Jumat, 17 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2303

15 New Messages

Digest #2303
1b
2b
Re: Link dari cell ke textbox di userform by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
2d
2e
Re: Link dari cell ke textbox di userform by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
USerform dengan Vlookup by "freddy heru soermin" freddy.soermin
3b
Re: USerform dengan Vlookup by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: USerform dengan Vlookup by "Fred" freddy.soermin
5a
Re: validasi beda sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5b
Re: validasi beda sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri May 17, 2013 1:11 am (PDT) . Posted by:

"Tony Bexcel"

Dear Pakar yang Budiman,
 
Terimakasih Mr,Kid dan Pak Ghozi atas Ilmu dan waktunya..sungguh sakti ya ternyata.
Tapi untuk Macro saya benar-benar buta dan ingin sekali mempelajari nya.
Kalau boleh saya bertanya dimana bisa ambil kelas seperti itu dan apa nama materi yang diambilnya nanti.Hanya bertanya bila tidak keberatan dan maaf kalau melanggar etika atas pertanyaan tersebut jadi tidak harus di jawab kok..hehehe..Btw terimakasih pada semua team..temans..atas semua ilmu dan waktu nya.
 
Salam,
Tony

--- Pada Jum, 17/5/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg ditentukan
Kepada: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Jumat, 17 Mei, 2013, 10:56 AM

 

Coba begini : (data di D9:E13)
1. hapus isi semua cell di kolom tujuan
    >> misal nanti akan di paste ke kolom M, maka hapus isi di kolom M dan N

2. blok data (ditambah 1 baris kosong jika ingin ada 1 baris kosong jarak antar blok perulangan hasil paste)
    >> jadi blok D9:E14

3. lakukan Copy dengan menekan CTRL  C

4. tunjuk cell tujuan di baris 1 nya
    >> misal di paste ke kolom M, maka tunjuk M1

5. blok seluruh area paste sesuai keinginan (sesuaikan dengan kebutuhan tentang cell start dan cell akhirnya dengan cara berikut)
     >> misal ingin 50 kali perulangan, maka butuh blok sebanyak 50 x jumlah baris data beserta baris kosongnya
     >> untuk kasus ini berarti blok sejumlah 50 x 6 baris = 300 cell di kolom M mulai cell M1
     >> caranya, (sekarang cell aktif di M1)
     >> tekan CTRL  G  -> tulis di textbox M300 -> tekan tombol Shift (jangan dilepaskan) sambil menekan OK

6. lakukan paste
     >> tekan CTRL V

Proses di atas bisa di record macro.

Kira-kira bunyi script untuk proses di atas (asumsi : pasti 50 kali)

dim rng as range, lRow as long

set rng=range("d9").currentregion

lrow=rng.row+1

rng.resize(lrow).copy range("m1").resize( lrow * 50 )    'ganti rujukan m1 dan angka 50 sesuai kebutuhan

Wassalam,

Kid.

2013/5/16 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

 

Dear Pakar yang Budiman,
 
Terimakasih atas attention nya Pak Hendrik, namun File tidak bisa dijalankan karena memakai Macro sedangkan saya tidak mengerti proses seperti itu.
 
Salam,
Tony

--- Pada Kam, 16/5/13, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg ditentukan
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Kamis, 16 Mei, 2013, 1:24 PM

 

Coba file terlampir.

Salam,
HK

From: Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 16 May 2013, 11:05
Subject: [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg ditentukan

 

Dear Pakar yang Budiman,
 
Mohon bantuan nya untuk mencari solusi bagaimana cara meng copy paste berulang sesuai range atau jumlah yang kita ingin kan.
Untuk lebih jelasnya saya lampirkan contoh file terlampir.
Atas waktu dan ilmu yang berharganya saya ucapkan banyak terimakasih.
 
Salam,
Tony

Fri May 17, 2013 1:15 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...
kalau ndak mau pake macro, berarti harus manual seperti langkah 1 sampai 6
dilakukan setiap hari.

Jika ingin belajar macro, bisa mulai dengan belajar record macro. Media
belajarnya adalah membuat macro untuk untuk kegiatan manual sehari-hari
langkah 1 sampai 6 itu. Dicoba untuk merecord sekali saja langkah 1 sampai
6, dan moga-moga besoknya ndak manual lagi dan ndak perlu record macro lagi.
Kalau hasil record macro bermasalah, coba posting ke milis.

Kalau kelas untuk belajar macro, saya kurang tahu ada dimana.

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Pakar yang Budiman,
>
> Terimakasih Mr,Kid dan Pak Ghozi atas Ilmu dan waktunya..sungguh sakti ya
> ternyata.
> Tapi untuk Macro saya benar-benar buta dan ingin sekali mempelajari nya.
> Kalau boleh saya bertanya dimana bisa ambil kelas seperti itu dan apa nama
> materi yang diambilnya nanti.Hanya bertanya bila tidak keberatan dan maaf
> kalau melanggar etika atas pertanyaan tersebut jadi tidak harus di jawab
> kok..hehehe..Btw terimakasih pada semua team..temans..atas semua ilmu dan
> waktu nya.
>
> Salam,
> Tony
>
> --- Pada *Jum, 17/5/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>* menulis:
>
>
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> Judul: Re: [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg
> ditentukan
> Kepada: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Tanggal: Jumat, 17 Mei, 2013, 10:56 AM
>
>
>
> Coba begini : (data di D9:E13)
> 1. hapus isi semua cell di kolom tujuan
> >> misal nanti akan di paste ke kolom M, maka hapus isi di kolom M dan
> N
>
> 2. blok data (ditambah 1 baris kosong jika ingin ada 1 baris kosong jarak
> antar blok perulangan hasil paste)
> >> jadi blok D9:E14
>
> 3. lakukan Copy dengan menekan CTRL C
>
> 4. tunjuk cell tujuan di baris 1 nya
> >> misal di paste ke kolom M, maka tunjuk M1
>
> 5. blok seluruh area paste sesuai keinginan (sesuaikan dengan kebutuhan
> tentang cell start dan cell akhirnya dengan cara berikut)
> >> misal ingin 50 kali perulangan, maka butuh blok sebanyak 50 x
> jumlah baris data beserta baris kosongnya
> >> untuk kasus ini berarti blok sejumlah 50 x 6 baris = 300 cell di
> kolom M mulai cell M1
> >> caranya, (sekarang cell aktif di M1)
> >> tekan CTRL G -> tulis di textbox M300 -> tekan tombol Shift
> (jangan dilepaskan) sambil menekan OK
>
> 6. lakukan paste
> >> tekan CTRL V
>
> Proses di atas bisa di record macro.
>
>
> Kira-kira bunyi script untuk proses di atas (asumsi : pasti 50 kali)
> dim rng as range, lRow as long
> set rng=range("d9").currentregion
> lrow=rng.row+1
> rng.resize(lrow).copy range("m1").resize( lrow * 50 ) 'ganti rujukan m1
> dan angka 50 sesuai kebutuhan
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/16 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=tonybexcel@yahoo.co.id>
> >
>
> **
>
> Dear Pakar yang Budiman,
>
> Terimakasih atas attention nya Pak Hendrik, namun File tidak bisa
> dijalankan karena memakai Macro sedangkan saya tidak mengerti proses
> seperti itu.
>
> Salam,
> Tony
>
> --- Pada *Kam, 16/5/13, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=hendrikkarnadi@yahoo.com>
> >* menulis:
>
>
> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=hendrikkarnadi@yahoo.com>
> >
> Judul: Re: [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg
> ditentukan
> Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=belajar-excel@yahoogroups.com>"
> <belajar-excel@yahoogroups.com<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=belajar-excel@yahoogroups.com>
> >
> Tanggal: Kamis, 16 Mei, 2013, 1:24 PM
>
>
>
> Coba file terlampir.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=tonybexcel@yahoo.co.id>
> >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Thursday, 16 May 2013, 11:05
> *Subject:* [belajar-excel] Copy Paste berulang atau sesuai range yg
> ditentukan
>
>
> Dear Pakar yang Budiman,
>
> Mohon bantuan nya untuk mencari solusi bagaimana cara meng copy paste
> berulang sesuai range atau jumlah yang kita ingin kan.
> Untuk lebih jelasnya saya lampirkan contoh file terlampir.
> Atas waktu dan ilmu yang berharganya saya ucapkan banyak terimakasih.
>
> Salam,
> Tony
>
>
>
>
>

Fri May 17, 2013 1:23 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Kenapa harus pakai TextBox dan bukannya Label saja?

asumsi nama TextBox adalah txt1 maka script untuk mengambil nilai cell A1
di sheet1 akan seperti ini:

txt1.Value = Sheet1.Range("a1").Value

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

Pada 17 Mei 2013 14.45, Masbooqien Al qodiriyah <booqien@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Assalamu`alaikum,,,
>
> Mau tanya sama para master Excel
> saya mau coba buat link dari cell ke textbox di userForm,tapi belum tau
> caranya
> Misalnya di Sheet1!A1 ada jumlah 888
> otomatis di textbox userform akan muncul 888
>
> Atas bantuannya saya Ucapakan Terima Kasih
>
> Wassalamua`alaikum...
>
>
>

Fri May 17, 2013 1:33 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Sudah coba properti ControlSource ?
Coba lihat di properties window milik si textbox (pencet F4 kalau belum
muncul properties windownya)
Cari properti ControlSource dan isi dengan alamat cell sumber data. Misal
dari sheet bernama Sumber Data di cell A808
ditulis :
'Sumber Data'!A808

Karena mengubah textbox nantinya akan mengubah isi cell, maka atur proeprti
Locked menjadi TRUE ketika tidak akan mengijinkan user mengubah isi textbox.

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 Masbooqien Al qodiriyah <booqien@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamu`alaikum,,,
>
> Mau tanya sama para master Excel
> saya mau coba buat link dari cell ke textbox di userForm,tapi belum tau
> caranya
> Misalnya di Sheet1!A1 ada jumlah 888
> otomatis di textbox userform akan muncul 888
>
> Atas bantuannya saya Ucapakan Terima Kasih
>
> Wassalamua`alaikum...
>
>
>

Fri May 17, 2013 2:09 am (PDT) . Posted by:

"Masbooqien Al qodiriyah" booqien

sudah saya lakukan dari tadi pak
tapi muncul

"Could Not set the control Source Property,
invalid property value"
maka dari itu saya bertanya pada semua pakar Excel
mohon bantuan dan solusinya pak..

Wassalamu`alaikum...

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 17 Mei 2013 15:32
Judul: Re: [belajar-excel] Link dari cell ke textbox di userform


 
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Sudah coba properti ControlSource ?
Coba lihat di properties window milik si textbox (pencet F4 kalau belum muncul properties windownya)
Cari properti ControlSource dan isi dengan alamat cell sumber data. Misal dari sheet bernama Sumber Data di cell A808
ditulis :
'Sumber Data'!A808

Karena mengubah textbox nantinya akan mengubah isi cell, maka atur proeprti Locked menjadi TRUE ketika tidak akan mengijinkan user mengubah isi textbox.

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 Masbooqien Al qodiriyah <booqien@yahoo.com>


>Assalamu`alaikum,,,
>
>
>Mau tanya sama para master Excel
>saya mau coba buat link dari cell ke textbox di userForm,tapi belum tau caranya
>Misalnya di Sheet1!A1 ada jumlah 888
>otomatis di textbox userform akan muncul 888
>
>
>Atas bantuannya saya Ucapakan Terima Kasih
>
>
>Wassalamua`alaikum...

Fri May 17, 2013 2:09 am (PDT) . Posted by:

"Masbooqien Al qodiriyah" booqien

terima kasih Miss atas bantuannya
tapi knp ya script tersebut tidak bisa berjalan jika saya taruh di textbox
dan baru bisa berjalan jika saya tambahi Label dan saya taruh di Label

terima kasih atas bantuannya

Wassalamu`alaikum,,,

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 17 Mei 2013 15:23
Judul: Re: [belajar-excel] Link dari cell ke textbox di userform


 
Kenapa harus pakai TextBox dan bukannya Label saja?

asumsi nama TextBox adalah txt1 maka script untuk mengambil nilai cell A1 di sheet1 akan seperti ini:

txt1.Value = Sheet1.Range("a1").Value

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 17 Mei 2013 14.45, Masbooqien Al qodiriyah <booqien@yahoo.com> menulis:


>Assalamu`alaikum,,,
>
>
>Mau tanya sama para master Excel
>saya mau coba buat link dari cell ke textbox di userForm,tapi belum tau caranya
>Misalnya di Sheet1!A1 ada jumlah 888
>otomatis di textbox userform akan muncul 888
>
>
>Atas bantuannya saya Ucapakan Terima Kasih
>
>
>Wassalamua`alaikum...

Fri May 17, 2013 2:14 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Mungkin salah caranya menulis rujukan.
(termasuk tanda petiknya)
'nama sheetnya'!alamatcellnya
contoh :
'sheet bernama anu'!G123

File terlampir bekerja dengan baik di xl2007 dan xl2013.

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 Masbooqien Al qodiriyah <booqien@yahoo.com>

> **
>
>
> sudah saya lakukan dari tadi pak
> tapi muncul
> "Could Not set the control Source Property,
> invalid property value"
> maka dari itu saya bertanya pada semua pakar Excel
> mohon bantuan dan solusinya pak..
>
> Wassalamu`alaikum...
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Jumat, 17 Mei 2013 15:32
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Link dari cell ke textbox di userform
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Sudah coba properti ControlSource ?
> Coba lihat di properties window milik si textbox (pencet F4 kalau belum
> muncul properties windownya)
> Cari properti ControlSource dan isi dengan alamat cell sumber data. Misal
> dari sheet bernama Sumber Data di cell A808
> ditulis :
> 'Sumber Data'!A808
>
> Karena mengubah textbox nantinya akan mengubah isi cell, maka atur
> proeprti Locked menjadi TRUE ketika tidak akan mengijinkan user mengubah
> isi textbox.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/5/17 Masbooqien Al qodiriyah <booqien@yahoo.com>
>
> **
>
> Assalamu`alaikum,,,
>
> Mau tanya sama para master Excel
> saya mau coba buat link dari cell ke textbox di userForm,tapi belum tau
> caranya
> Misalnya di Sheet1!A1 ada jumlah 888
> otomatis di textbox userform akan muncul 888
>
> Atas bantuannya saya Ucapakan Terima Kasih
>
> Wassalamua`alaikum...
>
>
>
>
>
>

Fri May 17, 2013 1:41 am (PDT) . Posted by:

"freddy heru soermin" freddy.soermin

Dear Exceler,

sangat butuh bantuannya untuk coding VB user form berikut.
saya ingin apabila saya isi tanggal di textbox pertama
dan setelah itu saya klik Fetch kemudian di text box berikutnya muncul nilai
yang mendekati dengan tanggal yang saya inginkan (hampir sama fungsinya seperti Vlookup)

HS.
Freddy

Fri May 17, 2013 2:22 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba pada event click milik tombol fetch diberi script :

'asumsi :
'1. txtDate adalah nama textbox tanggal
'2. txt Revenue adalah nama textbox hasil lookup
'3. inputan dalam txtDate bisa menjadi date menurut komputer setempat
txtRevenue.text=evaluate("=VLOOKUP(1*" & cdate(txtDate.text) &
",$A$2:$B$17,2)")

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 freddy heru soermin <angelo_feather@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Exceler,
> sangat butuh bantuannya untuk coding VB user form berikut.saya ingin
> apabila saya isi tanggal di textbox pertamadan setelah itu saya klik
> Fetch kemudian di text box berikutnya muncul nilaiyang mendekati dengan
> tanggal yang saya inginkan (hampir sama fungsinya seperti Vlookup)
> HS.Freddy
>
>
>

Fri May 17, 2013 2:47 am (PDT) . Posted by:

"Fred" freddy.soermin


Terima kasih mr kid. I will try it..

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Coba pada event click milik tombol fetch diberi script :
>
> 'asumsi :
> '1. txtDate adalah nama textbox tanggal
> '2. txt Revenue adalah nama textbox hasil lookup
> '3. inputan dalam txtDate bisa menjadi date menurut komputer setempat
> txtRevenue.text=evaluate("=VLOOKUP(1*" & cdate(txtDate.text) &
> ",$A$2:$B$17,2)")
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/17 freddy heru soermin <angelo_feather@...>
>
> > **
> >
> >
> > Dear Exceler,
> > sangat butuh bantuannya untuk coding VB user form berikut.saya ingin
> > apabila saya isi tanggal di textbox pertamadan setelah itu saya klik
> > Fetch kemudian di text box berikutnya muncul nilaiyang mendekati dengan
> > tanggal yang saya inginkan (hampir sama fungsinya seperti Vlookup)
> > HS.Freddy
> >
> >
> >
>

Fri May 17, 2013 2:09 am (PDT) . Posted by:

Dear Master Excel,

ini mungkin pertanyaan sederhana bagi para master2 excel tetapi untuk wah
benar2 tidak tahu nih, mohon bantuannya dari para master excel,

contoh :

20,000,500 menjadi 20,000 (dalam ribuan) menjadi 2,000 (dalam puluh
ribuan) menjadi 200 (dalam ratus ribuan) menjadi 20 (dalam jutaan)

mohon bantuannya dari para master

terima kasih
harry

Fri May 17, 2013 2:18 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba : (dalam ribuan dibagi 1000, jutaan dibagi sejuta, dst)
=Trunc( nilainya / 1000 )

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 <harry_salim@yanmar.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Master Excel,
>
>
> ini mungkin pertanyaan sederhana bagi para master2 excel tetapi untuk wah
> benar2 tidak tahu nih, mohon bantuannya dari para master excel,
>
> contoh :
>
> 20,000,500 menjadi 20,000 (dalam ribuan) menjadi 2,000 (dalam puluh
> ribuan) menjadi 200 (dalam ratus ribuan) menjadi 20 (dalam jutaan)
>
> mohon bantuannya dari para master
>
> terima kasih
> harry
>
>

Fri May 17, 2013 2:26 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba manfaatkan nama range.
Cara buat nama range :
ke ribbon Formulas -> group Defined Names -> Define Name
-> isi nama range, misal isi dengan _myList_
-> klik range selector (kotak kecil di sisi kanan textbox bagian refers
to) -> tunjuk cell berisi data untuk dijadikan list (bisa di file lain) ->
OK

Kemudian buat data validation -> allow : List -> isi bagian Source dengan
teks
=nama_rangenya
misal
=_myList_

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 diditp <didit_monk@yahoo.com>

> **
>
>
> dear para master,
>
> bagaimana melakukan validasi pada excel , dengan menarik data dari beda
> sheet, yang kedua beda file excel.
>
> terima kasih master
>
> didit
>
>
>

Fri May 17, 2013 2:35 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

eh kurang
ketika sumber ada di workbook lain,
buat lagi sebuah nama range yang refers to ke nama range yang merujuk ke
workbook lain.

Contoh :
buat nama range bernama _myOtherWbk_ yang merujuk ke workbook lain.
kemudian buat lagi nama range bernama _myBridge_ yang refers to nya diisi
dengan =_myOtherWbk_
lalu, buat data validation -> allow : List -> source diisi =_myBridge_

Wassalam,
Kid.

2013/5/17 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Coba manfaatkan nama range.
> Cara buat nama range :
> ke ribbon Formulas -> group Defined Names -> Define Name
> -> isi nama range, misal isi dengan _myList_
> -> klik range selector (kotak kecil di sisi kanan textbox bagian
> refers to) -> tunjuk cell berisi data untuk dijadikan list (bisa di file
> lain) -> OK
>
> Kemudian buat data validation -> allow : List -> isi bagian Source dengan
> teks
> =nama_rangenya
> misal
> =_myList_
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/17 diditp <didit_monk@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> dear para master,
>>
>> bagaimana melakukan validasi pada excel , dengan menarik data dari beda
>> sheet, yang kedua beda file excel.
>>
>> terima kasih master
>>
>> didit
>>
>>
>>
>
>

Fri May 17, 2013 2:44 am (PDT) . Posted by:

"dedy rauf"

bisa minta tolong dijelaskan arti dari fungsi tersebut kah?
=IFERROR(MID(LOOKUP(2,1/(($D$3:$D$13=$B21)*($F$3:$F$13<=L$18)*($G$3:$G$13>=L$18)),$H$3:$H$13),2,99),"")

=IFERROR(LOOKUP(2,1/(D$2:D9=D10),H$2:H9),"")&","&B10

2013/5/17 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> File terlampir dengan sebuah kolom bantu di tabel data. Syarat : tanggal
> terurut Ascending (setidaknya per Nama).
> Fungsi yang digunakan : LookUp, Mid, dan IFError.
> Pada xl2003 kebawah, silakan disesuaikan dalam penggunaan IFError-nya agar
> memenuhi kaidah :
> IF( IsError( formula ) , "" , formulanya )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/16 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> salam be exceller
>>
>>
>> melanjutkan permohonan saya terkait monitoring tugas pegawai
>> ada pertanyaan "waktu itu tugas apa ya?"
>> wah bingung lah saya, bolak balik buka lembar data lagi
>> mohon bnatuan para master dan rekan2 be exceller
>> btw, sempat ada kepikiran menggunakan fungsi *indirect* dan *offset, *tapi
>> kemudian gak tau cara menggunaannya
>> dan mending kayaknya pakai makro aja deh hehe
>>
>> terima kasih
>> best regards
>>
>> -rauf_
>>
>>
>> 2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>
>> **
>>>
>>>
>>> oohhh.. gituu... :)
>>> ok deh Mr Kid..
>>> Makasihh penjelasannya... :)
>>>
>>> Salam,
>>> Gita
>>>
>>> ------------------------------
>>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>> *Dikirim:* Rabu, 10 April 2013 11:10
>>>
>>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>>
>>>
>>> Nama range yang merujuk ke sheet GL harus disesuaikan ulang.
>>> Jika ingin dinamis, maka manfaatkan formula Index atau offset atau
>>> indirect untuk mengarahkan rujukan nama range menjadi dinamis mengikuti
>>> jumlah record. Coba search posting lawas tentang nama range dinamis.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>>
>>> **
>>>
>>> ohh gituu taa.. hhehehe...
>>> tapi kalo lebih dari 9 data pada sheet GL ? misalnya saya mau input data
>>> si gareng pada nomer 10 tapi koq ga ngaruh di sheet per nama dan per bulan?
>>> Makasihh..
>>>
>>> Salam,
>>> Gita
>>>
>>> ------------------------------
>>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>> *Dikirim:* Rabu, 10 April 2013 10:21
>>>
>>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>>
>>>
>>> Yup.
>>>
>>> Data diinput di sheet GL.
>>> Bulan output diubah pada sheet per nama yang berwarna biru dengan format
>>> entry tanggal YYYY-MM-DD atau yang sesuai regional setting komputer
>>> setempat.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>>
>>> **
>>>
>>> Dear Mr Kid,
>>> jadi yang diisi pada awalnya itu tanggal mulai dan tanggal akhir pada
>>> sheet GL ya? ntar sheet per nama dan per bulan itu yang berwarna? hehe nda
>>> ngerti nih :D...
>>> Tengkyu...
>>>
>>> Salam,
>>> Gita
>>>
>>> ------------------------------
>>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 22:43
>>>
>>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>>
>>>
>>> Hai Gita,
>>>
>>> Warna kuning yang muncul karena diwarnai oleh fitur Conditional
>>> Formatting.
>>> Pada xl2007 bisa diperoleh melalui ribbon Home -> group Styles ->
>>> Conditional Formatting -> New Rule (jika belum ada) atau Manage rules jika
>>> sudah ada.
>>>
>>> Jika belum ada, setelah New Rule akan muncul tampilan dialog window
>>> seperti di gambar yang ada dalam file. Jadi, walau cell tidak ada nilainya
>>> apapun, bisa dilakukan format cell (Formatting) berdasar suatu kondisi
>>> tertentu (Conditional) dengan fitur bernama Conditional Formatting.
>>>
>>> Jika kondisi dalam Conditional Formatting membutuhkan data dari sheet
>>> lain, maka data di sheet lain tersebut harus diberi nama range terlebih
>>> dulu.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/4/9 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>>
>>> **
>>>
>>> Dear all,
>>> Saya mengikuti case ini..
>>> emm, maap.. boleh nanya ? cara make nya gimana nih, input-an-nya apa
>>> biar tanggal sesuai status pekerjaan yang uda dikerjakannya berubah jadi
>>> warna kuning gitu? <maap banget kalo pertanyaannya ndeso niihh.. :( ... >
>>>
>>> Makasihh...
>>>
>>> Salam,
>>> Gita
>>>
>>> ------------------------------
>>> *Dari:* dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 8:25
>>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>>
>>>
>>> terima kasih atas bantuannya mr. kid
>>>
>>> saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
>>> _dtmulai_ = baris F
>>> _dtselesai_ = baris G
>>> dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa
>>> terupdate otomatis juga
>>>
>>> namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot;
>>> file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan
>>> "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>>>
>>> adakah solusi untuk mengatsi ini
>>>
>>> best regards
>>> rauf
>>>
>>>
>>> 2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>
>>> **
>>>
>>> Hai Rauf,
>>> File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>>
>>> **
>>>
>>> yth para master excel
>>> mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring
>>> absensi
>>> dan tugas pegawai
>>> inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
>>> tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>>>
>>> file terlampir
>>> best regard
>>> rauf
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar