Kamis, 11 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1834

15 New Messages

Digest #1834
2a
Re: MENGUNCI EXCEL by "Toni Kus indratno" tonny.kuzh@ymail.com
2b
Re: MENGUNCI EXCEL by "aji mumpung"
3b
4b
Re: tanya cara print dg menggunakan tombol bottom by "Muhammad Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah
5a
Re: tunggakan spp by "onno95" onno95
6
edit data..tidak mau berubah...? by "achmad adi" didon13@ymail.com
7a

Messages

Wed Oct 10, 2012 10:09 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

coba gunakan SumProduct & Right

=SUMPRODUCT((RIGHT($B$5:$B$76;11)=$B85)*($D$5:$D$76))

file terlampir

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 11:46, vina azha <vee_nha@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Assalamu'alaikum
> salam kenal semua nya,,,saya newbie di milis ini,,
> saya punya permasalahan dalam menggunakan rumus excel untuk menghitung
> jumlah suatu kolom jika rumus yang digunakan utk menghitung tersebut hanya
> mengacu pada beberapa karakter kode saja.
>
> Misal :
> 06.07.5.2.2.01.01 = Belanja alat tulis kantor
> uraian kode nya :
> 06 = Kode Program (2 digit di awal sebelah kiri merupakan kode program)
> 07 = Kode Kegiatan
> 5.2.2.01.01 = Kode Nama Rekening Belanja (11 karakter dari kanan kode
> rekening merupakan nama rekening belanja) , Mis : Belanja Alat tulis kantor
>
>
>
> contoh kasus:
> KODE REKENING NAMA REKENING BELANJA
>
> 06.07.5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor 500
> 06.07.5.2.2.06.01 Belanja cetak 700
> 06.07.5.2.2.06.02 Belanja penggandaan 200
> 18.02.5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor 100
> 19.27.5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor 500
> 19.27.5.2.2.06.01 Belanja cetak 200
> 19.27.5.2.2.06.02 Belanja Penggandaan 100
> 26.04.5.2.2.01.01 Belanja Alat tulis Kantor 800
>
>
> permasalahan nya : Bagaimana rumus nya jika saya ingin mengetahui total
> jumlah keseluruhan "belanja cetak" atau "belanja alat tulis kantor" pada
> pada tabel diatas untuk semua kode program dan kegiatan (tanpa
> memperhatikan kode program dan kegiatan)?
>
> 5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor ?
> 5.2.2.06.01 Belanja cetak ?
>
> Jika rumus yang digunakan benar, maka total belanja alat tulis kantor
> (5.2.2.01.01) adalah sebesar : 1.900
>
> Rumus apa yg harus di gunakan jika acuan nya adalah kolom "Kode Rekening"
> dengan mengambil 11 karakter dari kanan kode rekening tersebut(misal : 11
> karakter dari kanan yaitu 5.2.2.01.01) ??
>
> saya udah mencoba rumus dibawah ini , tp kliatan nya kurang tepat.
> =SUMIF($B$5:$B$76;RIGHT(B85;11)="5.2.2.01.01";$D$9:$D$76)
>
> bagaimana penyelesaian nya??
>
>
> trimakasih...
>
> file excel saya sertakan :
>
>
>
>

Wed Oct 10, 2012 10:12 pm (PDT) . Posted by:

"M. Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah

Wa'alaikumsalam,

salam kenal juga mb vina,

Coba dengan rumus Sumproduct + Right & Sumif + "*"

File Terlampir,

wassalam,

Ferdy

> Assalamu'alaikum
>
> salam kenal semua nya,,,saya newbie di milis ini,,
>
> saya punya permasalahan dalam menggunakan rumus excel untuk menghitung
> jumlah suatu kolom jika rumus yang digunakan utk menghitung tersebut
> hanya mengacu pada beberapa karakter kode saja.
>
>
>
> Misal :
>
> 06.07.5.2.2.01.01 =  Belanja alat tulis kantor
>
> uraian kode nya :
>
> 06  =    Kode Program (2 digit di awal sebelah kiri merupakan kode
> program)
>
> 07  =    Kode Kegiatan
>
> 5.2.2.01.01  =    Kode Nama Rekening Belanja (11 karakter dari kanan
> kode rekening merupakan nama rekening belanja) , Mis : Belanja Alat
> tulis kantor
>
>                 
>
>     
>
>
>
> contoh kasus:
>
> KODE REKENING           NAMA REKENING                   BELANJA
>
>
>
> 06.07.5.2.2.01.01    Belanja alat tulis kantor                      500
>
> 06.07.5.2.2.06.01    Belanja cetak                                    700
>
> 06.07.5.2.2.06.02    Belanja penggandaan                         200
>
> 18.02.5.2.2.01.01    Belanja alat tulis kantor                      100
>
> 19.27.5.2.2.01.01    Belanja alat tulis kantor                      500
>
> 19.27.5.2.2.06.01    Belanja cetak                                    200
>
> 19.27.5.2.2.06.02    Belanja Penggandaan                        100
>
> 26.04.5.2.2.01.01    Belanja Alat tulis Kantor                     800
>
>
>
>
>
> permasalahan nya : Bagaimana rumus nya jika saya ingin mengetahui total
> jumlah keseluruhan "belanja cetak" atau "belanja alat tulis kantor" pada
> pada tabel diatas untuk semua kode program dan kegiatan (tanpa
> memperhatikan kode program dan kegiatan)?
>
>
>
> 5.2.2.01.01    Belanja alat tulis kantor  ?
>
> 5.2.2.06.01    Belanja cetak              ?
>
>
>
> Jika rumus yang digunakan benar, maka total belanja alat tulis kantor
> (5.2.2.01.01) adalah sebesar : 1.900
>
>
>
> Rumus apa yg harus di gunakan jika acuan nya adalah kolom "Kode
> Rekening" dengan mengambil 11 karakter dari kanan kode rekening
> tersebut(misal : 11 karakter dari kanan yaitu 5.2.2.01.01) ??
>
>
>
> saya udah mencoba rumus dibawah ini , tp kliatan nya kurang tepat.
>
>  =SUMIF($B$5:$B$76;RIGHT(B85;11)="5.2.2.01.01";$D$9:$D$76)
>
>
>
> bagaimana penyelesaian nya??
>
>
>
>
>
> trimakasih...
>
> file excel saya sertakan :
>
>  
>
>
>

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________

Wed Oct 10, 2012 10:13 pm (PDT) . Posted by:

"veeria_165" veeria_165

Assalamu'alaikum
salam kenal semua nya,,,saya newbie di milis ini,,
saya punya permasalahan dalam menggunakan rumus excel untuk menghitung
jumlah suatu kolom jika rumus yang digunakan utk menghitung tersebut
hanya mengacu pada beberapa karakter kode saja.

Misal :
06.07.5.2.2.01.01 = Belanja alat tulis kantor
uraian kode nya :
06 = Kode Program (2 digit di awal sebelah kiri merupakan kode
program)
07 = Kode Kegiatan
5.2.2.01.01 = Kode Nama Rekening Belanja (11 karakter dari kanan
kode rekening merupakan nama rekening belanja) , Mis : Belanja Alat
tulis kantor

contoh kasus:
KODE REKENING NAMA REKENING BELANJA

06.07.5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor 500
06.07.5.2.2.06.01 Belanja cetak 700
06.07.5.2.2.06.02 Belanja penggandaan 200
18.02.5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor 100
19.27.5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor 500
19.27.5.2.2.06.01 Belanja cetak 200
19.27.5.2.2.06.02 Belanja Penggandaan 100
26.04.5.2.2.01.01 Belanja Alat tulis Kantor 800

permasalahan nya : Bagaimana rumus nya jika saya ingin mengetahui total
jumlah keseluruhan "belanja cetak" atau "belanja alat tulis kantor" pada
pada tabel diatas untuk semua kode program dan kegiatan (tanpa
memperhatikan kode program dan kegiatan)?

5.2.2.01.01 Belanja alat tulis kantor ?
5.2.2.06.01 Belanja cetak ?

Jika rumus yang digunakan benar, maka total belanja alat tulis kantor
(5.2.2.01.01) adalah sebesar : 1.900

Rumus apa yg harus di gunakan jika acuan nya adalah kolom "Kode
Rekening" dengan mengambil 11 karakter dari kanan kode rekening
tersebut(misal : 11 karakter dari kanan yaitu 5.2.2.01.01) ??

saya udah mencoba rumus dibawah ini , tp kliatan nya kurang tepat.
=SUMIF($B$5:$B$76;RIGHT(B85;11)="5.2.2.01.01";$D$9:$D$76)

bagaimana penyelesaian nya??

trimakasih...

Wed Oct 10, 2012 10:11 pm (PDT) . Posted by:

"Toni Kus indratno" tonny.kuzh@ymail.com

sudah tak coba sama persis,,tapi kok tetep tidak bisa ya,??
Mungkin bapak bisa memberi langkahnya step by step,??hehe

 
tonikus.staff.uad.ac.id

Wed Oct 10, 2012 11:07 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hehehe... saya juga bingung kenapa di komputer bapak tidak bisa jalan ya..

mungkin begini saja pak.. coba dikirim screen shot langkah2 yang sudah pak
toni jalankan.. nanti baru bisa diketahui masalahnya ada dimana..

atau mungkin ada member millis ini yang kira2 tau apa masalah yang dihadapi
oleh pak toni, bisa tolong di share ilmunya di sini

tetap semangat pak..

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 12:07, Toni Kus indratno <tonny.kuzh@ymail.com>menulis:

> **
>
>
> sudah tak coba sama persis,,tapi kok tetep tidak bisa ya,??
> Mungkin bapak bisa memberi langkahnya step by step,??hehe
>
>
> tonikus.staff.uad.ac.id
>
>
>

Wed Oct 10, 2012 10:57 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hai sunppy,

coba di cell hasil,
klik kanan tombol mouse >>> pilih "Format Cell" >>> Pilih tab "Number"
>>> pada category pilih "Number" >>> pada decima place pilih angka 2
>>> OK

jadi initinya adalah pada awalnya angka dibelakang koma tidak tampil.. lalu
ditampilkan

tidak ada yang salah dengan perhitungannya

wassalam,

-aji mumupung-

Pada 11 Oktober 2012 09:07, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> master excel yg baik,
>
> saya mau tanya tentang penjumlahan, ada angka yang beda jika dijumlah
> secara manual (kalkulator) dan dengan memakai fungsi sum.
> saya lampirkan file contohnya...
>
> terima kasih untuk jawabn dan penjelasannya
>
> salam,
> Snupy
>
>
>

Thu Oct 11, 2012 1:44 am (PDT) . Posted by:

"cepwahyu" juragan_75

Dear Indria,

Dikalkulator saya sama persis tuh antara pake Sum di kompi dengan manual kalkulator.

Best Regards

CW

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of indria pie
Sent: 11 Oktober 2012 9:07
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] ko' hasil penjumlahan tidak sama ya?

master excel yg baik,

saya mau tanya tentang penjumlahan, ada angka yang beda jika dijumlah secara manual (kalkulator) dan dengan memakai fungsi sum.

saya lampirkan file contohnya...

terima kasih untuk jawabn dan penjelasannya

salam,

Snupy

Wed Oct 10, 2012 11:17 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

pak praz,

kelihatannya pengetahuan saya tentang macro belum sampai ke tahap ini..

sambil saya pelajari lebih lanjut kasusnya mungkin nanti ada member millis
ini yang berbaik hati berbagi ilmunya.. sekaligus menerangkan algoritma
pemrogramannya..

tetap semangat pak..

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 10:22, Prazt Math <praztmath@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Dear pk Aji.****
>
> Permalasahannya datanya berubah-ubah, terus sebetulnya sheetnya banyak
> sekali, sudah saya coba jadikan dalam satu sheet tp malah tambah ribet ,
> sering ada errornya pada data...maka dari itu, saya berpikir bagaimana kl
> tidak jd 1 sheet seperti pada permasalahan yang sudah saya tulis...terima
> kasih atas partisipasinya pak Aji...****
>
>
>

Thu Oct 11, 2012 1:31 am (PDT) . Posted by:

"Muhammad Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah

Dear Pak Praz,

Ikut nimbrung dikit ya..

Saya kurang begitu paham mengenai detail macro, saya cuma tahu macro dengan
cara me-"RECORD"-nya dan kemudian mengambil rumus macronya..

Untuk hal" yg lebih detail mungkin para master excel bisa lebih
menjelaskannya..

Alhasil coba-coba saya lampirkan di email ini..

Wassalam,

Ferdy

Ctt :

- Agar hasil maksimal, ada baiknya di tiap sheet yg akan di print,
harap di setting dulu print area dan previewnya..

- Macro = repot diawal, efisien = di akhirnya..

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of aji mumpung
Sent: Thursday, October 11, 2012 1:18 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] tanya cara print dg menggunakan tombol bottom

pak praz,

kelihatannya pengetahuan saya tentang macro belum sampai ke tahap ini..

sambil saya pelajari lebih lanjut kasusnya mungkin nanti ada member millis
ini yang berbaik hati berbagi ilmunya.. sekaligus menerangkan algoritma
pemrogramannya..

tetap semangat pak..

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 10:22, Prazt Math <praztmath@gmail.com> menulis:

Dear pk Aji.

Permalasahannya datanya berubah-ubah, terus sebetulnya sheetnya banyak
sekali, sudah saya coba jadikan dalam satu sheet tp malah tambah ribet ,
sering ada errornya pada data...maka dari itu, saya berpikir bagaimana kl
tidak jd 1 sheet seperti pada permasalahan yang sudah saya tulis...terima
kasih atas partisipasinya pak Aji...

Thu Oct 11, 2012 1:44 am (PDT) . Posted by:

"Prazt Math" praztmath

Thanks pak Aji...

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of aji mumpung
Sent: 11 Oktober 2012 13:18
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] tanya cara print dg menggunakan tombol bottom

pak praz,

kelihatannya pengetahuan saya tentang macro belum sampai ke tahap ini..

sambil saya pelajari lebih lanjut kasusnya mungkin nanti ada member millis
ini yang berbaik hati berbagi ilmunya.. sekaligus menerangkan algoritma
pemrogramannya..

tetap semangat pak..

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 10:22, Prazt Math <praztmath@gmail.com> menulis:

Dear pk Aji.

Permalasahannya datanya berubah-ubah, terus sebetulnya sheetnya banyak
sekali, sudah saya coba jadikan dalam satu sheet tp malah tambah ribet ,
sering ada errornya pada data...maka dari itu, saya berpikir bagaimana kl
tidak jd 1 sheet seperti pada permasalahan yang sudah saya tulis...terima
kasih atas partisipasinya pak Aji...

Thu Oct 11, 2012 2:01 am (PDT) . Posted by:

"Prazt Math" praztmath

Boleh mr. Muh, nanti saya coba hasil recordnya njenengan....syukron

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Muhammad Ferdiansyah
Sent: 11 Oktober 2012 15:28
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] tanya cara print dg menggunakan tombol bottom

Dear Pak Praz,

Ikut nimbrung dikit ya..

Saya kurang begitu paham mengenai detail macro, saya cuma tahu macro dengan
cara me-"RECORD"-nya dan kemudian mengambil rumus macronya..

Untuk hal" yg lebih detail mungkin para master excel bisa lebih
menjelaskannya..

Alhasil coba-coba saya lampirkan di email ini..

Wassalam,

Ferdy

Ctt :

- Agar hasil maksimal, ada baiknya di tiap sheet yg akan di print,
harap di setting dulu print area dan previewnya..

- Macro = repot diawal, efisien = di akhirnya..

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of aji mumpung
Sent: Thursday, October 11, 2012 1:18 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] tanya cara print dg menggunakan tombol bottom

pak praz,

kelihatannya pengetahuan saya tentang macro belum sampai ke tahap ini..

sambil saya pelajari lebih lanjut kasusnya mungkin nanti ada member millis
ini yang berbaik hati berbagi ilmunya.. sekaligus menerangkan algoritma
pemrogramannya..

tetap semangat pak..

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 10:22, Prazt Math <praztmath@gmail.com> menulis:

Dear pk Aji.

Permalasahannya datanya berubah-ubah, terus sebetulnya sheetnya banyak
sekali, sudah saya coba jadikan dalam satu sheet tp malah tambah ribet ,
sering ada errornya pada data...maka dari itu, saya berpikir bagaimana kl
tidak jd 1 sheet seperti pada permasalahan yang sudah saya tulis...terima
kasih atas partisipasinya pak Aji...

Thu Oct 11, 2012 2:02 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

Mas Ferdy,

terima kasih sudah berbaik hati berbagi ilmunya.. setiap usaha dari member
millis ini untuk membantu member yang lain akan sangat dihargai.. dan
semoga menjadi berkah untuk semua
saya juga belajar macro sejak pertengahan agustus kemarin saat cuti idul
fitri dengan cara merekam macro..

tetap semangat belajar macro mas.. semoga ilmunya menjadi berkah dan
semakin bertambah..Aamiiin

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 15:27, Muhammad Ferdiansyah <muh_ferdy@pusri.co.id>menulis:

> **
>
>
> Dear Pak Praz,****
>
> ** **
>
> Ikut nimbrung dikit ya..****
>
> ** **
>
> Saya kurang begitu paham mengenai detail macro, saya cuma tahu macro
> dengan cara me-"RECORD"-nya dan kemudian mengambil rumus macronya..****
>
> Untuk hal" yg lebih detail mungkin para master excel bisa lebih
> menjelaskannya..****
>
> ** **
>
> Alhasil coba-coba saya lampirkan di email ini..****
>
> ** **
>
> Wassalam,****
>
> Ferdy****
>
> ** **
>
> Ctt :****
>
> **- **Agar hasil maksimal, ada baiknya di tiap sheet yg akan di
> print, harap di setting dulu print area dan previewnya..****
>
> **- **Macro = repot diawal, efisien = di akhirnya..****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *aji mumpung
> *Sent:* Thursday, October 11, 2012 1:18 PM
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] tanya cara print dg menggunakan tombol
> bottom****
>
> ** **
>
> ****
>
> pak praz,****
>
> ** **
>
> kelihatannya pengetahuan saya tentang macro belum sampai ke tahap ini..***
> *
>
> ** **
>
> sambil saya pelajari lebih lanjut kasusnya mungkin nanti ada member millis
> ini yang berbaik hati berbagi ilmunya.. sekaligus menerangkan algoritma
> pemrogramannya..****
>
> ** **
>
> tetap semangat pak..****
>
> ** **
>
> wassalam,****
>
> ** **
>
> -aji mumpung-****
>
> Pada 11 Oktober 2012 10:22, Prazt Math <praztmath@gmail.com> menulis:****
>
> ****
>
> Dear pk Aji.****
>
> Permalasahannya datanya berubah-ubah, terus sebetulnya sheetnya banyak
> sekali, sudah saya coba jadikan dalam satu sheet tp malah tambah ribet ,
> sering ada errornya pada data...maka dari itu, saya berpikir bagaimana kl
> tidak jd 1 sheet seperti pada permasalahan yang sudah saya tulis...terima
> kasih atas partisipasinya pak Aji...****
>
> ** **
>
> ****
>
>
>

Thu Oct 11, 2012 1:44 am (PDT) . Posted by:

"onno95" onno95

mantap! makasih banyak mas saif

Pada 11 Oktober 2012 08:17, Saifudin Mnp <saifmnp@ymail.com> menulis:

> **
>
>
> bagaimana jika "hanya muncul sampai bulan sekarang" saya ubah menjadi
> "muncul sampai dengan bulan tertentu"?
> terlampir semoga sesuai keinginan
>
> ------------------------------
> *Dari:* onno95 <onno95@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 11 Oktober 2012 7:52
> *Judul:* [belajar-excel] tunggakan spp
>
>
> assalamualaikum,
>
> mohon bantuan agan2 master, bagaimana caranya supaya tunggakan hanya
> muncul sampe bulan skarang, bulan yg akan datang tidak muncul. berikut sy
> lampirkan file nya
>
> sekian dan terima kasih
>
> wassalamualaikum
>
>
> --
> ===================
> http://onno95.blogspot.com
>
>
>
>

--
===================
http://onno95.blogspot.com

Thu Oct 11, 2012 1:44 am (PDT) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com

dear master,

mohon bantuanya masalah yang saya hadapi,,,
setelah menggabungkan beberapa rumusdari milis...ada yang bingung,,
saya sertakan file lebih jelasnya,,,
terimakasih....

Thu Oct 11, 2012 1:50 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

pak Azwar,

untuk kasus ini agak sulit menggunakan conditional formating (CF) karena
logika pemilihan cell tidak menggunakan kriteria bertipe Numeric atau
Alphabet tetapi menggunakan interior yang dimiliki oleh suatu cell.

solusi yang saat ini dapat saya berikan adalah menggunakan macro (VBA)

kode ini ditulis di sheet1 pada event Activate

Private Sub Worksheet_Activate()
' variabel untuk menyimpan nilai : indeks suatu kolom, nomor baris,
nomor kolom, dan nomor hari
Dim IdxCol, r, c, WDay As Long
' variabel untuk menyimpan nama hari
Dim Hari As String

' non-aktifkan mode update screen
Application.ScreenUpdating = False
' untuk baris 1 sampai 100
For r = 1 To 100
' untuk kolom 1 sampai 100
For c = 1 To 100
' jika pada cell tersebut diberi format pattern Light Down, maka
If Cells(r, c).Interior.Pattern = xlLightDown Then
' ambil nomor kolom dari cell tersebut
IdxCol = Cells(r, c).Column
' ambil nilai hari, senin adalah hari pertama & minggu hari
ke-7
WDay = Weekday(Date, vbMonday)
' pilih hari dalam 1 minggu
Select Case WDay
' hari ke-1 = Senin
Case 1
Hari = "MON"
' hari ke-2 = selasa
Case 2
Hari = "TUE"
' hari ke-3 = rabu
Case 3
Hari = "WED"
' hari ke-4 = kamis
Case 4
Hari = "THU"
' hari ke-5 = jum'at
Case 5
Hari = "FRI"
' akhir dari pemilihan
End Select
' jika nilai cell = nomor hari dalam 1 minggu, maka
If Cells(2, IdxCol).Value = Hari Then
' kasih format pattern Light Down
Cells(r, c).Interior.Pattern = xlLightDown
' kasih warna merah
Cells(r, c).Interior.Color = vbRed
' selain itu
Else
' kasih format pattern Light Down
Cells(r, c).Interior.Pattern = xlLightDown
' kasih warna putih
Cells(r, c).Interior.Color = vbWhite
' akhir dari logika
End If
' akhir dari logika
End If
' cek kolom berikutnya
Next c
' cek baris berikutnya
Next r
' aktifkan mode update screen
Application.ScreenUpdating = True
' akhir dari prosedur
End Sub

untuk lebih jelasnya, bisa dicoba file terlampir..

ini bukanlah solusi optimal..

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 08:24, Azwar Rhosyied <go_fauzan@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Bagaimana caranya update otomatis supaya cell yang di arsir berubah warna
> mengikuti hari yang ditentukan.
> Misal, MEETING terjadi pada hari MONDAY-TUESDAY, kalau hari ini MONDAY
> maka cell tersebut akan berisi warna merah dan cell yang lain bewarna putih.
>
> Mohon solusinya dari master2 semuanya.
>
> [terlampir file contohnya]
>
> Terima kasih.
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar