Kamis, 11 Januari 2018

[belajar-excel] Digest Number 4403

6 Messages

Digest #4403

Messages

Thu Jan 11, 2018 4:48 am (PST) . Posted by:

"uharyanto" uharyanto@ymail.com

Hai Mr,

Masih belum bisa muncul, sudah saya coba 2 step yang bapak sampaikan.

sebagai catatan sebelumnya untuk mengaktifkan saya coba2 sesuai link ini

https://support.office.com/id-id/article/Mulai-add-in-PowerPivot-untuk-Excel-a891a66d-36e3-43fc-81e8-fc4798f39ea8

jadi ada beberapa di registri yang saya hapus, namun kemarin saya sudah
install ulang office saya, dan hasilnya power pivot masih belum muncul.

Salam,

Ujang H

On 11/01/2018 19:15, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> Hai Ujang,
>
> Jadi, sudah ada C:\Program Files\Microsoft Office
> 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel
> Add-in\PowerPivotExcelClientAddIn.dll
> Sudah coba set trusted location di Excel Options -> trust center ->
> trust center settings -> Trusted Location -> add new location ->
> tunjuk folder add in milik power pivot -> Ok sampai keluar dari trust
> center
> Setelah itu baru coba lagi excel options -> addins -> com addin
> Moga-moga bisa muncul ya. Jika belum, coba lakukan add dan tunjuk
> manual (saat ini dilakukan, trusted location sudah diset lebih dulu).
>
> Semua ini sekadar mencoba, siapa tahu batasan pengguna powerpivot
> hanya untuk edisi pro plus bisa dilewati, sehingga edisi lainnya bisa
> juga menggunakannya.
>
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2018-01-11 18:32 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com
> <mailto:uharyanto@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups..com>>:
>
> Hai Mr,
>
> Saya pakai excel 2016, bagaimana cara mengaktifkan power pivot
> yang tidak muncul di list add ins, saya sudah masuk melalui menu
> File - Option [tab add-ins - manage : COM Add-ins]
>
>
>
> Saya sudah coba add manual ke C:\Program Files\Microsoft Office
> 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel
> Add-in\PowerPivotExcelClientAddIn.dll namun tetap tidak bisa muncul.
>
>
> Mohon petunjuk lebih lanjut.
>
>
> Salam,
>
> Ujang H
>
>
>
>
>
>
>
> On 09/01/2018 01:19, Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
> <mailto:pakciklukman@gmail.com> [belajar-excel] wrote:
>> Terima kasih atas penjelasan dan sources info untuk power
>> pivotnya yg sangat jelas mr Kid
>>
>>
>> Wassalamualaikim wrwb,
>> Salam
>>
>> Sent from my iPhoneX
>>
>> On Jan 8, 2018, at 8:32 PM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>> wrote:
>>
>>> Wa'alaikumussalam wr wb
>>>
>>> a. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk Excel
>>> Anaysis Tool pak Power Pivot, (maaf saya blm pernah coba dan
>>> lihat di AddIn, atau saya tidak ngeh/memperhatikan jika
>>> installan tsb sdh tersedia di excel
>>>
>>> > Pada xl2013 ke atas, addin (jenis COM addin) sudah ter-install
>>> saat meng-install ms office. Cukup diaktifkan saja. Coba juga
>>> lihat di customize ribbon bila ribbon Power Pivot belum tampak
>>> setelah addin diaktifkan.
>>> > Pada xl2007 dan xl2010, lihat disini
>>> <https://msdn.microsoft.com/en-us/library/gg413462%28v=sql.110%29.aspx>.
>>> Khusus xl2007, power pivot hanya sebagai pivot table viewer
>>> (front end). Jadi, membuat data model-nya di xl2010 ke atas
>>> (yang terinstall Power Pivot). Data yang ada di dalam data model
>>> power pivot, yang ditampilkan sebagai Excel Pivot Table, bisa
>>> dilihat di xl2007, dan bisa dimanfaatkan secara penuh di xl2010
>>> ke atas.
>>> *** xl2007 belum ada fitur Slicer bukan ?
>>> > Tidak bisa sama sekali di xl2003 ke bawah
>>>
>>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan beban
>>> kerja komputer (mungkin lebih lambat, jika mengolah data yg
>>> cukup besar) dibandingkan menggunakan pivot table?
>>>
>>> > hmmm... kenapa masih membandingkan Power Pivot dengan Pivot
>>> Table ? bersediakah membaca ulang penjelasan tempo lalu ?
>>> > Kalau mau membandingkan, maka yang dibandingkan adalah seperti
>>> ini :
>>> pada Excel Pivot Table, apa perbedaan pivot table yang pakai
>>> sumber data jenis OLAP vs jenis flat table ?
>>> > Simpelnya,
>>>       * Excel Pivot Table dengan sumber Flat Table artinya pivot
>>> table hanya mengambil dari 1 (satu) tabel data.
>>>       * Excel Pivot Table dengan sumper OLAP artinya pivot table
>>> hanya mengambil dari 1 (satu) paket data (cube) [1 paket data
>>> bisa berisi buuuaaaanyyaaaaaakkkk buuiingiiits tabel data <jika
>>> dibutuhkan>]
>>>       Jadi, jika sumber tabel data ada banyak, maka OLAP (misal
>>> hasil karya Power Pivot atau SSAS atau sistem BI lainnya) akan
>>> lebih ringan, cepat, ringkas
>>> > Supaya lebih riil, pakai kasus output dari data 1 (satu) tabel
>>> saja, yang diletakkan di workbook yang sama.
>>>    Contoh 1 :
>>>       Data Penjualan, ada tanggal invoice, produk, agen
>>> penjualan, customer, dan nilai uang invoice
>>>       Pada data 12 bulan, ada sejumlah 600k records.
>>>    Kasusnya :
>>>      Output yang diminta :
>>>        1. Nilai invoice per bulan per provinsi customer
>>>        2. Nilai invoice per bulan per provinsi agen penjualan
>>>    Kolom-kolom yang dibutuhkan :
>>>       1. Provinsi Customer
>>>       2. Provinsi Agen Penjualan
>>>       3. Nilai uang invoice
>>>
>>>    - dengan jenis sumber data Flat Table, maka sebuah sheet
>>> dalam workbook berisi tabel data 600k records :
>>> tanggal data, nilai uang invoice, provinsi customer, provinsi
>>> agen penjualan
>>>       misal : nama provinsi rata-rata 50 char, maka sudah ada
>>> beban workbook menulis dan membaca 50 char * 2 kolom nama
>>> provinsi * 600k = 60000k = 60M
>>>    - dengan jenis sumber data OLAP, maka tabel data dipecah
>>> menjadi tabel daftar provinsi (saat ini 34 records provinsi di
>>> Indonesia) dan tabel data 600k records
>>>          tabel daftar provinsi dengan kolom KODE_PROVINSI dan
>>> NAMA_PROVINSI (max 100 char)
>>>          tabel data dengan kolom tanggal invoice, nilai uang
>>> invoice, KODE_PROVINSI_CUSTOMER, KODE_PROVINSI_AGEN
>>>       misal : KODE_PROVINSI adalah angka 1 sampai 34, maka beban
>>> workbook menulis dan membaca 2 char * 2 kolom kode provinsi *
>>> 600k = 2400k = 2.4M
>>>       *** Kira-kira,
>>>            1. lebih cepat mana ? membaca 60 juta lembar atau 2.4
>>> juta lembar
>>>            2. lebih berat mana ? mengangkat 60 juta ton kapas
>>> atau 2.4 juta ton besi
>>> 3. lebih repot mana ? ngurus ktp melewati 60 juta loket atau 2.4
>>> juta loket
>>>
>>> > Kalau lihat contoh di atas, pasti akan dengan mudah menentukan
>>> bahwa sumber data jenis OLAP lebih menguntungkan dan lebih jadi
>>> pilihan.
>>> TAPI, kid said : "sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan
>>> efisiensinya saja."
>>> Misal :
>>> > Untuk data hanya sedikit dan output yang simple, flat table
>>> sudah cukup, dengan alasan bahwa kebutuhan terpenuhi dan waktu
>>> tunggu kerja Excel Pivot Table tidak selama membuat mie goreng
>>> > Untuk data hanya ada 100 baris tapi banyak table, ya kalau
>>> bisa digabung, digabung dulu lalu pakai jenis sumber flat table.
>>> Kalau ogah repot nggabung, pakai OLAP
>>> > Data dari server database ber-jt-jt records, bisa muat di RAM
>>> yang dialokasikan untuk Excel, ya pakai koneksi data sebagai
>>> Flat Table, kalau tidak muat, ya pakai OLAP
>>> kan jadi enak to....
>>> tidak terpaku mana yang lebih sesuatu dari yang lainnya.
>>> selalu lihat hal baik, manfaatkan, sebarkan. tutupi hal yang
>>> terlihat buruk dengan hal baik dari pihak lain.
>>>
>>> Demikianlah...
>>>
>>> Wassalamu'alaikum wr wb
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>> 2018-01-08 7:58 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>>> <mailto:pakciklukman@gmail.com> [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>>
>>> Assalamualaikum Mr Kid dan Mrs Netty,
>>>
>>> maaf numpang nimbrung, dan titip pertanyaaan juga, dari
>>> penjelasaan Excel Analysis Toolpak Power Pivot, ada
>>> pertanyaan yg saya ingin tanyakan (kepo nih)
>>> a.. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk
>>> Excel Anaysis Tool pak Power Pivot, (maaf saya blm pernah
>>> coba dan lihat di AddIn, atau saya tidak ngeh/memperhatikan
>>> jika installan tsb sdh tersedia di excel
>>>
>>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan beban
>>> kerja komputer (mungkin lebih lambat, jika mengolah data yg
>>> cukup besar) dibandingkan menggunakan pivot table?
>>>
>>> demikian pak pertanyaannya, buat saya yg msh belajar ttg excel
>>>
>>> salam,
>>>
>>> Pada 6 Januari 2018 21.08, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups..com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>> menulis:
>>>
>>> Hai Netty,
>>>
>>> Pertanyaannya disebut dengan bunyi yang lengkap pada
>>> object utamanya ya...
>>> Jadi begini :
>>>
>>> Btw Excel Analysis Toolpak Power Pivot ama Excel
>>> Pivot Table sama atau beda kah?
>>>
>>> > hmmm... sudah terjawab tuh..
>>> > Jadi, keduanya berbeda.
>>> > dah selesai kan.... case closed
>>>
>>>
>>> btw,
>>> kalo gitu doank, bisa jadi bakal terbesit pertanyaan :
>>> "Bagus mana, Excel Analysis Toolpak Power Pivot atau
>>> Excel Pivot Table  ?"
>>> > ini pertanyaan yang kritis, yaitu kritis tingkat
>>> kemudengannya... untung belum pingsan apalagi koma si
>>> kemudengannya itu...
>>> > Jadi, jangan punya pertanyaan kayak begitu ya....
>>> > Apalagi menjawab pertanyaan kayak begitu.. (njawabnya
>>> pake 'Kid bilang sih begini n begitu')
>>>
>>> Supaya jelas bedanya, begini :
>>> *1. Kenali dulu Excel Pivot Table
>>> *
>>> > Fitur Excel untuk menampilkan data dalam bentuk pivot
>>> table
>>> > User bisa menata layout sesukanya dari data yang
>>> dimiliki oleh si pivot table
>>> > data pivot table ditata oleh Excel Pivot Table di
>>> dalam ruang bernama *Pivot Cache*.
>>> > User mengisi definisi Pivot Cache saat menentukan
>>> Pivot Table Data Source
>>>    *** ingat hal ini gak :
>>>     a. di tools menu PivotTable Tool ada salah satu menu
>>> bernama Change Data Source,
>>>     b. atau menunjukkan Data Source saat akan buat pivot
>>> table
>>>     c. atau kalo selesai melakukan Get External Data,
>>> muncul dialog window pilihan data hasil get external
>>> data akan ditampilkan dalam Excel Table, Pivot Table,
>>> Pivot Table n chart
>>>    nah... itulah saat-saat si user mendefinisikan Pivot
>>> Cache. Excel akan segera membuatkan Pivot Cache dan
>>> mengisi dengan data.
>>> > User bisa memperbarui data dengan Refresh pivot table
>>> (termasuk lewat jalur Refresh All yang dimiliki si Workbook)
>>>    *** Artinya, user memerintahkan Excel Pivot Table
>>> untuk mengambil ulang data dan memasukkannya ke Pivot
>>> Cache, lalu dari Pivot Cache ditampilkan sesuai layout
>>> buatan user ke berbagai Pivot Tables
>>> > Excel Pivot Table mampu menyimpan Pivot Cache di dalam
>>> workbook.
>>>
>>> Ok, jadi sampai disini sudah jelas bahwa :
>>>
>>> a. 1 bijik Pivot Cache, bisa jadi banyak layout
>>> Pivot Table. Sehingga, jika salah satu saja si
>>> layout di-refresh, maka semua layout pivot table
>>> yang pakai Pivot Cache yang sama akan terbarukan
>>> datanya.
>>> b. Pivot Cache mengambil data dari tempat yang
>>> ditentukan user saat akan membuat Excel Pivot Table.
>>> c. Sebaiknya, 1 (satu) sumber data jadi 1 (satu)
>>> pivot cahce
>>>     Jadi, jika 1 (satu) sumber data akan dipakai
>>> oleh banyak layout pivot table, maka cukup buat
>>> pivot table 1 (satu) kali saja (kali ya, bukan
>>> bijik) [supaya cuma membuat 1 pivot cache dari
>>> sumber data itu].
>>> Layout lainnya (yang ada banyak) diatur dari hasil
>>> copy paste si layout pivot table yang pertama kali
>>> dibuat tadi..
>>> d.. Jika sumber data si pivot cache (nyebutnya
>>> sumber data si pivot deh, biar berasa familiar) bisa
>>> diakses terus menerus oleh si Excel,
>>> sebaiknya Excel Pivot Table tidak diijinkan
>>> menyimpan data di dalam Pivot Cache
>>>      *** Contoh :
>>> 1. Sumber data ada di sheet DATA dalam workbook yang
>>> sama dengan sheet OUTPUT berisi pivot table, maka
>>> pivot table jangan diijinkan menyimpan data agar
>>> size workbook tidak membesar
>>> 2. Sumber data ada di text file di folder X di
>>> komputer tersebut
>>> 3.. Ada di komputer server kantor yang selalu online
>>> selama kerja di kantor
>>> 4. di komputer server entah dimana, tapi bisa
>>> connect selalu dimana saja kapan saja
>>> e. Jika workbook berisi Excel Pivot Table akan
>>> digunakan secara offline (tidak bisa mengakses
>>> sumber data untuk Pivot Cahce), maka Excel Pivot
>>> Table diatur supaya menyimpan data dalam Pivot Cache
>>> sebelum si workbook dibawa pergi.
>>>
>>>
>>> *2. Jenis sumber data Excel Pivot Table*
>>>     A. Flat Table
>>> Contoh :
>>> i. data di sheet DATA di workbook yang sama,
>>> ii. di sheet TRANSAKSI di workbook lain,
>>> iii. Text File,
>>> iv. database
>>>     B. OLAP (Online Analytical Processing)
>>> Contoh :
>>> x. Cube data di *Excel Data Model* karya Excel Analysis
>>> Toolpak Power Pivot
>>> y. Cube data di MS SQL Server Analysis Server (SSAS)
>>> z. Cube data di aplikasi atau sistem BI (Bussiness
>>> Intelligence) lainnya
>>>
>>> *3. Cara Excel Pivot Table mengambil data dari sumber
>>> data :*
>>>      A. read (khusus untuk sumber data A.i.)
>>>      B. Excel Data Connection melalui Excel Get External
>>> Data (untuk sumber data A.ii., A.iii., A.iv.., B.y..., B.z.)
>>>      C. Excel Data Connection melalui internal mode
>>> (untuk sumber data B..x.)
>>>
>>> /* Sampai disini, sudah mulai jelas bahwa hubungan
>>> antara Excel Pivot Table dengan Excel Analysis Toolpak
>>> Power Pivot adalah dalam kaitan mengambil data saja */
>>> artinya, user diberi keleluasaan oleh Excel Pivot Table
>>> dalam memilih sumber data yang bisa digunakan.
>>>
>>> ----------------------------------------------------------
>>>
>>> Sekarang, barulah mengenal tentang si *Power Pivot* eh
>>> si Excel Analysis Toolpak Power Pivot ding
>>> *1. Mengenal Excel Analysis Toolpak Power Pivot alias
>>> Power Pivot*
>>> > Sebuah Addin.
>>>    * di xl2007 dan xl2010, sepertinya harus install dan
>>> diaktifkan
>>>    * di xl2013 ke atas, addin ini telah di-install
>>> bersama MS Office sebagai built-in addin, yang secara
>>> default adalah aktif.
>>> > Bagian dari pengembangan MS SQL Server, mulai dari
>>> versi MS SQL Server 2012, pada sistem Analysis Services
>>> (SSAS)
>>>    *** Jadi, mesinnya adalah mesin SSAS, hanya saja
>>> secara virtual
>>> > *Tidak perlu *punya MSSQL SSAS, karena ketika addin ini
>>> di-install, dia akan meng-install runtime library SSAS
>>> sebagai mesin untuk membuat virtual data model.
>>>     *** Jadi, di xl2007 dan xl2010, download dan install
>>> saja di addin, tidak perlu peduli dengan ada atau tidak
>>> maupun butuh atau tidak MS SQL Server.
>>> hajar bleh... pokok e install biar punya dulu... mbuh
>>> kapan pakenya (eh bisa pakenya ding)
>>> > Tugas utama :
>>>    A. membuat cube data model (mulai dari definisi model
>>> sampai struktur penyimpanan datanya)
>>>    B.. membuat koneksi ke seluruh sumber data (lihat
>>> nomor 2. Jenis sumber data Excel Pivot Table)
>>>    C. mengkompresi seluruh sumber data agar dapat
>>> disimpan sebagai Excel Data Model object, yang disimpan
>>> dalam workbook yang memanfaatkan Excel Analysis Toolpak
>>> Power Pivot
>>>    D. memperbarui data dalam cube data model ketika user
>>> meminta refresh sumber data
>>>    E. menyediakan jasa pembuatan Excel Pivot Table
>>> dengan sumber data Excel Data Model yang berbentuk Cube
>>> Data Model (jenis data OLAP)
>>> *** Pivot cache dari Excel Pivot Table yang dibuat oleh
>>> Excel Analysis Toolpak Power Pivot tidak pernah
>>> menyimpan data, karena yang menyimpan data adalah Excel
>>> Data Model.
>>> > Kapasitas data sebesar 2 GB pada Office 32 bit dan 4
>>> GB pada Office 64 bit
>>>
>>> *2. Kapan pakai Excel Analysis Toolpak Power Pivot*
>>> > Jika butuh dan memungkinkan untuk diusahakan
>>>    *** Umumnya, saat data lebih dari 1 juta records atau
>>> kebutuhan menganalisis dari banyak tema data atau ingin
>>> mengolah dengan konsep OLAP yang compact
>>>    Jadi, sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan
>>> efisiensinya saja.
>>>
>>> ----------------------------------------------------------
>>>
>>>
>>> so,
>>> kayaknya sekarang case bisa closed...
>>> tapi gak ah... biar masih kebuka dikit... biar bisa
>>> ngintip.. (wkwkwk... ati-ati netra-nya jadi timbilen
>>> loh...)
>>>
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2018-01-06 18:44 GMT+07:00 'netty.wuryanti'
>>> netty.wuryanti@yahoo.com
>>> <mailto:netty.wuryanti@yahoo.com> [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>>
>>> Dear Mr. Kid,
>>>
>>> Serius nyimak sambil cengar cengir baca penjelasan
>>> Master Kid....
>>>
>>> Btw power pivot ama pivot sama atau beda kah?
>>> Di excel 2010 apakah bisa pakai power pivot?
>>> Maaf mba seis saya masuk di case mba cuma nambah
>>> pertanyaan buat master kid 😊
>>> Makasih
>>>
>>> Salam,
>>> Netty
>>>
>>> Sent from my Samsung Galaxy smartphone.
>>>
>>> -------- Original message --------
>>> From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel]"
>>> <belajar-excel@yahoogroups...com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>
>>> Date: 1/6/18 18:31 (GMT+07:00)
>>> To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>
>>> Subject: Re: [belajar-excel] Ngakalin Filter Slicer
>>> Terkoneksi Semua Pivot Tapi Beda Database
>>>
>>> Wa'alaikumussalam wr wb
>>>
>>> Hai Seis,
>>>
>>> Banyak tabel data ?
>>> Oh berarti ada tabel data produksi, tabel data bahan
>>> baku, dan tabel data sales ya... (3 tabel data)
>>>
>>> Kalau banyak tabel data yang dimaksud adalah
>>> semuanya data tentang produksi, tetapi :
>>>    tabel 1 : produksi per area per hari
>>>    tabel 2 : produksi per grup produk per hari
>>>    tabel 3 : produksi per produk per hari
>>> artinya kurang pas dalam memilih sumber data, karena
>>> tema data hanyalah 1 (satu), yaitu produksi, yang di
>>> dalam kegiatan produksi itu ada area produksi,
>>> pengelompokan produk, dan sebagainya.
>>>
>>> Untuk hal seperti itu, sebaiknya menggunakan 1
>>> (satu) tabel data produksi yang memiliki
>>> dimensi-dimensi :
>>> a. dimensi waktu : bisa jadi terdiri dari kolom
>>> tanggal produksi dan minggu produksi (tidak perlu
>>> ada kolom bulan produksi, triwulan produksi, tahun
>>> produksi)
>>> b. dimensi produk : bisa jadi terdiri dari kolom id
>>> produk, grup produk, atau apa saja pengelompokan
>>> tentang produk
>>> c. dimensi lokasi : bisa jadi terdiri dari kolom id
>>> lokasi, area, provinsi, dsb tentang lokasi produksi
>>> sedangkan measure (properti nilai yang di-summary)
>>> seperti Qty Produksi, harga produksi
>>>
>>> Dari 1 (satu) tabel dengan tema Produksi di atas,
>>> bisa dibuat berbagai output, sepert report :
>>>       1. produksi per area, ada yang harian,
>>> bulanan, tahunan, dengan nilai utama adalah jumlah
>>> produksi
>>>       2. produksi per grup produk, ada yang harian,
>>> bulanan, tahunan, dengan nilai utama adalah jumlah
>>> produksi
>>>       3. produksi per area produksi per grup produk
>>> berbagai kelompok waktu
>>>       4. produksi per area produksi per item produk
>>>       5. dsb dsb sampai ada lebih dari 100 macam
>>> dengan tiap macam di sheet yang berbeda, malah ada
>>> yang diletakkan di workbook yang berbeda di komputer
>>> yang beda, gedung beda, beda kota, beda negara
>>>
>>> Jika macam outputnya bisa diketahui apa saja dan
>>> bisa dianalisa butuh kolom apa saja, maka tabel
>>> sumber data yang dibutuhkan bisa berupa extract dari
>>> tabel data produksi.
>>> Contoh :
>>>     100 lebih sheet report di atas itu dianalisa,
>>> ternyata yang dibutuhkan hanya :
>>>      a. kolom tanggal (supaya bisa dipakai untuk
>>> output harian, output bulanan, output tahunan)
>>> series 25 tahun...
>>>      b. kolom-kolom lokasi produksi (terbatas pada
>>> area produksi dan provinsi produksi saja, tidak
>>> perlu detil sampai kode pabrik apalagi nomor line
>>> produksi)
>>>      c. kolom-kolom produk (terbatas pada grup
>>> produk dan item produk saja, tidak perlu detil
>>> sampai warna, ukuran, dsb)
>>>      d. kolom nilai yang dipakai report hanyalah qty
>>> produksi saja (tidak perlu harga produksi, lama
>>> waktu produksi, dsb)
>>> berarti hanya butuh 1 (satu) tabel data ekstrak
>>> produksi berisi tanggal produksi, area produksi,
>>> provinsi produksi, grup produk, item produk, qty
>>> produksi.
>>>
>>>
>>> Berbeda halnya dengan banyak tabel (biasanya disebut
>>> banyak tema) seperti :
>>>     tabel 1 : data produksi -> berisi banyak
>>> dimensi, seperti waktu produksi, lokasi, produk,
>>> dsb. Measure juga banyak, seperti qty, harga
>>> produksi, dsb
>>>     tabel 2 : data sales -> berisi banyak dimensi,
>>> seperti waktu transaksi sales, lokasi penjualan
>>> (cabang, provinsi cabang, area cabang dsb), produk
>>> (grup produk, item produk, ukuran produk, dsb)..
>>> Measure juga banyak, seperti qty sales, harga jual,
>>> nilai sales, nilai discount, dsb
>>> Kalau ini jelas sekali bahwa dimensi waktu tanggal
>>> produksi tidak akan bisa bersama dengan dimensi
>>> waktu tanggal invoice..
>>> Andai analisa seluruh output yang akan dibuat
>>> membutuhkan :
>>> 1. dari tabel sales : tanggal invoice, no inv, kode
>>> cabang (mungkin beserta seluruh pengolompokan
>>> lokasinya), produk (kode produk beserta seluruh
>>> pengelompokannya), dan nilai sales saja
>>> 2. dari tabel produksi : tanggal produksi, lokasi
>>> produksi (seluruh pengelompokan lokasi), produk
>>> (kode produk beserta seluruh pengelompokannya), dan
>>> qty produksi saja
>>> maka,
>>> A. jika bisa pakai OLAP (seperti power pivot atau
>>> SSAS), maka kedua tabel bisa di load bersamaan
>>> sebagai 2 tabel fakta (fact table) yang kemudian
>>> disertai tabel-tabel referensi
>>> B. punyanya atau bisanya hanya dengan Excel tok til,
>>> maka bisa disusun tabel besar berisi seluruh kolom
>>> yang dibutuhkan..
>>>
>>> Contoh : Perusahaan pembuat odong-odong PT. Odong
>>> Jaya (tapi bukan punyanya mas Odong Nando loh ya..
>>> eh.. tapi gak tahu ding kalo mas Odong punya saham
>>> disana)
>>> dengan produksi tersebar di 5 RT di berbagai
>>> kecamatan dan penjualan skala regional di
>>> jabodetabek melalui lebih dari 10 agen penjualan..
>>> Tabel sales dan tabel produksi bisa dissatukan
>>> dengan kehadiran kolom NOMOR_MESIN.
>>> Tapi, tetap lebih baik, jika memungkinkan,
>>> memanfaatkan setidaknya power pivot. Pakai full
>>> Excel tanpa Power pivot juga bisa, toh sudah tahu
>>> kolom relasi antara 2 tabel itu, yaitu NOMOR_MESIN.
>>>
>>> Jadi, kasus ini sebenarnya bagaimana to ?
>>>
>>> Wassalamu'alaikum wr wb
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2018-01-06 15:57 GMT+07:00 Zerlinda Seismica
>>> seismica@yahoo.com <mailto:seismica@yahoo.com>
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>>
>>> Assalamualaikum wrwb
>>>
>>> Mohon izin bertanya banyak dan beda topik biar
>>> tidak panjang topik kemarin.
>>> Sesuai dengan subjek imel karena terinspirasi
>>> dengan syarat Mr Kid mohon dibantu untuk
>>> ngakalinnya.
>>> Mohon bapak ibu bisa melihat lampiran
>>>
>>> Wassalam
>>> Seismica
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>
>
>

Thu Jan 11, 2018 5:18 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

turut berduka...
power pivot tidak bisa di edisi office Anda.

Coba install Office 2010 lalu download add in power pivot dan install.
Biasanya bisa, tapi seberapa bisanya juga saya gak tahu (gak pernah pakai
xl2010)

Regards,
Kid

2018-01-11 19:48 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai Mr,
>
> Masih belum bisa muncul, sudah saya coba 2 step yang bapak sampaikan.
>
> sebagai catatan sebelumnya untuk mengaktifkan saya coba2 sesuai link ini
>
> https://support.office.com/id-id/article/Mulai-add-in-
> PowerPivot-untuk-Excel-a891a66d-36e3-43fc-81e8-fc4798f39ea8
>
> jadi ada beberapa di registri yang saya hapus, namun kemarin saya sudah
> install ulang office saya, dan hasilnya power pivot masih belum muncul..
>
>
> Salam,
>
> Ujang H
>
>
>
> On 11/01/2018 19:15, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
> Hai Ujang,
>
> Jadi, sudah ada C:\Program Files\Microsoft Office
> 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel Add-in\PowerPivotExcelClientAd
> dIn.dll
> Sudah coba set trusted location di Excel Options -> trust center -> trust
> center settings -> Trusted Location -> add new location -> tunjuk folder
> add in milik power pivot -> Ok sampai keluar dari trust center
> Setelah itu baru coba lagi excel options -> addins -> com addin
> Moga-moga bisa muncul ya. Jika belum, coba lakukan add dan tunjuk manual
> (saat ini dilakukan, trusted location sudah diset lebih dulu).
>
> Semua ini sekadar mencoba, siapa tahu batasan pengguna powerpivot hanya
> untuk edisi pro plus bisa dilewati, sehingga edisi lainnya bisa juga
> menggunakannya.
>
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2018-01-11 18:32 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Hai Mr,
>>
>> Saya pakai excel 2016, bagaimana cara mengaktifkan power pivot yang tidak
>> muncul di list add ins, saya sudah masuk melalui menu File - Option [tab
>> add-ins - manage : COM Add-ins]
>>
>>
>>
>> Saya sudah coba add manual ke C:\Program Files\Microsoft Office
>> 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel Add-in\PowerPivotExcelClientAddIn.dll
>> namun tetap tidak bisa muncul.
>>
>>
>> Mohon petunjuk lebih lanjut.
>>
>>
>> Salam,
>>
>> Ujang H
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> On 09/01/2018 01:19, Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>> [belajar-excel] wrote:
>>
>>
>> Terima kasih atas penjelasan dan sources info untuk power pivotnya yg
>> sangat jelas mr Kid
>>
>>
>> Wassalamualaikim wrwb,
>> Salam
>>
>> Sent from my iPhoneX
>>
>> On Jan 8, 2018, at 8:32 PM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>
>> Wa'alaikumussalam wr wb
>>
>> a. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk Excel Anaysis Tool
>>> pak Power Pivot, (maaf saya blm pernah coba dan lihat di AddIn, atau saya
>>> tidak ngeh/memperhatikan jika installan tsb sdh tersedia di excel
>>>
>> > Pada xl2013 ke atas, addin (jenis COM addin) sudah ter-install saat
>> meng-install ms office. Cukup diaktifkan saja. Coba juga lihat di customize
>> ribbon bila ribbon Power Pivot belum tampak setelah addin diaktifkan.
>> > Pada xl2007 dan xl2010, lihat disini
>> <https://msdn.microsoft.com/en-us/library/gg413462%28v=sql.110%29.aspx>.
>> Khusus xl2007, power pivot hanya sebagai pivot table viewer (front end).
>> Jadi, membuat data model-nya di xl2010 ke atas (yang terinstall Power
>> Pivot). Data yang ada di dalam data model power pivot, yang ditampilkan
>> sebagai Excel Pivot Table, bisa dilihat di xl2007, dan bisa dimanfaatkan
>> secara penuh di xl2010 ke atas.
>> *** xl2007 belum ada fitur Slicer bukan ?
>> > Tidak bisa sama sekali di xl2003 ke bawah
>>
>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan beban kerja
>>> komputer (mungkin lebih lambat, jika mengolah data yg cukup besar)
>>> dibandingkan menggunakan pivot table?
>>>
>> > hmmm... kenapa masih membandingkan Power Pivot dengan Pivot Table ?
>> bersediakah membaca ulang penjelasan tempo lalu ?
>> > Kalau mau membandingkan, maka yang dibandingkan adalah seperti ini :
>> pada Excel Pivot Table, apa perbedaan pivot table yang
>> pakai sumber data jenis OLAP vs jenis flat table ?
>> > Simpelnya,
>> * Excel Pivot Table dengan sumber Flat Table artinya pivot table
>> hanya mengambil dari 1 (satu) tabel data.
>> * Excel Pivot Table dengan sumper OLAP artinya pivot table hanya
>> mengambil dari 1 (satu) paket data (cube) [1 paket data bisa berisi
>> buuuaaaanyyaaaaaakkkk buuiingiiits tabel data <jika dibutuhkan>]
>> Jadi, jika sumber tabel data ada banyak, maka OLAP (misal hasil
>> karya Power Pivot atau SSAS atau sistem BI lainnya) akan lebih ringan,
>> cepat, ringkas
>> > Supaya lebih riil, pakai kasus output dari data 1 (satu) tabel saja,
>> yang diletakkan di workbook yang sama.
>> Contoh 1 :
>> Data Penjualan, ada tanggal invoice, produk, agen penjualan,
>> customer, dan nilai uang invoice
>> Pada data 12 bulan, ada sejumlah 600k records.
>> Kasusnya :
>> Output yang diminta :
>> 1. Nilai invoice per bulan per provinsi customer
>> 2. Nilai invoice per bulan per provinsi agen penjualan
>> Kolom-kolom yang dibutuhkan :
>> 1. Provinsi Customer
>> 2. Provinsi Agen Penjualan
>> 3. Nilai uang invoice
>>
>> - dengan jenis sumber data Flat Table, maka sebuah sheet dalam
>> workbook berisi tabel data 600k records :
>> tanggal data, nilai uang invoice, provinsi customer,
>> provinsi agen penjualan
>> misal : nama provinsi rata-rata 50 char, maka sudah ada beban
>> workbook menulis dan membaca 50 char * 2 kolom nama provinsi * 600k =
>> 60000k = 60M
>> - dengan jenis sumber data OLAP, maka tabel data dipecah menjadi tabel
>> daftar provinsi (saat ini 34 records provinsi di Indonesia) dan tabel data
>> 600k records
>> tabel daftar provinsi dengan kolom KODE_PROVINSI dan
>> NAMA_PROVINSI (max 100 char)
>> tabel data dengan kolom tanggal invoice, nilai uang invoice,
>> KODE_PROVINSI_CUSTOMER, KODE_PROVINSI_AGEN
>> misal : KODE_PROVINSI adalah angka 1 sampai 34, maka beban workbook
>> menulis dan membaca 2 char * 2 kolom kode provinsi * 600k = 2400k = 2.4M
>> *** Kira-kira,
>> 1. lebih cepat mana ? membaca 60 juta lembar atau 2.4 juta
>> lembar
>> 2. lebih berat mana ? mengangkat 60 juta ton kapas atau 2.4
>> juta ton besi
>> 3. lebih repot mana ? ngurus ktp melewati 60 juta loket atau
>> 2.4 juta loket
>>
>> > Kalau lihat contoh di atas, pasti akan dengan mudah menentukan bahwa
>> sumber data jenis OLAP lebih menguntungkan dan lebih jadi pilihan.
>> TAPI, kid said : "sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan
>> efisiensinya saja."
>> Misal :
>> > Untuk data hanya sedikit dan output yang simple, flat table
>> sudah cukup, dengan alasan bahwa kebutuhan terpenuhi dan waktu tunggu kerja
>> Excel Pivot Table tidak selama membuat mie goreng
>> > Untuk data hanya ada 100 baris tapi banyak table, ya kalau
>> bisa digabung, digabung dulu lalu pakai jenis sumber flat table. Kalau ogah
>> repot nggabung, pakai OLAP
>> > Data dari server database ber-jt-jt records, bisa muat di RAM
>> yang dialokasikan untuk Excel, ya pakai koneksi data sebagai Flat Table,
>> kalau tidak muat, ya pakai OLAP
>> kan jadi enak to....
>> tidak terpaku mana yang lebih sesuatu dari yang lainnya.
>> selalu lihat hal baik, manfaatkan, sebarkan. tutupi hal yang terlihat
>> buruk dengan hal baik dari pihak lain.
>>
>> Demikianlah...
>>
>> Wassalamu'alaikum wr wb
>> Kid
>>
>>
>>
>> 2018-01-08 7:58 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>> Assalamualaikum Mr Kid dan Mrs Netty,
>>>
>>> maaf numpang nimbrung, dan titip pertanyaaan juga, dari penjelasaan
>>> Excel Analysis Toolpak Power Pivot, ada pertanyaan yg saya ingin tanyakan
>>> (kepo nih)
>>> a.. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk Excel Anaysis
>>> Tool pak Power Pivot, (maaf saya blm pernah coba dan lihat di AddIn, atau
>>> saya tidak ngeh/memperhatikan jika installan tsb sdh tersedia di excel
>>>
>>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan beban kerja
>>> komputer (mungkin lebih lambat, jika mengolah data yg cukup besar)
>>> dibandingkan menggunakan pivot table?
>>>
>>> demikian pak pertanyaannya, buat saya yg msh belajar ttg excel
>>>
>>> salam,
>>>
>>> Pada 6 Januari 2018 21.08, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups..com <belajar-excel@yahoogroups.com>>
>>> menulis:
>>>
>>>>
>>>> Hai Netty,
>>>>
>>>> Pertanyaannya disebut dengan bunyi yang lengkap pada object utamanya
>>>> ya...
>>>> Jadi begini :
>>>>
>>>>> Btw Excel Analysis Toolpak Power Pivot ama Excel Pivot Table sama
>>>>> atau beda kah?
>>>>>
>>>> > hmmm... sudah terjawab tuh..
>>>> > Jadi, keduanya berbeda.
>>>> > dah selesai kan.... case closed
>>>>
>>>>
>>>> btw,
>>>> kalo gitu doank, bisa jadi bakal terbesit pertanyaan :
>>>> "Bagus mana, Excel Analysis Toolpak Power Pivot atau Excel Pivot Table
>>>> ?"
>>>> > ini pertanyaan yang kritis, yaitu kritis tingkat kemudengannya...
>>>> untung belum pingsan apalagi koma si kemudengannya itu...
>>>> > Jadi, jangan punya pertanyaan kayak begitu ya...
>>>> > Apalagi menjawab pertanyaan kayak begitu.. (njawabnya pake 'Kid
>>>> bilang sih begini n begitu')
>>>>
>>>> Supaya jelas bedanya, begini :
>>>>
>>>> *1. Kenali dulu Excel Pivot Table *
>>>> > Fitur Excel untuk menampilkan data dalam bentuk pivot table
>>>> > User bisa menata layout sesukanya dari data yang dimiliki oleh si
>>>> pivot table
>>>> > data pivot table ditata oleh Excel Pivot Table di dalam ruang
>>>> bernama *Pivot Cache*.
>>>> > User mengisi definisi Pivot Cache saat menentukan Pivot Table Data
>>>> Source
>>>> *** ingat hal ini gak :
>>>> a. di tools menu PivotTable Tool ada salah satu menu bernama Change
>>>> Data Source,
>>>> b. atau menunjukkan Data Source saat akan buat pivot table
>>>> c. atau kalo selesai melakukan Get External Data, muncul dialog
>>>> window pilihan data hasil get external data akan ditampilkan dalam Excel
>>>> Table, Pivot Table, Pivot Table n chart
>>>> nah... itulah saat-saat si user mendefinisikan Pivot Cache. Excel
>>>> akan segera membuatkan Pivot Cache dan mengisi dengan data..
>>>> > User bisa memperbarui data dengan Refresh pivot table (termasuk lewat
>>>> jalur Refresh All yang dimiliki si Workbook)
>>>> *** Artinya, user memerintahkan Excel Pivot Table untuk mengambil
>>>> ulang data dan memasukkannya ke Pivot Cache, lalu dari Pivot Cache
>>>> ditampilkan sesuai layout buatan user ke berbagai Pivot Tables
>>>> > Excel Pivot Table mampu menyimpan Pivot Cache di dalam workbook.
>>>>
>>>> Ok, jadi sampai disini sudah jelas bahwa :
>>>>
>>>>> a. 1 bijik Pivot Cache, bisa jadi banyak layout Pivot Table. Sehingga,
>>>>> jika salah satu saja si layout di-refresh, maka semua layout pivot table
>>>>> yang pakai Pivot Cache yang sama akan terbarukan datanya.
>>>>> b. Pivot Cache mengambil data dari tempat yang ditentukan user saat
>>>>> akan membuat Excel Pivot Table.
>>>>> c. Sebaiknya, 1 (satu) sumber data jadi 1 (satu) pivot cahce
>>>>> Jadi, jika 1 (satu) sumber data akan dipakai oleh banyak layout
>>>>> pivot table, maka cukup buat pivot table 1 (satu) kali saja (kali ya, bukan
>>>>> bijik) [supaya cuma membuat 1 pivot cache dari sumber data itu].
>>>>> Layout lainnya (yang ada banyak) diatur dari hasil copy paste si
>>>>> layout pivot table yang pertama kali dibuat tadi..
>>>>> d.. Jika sumber data si pivot cache (nyebutnya sumber data si pivot
>>>>> deh, biar berasa familiar) bisa diakses terus menerus oleh si Excel,
>>>>> sebaiknya Excel Pivot Table tidak diijinkan menyimpan data di
>>>>> dalam Pivot Cache
>>>>> *** Contoh :
>>>>> 1. Sumber data ada di sheet DATA dalam workbook yang sama
>>>>> dengan sheet OUTPUT berisi pivot table, maka pivot table jangan diijinkan
>>>>> menyimpan data agar size workbook tidak membesar
>>>>> 2. Sumber data ada di text file di folder X di komputer
>>>>> tersebut
>>>>> 3.. Ada di komputer server kantor yang selalu online selama
>>>>> kerja di kantor
>>>>> 4. di komputer server entah dimana, tapi bisa connect selalu
>>>>> dimana saja kapan saja
>>>>> e. Jika workbook berisi Excel Pivot Table akan digunakan secara
>>>>> offline (tidak bisa mengakses sumber data untuk Pivot Cahce), maka Excel
>>>>> Pivot Table diatur supaya menyimpan data dalam Pivot Cache sebelum si
>>>>> workbook dibawa pergi.
>>>>>
>>>>
>>>> *2. Jenis sumber data Excel Pivot Table*
>>>> A. Flat Table
>>>> Contoh :
>>>> i. data di sheet DATA di workbook yang sama,
>>>> ii. di sheet TRANSAKSI di workbook lain,
>>>> iii. Text File,
>>>> iv. database
>>>> B. OLAP (Online Analytical Processing)
>>>> Contoh :
>>>> x. Cube data di *Excel Data Model* karya Excel Analysis
>>>> Toolpak Power Pivot
>>>> y. Cube data di MS SQL Server Analysis Server (SSAS)
>>>> z. Cube data di aplikasi atau sistem BI (Bussiness
>>>> Intelligence) lainnya
>>>>
>>>> *3. Cara Excel Pivot Table mengambil data dari sumber data :*
>>>> A. read (khusus untuk sumber data A.i.)
>>>> B. Excel Data Connection melalui Excel Get External Data (untuk
>>>> sumber data A.ii., A.iii., A.iv.., B.y.., B.z.)
>>>> C. Excel Data Connection melalui internal mode (untuk sumber data
>>>> B..x.)
>>>>
>>>> /* Sampai disini, sudah mulai jelas bahwa hubungan antara Excel Pivot
>>>> Table dengan Excel Analysis Toolpak Power Pivot adalah dalam kaitan
>>>> mengambil data saja */
>>>> artinya, user diberi keleluasaan oleh Excel Pivot Table dalam memilih
>>>> sumber data yang bisa digunakan.
>>>>
>>>> ----------------------------------------------------------
>>>> --------------------------------------
>>>>
>>>> Sekarang, barulah mengenal tentang si *Power Pivot* eh si Excel
>>>> Analysis Toolpak Power Pivot ding
>>>> *1. Mengenal Excel Analysis Toolpak Power Pivot alias Power Pivot*
>>>> > Sebuah Addin.
>>>> * di xl2007 dan xl2010, sepertinya harus install dan diaktifkan
>>>> * di xl2013 ke atas, addin ini telah di-install bersama MS Office
>>>> sebagai built-in addin, yang secara default adalah aktif.
>>>> > Bagian dari pengembangan MS SQL Server, mulai dari versi MS SQL
>>>> Server 2012, pada sistem Analysis Services (SSAS)
>>>> *** Jadi, mesinnya adalah mesin SSAS, hanya saja secara virtual
>>>> > *Tidak perlu *punya MSSQL SSAS, karena ketika addin ini di-install,
>>>> dia akan meng-install runtime library SSAS sebagai mesin untuk membuat
>>>> virtual data model.
>>>> *** Jadi, di xl2007 dan xl2010, download dan install saja di addin,
>>>> tidak perlu peduli dengan ada atau tidak maupun butuh atau tidak MS SQL
>>>> Server.
>>>> hajar bleh... pokok e install biar punya dulu... mbuh kapan
>>>> pakenya (eh bisa pakenya ding)
>>>> > Tugas utama :
>>>> A. membuat cube data model (mulai dari definisi model sampai
>>>> struktur penyimpanan datanya)
>>>> B.. membuat koneksi ke seluruh sumber data (lihat nomor 2. Jenis
>>>> sumber data Excel Pivot Table)
>>>> C. mengkompresi seluruh sumber data agar dapat disimpan sebagai
>>>> Excel Data Model object, yang disimpan dalam workbook yang memanfaatkan Excel
>>>> Analysis Toolpak Power Pivot
>>>> D. memperbarui data dalam cube data model ketika user meminta
>>>> refresh sumber data
>>>> E. menyediakan jasa pembuatan Excel Pivot Table dengan sumber data
>>>> Excel Data Model yang berbentuk Cube Data Model (jenis data OLAP)
>>>> *** Pivot cache dari Excel Pivot Table yang dibuat oleh Excel
>>>> Analysis Toolpak Power Pivot tidak pernah menyimpan data, karena yang
>>>> menyimpan data adalah Excel Data Model.
>>>> > Kapasitas data sebesar 2 GB pada Office 32 bit dan 4 GB pada Office
>>>> 64 bit
>>>>
>>>> *2. Kapan pakai Excel Analysis Toolpak Power Pivot*
>>>> > Jika butuh dan memungkinkan untuk diusahakan
>>>> *** Umumnya, saat data lebih dari 1 juta records atau kebutuhan
>>>> menganalisis dari banyak tema data atau ingin mengolah dengan konsep OLAP
>>>> yang compact
>>>> Jadi, sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan efisiensinya saja.
>>>>
>>>> ----------------------------------------------------------
>>>> ----------------------------
>>>>
>>>>
>>>> so,
>>>> kayaknya sekarang case bisa closed...
>>>> tapi gak ah... biar masih kebuka dikit... biar bisa ngintip..
>>>> (wkwkwk... ati-ati netra-nya jadi timbilen loh...)
>>>>
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2018-01-06 18:44 GMT+07:00 'netty.wuryanti' netty.wuryanti@yahoo.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>> ...
>
> [Message clipped]

Thu Jan 11, 2018 7:24 am (PST) . Posted by:

"uharyanto" uharyanto@ymail.com

Akhirnya office saya berduka, hhmmm btw Mr menggunakan office versi
berapa ya ??

Tks

On 11/01/2018 20:18, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> turut berduka...
> power pivot tidak bisa di edisi office Anda.
>
> Coba install Office 2010 lalu download add in power pivot dan install.
> Biasanya bisa, tapi seberapa bisanya juga saya gak tahu (gak pernah
> pakai xl2010)
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> 2018-01-11 19:48 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com
> <mailto:uharyanto@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups..com>>:
>
> Hai Mr,
>
> Masih belum bisa muncul, sudah saya coba 2 step yang bapak sampaikan.
>
> sebagai catatan sebelumnya untuk mengaktifkan saya coba2 sesuai
> link ini
>
> https://support.office.com/id-id/article/Mulai-add-in-PowerPivot-untuk-Excel-a891a66d-36e3-43fc-81e8-fc4798f39ea8
> <https://support.office.com/id-id/article/Mulai-add-in-PowerPivot-untuk-Excel-a891a66d-36e3-43fc-81e8-fc4798f39ea8>
>
> jadi ada beberapa di registri yang saya hapus, namun kemarin saya
> sudah install ulang office saya, dan hasilnya power pivot masih
> belum muncul.
>
>
> Salam,
>
> Ujang H
>
>
>
> On 11/01/2018 19:15, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel] wrote:
>> Hai Ujang,
>>
>> Jadi, sudah ada C:\Program Files\Microsoft Office
>> 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel
>> Add-in\PowerPivotExcelClientAddIn.dll
>> Sudah coba set trusted location di Excel Options -> trust center
>> -> trust center settings -> Trusted Location -> add new location
>> -> tunjuk folder add in milik power pivot -> Ok sampai keluar
>> dari trust center
>> Setelah itu baru coba lagi excel options -> addins -> com addin
>> Moga-moga bisa muncul ya. Jika belum, coba lakukan add dan tunjuk
>> manual (saat ini dilakukan, trusted location sudah diset lebih dulu).
>>
>> Semua ini sekadar mencoba, siapa tahu batasan pengguna powerpivot
>> hanya untuk edisi pro plus bisa dilewati, sehingga edisi lainnya
>> bisa juga menggunakannya.
>>
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2018-01-11 18:32 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com
>> <mailto:uharyanto@gmail.com> [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>
>> Hai Mr,
>>
>> Saya pakai excel 2016, bagaimana cara mengaktifkan power
>> pivot yang tidak muncul di list add ins, saya sudah masuk
>> melalui menu File - Option [tab add-ins - manage : COM Add-ins]
>>
>>
>>
>> Saya sudah coba add manual ke C:\Program Files\Microsoft
>> Office 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel
>> Add-in\PowerPivotExcelClientAddIn.dll namun tetap tidak bisa
>> muncul.
>>
>>
>> Mohon petunjuk lebih lanjut.
>>
>>
>> Salam,
>>
>> Ujang H
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> On 09/01/2018 01:19, Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>> <mailto:pakciklukman@gmail.com> [belajar-excel] wrote:
>>> Terima kasih atas penjelasan dan sources info untuk power
>>> pivotnya yg sangat jelas mr Kid
>>>
>>>
>>> Wassalamualaikim wrwb,
>>> Salam
>>>
>>> Sent from my iPhoneX
>>>
>>> On Jan 8, 2018, at 8:32 PM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>> wrote:
>>>
>>>> Wa'alaikumussalam wr wb
>>>>
>>>> a. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk
>>>> Excel Anaysis Tool pak Power Pivot, (maaf saya blm
>>>> pernah coba dan lihat di AddIn, atau saya tidak
>>>> ngeh/memperhatikan jika installan tsb sdh tersedia di excel
>>>>
>>>> > Pada xl2013 ke atas, addin (jenis COM addin) sudah
>>>> ter-install saat meng-install ms office. Cukup diaktifkan
>>>> saja. Coba juga lihat di customize ribbon bila ribbon Power
>>>> Pivot belum tampak setelah addin diaktifkan.
>>>> > Pada xl2007 dan xl2010, lihat disini
>>>> <https://msdn.microsoft.com/en-us/library/gg413462%28v=sql.110%29.aspx>.
>>>> Khusus xl2007, power pivot hanya sebagai pivot table viewer
>>>> (front end). Jadi, membuat data model-nya di xl2010 ke atas
>>>> (yang terinstall Power Pivot). Data yang ada di dalam data
>>>> model power pivot, yang ditampilkan sebagai Excel Pivot
>>>> Table, bisa dilihat di xl2007, dan bisa dimanfaatkan secara
>>>> penuh di xl2010 ke atas.
>>>> *** xl2007 belum ada fitur Slicer bukan ?
>>>> > Tidak bisa sama sekali di xl2003 ke bawah
>>>>
>>>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan
>>>> beban kerja komputer (mungkin lebih lambat, jika
>>>> mengolah data yg cukup besar) dibandingkan menggunakan
>>>> pivot table?
>>>>
>>>> > hmmm... kenapa masih membandingkan Power Pivot dengan
>>>> Pivot Table ? bersediakah membaca ulang penjelasan tempo lalu ?
>>>> > Kalau mau membandingkan, maka yang dibandingkan adalah
>>>> seperti ini :
>>>> pada Excel Pivot Table, apa perbedaan pivot table yang
>>>> pakai sumber data jenis OLAP vs jenis flat table ?
>>>> > Simpelnya,
>>>>       * Excel Pivot Table dengan sumber Flat Table artinya
>>>> pivot table hanya mengambil dari 1 (satu) tabel data.
>>>>       * Excel Pivot Table dengan sumper OLAP artinya pivot
>>>> table hanya mengambil dari 1 (satu) paket data (cube) [1
>>>> paket data bisa berisi buuuaaaanyyaaaaaakkkk buuiingiiits
>>>> tabel data <jika dibutuhkan>]
>>>> Jadi, jika sumber tabel data ada banyak, maka OLAP (misal
>>>> hasil karya Power Pivot atau SSAS atau sistem BI lainnya)
>>>> akan lebih ringan, cepat, ringkas
>>>> > Supaya lebih riil, pakai kasus output dari data 1 (satu)
>>>> tabel saja, yang diletakkan di workbook yang sama.
>>>>    Contoh 1 :
>>>>       Data Penjualan, ada tanggal invoice, produk, agen
>>>> penjualan, customer, dan nilai uang invoice
>>>> Pada data 12 bulan, ada sejumlah 600k records.
>>>> Kasusnya :
>>>> Output yang diminta :
>>>>        1. Nilai invoice per bulan per provinsi customer
>>>>        2. Nilai invoice per bulan per provinsi agen penjualan
>>>>    Kolom-kolom yang dibutuhkan :
>>>>       1. Provinsi Customer
>>>>       2. Provinsi Agen Penjualan
>>>>       3. Nilai uang invoice
>>>>
>>>>    - dengan jenis sumber data Flat Table, maka sebuah sheet
>>>> dalam workbook berisi tabel data 600k records :
>>>>      tanggal data, nilai uang invoice, provinsi customer,
>>>> provinsi agen penjualan
>>>> misal : nama provinsi rata-rata 50 char, maka sudah ada
>>>> beban workbook menulis dan membaca 50 char * 2 kolom nama
>>>> provinsi * 600k = 60000k = 60M
>>>>    - dengan jenis sumber data OLAP, maka tabel data dipecah
>>>> menjadi tabel daftar provinsi (saat ini 34 records provinsi
>>>> di Indonesia) dan tabel data 600k records
>>>> tabel daftar provinsi dengan kolom KODE_PROVINSI dan
>>>> NAMA_PROVINSI (max 100 char)
>>>> tabel data dengan kolom tanggal invoice, nilai uang
>>>> invoice, KODE_PROVINSI_CUSTOMER, KODE_PROVINSI_AGEN
>>>> misal : KODE_PROVINSI adalah angka 1 sampai 34, maka beban
>>>> workbook menulis dan membaca 2 char * 2 kolom kode provinsi
>>>> * 600k = 2400k = 2.4M
>>>>       *** Kira-kira,
>>>> 1. lebih cepat mana ? membaca 60 juta lembar atau 2.4 juta
>>>> lembar
>>>> 2. lebih berat mana ? mengangkat 60 juta ton kapas atau 2.4
>>>> juta ton besi
>>>> 3. lebih repot mana ? ngurus ktp melewati 60 juta loket
>>>> atau 2.4 juta loket
>>>>
>>>> > Kalau lihat contoh di atas, pasti akan dengan mudah
>>>> menentukan bahwa sumber data jenis OLAP lebih menguntungkan
>>>> dan lebih jadi pilihan.
>>>> TAPI, kid said : "sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan
>>>> efisiensinya saja."
>>>> Misal :
>>>> > Untuk data hanya sedikit dan output yang simple, flat
>>>> table sudah cukup, dengan alasan bahwa kebutuhan terpenuhi
>>>> dan waktu tunggu kerja Excel Pivot Table tidak selama
>>>> membuat mie goreng
>>>> > Untuk data hanya ada 100 baris tapi banyak table, ya
>>>> kalau bisa digabung, digabung dulu lalu pakai jenis sumber
>>>> flat table. Kalau ogah repot nggabung, pakai OLAP
>>>> > Data dari server database ber-jt-jt records, bisa muat di
>>>> RAM yang dialokasikan untuk Excel, ya pakai koneksi data
>>>> sebagai Flat Table, kalau tidak muat, ya pakai OLAP
>>>> kan jadi enak to....
>>>> tidak terpaku mana yang lebih sesuatu dari yang lainnya.
>>>> selalu lihat hal baik, manfaatkan, sebarkan. tutupi hal
>>>> yang terlihat buruk dengan hal baik dari pihak lain.
>>>>
>>>> Demikianlah...
>>>>
>>>> Wassalamu'alaikum wr wb
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2018-01-08 7:58 GMT+07:00 Pak Cik Lukman
>>>> pakciklukman@gmail.com <mailto:pakciklukman@gmail.com>
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
>>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>>>
>>>> Assalamualaikum Mr Kid dan Mrs Netty,
>>>>
>>>> maaf numpang nimbrung, dan titip pertanyaaan juga, dari
>>>> penjelasaan Excel Analysis Toolpak Power Pivot, ada
>>>> pertanyaan yg saya ingin tanyakan (kepo nih)
>>>> a.. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk
>>>> Excel Anaysis Tool pak Power Pivot, (maaf saya blm
>>>> pernah coba dan lihat di AddIn, atau saya tidak
>>>> ngeh/memperhatikan jika installan tsb sdh tersedia di excel
>>>>
>>>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan
>>>> beban kerja komputer (mungkin lebih lambat, jika
>>>> mengolah data yg cukup besar) dibandingkan menggunakan
>>>> pivot table?
>>>>
>>>> demikian pak pertanyaannya, buat saya yg msh belajar
>>>> ttg excel
>>>>
>>>> salam,
>>>>
>>>> Pada 6 Januari 2018 21.08, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel]
>>>> <belajar-excel@yahoogroups..com
>>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>> menulis:
>>>>
>>>> Hai Netty,
>>>>
>>>> Pertanyaannya disebut dengan bunyi yang lengkap
>>>> pada object utamanya ya...
>>>> Jadi begini :
>>>>
>>>> Btw Excel Analysis Toolpak Power Pivot ama
>>>> Excel Pivot Table sama atau beda kah?
>>>>
>>>> > hmmm... sudah terjawab tuh..
>>>> > Jadi, keduanya berbeda.
>>>> > dah selesai kan.... case closed
>>>>
>>>>
>>>> btw,
>>>> kalo gitu doank, bisa jadi bakal terbesit pertanyaan :
>>>> "Bagus mana, Excel Analysis Toolpak Power Pivot
>>>> atau Excel Pivot Table  ?"
>>>> > ini pertanyaan yang kritis, yaitu kritis tingkat
>>>> kemudengannya... untung belum pingsan apalagi koma
>>>> si kemudengannya itu...
>>>> > Jadi, jangan punya pertanyaan kayak begitu ya...
>>>> > Apalagi menjawab pertanyaan kayak begitu..
>>>> (njawabnya pake 'Kid bilang sih begini n begitu')
>>>>
>>>> Supaya jelas bedanya, begini :
>>>> *1. Kenali dulu Excel Pivot Table
>>>> *
>>>> > Fitur Excel untuk menampilkan data dalam bentuk
>>>> pivot table
>>>> > User bisa menata layout sesukanya dari data yang
>>>> dimiliki oleh si pivot table
>>>> > data pivot table ditata oleh Excel Pivot Table di
>>>> dalam ruang bernama *Pivot Cache*.
>>>> > User mengisi definisi Pivot Cache saat menentukan
>>>> Pivot Table Data Source
>>>>    *** ingat hal ini gak :
>>>>     a. di tools menu PivotTable Tool ada salah satu
>>>> menu bernama Change Data Source,
>>>>     b. atau menunjukkan Data Source saat akan buat
>>>> pivot table
>>>>     c. atau kalo selesai melakukan Get External
>>>> Data, muncul dialog window pilihan data hasil get
>>>> external data akan ditampilkan dalam Excel Table,
>>>> Pivot Table, Pivot Table n chart
>>>>    nah... itulah saat-saat si user mendefinisikan
>>>> Pivot Cache. Excel akan segera membuatkan Pivot
>>>> Cache dan mengisi dengan data.
>>>> > User bisa memperbarui data dengan Refresh pivot
>>>> table (termasuk lewat jalur Refresh All yang
>>>> dimiliki si Workbook)
>>>>    *** Artinya, user memerintahkan Excel Pivot
>>>> Table untuk mengambil ulang data dan memasukkannya
>>>> ke Pivot Cache, lalu dari Pivot Cache ditampilkan
>>>> sesuai layout buatan user ke berbagai Pivot Tables
>>>> > Excel Pivot Table mampu menyimpan Pivot Cache di
>>>> dalam workbook.
>>>>
>>>> Ok, jadi sampai disini sudah jelas bahwa :
>>>>
>>>> a. 1 bijik Pivot Cache, bisa jadi banyak layout
>>>> Pivot Table. Sehingga, jika salah satu saja si
>>>> layout di-refresh, maka semua layout pivot
>>>> table yang pakai Pivot Cache yang sama akan
>>>> terbarukan datanya.
>>>> b. Pivot Cache mengambil data dari tempat yang
>>>> ditentukan user saat akan membuat Excel Pivot
>>>> Table.
>>>> c. Sebaiknya, 1 (satu) sumber data jadi 1
>>>> (satu) pivot cahce
>>>>     Jadi, jika 1 (satu) sumber data akan
>>>> dipakai oleh banyak layout pivot table, maka
>>>> cukup buat pivot table 1 (satu) kali saja (kali
>>>> ya, bukan bijik) [supaya cuma membuat 1 pivot
>>>> cache dari sumber data itu].
>>>> Layout lainnya (yang ada banyak) diatur dari
>>>> hasil copy paste si layout pivot table yang
>>>> pertama kali dibuat tadi..
>>>> d.. Jika sumber data si pivot cache (nyebutnya
>>>> sumber data si pivot deh, biar berasa familiar)
>>>> bisa diakses terus menerus oleh si Excel,
>>>> sebaiknya Excel Pivot Table tidak diijinkan
>>>> menyimpan data di dalam Pivot Cache
>>>>      *** Contoh :
>>>> 1. Sumber data ada di sheet DATA dalam workbook
>>>> yang sama dengan sheet OUTPUT berisi pivot
>>>> table, maka pivot table jangan diijinkan
>>>> menyimpan data agar size workbook tidak membesar
>>>> 2. Sumber data ada di text file di folder X di
>>>> komputer tersebut
>>>> 3.. Ada di komputer server kantor yang selalu
>>>> online selama kerja di kantor
>>>> 4. di komputer server entah dimana, tapi bisa
>>>> connect selalu dimana saja kapan saja
>>>> e. Jika workbook berisi Excel Pivot Table akan
>>>> digunakan secara offline (tidak bisa mengakses
>>>> sumber data untuk Pivot Cahce), maka Excel
>>>> Pivot Table diatur supaya menyimpan data dalam
>>>> Pivot Cache sebelum si workbook dibawa pergi.
>>>>
>>>>
>>>> *2. Jenis sumber data Excel Pivot Table*
>>>>     A. Flat Table
>>>> Contoh :
>>>> i. data di sheet DATA di workbook yang sama,
>>>> ii. di sheet TRANSAKSI di workbook lain,
>>>> iii. Text File,
>>>> iv. database
>>>>     B. OLAP (Online Analytical Processing)
>>>> Contoh :
>>>> x. Cube data di *Excel Data Model* karya Excel
>>>> Analysis Toolpak Power Pivot
>>>> y. Cube data di MS SQL Server Analysis Server (SSAS)
>>>> z. Cube data di aplikasi atau sistem BI (Bussiness
>>>> Intelligence) lainnya
>>>>
>>>> *3. Cara Excel Pivot Table mengambil data dari
>>>> sumber data :*
>>>>      A. read (khusus untuk sumber data A.i.)
>>>>      B. Excel Data Connection melalui Excel Get
>>>> External Data (untuk sumber data A.ii., A.iii.,
>>>> A.iv.., B.y.., B.z.)
>>>>      C. Excel Data Connection melalui internal mode
>>>> (untuk sumber data B...x.)
>>>>
>>>> /* Sampai disini, sudah mulai jelas bahwa hubungan
>>>> antara Excel Pivot Table dengan Excel Analysis
>>>> Toolpak Power Pivot adalah dalam kaitan mengambil
>>>> data saja */
>>>> artinya, user diberi keleluasaan oleh Excel Pivot
>>>> Table dalam memilih sumber data yang bisa digunakan.
>>>>
>>>> ----------------------------------------------------------
>>>>
>>>> Sekarang, barulah mengenal tentang si *Power Pivot*
>>>> eh si Excel Analysis Toolpak Power Pivot ding
>>>> *1. Mengenal Excel Analysis Toolpak Power Pivot
>>>> alias Power Pivot*
>>>> > Sebuah Addin.
>>>>    * di xl2007 dan xl2010, sepertinya harus install
>>>> dan diaktifkan
>>>>    * di xl2013 ke atas, addin ini telah di-install
>>>> bersama MS Office sebagai built-in addin, yang
>>>> secara default adalah aktif.
>>>> > Bagian dari pengembangan MS SQL Server, mulai dari
>>>> versi MS SQL Server 2012, pada sistem Analysis
>>>> Services (SSAS)
>>>>    *** Jadi, mesinnya adalah mesin SSAS, hanya saja
>>>> secara virtual
>>>> > *Tidak perlu *punya MSSQL SSAS, karena ketika addin
>>>> ini di-install, dia akan meng-install runtime
>>>> library SSAS sebagai mesin untuk membuat virtual
>>>> data model.
>>>>     *** Jadi, di xl2007 dan xl2010, download dan
>>>> install saja di addin, tidak perlu peduli dengan
>>>> ada atau tidak maupun butuh atau tidak MS SQL Server.
>>>> hajar bleh... pokok e install biar punya dulu...
>>>> mbuh kapan pakenya (eh bisa pakenya ding)
>>>> > Tugas utama :
>>>>    A. membuat cube data model (mulai dari definisi
>>>> model sampai struktur penyimpanan datanya)
>>>>    B.. membuat koneksi ke seluruh sumber data
>>>> (lihat nomor 2. Jenis sumber data Excel Pivot Table)
>>>>    C. mengkompresi seluruh sumber data agar dapat
>>>> disimpan sebagai Excel Data Model object, yang
>>>> disimpan dalam workbook yang memanfaatkan Excel
>>>> Analysis Toolpak Power Pivot
>>>>    D. memperbarui data dalam cube data model ketika
>>>> user meminta refresh sumber data
>>>>    E. menyediakan jasa pembuatan Excel Pivot Table
>>>> dengan sumber data Excel Data Model yang berbentuk
>>>> Cube Data Model (jenis data OLAP)
>>>> *** Pivot cache dari Excel Pivot Table yang dibuat
>>>> oleh Excel Analysis Toolpak Power Pivot tidak
>>>> pernah menyimpan data, karena yang menyimpan data
>>>> adalah Excel Data Model.
>>>> > Kapasitas data sebesar 2 GB pada Office 32 bit
>>>> dan 4 GB pada Office 64 bit
>>>>
>>>> *2. Kapan pakai Excel Analysis Toolpak Power Pivot*
>>>> > Jika butuh dan memungkinkan untuk diusahakan
>>>>    *** Umumnya, saat data lebih dari 1 juta records
>>>> atau kebutuhan menganalisis dari banyak tema data
>>>> atau ingin mengolah dengan konsep OLAP yang compact
>>>>    Jadi, sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan
>>>> efisiensinya saja.
>>>>
>>>> ----------------------------------------------------------
>>>>
>>>>
>>>> so,
>>>> kayaknya sekarang case bisa closed...
>>>> tapi gak ah... biar masih kebuka dikit... biar bisa
>>>> ngintip.. (wkwkwk... ati-ati netra-nya jadi
>>>> timbilen loh...)
>>>>
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2018-01-06 18:44 GMT+07:00 'netty.wuryanti'
>>>> netty.wuryanti@yahoo.com
>>>> <mailto:netty.wuryanti@yahoo.com> [belajar-excel]
>>>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>>>
> ...
>
> [Message clipped]
>
>
>

Thu Jan 11, 2018 9:03 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

saya pakai xl2016 proplus.

oh iya, bisa coba file terlampir ?

makasih kalau bisa.

2018-01-11 22:24 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Akhirnya office saya berduka, hhmmm btw Mr menggunakan office versi berapa
> ya ??
>
> Tks
>
> On 11/01/2018 20:18, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
> turut berduka...
> power pivot tidak bisa di edisi office Anda.
>
> Coba install Office 2010 lalu download add in power pivot dan install.
> Biasanya bisa, tapi seberapa bisanya juga saya gak tahu (gak pernah pakai
> xl2010)
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> 2018-01-11 19:48 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Hai Mr,
>>
>> Masih belum bisa muncul, sudah saya coba 2 step yang bapak sampaikan.
>>
>> sebagai catatan sebelumnya untuk mengaktifkan saya coba2 sesuai link ini
>>
>> https://support.office.com/id-id/article/Mulai-add-in-PowerP
>> ivot-untuk-Excel-a891a66d-36e3-43fc-81e8-fc4798f39ea8
>>
>> jadi ada beberapa di registri yang saya hapus, namun kemarin saya sudah
>> install ulang office saya, dan hasilnya power pivot masih belum muncul.
>>
>>
>> Salam,
>>
>> Ujang H
>>
>>
>>
>> On 11/01/2018 19:15, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>>
>>
>> Hai Ujang,
>>
>> Jadi, sudah ada C:\Program Files\Microsoft Office
>> 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel Add-in\PowerPivotExcelClientAd
>> dIn.dll
>> Sudah coba set trusted location di Excel Options -> trust center -> trust
>> center settings -> Trusted Location -> add new location -> tunjuk folder
>> add in milik power pivot -> Ok sampai keluar dari trust center
>> Setelah itu baru coba lagi excel options -> addins -> com addin
>> Moga-moga bisa muncul ya. Jika belum, coba lakukan add dan tunjuk manual
>> (saat ini dilakukan, trusted location sudah diset lebih dulu).
>>
>> Semua ini sekadar mencoba, siapa tahu batasan pengguna powerpivot hanya
>> untuk edisi pro plus bisa dilewati, sehingga edisi lainnya bisa juga
>> menggunakannya.
>>
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2018-01-11 18:32 GMT+07:00 uharyanto uharyanto@gmail.com [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Hai Mr,
>>>
>>> Saya pakai excel 2016, bagaimana cara mengaktifkan power pivot yang
>>> tidak muncul di list add ins, saya sudah masuk melalui menu File - Option
>>> [tab add-ins - manage : COM Add-ins]
>>>
>>>
>>>
>>> Saya sudah coba add manual ke C:\Program Files\Microsoft Office
>>> 2016\Office16\ADDINS\PowerPivot Excel Add-in\PowerPivotExcelClientAddIn.dll
>>> namun tetap tidak bisa muncul.
>>>
>>>
>>> Mohon petunjuk lebih lanjut.
>>>
>>>
>>> Salam,
>>>
>>> Ujang H
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> On 09/01/2018 01:19, Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>>> [belajar-excel] wrote:
>>>
>>>
>>> Terima kasih atas penjelasan dan sources info untuk power pivotnya yg
>>> sangat jelas mr Kid
>>>
>>>
>>> Wassalamualaikim wrwb,
>>> Salam
>>>
>>> Sent from my iPhoneX
>>>
>>> On Jan 8, 2018, at 8:32 PM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>
>>> Wa'alaikumussalam wr wb
>>>
>>> a. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk Excel Anaysis
>>>> Tool pak Power Pivot, (maaf saya blm pernah coba dan lihat di AddIn, atau
>>>> saya tidak ngeh/memperhatikan jika installan tsb sdh tersedia di excel
>>>>
>>> > Pada xl2013 ke atas, addin (jenis COM addin) sudah ter-install saat
>>> meng-install ms office. Cukup diaktifkan saja. Coba juga lihat di customize
>>> ribbon bila ribbon Power Pivot belum tampak setelah addin diaktifkan.
>>> > Pada xl2007 dan xl2010, lihat disini
>>> <https://msdn.microsoft.com/en-us/library/gg413462%28v=sql.110%29.aspx>.
>>> Khusus xl2007, power pivot hanya sebagai pivot table viewer (front end).
>>> Jadi, membuat data model-nya di xl2010 ke atas (yang terinstall Power
>>> Pivot). Data yang ada di dalam data model power pivot, yang ditampilkan
>>> sebagai Excel Pivot Table, bisa dilihat di xl2007, dan bisa dimanfaatkan
>>> secara penuh di xl2010 ke atas.
>>> *** xl2007 belum ada fitur Slicer bukan ?
>>> > Tidak bisa sama sekali di xl2003 ke bawah
>>>
>>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan beban kerja
>>>> komputer (mungkin lebih lambat, jika mengolah data yg cukup besar)
>>>> dibandingkan menggunakan pivot table?
>>>>
>>> > hmmm... kenapa masih membandingkan Power Pivot dengan Pivot Table ?
>>> bersediakah membaca ulang penjelasan tempo lalu ?
>>> > Kalau mau membandingkan, maka yang dibandingkan adalah seperti ini :
>>> pada Excel Pivot Table, apa perbedaan pivot table yang
>>> pakai sumber data jenis OLAP vs jenis flat table ?
>>> > Simpelnya,
>>> * Excel Pivot Table dengan sumber Flat Table artinya pivot table
>>> hanya mengambil dari 1 (satu) tabel data.
>>> * Excel Pivot Table dengan sumper OLAP artinya pivot table hanya
>>> mengambil dari 1 (satu) paket data (cube) [1 paket data bisa berisi
>>> buuuaaaanyyaaaaaakkkk buuiingiiits tabel data <jika dibutuhkan>]
>>> Jadi, jika sumber tabel data ada banyak, maka OLAP (misal hasil
>>> karya Power Pivot atau SSAS atau sistem BI lainnya) akan lebih ringan,
>>> cepat, ringkas
>>> > Supaya lebih riil, pakai kasus output dari data 1 (satu) tabel saja,
>>> yang diletakkan di workbook yang sama.
>>> Contoh 1 :
>>> Data Penjualan, ada tanggal invoice, produk, agen penjualan,
>>> customer, dan nilai uang invoice
>>> Pada data 12 bulan, ada sejumlah 600k records.
>>> Kasusnya :
>>> Output yang diminta :
>>> 1. Nilai invoice per bulan per provinsi customer
>>> 2. Nilai invoice per bulan per provinsi agen penjualan
>>> Kolom-kolom yang dibutuhkan :
>>> 1. Provinsi Customer
>>> 2. Provinsi Agen Penjualan
>>> 3. Nilai uang invoice
>>>
>>> - dengan jenis sumber data Flat Table, maka sebuah sheet dalam
>>> workbook berisi tabel data 600k records :
>>> tanggal data, nilai uang invoice, provinsi customer,
>>> provinsi agen penjualan
>>> misal : nama provinsi rata-rata 50 char, maka sudah ada beban
>>> workbook menulis dan membaca 50 char * 2 kolom nama provinsi * 600k =
>>> 60000k = 60M
>>> - dengan jenis sumber data OLAP, maka tabel data dipecah menjadi
>>> tabel daftar provinsi (saat ini 34 records provinsi di Indonesia) dan tabel
>>> data 600k records
>>> tabel daftar provinsi dengan kolom KODE_PROVINSI dan
>>> NAMA_PROVINSI (max 100 char)
>>> tabel data dengan kolom tanggal invoice, nilai uang invoice,
>>> KODE_PROVINSI_CUSTOMER, KODE_PROVINSI_AGEN
>>> misal : KODE_PROVINSI adalah angka 1 sampai 34, maka beban
>>> workbook menulis dan membaca 2 char * 2 kolom kode provinsi * 600k = 2400k
>>> = 2.4M
>>> *** Kira-kira,
>>> 1. lebih cepat mana ? membaca 60 juta lembar atau 2..4 juta
>>> lembar
>>> 2. lebih berat mana ? mengangkat 60 juta ton kapas atau 2.4
>>> juta ton besi
>>> 3. lebih repot mana ? ngurus ktp melewati 60 juta loket atau
>>> 2.4 juta loket
>>>
>>> > Kalau lihat contoh di atas, pasti akan dengan mudah menentukan bahwa
>>> sumber data jenis OLAP lebih menguntungkan dan lebih jadi pilihan.
>>> TAPI, kid said : "sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan
>>> efisiensinya saja."
>>> Misal :
>>> > Untuk data hanya sedikit dan output yang simple, flat table
>>> sudah cukup, dengan alasan bahwa kebutuhan terpenuhi dan waktu tunggu kerja
>>> Excel Pivot Table tidak selama membuat mie goreng
>>> > Untuk data hanya ada 100 baris tapi banyak table, ya kalau
>>> bisa digabung, digabung dulu lalu pakai jenis sumber flat table. Kalau ogah
>>> repot nggabung, pakai OLAP
>>> > Data dari server database ber-jt-jt records, bisa muat di RAM
>>> yang dialokasikan untuk Excel, ya pakai koneksi data sebagai Flat Table,
>>> kalau tidak muat, ya pakai OLAP
>>> kan jadi enak to....
>>> tidak terpaku mana yang lebih sesuatu dari yang lainnya.
>>> selalu lihat hal baik, manfaatkan, sebarkan. tutupi hal yang terlihat
>>> buruk dengan hal baik dari pihak lain.
>>>
>>> Demikianlah...
>>>
>>> Wassalamu'alaikum wr wb
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>> 2018-01-08 7:58 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>> Assalamualaikum Mr Kid dan Mrs Netty,
>>>>
>>>> maaf numpang nimbrung, dan titip pertanyaaan juga, dari penjelasaan
>>>> Excel Analysis Toolpak Power Pivot, ada pertanyaan yg saya ingin tanyakan
>>>> (kepo nih)
>>>> a.. dimanakan kita bisa mendapatkan install addin untuk Excel Anaysis
>>>> Tool pak Power Pivot, (maaf saya blm pernah coba dan lihat di AddIn, atau
>>>> saya tidak ngeh/memperhatikan jika installan tsb sdh tersedia di excel
>>>>
>>>> b. apakah menggunakan Excel Power Pivot, ada perbedaan beban kerja
>>>> komputer (mungkin lebih lambat, jika mengolah data yg cukup besar)
>>>> dibandingkan menggunakan pivot table?
>>>>
>>>> demikian pak pertanyaannya, buat saya yg msh belajar ttg excel
>>>>
>>>> salam,
>>>>
>>>> Pada 6 Januari 2018 21.08, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups..com
>>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>> menulis:
>>>>
>>>>>
>>>>> Hai Netty,
>>>>>
>>>>> Pertanyaannya disebut dengan bunyi yang lengkap pada object utamanya
>>>>> ya...
>>>>> Jadi begini :
>>>>>
>>>>>> Btw Excel Analysis Toolpak Power Pivot ama Excel Pivot Table sama
>>>>>> atau beda kah?
>>>>>>
>>>>> > hmmm... sudah terjawab tuh..
>>>>> > Jadi, keduanya berbeda.
>>>>> > dah selesai kan.... case closed
>>>>>
>>>>>
>>>>> btw,
>>>>> kalo gitu doank, bisa jadi bakal terbesit pertanyaan :
>>>>> "Bagus mana, Excel Analysis Toolpak Power Pivot atau Excel Pivot Table
>>>>> ?"
>>>>> > ini pertanyaan yang kritis, yaitu kritis tingkat kemudengannya...
>>>>> untung belum pingsan apalagi koma si kemudengannya itu....
>>>>> > Jadi, jangan punya pertanyaan kayak begitu ya...
>>>>> > Apalagi menjawab pertanyaan kayak begitu.. (njawabnya pake 'Kid
>>>>> bilang sih begini n begitu')
>>>>>
>>>>> Supaya jelas bedanya, begini :
>>>>>
>>>>> *1. Kenali dulu Excel Pivot Table *
>>>>> > Fitur Excel untuk menampilkan data dalam bentuk pivot table
>>>>> > User bisa menata layout sesukanya dari data yang dimiliki oleh si
>>>>> pivot table
>>>>> > data pivot table ditata oleh Excel Pivot Table di dalam ruang
>>>>> bernama *Pivot Cache*.
>>>>> > User mengisi definisi Pivot Cache saat menentukan Pivot Table Data
>>>>> Source
>>>>> *** ingat hal ini gak :
>>>>> a. di tools menu PivotTable Tool ada salah satu menu bernama
>>>>> Change Data Source,
>>>>> b. atau menunjukkan Data Source saat akan buat pivot table
>>>>> c. atau kalo selesai melakukan Get External Data, muncul dialog
>>>>> window pilihan data hasil get external data akan ditampilkan dalam Excel
>>>>> Table, Pivot Table, Pivot Table n chart
>>>>> nah... itulah saat-saat si user mendefinisikan Pivot Cache. Excel
>>>>> akan segera membuatkan Pivot Cache dan mengisi dengan data.
>>>>> > User bisa memperbarui data dengan Refresh pivot table (termasuk
>>>>> lewat jalur Refresh All yang dimiliki si Workbook)
>>>>> *** Artinya, user memerintahkan Excel Pivot Table untuk mengambil
>>>>> ulang data dan memasukkannya ke Pivot Cache, lalu dari Pivot Cache
>>>>> ditampilkan sesuai layout buatan user ke berbagai Pivot Tables
>>>>> > Excel Pivot Table mampu menyimpan Pivot Cache di dalam workbook.
>>>>>
>>>>> Ok, jadi sampai disini sudah jelas bahwa :
>>>>>
>>>>>> a. 1 bijik Pivot Cache, bisa jadi banyak layout Pivot Table.
>>>>>> Sehingga, jika salah satu saja si layout di-refresh, maka semua layout
>>>>>> pivot table yang pakai Pivot Cache yang sama akan terbarukan datanya.
>>>>>> b. Pivot Cache mengambil data dari tempat yang ditentukan user saat
>>>>>> akan membuat Excel Pivot Table.
>>>>>> c. Sebaiknya, 1 (satu) sumber data jadi 1 (satu) pivot cahce
>>>>>> Jadi, jika 1 (satu) sumber data akan dipakai oleh banyak layout
>>>>>> pivot table, maka cukup buat pivot table 1 (satu) kali saja (kali ya, bukan
>>>>>> bijik) [supaya cuma membuat 1 pivot cache dari sumber data itu].
>>>>>> Layout lainnya (yang ada banyak) diatur dari hasil copy paste si
>>>>>> layout pivot table yang pertama kali dibuat tadi..
>>>>>> d.. Jika sumber data si pivot cache (nyebutnya sumber data si pivot
>>>>>> deh, biar berasa familiar) bisa diakses terus menerus oleh si Excel,
>>>>>> sebaiknya Excel Pivot Table tidak diijinkan menyimpan data di
>>>>>> dalam Pivot Cache
>>>>>> *** Contoh :
>>>>>> 1. Sumber data ada di sheet DATA dalam workbook yang sama
>>>>>> dengan sheet OUTPUT berisi pivot table, maka pivot table jangan diijinkan
>>>>>> menyimpan data agar size workbook tidak membesar
>>>>>> 2. Sumber data ada di text file di folder X di komputer
>>>>>> tersebut
>>>>>> 3.. Ada di komputer server kantor yang selalu online selama
>>>>>> kerja di kantor
>>>>>> 4. di komputer server entah dimana, tapi bisa connect
>>>>>> selalu dimana saja kapan saja
>>>>>> e. Jika workbook berisi Excel Pivot Table akan digunakan secara
>>>>>> offline (tidak bisa mengakses sumber data untuk Pivot Cahce), maka Excel
>>>>>> Pivot Table diatur supaya menyimpan data dalam Pivot Cache sebelum si
>>>>>> workbook dibawa pergi.
>>>>>>
>>>>>
>>>>> *2. Jenis sumber data Excel Pivot Table*
>>>>> A. Flat Table
>>>>> Contoh :
>>>>> i. data di sheet DATA di workbook yang sama,
>>>>> ii. di sheet TRANSAKSI di workbook lain,
>>>>> iii. Text File,
>>>>> iv. database
>>>>> B. OLAP (Online Analytical Processing)
>>>>> Contoh :
>>>>> x. Cube data di *Excel Data Model* karya Excel
>>>>> Analysis Toolpak Power Pivot
>>>>> y. Cube data di MS SQL Server Analysis Server (SSAS)
>>>>> z. Cube data di aplikasi atau sistem BI (Bussiness
>>>>> Intelligence) lainnya
>>>>>
>>>>> *3. Cara Excel Pivot Table mengambil data dari sumber data :*
>>>>> A. read (khusus untuk sumber data A.i.)
>>>>> B. Excel Data Connection melalui Excel Get External Data (untuk
>>>>> sumber data A.ii., A.iii., A.iv.., B.y.., B.z.)
>>>>> C. Excel Data Connection melalui internal mode (untuk sumber data
>>>>> B...x.)
>>>>>
>>>>> /* Sampai disini, sudah mulai jelas bahwa hubungan antara Excel Pivot
>>>>> Table dengan Excel Analysis Toolpak Power Pivot adalah dalam kaitan
>>>>> mengambil data saja */
>>>>> artinya, user diberi keleluasaan oleh Excel Pivot Table dalam memilih
>>>>> sumber data yang bisa digunakan.
>>>>>
>>>>> ----------------------------------------------------------
>>>>> --------------------------------------
>>>>>
>>>>> Sekarang, barulah mengenal tentang si *Power Pivot* eh si Excel
>>>>> Analysis Toolpak Power Pivot ding
>>>>> *1. Mengenal Excel Analysis Toolpak Power Pivot alias Power Pivot*
>>>>> > Sebuah Addin.
>>>>> * di xl2007 dan xl2010, sepertinya harus install dan diaktifkan
>>>>> * di xl2013 ke atas, addin ini telah di-install bersama MS Office
>>>>> sebagai built-in addin, yang secara default adalah aktif.
>>>>> > Bagian dari pengembangan MS SQL Server, mulai dari versi MS SQL
>>>>> Server 2012, pada sistem Analysis Services (SSAS)
>>>>> *** Jadi, mesinnya adalah mesin SSAS, hanya saja secara virtual
>>>>> > *Tidak perlu *punya MSSQL SSAS, karena ketika addin ini di-install,
>>>>> dia akan meng-install runtime library SSAS sebagai mesin untuk membuat
>>>>> virtual data model.
>>>>> *** Jadi, di xl2007 dan xl2010, download dan install saja di
>>>>> addin, tidak perlu peduli dengan ada atau tidak maupun butuh atau tidak MS
>>>>> SQL Server.
>>>>> hajar bleh... pokok e install biar punya dulu.... mbuh kapan
>>>>> pakenya (eh bisa pakenya ding)
>>>>> > Tugas utama :
>>>>> A. membuat cube data model (mulai dari definisi model sampai
>>>>> struktur penyimpanan datanya)
>>>>> B.. membuat koneksi ke seluruh sumber data (lihat nomor 2. Jenis
>>>>> sumber data Excel Pivot Table)
>>>>> C. mengkompresi seluruh sumber data agar dapat disimpan sebagai
>>>>> Excel Data Model object, yang disimpan dalam workbook yang memanfaatkan Excel
>>>>> Analysis Toolpak Power Pivot
>>>>> D. memperbarui data dalam cube data model ketika user meminta
>>>>> refresh sumber data
>>>>> E. menyediakan jasa pembuatan Excel Pivot Table dengan sumber data
>>>>> Excel Data Model yang berbentuk Cube Data Model (jenis data OLAP)
>>>>> *** Pivot cache dari Excel Pivot Table yang dibuat oleh Excel
>>>>> Analysis Toolpak Power Pivot tidak pernah menyimpan data, karena yang
>>>>> menyimpan data adalah Excel Data Model.
>>>>> > Kapasitas data sebesar 2 GB pada Office 32 bit dan 4 GB pada Office
>>>>> 64 bit
>>>>>
>>>>> *2. Kapan pakai Excel Analysis Toolpak Power Pivot*
>>>>> > Jika butuh dan memungkinkan untuk diusahakan
>>>>> *** Umumnya, saat data lebih dari 1 juta records atau kebutuhan
>>>>> menganalisis dari banyak tema data atau ingin mengolah dengan konsep OLAP
>>>>> yang compact
>>>>> Jadi, sesuai kebutuhan, kemampuan, kemauan, dan efisiensinya saja.
>>>>>
>>>>> ----------------------------------------------------------
>>>>> ----------------------------
>>>>>
>>>>>
>>>>> so,
>>>>> kayaknya sekarang case bisa closed...
>>>>> tapi gak ah... biar masih kebuka dikit... biar bisa ngintip..
>>>>> (wkwkwk... ati-ati netra-nya jadi timbilen loh...)
>>>>>
>>>>>
>>>>> Regards,
>>>>> Kid
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> 2018-01-06 18:44 GMT+07:00 'netty.wuryanti' netty.wuryanti@yahoo.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>> ...
>>
>> [Message clipped]
>
>
>
>
>

Thu Jan 11, 2018 5:12 am (PST) . Posted by:

"netty.wuryanti" netty.wuryanti

Saya ikutan juga ya om

Sent from my Samsung Galaxy smartphone.
-------- Original message --------From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> Date: 1/11/18 16:57 (GMT+07:00) To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> Subject: Re: Re: [belajar-excel] Membuat Calculated Field di Pivot Data Model

 

wkwkwk...
ayuk....
sila didiskusikan saja dengan yang pengen ikutan ya..
saya dapet kabar waktu n lokasi nya sajah...
Insya Allah kalau sabtu ato minggu januari ini sih bisa..

2018-01-11 16:52 GMT+07:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Saya ikut om.. hehe

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

 

ayuk kita ngobrol-ngobrol...sapa tahu ada BeExceller yang juga mo ikutan

Oh,

atau coba lihat di folder Office di C:\program files atau program files x86 jika 32 bit office di os 64 bit. Kemudian ke folder msoffice, ke folder office15 (xl2013 kan ya), folder Addin, ada atau tidak folder powerpivot nyaJika tidak ada, berarti memang perlu di install. coba download powerpivot addin dari Microsoft kemudian install. siapa tahu bisa masuk di folder tersebut.

Kalau ada folder powerpivot, maka masalahnya adalah untuk mengaktifkannya. Biasanya, folder tersebut harus di set sebagai trusted folder dari excel options trus center -> trust center setting -> trusted location -> add new location (termasuk sub foldernya di trusted) -> OK sampai keluar dari trust centerBaru dicoba untuk aktifkan addin dari excel options -> addin -> pilih COM addin -> pilih power pivot
btw,itu tadi kira-kira ya...soale jarang pake edisi selain pro plus

Regards,
Kid

On Thu, Jan 11, 2018 at 3:29 PM, Zainul Ulum zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups..com > wrote:

 

Mas Kid,

Berarti kita bisa ketemuan untuk diskusi dong....

Saya pakai office365 versi Home menurut Microsoft untuk home edition tidak ada, sehingga power pivot tidak muncul saat saya aktifkan COM Addin.

Wassalam,

-zainul

#dikirim_pakai_mail.yahoo.com_ tanpa_pulsa#

------------------------------ --------------

On Thu, 11/1/18, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

Subject: Re: [belajar-excel] Membuat Calculated Field di Pivot Data Model

To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com >

Date: Thursday, 11 January, 2018, 2:39 PM

 

Wa'alaikumussalam wr wb

mas Zainul,

Dah balik 2 tahun lalu

kok...

Itu bikinnya

pakai Power Pivot (sebut saja Excel Data Model). Jadi,

pembuatan seluruh kolom dan measure di 3 file tersebut

adalah di Data Model nya.

Di Excel

2010 ke atas, (pastikan COM Addin PowerPivot telah

diaktifkan melalui Excel Options -> Addins -> pilih

COM Addin)

    ribbon Power Pivot ->

grup menu Data Model -> klik Manage

atau   ribbon Data ->

grup menu Data Tools -> klik Manage Data

Model

Nanti akan

muncul data model. Lalu lihat tabel (sheet atau tab) bla_det

(lali aku jenenge opo yo kae)

Untuk file yang pakai calculated

column, maka calculated column akan tampak dengan warna

latar header kolom yang berbeda.Untuk file yang

pakai calculated measure, maka calculated measure akan

tampak di area cells yang ada di bawah area data view (di

bawah area records preview)

fyi,Calculated Column :

akan menambah size worbook dan membutuhkan waktu saat akan

membuka data model (bukan membuka workbook ya), tapi

kalkulasi tidak diproses berulang kecuali saat

refreshCalculated Measure : tidak menambah size

workbook secara signifikan, tetapi kalkulasi dilakukan

berulang setiap ada pengubahan terhadap pivot table-nya

nanti. Sangat cepat jika pivot table tidak menampilkan

banyak nilai data.

Wassalamu'alaikum wr

wbKid

On Thu, Jan 11, 2018 at

2:26 PM, Zainul Ulum zainul_ulum@yahoo.com

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com >

wrote:

 

Assalamu'laikum Mas Kid..

Masih di negeri kanguru?

Saya mau mencoba saran yang diuraikan tetapi saya kesulitan

untuk menampilkan tool calculated field di excel 2013 home

edition.

Apakah langkah yang diuraikan oleh Mas Kid menggunakan tool

calculated field di Power Pivot?.

Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

-zainul

#dikirim_pakai_mail.yahoo.com_ tanpa_pulsa#

------------------------------ --------------

On Wed, 10/1/18, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com

> wrote:

Subject: Re: [belajar-excel] Membuat Calculated Field di

Pivot Data Model

To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com

>

Date: Wednesday, 10 January, 2018, 10:26 PM

 

Wassalamu'alaikum

wr wb

mas Zainul,

File terlampir.

> Model 1 CalcCols1 : calculated column

setiap elemen yang dibutuhkan (terutama ketika hasil

satu

kalkulasi akan digunakan berulang di kolom lain atau

dikalkulasi lain)

       calculated

column 1 [Unit Price] = lookup nilai unit price dari

tabel

up

       calculated column 2

[Total Price] = [Unit Price] * [Qty]> Model 1

CalcCols2 : calculated column untuk menjadi explicit

measure

(field bawaan dataset) yang dimasukkan ke area Values

       calculated column 2

[Total Price] = hasil lookup nilai unit price dari tabel

up

* [Qty]

> Model 2 Implicit

Measure (calculated measure) : measure hasil

kalkulasi       di bawah data view, pada

salah satu cells diisi definisi Calculated

Measure.          calculated measure

(fx) [Total Price]:= kalkulasi sum tiap record dari

tabel det, dengan definisi kalkulasi sebagai hasil

lookup

nilai unit price dari tabel up * [Qty]

Pada pivot table, Model 1 akan

menampilkan kolom [Total Price] seperti field lainnya,

sedangkan Model 2 akan menampilkan [Total Price] dengan

icon

calculated measure ( fx Total Price )

Wassalamu'alaikum wr

wbKid

P.S.Sorry, file lampiran

lebih dari 250KB.Supaya utuh perbandingannya.

2018-01-10 18:43 GMT+07:00

Zainul Ulum zainul_ulum@yahoo.com

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com

>:

 

Dear Be-Excel,

Saya mempunya pivot dengan setting data model yang

menggabungkan (relationship) antara tabel [tbl_det] dan

[tbl_up].

Bagaimanakah caranya setting di [MDX] sehingga

didapatkan

hasil seperti di table [PIVOT] tanpa saya harus membuta

kolom bantu [Unit Price] dan [Price] di [tbl_det]?

Untuk detail silakan lihat di file terlampir.

Wassalam Wr. Wb,

-zainul

Thu Jan 11, 2018 6:11 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Prasaja_Satria,Saya coba ikutan dengan dua versi, Macro dan UDF (User Defined Function); UDF ini merupakan larik (Array) yang ditulis sekaligus pada Range Hasil dengan menekan tombol Control Shift Enter (CSE) secara bersamaan.
Silakan coba file terlampir.
Salam,HK

On Thursday, 11 January 2018, 11:26:02 AM GMT+7, prasaja_satria@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 
Asslamu'alaikum Wr.Wb

Selamat pagi para guru,
Maaf mengganggu jika ada kesempatan dan berkenan melihat kasus saya.

Saya punya macro seperti yg saya lampirkan.

Saya tadinya berniat untuk menyimpan data disebuah variable, lalu saya panggil kembali semua variable tersebut.

Yang jadi kenyataan data yang tersimpan dan terpanggil malah data terkahir saja.

Sudah saya coba berbagai cara dengan cara dipisah dengan For.. Next.. yang dibedakan denga dipisah menjadi 2 sub prosedur tetapi tetap sama. Saya masih newbie jadi belum begitu paham penggunaan nya.

Didalam lampiran saya sertakan dua cara yg hasilnya sama saja.

Mungkin ada yang tau bagaimana solusinya.
Mohon maaf apabila penjelasannya kurang bisa dipahami, untuk lebih jelas ada si lampiran.

Terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar