Rabu, 20 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1658

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: Cara Membuat Tabel Rekapitulasi

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Jun 20, 2012 3:28 am (PDT)



Sekedar variasi di kala Be.Te...
bgmana kalao : pakai RUMUS =BARISTERAKHIR(B5)

*[image: Inline image 1]
*

waskum,
*Semprul.. Ki!*

2012/6/19 rkn rkn <rknmidi@yahoo.com>
> Dear Bapak & Ibu,
>
> Mohon bantuannya untuk problem yang saya hadapi (tabel dalam file
terlampir)
> Dimana saya punya Tabel Data dengan jumlah row 2, dan coloum sampai
ratusan,
> Saya ingin membuat tabel rekapitulasi (model matrix) supaya mudah
membacanya, model tabel Hasil Rekap terlampir,
> Jika dimungkinkan mohon bantuan penyelesaian tanpa menggunakan macro,
(karena saya hanya sedikit memahami macro)
> jika tidak dimungkinkan , menggunakan macro juga tidak apa2. :-)
> Sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih atas bantuannya,
>
> regards,
> Rkn
1b.

Re: Cara Membuat Tabel Rekapitulasi

Posted by: "utthank abe" abeutthank@gmail.com   abe_utthank

Wed Jun 20, 2012 2:44 pm (PDT)



zalam maz ghozi. mohon dikit penjelazan rumuzx
INDEX($B$3:$B$11;MATCH(;COUNTIF(E$3:E3;$B$3:$B$11);0

terutama di bagian
MATCH(;COUNTIF(E$3:E3;$B$3:$B$11
lookup value nya kok biza di kozonk

untuk countifnya, kok biza ya range lebih zedikit dari criteria [hebatttt
banget kebangetan, zalud].

bdw rumuz maz ghozi za ciplak ke kerjaan zaya ya... [mumpung gratiz]
wkwkwkwk

xie xie
--
R125
2a.

FW: Menghilangkan Karakter tidak berguna

Posted by: "Ratno Hadi Suswanto" rh_suswanto@hotmail.com   rattip25

Wed Jun 20, 2012 3:58 am (PDT)




Dear Be-exceler,

Ada yang minta bantuan berikut ke saya, minta tolong di bantu temen2 be-exceler karena saya sedang ada "workshop" yang sangat tight waktunya.

Salam,
Ratno


> From: Ratno.SUSWANTO
> To: rh_suswanto@hotmail.com
> Date: Wed, 20 Jun 2012 12:45:52 +0200
> Subject: FW: Menghilangkan Karakter tidak berguna
>
>
>
> -----Original Message-----
> From: Randy Hattianto
> Sent: 19 June 2012 16:18
> To: Ratno SUSWANTO
> Subject: Menghilangkan Karakter tidak berguna
>
> Dear Mas Ratno,
>
> Tolong dibantu, saya berkeinginan menghilangkan karekater (,) yang tidak berguna dari hasil penggabungan kata sebagaimana terlampir.
> Bagaima formula praktisnya.
>
> Thx a lot Mas, sampai ketemu di Jakarta
> Randy Hr
>
> **********************************************************************
> DISCLAIMER
> This email and any files transmitted with it, including replies and forwarded copies (which may contain alterations) subsequently transmitted from Firmenich, are confidential and solely for the use of the intended recipient. The contents do not represent the opinion of Firmenich except to the extent that it relates to their official business.
> **********************************************************************
>
2b.

Re: FW: Menghilangkan Karakter tidak berguna

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 4:57 am (PDT)



Bagaimana kalau formula kolom susunan asli yang diubah menjadi : [baris 2
Excel]
*(asumsi data di kolom A sampai D -> jadi susunan asli sepertinya di kolom
E kalau ndak ada merge cell)
*=*Mid(* *Rept(", "&a2,a2<>"")* & *Rept(", "&b2,b2<>"") *& *Rept(",
"&c2,c2<>"")* & *Rept(", "&d2,d2<>"") , 3 , 99 )*

atau menggunakan IF :
=*Mid(* *IF( Len(a2) , ", "&a2, "" )* & *IF( Len(b2) , ", "&b2 , "" )* & *IF(
Len(c2) , ", "&c2 , "" )* & *IF( Len(d2) , ", "&d2 , "" )* *, 3 , 99 )*

Jika tetap akan memanfaatkan formula susunan asli yang sudah ada, kemudian
menghilangkan delimiter berlebihnya : [baris 2 Excel]
*(asumsi susunan asli di kolom E)*
=*Substitute(* *Mid(* *Substitute(* *Substitute( ", " & e2 & ", ," , ", , "
, ", " )* *, ", , " , ", " )** , 3 , 99 )* *, ", ," , "" )*

Wassalam,
Kid.

2012/6/20 Ratno Hadi Suswanto <rh_suswanto@hotmail.com>

> **
>
>
> Dear Be-exceler,
>
> Ada yang minta bantuan berikut ke saya, minta tolong di bantu temen2
> be-exceler karena saya sedang ada "workshop" yang sangat tight waktunya.
>
> Salam,
> Ratno
>
> > From: Ratno.SUSWANTO
> > To: rh_suswanto@hotmail.com
> > Date: Wed, 20 Jun 2012 12:45:52 +0200
> > Subject: FW: Menghilangkan Karakter tidak berguna
> >
> >
> >
> > -----Original Message-----
> > From: Randy Hattianto
> > Sent: 19 June 2012 16:18
> > To: Ratno SUSWANTO
> > Subject: Menghilangkan Karakter tidak berguna
> >
> > Dear Mas Ratno,
> >
> > Tolong dibantu, saya berkeinginan menghilangkan karekater (,) yang tidak
> berguna dari hasil penggabungan kata sebagaimana terlampir.
> > Bagaima formula praktisnya.
> >
> > Thx a lot Mas, sampai ketemu di Jakarta
> > Randy Hr
> >
> > **********************************************************************
> > DISCLAIMER
> > This email and any files transmitted with it, including replies and
> forwarded copies (which may contain alterations) subsequently transmitted
> from Firmenich, are confidential and solely for the use of the intended
> recipient. The contents do not represent the opinion of Firmenich except to
> the extent that it relates to their official business.
> > **********************************************************************
> >
>
>
>
2c.

Re: FW: Menghilangkan Karakter tidak berguna

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Jun 20, 2012 6:39 am (PDT)



kalao mau pakai rumus versi yg dipanjang-panjangkan
(karena mau membuat versi yg pendek = blum 'jegoss'.. ha ha ha..)

kira-kira begini...

=A2&IF(A2="","",IF(B2="","",", "))&B2&
IF(A2&B2="","",IF(C2="","",", "))&C2&
IF(OR(A2&B2&C2="",D2=""),"",", ")&D2

*Semprull Ki!*
*
*

2012/6/20 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>
> Bagaimana kalau formula kolom susunan asli yang diubah menjadi : [baris
> 2 Excel]
> *(asumsi data di kolom A sampai D -> jadi susunan asli sepertinya di
> kolom E kalau ndak ada merge cell)
> *=*Mid(* *Rept(", "&a2,a2<>"")* & *Rept(", "&b2,b2<>"") *& *Rept(",
> "&c2,c2<>"")* & *Rept(", "&d2,d2<>"") , 3 , 99 )*
>
> atau menggunakan IF :
> =*Mid(* *IF( Len(a2) , ", "&a2, "" )* & *IF( Len(b2) , ", "&b2 , "" )* & *IF(
> Len(c2) , ", "&c2 , "" )* & *IF( Len(d2) , ", "&d2 , "" )* *, 3 , 99 )*
>
> Jika tetap akan memanfaatkan formula susunan asli yang sudah ada, kemudian
> menghilangkan delimiter berlebihnya : [baris 2 Excel]
> *(asumsi susunan asli di kolom E)*
> =*Substitute(* *Mid(* *Substitute(* *Substitute( ", " & e2 & ", ," , ", ,
> " , ", " )* *, ", , " , ", " )** , 3 , 99 )* *, ", ," , "" )*
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/6/20 Ratno Hadi Suswanto <rh_suswanto@hotmail.com>
>
>> **
>> Dear Be-exceler,
>> Ada yang minta bantuan berikut ke saya, minta tolong di bantu temen2
>> be-exceler karena saya sedang ada "workshop" yang sangat tight waktunya.
>> Salam,
>> Ratno
>>
>
2d.

Re: FW: Menghilangkan Karakter tidak berguna

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Jun 20, 2012 7:36 pm (PDT)



Mohon maaf, ada sebaris kata (baris 2) dlm posting Ki Semprul yg bisa
ditangkap secara salah, saya ingin memperbaiki:

*Tertulis*
(karena mau membuat versi yg pendek = blum 'jegoss'.. ha ha ha..)

*seharusnya / lebih lengkap:*
(karena KI SEMPRUL mau membuat versi yg pendek = blum 'jegoss'.. ha ha ha..)

puntenndalemsewu....
Semprulll.. Ki!

2012/6/20 Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>

> kalao mau pakai rumus versi yg dipanjang-panjangkan
> (karena mau membuat versi yg pendek = blum 'jegoss'.. ha ha ha..)
>
> kira-kira begini...
>
> =A2&IF(A2="","",IF(B2="","",", "))&B2&
> IF(A2&B2="","",IF(C2="","",", "))&C2&
> IF(OR(A2&B2&C2="",D2=""),"",", ")&D2
>
> *Semprull Ki!*
> *
> *
>
3a.

Re: menampilkan no. record terakhir

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Jun 20, 2012 7:00 am (PDT)



Sekedar variasi di kala Be.Te...
bgmana kalao : pakai RUMUS =BARISTERAKHIR(B5)

*[image: Inline image 1]
*

*
2012/6/20 Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>
> dear mr. kid
>
> bagaimana caranya menampilkan no. record / urut
> terakhir pada satu sheet. dimana ada beberapa
> sheet yang memiliki database yang berbeda
> file terlampir
>
> wassalam
>
> faisal*
4a.

Re: Tentang IF

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Wed Jun 20, 2012 2:24 pm (PDT)



"Logika", atau lebih tepatnya: nested function (fungsi di dalam fungsi)
hanya terbatas *7 level *jika ditulis di excel 2003. Keterbatasan itu sudah
diperbaiki di Excel 2007, dari 7 level menjadi *64 level.*
Jadi kalau rumus berbasis IF yg dibuat oleh Mr PEACE benar, tentu akan
"jalan" jika ditulis di Excel 2007.

Konon cerita orang, sebuah program aplikasi seperti Excel memang punya
banyak keterbatasan-keterbatasan, (katakan misalnya: jumlah baris dan
jumlah kolom dlm 1 sheet).
Itu semua adalah demi program itu sendiri agar bisa berjalan dengan baik,
selain juga karena keterbatasan yg ada pada Operating Sistem maupun
teknologi komputer yg ada pada saat program dibuat.
Berkembangnya teknologi O/s dan komputer hardware, tentunya akan diikuti
oleh program seperti excel untuk menaikkan keterbatasan-keterbatasan
("limitation") nya

Berikut ini (terlampir) sheet berisi Daftar *beberapa Limitation
Utama*Excel 2003 dibandingkan dengan Excel 2007 /
1010<https://www.box.com/s/628c99c8097c9ada66a5>
.
Daftar yg lengkap dapat dilihat antara lain di:
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP010073849.aspx

Para Pemakai Excel tentunya jangan *terlalu asing* dengan "Limitation" ini
[image: Inline image 1]

CMIIW..

~Rr

2012/6/20 PEACE <boypeace.81@gmail.com>
>
> saya mencoba memberikan Nilai
> >=91 A
> >=80 A-
> >71 B+
> >65 B
> >60 B-
> >55 C+
> >50 C
> >45 C-
> >35 D
> <35 E
> seperti itu, saya coba gunakan if karena logika sudah sampai sepuluh
> ternyata tidak jalan, sementara kalau pake vlookup operator < atau > tidak
> bisa saya gunakan. mohon solusinya
>
>
4b.

Re: Tentang IF

Posted by: "Boypeace BeComp" boypeace.81@gmail.com   trouble_nih

Wed Jun 20, 2012 6:28 pm (PDT)



@all terima kasih atas masukannya. Jadi Lebih Paham, Terima kasih

Pada 21 Juni 2012 04:23, Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com> menulis:

> "Logika", atau lebih tepatnya: nested function (fungsi di dalam fungsi)
> hanya terbatas *7 level *jika ditulis di excel 2003. Keterbatasan itu
> sudah diperbaiki di Excel 2007, dari 7 level menjadi *64 level.*
> Jadi kalau rumus berbasis IF yg dibuat oleh Mr PEACE benar, tentu akan
> "jalan" jika ditulis di Excel 2007.
>
> Konon cerita orang, sebuah program aplikasi seperti Excel memang punya
> banyak keterbatasan-keterbatasan, (katakan misalnya: jumlah baris dan
> jumlah kolom dlm 1 sheet).
> Itu semua adalah demi program itu sendiri agar bisa berjalan dengan baik,
> selain juga karena keterbatasan yg ada pada Operating Sistem maupun
> teknologi komputer yg ada pada saat program dibuat.
> Berkembangnya teknologi O/s dan komputer hardware, tentunya akan diikuti
> oleh program seperti excel untuk menaikkan keterbatasan-keterbatasan
> ("limitation") nya
>
> Berikut ini (terlampir) sheet berisi Daftar *beberapa Limitation Utama*Excel 2003 dibandingkan dengan Excel 2007 / 1010<https://www.box.com/s/628c99c8097c9ada66a5>
> .
> Daftar yg lengkap dapat dilihat antara lain di:
>
> http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP010073849.aspx
>
> Para Pemakai Excel tentunya jangan *terlalu asing* dengan "Limitation" ini
> [image: Inline image 1]
>
> CMIIW..
>
> ~Rr
>
>
>
> 2012/6/20 PEACE <boypeace.81@gmail.com>
>>
>> saya mencoba memberikan Nilai
>> >=91 A
>> >=80 A-
>> >71 B+
>> >65 B
>> >60 B-
>> >55 C+
>> >50 C
>> >45 C-
>> >35 D
>> <35 E
>> seperti itu, saya coba gunakan if karena logika sudah sampai sepuluh
>> ternyata tidak jalan, sementara kalau pake vlookup operator < atau > tidak
>> bisa saya gunakan. mohon solusinya
>>
>>

5.

SOLVER ADJUSTABLE LIMIT

Posted by: "yusajing_ehm@yahoo.com" yusajing_ehm@yahoo.com   yusajing_ehm

Wed Jun 20, 2012 2:42 pm (PDT)



Dear all Pakar Excel,

Saya sedang menggunakan solver utk mengerjakan pekerjaan saya..
Akan tetapi ternyata limit atau batas adjustable cells solver adalah 200.

Adakah cara lain utk utk membuat adjustable cell di solver menjadi tidak terbatas ?

Tolong pencerahannya yaa master

Terimakasih
Powered by Telkomsel BlackBerry®
6a.

Re: Mengisi Nilai Pajak Kendaraan Secara Otomatis

Posted by: "ketut budiasa" yudix_ketut@yahoo.com   yudix_ketut

Wed Jun 20, 2012 2:43 pm (PDT)



Dear Mr. Kid,

MAaf baru bisa buka email lagi...
Terima kasih banyak atas tanggapan emailnya dan solusinya.

Saya sudah coba untuk jalankan hasilnya bisa untuk tabel yang ada di contoh itu,
Namun pada saat saya aplikasikan dengan mengcopy data tabel keseluruhannya, total data tabel untuk SPD MOTOR SOLO mencapai 9452 data, dan Range Datanya pun sudah saya rubah semua menjadi 9452, kok datanya menjadi kacau ya, datanya menjadi tidak sesuai dengan tabel yang ada.

Berikut saya kirimkan lagi dengan penambahan data pencariannya. dan penambahan data tabel.

Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.

Regards
Ketut

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 17 June 2012, 14:55
Subject: Re: [belajar-excel] Mengisi Nilai Pajak Kendaraan Secara Otomatis


 
Coba file terlampir yang memanfaatkan fungsi SumProduct

=IF(LEN(E2)>9,SUMPRODUCT(('SPD MOTOR SOLO'!$J$9:$K$9=C2)*('SPD MOTOR SOLO'!$C$13:$C$122=F2)*('SPD MOTOR SOLO'!$D$13:$D$122=G2)*(H2>='SPD MOTOR SOLO'!$E$13:$E$122)*(H2<='SPD MOTOR SOLO'!$F$13:$F$122)*'SPD MOTOR SOLO'!$J$13:$K$122),SUMPRODUCT((MOBIL!$J$2:$M$2=C2)*(MOBIL!$C$6:$C$119=F2)*(MOBIL!$D$6:$D$119=G2)*(H2>=MOBIL!$E$6:$E$119)*(H2<=MOBIL!$F$6:$F$119)*MOBIL!$J$6:$M$119))*(1+5%*(H2>2010))

Pada tabel data, dibutuhkan cell-cell bantu tentang warna dikolom-kolom yang digunakan.

Wassalam,
Kid.

2012/6/16 ketut budiasa <yudix_ketut@yahoo.com>

> 
>Dear Be Exceler,
>
>
>Mohon bantuannya semua para suhu BeExcel,
>
>
>
>Saya mau mengisi Jumlah nilai Pajak Kendaraan Bermotor suatu kendaraan secara otomatis, sesuai dengan Jenis Kendaraan, Warna Plat kendaraan, Merk, Type, Tahun, serta Tgl Pembayarannya.
>
>
>Disini saya sertakan filenya Excelnya..
>Ada 3 Sheet , Data, Mobil, dan Sepeda Motor.
>Yang ingin dicari adalah data Pajak Kendaraan di Sheet Data ( kolom  PKB ), dengan menggunakan acuan tabel di sheet Mobil dan Sepeda Motor.
>Tambahannya jika pembayaran dilakukan diatas tahun 2010, maka PKBnya ditambahkan 5% dari PKB di tabel tersebut.
>
>
>Mudah2an pertanyaan saya ini bisa dimengerti maksud dan tujuannya.
>
>Atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>
>
>Best Regards
>Ketut
>

6b.

Re: Mengisi Nilai Pajak Kendaraan Secara Otomatis

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 3:03 pm (PDT)



Ganti bagian :
**(1+5%*(H2>2010))*

Menjadi :
**(1+5%*(YEAR(D2)>2010))*

Pastikan seluruh nama yang ditulis di sheet Data ada dalam masing-masing
tabel, dan sama persis.

Kid.

2012/6/20 ketut budiasa <yudix_ketut@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> MAaf baru bisa buka email lagi...
> Terima kasih banyak atas tanggapan emailnya dan solusinya.
>
> Saya sudah coba untuk jalankan hasilnya bisa untuk tabel yang ada di
> contoh itu,
> Namun pada saat saya aplikasikan dengan mengcopy data tabel
> keseluruhannya, total data tabel untuk SPD MOTOR SOLO mencapai 9452 data,
> dan Range Datanya pun sudah saya rubah semua menjadi 9452, kok datanya
> menjadi kacau ya, datanya menjadi tidak sesuai dengan tabel yang ada.
>
> Berikut saya kirimkan lagi dengan penambahan data pencariannya. dan
> penambahan data tabel.
>
> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>
>
> Regards
> Ketut
>
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, 17 June 2012, 14:55
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Mengisi Nilai Pajak Kendaraan Secara
> Otomatis
>
>
> Coba file terlampir yang memanfaatkan fungsi SumProduct
>
> =IF(LEN(E2)>9,SUMPRODUCT(('SPD MOTOR SOLO'!$J$9:$K$9=C2)*('SPD MOTOR
> SOLO'!$C$13:$C$122=F2)*('SPD MOTOR SOLO'!$D$13:$D$122=G2)*(H2>='SPD MOTOR
> SOLO'!$E$13:$E$122)*(H2<='SPD MOTOR SOLO'!$F$13:$F$122)*'SPD MOTOR
> SOLO'!$J$13:$K$122),SUMPRODUCT((MOBIL!$J$2:$M$2=C2)*(MOBIL!$C$6:$C$119=F2)*(MOBIL!$D$6:$D$119=G2)*(H2>=MOBIL!$E$6:$E$119)*(H2<=MOBIL!$F$6:$F$119)*MOBIL!$J$6:$M$119))
> **(1+5%*(H2>2010))*
>
> Pada tabel data, dibutuhkan cell-cell bantu tentang warna dikolom-kolom
> yang digunakan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
7a.

satu tombol utk perintah yang berlawanan

Posted by: "Absolute - Udin" omnivora@yahoo.com   omnivora

Wed Jun 20, 2012 2:44 pm (PDT)



dear all
mau bertanya codenya utuk satu tombol dg dua perintah, keterangan & hasil yg diinginkan ada di lampiran

terima kasih
7b.

Re: satu tombol utk perintah yang berlawanan

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Wed Jun 20, 2012 5:55 pm (PDT)



Ya dengan cara memberi 2 kesempatan pada 2 kondisi berbeda; Ingat Fungsi IF
kan ?
IF itu bersifat Pencabangan; Misal:
Kalau Filter sedang diaktifkan >>> *non aktifkan, *Kalau "TIDAK" >>> *
aktifkan*
Gak repot kan ?

Pada saat mengaktifkan (memfilter); kriterianya harus berupa *nilai cell *yg
di "dalamnya" tergambar TextBox "KLIK".
Apakah Anda tahu: isi DATA DI CELL dimana TextBox-nya sedang di Klik ??
Apalagi TextBox anda itu dengan mudah dapat digeser ke cell lain ! Dengan
penglihatan mata ke sheet memang gampang menebak tetapi menyuruh Excel
menebak isi Data cell yg belum jelas alamatnya, tentunya agak repot.
Makro tentu saja bisa, akan tetapi lebih sederhana bila yg kita klik adalah
CELL nya, Keuntungannya Anda tidak perlu repot membuat "TOMBOL-TOMBOL-an"
di setiap unik item yg ada di kolom "Lokasi". Makro pun tidak perlu mencari
"cell mana berisi apa" untuk dijadikan kriteria.

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
' Rara Wilis * Jun 21, 2012
' BeExcel Case# 17696
'---------------------
If Target.Count = 1 Then
If Target.Column = 2 Then
If Target.Row > 4 Then
If Not Target.Value = vbNullString Then
*GantiFilterUnFilter* Target.Value
End If
End If
End If
End If
End Sub

Sub HideUnhideKoloms()
' Rara Wilis * Jun 21, 2012
' BeExcel Case# 17696
'---------------------
With Columns("C:D")
If .EntireColumn.Hidden = True Then
.EntireColumn.Hidden = False
Else
.EntireColumn.Hidden = True
End If
End With
End Sub
'--------------------

~Rr

2012/6/20 Absolute - Udin <omnivora@yahoo.com>

> **
> dear all
> mau bertanya codenya utuk satu tombol dg dua perintah, keterangan & hasil
> yg diinginkan ada di lampiran
> terima kasih.
>
7c.

Re: satu tombol utk perintah yang berlawanan

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 6:19 pm (PDT)



Prosedur :
Sub HideUnhideKoloms()
' Rara Wilis * Jun 21, 2012
' BeExcel Case# 17696
'---------------------
With Columns("C:D")
If .EntireColumn.Hidden = True Then
.EntireColumn.Hidden = False
Else
.EntireColumn.Hidden = True
End If
End With
End Sub
'--------------------

bisa disederhanakan menjadi :
Sub HideUnhideKoloms()
' Rara Wilis * Jun 21, 2012
' BeExcel Case# 17696
'---------------------

Columns("C:D").Hidden = not Columns("C:D").Hidden
End Sub
'--------------------

Wassalam,
Kid.

2012/6/21 Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>

> **
>
>
> Ya dengan cara memberi 2 kesempatan pada 2 kondisi berbeda; Ingat Fungsi
> IF kan ?
> IF itu bersifat Pencabangan; Misal:
> Kalau Filter sedang diaktifkan >>> *non aktifkan, *Kalau "TIDAK" >>> *
> aktifkan*
> Gak repot kan ?
>
> Pada saat mengaktifkan (memfilter); kriterianya harus berupa *nilai cell *yg
> di "dalamnya" tergambar TextBox "KLIK".
> Apakah Anda tahu: isi DATA DI CELL dimana TextBox-nya sedang di Klik ??
> Apalagi TextBox anda itu dengan mudah dapat digeser ke cell lain ! Dengan
> penglihatan mata ke sheet memang gampang menebak tetapi menyuruh Excel
> menebak isi Data cell yg belum jelas alamatnya, tentunya agak repot.
> Makro tentu saja bisa, akan tetapi lebih sederhana bila yg kita klik
> adalah CELL nya, Keuntungannya Anda tidak perlu repot membuat
> "TOMBOL-TOMBOL-an" di setiap unik item yg ada di kolom "Lokasi". Makro pun
> tidak perlu mencari "cell mana berisi apa" untuk dijadikan kriteria.
>
>
> Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
> ' Rara Wilis * Jun 21, 2012
> ' BeExcel Case# 17696
> '---------------------
> If Target.Count = 1 Then
> If Target.Column = 2 Then
> If Target.Row > 4 Then
> If Not Target.Value = vbNullString Then
> *GantiFilterUnFilter* Target.Value
> End If
> End If
> End If
> End If
> End Sub
>
>
> Sub HideUnhideKoloms()
> ' Rara Wilis * Jun 21, 2012
> ' BeExcel Case# 17696
> '---------------------
> With Columns("C:D")
> If .EntireColumn.Hidden = True Then
> .EntireColumn.Hidden = False
> Else
> .EntireColumn.Hidden = True
> End If
> End With
> End Sub
> '--------------------
>
> ~Rr
>
>
>
>
> 2012/6/20 Absolute - Udin <omnivora@yahoo.com>
>
>> **
>> dear all
>> mau bertanya codenya utuk satu tombol dg dua perintah, keterangan & hasil
>> yg diinginkan ada di lampiran
>> terima kasih.
>>
>
>
7d.

Re: satu tombol utk perintah yang berlawanan

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Wed Jun 20, 2012 6:58 pm (PDT)



Sip, Oom Kid, jadi semakin ringkas ya...

Matur nuwun..

~Rr

2012/6/21 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
> Prosedur :
> Sub HideUnhideKoloms()
> ' Rara Wilis * Jun 21, 2012
> ' BeExcel Case# 17696
> '---------------------
> With Columns("C:D")
> If .EntireColumn.Hidden = True Then
> .EntireColumn.Hidden = False
> Else
> .EntireColumn.Hidden = True
> End If
> End With
> End Sub
> '--------------------
>
> bisa disederhanakan menjadi :
> Sub HideUnhideKoloms()
> ' Rara Wilis * Jun 21, 2012
> ' BeExcel Case# 17696
> '---------------------
> Columns("C:D").Hidden = not Columns("C:D").Hidden
> End Sub
> '--------------------
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
7e.

Re: satu tombol utk perintah yang berlawanan

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 8:38 pm (PDT)



Silakan coba file terlampir.
Kondisi :
>> shape untuk filter akan membaca range pertama (pojok kiri atas shape) ->
hati-hati dalam meletakkan shape
>> setiap shape di assign ke prosedur FilterItem

Berikut bunyi prosedur filter item (rujukan range untuk membaca tabel data
masih statis, sesuaikan dengan kebutuhan).
Public Sub FilterItem()
Dim sShpName As String
Dim rngData As Range, rngShp As Range

'get caller (kasus ini : sebuah shape -> diambil namanya [string])
sShpName = Application.Caller
Set rngShp = Sheet1.Shapes(sShpName).TopLeftCell 'range excel
pertama si shape

Set rngData = Range("b4").CurrentRegion
'set area autofilter
If Sheet1.AutoFilterMode Then
'autofilter udah on maka di clear aja (gak peduli tabel apa yang di
autofilter)
Sheet1.AutoFilterMode = False
Else
'autofilter masih off, filter berdasar nilai di rangenya si shape
(gak pakai panah filter)
rngData.AutoFilter 1, rngShp.Value, visibledropdown:=False
rngData.AutoFilter 2, visibledropdown:=False
rngData.AutoFilter 3, visibledropdown:=False
End If
End Sub

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/6/20 Absolute - Udin <omnivora@yahoo.com>

> **
>
>
> dear all
> mau bertanya codenya utuk satu tombol dg dua perintah, keterangan & hasil
> yg diinginkan ada di lampiran
>
> terima kasih
>
>
>
>
8a.

Tanya: mencari posisi ke-?

Posted by: "WIRAnata Kemala Deng" kwiranata@gmail.com   kwiranata

Wed Jun 20, 2012 2:45 pm (PDT)



dear rekan-rekan,

mohon bantuannya untuk formula trick excel untuk mencari posisi ke
berapa (dari selection beberapa column) yang mengandung character
(huruf), dengan asumsi per row nya hanya ada satu column yang
mengandung huruf, sisa nya numeric).

Untuk jelas nya, bisa tolong dilihat di attachment nya.

Terima kasih atas bantuan / masukannya.

regards, Wira
8b.

Re: Tanya: mencari posisi ke-?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 3:20 pm (PDT)



Fungsi-fungsi dalam grup lookup bekerja berdasar tipedata.
Untuk mencari nomor indeks lookup value, bisa menggunakan fungsi Match.
=Match("z",e5:h5,1)
Jika teks dalam e5:h5 ada yang diawali 'z' (z kecil), ganti 'z' dengan 'zz'
Hasilnya, adalah antara 1 sampai 4 jika ada data bertipe teks di e5:h5
(jadi e5 nomor 1 dan h5 nomor 4)
Ketika tidak ada data bertipe teks di e5:h5, maka akan menghasilkan error
value.
Di Excel 2007 error value bisa dikontrol dengan fungsi IFError
=IFError( Match( "z" , e5:h5 , 1 ) , "tidak ada" )
Di Excel 2003 kebawah, bisa menggunakan IF( IsError() )
=IF( IsError( Match( "z" , e5:h5 , 1 ) ) , "tidak ada" , Match( "z" ,
e5:h5 , 1 ) )
atau memanfaatkan karakteristik data
=IF( Count(e5:h5)=Counta(e5:h5),"tidak ada", Match( "z" , e5:h5 , 1 ) )

Jika akan mengambil suatu teks berdasar indeks posisi yang didapatkan,
gunakan LookUp
Misal baris 3 berisi suatu teks keterangan kondisi data setiap kolom :
=LookUp( "z" , e5:h5 , $e$3:$h$3 )

Wassalam,
Kid.

2012/6/20 WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>

> **
>
>
> dear rekan-rekan,
>
> mohon bantuannya untuk formula trick excel untuk mencari posisi ke
> berapa (dari selection beberapa column) yang mengandung character
> (huruf), dengan asumsi per row nya hanya ada satu column yang
> mengandung huruf, sisa nya numeric).
>
> Untuk jelas nya, bisa tolong dilihat di attachment nya.
>
> Terima kasih atas bantuan / masukannya.
>
> regards, Wira
>
>
8c.

Bls: [belajar-excel] Tanya: mencari posisi ke-?

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Jun 20, 2012 5:30 pm (PDT)



opsi lain

tulis formula array di J5
{=MAX(IF(ISTEXT(E5:H5);COLUMN(E5:H5)))-COLUMN(D:D)}
copy ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 20 Juni 2012 21:31
Judul: [belajar-excel] Tanya: mencari posisi ke-?


 
dear rekan-rekan,

mohon bantuannya untuk formula trick excel untuk mencari posisi ke
berapa (dari selection beberapa column) yang mengandung character
(huruf), dengan asumsi per row nya hanya ada satu column yang
mengandung huruf, sisa nya numeric).

Untuk jelas nya, bisa tolong dilihat di attachment nya.

Terima kasih atas bantuan / masukannya.

regards, Wira

9a.

menggunakan filter

Posted by: "Fendi S" fendis@rocketmail.com   fendis@rocketmail.com

Wed Jun 20, 2012 2:45 pm (PDT)



Kepada para pengasuh belajar-excell@yahoogroups.com yang saya hormati, saya sedang belajar menggunakan filter dari download  file-file yang ada di belajar-excell@yahoogroups.com , tetapi selalu gagal. oleh karena itu saya mohon budi baik para pengasuh untuk memberi jalan keluar. terima kasih atas pencerahannya. 
9b.

Re: menggunakan filter

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 4:07 pm (PDT)



Coba buat kolom bantu (dikolom A) berisi array formula filtering :
=SMALL(IF('K GB'!$AP$6:$AP$9=$A$2,ROW('K GB'!$AP$6:$AP$9)-ROW('K
GB'!$AP$5)),ROW()-ROW($A$4))

Kolom lainnya diambil dengan Index berdasar nilai di kolom bantu

Wassalam,
Kid.

2012/6/20 Fendi S <fendis@rocketmail.com>

> **
>
>
> Kepada para pengasuh belajar-excell@yahoogroups.com yang saya hormati,
> saya sedang belajar menggunakan filter dari download file-file yang ada di
> belajar-excell@yahoogroups.com , tetapi selalu gagal. oleh karena itu
> saya mohon budi baik para pengasuh untuk memberi jalan keluar. terima kasih
> atas pencerahannya.
>
>
>
10a.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Heru Safrudin" superheruu@gmail.com   superheruu

Wed Jun 20, 2012 10:20 pm (PDT)



Dear Master,

Terima kasih sejauh ini udah jalan seperti yang saya harapkan.

Menginjak pertanyaan berikutnya, bagaimana jika kolom C dijadikan sebagai kriteria Pencarian record? HASILnya tetap di kolom B

Regards,

Heru Safrudin

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, June 15, 2012 8:20 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Pak Heru,

Coba non aktifkan baris yang memanggil proses SetFieldsValue, karena Anda telah meletakkan proses set nilai-nilai fields didalam prosedur updatethisrecord.
Prosedur SetFieldsValue sebenarnya harus berisi proses untuk set nilai-nilai fields. Dengan begitu, prosedur tersebut bisa digunakan berulang-ulang oleh banyak prosedur.

Jika Anda meletakkan perintah untuk set nilai-nilai fields dalam prosedur updatethisrecord, maka Anda harus melakukan hal yang sama untuk prosedur addnewrecord. Bisa jadi ketika Anda akan update melalu userform lainnya, maka Anda harus menuliskannya ulang.

Sedangkan pemanfaatan prosedur SetFieldsValue, yang berisi seluruh proses set nilai-nilai field, dimaksudkan untuk memudahkan pengembangan kedepan.
Misal saja suatu saat nanti table di db akan bertambah 1 kolom, sedangkan table tersebut dapat di update maupun di add new record melalui banyak form, misal ada form untuk update tanggal saja, form lain untuk update nilai-nilai tertentu saja, dsb.
Ketika memanfaatkan alur proses yang menggunakan prosedur SetFieldsValue, Anda cukup mengubah di satu prosedur saja, tanpa kuatir ada form yang belum diubah atau ditambahkan field yang harus di-update.

Wassalam,
Kid.

2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

Maksud saya kenapa waktu klik Update field 2,3 dan 4 kok blank
Padahal sudah saya coba gonta-ganti tipenya

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 14, 2012 9:48 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel

Cek tipe data yang akan dimasukkan ke database. Seluruh nilai input harus memiliki tipe data yang sama dengan setiap field di database.

Wassalam,
Kid.

10b.

Re: Akses database MS. Access dari Excel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 20, 2012 10:26 pm (PDT)



Coba Bapak kirimkan bunyi query untuk search dengan kriteria tersebut.
Jadi nanti yang diambil dari db hanya yang memenuhi kriteria saja.

Bayangkan saja jika ada 100ribu record (dikit amat), lalu mau search
satu-satu sampai ketemu yang dicari...
Berartikan harus ambil semua (100rb) dari db, lalu cari satu-satu.

Lebih baik ambil record yang disearch saja dari db access (mungkin hanya
tinggal beberapa saja) lalu ditampilkan.
Jika akan diupdate, maka update record tersebut saja.

Kid.

2012/6/21 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

> **
>
>
> **
>
> Dear Master,
>
>
>
> Terima kasih sejauh ini udah jalan seperti yang saya harapkan.
>
> Menginjak pertanyaan berikutnya, bagaimana jika kolom C dijadikan sebagai
> kriteria Pencarian record? HASILnya tetap di kolom B
>
>
>
> Regards,
>
>
>
> Heru Safrudin
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, June 15, 2012 8:20 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>
>
>
> Pak Heru,
>
> Coba non aktifkan baris yang memanggil proses SetFieldsValue, karena Anda
> telah meletakkan proses set nilai-nilai fields didalam prosedur
> updatethisrecord.
> Prosedur SetFieldsValue sebenarnya harus berisi proses untuk set
> nilai-nilai fields. Dengan begitu, prosedur tersebut bisa digunakan
> berulang-ulang oleh banyak prosedur.
>
> Jika Anda meletakkan perintah untuk set nilai-nilai fields dalam prosedur
> updatethisrecord, maka Anda harus melakukan hal yang sama untuk prosedur
> addnewrecord. Bisa jadi ketika Anda akan update melalu userform lainnya,
> maka Anda harus menuliskannya ulang.
>
> Sedangkan pemanfaatan prosedur SetFieldsValue, yang berisi seluruh proses
> set nilai-nilai field, dimaksudkan untuk memudahkan pengembangan kedepan.
> Misal saja suatu saat nanti table di db akan bertambah 1 kolom, sedangkan
> table tersebut dapat di update maupun di add new record melalui banyak
> form, misal ada form untuk update tanggal saja, form lain untuk update
> nilai-nilai tertentu saja, dsb.
> Ketika memanfaatkan alur proses yang menggunakan prosedur SetFieldsValue,
> Anda cukup mengubah di satu prosedur saja, tanpa kuatir ada form yang belum
> diubah atau ditambahkan field yang harus di-update.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> **
>> Maksud saya kenapa waktu klik Update field 2,3 dan 4 kok blank
>> Padahal sudah saya coba gonta-ganti tipenya
>>
>>
>>
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Thursday, June 14, 2012 9:48 AM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>>
>>
>>
>> Cek tipe data yang akan dimasukkan ke database. Seluruh nilai input harus
>> memiliki tipe data yang sama dengan setiap field di database.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>
>
11.

menambahkan baris secara otomatis

Posted by: "widodo" bosseaz@yahoo.com   bosseaz

Wed Jun 20, 2012 10:53 pm (PDT)



Dear Para Master Excel

Bagaimana cara menambahkan baris secara otomatis ketika di tengah-tengah baris ada pengisian data dengan beberapa validasi.

misal ada suatu baris dari 1 - 10
ketika di baris ke 6 kolom "E" ada data yang diinput berupa "A atau B" maka otomatis ada penambahan satu baris lagi tepat di bawah baris ke-6.

Matur nuwun

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

Improve your business

by community exchange

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar