, 17:08
>Subject: RE: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria


>Untuk
lebih jelasnya saya lampirkan lagi filenya Mr. Hendrik


Mon Oct 22, 2012 7:04 pm (PDT) . Posted by:

"Jodi Y" jodyslexia@rocketmail.com

Dear,
Master excel

bagaimana sourcode macronya jika memakai combobox. dalam combobox 'jabatan' ada 3 pilihan :Manajer,Staff,SPv jika di pilih salah satu maka otomatis kolom jabatan akan terisi sama seperti kolom2 lainnya.
file project terlampir

 
Regards

======================
Jodi Yudhistira======================

Mon Oct 22, 2012 8:59 pm (PDT) . Posted by:

"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey

Semoga ini yang pak Jodi inginkan
-----Original Message-----
From: Jodi Y <jodyslexia@rocketmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 22 Oct 2012 18:58:10
To: belajar<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Source code untuk combobox

Dear,
Master excel


bagaimana sourcode macronya jika memakai combobox. dalam combobox 'jabatan' ada 3 pilihan :Manajer,Staff,SPv jika di pilih salah satu maka otomatis kolom jabatan akan terisi sama seperti kolom2 lainnya.
file project terlampir


Regards

======================
Jodi Yudhistira======================

Tue Oct 23, 2012 1:57 am (PDT) . Posted by:

"Jodi Y" jodyslexia@rocketmail.com

terima kasih mas its works, ternyata cuma rubah textbox ke combobox..

 
======================
Jodi Yudhistira
ICDM Admin

Phone : 0852-10166431
======================

________________________________
From: "the_x_mikey@yahoo.com" <the_x_mikey@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, October 23, 2012 10:51 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Source code untuk combobox


 
Semoga ini yang pak Jodi inginkan
________________________________

From: Jodi Y <jodyslexia@rocketmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 22 Oct 2012 18:58:10 -0700 (PDT)
To: belajar<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Source code untuk combobox
 
Dear,
Master excel

bagaimana sourcode macronya jika memakai combobox. dalam combobox 'jabatan' ada 3 pilihan :Manajer,Staff,SPv jika di pilih salah satu maka otomatis kolom jabatan akan terisi sama seperti kolom2 lainnya.
file project terlampir
 
Regards

======================
Jodi Yudhistira======================

Mon Oct 22, 2012 8:39 pm (PDT) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu


Saya udah coba modifikasi kode dari Mr. (terlampir xl2003)
dan udah berhasill tapi kenapa kok prosesnya lambat kalo data udah mencapai ribuan
Pertanyaan kedua kenapa ukuran file access (mdb) tetap besar padahal data sudah saya hapus total langsung dari aplikasi ms. access (contoh file gak bisa disertakan karena ukuran terlalu besar, meski data udah dihapus bersih)

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 19, 2012 10:54 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja

Tidak bisa Pak,

Langkah pertama adalah bisa membuat koneksi ke ms access melalui fitur Get External Data (xl2007 ke atas) atau Import Data (xl2003).
Coba lihat-lihat kesini.

Kemudian, setelah bisa membuat sebuah koneksi ke database ms access tersebut, maka pelajari juga cara mengubah querynya.
Jika pengubahan query ingin diotomasi, hingga inputan di cell tertentu dan tertenta menjadi batasan data yang harus diambil, maka harus tahu cara mengubah query dengan macro. Caranya dengan rekam macro seperti posting yang lalu :
>> 2. aktifkan record macro
>> 3. ubah query dalam koneksi ke access tadi dengan menambahkan teks WHERE nama_kolomnya = 'nilai teks dicari'
>> 4. Stop recording
>> 5. ke VBE dan lihat hasil record macro
>> 6. ubah bagian sqlcommandtext hasil reocrding dengan query yang bagian wherenya bisa mengambil nilai dari sebuah cell

Ribet ya ?
coba dulu saja. siapa tahu ribetnya sepadan dengan mangpangatnya atau malah mangpangatnya yang terlalu banyak jadi terasa gak ribet. :)

Wassalam,
Kid.

2012/10/19 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

yang belum saya bisa bagaimana menambahkan datanya Mr. ?
Berikut ini prosedur yg diberikan Mr. :

Public Sub InsertUsingExecute()
Dim sQuery As String
If con Is Nothing Then
MsgBox "No Connection"
Exit Sub
End If
With Sheet3
sQuery = "Insert Into tabel2 ( no_gr,gr_date ) select " & _
"'" & .Range("B2").Value & "'" & "," & "'" & Format$(.Range("B3").Value, "YYYY-MM-DD") & "'"
con.Execute sQuery
End With
End Sub

Apakah prosedur diatas bisa saya pakai, atau otomatis di data Access menyaring data duplicate ?

Maaf & Thanks

----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 19, 2012 10:15 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja

Pakai Excel 2007 ke atas, coba fitur Remove Duplicate.
Pakai Excel versi berapa aja bisa pakai Advaanced Filter centang unique record move to another place.

Bahasa data universal adalah SQL dengan kalimat query.
Dengan query, bisa diambil data uniqque selalu untuk date tertentu dsb.
Sebelum Anda selesai membuka tabel di Access, Excel sudah selesai merefresh data.
Biasanya data Access sampai ratusan ribu bisa di refresh dalam 2 atau 3 detik kurang dibanding copas data tersebut secara langsung, pada komputer yang sama. Dilakukan tanpa membuka Access, cukup tekan tombol di Excel jika ingin dinamis atau cukup tekan refresh data jika di access sudah disediakan sebuah query yang pasti unique dan siap pakai.

Wassalam,
Kid.

2012/10/19 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

Maaf kalo pertanyaan kurang jelas. Untuk pertanyaan No. 2 maksud saya begini :
misal setiap hari saya update data yaitu Add data harian katakanlah 100 record dari excel ke Ms. Access. Nah supaya data tidak doble/duplicate maka perlu prosedur cek apakah data udah ada di database, hanya yg belum ada di database aja yang di Add

Kalo pake query kayaknya terlalu lama, karena data yg dibaca di database Access jumlahnya ribuan

Demikian Mr, atas semua atensinya disampaikan terima kasih

----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 19, 2012 1:45 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja

Pak Heru,

1. Saya pingin mendeteksi keystroke di lembar kerja, bisakah, bagaimana caranya ?
Misalkan kalo saya tekan Enter maka prosedur tertentu akan dieksekusi
http://www.teachexcel.com/excel-help/excel-how-to.php?i=423869

2. Bagaimana mencari teks di database Ms. Access dari lembar kerja excel
dalam misal mencari teks "I/KP/11/00002" di field NO_GR
>> 1. Buat koneksi ke access ke sebuah dataset yang ada di access melalui excel get external data (import data di xl2003)
>> 2. aktifkan record macro
>> 3. ubah query dalam koneksi ke access tadi dengan menambahkan teks WHERE nama_kolomnya = 'nilai teks dicari'
>> 4. Stop recording
>> 5. ke VBE dan lihat hasil record macro
>> 6. ubah bagian sqlcommandtext hasil reocrding dengan query yang bagian wherenya bisa mengambil nilai dari sebuah cell
>> 7. jalankan macro
>> 8. save

Wassalam,
Kid.

2012/10/18 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

Dear Mr. Master

Ada 2 pertanyaan :
1. Saya pingin mendeteksi keystroke di lembar kerja, bisakah, bagaimana caranya ?
Misalkan kalo saya tekan Enter maka prosedur tertentu akan dieksekusi
2. Bagaimana mencari teks di database Ms. Access dari lembar kerja excel
dalam misal mencari teks "I/KP/11/00002" di field NO_GR

Terima kasih

Heru Safrudin

_

Mon Oct 22, 2012 8:45 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kalau boleh tahu :
1. query untuk ambil ke mdb nya seperti apa ?
2. file output excel-nya seperti apa ?
3. file mdb-nya seperti apa ?

Coba kompres database. Fitur ini ada dalam MS Access namanya Compact atau
apa ya. Kalau di Office 2007, sepertinya di office button -> manage.

Wassalam,
Kid.

2012/10/23 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

> **
>
>
> **
>
> Saya udah coba modifikasi kode dari Mr. (terlampir xl2003)
> dan udah berhasill tapi kenapa kok prosesnya lambat kalo data udah
> mencapai ribuan
> Pertanyaan kedua kenapa ukuran file access (mdb) tetap besar padahal data
> sudah saya hapus total langsung dari aplikasi ms. access (contoh file gak
> bisa disertakan karena ukuran terlalu besar, meski data udah dihapus bersih)
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, October 19, 2012 10:54 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja
>
>
>
> Tidak bisa Pak,
>
> Langkah pertama adalah bisa membuat koneksi ke ms access melalui fitur GetExternal Data (xl2007
> ke atas) atau Import Data (xl2003).
> Coba lihat-lihat kesini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
> .
>
> Kemudian, setelah bisa membuat sebuah koneksi ke database ms access
> tersebut, maka pelajari juga cara mengubah querynya.
> Jika pengubahan query ingin diotomasi, hingga inputan di cell tertentu dan
> tertenta menjadi batasan data yang harus diambil, maka harus tahu cara
> mengubah query dengan macro. Caranya dengan rekam macro seperti posting
> yang lalu :
> >> 2. aktifkan record macro
> >> 3. ubah query dalam koneksi ke access tadi dengan menambahkan teks
> WHERE nama_kolomnya = 'nilai teks dicari'
> >> 4. Stop recording
> >> 5. ke VBE dan lihat hasil record macro
> >> 6. ubah bagian sqlcommandtext hasil reocrding dengan query yang bagian
> wherenya bisa mengambil nilai dari sebuah cell
>
> Ribet ya ?
> coba dulu saja. siapa tahu ribetnya sepadan dengan mangpangatnya atau
> malah mangpangatnya yang terlalu banyak jadi terasa gak ribet. :)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/10/19 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> **
>> yang belum saya bisa bagaimana menambahkan datanya Mr. ?
>> Berikut ini prosedur yg diberikan Mr. :
>>
>> Public Sub InsertUsingExecute()
>> Dim sQuery As String
>> If con Is Nothing Then
>> MsgBox "No Connection"
>> Exit Sub
>> End If
>> With Sheet3
>> sQuery = "Insert Into tabel2 ( no_gr,gr_date ) select " & _
>> "'" & .Range("B2").Value & "'" & "," & "'" &
>> Format$(.Range("B3").Value, "YYYY-MM-DD") & "'"
>> con.Execute sQuery
>> End With
>> End Sub
>> Apakah prosedur diatas bisa saya pakai, atau otomatis di data Access
>> menyaring data duplicate ?
>>
>> Maaf & Thanks
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, October 19, 2012 10:15 AM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja
>>
>>
>>
>> Pakai Excel 2007 ke atas, coba fitur Remove Duplicate.
>> Pakai Excel versi berapa aja bisa pakai Advaanced Filter centang unique
>> record move to another place.
>>
>> Bahasa data universal adalah SQL dengan kalimat query.
>> Dengan query, bisa diambil data uniqque selalu untuk date tertentu dsb.
>> Sebelum Anda selesai membuka tabel di Access, Excel sudah selesai
>> merefresh data.
>> Biasanya data Access sampai ratusan ribu bisa di refresh dalam 2 atau 3 detik
>> kurang dibanding copas data tersebut secara langsung, pada komputer yang
>> sama. Dilakukan tanpa membuka Access, cukup tekan tombol di Excel jika
>> ingin dinamis atau cukup tekan refresh data jika di access sudah
>> disediakan sebuah query yang pasti unique dan siap pakai.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2012/10/19 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> **
>>> Maaf kalo pertanyaan kurang jelas. Untuk pertanyaan No. 2 maksud saya
>>> begini :
>>> misal setiap hari saya update data yaitu Add data harian katakanlah 100
>>> record dari excel ke Ms. Access. Nah supaya data tidak doble/duplicate
>>> maka perlu prosedur cek apakah data udah ada di database, hanya yg belum
>>> ada di database aja yang di Add
>>>
>>> Kalo pake query kayaknya terlalu lama, karena data yg dibaca di database
>>> Access jumlahnya ribuan
>>>
>>> Demikian Mr, atas semua atensinya disampaikan terima kasih
>>>
>>>
>>>
>>> ----- Original Message -----
>>> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Sent:* Friday, October 19, 2012 1:45 AM
>>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja
>>>
>>>
>>>
>>> Pak Heru,
>>>
>>> 1. Saya pingin mendeteksi keystroke di lembar kerja, bisakah,
>>> bagaimana caranya ?
>>> Misalkan kalo saya tekan Enter maka prosedur tertentu akan dieksekusi
>>> http://www.teachexcel.com/excel-help/excel-how-to.php?i=423869
>>>
>>>
>>> 2. Bagaimana mencari teks di database Ms. Access dari lembar kerja excel
>>> dalam misal mencari teks "I/KP/11/00002" di field NO_GR
>>> >> 1. Buat koneksi ke access ke sebuah dataset yang ada di access
>>> melalui excel get external data (import data di xl2003)
>>> >> 2. aktifkan record macro
>>> >> 3. ubah query dalam koneksi ke access tadi dengan menambahkan teks
>>> WHERE nama_kolomnya = 'nilai teks dicari'
>>> >> 4. Stop recording
>>> >> 5. ke VBE dan lihat hasil record macro
>>> >> 6. ubah bagian sqlcommandtext hasil reocrding dengan query yang
>>> bagian wherenya bisa mengambil nilai dari sebuah cell
>>> >> 7. jalankan macro
>>> >> 8. save
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2012/10/18 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> **
>>>> Dear Mr. Master
>>>>
>>>> Ada 2 pertanyaan :
>>>> 1. Saya pingin mendeteksi keystroke di lembar kerja, bisakah, bagaimana
>>>> caranya ?
>>>> Misalkan kalo saya tekan Enter maka prosedur tertentu akan
>>>> dieksekusi
>>>> 2. Bagaimana mencari teks di database Ms. Access dari lembar kerja excel
>>>> dalam misal mencari teks "I/KP/11/00002" di field NO_GR
>>>>
>>>> Terima kasih
>>>>
>>>>
>>>> Heru Safrudin
>>>>
>>>>
>>>> _
>>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Tue Oct 23, 2012 1:22 am (PDT) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

Be-exceller

untuk masalah mambatasi kolom input sudah terselesaikan, cuman sekarang ada penambahan di data FL, bagaimanakah caranya?

Terima kasih

Dwi amin

Tue Oct 23, 2012 1:58 am (PDT) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

File susulan...

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 18 Oktober 2012 13:25
Judul: warna baris


Dear Para master dan be-excel, mau bertanya file terlampir
terimakasih sebelumnya.(file dimabil dari milis)

Tue Oct 23, 2012 2:10 am (PDT) . Posted by:

"rey"

hai, master....

Mohon bantuannya...
di sheet data awal ada kolom kategory mewarnai dan menggambar ( aku coba pake =IF(D4<3;"MEWARNAI";"MENGGAMBAR") ternyata TK sama PAUD ngga masuk....

disheet cetak.....maunya aku cetak sekalian dalam 1 halaman ada 30 nama....setelah dicetak aku panggil lagi nama yang ke 31 dan seterusnya...bisa ngga?

mohon bantuannya...

tq

Rey

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.

Tue Oct 23, 2012 2:13 am (PDT) . Posted by:

"rodhy hakim" odhyz83_assasaky

Dear Master,
Bagaimana Macro untuk Mencari Cell yang di Marge Kemudian di UnMarge di Excel.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih,
 
 
 
Salam,
Odhy

Tue Oct 23, 2012 2:20 am (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania


Assalamualaikum para master...mau nanyabagaimana cara membuat jam digital dari fungtion , tapi jam digital tersebut aktiv / waktunya terus bergerak sesuai dengan time di pc?????

terima kasih
shenly

--- Mods ---
mbok yao rajin search ke email-email lama yang pernah diajukan rekan lainnya...

Thread lama :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/17361
dengan archieve file attachment dari thread tersebut ada di :
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/msg10145.html

Untuk salinan thread beserta file attachment yang ada dalam thread :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Membuat-jam-digital-dengan-Excel-td5709994.html#a5709999
------------

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar