Senin, 01 Januari 2018

[belajar-excel] Digest Number 4393

1 Message

Digest #4393

Message

Sun Dec 31, 2017 8:11 pm (PST) . Posted by:

"Nangagus"

Asalamualaikum warahmatullah,

Mas Kid, ikut tanya nih....

Memerintah excel untuk menyimpan file setiap sekian menit mudah
dilakukan dengan excel option, Bagaimana caranya memerintah excel untuk
refresh setiap 5 menit? atau 10 menit?

On 12/31/2017 11:58 AM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> 1. biar range data Pivot mengikuti data terakhir
> * Excel Table Object.
> *Cara buat :*
> -> Blok sumber data (beserta header [header 1 baris saja tanpa merge
> cells], records tidak ada yang di-merge]) -> ribbon Home -> grup menu
> Styles
> -> Format as table -> pilih sebuah styles -> centang has header -> OK
>
> *Cara beri nama tabel :*
> -> klik sebuah cells dalam Excel Table -> menu tools : Table Tools ->
> ribbon Design atau Options -> grup menu Properties -> item Table Name
> : beri nama tabel tanpa spasi diakhiri ENTER.
>
> *Cara pakai tabel sebagai pivot data source :*
>
> _> sudah ada pivot table dengan data source bukan Excel Table :_
> -> klik pivot table yang sudah ada -> menu tools : PivotTable
> Tools -> ribbon Analyze atau Options -> grup menu Data -> Change
> Data Source
> -> Select table/range : diisi nama Excel Table Object tadi -> OK
>
> _> buat pivot table baru :_
> -> klik sebuah cells dalam Excel Table Object -> tools menu :
> Table Tools -> ribbon Design atau Options -> grup menu Tools
> -> Summarize with pivot table -> pilih lokasi letak pivot table ->
> OK -> atur layout pivot table
>
>
>
> 2. Apakah selalu pake refresh setiap kali data ini berubah
> * Ya, Refresh Pivot Table atau Refresh All
> *Cara Refresh :*
>
> _> Refresh Pivot Table :_
> -> klik sebuah cells pivot table -> tekan ALT + F5
> /atau/
> -> klik kanan sebuah cells pivot table -> pilih Refresh
> /atau/
> -> klik sebuah cells pivot table -> menu tools : PivotTable Tools
> -> ribbon Analyze atau Options -> grup menu Data -> Refresh
>
> _> Refresh All :_
> -> tekan CTRL + ALT + F5
> /atau/
> -> ribbon Data -> grup menu Connections -> Refresh All
>
>
> *Catatan :*
> 1. Jika ada banyak layout pivot table, TETAPI sumber datanya adalah 1
> (satu) tabel data yang sama,
>     cukup buat 1 (satu) pivot table lalu copy pivot table ke lokasi
> lain untuk disusun menjadi layout lain yang dibutuhkan
>     *** Jadi, refresh 1 (satu) pivot table akan langsung me-refresh
> pivot table copy-annya (walau beda layout)
>     *** Contoh : tabel data di sheet DATA, output di sheet OUT000
> sampai OUT999 masing-masing sheet out berisi 1 pivot table yang
> menggunakan data di sheet DATA
>                         sheet out ada 1000 bijik karena ada 1000
> layout output dari data di sheet DATA.
>                         buat pivot table di sheet OUT000, atur layout
> untuk OUT000, copy pivot table di OUT000 ke sheet OUT### lainnya dan
> atur sesuai kebutuhan
>
> 2. Jika pivot table selalu dapat mengakses sumber datanya, maka atur
> pivot table agar TIDAK MENYIMPAN data
>      caranya : klik kanan Pivot Table -> pilih Pivot Table Options ->
> tab Data -> hilangkan centang dari item Save source data with file
>     Cara bekerja offline :
>     Ketika file berisi pivot table akan dikerjakan offline dari data
> source (misal didaerah yang tidak bisa konek ke komputer sumber data),
>     buat salinan file berisi pivot table, lalu atur agar pivot save
> source data with file (dicentang), refresh all, save file, tutup file,
> bawa filenya kemanpun disuka.
>
> 3. Sebisa mungkin, seluruh formula diletakkan atau diatur sebagai
> kolom baru di sumber datanya, bukan menggunakan Pivot Table Calculated
> formula atau calculated items.
>
> 4. Sebaiknya, tabel data source pivot table berupa Excel Table Object
> agar bersifat dinamis, baik itu berupa local tabel ataupun query table..
>     *** Tentang query table, jika memungkinkan, biarkan query table
> aktif terkoneksi ke sumber datanya.
>     *** Jika bisa membuat data connections, sebaiknya pivot table
> langsung mengambil dari hasil data connections.
>           Contoh : sumber data di MS Access (file bisa ada dimana saja
> asal masih di dunia ini dan bisa diakses),
>                          maka buat koneksi data ke sumber data dan
> langsung output berupa pivot table (1 bijik dulu, lalu [lihat no 1])
>
> 5. [bila perlu] Ketika diijinkan menggunakan VBA, buatlah prosedur
> event yang membuat pivot table yang terkait dengan sumber data yang
> berubah isi akan langsung ter-refresh,
>     jika menekan ALT + F5 atau CTRL + ALT + F5 begitu memberatkan.
>     *** Setiap mengubah data lalu menekan CTRL + S tidak pernah jadi
> hambatan kan ya, jarang loh yang nuntut setiap habis ubah data maka
> workbook harus langsung ter-save
>           Padahal kalau pakai formula, tetap saja alur kerjanya adalah
> entry, ubah, delete data sampai selesai lebih dulu, barulah pindah ke
> sheet output berformula.
>           Hanya bertambah CTRL + S kalau pengen hasil kerjanya gak
> hilang jika Excel crash atau listrik padam.
>           Hanya bertambah CTRL + ALT + F5 kalau pengen refresh all
>           kayanya banyak yang kena sindrom formula with automatic
> calculations, padahal kalau kalkulai di buat Manual supaya workbook
> gak berat saat entry data, tetap saja harus pencet SHIFT + F9 atau F9
>
> 6. [bila perlu] pada pivot table yang selalu online dengan sumber
> datanya (dapat mengakses sumber datanya setiap saat) diatur agar
> setiap kali file (workbook) dibuka,
>     maka pivot table di-refresh sekalian oleh Excel.
>     Cara setting : klik kanan pivot table -> Pivot Table Options ->
> tab Data -> centang item Refresh data when opening the file
>
>
> ;)
> demikianlah....
>
> Regards,
> Kid
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar