Senin, 13 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2295

11 New Messages

Digest #2295
1a
Sum Product dengan Kriteria by "Frendy R" frendy07
1b
2a
Laporan stock dan transaksi by "Bambang trianto wibowo" bambang_trianto2002
2b
3a
Re: checkBox untuk filter dan sum by "lapendosol opik" lapendosol
3b
Re: checkBox untuk filter dan sum by "daniel_aho" daniel_aho
6a
Bls: [belajar-excel] Insert Cell bersamaan gagal by "Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002
7a
Trs: [belajar-excel] If Bertingkat - Progresif by "jonson dahrino" jonson_ringo
8a
Bls: [belajar-excel] kontrol stock gudang+in_out by "Dede Suparman" dede_suparman111

Messages

Sun May 12, 2013 10:50 am (PDT) . Posted by:

"Frendy R" frendy07

Mohon Bantuannya para master excel, :)

saya ingin menanyakan bagaimana caranya untuk membuat formula Sum Product tapi dengan kriteria tertentu.

saya juga telah melampirkan file contohnya,

atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih dan saya doakan semoga makin lancar rejekinya. :D 

Sun May 12, 2013 6:17 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Frendy;

Mungkin begini:
=SUMPRODUCT(($H3=$A$2:$A$7)*(I$2=$D$1:$F$1)*($C$2:$C$7*$D$2:$F$7))
Copy-paste kekanan dan kebawah.

File terlampir.

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Frendy R
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, May 12, 2013 9:32 PM
Subject: [belajar-excel] Sum Product dengan Kriteria

Mohon Bantuannya para master excel, :)

saya ingin menanyakan bagaimana caranya untuk membuat formula Sum Product tapi dengan kriteria tertentu.

saya juga telah melampirkan file contohnya,

atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih dan saya doakan semoga makin lancar rejekinya. :D

Sun May 12, 2013 10:51 am (PDT) . Posted by:

"Bambang trianto wibowo" bambang_trianto2002

dear master exel

saya ada masalah di laporan stock.
1. gimana caranya membuat formula stock awal besaral dari stock akhir tgl
sebelumnya.
2. transaksi masuk sesuai dengan tgl di laporan stock.
berikut saya lampirkan filenya.

Sun May 12, 2013 6:42 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Pak Bambang;

File terlampir semoga sesuai harapan.

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Bambang trianto wibowo
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, May 12, 2013 9:50 PM
Subject: [belajar-excel] Laporan stock dan transaksi

dear master exel

saya ada masalah di laporan stock.

1. gimana caranya membuat formula stock awal besaral dari stock akhir tgl sebelumnya.

2. transaksi masuk sesuai dengan tgl di laporan stock.

berikut saya lampirkan filenya.

Sun May 12, 2013 11:39 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Dear bro Wira,
Terimakasih bro udah ditambahin, malah sekalian saya belajar hehehe
Soalnya kemaren ga bisa ngutak-atiknya jadi ga replay ke milis
Wassalam,

________________________________
From: WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, May 12, 2013 3:47 PM
Subject: Re: [belajar-excel] checkBox untuk filter dan sum


 
dear bro lapendosol opik, saya ijin nebeng coding nya yah.
nambahin sedikit logic supaya B4:C18 nya bisa ikut ter-filter tergantung sama CheckBox nya :)
makasih codes awal nya :)

Untuk bos Daniel, silakan dikotak-katik, siapa tau cocok , sekalian saya belajar VBA nya yah..

regards, Wira

2013/5/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>


>Sambil nunggu temen-temen yang lain jawab, ikutan bantu ya
>Coba kasih solusi versi saya, semoga bisa jadi pertimbangan
>Hehehe
>
>
>
>
>________________________________
> From: daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, May 10, 2013 4:48 PM
>Subject: [belajar-excel] checkBox untuk filter dan sum
>
>
>

>Dear Para Master2 Excel,
>
>mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
>sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
>checkbox yang dipilih,
>berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>
>mohon maaf jika selalu merepotkan,
>
>terima kasih sekali
>
>daniel.
>
>
>
>

Sun May 12, 2013 10:01 pm (PDT) . Posted by:

"daniel_aho" daniel_aho

Dear WIRAnata Kemala Deng,

wah mantab sekali jawaban yang diberikan,sudah sesuai dengan yang saya
harapkan, terima kasih banyak sudah membantu saya untuk menyelesaikan
problem ini, sekalian untuk pembelajaran bagi saya yang masih awam
banget dan jadi tambah semangat buat belajar.
Tak lupa juga buat Pak lapendosol opik, Pak Mr Kid, pak Mansor, dan para
master2 yang lain yang sudah ikut bantu memberikan pencerahan buat saya,

Senang sekali saya bisa gabung di milis ini, benar2 sangat membantu.

Terima kasih,

daniel

On 5/12/2013 3:49 PM, WIRAnata Kemala Deng wrote:
> eh salah file attachment yang tadi ..
> ini yang benar :)
>
>
>
> 2013/5/12 WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com
> <mailto:kwiranata@gmail.com>>
>
> dear bro lapendosol opik, saya ijin nebeng coding nya yah.
> nambahin sedikit logic supaya B4:C18 nya bisa ikut ter-filter
> tergantung sama CheckBox nya :)
> makasih codes awal nya :)
>
> Untuk bos Daniel, silakan dikotak-katik, siapa tau cocok ,
> sekalian saya belajar VBA nya yah..
>
> regards, Wira
>
>
> 2013/5/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com
> <mailto:lapendosol@yahoo.com>>
>
> Sambil nunggu temen-temen yang lain jawab, ikutan bantu ya
> Coba kasih solusi versi saya, semoga bisa jadi pertimbangan
> Hehehe
>
> ----------------------------------------------------------
> *From:* daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id
> <mailto:daniel_aho@yahoo.co.id>>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, May 10, 2013 4:48 PM
> *Subject:* [belajar-excel] checkBox untuk filter dan sum
>
> Dear Para Master2 Excel,
>
> mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan
> checkbox
> sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai
> dengan
> checkbox yang dipilih,
> berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>
> mohon maaf jika selalu merepotkan,
>
> terima kasih sekali
>
> daniel.
>
>
>
>
>
>

Sun May 12, 2013 1:27 pm (PDT) . Posted by:

"Imam Sinurat" sin.ur4t


Yth. Pak MrKid

Terima kasih responnya.
Step-step solusi arahan bpk sangat menarik, alur fikirnya mudah dicerna. Saking fahamnya saya dgn uraian bpk, saya sempat operkonpidens kalo ini mudah utk saya bereskan sendiri.
Ternyata saya msh kesulitan men-translate 'bahasa manusia' ke 'bahasa mesin VBA'.
Belasan jam begadang melototin monitor, Makronya bisa dieksekusi, tapi hasilnya msh semrawut. Akhirnya saya Nyerah :D
Mohon bpk koreksi dmn letak kesalahannya (sekaligus kunci jwbnnya dah ya) hehe.. Makasih sblmnya.

Wassalam
Imam Sinurat

Option Explicit

Sub MergedanBorder()

Dim rngData As Range
Dim rangenya_kolom3 As Range
Dim rngDiProses As Range
Dim rngAwalMerge As Range
Dim lRec As Long, r As Long

With Sheet1
'Lokasi Utak-atiknya dipindah agar data aslinya tidak terganggu:: copast range g5 ke range s5
.Range("g5:j25").Copy Destination:=.Range("s5")

'initialisasi data
Set rngData = .Range("s8").CurrentRegion
lRec = rngData.Rows.Count - 1

Set rangenya_kolom3 = rngData.Resize(lRec, 1).Offset(1, 2)
Set rngAwalMerge = rngData.Offset(1, 2).Resize(1, 1)
End With

'loop setiap range di kolom 3
For Each rngDiProses In rangenya_kolom3

'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop (pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
'jika ada isinya, maka lakukan :
If rngDiProses.Value <> "" Then

'1. merge cell dari cell awal diperluas sebanyak variabel jumlah cell
'rngAwalMerge.Resize(variabel_jumlah_cell).Merge
r = rngDiProses.Rows.Count
rngAwalMerge.Resize(r).Merge

'2. beri border dobel dibawah range yang sedang diproses oleh loop (misal di rngDiProses),
'tetapi mulai kolom ke-1 (offset 2 kolom kekiri) yang diperluas 1 baris x sekian kolom data
rngAwalMerge.Offset(0, -2).Resize(, 4).Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlDouble

'3. set cell awal merge baru (untuk blok merge berikutnya)
'Set rngAwalMerge = rngDiProses
Set rngAwalMerge = rngDiProses

'4. set ulang jumlah cell kembali ke 1 karena cell awal merge yang baru adalah cell pertama yang dimerge untuk blok merge tersebut

'jika tidak ada isinya alias kosong, maka lakukan :
'1. penambahan jumlah cell yang harus di-merge dengan 1
Else
rngAwalMerge.Resize(r + 1).Merge

End If

'sampai akhir loop, yaitu di baris Next
Next rngDiProses

'setelah selesai, lakukan merge dari cell awal merge yang ada sebanyak jumlah cell yang tercatat

'kemudian akhiri dengan memasang border dobel untuk sisi bawah (xledgebottom) dari seluruh area data yang ada
rngData.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlDouble

End Sub

------------------------------
Pada Sab, 11 Mei 2013 11:09 Waktu Terang Hari Pasifik Mr. Kid menulis:

>Sepertinya Pak Imam akhir-akhir ini sedang giat belajar VBA ya..
>gimana jika garis besar prosesnya saja dulu ya.......

Sun May 12, 2013 6:03 pm (PDT) . Posted by:

"yonikriwul" yonikriwul

Terima kasih Mr. Kid atas koreksinya....
dalam kasus ini, saya hanya sebagai operator saja sehingga penentuan nomor kode di kolom N sepenuhnya di pihak owner. mungkin beliau memberikan kode tersebut juga sekenanya (MAAF HANYA PREDIKSI SEPIHAK DARI SAYA), sehingga saya kesulitan dalam membuat history data terutama no kode faktur tersebut.
dalam hal ini saya hanya berusaha mempermudah pekerjaan saya untuk tidak mengganti format cell setiap saya akan mencetak. (BISA DIBAYANGKAN KESULITAN SAYA WAKTU ITU. SEBELUM KENAL DENGAN REKAN BE EXCEL)
Mudah mudahan rekan rekan BE-EXCEL dapat segera metemukan solusinya, dan saya akan sangat terbantu sekali.
Salam
Yoni

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> eh... saya kok masih bingung dengan kalimat ini ya :
> urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga saya
> tidak isa merumuskannya...
> *data tersebut setiap bulan selalu berubah*. *saya hanya mengganti format
> di cell kolom N*....
>
> Pertanyaannya :
> 1. Kenapa memilih mengganti custom number format nya daripada membuat
> sebuah tabel berisi 2 kolom, yaitu kolom kode dan kolom teks_faktur ?
>
> 2. Apakah keuntungan mengganti custom number format setiap id faktur dengan
> teks_faktur setiap bulan, sehingga tidak pernah dimiliki histori faktur-nya
> ?
>
> 3. Apakah tidak pernah mendaftar faktur dalam beberapa bulan yang unique
> sehingga lebih dari 250 teks faktur ?
> >> fyi, sebuah workbook dibatasi jumlah custom number format nya loh.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/5/11 yonikriwul <yonikriwul@...>
>
> > **
> >
> >
> > Terima kasih atas perhatiannya....
> > urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga saya
> > tidak isa merumuskannya...
> > data tersebut setiap bulan selalu berubah. saya hanya mengganti format di
> > cell kolom N....
> > Salam
> > Yoni
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Heri Pamungkas ( Gmail )"
> > <ghery.dharma@> wrote:
> > >
> > > Semangat pagi,
> > >
> > > Kalau dilihat dari datanya sepertinya ada Kombinasi yang unik,... Boleh
> > > tau pak/bu
> > >
> > > kombinasinya seperti apa ??
> > >
> > > misalnya di No 10. No Fakturnya 030.900-13.630310 apa cluenya .. ( 030
> > > =apa, 900 = apa, 13 = apa, 630310 = apa )
> > > agar memudahkan proses tempel2nya tanpa menggunakan formating.
> > >
> > >
> > > # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> > >
> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> > >
> > > Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> > berharga untuk Be-Exceler yang lain
> > >
> > > Salam Excell-ent
> > >
> > >
> > > On 11/05/2013 5:35, Yoni Patinasaran wrote:
> > > > Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
> > > > telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> > > > groups...
> > > > karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian,
> > > > maka saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya
> > )
> > > >
> > > > Salam Semuanya....
> > > > Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell
> > > > yang memakai fungsi Vlookup..
> > > > sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut,
> > > > tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> > > > saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung
> > > > saya print...
> > > > permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel
> > > > penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian
> > > > mengambil formatnya....
> > > > mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
> > > > ini...
> > > > sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> > > > atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
> > > >
> > > >
> > > > salam
> > > > Yoni
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

Sun May 12, 2013 7:43 pm (PDT) . Posted by:

"Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002

He...he.. Maklum, tahunya insert aja..
I think it's work Mr. Kid.
Meskipun belum saya coba, tapi saya kira saya tahu maksudnya dengan langkah-langkah itu.
Thx Mr. Kid, for your inspirations...

KR,
Juwono

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 11 Mei 2013 19:52
Judul: Re: [belajar-excel] Insert Cell bersamaan gagal


 
Oh gitu ceritanya ya.
Jadi, kalau ndak insert boleh kan ya...

Coba begini (boleh di record macro)
1. klik baris 1 (nomor barisnya Excel) -> klik kanan sebuah cell dari seluruh baris yang terblok -> Insert

2. klik A1 -> tulis nama header di baris 1 itu (tidak boleh ada kolom yang kosong alias semua diisi header)

3. klik A1 lagi -> Goto Special (tekan CTRL G -> tekan tombol Special)
4. pilih Last Cell -> tekan tombol Shift di keyboard terus menerus sambil pencet OK (pencet shift terus lalu tekan OK) -> lepaskan Shift

5. aktifkan autofilter

6. fokus di kolom A -> pencet segitiga kecil di kolom A -> pilih sort A to Z

7. fokus di kolom B -> pencet segitiga kecil di kolom B -> pilih sort A to Z

8. klik cell A2 -> Goto Special -> Last Cell -> tekan shift terus sambil pencet OK -> jaga agar yang terblok tidak hilang tanda blok nya

9. fokus di kolom C -> pencet segitiga kecil di kolom C -> hilangkan centang dari item tulisan (blank) [cari dipaling bawah dari daftar yang ada]

10. Goto Special -> visible cells only -> pencet OK -> klik kanan yang terblok -> Copy

11. klik cell dikolom B pada baris pertama yang tampak -> klik kanan -> pilih Paste

12. turn off autofilter

13. hapus baris sisa yang tidak dipakai datanya (lakukan delete entire row daripada clearcontents)

14. hapus kolom A kalau tidak dipakai (lakukan delete entire column daripada clearcontents)

15. select all (tekan CTRL A) -> klik kanan -> Name a range -> tulis nama range (misal _myData_) -> tekan OK

--- jika di record macro, stop recording disini ---

16. buat pivot table di sheet baru dengan data source adalah nama range tadi (misal tulis _myData_)

17. atur pivot table

--- jika akan record macro untuk refresh pivot table, lakukan record macro lagi disini dengan nama macro beda ---

18. klik kanan pivot table -> refresh

--- stop recording macro

Wassalam,

Kid.

2013/5/11 Juwono Radyanto Edi <juwono.re2002@yahoo.com>


>Dear Mr. Kid,
>
>Ceriteranya, data diambil dari sebuah sistem donlot ke excel, karena report yang dibutuhkan tidak bisa dibuat dalam sistem tersebut. Setelah donlot, hasilnya adalah beberapa (banyak sih, karena datanya 12 ribuan baris, kolomnya sampai kolom O) cell tidak satu kolom dengan seharusnya. Jadi yg saya insert hanyalah cell tertentu yang tempatnya acak, sehingga cell yang saya inginkan berada dalam kolom yg sama. Nah, jika sudah dalam kolom sama, maka saya akan membuat pivot tabel atau subtotal sehingga nilainya bisa ambil saya masukan ke dalam sebuah report yang sudah ada templatenya.
>Saya sudah coba untuk 300 baris, dan bisa berhasil. Tapi saya coba dengan semua baris, ternyata tidak bisa. Mungkin karena seperti yg disampaikan Mr. Kid. Biasanya, kasus seperti ini saya olah dengan cara sort, kemudian diinsert
pada cell yang saya inginkan, kemudian saya kembalikan datanya pada baris masing-masing. atau saya gunakan rumus untuk mengambil data cell. Namun sepertinya akan lebih mudah jika cara yg pertama bisa dilakukan, terutama bagi user yg tidak bisa sama sekali excel. Atau ada cara lainnya Mr. Kid yang mudah tentunya he..he... Mohon dibantu ya.Kasihan temen saya kerja manual, tiap hari waktunya habis untuk ngerjakan report itu. Berikut ini contoh file nya, saya ambil beberapa baris
>
>Thx
>Juwono RE
>
>
>
>
>
>
>________________________________
>
>

Sun May 12, 2013 10:02 pm (PDT) . Posted by:

"jonson dahrino" jonson_ringo

Dear master,
mohon bantuan kasus berikut,
saya sudah nyerah buat formulanya,
 
bonus untuk pelanggan dihitung progresif
 
 
 
 
Dikirim: Senin, 15 April 2013 15:52
Judul: Bls: [belajar-excel] If Bertingkat

 

ganti formula sebelumnya di G7 dengan =INDEX({0;1000;1500;2000;2500};MATCH(C7;{0;2790;2791;3721;5581})) copy ke bawah wassalam Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 15 April 2013 15:38
Judul: Re: [belajar-excel] If Bertingkat

 
Kalau pakai versi saya, dibutuhkan kolom bantu
Setelah itu gunakan fungsi VLOOKUP
Lebih jelasnya lihat lampiran ya, semoga seperti harapan
Wassalam,

________________________________
From: jonson dahrino <jonson_dahry@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, April 15, 2013 1:54 PM
Subject: [belajar-excel] If Bertingkat

 
Dear master excel,
mohon bantuannya,
saya bingung nih buat if kondisi untuk kasus berikut
 
kalau ada metode lainnya juga boleh
 
terimakasih dan sukses slalu
 
 

Mon May 13, 2013 3:25 am (PDT) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Dear Para Master & Be-Excel,

sambil nunggu respon problem 1, ini masih lanjutan nya..
mohon bantunnya, saya membuat filter dengan macro,,yg lain sudah bisa 
tinggal yang filter menurut Exp.date,
terimaksih sebelumnya..file terlampir

salam,
Del

________________________________
Dari: Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 12 Mei 2013 19:08
Judul: [belajar-excel] kontrol stock gudang+in_out


 
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Dear Para Master & Be_Excel tidak lupa juga Om mod'

mau ngerepotin lg nih, saya sedang membuat kontrol di gudang dengan macro excel. Saya baru membuat in dan out dan mentok di stock nya, 
yang diharapkan:
1. waktu in stock bertambah dan out berkurang yang jdi persoalan, waktu in
   jika batch+exp.date+lokasi sama maka masuk ke sheet stock yang berubah 
   hanya qty stock,tapi jika dari ke 3 itu ada yang beda dr yg sdh ada maka item
   atau baris baru muncul di sheet stock tsb.
2.bisa ga ya filter tanggal dengan macro, sperti filter material (sheet Database)
   mohon bantuannya, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih..
file terlampir...

salam,
Del
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar