Selasa, 19 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1656

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Bls: [belajar-excel] belajar pivot tabel From: Kusnadi Bin zain
1b.
Re: Bls: [belajar-excel] belajar pivot tabel From: Doli Azhari
2a.
vlookup berjalan diuserform From: achmad adi
2b.
Re: vlookup berjalan diuserform From: Kid Mr.
3a.
Workbook Share From: Hendra Wijayanto Hermawan
3b.
Re: Workbook Share From: Kid Mr.
3c.
Re: Workbook Share From: Hendra Wijayanto Hermawan
3d.
Re: Workbook Share From: Kid Mr.
4a.
Re: drop down berdasarkan data drop down diatasnya From: Kid Mr.
4b.
Bls: [belajar-excel] drop down berdasarkan data drop down diatasnya From: Prodev SIMPLE PB
5a.
Re: Membuat Schedule dan Pembayaran Ke secara Otomatis From: rian Bass
6a.
belajar macro untuk pindahan From: Harumi Wanasita
6b.
Re: belajar macro untuk pindahan From: Kid Mr.
7a.
Re: Bls: [belajar-excel] Bikin search dari database From: lapendosol opik
8a.
Re: Bagaimana mengambil data di Workbook yang ber-password tanpa mem From: Kid Mr.
8b.
Re: Bagaimana mengambil data di Workbook yang ber-password tanpa mem From: abuali06062011
9a.
Cara Membuat Tabel Rekapitulasi From: rkn rkn
9b.
Re: Cara Membuat Tabel Rekapitulasi From: Kid Mr.
9c.
Bls: [belajar-excel] Cara Membuat Tabel Rekapitulasi From: ghozi alkatiri
10a.
Membuat Ringkasan Agenda dari Banyak Sheet-Sheet.xlsx From: Tjahya Hartono
11a.
menampilkan no. record terakhir From: Faisal Hasman
11b.
Re: menampilkan no. record terakhir From: bagus
11c.
Re: menampilkan no. record terakhir From: dwint ruswanto
12a.
Tentang IF From: PEACE
12b.
Re: Tentang IF From: Kid Mr.

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] belajar pivot tabel

Posted by: "Kusnadi Bin zain" kbinzain@yahoo.co.id   kbinzain

Tue Jun 19, 2012 1:00 am (PDT)



mungkin saat ini yg masih pakai Excell-2003 sudah mulai langka ya
untung di komp saya masih ada, jadi saya coba buat step2 yang dimaksud sbb

smoga mudah dimengerti maksudnya....

________________________________
Dari: Doli Azhari <internazionale_madrid@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 19 Juni 2012 9:14
Judul: [belajar-excel] belajar pivot tabel


 
Dear Master Excel,

Master aku mw curhat nih....aku pengen banget belajar pivot tabel,aku mw minta tolong ama master bisa dijelasin cara membuat pivot tabel gak ?aku bingung mindah-mindahin keterangan yg ada di pivot tabel.bentuknya tabelnya jadi acak-acakan. kebetulan aku msh menggunakan excel 2003. Jd, klo bisa step2nya dalam bahasa excel 2003 ya Master.....hehehe...

Tks

--- Mods ---
Semangat belajar yang membara dari Pak Azhari. Tetap semangat Pak.
Supaya lebih semangat, coba bawa amunisi belajar yang cukup. Misal dengan jalan-jalan ke : (butuh login Yahoo)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/LearnExcel_Basic/
lalu download file :
LearnExcel18.pdf
------------
1b.

Re: Bls: [belajar-excel] belajar pivot tabel

Posted by: "Doli Azhari" internazionale_madrid@yahoo.com   internazionale_madrid

Tue Jun 19, 2012 3:31 am (PDT)



Master!!!!!!Thank u  so Much......

________________________________
From: Kusnadi Bin zain <kbinzain@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, June 19, 2012 2:02 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] belajar pivot tabel


 
mungkin saat ini yg masih pakai Excell-2003 sudah mulai langka ya
untung di komp saya masih ada, jadi saya coba buat step2 yang dimaksud sbb

smoga mudah dimengerti maksudnya....

________________________________
Dari: Doli Azhari <internazionale_madrid@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 19 Juni 2012 9:14
Judul: [belajar-excel] belajar pivot tabel


 
Dear Master Excel,

Master aku mw curhat nih....aku pengen banget belajar pivot tabel,aku mw minta tolong ama master bisa dijelasin cara membuat pivot tabel gak ?aku bingung mindah-mindahin keterangan yg ada di pivot tabel.bentuknya tabelnya jadi acak-acakan. kebetulan aku msh menggunakan excel 2003. Jd, klo bisa step2nya dalam bahasa excel 2003 ya Master.....hehehe...

Tks

--- Mods ---
Semangat belajar yang membara dari Pak Azhari. Tetap semangat Pak.
Supaya lebih semangat, coba bawa amunisi belajar yang cukup. Misal dengan jalan-jalan ke : (butuh login Yahoo)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/LearnExcel_Basic/
lalu download file :
LearnExcel18.pdf
------------

2a.

vlookup berjalan diuserform

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 1:04 am (PDT)



salam hangat untuk semuanya,,,
 
untuk bberapa kalinya,,,saya mohon pencerhaanya untuk masalah yang saya hadapi ini,,
Saya mempunyai USERFORM,,dimana isinya ada Combobok Dan 2 Tabel'
yang ingin saya tanyakan.:
 
bagaimanakah 2 tabel tersebut terisi otomatis sesuai dengan isi COMBOBOX...
dimana combobox diambil dari dtabel data DiSheet3.
 
untuk jelasnya saya lampirkan filenya,,
sebelumnya terimakasih banyak,,,
2b.

Re: vlookup berjalan diuserform

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 4:45 am (PDT)



Kira-kira bunyi event change dari combobox adalah :
If cbo1.ListIndex <> -1 Then
TNIP.Text = Sheet3.Range("e6").Offset(cbo1.ListIndex + 1).Value
TBagian.Text = Sheet3.Range("f6").Offset(cbo1.ListIndex + 1).Value
Else
TNIP.Text = vbNullString
TBagian.Text = vbNullString
End If

Combobox listindex menggunakan basis 0 (item pertama diberi indeks 0)

Wassalam,
Kid.

2012/6/19 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> salam hangat untuk semuanya,,,
>
> untuk bberapa kalinya,,,saya mohon pencerhaanya untuk masalah yang saya
> hadapi ini,,
> Saya mempunyai USERFORM,,dimana isinya ada Combobok Dan 2 Tabel'
> yang ingin saya tanyakan.:
>
> bagaimanakah 2 tabel tersebut terisi otomatis sesuai dengan isi COMBOBOX...
> dimana combobox diambil dari dtabel data DiSheet3.
>
> untuk jelasnya saya lampirkan filenya,,
> sebelumnya terimakasih banyak,,,
>
>
>
>
3a.

Workbook Share

Posted by: "Hendra Wijayanto Hermawan" hermawanhendrawijayanto@yahoo.co.id   hermawanhendrawijayanto

Tue Jun 19, 2012 1:35 am (PDT)



Assalamualaikum,

Salam hangat untuk keluarga besar Belajar Excel,

Saya punya problem membuat sebuah program ringan untuk kantor saya pada excel, dimana saya menginginkan ketika tanggal survey (J7 s/d J22) dikurangi dengan tanggal pengajuan (B7 s/d B22) melebihi atau sama dengan lima hari maka akan muncul sebuah peringatan (data validation), begitu juga ketika Tanggal Analisis (L7 s/d L22) dikurangi dengan Tanggal Survey (B7 s/d B22), Tanggal survey ulang dikurangi tanggal analisis (L7 s/d L22) , dan tanggal approval (R7 s/d R22) dikurangi dengan tanggal survey ulang (N7 s/d N22).

disini saya sertakan file excelnya semoga bisa menjadi kajian

Wassalam,

HwH

3b.

Re: Workbook Share

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 4:41 am (PDT)



Waalaikumussalam Wr. Wb.

Coba formula pada data validation di cell J7 diubah menjadi :
=J7<=B7+5

Kemudian coba isi dengan tanggal yang 5 hari lebih dari tanggal di B7

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/6/19 Hendra Wijayanto Hermawan <hermawanhendrawijayanto@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Assalamualaikum,
>
> Salam hangat untuk keluarga besar Belajar Excel,
>
> Saya punya problem membuat sebuah program ringan untuk kantor saya pada
> excel, dimana saya menginginkan ketika tanggal survey (J7 s/d J22)
> dikurangi dengan tanggal pengajuan (B7 s/d B22) melebihi atau sama dengan
> lima hari maka akan muncul sebuah peringatan (data validation), begitu juga
> ketika Tanggal Analisis (L7 s/d L22) dikurangi dengan Tanggal Survey (B7
> s/d B22), Tanggal survey ulang dikurangi tanggal analisis (L7 s/d L22) ,
> dan tanggal approval (R7 s/d R22) dikurangi dengan tanggal survey ulang (N7
> s/d N22).
>
> disini saya sertakan file excelnya semoga bisa menjadi kajian
>
> Wassalam,
>
> HwH
>
>
>
3c.

Re: Workbook Share

Posted by: "Hendra Wijayanto Hermawan" hermawanhendrawijayanto@yahoo.co.id   hermawanhendrawijayanto

Tue Jun 19, 2012 9:42 pm (PDT)



To Mr. Kid

Thanks infonya, udah saya coba dan berhasil tapi masalahnya langkah itu berhasil jika saya input manual tapi ketika saya menggunakkan Add-Ins date picker dalam hal ini saya menggunakkan SamradDatePicker.xla ,ketika saya merubah tanggalnya dengan menggunakkan date picker  tersebut maka peringatan (validation) tersebut kembali tidak mucul, mungkin dari penduduk belajar excel ada yang mengetahui macro atau apalah untuk menggabungkan sebuah date picker dengan cell (sebagai ilustrasi jika Cell A1 kita taruh Date Picker maka cell B1 akan berisi tanggal yang kita pilih di Date picker/A1)

thanks

wslm

3d.

Re: Workbook Share

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 9:48 pm (PDT)



Fitur Data Validation bawaan Excel hanya melakukan pengecekan ketika di
entry.
Jika input memanfaatkan fitur copy paste apapun, maka fitur data validation
mengabaikannya, dan menyerahkan pemeriksaan secara manual oleh user melalui
tombol circle invalid yang biasanya ada satu grup dimenu dengan data
validation atau di bagian grup error checking.

Ketika memanfaatkan sebuah addin, maka coba tanyakan kepada pembuatnya.

Wassalam,
Kid.

2012/6/20 Hendra Wijayanto Hermawan <hermawanhendrawijayanto@yahoo.co.id>

> **
>
>
> To Mr. Kid
>
> Thanks infonya, udah saya coba dan berhasil tapi masalahnya langkah itu
> berhasil jika saya input manual tapi ketika saya menggunakkan Add-Ins date
> picker dalam hal ini saya menggunakkan SamradDatePicker.xla ,ketika saya
> merubah tanggalnya dengan menggunakkan date picker tersebut maka
> peringatan (validation) tersebut kembali tidak mucul, mungkin dari penduduk
> belajar excel ada yang mengetahui macro atau apalah untuk menggabungkan
> sebuah date picker dengan cell (sebagai ilustrasi jika Cell A1 kita taruh
> Date Picker maka cell B1 akan berisi tanggal yang kita pilih di Date
> picker/A1)
>
> thanks
>
> wslm
>
>
>
4a.

Re: drop down berdasarkan data drop down diatasnya

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 1:52 am (PDT)



Waalaikumussalam Wr. Wb.

Silakan lihat-lihat 4 step di file terlampir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/6/19 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>

> **
>
>
> Asslmlkm....menarik juga bahasan tentang kasus ini.
> Cuma mungkin karena keterbatasan pemahaman saya, masih agak bingung
> mencerna solusi yg Mr. Kid berikan.
> Mohon pencerahan leib 'terang' dengan file lampirannya :)
>
> Matur suwun.
> Wassalam
>
> - prodev simple -
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 19 Juni 2012 10:19
> *Judul:* Re: [belajar-excel] drop down berdasarkan data drop down
> diatasnya
>
>
> Pada file lampiran Anda,
> Cell D10 diberi data validation list yang isi pilihannya adalah teks
> AAA,BBB,CCC, dsb
> Kemudian telah dibuatkan pula nama range dengan nama berupa teks isi
> pilihan untuk cell d10 tadi.
> Setiap nama range merujuk ke sebuah daftar baru yang menjadi anggota dari
> setiap pilihan cell D10.
>
> Data validation list hanya bisa diisi sebuah array data 1 baris saja atau
> array 1 kolom saja.
> Oleh sebab itu, pastikan nama-nama range yang bernama AAA, BBB, dsb hanya
> merujuk ke beberapa range dalam 1 kolom saja atau 1 baris saja.
>
> Setelah pasti nama range tadi hanya merujuk daftar 1 kolom saja atau 1
> baris saja, maka buat data validation di D11, dengan isi source adalah :
> =Indirect( $d$10 )
> Bahasa manusianya :
> "rujuklah suatu range yang bernama (Indirect) sesuatu yang ada di cell
> d10."
> Jadi jika d10 berisi teks AAA, maka hasilnya adalah isi dari range bernama
> 'AAA'
> Jika d10 berisi teks 'z10' maka hasilnya adalah isi dari range bernama z10
> (cell z10)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/19 Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>
>
> **
>
> dear master excel
>
> tolong dong.. bagaimana caranya
> agar data drop down yang dipilih (desa) berdasarkan
> data kecamatan diatasnya yang juga dalam
> bentuk drop down
> thanks sebelumnya
>
> file terlampir
>
>
>
>
>
>
4b.

Bls: [belajar-excel] drop down berdasarkan data drop down diatasnya

Posted by: "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple@yahoo.com   prodev_simple

Tue Jun 19, 2012 3:31 am (PDT)



Alhamdulillah...4 langkah yg diberikan cukup mudah dicerna.
Memang bagi yang belum banyak menggunakan fasilitas excel (like me) agak kurang mudeng kalau tanpa contoh lampiran.
Mudah2an Mr. Kid senantiasa berkenan untuk menjelaskan lebih lanjut jika ada kebingungan pada member :)

Terima kasih banyak.
Wassalam.

 
- prodev simple -

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 19 Juni 2012 15:52
Judul: Re: [belajar-excel] drop down berdasarkan data drop down diatasnya


 
Waalaikumussalam Wr. Wb.

Silakan lihat-lihat 4 step di file terlampir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/6/19 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>


>Asslmlkm....menarik juga bahasan tentang kasus ini.
>Cuma mungkin karena keterbatasan pemahaman saya, masih agak bingung mencerna solusi yg Mr. Kid berikan.
>Mohon pencerahan leib 'terang' dengan file lampirannya :)
>
>
>Matur suwun.
>Wassalam
>

>- prodev simple -
>
>
>
>________________________________
> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Selasa, 19 Juni 2012 10:19
>Judul: Re: [belajar-excel] drop down berdasarkan data drop down diatasnya
>
>
>

>Pada file lampiran Anda,
>Cell D10 diberi data validation list yang isi pilihannya adalah teks AAA,BBB,CCC, dsb
>Kemudian telah dibuatkan pula nama range dengan nama berupa teks isi pilihan untuk cell d10 tadi.
>Setiap nama range merujuk ke sebuah daftar baru yang menjadi anggota dari setiap pilihan cell D10.
>
>Data validation list hanya bisa diisi sebuah array data 1 baris saja atau array 1 kolom saja.
>Oleh sebab itu, pastikan nama-nama range yang bernama AAA, BBB, dsb hanya merujuk ke beberapa range dalam 1 kolom saja atau 1 baris saja.
>
>Setelah pasti nama range tadi hanya merujuk daftar 1 kolom saja atau 1 baris saja, maka buat data validation di D11, dengan isi source adalah :
>=Indirect( $d$10 )
>Bahasa manusianya :
>"rujuklah suatu range yang bernama (Indirect) sesuatu yang ada di cell d10."
>Jadi jika d10 berisi teks AAA, maka hasilnya adalah isi dari range bernama 'AAA'
>Jika d10 berisi teks 'z10' maka hasilnya adalah isi dari range bernama z10 (cell z10)
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/6/19 Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>
>
>
>> 
>>dear master excel
>>
>>
>>tolong dong.. bagaimana caranya
>>agar data drop down yang dipilih (desa) berdasarkan
>>data kecamatan diatasnya yang juga dalam
>>
>>bentuk drop down
>> thanks sebelumnya
>>
>>
>>file terlampir
>>
>>
>
>
>

5a.

Re: Membuat Schedule dan Pembayaran Ke secara Otomatis

Posted by: "rian Bass" bass_rian@yahoo.com   bass_rian

Tue Jun 19, 2012 3:32 am (PDT)



Makasih Mr. Kid, petunjuknya

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, June 16, 2012 9:50 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat Schedule dan Pembayaran Ke secara Otomatis


 
Coba pelajari fungsi IF. Jika akan menghilangkan IF, kira-kira jadi (i24) :
=(I5>0)*(N(H24)+1)

Wassalam,
Kid.

2012/6/16 rian Bass <bass_rian@yahoo.com>


>Malam, para pakar excel
>saya ada permasalan untuk dapat
memunculkan secara otomatis ( Pembayaran Ke : ) mengikuti schedule angsuran Setiap anggota, sesuai dengan periode akuntansi, saya sertakan file lampirannya.
>
>makasih atas bantuannya.
>
>
>

6a.

belajar macro untuk pindahan

Posted by: "Harumi Wanasita" hwanasita@yahoo.com   hwanasita

Tue Jun 19, 2012 3:56 am (PDT)



lg belajar dengan suatu buku...

untuk perintah di worksheet asal dikatakan bahwa

nama=.cells(2,2).value
alamat=.cells(3,2).value
angka dalam kurung yg pertama menyatakan baris dan kedua menyatakan kolom
saya berasumsi bahwa kolom A terhitung kolom ke dua.
kemudian untuk worksheets tujuan
nama=.cells(baristujuan,1).value
alamat=.cells(baristujuan,2).value
kalo untuk baris ok alamatnya disebut baris tujuan karena merupakan baris terakhir+1
kalo kolom untuk nama kenapa kolom satu sedang alamat kolom2
padahal diasumsi pertama saya untuk worsheet asal adalah kolom A disebut sebagai kolom2
apakah bisa dimengerti pertanyaan sy?
terima kasih jawabannya...
6b.

Re: belajar macro untuk pindahan

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 4:32 am (PDT)



Pak/Bu Harumi,

nama=.cells(2,2).value 'perintah di worksheet asal
>> dengan asumsi, tanda titik menempel pada sebuah object worksheet
(dibaris sebelumnya mungkin ada baris With Sheets(bla-bla-bla)
baris perintah diatas bahasa manusianya :
"isi variabel nama dengan suatu nilai yang ada di sebuah sheets (tanda
titik) pada cell B2 [cells(2,2) -> cell baris ke-dua dan kolom ke-2 dari
yang dirujuk]

alamat=.cells(3,2).value 'perintah di worksheet asal
>> bahasa manusianya apa hayo ?

'dengan baristujuan adalah sebuah variabel yang berisi nomor baris terakhir
sheet tujuan yang berisi data (mungkin) + 1 -> jadinya adalah baris baru
nama=.cells(baristujuan,1).value 'perintah di sheet tujuan
alamat=.cells(baristujuan,2).value 'perintah di sheet tujuan
>> jika sudah paham tentang bahasa manusia yang di atas tadi, kira-kira
bahasa manusia untuk di sheet tujuan ini bagaimana ?

Sekarang, coba copas script berikut ke sebuah module dan di jalankan
Public Sub BelajarVBA_Tentang_PropertiCells()
Dim rng As Range

Set rng = Sheet1.Range("C3:F9")
rng.Interior.ColorIndex = 4
MsgBox "Sheets(""" & Sheet1.Name & """).Cells(2,3) adalah cell " & _
Sheet1.Cells(2, 3).Address & vbCrLf & _
"Range(""C3:F9"").Cells(2,3) adalah cell " & _
rng.Cells(2, 3).Address
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/6/19 Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com>

> **
>
>
> lg belajar dengan suatu buku...
> untuk perintah di worksheet asal dikatakan bahwa
> nama=.cells(2,2).value
> alamat=.cells(3,2).value
> angka dalam kurung yg pertama menyatakan baris dan kedua menyatakan kolom
> saya berasumsi bahwa kolom A terhitung kolom ke dua.
> kemudian untuk worksheets tujuan
> nama=.cells(baristujuan,1).value
> alamat=.cells(baristujuan,2).value
> kalo untuk baris ok alamatnya disebut baris tujuan karena merupakan baris
> terakhir+1
> kalo kolom untuk nama kenapa kolom satu sedang alamat kolom2
> padahal diasumsi pertama saya untuk worsheet asal adalah kolom A disebut
> sebagai kolom2
> apakah bisa dimengerti pertanyaan sy?
> terima kasih jawabannya...
>
>
>
7a.

Re: Bls: [belajar-excel] Bikin search dari database

Posted by: "lapendosol opik" lapendosol@yahoo.com   lapendosol

Tue Jun 19, 2012 4:32 am (PDT)



makasih lagi, ini cara lain yg lebih simpel

________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, June 19, 2012 8:52 AM
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Bikin search dari database


 
sekedar sharing pengetahuan.. coba juga alternatif berikut yang memanfaatkan array offset sebaris

{=OffSet(Database!$B$2:$L$2;MATCH(Search!A4;Database!$A$2:$A$5;0);0;;)}

wassalam,

-dwint-

Pada 19 Juni 2012 08:24, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com> menulis:


>wah berhasil, makasih banyak ghozialkatiri :x
>
>
>
>________________________________
> From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, June 19, 2012 7:08 AM
>Subject: Bls: [belajar-excel] Bikin search dari database
>
>
>

>pada cell B4 sheet search tulis formula:
>=INDEX(Database!$A$2:$L$5;MATCH($A4;Database!$A$2:$A$5;0);MATCH(B$3;$A$3:$L$3;0))
>copy ke kanan dan ke bawah.
>
>
>wassalam
>
>
>Ghozi Alkatiri
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Senin, 18 Juni 2012 21:51
>Judul: [belajar-excel] Bikin search dari database
>
>

>
>
>Dear master suhu excel
>saya mau buat sheet search database,
>pengennya di sheet.search cell A4 saya ketik nama yg ada di sheet.database, maka B4:L4 terisi secara otomatis. Terlampir sedikit penjelasannya. Saya baca artikel malah bingung. Mohon bantuannya ya. Trimakasih
>NB: email yg pertama ga ada terlampirnya, lupa :S
>
>
>
>
>

8a.

Re: Bagaimana mengambil data di Workbook yang ber-password tanpa mem

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 4:49 am (PDT)



Tampaknya, dengan mengandalkan formula link, maka tidak dapat membuka
password workbook yang dirujuk oleh formula.
Membuka password workbook dapat dilakukan melalui VBA saat akan membukanya.
Jika menggunakan fitur get external data (import data di Excel 2003) dapat
di set pada connection string, tetapi sejatinya tetaplah akan membuka
workbook tersebut. Kadang tampak dan kadang tidak tampak saat
meng-establish-kan koneksi (entah kenapa).

Andaikan ada sebuah komputer terpusat yang bisa diakses seluruh user yang
menggunakan file excel yang berisi banyak formula link tersebut,
maka 20 workbook bisa diletakkan pada sebuah folder yang di share terbatas
untuk akun domain tertentu. Dengan begitu, maka workbook tak perlu
dipassword.

Wassalam,
Kid.

2012/6/19 abuali06062011 <abuali06062011@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Saya mempunyai beberapa workbook (lebih dari 20 workbook. workbook1,
> workbook2, dst. semua workbook ini mempunyai password yang sama untuk
> membukanya.
>
> Saya mau mengambil data yang ada di Sheet1!A1 dari setiap workbook yang
> ada. Ketika saya ambil data, maka setiap workbook meminta password.
>
> Pertanyaannya: Bagaimana cara mengambil data dengan VBA yang menulis
> password secara otomatis?
>
> Code:
>
> Sub AmbilData()
>
> ActiveCell.Formula="='D:\myFolder\[Workbook1.xlsx]Sheet1!A1'"
>
> End Sub
>
> Terima kasih
>
> --- Mods ---
> Judul di non kapital-kan agar lebih nettis.
> Kalimat dengan huruf kapital seluruhnya dalam dunia inet adalah pernyataan
> tegas dengan suara keras yang memberi kesan membentak dan harus segera
> diperhatikan saat itu juga.
> Maaf jika kurang berkenan dengan tindakan me-non kapitalkan subject di
> atas.
> ------------
>
>
>
8b.

Re: Bagaimana mengambil data di Workbook yang ber-password tanpa mem

Posted by: "abuali06062011" abuali06062011@yahoo.co.id   abuali06062011

Tue Jun 19, 2012 6:50 pm (PDT)




Terima kasih atas jawabannya Mr. Kid. mohon tip triknya kalau ada pemecahan nanti.
for mod. maaf karena blm tau peraturan.

9a.

Cara Membuat Tabel Rekapitulasi

Posted by: "rkn rkn" rknmidi@yahoo.com   rknmidi

Tue Jun 19, 2012 6:41 am (PDT)



Dear  Bapak & Ibu,
 
Mohon bantuannya untuk problem yang saya hadapi (tabel dalam file terlampir)
Dimana saya punya Tabel Data dengan jumlah row 2, dan coloum sampai ratusan,
Saya ingin membuat tabel rekapitulasi (model matrix) supaya mudah membacanya, model tabel Hasil Rekap terlampir,
Jika dimungkinkan mohon bantuan penyelesaian tanpa menggunakan macro, (karena saya hanya sedikit memahami macro)
jika tidak dimungkinkan , menggunakan macro juga tidak apa2. :-)
Sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih atas bantuannya,
 
regards,
Rkn
9b.

Re: Cara Membuat Tabel Rekapitulasi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 7:13 am (PDT)



Pak/Bu Rkn,

Mohon posting berikutnya tanpa ada cc ya. Pastikan juga to-nya hanya 1
alamat saja, yaitu alamat milis.

Sebelum membahas solusi, mari dibahas kasusnya lebih dulu :
"saya punya Tabel Data" di huruf B dan C (huruf di Excel mewakili kolom,
jadi ada 2 kolom kan ya dan bukan row 2)
"dan " barisnya mulai baris Excel angka 3 sampai angka 11 dan bahkan bisa
sampai angka ratusan atau puluhan ribu (angka di Excel mewakili baris
[row], jadi ada banyak baris kan ya [bisa jadi ratusan baris] dan bukan
ratusan kolom).
"Saya ingin membuat tabel rekapitulasi (model matrix) ", yaitu sebuah tabel
yang baris-baris terkiri berisi data data di kolom B tapi tunggal atau
tidak berulang (unik) sedangkan baris pertama tabel dibanyak kolomnya akan
berisi data di kolom C yang tunggal juga atau tidak berulang (unik).

Salah satu solusi adalah dengan fungsi SumProduct. Pada cell F4, beri
formula :
=SUMPRODUCT( *($B$3:$B$11=$E4)* *** * ($C$3:$C$11=F$3) * )
>> Bagian *biru* adalah membandingkan setiap isi kolom B dengan isi item
tabel hasil kolom terikiri dibaris yang sedang diproses tersebut (formula
memproses baris 4). Hasilnya adalah TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)

>> Bagian *hijau *adalah membandingkan setiap isi kolom C dengan isi item
tabel hasil baris teratas di kolom yang sedang diproses tersebut (formula
memproses kolom F). Hasilnya adalah TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)

>> Warna *merah *adalah proses perkalian karena kedua hal (*biru* dan *hijau
*) harus terpenuhi seluruhnya (dengan kata lain, setara dengan logika DAN
[bahasa londonya adalah AND])

>> Hasil perkalian ini (*biru* dikali *hijau*) adalah angka 1 atau 0.
>> Seluruh hasil perkaliannya akan dijumlahkan oleh SumProduct. Jadi
hasilnya bisa 0 atau 1 atau lebih dari 1 tergantung data yang cocok.
Artinya, hasil formula adalah jumlah data yang cocok dengan kombinasi
berdasar data kolom B dan data kolom C.

Setelah didapat angka jumlah data yang cocok (yang bisa bernilai 0,1, atau
lebih dari 1 [hasil >=0]), maka ingin ditampilkan sebagai huruf 'v' untuk
yang nilainya >=1. Sedangkan yang 0 harus tidak tampak atau *terkesan *
blank.
Untuk hal ini, maka dibutuhkan format number di cell berformula (F4)
tersebut. Berikut langkahnya :
>> klik kanan F4
>> pilih Format Cells
>> pilih Number
>> pilih Custom
>> tulis di textbox :
"v";;
>> tekan OK

Jadilah formula di cell F4 yang bisa di-copy ke cell lain dikanan dan
bawahnya.

Wassalam,
Kid.

2012/6/19 rkn rkn <rknmidi@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Bapak & Ibu,
>
> Mohon bantuannya untuk problem yang saya hadapi (tabel dalam file
> terlampir)
> Dimana saya punya Tabel Data dengan jumlah row 2, dan coloum sampai
> ratusan,
> Saya ingin membuat tabel rekapitulasi (model matrix) supaya mudah
> membacanya, model tabel Hasil Rekap terlampir,
> Jika dimungkinkan mohon bantuan penyelesaian tanpa menggunakan macro,
> (karena saya hanya sedikit memahami macro)
> jika tidak dimungkinkan , menggunakan macro juga tidak apa2. :-)
> Sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih atas bantuannya,
>
> regards,
> Rkn
>
>
>
9c.

Bls: [belajar-excel] Cara Membuat Tabel Rekapitulasi

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Tue Jun 19, 2012 8:27 am (PDT)



untuk memfilter data  di cell E4 gunakan formula array

{=INDEX($B$3:$B$11;MATCH(;COUNTIF(E$3:E3;$B$3:$B$11);0))}
copy ke bawah

untuk memindah data baris  menjadi  data kolom gunakan formula SUMIFS formula di F4
=IF(COUNTIFS($B$3:$B$11;$E4;$C$3:$C$11;F$3)>0;"v";"")
copy ke kanan dan ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: rkn rkn <rknmidi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc: "rknmidi@yahoo.com" <rknmidi@yahoo.com>
Dikirim: Selasa, 19 Juni 2012 20:41
Judul: [belajar-excel] Cara Membuat Tabel Rekapitulasi


 
Dear  Bapak & Ibu,
 
Mohon bantuannya untuk problem yang saya hadapi (tabel dalam file terlampir)
Dimana saya punya Tabel Data dengan jumlah row 2, dan coloum sampai ratusan,
Saya ingin membuat tabel rekapitulasi (model matrix) supaya mudah membacanya, model tabel Hasil Rekap terlampir,
Jika dimungkinkan mohon bantuan penyelesaian tanpa menggunakan macro, (karena saya hanya sedikit memahami macro)
jika tidak dimungkinkan , menggunakan macro juga tidak apa2. :-)
Sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih atas bantuannya,
 
regards,
Rkn
10a.

Membuat Ringkasan Agenda dari Banyak Sheet-Sheet.xlsx

Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id   tjahyahartono

Tue Jun 19, 2012 8:13 pm (PDT)





Saya boleh minta petunjuknya, Begini saya disuruh buat laporan tiap hari, skemanya

selalu sama bikin sheet yg terupdate setiap harinya. Setiap perusahaan yang saya

telpon selalu diminta update seperti di sheet "15 jun 2012" dan "16 jun 2012"

jadi ada kemungkinan perusahaan yang sama bisa saya telpon besoknya, lusa

atau kapan,(terserah saya karena saya yg telpon). Saya mempunyai ide untuk 

membuat ringkasan dalam suatu sheet tersendiri. Kira-kira ringkasannya seperti ini

Oh ya hampir lupa singkatan2nya GK=gate keeper, TD=Tidak Diangkat, dan T=terjawab.

Kira-kira solusinya bagaimana ya
 
Sincerely Yours,

Tjahya Hartono
11a.

menampilkan no. record terakhir

Posted by: "Faisal Hasman" revolter_ichal@yahoo.com   revolter_ichal

Tue Jun 19, 2012 9:27 pm (PDT)



dear mr. kid

bagaimana caranya menampilkan no. record / urut
terakhir pada satu sheet. dimana ada beberapa
sheet yang memiliki database yang berbeda
file terlampir

wassalam

faisal
11b.

Re: menampilkan no. record terakhir

Posted by: "bagus" bagus@kingjim.co.id   bagus4bls

Tue Jun 19, 2012 9:36 pm (PDT)



Mungkin Begini;

=MAX('DATA SISWA'!B:B)

Bagus


Sent from my Taxiphone®

----- Original Message -----
From: Faisal Hasman
To: excel
Sent: Wednesday, June 20, 2012 11:27 AM
Subject: [belajar-excel] menampilkan no. record terakhir

dear mr. kid

bagaimana caranya menampilkan no. record / urut
terakhir pada satu sheet. dimana ada beberapa
sheet yang memiliki database yang berbeda
file terlampir

wassalam

faisal

11c.

Re: menampilkan no. record terakhir

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Tue Jun 19, 2012 9:56 pm (PDT)



coba gunakan Array formula Count dikombinasikan dengan If

{=*Count*(*If*(('DATA SISWA'!C:C<>"")*('DATA SISWA'!D:D<>"");'DATA
SISWA'!B:B))}

Yang *merah* berfungsi melakukan filter, jika datanya kosong atau tidak
lengkap maka tidak akan dihitung
Yang *biru* berfungsi menghitung berapa banyak record tang lengkap datanya

wassalam,

-dwint-

Pada 20 Juni 2012 11:39, bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

> **
>
>
> **
> Mungkin Begini;
>
> =MAX('DATA SISWA'!B:B)
>
> Bagus
>
> ** **
>
> Sent from my Taxiphone®
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>
> *To:* excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, June 20, 2012 11:27 AM
> *Subject:* [belajar-excel] menampilkan no. record terakhir
>
>
>
> dear mr. kid
>
> bagaimana caranya menampilkan no. record / urut
> terakhir pada satu sheet. dimana ada beberapa
> sheet yang memiliki database yang berbeda
> file terlampir
>
> wassalam
>
> faisal
>
>
>
12a.

Tentang IF

Posted by: "PEACE" boypeace.81@gmail.com   trouble_nih

Tue Jun 19, 2012 10:42 pm (PDT)



saya mencoba memberikan Nilai
>=91 A
>=80 A-
>71 B+
>65 B
>60 B-
>55 C+
>50 C
>45 C-
>35 D
<35 E

seperti itu, saya coba gunakan if karena logika sudah sampai sepuluh ternyata tidak jalan, sementara kalau pake vlookup operator < atau > tidak bisa saya gunakan. mohon solusinya

12b.

Re: Tentang IF

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 19, 2012 11:00 pm (PDT)



Hai Peace,

Dongeng lookup terhadap tabel referensi yang berupa data-data kelas dengan
interval nilai tertentu sudah sering muncul dimilis. Barangkali sampeyan
belum search di milis.

File terlampir memanfaatkan fungsi vLookUp.
Kunci solusi pada file terlampir adalah susunan tabel referensi yang lebih
bersahabat dengan Excel bukan dengan manusia.
Karena Excel tidak tahu apa arti teks >35 dsb.

Wassalam,
Kid.

2012/6/20 PEACE <boypeace.81@gmail.com>

> **
>
>
> saya mencoba memberikan Nilai
> >=91 A
> >=80 A-
> >71 B+
> >65 B
> >60 B-
> >55 C+
> >50 C
> >45 C-
> >35 D
> <35 E
>
> seperti itu, saya coba gunakan if karena logika sudah sampai sepuluh
> ternyata tidak jalan, sementara kalau pake vlookup operator < atau > tidak
> bisa saya gunakan. mohon solusinya
>
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Family and home

Tips for mom

Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar