Jumat, 17 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2302

15 New Messages

Digest #2302
1a
Re: kontrol stock gudang+in_out by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Copas kolom yang berbeda by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
3c
Bls: Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama???? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
3e
Bls: Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama???? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
4a
Re: Monitoring Absensi dan tugas pegawai by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Mengambil data seperti sumbu x dan sumbu y by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: monitoring tugas II by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Mengalikan lalu menjumlah dgn 2 kondisi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8
validasi beda sheet by "diditp" didit_monk
9a
Re: memisahkan nama yang sama???? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
10a
11
Link dari cell ke textbox di userform by "Masbooqien Al qodiriyah" booqien

Messages

Thu May 16, 2013 11:15 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Jika sheet IN dan sheet Out dipisah, penambahan material di sheet output
yang bernama Stock membutuhkan array formula yang menganalisa setiap baris
data di IN dan OUT kemudian mengambil unique berdasar banyak kolom kriteria.
Moga-moga BeExceller yang senang dengan formula panjang memposting bunyi
formulanya.
Permasalahan berikutnya yang muncul ketika dibentuk dengan formula (untuk
sheet yang terpisah IN dan OUT) adalah lambatnya kalkulasi Excel.
Cara lainnya adalah dengan fitur Remove Duplicate.
Urutannya :
1. copy semua record data di sheet IN ke sheet Stock
2. copy semua record data di sheet OUT ke sheet Stock
3. lakukan remove duplicate
4. pasang formula yang harusnya ada di sheet stock untuk kolom bernama
IN,OUT,STOCK

Jika Anda bisa memindahkan dari sheet database ke sheet IN ataupun OUT,
tentu Anda bisa memindahkan dari sheet IN ke STOCK dan dari sheet OUT ke
STOCK.
Untuk bisa mengetahui script remove duplicate, lakukan record macro.
Untuk cara pasang formula, bisa dengan record macro atau ubah sesuai
kebutuhan bunyi script berikut ini :
Sheets("nama sheetnya").Range("alamat rangenya").formula = "bunyi
formulanya"

Wassalam,
Kid.

2013/5/16 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr.Wb
> Dear Mr.Kid & Para Master juga Be_Excel,
>
> maaf sebelum nya baru lanjut lagi..
> kasus yang filter sudah bisa "Sheets("STOCK";).Range("DATE").AutoFilter 6,
> Range("B6").Text" terimakasih.Dan untuk kasus yang pertama file nya saya
> lampirkan lagi, yang di sheet STOCK sudah di tampilkan material
> nya.Pertanyaan nya, jika ada material yang exp.date nya beda dengan yang
> sudah ada
> bisa ga ya masuk ke sheet STOCK menjadi baris baru atau item
> baru.kesimpulannya saya berharap agar
> stock akhir tidak hanya dilihat dari ID tapi juga per EXP.DATE.
> terimakasih sebelumnya dan maaf jikalau penjelasan saya membingungkan,atau
> mungkin ada ide lain untuk kasus saya ini..
>
> Salam,
> Del
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Selasa, 14 Mei 2013 12:34
> *Judul:* Re: [belajar-excel] kontrol stock gudang+in_out
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> 1. Coba buat dulu daftar material yang harus ditampilkan dalam sheet
> stock. Bisa dengan formula atau VBA. Hal ini akan menjelaskan kepada publik
> asal muasal daftar tersebut. Setelah itu hitung dengan formula dulu. Kalau
> akan di-VBA-kan pun juga bisa. Pastikan dengan formula sudah sesuai proses
> bisnisnya.
>
> 2. Filter terhadap data bertipe datetime yang telah di-format adalah
> dengan memberi kriteria seperti tulisan si data datetime sesuai format yang
> ada dalam tabel.
> Misal inputan adalah data datetime yang diformat dd mmmm yyyy
> data semua juga bertipe datetime yang diformat dd mmmm yyyy
>
> sheets("nama sheetnya").range("alamat range data").autofilter
> indeks_kolom_dalam_tabel_yang_difilter, range("alamat cell input").text
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/12 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>
>
> **
>
> Assalamu'alaikum Wr.Wb
> Dear Para Master & Be_Excel tidak lupa juga Om mod'
>
> mau ngerepotin lg nih, saya sedang membuat kontrol di gudang dengan macro
> excel. Saya baru membuat in dan out dan mentok di stock nya,
> yang diharapkan:
> 1. waktu in stock bertambah dan out berkurang yang jdi persoalan, waktu in
> jika batch+exp.date+lokasi sama maka masuk ke sheet stock yang berubah
> hanya qty stock,tapi jika dari ke 3 itu ada yang beda dr yg sdh ada
> maka item
> atau baris baru muncul di sheet stock tsb.
> 2.bisa ga ya filter tanggal dengan macro, sperti filter material (sheet
> Database)
> mohon bantuannya, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih..
> file terlampir...
>
> salam,
> Del
>
>
>
>
>
>

Thu May 16, 2013 11:24 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Cell i6 :
=INDEX(Data!$I7:$CZ7,MATCH(LEFT($I$2,3),Data!$I$3:$BD$3,0)+MATCH(TRIM(MID(I$3,3,99)),Data!$I$2:$CZ$2,0)+1)
Copy ke kanan dan bawah untuk blok satu bulan.

Pada penyalinan ke blok bulan lain, sesuaikan rujukan $I$2 dalam formula
agar merujuk ke cell nama bulan di blok tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/5/16 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>

> **
>
>
> dear pada master XL
>
> tolong para master problem diatas
>
> terima kasih
>
>
>

Thu May 16, 2013 11:33 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hi Shenly,

Kalau mau otomatis bisa pake formula Den Bagus, dengan mengganti  Range("A2:A11") dengan nama Range yang dinamis mis "Nama".
Cara membuatnya dengan mengkli Formula, Name Manager. Pada kotak kosong di samping "Name" diketik NAMA dan pada kotak kosong di samping "Refers  to" diketik formula ini =Offset(Sheet1!$A$1,0,0,CountA(Sheet1!$A:$A)-1,1).

Salam,
HK

________________________________
From: Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 17 May 2013, 11:54
Subject: Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????


 
kalo menggunakan menu tersebut nanti kalo ada penambahan nama baru ga akan otomatis dong??

________________________________
Dari: Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 17 Mei 2013 12:51
Judul: Re: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????


 
Haduh,..

Berarti saya belum master nie,..
Dari tadi di kedip2in ga gerak2 datanya,...:'( :'( :'(

Tapi kalau mau di coba bisa dengan Remove Duplicate yang ada di
Tab Data

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3 Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain Salam Excell-ent
On 17/05/2013 11:08, Shenly Ruchman wrote:
 
>haloo master...minta tolong lagi....
>dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon maaf jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe
>
>
>langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di bawah ini master...??
>
>
>Nama
>dede
>nanang
>indra
>deri
>isma
>dede
>nanang
>deri
>jaka
>indra
>
>
>
>
>
>
>
>
>yang di inginkan...
>
>
>Nama
>dede
>nanang
>indra
>deri
>isma
>jaka
>indra
>
>
>
>
>
>
>mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya begitu susah, hehehehe
>mohon bantuannya ^^
>

Thu May 16, 2013 11:55 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

ooh.. maunya kalo datanya dikedipin langsung berubah ya? kalo gitu coba
pakai VBA, boleh gak?
Om Bagus, Jan izin pinjam fikenya ya.. :D

scriptnya ditulis dalam sheet VBE memanfaatkan event Change (BERUBAH
hohoho.. [gaya sinchan])

bunyi script dan penjelasannya seperti ini:
' wajib menggunakan script ini untuk pengecekan variabel
Option Explicit

' prosedur yang bekerja jika ada cell yang berubah nilainya
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

' deklarasi variabel sesuai kebutuhan
Dim iCnt As Integer, iTrgt As Integer
Dim lRow As Long, lTrgt As Long
Dim rgData As Range, rgTrgt As Range

' bekerja pada target cell yang berubah
With Target

' jika jumlah cell yang berubah hanya 1 maka..
If .Cells.Count = 1 Then

' jika baris cell yang berubah > 1 dan kolomnya = 1
' atau bahasa lainnya yang berubah mulai cell A2 ke bawah
If .Row > 1 And .Column = 1 Then

' cari nilai baris data terakhir
' simpan dalam variabel lRow
lRow = Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row

' set lokasi rgData, yaitu mulai baris 2 kolom 1 / cell A2
/ Cells(2, 1)
' sampai baris terakhir data pada kolom 1 atau Cells(lRow,
1)
Set rgData = Range(Cells(2, 1), Cells(lRow, 1))

' hitung jumlah data yang sama pada rgData berdasarkan
nilai cell yang berubah
' gunakan fungsi worksheet yang dipanggil melalui VBA
' lalu simpan jumlah datanya ke dalam variabel iCnt
iCnt = Application.WorksheetFunction.CountIf(rgData, .Value)

' jika ada data yang sama maka
If iCnt > 1 Then

' hitung nilai baris data terakhir pada kolom 3 atau
kolom C
' ini adalah lokasi penulisan data yang dobel
' cari mencari nilainya sama seperti mencari nilai lRow
di atas
lTrgt = Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Row

' set range target penulisan data yang dobel
' mulai baris 2 kolom 3 / cell C3 / Cells(2, 3)
' sampai dengan baris data terakhir pada kolom 3 /
Cells(lTrgt, 3)
Set rgTrgt = Range(Cells(2, 3), Cells(lTrgt, 3))

' hitung jumlah data yang sama pada range target
penulisan / rgTrgt
' berdasarkan nilai pada cell yang berubah
' lalu simpan ke dalam variabel iTrgt
iTrgt = Application.WorksheetFunction.CountIf(rgTrgt,
.Value)

' jika belum ada data dobel yang ditulis maka
If iTrgt = 0 Then

' tulis nilai data yang dobel tadi
Cells(lTrgt + 1, 3).Value = .Value

' ini adalah akhir pengecekan data dobel yang
sudah/belum ditulis
End If

' ini adalah akhir pengecekan apakah datanya dobel atau
tidak
End If

' ini adalah akhir pengecekan apakah cell yang berubah mulai
cell A2 ke bawah atau tidak
End If

' ini adalah akhir pengecekan apakah cell yang berubah hanya 1 atau
tidak
End If

' akhir bekerja pada cell target yang berubah
End With

' akhir dari prosedur
End Sub

Karena maunya kalo mata kedip dan datanya berubah, maka cara pakai datanya
harus sesuai petunjuk ya.
1. download file terlampir
2. buka file yang sudah didownlaod
3. izinkan mantra saktinya bekerja dengan menekan tombol Enable Macro
4. isi data mulai dari cell A2 ke arah bawah

-- ini yang paling penting --
5. Mata harus berkedip saat menekan tombol Enter (ini wajib ya)

tring.. kalo datanya dobel maka akan muncul di cell C ke arah bawah
kalo gak muncul berarti datanya gak dobel atau petunjuk di atas tidak
diikuti dengan benar

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

Pada 17 Mei 2013 13.32, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Hi Shenly,
>
> Kalau mau otomatis bisa pake formula Den Bagus, dengan mengganti
> Range("A2:A11") dengan nama Range yang dinamis mis "Nama".
> Cara membuatnya dengan mengkli Formula, Name Manager. Pada kotak kosong
> di samping "Name" diketik NAMA dan pada kotak kosong di samping "Refers
> to" diketik formula ini =Offset(Sheet1!$A$1,0,0,CountA(Sheet1!$A:$A)-1,1)
> .
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, 17 May 2013, 11:54
> *Subject:* Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????
>
>
> kalo menggunakan menu tersebut nanti kalo ada penambahan nama baru ga akan
> otomatis dong??
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 17 Mei 2013 12:51
> *Judul:* Re: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????
>
>
> Haduh,..
>
> Berarti saya belum master nie,..
> Dari tadi di kedip2in ga gerak2 datanya,... :'( :'( :'(
>
> Tapi kalau mau di coba bisa dengan Remove Duplicate yang ada di Tab Data
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Salam Excell-ent
>
>
> On 17/05/2013 11:08, Shenly Ruchman wrote:
>
>
> haloo master...minta tolong lagi....
> dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon maaf
> jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe
>
> langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di
> bawah ini master...??
>
> Nama
> dede
> nanang
> indra
> deri
> isma
> dede
> nanang
> deri
> jaka
> indra
>
>
>
>
> yang di inginkan...
>
> Nama
> dede
> nanang
> indra
> deri
> isma
> jaka
> indra
>
>
>
> mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya
> begitu susah, hehehehe
> mohon bantuannya ^^
>
>
>
>
>
>
>

Fri May 17, 2013 12:10 am (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

terima kasih lagi mas jan....ilmu tambahan buat saya yang newbie hehe ^^

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 17 Mei 2013 14:55
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????


 
ooh.. maunya kalo datanya dikedipin langsung berubah ya? kalo gitu coba pakai VBA, boleh gak?
Om Bagus, Jan izin pinjam fikenya ya.. :D

scriptnya ditulis dalam sheet VBE memanfaatkan event Change (BERUBAH hohoho.. [gaya sinchan])

bunyi script dan penjelasannya seperti ini:
' wajib menggunakan script ini untuk pengecekan variabel
Option Explicit

' prosedur yang bekerja jika ada cell yang berubah nilainya
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

    ' deklarasi variabel sesuai kebutuhan
    Dim iCnt As Integer, iTrgt As Integer
    Dim lRow As Long, lTrgt As Long
    Dim rgData As Range, rgTrgt As Range
    
    ' bekerja pada target cell yang berubah
    With Target
        
        ' jika jumlah cell yang berubah hanya 1 maka..
        If .Cells.Count = 1 Then
        
            ' jika baris cell yang berubah > 1 dan kolomnya = 1
            ' atau bahasa lainnya yang berubah mulai cell A2 ke bawah
            If .Row > 1 And .Column = 1 Then
            
                ' cari nilai baris data terakhir
                ' simpan dalam variabel lRow
                lRow = Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
                
                ' set lokasi rgData, yaitu mulai baris 2 kolom 1 / cell A2 / Cells(2, 1)
                ' sampai baris terakhir data pada kolom 1 atau Cells(lRow, 1)
                Set rgData = Range(Cells(2, 1), Cells(lRow, 1))
                
                ' hitung jumlah data yang sama pada rgData berdasarkan nilai cell yang berubah
                ' gunakan fungsi worksheet yang dipanggil melalui VBA
                ' lalu simpan jumlah datanya ke dalam variabel iCnt
                iCnt = Application.WorksheetFunction.CountIf(rgData, .Value)
                
                ' jika ada data yang sama maka
                If iCnt > 1 Then
                
                    ' hitung nilai baris data terakhir pada kolom 3 atau kolom C
                    ' ini adalah lokasi penulisan data yang dobel
                    ' cari mencari nilainya sama seperti mencari nilai lRow di atas
                    lTrgt = Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Row
                    
                    ' set range target penulisan data yang dobel
                    ' mulai baris 2 kolom 3 / cell C3 / Cells(2, 3)
                    ' sampai dengan baris data terakhir pada kolom 3 / Cells(lTrgt, 3)
                    Set rgTrgt = Range(Cells(2, 3), Cells(lTrgt, 3))
                    
                    ' hitung jumlah data yang sama pada range target penulisan / rgTrgt
                    ' berdasarkan nilai pada cell yang berubah
                    ' lalu simpan ke dalam variabel iTrgt
                    iTrgt = Application.WorksheetFunction.CountIf(rgTrgt, .Value)
                    
                    ' jika belum ada data dobel yang ditulis maka
                    If iTrgt = 0 Then
                    
                        ' tulis nilai data yang dobel tadi
                        Cells(lTrgt + 1, 3).Value = .Value
                    
                    ' ini adalah akhir pengecekan data dobel yang sudah/belum ditulis
                    End If
                
                ' ini adalah akhir pengecekan apakah datanya dobel atau tidak
                End If
            
            ' ini adalah akhir pengecekan apakah cell yang berubah mulai cell A2 ke bawah atau tidak
            End If
        
        ' ini adalah akhir pengecekan apakah cell yang berubah hanya 1 atau tidak
        End If
    
    ' akhir bekerja pada cell target yang berubah
    End With

' akhir dari prosedur
End Sub

Karena maunya kalo mata kedip dan datanya berubah, maka cara pakai datanya harus sesuai petunjuk ya.
1. download file terlampir
2. buka file yang sudah didownlaod
3. izinkan mantra saktinya bekerja dengan menekan tombol Enable Macro
4. isi data mulai dari cell A2 ke arah bawah

-- ini yang paling penting --
5. Mata harus berkedip saat menekan tombol Enter (ini wajib ya)

tring.. kalo datanya dobel maka akan muncul di cell C ke arah bawah
kalo gak muncul berarti datanya gak dobel atau petunjuk di atas tidak diikuti dengan benar

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 17 Mei 2013 13.32, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:


>Hi Shenly,
>
>
>Kalau mau otomatis bisa pake formula Den Bagus, dengan mengganti  Range("A2:A11") dengan nama Range yang dinamis mis "Nama".
>Cara membuatnya dengan mengkli Formula, Name Manager. Pada kotak kosong di samping "Name" diketik NAMA dan pada kotak kosong di samping "Refers  to" diketik formula ini =Offset(Sheet1!$A$1,0,0,CountA(Sheet1!$A:$A)-1,1).
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>________________________________
> From: Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, 17 May 2013, 11:54
>Subject: Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????
>
>
>

>kalo menggunakan menu tersebut nanti kalo ada penambahan nama baru ga akan otomatis dong??
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Jumat, 17 Mei 2013 12:51
>Judul: Re: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????
>
>
>

>Haduh,..
>
>Berarti saya belum master nie,..
>Dari tadi di kedip2in ga gerak2 datanya,...:'( :'( :'(
>
>Tapi kalau mau di coba bisa dengan Remove Duplicate yang ada di
Tab Data
>
>
># sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3 Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain Salam Excell-ent
>On 17/05/2013 11:08, Shenly Ruchman wrote:

>>haloo master...minta tolong lagi....
>>dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon maaf jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe
>>
>>
>>langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di bawah ini master...??
>>
>>
>>Nama
>>dede
>>nanang
>>indra
>>deri
>>isma
>>dede
>>nanang
>>deri
>>jaka
>>indra
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>yang di inginkan...
>>
>>
>>Nama
>>dede
>>nanang
>>indra
>>deri
>>isma
>>jaka
>>indra
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya begitu susah, hehehehe
>>mohon bantuannya ^^
>>
>
>
>
>

Fri May 17, 2013 12:18 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

oohh.. lagi-lagi dipanggil mas padahal udah pasang foto yang paling cakep
:((

-Miss Jan Raisin-

Pada 17 Mei 2013 14.08, Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>menulis:

> **
>
>
> terima kasih lagi mas jan....ilmu tambahan buat saya yang newbie hehe ^^
>
>
>

Fri May 17, 2013 12:25 am (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

aduuh..aduh..maaf....sya ga tau..hehe

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 17 Mei 2013 15:18
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????


 
oohh.. lagi-lagi dipanggil mas padahal udah pasang foto yang paling cakep :((

-Miss Jan Raisin-

Pada 17 Mei 2013 14.08, Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id> menulis:


>terima kasih lagi mas jan....ilmu tambahan buat saya yang newbie hehe ^^
>
>
>
>
>

Thu May 16, 2013 11:35 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir dengan sebuah kolom bantu di tabel data. Syarat : tanggal
terurut Ascending (setidaknya per Nama).
Fungsi yang digunakan : LookUp, Mid, dan IFError.
Pada xl2003 kebawah, silakan disesuaikan dalam penggunaan IFError-nya agar
memenuhi kaidah :
IF( IsError( formula ) , "" , formulanya )

Wassalam,
Kid.

2013/5/16 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>

> **
>
>
> salam be exceller
>
>
> melanjutkan permohonan saya terkait monitoring tugas pegawai
> ada pertanyaan "waktu itu tugas apa ya?"
> wah bingung lah saya, bolak balik buka lembar data lagi
> mohon bnatuan para master dan rekan2 be exceller
> btw, sempat ada kepikiran menggunakan fungsi *indirect* dan *offset, *tapi
> kemudian gak tau cara menggunaannya
> dan mending kayaknya pakai makro aja deh hehe
>
> terima kasih
> best regards
>
> -rauf_
>
>
> 2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>
> **
>>
>>
>> oohhh.. gituu... :)
>> ok deh Mr Kid..
>> Makasihh penjelasannya... :)
>>
>> Salam,
>> Gita
>>
>> ------------------------------
>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Dikirim:* Rabu, 10 April 2013 11:10
>>
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>
>>
>> Nama range yang merujuk ke sheet GL harus disesuaikan ulang.
>> Jika ingin dinamis, maka manfaatkan formula Index atau offset atau
>> indirect untuk mengarahkan rujukan nama range menjadi dinamis mengikuti
>> jumlah record. Coba search posting lawas tentang nama range dinamis.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>
>> **
>>
>> ohh gituu taa.. hhehehe...
>> tapi kalo lebih dari 9 data pada sheet GL ? misalnya saya mau input data
>> si gareng pada nomer 10 tapi koq ga ngaruh di sheet per nama dan per bulan?
>> Makasihh..
>>
>> Salam,
>> Gita
>>
>> ------------------------------
>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Dikirim:* Rabu, 10 April 2013 10:21
>>
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>
>>
>> Yup.
>>
>> Data diinput di sheet GL.
>> Bulan output diubah pada sheet per nama yang berwarna biru dengan format
>> entry tanggal YYYY-MM-DD atau yang sesuai regional setting komputer
>> setempat.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>
>> **
>>
>> Dear Mr Kid,
>> jadi yang diisi pada awalnya itu tanggal mulai dan tanggal akhir pada
>> sheet GL ya? ntar sheet per nama dan per bulan itu yang berwarna? hehe nda
>> ngerti nih :D...
>> Tengkyu...
>>
>> Salam,
>> Gita
>>
>> ------------------------------
>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 22:43
>>
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>
>>
>> Hai Gita,
>>
>> Warna kuning yang muncul karena diwarnai oleh fitur Conditional
>> Formatting.
>> Pada xl2007 bisa diperoleh melalui ribbon Home -> group Styles ->
>> Conditional Formatting -> New Rule (jika belum ada) atau Manage rules jika
>> sudah ada.
>>
>> Jika belum ada, setelah New Rule akan muncul tampilan dialog window
>> seperti di gambar yang ada dalam file. Jadi, walau cell tidak ada nilainya
>> apapun, bisa dilakukan format cell (Formatting) berdasar suatu kondisi
>> tertentu (Conditional) dengan fitur bernama Conditional Formatting.
>>
>> Jika kondisi dalam Conditional Formatting membutuhkan data dari sheet
>> lain, maka data di sheet lain tersebut harus diberi nama range terlebih
>> dulu.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2013/4/9 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>
>> **
>>
>> Dear all,
>> Saya mengikuti case ini..
>> emm, maap.. boleh nanya ? cara make nya gimana nih, input-an-nya apa biar
>> tanggal sesuai status pekerjaan yang uda dikerjakannya berubah jadi warna
>> kuning gitu? <maap banget kalo pertanyaannya ndeso niihh.. :( ... >
>>
>> Makasihh...
>>
>> Salam,
>> Gita
>>
>> ------------------------------
>> *Dari:* dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 8:25
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>
>>
>> terima kasih atas bantuannya mr. kid
>>
>> saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
>> _dtmulai_ = baris F
>> _dtselesai_ = baris G
>> dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa
>> terupdate otomatis juga
>>
>> namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot;
>> file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan
>> "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>>
>> adakah solusi untuk mengatsi ini
>>
>> best regards
>> rauf
>>
>>
>> 2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>> **
>>
>> Hai Rauf,
>> File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>
>> **
>>
>> yth para master excel
>> mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring absensi
>> dan tugas pegawai
>> inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
>> tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>>
>> file terlampir
>> best regard
>> rauf
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Thu May 16, 2013 11:45 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :
e16 diberi formula :
=VLOOKUP(D16,$B$3:$O$12,2+C16)

f16 diberi formula :
=D16-VLOOKUP(D16,$B$3:$B$12,1)

Jika komputer setempat menggunakan regional setting indonesia, ganti semua
karakter koma dalam formula menjadi karakter titik koma.

Wassalam,
Kid.

2013/5/16 <harry_salim@yanmar.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Master2 XL,
>
> Mohon bantuannya dari master2 XL
>
> Terima kasih
>
>

Thu May 16, 2013 11:48 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh jadi muncul di topik tersendiri.
Tadinya menjadi satu di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/25210

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>

> **
>
>
> salam be exceller
>
>
> melanjutkan permohonan saya terkait monitoring tugas pegawai
> ada pertanyaan dari rekan pegawai "waktu itu tugas saya apa ya?"
> wah bingung lah saya, bolak balik buka lembar data lagi
> mohon bantuan para master dan rekan2 be exceller
> btw, sempat ada kepikiran menggunakan fungsi *indirect* dan *offset, *tapi
> kemudian gak tau cara menggunaannya
> dan mending kayaknya pakai makro aja deh hehe
>
> terima kasih
> best regards
>
> -rauf_
>
>
>

Thu May 16, 2013 11:57 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba pada i7 diberi formula :
=MMULT('New-Calculation&#39;!$D4:$S4,INDEX('Plan Manufacturing
Dies'!$C$6:$N$21,0,MATCH($I$5,'Plan Manufacturing Dies'!$C$4:$N$4,0)))

(regional setting Indonesia : ganti koma dalam formula menjadi titik koma)

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 aRghifari <arnay_ind@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear suhu2 n master excel,
>
> Mohon dibantu untuk solusi rumus singkat excel terlampir. Request jgn pake
> makro ya krn makro blum mudeng nich... Tks suhu
>
>
>

Fri May 17, 2013 12:02 am (PDT) . Posted by:

"diditp" didit_monk

dear para master,

bagaimana melakukan validasi pada excel , dengan menarik data dari beda sheet, yang kedua beda file excel.

terima kasih master

didit

Fri May 17, 2013 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba pivot table.
Jangankan sambil kedip, sambil main sepak bola juga bisa update sendiri
asal ada orang yang nambah data lalu pencet Refresh All di ribbon Data.

Kalau mau otomatis lagi, update selalu per 1 menit, manfaatkan fitur Get
External Data.
Tunggu aja sebentar, moga-moga ada BeExceller yang lagi seneng bermain
dengan Get External data posting ke milis melanjutkan thread ini.

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>

> **
>
>
> haloo master...minta tolong lagi....
> dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon maaf
> jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe
>
> langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di bawah
> ini master...??
>
> Nama
> dede
> nanang
> indra
> deri
> isma
> dede
> nanang
> deri
> jaka
> indra
>
>
>
>
> yang di inginkan...
>
> Nama
> dede
> nanang
> indra
> deri
> isma
> jaka
> indra
>
>
>
> mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya
> begitu susah, hehehehe
> mohon bantuannya ^^
>
>
>

Fri May 17, 2013 12:21 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 yonikriwul <yonikriwul@yahoo.com>

> **
>
>
> Selamat Pagi Mr. Kid....
> begitulah keadaannya...
> setelah membaca arahan dari Mr. Kid ada sedikit gambaran tentang apa yang
> harus saya lakukan..
> namun mengenai rumus apa yang harus diketikkan di cell C3, kolom N, kolom
> AA dan kolom AB saya masih belum mengerti...
> sudilah Mr. Kid memberikan contohnya kepada saya....
> terima kasih...
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Oh jadi nomor kode diberikan oleh si Owner.
> > Kemudian Anda memasukkan ke Excel di kolom N melalui number format ? Jika
> > betul, maka cara Anda ini yang harus diubah. Janganlah Anda memasukkannya
> > ke kolom N dengan format number, tetapi dibuat di kolom AA berisi nomor
> di
> > kolom N dan di kolom AB adalah teksnya seperti yang harus Anda salin
> > sebagai format number (teksnya ya bukan format numbernya)
> >
> > Owner bisa memberi nomer sekenanya menurut wangsit. Tetapi pengolah data
> > tetap bekerja berdasar kaidah pengolahan data yang baik. Hal ini diawali
> > selalu dengan membuat tabel referensi seluruh kode. Meskipun kode itu
> > bertambah sekian ribu baris per hari.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> >
> >
> >
> > 2013/5/13 yonikriwul <yonikriwul@...>
> >
> > > **
>
> > >
> > >
> > > Terima kasih Mr. Kid atas koreksinya....
> > > dalam kasus ini, saya hanya sebagai operator saja sehingga penentuan
> nomor
> > > kode di kolom N sepenuhnya di pihak owner. mungkin beliau memberikan
> kode
> > > tersebut juga sekenanya (MAAF HANYA PREDIKSI SEPIHAK DARI SAYA),
> sehingga
> > > saya kesulitan dalam membuat history data terutama no kode faktur
> tersebut.
> > > dalam hal ini saya hanya berusaha mempermudah pekerjaan saya untuk
> tidak
> > > mengganti format cell setiap saya akan mencetak. (BISA DIBAYANGKAN
> > > KESULITAN SAYA WAKTU ITU. SEBELUM KENAL DENGAN REKAN BE EXCEL)
> > > Mudah mudahan rekan rekan BE-EXCEL dapat segera metemukan solusinya,
> dan
> > > saya akan sangat terbantu sekali.
> > > Salam
> > > Yoni
> > >
> > >
> > > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > > >
> > > > eh... saya kok masih bingung dengan kalimat ini ya :
> > > > urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga
> saya
> > > > tidak isa merumuskannya...
> > > > *data tersebut setiap bulan selalu berubah*. *saya hanya mengganti
> format
> > > > di cell kolom N*....
> > >
> > > >
> > > > Pertanyaannya :
> > > > 1. Kenapa memilih mengganti custom number format nya daripada membuat
> > > > sebuah tabel berisi 2 kolom, yaitu kolom kode dan kolom teks_faktur ?
> > > >
> > > > 2. Apakah keuntungan mengganti custom number format setiap id faktur
> > > dengan
> > > > teks_faktur setiap bulan, sehingga tidak pernah dimiliki histori
> > > faktur-nya
> > > > ?
> > > >
> > > > 3. Apakah tidak pernah mendaftar faktur dalam beberapa bulan yang
> unique
> > > > sehingga lebih dari 250 teks faktur ?
> > > > >> fyi, sebuah workbook dibatasi jumlah custom number format nya loh.
> > > >
> > > > Wassalam,
> > > > Kid.
> > > >
> > > >
> > > > 2013/5/11 yonikriwul <yonikriwul@>
> > > >
> > > > > **
> > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > Terima kasih atas perhatiannya....
> > > > > urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak
> sehingga
> > > saya
> > > > > tidak isa merumuskannya...
> > > > > data tersebut setiap bulan selalu berubah. saya hanya mengganti
> format
> > > di
> > > > > cell kolom N....
> > > > > Salam
> > > > > Yoni
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Heri Pamungkas ( Gmail )"
> > > > > <ghery.dharma@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > Semangat pagi,
> > > > > >
> > > > > > Kalau dilihat dari datanya sepertinya ada Kombinasi yang unik,...
> > > Boleh
> > > > > > tau pak/bu
> > > > > >
> > > > > > kombinasinya seperti apa ??
> > > > > >
> > > > > > misalnya di No 10. No Fakturnya 030.900-13.630310 apa cluenya ..
> (
> > > 030
> > > > > > =apa, 900 = apa, 13 = apa, 630310 = apa )
> > > > > > agar memudahkan proses tempel2nya tanpa menggunakan formating.
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel
> > > pada
> > > > > >
> > > > >
> > >
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> > > > > >
> > > > > > Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut
> > > sangat
> > > > > berharga untuk Be-Exceler yang lain
> > > > > >
> > > > > > Salam Excell-ent
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > On 11/05/2013 5:35, Yoni Patinasaran wrote:
> > > > > > > Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr.
> Kid.
> > > yang
> > > > > > > telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim
> pesan ke
> > > > > > > groups...
> > > > > > > karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan
> penyelesaian,
> > > > > > > maka saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini
> > > permasalahannya
> > > > > )
> > > > > > >
> > > > > > > Salam Semuanya....
> > > > > > > Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua
> > > cell
> > > > > > > yang memakai fungsi Vlookup..
> > > > > > > sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut,
> > > > > > > tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> > > > > > > saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan
> langsung
> > > > > > > saya print...
> > > > > > > permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel
> > > > > > > penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian
> > > > > > > mengambil formatnya....
> > > > > > > mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu
> > > permasalahan
> > > > > > > ini...
> > > > > > > sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> > > > > > > atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > salam
> > > > > > > Yoni
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

Fri May 17, 2013 12:51 am (PDT) . Posted by:

"Masbooqien Al qodiriyah" booqien

Assalamu`alaikum,,,

Mau tanya sama para master Excel
saya mau coba buat link dari cell ke textbox di userForm,tapi belum tau caranya
Misalnya di Sheet1!A1 ada jumlah 888
otomatis di textbox userform akan muncul 888

Atas bantuannya saya Ucapakan Terima Kasih

Wassalamua`alaikum...
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar