Kamis, 28 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1670

20 New Messages
Digest #1670
by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
by "belajar-excel-owner@yahoogroups.com"
by "didon13@ymail.com" didon13@ymail.com
by "muh_ferdy@pusri.co.id" muh_f3rdi4n5yah

Wed Jun 27, 2012 1:21 am (PDT) . Posted by:
Saya lebih suka dgn cara yg mas bagus sampaikan, simple dan ga ribet
formulanya

tapi ga tau ya tuk kasus yang brbeda :)

-rbh-

2012/6/27 Jokovlo <koplo.sukoplo@gmail.com>

> kalau gak salah sepertinya begini
>
> =SUMIFS( RangeYgMauDijumlah, RangeKriteria_1, Kriteria_1 ,
> RangeKriteria_1, Kriteria_1 )
>
> *=SUMIFS( $D$6:$D$25, $C$6:$C$25, ">=" & $D$2, $C$6:$C$25, "<=" & $D$2 )*
>
> Kolom C dijadikan Criteria_Range lebih dari sekali, gak papa kok...
>
> [image: Inline image 1]
>
> bukan guru besar, member biasa, sesama belajar
> JoKovlo
>
>
> 2012/6/27 Agung Raziqi <agungraziqi@yahoo.com>
> > Mau nanya nih gimana cara menjumlah omset hanya pada range tanggal
> tertentu saja,
> > untuk lebih jelasnya silahkan buka file attach, aku udah nyoba pake
> fungsi sumifs kok gak bisa ya, aku mohon petunjuknya,
> > Terima Kasih Sebelumnya
>
>

--
---------------------
Best Regards,
Robby

Save Our World - Be Green --> Don't print this email unless if you need
to, print only with unused paper

rumah virtual saya ada di :

http://www.facebook.com/obywan
http://www.twitter.com/obyunie
Wed Jun 27, 2012 1:48 am (PDT) . Posted by:
ooo begitu, itu memang terserah pemakainya, member lain hanya menyodorkan
alternatip-alternatip;
nyang penting pemakai memahami isi & mangsudnya

=*SUMIFS*($D$6:$D$25,$C$6:$C$25,">="&$D$2,$C$6:$C$25,"<="&$D$2)
=*SUMPRODUCT*($D$6:$D$25*($C$6:$C$25<=$D$2)*($C$6:$C$25>=$C$2))

bisa dilihat sendiri apanya yang dianggap *ribed *tu ? mungkin tanda
"operator" untuk operator pembanding selain "=" ya ?
maksud "menghindari ribed" harus dimanej dgn baik, kalau keterusan bisa
mempersempit kreatipitas, katanya....

panjang formulanya pun sama
yg satu (sumifs) merupakan produk baru (sumifs baru ada bersama lahirnya
Excel 12 (Office 2007 for Windows)
yg satu (sumproduct) adalah produk lama, khusus untuk ekspresi spt itu
adalah hasil pengembangan user
(karena sintaks resminya tidak persis seperti itu)

*Semprul...Ki!*
*
*

2012/6/27 Robby Hermawan <robby79@gmail.com>

> **
> Saya lebih suka dgn cara yg mas bagus sampaikan, simple dan ga ribet
> formulanya
> tapi ga tau ya tuk kasus yang brbeda :)
>
> -rbh-
>
> 2012/6/27 Jokovlo <koplo.sukoplo@gmail.com>
>
>> kalau gak salah sepertinya begini
>>
>> =SUMIFS( RangeYgMauDijumlah, RangeKriteria_1, Kriteria_1 ,
>> RangeKriteria_1, Kriteria_1 )
>>
>> *=SUMIFS( $D$6:$D$25, $C$6:$C$25, ">=" & $D$2, $C$6:$C$25, "<=" & $D$2 )*
>>
>> Kolom C dijadikan Criteria_Range lebih dari sekali, gak papa kok...
>>
>>
Wed Jun 27, 2012 3:56 am (PDT) . Posted by:
Dear Belajar Excell,
Ad yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki file excell yang terdiri atas beberapa sheet, lalu pada masing-masing sheet ingin saya protect dengan password. Apa yang harus saya lakukan?

Sehingga file tersebut bisa dibuka oleh siapa saja, tapi ada beberapa sheet yang baru boleh dibuka, jika sudah memasukkan password

terimakasih banyak sebelumnya

Wed Jun 27, 2012 5:02 am (PDT) . Posted by:
Anda dianggap pakai excel 2003 (habis gak kirim contoh sih)

Semua cells pada sheet ybs di format dulu: LOCKED dan (kalau perlu) HIDDEN
Menu: Format > Cells > Pilih Tab Protection...

Locked = mengenai cellnya apakah nantinya (setelah sheet diproteksi) bisa
diubah atau tidak
Hidden = menenai cellnya apakah nantinya terlihat formualnya di formula bar
atau tidak

Kemudian Sheet di Proteksi
Menu: Tools > Protection > Protect Sheet..
Di sini ada kesempatan membuat Paasswordnya

Catatan :
sheet yg sudah diproteksi tetap dapat dibuka; hanya dapat di lihat tanpa
dapat diedit
(kecuali ada cells yg dibiarkan UnLocked)

lihat juga tutor (bhs indonesia)
http://xlsolution.blogspot.com/2012/01/memproteksi-worksheet-excel.html

Semprull Ki!

2012/6/27 vna_gustiani <vna_gustiani@yahoo.com>

> **
>
> Dear Belajar Excell,
> Ad yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki file excell yang
> terdiri atas beberapa sheet, lalu pada masing-masing sheet ingin saya
> protect dengan password. Apa yang harus saya lakukan?
>
> Sehingga file tersebut bisa dibuka oleh siapa saja, tapi ada beberapa
> sheet yang baru boleh dibuka, jika sudah memasukkan password
>
> terimakasih banyak sebelumnya
>
>
Wed Jun 27, 2012 6:04 am (PDT) . Posted by:
coba lihat arsip millis ini yang dibuat oleh pak Sofyan Efendi (pendiri
millis belajar excel)

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/40

judulnya System Security Excel, di situ dijelaskan tentang proteksi
terhadap 6 macam hal yang dapat dilakukan, yaitu:

proteksi terhadap file Excel, Workbook, Sheet/Worksheet, Cell, Range, VBA
Project, dan Prosedur di dalam VBA

-dwint-

Pada 27 Juni 2012 19:02, Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Anda dianggap pakai excel 2003 (habis gak kirim contoh sih)
>
> Semua cells pada sheet ybs di format dulu: LOCKED dan (kalau perlu) HIDDEN
> Menu: Format > Cells > Pilih Tab Protection...
>
> Locked = mengenai cellnya apakah nantinya (setelah sheet diproteksi) bisa
> diubah atau tidak
> Hidden = menenai cellnya apakah nantinya terlihat formualnya di formula
> bar atau tidak
>
> Kemudian Sheet di Proteksi
> Menu: Tools > Protection > Protect Sheet..
> Di sini ada kesempatan membuat Paasswordnya
>
> Catatan :
> sheet yg sudah diproteksi tetap dapat dibuka; hanya dapat di lihat tanpa
> dapat diedit
> (kecuali ada cells yg dibiarkan UnLocked)
>
> lihat juga tutor (bhs indonesia)
> http://xlsolution.blogspot.com/2012/01/memproteksi-worksheet-excel.html
>
> Semprull Ki!
>
>
>
> 2012/6/27 vna_gustiani <vna_gustiani@yahoo.com>
>
>> **
>>
>> Dear Belajar Excell,
>> Ad yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki file excell yang
>> terdiri atas beberapa sheet, lalu pada masing-masing sheet ingin saya
>> protect dengan password. Apa yang harus saya lakukan?
>>
>> Sehingga file tersebut bisa dibuka oleh siapa saja, tapi ada beberapa
>> sheet yang baru boleh dibuka, jika sudah memasukkan password
>>
>> terimakasih banyak sebelumnya
>>
>>
>
Wed Jun 27, 2012 12:49 pm (PDT) . Posted by:
Untuk Protect Sheet telah dijelaskan panjang lebar oleh Pak Sofyan Efendi sesuai link di bawah.
namun pertanyaan ini "tapi ada beberapa sheet yang baru boleh dibuka, jika sudah memasukkan password" mungkin belum terjawab.

Coba gunakan xlSheetVeryHidden (Pilihan Unhide tidak dapat digunakan) dan xlSheetVeryUnhidden (Pilihan Unhide bisa digunakan)

File terlampir menggunakan tombol CTRL z untuk menyembunyikan Sheet yang dipilih dan CTRL a untuk menampilkan seluruh Sheet yang disembunyikan.

Password yang digunakan adalah "hk" (huruf kecil).

Dalam contoh saya menyembunyikan Sheet 2 dan 4 pada saat menyimpan file (jangan lupa untuk melakukan ini sebelum anda menyimpan file).

Dengan Macro yang dinonaktifkan Sheet 2 dan Sheet 4 tetap tidak dapat dibuka.

Agar VBA (Macro) nya tidak bisa diedit maka di Password dengan "hk".
Jadi untuk USER (bukan Hacker) tidak punya alternatif lagi selain mengetahui Passwordnya.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 27 June 2012, 20:04
Subject: Re: [belajar-excel] Protect Setiap sheet dengan password pada satu file


 
coba lihat arsip millis ini yang dibuat oleh pak Sofyan Efendi (pendiri millis belajar excel)

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/40 

judulnya System Security Excel, di situ dijelaskan tentang proteksi terhadap 6 macam hal yang dapat dilakukan, yaitu:

proteksi terhadap file Excel, Workbook, Sheet/Worksheet, Cell, Range, VBA Project, dan Prosedur di dalam VBA

-dwint-

Pada 27 Juni 2012 19:02, Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com> menulis:


>Anda dianggap pakai excel 2003 (habis gak kirim contoh sih)
>
>Semua cells pada sheet ybs di format dulu: LOCKED dan (kalau perlu) HIDDEN
>Menu: Format > Cells  > Pilih Tab Protection...
>
>
>Locked = mengenai cellnya apakah nantinya (setelah sheet diproteksi) bisa diubah atau tidak
>Hidden = menenai cellnya apakah nantinya terlihat formualnya di formula bar atau tidak
>
>
>
>Kemudian Sheet di Proteksi 
>Menu: Tools > Protection > Protect Sheet..
>Di sini ada kesempatan membuat Paasswordnya
>
>
>Catatan :
>sheet yg sudah diproteksi tetap dapat dibuka; hanya dapat di lihat tanpa dapat diedit 
>(kecuali ada cells yg dibiarkan UnLocked)
>
>
>lihat juga tutor (bhs indonesia)
>http://xlsolution.blogspot.com/2012/01/memproteksi-worksheet-excel.html
>
>
>Semprull Ki!
>
>
>
>
>
>
>2012/6/27 vna_gustiani <vna_gustiani@yahoo.com>
>
>>Dear Belajar Excell,
>>Ad yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki file excell yang terdiri atas beberapa sheet, lalu pada masing-masing sheet ingin saya protect dengan password. Apa yang harus saya lakukan?
>>
>>Sehingga file tersebut bisa dibuka oleh siapa saja, tapi ada beberapa sheet yang baru boleh dibuka, jika sudah memasukkan password
>>
>>terimakasih banyak sebelumnya
>>
>>

Wed Jun 27, 2012 6:04 pm (PDT) . Posted by:
Setelah membaca tanggapan pakde Semprul, pak hendrik dan pak dwint, ingin
rasanya mengajak kembali menggunakan istilah² baku bagi workbook dan
worksheet.

Ketika masih tertutup sebuah file spreadsheet dari excel (*.xls?) lebih
tepat disebut sebagai file, tetapi banyak kalangan resmi menyebutkan
sebagai closed-workbook. Jadi dlm keadaan tertutup pun kita menyebut
workbook seperetinya tidak salah.
Jadi *workbook* bisa DIBUKA kemudaian bisa DITUTUP. Soal dipasang password
atau tidak itu urusan lain.

*Worksheet* adalah bagian dari workbook, seandainya workbook sebuah buku,
maka worksheet adalah lembarannya.
Ketika workbook dibuka otomatis *SEMUA worksheet sudah terbuka.*

Walaupun SEMUA Worksheet SUDAH TERBUKA, antara worksheet dengan worsheet
lainnya ada perbedaan statusnyua

*(A)*
- Dlm keadaan *AKTIF* yaitu worksheet yg cellnya siap data
- Dlm keadaan* NON-AKTIF*
Dlm satu workbook hanya akan ada 1 worksheet aktif
Jadi worksheet tidak perlu dibuka karena sudah terbuka, dia hanya perlu
- di-AKTIFKAN ataupun
- di-NON-AKTIFKAN
bukan dibuka atau ditutup.

*(B)*
Status lain bagi worksheet di dalam Opened-Workbook adalah:
- Dlm Keadaan *terlihat / visible* (bisa diakses)
- Dalam keadaan* tersembunyi* (tidak bisa diakses)
- Dalam keadaan *sangat tersebunyi* (perbedaannya dengan "tersembunyi"
sudah dijelaskan oleh pak Hendrik)

Jadi sekali lagi dlm status ini pun (terlihat / tak-terlihat) worksheet
walaupun dlm keadaan tersembunyi statusnya sudah terbuka (tidak perlu
diBUKA atau diTUTUP lagi) karena ada istilah yg lebih tepat yaitu
*- diSEMBUNYIKAN*
*- diTAMPAKKAN*

Ini semua hanya istilah, yg mungkin 'gak penting'
Tetapi saya tetap berpendapat istilah sebaiknya mengacu ke kelaziman yg
dipakai kalangan luas kalau perlu mengacu ke 'peraturan' yg sudah ada.
Jika setiap orang membuat istilah sendiri-sendiri (untuk hal yang sama)
maka 50% waktu diskusi hanya untuk menyamakan istilah, sisanya baru mencari
pemecahannya.

Teman2 yg setuju harap tunjuk jari
Teman2 yg tidak setuju juga : diharapkan tunjuk jari
(Nah.. jadi sulit untuk membedakannya 'kan?)

~Rara..

*catatan:*
sepertinya belum 3 hari ini ada diskusi meneruskan pembahasan LOGIN ke
suatu workbook & worksheets
di mana terlibat cara menyembunyian dan menampakkan sheet dengan password.

*--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "vna_gustiani" <vna_gustiani@...>
wrote:*
*> Dear Belajar Excell,*
*> Ad yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki file excell yang
terdiri atas beberapa sheet, *
*> lalu pada masing-masing sheet ingin saya protect dengan password. Apa
yang harus saya lakukan?*
*> *
*> Sehingga file tersebut bisa dibuka oleh siapa saja, tapi ada beberapa
sheet yang baru boleh dibuka, *
*> jika sudah memasukkan password*
*> *
*> terimakasih banyak sebelumnya*
*
*
Wed Jun 27, 2012 6:32 pm (PDT) . Posted by:
Selamat Pagi Teman Belajar Excel,
Krn saya masih awam banget dgn excel.. maka kebanyakan saya monitor saja group ini.. maafkanlah kalo saya blm bisa comment atau membantu rekan2.. bahkan saya selalu tanya2...
Tapi saya yakin teman2 pasti mau membantu

Ceritanya, saya menggunakan file excel utk schedule produksi yg menggunakan Gant chart (file terlampir). Saya sdh lumayan lama menggunakan file ini.. kalo gak salah saya ambil file tersebt dari group excel juga.
Nah hr ini ada tantangan terbaru utk improvement di area proses saya, yaitu kita dibutuhkan agar dapat menentukan secara otomatis dalam bentuk tanggal rencana selesainya produksi berdasarkan schedule tersebut.

Utk lebih jelasnya mohon lihat lampiran, dgn segala kerendahan hati.. mohon bantuannya ya teman2

trm kasih

Sodik
Wed Jun 27, 2012 6:54 pm (PDT) . Posted by:
coba gunakan array formula =Max( If () )

If ( Range_Baris_Tidak_Kosong ; Ambil_Tanggal)

lalu hasilnya dimasukkan dalam Max ()

{=Max(If(X9:AE9<>"";$X$5:$AE$5))}

karena ini adalah array maka jangan hanya menekan tombol Enter saja, tetapi
mekan tombol CTRL Shift Enter pada waktu bersamaan

salam,

-dwint-

Pada 28 Juni 2012 08:27, Sodikin, Akhmad
<akhmad.sodikin@bluescopesteel.com>menulis:

> **
>
>
> Selamat Pagi Teman Belajar Excel,
> Krn saya masih awam banget dgn excel.. maka kebanyakan saya monitor saja
> group ini.. maafkanlah kalo saya blm bisa comment atau membantu rekan2..
> bahkan saya selalu tanya2...
> Tapi saya yakin teman2 pasti mau membantu
>
> Ceritanya, saya menggunakan file excel utk schedule produksi yg
> menggunakan Gant chart (file terlampir). Saya sdh lumayan lama menggunakan
> file ini.. kalo gak salah saya ambil file tersebt dari group excel juga.
> Nah hr ini ada tantangan terbaru utk improvement di area proses saya,
> yaitu kita dibutuhkan agar dapat menentukan secara otomatis dalam bentuk
> tanggal rencana selesainya produksi berdasarkan schedule tersebut.
>
> Utk lebih jelasnya mohon lihat lampiran, dgn segala kerendahan hati..
> mohon bantuannya ya teman2
>
> trm kasih
>
> Sodik
>
>
Wed Jun 27, 2012 6:56 pm (PDT) . Posted by:
Rumusnya: berupa *Array Formula Hasil Tunggal* (ditulis di 1 cell) Cell AJ9

=MAX(IF(X9:AF9<>"",$X$5:$AE$5))

tinggal menularkan ke cells di bawahnya
(syarat : deretan data tanggal di baris 5 (X5:AE5) harus urut ascending
makin kekakan makin besar)

Kolom AJ (AJ9:AJxxx) masih perlu di format untuk mengurus tampilan DATE
nya
misalnya bentuk "dd-MMM-yyyy"

Array Formula bukan diakhri hany adengan tombol ENER tetapi *Ctrl + Shift,
(tahan) + Enter*
*
*
2012/6/28 Sodikin, Akhmad <akhmad.sodikin@bluescopesteel.com>

> **
>
> Selamat Pagi Teman Belajar Excel,
> Krn saya masih awam banget dgn excel.. maka kebanyakan saya monitor saja
> group ini.. maafkanlah kalo saya blm bisa comment atau membantu rekan2..
> bahkan saya selalu tanya2...
> Tapi saya yakin teman2 pasti mau membantu
>
> Ceritanya, saya menggunakan file excel utk schedule produksi yg
> menggunakan Gant chart (file terlampir). Saya sdh lumayan lama menggunakan
> file ini.. kalo gak salah saya ambil file tersebt dari group excel juga.
> Nah hr ini ada tantangan terbaru utk improvement di area proses saya,
> yaitu kita dibutuhkan agar dapat menentukan secara otomatis dalam bentuk
> tanggal rencana selesainya produksi berdasarkan schedule tersebut.
>
> Utk lebih jelasnya mohon lihat lampiran, dgn segala kerendahan hati..
> mohon bantuannya ya teman2
>
> trm kasih
>
> Sodik
>
Wed Jun 27, 2012 7:45 pm (PDT) . Posted by:
Ysh Pak Sodik,

Sepertinya Bapak mengajukan TOPIK BARU ini tetapi dengan cara meREPLY TOPIK LAMA YG SUDAH ADA (harusnya, menurut "Peratuaran Milis" Topik Baru dibuat dengan membuat email Baru (Compose) bukan Reply/Forward)

Untuk y.a.d. diharapkan bukan hanya kpd Bp Sodikin, tetapi kepada semua members, hal spt ini tidak terjadi lagi, karena akan mengakibatkan Rusaknya Threads, seperti dapat dilihat di gambar "THREAD RUSAK LAGI" di

http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/photos/album/1951181230/pic/list

Terimakasih
Moderator

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Sodikin, Akhmad" <akhmad.sodikin@...> wrote:
>
> Selamat Pagi Teman Belajar Excel,
> Krn saya masih awam banget dgn excel.. maka kebanyakan saya monitor saja group ini.. maafkanlah kalo saya blm bisa comment atau membantu rekan2.. bahkan saya selalu tanya2...
> Tapi saya yakin teman2 pasti mau membantu
>
> Ceritanya, saya menggunakan file excel utk schedule produksi yg menggunakan Gant chart (file terlampir). Saya sdh lumayan lama menggunakan file ini.. kalo gak salah saya ambil file tersebt dari group excel juga.
> Nah hr ini ada tantangan terbaru utk improvement di area proses saya, yaitu kita dibutuhkan agar dapat menentukan secara otomatis dalam bentuk tanggal rencana selesainya produksi berdasarkan schedule tersebut.
>
> Utk lebih jelasnya mohon lihat lampiran, dgn segala kerendahan hati.. mohon bantuannya ya teman2
>
> trm kasih
> Sodik

Wed Jun 27, 2012 8:00 pm (PDT) . Posted by:
Dear Pak Sodik;

Coba juga formula berikut,

=LOOKUP(MAX($X$9:$AE$12),INDEX($X$9:$AE$12,MATCH($B9,$B$9:$B$12,0),0),$X$5:$
AE$5)

Copy kebawah

Bagus

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Sodikin, Akhmad
Sent: Thursday, June 28, 2012 8:27 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Tgl plan Finish Produksi Otomatis dari schedule
Gant chart

Selamat Pagi Teman Belajar Excel,
Krn saya masih awam banget dgn excel.. maka kebanyakan saya monitor saja
group ini.. maafkanlah kalo saya blm bisa comment atau membantu rekan2..
bahkan saya selalu tanya2...
Tapi saya yakin teman2 pasti mau membantu

Ceritanya, saya menggunakan file excel utk schedule produksi yg menggunakan
Gant chart (file terlampir). Saya sdh lumayan lama menggunakan file ini..
kalo gak salah saya ambil file tersebt dari group excel juga.
Nah hr ini ada tantangan terbaru utk improvement di area proses saya, yaitu
kita dibutuhkan agar dapat menentukan secara otomatis dalam bentuk tanggal
rencana selesainya produksi berdasarkan schedule tersebut.

Utk lebih jelasnya mohon lihat lampiran, dgn segala kerendahan hati.. mohon
bantuannya ya teman2

trm kasih

Sodik

Wed Jun 27, 2012 8:22 pm (PDT) . Posted by:
Setelah mencermati petunjuk dari Mbak Rara ternyata ada kalimat saya di bawah ini yang salah :
"Dengan Macro yang dinonaktifkan Sheet 2 dan Sheet 4 tetap tidak dapat dibuka."seharusnya ditampilkan (istilah Mbak Rara ditampakkan).

Mohon maaf.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 28 June 2012, 8:04
Subject: Re: [belajar-excel] Protect Setiap sheet dengan password pada satu file


 
Setelah membaca tanggapan pakde Semprul, pak hendrik dan pak dwint, ingin rasanya mengajak kembali menggunakan istilah² baku bagi workbook dan worksheet.

Ketika masih tertutup sebuah file spreadsheet dari excel (*.xls?) lebih tepat disebut sebagai file, tetapi banyak kalangan resmi menyebutkan sebagai closed-workbook. Jadi dlm keadaan tertutup pun kita menyebut workbook seperetinya tidak salah.
Jadi workbook bisa DIBUKA kemudaian bisa DITUTUP. Soal dipasang password atau tidak itu urusan lain.

Worksheet adalah bagian dari workbook, seandainya workbook sebuah buku, maka worksheet adalah lembarannya.
Ketika workbook dibuka otomatis SEMUA worksheet sudah terbuka.

Walaupun SEMUA Worksheet SUDAH TERBUKA, antara worksheet dengan worsheet lainnya ada perbedaan statusnyua

(A)
- Dlm keadaan AKTIF yaitu worksheet yg cellnya siap data
- Dlm keadaanNON-AKTIF
Dlm satu workbook hanya akan ada 1 worksheet aktif
Jadi worksheet tidak perlu dibuka karena sudah terbuka, dia hanya perlu 
- di-AKTIFKAN ataupun 
- di-NON-AKTIFKAN
bukan dibuka atau ditutup.

(B)
Status lain bagi worksheet di dalam Opened-Workbook adalah:
- Dlm Keadaan terlihat / visible (bisa diakses)
- Dalam keadaantersembunyi (tidak bisa diakses)
- Dalam keadaan sangat tersebunyi (perbedaannya dengan "tersembunyi" sudah dijelaskan oleh pak Hendrik)

Jadi sekali lagi dlm status ini pun (terlihat / tak-terlihat) worksheet walaupun dlm keadaan tersembunyi statusnya sudah terbuka (tidak perlu diBUKA atau diTUTUP lagi) karena ada istilah yg lebih tepat yaitu
- diSEMBUNYIKAN
- diTAMPAKKAN

Ini semua hanya istilah, yg mungkin 'gak penting'
Tetapi saya tetap berpendapat istilah sebaiknya mengacu ke kelaziman yg dipakai kalangan luas kalau perlu mengacu ke 'peraturan' yg sudah ada.
Jika setiap orang membuat istilah sendiri-sendiri (untuk hal yang sama) maka 50% waktu diskusi hanya untuk menyamakan istilah, sisanya baru mencari pemecahannya.

Teman2 yg setuju harap tunjuk jari
Teman2 yg tidak setuju juga : diharapkan tunjuk jari
(Nah.. jadi sulit untuk membedakannya 'kan?)

~Rara..

catatan:
sepertinya belum 3 hari ini ada diskusi meneruskan pembahasan  LOGIN ke suatu workbook & worksheets
di mana terlibat cara menyembunyian dan menampakkan sheet dengan password.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "vna_gustiani" <vna_gustiani@...> wrote:
> Dear Belajar Excell,
> Ad yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki file excell yang terdiri atas beberapa sheet, 
> lalu pada masing-masing sheet ingin saya protect dengan password. Apa yang harus saya lakukan?

> Sehingga file tersebut bisa dibuka oleh siapa saja, tapi ada beberapa sheet yang baru boleh dibuka, 
> jika sudah memasukkan password

> terimakasih banyak sebelumnya

Thu Jun 28, 2012 12:40 am (PDT) . Posted by:
Terima kasih banyak dgn Rara Wilis dan Dwin Ruswanto dan semua member belajar excel.

Sekarang saya sdh tenang dan sangat terbantu dgn formula tsb.

Kepada Pak/Ibu Moderator, trm kasih sdh di ingatkan dan mohon maaf atas kesalahan saya membuat topik baru dari email sebelumnya(bukan compose email)

Best Regards,
Sodik
PT. Bluescope Lysaght Indonesia

________________________________

________________________________

NOTICE - This message and any attached files may contain information that is confidential, legally privileged or proprietary. It is intended only for use by the intended recipient. If you are not the intended recipient or the person responsible for delivering the message to the intended recipient, be advised that you have received this message in error. Any dissemination, copying, use or re-transmission of this message or attachment, or the disclosure of any information therein, is strictly forbidden. BlueScope Steel Limited does not represent or guarantee that this message or attachment is free of errors, virus or interference.

If you have received this message in error please notify the sender immediately and delete the message. Any views expressed in this email are not necessarily the views of BlueScope Steel Limited.
Wed Jun 27, 2012 5:56 am (PDT) . Posted by:
Terima kasih banyak Mr. Kid atas penjelasannya yang detail.
Ternyata salah satu kunci nya dgn menggunakan LOOKUP function ya ? ( belum
pernah pakai function ini soalnya J
Trims again J

Wira


From: belajar-excel@yahoogroups.com
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: Tuesday, June 26, 2012 10:34 PM

Hai Wira,

Coba manfaatkan fungsi LookUp, Index, dan Match menjadi satu formula lookup
2 dimensi.
Syaratnya : harus ada tabel yang berisi nilai-nilai batas bawah dari
interval kelas nya (seperti pada F14:K18 di file terlampir yang terurut
ascending)
Jadi
>> F15:F18 berisi kriteria 1 (level)
>> G14:K14 berisi hasil pencapaian (level pencapaian -> nilai-nilai output
yang akan diambil)
>> G15:K18 berisi kriteria 2 (batas bawah avg penjualan)

Misal ada data level ; avg penjualan pada range B15:C15, maka level hasil
pencapaian (di D15) bisa diberi formula :
=LOOKUP( C15 , INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH( B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 ) ,
$G$14:$K$14 )
Bagian yang di-bold adalah pembentuk data referensi kriteria ke-2 (pada area
G15:K18) berdasar kondisi kriteria ke-1 (B15 = level pada tabel referensi
kriteria 1 [F15:F18])

Fungsi lookup digunakan untuk mendapatkan hasil pencapaian berdasar nilai
avg penjualan di tabel referensi kriteria ke-2 yang didapat dari bagian yang
di-bold, sehingga bisa mendapatkan nilai hasil dari daftar refernsi hasil
pencapaian (G14:K14)

Sifat fungsi LookUp adalah bekerja berdasar tipe data, jadi pastikan nilai
avg penjualan dan nilai-nilai batas bawah kriteria ke-2 semua bertipe
numerik.
Cell Blank (NULL dan bukan NULLSTRING) akan dianggap bernilai 0 oleh Excel
dan bisa menghasilkan level pencapaian A.
Tentu hal ini tidak pantas terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya formula diberi
pengkondisian berdasar isi nilai data avg penjualan.
Jadi, harus ada bedanya antara keadaan sebuah data sudah masuk dan bernilai
0 dengan sebuah data yang nilai avg penjualannya belum masuk.
Dengan begitu akan lebih mudah dilacak lebih detil.
Bentuk kondisinya adalah cek apakah nilai avg penjualan adalah blank, bisa
dengan IsBlank( C15 ) atau dengan hitung jumlah karakter di C15 [ Len( C15 )
]
=IF( Len( C15 ) , LOOKUP( C15 , INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH( B15 ,
$F$15:$F$18 , 0 ) , 0 ) , $G$14:$K$14 ) , "" )
yang di-biru adalah formula dasar yang dibahas di atas.
yang di-hijau adalah kondisi yang bisa digunakan dan sesuaikan logika
kondisi TRUE dan FALSE nya

Bisa jadi, jika C15 berisi nilai <0 atau berisi data bertipe teks, akan
menghasilkan error value
Maka fungsi IsError (di xl2007 bisa langsung dengan IFError) bisa digunakan
untuk cek hasilnya.
>> dengan IsError
=IF( Len( C15 ) , IF( IsError ( LOOKUP( C15 , INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH(
B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 ) , $G$14:$K$14 ) ), "" , LOOKUP( C15 , INDEX(
$G$15:$K$18 , MATCH( B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 ) , $G$14:$K$14 ) ) , ""
)

>> dengan IFError (xl2007 ke atas)
=IF( Len( C15 ) , IFError( LOOKUP( C15 , INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH( B15 ,
$F$15:$F$18 , 0 ) , 0 ) , $G$14:$K$14 ) , "" ) , "" )

Bisa juga dengan cek 2 kondisi sekaligus :
1. C15 adalah bukan blank
2. C15 adalah angka
keduanya harus terpenuhi :
=IF( Len( C15 ) * IsNumber( - C15 ), LOOKUP( C15 , INDEX( $G$15:$K$18 ,
MATCH( B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 ) , $G$14:$K$14 ) , "" )

dan masih banyak susunan formula lainnya.

Wassalam,
Kid.

Wed Jun 27, 2012 6:00 am (PDT) . Posted by:
Hi Rara Wilis,

Yang ane dah coba kotak-katik itu table nya memang dibuat 'break', sehingga
Excel gak harus 'pemandangan' bagus aja koq J

Yg saya coba memakai beberapa kolumn helper, dgn menggunakan VLOOKUP
beberapa kali utk masing-masing ranking (A, B, C nya).

Thanks ya sudah bantu menjelaskan banyak cara menuju ke tujuan J

Wira.

From: belajar-excel@yahoogroups.com
On Behalf Of Rara Wilis
Sent: Wednesday, June 27, 2012 5:26 AM

sungguh berat jika Excel harus "itung-itung" data yg bukan angka atau pun angka-angka data tsb TIDAK disusun secara "Excel". Hal ini sudah menjadi kebiasaan umum: membuat tabel untuk keperluan pemandangannya sendiri.

Sering juga pemmisahan kategory dibuat sambil melupakan logika, misal
kategory a = 1000 s/d 1500
kategory b = 1500 s/d 2250
Lha.. 1500-nya sendiri apa ndak bingung ?? mau ikut kategory MANA ??

Ini terjadi di tiap meja adm di "kantor"ku, tapi kalo diberitahu malah
penjaganya ngambeg..

Jika memang pemandangan bagus seperti itu sangat diperlukan (misal untuk konsumsi boss yg gak mau tahu excel, tetap dapat kita buat (dengan rumus berdasarkan tabel yg dikenal excel)

Agar lebih "meyakinkan tabel yg dikenal excel dapat kita sembunyikan.

tabel "pembatas pencapaian" yg dibuat pada kolom FK itu contoh tabel yg sulit dimengerti oleh excel jika harus di "itung-itung" karena SEMUA datanya = data type TEXT.

Jika kita mau mengubah cara kita membuat tabel menjadi tabel yg mudah
dimengerti excel, rumusnya akan gampang dicari

Masih sejalan dengan solusi dari mas kid

Tabel-Pembatas-Pencapaian dibuat sbb (lihat gambar / atau sheet 2 di
lampiran)

Rumusnya (ditulis di D6) tanpa takut keseleo tiga-jari CSE, karena bukan array formula

=INDEX($G$5:$L$5, MATCH(C6,OFFSET($G$5:$L$5,MATCH(B6,$F$6:$F$9,0),0,,), 1))

~Wilis

Wed Jun 27, 2012 6:45 pm (PDT) . Posted by:
Trimakasih banyak mbak rara atas koreksi n bantuany..

-----Original Message-----
From: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
Date: Tue, 26 Jun 2012 20:11:44

cara menghapusnya SUDAH ADA DI prosedur Auto_Close

Sub Auto_Close()
On Error Resume Next
Application.CommandBars("Worksheet Menu Bar").Controls("Daptar Isi").Delete
End Sub

hanya saja (kemungkinan) anda belum mengedit nama Sub Menunya.

catatan
khusus untuk saya, masih kurang sreg dengan penamaan *dropdown
menu* dikatakan sebagai *'drop-list'*
karena dengan 'drop-list' tidak seketika menjelaskan SEPERTI APA BENDANYA..

2012/6/26 achmad adi <didon13@ymail.com>
> terimakasih sebelumnya.. mbk rara....
> ini tentang Worksheet Menu Bar add-ins...( membuat list drop "daftar isi" )( map dari forum sebelah ),,,
> saya mencoba menganti nama yang baru,,, berhasil,,,
> tetapi list drop "daftar isi" yang lama masih nongol,,, gimn cara menghapusnya?
Wed Jun 27, 2012 11:29 pm (PDT) . Posted by:
Dear B-Exceller;

Berhubung saya masih menggunakan excel 2003 dan "belum pernah" menggunakan
excel 2007. jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan dari teman dibawah ini.

Mohon kiranya teman2 yang sudah menggunakan excel 2007 up bisa menjelaskan

Terima Kasih

Bagus

_____

From: Raymond Adry
Sent: Thursday, June 28, 2012 1:20 PM
To: bagus
Subject: tanya excel

Pak,

Selamat pagi, maaf mengganggu lagi

Saya mau bertanya secara personal mengenai excel

Bagaimana menggunakan menu "Freeze Panes" untuk excel 2007

Jika 2003 saya sdh biasa menggunakannya tetapi untuk 2007 ketika saya ingin
freeze pada baris 10, selalu freeze muncul pada baris 1

Sebelum dan sesudanhya saya ucapkan terima kasih

~Ray~

Wed Jun 27, 2012 11:57 pm (PDT) . Posted by:
Dear pak bagus,

Freeze panes itu bukankah hanya untuk membuat baris / kolom agar tetap diam (mengunci tampilan agar tidak bergeser)?

Berbeda dengan excel 2003 yang hanya bisa mengunci sudut kiri atas,
Kalau di excel 2007 selain bisa mengunci sudut kiri atas, bisa juga untuk mengunci kolomnya saja / barisnya saja..

Letak dari Freeze Panes itu sendiri ada di tab view --> freeze panes



Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: "bagus" <bagus@kingjim.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 28 Jun 2012 13:32:12
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Tanya tentang freeze panes utk excel 2007

Dear B-Exceller;



Berhubung saya masih menggunakan excel 2003 dan "belum pernah" menggunakan
excel 2007. jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan dari teman dibawah ini.



Mohon kiranya teman2 yang sudah menggunakan excel 2007 up bisa menjelaskan



Terima Kasih



Bagus



_____

From: Raymond Adry
Sent: Thursday, June 28, 2012 1:20 PM
To: bagus
Subject: tanya excel



Pak,

Selamat pagi, maaf mengganggu lagi

Saya mau bertanya secara personal mengenai excel



Bagaimana menggunakan menu "Freeze Panes" untuk excel 2007



Jika 2003 saya sdh biasa menggunakannya tetapi untuk 2007 ketika saya ingin
freeze pada baris 10, selalu freeze muncul pada baris 1



Sebelum dan sesudanhya saya ucapkan terima kasih







~Ray~




Thu Jun 28, 2012 12:40 am (PDT) . Posted by:
Mas Bagus ikut nimbrung...

Untuk menggunakan Freze Panes pada Excel 2007 letakan cell Pada baris 10 kolom A kmudian klik menu View  cari Freze Panes kmudian klik...

rgrds,

________________________________
Dari: bagus <bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 28 Juni 2012 13:32
Judul: [belajar-excel] Tanya tentang freeze panes utk excel 2007


 
Dear B-Exceller;
 
Berhubung saya masih menggunakan excel
2003 dan "belum pernah" menggunakan excel 2007. jadi saya tidak bisa
menjawab pertanyaan dari teman dibawah ini.
 
Mohon kiranya teman2 yang sudah
menggunakan excel 2007 up bisa menjelaskan
 
Terima Kasih
 
Bagus
 

________________________________

From:Raymond Adry
Sent: Thursday, June 28, 2012 1:20
PM
To: bagus
Subject: tanya excel
 
Pak,
Selamat
pagi, maaf mengganggu lagi
Saya
mau bertanya secara personal mengenai excel
 
Bagaimana
menggunakan menu "Freeze Panes" untuk excel 2007
 
Jika
2003 saya sdh biasa menggunakannya tetapi untuk 2007 ketika saya ingin freeze pada
baris 10, selalu freeze muncul pada baris 1
 
Sebelum
dan sesudanhya saya ucapkan terima kasih
 
 
 
~Ray~
 
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar