Kamis, 21 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1659

Messages In This Digest (4 Messages)

Messages

1a.

Re: menambahkan baris secara otomatis

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 11:01 pm (PDT)



Coba manfaatkan fitur table di xl2007 ke atas atau fitur List di xl2003
seperti file terlampir.
Coba isi dibaris baru pada file terlampir.

Cara buat :
1. Buat sebuah tabel data yang baik :
>>header hanya 1 baris gak pakai merge cell dan semua kolom ada namanya
rapat (gak ada kolom kosong)
2. isi dengan 1 baris dummy yang dilengkapi semua fitur atau formula bila
perlu, dan tidak ada baris kosong antara header dengan data pertama maupun
antar record
3. blok tabel (mulai header sampai baris dummy tersebut
4. ke ribbon Home -> grup Styles -> klik Format as table -> pilih salah
satu style yang ada
5. coba isi datanya.

Wassalam,
Kid.

2012/6/21 widodo <bosseaz@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Para Master Excel
>
> Bagaimana cara menambahkan baris secara otomatis ketika di tengah-tengah
> baris ada pengisian data dengan beberapa validasi.
>
> misal ada suatu baris dari 1 - 10
> ketika di baris ke 6 kolom "E" ada data yang diinput berupa "A atau B"
> maka otomatis ada penambahan satu baris lagi tepat di bawah baris ke-6.
>
> Matur nuwun
>
>
>
>
1b.

Bls: [belajar-excel] menambahkan baris secara otomatis

Posted by: "widodo aji" bosseaz@yahoo.com   bosseaz

Wed Jun 20, 2012 11:57 pm (PDT)



Bisa ngga kalo data sudah sampai baris ke-10, kemudian misal data di baris ke-6 di salah satu kolom diedit dengan nilai tertentu maka ada penambahan baris secara otomatis tepat di bawah baris ke-6 tersebut.
Tks.

--- Mods ---
Coba search dimilis
Hal ini pernah didiskusikan
------------
________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 21 Juni 2012 14:01
Judul: Re: [belajar-excel] menambahkan baris secara otomatis


 
Coba manfaatkan fitur table di xl2007 ke atas atau fitur List di xl2003 seperti file terlampir.
Coba isi dibaris baru pada file terlampir.

Cara buat :
1. Buat sebuah tabel data yang baik :
    >>header hanya 1 baris gak pakai merge cell dan semua kolom ada namanya rapat (gak ada kolom kosong)
2. isi dengan 1 baris dummy yang dilengkapi semua fitur atau formula bila perlu, dan tidak ada baris kosong antara header dengan data pertama maupun antar record
3. blok tabel (mulai header sampai baris dummy tersebut
4. ke ribbon Home -> grup Styles -> klik Format as table -> pilih salah satu style yang ada
5. coba isi datanya.

Wassalam,
Kid.

2012/6/21 widodo <bosseaz@yahoo.com>


>Dear Para Master Excel
>
>Bagaimana cara menambahkan baris secara otomatis ketika di tengah-tengah baris ada pengisian data dengan beberapa validasi.
>
>misal ada suatu baris dari 1 - 10
>ketika di baris ke 6 kolom "E" ada data yang diinput berupa "A atau B" maka otomatis ada penambahan satu baris lagi tepat di bawah baris ke-6.
>
>Matur nuwun
>
>
>

2a.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Heru Safrudin" superheruu@gmail.com   superheruu

Wed Jun 20, 2012 11:45 pm (PDT)




Ok deh misalkan kita mau meng-update (bisa delete/update) data dengan kriteria sbb:

VARIETY= PDH-02
GR_DATE= 03/01/2011

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 21, 2012 12:26 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Coba Bapak kirimkan bunyi query untuk search dengan kriteria tersebut.
Jadi nanti yang diambil dari db hanya yang memenuhi kriteria saja.

Bayangkan saja jika ada 100ribu record (dikit amat), lalu mau search satu-satu sampai ketemu yang dicari...
Berartikan harus ambil semua (100rb) dari db, lalu cari satu-satu.

Lebih baik ambil record yang disearch saja dari db access (mungkin hanya tinggal beberapa saja) lalu ditampilkan.
Jika akan diupdate, maka update record tersebut saja.

Kid.

2012/6/21 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

Dear Master,

Terima kasih sejauh ini udah jalan seperti yang saya harapkan.

Menginjak pertanyaan berikutnya, bagaimana jika kolom C dijadikan sebagai kriteria Pencarian record? HASILnya tetap di kolom B

Regards,

Heru Safrudin

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, June 15, 2012 8:20 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Pak Heru,

Coba non aktifkan baris yang memanggil proses SetFieldsValue, karena Anda telah meletakkan proses set nilai-nilai fields didalam prosedur updatethisrecord.
Prosedur SetFieldsValue sebenarnya harus berisi proses untuk set nilai-nilai fields. Dengan begitu, prosedur tersebut bisa digunakan berulang-ulang oleh banyak prosedur.

Jika Anda meletakkan perintah untuk set nilai-nilai fields dalam prosedur updatethisrecord, maka Anda harus melakukan hal yang sama untuk prosedur addnewrecord. Bisa jadi ketika Anda akan update melalu userform lainnya, maka Anda harus menuliskannya ulang.

Sedangkan pemanfaatan prosedur SetFieldsValue, yang berisi seluruh proses set nilai-nilai field, dimaksudkan untuk memudahkan pengembangan kedepan.
Misal saja suatu saat nanti table di db akan bertambah 1 kolom, sedangkan table tersebut dapat di update maupun di add new record melalui banyak form, misal ada form untuk update tanggal saja, form lain untuk update nilai-nilai tertentu saja, dsb.
Ketika memanfaatkan alur proses yang menggunakan prosedur SetFieldsValue, Anda cukup mengubah di satu prosedur saja, tanpa kuatir ada form yang belum diubah atau ditambahkan field yang harus di-update.

Wassalam,
Kid.

2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

Maksud saya kenapa waktu klik Update field 2,3 dan 4 kok blank
Padahal sudah saya coba gonta-ganti tipenya

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 14, 2012 9:48 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Cek tipe data yang akan dimasukkan ke database. Seluruh nilai input harus memiliki tipe data yang sama dengan setiap field di database.

Wassalam,
Kid.

2b.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Jun 21, 2012 12:13 am (PDT)



Tambahkan prosedur ini pada sebuah module
Public Sub Cari()
Dim lRec As Long, sQuery As String

On Error Resume Next
sQuery = "SELECT * FROM table1 WHERE 1=1"
If LenB(Range("c8").Value) <> 0 Then
sQuery = sQuery & " AND VARIETY='" & Range("c8").Value & "'"
End If
If LenB(Range("c3").Value) <> 0 Then
sQuery = sQuery & " AND GR_DATE=#" & Format$(Range("c3").Value,
"YYYY-MM-DD") & "#"
End If

Range("b1:b11").ClearContents
ReQueryRecordset sQuery, lRec

MsgBox lRec & IIf(lRec > 1, " record", " records") & " ditemukan.",
IIf(lRec > 0, vbInformation, vbExclamation), "Search"

Err.Clear
On Error GoTo 0
End Sub

Private Sub ReQueryRecordset(sSQL As String, lRec As Long)
If rs Is Nothing Then
MsgBox "No Connection"
Exit Sub
End If
rs.Close
rs.Open sSQL, con, adOpenKeyset
lRec = rs.RecordCount
If lRec > 0 Then
rs.MoveFirst
GetFieldsValue
End If
End Sub

kemudian Assign shape untuk jalankan prosedur Cari

Kid.

2012/6/21 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

> **
>
>
> **
>
>
> Ok deh misalkan kita mau meng-update (bisa delete/update) data dengan
> kriteria sbb:
>
> VARIETY= PDH-02 GR_DATE= 03/01/2011
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Thursday, June 21, 2012 12:26 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>
>
>
> Coba Bapak kirimkan bunyi query untuk search dengan kriteria tersebut.
> Jadi nanti yang diambil dari db hanya yang memenuhi kriteria saja.
>
> Bayangkan saja jika ada 100ribu record (dikit amat), lalu mau search
> satu-satu sampai ketemu yang dicari...
> Berartikan harus ambil semua (100rb) dari db, lalu cari satu-satu.
>
> Lebih baik ambil record yang disearch saja dari db access (mungkin hanya
> tinggal beberapa saja) lalu ditampilkan.
> Jika akan diupdate, maka update record tersebut saja.
>
> Kid.
>
> 2012/6/21 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> **
>>
>> Dear Master,
>>
>>
>>
>> Terima kasih sejauh ini udah jalan seperti yang saya harapkan.
>>
>> Menginjak pertanyaan berikutnya, bagaimana jika kolom C dijadikan sebagai
>> kriteria Pencarian record? HASILnya tetap di kolom B
>>
>>
>>
>> Regards,
>>
>>
>>
>> Heru Safrudin
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, June 15, 2012 8:20 AM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>>
>>
>>
>> Pak Heru,
>>
>> Coba non aktifkan baris yang memanggil proses SetFieldsValue, karena Anda
>> telah meletakkan proses set nilai-nilai fields didalam prosedur
>> updatethisrecord.
>> Prosedur SetFieldsValue sebenarnya harus berisi proses untuk set
>> nilai-nilai fields. Dengan begitu, prosedur tersebut bisa digunakan
>> berulang-ulang oleh banyak prosedur.
>>
>> Jika Anda meletakkan perintah untuk set nilai-nilai fields dalam prosedur
>> updatethisrecord, maka Anda harus melakukan hal yang sama untuk prosedur
>> addnewrecord. Bisa jadi ketika Anda akan update melalu userform lainnya,
>> maka Anda harus menuliskannya ulang.
>>
>> Sedangkan pemanfaatan prosedur SetFieldsValue, yang berisi seluruh proses
>> set nilai-nilai field, dimaksudkan untuk memudahkan pengembangan kedepan.
>> Misal saja suatu saat nanti table di db akan bertambah 1 kolom, sedangkan
>> table tersebut dapat di update maupun di add new record melalui banyak
>> form, misal ada form untuk update tanggal saja, form lain untuk update
>> nilai-nilai tertentu saja, dsb.
>> Ketika memanfaatkan alur proses yang menggunakan prosedur SetFieldsValue,
>> Anda cukup mengubah di satu prosedur saja, tanpa kuatir ada form yang belum
>> diubah atau ditambahkan field yang harus di-update.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> **
>>> Maksud saya kenapa waktu klik Update field 2,3 dan 4 kok blank
>>> Padahal sudah saya coba gonta-ganti tipenya
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> ----- Original Message -----
>>> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Sent:* Thursday, June 14, 2012 9:48 AM
>>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>>>
>>>
>>>
>>> Cek tipe data yang akan dimasukkan ke database. Seluruh nilai input
>>> harus memiliki tipe data yang sama dengan setiap field di database.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Find support for

Mental illnesses

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Y! Groups blog

the best source

for the latest

scoop on Groups.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar