Jumat, 01 Maret 2013

[belajar-excel] Digest Number 2126

13 New Messages

Digest #2126
1a
Index Match dg 2 Kriteria by "Johanes Wawan" johaneswawan
1b
Re: Index Match dg 2 Kriteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
6a
Cash dan Transfer Report by "Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002
6b
Re: Cash dan Transfer Report by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Rekap ke samping by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri Mar 1, 2013 2:57 am (PST) . Posted by:

"Johanes Wawan" johaneswawan

Dear Pakar Excel,

Mohon bantuan rekan2 be exceler, saya sdh coba pakai formula index, match dg 2 kriteria tetapi hasilnya belum sesuai dengan yg saya inginkan.
Mohon solusi rekan2 pakar excel membantu pemecahannya dari file terlampir.
Terima kasih.

Salam,
Wawan

Fri Mar 1, 2013 3:53 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir yang menggunakan array formula Index(,Match), meskipun
bisa diusahakan bukan sebagai array formula.
Fungsi LookUp bisa digunakan bukan sebagai array formula.

fyi.
Index( , Match , Match ) digunakan untuk merujuk ke tabel referensi 2
dimensi (key 1 tersebar vertikal di suatu kolom dan key 2 tersebar
horisontal di suatu baris).

Wassalam,
Kid.

2013/3/1 Johanes Wawan johaneswawan@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Pakar Excel,
>
> Mohon bantuan rekan2 be exceler, saya sdh coba pakai formula index, match
> dg 2 kriteria tetapi hasilnya belum sesuai dengan yg saya inginkan.
> Mohon solusi rekan2 pakar excel membantu pemecahannya dari file terlampir.
> Terima kasih.
>
>
> Salam,
> Wawan
>
>
>

Fri Mar 1, 2013 3:35 am (PST) . Posted by:

"iwan kcmt" iwankcmt

Selamat Siang Mr. Kid

Sudah saya coba dan berhasil sesuai dgn yang saya inginkan. 

terima kasih atas bantuannya.

iwan

________________________________
Dari: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 11:37
Judul: Re: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Mungkin filenya saja yang dipassword.
Coba file save as (ALT  F   A) kemudian lihat tombol Tools atau semacamnya agar bisa lihat pilihan General atau option dan bisa atur password. Setelah itu tekan tombol OK dan Save.

Wassalam,
Kid.

2013/3/1 iwan iwankcmt@yahoo.co.id>


>Selamat Siang Team Belajar Excel
>
>Mohon Bantuan nih. bagai mana utk menggunci hasil kerjaan di excel ?
>
>( di pasang pasword shingga data rahasia tdk bisa di buka dan di baca org lain )
>
>terima kasih atas bantuannya.
>
>iwankcl
>
>

Fri Mar 1, 2013 3:36 am (PST) . Posted by:

"iwan kcmt" iwankcmt

Selamat siang Pak Heri

saya sdh coba mengoperasikan lewat Ribon Excel tapi tdk berhasil. 

bisa kasi step per step dari penguncian work sheet  excel ?

terima kasih
iwan

________________________________
Dari: Heri Pamungkas ( Gmail ) ghery.dharma@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 11:38
Judul: Re: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


Semangat pagi,.

Pak Iwan .. Sepertinya ini sudah sering dibahas di milis..
Coba di Search saja karena dengan pertanyaan bapak banyak "JIKA"
yang akan timbul.

Contohnya :

- Bagaimana Jika Password Excell menggunakan IP
- Bagaimana Jika Sheetnya saja yang di Password
- Bagaimana Jika Kolomnya saja yang di Password

Tetapi secara garis besar Password Excell bisa di dapat di :

Salam Excell-ent
On 01/03/2013 11:13, iwan wrote:
 
>Selamat Siang Team Belajar Excel
>
>Mohon Bantuan nih. bagai mana utk menggunci hasil kerjaan
di excel ?
>
>( di pasang pasword shingga data rahasia tdk bisa di buka
dan di baca org lain )
>
>terima kasih atas bantuannya.
>
>iwankcl
>
>

Fri Mar 1, 2013 3:36 am (PST) . Posted by:

"pengadapan surbakti" aph4n5

mohon dishare sama langkah2 pembuatannya ........
 
Thanks & regards
    

________________________________
Dari: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 10:12
Judul: Re: [belajar-excel] insert photo ke template excel


 
File terlampir, kiriman dari milis sebelumnya, mungkin mirip dengan kebutuhan anda.
Gambar dan Excel berada dalam satu folder.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: pengadapan surbakti aph4n5@yahoo.co.id>
To: excel belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 28 February 2013, 22:03
Subject: [belajar-excel] insert photo ke template excel


 
dear excel

mohon bantuannya cara masukkan photo ke template excel secara otomatis 
saya punya case data nya di sheet 1 dan keterangan di sheet 1 ditampilkan dengan photo di sheet 2.
dimana photonya tersimpan dalam 1 folder.
data terlampir

 
thank and regards    

Fri Mar 1, 2013 6:13 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Langkah2 untuk menjalankannya adalah sbb :
- Folder _Insert Picture_ dicopy ke suatu directory mis D:

- Aktifkan maco sebelum membuka file
- Buka file Excel (dalam contoh, file Excel dan foto berada dalam satu folder, yaitu _Insert Picture_)
- Setelah file dibuka, tinggal klik No NPK nya maka fotonya akan berubah sesuai No NPK tsb (Foto dinamai dengan No NPK).

Nama2 range :
- NPK untuk referensi data validation (sel A1:A4 sheet 2)

- PIC sel yang berisi pilihan data validation (sel F7 sheet1)

Nama Shape :
- Foto

Macronya adalah sbb:
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    Set x = Range("PIC")
    y = ThisWorkbook.Path & "\" & x & ".png"
    If Target = x Then
        Shapes("Foto").Fill.Solid
        If Dir(y) <> "" Then
            Shapes("Foto").Fill.UserPicture y
        Else
            MsgBox "belum ada foto"
        End If
    End If
End Sub

Terjemahan bahasa manusianya ? Akan lebih solid jika yang menjelaskan adalah yang membuat macronya (melihat gaya penulisannya (ada tanda "-"), kelihatannya berasal dari Pak Anton).

Mudah2an Pak Anton mau turun gunung untuk menjelaskannya.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: pengadapan surbakti aph4n5@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 1 March 2013, 15:04
Subject: Bls: [belajar-excel] insert photo ke template excel


 
mohon dishare sama langkah2 pembuatannya ........
 
Thanks & regards
    

________________________________
Dari: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 10:12
Judul: Re: [belajar-excel] insert photo ke template excel


 
File terlampir, kiriman dari milis sebelumnya, mungkin mirip dengan kebutuhan anda.
Gambar dan Excel berada dalam satu folder.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: pengadapan surbakti aph4n5@yahoo.co.id>
To: excel belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 28 February 2013, 22:03
Subject: [belajar-excel] insert photo ke template excel


 
dear excel

mohon bantuannya cara masukkan photo ke template excel secara otomatis 
saya punya case data nya di sheet 1 dan keterangan di sheet 1 ditampilkan dengan photo di sheet 2.
dimana photonya tersimpan dalam 1 folder.
data terlampir

 
thank and regards    

Fri Mar 1, 2013 3:54 am (PST) . Posted by:


"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated&quot;
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

LAIN LAIN:
==========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan&quot; dsb, hanya akan merusak 'Thread&#39; (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting&#39; (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan&quot;, tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri&#39; (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette&quot;.

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes&quot;, tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

Fri Mar 1, 2013 4:14 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba ubah menjadi :
RowCount =
Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2").CurrentRegion.Rows.Count
With Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2").Offset(RowCount, 2)
.numberformat="@"
.Value = *txtPONo.text*
End With

Wassalam,
Kid.

2013/3/1 tio.adjie@ptssb.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya mencoba bikin UserForm, ketika process button OK maka range di
> Excelnya diganti formatnya ke text, bagaimana caranya yah ?
>
> Textboxnya bernama txtPONo.
>
> Saya melakukan dari button di UserForm
>
> RowCount =
> Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2").CurrentRegion.Rows.Count
> With Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2")
> .Offset(RowCount, 2).Value = *Format(txtPONo,"text")*
> End With
>
> Tapi kok gak berhasil, kenapa yah ?
>
> Terima kasih jawabannya,
> Wassalam,
> Tio
>
>

Fri Mar 1, 2013 4:16 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Koreksi bagian merah berikut :

On Fri, Mar 1, 2013 at 7:14 PM, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

> Coba ubah menjadi :
>
> RowCount =
> Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2").CurrentRegion.Rows.Count
> With Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2").Offset(RowCount, 2)
> 'disambung salam satu baris ya
> .numberformat="@"
> .Value = *txtPONo.text*
> End With
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/3/1 tio.adjie@ptssb.co.id>
>
> **
>>
>>
>>
>> Dear Be-Exceller,
>>
>> Saya mencoba bikin UserForm, ketika process button OK maka range di
>> Excelnya diganti formatnya ke text, bagaimana caranya yah ?
>>
>> Textboxnya bernama txtPONo.
>>
>> Saya melakukan dari button di UserForm
>>
>> RowCount =
>> Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2").CurrentRegion.Rows.Count
>> With Worksheets("Entry_Time_Sheet").Range("A2")
>> .Offset(RowCount, 2).Value = *Format(txtPONo,"text")*
>> End With
>>
>> Tapi kok gak berhasil, kenapa yah ?
>>
>> Terima kasih jawabannya,
>> Wassalam,
>> Tio
>>
>>
>
>

Fri Mar 1, 2013 4:29 am (PST) . Posted by:

"Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002

Dear all,

Mohon bantuannya akan hal berikut ini.

Pada intinya, dari sheet DATA, akan dipecah ke sheet Cash dan Transfer. Kalau pembayarannya cash maka NIK nya akan muncul di sheet Cash begitu juga kalau trfansfer, maka hanya akan muncul di sheet transfer. Mohon pencerahannya. Lampiran saya sertakan.

jika pernah di bahas, mohon di berikan link nya

Terima kasih banyak
Juwono

Fri Mar 1, 2013 4:45 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Juwono,

Kasus seperti ini disebut filtering.
Filtering dengan formula biasanya menggunakan array formula filtering
sebagai penyusun indeks posisi baris data yang akan diambil.
Array formula filtering bisa dibaca
disinihttp://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/formula-filter-data-filtering-formula.html>
.

Coba juga untuk memanfaatkan fitur pivot table.

Wassalam,
Kid.

2013/3/1 Juwono Radyanto Edi juwono.re2002@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear all,
>
> Mohon bantuannya akan hal berikut ini.
> Pada intinya, dari sheet DATA, akan dipecah ke sheet Cash dan Transfer.
> Kalau pembayarannya cash maka NIK nya akan muncul di sheet Cash begitu juga
> kalau trfansfer, maka hanya akan muncul di sheet transfer. Mohon
> pencerahannya. Lampiran saya sertakan.
> jika pernah di bahas, mohon di berikan link nya
>
> Terima kasih banyak
> Juwono
>
>
>

Fri Mar 1, 2013 4:39 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pada prosedur yang dipanggil oleh tombol rekap isi dengan :

sheets("CDI").range("g1:g103").copy
sheets("Rekap").range("a1").offset(0,
sheets("rekap").range("a1").currentregion.columns.count ).pastespecial
xlpastevaluesandnumberformats

Wassalam,
Kid.

2013/3/1 Kelik Pitoyo kelik@shindengen.co.id>

> **
>
>
> Selamat Sore be Exceller,
>
> Sebelumnya terima kasih bantuan sebelumnya dari Mr. Kid.
> Sekarang minta tolong lagi kepada semua master :)
> Masalahnya:
> Ingin merekap, hasil di sheet "CDI" dikopi paste ke Sheet "Rekap" tapi
> hasil copy berikutnya ke samping. Mohon bantuannya, supaya hasilnya tidak
> menumpuk dng, data lama.
>
> Terima kasih,
> Salam,
> Kelik
>
>
>

Fri Mar 1, 2013 6:03 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Maaf, salah menterjemahkan pertayaan.

Yang ditanya "data rahasia tidak bisa dibuka dan dibaca orang lain", sedangkan file yang dikonvert ke .Exe (XLtoXE) filenya bisa dilihat tapi tidak bisa disimpan perubahannya.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 1 March 2013, 12:16
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Kalau mau yang sip dan user hanya bisa lihat tidak bisa save, save as maka filenya bisa diconvert dulu ke exension ".Exe".
Terlampir "Software XLtoXE" berupa file ".Exe" yang saya dapat dari internet, namun setelah dikompres masih sedikit melebihi kuota (untuk kepentingan umum boleh kan MOD) ?

Cara kerjanya:
- Back up (copy) file yang akan dikonversi.
- Buka file XLtoXE, browse file yang akan dikonversi kemudian pilih option yang diberikan.

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: iwan iwankcmt@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 1 March 2013, 11:13
Subject: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Selamat Siang Team Belajar Excel

Mohon Bantuan nih. bagai mana utk menggunci hasil kerjaan di excel ?

( di pasang pasword shingga data rahasia tdk bisa di buka dan di baca org lain )

terima kasih atas bantuannya.

iwankcl

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar