Selasa, 23 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1864

15 New Messages

Digest #1864
1a
Re: SUMPRODUCT DI MACRO by "lkm jktind" lkmjkt
1b
Re: SUMPRODUCT DI MACRO by "aji mumpung"
1c
Re: SUMPRODUCT DI MACRO by "aji mumpung"
1d
Re: SUMPRODUCT DI MACRO by "summonery" summonery
1e
Re: SUMPRODUCT DI MACRO by "aji mumpung"
1f
Re: SUMPRODUCT DI MACRO by "summonery" summonery
2a
Re: Add data from xl to Access by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2b
Re: Add data from xl to Access by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
5a
Bls: [belajar-excel] cetak laporan peserta... by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
6
Belajar Loop by "lkm jktind" lkmjkt
7a
8
OLEOBJECTS CAPTION by "Heru Safrudin" superheruu

Messages

Tue Oct 23, 2012 11:49 am (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

sudah bisa.

terima kasih pak kid

Sub rubah_formula()

Cells(2, 6).Formula = "=Upper(RC[-4])"
Cells(2, 5).Formula = "=RC[-2]*rc[-1]"
Cells(2, 6).Name = "coba"
Cells(2, 5).Name = "coba1"

Range("E2:F2").Select
Selection.Copy
Range("E3:F5").Select
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
Range("I4").Select
Application.CutCopyMode = False

Cells(2, 8).Value = Cells(2, 6)
Cells(2, 9).Value = Cells(2, 5)

Cells(2, 11).Value = Evaluate("coba")
Cells(2, 12).Value = Evaluate("coba1")

End Sub

2012/10/23 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Evaluate digunakan untuk mengubah suatu nama range menjadi sebuah object
> atau menjadi suatu nilai.
> Jadi yang diubah adalah sebuah nama range.
>
> Contoh :
> 1. Evaluate("A1") artinya mengubah nama range A1 (tentu saja nama range A1
> adalah cell A1), maka hasil evaluate adalah sebuah object range a1.
>
> Jadi, jika ada cell C7 akan diisi dengan nilai A1, bisa dengan :
> range("c7").value = evaluate("A1").value
> yang sering disingkat dengan :
> range("c7").value = evaluate("A1")
> karena properti default suatu range adalah value.
>
> 2. Evaluate("=A1") artinya mengubah nama range yang dirujuk dengan formula
> (refers to berisi formula) yang berbunyi =A1
> begitu juga ketika ada Evaluate("=suatu formula panjang").
>
> Pada kasus :
> Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> artinya : nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan diisi
> dengan nilai hasil evaluate terhadap cell(2,5) dan diambil nilainya
> (default properti range adalah value.
> Jika cell(2,5) berisi tulisan atau angka berbunyi 125, berarti baris :
>
> Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> akan berarti :
> nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan diisi dengan nilai
> hasil evaluate terhadap 125 dan diambil nilainya (default properti range
> adalah value.
> Karena nama range 125 tidak bisa didefinisikan maka nilai dalam nama range
> antah berantah itu akan menghasilkan error value.
>
> Jika baris Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5)) maksudnya adalah
> mengambil nilai di cells(2,5), maka :
> Cells(2, 11).Value = Evaluate("=" & Cells(2, 5).value)
> atau
> Cells(2, 11).Value = Cells(2, 5).value
>
> Wassalam,
> Kid.
>

Tue Oct 23, 2012 7:44 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

ikutan lagi ya..

sekarang coba belajar memperpendek script yuk..

lihat kode yang ini:
Range("E2:F2").*Select*
*Selection*.Copy

bisa disingkat menjadi:
Range("E2:F2").Copy karena yang *dimerahin* bisa digabung dan
dihilangkan

begitu juga yang ini:
Range("E3:F5").*Select*
*Selection*.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas

bisa disingkat menjadi:
Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas

jadi dari 4 baris kode dapat disingkat menjadi 2 baris saja:
Range("E2:F2").Copy
Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas

nah, dari 2 baris yang dikasih warna biru di atas, ternyata masih bisa
disingkat lagi lho.. gak percaya?
karena syntax untuk copy dalam vba adalah sbb:
*
nama_workbook.nama_sheet.lokasi_cell_atau_range_yang_mau_dicopy.tindakannya_yaitu_copy
* [spasi] lokasi_tujuan.tindakannya_yaitu_paste_atau_paste_special

perhatikan yang dimerahin adalah lokasi cell atau range awal yang mau dicopy
yang dikasih warna biru adalah lokasi cell atau range tujuan yang mau
dipaste

jadi yang warna *hijau* bisa disingkat menjadi:
Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)

jadi ternyata dari 4 baris kode ini:
Range("E2:F2").Select
Selection.Copy
Range("E3:F5").Select
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas

bisa disingkat menjadi 1 baris:
Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)

semoga bermanfaat,

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 24 Oktober 2012 01:30, lkm jktind <lkmjktind@gmail.com> menulis:

> sudah bisa.
>
> terima kasih pak kid
>
> Sub rubah_formula()
>
> Cells(2, 6).Formula = "=Upper(RC[-4])"
> Cells(2, 5).Formula = "=RC[-2]*rc[-1]"
> Cells(2, 6).Name = "coba"
> Cells(2, 5).Name = "coba1"
>
>
> Range("E2:F2").Select
> Selection.Copy
> Range("E3:F5").Select
> Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> Range("I4").Select
> Application.CutCopyMode = False
>
> Cells(2, 8).Value = Cells(2, 6)
> Cells(2, 9).Value = Cells(2, 5)
>
> Cells(2, 11).Value = Evaluate("coba")
> Cells(2, 12).Value = Evaluate("coba1")
>
> End Sub
>
>
> 2012/10/23 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> > **
> >
> >
> > Evaluate digunakan untuk mengubah suatu nama range menjadi sebuah object
> > atau menjadi suatu nilai.
> > Jadi yang diubah adalah sebuah nama range.
> >
> > Contoh :
> > 1. Evaluate("A1") artinya mengubah nama range A1 (tentu saja nama range
> A1
> > adalah cell A1), maka hasil evaluate adalah sebuah object range a1.
> >
> > Jadi, jika ada cell C7 akan diisi dengan nilai A1, bisa dengan :
> > range("c7").value = evaluate("A1").value
> > yang sering disingkat dengan :
> > range("c7").value = evaluate("A1")
> > karena properti default suatu range adalah value.
> >
> > 2. Evaluate("=A1") artinya mengubah nama range yang dirujuk dengan
> formula
> > (refers to berisi formula) yang berbunyi =A1
> > begitu juga ketika ada Evaluate("=suatu formula panjang").
> >
> > Pada kasus :
> > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > artinya : nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan diisi
> > dengan nilai hasil evaluate terhadap cell(2,5) dan diambil nilainya
> > (default properti range adalah value.
> > Jika cell(2,5) berisi tulisan atau angka berbunyi 125, berarti baris :
> >
> > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > akan berarti :
> > nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan diisi dengan
> nilai
> > hasil evaluate terhadap 125 dan diambil nilainya (default properti range
> > adalah value.
> > Karena nama range 125 tidak bisa didefinisikan maka nilai dalam nama
> range
> > antah berantah itu akan menghasilkan error value.
> >
> > Jika baris Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5)) maksudnya adalah
> > mengambil nilai di cells(2,5), maka :
> > Cells(2, 11).Value = Evaluate("=" & Cells(2, 5).value)
> > atau
> > Cells(2, 11).Value = Cells(2, 5).value
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
>
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Tue Oct 23, 2012 8:08 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

ibu Titis,

berdasarkan file yang ibu lampirkan,

pertama formula SumProduct-nya harus diperbaiki, dalam rumus yang ibu tulis
hanya menggunakan 2 kriteria saja, sedangkan untuk memperoleh hasil yang
tepat saya melihat harus menggunakan 3 kriteria.

sebagai contoh adalah, formula dalam cell d13 jika dicopy ke range hasil di
d13 sampai dengan h21 akan menghasilkan data yang salah.

jadi seperti telah dijelaskan oleh Mr Kid sebelumnya, sebelum memindahkan
formula ke VBA, harus dibuat 1 buah formula dalam 1 cell yang jika formula
tersebut dicopy-kan ke seluruh area hasil akan menghasilkan data yang benar.

formulanya saya perbaiki seperti ini
=SUMPRODUCT(($D$12:$H$12=L$12)*($C$4:$C$10=$J13)*($D$4:$H$10=$K13))

range untuk hasil berada dalam range d13 sampai dengan h21
range kriteria pertama adalah d3 sampai dengan h3, ini adalah tanggal dan
akan diuji berdasarkan kriteria tanggal pada range d12 sampai h12
range kriteria kedua adalah c4 sampai dengan c10, ini adalah golongan yang
akan diuji berdasarkan kriteria golongan pada range b13 sampai b21
range kriteria ketiga adalah d4 sampai dengan h10, ini adalah kode <saya
ndak tau ini kode apa> yang akan diuji berdasarkan kriteria pada range c13
sampai c21

yang dikasih warna hijau jika ditulis dalam VBA harus berada di sebelah
kiri tanda sama dengan "="
yang dikasih warna biru dan merah jika ditulis dalam VBA harus berada di
sebelah kanan tanda sama dengan "="

cara penyusunannya dalam VBA sudah diterangkan oleh Mr Kid, silakan ibu
Titis mencoba dahulu memindahkan formula tersebut ke dalam VBA, kalo ada
kesulitan silakan ditanya kembali ke sini..

wassalam,

-aji mumpung-
*mumpung sempat posting, lagi sibuk nyari rumput*

Pada 23 Oktober 2012 19:32, Titis Ardiyana Wulandari
<tiez_2289@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Terimakasih banyak atas penjelasannya Pak Pupung,
>
> tanya lagi,
> dengan rumus yg Bapak berikan, bila saya punya data seperti attach file,
> range (alamat cell) nya mulai dari yg mana?
>
> terimakasih
>
> ------------------------------
>

Tue Oct 23, 2012 8:45 pm (PDT) . Posted by:

"summonery" summonery

ikutan juga ya,, sekedar memperpendek,
Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)

dapat diperpendek lagi menjadi:
[E3:F5] = [E2:F2].Formula

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, aji mumpung <pupung1986@...>
wrote:
>
> ikutan lagi ya..
>
> sekarang coba belajar memperpendek script yuk..
>
> lihat kode yang ini:
> Range("E2:F2").*Select*
> *Selection*.Copy
>
> bisa disingkat menjadi:
> Range("E2:F2").Copy karena yang *dimerahin* bisa digabung dan
> dihilangkan
>
> begitu juga yang ini:
> Range("E3:F5").*Select*
> *Selection*.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
>
> bisa disingkat menjadi:
> Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
>
> jadi dari 4 baris kode dapat disingkat menjadi 2 baris saja:
> Range("E2:F2").Copy
> Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
>
> nah, dari 2 baris yang dikasih warna biru di atas, ternyata masih bisa
> disingkat lagi lho.. gak percaya?
> karena syntax untuk copy dalam vba adalah sbb:
> *
>
nama_workbook.nama_sheet.lokasi_cell_atau_range_yang_mau_dicopy.tindakan\
nya_yaitu_copy
> * [spasi] lokasi_tujuan.tindakannya_yaitu_paste_atau_paste_special
>
> perhatikan yang dimerahin adalah lokasi cell atau range awal yang mau
dicopy
> yang dikasih warna biru adalah lokasi cell atau range tujuan yang mau
> dipaste
>
> jadi yang warna *hijau* bisa disingkat menjadi:
> Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
>
> jadi ternyata dari 4 baris kode ini:
> Range("E2:F2").Select
> Selection.Copy
> Range("E3:F5").Select
> Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
>
> bisa disingkat menjadi 1 baris:
> Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
>
> semoga bermanfaat,
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
>
> Pada 24 Oktober 2012 01:30, lkm jktind lkmjktind@... menulis:
>
> > sudah bisa.
> >
> > terima kasih pak kid
> >
> > Sub rubah_formula()
> >
> > Cells(2, 6).Formula = "=Upper(RC[-4])"
> > Cells(2, 5).Formula = "=RC[-2]*rc[-1]"
> > Cells(2, 6).Name = "coba"
> > Cells(2, 5).Name = "coba1"
> >
> >
> > Range("E2:F2").Select
> > Selection.Copy
> > Range("E3:F5").Select
> > Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> > Range("I4").Select
> > Application.CutCopyMode = False
> >
> > Cells(2, 8).Value = Cells(2, 6)
> > Cells(2, 9).Value = Cells(2, 5)
> >
> > Cells(2, 11).Value = Evaluate("coba")
> > Cells(2, 12).Value = Evaluate("coba1")
> >
> > End Sub
> >
> >
> > 2012/10/23 Mr. Kid mr.nmkid@...
> >
> > > **
> > >
> > >
> > > Evaluate digunakan untuk mengubah suatu nama range menjadi sebuah
object
> > > atau menjadi suatu nilai.
> > > Jadi yang diubah adalah sebuah nama range.
> > >
> > > Contoh :
> > > 1. Evaluate("A1") artinya mengubah nama range A1 (tentu saja nama
range
> > A1
> > > adalah cell A1), maka hasil evaluate adalah sebuah object range
a1.
> > >
> > > Jadi, jika ada cell C7 akan diisi dengan nilai A1, bisa dengan :
> > > range("c7").value = evaluate("A1").value
> > > yang sering disingkat dengan :
> > > range("c7").value = evaluate("A1")
> > > karena properti default suatu range adalah value.
> > >
> > > 2. Evaluate("=A1") artinya mengubah nama range yang dirujuk dengan
> > formula
> > > (refers to berisi formula) yang berbunyi =A1
> > > begitu juga ketika ada Evaluate("=suatu formula panjang").
> > >
> > > Pada kasus :
> > > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > > artinya : nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan
diisi
> > > dengan nilai hasil evaluate terhadap cell(2,5) dan diambil
nilainya
> > > (default properti range adalah value.
> > > Jika cell(2,5) berisi tulisan atau angka berbunyi 125, berarti
baris :
> > >
> > > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > > akan berarti :
> > > nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan diisi
dengan
> > nilai
> > > hasil evaluate terhadap 125 dan diambil nilainya (default properti
range
> > > adalah value.
> > > Karena nama range 125 tidak bisa didefinisikan maka nilai dalam
nama
> > range
> > > antah berantah itu akan menghasilkan error value.
> > >
> > > Jika baris Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5)) maksudnya
adalah
> > > mengambil nilai di cells(2,5), maka :
> > > Cells(2, 11).Value = Evaluate("=" & Cells(2, 5).value)
> > > atau
> > > Cells(2, 11).Value = Cells(2, 5).value
> > >
> > > Wassalam,
> > > Kid.
> > >
> >
> >
> >
> > ------------------------------------
> >
> >
----------------------------------------------------------
> > bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> > belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
> >
> > posting ke milis, kirimkan ke:
> > belajar-excel@yahoogroups.com
> >
> > berkunjung ke web milis
> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
> >
> > melihat file archive / mendownload lampiran
> > http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> > atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> > http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
> >
> > menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
> >
> > keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> > kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> >
----------------------------------------------------------Yah\
oo!
> > Groups Links
> >
> >
> >
> >
>

Tue Oct 23, 2012 8:55 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

terima kasih pak Anton, ilmu baru lagi untuk saya,

[E3:F5] = [E2:F2].Formula

mungkin pak Anton & master yang lain bisa menjelaskan arti kurung siku di
atas artinya apa ya? karena saya baru sekali ini menemukan solusi
menggunakan kurung siku dalam VBA, kalo dalam formula biasanya merujuk
kepada suatu alamat cell atau range dalam sebuah tabel.

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 24 Oktober 2012 10:45, summonery <summonery@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> ikutan juga ya,, sekedar memperpendek,
>
> Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
>
> dapat diperpendek lagi menjadi:
>
> [E3:F5] = [E2:F2].Formula
>
>
> >semoga bermanfaat
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, aji mumpung <pupung1986@...> wrote:
> >
> > ikutan lagi ya..
> >
> > sekarang coba belajar memperpendek script yuk..
> >
> > lihat kode yang ini:
> > Range("E2:F2").*Select*
> > *Selection*.Copy
> >
> > bisa disingkat menjadi:
> > Range("E2:F2").Copy karena yang *dimerahin* bisa digabung dan
>
> > dihilangkan
> >
> > begitu juga yang ini:
> > Range("E3:F5").*Select*
> > *Selection*.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
>
> >
> > bisa disingkat menjadi:
> > Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> >
> > jadi dari 4 baris kode dapat disingkat menjadi 2 baris saja:
> > Range("E2:F2").Copy
> > Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> >
> > nah, dari 2 baris yang dikasih warna biru di atas, ternyata masih bisa
> > disingkat lagi lho.. gak percaya?
> > karena syntax untuk copy dalam vba adalah sbb:
> > *
> >
> nama_workbook.nama_sheet.lokasi_cell_atau_range_yang_mau_dicopy.tindakannya_yaitu_copy
>
> > * [spasi] lokasi_tujuan.tindakannya_yaitu_paste_atau_paste_special
> >
> > perhatikan yang dimerahin adalah lokasi cell atau range awal yang mau
> dicopy
> > yang dikasih warna biru adalah lokasi cell atau range tujuan yang mau
> > dipaste
> >
> > jadi yang warna *hijau* bisa disingkat menjadi:
>
> > Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
> >
> > jadi ternyata dari 4 baris kode ini:
> > Range("E2:F2").Select
> > Selection.Copy
> > Range("E3:F5").Select
> > Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> >
> > bisa disingkat menjadi 1 baris:
> > Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
> >
> > semoga bermanfaat,
> >
> > wassalam,
> >
> > -aji mumpung-
> >
> >
> > Pada 24 Oktober 2012 01:30, lkm jktind lkmjktind@... menulis:
>
> >
> > > sudah bisa.
> > >
> > > terima kasih pak kid
> > >
> > > Sub rubah_formula()
> > >
> > > Cells(2, 6).Formula = "=Upper(RC[-4])"
> > > Cells(2, 5).Formula = "=RC[-2]*rc[-1]"
> > > Cells(2, 6).Name = "coba"
> > > Cells(2, 5).Name = "coba1"
> > >
> > >
> > > Range("E2:F2").Select
> > > Selection.Copy
> > > Range("E3:F5").Select
> > > Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> > > Range("I4").Select
> > > Application.CutCopyMode = False
> > >
> > > Cells(2, 8).Value = Cells(2, 6)
> > > Cells(2, 9).Value = Cells(2, 5)
> > >
> > > Cells(2, 11).Value = Evaluate("coba")
> > > Cells(2, 12).Value = Evaluate("coba1")
> > >
> > > End Sub
> > >
> > >
> > > 2012/10/23 Mr. Kid mr.nmkid@...
>
> > >
> > > > **
> > > >
> > > >
> > > > Evaluate digunakan untuk mengubah suatu nama range menjadi sebuah
> object
> > > > atau menjadi suatu nilai.
> > > > Jadi yang diubah adalah sebuah nama range.
> > > >
> > > > Contoh :
> > > > 1. Evaluate("A1") artinya mengubah nama range A1 (tentu saja nama
> range
> > > A1
> > > > adalah cell A1), maka hasil evaluate adalah sebuah object range a1.
> > > >
> > > > Jadi, jika ada cell C7 akan diisi dengan nilai A1, bisa dengan :
> > > > range("c7").value = evaluate("A1").value
> > > > yang sering disingkat dengan :
> > > > range("c7").value = evaluate("A1")
> > > > karena properti default suatu range adalah value.
> > > >
> > > > 2. Evaluate("=A1") artinya mengubah nama range yang dirujuk dengan
> > > formula
> > > > (refers to berisi formula) yang berbunyi =A1
> > > > begitu juga ketika ada Evaluate("=suatu formula panjang").
> > > >
> > > > Pada kasus :
> > > > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > > > artinya : nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan
> diisi
> > > > dengan nilai hasil evaluate terhadap cell(2,5) dan diambil nilainya
> > > > (default properti range adalah value.
> > > > Jika cell(2,5) berisi tulisan atau angka berbunyi 125, berarti baris
> :
> > > >
> > > > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > > > akan berarti :
> > > > nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan diisi dengan
> > > nilai
> > > > hasil evaluate terhadap 125 dan diambil nilainya (default properti
> range
> > > > adalah value.
> > > > Karena nama range 125 tidak bisa didefinisikan maka nilai dalam nama
> > > range
> > > > antah berantah itu akan menghasilkan error value.
> > > >
> > > > Jika baris Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5)) maksudnya
> adalah
> > > > mengambil nilai di cells(2,5), maka :
> > > > Cells(2, 11).Value = Evaluate("=" & Cells(2, 5).value)
> > > > atau
> > > > Cells(2, 11).Value = Cells(2, 5).value
> > > >
> > > > Wassalam,
> > > > Kid.
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > > ------------------------------------
> > >
> > > ----------------------------------------------------------
> > > bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> > > belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
> > >
> > > posting ke milis, kirimkan ke:
> > > belajar-excel@yahoogroups.com
> > >
> > > berkunjung ke web milis
> > > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
> > >
> > > melihat file archive / mendownload lampiran
> > > http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> > > atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> > > http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
> > >
> > > menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
> > >
> > > keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> > > kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> > >
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> > > Groups Links
> > >
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

Tue Oct 23, 2012 9:36 pm (PDT) . Posted by:

"summonery" summonery

Dalam kasus ini, tanda kurung siku tersebut adalah sebagai cara
alternatif untuk merujuk ke suatu range tertentu,
o iya, sedikit koreksi, seharusnya [E2:F5] = [E2:F2].Formula
Dan setelah membuka file lampiran, diketahui data pada kolom sebelah
kiri dari formula tersebut datanya saling bergandengan (contiguous)
sampai akhir, berikut ini dengan memanfaatkan AutoFill method,
[E2:F2].AutoFill [E2:F5], 4

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, aji mumpung <pupung1986@...>
wrote:
>
> terima kasih pak Anton, ilmu baru lagi untuk saya,
>
> [E3:F5] = [E2:F2].Formula
>
> mungkin pak Anton & master yang lain bisa menjelaskan arti kurung siku
di
> atas artinya apa ya? karena saya baru sekali ini menemukan solusi
> menggunakan kurung siku dalam VBA, kalo dalam formula biasanya merujuk
> kepada suatu alamat cell atau range dalam sebuah tabel.
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 24 Oktober 2012 10:45, summonery summonery@... menulis:
>
> > **
> >
> >
> > ikutan juga ya,, sekedar memperpendek,
> >
> > Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
> >
> > dapat diperpendek lagi menjadi:
> >
> > [E3:F5] = [E2:F2].Formula
> >
> >
> > >semoga bermanfaat
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, aji mumpung pupung1986@ wrote:
> > >
> > > ikutan lagi ya..
> > >
> > > sekarang coba belajar memperpendek script yuk..
> > >
> > > lihat kode yang ini:
> > > Range("E2:F2").*Select*
> > > *Selection*.Copy
> > >
> > > bisa disingkat menjadi:
> > > Range("E2:F2").Copy karena yang *dimerahin* bisa digabung dan
> >
> > > dihilangkan
> > >
> > > begitu juga yang ini:
> > > Range("E3:F5").*Select*
> > > *Selection*.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> >
> > >
> > > bisa disingkat menjadi:
> > > Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> > >
> > > jadi dari 4 baris kode dapat disingkat menjadi 2 baris saja:
> > > Range("E2:F2").Copy
> > > Range("E3:F5").PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> > >
> > > nah, dari 2 baris yang dikasih warna biru di atas, ternyata masih
bisa
> > > disingkat lagi lho.. gak percaya?
> > > karena syntax untuk copy dalam vba adalah sbb:
> > > *
> > >
> >
nama_workbook.nama_sheet.lokasi_cell_atau_range_yang_mau_dicopy.tindakan\
nya_yaitu_copy
> >
> > > * [spasi] lokasi_tujuan.tindakannya_yaitu_paste_atau_paste_special
> > >
> > > perhatikan yang dimerahin adalah lokasi cell atau range awal yang
mau
> > dicopy
> > > yang dikasih warna biru adalah lokasi cell atau range tujuan yang
mau
> > > dipaste
> > >
> > > jadi yang warna *hijau* bisa disingkat menjadi:
> >
> > > Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
> > >
> > > jadi ternyata dari 4 baris kode ini:
> > > Range("E2:F2").Select
> > > Selection.Copy
> > > Range("E3:F5").Select
> > > Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> > >
> > > bisa disingkat menjadi 1 baris:
> > > Range("E2:F2").Copy Range("E3:F5").PasteSpecial (xlPasteFormulas)
> > >
> > > semoga bermanfaat,
> > >
> > > wassalam,
> > >
> > > -aji mumpung-
> > >
> > >
> > > Pada 24 Oktober 2012 01:30, lkm jktind lkmjktind@ menulis:
> >
> > >
> > > > sudah bisa.
> > > >
> > > > terima kasih pak kid
> > > >
> > > > Sub rubah_formula()
> > > >
> > > > Cells(2, 6).Formula = "=Upper(RC[-4])"
> > > > Cells(2, 5).Formula = "=RC[-2]*rc[-1]"
> > > > Cells(2, 6).Name = "coba"
> > > > Cells(2, 5).Name = "coba1"
> > > >
> > > >
> > > > Range("E2:F2").Select
> > > > Selection.Copy
> > > > Range("E3:F5").Select
> > > > Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormulas
> > > > Range("I4").Select
> > > > Application.CutCopyMode = False
> > > >
> > > > Cells(2, 8).Value = Cells(2, 6)
> > > > Cells(2, 9).Value = Cells(2, 5)
> > > >
> > > > Cells(2, 11).Value = Evaluate("coba")
> > > > Cells(2, 12).Value = Evaluate("coba1")
> > > >
> > > > End Sub
> > > >
> > > >
> > > > 2012/10/23 Mr. Kid mr.nmkid@
> >
> > > >
> > > > > **
> > > > >
> > > > >
> > > > > Evaluate digunakan untuk mengubah suatu nama range menjadi
sebuah
> > object
> > > > > atau menjadi suatu nilai.
> > > > > Jadi yang diubah adalah sebuah nama range.
> > > > >
> > > > > Contoh :
> > > > > 1. Evaluate("A1") artinya mengubah nama range A1 (tentu saja
nama
> > range
> > > > A1
> > > > > adalah cell A1), maka hasil evaluate adalah sebuah object
range a1.
> > > > >
> > > > > Jadi, jika ada cell C7 akan diisi dengan nilai A1, bisa dengan
:
> > > > > range("c7").value = evaluate("A1").value
> > > > > yang sering disingkat dengan :
> > > > > range("c7").value = evaluate("A1")
> > > > > karena properti default suatu range adalah value.
> > > > >
> > > > > 2. Evaluate("=A1") artinya mengubah nama range yang dirujuk
dengan
> > > > formula
> > > > > (refers to berisi formula) yang berbunyi =A1
> > > > > begitu juga ketika ada Evaluate("=suatu formula panjang").
> > > > >
> > > > > Pada kasus :
> > > > > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > > > > artinya : nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value]
akan
> > diisi
> > > > > dengan nilai hasil evaluate terhadap cell(2,5) dan diambil
nilainya
> > > > > (default properti range adalah value.
> > > > > Jika cell(2,5) berisi tulisan atau angka berbunyi 125, berarti
baris
> > :
> > > > >
> > > > > Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
> > > > > akan berarti :
> > > > > nilai di cell baris 2 kolom 11 [cells(2,11).value] akan diisi
dengan
> > > > nilai
> > > > > hasil evaluate terhadap 125 dan diambil nilainya (default
properti
> > range
> > > > > adalah value.
> > > > > Karena nama range 125 tidak bisa didefinisikan maka nilai
dalam nama
> > > > range
> > > > > antah berantah itu akan menghasilkan error value.
> > > > >
> > > > > Jika baris Cells(2, 11).Value = Evaluate(Cells(2, 5))
maksudnya
> > adalah
> > > > > mengambil nilai di cells(2,5), maka :
> > > > > Cells(2, 11).Value = Evaluate("=" & Cells(2, 5).value)
> > > > > atau
> > > > > Cells(2, 11).Value = Cells(2, 5).value
> > > > >
> > > > > Wassalam,
> > > > > Kid.
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > ------------------------------------
> > > >
> > > >
----------------------------------------------------------
> > > > bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> > > > belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
> > > >
> > > > posting ke milis, kirimkan ke:
> > > > belajar-excel@yahoogroups.com
> > > >
> > > > berkunjung ke web milis
> > > > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
> > > >
> > > > melihat file archive / mendownload lampiran
> > > > http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> > > > atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> > > > http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
> > > >
> > > > menghubungi moderators & owners:
belajar-excel-owner@yahoogroups.com
> > > >
> > > > keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> > > > kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> > > >
> >
----------------------------------------------------------Yah\
oo!
> > > > Groups Links
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

Tue Oct 23, 2012 2:25 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file pada link berikut :
http://www.4shared.com/zip/abX7TZKu/Excel_n_Access_Query.html
Dibuat dengan Excel 2007 pada mode compatibility ke Excel 2003.
Tingak kesesuaian script VBA belum diuji langsung pada Excel 2003.
MS Access database yang digunakan adalah dengan Acces 2000 file format.
Provider : Jet 4 OLEDB.

Pada i5 2.67GHz 8GB RAM :
>> Untuk ambil data dari Access
- sebanyak 13K records
- 22 kolom didominasi data bertipe text
- tabel belum dinormalisasi
- waktu proses sekitar 0.5 sec.
- menggunakan QueryTable
>> Untuk tulis data ke Access
- sebanyak 13K records
- 21 kolom didominasi data bertipe text
- tabel belum dinormalisasi
- waktu proses sekitar 11 sec.
- menggunakan ADO (library : Microsoft ActiveX Data Objects)

Wassalam,
Kid.

2012/10/23 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Kalau boleh tahu :
> 1. query untuk ambil ke mdb nya seperti apa ?
> 2. file output excel-nya seperti apa ?
> 3. file mdb-nya seperti apa ?
>
> Coba kompres database. Fitur ini ada dalam MS Access namanya Compact atau
> apa ya. Kalau di Office 2007, sepertinya di office button -> manage.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>

Tue Oct 23, 2012 3:01 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Atau download disini yang tidak pakai sign in (biasanya 4shared pakai sign
in atau sign up sebelum download)
https://www.box.com/s/vs9rdl27y29be5r5dbe2

Wassalam,
Kid.

2012/10/24 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Coba file pada link berikut :
> http://www.4shared.com/zip/abX7TZKu/Excel_n_Access_Query.html
> Dibuat dengan Excel 2007 pada mode compatibility ke Excel 2003.
> Tingak kesesuaian script VBA belum diuji langsung pada Excel 2003.
> MS Access database yang digunakan adalah dengan Acces 2000 file format.
> Provider : Jet 4 OLEDB.
>
> Pada i5 2.67GHz 8GB RAM :
> >> Untuk ambil data dari Access
> - sebanyak 13K records
> - 22 kolom didominasi data bertipe text
> - tabel belum dinormalisasi
> - waktu proses sekitar 0.5 sec.
> - menggunakan QueryTable
> >> Untuk tulis data ke Access
> - sebanyak 13K records
> - 21 kolom didominasi data bertipe text
> - tabel belum dinormalisasi
> - waktu proses sekitar 11 sec.
> - menggunakan ADO (library : Microsoft ActiveX Data Objects)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/23 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> Kalau boleh tahu :
>> 1. query untuk ambil ke mdb nya seperti apa ?
>> 2. file output excel-nya seperti apa ?
>> 3. file mdb-nya seperti apa ?
>>
>> Coba kompres database. Fitur ini ada dalam MS Access namanya Compact
>> atau apa ya. Kalau di Office 2007, sepertinya di office button -> manage.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>

Tue Oct 23, 2012 5:04 pm (PDT) . Posted by:

"leo pcs" leopcs81

Pencerahan yang sangat Superrr.... Mr. Kid.

saya baru tahu kalau ada character "ajaib" (*) untuk menjumlahkan seluruh item pada kriteria tertentu.
hanya mengubah sedikit rumus....dan hasilnya sesuai selera. Terima Kasih Mr. Kid.

Salam,
Leo

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, October 23, 2012 8:59 PM
Subject: Re: [belajar-excel] data berdasarkan list tertentu


 
Oh iya,
Wildcard character bisa digunakan antara lain oleh fungsi-fungsi :
CountIF, CountIFs, SumIF, SumIFs, Seacrh, Match, VLookUp, HLookUp

Wassalam,
Kid.

2012/10/23 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

Hai Leo,
>
>Coba manfaatkan wildcard character (*) untuk penjumlahan 'ALL' record (seluruh item pada kriteria tersebut)
>Contoh :
>kriteria diinput (dengan data valiedation di C1) yang ada pilihan ALL dan item lainnya.
>bunyi formula yang tadinya mirip dengan :
>=SumIFs( data_kolom_nilai , data_kriteria_kolom_sesuatu , C1 )
>Bahasa manusianya :
>"Jumlahkan semua kolom nilai yang kolom sesuatunya bernilai sama dengan nilai C1"
>
>harus diubah menjadi :
>=SumIFs( data_kolom_nilai , data_kriteria_kolom_sesuatu , Substitute( C1 , "ALL" , "*" ) )
>
>Jika kriterianya ada banyak, maka buat juga untuk bagian lain formula yang membutuhkan pengkondisian ALL seperti contoh di atas.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>2012/10/23 leo pcs <leopcs81@yahoo.com>
>
>
>> 
>>hai teman...
>>
>>
>>sebelumnya saya sudah berusaha mengotak-atik rumus yang digunakan untuk memunculkan data berdasarkan karakter yg dikehendaki, namun belum berhasil. saya berharap teman belajar-excel bs membantu saya untuk memecahkan masalah yang bagi saya ini sangat membingungkan.
>>untuk karakter, saya gunakan daftar list, setiap list karakter terdapat karakter "ALL".
>>bersama ini saya sertakan attach ny...
>>
>>
>>terima kasih,
>>Leo
>>
>>_
>>
>

Tue Oct 23, 2012 5:42 pm (PDT) . Posted by:

"rey"

trima kasih master.....
saya sdh coba dan berhasil........

makasih, makasih....

----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, October 23, 2012 7:08 PM
Subject: Re: [belajar-excel] cetak laporan peserta...

Untuk kategori :
=IF(N(D4)<3,"MEWARNAI","MENGGAMBAR")

Untuk susunan kartu yang dicetak (sebuah blok seperti range B2:B6) pada sheet cetak dengan asumsi A1 berisi nomor urut mulainya.
1. blok B2:B6
2. tulis formula : (jangan tekan ENTER)
=IF(MAX($A$2:A$60,$A$1-1)+COUNTIF(A$2:A2,A2)>MAX('Data Awal'!$A:$A),"",TRANSPOSE(INDEX('Data Awal'!$A$4:$E$53,MAX($A$2:A$60,$A$1-1)+COUNTIF(A$2:A2,A2),0)))

3. tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan

Di Excel 2007 ke atas, bagian kondisi bisa diganti dengan IFError :
=IFError(TRANSPOSE(INDEX('Data Awal'!$A$4:$E$53,MAX($A$2:A$60,$A$1-1)+COUNTIF(A$2:A2,A2),0)),"")

Wassalam,
Kid.

2012/10/23 rey <personalia_manado@ag.co.id>

hai, master....

Mohon bantuannya...
di sheet data awal ada kolom kategory mewarnai dan menggambar ( aku coba pake =IF(D4<3;"MEWARNAI";"MENGGAMBAR") ternyata TK sama PAUD ngga masuk....

disheet cetak.....maunya aku cetak sekalian dalam 1 halaman ada 30 nama....setelah dicetak aku panggil lagi nama yang ke 31 dan seterusnya...bisa ngga?

mohon bantuannya...

tq

Rey

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.

Tue Oct 23, 2012 11:26 pm (PDT) . Posted by:

"rey"

terima kasih, sdh ada 2 pilihan hehehe...

----- Original Message -----
From: ghozi alkatiri
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, October 24, 2012 12:30 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] cetak laporan peserta...

formula pertama ditulis di A2

=IF(OR(MOD(ROW(1:1);6)=0;MOD(COLUMN();3)=0;TRUNC((COLUMN()-1)/COLUMNS($A:$C))+1+3*TRUNC((ROW(1:1)-1)/ROWS($A$2:$A$7))+$B$1-1>MAX('Data Awal'!$A$4:$A$53));"";IF(MOD(COLUMN();COLUMNS($A:$C))=1;INDEX('Data Awal'!$A$3:$F$3;MOD(ROW(1:1)-1;ROWS($A$2:$A$7))+1);IF(MOD(COLUMN();COLUMNS($A:$C))=2;INDEX('Data Awal'!$A$4:$E$53;TRUNC((COLUMN()-1)/COLUMNS($A:$C))+1+3*TRUNC((ROW(1:1)-1)/ROWS($A$2:$A$7))+$B$1-1;MOD(ROW(1:1);ROWS($A$2:$A$7))))))

copy ke kanan dan ke bawah.

pemberian border menggunakan conditional formating (bisa dilihat di attachment
page setup tergantung computer dan printer dari masing masing pemakai.

wassalam

Ghozi Alkatiri

----------------------------------------------------------
Dari: rey <personalia_manado@ag. co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 23 Oktober 2012 11:06
Judul: [belajar-excel] cetak laporan peserta...

hai, master....

Mohon bantuannya...
di sheet data awal ada kolom kategory mewarnai dan menggambar ( aku coba pake =IF(D4<3;"MEWARNAI";"MENGGAMBAR") ternyata TK sama PAUD ngga masuk....

disheet cetak.....maunya aku cetak sekalian dalam 1 halaman ada 30 nama....setelah dicetak aku panggil lagi nama yang ke 31 dan seterusnya...bisa ngga?

mohon bantuannya...

tq

Rey

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.

Tue Oct 23, 2012 9:30 pm (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

formula pertama ditulis di A2

=IF(OR(MOD(ROW(1:1);6)=0;MOD(COLUMN();3)=0;TRUNC((COLUMN()-1)/COLUMNS($A:$C))+1+3*TRUNC((ROW(1:1)-1)/ROWS($A$2:$A$7))+$B$1-1>MAX('Data Awal'!$A$4:$A$53));"";IF(MOD(COLUMN();COLUMNS($A:$C))=1;INDEX('Data Awal'!$A$3:$F$3;MOD(ROW(1:1)-1;ROWS($A$2:$A$7))+1);IF(MOD(COLUMN();COLUMNS($A:$C))=2;INDEX('Data Awal'!$A$4:$E$53;TRUNC((COLUMN()-1)/COLUMNS($A:$C))+1+3*TRUNC((ROW(1:1)-1)/ROWS($A$2:$A$7))+$B$1-1;MOD(ROW(1:1);ROWS($A$2:$A$7))))))

copy ke kanan dan ke bawah.

pemberian border menggunakan conditional formating (bisa dilihat di attachment
page setup tergantung computer dan printer dari masing masing pemakai.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: rey <personalia_manado@ag.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 23 Oktober 2012 11:06
Judul: [belajar-excel] cetak laporan peserta...


 
hai, master....
 
Mohon bantuannya...
di sheet data awal ada kolom
kategory mewarnai dan menggambar ( aku coba pake
=IF(D4<3;"MEWARNAI";"MENGGAMBAR") ternyata TK sama PAUD ngga
masuk....
 
disheet cetak.....maunya aku cetak
sekalian dalam 1 halaman ada 30 nama....setelah dicetak aku panggil lagi nama
yang ke 31 dan seterusnya...bisa ngga?
 
 
mohon bantuannya...
 
tq
 
Rey
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER: This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.

Tue Oct 23, 2012 11:27 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

mau belajar looping .
cara mengambil data dari sheet data bese.
untuk di pakai di sheet input_data.
untuk cells 13 . itu perhitungannya . = cell 4 + cell 16 --- kalau di
formula excel : workday.
cell 14 : % fee .
cell 15 : % tax
cell 16 : T + berapa hari .

(nantinya cell 14, 15 dan 16 ) akan saya kosongkan .

diambil dari sheet database.

sudah 5 minggu .lamanya hanya sampai di sini hasil yg dapat ke kerjakan .

sebelum nya saya ucapkan terima kasih .

Salam

Lukman

Tue Oct 23, 2012 11:27 pm (PDT) . Posted by:

"PRAZT" praztmath

Syukron Mr.Hendrik + Mr. Kid, top markotop sesuai keinginan, nanti saya kembangkan lebih lanjut…

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Tuesday, October 23, 2012 9:51 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Fw: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria

Coba ganti bagian yang berwarna merah menjadi:

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313, $M$6:$S$313"

Salam,

Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 23 October 2012, 7:05
Subject: Re: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria

Susunan kondisi sudah dibuatkan Pak Hendrik.
Pengennya sekarang areanya ditambah.
Bagaimana kalau mencoba sendiri dengan record macro.
1. Blok range yang akan diset masuk sebagai print area
2. lakukan record macro
3. set print area (di xl2007 ke ribbon page layout -> Print Area -> Set print Area)
4. stop record macro
5. Ke VBE (tekan ALT F11) dan lihat cara mengubah print area sehingga seperti yang dilakukan.

Wassalam,
Kid.

On Tue, Oct 23, 2012 at 6:59 AM, Prazt Math <praztmath@gmail.com> wrote:

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan (langsung "Yes")

With Target

If .Count = 1 Then

If .Address = "$G$3" Then

If .Value <= 10 Then

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"

Else

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313" .................. (1)

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313" .................. (2) "saya ingin jika G3 terisi lebih dari 10 maka (1) tetap jadi print area dan di tambah

Yang (2), cara menggabungnya bagaimana Mr. Hendrik..?"

End If

End If

End If

End With

End Sub

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: 22 Oktober 2012 22:41
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria

Ini Macronya Pak,

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Application.DisplayAlerts = False 'untuk meniadakan pilihan (langsung "Yes")
With Target
If .Count = 1 Then
If .Address = "$G$3" Then
If .Value <= 10 Then
ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$E$6:$K$313"
Else
ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$M$6:$S$313"
End If
End If
End If
End With
End Sub

Silakan di copas ke Sheet1 pada VBA Sheet (untuk menampilkan VBA Sheet tekan Alt F11).

Salam,
Hendrik Karnadi

_____

From: Prazt Math <praztmath@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 22 October 2012, 17:08
Subject: RE: [belajar-excel] set ptint area dengan kriteria

Untuk lebih jelasnya saya lampirkan lagi filenya Mr. Hendrik

Tue Oct 23, 2012 11:28 pm (PDT) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Dear Master excel,

Bagaimana penulisan code yg benar :
Jika saya aktitkan togglebutton 'A' Maka semua toggle button dibawahnya diberi nama urut A1, A2, A3 dst ....
Jika saya aktitkan togglebutton 'B' Maka semua toggle button dibawahnya diberi nama urut B1, B2, B3 dst ....

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Heru Safrudin
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar