Senin, 03 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1946

15 New Messages

Digest #1946
1a
Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet by "Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289
2a
membuat jadwal kerja by "sembaran joko" jokosembaran
2b
2c
3b
Bls: [belajar-excel] Input data berdasar no induk by "Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com
4
faktur apotik by "Gilang Gumilar" ggumilar29
5a
Data by "Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn
5b
Re: Data by "Jan Raisin"
5c
Re: Data by "Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn
5d
Re: Data by "Jan Raisin"
5e
Re: Data by "andre_teeza_bn@yahoo.com" andre_teeza_bn
6a
Bls: [belajar-excel] Input data berdasar no induk by "Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com
7a
Bls: [belajar-excel] copy data dari file lain by "jajang muhammad siddik" jajang_ms

Messages

Sun Dec 2, 2012 4:27 pm (PST) . Posted by:

"Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289

Wa'alaikumsalam Pak Kid,

penjelasannya sangat mudah untuk diterima otak saya, 
terimakasih banyak atas bantuannya.
semoga Allah membalas kebaikan Pak Kid dengan lebih.
amin..

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, December 2, 2012 4:19 PM
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet


 
mbak Wulan,

operator <> artinya bukan
C$4:C$12<>"cuti"
bahasa manusianya :
"setiap isi data bukanlah kata 'cuti'"

Ekspresi di atas akan menghasilkan TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)
Jadi pada formula (misal) :
=SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
yang biru menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai kondisi nama di tabel data sama atau tidak dengan nama pada baris yang dikalkulasi
yang merah menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai kondisi nilai data di minggu itu bukan berisi tulisan 'cuti' atau tidak
setiap angka yang bersesuaian kemudian dikalikan (setara operator logika AND)
maka hasilnya akan berupa 9 angka berisi 1 atau 0
9 angka inilah yang di-Sum

Jadi, jika di B4,B12, B23 berisi nama 'Kid' dan C4,C12 isinya bukan 'Cuti', maka formula akan menghasilkan minimal angka 2 tergantung data di cell B5 sampai B11 dan cell C5 sampai C11.

Wassalam,
Kid.

2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>


>Mr. Kid,
>
>
>salam kenal Pak Kid..
>subhanallah rumusnya topcer,
>1 yg saya kurang paham, mohon penjelasan tentang "(C$4:C$12<>"cuti")"
>
>
>terimakasih banyak..
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Sunday, December 2, 2012 3:19 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>

>Hai Wulan,
>
>mbak Wulan bisa menggunakan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau SumProduct yang bisa untuk semua versi dan ndak perlu sebagai array formula.
>om array formula di cell C23 pengen salim sama mbak Wulan, mungkin mengajak kenalan. Katanya tak kenal maka tak sayang.
>bagini caranya kenalan :
>1. tulis di C23 formula berikut tapi jangan sekali-kali tekan Enter :
>     =SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>2. kemudian tekan 3 tombol ini bersamaan :
>     CTRL   SHIFT   ENTER
>
>fyi.
>array formula akan banyak membantu dalam proses kalkulasi yang lebih kompleks. Sebaiknya setiap Excel User bisa berkenalan dengan om array formula yang guanteng.
>
>Kalau masih jual mahal gak mau kenalan sama om array formula, ya sudah. Coba salah satu dari formula dibawah ini (tetap di cell C23) :
>formula 1 : (semua versi Excel)
>     =SUMPRODUCT(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>formula 2 : (Excel 2007 ke atas)
>     =COUNTIFS($B$4:$B$12,$B23,C$4:C$12,"<>cuti")
>
>
>Semua formula di atas di copy ke kolom lainnya dan baris lainnya dalam sebuah blok minggu.
>Untuk blok minggu lainnya :
>>> copy cell C23 ke blok minggu baru
>>> ubah rujukan ke tabel data agar sesuai dengan data minggu tersebut
>>> akhiri dengan CTRL  SHIFT  ENTER jika array formula atau cukup dengan ENTER jika bukan array formula
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
>
>> 
>>dear All,
>>
>>
>>saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh di attach files.
>>di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan tempat posisi kerja, mengakibatkan di  bagian perhitungan ada kesalahan hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
>>mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?
>>
>>
>>terimakasih banyak atas bantuannya.
>>semoga Allah membalas dengan lebih..
>
>
>

Sun Dec 2, 2012 6:48 pm (PST) . Posted by:

"sembaran joko" jokosembaran

Dear all Master Excelmania

Master tolong dong? saya punya masalah dengan tabel jadwal kerja dengan cara
masih manual. Dalam hal ini jika saya membuatnya setiap ada perubahan pasti
prosesnya memakan waktu lama.
Nah bagaimanakah agar tabel tersebut bisa digunakan dengan referensi dari
kolom dan baris AI78:AN1286, contoh data terlampir.

Demikian terimaksih atas bantuannya.

Brg,
Sembaran

Sun Dec 2, 2012 7:17 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear pak Sembaran,

kelihatannya salah kirim email nih.. mungkin harusnya ke millis sebelah..
tapi gpp deh.. Jan kasih sedikit bocorannya ya..

untuk mengisi tabel coba gunakan kombinasi Index & Match untuk mengambil
nomer baris dan kolomnya
syntax Index adalah =Index(data_yang_mau_diambil, nomer_baris_datanya,
nomer_kolom_datanya)

berarti range data yang mau diambil adalah mulai dariAK79 sampai AN1278
(ini yang ada datanya)

untuk ambil nomer barisnya gunakan fungsi Match, syntaxnya adalah:
=Match(nilai_yang_dicari, range_lokasi_pencarian, tipe_pencarian)

sesuaikan untuk pencarian nilai baris & kolom, untuk baris pencarian
berdasarkan tanggal & untuk kolom berdasarkan nama crew (lihat bentuk tabel
rujukan)
range lokasi pencarian untuk baris berarti dari AI 79 sampai AI1278, dan
untuk kolom adlah AK78 sampai AN78
tipe pencarian yang digunakan adalah 0 (nol) agar mencari data yang sama
persis

kurang lebihnya adalah seperti berikut:
=Index($AK$79:$AN$1278,Match(C$4,$AI$79:$AI$1278,0),
Match($B6,$AK$78:$AN$78,0))

Yang dimerahin adalah pencari nilai baris, yang dihijau untuk mencari nilai
kolom
untuk jadwal kerja bulan Februari dan seterusnya sebaiknya juga dimasukkan
tanggal agar formula tersebut dapat langsung dicopy ke seluruh tabel,

Untuk trap error antar bulan bisa menggunakan IfError (Excel 2007 ke atas)
atau IsErr (versi 2003 ke bawah)

untuk pemberian warna bisa menggunakan Conditional Formating

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2012 09:48, sembaran joko <sembaran@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Dear all Master Excelmania
>
>
> Master tolong dong? saya punya masalah dengan tabel jadwal kerja dengan
> cara
> masih manual. Dalam hal ini jika saya membuatnya setiap ada perubahan pasti
> prosesnya memakan waktu lama.
> Nah bagaimanakah agar tabel tersebut bisa digunakan dengan referensi dari
> kolom dan baris AI78:AN1286, contoh data terlampir.
>
> Demikian terimaksih atas bantuannya.
>
> Brg,
> Sembaran
>
>
>
>

Sun Dec 2, 2012 7:53 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Ada yang ketinggalan,

jika tabel referensi disusun berdasarkan kaidah data base yang baik dan
benar seperti contoh berikut:

[image: Gambar sisip 1]

1. Data ditulis mulai dari cell A1 sebagai header
2. Tidak ada merge cell
3. Tidak ada baris dan kolom yang kosong
4. Data ditulis dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah)

maka untuk menyusun tabel jadwal kerja tidak diperlukan formula lagi, cukup
hanya dengan memanfaatkan fitur Pivot Table bawaan dari Excel,

silakan dipilih mana solusi terbaik menurut pak Sembaran

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2012 10:17, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

> Dear pak Sembaran,
>
> kelihatannya salah kirim email nih.. mungkin harusnya ke millis sebelah..
> tapi gpp deh.. Jan kasih sedikit bocorannya ya..
>
> untuk mengisi tabel coba gunakan kombinasi Index & Match untuk mengambil
> nomer baris dan kolomnya
> syntax Index adalah =Index(data_yang_mau_diambil, nomer_baris_datanya,
> nomer_kolom_datanya)
>
> berarti range data yang mau diambil adalah mulai dariAK79 sampai AN1278
> (ini yang ada datanya)
>
> untuk ambil nomer barisnya gunakan fungsi Match, syntaxnya adalah:
> =Match(nilai_yang_dicari, range_lokasi_pencarian, tipe_pencarian)
>
> sesuaikan untuk pencarian nilai baris & kolom, untuk baris pencarian
> berdasarkan tanggal & untuk kolom berdasarkan nama crew (lihat bentuk tabel
> rujukan)
> range lokasi pencarian untuk baris berarti dari AI 79 sampai AI1278, dan
> untuk kolom adlah AK78 sampai AN78
> tipe pencarian yang digunakan adalah 0 (nol) agar mencari data yang sama
> persis
>
> kurang lebihnya adalah seperti berikut:
> =Index($AK$79:$AN$1278,Match(C$4,$AI$79:$AI$1278,0),
> Match($B6,$AK$78:$AN$78,0))
>
> Yang dimerahin adalah pencari nilai baris, yang dihijau untuk mencari
> nilai kolom
> untuk jadwal kerja bulan Februari dan seterusnya sebaiknya juga dimasukkan
> tanggal agar formula tersebut dapat langsung dicopy ke seluruh tabel,
>
> Untuk trap error antar bulan bisa menggunakan IfError (Excel 2007 ke atas)
> atau IsErr (versi 2003 ke bawah)
>
> untuk pemberian warna bisa menggunakan Conditional Formating
>
> Best Regard,
>
> -Ms. Jan Raisin-
>
>
> Pada 3 Desember 2012 09:48, sembaran joko <sembaran@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Dear all Master Excelmania
>>
>>
>> Master tolong dong? saya punya masalah dengan tabel jadwal kerja dengan
>> cara
>> masih manual. Dalam hal ini jika saya membuatnya setiap ada perubahan
>> pasti
>> prosesnya memakan waktu lama.
>> Nah bagaimanakah agar tabel tersebut bisa digunakan dengan referensi dari
>> kolom dan baris AI78:AN1286, contoh data terlampir.
>>
>> Demikian terimaksih atas bantuannya.
>>
>> Brg,
>> Sembaran
>>
>>
>>
>>
>

Sun Dec 2, 2012 6:51 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear Debora,

karena Anda sudah biasa dengan langsung menuliskan script ke VB, maka saya
bantu solusinya sbb:

1. deklarasikan beberapa variabel sbb di dalam sebuah prosedur di dalam
sebuah modul
a. NomerIndukNasabah tipenya String (untuk jaga-jaga jika nanti ada
kombinasi huruf & angka di dalam NomerInduk, atau ada nol di depan
NomerInduk)
b. sebuah variabel yang akan digunakan untuk pencarian NoInduk tipenya
range
c. TotalBunga, TotalDenda, TotalPokok bertipe Double untuk menyimpan
nilai dari sheet Kalkulator

2. Masukkan masing-masing nilai ke dalam variabel tersebut, nilainya
diambil dari masing-masing nilai sesuai hasil perhitungan di sheet
Kalkulator

3. Lakukan pencarian di sheet Nasabah kolom B berdasarkan NomerInduk nasabah
contoh pencarian:
Set VariabelNomer1B =
sheets("nasabah").range("b:b").cells.find(NomerIndukNasabah)

4. Lakukan pengecekan apakah ditemukan datanya menggunakan:
If VariabelNomer1B is nothing then
jika tidak ditemukan maka beritahu user dengan messange box bahwa
data tidak ditemukan
keluar dari prosedur
End if

5. Jika ditemukan maka lakukan proses seperti ini
ambil nilai denda, gunakan OffSet untuk menunjuk cellnya berdasarkan
rujukan hasil pencarian di atas, lalu nilainya ditambah dengan TotalDenda
yang tadi sudah disimpan dalam sebuah variabel.
lakukan juga untuk nilai bunga dan pokoknya

6. Buat sebuah shape lalu assign macro yang sudah ditulis ke dalam shape
tersebut, jika tidak terbiasa dengan shape bisa menggunakan tombol (command
button) lalu panggil prosedur tersebut.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan tetap semangat :D

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 1 Desember 2012 21:57, Debora Christy
<debora.christy@rocketmail.com>menulis:

> **
>
>
> Miss sy sedikit bingung dgn proses rekam makro, krn sy sendiri msh awam
> soal rekam makro...
> Dlm penggunaan makro biasanya sy lgsg msk ke vb utk memasukkan formula
> makro... Td sdh sy coba dgn langkah2 tsb ttpi utk makronya sendiri tdk
> terekam...
> Apakah formula tsb dpt lgsg dimskkan melalui vb ato hrs melalui proses
> rekam makro? Trima kasih sebelumnya...
>
>
>

Sun Dec 2, 2012 9:14 pm (PST) . Posted by:

"Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com

maaf sy mw tny lagi setelah sy coba2 lg yg diinput bs msk ke sheet yg sy inginkan hingga ke baris brikutnya... ttpi ketika sy input data yg msk dobel jd misal sy mskan no induk sekian dgn nama AAN maka pada row A9-A10 akan terinput nama AAN, dan sy input lg nama IIN pd row A11-A12 akan terinput IIN...
Formulanya seperti ini :
Sub Macro3()
'
' Macro3 Macro
'

'
    Sheets("KALKULATOR").Select
    Range("N11").Select
    ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select
    Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select
    Selection.Copy
    Sheets("GLOBAL REPORT").Select
    ActiveCell.Select
    ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select
    Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats, Operation:= _
        xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=False
    Sheets("KALKULATOR").Select
    ActiveCell.Select
    ActiveCell.Select
    Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select
    Application.CutCopyMode = False
    Selection.Copy
    Sheets("GLOBAL REPORT").Select
    ActiveCell.Select
    ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select
    Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats, Operation:= _
        xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=False
End Sub

Terima kasih bnyk atas bantuannya...

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 3 Desember 2012 9:50
Judul: Re: [belajar-excel] Input data berdasar no induk


 
Dear Debora,

karena Anda sudah biasa dengan langsung menuliskan script ke VB, maka saya bantu solusinya sbb:

1. deklarasikan beberapa variabel sbb di dalam sebuah prosedur di dalam sebuah modul
    a. NomerIndukNasabah tipenya String (untuk jaga-jaga jika nanti ada kombinasi huruf & angka di dalam NomerInduk, atau ada nol di depan NomerInduk)
    b. sebuah variabel yang akan digunakan untuk pencarian NoInduk tipenya range
    c. TotalBunga, TotalDenda, TotalPokok bertipe Double untuk menyimpan nilai dari sheet Kalkulator

2. Masukkan masing-masing nilai ke dalam variabel tersebut, nilainya diambil dari masing-masing nilai sesuai hasil perhitungan di sheet Kalkulator

3. Lakukan pencarian di sheet Nasabah kolom B berdasarkan NomerInduk nasabah
    contoh pencarian:
    Set VariabelNomer1B = sheets("nasabah").range("b:b").cells.find(NomerIndukNasabah)

4. Lakukan pengecekan apakah ditemukan datanya menggunakan:
    If VariabelNomer1B is nothing then
        jika tidak ditemukan maka beritahu user dengan messange box bahwa data tidak ditemukan
        keluar dari prosedur
    End if

5. Jika ditemukan maka lakukan proses seperti ini
    ambil nilai denda, gunakan OffSet untuk menunjuk cellnya berdasarkan rujukan hasil pencarian di atas, lalu nilainya ditambah dengan TotalDenda yang tadi sudah disimpan dalam sebuah variabel.
    lakukan juga untuk nilai bunga dan pokoknya

6. Buat sebuah shape lalu assign macro yang sudah ditulis ke dalam shape tersebut, jika tidak terbiasa dengan shape bisa menggunakan tombol (command button) lalu panggil prosedur tersebut.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan tetap semangat :D

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 1 Desember 2012 21:57, Debora Christy <debora.christy@rocketmail.com> menulis:


>Miss sy sedikit bingung dgn proses rekam makro, krn sy sendiri msh awam soal rekam makro...
>Dlm penggunaan makro biasanya sy lgsg msk ke vb utk memasukkan formula
makro... Td sdh sy coba dgn langkah2 tsb ttpi utk makronya sendiri tdk
terekam...
>Apakah formula tsb dpt lgsg dimskkan melalui vb ato hrs melalui proses rekam makro? Trima kasih sebelumnya...

Sun Dec 2, 2012 10:33 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear Debora,

Coba kita bahas satu persatu script dari mbak Debora, berdasarkan bentuk
script yang mbak Debora sertakan Jan anggap ini adalah hasil dari rekam
macro

Sub Macro3() ' >>> nama prosedurnya Macro3
' baris berikut sampai beberapa baris di bawah adalah keterangan yang
dibuat oleh Excel saat melakukan perekaman macro
' Macro3 Macro
'

'
Sheets("KALKULATOR").Select ' pindah ke sheet kalkulator
Range("N11").Select ' memilih cell N11 (mode relatif Off)
ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select ' dari cell N11 turun 1
baris ke bawah (mode relatif Off)
Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select ' dari cell N12
melakukan blok ke arah kanan sampai data terakhir, posisi data terakhir
tidak diketahui tetapi masih di baris 12
Selection.Copy ' dilakukan proses copy terhadap data yang sudah
dipilih
Sheets("GLOBAL REPORT").Select ' pindah ke sheet global report
ActiveCell.Select ' pada sebuah cell yang aktif, posisi cell tidak
diketahui (mode relatif ON)
' seharusnya setelah pindah ke sheet global report, mode relatif
dimatikan dahulu, lalu pergi ke header suatu data, setelah itu baru mode
relatif diaktifkan kembali, setelah itu turun ke data terakhir dan baris
baru.
' kenapa harus begitu? agar jika letak cell aktif dipindahkan tidak
terjadi kesalahan penempatan data
ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select ' dari cell tersebut turun
1 baris ke bawah (mode relatif ON)
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats,
Operation:= _
xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=False ' pada cell yang
aktif dilakukan paste nilai dan number format

' kenapa bisa muncul data 2x ? karena proses rekamnya juga 2x, mulai
dari baris ini adalah yang membuat data menjadi dobel,
' solusi: hapus script di bawah ini sampai baris di atas End Sub
Sheets("KALKULATOR").Select ' kembali lagi ke sheet kalkulator
ActiveCell.Select ' pada cell yang aktif (mode relatif ON), letak
cell tidak diketahui, tetapi kalo dilihat dari alur sebelumnya maka
seharusnya saat ini berada di cell N12
ActiveCell.Select ' memilih lagi cell yang aktif tadi dengan mouse (mode
relatif ON)
Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select ' melakukan blok
range ke arah kanan sampai data terakhir (mode relatif ON)
Application.CutCopyMode = False ' menonaktifkan mode copy paste
Selection.Copy ' melakukan proses copy terhadap range data yang tadi
sudah diblok
Sheets("GLOBAL REPORT").Select ' pindah ke sheet global report
ActiveCell.Select ' pada cell yang aktif, posisi tidak diketahui (mode
relatif ON)
ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select ' dari cell yang aktif dan
tidak diketahui posisinya, turun 1 baris ke bawah (mode relatif ON)
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats,
Operation:= _
xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=False ' pada cell aktif
melakukan proses paste nilai dan format number
End Sub ' akhir dari prosedur

by the way, any way, bus way.. jika mbak Debora sudah biasa melakukan
proses penulisan langsung ke VB Editor (VBE), maka ada baiknya
mempergunakan proses penulisan langsung karena ada beberapa hal yang bisa
dihindari, misalnya proses Select yang tidak dibutuhkan atau pada saat
melakukan copas data maka scriptnya bisa dibuat lebih singkat. Selain itu
dengan menulis langsung maka mbak Debora akan terbiasa bermain dengan
variabel-variabel yang kelak akan berguna pada saat proses rekam macro
sudah tidak memungkinkan untuk menghasilkan solusi yang dibutuhkan.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Sun Dec 2, 2012 9:12 pm (PST) . Posted by:

"Gilang Gumilar" ggumilar29

Assalamu'alaikum

Saya telah membuat faktur penjualan untuk apotik, dengan vba awalnya

Private Sub CommandButton1_Click()

Application.ScreenUpdating = False

'deklarasi variabel

Dim Nama, Alamat As String

'Ambil data nama dan alamat dari sheet Form

Nama = Me.Cells(2, 1).Value

Alamat = Me.Cells(2, 2).Value

With Worksheets("Database")

'Cari tau baris terakhir yang kosong pada sheet Database

BarisTerakhir = Worksheets("Database").Cells(.Rows.Count,
1).End(xlUp).Row

'Simpan data dari sheet Form ke sheet Database

'pada baris terakhir yang kosong

.Cells(BarisTerakhir + 1, 1).Value = Nama

.Cells(BarisTerakhir + 1, 2).Value = Alamat

End With

'hapus data inputan pada sheet Form

Me.Range(Cells(2, 1), Cells(2, 2)).ClearContents

'simpan file

ActiveWorkbook.Save

Application.ScreenUpdating = True

End Sub

Saya belu paham betul dengan vba diatas, saat saya mencoba untuk menyimpan 2
value dari cell tidak ada masalah, tapa saat mencoba untuk menyimpan value
dari banyak cell prosesnya telat.apa yang kurang atau salah?saya harap
rekan-rekan ada yang bisa memberikan solusi.untuk lebih jelasnya filenya
saya lampirkan

Sun Dec 2, 2012 9:12 pm (PST) . Posted by:

"Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn

Pagi BeExceller

saya mau tanya rumus untuk link data dari sheets 1 ke sheets 2 contoh saya mau isi data di sheet 1 sedangkan file / data tersebut ada di sheet 2 berdasarkan uraian/ket atw sandi.(file terlampir)
terima kasih sebelumnya.

Regards

Andree

Sun Dec 2, 2012 10:56 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear Andre,

di sheet Data cell D2 ditulis formula sbb:

=If($C2<>"",SumProduct((Ncr_0000!$B$2:$B$647=DATA!$C2)*(Ncr_0000!$A$2:$A$647=DATA!D$1)*(Ncr_0000!$D$2:$D$647));"")

dicopy ke kanan dan ke bawah

coba cek kembali hasilnya, karena dikhawatirkan ada yang salah karena
beberapa item tidak ada kodenya, ada baiknya seluruh data menggunakan
COA (Chart
Of Account) untuk memasukkan masing-masing nilai ke tempatnya

Best Regard,

-Ms Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2012 09:17, Andre Rahmaidy Teeza
<andre_teeza_bn@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Pagi BeExceller
>
> saya mau tanya rumus untuk link data dari sheets 1 ke sheets 2 contoh saya
> mau isi data di sheet 1 sedangkan file / data tersebut ada di sheet 2
> berdasarkan uraian/ket atw sandi.(file terlampir)
> terima kasih sebelumnya.
>
>
>
> Regards
>
> Andree
>
>
>

Mon Dec 3, 2012 1:25 am (PST) . Posted by:

"Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn

Thanks Ms Jan

Kalau rumus tadi dipakai ketika saya copy data ke kanan (KC_2) hasilnya angka yang di KC_1 malah yang muncul.. mohon petunjuknya

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, December 3, 2012 1:56 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Data


 
Dear Andre,

di sheet Data cell D2 ditulis formula sbb:

=If($C2<>"",SumProduct((Ncr_0000!$B$2:$B$647=DATA!$C2)*(Ncr_0000!$A$2:$A$647=DATA!D$1)*(Ncr_0000!$D$2:$D$647));"")

dicopy ke kanan dan ke bawah

coba cek kembali hasilnya, karena dikhawatirkan ada yang salah karena beberapa item tidak ada kodenya, ada baiknya seluruh data menggunakan COA  (Chart Of Account) untuk memasukkan masing-masing nilai ke tempatnya

Best Regard,

-Ms Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2012 09:17, Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com> menulis:


>Pagi BeExceller
>
>
>saya mau tanya rumus untuk link data dari sheets 1 ke sheets 2 contoh saya mau isi data di sheet 1 sedangkan file / data tersebut ada di sheet 2 berdasarkan uraian/ket atw sandi.(file terlampir)
>terima kasih sebelumnya.
>
>
>
>
>
>
>Regards
>
>
>Andree

Mon Dec 3, 2012 1:38 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear Andre,

formula tersebut berjalan baik di komputer saya, coba lihat file terlampir

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2012 14:25, Andre Rahmaidy Teeza
<andre_teeza_bn@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Thanks Ms Jan
>
> Kalau rumus tadi dipakai ketika saya copy data ke kanan (KC_2) hasilnya
> angka yang di KC_1 malah yang muncul.. mohon petunjuknya
>
> ------------------------------
>

Mon Dec 3, 2012 11:06 am (PST) . Posted by:

"andre_teeza_bn@yahoo.com" andre_teeza_bn

Terima kasih Ms Jan saya pelajari dulu ya..
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 3 Dec 2012 16:36:29
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Data

Dear Andre,

formula tersebut berjalan baik di komputer saya, coba lihat file terlampir

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2012 14:25, Andre Rahmaidy Teeza
<andre_teeza_bn@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Thanks Ms Jan
>
> Kalau rumus tadi dipakai ketika saya copy data ke kanan (KC_2) hasilnya
> angka yang di KC_1 malah yang muncul.. mohon petunjuknya
>
> ------------------------------
>

Sun Dec 2, 2012 9:13 pm (PST) . Posted by:

"Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com

terima kasih sebelumnya atas bantuannya....
sy sudah mencoba proses rekam makro seperti link yang disarankan
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/20988dan berhasil, setelah sy coba data berhasil terinput ke baris pertama...
Namun tidak terinput ke baris 2 dan seterusnya, bgmn caranya supaya dapat terinput ke baris seterusnya? saya sudah mencoba melakukan rekam makro untuk baris kedua namunhasilnya data malah terinput ke baris pertama dan kedua....
terima kasih sekali lagi...

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 2 Desember 2012 18:56
Judul: Re: [belajar-excel] Input data berdasar no induk


 
Hai Debora,

Rekam macro adalah sebuah fitur Excel yang dapat membantu menulis script VB untuk membangun sebuah proses otomasi melalui kegiatan rutin langsung terhadap workbook. JIka sudah terbiasa menulis VB, maka tulis langsung saja tanpa rekam macro di lembar script pada VB Editor (VBE). Jika dalam menulis langsung tersebut ada kebingungan dalam hal pemanfaatan object (methods dan properties) Excel, maka rekam macro bisa menjadi salah satu cara untuk mempelajari karakteristik si object.

Proses rekam macro dapat dilakukan melalui :
>> menu Tools -> Macro -> record macro (di Excel 2003)
>> ribbon Developer -> grup Code -> Record Macro (xl2007 ke atas)

Pada Excel 2007 ke atas, kadang kala ribbon Developer tidak muncul dalam daftar ribbon. Untuk memunculkannya adalah :
>> Office Button (pojok kiri atas bunder di xl2007) -> Excel Options (pojok bawah dekat tombol Exit di dialog windows yang muncul)
>> pada page Popular (sisi kiri dialog window yang muncul) -> bagian Top Option blabla -> centang item Show Developer ribbon atau semacamnya -> OK

Wassalam,
Kid.

2012/12/1 Debora Christy <debora.christy@rocketmail.com>


>Miss sy sedikit bingung dgn proses rekam makro, krn sy sendiri msh awam soal rekam makro...
>Dlm penggunaan makro biasanya sy lgsg msk ke vb utk memasukkan formula
makro... Td sdh sy coba dgn langkah2 tsb ttpi utk makronya sendiri tdk
terekam...
>Apakah formula tsb dpt lgsg dimskkan melalui vb ato hrs melalui proses rekam makro? Trima kasih sebelumnya...
>_
>

Sun Dec 2, 2012 9:13 pm (PST) . Posted by:

"jajang muhammad siddik" jajang_ms

Dear Mr. Kid.Memang itu permasalahannya. sosialisasi yang sangat melelahkan.
tapi saya sudah buat dengan VBA (file terlampir, semua data harus di simpan di C:\Project Sales). tapi saya rasa masih kurang efektif, karena hampir 80 toko yang harus di rekap, jadi masih memakan waktu, walaupun terlalu lama seperti copy manual.
belum lagi karena format yang aneh2, ketika saya beri perintah activeworkbook.close untuk file sales ada beberapa yang selalu minta confirmasi save.

Mohon Pencerahannya....

Salam,

Jajangms

>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 2 Desember 2012 9:55
>Judul: Re: [belajar-excel] copy data dari file lain
>
>

>Pak Jajang,
>
>Sebaiknya dibuat sebuah peraturan baku tentang letak data dan bentuk (struktur) tabel data. Hal ini memang perlu sosialisasi yang melelahkan dan menjemukan pada awalnya, tetapi manfaatnya adalah untuk kepentingan bersama sebagai sebuah perusahaan.
>
>Peraturan baku yang cukup sederhana adalah memberi nama range. Semua cabang yang mengirimkan file data harus sudah memberi nama range pada tabel datanya. Jika belum ada nama rangenya, maka file dikembalikan dan dinyatakan belum mengirim data.
>Nama range dibuat tetap misal bernama _Sales_
>Setiap cabang disosialisasikan cara membuat nama range, atau dibuat sebuah SOP untuk membuat nama range.
>
>Peraturan baku lainnya yang lebih baik adalah selalu meletakkan tabel data mulai A1 sebagai header kolom pertamanya.
>Kolom pertama sebaiknya adalah kode Cabang. Kolom selanjutnya adalah data milik cabang.
>
>Tujuan peraturan baku seperti di atas adalah untuk memastikan posisi data. Dengan pastinya posisi data, maka formula bisa dibuat dengan lebih mudah.
>Setelah seluruh data cabang sampai di kantor pusat dan akan diolah, bisa dilakukan penggabungan data menjadi sebuah sheet yang orientasinya vertikal.
>Hal ini memang tidak harus dilakukan, karena posisi data yang konsisten sudah bisa diolah dengan formula. Meski demikian, sebaiknya penggabungan data ini tetap dilakukan. Tentu saja hal ini membutuhkan pemrograman. VBA bisa digunakan untuk hal ini.
>
>Ketika sudah membahas tentang VBA, maka sebenarnya posisi data setiap file cabang bisa tidak tetap, tetapi strukturnya harus tetap. Misal harus ada kolom bernama cabang dan membentuk tabel yang baik. Tabel data dikelilingi oleh cell-cell kosong (baris atas tabel kosong, baris dibawah tabel kosong, kolom dikiri tabel kosong, kolom dikanan tabel kosong). Hal ini akan memudahkan pengembangan selanjutnya, misal jika kolomnya bertambah. Jika kolomnya tetap sepanjang masa atau bersedia ribet mengubah script program kembali ketika ada pengubahan jumlah kolom data, maka ndak perlu ada cell-cell kosong seperti itu.
>
>Syarat minimal untuk menggunakan VBA adalah :
>1. Mau mempelajari Excel
>2. Mau mempelajari VBA (ndak terima jadi)
>3. bersungguh-sungguh
>(untung gak ada syarat ipk minimal 1.5)
>
>hehehe...
>kira-kira Bapak mau pakai opsi mana nih ?
>Membuat aturan baku atau langsung belajar VBA ? Atau mau jadinya saja ?
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2012/12/2 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Dear para Suhu,
>>
>>
>>Mhon bantuannya cara untuk look up data di file Data Master.xls yang mana sumber data nya dari file 115.xls, 360.xls, 820.xls (file terlampir). Saya tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.
>>
>>
>>
>>
>>Salam,
>>
>>
>>
>>
>>Jajang ms
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar