Senin, 11 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1644

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: menampilkan data berdasarkan kode

Posted by: "si.baee@yahoo.com" si.baee@yahoo.com   si.baee

Mon Jun 11, 2012 3:14 am (PDT)



Dear pak Dwint,

Untuk kombinasi ID sifatnya dinamis terkadang hanya satu ID bahkan bisa lima ID (A1/A2/A3/B1/C2), saya berasumsi hal ini bisa di lakukan dengan explode, tapi saya bingung melakukan explode dengan excel.

Mohon bantuanya untuk hal ini.
Terima kasih bantuannya.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 11 Jun 2012 13:06:43
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan data berdasarkan kode

coba gunakan VLookUp dikombinasikan dengan Left, Mid, dan Right

asumsi hanya berlaku bahwa ID gabungan terdiri dari 3 kode, artinya Nama
Gabungan hanya terdiri dari 3 orang

wassalam,

-dwint-

Pada 11 Juni 2012 11:58, <si.baee@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear master,
>
> Mohon bantuannya. Bagai mana menampilkan data berdasarkan kode yang ada?
> Terlampir file contoh.
>
> Terima kasih.
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
>

1b.

Bls: [belajar-excel] menampilkan data berdasarkan kode

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Jun 11, 2012 7:13 am (PDT)



CARA MENGEXPLODE DATA YANG
DIAPIT OLEH KARAKTER TERTENTU
(dalam
contoh ini "/")
dalam  kasus ini data yang ingin diexplode ( A1/B1/C1)
berada di cell  F3
data
pertama A1 hanya diapit satu karakter di akhir data, B1 diapit 2 karakter di
awal dan di akhir data, dan C1 hanya diapit di awal data. untuk
konsistensi  formula supaya masing masing
data mendapat perlakuan yang sama maka di dalam pembuatan formula kita harus
mengubah dulu supaya masing masing data  diapit oleh dua karakter caranya dengan menambahkan  karakter pengapit di awal dan di akhir data
pada cell input sehingga masing masing data akan diapit oleh dua karakter
pengapit.
 jadi dalam referensi cell pada formula kita
tambahkan  "/"&F3&"/"  walaupun dalam cell F3 tulisan aslinya  A1/B1/C1  dalam perhitungan
formula akan diasumsikan sebagai  /A1/B1/C1/.
MENGAMBIL DATA  KE SATU.
(formula
array/dienter dengan menahan tombol shift &Ctrl)
{=REPLACE(MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);1);10);FIND("/";MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);1);10));10;"")}
formula ini akan menghasilkan  A1
MENGAMBIL DATA  KE DUA.
(formula
array/dienter dengan menahan tombol shift &Ctrl)
{=REPLACE(MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);2);10);FIND("/";MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);2);10));10;"")}
formula ini akan menghasilkan  B1
MENGAMBIL DATA  KE TIGA.
(formula
array/dienter dengan menahan tombol shift &Ctrl)
{=REPLACE(MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);3);10);FIND("/";MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);3);10));10;"")}
formula
ini akan menghasilkan  C1

perhatikan  masing  masing formula sama bunyinya tinggal
mengganti  angka sesuai dengan urutan
data yang diinginkan pada  posisi  angka  yang berwarna merah  pada contoh
di atas.
selanjutnya setelah data bisa dipisahkan
sesuai yang diinginkan tinggal dimodifikasi sesuai  dengan kebutuhan. 
dalam  hal yang ditanyakan ini karenadata yang dipisahkan adalah kode
yang merujuk kepada tabel tertentu  maka
tinggal mengkombinasikan  dengan
fungsi  fungsi yang lain  untuk menghasilkan nilai tertentu.
formula
untuk penggabungan kode  dalam  kasus yang ditanyakan

tulis
di  G3  formula array

{=INDEX($C$3:$C$14;MATCH(REPLACE(MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);1);10);FIND("/";MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);1);10));10;"");$B$3:$B$14;0))&"/"&INDEX($C$3:$C$14;MATCH(REPLACE(MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);2);10);FIND("/";MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);2);10));10;"");$B$3:$B$14;0))&"/"&INDEX($C$3:$C$14;MATCH(REPLACE(MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);3);10);FIND("/";MID("/"&$F3&"/";SMALL(IF(MID("/"&$F3&"/";ROW($1:$10);1)="/";ROW($1:$10)+1);3);10));10;"");$B$3:$B$14;0))}
copy ke bawah
selanjutnya silahkan lihat di attachment.

wassalamGhozi Alkatiri

________________________________
Dari: "si.baee@yahoo.com" <si.baee@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>; dwint.ruswanto@gmail.com
Dikirim: Senin, 11 Juni 2012 13:19
Judul: Re: [belajar-excel] menampilkan data berdasarkan kode


 
Dear pak Dwint,

Untuk kombinasi ID sifatnya dinamis terkadang hanya satu ID bahkan bisa lima ID (A1/A2/A3/B1/C2), saya berasumsi hal ini bisa di lakukan dengan explode, tapi saya bingung melakukan explode dengan excel.

Mohon bantuanya untuk hal ini.
Terima kasih bantuannya.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
________________________________

From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 11 Jun 2012 13:06:43 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan data berdasarkan kode
 
coba gunakan VLookUp dikombinasikan dengan Left, Mid, dan Right

asumsi hanya berlaku bahwa ID gabungan terdiri dari 3 kode, artinya Nama Gabungan hanya terdiri dari 3 orang

wassalam,

-dwint-

Pada 11 Juni 2012 11:58, <si.baee@yahoo.com> menulis:

> 
>Dear master,
>
>Mohon bantuannya. Bagai mana menampilkan data berdasarkan kode yang ada? Terlampir file contoh.
>
>Terima kasih.
>Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

1c.

Re: menampilkan data berdasarkan kode

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 7:51 am (PDT)



Fungsi vLookUp dapat digunakan untuk mengambil data nama yang dimaksud,
seperti yang telah dicontohkan oleh Pak Dwint.
Nilai yang dilookup adalah potongan kode setiap item. Formula Pak Dwint
memang diasumsikan untuk ID yang tetap berupa 3 item.
Jika jumlah item dalam teks ID input adalah bervariasi, maka formula Pak
Dwint bisa dimanfaatkan dengan mengubah bagian pengambil kode yang akan di
lookup.

Kira-kira bunyinya jadi seperti ini :
=IF(LEN(F3)>*0*,VLOOKUP(MID(F3,*1*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*3*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*4*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*6*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*7*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*9*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*10*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*12*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*13*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*15*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*10*,2),$B$3:$C$16,2,0),"")

Perhatikan pola yang di *bold *dan di *biru*

Explode teks berdelimiter.
Dengan formula [contoh untuk data F3] : (copy ke kanan)
=TRIM(MID(SUBSTITUTE($F3,"/",REPT(" ",99)),(COLUMN(A$1)-1)*99+1,99))

Setelah di explode, lalu di lookup dengan vLookUp setiap item hasil
explode-nya.
Kemudian setiap hasil lookup digabungkan lagi dengan fungsi Concatenate
atau dengan operator & pada data teks.
Sampai sekarang tidak ada built-in function di Excel yang bisa
menggabungkan array teks menjadi sebuah string. Biasanya penggabungan array
teks menjadi sebuah string dilakukan dengan sebuah UDF (User Defined
Function)

Menurut Saya, cara Pak Dwint yang didinamiskan memanfaatkan fungsi Mid di
atas sudah cukup simple dan bisa memenuhi banyak item code dalam teks id.

Wassalam,
Kid.
2012/6/11 <si.baee@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Dear pak Dwint,
>
> Untuk kombinasi ID sifatnya dinamis terkadang hanya satu ID bahkan bisa
> lima ID (A1/A2/A3/B1/C2), saya berasumsi hal ini bisa di lakukan dengan
> explode, tapi saya bingung melakukan explode dengan excel.
>
> Mohon bantuanya untuk hal ini.
> Terima kasih bantuannya.
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
> ------------------------------
> *From: * dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 11 Jun 2012 13:06:43 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] menampilkan data berdasarkan kode
>
>
>
> coba gunakan VLookUp dikombinasikan dengan Left, Mid, dan Right
>
> asumsi hanya berlaku bahwa ID gabungan terdiri dari 3 kode, artinya Nama
> Gabungan hanya terdiri dari 3 orang
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 11 Juni 2012 11:58, <si.baee@yahoo.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Dear master,
>>
>> Mohon bantuannya. Bagai mana menampilkan data berdasarkan kode yang ada?
>> Terlampir file contoh.
>>
>> Terima kasih.
>> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
>> Teruuusss...!
>>
>
>
>
>
1d.

Re: menampilkan data berdasarkan kode

Posted by: "si.baee@yahoo.com" si.baee@yahoo.com   si.baee

Mon Jun 11, 2012 9:37 pm (PDT)



Dear Master Kid,

Terima kasih bantuannya, akhirnya bisa juga. :)



Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 11 Jun 2012 21:51:28
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan data berdasarkan kode

Fungsi vLookUp dapat digunakan untuk mengambil data nama yang dimaksud,
seperti yang telah dicontohkan oleh Pak Dwint.
Nilai yang dilookup adalah potongan kode setiap item. Formula Pak Dwint
memang diasumsikan untuk ID yang tetap berupa 3 item.
Jika jumlah item dalam teks ID input adalah bervariasi, maka formula Pak
Dwint bisa dimanfaatkan dengan mengubah bagian pengambil kode yang akan di
lookup.

Kira-kira bunyinya jadi seperti ini :
=IF(LEN(F3)>*0*,VLOOKUP(MID(F3,*1*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*3*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*4*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*6*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*7*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*9*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*10*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*12*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*13*,2),$B$3:$C$14,2,0),"")
&IF(LEN(F3)>*15*,"/"&VLOOKUP(MID(F3,*10*,2),$B$3:$C$16,2,0),"")

Perhatikan pola yang di *bold *dan di *biru*

Explode teks berdelimiter.
Dengan formula [contoh untuk data F3] : (copy ke kanan)
=TRIM(MID(SUBSTITUTE($F3,"/",REPT(" ",99)),(COLUMN(A$1)-1)*99+1,99))

Setelah di explode, lalu di lookup dengan vLookUp setiap item hasil
explode-nya.
Kemudian setiap hasil lookup digabungkan lagi dengan fungsi Concatenate
atau dengan operator & pada data teks.
Sampai sekarang tidak ada built-in function di Excel yang bisa
menggabungkan array teks menjadi sebuah string. Biasanya penggabungan array
teks menjadi sebuah string dilakukan dengan sebuah UDF (User Defined
Function)

Menurut Saya, cara Pak Dwint yang didinamiskan memanfaatkan fungsi Mid di
atas sudah cukup simple dan bisa memenuhi banyak item code dalam teks id.

Wassalam,
Kid.
2012/6/11 <si.baee@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Dear pak Dwint,
>
> Untuk kombinasi ID sifatnya dinamis terkadang hanya satu ID bahkan bisa
> lima ID (A1/A2/A3/B1/C2), saya berasumsi hal ini bisa di lakukan dengan
> explode, tapi saya bingung melakukan explode dengan excel.
>
> Mohon bantuanya untuk hal ini.
> Terima kasih bantuannya.
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
> ------------------------------
> *From: * dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 11 Jun 2012 13:06:43 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] menampilkan data berdasarkan kode
>
>
>
> coba gunakan VLookUp dikombinasikan dengan Left, Mid, dan Right
>
> asumsi hanya berlaku bahwa ID gabungan terdiri dari 3 kode, artinya Nama
> Gabungan hanya terdiri dari 3 orang
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 11 Juni 2012 11:58, <si.baee@yahoo.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Dear master,
>>
>> Mohon bantuannya. Bagai mana menampilkan data berdasarkan kode yang ada?
>> Terlampir file contoh.
>>
>> Terima kasih.
>> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
>> Teruuusss...!
>>
>
>
>
>

2a.

Tanya?

Posted by: "Siti Nurhikmah" admaw1@arwina.com

Mon Jun 11, 2012 3:15 am (PDT)



Dear para master,

Langsung saja ya,mohon dibantu atas persoalan Saya ini.

Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

Salam

--
Siti Nurhikmah

2b.

Re: Tanya?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 6:15 am (PDT)



Bu Siti Yth,

---------------------------------------------
Pada posting kasus berikutnya, dimohon untuk :
1. Beri subject email dengan sesuatu yang mencerminkan isi kasus.
2. Beri penjelasan tentang kasus pada badan email untuk memudahkan member
lain dalam menelaah permasalahan. Tidak semua member bisa men-download file
lampiran.
3. Usahakan jika menyertakan file lampiran, sertakan contoh hasil kalkulasi
manual dari kasus yang diutarakan.
----------------------------------------------

Coba formula :
=SUMPRODUCT((Schedule!$C$6:$C$9=C3)*(Schedule!$H$4:$P$4=B3)*(Schedule!$H$6:$P$9+Schedule!$I$6:$Q$9))
perhatikan rujukan referensi yang ada dalam formula.

Wassalam,
Kid.

2012/6/11 Siti Nurhikmah <admaw1@arwina.com>

> **
>
>
> Dear para master,
>
> Langsung saja ya,mohon dibantu atas persoalan Saya ini.
>
> Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
>
> Salam
>
> --
> Siti Nurhikmah
>
>
>
2c.

Re: Tanya?

Posted by: "Siti Nurhikmah" admaw1@arwina.com

Mon Jun 11, 2012 8:03 pm (PDT)



Dear para master excel,

Maaf sebelumnya karena Saya baru mau belajar rumus excel jadi
benar-benar masih nol jadi tidak mengerti sama sekali dengan subject
yang akan ditanyakan itu detailnya mengenai apa.
Jadi begini, ceritanya Saya punya data base sheet schedule namanya. Dari
schedule itu Saya akan ambil datanya untuk sheet lain ( Saya beri nama
sheet master). Yang jadi kunci disheet master ini adalah jika Saya ketik
tanggal di cell B3 maka cell C-H itu otomastis terisi, tapi untuk Qty di
cell H itu disesuailan dengan delv 1 atau delv 2.
Mohon pencerahannya.

Salam,
St

--- Mods ---
Dimohon untuk tidak menyertakan cc atau bcc, dan to hanya ke milis saja.
------------

On 11/06/2012 20:15, Kid Mr. wrote:
>
> Bu Siti Yth,
>
> ---------------------------------------------
> Pada posting kasus berikutnya, dimohon untuk :
> 1. Beri subject email dengan sesuatu yang mencerminkan isi kasus.
> 2. Beri penjelasan tentang kasus pada badan email untuk memudahkan
> member lain dalam menelaah permasalahan. Tidak semua member bisa
> men-download file lampiran.
> 3. Usahakan jika menyertakan file lampiran, sertakan contoh hasil
> kalkulasi manual dari kasus yang diutarakan.
> ----------------------------------------------
>
> Coba formula :
> =SUMPRODUCT((Schedule!$C$6:$C$9=C3)*(Schedule!$H$4:$P$4=B3)*(Schedule!$H$6:$P$9+Schedule!$I$6:$Q$9))
> perhatikan rujukan referensi yang ada dalam formula.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/11 Siti Nurhikmah <admaw1@arwina.com <mailto:admaw1@arwina.com>>
>
> Dear para master,
>
> Langsung saja ya,mohon dibantu atas persoalan Saya ini.
>
> Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
>
> Salam
>
> --
> Siti Nurhikmah
>
>
>

--
Siti Nurhikmah
PT Artria Widya
Kawasan Industri Sentul Jalan Lintang Raya Kav E-2 Bogor 16810
T : 021-87914812
F : 021-87914822

2d.

Re: Tanya?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 9:30 pm (PDT)



Bu Siti,

Untuk mengubah orientasi tabel dari orientasi horisontal menjadi
berorientasi vertikal, biasanya dibantu array formula penentu letak data
yang akan diproses.
Pada file terlampir, array formula tersebut ada di kolom A. Format kolom A
adalah RCCC yang artinya nomor record diikuti 3 digit indeks kolom series
waktu.
Jadi 23054 akan berarti record 23 di kolom series waktu ke 54.

Setelah diketahui nomor baris dan kolom si data yang akan menempati setiap
record hasil, maka data bisa diambil menggunakan fungsi Index dengan nilai
posisi indeks baris maupun indeks kolom didapat dari hasil ekstraksi nilai
kolom A.

Wassalam,
Kid.

2012/6/12 Siti Nurhikmah <admaw1@arwina.com>

> Dear para master excel,
>
> Maaf sebelumnya karena Saya baru mau belajar rumus excel jadi benar-benar
> masih nol jadi tidak mengerti sama sekali dengan subject yang akan
> ditanyakan itu detailnya mengenai apa.
> Jadi begini, ceritanya Saya punya data base sheet schedule namanya. Dari
> schedule itu Saya akan ambil datanya untuk sheet lain ( Saya beri nama
> sheet master). Yang jadi kunci disheet master ini adalah jika Saya ketik
> tanggal di cell B3 maka cell C-H itu otomastis terisi, tapi untuk Qty di
> cell H itu disesuailan dengan delv 1 atau delv 2.
> Mohon pencerahannya.
>
> Salam,
> St
>
>
2e.

Re: Tanya?

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Mon Jun 11, 2012 9:34 pm (PDT)



Bantu jawab ya..

Coba manfaatkan fitur pivot tabel bawaan dari Excel, tetapi untuk bisa
diolah maka tabel di sheet Schedule harus diubah menjadi tabel data yang
baik, yaitu data disusun ke bawah bukan ke samping

silakan buka lampiran file dari saya menggunakan excel 2007 ke atas.

wassalam,

Pada 12 Juni 2012 09:45, Siti Nurhikmah <admaw1@arwina.com> menulis:

> **
>
>
> Dear para master excel,
>
> Maaf sebelumnya karena Saya baru mau belajar rumus excel jadi
> benar-benar masih nol jadi tidak mengerti sama sekali dengan subject
> yang akan ditanyakan itu detailnya mengenai apa.
> Jadi begini, ceritanya Saya punya data base sheet schedule namanya. Dari
> schedule itu Saya akan ambil datanya untuk sheet lain ( Saya beri nama
> sheet master). Yang jadi kunci disheet master ini adalah jika Saya ketik
> tanggal di cell B3 maka cell C-H itu otomastis terisi, tapi untuk Qty di
> cell H itu disesuailan dengan delv 1 atau delv 2.
> Mohon pencerahannya.
>
> Salam,
> St
>
> --- Mods ---
> Dimohon untuk tidak menyertakan cc atau bcc, dan to hanya ke milis saja.
> ------------
>
>
> On 11/06/2012 20:15, Kid Mr. wrote:
> >
> > Bu Siti Yth,
> >
> > ---------------------------------------------
> > Pada posting kasus berikutnya, dimohon untuk :
> > 1. Beri subject email dengan sesuatu yang mencerminkan isi kasus.
> > 2. Beri penjelasan tentang kasus pada badan email untuk memudahkan
> > member lain dalam menelaah permasalahan. Tidak semua member bisa
> > men-download file lampiran.
> > 3. Usahakan jika menyertakan file lampiran, sertakan contoh hasil
> > kalkulasi manual dari kasus yang diutarakan.
> > ----------------------------------------------
> >
> > Coba formula :
> >
> =SUMPRODUCT((Schedule!$C$6:$C$9=C3)*(Schedule!$H$4:$P$4=B3)*(Schedule!$H$6:$P$9+Schedule!$I$6:$Q$9))
> > perhatikan rujukan referensi yang ada dalam formula.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/6/11 Siti Nurhikmah <admaw1@arwina.com <mailto:admaw1@arwina.com>>
>
> >
> > Dear para master,
> >
> > Langsung saja ya,mohon dibantu atas persoalan Saya ini.
> >
> > Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
> >
> > Salam
> >
> > --
> > Siti Nurhikmah
> >
> >
> >
>
> --
> Siti Nurhikmah
> PT Artria Widya
> Kawasan Industri Sentul Jalan Lintang Raya Kav E-2 Bogor 16810
> T : 021-87914812
> F : 021-87914822
>
>
>
3a.

formula target tanggal tnp hari libur

Posted by: "Yusril Ramadani" yusrilramadani@gmail.com   yusril_rmd

Mon Jun 11, 2012 4:45 am (PDT)



Dear para pakar

Mohon bantuannya jika saya mau menghitung tanggal + 14 hari setelah tanggal
itu tapi tidak termasuk sabtu dan minggu

Misal sekarang adalah tanggal 11 Juni 2012 dan 14 hari dr skrg tnp sabtu
minggu adalah tgl 29 juni 2012

Mohon pencerahannya formula yang bisa digunakan untuk case tersebut

terima kasih sebelumnya

Salam
YR
3b.

Re: formula target tanggal tnp hari libur

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 6:49 am (PDT)



Asumsi :
1. Sabtu dan Minggu adalah hari libur
2. Ada daftar hari libur nasional (misal di X2:X20)
3. Tanggal acuan di A1
4. Jumlah hari kerja target di A2

di A3 diberi formula menggunakan fungsi WorkDay()
= WorkDay( a1 , a2 , x2:x20 )

Wassalam,
Kid.

2012/6/11 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>

> **
>
>
> Dear para pakar
>
> Mohon bantuannya jika saya mau menghitung tanggal + 14 hari setelah
> tanggal itu tapi tidak termasuk sabtu dan minggu
>
> Misal sekarang adalah tanggal 11 Juni 2012 dan 14 hari dr skrg tnp sabtu
> minggu adalah tgl 29 juni 2012
>
>
> Mohon pencerahannya formula yang bisa digunakan untuk case tersebut
>
>
> terima kasih sebelumnya
>
> Salam
> YR
>
>
>
>
4a.

Re: conditional formating untuk chart

Posted by: "tuti" andrayani_lee@yahoo.co.id   andrayani_lee

Mon Jun 11, 2012 4:45 am (PDT)




Dear P. Anton,

File atachmentnya tidak bisa saya download. Mohon bantuannya mengirimkan ke email pribadi saya.
Thanks

Tuti

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, anton suryadi <summonery@...> wrote
>
> Coba pelajari file terlampir, jika cocok selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
>
>
> >semoga bermanfaat
>
>
> ________________________________
> From: tuti andrayani <andrayani_lee@...>
> To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Sent: Friday, June 8, 2012 2:57 PM
> Subject: [belajar-excel] conditional formating untuk chart
>
>
>  
> Dear All,
>  
> Please share, bagaimana cara conditional formating untuk chart
> Misal kita punya data penjualan 30 area, untuk itu kita membuat chart nya, bagaimana caranya jika ingin memberi warna berbeda untuk 5 area dengan penjualan tertinggi secara otomatis
> Terimakasih
>  
> Tuti
>  
>

4b.

Re: conditional formating untuk chart

Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com   summonery

Mon Jun 11, 2012 7:33 am (PDT)



Dear bu Tuti,
File sudah saya kirim via japri.
atau dapat diunduh di:
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/attachment/5710057/0/__\
Chart_ConditionalFormatting__.xlsx


>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "tuti" <andrayani_lee@...> wrote:
>
>
> Dear P. Anton,
>
> File atachmentnya tidak bisa saya download. Mohon bantuannya
mengirimkan ke email pribadi saya.
> Thanks
>
> Tuti
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, anton suryadi summonery@ wrote
> >
> > Coba pelajari file terlampir, jika cocok selanjutnya dapat
disesuaikan dengan kebutuhan anda.
> >
> >
> > >semoga bermanfaat
> >
> >
> > ________________________________
> > From: tuti andrayani andrayani_lee@
> > To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com
> > Sent: Friday, June 8, 2012 2:57 PM
> > Subject: [belajar-excel] conditional formating untuk chart
> >
> >
> > Â
> > Dear All,
> > Â
> > Please share, bagaimana cara conditional formating untuk chart
> > Misal kita punya data penjualan 30 area, untuk itu kita membuat
chart nya, bagaimana caranya jika ingin memberi warna berbeda untuk
5 area dengan penjualan tertinggi secara otomatis
> > Terimakasih
> > Â
> > Tuti
> > Â
> >
>

5a.

Re: mscomm pada excel 2002

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 8:39 am (PDT)



Dear Mr. Rasyid,

Bisa diperjelas apa yang dimaksud dengan MS Comm ?

Jika maksudnya adalah mencoba untuk berinteraksi melalui port Com, maka
pastikan library mscomm32 telah teregister di registry windows dan pada VBA
references diaktikan (dicentang). Untuk cara penggunaannya menggunakan
VB/VBA, silakan cari di internet.

Jika maksudnya adalah Excel berinteraksi dengan sebuah aplikasi yang
berurusan tentang komunikasi, maka perlu diketahui pintu-pintu yang
disediakan aplikasi tersebut untuk bisa diotomasi dengan VB/VBA.

Regards,
Kid.

On Mon, Jun 11, 2012 at 10:13 AM, Contract Mining Assistant, Asam-Asam <
apassistant@arutmin.com> wrote:

> **
>
>
> **
> Dear team belajar excel,
> mau menanyakan bagaimana cara mengaktifkan component MS Communication pada
> excel 2002.
>
>
> terima kasih sebelumnya.
>
>
> Salam, Rasyid
>
>
>
6a.

Re: membuat userform treeview

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 9:19 am (PDT)



Pak Supriyanto,

Object control treeview ada dalam library control mscomctl.ocx. Pastikan
library tersebut ter-install dan teregister. Aktifkan juga pada VBE ->
Tools -> Additional Control -> item Treeview bla-bla

Kira-kira contohnya seperti file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2012/6/10 Supriyanto S <priyant37@gmail.com>

> **
>
>
> Kepada agan master excel,
>
> Saya mohon bantuannya dibuatkan contoh userform treeview beserta vba nya.
> untuk tidak membuat bingung saya lampirkan file contoh yang saya inginkan.
> Atas bantuan agan agan master excel saya ucapkan terima kasih
>
> by. supriy kaltim
>
>
>
>
7a.

Re: Input Data Berdasarkan Nama Folder

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 9:59 am (PDT)



Salah satu menampilkan file dialog folder picker adalah sebagai berikut :
Private Function PilihFolder() As String
Dim fd As FileDialog
Dim lFD As Long
Set fd = Application.FileDialog(msoFileDialogFolderPicker)
With fd
lFD = .Show
If lFD <> 0 Then
PilihFolder = .SelectedItems(1)
Else
PilihFolder = vbNullString
End If
End With
End Function

Fungsi di atas bisa digunakan untuk mengambil full path. Jika ingin
mengambil nama folder saja, bisa dibuat sebuah prosedur untuk mem-parse
full path seperti berikut ini : (kemudian ditulis ke cell K1)
Public Sub ContohPilihFolder()
Dim sFolder As String

sFolder = PilihFolder
If LenB(sFolder) <> 0 Then
Range("k1").Value = StrReverse(Left$(StrReverse(sFolder),
InStr(StrReverse(sFolder), "\") - 1))
Else
Range("k1").ClearContents
End If
End Sub

Jika sudah dapat nama folder yang dipilih, maka proses parse untuk
mengambil setiap itemnya bisa dilakukan menggunakan Left, Mid, Right,
Instr, dsb...
Jika akan diolah di sheet menggunakan formula, kira-kira seperti file
terlampir.
Sebaiknya, strukturnya tetap dan memiliki delimiter yang pasti. Misal
format :
*nama nama nama_38_29_2010-06-27_keterangan lainnya*
memiliki delimiter tetap yaitu karakter underscore.
Data date memiliki struktur universal yaitu YYYY-MM-DD yang lebih mudah
dikonversi menjadi tipe data datetime tanpa mempertimbangkan regional
setting yang digunakan oleh komputer yang berkerja.

Wassalam,
Kid.

2012/6/11 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Dalam proses input data, untuk menghindari kesalahan penulisan maka saya
> ingin input data berdasarkan nama folder. Misal nama foldernya: Monika-ATDL
> 38_ATDR 38-TL 24-Dec-1970- TS C
> Saat input data langsung otomatis
> Nama : Monika
> ATDL : 38
> ATDR : 38
> TL : 24-Dec-1970
> Produk : TS C
>
> Penjelasan dari pertanyaan saya ada pada file terlampir
> Trimakasih sebelumnya sekali lagiii
>
>
>
>
8a.

Re: Cara ambil data dari File lain

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 10:22 am (PDT)



Sambil menunggu mbak Markonah yang sedang nyepi...

Perhatikan prosedur Load_Data bagian :
Sheets(2).Select
Range("b2:b15536").Copy
Sheets(1).Select
Range("b4").Select
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone

Jika yang diproses adalah langsung banyak file, maka pindahkan bagian itu
kebawah baris berisi *Next I*

Bagian ini adalah proses copy paste dari area tampungan sementara ke lokasi
output.
Sheets(2).Select
Range("b2:b15536").Copy
artinya copy range b2:b15536 yang ada di sheet ke-2

Sheets(1).Select
Range("b4").Select
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone
artinya paste special values yang di-copy tadi ke sheet ke-1 di cell B4.

Kalau ingin copy paste kolom keterangan yang ada di sheet ke-2 kolom C itu
kedalam kolom E sheet ke-1 bagaimana caranya ?
Tentu tambahkan baris perintah copy tapi yang dicopy adalah kolom C.
Kemudian tambahkan baris perintah paste special values ke kolom E sheet
ke-1 yang mulai E4.
Kira-kira baris tambahannya adalah :
sheets(2).range("c2:c15536").copy
sheets(1).range("e4").pastespecial xlpastevalues, skipblanks:=true

atau jika jumlah baris di sheet ke-2 bisa lebih dari 16000, maka proses
copas kolom C sheet ke-2 untuk masuk kolom E sheet ke-1 di E4 bisa diubah
menjadi :
'di sheet ke-2 range a1, blok currentregion-nya, lompat [offset] 1 baris
kebawah dan 2 kolom kekanan dari a1
'kemudian ubah luasan yang diblok [resize] menjadi 1 kolom dengan jumlah
baris tetap
'dan lakukan copy ke clipboard [copy]
sheets(2).range("a1").currentregion.offset(1,2).resize(,1).copy
sheets(1).range("e4").pastespecial xlpastevalues, skipblanks:=true

Selamat mencoba.

Wassalam,
Kid.

2012/6/11 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Para Master,
>
> Mohon Pencerahannya, bagaimana cara mengambil data dari file yang laen,
> dimana pada kolom Tgl. sekrang, Lama simpan dan kolom keterangan akan
> otomatis beradasarkan data yg diambil dari file yang laen.
>
> Terima kasih atas penjelasannya.
> note: file terlampir
>
>
>
>
9a.

Nomer urut ID secara otomatis

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 8:04 pm (PDT)



salam hangat untuk Semua Master Excel...
terimakasih untuk Mr Kid,,,( ngrepotin trus ..)
 kelanjutan dari yang saya tanya sebelumnya,,,
dari file tsb yang telah saya ubah,,tetapi untuk nomer ID
belum bisa urut otomatis ( masih Manual )
ini saya lampirkan file nya,,,
mohon pencerahaannya,,,terimakasih.
9b.

Re: Nomer urut ID secara otomatis

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 8:32 pm (PDT)



File terlampir menggunakan formula pada beberapa cell bantu untuk menyusun
nomor dokumen baru.
Field input no PV berisi formula yang merujuk ke nomor dokumen baru
tersebut.

Nomor baru diperoleh dari database berdasar jumlah cacah record dokumen di
bulan dan tahun hari ini ditambah 1.

Script untuk event click tombol simpan data baru ditambahkan proses
penulisan formula di field no PV (formula merujuk ke i1) dan proses
kalkulasi sheet.

Wassalam,
Kid.

2012/6/12 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> salam hangat untuk Semua Master Excel...
> terimakasih untuk Mr Kid,,,( ngrepotin trus ..)
> kelanjutan dari yang saya tanya sebelumnya,,,
> dari file tsb yang telah saya ubah,,tetapi untuk nomer ID
> belum bisa urut otomatis ( masih Manual )
> ini saya lampirkan file nya,,,
> mohon pencerahaannya,,,terimakasih.
>
>
>
9c.

Bls: [belajar-excel] Nomer urut ID secara otomatis

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 9:13 pm (PDT)



Kalau untuk nomer depannya saja,,,urut sesuai dengan waktu Tombol Simpan,,,01/PS-a/06/12
Penyimpanan Pertama
 
0/PS-a/06/12
Penyimpanan Kedua
 
Contoh :
 
Penginputan Pertama:
01/PS-a/06/12
05 Juni 2012
 Bp. Pendi Hartadi 
 / 004 BX 
 ( Toko ) 
 Rp                                 2.000.000
                                                        -
10 kali
Juni 2012
Maret 2013
setelah Disimpan
 
untuk Tabel Data nya
langsung berubah seperti ini :
02/PS-a/07/12
 
 
#N/A
#N/A
 
                                                        -
 
 
#NUM!
bgitu juga seterusnya,,,,
Karena ini untuk laporan bulanan,,,untuk bulan dan tahun konstan
perubahan bulan dan tahun terjadi pada waktu awal bulan di Data Base Yang baru ( mulai dari awal lagi )

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 12 Juni 2012 10:25
Judul: Re: [belajar-excel] Nomer urut ID secara otomatis

 
File terlampir menggunakan formula pada beberapa cell bantu untuk menyusun nomor dokumen baru.
Field input no PV berisi formula yang merujuk ke nomor dokumen baru tersebut.

Nomor baru diperoleh dari database berdasar jumlah cacah record dokumen di bulan dan tahun hari ini ditambah 1.

Script untuk event click tombol simpan data baru ditambahkan proses penulisan formula di field no PV (formula merujuk ke i1) dan proses kalkulasi sheet.

Wassalam,
Kid.

2012/6/12 achmad adi <didon13@ymail.com>

 
>salam hangat untuk Semua Master Excel...
>terimakasih untuk Mr Kid,,,( ngrepotin trus ..)
> kelanjutan dari yang saya tanya sebelumnya,,,
>dari file tsb yang telah saya ubah,,tetapi untuk nomer ID
>belum bisa urut otomatis ( masih Manual )
>ini saya lampirkan file nya,,,
>mohon pencerahaannya,,,terimakasih.

9d.

Re: Nomer urut ID secara otomatis

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 9:21 pm (PDT)



Silakan mengembangkan formula yang ada di baris 1 untuk berbagai kebutuhan.

Umumnya, inputan terhadap nomor sesuatu disimpan demikian juga.
Jika ingin disertai jumlah dokumen yang sudah tersimpan, sebaiknya ada
field lainnya yang berisi nomor dimaksud.
Jadi, jika ingin menyimpan di database sebagai 02/bla, maka diinput harus
ditulis 02/bla

IMHO,
1. jika diinput 01/bla lalu disimoan menjadi 02/bla sepertinya kurang pas.
Sebaiknya tampak ada field nomor_urut_input dan field no_pv.
2. Sebaiknya database menyimpan data yang lebih panjang interval waktunya.
Bagaimana nanti jika akan rekap tahunan atau triwulanan ? Haruskah membedah
banyak sheet ? Tentunya hal ini tidak efisien, kecuali jika media input ini
adalah media input data bulanan dan setiap akhir bulan akan ditransfer ke
database yang berisi data sepanjang masa.

Wassalam,
Kid.

2012/6/12 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> Kalau untuk nomer depannya saja,,,urut sesuai dengan waktu Tombol Simpan,,,
> *01/PS-a/06/12*
> Penyimpanan Pertama
>
> *0/PS-a/06/12*
> Penyimpanan Kedua
>
> Contoh :
>
> Penginputan Pertama:
> *01/PS-a/06/12* *05 Juni 2012* * Bp. Pendi Hartadi * * / 004 BX * * (
> Toko ) * * Rp 2.000.000 * *
> - * *10 kali* *Juni 2012* *Maret 2013*
> setelah Disimpan
>
> untuk Tabel Data nya
> langsung berubah seperti ini :
> *02/PS-a/07/12* * * * * *#N/A* *#N/A* * * *
> - * * * * * *#NUM!*
> bgitu juga seterusnya,,,,
> Karena ini untuk laporan bulanan,,,untuk bulan dan tahun konstan
> perubahan bulan dan tahun terjadi pada waktu awal bulan di Data Base Yang
> baru ( mulai dari awal lagi )
>
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 12 Juni 2012 10:25
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Nomer urut ID secara otomatis
>
>
> File terlampir menggunakan formula pada beberapa cell bantu untuk menyusun
> nomor dokumen baru.
> Field input no PV berisi formula yang merujuk ke nomor dokumen baru
> tersebut.
>
> Nomor baru diperoleh dari database berdasar jumlah cacah record dokumen di
> bulan dan tahun hari ini ditambah 1.
>
> Script untuk event click tombol simpan data baru ditambahkan proses
> penulisan formula di field no PV (formula merujuk ke i1) dan proses
> kalkulasi sheet.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/12 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> salam hangat untuk Semua Master Excel...
> terimakasih untuk Mr Kid,,,( ngrepotin trus ..)
> kelanjutan dari yang saya tanya sebelumnya,,,
> dari file tsb yang telah saya ubah,,tetapi untuk nomer ID
> belum bisa urut otomatis ( masih Manual )
> ini saya lampirkan file nya,,,
> mohon pencerahaannya,,,terimakasih.
>
>
>
>
>
>
9e.

Bls: [belajar-excel] Nomer urut ID secara otomatis

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 9:21 pm (PDT)



REVISI :
 
Kalau untuk nomer depannya saja,,,urut sesuai dengan waktu Tombol Simpan,,,01/PS-a/06/12
Penyimpanan Pertama

02/PS-a/06/12
Penyimpanan Kedua
 
Contoh :

Penginputan Pertama:
01/PS-a/06/12
05 Juni 2012
 Bp. Pendi Hartadi 
 / 004 BX 
 ( Toko ) 
 Rp                                 2.000.000
                                                        -
10 kali
Juni 2012
Maret 2013
setelah Disimpan
 
untuk Tabel Data nya
langsung berubah seperti ini
untuk Penginputan kedua:
02/PS-a/06/12
 
 
#N/A
#N/A
 
                                                        -
 
 
#NUM!
bgitu juga seterusnya,,,,
Karena ini untuk laporan bulanan,,,untuk bulan dan tahun konstan
perubahan bulan dan tahun terjadi pada waktu awal bulan di Data Base Yang baru ( mulai dari awal lagi )

________________________________
Dari: achmad adi <didon13@ymail.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 12 Juni 2012 11:03
Judul: Bls: [belajar-excel] Nomer urut ID secara otomatis

 
Kalau untuk nomer depannya saja,,,urut sesuai dengan waktu Tombol Simpan,,,01/PS-a/06/12
Penyimpanan Pertama

0/PS-a/06/12
Penyimpanan Kedua
 
Contoh :

Penginputan Pertama:
01/PS-a/06/12
05 Juni 2012
 Bp. Pendi Hartadi 
 / 004 BX 
 ( Toko ) 
 Rp                                 2.000.000
                                                        -
10 kali
Juni 2012
Maret 2013
setelah Disimpan
 
untuk Tabel Data nya
langsung berubah seperti ini :
02/PS-a/07/12
 
 
#N/A
#N/A
 
                                                        -
 
 
#NUM!
bgitu juga seterusnya,,,,
Karena ini untuk laporan bulanan,,,untuk bulan dan tahun konstan
perubahan bulan dan tahun terjadi pada waktu awal bulan di Data Base Yang baru ( mulai dari awal lagi )

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 12 Juni 2012 10:25
Judul: Re: [belajar-excel] Nomer urut ID secara otomatis

 
File terlampir menggunakan formula pada beberapa cell bantu untuk menyusun nomor dokumen baru.Field input no PV berisi formula yang merujuk ke nomor dokumen baru tersebut.Nomor baru diperoleh dari database berdasar jumlah cacah record dokumen di bulan dan tahun hari ini ditambah 1.Script untuk event click tombol simpan data baru ditambahkan proses penulisan formula di field no PV (formula merujuk ke i1) dan proses kalkulasi sheet.Wassalam,Kid.
2012/6/12 achmad adi <didon13@ymail.com>
 
>salam hangat untuk Semua Master Excel...
>terimakasih untuk Mr Kid,,,( ngrepotin trus ..)
> kelanjutan dari yang saya tanya sebelumnya,,,
>dari file tsb yang telah saya ubah,,tetapi untuk nomer ID
>belum bisa urut otomatis ( masih Manual )
>ini saya lampirkan file nya,,,
>mohon pencerahaannya,,,terimakasih. 
 
10a.

Cari data tanpa diRaba

Posted by: "Kusnadi Bin zain" kbinzain@yahoo.co.id   kbinzain

Mon Jun 11, 2012 8:57 pm (PDT)



Dear : Para pakar Exceller

Dh

mencari data dengan cara meraba data satu persatu bagi saya memang lebih mudah dipahami,
tapi jika datanya sebengkak Gajah Abuh, pasti cukup makan waktu

Saya kira ada cara lain yang lebih effisient, seperti apa ya ? tolong solusinya

Salam

kbz
10b.

Re: Cari data tanpa diRaba

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 9:33 pm (PDT)



Pak Kusnadi,

Bagaimana jika memanfaatkan fungsi CountIF ?

File terlampir memanfaatkan fungsi CountIF melalui worksheet. Jadi ada
sebuah cell bantu yang menjadi hasil temporary sebelum disalin ke field
outputnya dengan VBA.

Penggunaan countif tersebut juga bisa langsung di VBA tanpa cell bantu.
Silakan dikembangkan akan diproses dimana dan bagaimana.
Wildcard Character '?' dan '*' juga berlaku di fungsi CountIF.

Wassalam,
Kid.

2012/6/12 Kusnadi Bin zain <kbinzain@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear : Para pakar Exceller
>
> Dh
>
> mencari data dengan cara meraba data satu persatu bagi saya memang lebih
> mudah dipahami,
> tapi jika datanya sebengkak Gajah Abuh, pasti cukup makan waktu
>
> Saya kira ada cara lain yang lebih effisient, seperti apa ya ? tolong
> solusinya
>
> Salam
>
> kbz
>
>
>
>
11.

mhon pencerahannya y .mengkapitalkan huruf?

Posted by: "Sary Adm" sary_adm12@yahoo.com   sary_adm12

Mon Jun 11, 2012 9:37 pm (PDT)



Aslam....

minta tolong dibantu ya mr..
cara mengkapitalkan huruf depan pada kata dalam excel,jdi kita tdk ush merubahnya 1/1.. trims sebelumnya...

Wassalam...
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Yahoo! Groups

Do More For Dogs Group

Connect and share with

dog owners like you

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar