Rabu, 13 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1647

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Gabung data dari banyak Sheet From: Yusril Ramadani
1b.
Re: Gabung data dari banyak Sheet From: Kid Mr.
2a.
Tolong bantuan pencerahannya From: rian Bass
2b.
Re: Tolong bantuan pencerahannya From: Kid Mr.
3a.
Project status data update ke tabel dan diagram pie From: leonard merari
3b.
Re: Project status data update ke tabel dan diagram pie From: bagus
3c.
Re: Project status data update ke tabel dan diagram pie From: Kid Mr.
4a.
mambandingkan 2 data dega rumus yang ada From: Lathir Group
4b.
mambandingkan 2 data dega rumus yang ada From: Lathir Group
4c.
Re: mambandingkan 2 data dega rumus yang ada From: Kid Mr.
4d.
Bls: [belajar-excel] mambandingkan 2 data dega rumus yang ada From: Lathir Group
5a.
Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel From: Teuku Hakim
5b.
Re: Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel From: Kid Mr.
6a.
Re: Consolidate Data From: Kid Mr.
6b.
Re: Consolidate Data From: hendrik karnadi
7a.
Re: Resend: [WTA]: Lookup dengan banyak kriteria lagi From: Kid Mr.
8a.
Bls: [belajar-excel] Bulan Apa Saja dan Berapa Kali From: ghozi alkatiri
9.
Belajar Macro VBA Excel mulai dari NOL From: Rahmad Ngarasan
10a.
Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Heru Safrudin
10b.
Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Kid Mr.
10c.
Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Heru Safrudin
10d.
Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Kid Mr.
11a.
Bls: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya? From: Harumi Wanasita
11b.
Bls: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya? From: Harumi Wanasita
11c.
Re: bagaimana otomatis berubah angkanya? From: Kid Mr.

Messages

1a.

Gabung data dari banyak Sheet

Posted by: "Yusril Ramadani" yusrilramadani@gmail.com   yusril_rmd

Wed Jun 13, 2012 3:50 am (PDT)



Selamat Pagi para pakar

mohon bantuannya untuk case terlampir
saya punya data di banyak sheet yang ingin saya gabung ke 1 sheet tanpa
copy paste manual

Mohon pencerahannya

Salam
YR
1b.

Re: Gabung data dari banyak Sheet

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 7:39 am (PDT)



Dengan asumsi :
urutan nomor unik sama disetiap sheet, dan tabel setiap sheet memiliki
struktur dan lokasi yang tetap.
Formula untuk Sum :
=SUM(Sheet1:Sheet3!B2)

Jika ada sheet baru, letakkan antara sheet1 dan sheet3 dan pastikan
struktur beserta urutan no unik sama seperti sheet lainnya.

Cara lain adalah dengan fitur Data -> Consolidate

Struktur yang tetap dari setiap tabel akan lebih membantu.
Tabel yang disatukan dengan ditambah kolom nama-nama pembedanya akan lebih
baik lagi.

Wassalam,
Kid.

2012/6/13 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>

> **
>
>
> Selamat Pagi para pakar
>
> mohon bantuannya untuk case terlampir
> saya punya data di banyak sheet yang ingin saya gabung ke 1 sheet tanpa
> copy paste manual
>
> Mohon pencerahannya
>
> Salam
> YR
>
>
>
>
2a.

Tolong bantuan pencerahannya

Posted by: "rian Bass" bass_rian@yahoo.com   bass_rian

Wed Jun 13, 2012 3:50 am (PDT)



saya punya masalah yang di hadapi dalam mencetak serta sekaligus menyimpannya ke sheet lain, untuk lebih jelasnya mohon dilihat file terlampir, terimakasih
2b.

Re: Tolong bantuan pencerahannya

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 8:14 am (PDT)



File terlampir diberi baris bantu record yang akan di save ke tercetak di
baris 25 mulai kolom M
Kemudian isi prosedur event click dari si tombol :
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim lUrut As Long, lRec As Long

For lUrut = Range("m5").Value To Range("o5").Value
Range("h1").Value = lUrut
Sheet1.Calculate
lRec = Range("m25").Value
Sheet1.PrintOut
Range("m25").CurrentRegion.Copy
Sheet7.Range("a1").Offset(lRec).PasteSpecial
xlPasteValuesAndNumberFormats
Next lUrut
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/6/13 rian Bass <bass_rian@yahoo.com>

> **
>
>
> saya punya masalah yang di hadapi dalam mencetak serta sekaligus
> menyimpannya ke sheet lain, untuk lebih jelasnya mohon dilihat file
> terlampir, terimakasih
>
>
>
>
3a.

Project status data update ke tabel dan diagram pie

Posted by: "leonard merari" ari140583@yahoo.com   ari140583

Wed Jun 13, 2012 3:50 am (PDT)



Salam,
Mohon petunjuk teman-teman mungkin sudah ada yang terbiasa untuk mengerjakan excel terlampir.

Prinsip nya adalah sbb :
ada set data key in manual / dropdown list untuk project status.
tujuannya ketika key in manual / dropdown list dilakukan bisa terupdate otomatis pada tabel resume dan diagram pie

Pertanyaan secara detail ada di file terlampir, mohon bantuannya para master excel :)

Merari
3b.

Re: Project status data update ke tabel dan diagram pie

Posted by: "bagus" bagus@kingjim.co.id   bagus4bls

Wed Jun 13, 2012 5:13 am (PDT)



Dear merari;

File terlampir semoga sesuai harapan

Bagus


Sent from my Taxiphone®

----- Original Message -----
From: leonard merari
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, June 13, 2012 9:28 AM
Subject: [belajar-excel] Project status data update ke tabel dan diagram pie

Salam,
Mohon petunjuk teman-teman mungkin sudah ada yang terbiasa untuk mengerjakan excel terlampir.

Prinsip nya adalah sbb :
ada set data key in manual / dropdown list untuk project status.
tujuannya ketika key in manual / dropdown list dilakukan bisa terupdate otomatis pada tabel resume dan diagram pie

Pertanyaan secara detail ada di file terlampir, mohon bantuannya para master excel :)

Merari

3c.

Re: Project status data update ke tabel dan diagram pie

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 5:17 am (PDT)



Hai Merari,

File terlampir memanfaatkan fitur Table pada Excel 2007 (List di xl2003)
yang kemudian di summary dengan Pivot Table and Pivot Chart dengan summary
values Count yang show valus adalah % of Total.

Wassalam,
Kid.

2012/6/13 leonard merari <ari140583@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam,
> Mohon petunjuk teman-teman mungkin sudah ada yang terbiasa untuk
> mengerjakan excel terlampir.
>
> Prinsip nya adalah sbb :
> ada set data key in manual / dropdown list untuk project status.
> tujuannya ketika key in manual / dropdown list dilakukan bisa terupdate
> otomatis pada tabel resume dan diagram pie
>
> Pertanyaan secara detail ada di file terlampir, mohon bantuannya para
> master excel :)
>
>
> Merari
>
>
>
>
4a.

mambandingkan 2 data dega rumus yang ada

Posted by: "Lathir Group" lathirgroup@yahoo.com   lathirgroup

Wed Jun 13, 2012 3:51 am (PDT)



assalamualaikum..
kawan saya mempunyai masalah dengan excel jika saya punya 2 data yang akan saya gunakan
contohnya seperti ini data disfunctional 1 2 3 4 5 6 7 8
1 5 4 5 5 3 2 2 3
2 4 4 3 5 4 4 5 5
3 4 5 5 3 5 3 4 2
4 4 3 5 3 4 2 4 4
5 2 5 3 4 4 2 3 2
6 3 4 4 3 4 2 4 2 data Functional 1 2 3 4 5 6 7 8
1 5 4 5 5 3 2 2 3
2 4 5 5 3 5 3 4 2
3 3 4 4 3 4 2 4 2
4 4 4 3 5 4 4 5 5
5 4 4 3 5 4 4 5 5
6 4 5 5 3 5 3 4 2 dan rumus formula untuk data tersebut adalah : Baris untuk dysfunctional
Kolom untuk Functional 1 2 3 4 5
1 Q R R R R
2 M I I I R
3 M I I I R
4 M I I I R
5 O A A A Q jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 1 = Q
jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 2 = M
jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 3 = M
jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 4 = M
begitu seterusnya bagaimana formula yang tepat di excell???
mohon bantuannya,,,,
4b.

mambandingkan 2 data dega rumus yang ada

Posted by: "Lathir Group" lathirgroup@yahoo.com   lathirgroup

Wed Jun 13, 2012 3:54 am (PDT)





--- Mods ---
Sebaiknya ada penjelasannya. Lebih baik lagi jika sudah dalam bentuk data sheet Excel, sehingga bisa dirujuk dengan formula.
------------
4c.

Re: mambandingkan 2 data dega rumus yang ada

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 8:43 am (PDT)



Waalaikumussalam Wr. Wb.

Coba pelajari fungsi Index.
=INDEX($AG$3:$AK$7,B3,L3)

File terlampir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/6/13 Lathir Group <lathirgroup@yahoo.com>

> **
>
>
> assalamualaikum..
> kawan saya mempunyai masalah dengan excel
>
> jika saya punya 2 data yang akan saya gunakan
> contohnya seperti ini
>
> data disfunctional
> 1 2 3 4 5 6 7 8
> 1 5 4 5 5 3 2 2 3
> 2 4 4 3 5 4 4 5 5
> 3 4 5 5 3 5 3 4 2
> 4 4 3 5 3 4 2 4 4
> 5 2 5 3 4 4 2 3 2
> 6 3 4 4 3 4 2 4 2
>
> data Functional
> 1 2 3 4 5 6 7 8
> 1 5 4 5 5 3 2 2 3
> 2 4 5 5 3 5 3 4 2
> 3 3 4 4 3 4 2 4 2
> 4 4 4 3 5 4 4 5 5
> 5 4 4 3 5 4 4 5 5
> 6 4 5 5 3 5 3 4 2
>
>
> dan rumus formula untuk data tersebut adalah :
>
> Baris untuk dysfunctional
> Kolom untuk Functional
> 1 2 3 4 5
> 1 Q R R R R
> 2 M I I I R
> 3 M I I I R
> 4 M I I I R
> 5 O A A A Q
>
> jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 1 = Q
> jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 2 = M
> jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 3 = M
> jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 4 = M
> begitu seterusnya
>
> bagaimana formula yang tepat di excell???
> mohon bantuannya,,,,
>
>
>
4d.

Bls: [belajar-excel] mambandingkan 2 data dega rumus yang ada

Posted by: "Lathir Group" lathirgroup@yahoo.com   lathirgroup

Wed Jun 13, 2012 6:16 pm (PDT)



terimakasih, sangat membantu

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 13 Juni 2012 22:42
Judul: Re: [belajar-excel] mambandingkan 2 data dega rumus yang ada


 
Waalaikumussalam Wr. Wb.

Coba pelajari fungsi Index.
=INDEX($AG$3:$AK$7,B3,L3)

File terlampir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/6/13 Lathir Group <lathirgroup@yahoo.com>


>assalamualaikum..
kawan saya mempunyai masalah dengan excel jika saya punya 2 data yang akan saya gunakan
contohnya seperti ini data disfunctional 1 2 3 4 5 6 7 8
1 5 4 5 5 3 2 2 3
2 4 4 3 5 4 4 5 5
3 4 5 5 3 5 3 4 2
4 4 3 5 3 4 2 4 4
5 2 5 3 4 4 2 3 2
6 3 4 4 3 4 2 4 2 data Functional 1 2 3 4 5 6 7 8
1 5 4 5 5 3 2 2 3
2 4 5 5 3 5 3 4 2
3 3 4 4 3 4 2 4 2
4 4 4 3 5 4 4 5 5
5 4 4 3 5 4 4 5 5
6 4 5 5 3 5 3 4 2 dan rumus formula untuk data tersebut adalah : Baris untuk dysfunctional
Kolom untuk Functional 1 2 3 4 5
1 Q R R R R
2 M I I I R
3 M I I I R
4 M I I I R
5 O A A A Q jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 1 = Q
jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 2 = M
jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 3 = M
jika data functional 1 bertemu data dysfunctional 4 = M
begitu seterusnya bagaimana formula yang tepat di excell???
mohon bantuannya,,,,

5a.

Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

Posted by: "Teuku Hakim" kinderstone@yahoo.com   teukuhakim

Wed Jun 13, 2012 4:12 am (PDT)



Dear All,

Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan tersimpan ke dalam sheet database. untuk itu form tersebut akan memiliki 2 tombol yaitu SAVE & CLEAR. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun hasilnya data di database masih belum bisa urut ke bawah. 
Mohon bantuannya apabila ada teman-teman di forum ini yang mahir dalam macro excel. untuk lebih jelasnya saya lampirkan file template sederhana.

Terima Kasih.
Hakim
5b.

Re: Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 8:27 am (PDT)



Silakan dicoba :
1. ke VBE ( ALT F11 )
2. menu Insert -> Module
3. buat prosedur simpan :
Public Sub Simpan()
Dim lRowsDB As Long

If LenB(Range("d3").Value) <> 0 Then 'contoh validasi input
lRowsDB = Sheet3.Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count
Range("d3:d8").Copy
Sheet3.Range("a1").Offset(lRowsDB).PasteSpecial
xlPasteValuesAndNumberFormats, skipblanks:=True
Bersihkan
MsgBox "pesan", vbInformation
End If
End Sub

4. buat prosedur bersihkan
Public Sub Bersihkan()
Range("d3:d8").ClearContents
End Sub

5. kembali ke worksheet ( ALT F11 )
6. klik kanan shape Save -> assign macro -> pilih Simpan -> OK
7. klik kanan shape Clear -> assign macro -> pilih Bersihkan -> OK
8. save as file excel
9. pilih ekstensi .xlsm atau .xlsb *(jangan .xlsx)* agar script tersimpan
(tidak hilang)
10. pencet save

Wassalam,
Kid.

2012/6/13 Teuku Hakim <kinderstone@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan
> tersimpan ke dalam sheet database. untuk itu form tersebut akan memiliki 2
> tombol yaitu SAVE & CLEAR. Saya sudah coba melakukannya dengan record
> macro,namun hasilnya data di database masih belum bisa urut ke bawah.
> Mohon bantuannya apabila ada teman-teman di forum ini yang mahir dalam
> macro excel. untuk lebih jelasnya saya lampirkan file template sederhana.
>
> Terima Kasih.
> Hakim
>
>
>
>
6a.

Re: Consolidate Data

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 4:48 am (PDT)



Pak Hendrik,

- Mengapa Judul (Field) "Nama" hasil DATA CONSOLIDATE bisa hilang ?
>> bawaan alur runtime dari sananya demikian. Coba lakukan 2 kali dengan
setting kolom key nya berbeda. Misal akan consolidate berdasar label di top
dan left. Lakukan berdasar top dulu, dilanjutkan consolidate berdasar top
dan left yang diinginkan.

- Mengapa Code "Sheet2!R1C1:R1000C2" tidak dapat diganti dengan x, padahal
x sudah saya definisikan ?
>> kalo ndak salah ingat, input parameter Sources hanya bisa diisi array
string alamat rujukan yang lengkap dalam notasi R1C1.
Jadi, untuk menggunakan object range x, manfaatkan properti Address,
seperti :
x.address(,,xlr1c1,*true*) -> jika lokasi sources berbeda sheet (apalagi
file) dengan sheet hasil
x.address(,,xlr1c1) -> jika lokasi sources dan hasil pada sheet yang sama
(tetap harus beda range dan tidak berpotongan)

Wassalam,
Kid.

2012/6/13 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Rekan2 Be-Excel,
> Banyak cara untuk menjumlahkan (SUM) suatu data, salah satunya adalah
> dengan DATA CONSOLIDATE.
> Untuk memahami cara kerja DATA CONSOLIDATE, saya mencoba merekam dan
> menjalankannya kembali dengan Macro.
>
> File terlampir adalah hasil DATA CONSOLIDATE dengan Macro.
> Macronya adalah sbb:
> Sub Tes()
> Dim Dat, x As Range
> Set Dat = Range("Sheet1!A1").CurrentRegion
> Dat.Copy Range("Sheet2!A1")
> Set x = Range("Sheet2!A1").CurrentRegion
> x.Sort key1:=x(1, 1), Order1:=xlAscending, Header:=xlYes
> Range("Sheet2!D1").Consolidate Sources:="Sheet2!R1C1:R1000C2",
> Function:=xlSum _
> , TopRow:=True, LeftColumn:=True, CreateLinks:=False
> End Sub
>
> Pertanyaan saya :
> - Mengapa Judul (Field) "Nama" hasil DATA CONSOLIDATE bisa hilang ?
> - Mengapa Code "Sheet2!R1C1:R1000C2" tidak dapat diganti dengan x,
> padahal x sudah saya definisikan ?
>
> Saya sangat mengharapkan saran dari rekan2.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
6b.

Re: Consolidate Data

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Jun 13, 2012 7:12 pm (PDT)



Terima kasih Mr. Kid.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 13 June 2012, 18:48
Subject: Re: [belajar-excel] Consolidate Data


 
Pak Hendrik,

- Mengapa Judul (Field) "Nama" hasil DATA CONSOLIDATE bisa hilang ?
>> bawaan alur runtime dari sananya demikian. Coba lakukan 2 kali dengan setting kolom key nya berbeda. Misal akan consolidate berdasar label di top dan left. Lakukan berdasar top dulu, dilanjutkan consolidate berdasar top dan left yang diinginkan.

- Mengapa Code "Sheet2!R1C1:R1000C2" tidak dapat diganti dengan x, padahal x sudah saya definisikan ?
>> kalo ndak salah ingat, input parameter Sources hanya bisa diisi array string alamat rujukan yang lengkap dalam notasi R1C1.
Jadi, untuk menggunakan object range x, manfaatkan properti Address, seperti :
x.address(,,xlr1c1,true)   -> jika lokasi sources berbeda sheet (apalagi file) dengan sheet hasil
x.address(,,xlr1c1) -> jika lokasi sources dan hasil pada sheet yang sama (tetap harus beda range dan tidak berpotongan)

Wassalam,
Kid.

2012/6/13 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Rekan2 Be-Excel,
>Banyak cara untuk menjumlahkan (SUM) suatu data, salah satunya adalah dengan DATA CONSOLIDATE.
>Untuk memahami cara kerja DATA CONSOLIDATE, saya mencoba merekam dan menjalankannya kembali dengan Macro.
>
>
>File terlampir adalah hasil DATA CONSOLIDATE dengan Macro.
>Macronya adalah sbb:
>Sub Tes()
>    Dim Dat, x As Range
>    Set Dat = Range("Sheet1!A1").CurrentRegion
>    Dat.Copy Range("Sheet2!A1")
>    Set x = Range("Sheet2!A1").CurrentRegion
>    x.Sort key1:=x(1, 1), Order1:=xlAscending, Header:=xlYes
>    Range("Sheet2!D1").Consolidate Sources:="Sheet2!R1C1:R1000C2", Function:=xlSum _
>        , TopRow:=True, LeftColumn:=True, CreateLinks:=False
>End Sub
>
>
>Pertanyaan saya :
>- Mengapa Judul (Field) "Nama" hasil DATA CONSOLIDATE bisa hilang ?
>- Mengapa Code "Sheet2!R1C1:R1000C2" tidak dapat diganti dengan x, padahal x sudah saya definisikan ?
>
>
>Saya sangat mengharapkan saran dari rekan2.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi

7a.

Re: Resend: [WTA]: Lookup dengan banyak kriteria lagi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 4:54 am (PDT)



Coba tambahkan faktor hari dalam formula. Kira-kira jadi :
= * (an16>=24) + (an16<am16) + *TIME(INT(AN16),INT(MOD(AN16,1)*100),0)
- TIME(INT(AM16),INT(MOD(AM16,1)*100),0)

Ada 2 kemungkinan hingga perlu adanya penambahan faktor hari dan hanya akan
terjadi salah satu darinya, yaitu :
>> karena out >= jam 24.00 (atau)
>> karena out < in

Wassalam,
Kid.

2012/6/13 Isti Astro <milisastro@gmail.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Mohon maaf raise problem lagi untuk data yang berhubungan dengan
> perhitungan date time, bagaimana caranya menghitung jam OT untuk jam yang
> lewat hari atau lewat jam 00:00. Jika menggunakan rumus
> =TIME(INT(AN16),INT(MOD(AN16,1)*100),0)-TIME(INT(AM16),INT(MOD(AM16,1)*100),0)\
> tersebut ketika data yang diinput adalah
> In = 21.00
> Out = 01.30
> Maka hasilnya adalah "#####" Saya coba input 25.30 juga hasilnya sama.
> Dan tambahan rumus diatas untuk lookup berdasarkan nomor ID.
>
> Mohon bantuannya sekali lagi dan terima kasih atas bantuannya.
>
> 2012/4/24 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> Hai Isti,
>>
>> Tambahkan kriteria berdasar no ID karyawan. Kira-kira bunyinya :
>> "Semua data ID di sheet OT sama dengan ID di tabel hasil baris tersebut"
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> On Tue, Apr 24, 2012 at 09:45, Isti Astro <milisastro@gmail.com> wrote:
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear Mr.Kid,
>>>
>>> Masih ada satu lagi yang ternyata belum terjawab, di data original
>>> lookup perhitungan array adalah berdasar no id karyawan dan nomor ID
>>> tersebut posisinya bisa random sehingga jika mengikuti formula array
>>> tersebut karyawan A s/d Z akan memiliki value sama untuk kalkulasi OT-nya.
>>> Yang diinginkan adalah value per karyawan sesuai dengan data hasil
>>> perhitungan real yang ada di sheet OT sesuai dengan no id dan lokasi
>>> row-nya.
>>>
>>> Mohon maaf jika mengganggu dan terima kasih atas bantuannya.
>>>
>>> 2012/4/24 Isti Astro <milisastro@gmail.com>
>>>
>>>> Mohon maaf jika resend email pertanyaan dan terima kasih mau menjawab
>>>> Mr.Kid, data jawaban dari Mr.Kid sudah sesuai yang diharapkan. Untuk format
>>>> data saya justru malah lupa bahwa hasilnya harusnya di convert ke date time
>>>> terlebih dahulu.
>>>>
>>>> Sekali lagi terima kasih.
>>>>
>>>> 2012/4/23 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>
>>>> **
>>>>>
>>>>>
>>>>> Hai Isti,
>>>>>
>>>>> Jika ada kasus yang lama tak tertanggapi, biasanya disebabkan antara
>>>>> lain :
>>>>> 1. Datanya rumit atau membingungkan hingga membutuhkan penjelasan yang
>>>>> lebih banyak disertai contoh hasil yang lebih bervariasi
>>>>> 2. BeExceler yang ingin menanggapi sedang tidak memungkinkan membuka
>>>>> file lampiran, sehingga kasus yang tak dijelaskan dalam body email akan
>>>>> dilewati saja.
>>>>> 3. Lagi sibuk menunaikan kewajiban mencari nafkah yang belum dapat
>>>>> bonus waktu luang
>>>>> 4. pingin nanggapi tapi belum pe de atau malah belum bisa (yang
>>>>> penting sudah punya niat)
>>>>>
>>>>> Kasus ini adalah penjumlahan dengan multi kriteria. Jika membutuhkan
>>>>> lookup-pun, lookup tersebut untuk mencocokkan ID karyawan dalam satu bagian
>>>>> kriteria penjumlahan yang dilakukan.
>>>>>
>>>>> Data mbak Isti ini unik, karena disana terdapat proses matematis
>>>>> terhadap data tanggal, seperti :
>>>>> In jam 08.58 (tipe data numerik -> bukan datetime)
>>>>> Out jam 13.21 (tipe data numerik -> bukan datetime)
>>>>> Maka total jam kerja = 04.63 (4 jam 63 menit atau 5 jam 03 menit ya
>>>>> ??? )
>>>>> Padahal jika jam dikurangi jam, maka siklus bilangannya per 60 detik,
>>>>> 60 menit, dan 24 jam
>>>>> yang mestinya menghasilkan total jam kerja = 04.23 ( 4 jam 23 menit )
>>>>> Hasil 04.63 terjadi karena tipe data yang dikalkulasi bukanlah bertipe
>>>>> datetime.
>>>>> Hasil 04.23 terjadi karena tipe data yang dikalkulasi dibuat menjadi
>>>>> datetime lebih dulu.
>>>>>
>>>>> File termapir
>>>>>
>>>>> Wassalam,
>>>>> Kid.
>>>>>
>>>>>
>>>>> On Mon, Apr 23, 2012 at 10:57, Isti Astro <milisastro@gmail.com>wrote:
>>>>>
>>>>>> **
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Dear All,
>>>>>>
>>>>>> Mohon bantuannya rumus makro atau formula lookup dengan banyak
>>>>>> kriteria yang njlimet untuk perhitungan OT, untuk lebih jelasnya silahkan
>>>>>> lihat masalah terlampir.
>>>>>>
>>>>>> Terima kasih...matur suwun...Hatur Nuhun...Arigato...XieXie
>>>>>>
>>>>>> Regards,
>>>>>> Isti
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
> --
> Sent from desktop powered by PC
> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>
>
>
8a.

Bls: [belajar-excel] Bulan Apa Saja dan Berapa Kali

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Jun 13, 2012 7:09 am (PDT)



seluruh formula menggunakan formula array (tanpa kolom bantu)

 formula untuk mengisi kolom Sel Rujukan terlalu panjang karena harus menggabungkan  banyak formula sehingga salah satu ditolak oleh sistem dan gabungan untuk formula terakhir ditambahkan di kolom sebelahnnya.
selanjutnya silahkan dilihat di attachment

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>
Kepada: belajar excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 12 Juni 2012 22:39
Judul: [belajar-excel] Bulan Apa Saja dan Berapa Kali


 
Salam Be-Excel..

1. Tabel Kuning adalah Daftar Tanggal Pelaksanaan "Rapat Desa" di 2 Kecamatan.
2. Kemudian akan dibuat Rekapitulasinya dalam Tabel Merah.

3. Keterangan Judul Kolom pada Tabel Merah dan Penyusunan Formula :
    
    Kolom C : Bulan apa saja rapat dilaksanakan?? (Berapa kali dilaksanakan pada bulan tersebut??)

    Kolom D: Data yang direkap dalam Kolom C, Terletak di Cell mana sajakah pada Tabel Kuning???

    Kolom E: Berapa kali rapat dilaksanakan seluruhnya??
                   Kalau bisa, Pengennya formula untuk ini merujuk pada isian Kolom D.

Kami menggunakan Excel 2003.  Mohon Dibantu, Trims Sebelumnya.
9.

Belajar Macro VBA Excel mulai dari NOL

Posted by: "Rahmad Ngarasan" ngarasan2000@yahoo.com   ngarasan2000

Wed Jun 13, 2012 6:17 pm (PDT)



Assalamu'alaikum sobat semua,

Mungkin ada yang berniat untuk belajar Macro VBA Excel namun kesulitan menemukan Buku yang cocok.
Saya telah menulis dan menerbitkan sebuah buku yang mudah-mudahan dapat mempermudah proses belajar.

Judulnya: KITAB VBA EXCEL LEVEL SATU

Sesuai judulnya, buku ini disusun untuk pemula yang ingin mempelajari Macro atau VBA mulai dari NOL.
Dibuat dengan contoh-contoh program dengan kesulitan bertahap hingga membuat aplikasi yang bermanfaat.

Untuk preview, dapat dilihat di GOOGLE BOOK:

http://books.google.co.id/books?id=y8jVs01UfiIC&lpg=PP1&dq=kitab%20vba%20excel&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=kitab%20vba%20excel&f=false

Untuk pembelian bisa melalui MULTIPLY:

http://bumarkin.multiply.com/ 

Atau melalui SMS: 0878 0878 2141

Semoga info ini bisa bermanfaat.

Terima kasih buat Mimin atas izin posting iklannya.

salam
ngarasan
10a.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Heru Safrudin" superheruu@gmail.com   superheruu

Wed Jun 13, 2012 6:18 pm (PDT)



Dear Master,

Terima kasih telah dibimbing hingga sejauh ini, tapi masih saja tetap belum bisa sempurna
Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file terlampir)
Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
Mohon perncerahan lagi

Terimakasih
Heru Safrudin

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 07, 2012 4:59 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Public Sub UpdateThisRecord() 'nama prosedur dengan jenis Sub
If rs Is Nothing Then 'cek apakah rs terdefinisi dan berisi object
MsgBox "No Connection" 'pesan ketika rs tak berisi object
Exit Sub 'keluar dari prosedur
End If 'akhir blok conditional
'validasi input sangatlah penting 'keterangan sebaiknya diadakan proses validasi data
SetFieldsValue 'jalankan prosedur dengan nama SetFieldsValue
End Sub 'akhir blok prosedur

Beginikah maksud contohnya ? (pasti bukan)
File tersebut adalah contoh cara membaca dan menulis data ke database melalui VB/VBA menggunakan object ADO.

Wassalam,
Kid.

10b.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 6:34 pm (PDT)



Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file terlampir)
>> Pastikan database tidak sedang dibuka. Atau set database tidak exclusive.

Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
>> Contoh validasi yang telah Anda buat :
If IsNull(rs.Fields(3).Value) = False Then
sayangnya, validasi itu baru terhadap 1 field yaitu field ke-4.
Kumpulkan semua syarat yang harus terpenuhi (berarti harus semua field
pokok bukan) pada bagian sesaat sebelum melakukan update.
Hasil validasi akan menghasilkan suatu kondisi boleh melakukan update
sebuah record atau tidak boleh.

Wassalam,
Kid.

2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Master,
>
> Terima kasih telah dibimbing hingga sejauh ini, tapi masih saja tetap
> belum bisa sempurna
> Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file
> terlampir)
> Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
> Mohon perncerahan lagi
>
> Terimakasih
> Heru Safrudin
>
>
> ----- Original Message -----
> From: Kid Mr.
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Thursday, June 07, 2012 4:59 PM
> Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>
> Public Sub UpdateThisRecord() 'nama prosedur dengan jenis Sub
> If rs Is Nothing Then 'cek apakah rs terdefinisi dan berisi object
> MsgBox "No Connection" 'pesan ketika rs tak berisi object
> Exit Sub 'keluar dari prosedur
> End If 'akhir blok conditional
> 'validasi input sangatlah penting 'keterangan sebaiknya diadakan proses
> validasi data
> SetFieldsValue 'jalankan prosedur dengan nama SetFieldsValue
> End Sub 'akhir blok prosedur
>
> Beginikah maksud contohnya ? (pasti bukan)
> File tersebut adalah contoh cara membaca dan menulis data ke database
> melalui VB/VBA menggunakan object ADO.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
10c.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Heru Safrudin" superheruu@gmail.com   superheruu

Wed Jun 13, 2012 7:40 pm (PDT)



Yang heran kenapa hanya field ke 1 s/d 4 saja yang bermasalah
field yang lainnya bisa terupdate


----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 14, 2012 8:33 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file terlampir)
>> Pastikan database tidak sedang dibuka. Atau set database tidak exclusive.

Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
>> Contoh validasi yang telah Anda buat :
If IsNull(rs.Fields(3).Value) = False Then
sayangnya, validasi itu baru terhadap 1 field yaitu field ke-4.
Kumpulkan semua syarat yang harus terpenuhi (berarti harus semua field pokok bukan) pada bagian sesaat sebelum melakukan update.
Hasil validasi akan menghasilkan suatu kondisi boleh melakukan update sebuah record atau tidak boleh.

Wassalam,
Kid.

2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

Dear Master,

Terima kasih telah dibimbing hingga sejauh ini, tapi masih saja tetap belum bisa sempurna
Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file terlampir)
Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
Mohon perncerahan lagi

Terimakasih
Heru Safrudin

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com

Sent: Thursday, June 07, 2012 4:59 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Public Sub UpdateThisRecord() 'nama prosedur dengan jenis Sub
If rs Is Nothing Then 'cek apakah rs terdefinisi dan berisi object
MsgBox "No Connection" 'pesan ketika rs tak berisi object
Exit Sub 'keluar dari prosedur
End If 'akhir blok conditional
'validasi input sangatlah penting 'keterangan sebaiknya diadakan proses validasi data
SetFieldsValue 'jalankan prosedur dengan nama SetFieldsValue
End Sub 'akhir blok prosedur

Beginikah maksud contohnya ? (pasti bukan)
File tersebut adalah contoh cara membaca dan menulis data ke database melalui VB/VBA menggunakan object ADO.

Wassalam,
Kid.

10d.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 7:48 pm (PDT)



Cek tipe data yang akan dimasukkan ke database. Seluruh nilai input harus
memiliki tipe data yang sama dengan setiap field di database.

Wassalam,
Kid.

2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

> **
>
>
> **
> Yang heran kenapa hanya field ke 1 s/d 4 saja yang bermasalah
> field yang lainnya bisa terupdate
>
>
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Thursday, June 14, 2012 8:33 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>
>
>
> Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file
> terlampir)
> >> Pastikan database tidak sedang dibuka. Atau set database tidak
> exclusive.
>
> Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
> >> Contoh validasi yang telah Anda buat :
> If IsNull(rs.Fields(3).Value) = False Then
> sayangnya, validasi itu baru terhadap 1 field yaitu field ke-4.
> Kumpulkan semua syarat yang harus terpenuhi (berarti harus semua field
> pokok bukan) pada bagian sesaat sebelum melakukan update.
> Hasil validasi akan menghasilkan suatu kondisi boleh melakukan update
> sebuah record atau tidak boleh.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear Master,
>>
>> Terima kasih telah dibimbing hingga sejauh ini, tapi masih saja tetap
>> belum bisa sempurna
>> Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file
>> terlampir)
>> Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
>> Mohon perncerahan lagi
>>
>> Terimakasih
>> Heru Safrudin
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> From: Kid Mr.
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Sent: Thursday, June 07, 2012 4:59 PM
>> Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>>
>> Public Sub UpdateThisRecord() 'nama prosedur dengan jenis Sub
>> If rs Is Nothing Then 'cek apakah rs terdefinisi dan berisi object
>> MsgBox "No Connection" 'pesan ketika rs tak berisi object
>> Exit Sub 'keluar dari prosedur
>> End If 'akhir blok conditional
>> 'validasi input sangatlah penting 'keterangan sebaiknya diadakan proses
>> validasi data
>> SetFieldsValue 'jalankan prosedur dengan nama SetFieldsValue
>> End Sub 'akhir blok prosedur
>>
>> Beginikah maksud contohnya ? (pasti bukan)
>> File tersebut adalah contoh cara membaca dan menulis data ke database
>> melalui VB/VBA menggunakan object ADO.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>
>
11a.

Bls: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?

Posted by: "Harumi Wanasita" hwanasita@yahoo.com   hwanasita

Wed Jun 13, 2012 7:40 pm (PDT)



waduh terima kasih jawabannya tp yg saya maksudkan bukan begitu... tapi maksudnya adalah begini:
kolom b5 adalah nilai ketika saya ketik 5.000.000 maka otomatis pada kolom D4 berubah menjadi 5.000.000 dan pada kolom B7
otomatis menghitung sendiri hasil perkalian 5% dan D4.

oh ya gmn kalo pada kolom B6 saya buat list box ato semacam combo box yag isinya adalah 95% dan 5% sehingga sy bs memilih
pembayaran apakah 5% atau 95% rumus perhitungannya gmn ya?

________________________________
Dari: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 11 Juni 2012 7:13
Judul: Re: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?


 
Saya coba bantu semampunya meskipun saya juga baru belajar excel

Mungkin jawabannya yg diinginkan seperti itu?

________________________________
From: Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, June 10, 2012 5:28 PM
Subject: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?


 
kepada agan master excel,
gimana rumus perkaliannya untuk jumlah tagihan ya? 
pada kolom nilai saya sengaja memberikan format teks, agar ketika saya mengetikkan jumlah nilai misalkan 5.000.000
maka pada kolom nilai tagihan jumlah uangnya otomatis berubah menjadi 5.000.000 juga.
terima kasih jawabannya. 

11b.

Bls: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?

Posted by: "Harumi Wanasita" hwanasita@yahoo.com   hwanasita

Wed Jun 13, 2012 7:40 pm (PDT)



kl sy pikir2 lagi kl type pada kolom B5, B7 dan D4 sy buat type accounting akan lebih mudah... boleh nanya lagi kan?
kl pada kolom B6 saya buat list box ato combo box yang isinya 5% dan 95% sehingga sy bisa memilih apakah pembayaran
5% ataua 95 %, bagaimana rumus penjumlahan di nilai tagihannnya (B7)? terima kasih ya...

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 10 Juni 2012 17:47
Judul: Re: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?


 
Data nilai sebaiknya tetap diinput dan disimpan sebagai data bertipe numerik.
Untuk kebutuhan tampilan yang harus berformat Indonesia misalnya, maka gunakan format cells custom dengan tulisan format (isi ditextboxnya) :
[-$421]#,###

Cara di atas, ketika diterapkan pada komputer dengan regional setting bukan Indonesia, akan menampilkan angka 5000000 sebagai Rp5,000,000
Agar benar-benar terasa tampak Indonesia banget, maka ubah regional setting menjadi Indonesia. Caranya :
>> tekan Start di taskbar
>> Control Panel
>> cari regional setting (atau jika tidak tampil dalam susunan classic, cari clock,langeuage, and region pilih change number format)
>> pilih formatnya Indonesia (dari dropdown yang disediakan)
>> OK

Ketika cara setting di atas tidak disukai, maka kerja keras dengan formula dalam setiap penghitungan harus ditempuh.
Seperti contoh yang disertakan untuk kasus ini, ada nilai disertai penulisan mata uang.
Dengan asumsi bahwa penulisannya tetap tanpa ada nilai sen, setiap akan mengkalkulasi nilai tersebut (misal di B1), harus dirujuk dengan formula :
= mid(   substitute(   b1   ,   "."   ,   ""  )    ,   3   ,    99   )

Contoh : jika ada cell G1 berisi data angka bertipe numerik 5000000, untuk hitung 5% dari G1 umumnya adalah = G1 * 5%
jika ada cell B1 berisi data uang bertipe teks Rp 5.000.000
5% dari uang tersebut dihitung dengan :
=  mid(   substitute(   b1   ,  "."   ,  ""  )   ,   3   ,   99    )     *   5%

Wassalam,
Kid.

2012/6/10 Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com>


>kepada agan master excel,
>gimana rumus perkaliannya untuk jumlah tagihan ya? 
>pada kolom nilai saya sengaja memberikan format teks, agar ketika saya mengetikkan jumlah nilai misalkan 5.000.000
>maka pada kolom nilai tagihan jumlah uangnya otomatis berubah menjadi 5.000.000 juga.
>terima kasih jawabannya. 
>

11c.

Re: bagaimana otomatis berubah angkanya?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 13, 2012 7:45 pm (PDT)



Oke, masalah format, silakan disesuaikan dengan kebutuhan.
Dengan menjaga agar tipe data seusai dengan karakteristik data akan
memudahkan proses selanjutnya.

Untuk membuat dropdown list, silakan pelajari fitur Data Validation ->
jenis List.

Wassalam,
Kid.

2012/6/14 Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com>

> **
>
>
> kl sy pikir2 lagi kl type pada kolom B5, B7 dan D4 sy buat type accounting
> akan lebih mudah... boleh nanya lagi kan?
> kl pada kolom B6 saya buat list box ato combo box yang isinya 5% dan 95%
> sehingga sy bisa memilih apakah pembayaran
> 5% ataua 95 %, bagaimana rumus penjumlahan di nilai tagihannnya (B7)?
> terima kasih ya...
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 10 Juni 2012 17:47
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?
>
>
> Data nilai sebaiknya tetap diinput dan disimpan sebagai data bertipe
> numerik.
> Untuk kebutuhan tampilan yang harus berformat Indonesia misalnya, maka
> gunakan format cells custom dengan tulisan format (isi ditextboxnya) :
> [-$421]#,###
>
> Cara di atas, ketika diterapkan pada komputer dengan regional setting
> bukan Indonesia, akan menampilkan angka 5000000 sebagai Rp5,000,000
> Agar benar-benar terasa tampak Indonesia banget, maka ubah regional
> setting menjadi Indonesia. Caranya :
> >> tekan Start di taskbar
> >> Control Panel
> >> cari regional setting (atau jika tidak tampil dalam susunan classic,
> cari clock,langeuage, and region pilih change number format)
> >> pilih formatnya Indonesia (dari dropdown yang disediakan)
> >> OK
>
> Ketika cara setting di atas tidak disukai, maka kerja keras dengan formula
> dalam setiap penghitungan harus ditempuh.
> Seperti contoh yang disertakan untuk kasus ini, ada nilai disertai
> penulisan mata uang.
> Dengan asumsi bahwa penulisannya tetap tanpa ada nilai sen, setiap akan
> mengkalkulasi nilai tersebut (misal di B1), harus dirujuk dengan formula :
> = mid( substitute( b1 , "." , "" ) , 3 , 99 )
>
> Contoh : jika ada cell G1 berisi data angka bertipe numerik 5000000, untuk
> hitung 5% dari G1 umumnya adalah = G1 * 5%
> jika ada cell B1 berisi data uang bertipe teks Rp 5.000.000
> 5% dari uang tersebut dihitung dengan :
> = mid( substitute( b1 , "." , "" ) , 3 , 99 )
> * 5%
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/10 Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com>
>
> **
>
> kepada agan master excel,
> gimana rumus perkaliannya untuk jumlah tagihan ya?
> pada kolom nilai saya sengaja memberikan format teks, agar ketika saya
> mengetikkan jumlah nilai misalkan 5.000.000
> maka pada kolom nilai tagihan jumlah uangnya otomatis berubah menjadi
> 5.000.000 juga.
> terima kasih jawabannya.
>
>
>
>
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Yahoo! Groups

Small Business Group

Improve your business

by community exchange

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar