Selasa, 02 Januari 2018

[belajar-excel] Digest Number 4394

7 Messages

Digest #4394
1a
Menambahkan gambar pada comment excel by "Herry Widianto" herry_widianto83
1b
Re: Menambahkan gambar pada comment excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Status Transaksi by "kiki tanjung" kieki_e
2b
Re: Status Transaksi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Formasi Data Base Minim Size by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Jan 2, 2018 3:15 am (PST) . Posted by:

"Herry Widianto" herry_widianto83



DearPara master
Tolong di bantuBagaimana cara menambahkan gambar pada insert comment excel.
Terimakasih
Br,Herry
Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Tue Jan 2, 2018 4:24 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Herry,

Coba :
insert comment -> edit comment atau show comment -> klik kanan border si
comment -> Format Comment -> tab Color n line -> bagian fill, item color :
pilih fill effect -> tab picture -> pilih file gambar -> ok

Regards,
Kid

2018-01-02 11:28 GMT+07:00 Herry Widianto herry_widianto83@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Dear
> Para master
>
> Tolong di bantu
> Bagaimana cara menambahkan gambar pada insert comment excel.
>
> Terimakasih
>
> Br,
> Herry
> Dikirim dari Yahoo Mail di Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>

Tue Jan 2, 2018 3:17 am (PST) . Posted by:

"kiki tanjung" kieki_e

Dear Mr Kid
Terima kasih atas penjelasannya.
Berikut saya coba jabarkan lagi yang menjadi masalah nya ( mohon maaf kalau penyampaiannya membuat bingung )

Contoh tabel diatas adalah tabel kasbon dan pertanggungjawaban kasbonKasbon : Pengeluaran dana sementara ( belum menjadi biaya, menunggu Settlement )Settled : Pengeluaran dana yang menjadi biaya
Kasbon No : 18000001 : 15..000.000Item :1. Semen : 10.000.000   -----> Unsettled ( sudah dibayar, tapi belum menjadi biaya )2. Pasir : 5.000.000   -----> Unsettled ( sudah dibayar, tapi belum menjadi biaya )
Settlement Kasbon No : 18000001Item :1. Semen : 5.000.000   -----> Settled ( sudah dibayar dan menjadi biaya )Status Kasbon No : 18000001 menjadi :Unsettled : 10.000.000Settled : 5.000.000Sampai tahap ini, pemilik Kasbon masih mempunyai hutang Settlement (pertanggungjawaban : 10.000.000)
Lalu, hari berikutnya pemilik kasbon membuat Settlement untuk sisa Kasbon sebesar : 10.000.000 (dalam settlement nya, tidak ada item "Pasir" seperti Kasbon awal, karena ternyata Kerikil nya lebih urgent dan didahulukan)Settlement Kasbon No : 18000001Item :1. Kerikil : 5.000.000   -----> Settled ( sudah dibayar dan menjadi biaya )2. Besi : 5.000.000   -----> Settled ( sudah dibayar dan menjadi biaya )
Sampai tahap ini, seharusnya pemilik Kasbon sudah selesai pertanggungjawabannya dengan kesimpulan :Kasbon : 15.000.000Settled : 15.000.000
Namun, pada tabel diatas, pengeluaran dana yang berstatus "Unsettled" masih sebesar : 5.000.000 dikarenakan tidak ada item "Pasir" pada kolom keterangan

On Saturday, December 30, 2017 6:52 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


  Hai Kiki,

Sebaiknya Anda definisikan dulu seluruh kriteria settled.
Jenis status itu untuk status invoice atau untuk per item invoice ?
Jika jenis status untuk invoice, kriterianya apa saja (seluruh kemungkinan yang bisa terjadi)
Jika jenis status untuk per item invoice, kriterianya apa saja (seluruh kemungkinan yang bisa terjadi).

Contoh :invoice 1 : ambil barang A,B,C (3 item) masing-masing senilai 1000, belum ada pembayaran.
                 - apa status invoice 1 ?                 - apa status invoice masing-masing item ?
invoice 2 : ambil barang A,B,C (3 item) masing-masing senilai 1000, pembayaran baru ada untuk item P,Q,R,S
                 - apa status invoice 2 ?                 - apa status invoice masing-masing item ?
invoice 3 : ambil barang A,B,C (3 item) masing-masing senilai 1000, pembayaran baru ada untuk item P,Q,R                  - apa status invoice 3 ?                 - apa status invoice masing-masing item ?invoice 4 : ambil barang A,B,C (3 item) masing-masing senilai 1000, pembayaran baru ada untuk item P,Q
                 - apa status invoice 4 ?                 - apa status invoice masing-masing item ?invoice 5 : ambil barang A,B,C (3 item) masing-masing senilai 1000, pembayaran baru ada untuk item P
                 - apa status invoice 5 ?                 - apa status invoice masing-masing item ?invoice 6 : ambil barang A,B,C (3 item) masing-masing senilai 1000, pembayaran baru ada untuk item A,B,C masing-masing 1000
                 - apa status invoice 6 ?                 - apa status invoice masing-masing item ?invoice 7 : ambil barang A,B,C (3 item) masing-masing senilai 1000, pembayaran baru ada untuk item A dan B 1000 (lunas), C senilai 400 (masih belum lunas)
                 - apa status invoice 7 ?                 - apa status invoice masing-masing item ?dst...
Dari berbagai kondisi invoice, kemudian Anda susun kriteria status invoice dan kriteria status per item invoice.Lalu buat contoh datanya, dan kirim ke milis.
Regards,Kid

On Fri, Dec 29, 2017 at 3:35 PM, kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

  Dear Mr Kid
Setelah coba2, bisa berjalan dengan memakai rumus :
=IF(MAX(COUNTIF([No Kasbon2],[No Kasbon2]))>1,"SETTLED"," UNSETTLED")

Tapi, rumus itu bisa dipakai jika ada kolom tambahan ( No Kasbon2 )
Apakah ada solusi lain tanpa memakai kolom tambahan ?
Terlampir worksheet nya
Terima kasih Mr Kid

On Friday, December 29, 2017 3:01 PM, kiki tanjung <kieki_e@yahoo...com> wrote:


Dear Mr Kid
It's work
Masalah berikutnya adalah, jika kasbon pasir itu ternyata settlement nya adalah material yg lain, misalnya kerikil, maka status kasbon menjadi "UNSETTLED".
Padahal, kasbon yang awalnya untuk pasir itu sbnrnya sudah SETTLED, hanya berganti menjadi kerikil.
Mohon pencerahannya lagi ya...

On Friday, December 29, 2017 5:14 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:


  Hai Ki,

Begini :
=IF(COUNTIFS([No Kasbon],B2,[Keterangan],D2,[ Transaksi],"Set*"),"","UN")&" SETTLED"

Regards,
Kid

2017-12-28 14:20 GMT+07:00 kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com >:

  Dear rekan rekan
Mohon bantuan untuk otomatisasi input data berikut :
Kasbon No : 18000001 Total Kasbon : 15.000.000 Terdiri atas 2 inputan (row) ;1. Semen : 10.000.000 -----> status transaksi : "Kasbon"2. Pasir : 5.000.000 ------> status transaksi : "Kasbon"
Pertanyaan :
Ketika laporan pertanggungjawaban kasbon untuk item Semen diterima, maka diinput :
1. Semen : 5.000.000 -----> status transaksi "SETTLED" -----> bagaimana caranya agar status "SETTLED" otomatis terisiLalu bagaimana caranya agar status transaksi "Kasbon" pada inputan Semen : 10.000.000 juga otomatis terisi "SETTLED"
2. Bagaimana caranya inputan Pasir : 5.000.000 terisi "UNSETTLED&quot; ( karena belum ada inputan settlement nya )

Saya sudah coba menggunakan rumus berikut :

=IF(MAX(COUNTIF([No Kasbon],[No Kasbon]))>1,"SETTLED&quot;," UNSETTLED")

Tapi dengan rumus diatas,  item inputan "Pasir" juga menjadi "SETTLED", padahal belum ada inputan settlement nya.

Terlampir contoh kasus. Terima kasih banyak atas bantuan rekan rekan..


#yiv0718582801 #yiv0718582801 -- #yiv0718582801ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mkp #yiv0718582801hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mkp #yiv0718582801ads {margin-bottom:10px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mkp .yiv0718582801ad {padding:0 0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mkp .yiv0718582801ad p {margin:0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mkp .yiv0718582801ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-sponsor #yiv0718582801ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-sponsor #yiv0718582801ygrp-lc #yiv0718582801hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-sponsor #yiv0718582801ygrp-lc .yiv0718582801ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801activity span {font-weight:700;}#yiv0718582801 #yiv0718582801activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv0718582801 #yiv0718582801activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv0718582801 #yiv0718582801activity span span {color:#ff7900;}#yiv0718582801 #yiv0718582801activity span .yiv0718582801underline {text-decoration:underline;}#yiv0718582801 .yiv0718582801attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv0718582801 .yiv0718582801attach div a {text-decoration:none;}#yiv0718582801 .yiv0718582801attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv0718582801 .yiv0718582801attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv0718582801 .yiv0718582801attach label a {text-decoration:none;}#yiv0718582801 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv0718582801 .yiv0718582801bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv0718582801 .yiv0718582801bold a {text-decoration:none;}#yiv0718582801 dd.yiv0718582801last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0718582801 dd.yiv0718582801last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0718582801 dd.yiv0718582801last p span.yiv0718582801yshortcuts {margin-right:0;}#yiv0718582801 div.yiv0718582801attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv0718582801 div.yiv0718582801attach-table {width:400px;}#yiv0718582801 div.yiv0718582801file-title a, #yiv0718582801 div.yiv0718582801file-title a:active, #yiv0718582801 div.yiv0718582801file-title a:hover, #yiv0718582801 div.yiv0718582801file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0718582801 div.yiv0718582801photo-title a, #yiv0718582801 div.yiv0718582801photo-title a:active, #yiv0718582801 div.yiv0718582801photo-title a:hover, #yiv0718582801 div.yiv0718582801photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0718582801 div#yiv0718582801ygrp-mlmsg #yiv0718582801ygrp-msg p a span.yiv0718582801yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv0718582801 .yiv0718582801green {color:#628c2a;}#yiv0718582801 .yiv0718582801MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv0718582801 o {font-size:0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801photos div {float:left;width:72px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801reco-category {font-size:77%;}#yiv0718582801 #yiv0718582801reco-desc {font-size:77%;}#yiv0718582801 .yiv0718582801replbq {margin:4px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mlmsg select, #yiv0718582801 input, #yiv0718582801 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mlmsg pre, #yiv0718582801 code {font:115% monospace;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-mlmsg #yiv0718582801logo {padding-bottom:10px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-msg p#yiv0718582801attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-reco #yiv0718582801reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-sponsor #yiv0718582801ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-sponsor #yiv0718582801ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-sponsor #yiv0718582801ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv0718582801 #yiv0718582801ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv0718582801

Tue Jan 2, 2018 4:14 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Begini :
=IF(COUNTIF(C2,"Set*"),"SETTLED",IF(SUMIFS([Jumlah],[No
Kasbon],B2,[Transaksi],"Set*")-SUMIFS(E$1:E1,B$1:B1,B2,C$1:C1,"Kasb*")>0,"SETTLED","UNSETTLED"))

Regards,
Kid

On Fri, Dec 29, 2017 at 3:35 PM, kiki tanjung kieki_e@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear Mr Kid
>
> Setelah coba2, bisa berjalan dengan memakai rumus :
>
> =IF(MAX(COUNTIF([No Kasbon2],[No Kasbon2]))>1,"SETTLED","UNSETTLED")
>
> Tapi, rumus itu bisa dipakai jika ada kolom tambahan* ( No Kasbon2 )*
>
> Apakah ada solusi lain tanpa memakai kolom tambahan ?
>
> Terlampir worksheet nya
>
> Terima kasih Mr Kid
>
>
> On Friday, December 29, 2017 3:01 PM, kiki tanjung <kieki_e@yahoo..com>
> wrote:
>
>
> Dear Mr Kid
>
> It's work
>
> Masalah berikutnya adalah, jika kasbon pasir itu ternyata settlement nya
> adalah material yg lain, misalnya kerikil, maka status kasbon menjadi
> "UNSETTLED".
>
> Padahal, kasbon yang awalnya untuk pasir itu sbnrnya sudah SETTLED, hanya
> berganti menjadi kerikil.
>
> Mohon pencerahannya lagi ya...
>
>
> On Friday, December 29, 2017 5:14 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Ki,
>
> Begini :
> =IF(COUNTIFS([No Kasbon],B2,[Keterangan],D2,[Transaksi],"Set*"),"","UN")&"
> SETTLED"
>
> Regards,
> Kid
>
>
> 2017-12-28 14:20 GMT+07:00 kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear rekan rekan
>
> Mohon bantuan untuk otomatisasi input data berikut :
>
> Kasbon No : 18000001
> Total Kasbon : 15.000.000
> Terdiri atas 2 inputan (row) ;
> 1. Semen : 10.000.000 -----> status transaksi : "Kasbon"
> 2. Pasir : 5.000.000 ------> status transaksi : "Kasbon"
>
> Pertanyaan :
>
> Ketika laporan pertanggungjawaban kasbon untuk item Semen diterima, maka
> diinput :
>
> 1. Semen : 5.000.000 -----> status transaksi "SETTLED" -----> bagaimana
> caranya agar status "SETTLED" otomatis terisi
> Lalu bagaimana caranya agar status transaksi "Kasbon" pada inputan Semen :
> 10.000.000 juga otomatis terisi "SETTLED"
>
> 2. Bagaimana caranya inputan Pasir : 5.000.000 terisi "UNSETTLED&quot; ( karena
> belum ada inputan settlement nya )
>
>
> Saya sudah coba menggunakan rumus berikut :
>
>
> =IF(MAX(COUNTIF([No Kasbon],[No Kasbon]))>1,"SETTLED&quot;," UNSETTLED")
>
> Tapi dengan rumus diatas, item inputan "Pasir" juga menjadi "SETTLED",
> padahal belum ada inputan settlement nya.
>
>
> Terlampir contoh kasus. Terima kasih banyak atas bantuan rekan rekan.
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Jan 2, 2018 4:42 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

mas Nang,

Refresh berlaku pada object Excel :
a. Excel Connections (hasil get external data, baik yang ditampilkan dalam
bentuk Excel query Table object maupun Excel Pivot Table)
b. Excel Pivot Table dengan sumber data dari dalam workbook itu sendiri
Refresh All berarti me-refresh seluruh macam object Excel yang perlu
di-refresh (yaitu yang berjenis seperti poin a dan b di atas).

Untuk Excel object poin a, maka refresh bisa diatur otomasi pada object
Excel Connections
ribbon Data -> grup menu Connections -> pilih sebuah item
connections dalam daftar -> klik tombol Properties -> tab Usage -> bagian
Refresh Control -> atur item Refresh every dalam satuan menit -> OK

Excel Pivot Table dan Excel Table tidak memiliki fitur untuk autorefresh.
Jadi,
> jika ada Excel Table yang bisa diatur autorefresh, pastilah itu berupa
Excel query Table, dan yang diatur autorefresh-nya adalah object Excel
Connection-nya (bukan Excel query Table-nya).
> jika ada Excel Pivot Table yang bisa diatur autorefresh, pastilah itu
berupa Excel Pivot Table dengan data source dari hasil Excel Connections,
dan yang diatur autorefresh-nya adalah object Excel Connection-nya (bukan
Excel Pivot Table-nya).

Pengaturan refresh all atau refresh pivot table dengan data source dari
workbook (poin b) perlu menggunakan VBA.
> untuk refresh berdasar adanya pengubahan data atau sumber data, maka
event change dari masing-masing workbook sumber data bisa dibuat dan diisi
proses refresh (all atau object di sheet itu saja).
> untuk refresh secara otomatis setiap rentang waktu tertentu, dengan
memanfaatkan application.time (hal ini juga berlaku untuk mengatur refresh
poin a dengan interval waktu refresh kurang dari 1 menit).
*** Berhubung menggunakan application.time, maka pastikan ada proses
penghentian jadwal oleh application.time di saat workbook akan ditutup atau
tertutup

Demikianlah...

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2018-01-01 11:11 GMT+07:00 Nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Asalamualaikum warahmatullah,
>
> Mas Kid, ikut tanya nih....
>
> Memerintah excel untuk menyimpan file setiap sekian menit mudah dilakukan
> dengan excel option, Bagaimana caranya memerintah excel untuk refresh
> setiap 5 menit? atau 10 menit?
> On 12/31/2017 11:58 AM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
> wrote:
>
> 1. biar range data Pivot mengikuti data terakhir
> * Excel Table Object.
> *Cara buat :*
> -> Blok sumber data (beserta header [header 1 baris saja tanpa merge
> cells], records tidak ada yang di-merge]) -> ribbon Home -> grup menu
> Styles
> -> Format as table -> pilih sebuah styles -> centang has header -> OK
>
> *Cara beri nama tabel :*
> -> klik sebuah cells dalam Excel Table -> menu tools : Table Tools ->
> ribbon Design atau Options -> grup menu Properties -> item Table Name :
> beri nama tabel tanpa spasi diakhiri ENTER.
>
> *Cara pakai tabel sebagai pivot data source :*
>
>> *> sudah ada pivot table dengan data source bukan Excel Table :*
>> -> klik pivot table yang sudah ada -> menu tools : PivotTable Tools ->
>> ribbon Analyze atau Options -> grup menu Data -> Change Data Source
>> -> Select table/range : diisi nama Excel Table Object tadi -> OK
>>
> *> buat pivot table baru :*
>> -> klik sebuah cells dalam Excel Table Object -> tools menu : Table Tools
>> -> ribbon Design atau Options -> grup menu Tools
>> -> Summarize with pivot table -> pilih lokasi letak pivot table -> OK ->
>> atur layout pivot table
>>
>
>
> 2. Apakah selalu pake refresh setiap kali data ini berubah
> * Ya, Refresh Pivot Table atau Refresh All
> *Cara Refresh :*
>
>> *> Refresh Pivot Table :*
>> -> klik sebuah cells pivot table -> tekan ALT + F5
>> *atau*
>> -> klik kanan sebuah cells pivot table -> pilih Refresh
>> *atau*
>> -> klik sebuah cells pivot table -> menu tools : PivotTable Tools ->
>> ribbon Analyze atau Options -> grup menu Data -> Refresh
>>
> *> Refresh All :*
>> -> tekan CTRL + ALT + F5
>> *atau*
>> -> ribbon Data -> grup menu Connections -> Refresh All
>>
>
> *Catatan :*
> 1. Jika ada banyak layout pivot table, TETAPI sumber datanya adalah 1
> (satu) tabel data yang sama,
> cukup buat 1 (satu) pivot table lalu copy pivot table ke lokasi lain
> untuk disusun menjadi layout lain yang dibutuhkan
> *** Jadi, refresh 1 (satu) pivot table akan langsung me-refresh pivot
> table copy-annya (walau beda layout)
> *** Contoh : tabel data di sheet DATA, output di sheet OUT000 sampai
> OUT999 masing-masing sheet out berisi 1 pivot table yang menggunakan data
> di sheet DATA
> sheet out ada 1000 bijik karena ada 1000 layout
> output dari data di sheet DATA.
> buat pivot table di sheet OUT000, atur layout
> untuk OUT000, copy pivot table di OUT000 ke sheet OUT### lainnya dan atur
> sesuai kebutuhan
>
> 2. Jika pivot table selalu dapat mengakses sumber datanya, maka atur pivot
> table agar TIDAK MENYIMPAN data
> caranya : klik kanan Pivot Table -> pilih Pivot Table Options -> tab
> Data -> hilangkan centang dari item Save source data with file
> Cara bekerja offline :
> Ketika file berisi pivot table akan dikerjakan offline dari data
> source (misal didaerah yang tidak bisa konek ke komputer sumber data),
> buat salinan file berisi pivot table, lalu atur agar pivot save source
> data with file (dicentang), refresh all, save file, tutup file, bawa
> filenya kemanpun disuka.
>
> 3. Sebisa mungkin, seluruh formula diletakkan atau diatur sebagai kolom
> baru di sumber datanya, bukan menggunakan Pivot Table Calculated formula
> atau calculated items.
>
> 4. Sebaiknya, tabel data source pivot table berupa Excel Table Object agar
> bersifat dinamis, baik itu berupa local tabel ataupun query table.
> *** Tentang query table, jika memungkinkan, biarkan query table aktif
> terkoneksi ke sumber datanya.
> *** Jika bisa membuat data connections, sebaiknya pivot table langsung
> mengambil dari hasil data connections.
> Contoh : sumber data di MS Access (file bisa ada dimana saja
> asal masih di dunia ini dan bisa diakses),
> maka buat koneksi data ke sumber data dan
> langsung output berupa pivot table (1 bijik dulu, lalu [lihat no 1])
>
> 5. [bila perlu] Ketika diijinkan menggunakan VBA, buatlah prosedur event
> yang membuat pivot table yang terkait dengan sumber data yang berubah isi
> akan langsung ter-refresh,
> jika menekan ALT + F5 atau CTRL + ALT + F5 begitu memberatkan.
> *** Setiap mengubah data lalu menekan CTRL + S tidak pernah jadi
> hambatan kan ya, jarang loh yang nuntut setiap habis ubah data maka
> workbook harus langsung ter-save
> Padahal kalau pakai formula, tetap saja alur kerjanya adalah
> entry, ubah, delete data sampai selesai lebih dulu, barulah pindah ke sheet
> output berformula.
> Hanya bertambah CTRL + S kalau pengen hasil kerjanya gak hilang
> jika Excel crash atau listrik padam.
> Hanya bertambah CTRL + ALT + F5 kalau pengen refresh all
> kayanya banyak yang kena sindrom formula with automatic
> calculations, padahal kalau kalkulai di buat Manual supaya workbook gak
> berat saat entry data, tetap saja harus pencet SHIFT + F9 atau F9
>
> 6. [bila perlu] pada pivot table yang selalu online dengan sumber datanya
> (dapat mengakses sumber datanya setiap saat) diatur agar setiap kali file
> (workbook) dibuka,
> maka pivot table di-refresh sekalian oleh Excel.
> Cara setting : klik kanan pivot table -> Pivot Table Options -> tab
> Data -> centang item Refresh data when opening the file
>
>
> ;)
> demikianlah....
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>

Tue Jan 2, 2018 4:57 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Roni,

Ada baiknya ditanyakan kepada pembuatnya.
Tentu pembuatnya memiliki alasan kenapa tidak langsung aktif.

Biasanya untuk membuat VBA berjalan sejak security macro di-enable adalah
dengan membuatkan prosedur event Workbook Open yang diisi dengan baris kode
untuk mengatur tampilan awal yang diinginkan.
*** Sebaiknya menghindari penggunalan prosedur Auto_Open di sebuah general
module dan lebih disarankan menggunakan event Workbook Open.

Regards,
Kid

On Tue, Jan 2, 2018 at 8:21 AM, y.roni35@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar