Kamis, 16 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2301

15 New Messages

Digest #2301
1b
Re: Rekon multi kolom dengan ID sama atau berbeda by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2
3a
Re: Rekapan data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Rekapan data by "Danny Prasetyo" danny_06791
4a
Re: Countif digabung dengan 2 Match by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7
monitoring tugas II by "dedy rauf"
8a
9a
memisahkan nama yang sama???? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
9b
Re: memisahkan nama yang sama???? by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
9c
9d
Bls: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama???? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
10

Messages

Thu May 16, 2013 2:15 pm (PDT) . Posted by:

"Mansor" nbmy1980

terima kasih Pak Hendrik.

-Mansor

2013/5/16 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Be-Excel,
>
> Sekedar sharing......
>
> File terlampir adalah contoh kasus dari diskusi excel grup diluar wilayah
> RI,
> yaitu bagaimana merekonsilasi 2 Sheet dengan jumlah baris dan kolom yang
> sama.
> Perbedaan bisa terjadi pada ID atau datanya.
>
> Saya coba jawab dengan macro.
>
> Salam,
> HK
>
>
>

Thu May 16, 2013 6:57 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Sama2 Pak.
Macronya juga bisa dipakai jika record (jumlah baris) antara kedua Sheet tsb tidak sama.

Salam,
HK

________________________________
From: Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
To: belajar-excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 16 May 2013, 21:13
Subject: Re: [belajar-excel] Rekon multi kolom dengan ID sama atau berbeda


 
terima kasih Pak Hendrik.

-Mansor

2013/5/16 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Dear Be-Excel,
>
>
>Sekedar sharing......
>
>
>File terlampir adalah contoh kasus dari diskusi excel grup diluar wilayah RI,
>yaitu bagaimana merekonsilasi 2 Sheet dengan jumlah baris dan kolom yang sama.
>Perbedaan bisa terjadi pada ID atau datanya.
>
>
>Saya coba jawab dengan macro.
>
>
>Salam,
>HK

Thu May 16, 2013 2:20 pm (PDT) . Posted by:

"roy lamhot siahaan"

salam BeExceller (---by Mods--)

saya adalah pengguna excel, tetapi saya sama sekali buta mengenai macro
excel. saya ingin membuat report kerjaan setiap hari dan siapa yang
mengerjakan juga berapa masuk barangnya setiap hari,
saya ingin belajar macro excel dari dasar termasuk bahasa yang dipergunakan
dalam macro excel, bagaimana caranya..?

mohon pencerahan
thanks
roy.

--- Mods ---
File lampiran yang mencapai 3MB dilepas dari email karena melebihi ukuran batas yang ditetapkan peraturan milis, yaitu maksimal sebesar 250KB.

Silakan penanya reply topik ini untuk posting file lampiran yang memenuhi peraturan milis. Mengurangi jumlah baris data, mengurangi jumlah cell berformula, menghilangkan gambar atau shape yang tidak perlu, atau mengkompresi file dapat mengurangi ukuran file.
------------

Thu May 16, 2013 3:35 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Danny,

1. Kotak pesan adalah MsgBox. Hapus bagian MsgBox agar tidak muncul kotak
pesan.
2. Tentang data validatio tidak ada yang kosong, kurang bisa dipahami
maksudnya
3. Mempercepat proses saat spinbutton berubah nilainya, letakkan workbook
Save setelah screen update di set TRUE.

Wassalam,
Kid.

2013/5/15 Danny Prasetyo <danny_06791@yahoo.com>

> **
>
>
> Saya balik lagi nih Mr.Kid. Hahahaa
> Dan kali ini saya sudah mentok saking ribetnya. #curhat :D
> Saya harap Mr.Kid bisa membantu lagi, begitu juga dengan master2 yg
> lainnya.
>
> Saya iseng2 membuat rekapan hasil matakuliah yg sekaligus bisa menginput
> dan mengoutput daftar matakuliahnya (masih acak2an) karna saya senang
> belajar excel. Tapi karna saya memaksa untuk mengerti, akhirnya jalan buntu
> pun tiba.
> Ini saya lampirkan filenya. Di sana sudah tertera kendalanya.
>
>
>

Thu May 16, 2013 11:02 pm (PDT) . Posted by:

"Danny Prasetyo" danny_06791

Ini saya kirimkan data yg baru master kid, dengan penjelasan gambar.
Terima kasih telah membantu.

Thu May 16, 2013 3:49 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir memanfaatkan fitur Pivot table.

Wassalam,
Kid.

2013/5/15 sh.Ronald <sh.ronald@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Selamat malam,
>
> Mohon dibantu tentang rumus untuk Countif ( kodeBarang) digabung dengan 2
> match (KodeBarang & Wilayah).
> Data terlampir.
>
> Salam sukses untuk milis belajar excel.
> Terima kasih.
> sr/
>
>
>

Thu May 16, 2013 6:09 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Pak Harry;

File terlampir sudah direvisi, semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: harry_salim@yanmar.co.id
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, May 16, 2013 2:18 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil data seperti sumbu x dan sumbu y

Dear Pak Bagus,

Terima kasih atas bantuan,
maaf sebelumnya tetapi pada saat bulannya saya ganti angkanya tidak berubah ya.

mohon bantuannya

thanks
harry

"Bagus" <bagus@kingjim.co.id>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
16/05/2013 13:59 Please respond to
belajar-excel@yahoogroups.com

To <belajar-excel@yahoogroups.com>
cc
Subject Re: [belajar-excel] Mengambil data seperti sumbu x dan sumbu y

Dear Pak Harry;

File terlampir semoga sesuai harapan



Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: harry_salim@yanmar.co.id
To: belajar excel
Sent: Thursday, May 16, 2013 8:00 AM
Subject: [belajar-excel] Mengambil data seperti sumbu x dan sumbu y

Dear Master2 XL,

Mohon bantuannya dari master2 XL

Terima kasih

Thu May 16, 2013 6:56 pm (PDT) . Posted by:

"yonikriwul" yonikriwul

Selamat Pagi Mr. Kid....
begitulah keadaannya...
setelah membaca arahan dari Mr. Kid ada sedikit gambaran tentang apa yang harus saya lakukan..
namun mengenai rumus apa yang harus diketikkan di cell C3, kolom N, kolom AA dan kolom AB saya masih belum mengerti...
sudilah Mr. Kid memberikan contohnya kepada saya....
terima kasih...

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Oh jadi nomor kode diberikan oleh si Owner.
> Kemudian Anda memasukkan ke Excel di kolom N melalui number format ? Jika
> betul, maka cara Anda ini yang harus diubah. Janganlah Anda memasukkannya
> ke kolom N dengan format number, tetapi dibuat di kolom AA berisi nomor di
> kolom N dan di kolom AB adalah teksnya seperti yang harus Anda salin
> sebagai format number (teksnya ya bukan format numbernya)
>
> Owner bisa memberi nomer sekenanya menurut wangsit. Tetapi pengolah data
> tetap bekerja berdasar kaidah pengolahan data yang baik. Hal ini diawali
> selalu dengan membuat tabel referensi seluruh kode. Meskipun kode itu
> bertambah sekian ribu baris per hari.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/13 yonikriwul <yonikriwul@...>
>
> > **
> >
> >
> > Terima kasih Mr. Kid atas koreksinya....
> > dalam kasus ini, saya hanya sebagai operator saja sehingga penentuan nomor
> > kode di kolom N sepenuhnya di pihak owner. mungkin beliau memberikan kode
> > tersebut juga sekenanya (MAAF HANYA PREDIKSI SEPIHAK DARI SAYA), sehingga
> > saya kesulitan dalam membuat history data terutama no kode faktur tersebut.
> > dalam hal ini saya hanya berusaha mempermudah pekerjaan saya untuk tidak
> > mengganti format cell setiap saya akan mencetak. (BISA DIBAYANGKAN
> > KESULITAN SAYA WAKTU ITU. SEBELUM KENAL DENGAN REKAN BE EXCEL)
> > Mudah mudahan rekan rekan BE-EXCEL dapat segera metemukan solusinya, dan
> > saya akan sangat terbantu sekali.
> > Salam
> > Yoni
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > >
> > > eh... saya kok masih bingung dengan kalimat ini ya :
> > > urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga saya
> > > tidak isa merumuskannya...
> > > *data tersebut setiap bulan selalu berubah*. *saya hanya mengganti format
> > > di cell kolom N*....
> >
> > >
> > > Pertanyaannya :
> > > 1. Kenapa memilih mengganti custom number format nya daripada membuat
> > > sebuah tabel berisi 2 kolom, yaitu kolom kode dan kolom teks_faktur ?
> > >
> > > 2. Apakah keuntungan mengganti custom number format setiap id faktur
> > dengan
> > > teks_faktur setiap bulan, sehingga tidak pernah dimiliki histori
> > faktur-nya
> > > ?
> > >
> > > 3. Apakah tidak pernah mendaftar faktur dalam beberapa bulan yang unique
> > > sehingga lebih dari 250 teks faktur ?
> > > >> fyi, sebuah workbook dibatasi jumlah custom number format nya loh.
> > >
> > > Wassalam,
> > > Kid.
> > >
> > >
> > > 2013/5/11 yonikriwul <yonikriwul@>
> > >
> > > > **
> >
> > > >
> > > >
> > > > Terima kasih atas perhatiannya....
> > > > urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga
> > saya
> > > > tidak isa merumuskannya...
> > > > data tersebut setiap bulan selalu berubah. saya hanya mengganti format
> > di
> > > > cell kolom N....
> > > > Salam
> > > > Yoni
> > > >
> > > >
> > > > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Heri Pamungkas ( Gmail )"
> > > > <ghery.dharma@> wrote:
> > > > >
> > > > > Semangat pagi,
> > > > >
> > > > > Kalau dilihat dari datanya sepertinya ada Kombinasi yang unik,...
> > Boleh
> > > > > tau pak/bu
> > > > >
> > > > > kombinasinya seperti apa ??
> > > > >
> > > > > misalnya di No 10. No Fakturnya 030.900-13.630310 apa cluenya .. (
> > 030
> > > > > =apa, 900 = apa, 13 = apa, 630310 = apa )
> > > > > agar memudahkan proses tempel2nya tanpa menggunakan formating.
> > > > >
> > > > >
> > > > > # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel
> > pada
> > > > >
> > > >
> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> > > > >
> > > > > Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut
> > sangat
> > > > berharga untuk Be-Exceler yang lain
> > > > >
> > > > > Salam Excell-ent
> > > > >
> > > > >
> > > > > On 11/05/2013 5:35, Yoni Patinasaran wrote:
> > > > > > Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid.
> > yang
> > > > > > telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> > > > > > groups...
> > > > > > karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian,
> > > > > > maka saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini
> > permasalahannya
> > > > )
> > > > > >
> > > > > > Salam Semuanya....
> > > > > > Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua
> > cell
> > > > > > yang memakai fungsi Vlookup..
> > > > > > sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut,
> > > > > > tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> > > > > > saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung
> > > > > > saya print...
> > > > > > permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel
> > > > > > penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian
> > > > > > mengambil formatnya....
> > > > > > mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu
> > permasalahan
> > > > > > ini...
> > > > > > sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> > > > > > atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > salam
> > > > > > Yoni
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

Thu May 16, 2013 7:24 pm (PDT) . Posted by:

"dedy rauf"

salam be exceller

melanjutkan permohonan saya terkait monitoring tugas pegawai
ada pertanyaan dari rekan pegawai "waktu itu tugas saya apa ya?"
wah bingung lah saya, bolak balik buka lembar data lagi
mohon bantuan para master dan rekan2 be exceller
btw, sempat ada kepikiran menggunakan fungsi *indirect* dan *offset, *tapi
kemudian gak tau cara menggunaannya
dan mending kayaknya pakai makro aja deh hehe

terima kasih
best regards

-rauf_

Thu May 16, 2013 8:57 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba begini : (data di D9:E13)
1. hapus isi semua cell di kolom tujuan
>> misal nanti akan di paste ke kolom M, maka hapus isi di kolom M dan N

2. blok data (ditambah 1 baris kosong jika ingin ada 1 baris kosong jarak
antar blok perulangan hasil paste)
>> jadi blok D9:E14

3. lakukan Copy dengan menekan CTRL C

4. tunjuk cell tujuan di baris 1 nya
>> misal di paste ke kolom M, maka tunjuk M1

5. blok seluruh area paste sesuai keinginan (sesuaikan dengan kebutuhan
tentang cell start dan cell akhirnya dengan cara berikut)
>> misal ingin 50 kali perulangan, maka butuh blok sebanyak 50 x
jumlah baris data beserta baris kosongnya
>> untuk kasus ini berarti blok sejumlah 50 x 6 baris = 300 cell di
kolom M mulai cell M1
>> caranya, (sekarang cell aktif di M1)
>> tekan CTRL G -> tulis di textbox M300 -> tekan tombol Shift
(jangan dilepaskan) sambil menekan OK

6. lakukan paste
>> tekan CTRL V

Proses di atas bisa di record macro.

Kira-kira bunyi script untuk proses di atas (asumsi : pasti 50 kali)
dim rng as range, lRow as long
set rng=range("d9").currentregion
lrow=rng.row+1
rng.resize(lrow).copy range("m1").resize( lrow * 50 ) 'ganti rujukan m1
dan angka 50 sesuai kebutuhan

Wassalam,
Kid.

2013/5/16 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Pakar yang Budiman,
>
> Terimakasih atas attention nya Pak Hendrik, namun File tidak bisa
> dijalankan karena memakai Macro sedangkan saya tidak mengerti proses
> seperti itu.
>
> Salam,
> Tony
>
> --- Pada *Kam, 16/5/13, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>*menulis:
>
>
> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> Judul: Re: [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg
> ditentukan
> Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Tanggal: Kamis, 16 Mei, 2013, 1:24 PM
>
>
>
> Coba file terlampir.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Thursday, 16 May 2013, 11:05
> *Subject:* [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg
> ditentukan
>
>
> Dear Pakar yang Budiman,
>
> Mohon bantuan nya untuk mencari solusi bagaimana cara meng copy paste
> berulang sesuai range atau jumlah yang kita ingin kan.
> Untuk lebih jelasnya saya lampirkan contoh file terlampir.
> Atas waktu dan ilmu yang berharganya saya ucapkan banyak terimakasih.
>
> Salam,
> Tony
>
>
>
>

Thu May 16, 2013 9:16 pm (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

haloo master...minta tolong lagi....
dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon maaf jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe

langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di bawah ini master...??

Nama
dede
nanang
indra
deri
isma
dede
nanang
deri
jaka
indra

yang di inginkan...

Nama
dede
nanang
indra
deri
isma
jaka
indra

mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya begitu susah, hehehehe
mohon bantuannya ^^

Thu May 16, 2013 9:42 pm (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Haduh,..

Berarti saya belum master nie,..
Dari tadi di kedip2in ga gerak2 datanya,...:'( :'( :'(

Tapi kalau mau di coba bisa dengan Remove Duplicate yang ada di Tab Data

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Salam Excell-ent

On 17/05/2013 11:08, Shenly Ruchman wrote:
> haloo master...minta tolong lagi....
> dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon
> maaf jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe
>
> langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di
> bawah ini master...??
>
> Nama
> dede
> nanang
> indra
> deri
> isma
> dede
> nanang
> deri
> jaka
> indra
>
>
>
>
> yang di inginkan...
>
> Nama
> dede
> nanang
> indra
> deri
> isma
> jaka
> indra
>
>
>
> mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya
> begitu susah, hehehehe
> mohon bantuannya ^^
>

Thu May 16, 2013 9:46 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Shenly;

Misal data ada di kolom A;
Tulis Array formula di B2
=INDEX($A$2:$A$11,MATCH(0,COUNTIF($B$1:B1,$A$2:$A$11),0))

Jangan cuma di Enter, tapi dengan menekan tombol Ctrl+Shift dan Enter

File terlampir

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Shenly Ruchman
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 17, 2013 11:08 AM
Subject: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????

haloo master...minta tolong lagi....
dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon maaf jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe

langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di bawah ini master...??

Nama
dede
nanang
indra
deri
isma
dede
nanang
deri
jaka
indra

yang di inginkan...

Nama
dede
nanang
indra
deri
isma
jaka
indra

mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya begitu susah, hehehehe
mohon bantuannya ^^

Thu May 16, 2013 10:56 pm (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

kalo menggunakan menu tersebut nanti kalo ada penambahan nama baru ga akan otomatis dong??

________________________________
Dari: Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 17 Mei 2013 12:51
Judul: Re: [belajar-excel] memisahkan nama yang sama????


 
Haduh,..

Berarti saya belum master nie,..
Dari tadi di kedip2in ga gerak2 datanya,...:'( :'( :'(

Tapi kalau mau di coba bisa dengan Remove Duplicate yang ada di
Tab Data

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3 Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain Salam Excell-ent
On 17/05/2013 11:08, Shenly Ruchman wrote:
 
>haloo master...minta tolong lagi....
>dari judulnya juga, sepertinya kasus saya ini pernah dibahas, mohon maaf jika saya tanya lagi soalnya belum tau hehehehe
>
>
>langsung aja ya, gimana caranya memisahkan nama yang sama seperti di bawah ini master...??
>
>
>Nama
>dede
>nanang
>indra
>deri
>isma
>dede
>nanang
>deri
>jaka
>indra
>
>
>
>
>
>
>
>
>yang di inginkan...
>
>
>Nama
>dede
>nanang
>indra
>deri
>isma
>jaka
>indra
>
>
>
>
>
>
>mungkin buat para master tinggal mengedipkan mata saja, tapi buat saya begitu susah, hehehehe
>mohon bantuannya ^^
>

Thu May 16, 2013 11:00 pm (PDT) . Posted by:

"aRghifari" arnay_ind

Dear suhu2 n master excel,
 
Mohon dibantu untuk solusi rumus singkat excel terlampir. Request jgn pake makro ya krn makro blum mudeng nich... Tks suhu
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar