Minggu, 12 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2294

9 New Messages

Digest #2294
1a
Re: Cara bold pada kata yang menggunakan formula by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
3a
3b
Re: checkBox untuk filter dan sum by "WIRAnata Kemala Deng" kwiranata
3c
Re: checkBox untuk filter dan sum by "WIRAnata Kemala Deng" kwiranata
4a
Re: Border Formatting - Makro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
rumus huruf terbilang di excel by "Zahdan Shino" zahdan_shino@rocketmail.com
5b
Re: rumus huruf terbilang di excel by "WIRAnata Kemala 鄧又銘" kwiranata
6
kontrol stock gudang+in_out by "Dede Suparman" dede_suparman111

Messages

Sat May 11, 2013 6:47 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...

sepertinya sayang untuk dilewatkan kesempatan mendapatkan semangat belajar
yang demikian tinggi...

Coba file terlampir yang menggunakan UDF (user defined function). Jadi, VBA
bisa digunakan untuk membuat fungsi yang dapat dipakai oleh worksheet
layaknya fungsi-fungsi bawaan Excel. Syaratnya, di workbook tersebut
tersedia script UDF tersebut. Jika dibuat sebuah addin berisi UDFs dan
diaktifkan, maka setiap workbook yang dibuka dikomputer tersebut bisa
menggunakan UDFs yang ada dalam Addin tersebut.
Banyak loh yang jualan addin... ada BeExceller yang mau jualan Addin ?
hehehehe...

moga-moga ada imajinasi liar dari sedikit keisengan dalam file terlampir.
imajinasi liarnya diposting ke milis ya...

Wassalam,
Kid.

2013/5/11 WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>

> **
>
>
> iseng pas kebangun sabtu pagi, nyoba solve ahhhhh..
>
>
> bisa coba dilihat attachment .xlsm nya yah.
>
> semoga membantu (seperti yang diinginkan)
> untuk referensi, VBA nya bisa dilihat dan dikota-katik sesuai keperluan.
>
> maap kalo coding nya kurang slim , maklum newbie :)
>
> regards, wira
>
>
> 2013/5/10 Fuadi Arief <sifuad.xl@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Mohon bantuan teman2, bagaimana cara bold kata2 yang menggunakan rumus di
>> dalam 1 cell? file terlampir. Thanks sebelumnya. ;)
>>
>>
>
>

Sat May 11, 2013 6:54 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

eh... saya kok masih bingung dengan kalimat ini ya :
urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga saya
tidak isa merumuskannya...
*data tersebut setiap bulan selalu berubah*. *saya hanya mengganti format
di cell kolom N*....

Pertanyaannya :
1. Kenapa memilih mengganti custom number format nya daripada membuat
sebuah tabel berisi 2 kolom, yaitu kolom kode dan kolom teks_faktur ?

2. Apakah keuntungan mengganti custom number format setiap id faktur dengan
teks_faktur setiap bulan, sehingga tidak pernah dimiliki histori faktur-nya
?

3. Apakah tidak pernah mendaftar faktur dalam beberapa bulan yang unique
sehingga lebih dari 250 teks faktur ?
>> fyi, sebuah workbook dibatasi jumlah custom number format nya loh.

Wassalam,
Kid.

2013/5/11 yonikriwul <yonikriwul@yahoo.com>

> **
>
>
> Terima kasih atas perhatiannya....
> urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga saya
> tidak isa merumuskannya...
> data tersebut setiap bulan selalu berubah. saya hanya mengganti format di
> cell kolom N....
> Salam
> Yoni
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Heri Pamungkas ( Gmail )"
> <ghery.dharma@...> wrote:
> >
> > Semangat pagi,
> >
> > Kalau dilihat dari datanya sepertinya ada Kombinasi yang unik,... Boleh
> > tau pak/bu
> >
> > kombinasinya seperti apa ??
> >
> > misalnya di No 10. No Fakturnya 030.900-13.630310 apa cluenya .. ( 030
> > =apa, 900 = apa, 13 = apa, 630310 = apa )
> > agar memudahkan proses tempel2nya tanpa menggunakan formating.
> >
> >
> > # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> >
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> >
> > Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
> >
> > Salam Excell-ent
> >
> >
> > On 11/05/2013 5:35, Yoni Patinasaran wrote:
> > > Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
> > > telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> > > groups...
> > > karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian,
> > > maka saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya
> )
> > >
> > > Salam Semuanya....
> > > Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell
> > > yang memakai fungsi Vlookup..
> > > sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut,
> > > tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> > > saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung
> > > saya print...
> > > permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel
> > > penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian
> > > mengambil formatnya....
> > > mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
> > > ini...
> > > sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> > > atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
> > >
> > >
> > > salam
> > > Yoni
> > >
> >
>
>
>

Sat May 11, 2013 9:08 am (PDT) . Posted by:

"Mansor" nbmy1980

Terima kasih Mr Kid,

nanti saya coba fahami dulu

2013/5/11 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> hehehe....
> tumben baru nongol lagi...
>
> 1. Mengapa harus ada *C1 ? =SUMIF($B$9:$B$22,A1,$C$9:$C$22)*C1
> >> supaya hasil akhir menampakkan nilai sum berdasar kriteria di A dan
> terfilter melalui autofilter pada tabel data.
>
> 2. Apa fungsi formula di C1
> =1*(SUMPRODUCT(SUBTOTAL(3,OFFSET($B$8,ROW($B$9:$B$22)-ROW($B$8),0))*($B$9:$B$22=A1))>0)
> >> C1 adalah cek keberadaan nilai kriteria di kolom A pada hasil
> autofilter.
>
>
> =1*(SUMPRODUCT(SUBTOTAL(3,OFFSET($B$8,ROW($B$9:$B$22)-ROW($B$8),0))*($B$9:$B$22=A1))>0)
> bahasa manusianya :
> "cel,cel, coba cek setiap record di kolom B
> [OFFSET($B$8,ROW($B$9:$B$22)-ROW($B$8),0)], jika terfilter oleh autofilter
> hitung jumlah cacah text di record tersebut [SUBTOTAL(3, .... )] kemudian
> periksa juga, apakah setiap record (tidak peduli terfilter atau tidak) itu
> memiliki nilai yang sama dengan nilai di A1 [($B$9:$B$22=A1)]. Jika
> keduanya terpenuhi (tetap tampil dalam autofilter dan [*] nilainya sama
> dengan A1), maka jumlahkan semuanya [SumProduct(....)] dan periksa apakah
> jumlah ini [SumProduct] lebih dari 0. Kemudian konversikan agar menjadi
> numerik dengan mengalikan 1 [1*]"
>
> Bagian 1* bisa dihilangkan. Itu hanya contoh jika hasilnya akan digunakan
> secara langsung dalam bentuk tipe data numerik.
> Pada kasus ini, dengan adanya proses perkalian dengan C1 dalam formula
> SumIF, maka formula di C1 ini tidak perlu dikonversi menjadi bertipe
> numerik.
> Jadi, hasil SumProduct(...)>0 adalah TRUE setara 1 atau FALSE setara 0
>
> Kira-kira penjelasan per bagiannya begini :
> 1. bagian ROW($B$9:$B$22)-ROW($B$8)
> >> adalah nomor indeks record, dimulai dari angka 1 sampai angka ke-N
> sesuai jumlah record (tanpa header)
> >> Row nya B9 - Row nya B8 = 1, Row nya B10 - Row nya B8 = 2, dst...
>
> 2. bagian OFFSET($B$8,ROW($B$9:$B$22)-ROW($B$8),0)
> >> adalah pemilih sebuah cell di kolom B berpatokan dari B8 (absolute =
> tetap) lompat ke bawah (baris berikutnya) sebanyak masing-masing hasil
> bagian nomor 1 tadi, yaitu 1,2,3,dst.
> >> karena cell patokan dalam Offset hanyalah sebuah cell, maka hasil
> offset juga sebuah cell karena tidak ada definisi tinggi dan lebar area
> hasil offset (alias menggunakan defaultnya).
> >> hasil offset ini adalah suatu range dan bukan nilai range. Oleh sebab
> itu bisa dirujuk oleh fungsi yang menuntut inputan berupa range seperti
> SubTotal, CountIF, dsb
>
> 3. bagian SUBTOTAL(3, hasil Offset )
> >> adalah penghitung agregat berdasar ketampakan range. Jadi, kalau tidak
> tampak akibat terfilter oleh autofilter, maka tidak diproses oleh subtotal.
> Ini salah satu karakteristik dari fungsi SubTotal.
> >> angka 3 adalah sebuah enumerasi yang mewakili fungsi agregat CountA.
> Jadi akan menghitung cacah keberadaan data pada range yang diproses.
> >> range yang diproses adalah hasil Offset (nomor 2) yang berupa sebuah
> range. Karena nomor 2 berproses sekian banyak kali sebanyak jumlah record,
> maka SubTotal ini juga akan berproses sebanyak jumlah record membentuk
> suatu array data.
> >> hasil subtotal berupa array nilai 0 (tidak ada data atau tidak tampak)
> atau 1 (ada datanya dan tampak) sebanyak jumlah record, seperti
> {1,0,0,1,0,1,dst}
>
> 4. bagian ($B$9:$B$22=A1)
> >> adalah perbandingan setiap record data di B9:B22 dengan nilai di A1
> >> perbandingannya adalah sama dengan. Jika sama maka bernilai TRUE
> (setara 1) dan jika tidak sama bernilai FALSE (setara 0)
> >> hasil bagian ini adalah array data bernilai TRUE atau FALSE sebanyak
> jumlah record juga seperti {TRUE,FALSE,dst...}
>
> 5. bagian *
> >> adalah hubungan antara kedua kriteria, yaitu hasil Subtotal (nomor 3)
> yang berisi array {1,0,dsb...} dengan hasil nomor 4 yang berupa array
> {TRUE,FALSE,dsb...}
> >> keduanya memiliki jumlah elemen array yang sama, yaitu sebanyak jumlah
> record di B9:B22
> >> kedua kriteria ini harus dipenuhi seluruhnya, karena diminta penanya
> adalah 'yang tampak di hasil autofilter&#39; dan 'sesuai nilai di A1'
> >> maka logika penghubung kedua kriteria adalah logika AND yang setara
> perkalian yang memiliki notasi *
>
> 6. bagian SubTotal()*($B$9:$B$22=A1)
> >> adalah proses cek kedua kriteria (nomor 3 dan nomor 4) itu terpenuhi
> seluruhnya (*) atau tidak.
> >> karena bentuknya perkalian, maka tipe numerik * tipe Boolean = tipe
> numerik.
> >> jadi array {1,0,dsb..} * {true,false,dsb...} akan mengashilkan array 1
> atau 0 seperti {1,0,1,1,0,dsb...}
> >> elemen array hasil adalah sebanyak jumlah record juga.
>
> 7. bagian SumProduct()
> >> menjumlahkan seluruh hasil nomor 6.
> >> karakteristik SumProduct yang bekerja dengan inputan array maka formula
> tidak perlu CTRL SHIFT ENTER ketika seluruh array yang diproses SumProduct
> semuanya bisa memproses array secara langsung. Hal ini akan berbeda
> ceritanya ketika ada fungsi IF dalam SumProduct, karena fungsi IF tidak
> bisa bekerja sebagai array kalau tidak di enter dengan CTRL SHIFT ENTER
> >> hasil bagian ini adalah sebuah nilai dan bukan lagi suatu array.
> >> nilai hasilnya adalah 0 atau lebih dari 0.
> >> jika hasilnya lebih dari 0, maka minimal ada 1 record yang 'tampak
> dalam autofilter dan memiliki nilai sama dengan A1'
>
> 8. bagian SumProduct() > 0
> >> adalah bagian cek, apakah hasil SumProduct dapat diartikan ada record
> yang 'tampak dalam autofilter dan memiliki nilai sama dengan A1'
> >> hasil bagian ini adalah sebuah nilai dengan tipe Bolean (TRUE atau
> FALSE).
> >> TRUE berarti SumProduct menunjukkan ada record yang 'tampak dalam
> autofilter dan memiliki nilai sama dengan A1'
>
> 9. bagian 1* ( SumProduct() > 0 )
> >> adalah proses konversi tipe data dari tipe boolean hasil nomor 8
> menjadi bertipe numerik
> >> Boolean TRUE setara 1 dan Boolean FALSE setara 0
> >> nilai 1 artinya ada record yang 'tampak dalam autofilter dan memiliki
> nilai sama dengan A1'
> >> bagian ini adalah contoh jika hasil akan digunakan langsung.
> >> pada kasus ini sebenarnya tidak dibutuhkan adanya bagian konversi si
> nomor 9 ini, karena dalam formula SumIF di B1 ada proses perkalian dengan
> hasil C1 yang cukup sampai proses nomor 8 saja (coba saja hilangkan bagian
> 1* dari formula C1)
>
> Kira-kira demikianlah alurnya.
>
> hadeeh.. capek juga nulisnya... senam jari kok ya pas malem minggu ya...
> harapannya, ada banyak manfaat dalam dongeng malem minggu di atas.
>
> tetap semangat belajar guys.... gak peduli malem minggu atau malem jumat
> atau malem apapun....
> biar Indonesia yang kebanyakan hari libur ini bisa lebih maju
> setidaknya para pengguna Excel-nya...
>
> :)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/11 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Mr Kid,
>>
>> 1) Mengapa harus ada *C1 ?
>> =SUMIF($B$9:$B$22,A1,$C$9:$C$22)*C1
>>
>> 2) Apa fungsi formula di C1
>>
>>
>> =1*(SUMPRODUCT(SUBTOTAL(3,OFFSET($B$8,ROW($B$9:$B$22)-ROW($B$8),0))*($B$9:$B$22=A1))>0)
>>
>>
>> 2013/5/11 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>> **
>>>
>>>
>>> hehehe...
>>> sambil menunggu yang suka VBA membuatkan script autofilter (moga-moga
>>> ada), mungkin seperti file terlampir bisa menjadi salah satu alternatif
>>> (tanpa VBA).
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/5/11 daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Terima kasih sekali atas tanggapan dari Pak Mr Kid & Pak lapendosol
>>>> opik,
>>>>
>>>> sangat membantu, tapi untuk filter otomatis sesuai dengan checkBox yang
>>>> dipilih, bisa ndak ya?hehhehehe seperti file terlampir,
>>>>
>>>> terima kasih.
>>>>
>>>>
>>>> daniel
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> On 5/10/2013 7:10 PM, Mr. Kid wrote:
>>>>
>>>>
>>>> Mau coba yang agak ribet waktu buatnya ?
>>>>
>>>> File terlampir memanfaatkan properti linkedcells.
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2013/5/10 daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id>
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Dear Para Master2 Excel,
>>>>>
>>>>> mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan
>>>>> checkbox
>>>>> sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
>>>>> checkbox yang dipilih,
>>>>> berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>>>>>
>>>>> mohon maaf jika selalu merepotkan,
>>>>>
>>>>> terima kasih sekali
>>>>>
>>>>> daniel.
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Sun May 12, 2013 1:47 am (PDT) . Posted by:

"WIRAnata Kemala Deng" kwiranata

dear bro lapendosol opik, saya ijin nebeng coding nya yah.
nambahin sedikit logic supaya B4:C18 nya bisa ikut ter-filter tergantung
sama CheckBox nya :)
makasih codes awal nya :)

Untuk bos Daniel, silakan dikotak-katik, siapa tau cocok , sekalian saya
belajar VBA nya yah..

regards, Wira

2013/5/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Sambil nunggu temen-temen yang lain jawab, ikutan bantu ya
> Coba kasih solusi versi saya, semoga bisa jadi pertimbangan
> Hehehe
>
> ------------------------------
> *From:* daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, May 10, 2013 4:48 PM
> *Subject:* [belajar-excel] checkBox untuk filter dan sum
>
>
> Dear Para Master2 Excel,
>
> mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
> sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
> checkbox yang dipilih,
> berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>
> mohon maaf jika selalu merepotkan,
>
> terima kasih sekali
>
> daniel.
>
>
>
>
>

Sun May 12, 2013 1:49 am (PDT) . Posted by:

"WIRAnata Kemala Deng" kwiranata

eh salah file attachment yang tadi ..
ini yang benar :)

2013/5/12 WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>

> dear bro lapendosol opik, saya ijin nebeng coding nya yah.
> nambahin sedikit logic supaya B4:C18 nya bisa ikut ter-filter tergantung
> sama CheckBox nya :)
> makasih codes awal nya :)
>
> Untuk bos Daniel, silakan dikotak-katik, siapa tau cocok , sekalian saya
> belajar VBA nya yah..
>
> regards, Wira
>
>
> 2013/5/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Sambil nunggu temen-temen yang lain jawab, ikutan bantu ya
>> Coba kasih solusi versi saya, semoga bisa jadi pertimbangan
>> Hehehe
>>
>> ------------------------------
>> *From:* daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, May 10, 2013 4:48 PM
>> *Subject:* [belajar-excel] checkBox untuk filter dan sum
>>
>>
>> Dear Para Master2 Excel,
>>
>> mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
>> sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
>> checkbox yang dipilih,
>> berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>>
>> mohon maaf jika selalu merepotkan,
>>
>> terima kasih sekali
>>
>> daniel.
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Sat May 11, 2013 11:10 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sepertinya Pak Imam akhir-akhir ini sedang giat belajar VBA ya..
gimana jika garis besar prosesnya saja dulu ya...

Tahap pertama, telaah masalah.
1. Indikator pengaturan border horizontalnya adalah Kolom 3
>> artinya, data dimulai di kolom 1 yang berarti offset 2 kolom ke kiri
dari data di kolom 3.
>> kemudian dibutuhkan loop terhadap object range yang berisi data di kolom
3 tanpa header.
>> loop akan bergerak dari range pertama (record pertama) sampai record
terakhir

2. Kemudian jika ada *sel kosong pada kolom 3*, maka *sel kosong tsb
di-merger-kan dengan sel diatasnya*.
>> perhatikan contoh data di kolom 3 ini :
111 -> loop pertama : berisi nilai
-> loop kedua : kosong
-> loop ketiga : kosong
222 -> loop keempat : berisi data
>> loop pertama menjadi cell ke-1 yang akan dimerge. loop kedua dan ketiga
menjadi cell ke-2 dan ke-3
>> artinya, saat loop pertama atau saat bertemu cell yang berisi data, maka
cell itu disimpan pada sebuah variabel range. Jadi, buat variabel range dan
dalam loop di cek jika cell yang dikerjakan oleh loop berisi data, maka
simpan cell itu ke variabel awal merge ini.
>> loop pertama menjadi data ke-1 yang di-merge. cell kosong berikutnya
akan menjadi data ke-2,3,dst... yang berarti butuh variabel penyimpan
jumlah cell yang ditemui mulai dari cell isi pertama sampai cell kosong
terakhir sebelum bertemu cell ini.
>> jadi, saat dilakukan merge blok pertama (loop pertama sampai loop
ketiga), cell kerja loop sudah ada di loop ke-empat.
>> tepat sebelum harus simpan cell di loop keempat, maka dilakukanlah merge
blok pertama, yaitu mulai cell yang masih tersimpan dalam variabel range
awal merge sebanyak isi variabel penyimpan jumlah cell yang ditemui teoat
sebelum loop ke-empat
>> setelah proses merge, dilakukan set cell awal merge yang baru, yaitu
pada loop ke-empat.
>> juga di set ulang jumlah cell yang harus di-merge kembali ke 1, karena
loop ke-empat adalah cell ke-1 yang harus di-merge untuk blok merge kedua.
>> begitu seterusnya sampai selesai proses loopnya.
>> ketika proses loop selesai, jika jumlah cell yang akan di-merge masih
lebih dari 1, maka lakukan merge terakhir tepat setelah akhir blok loop.

3. Jika baris pada kolom 3 berisi data, maka border sebelah atas dari baris
tsb diberi garis dobel (Kecuali baris pertama). Sedangkan untuk baris data
terakhir, garis dobel dibubuhi pada border bawah.
>> artinya, secara konsisten yang diberi border dobel adalah pada baris
kosong terakhir.
>> baris kosong terakhir diketahui ketika proses loop sudah masuk ke loop
ke-empat untuk blok merge pertama (dari loop pertama sampai loop ketiga).
>> berarti, setelah proses merge blok pertama (lihat nomor 2), sebelum set
cell awal merge untuk blok merge kedua, harus ada proses pemberian border
dobel.
>> karena range kerja loop adalah sebuah cell dikolom 3 dan yang perlu
diborder adalah mulai kolom ke-1 sampai kolom ke-N, maka dari kolom ke-3
sampai kolom ke-1 harus lompat (offset) sebanyak 2 kolom ke kiri (negatif),
kemudian diperluas rangenya dari kolom ke-1 sampai kolom ke-N alias
sebanyak 1 baris dan N kolom (resize).
>> proses pemberian border untuk border dibawahnya range :
range_yang_harus_diborder.Borders(xlEdgeBottom).linestyle=xldouble
range_yang_harus_diborder.Borders(xlEdgeBottom).weight=xlthick
kerena border dobel bisa dilakukan jika garisnya tebal (thick).
>> Karena baris terbawah data juga harus diborder dobel, maka setelah blok
loop selesai, bila perlu setelah proses merge terakhir (lihat nomor 2),
dilakukan border xledgebottom lagi untuk seluruh area data (mulai kolom
ke-1 sampai kolom ke-N)

Kira-kira garis besarnya demikian.

Bentuk loop disetiap object adalah dengan
For Each variabel_object IN koleksi_object

next variabel_object

misal :
for each rngDiProses IN rangenya_kolom3

next rngDiProses

Untuk garis besar di atas, kira-kira bentuknya sebagai berikut :

'loop setiap range di kolom 3
'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop
(pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
'jika ada isinya, maka lakukan :
'1. merge cell dari cell awal diperluas sebanyak variabel
jumlah cell
rngAwalMerge.resize(variabel_jumlah_cell).merge

'2. beri border dobel dibawah range yang sedang diproses oleh
loop (misal di rngDiProses),
' tetapi mulai kolom ke-1 (offset 2 kolom kekiri) yang
diperluas 1 baris x sekian kolom data

'3. set cell awal merge baru (untuk blok merge berikutnya)
set rngawalmerge=rngDiProses

'4. set ulang jumlah cell kembali ke 1 karena cell awal merge
yang baru adalah cell pertama yang dimerge untuk blok merge tersebut

'jika tidak ada isinya alias kosong, maka lakukan :
'1. penambahan jumlah cell yang harus di-merge dengan 1

'sampai akhir loop, yaitu di baris Next

'setelah selesai, lakukan merge dari cell awal merge yang ada sebanyak
jumlah cell yang tercatat

'kemudian akhiri dengan memasang border dobel untuk sisi bawah
(xledgebottom) dari seluruh area data yang ada

Kira-kira demikian garis besarnya. Silakan dicoba.

Wassalam,
Kid.

2013/5/11 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>

> **
>
>
>
> Yth. Para pakar dan rekan2 excellers�
>
> 1. Untuk mencetak hasil kerja, telah tersedia blanko Tabel Hasil pada
> sheet tersendiri, sebut saja sheet 'kuprint&#39; (Situasi 1.), dengan status
> sheet sdg ter-hidden.
>
> 2. Proses kalkulasi data dilakukan di sheet lain, dan hasilnya
> di-copy-paste-values-kan ke dalam Tabel Hasil yang sudah tersedia tsb
> (Situasi 2.).
>
> 3. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengatur border horizontal
> (memberi garis dobel), sehingga hasil akhirnya tampil seperti pada Situasi
> 3., dan langsung siap untuk diprint.
>
> Pertanyaan:
>
> Indikator pengaturan border horizontalnya adalah Kolom 3.
> Jika baris pada kolom 3 berisi data, maka border sebelah atas dari baris
> tsb diberi garis dobel (Kecuali baris pertama).
> Sedangkan untuk baris data terakhir, garis dobel dibubuhi pada border
> bawah.
> Kemudian jika ada sel kosong pada kolom 3, maka sel kosong tsb
> di-merger-kan dengan sel diatasnya.
>
> Mohon dibimbing menyusun kode makronya. Terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
>

Sat May 11, 2013 8:59 pm (PDT) . Posted by:

"Zahdan Shino" zahdan_shino@rocketmail.com

assalamu alaikum.......

para suhu, aku ada problem...
saya mw tau apa ada formula untuk angka yang di ubah menjadi terbilang...
jadi kalau saya input angka� 100 di A1 maka di B1 akan muncul tulisan terbilang "seratus".
mohon bantuannya....

sekian atas perhatian para suhu.terima kasih banyak...
assalamu alaikum....

--- Mods ---
Silakan jalan-jalan ke website milis di folder Files dan unduh file-file yang memiliki kata 'terbilang&#39; yang ada di : (butuh YahooID)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
------------

Sun May 12, 2013 2:50 am (PDT) . Posted by:

"WIRAnata Kemala 鄧又銘" kwiranata

di bagian http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/ ada deh
yang dicari kalo gak salah.

coba deh dicari :)

2013/5/12 Zahdan Shino <zahdan_shino@rocketmail.com>

> **
>
>
> assalamu alaikum.......
>
> para suhu, aku ada problem...
> saya mw tau apa ada formula untuk angka yang di ubah menjadi terbilang...
> jadi kalau saya input angka� 100 di A1 maka di B1 akan muncul tulisan
> terbilang "seratus".
> mohon bantuannya....
>
> sekian atas perhatian para suhu.terima kasih banyak...
> assalamu alaikum....
>
> --- Mods ---
> Silakan jalan-jalan ke website milis di folder Files dan unduh file-file
> yang memiliki kata 'terbilang&#39; yang ada di : (butuh YahooID)
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
> ------------
>
>

Sun May 12, 2013 5:08 am (PDT) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Dear Para Master & Be_Excel tidak lupa juga Om mod'

mau ngerepotin lg nih, saya sedang membuat kontrol di gudang dengan macro excel. Saya baru membuat in dan out dan mentok di stock nya, 
yang diharapkan:
1. waktu in stock bertambah dan out berkurang yang jdi persoalan, waktu in
   jika batch+exp.date+lokasi sama maka masuk ke sheet stock yang berubah 
   hanya qty stock,tapi jika dari ke 3 itu ada yang beda dr yg sdh ada maka item
   atau baris baru muncul di sheet stock tsb.
2.bisa ga ya filter tanggal dengan macro, sperti filter material (sheet Database)
   mohon bantuannya, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih..
file terlampir...

salam,
Del
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar