Rabu, 10 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1832

15 New Messages

Digest #1832
2a
Re: MENGUNCI EXCEL by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
2b
Re: MENGUNCI EXCEL by "Toni Kus indratno" tonny.kuzh@ymail.com
2c
Re: MENGUNCI EXCEL by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
3a
Re: PIVOT TABLE VALUE by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
4a
Bls: [belajar-excel] MAU TANYA RUMUS IF by "andi Kurniawan" kurnia45
6b
Re: bertanya (angka lebih dari 15 digit) by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
8b
Re: Bagaimana cara melihat atachment by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
8c
Re: Bagaimana cara melihat atachment by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Oct 9, 2012 11:36 pm (PDT) . Posted by:

"Omez Twet" omeztwet

Salam Excleer 
saya mau minta bantuanya Saya Punya Data di excle ,Saya inginmengambil beberapa informasi saja yang ada diexcle itu?
wasalam

--- Mods ---
Dimohon untuk memberi judul (subjek email) pada posting baru.
Judul posting baru akan menjadi sebuah thread baru.

Pada proses me-reply thread yang sudah ada (dengan menekan tombol Reply pada aplikasi email masing-masing), tidak perlu menambahkan atau mengurangi apapun pada judul yang sudah dibuatkan oleh aplikasi email yang digunakan masing-masing.
------------

Tue Oct 9, 2012 11:50 pm (PDT) . Posted by:

"M. Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah

coba dengan combinasi rumus Index-Match.

file terlampir.

wassalam

> Salam Excleer 
> saya mau minta bantuanya Saya Punya Data di excle ,Saya inginmengambil
> beberapa informasi saja yang ada diexcle itu?
> wasalam
>
>
> --- Mods ---
> Dimohon untuk memberi judul (subjek email) pada posting baru.
> Judul posting baru akan menjadi sebuah thread baru.
>
> Pada proses me-reply thread yang sudah ada (dengan menekan tombol Reply
> pada aplikasi email masing-masing), tidak perlu menambahkan atau
> mengurangi apapun pada judul yang sudah dibuatkan oleh aplikasi email yang
> digunakan masing-masing.
> ------------

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________

Wed Oct 10, 2012 12:15 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Kasus filtering seperti ini biasanya membutuhkan array formula Small( IF() )
File lampiran :
re-array_formula_filtering.xlsx
-> contoh proses filtering dengan input menggunakan fitur data validation
list. Isi daftar bersifat unik merujuk ke sebuah data referensi

formula_filter_dinamis_per_karakater_input.xlsx
-> contoh proses filtering dengan input menggunakan activex textbox control
agar hasil berdasar per karakter input.

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 Omez Twet <omeztwet@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Salam Excleer
> saya mau minta bantuanya Saya Punya Data di excle ,Saya inginmengambil
> beberapa informasi saja yang ada diexcle itu?
> wasalam
>
> --- Mods ---
> Dimohon untuk memberi judul (subjek email) pada posting baru.
> Judul posting baru akan menjadi sebuah thread baru.
>
> Pada proses me-reply thread yang sudah ada (dengan menekan tombol Reply
> pada aplikasi email masing-masing), tidak perlu menambahkan atau mengurangi
> apapun pada judul yang sudah dibuatkan oleh aplikasi email yang digunakan
> masing-masing.
> ------------
>
>

Tue Oct 9, 2012 11:40 pm (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Dengan VBA Pak.

Coba lihat sisi VBA-nya dengan beralih ke window VBE (tekan ALT F11)
Lihat isi dalam Sheet1, ThisWorkbook, dan Module1

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 Toni Kus indratno <tonny.kuzh@ymail.com>

> **
>
>
> Mohon maaf langkah-langkahnya bagaimana ya,?
> saya masih bingung
>
> tonikus.staff.uad.ac.id
>
>
>
>

Wed Oct 10, 2012 2:01 am (PDT) . Posted by:

"Toni Kus indratno" tonny.kuzh@ymail.com

Maaf Pak sudah saya lihat dan saya coba tapi tetap saja bisa diclose . . . .
Mphpn pencerahan lebih lanjut . . .

 
tonikus.staff.uad.ac.id

Wed Oct 10, 2012 2:07 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Oh masalah security macro nya.

Begini :
1. Buka file tersebut
2. Jika ada pertanyaan apapun, tekan Enable Macro
3. baru coba
4. Jika tidak boleh ditutup sama sekali (alias harus ditutup lewat task
manager), lakukan hal berikut :
>> ke VBE (tekan ALT F11)
>> double click sheet1
>> lihat lembar script VBA dan disana ada blok prosedur berbunyi :
Private Sub cmdClose_Click()
lTry = -1
Application.DisplayAlerts = False
cmdClose.Visible = False
ThisWorkbook.Save
ThisWorkbook.Close False
Application.DisplayAlerts = True
End Sub

>> Hapus yang di-*merah* atau ganti dengan :
msgbox "oooo tidak bisa...",vbcritical,"pesannya"

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 Toni Kus indratno <tonny.kuzh@ymail.com>

> **
>
>
> Maaf Pak sudah saya lihat dan saya coba tapi tetap saja bisa diclose . . .
> .
> Mphpn pencerahan lebih lanjut . . .
>
> tonikus.staff.uad.ac.id
>
>
>

Wed Oct 10, 2012 12:24 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

hehehe....
Pivot Table dari Multiple Consolidation Range pasti hanya bisa berisi 1
field disisi row field.
Bagaimana kalau begini saja opsinya :
1. Jika tetap seperti itu, coba buat kolom tambahan di kiri pivotnya (2
kolom, 1 untuk kode + 1 untuk product name). Lakukan lookup untuk dapatkan
product name nya

2. Mencari sumber data w1 sampai w5 yang tergabung menjadi 1 sheet atau 1
table, dengan begitu, bisa disusun pivot table (bukan consolidation range
pivot table)

3. Jika tidak menemukan sumber data w1 sampai w5 yang tergabung dalam 1
sheet atau 1 table, maka mulai buat sebuah database, lebih baik lagi jika
di file lain.

Sepertinya 3 opsi itu sudah cukup banyak untuk jadi bahan pilihan.
ndak ada yang enak sih, tapi ndak apa-apa. Hal seperti ini memang salah
satu resiko pengolahan data tidak berbasis data yang berkaidah database.
Bisa jadi, ada juga cara lain yang lebih simple dari 3 cara di atas yang
lebih ciamik selain dengan formula atau VBA. Yang jelas, akan lebih mudah
jika sumber data yang diolah berbasis suatu tabel berkaidah database
sebagai sebuah tabel utuh (tidak terpisah dalam banyak sheet).

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>

> **
> Thanks Master Kid,
>
> Terlampir contoh filenya
>
> Ade
>
>
>
> On Wed, 10 Oct 2012 12:24:12 +0700, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> > Pak Ade,
> >
> > Coba :
> > 1. hilangkan produk name dari pivot table.
> > 2. tarik nama field produk ke sebelah kiri Kode
> >
> > Biasanya contoh file dengan sedikit data contoh dan pivot tablenya akan
> > lebih banyak membantu dibandingkan sebuah image.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/10/10 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
> >
> >> **
>
> >>
> >>
> >> Dear BeExceller,
> >>
> >> Saya mempunyai pivot table consolidate dengan sum of value.
> >> Pada kolom produk name/part name seharusnya nama produk yang muncul.
> >> Akan tetapi yang muncul adalah angka 0.
> >> Fungsi apakah untuk memunculkan nama produk tersebut?
> >> Apakah bisa dimunculkan sesuai data source?
> >> Kenapa Untuk Kolom Kode Muncul Kode tetapi untuk nama malah muncul
> >> angka 0?
> >>
> >> Ade
> >>
> >>
> >>
>
>
>
>

Wed Oct 10, 2012 1:35 am (PDT) . Posted by:

"andi Kurniawan" kurnia45

Matur Thanx qyu Om Kid n exceller..... ternyata komanya.......

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 10 Oktober 2012 12:58
Judul: Re: [belajar-excel] MAU TANYA RUMUS IF


 
Pak Andi,

Pada syarat yang berbunyi :

A. JIKA H51=INT MAKAM6=1,
B. JIKA H51=FG MAKAM6=2,
C. JIKA H51=SG MAKA M6=3.
Formula pada M6 :
>> Kondisi 1 : sesuai syarat A
IF(   H51 = "INT"   ,  1  ,  syarat_B  )

>> Kondisi 2 : sesuai syarat B (baris ini nanti masuk ke tulisan syarat_B pada kondisi 1)
IF(  H51 = "FG"  ,  2  ,   syarat_C   )

>> Kondisi 3 : sesuai syarat C (baris ini nanti masuk ke tulisan syarat_C pada kondisi 2)
IF(  H51 = "SG"  ,  3   ,  syarat_D  )

>> Kondisi 4 : (baris ini nanti masuk ke tulisan syarat_D pada kondisi 3)
sudah tidak ada, maka jika masih ada yang memenuhi sampai kondisi ini, diisi NULLSTRING saja ("")

Disusun ulang seluruhnya mulai dari kondisi 1 (jangan lupa tanda '=' sebagai awal formula)
=  IF(   H51 = "INT"   ,  1  ,  IF(  H51 = "FG"  ,  2  ,   IF(  H51 = "SG"  ,  3   ,  ""  )   )  )

Perhatikan karakter koma (,) dalam formula.
Jika formula di atas menghasilkan error, maka bisa jadi regional setting komputer adalah Indonesia. Maka ganti semua tanda koma (pemisah item input parameter fungsi) dengan karakter titik koma, menjadi seperti formula berikut ini :
=  IF(   H51 = "INT"   ;  1  ;  IF(  H51 = "FG"  ;  2  ;   IF(  H51 = "SG"  ;  3   ;  ""  )   )  )

Wassalamualaikum Wr. Wb.,
Kid

2012/10/10 andi Kurniawan <kurnia45@yahoo.com>


>Salam kenal Exceller, sudah lama bergabung tapi maf saya baru belajar excel dan sekarang ingin menanyakan rumus if....
>Mohon bantuannya terima kasih
>
>
>File terlampir dan saya pakai excel 2010
>
>

Wed Oct 10, 2012 1:49 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

Pak Praz,

sedikit saran, kenapa datanya tidak digabung dalam 1 sheet saja, lalu di
sheet yang lain adalah hasil perhitungan sekaligus laporan yang akan dicetak

tentu nilai yang dicari (jumlah, rata-rata, median) atau mungkin yang lain
seperti modus, standar deviasi, quartil, persentil pasti berasal dari data
yang sama, jadi tidak perlu dibuat pada sheet terpisah.
>> ini hanya pendapat saya pribadi yang gak ngerti statistika lho.. ^_^

mungkin setelah itu baru pembuatan vba-nya akan lebih mudah

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 10 Oktober 2012 08:09, Prazt Math <praztmath@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Dear exceller...****
>
> Mohonbantuannya dengan permasalahan yang menyandung langkah saya seperti
> pada file terlampir****
>
> (permasalahan / pertanyaan ada di file lampiran)****
>
> Terimakasih atas segala bantuan beserta ilmunya...****
>
>
>

Wed Oct 10, 2012 4:58 am (PDT) . Posted by:

"Edi Ginting"

Yth mr excel,

Bagaimana caranya saya dapat menampilkan nilai angka secara utuh didalam
satu cell sebanyak 20 digit. Karena sudah saya coba untuk menuliskan
123456789123456789 menjadi 1.23457E+16 contoh terlampir.

Kesulitannya data tersebut bukan langsung kita entry di excel tapi
pemindahan dari system program ke excxel

Thanks

E.ginting

--- Mods ---
Dimohon untuk memberi judul email yang spesifik mencerminkan kasus yang diutarakan. Hal ini akan mempermudah pencarian diwaktu yang akan datang oleh member lainnya.
------------

Wed Oct 10, 2012 5:27 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Pak Ginting,

Sebaiknya Bapak mulai mengenalis Excel dari batasan yang dimilikinya :
(terutama Calculation Specifications-nya)
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP005199291.aspx

Berhubung tingkat kepresisian Excel hanya 15 Digit, maka seluruh nilai
lebih dari 15 digit akan presisi hanya sampai 15 digitnya saja.
Untuk menyimpan data nilai yang lebih dari 15 digit di Excel, maka data
tersebut harus bertipe data text. Proses kalkulasi apapun tidak
dimungkinkan, karena akan mengubah tipedata menjadi bertipe numerik dan
akhirnya akan terjadi hilangnya kepresisian angka. Proses kalkulasi yang
dilakukan melalui VBA, yang membutuhkan kemampuan programming, akan
dibatasi oleh spesifikasi dari VBA itu sendiri. Hasilnya harus ditulis ke
cell Excel sebagai data bertipe text.

Jika data diambil dari sistem lain, maka pastikan proses import data atau
proses ekstrasi data akan menghasilkan data bertipe text dan bukan data
bertipe numerik. Dengan demikian, maka nilai akan tertulis seutuhnya tanpa
ada hilangkan tingkat kepresisian nilai.

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 Edi Ginting <eginting@bbip.co.id>

> **
>
>
> Yth mr excel,
>
> Bagaimana caranya saya dapat menampilkan nilai angka secara utuh didalam
> satu cell sebanyak 20 digit. Karena sudah saya coba untuk menuliskan
> 123456789123456789 menjadi 1.23457E+16 contoh terlampir.
>
> Kesulitannya data tersebut bukan langsung kita entry di excel tapi
> pemindahan dari system program ke excxel
>
> Thanks
>
> E.ginting
>
> --- Mods ---
> Dimohon untuk memberi judul email yang spesifik mencerminkan kasus yang
> diutarakan. Hal ini akan mempermudah pencarian diwaktu yang akan datang
> oleh member lainnya.
> ------------
>
>

Wed Oct 10, 2012 7:50 am (PDT) . Posted by:

"onno95" onno95

mantaf, makasih banget gan. bruntung bgt sy nemuin milis ini

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Pak Onno,
>
> 1. Dengan format Number :
> >> Cara ini akan membuat cell tetap berisi data bertipe datetime hasil
> formula today() dan bukan bertipe text.
> >> Langkahnya : klik kanan cell -> format cells -> number -> custom -> pada
> textbox tulis : *MMMM* -> tekan OK
> >> Tampilannya akan berupa nama bulan mengikuti regional setting komputer
> (yang diatur melalui windows control panel)
> >> JIka ingin selalu tampil dengan bahasa Indonesia, ganti tulisan *MMMM *dengan
> *[$-421]MMMM* (kode 421 adalah kode locale Indonesia)
> >> Cara ini tidak bisa dibentuk agar tampil sebagai huruf kapital
> seluruhnya atau sebagai huruf kecil semua.
>
> 2. Dengan fungsi Text :
> >> Cara ini akan menghasilkan nilai cell bertipe text.
> >> Jika ingin mengambil nama bulan dari hasil formula Today(), maka
> tambahkan fungsi Text didepannya menjadi :
> =*Text( * Today() * , "**MMMM**" )*
> >> Untuk setting menjadi selalu bertampilan bahasa Indonesia, ganti *MMMM *menjadi
> *[$-421]MMMM*
> >> Jika diinginkan hasilnya berupa huruf kapital seluruhnya, tambahkan
> fungsi Upper. Jika ingin huruf kecil semua, ganti Upper menjadi Lower.
> =Upper( *Text( * Today() * , "**MMMM**" )* )
>
> Wassalamulaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
> 2012/10/10 onno95 <onno95@...>
>
> > **
> >
> >
> > dear master,
> >
> > mohon bantuan nya para master. sy msh bingung gmn cara mengambil nama
> > bulan nya saja dari rumus =today().
> >
> > contoh:
> >
> > hasil dari rumus =today() adalah 10 oktober 2012. bgm caranya supaya saya
> > hanya menampilkan oktober saja. sy dah coba dengan fungsi mid tp tdk bisa,
> > krn format nya tgl, mid mau nya format text.
> >
> > sekian dan terimakasih
> >
> >
> >
> >
>

Wed Oct 10, 2012 8:13 am (PDT) . Posted by:

"onno95" onno95

mohon maaf gan mau tanya, kalau mau donlot atachment yg disertakan member saat ajuin pertanyaan gimana ya, soalnya penting untuk dipelajari.

terima kasih

Wed Oct 10, 2012 8:21 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Pak Onno,

Untuk bisa mengunduh attachment :
1. Setting keanggotaan dalam menerima email dari milis harus berupa
Individual Email.
>> Mulai saat ini setting Bapak sudah diubah dari Daily digest menjadi
Individual email, sehingga email yang dikirim oleh milis ke akun email
Bapak akan berisi attachment jika memang ada attachment file-nya.
>> Jika Bapak tidak berkenan dengan banyaknya jumlah email berattachment,
maka Bapak bisa mengatur ulang status tersebut dengan cara :
A. login Yahoo
B. ke website milis
C. atur setting
D. menerima email diatur menjadi selain Individual Email.

2. Bukalah email pada folder Inbox akun email Bapak dengan aplikasi email
seperti outlook, thunderbird, atau buka langsung di website penyedia email
Bapak seperti GMail untuk Google Mail atau Yahoo Mail untuk akun yahoo.
>> Setiap email yang masuk Inbox akan disertai attachment jika memang ada.
Bapak bisa mengunduhnya langsung dengan klik pada link nama file tersebut.
>> File terlampir adalah contoh attachment yang bisa Bapak unduh

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 onno95 <onno95@gmail.com>

> **
>
>
> mohon maaf gan mau tanya, kalau mau donlot atachment yg disertakan member
> saat ajuin pertanyaan gimana ya, soalnya penting untuk dipelajari.
>
> terima kasih
>
>
>

Wed Oct 10, 2012 8:27 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Ops, ada yang terlewatkan.

3. Untuk melihat dan mengunduh attachment yang ada dalam posting-posting
lama, mulai posting per tanggal 25 April 2011 juga dapat diunduh dari :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
Archive milis juga berisi file attachment yang bisa diunduh. Silakan ke
link berikut :
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/index.html

4. Jika ingin mengunduh beberapa file yang mungkin berguna, coba login
yahoo dan masuk ke website milis di folder files berikut :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
dan silakan pilih file yang ingin diunduh.
Beberapa file attachment atau kiriman BeExceller yang dinilai dapat
bermanfaat luas, juga bisa diunduh di :
http://www.4shared.com/folder/vlA08EdU/Dari_Member_Untuk_Member.html

Semoga semua fasilitas tersebut di atas dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya
untuk seluruh BeExceller.

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> Pak Onno,
>
> Untuk bisa mengunduh attachment :
> 1. Setting keanggotaan dalam menerima email dari milis harus berupa
> Individual Email.
> >> Mulai saat ini setting Bapak sudah diubah dari Daily digest menjadi
> Individual email, sehingga email yang dikirim oleh milis ke akun email
> Bapak akan berisi attachment jika memang ada attachment file-nya.
> >> Jika Bapak tidak berkenan dengan banyaknya jumlah email berattachment,
> maka Bapak bisa mengatur ulang status tersebut dengan cara :
> A. login Yahoo
> B. ke website milis
> C. atur setting
> D. menerima email diatur menjadi selain Individual Email.
>
> 2. Bukalah email pada folder Inbox akun email Bapak dengan aplikasi email
> seperti outlook, thunderbird, atau buka langsung di website penyedia email
> Bapak seperti GMail untuk Google Mail atau Yahoo Mail untuk akun yahoo.
> >> Setiap email yang masuk Inbox akan disertai attachment jika memang ada.
> Bapak bisa mengunduhnya langsung dengan klik pada link nama file tersebut.
> >> File terlampir adalah contoh attachment yang bisa Bapak unduh
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/10/10 onno95 <onno95@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> mohon maaf gan mau tanya, kalau mau donlot atachment yg disertakan member
>> saat ajuin pertanyaan gimana ya, soalnya penting untuk dipelajari.
>>
>> terima kasih
>>
>>
>>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar