Jumat, 24 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2315

15 New Messages

Digest #2315
2a
Security Off Schedule by "ifandri" ifandri_franky
2b
2c
2d
Re: Security Off Schedule by "Mulki" mulki_akbar
2e
2f
Re: Security Off Schedule by "Mulki" mulki_akbar
3
lookup campuran dengan multiple case by "didit prast" didit_monk
4
(no subject) by "achmad adi" didon13@ymail.com
5a
Re: Cara merekap data di beda sheet by "Fachry Ass" p4ch_m4n
6
Export Excell to Access 2007 by "Nasrul" naz.roel

Messages

Thu May 23, 2013 6:34 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Ikutan ya..

Jan gak tau yang dibahas apa.. mungkin ini adalah semacam pembayaran
angsuran atau penilaian berkala, ini cuma barangkali ya..
kalo menurut pendapat Jan, dengan data seperti sample maka seharusnya
dibuat dahulu sebuah database seperti ini:

[image: Gambar sisip 1]
lalu untuk input updatenya dimasukkan ke dalam database yang lain seperti
ini:

[image: Gambar sisip 2]
setiap kali ada update maka akan terus bertambah ke arah bawah, bukan ke
kanan berdasarkan "Nama" dan "Kat", tanggal lapor seharusnya otomatis
berdasarkan tanggal sistem bukan dipilih sendiri.

reportnya mungkin bisa disusun menggunakan Pivot Table berdasarkan 2 buah
database di atas

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

Pada 23 Mei 2013 20.47, Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Makasih pak MrKid atas segala kepeduliannya.
>
> Sebenarnya kolom ke-3,4,dst itu adalah realisasi pembayaran iyuran secara
> bulanan, yg rutin dicatat setiap bulan ke arah samping kanan :)
> Membingungkan ya pak hahaha...upssff.. setelah pertanyaan saya baca
> kembali, saya juga malah jd bingung apa yang sebenarnya saya inginkan :D
>
> Bolehkah thread ini saya ralat dan pertanyaannya diajukan dgn
> cara/lampiran berbeda?? mungkin edisi ralat ini akan lebih mudah
> dimengerti. Mohon izinnya saya ajukan disini saja tanpa harus membuat
> thread baru (jika mmg harus di thread baru, maka akan langsung saya buat).
>
> Saya membuka-buka arsip lama, dan menemukan satu script buatan Pak MrKid
> di message 22661 yang sepertinya mirip. Script tsb sudah saya jiplak dan
> bekerja dengan baik (Module1: Sub InputData). Yang belum ada adalah proses
> loop. Mohon dibantu melengkapi proses loop-nya agar seluruh data nominal
> di kolom P terinput ke Tabel Data.
>
> Mohon maaf saya sudah sangat merepotkan, dan terima kasih sebelumnya atas
> bantuan yang diberikan.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Kamis, 23 Mei 2013 19:24
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Re: VBA Input Data Sesuai Offset Value
>
>
>
> Ada kalimat berbunyi :
> "namun jika ingin meng-update data record yang telah exist, maka dilakukan
> ke arah samping."
>
> Pertanyaannya :
> Data yang mana yang akan digunakan dalam proses pengolahan selanjutnya
> jika telah terjadi 7 kali update (total ada 8 kolom dengan data pertama
> inputnya) ?
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>

Thu May 23, 2013 11:55 pm (PDT) . Posted by:

"Imam Sinurat" sin.ur4t

Makasih Miss JR sudah berkenan hadir, serta saran dan arahannya..
Tujuan utama adalah belajar excel saja.  Sudah cukup lama bergabung di milis ini, tapi rasanya perkembangan kemampuan terasa sangat lambat.  Karena itu kami mencoba metode belajar baru, yakni langsung praktek dgn mengambil studi kasus kecil, yaitu proses pembukuan pd sebuah kegiatan angsuran mikro mini mikro -katakanlah semacam perkumpulan arisan, yg selama ini dilakukan msh pake "catet di buku tulis" TANPA kuitansi. setiap kendala yang ditemui langsung ditanyakan ke milis.  Alhamdulillah metode belajar excel seperti ini ternyata sangat efektif :). So much thanks to para pakar milis yg sudah bersedia berbagi ilmu :)

Back to topic: rencana awal database akan dibangun seperti yg miss sarankan, meskipun tentu blm sesempurna itu mengingat jurus2 excel kami blm memadai :D  Tapi terbayang bhw nantinya akan menemui bbrp kesulitan dalam penggunaannya, seperti: setiap proses input update maka hrs mengetikkan nama dan kat (kolom kat sbnrnya msh terbagi lagi mjd 4 atau 5 kolom, atau setidaknya msh akan perlu mengetikkan semacam "idRec" sbg penciri khusus record tiap kali proses update dilakukan. Beresiko salah ketik nama, kat, atau idRec.

Karena itu kami cenderung menyukai pola pengisian "mengarah ke kanan" untuk menghindari salah ketik, walaupun tentu ini melanggar prinsip dasar penyusunan database seperti yg sudah diingatkan Pak MrKid dlm artikelnya.

Rasanya tinggal selangkah lagi angan-angan itu dapat dicapai, yaitu membuatkan script Looping pada sampel masalah seperti pada lampiran email saya yg terakhir.  Jika berkenan, mohon Miss JR dan para pakar berkenan membantu, terima kasih sblmnya :)

Wassalam
Sinurat

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 24 Mei 2013 8:34
Judul: Re: [belajar-excel] Re: VBA Input Data Sesuai Offset Value


Ikutan ya..

Jan gak tau yang dibahas apa.. mungkin ini adalah semacam pembayaran angsuran atau penilaian berkala, ini cuma barangkali ya..
kalo menurut pendapat Jan, dengan data seperti sample maka seharusnya dibuat dahulu sebuah database seperti ini:

lalu untuk input updatenya dimasukkan ke dalam database yang lain seperti ini:

setiap kali ada update maka akan terus bertambah ke arah bawah, bukan ke kanan berdasarkan "Nama" dan "Kat", tanggal lapor seharusnya otomatis berdasarkan tanggal sistem bukan dipilih sendiri.

reportnya mungkin bisa disusun menggunakan Pivot Table berdasarkan 2 buah database di atas

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 23 Mei 2013 20.47, Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:


>Makasih pak MrKid atas segala kepeduliannya.
>
>
>Sebenarnya kolom ke-3,4,dst itu adalah realisasi pembayaran iyuran secara bulanan, yg rutin dicatat setiap bulan ke arah samping kanan :)
>Membingungkan ya pak hahaha...upssff.. setelah pertanyaan saya baca kembali, saya juga malah jd bingung apa yang sebenarnya saya inginkan  :D
>
>
>Bolehkah thread ini saya ralat dan pertanyaannya diajukan dgn cara/lampiran berbeda?? mungkin edisi ralat ini akan lebih mudah dimengerti.  Mohon izinnya saya ajukan disini saja tanpa harus membuat thread baru (jika mmg harus di thread baru, maka akan langsung saya buat).
>
>
>Saya membuka-buka arsip lama, dan menemukan satu script buatan Pak MrKid di message 22661 yang sepertinya mirip.  Script tsb sudah saya jiplak dan bekerja dengan baik (Module1: Sub InputData).  Yang belum ada adalah proses loop.  Mohon dibantu melengkapi proses loop-nya agar seluruh data nominal di kolom P terinput ke Tabel Data.
>
>
>Mohon maaf saya sudah sangat merepotkan, dan terima kasih sebelumnya atas bantuan yang diberikan.
>
>
>Wassalam
>Imam Sinurat
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Kamis, 23 Mei 2013 19:24
>Judul: Re: [belajar-excel] Re: VBA Input Data Sesuai Offset Value
>
>
>
>
>
>
>Ada kalimat berbunyi :
>"namun jika ingin meng-update data record yang telah exist, maka dilakukan ke arah samping."
>
>
>Pertanyaannya :
>Data yang mana yang akan digunakan dalam proses pengolahan selanjutnya jika telah terjadi 7 kali update (total ada 8 kolom dengan data pertama inputnya) ?
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>

Thu May 23, 2013 6:35 pm (PDT) . Posted by:

"ifandri" ifandri_franky

Please Help....

Saya menggantikan G.A yang lama untuk membuat roster off dengan jam kerja 1 Bulan 4-5 kali off

Security 1 Off Pada Hari Kamis
Security 2 Off Pada Hari Jumat
Security 3 Off Pada Hari Sabtu
Security 4 Off Pada Hari Minggu

aturan shift :

Shift 1 : 07.00 - 15.00
Shift 2 : 15.00 - 23.00
Shift 3 : 23.00 - 07.00

Jika salah 1 security off (Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu)

Maka shift akan berubah menjadi 12 jam kerja

Shift 1 : 07.00 - 19.00
Shift 2 : 19.00 - 07.00

Otomatis security hanya ada 3 orang
dan yang harus optimal adalah penjagaan malam dengan 2 Security dan siang 1 orang

Mungkin itu saja penjabaran jadwal security
Terima kasih atas perhatiannya

Regard's

Ifan

Thu May 23, 2013 11:41 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Ifan,

masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Solver
Add-ins bawaan dari Excel, Jan akan ajarkan cara-cara pemakaiannya agar
anda dapat menemukan solusi jika bertemu dengan kasus yang serupa.

>> pastikan Solver Add-ins aktif, dapat ditemukan pada ribbon Data (excel
2007 ke atas), untuk versi sebelumnya silakan dicari padanannya
>> cara mengaktifkan solvernya, dengan cara masuk ke Option >> Add-ins >>
pada kotak Manage pilih Excel Add-ins >> klik Go, seperti gambar di bawah
ini:
[image: Gambar sisip 1]

>> Beri tanda centang pada kotak kotak Solver Add-ins >> klik OK, seperti
gambar di bawah:
[image: Gambar sisip 2]

>> Solver Add-ins bisa dilihat pada ribbon Data seperti di bawah ini:
[image: Gambar sisip 3]

>> Setelah itu kembali ke worksheet, siapkan tabel untuk datanya, bentuknya
kira-kira seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 5]

>> Limit pada kolom T adalah batasan masuk setiap security, yaitu 6 x dalam
1 minggu
>> Limit pada baris 8 adalah jumlah security yang bertugas pada shift
tersebut
>> Shift terbesar dalam setiap hari adalah shift malam sampai pagi
>> kolom S adalah penjumlahan kolom B sampai kolom R
>> Baris 7 adalah penjumlahan baris 3 sampai baris 6
>> Yang di kotak biru adalah penjumlahan dari cell B7 s/d R7

>> Kita akan isi setiap kotak yang diberi warna hijau dengan angka 1 yang
berarti masuk, dan angka nol yang berarti tidak masuk
>> Dengan meminimumkan nilai di kotak warna biru, kenapa harus minimum?
karena sebagai HR tugas anda adalah memaksimumkan setiap potensi yang ada
dengan batasannya adalah:
1. Tingkat keamanan tetap terjaga
2. Pembayaran upah lembur seminimal mungkin, >>> ini sebabnya harus minimum

>> setelah itu buat 1 buah tabel untuk kros cek jadwal setiap security
setiap hari selama 1 minggu, tabelnya seperti di bawah ini:
[image: Gambar sisip 4]
>> Kolom Limit adalah batasan jumlah masuk security pada hari tersebut,
yang diberi warna merah dan nilai nol berarti security tersebut libur pada
hari tersebut
>> Kolom On adalah penjumlahan masuk shift pada hari tersebut

>> setelah semuanya siap, saatnya kita bermain-main dengan Solver, aktifkan
solvernya sehingga muncul kotak seperti ini:
[image: Gambar sisip 7]

>> pada "set objective", klik kotak warna biru pada tabel yang sudah dibuat
tadi
>> pada "To" pilih Min karena tujuan kita adalah meminimumkan nilai kotak
set objective
>> pada "By changing variabel, blok seluruh kotak yang berwarna hijau

>> Kotak Subject to constraints adalah batasan atau limit yang kita hadapi,
cara menambahkannya dengan cara klik Add, batasannya adalah:
1. kotak yang warna hijau hanya boleh diisi dengan nilai 1 (On) atau 0
(Off) karena itu pilih Binary
2. nilai baris 7 harus sama dengan baris 8
3. nilai kolom S harus sama dengan kolom T
4. nilai On pada tabel kedua harus sama dengan nilai Limit pada tabel kedua
(pada hari yang sama), ini berarti harus mengulang langkah 4 sebanyak 7 kali

>> pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear
Programming)
>> setelah itu klik "Solve", insya ALLAH akan keluar hasil yang diinginkan

Sengaja tidak melampirkan workbook hasilnya, supaya ada upaya untuk
belajar. Jika menemui kesulitan, silakan ditanyakan kembali.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

Pada 24 Mei 2013 08.13, ifandri <frankyifandri@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Please Help....
>
> Saya menggantikan G.A yang lama untuk membuat roster off dengan jam kerja
> 1 Bulan 4-5 kali off
>
> Security 1 Off Pada Hari Kamis
> Security 2 Off Pada Hari Jumat
> Security 3 Off Pada Hari Sabtu
> Security 4 Off Pada Hari Minggu
>
> aturan shift :
>
> Shift 1 : 07.00 - 15.00
> Shift 2 : 15.00 - 23.00
> Shift 3 : 23.00 - 07.00
>
> Jika salah 1 security off (Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu)
>
> Maka shift akan berubah menjadi 12 jam kerja
>
> Shift 1 : 07.00 - 19.00
> Shift 2 : 19.00 - 07.00
>
> Otomatis security hanya ada 3 orang
> dan yang harus optimal adalah penjagaan malam dengan 2 Security dan siang
> 1 orang
>
> Mungkin itu saja penjabaran jadwal security
> Terima kasih atas perhatiannya
>
> Regard's
>
> Ifan
>
>
>

Fri May 24, 2013 12:08 am (PDT) . Posted by:

"Imam Sinurat" sin.ur4t

>> pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming)

Bahh.., ternyata Excel bisa dipake utk metode Simplex jg?? jadi teringat dulu wkt skripsi topiknya ini pake sopwer namanya LINDO.  izin nyimak... :)

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 24 Mei 2013 13:41
Judul: Re: [belajar-excel] Security Off Schedule


Hai Ifan,

masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Solver Add-ins bawaan dari Excel, Jan akan ajarkan cara-cara pemakaiannya agar anda dapat menemukan solusi jika bertemu dengan kasus yang serupa.

>> pastikan Solver Add-ins aktif, dapat ditemukan pada ribbon Data (excel 2007 ke atas), untuk versi sebelumnya silakan dicari padanannya
>> cara mengaktifkan solvernya, dengan cara masuk ke Option >> Add-ins >> pada kotak Manage pilih Excel Add-ins >> klik Go, seperti gambar di bawah ini:

>> Beri tanda centang pada kotak kotak Solver Add-ins >> klik OK, seperti gambar di bawah:

>> Solver Add-ins bisa dilihat pada ribbon Data seperti di bawah ini:

>> Setelah itu kembali ke worksheet, siapkan tabel untuk datanya, bentuknya kira-kira seperti gambar di bawah ini:

>> Limit pada kolom T adalah batasan masuk setiap security, yaitu 6 x dalam 1 minggu
>> Limit pada baris 8 adalah jumlah security yang bertugas pada shift tersebut
>> Shift terbesar dalam setiap hari adalah shift malam sampai pagi
>> kolom S adalah penjumlahan kolom B sampai kolom R
>> Baris 7 adalah penjumlahan baris 3 sampai baris 6
>> Yang di kotak biru adalah penjumlahan dari cell B7 s/d R7

>> Kita akan isi setiap kotak yang diberi warna hijau dengan angka 1 yang berarti masuk, dan angka nol yang berarti tidak masuk
>> Dengan meminimumkan nilai di kotak warna biru, kenapa harus minimum? karena sebagai HR tugas anda adalah memaksimumkan setiap potensi yang ada dengan batasannya adalah:
1. Tingkat keamanan tetap terjaga
2. Pembayaran upah lembur seminimal mungkin, >>> ini sebabnya harus minimum

>> setelah itu buat 1 buah tabel untuk kros cek jadwal setiap security setiap hari selama 1 minggu, tabelnya seperti di bawah ini:

>> Kolom Limit adalah batasan jumlah masuk security pada hari tersebut, yang diberi warna merah dan nilai nol berarti security tersebut libur pada hari tersebut
>> Kolom On adalah penjumlahan masuk shift pada hari tersebut

>> setelah semuanya siap, saatnya kita bermain-main dengan Solver, aktifkan solvernya sehingga muncul kotak seperti ini:

>> pada "set objective", klik kotak warna biru pada tabel yang sudah dibuat tadi
>> pada "To" pilih Min karena tujuan kita adalah meminimumkan nilai kotak set objective
>> pada "By changing variabel, blok seluruh kotak yang berwarna hijau

>> Kotak Subject to constraints adalah batasan atau limit yang kita hadapi, cara menambahkannya dengan cara klik Add, batasannya adalah:
1. kotak yang warna hijau hanya boleh diisi dengan nilai 1 (On) atau 0 (Off) karena itu pilih Binary
2. nilai baris 7 harus sama dengan baris 8
3. nilai kolom S harus sama dengan kolom T
4. nilai On pada tabel kedua harus sama dengan nilai Limit pada tabel kedua (pada hari yang sama), ini berarti harus mengulang langkah 4 sebanyak 7 kali

>> pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming)
>> setelah itu klik "Solve", insya ALLAH akan keluar hasil yang diinginkan

Sengaja tidak melampirkan workbook hasilnya, supaya ada upaya untuk belajar. Jika menemui kesulitan, silakan ditanyakan kembali.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 24 Mei 2013 08.13, ifandri <frankyifandri@gmail.com> menulis:


>Please Help....
>
>Saya menggantikan G.A yang lama untuk membuat roster off dengan jam kerja 1 Bulan 4-5 kali off
>
>Security 1 Off Pada Hari Kamis
>Security 2 Off Pada Hari Jumat
>Security 3 Off Pada Hari Sabtu
>Security 4 Off Pada Hari Minggu
>
>aturan shift :
>
>Shift 1 : 07.00 - 15.00
>Shift 2 : 15.00 - 23.00
>Shift 3 : 23.00 - 07.00
>
>Jika salah 1 security off (Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu)
>
>Maka shift akan berubah menjadi 12 jam kerja
>
>Shift 1 : 07.00 - 19.00
>Shift 2 : 19.00 - 07.00
>
>Otomatis security hanya ada 3 orang
>dan yang harus optimal adalah penjagaan malam dengan 2 Security dan siang 1 orang
>
>Mungkin itu saja penjabaran jadwal security
>Terima kasih atas perhatiannya
>
>Regard&#39;s
>
>Ifan
>
>

Fri May 24, 2013 12:25 am (PDT) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Dear Ms. Jan,

Saya pakai xl 2003 dan pilihan pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming) tidak ada ...
Dan karna pilihan tersbt tidak ada saya langsung pencet tombol Solve lalu keluar hasil dialog box :
Solver Results
Solver could not find a feasible solution
ada 2 pilihan check box :
1. Keep Solver Solution
2. Restore Original Values

Kedua2nya saya coba, dan tidak ada perubahan pada tabelnya ?

Mohon pencerahannya.

Wassalam,
Mulki akbar

----- Original Message -----
From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 24, 2013 1:41 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Security Off Schedule

Hai Ifan,

masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Solver Add-ins bawaan dari Excel, Jan akan ajarkan cara-cara pemakaiannya agar anda dapat menemukan solusi jika bertemu dengan kasus yang serupa.

>> pastikan Solver Add-ins aktif, dapat ditemukan pada ribbon Data (excel 2007 ke atas), untuk versi sebelumnya silakan dicari padanannya
>> cara mengaktifkan solvernya, dengan cara masuk ke Option >> Add-ins >> pada kotak Manage pilih Excel Add-ins >> klik Go, seperti gambar di bawah ini:

>> Beri tanda centang pada kotak kotak Solver Add-ins >> klik OK, seperti gambar di bawah:

>> Solver Add-ins bisa dilihat pada ribbon Data seperti di bawah ini:

>> Setelah itu kembali ke worksheet, siapkan tabel untuk datanya, bentuknya kira-kira seperti gambar di bawah ini:

>> Limit pada kolom T adalah batasan masuk setiap security, yaitu 6 x dalam 1 minggu
>> Limit pada baris 8 adalah jumlah security yang bertugas pada shift tersebut
>> Shift terbesar dalam setiap hari adalah shift malam sampai pagi
>> kolom S adalah penjumlahan kolom B sampai kolom R
>> Baris 7 adalah penjumlahan baris 3 sampai baris 6
>> Yang di kotak biru adalah penjumlahan dari cell B7 s/d R7

>> Kita akan isi setiap kotak yang diberi warna hijau dengan angka 1 yang berarti masuk, dan angka nol yang berarti tidak masuk
>> Dengan meminimumkan nilai di kotak warna biru, kenapa harus minimum? karena sebagai HR tugas anda adalah memaksimumkan setiap potensi yang ada dengan batasannya adalah:
1. Tingkat keamanan tetap terjaga
2. Pembayaran upah lembur seminimal mungkin, >>> ini sebabnya harus minimum

>> setelah itu buat 1 buah tabel untuk kros cek jadwal setiap security setiap hari selama 1 minggu, tabelnya seperti di bawah ini:

>> Kolom Limit adalah batasan jumlah masuk security pada hari tersebut, yang diberi warna merah dan nilai nol berarti security tersebut libur pada hari tersebut
>> Kolom On adalah penjumlahan masuk shift pada hari tersebut

>> setelah semuanya siap, saatnya kita bermain-main dengan Solver, aktifkan solvernya sehingga muncul kotak seperti ini:

>> pada "set objective", klik kotak warna biru pada tabel yang sudah dibuat tadi
>> pada "To" pilih Min karena tujuan kita adalah meminimumkan nilai kotak set objective
>> pada "By changing variabel, blok seluruh kotak yang berwarna hijau

>> Kotak Subject to constraints adalah batasan atau limit yang kita hadapi, cara menambahkannya dengan cara klik Add, batasannya adalah:
1. kotak yang warna hijau hanya boleh diisi dengan nilai 1 (On) atau 0 (Off) karena itu pilih Binary
2. nilai baris 7 harus sama dengan baris 8
3. nilai kolom S harus sama dengan kolom T
4. nilai On pada tabel kedua harus sama dengan nilai Limit pada tabel kedua (pada hari yang sama), ini berarti harus mengulang langkah 4 sebanyak 7 kali

>> pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming)
>> setelah itu klik "Solve", insya ALLAH akan keluar hasil yang diinginkan

Sengaja tidak melampirkan workbook hasilnya, supaya ada upaya untuk belajar. Jika menemui kesulitan, silakan ditanyakan kembali.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 24 Mei 2013 08.13, ifandri <frankyifandri@gmail.com> menulis:

Please Help....

Saya menggantikan G.A yang lama untuk membuat roster off dengan jam kerja 1 Bulan 4-5 kali off

Security 1 Off Pada Hari Kamis
Security 2 Off Pada Hari Jumat
Security 3 Off Pada Hari Sabtu
Security 4 Off Pada Hari Minggu

aturan shift :

Shift 1 : 07.00 - 15.00
Shift 2 : 15.00 - 23.00
Shift 3 : 23.00 - 07.00

Jika salah 1 security off (Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu)

Maka shift akan berubah menjadi 12 jam kerja

Shift 1 : 07.00 - 19.00
Shift 2 : 19.00 - 07.00

Otomatis security hanya ada 3 orang
dan yang harus optimal adalah penjagaan malam dengan 2 Security dan siang 1 orang

Mungkin itu saja penjabaran jadwal security
Terima kasih atas perhatiannya

Regard's

Ifan

Fri May 24, 2013 2:28 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Karena Jan tidak punya excel 2003, maka harus muter-muter dulu nyari
tetangga komplek yang masih pakai versi tersebut xixixix :D
untungnya masih ada tetangga yang punya..

Oke, kembali ke kasus..

pada versi 2003, sebelum klik tombol Solve, klik dulu tombol Option yang
terletak di bawah tombol Close
lalu beri centang pada kotak yang berbunyi [kalo gak salah ingat ya]
"Assume Linear Programming"
kalo gak salah ada tombol "OK" atau semacamnya untuk kembali ke dialog box
sebelumnya
kalo sudah baru diklik "Solve"

sebelumnya, pastikan dulu 2 buah tabel di atas sudah diinput dengan formula
ya seperti keterangan sebelumnya
kali ini semoga berhasil ya pak ^_^

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

Pada 24 Mei 2013 14.29, Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id> menulis:

> **
>
>
> **
> Dear Ms. Jan,
>
> Saya pakai xl 2003 dan pilihan pada "Select a Solving Method" pilih
> Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming) tidak ada ...
> Dan karna pilihan tersbt tidak ada saya langsung pencet tombol Solve lalu
> keluar hasil dialog box :
> Solver Results
> Solver could not find a feasible solution
> ada 2 pilihan check box :
> 1. Keep Solver Solution
> 2. Restore Original Values
>
> Kedua2nya saya coba, dan tidak ada perubahan pada tabelnya ?
>
> Mohon pencerahannya.
>
> Wassalam,
> Mulki akbar
>
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, May 24, 2013 1:41 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Security Off Schedule
>
>
>
> Hai Ifan,
>
> masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Solver
> Add-ins bawaan dari Excel, Jan akan ajarkan cara-cara pemakaiannya agar
> anda dapat menemukan solusi jika bertemu dengan kasus yang serupa.
>
> >> pastikan Solver Add-ins aktif, dapat ditemukan pada ribbon Data (excel
> 2007 ke atas), untuk versi sebelumnya silakan dicari padanannya
> >> cara mengaktifkan solvernya, dengan cara masuk ke Option >> Add-ins >>
> pada kotak Manage pilih Excel Add-ins >> klik Go, seperti gambar di bawah
> ini:
> [image: Gambar sisip 1]
>
> >> Beri tanda centang pada kotak kotak Solver Add-ins >> klik OK, seperti
> gambar di bawah:
> [image: Gambar sisip 2]
>
> >> Solver Add-ins bisa dilihat pada ribbon Data seperti di bawah ini:
> [image: Gambar sisip 3]
>
> >> Setelah itu kembali ke worksheet, siapkan tabel untuk datanya,
> bentuknya kira-kira seperti gambar di bawah ini:
> [image: Gambar sisip 5]
>
> >> Limit pada kolom T adalah batasan masuk setiap security, yaitu 6 x
> dalam 1 minggu
> >> Limit pada baris 8 adalah jumlah security yang bertugas pada shift
> tersebut
> >> Shift terbesar dalam setiap hari adalah shift malam sampai pagi
> >> kolom S adalah penjumlahan kolom B sampai kolom R
> >> Baris 7 adalah penjumlahan baris 3 sampai baris 6
> >> Yang di kotak biru adalah penjumlahan dari cell B7 s/d R7
>
> >> Kita akan isi setiap kotak yang diberi warna hijau dengan angka 1 yang
> berarti masuk, dan angka nol yang berarti tidak masuk
> >> Dengan meminimumkan nilai di kotak warna biru, kenapa harus minimum?
> karena sebagai HR tugas anda adalah memaksimumkan setiap potensi yang ada
> dengan batasannya adalah:
> 1. Tingkat keamanan tetap terjaga
> 2. Pembayaran upah lembur seminimal mungkin, >>> ini sebabnya harus minimum
>
> >> setelah itu buat 1 buah tabel untuk kros cek jadwal setiap security
> setiap hari selama 1 minggu, tabelnya seperti di bawah ini:
> [image: Gambar sisip 4]
> >> Kolom Limit adalah batasan jumlah masuk security pada hari tersebut,
> yang diberi warna merah dan nilai nol berarti security tersebut libur pada
> hari tersebut
> >> Kolom On adalah penjumlahan masuk shift pada hari tersebut
>
> >> setelah semuanya siap, saatnya kita bermain-main dengan Solver,
> aktifkan solvernya sehingga muncul kotak seperti ini:
> [image: Gambar sisip 7]
>
> >> pada "set objective", klik kotak warna biru pada tabel yang sudah
> dibuat tadi
> >> pada "To" pilih Min karena tujuan kita adalah meminimumkan nilai kotak
> set objective
> >> pada "By changing variabel, blok seluruh kotak yang berwarna hijau
>
> >> Kotak Subject to constraints adalah batasan atau limit yang kita
> hadapi, cara menambahkannya dengan cara klik Add, batasannya adalah:
> 1. kotak yang warna hijau hanya boleh diisi dengan nilai 1 (On) atau 0
> (Off) karena itu pilih Binary
> 2. nilai baris 7 harus sama dengan baris 8
> 3. nilai kolom S harus sama dengan kolom T
> 4. nilai On pada tabel kedua harus sama dengan nilai Limit pada tabel
> kedua (pada hari yang sama), ini berarti harus mengulang langkah 4 sebanyak
> 7 kali
>
> >> pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear
> Programming)
> >> setelah itu klik "Solve", insya ALLAH akan keluar hasil yang diinginkan
>
> Sengaja tidak melampirkan workbook hasilnya, supaya ada upaya untuk
> belajar. Jika menemui kesulitan, silakan ditanyakan kembali.
>
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
> Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
> pertanyaan yang diajukan;*
> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
> belajar-excel@yahoogroups.com;*
> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>
>
> Pada 24 Mei 2013 08.13, ifandri <frankyifandri@gmail.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Please Help....
>>
>> Saya menggantikan G.A yang lama untuk membuat roster off dengan jam kerja
>> 1 Bulan 4-5 kali off
>>
>> Security 1 Off Pada Hari Kamis
>> Security 2 Off Pada Hari Jumat
>> Security 3 Off Pada Hari Sabtu
>> Security 4 Off Pada Hari Minggu
>>
>> aturan shift :
>>
>> Shift 1 : 07.00 - 15.00
>> Shift 2 : 15.00 - 23.00
>> Shift 3 : 23.00 - 07.00
>>
>> Jika salah 1 security off (Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu)
>>
>> Maka shift akan berubah menjadi 12 jam kerja
>>
>> Shift 1 : 07.00 - 19.00
>> Shift 2 : 19.00 - 07.00
>>
>> Otomatis security hanya ada 3 orang
>> dan yang harus optimal adalah penjagaan malam dengan 2 Security dan siang
>> 1 orang
>>
>> Mungkin itu saja penjabaran jadwal security
>> Terima kasih atas perhatiannya
>>
>> Regard's
>>
>> Ifan
>>
>>
>
>

Fri May 24, 2013 2:48 am (PDT) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Terimakasih Ms.Jan susah bersedia muter2 demi ilmu pengetahuan :)
Hasilnya sudah keluar, cuma ada sedikit kebinguangan saya
1. Kenapa Sekuriti 3 bisa dpt jdwl sampai 3 shift dlm 1 harinya (Senin & Selasa)
2. Sekuriti 2 hari Rabu dpt 3 shift
3. Sisa sekuriti yg lain jg mendptkan jdwl shift yg full dlm 1 harinya.

Kesimpulan 1 : jika jdwl tersbt dilaksanakan bukan tidak mungkin semua sekuriti tersbt dlm 1 bulan tinggal nama saja :)

Kesimpulan 2 : Sayalah yg salah dlm melakukan step by step arahan Ms. Jan :)

Mohon dikoreksi jika iya, berikut ini saya sertakan file yg saya buat.

Wassalam,
Mulki akbar

----- Original Message -----
From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 24, 2013 4:28 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Security Off Schedule

Karena Jan tidak punya excel 2003, maka harus muter-muter dulu nyari tetangga komplek yang masih pakai versi tersebut xixixix :D
untungnya masih ada tetangga yang punya..

Oke, kembali ke kasus..

pada versi 2003, sebelum klik tombol Solve, klik dulu tombol Option yang terletak di bawah tombol Close
lalu beri centang pada kotak yang berbunyi [kalo gak salah ingat ya] "Assume Linear Programming"
kalo gak salah ada tombol "OK" atau semacamnya untuk kembali ke dialog box sebelumnya
kalo sudah baru diklik "Solve"

sebelumnya, pastikan dulu 2 buah tabel di atas sudah diinput dengan formula ya seperti keterangan sebelumnya
kali ini semoga berhasil ya pak ^_^

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 24 Mei 2013 14.29, Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id> menulis:

Dear Ms. Jan,

Saya pakai xl 2003 dan pilihan pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming) tidak ada ...
Dan karna pilihan tersbt tidak ada saya langsung pencet tombol Solve lalu keluar hasil dialog box :
Solver Results
Solver could not find a feasible solution
ada 2 pilihan check box :
1. Keep Solver Solution
2. Restore Original Values

Kedua2nya saya coba, dan tidak ada perubahan pada tabelnya ?

Mohon pencerahannya.

Wassalam,
Mulki akbar

----- Original Message -----
From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 24, 2013 1:41 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Security Off Schedule

Hai Ifan,

masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Solver Add-ins bawaan dari Excel, Jan akan ajarkan cara-cara pemakaiannya agar anda dapat menemukan solusi jika bertemu dengan kasus yang serupa.

>> pastikan Solver Add-ins aktif, dapat ditemukan pada ribbon Data (excel 2007 ke atas), untuk versi sebelumnya silakan dicari padanannya
>> cara mengaktifkan solvernya, dengan cara masuk ke Option >> Add-ins >> pada kotak Manage pilih Excel Add-ins >> klik Go, seperti gambar di bawah ini:

>> Beri tanda centang pada kotak kotak Solver Add-ins >> klik OK, seperti gambar di bawah:

>> Solver Add-ins bisa dilihat pada ribbon Data seperti di bawah ini:

>> Setelah itu kembali ke worksheet, siapkan tabel untuk datanya, bentuknya kira-kira seperti gambar di bawah ini:

>> Limit pada kolom T adalah batasan masuk setiap security, yaitu 6 x dalam 1 minggu
>> Limit pada baris 8 adalah jumlah security yang bertugas pada shift tersebut
>> Shift terbesar dalam setiap hari adalah shift malam sampai pagi
>> kolom S adalah penjumlahan kolom B sampai kolom R
>> Baris 7 adalah penjumlahan baris 3 sampai baris 6
>> Yang di kotak biru adalah penjumlahan dari cell B7 s/d R7

>> Kita akan isi setiap kotak yang diberi warna hijau dengan angka 1 yang berarti masuk, dan angka nol yang berarti tidak masuk
>> Dengan meminimumkan nilai di kotak warna biru, kenapa harus minimum? karena sebagai HR tugas anda adalah memaksimumkan setiap potensi yang ada dengan batasannya adalah:
1. Tingkat keamanan tetap terjaga
2. Pembayaran upah lembur seminimal mungkin, >>> ini sebabnya harus minimum

>> setelah itu buat 1 buah tabel untuk kros cek jadwal setiap security setiap hari selama 1 minggu, tabelnya seperti di bawah ini:

>> Kolom Limit adalah batasan jumlah masuk security pada hari tersebut, yang diberi warna merah dan nilai nol berarti security tersebut libur pada hari tersebut
>> Kolom On adalah penjumlahan masuk shift pada hari tersebut

>> setelah semuanya siap, saatnya kita bermain-main dengan Solver, aktifkan solvernya sehingga muncul kotak seperti ini:

>> pada "set objective", klik kotak warna biru pada tabel yang sudah dibuat tadi
>> pada "To" pilih Min karena tujuan kita adalah meminimumkan nilai kotak set objective
>> pada "By changing variabel, blok seluruh kotak yang berwarna hijau

>> Kotak Subject to constraints adalah batasan atau limit yang kita hadapi, cara menambahkannya dengan cara klik Add, batasannya adalah:
1. kotak yang warna hijau hanya boleh diisi dengan nilai 1 (On) atau 0 (Off) karena itu pilih Binary
2. nilai baris 7 harus sama dengan baris 8
3. nilai kolom S harus sama dengan kolom T
4. nilai On pada tabel kedua harus sama dengan nilai Limit pada tabel kedua (pada hari yang sama), ini berarti harus mengulang langkah 4 sebanyak 7 kali

>> pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming)
>> setelah itu klik "Solve", insya ALLAH akan keluar hasil yang diinginkan

Sengaja tidak melampirkan workbook hasilnya, supaya ada upaya untuk belajar. Jika menemui kesulitan, silakan ditanyakan kembali.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 24 Mei 2013 08.13, ifandri <frankyifandri@gmail.com> menulis:

Please Help....

Saya menggantikan G.A yang lama untuk membuat roster off dengan jam kerja 1 Bulan 4-5 kali off

Security 1 Off Pada Hari Kamis
Security 2 Off Pada Hari Jumat
Security 3 Off Pada Hari Sabtu
Security 4 Off Pada Hari Minggu

aturan shift :

Shift 1 : 07.00 - 15.00
Shift 2 : 15.00 - 23.00
Shift 3 : 23.00 - 07.00

Jika salah 1 security off (Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu)

Maka shift akan berubah menjadi 12 jam kerja

Shift 1 : 07.00 - 19.00
Shift 2 : 19.00 - 07.00

Otomatis security hanya ada 3 orang
dan yang harus optimal adalah penjagaan malam dengan 2 Security dan siang 1 orang

Mungkin itu saja penjabaran jadwal security
Terima kasih atas perhatiannya

Regard's

Ifan

Fri May 24, 2013 3:49 am (PDT) . Posted by:

"omn|vora" omnivora

dear ms jan

kalau konstrainnya tiap2 karyawan jumlah shift per harinya maksimal  1 kali, bagaimana? hasil saya coba ada karyawan yang 2 kali shift

terima kasih

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 24 Mei 2013 13:41
Judul: Re: [belajar-excel] Security Off Schedule


 
Hai Ifan,

masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Solver Add-ins bawaan dari Excel, Jan akan ajarkan cara-cara pemakaiannya agar anda dapat menemukan solusi jika bertemu dengan kasus yang serupa.

>> pastikan Solver Add-ins aktif, dapat ditemukan pada ribbon Data (excel 2007 ke atas), untuk versi sebelumnya silakan dicari padanannya
>> cara mengaktifkan solvernya, dengan cara masuk ke Option >> Add-ins >> pada kotak Manage pilih Excel Add-ins >> klik Go, seperti gambar di bawah ini:

>> Beri tanda centang pada kotak kotak Solver Add-ins >> klik OK, seperti gambar di bawah:

>> Solver Add-ins bisa dilihat pada ribbon Data seperti di bawah ini:

>> Setelah itu kembali ke worksheet, siapkan tabel untuk datanya, bentuknya kira-kira seperti gambar di bawah ini:

>> Limit pada kolom T adalah batasan masuk setiap security, yaitu 6 x dalam 1 minggu
>> Limit pada baris 8 adalah jumlah security yang bertugas pada shift tersebut
>> Shift terbesar dalam setiap hari adalah shift malam sampai pagi
>> kolom S adalah penjumlahan kolom B sampai kolom R
>> Baris 7 adalah penjumlahan baris 3 sampai baris 6
>> Yang di kotak biru adalah penjumlahan dari cell B7 s/d R7

>> Kita akan isi setiap kotak yang diberi warna hijau dengan angka 1 yang berarti masuk, dan angka nol yang berarti tidak masuk
>> Dengan meminimumkan nilai di kotak warna biru, kenapa harus minimum? karena sebagai HR tugas anda adalah memaksimumkan setiap potensi yang ada dengan batasannya adalah:
1. Tingkat keamanan tetap terjaga
2. Pembayaran upah lembur seminimal mungkin, >>> ini sebabnya harus minimum

>> setelah itu buat 1 buah tabel untuk kros cek jadwal setiap security setiap hari selama 1 minggu, tabelnya seperti di bawah ini:

>> Kolom Limit adalah batasan jumlah masuk security pada hari tersebut, yang diberi warna merah dan nilai nol berarti security tersebut libur pada hari tersebut
>> Kolom On adalah penjumlahan masuk shift pada hari tersebut

>> setelah semuanya siap, saatnya kita bermain-main dengan Solver, aktifkan solvernya sehingga muncul kotak seperti ini:

>> pada "set objective", klik kotak warna biru pada tabel yang sudah dibuat tadi
>> pada "To" pilih Min karena tujuan kita adalah meminimumkan nilai kotak set objective
>> pada "By changing variabel, blok seluruh kotak yang berwarna hijau

>> Kotak Subject to constraints adalah batasan atau limit yang kita hadapi, cara menambahkannya dengan cara klik Add, batasannya adalah:
1. kotak yang warna hijau hanya boleh diisi dengan nilai 1 (On) atau 0 (Off) karena itu pilih Binary
2. nilai baris 7 harus sama dengan baris 8
3. nilai kolom S harus sama dengan kolom T
4. nilai On pada tabel kedua harus sama dengan nilai Limit pada tabel kedua (pada hari yang sama), ini berarti harus mengulang langkah 4 sebanyak 7 kali

>> pada "Select a Solving Method" pilih Simplex LP (Metode Simplex Linear Programming)
>> setelah itu klik "Solve", insya ALLAH akan keluar hasil yang diinginkan

Sengaja tidak melampirkan workbook hasilnya, supaya ada upaya untuk belajar. Jika menemui kesulitan, silakan ditanyakan kembali.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 24 Mei 2013 08.13, ifandri <frankyifandri@gmail.com> menulis:


>Please Help....
>
>Saya menggantikan G.A yang lama untuk membuat roster off dengan jam kerja 1 Bulan 4-5 kali off
>
>Security 1 Off Pada Hari Kamis
>Security 2 Off Pada Hari Jumat
>Security 3 Off Pada Hari Sabtu
>Security 4 Off Pada Hari Minggu
>
>aturan shift :
>
>Shift 1 : 07.00 - 15.00
>Shift 2 : 15.00 - 23.00
>Shift 3 : 23.00 - 07.00
>
>Jika salah 1 security off (Kamis,Jumat,Sabtu,Minggu)
>
>Maka shift akan berubah menjadi 12 jam kerja
>
>Shift 1 : 07.00 - 19.00
>Shift 2 : 19.00 - 07.00
>
>Otomatis security hanya ada 3 orang
>dan yang harus optimal adalah penjagaan malam dengan 2 Security dan siang 1 orang
>
>Mungkin itu saja penjabaran jadwal security
>Terima kasih atas perhatiannya
>
>Regard&#39;s
>
>Ifan
>
>

Thu May 23, 2013 8:27 pm (PDT) . Posted by:

"didit prast" didit_monk

dear master,

saya bingung mengaplikasikan formula dari kids, ke permasalahan saya.
karena ada satu kondisi "preul" yang sifatnya partial untuk menjumlahkan.

mohon petunjuk dari para master.

terima kasih

didit

Thu May 23, 2013 9:12 pm (PDT) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com

dear master,
setelah mengaplikasikan apa yng telah saya dapat,,,saya menemui kebuntuan lagi..tentang pointer untuk disimpan di cell tertentu ( ada di combobox )..att saya lampirkan..
mohon petunjuk dari para master.

terima kasih

Thu May 23, 2013 9:30 pm (PDT) . Posted by:

"Fachry Ass" p4ch_m4n

Mr Kid loe emang keren deeh, makasih banyak yaaah. Tp saya jg mau belajar
gmn caranya bs gitu. biar saya bisa kembangin lagi kalo ada data yg mau
ditambah atau di kurangin. maaf ngerepotin. Makasiih Mas brooo...

2013/5/23 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> File terlampir berusaha memanfaatkan arti kata worksheet.
> 1. Tabel input dibentuk persis sama dengan tabel penyimpanan data di sheet
> rekapan.
> 2. kolom-kolom pembentuk kesamaan persis tersebut diisi dengan formula dan
> di hide kolomnya
>
> Selain itu, jika invoice berisi angka saja, maka biarkan tipedatanya
> adalah numerik, sehingga bisa disusun penomoran invoice yang otomatis tapi
> sederhana formulanya.
>
> Hindari juga penggunaan merge-cell, karena pada kondisi tertentu akan
> mempersulit pengolahan dengan VBA atau array formula.
>
> Manfaatkan custom number format untuk membentuk titik dua diakhir label
> suatu field inputan.
>
> Tabel target di sheet rekapan dibuat dimulai dari baris 1 (wadah header)
> dengan record pertama di baris 2, mulai kolom A
> Kolom nomor urut tidaklah terlalu penting, maka sebaiknya dibuang saja.
> Kecuali jika setiap item yang disimpan harus memiliki nomor urut tersendiri
> untuk memudahkan sorting dalam penampilan (output). Artinya, setiap proses
> simpan, nomor urut akan dimulai lagi dari 1.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/23 Fachry Ass <p4ch.m4n@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Mohon oencerahan dari para suhu master excel. Data terlampir. Terima
>> kasih atas bantuannya.
>>
>>
>
>

Fri May 24, 2013 3:45 am (PDT) . Posted by:

"Nasrul" naz.roel

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Rekan-rekan Be-Excellers ini adalah email pertama saya di milis belajar excell, banyak ilmu yang saya dapatkan selama belajar excell di milis. Ada hal yang saya ingin tanyakan mengenai export dari excell ke access. Sebelumnya saya gunakan excell 2003 dan VBA dari file tersebut lancar namun setelah ganti ke excell 2007 jadi timbul masalah karena tidak bisa lagi export ke file access yang dituju.

VBA tersebut saya dapatkan dari teman saya, maklum saya awam masalah VBA. Mohon pencerahan dari para master agar VBA nya bisa berjalan di excell 2007.


Terima kasih atas bantuannya.
Wassalam

Nasrul

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Fri May 24, 2013 3:49 am (PDT) . Posted by:

"yudhis.unair" yudhis.unair

Salam Kenal.

Mohon bantuannya untuk meng cross checkkan antara pembukuan vs spt terkait PPN...

Fri May 24, 2013 3:50 am (PDT) . Posted by:

"Yudhistira Pamungkas" yudhis.unair

Mohon Bantuannya untuk meng cross checkkan antara pembukuan vs spt terkait PPN
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar