Selasa, 30 September 2014

[belajar-excel] Digest Number 3115

15 Messages

Digest #3115
1a
Re: Validasi hasil formula by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Joint Text by "Nang Agus"
3b
Re: Joint Text by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Joint Text by "Nang Agus"
4a
Mencari data sama by "Abid Kausar"
4b
Re: Mencari data sama [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4c
Re: Mencari data sama by "Abid Kausar"
5a
6a
Re: VB Worksheet_Change_2 [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Update label di userform [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7b
Re: Update label di userform by "Fano The Miner"
7c
Re: Update label di userform by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7d
7e
Re: Update label di userform by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Sep 29, 2014 11:03 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Parlin,

Misal data di baris 2 Excel
Cell C2 berisi formula =A2 * 10

Ingin ada validasi di cell B2 agar user memasukkan nilai yang tidak membuat
C2 (hasil formula) melebihi atau sama dengan 100. Artinya, C2 selalu berisi
kurang dari 100.

Langkah :
1. klik B2 -> ribbon Data -> group Data Tools -> Data Validation
2. pada dialog window yang muncul -> allow Custom -> hilangkan centang dari
opsi ignore blank -> formula diisi =C2<100 -> tekan OK
3. uji isi B2 dengan nilai : -1000, 0, 1, 10, 100

Wassalam,
Kid.

2014-09-30 14:47 GMT+10:00 parlin regar parlin.regar4@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear be-ex
>
> Mohon bantuannya. Bagaimana cara melakukan validasi kolom hasil
> kalkulasi formula.
> Contoh: input di kolom B, kolom C berisi formula yg merujuk dari kolom B.
> Diinginkan validasi untuk kolom C, atau jika bisa validasi bertingkat
> untuk kolom B.
>
> Terimakasih
> regards
> Parlin
>
>

Mon Sep 29, 2014 11:05 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

M4 ---> SUMIFS($B$2:$J$2;$B$4:$J$4;L4)

tinggal diblok tarik kebawah

2014-09-30 12:09 GMT+07:00 'cepwahyu' cepwahyu@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Be-Exceller,
>
>
>
> Bagaimana mengambil nilai dari kolom menjadi baris dan men-summary-kan
> seperti contoh terlampir?
>
>
>
> Best Regards
>
> *CW*
>
>
>
>
>

Mon Sep 29, 2014 11:07 pm (PDT) . Posted by:

"Nang Agus"

Dear Mr Kid.

Misalnya, range melompat B17:B18 dan D17:D18

=jointext((B17:B18;D17:D18))

Hasilnya tidak sesuai keinginan

Terima kasih

NangAgus

On 9/30/14, Nang Agus <nangagus@gmail.com> wrote:
> On 9/30/14, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>> mas Agus,
>>
>> Boleh dijelaskan maksud dari 5 range yang melompat mas
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-30 15:34 GMT+10:00 Nang Agus nangagoez@yahoo.co.id
>> [belajar-excel]
>> <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>> Saya mencoba mengubah UDF buatan Mr. Kid menjadi 5 range yang
>>> melompat. (udf aslinya hanya dapat menjangkau 1 range)
>>> karena keterbatasan pengetahuan saya tentang VBA, masih terdapat
>>> kesalahan peletakan delimiternya.
>>> Mohon dapat diperbaiki delimiternya.
>>> 1. Jika ada cell yang kosong delimeternya dobel
>>> 2. Delimeter antara dua range yang berbeda tidak muncul
>>>
>>> Terima kasih
>>>
>>> وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>>
>>> NangAgus
>>>
>>>
>>>
>>
>

Mon Sep 29, 2014 11:27 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

mas Agus,

Kalau pakai UDF JoinText *yang asli*...
Data di B17:D18 hanya akan dijoin yang selain kolom C alias hanya range
(B17:B18 dan D17:D18) maka UDF JoinText digunakan sebagai array formula
berbunyi :

=JoinText( IF(column(B17:D18)<>3, B17:D18 , "" ) , " koma " , 1 )

Wassalam,
Kid.

2014-09-30 16:02 GMT+10:00 Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr Kid.
>
> Misalnya, range melompat B17:B18 dan D17:D18
>
> =jointext((B17:B18;D17:D18))
>
> Hasilnya tidak sesuai keinginan
>
> Terima kasih
>
> NangAgus
>
>
> On 9/30/14, Nang Agus <nangagus@gmail.com> wrote:
> > On 9/30/14, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
> > <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
> >> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> >>
> >> mas Agus,
> >>
> >> Boleh dijelaskan maksud dari 5 range yang melompat mas
> >>
> >> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> >> Kid.
> >>
> >>
> >>
> >>
> >> 2014-09-30 15:34 GMT+10:00 Nang Agus nangagoez@yahoo.co.id
> >> [belajar-excel]
> >> <
> >> belajar-excel@yahoogroups.com>:
> >>
> >>>
> >>>
> >>> السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
> >>> Saya mencoba mengubah UDF buatan Mr. Kid menjadi 5 range yang
> >>> melompat. (udf aslinya hanya dapat menjangkau 1 range)
> >>> karena keterbatasan pengetahuan saya tentang VBA, masih terdapat
> >>> kesalahan peletakan delimiternya.
> >>> Mohon dapat diperbaiki delimiternya.
> >>> 1. Jika ada cell yang kosong delimeternya dobel
> >>> 2. Delimeter antara dua range yang berbeda tidak muncul
> >>>
> >>> Terima kasih
> >>>
> >>> وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
> >>>
> >>> NangAgus
> >>>
> >>>
> >>>
> >>
> >
>
>
>

Mon Sep 29, 2014 11:29 pm (PDT) . Posted by:

"Nang Agus"

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Saya mencoba mengubah UDF buatan Mr. Kid menjadi 5 range yang
melompat. (udf aslinya hanya dapat menjangkau 1 range)
karena keterbatasan pengetahuan saya tentang VBA, masih terdapat
kesalahan peletakan delimiternya.
Mohon dapat diperbaiki delimiternya.
1. Jika ada cell yang kosong delimeternya dobel
2. Delimeter antara dua range yang berbeda tidak muncul

Terima kasih

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

NangAgus

Mon Sep 29, 2014 11:16 pm (PDT) . Posted by:

"Abid Kausar"

Dear Suhu Excel,

mohon pencerahannya :)
Saya punya data (Terlampir), saya ingin mencari data dari 2 kolom yang sama
(kolom Keterangan). dimana pada kolom keterangan kedua datanya acak,
sebenarnya data tsb sama dengan dikolom keterangan pertama. kalo saya
menggunakan rumus if pasti ngga ketemu, karena data di kolom keterangan
kedua masih acak.
Bagaimana caranya dari 2 kolom keterangan ini ditemukan data yang sama
tanpa harus merubah posisi baris nya.

terima kasih suhu Excel atas bantuannya

Wassalam,
Muhabka

Mon Sep 29, 2014 11:45 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Muhabka,

Coba formula :
=IF(COUNTIF($D$2:$D$11,E2)>1,"Double","Single")

Fungsi CountIF bisa digunakan kan untuk menghitung jumlah cell
berdasarkan *sebuah
*kriteria tertentu. Untuk multi kriteria, gunakan CountIFs.

Pada kasus ini, kriterianya adalah jumlah cell di pusat yang bunyinya
seperti di cell E2. Jika hasilnya >1 berarti Double. Jika tidak, berarti
Single.

Wassalam,
Kid.

2014-09-30 12:43 GMT+10:00 Abid Kausar muhabka@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Suhu Excel,
>
> mohon pencerahannya :)
> Saya punya data (Terlampir), saya ingin mencari data dari 2 kolom yang
> sama (kolom Keterangan). dimana pada kolom keterangan kedua datanya acak,
> sebenarnya data tsb sama dengan dikolom keterangan pertama. kalo saya
> menggunakan rumus if pasti ngga ketemu, karena data di kolom keterangan
> kedua masih acak.
> Bagaimana caranya dari 2 kolom keterangan ini ditemukan data yang sama
> tanpa harus merubah posisi baris nya.
>
> terima kasih suhu Excel atas bantuannya
>
>
> Wassalam,
> Muhabka
>
>
>

Tue Sep 30, 2014 12:58 am (PDT) . Posted by:

"Abid Kausar"

Dear Mr. Kid,

terima kasih atas penceahannya, tetapi setelah saya input di cell, rumus
tidak berjalan maksimal Mr.
mohon pencerahannya lagi.

Wassalam,
Muhabka

Pada 30 September 2014 13.45, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai Muhabka,
>
> Coba formula :
> =IF(COUNTIF($D$2:$D$11,E2)>1,"Double","Single")
>
> Fungsi CountIF bisa digunakan kan untuk menghitung jumlah cell berdasarkan *sebuah
> *kriteria tertentu. Untuk multi kriteria, gunakan CountIFs.
>
> Pada kasus ini, kriterianya adalah jumlah cell di pusat yang bunyinya
> seperti di cell E2. Jika hasilnya >1 berarti Double. Jika tidak, berarti
> Single.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-09-30 12:43 GMT+10:00 Abid Kausar muhabka@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Dear Suhu Excel,
>>
>> mohon pencerahannya :)
>> Saya punya data (Terlampir), saya ingin mencari data dari 2 kolom yang
>> sama (kolom Keterangan). dimana pada kolom keterangan kedua datanya acak,
>> sebenarnya data tsb sama dengan dikolom keterangan pertama. kalo saya
>> menggunakan rumus if pasti ngga ketemu, karena data di kolom keterangan
>> kedua masih acak.
>> Bagaimana caranya dari 2 kolom keterangan ini ditemukan data yang sama
>> tanpa harus merubah posisi baris nya.
>>
>> terima kasih suhu Excel atas bantuannya
>>
>>
>> Wassalam,
>> Muhabka
>>
>>
>
>

Mon Sep 29, 2014 11:31 pm (PDT) . Posted by:

"cepwahyu" juragan_75

Terimakasih mas Bgus dan Mr. Kid formulanya maknyoss....

Best Regards

CW

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 30 September 2014 12:53
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil nilai dari kolom ke baris

Pak Cep;

Coba begini, Array formula ya..

{=INDEX($B$4:$J$4,MATCH(0,COUNTIF($M$3:M3,$B$4:$J$4),0))}

Copas kebawah

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----

From: 'cepwahyu' cepwahyu@gmail.com [belajar-excel]
<mailto:cepwahyu@gmail.com%20[belajar-excel]>

To: belajar-excel@yahoogroups.com

Sent: Tuesday, September 30, 2014 12:09 PM

Subject: [belajar-excel] Mengambil nilai dari kolom ke baris [1 Attachment]

Dear Be-Exceller,

Bagaimana mengambil nilai dari kolom menjadi baris dan men-summary-kan
seperti contoh terlampir?

Best Regards

CW

Mon Sep 29, 2014 11:40 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh gak bisa ya...
kalo gitu coba dipindah ke atas, yaitu tepat setelah baris-baris dim
terakhir, sebelum masuk ke script yang sudah ada.

On Tue, Sep 30, 2014 at 12:24 PM, Darwis Arief d_arief72@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Assalamu Alaikum wr,wb.
>
> Terima kasih ats bantuannya Mr. Nmkid,
> Sy sdh tambahkan sesuai dgn code yg diberikan, namun blm bs diexecusi.
> Mohon pencerahannya lg...(terlampir)
>
> Wassalam,
>
> --------------------------------------------
> On Mon, 9/29/14, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Subject: Re: [belajar-excel] VB Worksheet_Change
> To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Date: Monday, September 29, 2014, 5:00 AM
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Hai Arief,
>
> Tambahkan tepat sebelum
> End Sub.
> application.enableevents=false
> select case target.address
> case
> "$B$11"
> select
> case cstr(target.value) 'karena akan cek yang pasti
> berisi teks
> case
> "a","b"
>
> range("b13,d13").clearcontents
> end select
> case "$B$15"
> select case
> cstr(target.value)
> case
> "c","d"
>
> range("b17,d17").clearcontents
> if
> cstr(target.value)="d" then
>
> range("b17").value=10
> endif
> end select
> end select
> application.enableevents=true
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> On Sun, Sep 28, 2014 at
> 6:51 PM, Darwis Arief d_arief72@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>
> wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Aslm,
>
> Yang saya banggakan teman2 di Forum ini.
>
> Saya punya VB hasil copas dari internet sbb:
>
>
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>
> On Error Resume Next
>
> Dim ws As Worksheet
>
> Dim str As String
>
> Dim i As Integer
>
> Dim rngDV As Range
>
> Dim rng As Range
>
>
>
> If Target.Count > 1 Then Exit Sub
>
> Set ws = Worksheets("LIST_KPL")
>
>
>
> If Target.Row > 1 Then
>
> On Error Resume Next
>
> Set rngDV = Cells.SpecialCells(xlCellTypeAllValidation)
>
> On Error GoTo 0
>
> If rngDV Is Nothing Then Exit Sub
>
>
>
> If Intersect(Target, rngDV) Is Nothing Then Exit Sub
>
>
>
> str = Target.Validation.Formula1
>
> str = Right(str, Len(str) - 1)
>
> On Error Resume Next
>
> Set rng = ws.Range(str)
>
> On Error GoTo 0
>
> If rng Is Nothing Then Exit Sub
>
>
>
> If Application.WorksheetFunction _
>
> .CountIf(rng, Target.Value) Then
>
> Exit Sub
>
> Else
>
> i = ws.Cells(Rows.Count, rng.Column).End(xlUp).Row +
> 1
>
> ws.Cells(i, rng.Column).Value = Target.Value
>
> rng.Sort Key1:=ws.Cells(1, rng.Column), _
>
> Order1:=xlAscending, Header:=xlNo, _
>
> OrderCustom:=1, MatchCase:=False, _
>
> Orientation:=xlTopToBottom
>
> End If
>
>
>
> End If
>
>
>
> End Sub
>
>
>
> Hasilnya sih sdh jalan, tapi saya ingin lagi menambahkan
> lagi Event Change di kolom yang sama, dgn ignin bertanya
> seperti di file terlampir.
>
>
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalam,
>
> d_arief
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866 --
> #yiv1364311866ygrp-mkp {
> border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px
> 0;padding:0 10px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mkp hr {
> border:1px solid #d8d8d8;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mkp #yiv1364311866hd {
> color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px
> 0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mkp #yiv1364311866ads {
> margin-bottom:10px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mkp .yiv1364311866ad {
> padding:0 0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mkp .yiv1364311866ad p {
> margin:0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mkp .yiv1364311866ad a {
> color:#0000ff;text-decoration:none;}
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-sponsor
> #yiv1364311866ygrp-lc {
> font-family:Arial;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-sponsor
> #yiv1364311866ygrp-lc #yiv1364311866hd {
> margin:10px
> 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-sponsor
> #yiv1364311866ygrp-lc .yiv1364311866ad {
> margin-bottom:10px;padding:0 0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866actions {
> font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866activity {
>
> background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866activity span {
> font-weight:700;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866activity span:first-child {
> text-transform:uppercase;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866activity span a {
> color:#5085b6;text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866activity span span {
> color:#ff7900;}
>
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866activity span
> .yiv1364311866underline {
> text-decoration:underline;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866attach {
> clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px
> 0;width:400px;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866attach div a {
> text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866attach img {
> border:none;padding-right:5px;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866attach label {
> display:block;margin-bottom:5px;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866attach label a {
> text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 blockquote {
> margin:0 0 0 4px;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866bold {
> font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866bold a {
> text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 dd.yiv1364311866last p a {
> font-family:Verdana;font-weight:700;}
>
> #yiv1364311866 dd.yiv1364311866last p span {
> margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}
>
> #yiv1364311866 dd.yiv1364311866last p
> span.yiv1364311866yshortcuts {
> margin-right:0;}
>
> #yiv1364311866 div.yiv1364311866attach-table div div a {
> text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 div.yiv1364311866attach-table {
> width:400px;}
>
> #yiv1364311866 div.yiv1364311866file-title a, #yiv1364311866
> div.yiv1364311866file-title a:active, #yiv1364311866
> div.yiv1364311866file-title a:hover, #yiv1364311866
> div.yiv1364311866file-title a:visited {
> text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 div.yiv1364311866photo-title a,
> #yiv1364311866 div.yiv1364311866photo-title a:active,
> #yiv1364311866 div.yiv1364311866photo-title a:hover,
> #yiv1364311866 div.yiv1364311866photo-title a:visited {
> text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 div#yiv1364311866ygrp-mlmsg
> #yiv1364311866ygrp-msg p a span.yiv1364311866yshortcuts {
> font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866green {
> color:#628c2a;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866MsoNormal {
> margin:0 0 0 0;}
>
> #yiv1364311866 o {
> font-size:0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866photos div {
> float:left;width:72px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866photos div div {
> border:1px solid
> #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866photos div label {
>
> color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866reco-category {
> font-size:77%;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866reco-desc {
> font-size:77%;}
>
> #yiv1364311866 .yiv1364311866replbq {
> margin:4px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-actbar div a:first-child {
> margin-right:2px;padding-right:5px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mlmsg {
> font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean,
> sans-serif;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mlmsg table {
> font-size:inherit;font:100%;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mlmsg select,
> #yiv1364311866 input, #yiv1364311866 textarea {
> font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}
>
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mlmsg pre, #yiv1364311866
> code {
> font:115% monospace;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mlmsg * {
> line-height:1.22em;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-mlmsg #yiv1364311866logo {
>
> padding-bottom:10px;}
>
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-msg p a {
> font-family:Verdana;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-msg
> p#yiv1364311866attach-count span {
> color:#1E66AE;font-weight:700;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-reco
> #yiv1364311866reco-head {
> color:#ff7900;font-weight:700;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-reco {
> margin-bottom:20px;padding:0px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-sponsor #yiv1364311866ov
> li a {
> font-size:130%;text-decoration:none;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-sponsor #yiv1364311866ov
> li {
> font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-sponsor #yiv1364311866ov
> ul {
> margin:0;padding:0 0 0 8px;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-text {
> font-family:Georgia;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-text p {
> margin:0 0 1em 0;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-text tt {
> font-size:120%;}
>
> #yiv1364311866 #yiv1364311866ygrp-vital ul li:last-child {
> border-right:none !important;
> }
> #yiv1364311866
>
>

Mon Sep 29, 2014 11:49 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Fano,

Coba langkah berikut :
1. Anda tentukan di cell mana dan disheet apa nilai caption si label akan
disimpan. (misal sheet1 cell A1)
2. Saat userform di-load, pada event nya diberi proses hapus isi textbox,
ambil nilai dari lokasi cell yang ditentukan di nomor 1 (dari cell A1
sheet1) dan pasang nilai cell A1 itu menjadi caption si label.
3. di event si tombol dipencet, isi dengan proses menyimpan nilai isian
textbox ke cell yang ditentukan di nomor 1 (sheet1 cell A1), dilanjutkan
dengan memasang nilai textbox ke caption si label.

Wassalam,
Kid.

2014-09-30 15:35 GMT+10:00 'fano.theminer' fano.theminer@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear All Be-Excelerss…
>
>
>
> Saya punya persoalan dalam mengupdate label di userform.
>
> Mohon bantuannya.
>
>
>
> Saya punya userform dengan komponen TextBox, Label dan CommandButton,
>
>
>
> Yang saya inginkan adalah, jika saya memasukan data/karakter di TextBox
> dan menekan CommandButton maka caption Label akan sama dengan TextBox Value
> kemudian form ini akan di save, jadi jika userform di close, kemudian di
> buka lagi maka Caption Label akan seperti yang terakhir di rubah/diupdate.
>
>
>
>
>
> Terima Kasih Sebelumnya
>
>
>
> Fano The Miner
>
>
>
>
>
>
>

Tue Sep 30, 2014 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Fano The Miner"

Dear Mr. Kid,

Terima kasih atas respon dan jawabanya.

Saya inginkan label tersebut tidak tergantung pada cell atau sheet.
Seperti sementara kerja di vba, merubah tulisan caption label dan save
userform tersebut.
Adakah cara update label tanpa tergantung pada data cell atau sheet. Tetapi
hanya akan berubah dengan eksekusi tombol commandButton. Dan jika di show
lagi labelnya seperti yang di save sebelumnya.

Terima kasih,
Salam,
Fano
On Sep 30, 2014 1:57 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Hai Fano,
>
> Coba langkah berikut :
> 1. Anda tentukan di cell mana dan disheet apa nilai caption si label akan
> disimpan. (misal sheet1 cell A1)
> 2. Saat userform di-load, pada event nya diberi proses hapus isi textbox,
> ambil nilai dari lokasi cell yang ditentukan di nomor 1 (dari cell A1
> sheet1) dan pasang nilai cell A1 itu menjadi caption si label.
> 3. di event si tombol dipencet, isi dengan proses menyimpan nilai isian
> textbox ke cell yang ditentukan di nomor 1 (sheet1 cell A1), dilanjutkan
> dengan memasang nilai textbox ke caption si label.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-09-30 15:35 GMT+10:00 'fano.theminer' fano.theminer@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear All Be-Excelerss...
>>
>>
>>
>> Saya punya persoalan dalam mengupdate label di userform.
>>
>> Mohon bantuannya.
>>
>>
>>
>> Saya punya userform dengan komponen TextBox, Label dan CommandButton,
>>
>>
>>
>> Yang saya inginkan adalah, jika saya memasukan data/karakter di TextBox
>> dan menekan CommandButton maka caption Label akan sama dengan TextBox Value
>> kemudian form ini akan di save, jadi jika userform di close, kemudian di
>> buka lagi maka Caption Label akan seperti yang terakhir di rubah/diupdate.
>>
>>
>>
>>
>>
>> Terima Kasih Sebelumnya
>>
>>
>>
>> Fano The Miner
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Tue Sep 30, 2014 12:12 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh jadi kalau workbook ditutup lalu dibuka kembali, maka caption label
tidak bertuliskan data terakhir sebelum ditutup workbooknya ya.
OK, kalau begitu,
ganti nomor 1 dengan langkah berikut :
1a. buat sebuah general module
1b. pada bagian deklarasi variabel, buat sebuah variabel string berscope
public.

pada nomor 2 dan 3, ganti semua proses yang berkaitan dengan nomor 1 agar
menulis atau mengambil nilai dari variabel yang dibuat di bagian 1b.

2014-09-30 17:07 GMT+10:00 Fano The Miner fano.theminer@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas respon dan jawabanya.
>
> Saya inginkan label tersebut tidak tergantung pada cell atau sheet.
> Seperti sementara kerja di vba, merubah tulisan caption label dan save
> userform tersebut.
> Adakah cara update label tanpa tergantung pada data cell atau sheet.
> Tetapi hanya akan berubah dengan eksekusi tombol commandButton. Dan jika di
> show lagi labelnya seperti yang di save sebelumnya.
>
> Terima kasih,
> Salam,
> Fano
> On Sep 30, 2014 1:57 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Hai Fano,
>>
>> Coba langkah berikut :
>> 1. Anda tentukan di cell mana dan disheet apa nilai caption si label akan
>> disimpan. (misal sheet1 cell A1)
>> 2. Saat userform di-load, pada event nya diberi proses hapus isi textbox,
>> ambil nilai dari lokasi cell yang ditentukan di nomor 1 (dari cell A1
>> sheet1) dan pasang nilai cell A1 itu menjadi caption si label.
>> 3. di event si tombol dipencet, isi dengan proses menyimpan nilai isian
>> textbox ke cell yang ditentukan di nomor 1 (sheet1 cell A1), dilanjutkan
>> dengan memasang nilai textbox ke caption si label.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-30 15:35 GMT+10:00 'fano.theminer' fano.theminer@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dear All Be-Excelerss…
>>>
>>>
>>>
>>> Saya punya persoalan dalam mengupdate label di userform.
>>>
>>> Mohon bantuannya.
>>>
>>>
>>>
>>> Saya punya userform dengan komponen TextBox, Label dan CommandButton,
>>>
>>>
>>>
>>> Yang saya inginkan adalah, jika saya memasukan data/karakter di TextBox
>>> dan menekan CommandButton maka caption Label akan sama dengan TextBox Value
>>> kemudian form ini akan di save, jadi jika userform di close, kemudian di
>>> buka lagi maka Caption Label akan seperti yang terakhir di rubah/diupdate.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> Terima Kasih Sebelumnya
>>>
>>>
>>>
>>> Fano The Miner
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>

Tue Sep 30, 2014 12:43 am (PDT) . Posted by:

"fano.theminer"

Dear Mr. Kid,

Untuk lebih lengkapnya seperti ini.

Terdapat workbook yang berisi userform yang akan otomatis running jika workbook di buka.

Terdapat textbox username dan password serta pilihan register.

Jika register di klik maka muncul pilihan untuk mendaftarkan user baru.

Misal :

# Textbox1 à untuk username baru.

# Textbox2 à password baru.

Terdapat CommandButton yang fungsinya untuk memasukkan value/character textbox1 dan textbox2 ke caption Label1 dan Label2.

Klik à di userform sudah terupdate username baru dan password. (contohnya username : fano password : 123456

Workbook di save.

Kemudian workbook di close.

Saat workbook di buka kembali, muncul form untuk username dan password.

Saat dimasukkan username : fano password : 123456, maka dokumen tersebut berhasil dibuka karena saat register sebelumnya, data username baru dan passwordnya sudah disimpan di label userform

Mungkin gambarannya seperti itu.

Mohon maaf jika belum jelas.

Terima Kasih

Salam

Fano

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, September 30, 2014 2:12 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Update label di userform

Oh jadi kalau workbook ditutup lalu dibuka kembali, maka caption label tidak bertuliskan data terakhir sebelum ditutup workbooknya ya.

OK, kalau begitu,
ganti nomor 1 dengan langkah berikut :

1a. buat sebuah general module

1b. pada bagian deklarasi variabel, buat sebuah variabel string berscope public.

pada nomor 2 dan 3, ganti semua proses yang berkaitan dengan nomor 1 agar menulis atau mengambil nilai dari variabel yang dibuat di bagian 1b.

2014-09-30 17:07 GMT+10:00 Fano The Miner fano.theminer@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear Mr. Kid,

Terima kasih atas respon dan jawabanya.

Saya inginkan label tersebut tidak tergantung pada cell atau sheet.
Seperti sementara kerja di vba, merubah tulisan caption label dan save userform tersebut.
Adakah cara update label tanpa tergantung pada data cell atau sheet. Tetapi hanya akan berubah dengan eksekusi tombol commandButton. Dan jika di show lagi labelnya seperti yang di save sebelumnya.

Terima kasih,
Salam,
Fano

On Sep 30, 2014 1:57 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

Hai Fano,

Coba langkah berikut :

1. Anda tentukan di cell mana dan disheet apa nilai caption si label akan disimpan. (misal sheet1 cell A1)

2. Saat userform di-load, pada event nya diberi proses hapus isi textbox, ambil nilai dari lokasi cell yang ditentukan di nomor 1 (dari cell A1 sheet1) dan pasang nilai cell A1 itu menjadi caption si label.

3. di event si tombol dipencet, isi dengan proses menyimpan nilai isian textbox ke cell yang ditentukan di nomor 1 (sheet1 cell A1), dilanjutkan dengan memasang nilai textbox ke caption si label.

Wassalam,
Kid.

2014-09-30 15:35 GMT+10:00 'fano.theminer' fano.theminer@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear All Be-Excelerss…

Saya punya persoalan dalam mengupdate label di userform.

Mohon bantuannya.

Saya punya userform dengan komponen TextBox, Label dan CommandButton,

Yang saya inginkan adalah, jika saya memasukan data/karakter di TextBox dan menekan CommandButton maka caption Label akan sama dengan TextBox Value kemudian form ini akan di save, jadi jika userform di close, kemudian di buka lagi maka Caption Label akan seperti yang terakhir di rubah/diupdate.

Terima Kasih Sebelumnya

Fano The Miner

Tue Sep 30, 2014 12:50 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Controls dalam UserForm bertugas untuk menampilkan data dan bukan menyimpan
data. Data yang dibawa controls adalah data statis yang di-set saat proses
design (sebelum disebar ke pengguna).
Jika skenarionya seperti yang Anda gambarkan, berarti membutuhkan suati
ruang penyimpan user beserta password yang telah melakukan registrasi.
Topik tentang login ini pernah dibahas di milis berulang kali, coba search
saja di website milis. Bahkan bentuk tabel penyimpan para pendaftar (pelaku
registrasi) juga bisa dilihat ditopik-topik tersebut.

2014-09-30 17:40 GMT+10:00 'fano.theminer' fano.theminer@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr. Kid,
>
>
>
> Untuk lebih lengkapnya seperti ini.
>
>
>
> Terdapat workbook yang berisi userform yang akan otomatis running jika
> workbook di buka.
>
> Terdapat textbox username dan password serta pilihan register.
>
> Jika register di klik maka muncul pilihan untuk mendaftarkan user baru.
>
>
>
> Misal :
>
> # Textbox1 à untuk username baru.
>
> # Textbox2 à password baru.
>
>
>
> Terdapat CommandButton yang fungsinya untuk memasukkan value/character
> textbox1 dan textbox2 ke caption Label1 dan Label2.
>
> Klik à di userform sudah terupdate username baru dan password. (contohnya
> username : fano password : 123456
>
> Workbook di save.
>
> Kemudian workbook di close.
>
>
>
> Saat workbook di buka kembali, muncul form untuk username dan password.
>
> Saat dimasukkan *username* : fano *password* : 123456, maka dokumen
> tersebut berhasil dibuka karena saat register sebelumnya, data username
> baru dan passwordnya sudah disimpan di label userform
>
>
>
> Mungkin gambarannya seperti itu.
>
>
>
> Mohon maaf jika belum jelas.
>
> Terima Kasih
>
> Salam
>
>
>
> Fano
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* Tuesday, September 30, 2014 2:12 PM
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Update label di userform
>
>
>
>
>
> Oh jadi kalau workbook ditutup lalu dibuka kembali, maka caption label
> tidak bertuliskan data terakhir sebelum ditutup workbooknya ya.
>
> OK, kalau begitu,
> ganti nomor 1 dengan langkah berikut :
>
> 1a. buat sebuah general module
>
> 1b. pada bagian deklarasi variabel, buat sebuah variabel string berscope
> public.
>
> pada nomor 2 dan 3, ganti semua proses yang berkaitan dengan nomor 1 agar
> menulis atau mengambil nilai dari variabel yang dibuat di bagian 1b.
>
>
>
>
>
> 2014-09-30 17:07 GMT+10:00 Fano The Miner fano.theminer@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas respon dan jawabanya.
>
> Saya inginkan label tersebut tidak tergantung pada cell atau sheet.
> Seperti sementara kerja di vba, merubah tulisan caption label dan save
> userform tersebut.
> Adakah cara update label tanpa tergantung pada data cell atau sheet.
> Tetapi hanya akan berubah dengan eksekusi tombol commandButton. Dan jika di
> show lagi labelnya seperti yang di save sebelumnya.
>
> Terima kasih,
> Salam,
> Fano
>
> On Sep 30, 2014 1:57 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Fano,
>
> Coba langkah berikut :
>
> 1. Anda tentukan di cell mana dan disheet apa nilai caption si label akan
> disimpan. (misal sheet1 cell A1)
>
> 2. Saat userform di-load, pada event nya diberi proses hapus isi textbox,
> ambil nilai dari lokasi cell yang ditentukan di nomor 1 (dari cell A1
> sheet1) dan pasang nilai cell A1 itu menjadi caption si label.
>
> 3. di event si tombol dipencet, isi dengan proses menyimpan nilai isian
> textbox ke cell yang ditentukan di nomor 1 (sheet1 cell A1), dilanjutkan
> dengan memasang nilai textbox ke caption si label.
>
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2014-09-30 15:35 GMT+10:00 'fano.theminer' fano.theminer@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear All Be-Excelerss…
>
>
>
> Saya punya persoalan dalam mengupdate label di userform.
>
> Mohon bantuannya.
>
>
>
> Saya punya userform dengan komponen TextBox, Label dan CommandButton,
>
>
>
> Yang saya inginkan adalah, jika saya memasukan data/karakter di TextBox
> dan menekan CommandButton maka caption Label akan sama dengan TextBox Value
> kemudian form ini akan di save, jadi jika userform di close, kemudian di
> buka lagi maka Caption Label akan seperti yang terakhir di rubah/diupdate.
>
>
>
>
>
> Terima Kasih Sebelumnya
>
>
>
> Fano The Miner
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar