Selasa, 12 Juni 2012

]] XL-mania [[ Digest Number 2418

Messages In This Digest (14 Messages)

1.
ask simple vlookup with button From: Indra Kurniawan
2a.
Re: Summary Pemakaian Barang. From: NANG Agus
3a.
Agar terisi otomatis From: Kokok Eko-Prasetyo
3b.
Re: Agar terisi otomatis From: Tommy
3c.
Re: Agar terisi otomatis From: Paijo Iseng
3d.
Re: Agar terisi otomatis From: NANG Agus
4.
Macro data penjualan dan stocking From: Asriawan, As
5a.
Persentasi nama mobil dan jenis mobil From: Opik Pds
5b.
Re: Persentasi nama mobil dan jenis mobil From: candrasigit_MC@yamaha-motor.co.id
5c.
Re: Persentasi nama mobil dan jenis mobil From: NANG Agus
6a.
Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus From: You See
7.
merubah warna dan upload data From: Samsul Arifin
8.
Query SQL di VBA ( laporan Bulan Berjalan ) From: aditia nugraha
9.
Mencari Posisi dan Level berdasarkan Gaji From: Ase blajar Excel

Messages

1.

ask simple vlookup with button

Posted by: "Indra Kurniawan" indra83id@yahoo.com   indra83id

Mon Jun 11, 2012 11:09 am (PDT)



Halo para expertise Excel..

mau tanya macro sederhana excel..

jadi gini, saya mau buat semacam macro excel untuk melakukan pengecekan database sederhana..

semisal saya punya 3 kolom database (nama, nomor ktp dan nama project)

database tersebut ingin saya cek tapi dengan sedikit tampilan yang lebih menarik seperti adanya userform untuk mengisi nomor ktp yang mau di cek lalu dibawahnya ada tombol untuk mengecek, dimana jika nomor dimasukan dan tombol di klik, nantinya saya ingin keluar message pop up apakah nomor ktp tersebut sudah ada di database atau belum.

mohon bantuan nya untuk step2nya...

thanks
Indra

2a.

Re: Summary Pemakaian Barang.

Posted by: "NANG Agus" nangagus@gmail.com

Mon Jun 11, 2012 11:12 am (PDT)



Dear XL Mania

Bagi semua XL Mania yang akan membuat, Filter, Report, dll. mohon kiranya
untuk membuat database (sheet data mirip database) terlebih dahulu,
sehingga mudah untuk dibuat apapun. Semua record harus terisi jangan ada
yang kosong. kalau kosong berarti nilai record tersebut nol bukan sama
diatasnya.

Untuk kasus mas Feri Awan, sebaiknya data tiap bulan dibuat database (mirip
data base) paling tidak seperti di bawah ini!

Salam
NangAgus

2012/6/8 feri awan <awan_feri@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Pakar XL........
>
> Kepada teman-teman xl mania, saya punya pekerjaan yang dikerjakan setiap
> bulan secara berulang-ulang. mohon bantuannya kepada xl mania untuk
> memberikan formula yang cocok dalam penyelesaian pekerjaan saya.
>
> Terimakasih atas bantuannya.
>
>
> Regards,
>
> FERIAWAN
>
>
>
3a.

Agar terisi otomatis

Posted by: "Kokok Eko-Prasetyo" kepras77@yahoo.com   kepras77

Mon Jun 11, 2012 11:13 am (PDT)



Master Excel mania,

Saya mau minta bantuan.
Bagaimanacaranya (pakai fungsi apa) agar kolom yg saya kasih warna hijaubisa terisi otomatis  saat kita isi cell
B3 (yg saya blok kuning)
dengan salah satu kode yg ada di  "Master => Sheet Code".

Salam,
Koko
3b.

Re: Agar terisi otomatis

Posted by: "Tommy" tomz.zlow@gmail.com   tomz_aja

Tue Jun 12, 2012 4:13 am (PDT)



Dear Mas Koko,

Bisa coba alternatif formula panjang ini di cell A6, dan copas ke kanan dan bawah:

=IF(COUNTA($A$5:$A5)>COUNTIF(Master!$B:$B,'Yg di inginkan (2)'!$B$3),"",OFFSET(Master!$C$1,ROW()-7+MATCH('Yg di inginkan (2)'!$B$3,Master!$B:$B,),COLUMN()-1))

Blessings,
tomz

----- Original Message -----
From: Kokok Eko-Prasetyo
To: xl-mania@yahoogroups.com
Sent: Monday, June 11, 2012 2:23 PM
Subject: ]] XL-mania [[ Agar terisi otomatis

Master Excel mania,

Saya mau minta bantuan.
Bagaimana caranya (pakai fungsi apa) agar kolom yg saya kasih warna hijau bisa terisi otomatis saat kita isi cell B3 (yg saya blok kuning) dengan salah satu kode yg ada di "Master => Sheet Code".

Salam,
Koko

3c.

Re: Agar terisi otomatis

Posted by: "Paijo Iseng" paijo.iseng@yahoo.com   paijo.iseng

Tue Jun 12, 2012 4:13 am (PDT)



Saya pikir akan lebih fleksibel dan lebih ringkas jika menggunakan data filter.

Kalau pakai fungsi, sudah dipastikan harus membuat fungsi sendiri yang cukup rumit. Belum lagi jika ada pergeseran kolom, maka macronya harus ikut dibongkar juga.

Demikian pendapat saya,
jadi pakai data filter saja. Sorot tabelnya kemudial tekan "Alt D F F"

Iseng

________________________________
From: Kokok Eko-Prasetyo <kepras77@yahoo.com>
To: "xl-mania@yahoogroups.com" <xl-mania@yahoogroups.com>
Sent: Monday, June 11, 2012 12:23 PM
Subject: ]] XL-mania [[ Agar terisi otomatis


 
Master Excel mania,

Saya mau minta bantuan.
Bagaimanacaranya (pakai fungsi apa) agar kolom yg saya kasih warna hijaubisa terisi otomatis  saat kita isi cell
B3 (yg saya blok kuning)
dengan salah satu kode yg ada di  "Master => Sheet Code".

Salam,
Koko

3d.

Re: Agar terisi otomatis

Posted by: "NANG Agus" nangagus@gmail.com

Tue Jun 12, 2012 4:14 am (PDT)



Dear Mas KOKO,

Bukankah permasalahan anda baru saja di bahas? (pertanyaaan Bapak antonius
dengan judul, SORT PAKAI RUMUS),
Tetapi masih dapat dilihat pada lampiran.)

Salam
NangAgus

2012/6/11 Kokok Eko-Prasetyo <kepras77@yahoo.com>

> **
>
>
> Master Excel mania,
>
> Saya mau minta bantuan.
> Bagaimana caranya (pakai fungsi apa) agar kolom yg saya kasih warna hijaubisa terisi otomatis
> saat kita isi cell B3 (yg saya blok kuning) dengan salah satu kode yg ada
> di "Master => Sheet Code".
>
>
>
>
> Salam,
> Koko
>
>
>
4.

Macro data penjualan dan stocking

Posted by: "Asriawan, As" asri_awan@yahoo.co.id   asri_awan

Mon Jun 11, 2012 11:13 am (PDT)





 selamat siang para pakar/suhu excel mania semoga senantiasa dilindungi dan di karuniai kesehatan dan kesejahteraan. amiiin
sekiranya ada yang dapat meluangkan waktu dan pemikirannya untuk menanggulangi permasalahan saya sebagai seorang admin 
yang mana dalam apabila setiap saya menginput data transaksi di sheet data pemohon maka secara otomatis data tersebut akan tersimpan di file data Penjualan, terlampir contoh yang saya buat berdasarkan pengetahuan dan mengkaji pelajaran dari pakar/suhu excel mania
terima kasih semoga dapat memberikan solusi kepada saya

hormat saya 

Asriawan

       UD. PERKASA MOTOR
Kel. Wasaga Kec. Pasarwajo Kab. Buton
5a.

Persentasi nama mobil dan jenis mobil

Posted by: "Opik Pds" opik_pds@yahoo.com   opik_pds

Mon Jun 11, 2012 11:13 am (PDT)



Saya mau membuat grafik persentasi berdasarkan data yg di input dari nama-nama mobil
Kalo manual terus datanya banyak jadi capek :( Bantu saya buat selesein masalah saya ya :(
Makasih para suhu excel :*
5b.

Re: Persentasi nama mobil dan jenis mobil

Posted by: "candrasigit_MC@yamaha-motor.co.id" candrasigit_MC@yamaha-motor.co.id

Tue Jun 12, 2012 4:14 am (PDT)



Salam kenal,

Dear Opik, mungkin data yang saya buat ini bisa membantu bapak.
Rumus yang digunakan adalah menggunakan

=INDEX($A$50:$C$52,MATCH($G50,$F$50:$F$52,0),2). tapi harus menggunakan
tabel pembantu.

Untuk detail bisa dilihat dilampiran berikut.

Maaf jika kurang sesuai dengan permintaan bapak (masih tahap belajar juga)
dan rumus yang saya aplikasikan ini
saya pelajari dari rekan2 xl mania yang lainnya.

Thanks.

Best Regards,

Candra Sigit

From: Opik Pds <opik_pds@yahoo.com>
To: XL <XL-mania@yahoogroups.com>
Date: 06/12/2012 01:09 AM
Subject: ]] XL-mania [[ Persentasi nama mobil dan jenis mobil
Sent by: XL-mania@yahoogroups.com

Saya mau membuat grafik persentasi berdasarkan data yg di input dari
nama-nama mobil
Kalo manual terus datanya banyak jadi capek :( Bantu saya buat selesein
masalah saya ya :(
Makasih para suhu excel :*
[attachment "Persentasi Jenis Mobil.xls" deleted by candrasigit
MC/YAMAHA]
5c.

Re: Persentasi nama mobil dan jenis mobil

Posted by: "NANG Agus" nangagus@gmail.com

Tue Jun 12, 2012 4:16 am (PDT)



Dear Opik,

Bagaimana juka tabel anda dimodif sehingga tabel tersebut menghitung
sendiri otomatis? jika tabelnya terlihat mengotori dapat disembunyikan kok!
Gunakan rumus index dan match untuk membuat tabel.

2012/6/11 Opik Pds <opik_pds@yahoo.com>

> **
>
>
> Saya mau membuat grafik persentasi berdasarkan data yg di input dari
> nama-nama mobil
> Kalo manual terus datanya banyak jadi capek :( Bantu saya buat selesein
> masalah saya ya :(
> Makasih para suhu excel :*
>
>
>
6a.

Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus

Posted by: "You See" theroadstar@yahoo.com   theroadstar

Mon Jun 11, 2012 11:14 am (PDT)



Dear All,
Ada yang perlu diperjelas, yaitu rumus ini harus diisi bersamaan sebagai array formula,
misalnya pada baris I3:I16, BUKAN dengan meng-copy rumus tersebut dari atas ke bawah
sehingga ketika berada di rumus ter-atas, maka blok I3:I16 kemudian ketik F2
dan secara bersamaan klik ctrl+shift+enter
Sehingga hasilnya menjadi tepat, karena berbeda jika rumus paling atas harus dicopy ke bawah
Salam
YouSee

________________________________
Dari: You See <theroadstar@yahoo.com>
Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 8 Juni 2012 22:22
Judul: Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus


 
Pak Antonius Almanda,
Sepertinya sudah sering dibahas di milis ini, salah satu contoh yang kebetulan sesuai dengan
kasus ini adalah sesuai lampiran berikut.
Silahkan buat range name kelas dan range name nama, kemudian buatlah rumus
{=IFERROR(INDEX(Nama,SMALL(IF(Kelas=$I$2,ROW(1:100)),ROW(1:100))),"")}

di cell I4, jangan lupa karena sifatnya formula array, maka harus diklik ctro+shift+enter secara bersamaan
kemudian copykan dari cell I4 ke bawah.
Anda tinggal mengisi kelas yang dimaksud di cell I2 (dalam contoh saya)
semoga membantu
Salam,
YouSee

________________________________
Dari: Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 6 Juni 2012 11:25
Judul: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus


 
Dear XL-mania
 
Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih
belum ketemu seperti yang saya harapkan.
Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
dari para XL-mania.
Terimakasih.
 
Salam XL,
 
Antonius

7.

merubah warna dan upload data

Posted by: "Samsul Arifin" samsul_amk@ymail.com   samsul_amk@ymail.com

Mon Jun 11, 2012 11:14 am (PDT)



SEMANGAT PAGI.....!!!! KITA BISA,LUAR BIASA...!!!!

Suhu excel,
saya punya data seperti dibawah,
saya ingin agar data saya bisa di upload pakai rumus dan tidak upload manual lagi..

detil terlampir..

salam hangat
samsul_
8.

Query SQL di VBA ( laporan Bulan Berjalan )

Posted by: "aditia nugraha" aditia.nugraha@gmail.com

Tue Jun 12, 2012 4:13 am (PDT)



akang akang sama teteh teteh xl-er

mau tanya nich masalah query sql di VBA.

misal saya punya tabel data (tblData) di access.
talam tblData tersebut ada kolom tanggal (!tanggal) dengan format
dd-mmmm-yyyy.

gimana sql query nya agar saya bisa membuat laporan pada bulan berkalan
saja (juni )

sql = select * from tblDATA" & "where month(!tanggal) = ='" & range("h5") &
"' "

range h5 sendiri adalah bulan berjalan.

tapi sql query diatas malas keluar error " automation error".

gimana nih mengatasi masalah ini ?

terimakasih

aditia
9.

Mencari Posisi dan Level berdasarkan Gaji

Posted by: "Ase blajar Excel" aseblajarexcel@yahoo.com   aseblajarexcel

Tue Jun 12, 2012 4:13 am (PDT)



Dear Xcel mate,

Saya mohon bantuannya untuk masalah saya, dimana saya ingin mengetahui Posisi, Level dan Grade seseorang jika diketahui nilai dari gajinya...
File terlampir...
Terimakasih sebelumnya ...

salam,
Ase
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| Woooowwww... member XL-mania tembus 20,000!!!                     |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di :                                            |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar