Senin, 14 Mei 2012

[belajar-excel] Digest Number 1613

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: achmad adi
1b.
Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: Kid Mr.
1c.
Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: achmad adi
1d.
Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: Kid Mr.
1e.
Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: achmad adi
1f.
Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: Kid Mr.
1g.
Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: achmad adi
1h.
Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: Kid Mr.
1i.
Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: achmad adi
1j.
Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: Kid Mr.
1k.
Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: achmad adi
1l.
Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: Kid Mr.
1m.
Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: achmad adi
1n.
Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN From: Kid Mr.
2a.
Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak From: caecilia sarah Floresa
2b.
Re: Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak From: Kid Mr.
3a.
Total Berdasarkan Bulan From: depi Hariyanto
3b.
Re: Total Berdasarkan Bulan From: Kid Mr.
3c.
Bls: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan From: ghozi alkatiri
3d.
Re: Total Berdasarkan Bulan From: Kid Mr.
3e.
Bls: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan From: depi Hariyanto
3f.
Re: Total Berdasarkan Bulan From: Kid Mr.
3g.
Bls: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan From: depi Hariyanto
3h.
Re: Total Berdasarkan Bulan From: Kid Mr.
4a.
Re: Menambah Kondisi dalam Conditional Formatting From: Kid Mr.

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 1:01 am (PDT)



tetep belum mudeng ,,heeeSeperti bagaimana contohnya pak,,,?
untuk SUM TOTAL-nya yang dengan angka 2 digit dibelakang koma,,,secara otomatis,,
SUM TOTAL ini nantinya yang dipakai untuk dipindahkan Ke WorkSheet Lain,,,( Pertanyaan Berikutnya :) )
 
 

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 14:42
Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

 
Pak Achmad,

Sebaiknya Bapak mulai mempelajari tentang datatype. Coba tulis di VBE kata datatype, blok dan tekan F1.

Ini adalah tipe data yang Bapak gunakan :
   Dim intTotal As Integer
Tipedata Integer pasti hanya bisa menampung data numerik bilangan bulat pada range tertentu. Yang lebih luas adalah Long.

Ketika data memiliki karakteristik salah satunya berupa jenis bilangannya bukan bilangan bulat, maka perlu penetapan tipe data lain.
Misal dengan Single atau Double. Jika tentang uang, tipe data Currency lebih pas meski tidak harus. Atau nilainya bisa memiliki digit yang banyak sekali (tapi kan cell Excel hanya 15 digit presisi maksimum), bisa menggunakan Decimal.

Jangan lupa,..... tipe data.

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

 
>Total otomatis dari Data Entri...saya lampirkan file nya,,,
>nantinya boleh nanya lagikan Mr Kid,,,heeee,,,

>
>

( rumusnya saya kanibal sana sini,,heeee)
1b.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 1:03 am (PDT)



Ganti Dim intTotal As Integer
Jadi Dim intTotal As Double
Atau Dim intTotal As Currency

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> tetep belum mudeng ,,heee
> ( rumusnya saya kanibal sana sini,,heeee)
>
>
> Seperti bagaimana contohnya pak,,,?
> untuk SUM TOTAL-nya yang dengan angka 2 digit dibelakang koma,,,secara
> otomatis,,
> SUM TOTAL ini nantinya yang dipakai untuk dipindahkan Ke WorkSheet
> Lain,,,( Pertanyaan Berikutnya :) )
>
>
>
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 14:42
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
> Pak Achmad,
>
> Sebaiknya Bapak mulai mempelajari tentang datatype. Coba tulis di VBE kata
> datatype, blok dan tekan F1.
>
> Ini adalah tipe data yang Bapak gunakan :
> Dim intTotal As Integer
> Tipedata Integer pasti hanya bisa menampung data numerik bilangan bulat
> pada range tertentu. Yang lebih luas adalah Long.
>
> Ketika data memiliki karakteristik salah satunya berupa jenis bilangannya
> bukan bilangan bulat, maka perlu penetapan tipe data lain.
> Misal dengan Single atau Double. Jika tentang uang, tipe data Currency
> lebih pas meski tidak harus. Atau nilainya bisa memiliki digit yang banyak
> sekali (tapi kan cell Excel hanya 15 digit presisi maksimum), bisa
> menggunakan Decimal.
>
> Jangan lupa,..... tipe data.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> Total otomatis dari Data Entri...saya lampirkan file nya,,,
> nantinya boleh nanya lagikan Mr Kid,,,heeee,,,
>
> **
>
>
>
>
>
>
1c.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 1:26 am (PDT)



total Sum pada cells 15 tetep gak mau keluar.....

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 15:03
Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

 
Ganti Dim intTotal As Integer
Jadi Dim intTotal As Double
Atau Dim intTotal As Currency

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

 
>tetep belum mudeng ,,heee
>( rumusnya saya kanibal sana sini,,heeee)

> Seperti bagaimana contohnya pak,,,?
>untuk SUM TOTAL-nya yang dengan angka 2 digit dibelakang koma,,,secara otomatis,,
>SUM TOTAL ini nantinya yang dipakai untuk dipindahkan Ke WorkSheet Lain,,,( Pertanyaan Berikutnya :) )


>
>
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 14:42
>
>Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>

>Pak Achmad,
>
>Sebaiknya Bapak mulai mempelajari tentang datatype. Coba tulis di VBE kata datatype, blok dan tekan F1.
>
>Ini adalah tipe data yang Bapak gunakan :
>   Dim intTotal As Integer
>Tipedata Integer pasti hanya bisa menampung data numerik bilangan bulat pada range tertentu. Yang lebih luas adalah Long.
>
>Ketika data memiliki karakteristik salah satunya berupa jenis bilangannya bukan bilangan bulat, maka perlu penetapan tipe data lain.
>Misal dengan Single atau Double. Jika tentang uang, tipe data Currency lebih pas meski tidak harus. Atau nilainya bisa memiliki digit yang banyak sekali (tapi kan cell Excel hanya 15 digit presisi maksimum), bisa menggunakan Decimal.
>
>Jangan lupa,..... tipe data.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>

>>Total otomatis dari Data Entri...saya lampirkan file nya,,,
>>nantinya boleh nanya lagikan Mr Kid,,,heeee,,,
>> 
>>
>>
>
>
>

1d.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 1:32 am (PDT)



Kenapa gak pakai formula Sum di cell nya langsung ?
Jika pasang formula dengan VBA :

sheet1.range("L6:L13").formula="=Sum(d6:k6)"
sheet1.range("d15:L15").formula="=Sum(d6:d13)"

Jika akan di-values-kan, setelah ada pemasangan formula di atas :
sheet1.calculate
sheet1.range("L6:L13").value=sheet1.range("L6:L13").value
sheet1.range("d15:L15").value=sheet1.range("d15:L15").value

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> total Sum pada cells 15 tetep gak mau keluar.....
>
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 15:03
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
> Ganti Dim intTotal As Integer
> Jadi Dim intTotal As Double
> Atau Dim intTotal As Currency
>
> Kid.
>
> 2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> tetep belum mudeng ,,heee
> ( rumusnya saya kanibal sana sini,,heeee)
>
>
> Seperti bagaimana contohnya pak,,,?
> untuk SUM TOTAL-nya yang dengan angka 2 digit dibelakang koma,,,secara
> otomatis,,
> SUM TOTAL ini nantinya yang dipakai untuk dipindahkan Ke WorkSheet
> Lain,,,( Pertanyaan Berikutnya :) )
>
>
>
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 14:42
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
> Pak Achmad,
>
> Sebaiknya Bapak mulai mempelajari tentang datatype. Coba tulis di VBE kata
> datatype, blok dan tekan F1.
>
> Ini adalah tipe data yang Bapak gunakan :
> Dim intTotal As Integer
> Tipedata Integer pasti hanya bisa menampung data numerik bilangan bulat
> pada range tertentu. Yang lebih luas adalah Long.
>
> Ketika data memiliki karakteristik salah satunya berupa jenis bilangannya
> bukan bilangan bulat, maka perlu penetapan tipe data lain.
> Misal dengan Single atau Double. Jika tentang uang, tipe data Currency
> lebih pas meski tidak harus. Atau nilainya bisa memiliki digit yang banyak
> sekali (tapi kan cell Excel hanya 15 digit presisi maksimum), bisa
> menggunakan Decimal.
>
> Jangan lupa,..... tipe data.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> Total otomatis dari Data Entri...saya lampirkan file nya,,,
> nantinya boleh nanya lagikan Mr Kid,,,heeee,,,
>
> **
>
>
>
>
>
>
>
>
>
1e.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 2:02 am (PDT)



dah q coba kalau di SUM langsung gak mau nongopl juga,,,
kalo make formula dengan VBA :

sheet1.range("L6:L13").formula="=Sum(d6:k6)"
sheet1.range("d15:L15").formula="=Sum(d6:d13)"

Jika akan di-values-kan, setelah ada pemasangan formula di atas :
sheet1.calculate
sheet1.range("L6:L13").value=sheet1.range("L6:L13").value
sheet1.range("d15:L15").value=sheet1.range("d15:L15").value

diletakkan dimana?

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 15:31
Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

 
Kenapa gak pakai formula Sum di cell nya langsung ?
Jika pasang formula dengan VBA :

sheet1.range("L6:L13").formula="=Sum(d6:k6)"
sheet1.range("d15:L15").formula="=Sum(d6:d13)"

Jika akan di-values-kan, setelah ada pemasangan formula di atas :
sheet1.calculate
sheet1.range("L6:L13").value=sheet1.range("L6:L13").value
sheet1.range("d15:L15").value=sheet1.range("d15:L15").value

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

 
>total Sum pada cells 15 tetep gak mau keluar.....
>
>
>
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 15:03
>
>Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
>

>Ganti Dim intTotal As Integer
>Jadi Dim intTotal As Double
>Atau Dim intTotal As Currency
>
>Kid.
>
>2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>

>>tetep belum mudeng ,,heee
>>( rumusnya saya kanibal sana sini,,heeee)
>> 
>> Seperti bagaimana contohnya pak,,,?
>>untuk SUM TOTAL-nya yang dengan angka 2 digit dibelakang koma,,,secara otomatis,,
>>SUM TOTAL ini nantinya yang dipakai untuk dipindahkan Ke WorkSheet Lain,,,( Pertanyaan Berikutnya :) )
>> 
>> 
>>
>>
>>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 14:42
>>
>>Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>>
>>
>> 
>>Pak Achmad,
>>
>>Sebaiknya Bapak mulai mempelajari tentang datatype. Coba tulis di VBE kata datatype, blok dan tekan F1.
>>
>>Ini adalah tipe data yang Bapak gunakan :
>>   Dim intTotal As Integer
>>Tipedata Integer pasti hanya bisa menampung data numerik bilangan bulat pada range tertentu. Yang lebih luas adalah Long.
>>
>>Ketika data memiliki karakteristik salah satunya berupa jenis bilangannya bukan bilangan bulat, maka perlu penetapan tipe data lain.
>>Misal dengan Single atau Double. Jika tentang uang, tipe data Currency lebih pas meski tidak harus. Atau nilainya bisa memiliki digit yang banyak sekali (tapi kan cell Excel hanya 15 digit presisi maksimum), bisa menggunakan Decimal.
>>
>>Jangan lupa,..... tipe data.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>>
>> 
>>>Total otomatis dari Data Entri...saya lampirkan file nya,,,
>>>nantinya boleh nanya lagikan Mr Kid,,,heeee,,,
>>> 
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

1f.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 2:09 am (PDT)



Mengganti baris intotal yang pernah anda sebutkan, tetapi bukan bagian
baris Dim inttotal as bla nya, tapi dibawah sana, mestinya ada inttotal
yang anda gunakan untuk men-total. Hapus baris itu dan ganti dengan script
tadi.

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> dah q coba kalau di SUM langsung gak mau nongopl juga,,,
> kalo make formula dengan VBA :
>
> sheet1.range("L6:L13").formula="=Sum(d6:k6)"
> sheet1.range("d15:L15").formula="=Sum(d6:d13)"
>
> Jika akan di-values-kan, setelah ada pemasangan formula di atas :
> sheet1.calculate
> sheet1.range("L6:L13").value=sheet1.range("L6:L13").value
> sheet1.range("d15:L15").value=sheet1.range("d15:L15").value
>
> diletakkan dimana?
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 15:31
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
> Kenapa gak pakai formula Sum di cell nya langsung ?
> Jika pasang formula dengan VBA :
>
> sheet1.range("L6:L13").formula="=Sum(d6:k6)"
> sheet1.range("d15:L15").formula="=Sum(d6:d13)"
>
> Jika akan di-values-kan, setelah ada pemasangan formula di atas :
> sheet1.calculate
> sheet1.range("L6:L13").value=sheet1.range("L6:L13").value
> sheet1.range("d15:L15").value=sheet1.range("d15:L15").value
>
> Kid.
>
> 2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> total Sum pada cells 15 tetep gak mau keluar.....
>
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 15:03
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
> Ganti Dim intTotal As Integer
> Jadi Dim intTotal As Double
> Atau Dim intTotal As Currency
>
> Kid.
>
> 2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> tetep belum mudeng ,,heee
> ( rumusnya saya kanibal sana sini,,heeee)
>
>
> Seperti bagaimana contohnya pak,,,?
> untuk SUM TOTAL-nya yang dengan angka 2 digit dibelakang koma,,,secara
> otomatis,,
> SUM TOTAL ini nantinya yang dipakai untuk dipindahkan Ke WorkSheet
> Lain,,,( Pertanyaan Berikutnya :) )
>
>
>
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 14:42
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
> Pak Achmad,
>
> Sebaiknya Bapak mulai mempelajari tentang datatype. Coba tulis di VBE kata
> datatype, blok dan tekan F1.
>
> Ini adalah tipe data yang Bapak gunakan :
> Dim intTotal As Integer
> Tipedata Integer pasti hanya bisa menampung data numerik bilangan bulat
> pada range tertentu. Yang lebih luas adalah Long.
>
> Ketika data memiliki karakteristik salah satunya berupa jenis bilangannya
> bukan bilangan bulat, maka perlu penetapan tipe data lain.
> Misal dengan Single atau Double. Jika tentang uang, tipe data Currency
> lebih pas meski tidak harus. Atau nilainya bisa memiliki digit yang banyak
> sekali (tapi kan cell Excel hanya 15 digit presisi maksimum), bisa
> menggunakan Decimal.
>
> Jangan lupa,..... tipe data.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> Total otomatis dari Data Entri...saya lampirkan file nya,,,
> nantinya boleh nanya lagikan Mr Kid,,,heeee,,,
>
> **
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
1g.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 2:52 am (PDT)



terima kaih sebelumnya Mr. kid,,,heee,,,,
untuk pertamakali edit data ,,,SUMTOTAL,,bekerja dengan baik,,,tetapi itu hanya Kolom pertama (010) aja yang ketotal,,,lainnya gak bisa
trus kalo hasil Total,  2 angka dibelakang koma Langsung Pembulatan,,,tidak ada komanya,,

untuk edit kedua kalinya,,,malah gak ketotal semua,,,,

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 16:08
Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN


 
Mengganti baris intotal yang pernah anda sebutkan, tetapi bukan bagian baris Dim inttotal as bla nya, tapi dibawah sana, mestinya ada inttotal yang anda gunakan untuk men-total. Hapus baris itu dan ganti dengan script tadi.

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>


>dah q coba kalau di SUM langsung gak mau nongopl juga,,,
>kalo make formula dengan VBA :
>
>
>sheet1.range("L6:L13").formula="=Sum(d6:k6)"
>sheet1.range("d15:L15").formula="=Sum(d6:d13)"
>
>Jika akan di-values-kan, setelah ada pemasangan formula di atas :
>sheet1.calculate
>sheet1.range("L6:L13").value=sheet1.range("L6:L13").value
>sheet1.range("d15:L15").value=sheet1.range("d15:L15").value
>
>diletakkan dimana?
>
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 15:31
>
>Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
>

>Kenapa gak pakai formula Sum di cell nya langsung ?
>Jika pasang formula dengan VBA :
>
>sheet1.range("L6:L13").formula="=Sum(d6:k6)"
>sheet1.range("d15:L15").formula="=Sum(d6:d13)"
>
>Jika akan di-values-kan, setelah ada pemasangan formula di atas :
>sheet1.calculate
>sheet1.range("L6:L13").value=sheet1.range("L6:L13").value
>sheet1.range("d15:L15").value=sheet1.range("d15:L15").value
>
>Kid.
>
>
>2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
>
>> 
>>total Sum pada cells 15 tetep gak mau keluar.....
>>
>>
>>
>>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 15:03
>>
>>Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>>
>>
>>
>> 
>>Ganti Dim intTotal As Integer
>>Jadi Dim intTotal As Double
>>Atau Dim intTotal As Currency
>>
>>Kid.
>>
>>2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>>
>>
>>> 
>>>tetep belum mudeng ,,heee
>>>( rumusnya saya kanibal sana sini,,heeee)
>>> 
>>> Seperti bagaimana contohnya pak,,,?
>>>untuk SUM TOTAL-nya yang dengan angka 2 digit dibelakang koma,,,secara otomatis,,
>>>SUM TOTAL ini nantinya yang dipakai untuk dipindahkan Ke WorkSheet Lain,,,( Pertanyaan Berikutnya :) )
>>> 
>>> 
>>>
>>>
>>>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 14:42
>>>
>>>Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>>>
>>>
>>> 
>>>Pak Achmad,
>>>
>>>Sebaiknya Bapak mulai mempelajari tentang datatype. Coba tulis di VBE kata datatype, blok dan tekan F1.
>>>
>>>Ini adalah tipe data yang Bapak gunakan :
>>>   Dim intTotal As Integer
>>>Tipedata Integer pasti hanya bisa menampung data numerik bilangan bulat pada range tertentu. Yang lebih luas adalah Long.
>>>
>>>Ketika data memiliki karakteristik salah satunya berupa jenis bilangannya bukan bilangan bulat, maka perlu penetapan tipe data lain.
>>>Misal dengan Single atau Double. Jika tentang uang, tipe data Currency lebih pas meski tidak harus. Atau nilainya bisa memiliki digit yang banyak sekali (tapi kan cell Excel hanya 15 digit presisi maksimum), bisa menggunakan Decimal.
>>>
>>>Jangan lupa,..... tipe data.
>>>
>>>Wassalam,
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>>>
>>>
>>>> 
>>>>Total otomatis dari Data Entri...saya lampirkan file nya,,,
>>>>nantinya boleh nanya lagikan Mr Kid,,,heeee,,,
>>>> 
>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

1h.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 3:01 am (PDT)



Coba anda copas hasil pengubahan script Anda
Untuk format angka, blok cell di worksheet, klik kanan,
pilih format cells -> number -> Number -> ganti isian Decimal Places dengan
0 -> OK

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> terima kaih sebelumnya Mr. kid,,,heee,,,,
> untuk pertamakali edit data ,,,SUMTOTAL,,bekerja dengan baik,,,tetapi itu
> hanya Kolom pertama (010) aja yang ketotal,,,lainnya gak bisa
> trus kalo hasil Total, 2 angka dibelakang koma Langsung
> Pembulatan,,,tidak ada komanya,,
>
> untuk edit kedua kalinya,,,malah gak ketotal semua,,,,
>
> ------------------------------
>
>
1i.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 5:04 am (PDT)



Option Explicit

Private Sub CmdTAMBAH_Click()

Dim iRow As Long
Dim intTotal As Double
Dim ws As Worksheet
Set ws = Worksheets("dataentri")

    Application.ScreenUpdating = False ' biar screen tetep diem selama proses ndak kayak TV kurang sinyal
    Application.DisplayAlerts = False ' biar excel ndak munculin pesen peringatan
    Application.Calculation = xlManual ' biar excel ndak ngitung mulu saat proses

'''find  first empty row in database
''iRow = ws.Cells(Rows.Count, 1) _
''  .End(xlUp).Offset(1, 0).Row
'revised code to avoid problems with Excel tables in newer versions
iRow = ws.Cells.Find(What:="*", SearchOrder:=xlRows, _
    SearchDirection:=xlPrevious, LookIn:=xlValues).Row + 1

'cek input data
If Trim(Me.txtMRIS.Value) = "" Then
  Me.txtMRIS.SetFocus
  MsgBox " masukan no mriss !!"
  Exit Sub
End If
Dim lOpt As Long, lCol As Long
       
    For lOpt = 1 To 9
        If Controls("OB" & lOpt).Value Then
            lCol = 3 + lOpt
            Exit For
        End If
    Next lOpt

'posisi data baru (baris excel)
iRow = Evaluate("=Count(dataentri!b:b)") + 6

'copy  data
ws.Cells(iRow, 2).Value = Me.txtTGL.Value
ws.Cells(iRow, 3).Value = Me.txtMRIS.Value
ws.Cells(iRow, lCol).Value = Me.txtJUMLAH.Value

'hapus data
Me.txtTGL.Value = ""
Me.txtMRIS.Value = ""
Me.txtJUMLAH.Value = ""

Me.txtMRIS.SetFocus

If IsEmpty(ws.Cells(6, 1)) Then
        ws.Cells(6, 1) = 1

       
  Sheet1.Range("L6:L14").Formula = "=Sum(d6:k6)"
Sheet1.Range("d15:L15").Formula = "=Sum(d6:d13)"

Sheet1.Calculate
Sheet1.Range("L6:L14").Value = Sheet1.Range("L6:L14").Value
Sheet1.Range("d15:L15").Value = Sheet1.Range("d15:L15").Value

End If
End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
     Unload Me
End Sub

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 17:01
Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN


 
Coba anda copas hasil pengubahan script Anda
Untuk format angka, blok cell di worksheet, klik kanan,
pilih format cells -> number -> Number -> ganti isian Decimal Places dengan 0 -> OK

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>


>terima kaih sebelumnya Mr. kid,,,heee,,,,
>untuk pertamakali edit data ,,,SUMTOTAL,,bekerja dengan baik,,,tetapi itu hanya Kolom pertama (010) aja yang ketotal,,,lainnya gak bisa
>trus kalo hasil Total,  2 angka dibelakang koma Langsung Pembulatan,,,tidak ada komanya,,
>
>
>untuk edit kedua kalinya,,,malah gak ketotal semua,,,,
>
>
>
>
>________________________________
>
>

1j.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 5:06 am (PDT)



Coba hapus End IF sebelum End Sub pada prosedur event click milik cmdtambah

Wassalam,
Kid.

On Mon, May 14, 2012 at 5:09 PM, achmad adi <didon13@ymail.com> wrote:

> **
>
>
> Option Explicit
>
> Private Sub CmdTAMBAH_Click()
>
> Dim iRow As Long
> Dim intTotal As Double
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Worksheets("dataentri")
>
> Application.ScreenUpdating = False ' biar screen tetep diem selama
> proses ndak kayak TV kurang sinyal
> Application.DisplayAlerts = False ' biar excel ndak munculin pesen
> peringatan
> Application.Calculation = xlManual ' biar excel ndak ngitung mulu saat
> proses
>
>
> '''find first empty row in database
> ''iRow = ws.Cells(Rows.Count, 1) _
> '' .End(xlUp).Offset(1, 0).Row
> 'revised code to avoid problems with Excel tables in newer versions
> iRow = ws.Cells.Find(What:="*", SearchOrder:=xlRows, _
> SearchDirection:=xlPrevious, LookIn:=xlValues).Row + 1
>
> 'cek input data
> If Trim(Me.txtMRIS.Value) = "" Then
> Me.txtMRIS.SetFocus
> MsgBox " masukan no mriss !!"
> Exit Sub
> End If
>
> Dim lOpt As Long, lCol As Long
>
> For lOpt = 1 To 9
> If Controls("OB" & lOpt).Value Then
> lCol = 3 + lOpt
> Exit For
> End If
> Next lOpt
>
> 'posisi data baru (baris excel)
> iRow = Evaluate("=Count(dataentri!b:b)") + 6
>
> 'copy data
> ws.Cells(iRow, 2).Value = Me.txtTGL.Value
> ws.Cells(iRow, 3).Value = Me.txtMRIS.Value
> ws.Cells(iRow, lCol).Value = Me.txtJUMLAH.Value
>
>
> 'hapus data
> Me.txtTGL.Value = ""
> Me.txtMRIS.Value = ""
> Me.txtJUMLAH.Value = ""
>
> Me.txtMRIS.SetFocus
>
>
> If IsEmpty(ws.Cells(6, 1)) Then
> ws.Cells(6, 1) = 1
>
>
> Sheet1.Range("L6:L14").Formula = "=Sum(d6:k6)"
> Sheet1.Range("d15:L15").Formula = "=Sum(d6:d13)"
>
>
> Sheet1.Calculate
> Sheet1.Range("L6:L14").Value = Sheet1.Range("L6:L14").Value
> Sheet1.Range("d15:L15").Value = Sheet1.Range("d15:L15").Value
>
> End If
> End Sub
>
> Private Sub CommandButton2_Click()
> Unload Me
> End Sub
>
>
> ------------------------------
> **
>
1k.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 6:37 am (PDT)



tetep pak,,,hee,,tambah pusing,,hee

________________________________
Dari: achmad adi <didon13@ymail.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 17:09
Judul: Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN


 
Option Explicit

Private Sub CmdTAMBAH_Click()

Dim iRow As Long
Dim intTotal As Double
Dim ws As Worksheet
Set ws = Worksheets("dataentri")

    Application.ScreenUpdating = False ' biar screen tetep diem selama proses ndak kayak TV kurang sinyal
    Application.DisplayAlerts = False ' biar excel ndak munculin pesen peringatan
    Application.Calculation = xlManual ' biar excel ndak ngitung mulu saat proses

'''find  first empty row in database
''iRow = ws.Cells(Rows.Count, 1) _
''  .End(xlUp).Offset(1, 0).Row
'revised code to avoid problems with Excel tables in newer versions
iRow = ws.Cells.Find(What:="*", SearchOrder:=xlRows, _
    SearchDirection:=xlPrevious, LookIn:=xlValues).Row +
1

'cek input data
If Trim(Me.txtMRIS.Value) = "" Then
  Me.txtMRIS.SetFocus
  MsgBox " masukan no mriss !!"
  Exit Sub
End If
Dim lOpt As Long, lCol As Long
       
    For lOpt = 1 To 9
        If Controls("OB" & lOpt).Value Then
            lCol = 3 + lOpt
            Exit For
        End If
    Next lOpt

'posisi data baru (baris excel)
iRow = Evaluate("=Count(dataentri!b:b)") + 6

'copy  data
ws.Cells(iRow, 2).Value = Me.txtTGL.Value
ws.Cells(iRow, 3).Value = Me.txtMRIS.Value
ws.Cells(iRow, lCol).Value = Me.txtJUMLAH.Value

'hapus data
Me.txtTGL.Value = ""
Me.txtMRIS.Value = ""
Me.txtJUMLAH.Value
= ""

Me.txtMRIS.SetFocus

If IsEmpty(ws.Cells(6, 1)) Then
        ws.Cells(6, 1) = 1

       
  Sheet1.Range("L6:L14").Formula = "=Sum(d6:k6)"
Sheet1.Range("d15:L15").Formula = "=Sum(d6:d13)"

Sheet1.Calculate
Sheet1.Range("L6:L14").Value = Sheet1.Range("L6:L14").Value
Sheet1.Range("d15:L15").Value = Sheet1.Range("d15:L15").Value

End If
End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
     Unload Me
End Sub

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 17:01
Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN


 
Coba anda copas hasil pengubahan script Anda
Untuk format angka, blok cell di worksheet, klik kanan,
pilih format cells -> number -> Number -> ganti isian Decimal Places dengan 0 -> OK

Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>


>terima kaih sebelumnya Mr. kid,,,heee,,,,
>untuk pertamakali edit data ,,,SUMTOTAL,,bekerja dengan baik,,,tetapi itu hanya Kolom pertama (010) aja yang ketotal,,,lainnya gak bisa
>trus kalo hasil Total,  2 angka dibelakang koma Langsung Pembulatan,,,tidak ada komanya,,
>
>
>untuk edit kedua kalinya,,,malah gak ketotal semua,,,,
>
>
>
>
>________________________________
>
>

1l.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 6:56 am (PDT)



Pak Achmad,

Coba script ini :
Private Sub CmdTAMBAH_Click()
Dim iRow As Long
'Dim intTotal As Double
Dim ws As Worksheet
Dim lOpt As Long, lCol As Long

With Application
.ScreenUpdating = False ' biar screen tetep diem selama proses ndak
kayak TV kurang sinyal
.DisplayAlerts = False ' biar excel ndak munculin pesen peringatan
.Calculation = xlManual ' biar excel ndak ngitung mulu saat proses
End With

Set ws = Worksheets("dataentri")

'''find first empty row in database
''iRow = ws.Cells(Rows.Count, 1) _
'' .End(xlUp).Offset(1, 0).Row
'revised code to avoid problems with Excel tables in newer versions
iRow = ws.Cells.Find(What:="*", SearchOrder:=xlRows, _
SearchDirection:=xlPrevious,
LookIn:=xlValues).Row + 1

'cek input data
If Trim(txtMRIS.Value) = "" Then
txtMRIS.SetFocus
MsgBox " masukan no mriss !!"
Exit Sub
End If

For lOpt = 1 To 9
If Controls("OB" & lOpt).Value Then
lCol = 3 + lOpt
Exit For
End If
Next lOpt

'posisi data baru (baris excel)
iRow = Evaluate("=Count(dataentri!b:b)") + 6

'copy data
With ws
.Cells(iRow, 2).Value = txtTGL.Value
.Cells(iRow, 3).Value = txtMRIS.Value
.Cells(iRow, lCol).Value = txtJUMLAH.Value
End With

'hapus data
txtTGL.Value = ""
txtMRIS.Value = ""
txtJUMLAH.Value = ""

txtMRIS.SetFocus

If IsEmpty(ws.Cells(6, 1)) Then
ws.Cells(6, 1) = 1
End If

With ws
.Range("L6:L14").Formula = "=Sum(d6:k6)"
.Range("d15:L15").Formula = "=Sum(d6:d13)"

'jangan diaktifkan jika ada kemungkinan pengeditan langsung
dilakukan di worksheet
'.Calculate
'.Range("L6:L14").Value = Sheet1.Range("L6:L14").Value
'.Range("d15:L15").Value = Sheet1.Range("d15:L15").Value
End With

With Application
.Calculation = xlCalculationAutomatic
.EnableEvents = True
.ScreenUpdating = True
End With
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> tetep pak,,,hee,,tambah pusing,,hee
>
> ------------------------------
> **
>
1m.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 10:03 am (PDT)



terimakasih baynak Mr Kid,,,dah membantu masalah ini,,,
tetapi untuk desimal,,,
xxxx,xx

xxxx,xx  ditambahkanhasilnya tetep aja O,,,,,tidak bisa dua angka dibelakang koma,,,,( pecahan )

________________________________

1n.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 10:06 am (PDT)



Terus terang saya ndak mudeng maksud 2 angka dibelakang koma itu ndak ada.
Berikut contoh hasilnya bukan ?

[image: Inline image 1]

Semua ada 2 angka dibelakang koma.
Cell terkanan adalah hasil penjumlahan seluruh cell di kirinya.

Penjumlahan yang Anda lakukan seperti apa ?
Jika dengan VBA, coba sertakan baris yang menjumlahkan tersebut.

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> terimakasih baynak Mr Kid,,,dah membantu masalah ini,,,
> tetapi untuk desimal,,,
> xxxx,xx
>
> xxxx,xx ditambahkanhasilnya tetep aja O,,,,,tidak bisa dua angka
> dibelakang koma,,,,( pecahan )
>
> ________________________________
>
>
>
2a.

Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak

Posted by: "caecilia sarah Floresa" perempuan0811@yahoo.co.id   perempuan0811

Mon May 14, 2012 1:27 am (PDT)



Dear Excel Master,

Saya masih melakukan penerbitan Faktur Pajak secara Manual sehingga sering terjadi kesalahan pada data pembeli barang kena pajak.
Saya ingin menggunakan filter pada aplikasi excel faktur pajak saya seperti pada contoh excel yang terlampir.
Mohon bantuan nya.
Terima kasih.
2b.

Re: Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 2:24 am (PDT)



Silakan dicoba ya Bu Sarah,

1. membuat nama range berisi nama-nama PT
>> ke sheet data yang anda maksud, blok nama-nama PT (tanpa header) -->
misal di range F2 sampai F20 <--,
klik kanan pilih name a range kalau tidak ada, klik name box yang ada di
kiri formula bar di atas angka 1 baris excel,
tulis sebuah nama yang mewakili tanpa spasi dan tanda baca selain
underscore, misal myNamaPT
lalu tekan ENTER

2. membuat dropdownlist dengan fitur Data Validation
ke sheet outputnya, asumsi inputan bentuk dropdownlist akan diletakkan di
cell E15 (sesuaikan dengan posisi cell di-file Anda)
>> maaf, karena diopen pakai web jadi gak ada header excelnya <<
misal di E15, ke menu Data pilih Validation (xl2003) atau Data Validation
di xl2007
di Allow nya pilih List
di source nya tulis =myNamaPT
tekan OK

3. Mengisi field alamat dan npwp dengan formula
Misal :
- cellnya di E17 (alamat)
- tabel referensi di sheet DataKu range F2 sampai H20 berisi NamaPT,
Alamat, dan NPWP
di E17, beri formula :
=*VLookUp( e15 , 'dataku'!$F$2:$H$20 , 2 , false )* -> angka 2
karena akan mengambil kolom ke dua dari 'dataku'!$F$2:$H$20 yang isinya
adalah alamat

bagaimana dengan cara mengambil data NPWP yang akan diletakkan di field
NPWP (cell E19 misalnya) ? tentu bisa kan.

Justru sekarang, masalahnya adalah ketika isi nama PT adalah blank, maka
formula E17 akan menghasilkan error value. Kurang enak dipandang tentunya.
Maka ubah sedikit formula E15 dengan menambah kondisi (pakai fungsi IF kan)
=IF( len( e15 ) , *VLookUp( e15 , 'dataku'!$F$2:$H$20 , 2 , false )*
, "" )

untuk E17, silakan disesuaikan.

>> nama-nama sheet, nama-nama range, dan alamat range yang digunakan,
disesuaikan dengan keadaan real di data masing-masing <<

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 caecilia sarah Floresa <perempuan0811@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Excel Master,
>
>
> Saya masih melakukan penerbitan Faktur Pajak secara Manual sehingga sering
> terjadi kesalahan pada data pembeli barang kena pajak.
>
> Saya ingin menggunakan filter pada aplikasi excel faktur pajak saya
> seperti pada contoh excel yang terlampir.
>
> Mohon bantuan nya.
>
> Terima kasih.
>
>
>
>
3a.

Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "depi Hariyanto" depi.hari_yanto@yahoo.co.id   depi.hari_yanto

Mon May 14, 2012 2:46 am (PDT)



kepada master excel, ysh

mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada lampirannya.

atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.

salam
Dep_Har
3b.

Re: Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 2:59 am (PDT)



Coba formula :
=SUMPRODUCT((MONTH($C$8:$C$21)=COUNTA(H$18:H18)*+3*)*$F$8:$F$21)
+3 karena output mulai bukan dari bulan januari.

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>

> **
>
>
> kepada master excel, ysh
>
> mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada
> lampirannya.
>
>
>
> atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.
>
> salam
> Dep_Har
>
>
>
3c.

Bls: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon May 14, 2012 3:53 am (PDT)



formula array

{=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))}
copy ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
Kepada: excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 2:40
Judul: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan


 
kepada master excel, ysh

mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada lampirannya.

atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.

salam
Dep_Har

3d.

Re: Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 5:12 am (PDT)



Array formula Pak Ghozi :
=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))

mungkin akan lebih universal ketika formatnya menjadi :
=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"[$-421]mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
ketika nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia (peringatan pada nama bulan
Februari dan Nopember)
ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris.

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>

> **
>
>
> formula array
> {=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))}
> copy ke bawah
>
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
> ------------------------------
> *Dari:* depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
> *Kepada:* excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 2:40
> *Judul:* [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
> kepada master excel, ysh
>
> mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada
> lampirannya.
>
>
>
> atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.
>
> salam
> Dep_Har
>
>
>
>
>
>
>
3e.

Bls: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "depi Hariyanto" depi.hari_yanto@yahoo.co.id   depi.hari_yanto

Mon May 14, 2012 6:06 am (PDT)



dear Mr. Kid n Mr. Ghozi

terima kasih formulanya, saya sudah mencoba formula tersebut tapi tidak tampil hasilnya, dimana salahnya ya ..?

contoh terlampir.

salam
Dep_Har

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 20:12
Judul: Re: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan


 
Array formula Pak Ghozi :
=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))

mungkin akan lebih universal ketika formatnya menjadi :
=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"[$-421]mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
ketika nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia (peringatan pada nama bulan Februari dan Nopember)
ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris.

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>


>formula array
>
>{=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))}
>copy ke bawah
>
>
>
>
>wassalam
>
>
>
>Ghozi Alkatiri
>
>
>
>________________________________
> Dari: depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
>Kepada: excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 2:40
>Judul: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
>

>kepada master excel, ysh
>
>
>mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada lampirannya.
>
>
>
>
>
>
>
>atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.
>
>
>salam
>Dep_Har
>
>
>
>
>
>
>
>

3f.

Re: Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 6:08 am (PDT)



Pak Dep Har,

1. Formula adalah array formula, enter dengan CTRL SHIFT ENTER bukan hanya
ENTER saja.
2. "ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris."
Jadi perhatikan penulisan nama bulan. Inggris -> 409 ;;;; Indonesia 421

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>

> **
>
>
> dear Mr. Kid n Mr. Ghozi
>
> terima kasih formulanya, saya sudah mencoba formula tersebut tapi tidak
> tampil hasilnya, dimana salahnya ya ..?
> contoh terlampir.
>
> salam
> Dep_Har
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 20:12
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
> Array formula Pak Ghozi :
> =SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
>
> mungkin akan lebih universal ketika formatnya menjadi :
> =SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"[$-421]mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
> ketika nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia (peringatan pada nama bulan
> Februari dan Nopember)
> ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/5/14 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
>
> **
>
> formula array
> {=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))}
> copy ke bawah
>
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
> ------------------------------
> *Dari:* depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
> *Kepada:* excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 2:40
> *Judul:* [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
> kepada master excel, ysh
>
> mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada
> lampirannya.
>
>
>
> atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.
>
> salam
> Dep_Har
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
3g.

Bls: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "depi Hariyanto" depi.hari_yanto@yahoo.co.id   depi.hari_yanto

Mon May 14, 2012 6:36 am (PDT)



dear Mr. Kid,

sudah diganti dan lakukan sesuai intruksi, tapi hasilnya seperti dibawah.

maklum awam, bingung aku.

Terima Kasih.

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 21:08
Judul: Re: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan


 
Pak Dep Har,

1. Formula adalah array formula, enter dengan CTRL SHIFT ENTER bukan hanya ENTER saja.
2. "ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris."
Jadi perhatikan penulisan nama bulan. Inggris -> 409 ;;;; Indonesia 421

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>


>dear Mr. Kid n Mr. Ghozi
>
>
>terima kasih formulanya, saya sudah mencoba formula tersebut tapi tidak tampil hasilnya, dimana salahnya ya ..?
>
>contoh terlampir.
>
>
>salam
>Dep_Har
>
>
>
>________________________________
> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 20:12
>Judul: Re: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
>

>Array formula Pak Ghozi :
>=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
>
>mungkin akan lebih universal ketika formatnya menjadi :
>=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"[$-421]mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
>ketika nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia (peringatan pada nama bulan Februari dan Nopember)
>ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/5/14 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>formula array
>>
>>{=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))}
>>copy ke bawah
>>
>>
>>
>>
>>wassalam
>>
>>
>>
>>Ghozi Alkatiri
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
>>Kepada: excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 2:40
>>Judul: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>>
>>
>>
>> 
>>kepada master excel, ysh
>>
>>
>>mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada lampirannya.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.
>>
>>
>>salam
>>Dep_Har
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>

3h.

Re: Total Berdasarkan Bulan

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 6:42 am (PDT)



Coba formula berikut yang bukan array formula :
(pada data nama bulan pakai tulisan inggeris)
=SUMPRODUCT((TEXT($C$8:$C$21,"[$-409]mmmm")=H19)*($F$8:$F$21))

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>

> **
>
>
> dear Mr. Kid,
>
> sudah diganti dan lakukan sesuai intruksi, tapi hasilnya seperti dibawah.
>
>
>
> maklum awam, bingung aku.
> Terima Kasih.
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 21:08
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
> Pak Dep Har,
>
> 1. Formula adalah array formula, enter dengan CTRL SHIFT ENTER bukan hanya
> ENTER saja.
> 2. "ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris."
> Jadi perhatikan penulisan nama bulan. Inggris -> 409 ;;;; Indonesia 421
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/5/14 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
>
> **
>
> dear Mr. Kid n Mr. Ghozi
>
> terima kasih formulanya, saya sudah mencoba formula tersebut tapi tidak
> tampil hasilnya, dimana salahnya ya ..?
> contoh terlampir.
>
> salam
> Dep_Har
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 20:12
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
> Array formula Pak Ghozi :
> =SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
>
> mungkin akan lebih universal ketika formatnya menjadi :
> =SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"[$-421]mmmm")=H18;$F$8:$F$21))
> ketika nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia (peringatan pada nama bulan
> Februari dan Nopember)
> ganti 421 menjadi 409 jika nama-nama bulan dalam bahasa enggeris.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/5/14 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
>
> **
>
> formula array
> {=SUM(IF(TEXT($C$8:$C$21;"mmmm")=H18;$F$8:$F$21))}
> copy ke bawah
>
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
> ------------------------------
> *Dari:* depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
> *Kepada:* excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Senin, 14 Mei 2012 2:40
> *Judul:* [belajar-excel] Total Berdasarkan Bulan
>
>
> kepada master excel, ysh
>
> mohon bantuan formulanya total berdasar bulan, dapat dilihat pada
> lampirannya.
>
>
>
> atas bantuan master excel saya ucapkan terima kasih.
>
> salam
> Dep_Har
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
4a.

Re: Menambah Kondisi dalam Conditional Formatting

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 10:37 am (PDT)



Bu Emi Lestari,

Kasus ini serupa dengan yang diajukan Pak Mansor.
Jika belum ada yang urun rembug, mungkin karena prosesnya tidak sesimple
yang diutarakan Ibu.

Berikut saya salinkan cuplikan gambaran proses yang harus dilakukan seperti
yang saya sarankan ke Pak Mansor.
Intinya adalah menambah kriteria agar area kerja proses pe-Matching-an bisa
lebih sempit, sehingga proses bisa lebih cepat dan akurat.

>> quote :: start <<
Asumsikan saja, ada 1000 data negatif dan 5 data positif yang pasti cocok
bahwa 5 data positif akan balance dengan 5 data (dari 1000) negatif,
prosesnya akan membandingkan setiap positif dicari dalam 1000 negatif.
Maksimal ada 5000 perjalanan.

Kalau asumsi diubah, jika 5 data positif pasti ada 10 data negatif dengan
setiap positif pasti mendapat 2 biji nilai negatif, yang jika disum
hasilnya balance, maka ada berapa perjalanan ?
1 data positif ambil 1 data negatif kemudian cari 999 lainnya di data
negatif yang membuat balance.

Bagaimana jika ternyata, 5 data positif, setiap nilai positifnya bisa jadi
berpasangan dengan banyak nilai negatif untuk mendapatkan balance ?
Akan ada banyak kombinasi nilai negatif yang harus diperiksa untuk
mendapatkan bisa jadi hanya 1 kombinasi tepat balance. Bisa jadi juga tidak
ada kombinasi hasilnya. Berapa perjalanan ya.

Pada dunia nyata, nilai positif bisa jadi ada 200 biji, dan yang negatif
ada 3500 atau puluhan ribu biji (dan kebalikannya). Kira-kira, komputer
harus melakukan perjalanan berapa trip ?

Bagaimana cara mengurangi perjalanan yang harus ditempuh oleh komputer
untuk mencarikan kombinasinya ?
Tentu saja dengan membatasi jumlah data yang harus dicocokkan, seperti
mendetilkan kriteria penyusunan kombinasi, misal : positif yang dari
perusahaan A pasti dicari kombinasi di kegiatan dengan produk yang X,Y,Z
saja, dsb.

Nah... kira-kira berapa persen pengguna Excel yang memiliki pekerjaan
sehari-hari seperti ini yang memahami duduk perkara datanya hingga detil,
sehingga penjabaran detil tentang kriteria yang sampai di milis bisa lebih
membantu para calon penanggap.
>> quote :: end <<

Wassalam,
Kid.

2012/5/13 Emi <emilestariklcc@yahoo.com>

> **
>
>
> Saya mohon bantuan untuk menambah kondisi kondisi dalam CF*
> *
> *
> *
> *Conditional** formatting awal:*
> Cell akan menjadi kuning jika ada value yang sama di Kolum B dan Kolum
> D.
> *Yang saya inginkan ialah*, bukan sahaja kedua dua kolum ada angka yg
> sama, tetapi jumlah di Kolum B bisa di MATCH dgn beberapa amaun di kolum
> D yg jika ditotal adalah 0.
> Terima kasih.
>
> Emi Lestari
>
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

Own a business?

Connect with others.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Cat Groups

on Yahoo! Groups

Share pictures &

stories about cats.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar