Selasa, 15 Mei 2012

[belajar-excel] Digest Number 1614

Messages In This Digest (5 Messages)

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon May 14, 2012 11:02 am (PDT)



oalah ,,,,
a sayamake nya koma ( , )  5555,50

harusnya titik ( . )  5555.50

heee,,,ok trimakasih banyak Mr Kid,,,atas bantuannya,,,,
masih da lagi nh pertanyaan,,heeeee,,,bolehkan,,,
untuk penyimapan TOTAL SUM,,,ke work sheet,,,menurut dtata di COMBO BOX,,

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 15 Mei 2012 0:06
Judul: Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN


 
Terus terang saya ndak mudeng maksud 2 angka dibelakang koma itu ndak ada.
Berikut contoh hasilnya bukan ?

Semua ada 2 angka dibelakang koma.
Cell terkanan adalah hasil penjumlahan seluruh cell di kirinya.

Penjumlahan yang Anda lakukan seperti apa ?
Jika dengan VBA, coba sertakan baris yang menjumlahkan tersebut.

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>


>terimakasih baynak Mr Kid,,,dah membantu masalah ini,,,
>tetapi untuk desimal,,,
>xxxx,xx
>
>xxxx,xx  ditambahkanhasilnya tetep aja O,,,,,tidak bisa dua angka dibelakang koma,,,,( pecahan )
>
>________________________________
>
>

1b.

Re: OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon May 14, 2012 11:05 am (PDT)



Jadi kasus Option Control Object sudah kelar.
Untuk tentang ComboBox, mungkin buat thread baru dengan penjelasan yang
detil disertai contoh hasil dan contoh filenya.
Jangan lupa batas file dimilis diusahakan maksimal 250KB.

Wassalam,
Kid.

2012/5/15 achmad adi <didon13@ymail.com>

> oalah ,,,,
> a sayamake nya koma ( , ) 5555,50
> harusnya titik ( . ) 5555.50
>
> heee,,,ok trimakasih banyak Mr Kid,,,atas bantuannya,,,,
> masih da lagi nh pertanyaan,,heeeee,,,bolehkan,,,
> untuk penyimapan TOTAL SUM,,,ke work sheet,,,menurut dtata di COMBO BOX,,
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 15 Mei 2012 0:06
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] OPTION BUTTON UNTUK MENENTUKAN LETAK SIMPAN
>
>
> Terus terang saya ndak mudeng maksud 2 angka dibelakang koma itu ndak
> ada.
> Berikut contoh hasilnya bukan ?
>
> [image: Inline image 1]
>
> Semua ada 2 angka dibelakang koma.
> Cell terkanan adalah hasil penjumlahan seluruh cell di kirinya.
>
> Penjumlahan yang Anda lakukan seperti apa ?
> Jika dengan VBA, coba sertakan baris yang menjumlahkan tersebut.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/5/14 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> terimakasih baynak Mr Kid,,,dah membantu masalah ini,,,
> tetapi untuk desimal,,,
> xxxx,xx
>
> xxxx,xx ditambahkanhasilnya tetep aja O,,,,,tidak bisa dua angka
> dibelakang koma,,,,( pecahan )
>
> ________________________________
>
>
>
>
>
2a.

Re: Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak

Posted by: "caecilia sarah Floresa" perempuan0811@yahoo.co.id   perempuan0811

Mon May 14, 2012 8:22 pm (PDT)



sudah saya coba dan berhasil. Trims Mr. Kid :)
Tapi, karena setiap penerbitan faktur pajak harus saya simpan, apakah ada cara agar file faktur pajak saya tersebut bisa menjadi database?
Misal saya menerbitkan Faktur Pajak untuk PT. A untuk 2 kali pembelian barang kami.Sehingga masing2 faktur pajak tersebut harus tetap tersimpan dalam bentuk sheet.
Apakah ada tahap2 yg bisa saya coba?
Atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

--- Pada Sen, 14/5/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 14 Mei, 2012, 9:24 AM

 

Silakan dicoba ya Bu Sarah,

1. membuat nama range berisi nama-nama PT
>> ke sheet data yang anda maksud, blok nama-nama PT (tanpa header) --> misal di range F2 sampai F20 <--,
klik kanan pilih name a range kalau tidak ada, klik name box yang ada di kiri formula bar di atas angka 1 baris excel,

tulis sebuah nama yang mewakili tanpa spasi dan tanda baca selain underscore, misal myNamaPT
lalu tekan ENTER

2. membuat dropdownlist dengan fitur Data Validation
ke sheet outputnya, asumsi inputan bentuk dropdownlist akan diletakkan di cell E15 (sesuaikan dengan posisi cell di-file Anda)

>> maaf, karena diopen pakai web jadi gak ada header excelnya <<
misal di E15, ke menu Data pilih Validation (xl2003) atau Data Validation di xl2007
di Allow nya pilih List
di source nya tulis =myNamaPT

tekan OK

3. Mengisi field alamat dan npwp dengan formula
Misal :
- cellnya di E17 (alamat)
- tabel referensi di sheet DataKu range F2 sampai H20 berisi NamaPT, Alamat, dan NPWP
di E17, beri formula :

=VLookUp( e15 , 'dataku'!$F$2:$H$20 , 2 , false )         -> angka 2 karena akan mengambil kolom ke dua dari 'dataku'!$F$2:$H$20 yang isinya adalah alamat

bagaimana dengan cara mengambil data NPWP yang akan diletakkan di field NPWP (cell E19 misalnya) ? tentu bisa kan.

Justru sekarang, masalahnya adalah ketika isi nama PT adalah blank, maka formula E17 akan menghasilkan error value. Kurang enak dipandang tentunya.

Maka ubah sedikit formula E15 dengan menambah kondisi (pakai fungsi IF kan)
=IF(  len( e15 )   ,    VLookUp( e15 , 'dataku'!$F$2:$H$20 , 2 , false )     , "" )

untuk E17, silakan disesuaikan.

>> nama-nama sheet, nama-nama range, dan alamat range yang digunakan, disesuaikan dengan keadaan real di data masing-masing <<

Wassalam,
Kid.

2012/5/14 caecilia sarah Floresa <perempuan0811@yahoo.co.id>

 

Dear Excel Master,

Saya masih melakukan penerbitan Faktur Pajak secara Manual sehingga sering terjadi kesalahan pada data pembeli barang kena pajak.
Saya ingin menggunakan filter pada aplikasi excel faktur pajak saya seperti pada contoh excel yang terlampir.

Mohon bantuan nya.
Terima kasih.

2b.

Re: Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue May 15, 2012 12:34 am (PDT)



Bagaimana kalau dicoba :
1. Insert sebuah sheet baru dan letakkan di paling kanan
2. ke sheet template output yang kemarin telah diisi formula
3. blok kolom-kolom hasil (klik nama kolomnya, misal klik A tekan shift
terus menerus, diikuti klik P)
4. klik kanan sebuah cell terblok, pilih copy
5. ke sheet baru tadi
6. klik kanan A1 pilih paste special, pilih values and number format lalu
tekan OK.

Jika ingin membuatnya otomatis, sebelum melakukan instruksi no 1, pencet
tombol Record Macro lalu ingat nama Macro yang tertulis, kemudian tekan OK
Lakukan langkah-langkah di atas
Jika sudah selesai tekan tombol Stop Recording

Kemudian tekan ALT F12 untuk ke VBE
Cari module1 dan cari di lembar kanannya, nama macro tadi.

Sekarang edit macro ya... (sambil belajar)
Nanti disana akan tampak scriptnya, dan mulai cari bagian yang *hasil kerja
nomor 1*, biasanya dimulai dari :
sheets("nama sheet yang mau dicopy").select
sampai dengan :
sheets("nama sheet barusan insert").move after:=bla

Ganti beberapa baris tersebut menjadi : (tinggal 1 baris saja)
sheets.add after:= sheets( sheets.count )

*Hasil kerja nomor 2 sampai 4 :*
Mulai dari 1 baris tepat setelah yang atas tadi, sampai baris :
selection.copy
Beberapa baris ini diganti menjadi : (ganti nama sheet sesuai kebutuhan,
ganti rujukan kolom sesuai kebutuhan)
sheets("nama sheet yang mau dicopy").columns("A:P").copy

*Hasil kerja nomor 5 dan 6 :*
Mulai dari 1 baris tepat setelah yang atas tadi, sampai sebelum *End Sub*
ganti dengan :
sheets( sheets.count ).range("a1").pastespecial
xlpastevaluesandnumberformats

Sekarang, pengen ganti nama macronya
Ada tulisan Sub bla-bla(
ganti bla-bla tadi dengan 1 kata tanpa tanda baca kecuali underscore dan
tidak diawali angka, misal : CopySheetFaktur

Selesai dah macronya
kembali ke wroksheet dengan tekan ALT F12
save as -> jika xl2007, pastikan pilih ekstensi file yang .xlsm (excel
enable macro workbook) atau .xlsb

Kalau mau buat tombol supaya bisa di ceklik
>> klik sebuah cell di kanan dari kolom terkanan yang di copy
>> insert sebuah shape (bisa kotak, segitiga atau foto apa aja deh).
>> Klik kanan si shape tadi pilih Assign Macro
>> pilih nama macro tadi (tadi dikasih nama CopySheetFaktur ).
>> tekan OK.

Selamat mencoba.

Wassalam,
Kid.

2012/5/15 caecilia sarah Floresa <perempuan0811@yahoo.co.id>

> **
>
>
> sudah saya coba dan berhasil.
> Trims Mr. Kid :)
>
> Tapi, karena setiap penerbitan faktur pajak harus saya simpan, apakah ada
> cara agar file faktur pajak saya tersebut bisa menjadi database?
>
> Misal saya menerbitkan Faktur Pajak untuk PT. A untuk 2 kali pembelian
> barang kami.
> Sehingga masing2 faktur pajak tersebut harus tetap tersimpan dalam bentuk
> sheet.
>
> Apakah ada tahap2 yg bisa saya coba?
>
> Atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih.
>
> --- Pada *Sen, 14/5/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>* menulis:
>
>
> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> Judul: Re: [belajar-excel] Trs: Filter untuk Aplikasi Excel Faktur Pajak
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Senin, 14 Mei, 2012, 9:24 AM
>
>
>
>
> Silakan dicoba ya Bu Sarah,
>
> 1. membuat nama range berisi nama-nama PT
> >> ke sheet data yang anda maksud, blok nama-nama PT (tanpa header) -->
> misal di range F2 sampai F20 <--,
> klik kanan pilih name a range kalau tidak ada, klik name box yang ada di
> kiri formula bar di atas angka 1 baris excel,
> tulis sebuah nama yang mewakili tanpa spasi dan tanda baca selain
> underscore, misal myNamaPT
> lalu tekan ENTER
>
> 2. membuat dropdownlist dengan fitur Data Validation
> ke sheet outputnya, asumsi inputan bentuk dropdownlist akan diletakkan di
> cell E15 (sesuaikan dengan posisi cell di-file Anda)
> >> maaf, karena diopen pakai web jadi gak ada header excelnya <<
> misal di E15, ke menu Data pilih Validation (xl2003) atau Data Validation
> di xl2007
> di Allow nya pilih List
> di source nya tulis =myNamaPT
> tekan OK
>
> 3. Mengisi field alamat dan npwp dengan formula
> Misal :
> - cellnya di E17 (alamat)
> - tabel referensi di sheet DataKu range F2 sampai H20 berisi NamaPT,
> Alamat, dan NPWP
> di E17, beri formula :
> =*VLookUp( e15 , 'dataku'!$F$2:$H$20 , 2 , false )* -> angka 2
> karena akan mengambil kolom ke dua dari 'dataku'!$F$2:$H$20 yang isinya
> adalah alamat
>
> bagaimana dengan cara mengambil data NPWP yang akan diletakkan di field
> NPWP (cell E19 misalnya) ? tentu bisa kan.
>
> Justru sekarang, masalahnya adalah ketika isi nama PT adalah blank, maka
> formula E17 akan menghasilkan error value. Kurang enak dipandang tentunya.
> Maka ubah sedikit formula E15 dengan menambah kondisi (pakai fungsi IF kan)
> =IF( len( e15 ) , *VLookUp( e15 , 'dataku'!$F$2:$H$20 , 2 , false )*
> , "" )
>
> untuk E17, silakan disesuaikan.
>
> >> nama-nama sheet, nama-nama range, dan alamat range yang digunakan,
> disesuaikan dengan keadaan real di data masing-masing <<
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/5/14 caecilia sarah Floresa <perempuan0811@yahoo.co.id<http://mc/compose?to=perempuan0811@yahoo.co.id>
> >
>
> **
>
>
> Dear Excel Master,
>
>
> Saya masih melakukan penerbitan Faktur Pajak secara Manual sehingga sering
> terjadi kesalahan pada data pembeli barang kena pajak.
>
> Saya ingin menggunakan filter pada aplikasi excel faktur pajak saya
> seperti pada contoh excel yang terlampir.
>
> Mohon bantuan nya.
>
> Terima kasih.
>
>
>
>
>
3.

Pengisian combobox dari data vertikal

Posted by: "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey@yahoo.com   the_x_mikey

Mon May 14, 2012 8:22 pm (PDT)



Dear all,

Saya membuat dua combo box yang saling berhubungan, sebelumnya data diambil mengacu dari kolom kanan dst dari sumber data. Skarang kondisinya adalah data tsb menurun kebawah dan jadi tidak unique. Lengkapnya di attachment
Mohon bantuannya ya
Recent Activity
Visit Your Group
Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Own a business?

Connect with others.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar