Selasa, 23 September 2014

[belajar-excel] Digest Number 3104

14 Messages

Digest #3104
2a
yang paling hemat. by "lkm jktind" lkmjkt
2b
Re: yang paling hemat. by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
4a
Re: Bagaimana memperbesar karakter ? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
5
FItler by "Yudi Dwiyono"
8
Re: Membuka Excel di sheet tertentu [1 Attachment] by "Vuggfzfd jflbdhttd" attar_najwa
9b

Messages

Mon Sep 22, 2014 3:16 am (PDT) . Posted by:

mirza.fairuz

Maaf Mr, Mungkin yang Mr maksud Texbox27,
komputer saya sudah setting Region Indonesia, tapi masih belum bisa membaca nilai dibelakang koma,
di file yang saya kirimkan tadi masalahnya cuman pada textbox88 saja, kalau textbox87 alhamdulillah sudah sesuai Mr,
mohon bantuannya,
atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. . . . .


Hs,



M. Mirza

Mon Sep 22, 2014 7:48 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Ya deh textbox mana saja sama saja.
Dampak perbedaan regional setting :
> Jika regional setting komputer Indonesia, kemudian di textbox diisi
123.45 (pakai titik) lalu script menggunakan Val( textbox.text ) atau Val(
textbox.value ), hasilnya akan menjadi 123
> Jika regional setting komputer English, kemudian di textbox diisi 123,45
(pakai koma) lalu script menggunakan
Val( textbox.text ) atau Val( textbox.value ), hasilnya akan menjadi 123

Ketika regional setting dan inputan memiliki kesamaan format :
> Jika regional setting komputer Indonesia, kemudian di textbox diisi
123,45 (pakai koma) lalu script menggunakan Val( textbox.text ) atau Val(
textbox.value ), hasilnya akan menjadi 123,45
> Jika regional setting komputer English, kemudian di textbox diisi 123.45
(pakai titik) lalu script menggunakan
Val( textbox.text ) atau Val( textbox.value ), hasilnya akan menjadi 123.45

Wassalam,
Kid.

2014-09-22 20:15 GMT+10:00 mirza.fairuz@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Maaf Mr, Mungkin yang Mr maksud Texbox27,
> komputer saya sudah setting Region Indonesia, tapi masih belum bisa
> membaca nilai dibelakang koma,
> di file yang saya kirimkan tadi masalahnya cuman pada textbox88 saja,
> kalau textbox87 alhamdulillah sudah sesuai Mr,
> mohon bantuannya,
> atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. . . . .
>
>
> Hs,
>
>
>
> M. Mirza
>
>

Mon Sep 22, 2014 6:19 am (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Sekedar untuk tau saja.

Sumber file :
LK_Induk.xlsm - 15.911 kb - macro

bila di save :
LK_Induk.xlsb - 8.093 kb - macro
LK_Induk.xltm - 15.911 kb - macro
LK_Induk.xlam - 15.911 kb - macro
LK_Induk.xltx - 15.891 kb - macro
LK_Induk.xlsx - 15.911 kb - xxxx
LK_Induk.xls - 26 460 kb - macro

Sumber File :
OHLC.xlsx - 89.126 kb - xxxx

Bila di save di bawah ini :
OHLC.xlsb - 54.023 kb - xxxx
OHLC.xlsm - 89.128 kb - xxxx
OHLC.xlam - 89.128 kb - xxxx
OHLC.xltm - 89.128 kb - xxxx
OHLC.xltx - 89.128 kb - xxxx

Yang paling hemat : xlxb --- disamping itu bisa buat macro.
jenis file dengan ext xlxb -- sering saya jumpai file dari Ibu Hapsari

NB: Hasil dari coba coba . (nga tau apa bedanya ?)

Salam

Lukman

Mon Sep 22, 2014 7:05 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Excel file format :
http://office.microsoft.com/en-001/excel-help/file-formats-that-are-supported-in-excel-HP010014103.aspx

xl2007 ke atas memiliki format Open XML. Untuk file Excel yang sering
berinteraksi dengan berbagai aplikasi (bukan hanya ngobrol dengan file
Excel lain) secara timbal balik, maka format Open XML akan membuat file
Excel menjadi mudah untuk diakses.

xlsb berformat binary yang bisa dikatakan secara sederhana adalah berisi
bahasa mesin, sehingga kompresinya akan menghasilkan ukuran file yang
relatif lebih kecil dibanding format open xml. Untuk kegiatan file Excel
yang hanya berkomunikasi dengan file Excel lain dalam aplikasi Excel, maka
format binary (xlsb) akan terasa ringan karena file dikompresi menjadi
binary file. Sedangkan untuk file Excel yang sering bekerja timbal balik
dengan aplikasi selain anggota MS Office, maka akan muncul potensi
kesulitan baca dan tulis. Bahkan kadang-kadang untuk dibaca versi
sebelumnya juga mengalami kendala.

Pada format xlsx atau xlsm, pengubahan ribbon bisa dilakukan dengan notepad
dan winzip. Sedang pada xlsb, harus diubah ke xlsx atau xlsm lebih dahulu.
Jika file kerja suatu proses menggunakan banyak file Excel yang diberi
customUI (ribbon buatan sendiri), maka proses mengganti ribbon jika
dibutuhkan pengubahan akan memakan waktu.

Beberapa aplikasi viewer (termasuk aplikasi mobile) lebih nyaman membuka
xlsx atau xlsm dan tidak dapat membuka xlsb. Web server (yang bisa membantu
file Excel menjadi dapat diakses secara luas dalam jaringan berbasis
aplikasi web) juga lebih nyaman bekerja sama dengan xlsx atau xlsm
dibanding xlsb.

Jadi, kenyamanan penggunaan format open xml (xlsx atau xlsm) atau binary
(xlsb) tergantung lingkungan kerja si file Excel itu sendiri. Ukuran file
dan kecepatan buka tulis tutup adalah sebagian komponen penyusun
tercapainya kebutuhan akan fungsi file tersebut. Artinya, tidak pasti
ukuran file yang kecil dan kecepatan buka tutup yang cepat adalah yang
terbaik untuk semua kebutuhan akan file Excel.

Wassalam,
Kid.

2014-09-22 20:57 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Sekedar untuk tau saja.
>
> Sumber file :
> LK_Induk.xlsm - 15.911 kb - macro
>
> bila di save :
> LK_Induk.xlsb - 8.093 kb - macro
> LK_Induk.xltm - 15.911 kb - macro
> LK_Induk.xlam - 15.911 kb - macro
> LK_Induk.xltx - 15.891 kb - macro
> LK_Induk.xlsx - 15.911 kb - xxxx
> LK_Induk.xls - 26 460 kb - macro
>
> Sumber File :
> OHLC.xlsx - 89.126 kb - xxxx
>
> Bila di save di bawah ini :
> OHLC.xlsb - 54.023 kb - xxxx
> OHLC.xlsm - 89.128 kb - xxxx
> OHLC.xlam - 89.128 kb - xxxx
> OHLC.xltm - 89.128 kb - xxxx
> OHLC.xltx - 89.128 kb - xxxx
>
> Yang paling hemat : xlxb --- disamping itu bisa buat macro.
> jenis file dengan ext xlxb -- sering saya jumpai file dari Ibu Hapsari
>
> NB: Hasil dari coba coba . (nga tau apa bedanya ?)
>
> Salam
>
> Lukman
>
>
>
>
>

Mon Sep 22, 2014 7:09 am (PDT) . Posted by:

"Anisa Silado" anisa_silado

Dear para moderator yang hebat-hebat dan rekan-rekan di grup belajar excel yang tidak kalah super.
Untuk lampiran yang saya kirim, saya mau tanya, untuk sheet Hybrid. saya mau ngisi kolom I (Quantity On Order). kolom I mau saya isi persediaan akhir (kolom G) ditambah dengan pemesanan yang belum masuk ke kolom Kedatangan (kolom C). misal, pada cell J16 dilakukan pemesanan sebanyak x, dengan lead time 2 (akan datang 2 hari setelahnya), lalu J17 ada pesanan lg sebanyak Y dengan lead time 2, maka pada row 18 kedua pesanan tersebut belum datang. jadi untuk mengisi kolom I18 saya menginginkan hasilnya adalah persediaan akhir (G18) ditambah jumlah pemesanan pada cell J16 dan J17 yang besarnya adalah X dan Y. sedangkan untuk I19, karena barang pemesanan pada J16 sudah datang, maka jumlah tersebut tidak masuk pada I19 (jadi hanya berisi G19+J17.
kira2 seperti itu yang saya butuhkan.
terima kasih atas bantuannya..


Regard


Anisa


Mon Sep 22, 2014 8:07 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Cell i16 :
=G16+SUMPRODUCT((L$15:L15+A$15:A15>=A16)*J$15:J15)

Wassalam,
Kid.

2014-09-22 22:32 GMT+10:00 Anisa Silado anisa_silado@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear para moderator yang hebat-hebat dan rekan-rekan di grup belajar excel
> yang tidak kalah super.
> Untuk lampiran yang saya kirim, saya mau tanya, untuk sheet Hybrid. saya
> mau ngisi kolom I (Quantity On Order). kolom I mau saya isi persediaan
> akhir (kolom G) ditambah dengan pemesanan yang belum masuk ke kolom
> Kedatangan (kolom C). misal, pada cell J16 dilakukan pemesanan sebanyak x,
> dengan lead time 2 (akan datang 2 hari setelahnya), lalu J17 ada pesanan lg
> sebanyak Y dengan lead time 2, maka pada row 18 kedua pesanan tersebut
> belum datang. jadi untuk mengisi kolom I18 saya menginginkan hasilnya
> adalah persediaan akhir (G18) ditambah jumlah pemesanan pada cell J16 dan
> J17 yang besarnya adalah X dan Y. sedangkan untuk I19, karena barang
> pemesanan pada J16 sudah datang, maka jumlah tersebut tidak masuk pada I19
> (jadi hanya berisi G19+J17.
> kira2 seperti itu yang saya butuhkan.
> terima kasih atas bantuannya..
>
> Regard
>
> Anisa
>
>
>

Mon Sep 22, 2014 7:41 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pada OS WIndows 64 bit dengan Office 2010 64 bit, maka letakkan file
book.xltx di folder :
C:\Program Files\Microsoft Office\Office14\XLSTART
Semua file xltx yang ada di folder Templates bisa dihapus jika tidak
diperlukan untuk kegiatan sehari-hari.

Jadi, lokasi penyimpanan (nama folder di windows explorer) merujuk ke
lokasi yang sesuai dengan bit MS Office yang ter-install, bukan save as 32
bit atau save as 64 bit.

Contoh :
Gambar berikut adalah contoh OS WIndows 64 bit dengan Office 2007 32 bit
(belum ada yang 64 bit), maka file book.xltx diletakkan di folder :
C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office12\XLSTART


Pada gambar, pada folder Templates (sisi bawah) hanya ada 1 buah file
template bawaan dari MS Office saat proses install dulu.
Excel sudah di-set dengan font size 24 (kanan atas) dan tampak bahwa font
size formula bar lebih besar dibanding workbook yang terbuka (book1).

Ketika membuat workbook baru dengan menekan CTRL N, workbook baru akan
muncul (book2) dengan pengaturan si workbook sepenuhnya seperti pengaturan
dalam book.xltx yang ada di folder XLSTART (gambar bawah).


Wassalam,
Kid.

2014-09-22 19:53 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Pak Kid.
>
> Komputer pakai window 7 - 64 bit --- dan Office 2010 64 bit .
> Program files
> C:\Program Files\Microsoft Office\Office14\XLSTART
> C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office14
>
> Awalnya saya save di my documen --- ada 7 file --- tapi tersisa 1 saja di
> my documen .
> Baru saya temukan sisanya : ternyata di simpan : di
> C:\Users\lkm\AppData\Roaming\Microsoft\Templates -----> ada 6 file
>
> selanjutnya saya save -- di drive D : < tanpa pakai folder > --->
> disini 6 file
> < Biasanya kalau disave --- tempat yg akan disimpan = tempat terakhir yg
> digunakan.
> tapi yg ini kalau nga diatur akan lari ke drive C >
>
> Kalau pakai excel : 64 bit --- > lalu save file dengan 32 bit --- saya
> belum tau caranya .
>
> Untuk file dari bapak . telah di tempatkan : di my documen dengan
> folder tes Font.
>
> Excel font size nya : 24 saat ini
>
> Lalu di buka file dari pak Kid . ---- hasilnya font.size : 12 dan
> font.name Segoe UI.
>
> saat saya buka 8 file --- 1 file dari pak kid dan 6 file dari
> C:\Users\lkm\AppData\Roaming\Microsoft\Templates -----> ada 6 file
> dan 1 file dari file Lk_Induk.Xlsm ---- yg ini dengan font size 8
>
> lalu saya bandingkan . dengan view --- Arrange all --- vertical
>
> Hasil nya normal . ----> tidak ada perubahan. ditampilkan seperti saat
> save yg paling akhir.
> yg lebih meyakinkan : cara kedua : kalau font . size ---> semakin
> besar ----> maka rows - hight ---> juga semakin besar --- tapi column
> width --- nga berbeda jauh +/- 8
> < tanpa di ubah ya >
>
>
>
> Itu saja
>
>
> Salam
>
> Lukman
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2014-09-22 15:23 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Oh lupa, save as nya ke folder
>> office 64bit di Windows 64bit atau Office 32bit di Windows 32bit
>> C:\Program Files\Microsoft Office\OfficeNN\XLSTART
>>
>> office 32Bit di Windows 64bit
>> C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\OfficeNN\XLSTART
>>
>> NN adalah versi Excel, yaitu :
>> 11 -> xl2003
>> 12 -> xl2007
>> 14 -> xl2010
>> 15 -> xl2013
>>
>> Atau atur saja Excel-nya melalui general options agar font sizenya besar,
>> lalu unduh file terlampir dan simpan ke folder di atas.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-22 18:15 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Pak. Kid
>>>
>>> Saya lakukan 3 kali : dengan font size : 10 , 18 , 24
>>> masing masing -- di simpan di exFont=10.xlt , ex Font=10=.xltx,
>>> exFont=18.xlt , exFont=18=.xltx,
>>> exFont=24.xlt, exFont=24=.xltx
>>>
>>> Kemudian font size nya di set = 20 ---> dibuka 6 file itu .
>>> Kemudian font size nya di set = 10 ---> dibuka 6 file itu .
>>>
>>> Hasilnya sama --- di cells nya nga berubah . -----> hasilnya seperti
>>> saat terakhir file tersebut disimpan. (Save)
>>> Hanya nama file nya berubah :
>>> Semula menjadi
>>> exFont=10=.xltx exFont=10=1
>>> exFont=10.xlt exFont=101 (Compatibility model) (atau
>>> terbalik ya)
>>>
>>> mengunakan excel versi 2010 - 64 bit
>>>
>>>
>>> Sayang gambarnya tidak bisa dikirim (394 Kb) === padahal sudah jpeg
>>> di winrar = 286 Kb
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-22 12:59 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Oh gitu...
>>>
>>> Bagaimana kalau pakai Excel Template.
>>> 1. atur tampilan General Option dalam Excel agar kembali ke font size 12
>>> atau 11 bebas lah, tutup semua Excel
>>> 2. buka Excel dengan workbook kosong
>>> 3. lakukan save as -> pilih save as type nya adalah Excel Template
>>> (.xltx atau xlt di xl2003) -> beri nama book agar nanti tersimpan menjadi
>>> book.xltx -> tutup semua Excel
>>> 4. buka excel kosongan -> atur general options agar font size menjadi 24
>>> atau 36 sekalian -> tutup semua Excel
>>> 5. buka Excel kosongan
>>>
>>> Syarat dan ketentuan, kalau buat workbook baru, selalu gunakan CTRL N
>>> dan *jangan *menggunakan menu File New Blank workbook.
>>>
>>> ;)
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-22 15:24 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Pak Kid.
>>>
>>> Ada beberapa kesalahan yang saya lakukan .
>>>
>>> 1. soal setiingan di General option . sudah di ubah beberapa kali .
>>> disetting size antara 10 atau 11.
>>> setalah itu dilihat hasil nya = nga ada perubahan . ---
>>> kemudian di coba di close excel . sampai di shut down windownya.
>>> saat itu, ternyata tidak terlihat perbedaannya. (walaupun
>>> sebenarnya sudah berbeda )
>>> ternyata saya mengunakan worksheet --- biasa hanya untuk percobaan
>>> . font.size =11
>>> yg font. size = 11 . < seandainya saya gunakan , work sheet yg
>>> terisi dengan font.size = 8 ----
>>> pasti jelas terlihat perbedaannya.
>>>
>>> 2. komputer yang biasa digunakan ini , menggunakan dual monitor ---- yg
>>> berakibat jarak ke monitor harus lebih jauh .
>>> sedangkan bila mengunakan komputer yang lain . masalah itu . tidak
>>> ada .
>>> inilah resikonya mengunakan dual monitor .
>>>
>>> 3. karena di komputer ini sering membuat workbook baru --- yg defalt
>>> dari font.size = 11 --- di rasakan besar --- jadi
>>> settingan di general option itu saya rubah . ( dengan pertimbangan
>>> --- dari pada setiap kali membuat workbook baru .
>>> font.size nya di rubah lagi .
>>> ---------> yang saya tidak menyadari --- kalau itu di rubah ---
>>> juga akan merubah font size dari formula bar.
>>>
>>> 4. Seharusnya saya bertanya : bukan font size : --- hanya untuk
>>> merubah size dari work book yg baru .
>>> sudah tentu jawabannya : jawaban dari bapak . dengan merubah
>>> option general, itu bukan hanya merubah font. size -untuk work sheet
>>> tapi juga akan merubah font.size dari formula bar.
>>>
>>>
>>> Karena tidak pandai bertanya .
>>>
>>> Sekalai lagi , terima kasih . (telah banyak merepotkan bapak)
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-22 7:59 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> Oh jadi mencoba langsung dengan hasil analisis pribadi setelah mendapat
>>> informasi tambahan dari milis to... OK.
>>> hehehe... ternyata...
>>> ndak mencoba 100% persis informasi dari milis dulu ya, lalu hasil uji
>>> coba 100% persen itu dianalisa dan kemudian disintesa menjadi satu proses
>>> baru hasil olah pribadi. Kadang kala, cara mencoba 100% dulu ini
>>> menghasilkan suatu proses baru hasilolah pikir pribadi (pengembangan dan
>>> penyesuaian) yang lebih cepat.
>>>
>>> ya wis lah kalo dah berhasil.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2014-09-21 22:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Pak Kid .
>>>
>>> Sudah bisa . Terima kasih.
>>>
>>> ternyata sebelumnya. saya bingung dengan kata : When creating new
>>> workbooks .
>>>
>>> yang saya bayangkan hanya untuk new workbook saja .
>>>
>>> Ternyata : Size dari formula maupun font dari formula nya ---di
>>> settingn disini. termasuk workbook yg baru.
>>>
>>> dan selanjutnya untuk font dan size dari work sheet - yang baru --
>>> di ubah lagi .
>>>
>>> sekali lagi , terima kasih . yg telah merepotkan bapak dengan mengirim
>>> gambarnya.
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-20 21:18 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Untuk font size di formula bar, berikut petunjuk di email yang lalu :
>>> Coba ke Excel Options -> page Popular -> lihat bagian 'when creating new
>>> workbook' gitu -> item Font Size -> pilih yang dirasa sesuai.
>>>
>>> Untuk membuat formula bisa tampak utuh di cell saat di-edit, berikut
>>> petunjuk di email yang lalu :
>>> Coba ke Excel Options -> page Advanced -> bagian Editing options ->
>>> centang Allow editing direct in cell atau semacamnya lah -> OK
>>>
>>> :)
>>> semua petunjuk sudah ada di 2 bijik posting saya yang kemarin. jika
>>> belum berhasil, biasanya karena kurang sabar saja mengikuti langkah
>>> selanjutnya yang diberikan Excel, seperti Excel memberitahu bahwa efeknya
>>> akan tampak kalo semua Excel sudah ditutup lalu dibuka kembali.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-20 21:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Pak Kid .
>>>
>>> Benar seperti gambar di email bapak.
>>>
>>> font --dari fx sudah bisa di perbesar ?
>>> terlihat tulisan sumproduct lebih tinggi dari Home yg paling atas.
>>> -----------> benar itu yg saya cari .
>>>
>>>
>>> di Komputer : tidak bisa berubah. ?
>>>
>>> Padahal excel option : Advanced aption : terutama Editing Options.
>>> sudah di rubah rubah . nga bisa juga.
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-20 17:06 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Jadi, bingung, pengennya seperti apa sih ?
>>> Seperti gambar ini gak ?
>>>
>>>
>>>
>>> Kedua setting Excel Options pada email yang lalu bisa menghasilkan
>>> demikian.
>>> Pada gambar, tampak :
>>> 1. seluruh bunyi formula di formula bar bisa tampak utuh. Jika belum
>>> tampak utuh karena ruang formula bar tidak mencukupi (wajar kan kalau font
>>> size besar tapi ruang kecil maka tidak dapat terlihat semua), maka pencet
>>> tanda panah wrap yang ada disisi kanan formula bar.
>>> 2. karakter di formula bar menggunakan karakter dengan font size yang
>>> cukup besar.
>>> 3. formula di cell F2 bisa tampak utuh seluruhnya, walau ada nilai
>>> dicell G2
>>> 4. font size formula di sebuah cell tergantung font size yang diatur
>>> user pada cell tersebut. Cell F2 memiliki font size 10.
>>> 5. formula bisa diedit langsung dicell tersebut (lihat vertikal bar
>>> tanda cursor saat mengedit formula di cell F2)
>>>
>>> Andai bukan demikian yang diharapkan, coba jabarkan secara detil
>>> disertai gambar buatan sendiri tentang keinginan tersebut. Mungkin dengan
>>> begitu, bisa atau tidaknya (termasuk langkah pengaturannya andaikan bisa)
>>> akan bisa lebih tepat.
>>>
>>> Pengaturan melalui windows biasanya akan mengubah seluruh environment
>>> aplikasi yang akan di-run di windows tersebut. Font size default untuk
>>> comment yang biasanya diatur melalui pengaturan font size pada active text
>>> menu di windows.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-19 20:34 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Pak Kid .
>>>
>>> Di Excel option ----> advance option ---- di kolom ini yg belum di
>>> centang hanya 2.
>>> 1. Automatic decimal --- memang mau nya di bilangan bulat
>>> 2. Zoom on roll --dengan mouse.
>>> yg paling bawah -- pilihan --- di logical.
>>>
>>> rasanya perbatasannya -- di kolom A (nama column) ---kebawah wewenang
>>> excel
>>> sedangkan dari kolom > keatas --- huruf (kolom ) ---- itu wewenang
>>> nya windows.
>>>
>>> cuma cara merubah settingan dari window -- belum tau ?
>>>
>>> Salam
>>>
>>>
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-19 15:48 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Coba ke Excel Options -> page Advanced -> bagian Editing options ->
>>> centang Allow editing direct in cell atau semacamnya lah -> OK
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2014-09-19 18:23 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Pak kid.
>>> seperti digambar yg saya maksudkan
>>>
>>> digambar itu : sudah diposisi 130 % dari normal
>>> tapi yg membersar hanya yg terletak di cell nya saja .
>>>
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-19 14:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Pak Lukman,
>>>
>>> Coba ke Excel Options -> page Popular -> lihat bagian 'when creating new
>>> workbook' gitu -> item Font Size -> pilih yang dirasa sesuai.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-19 14:11 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>> Saya bermaksud memperbesar tampilan karakter di kolom fx -----dimana
>>> digunakan untuk membuat formula. /rumus.
>>>
>>> Tanpa merubah resolusi dari komputernya
>>> resolusi yg digunakan saat ini : 1680 X 1050.
>>>
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman.
>>>
>>>
>>> NB : sering salah tulis rumus . mungkin karakternya kecil .
>>> jadi dipindahkan ke notepad --- baru disini di perbesar hurufnya.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Mon Sep 22, 2014 5:15 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Pak Kid.

C:\Program Files\Microsoft Office\Office14\XLSTART disini . awalnya tidak
ada (kosong)
sudah saya copy file kiriman dari bapak.

Dari penjelasan bapak . yg saya tangkap --- selanjutnya bila saya membuat
file baru . akan sesuai dengan template yg tadi di copy.
apabila menekan -- dengan cara menekan tombol Ctrl + N

tapi bila bikin nya dengan file ---> new -----> akan sesuai dengan
settingan dari office. ---- yg ini size formula bar = size dari option new
workbook.

seandainya di kemudian hari --- font name nya hendak saya ganti ----
tinggal ganti saja template nya .

Terima kasih.

Salam

Lukman

2014-09-22 21:41 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Pada OS WIndows 64 bit dengan Office 2010 64 bit, maka letakkan file
> book.xltx di folder :
> C:\Program Files\Microsoft Office\Office14\XLSTART
> Semua file xltx yang ada di folder Templates bisa dihapus jika tidak
> diperlukan untuk kegiatan sehari-hari.
>
> Jadi, lokasi penyimpanan (nama folder di windows explorer) merujuk ke
> lokasi yang sesuai dengan bit MS Office yang ter-install, bukan save as 32
> bit atau save as 64 bit.
>
> Contoh :
> Gambar berikut adalah contoh OS WIndows 64 bit dengan Office 2007 32 bit
> (belum ada yang 64 bit), maka file book.xltx diletakkan di folder :
> C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office12\XLSTART
>
>
> Pada gambar, pada folder Templates (sisi bawah) hanya ada 1 buah file
> template bawaan dari MS Office saat proses install dulu.
> Excel sudah di-set dengan font size 24 (kanan atas) dan tampak bahwa font
> size formula bar lebih besar dibanding workbook yang terbuka (book1).
>
> Ketika membuat workbook baru dengan menekan CTRL N, workbook baru akan
> muncul (book2) dengan pengaturan si workbook sepenuhnya seperti pengaturan
> dalam book.xltx yang ada di folder XLSTART (gambar bawah).
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2014-09-22 19:53 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Pak Kid.
>>
>> Komputer pakai window 7 - 64 bit --- dan Office 2010 64 bit .
>> Program files
>> C:\Program Files\Microsoft Office\Office14\XLSTART
>> C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office14
>>
>> Awalnya saya save di my documen --- ada 7 file --- tapi tersisa 1 saja
>> di my documen .
>> Baru saya temukan sisanya : ternyata di simpan : di
>> C:\Users\lkm\AppData\Roaming\Microsoft\Templates -----> ada 6 file
>>
>> selanjutnya saya save -- di drive D : < tanpa pakai folder > --->
>> disini 6 file
>> < Biasanya kalau disave --- tempat yg akan disimpan = tempat terakhir
>> yg digunakan.
>> tapi yg ini kalau nga diatur akan lari ke drive C >
>>
>> Kalau pakai excel : 64 bit --- > lalu save file dengan 32 bit --- saya
>> belum tau caranya .
>>
>> Untuk file dari bapak . telah di tempatkan : di my documen dengan
>> folder tes Font.
>>
>> Excel font size nya : 24 saat ini
>>
>> Lalu di buka file dari pak Kid . ---- hasilnya font.size : 12 dan
>> font.name Segoe UI.
>>
>> saat saya buka 8 file --- 1 file dari pak kid dan 6 file dari
>> C:\Users\lkm\AppData\Roaming\Microsoft\Templates -----> ada 6 file
>> dan 1 file dari file Lk_Induk.Xlsm ---- yg ini dengan font size 8
>>
>> lalu saya bandingkan . dengan view --- Arrange all --- vertical
>>
>> Hasil nya normal . ----> tidak ada perubahan. ditampilkan seperti saat
>> save yg paling akhir.
>> yg lebih meyakinkan : cara kedua : kalau font . size ---> semakin
>> besar ----> maka rows - hight ---> juga semakin besar --- tapi column
>> width --- nga berbeda jauh +/- 8
>> < tanpa di ubah ya >
>>
>>
>>
>> Itu saja
>>
>>
>> Salam
>>
>> Lukman
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-22 15:23 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> Oh lupa, save as nya ke folder
>>> office 64bit di Windows 64bit atau Office 32bit di Windows 32bit
>>> C:\Program Files\Microsoft Office\OfficeNN\XLSTART
>>>
>>> office 32Bit di Windows 64bit
>>> C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\OfficeNN\XLSTART
>>>
>>> NN adalah versi Excel, yaitu :
>>> 11 -> xl2003
>>> 12 -> xl2007
>>> 14 -> xl2010
>>> 15 -> xl2013
>>>
>>> Atau atur saja Excel-nya melalui general options agar font sizenya
>>> besar, lalu unduh file terlampir dan simpan ke folder di atas.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-22 18:15 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak. Kid
>>>>
>>>> Saya lakukan 3 kali : dengan font size : 10 , 18 , 24
>>>> masing masing -- di simpan di exFont=10.xlt , ex Font=10=.xltx,
>>>> exFont=18.xlt , exFont=18=.xltx,
>>>> exFont=24.xlt, exFont=24=.xltx
>>>>
>>>> Kemudian font size nya di set = 20 ---> dibuka 6 file itu .
>>>> Kemudian font size nya di set = 10 ---> dibuka 6 file itu .
>>>>
>>>> Hasilnya sama --- di cells nya nga berubah . -----> hasilnya seperti
>>>> saat terakhir file tersebut disimpan. (Save)
>>>> Hanya nama file nya berubah :
>>>> Semula menjadi
>>>> exFont=10=.xltx exFont=10=1
>>>> exFont=10.xlt exFont=101 (Compatibility model) (atau
>>>> terbalik ya)
>>>>
>>>> mengunakan excel versi 2010 - 64 bit
>>>>
>>>>
>>>> Sayang gambarnya tidak bisa dikirim (394 Kb) === padahal sudah jpeg
>>>> di winrar = 286 Kb
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-22 12:59 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Oh gitu...
>>>>
>>>> Bagaimana kalau pakai Excel Template.
>>>> 1. atur tampilan General Option dalam Excel agar kembali ke font size
>>>> 12 atau 11 bebas lah, tutup semua Excel
>>>> 2. buka Excel dengan workbook kosong
>>>> 3. lakukan save as -> pilih save as type nya adalah Excel Template
>>>> (.xltx atau xlt di xl2003) -> beri nama book agar nanti tersimpan menjadi
>>>> book.xltx -> tutup semua Excel
>>>> 4. buka excel kosongan -> atur general options agar font size menjadi
>>>> 24 atau 36 sekalian -> tutup semua Excel
>>>> 5. buka Excel kosongan
>>>>
>>>> Syarat dan ketentuan, kalau buat workbook baru, selalu gunakan CTRL N
>>>> dan *jangan *menggunakan menu File New Blank workbook.
>>>>
>>>> ;)
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-22 15:24 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Kid.
>>>>
>>>> Ada beberapa kesalahan yang saya lakukan .
>>>>
>>>> 1. soal setiingan di General option . sudah di ubah beberapa kali .
>>>> disetting size antara 10 atau 11.
>>>> setalah itu dilihat hasil nya = nga ada perubahan . ---
>>>> kemudian di coba di close excel . sampai di shut down windownya.
>>>> saat itu, ternyata tidak terlihat perbedaannya. (walaupun
>>>> sebenarnya sudah berbeda )
>>>> ternyata saya mengunakan worksheet --- biasa hanya untuk percobaan
>>>> . font.size =11
>>>> yg font. size = 11 . < seandainya saya gunakan , work sheet yg
>>>> terisi dengan font.size = 8 ----
>>>> pasti jelas terlihat perbedaannya.
>>>>
>>>> 2. komputer yang biasa digunakan ini , menggunakan dual monitor ----
>>>> yg berakibat jarak ke monitor harus lebih jauh .
>>>> sedangkan bila mengunakan komputer yang lain . masalah itu .
>>>> tidak ada .
>>>> inilah resikonya mengunakan dual monitor .
>>>>
>>>> 3. karena di komputer ini sering membuat workbook baru --- yg defalt
>>>> dari font.size = 11 --- di rasakan besar --- jadi
>>>> settingan di general option itu saya rubah . ( dengan
>>>> pertimbangan --- dari pada setiap kali membuat workbook baru .
>>>> font.size nya di rubah lagi .
>>>> ---------> yang saya tidak menyadari --- kalau itu di rubah ---
>>>> juga akan merubah font size dari formula bar.
>>>>
>>>> 4. Seharusnya saya bertanya : bukan font size : --- hanya untuk
>>>> merubah size dari work book yg baru .
>>>> sudah tentu jawabannya : jawaban dari bapak . dengan merubah
>>>> option general, itu bukan hanya merubah font. size -untuk work sheet
>>>> tapi juga akan merubah font.size dari formula bar.
>>>>
>>>>
>>>> Karena tidak pandai bertanya .
>>>>
>>>> Sekalai lagi , terima kasih . (telah banyak merepotkan bapak)
>>>>
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-22 7:59 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Oh jadi mencoba langsung dengan hasil analisis pribadi setelah mendapat
>>>> informasi tambahan dari milis to... OK.
>>>> hehehe... ternyata...
>>>> ndak mencoba 100% persis informasi dari milis dulu ya, lalu hasil uji
>>>> coba 100% persen itu dianalisa dan kemudian disintesa menjadi satu proses
>>>> baru hasil olah pribadi. Kadang kala, cara mencoba 100% dulu ini
>>>> menghasilkan suatu proses baru hasilolah pikir pribadi (pengembangan dan
>>>> penyesuaian) yang lebih cepat.
>>>>
>>>> ya wis lah kalo dah berhasil.
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-21 22:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Kid .
>>>>
>>>> Sudah bisa . Terima kasih.
>>>>
>>>> ternyata sebelumnya. saya bingung dengan kata : When creating new
>>>> workbooks .
>>>>
>>>> yang saya bayangkan hanya untuk new workbook saja .
>>>>
>>>> Ternyata : Size dari formula maupun font dari formula nya ---di
>>>> settingn disini. termasuk workbook yg baru.
>>>>
>>>> dan selanjutnya untuk font dan size dari work sheet - yang baru --
>>>> di ubah lagi .
>>>>
>>>> sekali lagi , terima kasih . yg telah merepotkan bapak dengan mengirim
>>>> gambarnya.
>>>>
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-20 21:18 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Untuk font size di formula bar, berikut petunjuk di email yang lalu :
>>>> Coba ke Excel Options -> page Popular -> lihat bagian 'when creating
>>>> new workbook' gitu -> item Font Size -> pilih yang dirasa sesuai.
>>>>
>>>> Untuk membuat formula bisa tampak utuh di cell saat di-edit, berikut
>>>> petunjuk di email yang lalu :
>>>> Coba ke Excel Options -> page Advanced -> bagian Editing options ->
>>>> centang Allow editing direct in cell atau semacamnya lah -> OK
>>>>
>>>> :)
>>>> semua petunjuk sudah ada di 2 bijik posting saya yang kemarin. jika
>>>> belum berhasil, biasanya karena kurang sabar saja mengikuti langkah
>>>> selanjutnya yang diberikan Excel, seperti Excel memberitahu bahwa efeknya
>>>> akan tampak kalo semua Excel sudah ditutup lalu dibuka kembali.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-20 21:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Kid .
>>>>
>>>> Benar seperti gambar di email bapak.
>>>>
>>>> font --dari fx sudah bisa di perbesar ?
>>>> terlihat tulisan sumproduct lebih tinggi dari Home yg paling atas.
>>>> -----------> benar itu yg saya cari .
>>>>
>>>>
>>>> di Komputer : tidak bisa berubah. ?
>>>>
>>>> Padahal excel option : Advanced aption : terutama Editing Options.
>>>> sudah di rubah rubah . nga bisa juga.
>>>>
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-20 17:06 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Jadi, bingung, pengennya seperti apa sih ?
>>>> Seperti gambar ini gak ?
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Kedua setting Excel Options pada email yang lalu bisa menghasilkan
>>>> demikian.
>>>> Pada gambar, tampak :
>>>> 1. seluruh bunyi formula di formula bar bisa tampak utuh. Jika belum
>>>> tampak utuh karena ruang formula bar tidak mencukupi (wajar kan kalau font
>>>> size besar tapi ruang kecil maka tidak dapat terlihat semua), maka pencet
>>>> tanda panah wrap yang ada disisi kanan formula bar.
>>>> 2. karakter di formula bar menggunakan karakter dengan font size yang
>>>> cukup besar.
>>>> 3. formula di cell F2 bisa tampak utuh seluruhnya, walau ada nilai
>>>> dicell G2
>>>> 4. font size formula di sebuah cell tergantung font size yang diatur
>>>> user pada cell tersebut. Cell F2 memiliki font size 10.
>>>> 5. formula bisa diedit langsung dicell tersebut (lihat vertikal bar
>>>> tanda cursor saat mengedit formula di cell F2)
>>>>
>>>> Andai bukan demikian yang diharapkan, coba jabarkan secara detil
>>>> disertai gambar buatan sendiri tentang keinginan tersebut. Mungkin dengan
>>>> begitu, bisa atau tidaknya (termasuk langkah pengaturannya andaikan bisa)
>>>> akan bisa lebih tepat.
>>>>
>>>> Pengaturan melalui windows biasanya akan mengubah seluruh environment
>>>> aplikasi yang akan di-run di windows tersebut. Font size default untuk
>>>> comment yang biasanya diatur melalui pengaturan font size pada active text
>>>> menu di windows.
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-19 20:34 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Kid .
>>>>
>>>> Di Excel option ----> advance option ---- di kolom ini yg belum di
>>>> centang hanya 2.
>>>> 1. Automatic decimal --- memang mau nya di bilangan bulat
>>>> 2. Zoom on roll --dengan mouse.
>>>> yg paling bawah -- pilihan --- di logical.
>>>>
>>>> rasanya perbatasannya -- di kolom A (nama column) ---kebawah
>>>> wewenang excel
>>>> sedangkan dari kolom > keatas --- huruf (kolom ) ---- itu wewenang
>>>> nya windows.
>>>>
>>>> cuma cara merubah settingan dari window -- belum tau ?
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-19 15:48 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Coba ke Excel Options -> page Advanced -> bagian Editing options ->
>>>> centang Allow editing direct in cell atau semacamnya lah -> OK
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-19 18:23 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak kid.
>>>> seperti digambar yg saya maksudkan
>>>>
>>>> digambar itu : sudah diposisi 130 % dari normal
>>>> tapi yg membersar hanya yg terletak di cell nya saja .
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-19 14:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Lukman,
>>>>
>>>> Coba ke Excel Options -> page Popular -> lihat bagian 'when creating
>>>> new workbook' gitu -> item Font Size -> pilih yang dirasa sesuai.
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-19 14:11 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Saya bermaksud memperbesar tampilan karakter di kolom fx -----dimana
>>>> digunakan untuk membuat formula. /rumus.
>>>>
>>>> Tanpa merubah resolusi dari komputernya
>>>> resolusi yg digunakan saat ini : 1680 X 1050.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>> Lukman.
>>>>
>>>>
>>>> NB : sering salah tulis rumus . mungkin karakternya kecil .
>>>> jadi dipindahkan ke notepad --- baru disini di perbesar hurufnya.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Mon Sep 22, 2014 10:40 pm (PDT) . Posted by:

"Yudi Dwiyono"

Dear Master Excel,

Bagaimana langkah membuat filter terlampir.
Thanks.

Regards,
Yudi

Mon Sep 22, 2014 10:41 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

sudah bisa

Ctrl + q --- untuk bikin header
Ctrl + r --- untuk isi datanya

Salam

Lukman

Mon Sep 22, 2014 11:02 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Email ini sudah sebulan lebih.

Apakah bu emillestari masih membutuhkan ?
(bila saya buatkan macronya )

Salam

Lukman

maaf : baru baca .

2014-08-20 11:45 GMT+07:00 Emi emilestariklcc@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Guru dan teman BeExcel,
> Saya ada raw data seperti di kolum A.
> Hasil yang saya harapkan adalah sebuah table yang menunjukkan status secara
> lebih jelas di setiap kolom tanggal.
> Sekiaranya status "P" output nya adalah "/"
> jika blank (tidak ditulis apa apa) outputnya "0", jika H atau X tetap
> sama.
> Terima kasih
> -Emi Lestari
>
>
>

Mon Sep 22, 2014 11:37 pm (PDT) . Posted by:

"Vuggfzfd jflbdhttd" attar_najwa

Terima kasih semuanya sangat membantu

-----Original Message-----
From: SUYONO reza.suyono@lge.com [belajar-excel]
Sent: 17/09/2014 17:03
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Membuka Excel di sheet tertentu [1 Attachment]

Assalamualaikum attar_najwa

Coba pake ini

Public NmSheet As String

Private Sub Workbook_Open()

NmSheet = Sheets("Sheet1").Range("A2").Value

Sheets(NmSheet).Select

End Sub

Salam

Suyono

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Wednesday, September 17, 2014 1:19 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Membuka Excel di sheet tertentu

Assalamualaikum, saya pemula dan baru gabung mohon pencerahan pada para guru bagaimana mengatur agar file excel yang kita buka selalu di sheet yang kita tentukan. terima kasih

[The entire original message is not included.]

Tue Sep 23, 2014 12:04 am (PDT) . Posted by:

"ketut budiasa"

Dear Pak Hendrik,

Mohon maaf sekali saya agak bingung dengan beberapa penjelasannya, termasuk tujuan dari penjelasan yang disampaikan pak Lukman.

Berikut saya kirimkan file yang kira2 bisa mewakili keinginan saya sebelumnya.

Karena kalau saya menggunakan macro yang bepak berikan sebelumnya masih belum bisa jalan.

regards
yudix.

On Saturday, 20 September 2014, 1:28, "ketut budiasa yudix_ketut@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear All Master,

Ternyata atensinya besar sekali atas kasus saya, terima kasih banyak atas bantuannya semua.
Karena ada salah account email saya balasan sebelumnya ternyata masuk ke account di HP, jadi mohon maaf baru bisa saya balas.

Untuk kasus ini sesuai dengan penjelasan Pak Lukman, seperti itu lah yang saya harapkan, karena data yang dipindahkan ke sheet yang baru akan kita pergunakan untuk Mail Merge.
Sementara Data Awal yang berada di Sheet "DATA" akan terus di kurangi seiring perpindahan data tersebut ke sheet yang baru.

berikut saya sertakan filenya. yang saya isikan Text Box untuk memasukkan keyword yang diinginkan, serta Button untuk melakukan proses pemindahan nya.

Atas bantuan dan perhatiannya semua saya sampaikan banyak terima kasih

On Friday, 19 September 2014, 18:56, "lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel]" wrote:


Pak Hendrik .

Keinginan pak Yudix

adalah :
Dengan menggunakan Keyword di kolom alamat, data yang muncul otomatis dipindah di sheet 1, dan
otomatis sheet 1 diganti namanya menjadi keyword yang dimasukkan tadi
Contoh,
-Di kolom alamat kita masukkan kata "
Panji" semua data yang berisi kata "Panji" pada kolom alamatnya
di pindah(bukan di Copy ) ke sheet "Panji"
-
Jika kita masukkan keyword "Kayuputih&quot; maka sama seperti di atas, hasilnya di pindahkan ke sheet "Kayuputih&quot;
-
begitu seterusnya.
*Terima
kasih*

Sedangkan saya sendiri pun . sedang membutuhkan . --- misal nya di sheet 1 --- ini sebagai input data saja . (input data harian) -----> setelah di macrokan ---- data di sheet1 -- tinggal heardernya saja.

setelah di rasakan benar ---- maka akan di pindahkan ke worksheet / workbook lainnnya. (Jumbo file)

---> jumbo file akan saya protect -- > yg nga bisa di lakukan di jumbo file : menambah / mengurangi / merubah nilai data .

Salam

Lukman.

Tue Sep 23, 2014 1:48 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Yudix,

Coba buka kembali file yang saya lampirkan sebelumnya.
Jika anda menggunakan Excel 2007 ke atas, sheetnya harus di "Enable Editing" dulu agar data bisa diedit dan macronya harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum tombol "PROSES" diklik.

Macro itu saya design untuk sekali proses setiap nama desa, dengan asumsi setiap nama desa yang diketik pasti sdh ada
Jika nama DS. "Panji" kemudian diproses lagi maka akan muncul pesan error karena nama Sheet sdh ada, selain itu posisi data awal juga akan berbeda (tidak berada di bawah header melainkan berada pada baris kosong pertama setelah data terakhir_.
Jika nama desa yang diketik tidak ada maka akan tetap dibuatkan Sheet baru (kosong).

Jadi beberapa hal yang harus dilakukan/dipertimbangkan atau diputuskan terlebih dahulu adalah:
- Enable Editing sheet yang besangkutan
- Aktifkan Macro
- Ketik nama desa hanya yang sdh ada (jika diinginkan, bisa dibuat PESAN jika nama Desa yang diketik tidak ada)
- Apakah setiap nama Desa hanya diproses 1 x atau bisa bebera kali.

Pertanyaan tsb harus dijawab terlebih dahulu agar macronya bisa lebih sesuai kebutuhan.

Salam,
HK

On Tuesday, 23 September 2014, 14:04, "ketut budiasa yudix_ketut@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear Pak Hendrik,

Mohon maaf sekali saya agak bingung dengan beberapa penjelasannya, termasuk tujuan dari penjelasan yang disampaikan pak Lukman.

Berikut saya kirimkan file yang kira2 bisa mewakili keinginan saya sebelumnya.

Karena kalau saya menggunakan macro yang bepak berikan sebelumnya masih belum bisa jalan.

regards
yudix.

On Saturday, 20 September 2014, 1:28, "ketut budiasa yudix_ketut@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear All Master,

Ternyata atensinya besar sekali atas kasus saya, terima kasih banyak atas bantuannya semua.
Karena ada salah account email saya balasan sebelumnya ternyata masuk ke account di HP, jadi mohon maaf baru bisa saya balas.

Untuk kasus ini sesuai dengan penjelasan Pak Lukman, seperti itu lah yang saya harapkan, karena data yang dipindahkan ke sheet yang baru akan kita pergunakan untuk Mail Merge.
Sementara Data Awal yang berada di Sheet "DATA" akan terus di kurangi seiring perpindahan data tersebut ke sheet yang baru.

berikut saya sertakan filenya. yang saya isikan Text Box untuk
memasukkan keyword yang diinginkan, serta Button untuk melakukan proses pemindahan nya.

Atas bantuan dan perhatiannya semua saya sampaikan banyak terima kasih

On Friday, 19 September 2014, 18:56, "lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel]" wrote:


Pak Hendrik .

Keinginan pak Yudix

adalah :
Dengan menggunakan Keyword di kolom alamat, data yang muncul otomatis dipindah di sheet 1, dan
otomatis sheet 1 diganti namanya menjadi keyword yang dimasukkan tadi
Contoh,
-Di kolom alamat kita masukkan kata "
Panji" semua data yang berisi kata "Panji" pada kolom alamatnya
di pindah(bukan di Copy ) ke sheet "Panji"
-
Jika kita masukkan keyword "Kayuputih&quot; maka sama seperti di atas, hasilnya di pindahkan ke sheet "Kayuputih&quot;
-
begitu seterusnya.
*Terima
kasih*

Sedangkan saya sendiri pun . sedang membutuhkan . --- misal nya di sheet 1 --- ini sebagai input data saja . (input data harian) -----> setelah di macrokan ---- data di sheet1 -- tinggal heardernya saja.

setelah di rasakan benar ---- maka akan di pindahkan ke worksheet / workbook lainnnya. (Jumbo file)

---> jumbo file akan saya protect -- > yg nga bisa di lakukan di jumbo file : menambah / mengurangi / merubah nilai data .

Salam

Lukman.

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar