Minggu, 07 Januari 2018

[belajar-excel] Digest Number 4399

1 Message

Digest #4399

Message

Sun Jan 7, 2018 8:42 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

File terlampir

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2018-01-07 7:42 GMT+07:00 Zerlinda Seismica seismica@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum wrwb
>
> Hehe Mr Kid semoga tetep sabar ngadepin kita yang pada bnyak nanya....
> Yang file saya kirim datanya memang antara tabel tidak ada kaitan sama
> sekali meskipun ada kolom produksi.. hanya saja pada praktinya ketika kita
> ingin data tanggal tertentu dikeluarkan datanya maka setiap tabel
> mengeluarkan datanya. karena saya baru mengenal pivot sepertinya faeure
> ini sangat menarik dipake apalagi ada filter.
> Tapi kesulitannya disitu saya tidak bisa menggunakan filter untuk semua
> pivot beda database
>
> Sampai sekarang saya masih mentok....plissss bisa dibantu lagi hehehe
>
> Makasih banyak Mr Kid....
> Salam
> Seismica
>
>
> Pada Sabtu, 6 Januari 2018 23:08, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
>
> Hai Netty,
>
> Pertanyaannya disebut dengan bunyi yang lengkap pada object utamanya ya...
> Jadi begini :
>
> Btw Excel Analysis Toolpak Power Pivot ama Excel Pivot Table sama atau
> beda kah?
>
> > hmmm... sudah terjawab tuh..
> > Jadi, keduanya berbeda.
> > dah selesai kan.... case closed
>
>
> btw,
> kalo gitu doank, bisa jadi bakal terbesit pertanyaan :
> "Bagus mana, Excel Analysis Toolpak Power Pivot atau Excel Pivot Table ?"
> > ini pertanyaan yang kritis, yaitu kritis tingkat kemudengannya... untung
> belum pingsan apalagi koma si kemudengannya itu....
> > Jadi, jangan punya pertanyaan kayak begitu ya...
> > Apalagi menjawab pertanyaan kayak begitu.. (njawabnya pake 'Kid bilang
> sih begini n begitu')
>
> Supaya jelas bedanya, begini :
>
> *1. Kenali dulu Excel Pivot Table*
> > Fitur Excel untuk menampilkan data dalam bentuk pivot table
> > User bisa menata layout sesukanya dari data yang dimiliki oleh si pivot
> table
> > data pivot table ditata oleh Excel Pivot Table di dalam ruang bernama *Pivot
> Cache*.
> > User mengisi definisi Pivot Cache saat menentukan Pivot Table Data
> Source
> *** ingat hal ini gak :
> a. di tools menu PivotTable Tool ada salah satu menu bernama Change
> Data Source,
> b. atau menunjukkan Data Source saat akan buat pivot table
> c. atau kalo selesai melakukan Get External Data, muncul dialog window
> pilihan data hasil get external data akan ditampilkan dalam Excel Table,
> Pivot Table, Pivot Table n chart
> nah... itulah saat-saat si user mendefinisikan Pivot Cache. Excel akan
> segera membuatkan Pivot Cache dan mengisi dengan data.
> > User bisa memperbarui data dengan Refresh pivot table (termasuk lewat
> jalur Refresh All yang dimiliki si Workbook)
> *** Artinya, user memerintahkan Excel Pivot Table untuk mengambil ulang
> data dan memasukkannya ke Pivot Cache, lalu dari Pivot Cache ditampilkan
> sesuai layout buatan user ke berbagai Pivot Tables
> > Excel Pivot Table mampu menyimpan Pivot Cache di dalam workbook.
>
> Ok, jadi sampai disini sudah jelas bahwa :
>
> a. 1 bijik Pivot Cache, bisa jadi banyak layout Pivot Table. Sehingga,
> jika salah satu saja si layout di-refresh, maka semua layout pivot table
> yang pakai Pivot Cache yang sama akan terbarukan datanya.
> b. Pivot Cache mengambil data dari tempat yang ditentukan user saat akan
> membuat Excel Pivot Table.
> c. Sebaiknya, 1 (satu) sumber data jadi 1 (satu) pivot cahce
> Jadi, jika 1 (satu) sumber data akan dipakai oleh banyak layout pivot
> table, maka cukup buat pivot table 1 (satu) kali saja (kali ya, bukan
> bijik) [supaya cuma membuat 1 pivot cache dari sumber data itu].
> Layout lainnya (yang ada banyak) diatur dari hasil copy paste si
> layout pivot table yang pertama kali dibuat tadi.
> d. Jika sumber data si pivot cache (nyebutnya sumber data si pivot deh,
> biar berasa familiar) bisa diakses terus menerus oleh si Excel,
> sebaiknya Excel Pivot Table tidak diijinkan menyimpan data di dalam
> Pivot Cache
> *** Contoh :
> 1. Sumber data ada di sheet DATA dalam workbook yang sama dengan
> sheet OUTPUT berisi pivot table, maka pivot table jangan diijinkan
> menyimpan data agar size workbook tidak membesar
> 2. Sumber data ada di text file di folder X di komputer tersebut
> 3. Ada di komputer server kantor yang selalu online selama kerja
> di kantor
> 4. di komputer server entah dimana, tapi bisa connect selalu
> dimana saja kapan saja
> e. Jika workbook berisi Excel Pivot Table akan digunakan secara offline
> (tidak bisa mengakses sumber data untuk Pivot Cahce), maka Excel Pivot
> Table diatur supaya menyimpan data dalam Pivot Cache sebelum si workbook
> dibawa pergi.
>
>
> *2. Jenis sumber data Excel Pivot Table*
> A. Flat Table
> Contoh :
> i. data di sheet DATA di workbook yang sama,
> ii. di sheet TRANSAKSI di workbook lain,
> iii. Text File,
> iv. database
> B. OLAP (Online Analytical Processing)
> Contoh :
> x. Cube data di *Excel Data Model* karya Excel Analysis
> Toolpak Power Pivot
> y. Cube data di MS SQL Server Analysis Server (SSAS)
> z. Cube data di aplikasi atau sistem BI (Bussiness
> Intelligence) lainnya
>
> *3. Cara Excel Pivot Table mengambil data dari sumber data :*
> A. read (khusus untuk sumber data A.i.)
> B. Excel Data Connection melalui Excel Get External Data (untuk
> sumber data A.ii., A.iii., A.iv., B.y., B.z.)
> C. Excel Data Connection melalui internal mode (untuk sumber data
> B..x.)
>
> /* Sampai disini, sudah mulai jelas bahwa hubungan antara Excel Pivot
> Table dengan Excel Analysis Toolpak Power Pivot adalah dalam kaitan
> mengambil data saja */
> artinya, user diberi keleluasaan oleh Excel Pivot Table dalam memilih
> sumber data yang bisa digunakan.
>
> ----------------------------------------------------------
> --------------------------------------
>
> Sekarang, barulah mengenal tentang si *Power Pivot* eh si Excel Analysis
> Toolpak Power Pivot ding
> *1. Mengenal Excel Analysis Toolpak Power Pivot alias Power Pivot*
> > Sebuah Addin.
> * di xl2007 dan xl2010, sepertinya harus install dan diaktifkan
> * di xl2013 ke atas, addin ini telah di-install bersama MS Office
> sebagai built-in addin, yang secara default adalah aktif.
> > Bagian dari pengembangan MS SQL Server, mulai dari versi MS SQL Server
> 2012, pada sistem Analysis Services (SSAS)
> *** Jadi, mesinnya adalah mesin SSAS, hanya saja secara virtual
> > *Tidak perlu *punya MSSQL SSAS, karena ketika addin ini di-install, dia
> akan meng-install runtime library SSAS sebagai mesin untuk membuat virtual
> data model.
> *** Jadi, di xl2007 dan xl2010, download dan install saja di addin,
> tidak perlu peduli dengan ada atau tidak maupun butuh atau tidak MS SQL
> Server.
> hajar bleh... pokok e install biar punya dulu... mbuh kapan
> pakenya (eh bisa pakenya ding)
> > Tugas utama :
> A. membuat cube data model (mulai dari definisi model sampai struktur
> penyimpanan datanya)
> B. membuat koneksi ke seluruh sumber data (lihat nomor 2. Jenis sumber
> data Excel Pivot Table)
> C. mengkompresi seluruh sumber data agar dapat disimpan sebagai Excel
> Data Model object, yang disimpan dalam workbook yang memanfaatkan Excel
> Analysis Toolpak Power Pivot
> D. memperbarui data dalam cube data model ketika user meminta refresh
> sumber data
> E. menyediakan jasa pembuatan Excel Pivot Table dengan sumber data
> Excel Data Model yang berbentuk Cube Data Model (jenis data OLAP)
> *** Pivot cache dari Excel Pivot Table yang dibuat oleh Excel
> Analysis Toolpak Power Pivot tidak pernah menyimpan data, karena yang
> menyimpan data adalah Excel Data Model.
> > Kapasitas data sebesar 2 GB pada Office 32 bit dan 4 GB pada Office 64
> bit
>
> *2. Kapan pakai Excel Analysis Toolpak Power Pivot*
> > Jika butuh dan memungkinkan untuk diusahakan
> *** Umumnya, saat data lebih dari 1 juta records atau kebutuhan
> menganalisis dari banyak tema data atau ingin mengolah dengan konsep OLAP
> yang compact
> Jadi, sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan efisiensinya saja.
>
> ----------------------------------------------------------
> ----------------------------
>
>
> so,
> kayaknya sekarang case bisa closed...
> tapi gak ah... biar masih kebuka dikit... biar bisa ngintip.. (wkwkwk....
> ati-ati netra-nya jadi timbilen loh...)
>
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
> 2018-01-06 18:44 GMT+07:00 'netty.wuryanti' netty.wuryanti@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Serius nyimak sambil cengar cengir baca penjelasan Master Kid....
>
> Btw power pivot ama pivot sama atau beda kah?
> Di excel 2010 apakah bisa pakai power pivot?
> Maaf mba seis saya masuk di case mba cuma nambah pertanyaan buat master
> kid 😊
> Makasih
>
> Salam,
> Netty
>
> Sent from my Samsung Galaxy smartphone.
>
> -------- Original message --------
> From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com >
> Date: 1/6/18 18:31 (GMT+07:00)
> To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> Subject: Re: [belajar-excel] Ngakalin Filter Slicer Terkoneksi Semua Pivot
> Tapi Beda Database
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Seis,
>
> Banyak tabel data ?
> Oh berarti ada tabel data produksi, tabel data bahan baku, dan tabel data
> sales ya... (3 tabel data)
>
> Kalau banyak tabel data yang dimaksud adalah semuanya data tentang
> produksi, tetapi :
> tabel 1 : produksi per area per hari
> tabel 2 : produksi per grup produk per hari
> tabel 3 : produksi per produk per hari
> artinya kurang pas dalam memilih sumber data, karena tema data hanyalah 1
> (satu), yaitu produksi, yang di dalam kegiatan produksi itu ada area
> produksi, pengelompokan produk, dan sebagainya.
>
> Untuk hal seperti itu, sebaiknya menggunakan 1 (satu) tabel data produksi
> yang memiliki dimensi-dimensi :
> a. dimensi waktu : bisa jadi terdiri dari kolom tanggal produksi dan
> minggu produksi (tidak perlu ada kolom bulan produksi, triwulan produksi,
> tahun produksi)
> b. dimensi produk : bisa jadi terdiri dari kolom id produk, grup produk,
> atau apa saja pengelompokan tentang produk
> c. dimensi lokasi : bisa jadi terdiri dari kolom id lokasi, area,
> provinsi, dsb tentang lokasi produksi
> sedangkan measure (properti nilai yang di-summary) seperti Qty Produksi,
> harga produksi
>
> Dari 1 (satu) tabel dengan tema Produksi di atas, bisa dibuat berbagai
> output, sepert report :
> 1. produksi per area, ada yang harian, bulanan, tahunan, dengan
> nilai utama adalah jumlah produksi
> 2. produksi per grup produk, ada yang harian, bulanan, tahunan,
> dengan nilai utama adalah jumlah produksi
> 3. produksi per area produksi per grup produk berbagai kelompok waktu
> 4. produksi per area produksi per item produk
> 5. dsb dsb sampai ada lebih dari 100 macam dengan tiap macam di
> sheet yang berbeda, malah ada yang diletakkan di workbook yang berbeda di
> komputer yang beda, gedung beda, beda kota, beda negara
>
> Jika macam outputnya bisa diketahui apa saja dan bisa dianalisa butuh
> kolom apa saja, maka tabel sumber data yang dibutuhkan bisa berupa extract
> dari tabel data produksi.
> Contoh :
> 100 lebih sheet report di atas itu dianalisa, ternyata yang dibutuhkan
> hanya :
> a. kolom tanggal (supaya bisa dipakai untuk output harian, output
> bulanan, output tahunan) series 25 tahun..
> b. kolom-kolom lokasi produksi (terbatas pada area produksi dan
> provinsi produksi saja, tidak perlu detil sampai kode pabrik apalagi nomor
> line produksi)
> c. kolom-kolom produk (terbatas pada grup produk dan item produk
> saja, tidak perlu detil sampai warna, ukuran, dsb)
> d. kolom nilai yang dipakai report hanyalah qty produksi saja (tidak
> perlu harga produksi, lama waktu produksi, dsb)
> berarti hanya butuh 1 (satu) tabel data ekstrak produksi berisi
> tanggal produksi, area produksi, provinsi produksi, grup produk, item
> produk, qty produksi.
>
>
> Berbeda halnya dengan banyak tabel (biasanya disebut banyak tema) seperti :
> tabel 1 : data produksi -> berisi banyak dimensi, seperti waktu
> produksi, lokasi, produk, dsb. Measure juga banyak, seperti qty, harga
> produksi, dsb
> tabel 2 : data sales -> berisi banyak dimensi, seperti waktu transaksi
> sales, lokasi penjualan (cabang, provinsi cabang, area cabang dsb), produk
> (grup produk, item produk, ukuran produk, dsb).
> Measure juga banyak, seperti qty
> sales, harga jual, nilai sales, nilai discount, dsb
> Kalau ini jelas sekali bahwa dimensi waktu tanggal produksi tidak akan
> bisa bersama dengan dimensi waktu tanggal invoice..
> Andai analisa seluruh output yang akan dibuat membutuhkan :
> 1. dari tabel sales : tanggal invoice, no inv, kode cabang (mungkin
> beserta seluruh pengolompokan lokasinya), produk (kode produk beserta
> seluruh pengelompokannya), dan nilai sales saja
> 2. dari tabel produksi : tanggal produksi, lokasi produksi (seluruh
> pengelompokan lokasi), produk (kode produk beserta seluruh
> pengelompokannya), dan qty produksi saja
> maka,
> A. jika bisa pakai OLAP (seperti power pivot atau SSAS), maka kedua tabel
> bisa di load bersamaan sebagai 2 tabel fakta (fact table) yang kemudian
> disertai tabel-tabel referensi
> B. punyanya atau bisanya hanya dengan Excel tok til, maka bisa disusun
> tabel besar berisi seluruh kolom yang dibutuhkan.
>
> Contoh : Perusahaan pembuat odong-odong PT. Odong Jaya (tapi bukan
> punyanya mas Odong Nando loh ya.. eh.. tapi gak tahu ding kalo mas Odong
> punya saham disana)
> dengan produksi tersebar di 5 RT di berbagai kecamatan dan penjualan skala
> regional di jabodetabek melalui lebih dari 10 agen penjualan.
> Tabel sales dan tabel produksi bisa dissatukan dengan kehadiran kolom
> NOMOR_MESIN.
> Tapi, tetap lebih baik, jika memungkinkan, memanfaatkan setidaknya power
> pivot. Pakai full Excel tanpa Power pivot juga bisa, toh sudah tahu kolom
> relasi antara 2 tabel itu, yaitu NOMOR_MESIN.
>
> Jadi, kasus ini sebenarnya bagaimana to ?
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
> 2018-01-06 15:57 GMT+07:00 Zerlinda Seismica seismica@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com >:
>
>
> Assalamualaikum wrwb
>
> Mohon izin bertanya banyak dan beda topik biar tidak panjang topik
> kemarin..
> Sesuai dengan subjek imel karena terinspirasi dengan syarat Mr Kid mohon
> dibantu untuk ngakalinnya.
> Mohon bapak ibu bisa melihat lampiran
>
> Wassalam
> Seismica
>
>
>
>
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar