Minggu, 14 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1841

15 New Messages

Digest #1841
1b
Re: Hiden kolom dengan kreteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1d
Re: Hiden kolom dengan kreteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: contoh aplikasi gudang by "utthank abe" abe_utthank
3a
Re: Size file terlalu besar by "Mardi" hekerkampoeng
3b
Re: Size file terlalu besar by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: Size file terlalu besar by "Mardi" hekerkampoeng
3d
Re: Size file terlalu besar by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
input data otomatis by "Agus Siahabudin" phont_4ng
4b
Re: input data otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Cetak Sekaligus Tutup by "Toni Kus indratno" tonny.kuzh@ymail.com
6b
Re: Cetak Sekaligus Tutup by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sat Oct 13, 2012 10:12 am (PDT) . Posted by:

"Harry" hariansyahptk

Dear BeExceller,
Mr. Kid & Hendrik Karnadi

Terima kasih atas berkenan jawaban dan lampirannya.
Sebagai bahan informasi lebih lanjut akan pertanyaan saya, bersama ini saya kirimkan file "re-Studi Kasus (Hiden Kolom) sebagaima yang telah saya terima dan sedikit saya tambahkan penjelasan dimaksud.

Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller dapat memberikan solusi pada Studi Kasus terlampir.

Terima Kasih,

Harry

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 13 Oktober 2012 16:30
Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria


 
Kalau input di cell A1 sedangkan kolom A sudah di-hidden terus bagaimana ?

Coba file terlampir.
Buat yang ndak bisa download, bisa coba di tabel masing-masing.
1. Buat table dengan header ada di baris 3 mulai kolom A (mulai A3 sampai panjang kekanan)
2. Buat sebuah textbox
3. klik kanan textbox -> pilih Properties -> Name diganti menjadi txtCols
4. klik sebuah cell worksheet
5. klik kanan textbox -> pilih Format Control atau format object -> tab Properties -> pilih Don't size and move bla-bla -> tekan OK
6. pastikan tanda Design Mode sudah ON
7. double click si textbox yang bernama txtCols tersebut
8. setelah di VBE, hapus semua yang ada dilembar itu kecuali Option Explicit jika ada.
9. Copas script untuk event change dari textbox txtCols berikut ini ke lembar yang kosong tersebut :
Private Sub txtCols_Change()
    Dim lChar As Long, sText As String, sCol As String
    Dim rngTbl As Range, rng As Range
   
    Set rngTbl = Sheet1.Range("a3").CurrentRegion.Resize(1)
    sText = UCase$(txtCols.Text)
    Application.ScreenUpdating = False
    rngTbl.Offset(0, rngTbl.Column).Resize(1, 1).Activate
    If LenB(sText) = 0 Then
        rngTbl.EntireColumn.Hidden = False
    Else
      For Each rng In rngTbl
       rng.EntireColumn.Hidden = (InStr(sText, Replace$(rng.Address(False, False), rng.Row, vbNullString)) <> 0)
      Next rng
    End If
    Application.ScreenUpdating = True
End Sub
10. kembali ke worksheet (tekan ALT  F11)
11. turn off tanda design mode
12. save as (bukan save) -> lihat pilihan dalam Save As Type -> pilih .xls atau .xlsm atau .xlsb -> beri nama file -> tekan tombol Save
13. coba isi textbox txtCols dengan huruf.

Batasan :
Kolom tabel lebih dari kolom Z atau tidak dimulai dari kolom A, kemungkinan akan tidak sesuai harapan.

Wassalam,
Kid.

2012/10/13 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>


>Dear BeExceller & Hendrik Karnadi,
>
>Terima kasih atas reply-nya.
>Rumus tersebut sesuai dengan yang saya inginkan tetapi jika kolom A1 posisinya dalam keadaan kosong (kata "ACEG" dihapus), kolom B, D, F H, I & J tidak kembali muncul. Dan jika kolom A1 saya ganti dengan kata ACFH, kolom B, D, E, G, I & J, tidak dalam keadaan di hiden (tersembunyi) dan seterusnya & seterusnya.
>
>Mohon informasinya.
>Terima kasih,
>
>
>Harry
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Sabtu, 13 Oktober 2012 7:44
>Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
>

>Dear Harry,
>
>Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1, dengan catatan:
>Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan Kriteria Color dibuat pada Range A23
>
>Sub Sembunyikan()
>    Dim KritColor
>    Dim Rng As Range
>    Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
>    Set Rng = Range("A3:J3")
>    KritColor = Range("A23").Interior.Color
>    For Each r In Rng
>        If r.Interior.Color <> KritColor Then
>            r.EntireColumn.Hidden = True
>        End If
>    Next r
>End Sub
>
>Salam,
>Hendrik
Karnadi
>
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, 12 October 2012, 23:41
>Subject: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>

>Dear BeExceller,
>
>
>Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana terlampir.
>
>
>Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
>Terima kasih,
>
>
>
>
>
>
>Harry
>
>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 10:34 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

SIlakan.

Wassalam,
Kid.

2012/10/14 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller,
> Mr. Kid & Hendrik Karnadi
>
> Terima kasih atas berkenan jawaban dan lampirannya.
> Sebagai bahan informasi lebih lanjut akan pertanyaan saya, bersama ini
> saya kirimkan file "re-Studi Kasus (Hiden Kolom) sebagaima yang telah saya
> terima dan sedikit saya tambahkan penjelasan dimaksud.
>
> Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller dapat memberikan solusi pada
> Studi Kasus terlampir.
>
> Terima Kasih,
>
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 13 Oktober 2012 16:30
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Kalau input di cell A1 sedangkan kolom A sudah di-hidden terus bagaimana ?
>
> Coba file terlampir.
> Buat yang ndak bisa download, bisa coba di tabel masing-masing.
> 1. Buat table dengan header ada di baris 3 mulai kolom A (mulai A3 sampai
> panjang kekanan)
> 2. Buat sebuah textbox
> 3. klik kanan textbox -> pilih Properties -> Name diganti menjadi txtCols
> 4. klik sebuah cell worksheet
> 5. klik kanan textbox -> pilih Format Control atau format object -> tab
> Properties -> pilih Don't size and move bla-bla -> tekan OK
> 6. pastikan tanda Design Mode sudah ON
> 7. double click si textbox yang bernama txtCols tersebut
> 8. setelah di VBE, hapus semua yang ada dilembar itu kecuali Option
> Explicit jika ada.
> 9. Copas script untuk event change dari textbox txtCols berikut ini ke
> lembar yang kosong tersebut :
> Private Sub txtCols_Change()
> Dim lChar As Long, sText As String, sCol As String
> Dim rngTbl As Range, rng As Range
>
> Set rngTbl = Sheet1.Range("a3").CurrentRegion.Resize(1)
> sText = UCase$(txtCols.Text)
> Application.ScreenUpdating = False
> rngTbl.Offset(0, rngTbl.Column).Resize(1, 1).Activate
> If LenB(sText) = 0 Then
> rngTbl.EntireColumn.Hidden = False
> Else
> For Each rng In rngTbl
> rng.EntireColumn.Hidden = (InStr(sText, Replace$(rng.Address(False,
> False), rng.Row, vbNullString)) <> 0)
> Next rng
> End If
> Application.ScreenUpdating = True
> End Sub
> 10. kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
> 11. turn off tanda design mode
> 12. save as (bukan save) -> lihat pilihan dalam Save As Type -> pilih .xls
> atau .xlsm atau .xlsb -> beri nama file -> tekan tombol Save
> 13. coba isi textbox txtCols dengan huruf.
>
> Batasan :
> Kolom tabel lebih dari kolom Z atau tidak dimulai dari kolom A,
> kemungkinan akan tidak sesuai harapan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/13 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear BeExceller & Hendrik Karnadi,
>
> Terima kasih atas reply-nya.
> Rumus tersebut sesuai dengan yang saya inginkan tetapi jika kolom A1
> posisinya dalam keadaan kosong (kata "ACEG" dihapus), kolom B, D, F H, I &
> J tidak kembali muncul. Dan jika kolom A1 saya ganti dengan kata ACFH,
> kolom B, D, E, G, I & J, tidak dalam keadaan di hiden (tersembunyi) dan
> seterusnya & seterusnya.
>
> Mohon informasinya.
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Sabtu, 13 Oktober 2012 7:44
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Dear Harry,
>
> Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1,
> dengan catatan:
> Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan
> Kriteria Color dibuat pada Range A23
>
> Sub Sembunyikan()
> Dim KritColor
> Dim Rng As Range
> Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
> Set Rng = Range("A3:J3")
> KritColor = Range("A23").Interior.Color
> For Each r In Rng
> If r.Interior.Color <> KritColor Then
> r.EntireColumn.Hidden = True
> End If
> Next r
> End Sub
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, 12 October 2012, 23:41
> *Subject:* [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang
> saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana
> terlampir.
>
> Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
> Terima kasih,
>
>
>
> Harry
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 11:16 pm (PDT) . Posted by:

"Harry" hariansyahptk

Dear BeExceller,
Mr. Kid

Terima kasih atas lampirannya.
Dari pertanyaan dan studi kasus yang saya kirimkan serta jawaban dari Mr. Kid dan lampiran yang diberikan yang hasilnya sudah ok, saya agak sedikit kesulitan untuk menuangkannya dalam Workbook yang saya miliki.
Lebih jauh akan pertanyaan tersebut, bersama ini saya kirimkan Workbook yang saya inginkan.
Mohon kiranya teman-teman BeExceller dan/atau Mr. Kid dapat memberikan solusi.

Harap maklum karena saya masih dalam tahap belajar.
Terima kasih & Wassalam,

Harry

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 14 Oktober 2012 0:34
Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria


 
SIlakan.

Wassalam,
Kid.

2012/10/14 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>


>Dear BeExceller,
>Mr. Kid & Hendrik Karnadi
>
>Terima kasih atas berkenan jawaban dan lampirannya.
>Sebagai bahan informasi lebih lanjut akan pertanyaan saya, bersama ini saya kirimkan file "re-Studi Kasus (Hiden Kolom) sebagaima yang telah saya terima dan sedikit saya tambahkan penjelasan dimaksud.
>
>Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller dapat memberikan solusi pada Studi Kasus terlampir.
>
>Terima Kasih,
>
>
>
>Harry
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Sabtu, 13 Oktober 2012 16:30
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
>

>Kalau input di cell A1 sedangkan kolom A sudah di-hidden terus bagaimana ?
>
>Coba file terlampir.
>Buat yang ndak bisa download, bisa coba di tabel masing-masing.
>1. Buat table dengan header ada di baris 3 mulai kolom A (mulai A3 sampai panjang kekanan)
>2. Buat sebuah textbox
>3. klik kanan textbox -> pilih Properties -> Name diganti menjadi txtCols
>4. klik sebuah cell worksheet
>5. klik kanan textbox -> pilih Format Control atau format object -> tab Properties -> pilih Don't size and move bla-bla -> tekan OK
>6. pastikan tanda Design Mode sudah ON
>7. double click si textbox yang bernama txtCols tersebut
>8. setelah di VBE, hapus semua yang ada dilembar itu kecuali Option Explicit jika ada.
>9. Copas script untuk event change dari textbox txtCols berikut ini ke lembar yang kosong tersebut :
>Private Sub txtCols_Change()
>    Dim lChar As Long, sText As String, sCol As String
>    Dim rngTbl As Range, rng As Range
>   
>    Set rngTbl = Sheet1.Range("a3").CurrentRegion.Resize(1)
>    sText = UCase$(txtCols.Text)
>    Application.ScreenUpdating = False
>    rngTbl.Offset(0, rngTbl.Column).Resize(1, 1).Activate
>    If LenB(sText) = 0 Then
>        rngTbl.EntireColumn.Hidden = False
>    Else
>      For Each rng In rngTbl
>       rng.EntireColumn.Hidden = (InStr(sText, Replace$(rng.Address(False, False), rng.Row, vbNullString)) <> 0)
>      Next rng
>    End If
>    Application.ScreenUpdating = True
>End Sub
>10. kembali ke worksheet (tekan ALT  F11)
>11. turn off tanda design mode
>12. save as (bukan save) -> lihat pilihan dalam Save As Type -> pilih .xls atau .xlsm atau .xlsb -> beri nama file -> tekan tombol Save
>13. coba isi textbox txtCols dengan huruf.
>
>Batasan :
>Kolom tabel lebih dari kolom Z atau tidak dimulai dari kolom A, kemungkinan akan tidak sesuai harapan.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/10/13 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Dear BeExceller & Hendrik Karnadi,
>>
>>Terima kasih atas reply-nya.
>>Rumus tersebut sesuai dengan yang saya inginkan tetapi jika kolom A1 posisinya dalam keadaan kosong (kata "ACEG" dihapus), kolom B, D, F H, I & J tidak kembali muncul. Dan jika kolom A1 saya ganti dengan kata ACFH, kolom B, D, E, G, I & J, tidak dalam keadaan di hiden (tersembunyi) dan seterusnya & seterusnya.
>>
>>Mohon informasinya.
>>Terima kasih,
>>
>>
>>Harry
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Dikirim: Sabtu, 13 Oktober 2012 7:44
>>Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>>
>>
>>
>> 
>>Dear Harry,
>>
>>Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1, dengan catatan:
>>Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan Kriteria Color dibuat pada Range A23
>>
>>Sub Sembunyikan()
>>    Dim KritColor
>>    Dim Rng As Range
>>    Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
>>    Set Rng = Range("A3:J3")
>>    KritColor = Range("A23").Interior.Color
>>    For Each r In Rng
>>        If r.Interior.Color <> KritColor Then
>>            r.EntireColumn.Hidden = True
>>        End If
>>    Next r
>>End Sub
>>
>>Salam,
>>Hendrik
Karnadi
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Sent: Friday, 12 October 2012, 23:41
>>Subject: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>>
>>
>> 
>>Dear BeExceller,
>>
>>
>>Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana terlampir.
>>
>>
>>Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
>>Terima kasih,
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>Harry
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 11:39 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

"saya agak sedikit kesulitan untuk menuangkannya dalam Workbook yang saya
miliki."
Sebaiknya pada lampiran disertakan hasil ujicobanya. Dengan begitu
BeExceller bisa memulainya dari kondisi tersebut dan bukan membuatkan baru.
File lampirannya juga didisiplinkan untuk tetap maksimal 250KB.

Wassalam,
Kid

2012/10/14 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller,
> Mr. Kid
>
> Terima kasih atas lampirannya.
> Dari pertanyaan dan studi kasus yang saya kirimkan serta jawaban dari Mr.
> Kid dan lampiran yang diberikan yang hasilnya sudah ok, saya agak sedikit
> kesulitan untuk menuangkannya dalam Workbook yang saya miliki.
> Lebih jauh akan pertanyaan tersebut, bersama ini saya kirimkan Workbook
> yang saya inginkan.
> Mohon kiranya teman-teman BeExceller dan/atau Mr. Kid dapat memberikan
> solusi.
>
> Harap maklum karena saya masih dalam tahap belajar.
> Terima kasih & Wassalam,
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 14 Oktober 2012 0:34
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> SIlakan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/14 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear BeExceller,
> Mr. Kid & Hendrik Karnadi
>
> Terima kasih atas berkenan jawaban dan lampirannya.
> Sebagai bahan informasi lebih lanjut akan pertanyaan saya, bersama ini
> saya kirimkan file "re-Studi Kasus (Hiden Kolom) sebagaima yang telah saya
> terima dan sedikit saya tambahkan penjelasan dimaksud.
>
> Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller dapat memberikan solusi pada
> Studi Kasus terlampir.
>
> Terima Kasih,
>
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 13 Oktober 2012 16:30
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Kalau input di cell A1 sedangkan kolom A sudah di-hidden terus bagaimana ?
>
> Coba file terlampir.
> Buat yang ndak bisa download, bisa coba di tabel masing-masing.
> 1. Buat table dengan header ada di baris 3 mulai kolom A (mulai A3 sampai
> panjang kekanan)
> 2. Buat sebuah textbox
> 3. klik kanan textbox -> pilih Properties -> Name diganti menjadi txtCols
> 4. klik sebuah cell worksheet
> 5. klik kanan textbox -> pilih Format Control atau format object -> tab
> Properties -> pilih Don't size and move bla-bla -> tekan OK
> 6. pastikan tanda Design Mode sudah ON
> 7. double click si textbox yang bernama txtCols tersebut
> 8. setelah di VBE, hapus semua yang ada dilembar itu kecuali Option
> Explicit jika ada.
> 9. Copas script untuk event change dari textbox txtCols berikut ini ke
> lembar yang kosong tersebut :
> Private Sub txtCols_Change()
> Dim lChar As Long, sText As String, sCol As String
> Dim rngTbl As Range, rng As Range
>
> Set rngTbl = Sheet1.Range("a3").CurrentRegion.Resize(1)
> sText = UCase$(txtCols.Text)
> Application.ScreenUpdating = False
> rngTbl.Offset(0, rngTbl.Column).Resize(1, 1).Activate
> If LenB(sText) = 0 Then
> rngTbl.EntireColumn.Hidden = False
> Else
> For Each rng In rngTbl
> rng.EntireColumn.Hidden = (InStr(sText, Replace$(rng.Address(False,
> False), rng.Row, vbNullString)) <> 0)
> Next rng
> End If
> Application.ScreenUpdating = True
> End Sub
> 10. kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
> 11. turn off tanda design mode
> 12. save as (bukan save) -> lihat pilihan dalam Save As Type -> pilih .xls
> atau .xlsm atau .xlsb -> beri nama file -> tekan tombol Save
> 13. coba isi textbox txtCols dengan huruf.
>
> Batasan :
> Kolom tabel lebih dari kolom Z atau tidak dimulai dari kolom A,
> kemungkinan akan tidak sesuai harapan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/13 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear BeExceller & Hendrik Karnadi,
>
> Terima kasih atas reply-nya.
> Rumus tersebut sesuai dengan yang saya inginkan tetapi jika kolom A1
> posisinya dalam keadaan kosong (kata "ACEG" dihapus), kolom B, D, F H, I &
> J tidak kembali muncul. Dan jika kolom A1 saya ganti dengan kata ACFH,
> kolom B, D, E, G, I & J, tidak dalam keadaan di hiden (tersembunyi) dan
> seterusnya & seterusnya.
>
> Mohon informasinya.
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Sabtu, 13 Oktober 2012 7:44
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Dear Harry,
>
> Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1,
> dengan catatan:
> Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan
> Kriteria Color dibuat pada Range A23
>
> Sub Sembunyikan()
> Dim KritColor
> Dim Rng As Range
> Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
> Set Rng = Range("A3:J3")
> KritColor = Range("A23").Interior.Color
> For Each r In Rng
> If r.Interior.Color <> KritColor Then
> r.EntireColumn.Hidden = True
> End If
> Next r
> End Sub
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, 12 October 2012, 23:41
> *Subject:* [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang
> saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana
> terlampir.
>
> Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
> Terima kasih,
>
>
>
> Harry
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Oct 14, 2012 2:15 am (PDT) . Posted by:

"Harry" hariansyahptk

Dear BeExceller,
Mr. Kid

Terima kasih atas informasinya.
Bersama ini saya kirimkan sesuai kreteria lampiran.
terima kasih & Wassalam,

Harry

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 14 Oktober 2012 13:38
Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria


 
"saya agak sedikit kesulitan untuk menuangkannya dalam Workbook yang saya miliki."

Sebaiknya pada lampiran disertakan hasil ujicobanya. Dengan begitu BeExceller bisa memulainya dari kondisi tersebut dan bukan membuatkan baru.
File lampirannya juga didisiplinkan untuk tetap maksimal 250KB.

Wassalam,
Kid

2012/10/14 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>


>Dear BeExceller,
>Mr. Kid
>
>Terima kasih atas lampirannya.
>Dari pertanyaan dan studi kasus yang saya kirimkan serta jawaban dari Mr. Kid dan lampiran yang diberikan yang hasilnya sudah ok, saya agak sedikit kesulitan untuk menuangkannya dalam Workbook yang saya miliki.
>Lebih jauh akan pertanyaan tersebut, bersama ini saya kirimkan Workbook yang saya inginkan.
>Mohon kiranya teman-teman BeExceller dan/atau Mr. Kid dapat memberikan solusi.
>
>Harap maklum karena saya masih dalam tahap belajar.
>Terima kasih & Wassalam,
>
>
>Harry
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 14 Oktober 2012 0:34
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
>

>SIlakan.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/10/14 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Dear BeExceller,
>>Mr. Kid & Hendrik Karnadi
>>
>>Terima kasih atas berkenan jawaban dan lampirannya.
>>Sebagai bahan informasi lebih lanjut akan pertanyaan saya, bersama ini saya kirimkan file "re-Studi Kasus (Hiden Kolom) sebagaima yang telah saya terima dan sedikit saya tambahkan penjelasan dimaksud.
>>
>>Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller dapat memberikan solusi pada Studi Kasus terlampir.
>>
>>Terima Kasih,
>>
>>
>>
>>Harry
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Sabtu, 13 Oktober 2012 16:30
>>
>>Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>>
>>
>>
>> 
>>Kalau input di cell A1 sedangkan kolom A sudah di-hidden terus bagaimana ?
>>
>>Coba file terlampir.
>>Buat yang ndak bisa download, bisa coba di tabel masing-masing.
>>1. Buat table dengan header ada di baris 3 mulai kolom A (mulai A3 sampai panjang kekanan)
>>2. Buat sebuah textbox
>>3. klik kanan textbox -> pilih Properties -> Name diganti menjadi txtCols
>>4. klik sebuah cell worksheet
>>5. klik kanan textbox -> pilih Format Control atau format object -> tab Properties -> pilih Don't size and move bla-bla -> tekan OK
>>6. pastikan tanda Design Mode sudah ON
>>7. double click si textbox yang bernama txtCols tersebut
>>8. setelah di VBE, hapus semua yang ada dilembar itu kecuali Option Explicit jika ada.
>>9. Copas script untuk event change dari textbox txtCols berikut ini ke lembar yang kosong tersebut :
>>Private Sub txtCols_Change()
>>    Dim lChar As Long, sText As String, sCol As String
>>    Dim rngTbl As Range, rng As Range
>>   
>>    Set rngTbl = Sheet1.Range("a3").CurrentRegion.Resize(1)
>>    sText = UCase$(txtCols.Text)
>>    Application.ScreenUpdating = False
>>    rngTbl.Offset(0, rngTbl.Column).Resize(1, 1).Activate
>>    If LenB(sText) = 0 Then
>>        rngTbl.EntireColumn.Hidden = False
>>    Else
>>      For Each rng In rngTbl
>>       rng.EntireColumn.Hidden = (InStr(sText, Replace$(rng.Address(False, False), rng.Row, vbNullString)) <> 0)
>>      Next rng
>>    End If
>>    Application.ScreenUpdating = True
>>End Sub
>>10. kembali ke worksheet (tekan ALT  F11)
>>11. turn off tanda design mode
>>12. save as (bukan save) -> lihat pilihan dalam Save As Type -> pilih .xls atau .xlsm atau .xlsb -> beri nama file -> tekan tombol Save
>>13. coba isi textbox txtCols dengan huruf.
>>
>>Batasan :
>>Kolom tabel lebih dari kolom Z atau tidak dimulai dari kolom A, kemungkinan akan tidak sesuai harapan.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>2012/10/13 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Dear BeExceller & Hendrik Karnadi,
>>>
>>>Terima kasih atas reply-nya.
>>>Rumus tersebut sesuai dengan yang saya inginkan tetapi jika kolom A1 posisinya dalam keadaan kosong (kata "ACEG" dihapus), kolom B, D, F H, I & J tidak kembali muncul. Dan jika kolom A1 saya ganti dengan kata ACFH, kolom B, D, E, G, I & J, tidak dalam keadaan di hiden (tersembunyi) dan seterusnya & seterusnya.
>>>
>>>Mohon informasinya.
>>>Terima kasih,
>>>
>>>
>>>Harry
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>Dikirim: Sabtu, 13 Oktober 2012 7:44
>>>Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>>>
>>>
>>>
>>> 
>>>Dear Harry,
>>>
>>>Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1, dengan catatan:
>>>Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan Kriteria Color dibuat pada Range A23
>>>
>>>Sub Sembunyikan()
>>>    Dim KritColor
>>>    Dim Rng As Range
>>>    Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
>>>    Set Rng = Range("A3:J3")
>>>    KritColor = Range("A23").Interior.Color
>>>    For Each r In Rng
>>>        If r.Interior.Color <> KritColor Then
>>>            r.EntireColumn.Hidden = True
>>>        End If
>>>    Next r
>>>End Sub
>>>
>>>Salam,
>>>Hendrik
Karnadi
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>Sent: Friday, 12 October 2012, 23:41
>>>Subject: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>>>
>>>
>>> 
>>>Dear BeExceller,
>>>
>>>
>>>Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana terlampir.
>>>
>>>
>>>Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
>>>Terima kasih,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Harry
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 12:28 pm (PDT) . Posted by:

"utthank abe" abe_utthank

ini dari alm. mba ziti (zemoga jadi amal jariah)

Sat Oct 13, 2012 12:28 pm (PDT) . Posted by:

"Mardi" hekerkampoeng

Sedikit faham.......,,
jadi posisi saya disini pengguna data tersebut,tiap bulan saya simpen
file excel yang masih terkoneksi dengan database yang nanti di akhir
tahun dipakai buat analisa tahunan,tapi setelah berlalu 2 bulan kalo
direfresh lagi pasti datanya ilang semua.Setau saya sih.....data yang di
server dihapus....:-D ,apakah sebaiknya connectionnya di remove aja atau
mungkin ada saran yang lebih bagus ?.Sebenarnya seperti apa sih
pengelolaan database itu (wah melebar nih...!!),apakah dengan menghapus
untuk penghematan memory atau meringankan koneksinya saja atau cuma
diblok saja biar ga diakses lagi.
terima kasih

mardi

On 10/13/2012 03:18 PM, Mr. Kid wrote:
>
> Bagaimana kalau kita jalan-jalan sebentar sambil chit-chat sana-sini...
>
> 1. Data
> >> Biasanya suatu data akan datang (baik yang memiliki siklus tetap
> maupun acak) akan diterima oleh seseorang atau sesuatu. Pada level
> ini, bisa jadi si penerima bukanlah pemilik data tersebut. Jika memang
> bukan pemilik data, maka si penerima bisa menyusun kesepakatan dengan
> pemilik data untuk menyimpan data dengan rentang penerimaan berapa
> lama. Jika diluar rentang itu maka data akan dibuang.
> >> Usai diterima (setelah divalidasi dan sebagainya), maka data akan
> diserahkan kepada pemilik. Pemilik data yang baik selalu menyimpan dan
> menjaga seluruh datanya. Untuk menyimpannya, selalu disimpan disuatu
> wadah yang khusus. Wadah ini sering dikenal dengan database.
> >> Terkadang pemilik data menyewa engine untuk mengaturnya, termasuk
> membuatkan ruang-ruang berdasar rentang waktu data. Pemilik data yang
> belum bersedia menyewa engine database, terpaksa harus menata sendiri.
> Tapi intinya tetap sama, yaitu ada wadah-wadah data yang terpisah
> berdasar rentang waktu.
> >> Pemilik data juga harus bijak dalam menentukan rentang-rentang
> waktu tersebut.
> :: Misal, rentang waktu data yang akan digunakan bagian analisis bisa
> jadi adalah umur 2 tahun data terakhir. Sedang untuk kegiatan
> operasional adalah 3 bulan terakhir. Untuk audit adalah rentang 5
> tahun terakhir. Maka pemilik data memisahkannya menjadi wadah (tabel)
> berisi 3 bulan terakhir, tabel mulai bulan ke-4 terakhir sampai 2
> tahun terakhir, tabel mulai tahun ke 3 sampai ke-5, dan tabel
> penampung akhir yang lebih dari 5 tahun data.
> >> Dengan keadaan demikian, maka setiap pengguna data (untuk keperluan
> apapun selama internal), bisa mengakses pada tabel-tabel yang
> disediakan. Bagian operasional akan mengakses tabel 3 bulan terakhir
> saja. Bagian analisis selalu mengakses 3 bulan terakhir dan rentang
> bulan ke 4 sampai tahun ke-2, dsb.
> >> Data untuk konsumsi publik akan disediakan oleh bagian operasional
> atau bagian lain yang telah mengolah data tersebut.
>
> 2. Database
> >> Bahasa utama database adalah SQL yang kalimatnya disebut query.
> >> Pada pemanfaatan Excel sebagai sebuah database juga berlaku hal ini.
> >> Beberapa apikasi Excel berbasis VBA tidak memanfaatkan bahasa SQL
> sebagai bahasa komunikasi datanya. Jika demikian, maka proses
> pengambilan data harus bisa disusun memiliki karakteristik seperti
> penggunaan query.
> >> Pengambilan data dengan query pada dasarnya adalah cukup memelihara
> koneksi dan kalimat query. Hal ini tidak membutuhkan ruang yang luas.
>
> Nah setelah muter-muter 2 blok, sampai lagi ditempat semula.
> A. bagaimana cara values,apakah break link itu atau apa ?
> >> Yang akan di-values apa nih. Data dalam database pasti isinya
> berupa values. Proses pengolahan data mestinya bisa diatur dengan VBA
> mana yang harus divalues dan mana yang tidak. Break link digunakan
> jika proses pengolahan langsung merujuk ke file database sebagai
> kalimat formula. Jika dengan query, maka ndak ada yang perlu dibreak link.
>
> B. Saya punya *file dari query*,karena banyaknya record utk menghemat
> memory di database file yang telah berlalu 2 bulan didelete
> >> *file dari query *ini file apa. Apakah sebagai database ataukah
> sebagai file sisi pengolah data (misal analyst-nya) ?
> >> Jika yang dimaksud adalah file sisi pengolah data (alias seluruh
> data tetap ada disumbernya sana yang bisa diambil lagi dengan query),
> maka semua sudah berjalan dengan benar. Cukup mengembangkan agar data
> bisa selalu dihilangkan saat akan menutup file pengolahan dan akan
> meng-query data ketika file pengolahan dibuka kembali. Hal ini akan
> menjaga isi file pengolahan hanya berisi formula pengolahan saja.
> >> Jika yang dimaksud adalah file database, maka kurang tepat jika ada
> penghapusan data dengan alasan menghemat memory. Karena pemilik data
> memiliki harta utama adalah Data dan bukan memory. Jadi yang dihemat
> adalah datanya bukan memorynya. Bahkan apapun untuk kebutuhan data,
> maka momory harus tersedia (kok kaya manusia malahan ya.... seperti
> ditanya harta atau nyawa saja... tapi bunyinya memori atau data...)
>
> C. Jadi kalo ada yang refresh file pasti datanya ilang.Padahal untuk
> study analisys kadang kita perlukan data selama setahun.
> >> Sebaiknya, pada sisi databasenya dipelihara terus datanya, tidak
> perlu ada hapus-menghapus. Kan pengambilan datanya juga pakai query.
> >> Jika selama ini menggunakan Excel sebagai penyimpan data, mungkin
> bisa menggunakan produk lain seperti MS Access yang bisa 2 GB. Kalau
> 2GB kurang dan dana belum mencukupi untuk memanfaatkan database
> engine, bisa gunakan textfile dan ms access berisi link to text file.
> Text file tidak diabatasi jumlah recordnya seperti Excel, jadi
> pengaturan rentang waktu data bisa dilakukan dengan mudah.
>
> Mungkin segitu dulu ya... supaya muncul banyak pertanyaan setelah ada
> proses banding dan timbang.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2012/10/13 Mardi <sumardiana596@gmail.com
> <mailto:sumardiana596@gmail.com>>
>
> Dear Mr Kid,
> ikutan nimbrung ya...
> bagaimana cara values,apakah break link itu atau apa ?
> Saya punya file dari query,karena banyaknya record utk menghemat
> memory di database file yang telah berlalu 2 bulan didelete.Jadi
> kalo ada yang refresh file pasti datanya ilang.Padahal untuk study
> analisys kadang kita perlukan data selama setahun.
> Mohon pencerahanya
>
> mardi
>
>
> On 10/11/2012 09:47 PM, Kid Mr. wrote:
>> 4. data-data histori masih disertai formula (belum di values)
>> padahal nilainya tidak akan berubah lagi.
>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 1:30 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Nah loh...

1. jadi posisi saya disini pengguna data tersebut
>> Kalau begitu, datanya milik siapakah ?

2. Setau saya sih.....data yang di server dihapus.... :-D
>> Coba pastikan lagi, apakah benar dihapus.
>> Jika benar dihapus, maka data di-server-nya siapa yang dihapus ?
>> Jika diserver pintu masuk data (penerima data pertama kali), maka masih
wajar. Biasanya pemilik data yang akan dengan sendirinya menyimpan data
atau meminta pihak berwenang untuk menyimpankan datanya sebelum tiba masa
habis kontrak di server penerima data tersebut.
>> Data bisa disimpan oleh pemilik data di sebuah server data yang khusus
diperuntukkan pemilik data. Dalam sebuah server, bisa jadi ada banyak
pemilik data dengan datanya masing-masing. Jika sudah berbicara detil
tentang pemilik, maka akan seperti posting yang lalu.
>> Seluruh pengguna data akan mengkoneksikan seluruh aplikasi pengolahannya
ke server pemilik data, bukan ke server penerima data

Contoh :
Sebuah perusahaan dengan 100 cabang, setiap bulan menerima laporan stok
dari masing-masing cabang yang dikirim masuk ke kantor pusat melalui sebuah
secured line. Data ini kemudian disimpan penerima data (yang punya
jaringan) kesuatu tempat. Disini, pihak penerima data memberi batas waktu
misalnya hanya 2 bulan. Setelah itu data akan dihapus dari server penerima
laporan.

Begitu data masuk dan terkumpul (bisa dalam rentang waktu tertentu ~ yang
pasti tidak melebihi masa 2 bulan), pemilik data (bagian stok kantor
pusat), akan mengambil seluruh data di server penerima tersebut dan
menyimpannya di server data stok pusat. Data akan hidup tenang selamanya
disana, mulai dari masa produktifnya (masa-masa digunakan secara intensif
oleh seluruh bagian yang membutuhkan) sampai masa pensiunnya (masa-masa
ketika sudah tidak digunakan lagi selain menjadi dokumen digital yang bisa
digunakan lagi suatu saat kelak entah kapan).

Pada masa pensiun si data, bisa jadi data nanti akan dikompresi dan simpan
kedalam media penyimpanan lain seperti cd, dvd, bahkan external disk, atau
disimpan di server backup data milik perusahaan bersama pensiunan dari
bagian lain. Dengan begitu, maka ruang yang digunakan oleh data yang masih
produktif relatif tetap.

Data-data produktif (asumsi saja ada data dalam rentang 5 tahun terakhir)
tinggal dalam server data pemilik (server data stok pusat). Seluruh bagian
yang membutuhkan data tentang stok bisa membuat koneksi (bagi yang mendapat
akses) ke server data dan menggunakan seperlunya. Dan rentang data yang
diolah pasti hanya rentang data 5 tahun terakhir.

Pada sisi pengguna (user), baik untuk kegiatan analisis maupun penyusunan
laporan, seluruhnya mengkoneksi ke server data stok pusat dengan mengambil
rentang waktu yang dibutuhkan saja. Misal bagian laporan selalu mengambil
data 3 bulan terakhir, maka koneksinya digunakan untuk meng-query data 3
bulan terakhir saja. Untuk analisis yang membutuhkan data 2 tahun terakhir,
koneksinya digunakan untuk meng-query data 2 tahun terakhir saja. Begitu
pula user lainnya.

Jadi, dengan begitu seluruh aplikasi proses disisi user akan mendapatkan
data yang tetap dalam rentang sekian waktu terakhir yang dibutuhkan.
Hal ini akan membuat aplikasi menjadi lebih simple, karena fokusnya
hanyalah mengolah data yang ada saja (data yang ada memang data yang
dibutuhkan karena meng-query hanya yang dibutuhkan saja).
Hal ini juga akan membuat aplikasi bisa dijaga untuk tetap dalam besaran
tertentu, karena bisa dengan mudah diatur ketika aplikasi dibuka maka
langkah pertama adalah meng-query data dan mengolahnya. Ketika ditutup
melepaskan seluruh koneksi (memutus koneksi) dan menghapus data hasil query
dari dalam aplikasi.
Tentu saja untuk beberapa laporan bisa jadi dibutuhkan proses oleh aplikasi
untuk menyusun output dan disimpan ke sebuah file output baru (file output
bukanlah file aplikasi pengolah data).

3. tiap bulan saya simpen file excel yang masih terkoneksi dengan database
yang nanti di akhir tahun dipakai buat analisa tahunan
>> Dari kalimat ini, jika analisa tahunan dilakukan terhadap data asli
(data yang ada di server pemilik data [server stok dalam kasus di atas]),
maka proses dalam aplikasi pengolah data setidaknya berisi proses
pengolahan data bulanan dan tahunan.
>> Jika analisa tahunan dilakukan dari hasil output pengolahan bulanan dan
bukan dari data mentah yang ada di server data, maka setiap bulan aplikasi
pengolah data harus mengeluarkan output berupa data source yang akan
menjadi sumber data pengolahan tahunan. Output ini bisa berupa file output
yang akan bertambah recordnya setiap bulan sampai setahun. Jadi, akan
terbentuk lagi sebuah database baru tapi pemiliknya adalah bagian Analisa
Stok (misalnya).

4. apakah sebaiknya connectionnya di remove aja atau mungkin ada saran yang
lebih bagus ?
>> Untuk kasus Anda, untuk kondisi :
A. Jika analisa tahunan berdasar data dari server pemilik data (yang
katanya dihapus tiap 2 bulan)
-> mau tidak mau, setiap bulan harus ada proses pengambilan data dari
server itu, kemudian menyimpannya ke sebuah tempat menjadi sebuah database.
Yang jelas bagian Anda bisa cukup menyimpan data hanya untuk rentang waktu
yang dibutuhkan (misal setahun untuk analisa tahunan).

B. Jika analisa tahunan berdasar hasil pengolahan data setiap bulannya
(artinya bentuk data yang dianalisa berbeda dengan wujud awal data dari
server)
-> Aplikasi pengolah data setiap bulan harus mengeluarkan sebuah output
berupa data source yang akan digunakan untuk analisa tahunan.
-> Output ini disimpan ke sebuah file output. Disana akan berkumpul seluruh
hasil proses pengolahan bulanan dalam rentang setahun untuk analisa tahunan
nanti.

5. Sebenarnya seperti apa sih pengelolaan database itu (wah melebar
nih...!!)
>> Yang paling sederhana adalah menjaga agar semua data yang bisa
digunakan untuk diolah menjadi informasi, tetap ada sampai benar-benar
tidak ada lagi yang membutuhkan. Jadi, jika data itu akan diolah lagi untuk
menyusun data 100 tahunan, maka data itu harus tetap ada selama 100 tahun.
>> Yang dijaga adalah sumber data yang bisa diolah, bukan hasil
pengolahannya.
>> Jika hasil pengolahan akan menjadi sumber data yang diolah oleh proses
pengolahan lain, maka simpanlah hasil pengolahan itu (sudah valuesnya
saja), disuatu tempat berkumpul dengan hasil pengolahan bulan-bulan lainnya
membentuk sebuah database baru.

Contoh :
Data dari sever pemilik disebut DS1, kemudian bagian Analisis mengambil DS1
pada rentang tertentu dan diolah dengan OLAH1. OLAH1 menghasilkan suatu
output yang bisa digunakan untuk OLAH234. Maka OLAH1 harus mengeluarkan
output berupa datasource (valuesnya saja dan sebaiknya berkaidah database)
kesuatu tempat diluar mesin OLAH1, misal di FILE_HASIL1. Maka, OLAH234 yang
mengolah data hasil OLAH1 akan melakukan koneksi ke FILE_HASIL1 dan bukan
ke OLAH1, karena OLAH1 tidak menyimpan data apapun.
Kemudian, ada OLAH7 yang mengolah data DS1 dan hasil OLAH1, maka OLAH7
melakukan koneksi ke DS1 dan FILE_HASIL1, kemudian mengolahnya hingga
menghasilkan sesuatu. Ketika sesuatu itu akan digunakan oleh proses
pengolahan lain (misal OLAH39), maka OLAH7 juga harus mengeluarkan output
berupa datasource dan menyimpannya diluar mesin OLAH7, misal di FILE_HASIL7.
Begitu seterusnya, sehingga tidak akan ada koneksi yang kehilangan data.

6. pengelolaan database apakah dengan menghapus untuk penghematan memory
atau meringankan koneksinya saja atau cuma diblok saja biar ga diakses lagi
?
>> Tidak.
>> Menghapus data untuk penghematan memory bukanlah suatu bagian dari
pengelolaan data. Mungkin untuk memperingan kerja engine database, tetapi
juga tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya, hal paling pokok dalam
pengolahan data adalah sumber datanya. Jika pengolahan data memang
membutuhkan sumber data yang banyak, apa iya terus datanya boleh dihapus
dengan alasan hemat memori (tepatnya hemat ruang penyimpanan ?). Kalau
uangnya memang ada milyaran juta yang harus dipakai, hingga brankas gak
cukup, apa iya harus membuang uang yang sudah ada dalam brankas biar yang
belum masuk bisa masuk ?
>> Koneksi memang akan padat dengan transmisi data ketika data yang diolah
sangat banyak. Itu sebabnya, query data hanya meng-query yang akan diolah
saja dan tidak semuanya diambil. Dengan demikian, koneksi bisa terjaga
tidak terbebani dan aplikasi pengolah data juga bisa berkerja lebih baik,
karena jumlah data yang diambil sesuai dengan desain si aplikasi.
>> Membatasi akses koneksi memang bagian dari pengelolaan database. Hanya
yang membutuhkan dan mendapat akses saja yang bisa melakukan koneksi dan
mengirimkan query. Hal ini cenderung pada sisi keamanan data dan bukan pada
berat atau tidaknya pengolahan data.

Kira-kira demikian bahasa sederhananya.
Jadi data berbeda dengan database. Database berbeda dengan database engine.
Lebih enak berangkat dari sisi Data terutama kejelasan tentang pemilik dan
yang bertanggung jawab atas eksistensi si data.
Kemudian baru menuju cara penyusunan data dan penyimpanan data yang terpadu
yang sering disebut dengan database.
Setelah itu baru tentang engine database yang sebaiknya dipakai untuk
mengelola. Ada juga database yang tidak dikelola dengan database engine,
misal dengan menjadikan file Excel sebagai wadah menyimpan data yang
terstruktur dan terpadu. Dalam hal menyimpan data sebagai sebuah database,
akan banyak perbedaannya antara yang dikelola database engine dengan yang
dikelola tanpa database engine.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/10/14 Mardi <sumardiana596@gmail.com>

> **
>
>
> Sedikit faham.......,,
> jadi posisi saya disini pengguna data tersebut,tiap bulan saya simpen file
> excel yang masih terkoneksi dengan database yang nanti di akhir tahun
> dipakai buat analisa tahunan,tapi setelah berlalu 2 bulan kalo direfresh
> lagi pasti datanya ilang semua.Setau saya sih.....data yang di server
> dihapus.... :-D ,apakah sebaiknya connectionnya di remove aja atau
> mungkin ada saran yang lebih bagus ?.Sebenarnya seperti apa sih pengelolaan
> database itu (wah melebar nih...!!),apakah dengan menghapus untuk
> penghematan memory atau meringankan koneksinya saja atau cuma diblok saja
> biar ga diakses lagi.
> terima kasih
>
> mardi
>
>
> On 10/13/2012 03:18 PM, Mr. Kid wrote:
>
>
>
> Bagaimana kalau kita jalan-jalan sebentar sambil chit-chat sana-sini...
>
> 1. Data
> >> Biasanya suatu data akan datang (baik yang memiliki siklus tetap maupun
> acak) akan diterima oleh seseorang atau sesuatu. Pada level ini, bisa jadi
> si penerima bukanlah pemilik data tersebut. Jika memang bukan pemilik data,
> maka si penerima bisa menyusun kesepakatan dengan pemilik data untuk
> menyimpan data dengan rentang penerimaan berapa lama. Jika diluar rentang
> itu maka data akan dibuang.
> >> Usai diterima (setelah divalidasi dan sebagainya), maka data akan
> diserahkan kepada pemilik. Pemilik data yang baik selalu menyimpan dan
> menjaga seluruh datanya. Untuk menyimpannya, selalu disimpan disuatu wadah
> yang khusus. Wadah ini sering dikenal dengan database.
> >> Terkadang pemilik data menyewa engine untuk mengaturnya, termasuk
> membuatkan ruang-ruang berdasar rentang waktu data. Pemilik data yang belum
> bersedia menyewa engine database, terpaksa harus menata sendiri. Tapi
> intinya tetap sama, yaitu ada wadah-wadah data yang terpisah berdasar
> rentang waktu.
> >> Pemilik data juga harus bijak dalam menentukan rentang-rentang waktu
> tersebut.
> :: Misal, rentang waktu data yang akan digunakan bagian analisis bisa jadi
> adalah umur 2 tahun data terakhir. Sedang untuk kegiatan operasional adalah
> 3 bulan terakhir. Untuk audit adalah rentang 5 tahun terakhir. Maka pemilik
> data memisahkannya menjadi wadah (tabel) berisi 3 bulan terakhir, tabel
> mulai bulan ke-4 terakhir sampai 2 tahun terakhir, tabel mulai tahun ke 3
> sampai ke-5, dan tabel penampung akhir yang lebih dari 5 tahun data.
> >> Dengan keadaan demikian, maka setiap pengguna data (untuk keperluan
> apapun selama internal), bisa mengakses pada tabel-tabel yang disediakan.
> Bagian operasional akan mengakses tabel 3 bulan terakhir saja. Bagian
> analisis selalu mengakses 3 bulan terakhir dan rentang bulan ke 4 sampai
> tahun ke-2, dsb.
> >> Data untuk konsumsi publik akan disediakan oleh bagian operasional atau
> bagian lain yang telah mengolah data tersebut.
>
> 2. Database
> >> Bahasa utama database adalah SQL yang kalimatnya disebut query.
> >> Pada pemanfaatan Excel sebagai sebuah database juga berlaku hal ini.
> >> Beberapa apikasi Excel berbasis VBA tidak memanfaatkan bahasa SQL
> sebagai bahasa komunikasi datanya. Jika demikian, maka proses pengambilan
> data harus bisa disusun memiliki karakteristik seperti penggunaan query.
> >> Pengambilan data dengan query pada dasarnya adalah cukup memelihara
> koneksi dan kalimat query. Hal ini tidak membutuhkan ruang yang luas.
>
> Nah setelah muter-muter 2 blok, sampai lagi ditempat semula.
> A. bagaimana cara values,apakah break link itu atau apa ?
> >> Yang akan di-values apa nih. Data dalam database pasti isinya berupa
> values. Proses pengolahan data mestinya bisa diatur dengan VBA mana yang
> harus divalues dan mana yang tidak. Break link digunakan jika proses
> pengolahan langsung merujuk ke file database sebagai kalimat formula. Jika
> dengan query, maka ndak ada yang perlu dibreak link.
>
> B. Saya punya *file dari query*,karena banyaknya record utk menghemat
> memory di database file yang telah berlalu 2 bulan didelete
> >> *file dari query *ini file apa. Apakah sebagai database ataukah
> sebagai file sisi pengolah data (misal analyst-nya) ?
> >> Jika yang dimaksud adalah file sisi pengolah data (alias seluruh data
> tetap ada disumbernya sana yang bisa diambil lagi dengan query), maka semua
> sudah berjalan dengan benar. Cukup mengembangkan agar data bisa selalu
> dihilangkan saat akan menutup file pengolahan dan akan meng-query data
> ketika file pengolahan dibuka kembali. Hal ini akan menjaga isi file
> pengolahan hanya berisi formula pengolahan saja.
> >> Jika yang dimaksud adalah file database, maka kurang tepat jika ada
> penghapusan data dengan alasan menghemat memory. Karena pemilik data
> memiliki harta utama adalah Data dan bukan memory. Jadi yang dihemat adalah
> datanya bukan memorynya. Bahkan apapun untuk kebutuhan data, maka momory
> harus tersedia (kok kaya manusia malahan ya.... seperti ditanya harta atau
> nyawa saja... tapi bunyinya memori atau data...)
>
> C. Jadi kalo ada yang refresh file pasti datanya ilang.Padahal untuk study
> analisys kadang kita perlukan data selama setahun.
> >> Sebaiknya, pada sisi databasenya dipelihara terus datanya, tidak perlu
> ada hapus-menghapus. Kan pengambilan datanya juga pakai query.
> >> Jika selama ini menggunakan Excel sebagai penyimpan data, mungkin bisa
> menggunakan produk lain seperti MS Access yang bisa 2 GB. Kalau 2GB kurang
> dan dana belum mencukupi untuk memanfaatkan database engine, bisa gunakan
> textfile dan ms access berisi link to text file. Text file tidak diabatasi
> jumlah recordnya seperti Excel, jadi pengaturan rentang waktu data bisa
> dilakukan dengan mudah.
>
> Mungkin segitu dulu ya... supaya muncul banyak pertanyaan setelah ada
> proses banding dan timbang.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2012/10/13 Mardi <sumardiana596@gmail.com>
>
>>
>>
>> Dear Mr Kid,
>> ikutan nimbrung ya...
>> bagaimana cara values,apakah break link itu atau apa ?
>> Saya punya file dari query,karena banyaknya record utk menghemat memory
>> di database file yang telah berlalu 2 bulan didelete.Jadi kalo ada yang
>> refresh file pasti datanya ilang.Padahal untuk study analisys kadang kita
>> perlukan data selama setahun.
>> Mohon pencerahanya
>>
>> mardi
>>
>>
>> On 10/11/2012 09:47 PM, Kid Mr. wrote:
>>
>> 4. data-data histori masih disertai formula (belum di values) padahal
>> nilainya tidak akan berubah lagi.
>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 3:29 pm (PDT) . Posted by:

"Mardi" hekerkampoeng

Terima kasih Mr Kid
Gamblang sekali walaupun agak keluar dari excel (maaf...!!!).
Inti point yang saya dapat : Koneksi memang akan padat dengan transmisi
data ketika data yang diolah sangat banyak. Itu sebabnya, query data
hanya meng-query yang akan diolah saja dan tidak semuanya diambil.
Dengan demikian, _koneksi bisa terjaga tidak terbebani dan aplikasi
pengolah data juga bisa berkerja lebih baik_
Karena memang dulu yang banyak dikeluhkan adalah kinerja aplikasi yang
lambat,koneksi sering putus dan runtime error.
Terima kasih banyak,two thumbs up for Mr Kid

mardi

On 10/14/2012 03:30 AM, Mr. Kid wrote:
>
> Nah loh...
>
> 1. jadi posisi saya disini pengguna data tersebut
> >> Kalau begitu, datanya milik siapakah ?
>
> 2. Setau saya sih.....data yang di server dihapus....:-D
> >> Coba pastikan lagi, apakah benar dihapus.
> >> Jika benar dihapus, maka data di-server-nya siapa yang dihapus ?
> >> Jika diserver pintu masuk data (penerima data pertama kali), maka
> masih wajar. Biasanya pemilik data yang akan dengan sendirinya
> menyimpan data atau meminta pihak berwenang untuk menyimpankan datanya
> sebelum tiba masa habis kontrak di server penerima data tersebut.
> >> Data bisa disimpan oleh pemilik data di sebuah server data yang
> khusus diperuntukkan pemilik data. Dalam sebuah server, bisa jadi ada
> banyak pemilik data dengan datanya masing-masing. Jika sudah berbicara
> detil tentang pemilik, maka akan seperti posting yang lalu.
> >> Seluruh pengguna data akan mengkoneksikan seluruh aplikasi
> pengolahannya ke server pemilik data, bukan ke server penerima data
>
> Contoh :
> Sebuah perusahaan dengan 100 cabang, setiap bulan menerima laporan
> stok dari masing-masing cabang yang dikirim masuk ke kantor pusat
> melalui sebuah secured line. Data ini kemudian disimpan penerima data
> (yang punya jaringan) kesuatu tempat. Disini, pihak penerima data
> memberi batas waktu misalnya hanya 2 bulan. Setelah itu data akan
> dihapus dari server penerima laporan.
>
> Begitu data masuk dan terkumpul (bisa dalam rentang waktu tertentu ~
> yang pasti tidak melebihi masa 2 bulan), pemilik data (bagian stok
> kantor pusat), akan mengambil seluruh data di server penerima tersebut
> dan menyimpannya di server data stok pusat. Data akan hidup tenang
> selamanya disana, mulai dari masa produktifnya (masa-masa digunakan
> secara intensif oleh seluruh bagian yang membutuhkan) sampai masa
> pensiunnya (masa-masa ketika sudah tidak digunakan lagi selain menjadi
> dokumen digital yang bisa digunakan lagi suatu saat kelak entah kapan).
>
> Pada masa pensiun si data, bisa jadi data nanti akan dikompresi dan
> simpan kedalam media penyimpanan lain seperti cd, dvd, bahkan external
> disk, atau disimpan di server backup data milik perusahaan bersama
> pensiunan dari bagian lain. Dengan begitu, maka ruang yang digunakan
> oleh data yang masih produktif relatif tetap.
>
> Data-data produktif (asumsi saja ada data dalam rentang 5 tahun
> terakhir) tinggal dalam server data pemilik (server data stok pusat).
> Seluruh bagian yang membutuhkan data tentang stok bisa membuat koneksi
> (bagi yang mendapat akses) ke server data dan menggunakan seperlunya.
> Dan rentang data yang diolah pasti hanya rentang data 5 tahun terakhir.
>
> Pada sisi pengguna (user), baik untuk kegiatan analisis maupun
> penyusunan laporan, seluruhnya mengkoneksi ke server data stok pusat
> dengan mengambil rentang waktu yang dibutuhkan saja. Misal bagian
> laporan selalu mengambil data 3 bulan terakhir, maka koneksinya
> digunakan untuk meng-query data 3 bulan terakhir saja. Untuk analisis
> yang membutuhkan data 2 tahun terakhir, koneksinya digunakan untuk
> meng-query data 2 tahun terakhir saja. Begitu pula user lainnya.
>
> Jadi, dengan begitu seluruh aplikasi proses disisi user akan
> mendapatkan data yang tetap dalam rentang sekian waktu terakhir yang
> dibutuhkan.
> Hal ini akan membuat aplikasi menjadi lebih simple, karena fokusnya
> hanyalah mengolah data yang ada saja (data yang ada memang data yang
> dibutuhkan karena meng-query hanya yang dibutuhkan saja).
> Hal ini juga akan membuat aplikasi bisa dijaga untuk tetap dalam
> besaran tertentu, karena bisa dengan mudah diatur ketika aplikasi
> dibuka maka langkah pertama adalah meng-query data dan mengolahnya.
> Ketika ditutup melepaskan seluruh koneksi (memutus koneksi) dan
> menghapus data hasil query dari dalam aplikasi.
> Tentu saja untuk beberapa laporan bisa jadi dibutuhkan proses oleh
> aplikasi untuk menyusun output dan disimpan ke sebuah file output baru
> (file output bukanlah file aplikasi pengolah data).
>
> 3. tiap bulan saya simpen file excel yang masih terkoneksi dengan
> database yang nanti di akhir tahun dipakai buat analisa tahunan
> >> Dari kalimat ini, jika analisa tahunan dilakukan terhadap data asli
> (data yang ada di server pemilik data [server stok dalam kasus di
> atas]), maka proses dalam aplikasi pengolah data setidaknya berisi
> proses pengolahan data bulanan dan tahunan.
> >> Jika analisa tahunan dilakukan dari hasil output pengolahan bulanan
> dan bukan dari data mentah yang ada di server data, maka setiap bulan
> aplikasi pengolah data harus mengeluarkan output berupa data source
> yang akan menjadi sumber data pengolahan tahunan. Output ini bisa
> berupa file output yang akan bertambah recordnya setiap bulan sampai
> setahun. Jadi, akan terbentuk lagi sebuah database baru tapi
> pemiliknya adalah bagian Analisa Stok (misalnya).
>
> 4. apakah sebaiknya connectionnya di remove aja atau mungkin ada saran
> yang lebih bagus ?
> >> Untuk kasus Anda, untuk kondisi :
> A. Jika analisa tahunan berdasar data dari server pemilik data (yang
> katanya dihapus tiap 2 bulan)
> -> mau tidak mau, setiap bulan harus ada proses pengambilan data dari
> server itu, kemudian menyimpannya ke sebuah tempat menjadi sebuah
> database. Yang jelas bagian Anda bisa cukup menyimpan data hanya untuk
> rentang waktu yang dibutuhkan (misal setahun untuk analisa tahunan).
>
> B. Jika analisa tahunan berdasar hasil pengolahan data setiap bulannya
> (artinya bentuk data yang dianalisa berbeda dengan wujud awal data
> dari server)
> -> Aplikasi pengolah data setiap bulan harus mengeluarkan sebuah
> output berupa data source yang akan digunakan untuk analisa tahunan.
> -> Output ini disimpan ke sebuah file output. Disana akan berkumpul
> seluruh hasil proses pengolahan bulanan dalam rentang setahun untuk
> analisa tahunan nanti.
>
> 5. Sebenarnya seperti apa sih pengelolaan database itu (wah melebar
> nih...!!)
> >> Yang paling sederhana adalah menjaga agar semua data yang bisa
> digunakan untuk diolah menjadi informasi, tetap ada sampai benar-benar
> tidak ada lagi yang membutuhkan. Jadi, jika data itu akan diolah lagi
> untuk menyusun data 100 tahunan, maka data itu harus tetap ada selama
> 100 tahun.
> >> Yang dijaga adalah sumber data yang bisa diolah, bukan hasil
> pengolahannya.
> >> Jika hasil pengolahan akan menjadi sumber data yang diolah oleh
> proses pengolahan lain, maka simpanlah hasil pengolahan itu (sudah
> valuesnya saja), disuatu tempat berkumpul dengan hasil pengolahan
> bulan-bulan lainnya membentuk sebuah database baru.
>
> Contoh :
> Data dari sever pemilik disebut DS1, kemudian bagian Analisis
> mengambil DS1 pada rentang tertentu dan diolah dengan OLAH1. OLAH1
> menghasilkan suatu output yang bisa digunakan untuk OLAH234. Maka
> OLAH1 harus mengeluarkan output berupa datasource (valuesnya saja dan
> sebaiknya berkaidah database) kesuatu tempat diluar mesin OLAH1, misal
> di FILE_HASIL1. Maka, OLAH234 yang mengolah data hasil OLAH1 akan
> melakukan koneksi ke FILE_HASIL1 dan bukan ke OLAH1, karena OLAH1
> tidak menyimpan data apapun.
> Kemudian, ada OLAH7 yang mengolah data DS1 dan hasil OLAH1, maka OLAH7
> melakukan koneksi ke DS1 dan FILE_HASIL1, kemudian mengolahnya hingga
> menghasilkan sesuatu. Ketika sesuatu itu akan digunakan oleh proses
> pengolahan lain (misal OLAH39), maka OLAH7 juga harus mengeluarkan
> output berupa datasource dan menyimpannya diluar mesin OLAH7, misal di
> FILE_HASIL7.
> Begitu seterusnya, sehingga tidak akan ada koneksi yang kehilangan data.
>
> 6. pengelolaan database apakah dengan menghapus untuk penghematan
> memory atau meringankan koneksinya saja atau cuma diblok saja biar ga
> diakses lagi ?
> >> Tidak.
> >> Menghapus data untuk penghematan memory bukanlah suatu bagian dari
> pengelolaan data. Mungkin untuk memperingan kerja engine database,
> tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya, hal paling pokok
> dalam pengolahan data adalah sumber datanya. Jika pengolahan data
> memang membutuhkan sumber data yang banyak, apa iya terus datanya
> boleh dihapus dengan alasan hemat memori (tepatnya hemat ruang
> penyimpanan ?). Kalau uangnya memang ada milyaran juta yang harus
> dipakai, hingga brankas gak cukup, apa iya harus membuang uang yang
> sudah ada dalam brankas biar yang belum masuk bisa masuk ?
> >> Koneksi memang akan padat dengan transmisi data ketika data yang
> diolah sangat banyak. Itu sebabnya, query data hanya meng-query yang
> akan diolah saja dan tidak semuanya diambil. Dengan demikian, koneksi
> bisa terjaga tidak terbebani dan aplikasi pengolah data juga bisa
> berkerja lebih baik, karena jumlah data yang diambil sesuai dengan
> desain si aplikasi.
> >> Membatasi akses koneksi memang bagian dari pengelolaan database.
> Hanya yang membutuhkan dan mendapat akses saja yang bisa melakukan
> koneksi dan mengirimkan query. Hal ini cenderung pada sisi keamanan
> data dan bukan pada berat atau tidaknya pengolahan data.
>
> Kira-kira demikian bahasa sederhananya.
> Jadi data berbeda dengan database. Database berbeda dengan database
> engine.
> Lebih enak berangkat dari sisi Data terutama kejelasan tentang pemilik
> dan yang bertanggung jawab atas eksistensi si data.
> Kemudian baru menuju cara penyusunan data dan penyimpanan data yang
> terpadu yang sering disebut dengan database.
> Setelah itu baru tentang engine database yang sebaiknya dipakai untuk
> mengelola. Ada juga database yang tidak dikelola dengan database
> engine, misal dengan menjadikan file Excel sebagai wadah menyimpan
> data yang terstruktur dan terpadu. Dalam hal menyimpan data sebagai
> sebuah database, akan banyak perbedaannya antara yang dikelola
> database engine dengan yang dikelola tanpa database engine.
>
> Wassalamualaikum Wr. Wb.
> Kid.
>

Sat Oct 13, 2012 3:55 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sama-sama Pak Mardi.

Tidak ada yang keluar dari Excel kok.
Seluruh dongeng dan obrolan di atas tetap dijaga dalam kerangka sisi
pemanfaatan Excel dalam mengolah data.
Tidak ada pembicaraan yang mengkhususkan tentang sebuah database engine.
Semuanya adalah tentang data dan pengolahan data.

Excel bertransformasi pada versi 2007 agar menjadi lebih terbuka dan lebih
mampu berkomunikasi secara luwes tentang data dan pengolahannya. Excel
meningkatkan
kemampuannya untuk membaca data dan dibaca datanya menggunakan bahasa
universal data, yaitu bahasa SQL, melalui query pada suatu koneksi data. Pada
versi sebelum 2007 komunikasi data dengan memanfaatkan query masih banyak
keterbatasannya.

Semoga saja perbincangan ini bisa memberi wawasan baru bahwa
pengolahandata di Excel yang
memanfaatkan query akan bisa lebih memperbaiki kinerja Excel. Dengan
demikian, maka aplikasi-aplikasi Excel yang dibangun akan cenderung
berbasis pada suatu data yang berkaidah database. Proses-proses pengolahan
data dengan formula maupun macro-nya bisa dikembangkan untuk lebih fokus
dalam membentuk output dari data hasil pengolahan melalui query. Mungkin
beberapa versi Excel kedepan baru akan bisa ditemui kemampuan menyusun
query secara mudah dalam aplikasi Excel. Yang jelas, Excel bukanlah sebuah
database engine, tetapi sebuah aplikasi spreadsheet. Meski sebagai sebuah
aplikasi spreadsheet, bukan berarti Excel tidak bisa bergaul dan
bekerjasama dengan aplikasi maupun
sistem pengolah data yang rajin seperti para database engine. Justru Excel
bisa menjadi salah satu opsi untuk menjadi aplikasi yang dekat dengan user
tetapi bekerja dengan penuh semangat bersama para database engine.

Semoga setelah Excel fokus dikembangkan untuk bisa lebih terbuka
memanfaatkan bahasa pemrograman selain VB maupun VB.Net kelak, maka akan
ada pengembangan untuk menjadikan Excel begitu mudah menyusun query dan
berinteraksi dengan para database engine. Saat itu, mungkin akan ada dunia
baru Excel.

Setidaknya mulai sekarang, kita bisa mencoba sedikit demi sedikit mulai
belajar tentang cara menata data, kemudian mengolahnya dengan tetap
berusaha berkaidah database, hingga bisa menghasilkan suatu dataset yang
baik. Setelah itu baru dimanfaatkan untuk penyusunan output yang bentuknya
(formatnya) adalah sesuai kebutuhan user. Seringkali ditemui pengolahan
data di Excel sepenuhnya masih menggunakan kaidah enaknya user memandang.
Hal ini yang lebih sering membuat pengolahan data menjadi begitu ruwet,
sehingga muncul formula yang begitu megahnya tapi kurang handal ketika
bertemu data yang begitu banyak.

Wassalam,
Kid.

2012/10/14 Mardi <sumardiana596@gmail.com>

> Terima kasih Mr Kid
> Gamblang sekali walaupun agak keluar dari excel (maaf...!!!).
> Inti point yang saya dapat : Koneksi memang akan padat dengan transmisi
> data ketika data yang diolah sangat banyak. Itu sebabnya, query data
> hanya meng-query yang akan diolah saja dan tidak semuanya diambil.
> Dengan demikian, _koneksi bisa terjaga tidak terbebani dan aplikasi
> pengolah data juga bisa berkerja lebih baik_
> Karena memang dulu yang banyak dikeluhkan adalah kinerja aplikasi yang
> lambat,koneksi sering putus dan runtime error.
> Terima kasih banyak,two thumbs up for Mr Kid
>
> mardi
>
>

Sun Oct 14, 2012 1:41 am (PDT) . Posted by:

"Agus Siahabudin" phont_4ng

salam kenal semua..

saya ingin membuat sebuah form digital. setelah pengisian selesai saya ingin membuat sebuah tombol yang bila diklik maka secara otomatis akan menginput data isian dari form tersebut pada sebuah table yang telah disediakan.
mohon bantuannya dalam pembuatan tombol tersebut.
terima kasih

agus

Sun Oct 14, 2012 3:05 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/10/14 Agus Siahabudin <phont_4ng@yahoo.co.id>

> **
>
>
> salam kenal semua..
> saya ingin membuat sebuah form digital. setelah pengisian selesai saya
> ingin membuat sebuah tombol yang bila diklik maka secara otomatis akan
> menginput data isian dari form tersebut pada sebuah table yang telah
> disediakan.
> mohon bantuannya dalam pembuatan tombol tersebut.
> terima kasih
>
>
> agus
>
>
>

Sun Oct 14, 2012 1:43 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Waalaikumussalam,

File terlampir menggunakan VBA. Penggunaan dengan cara double click cell.

Dalam file masih belum ada datanya. Hal-hal yang membuat ingin tahu :
1. Data masing-masing nama nantinya ada di sheet apa ?
2. Apakah sheet-sheet berdasar nama member tersebut adalah sheet-sheet
output ? Ataukah bisa melakukan input juga disana ?
3. Jika data ada disebuah sheet khusus, berarti pada sheet-sheet berdasar
nama member akan berisi formula. Jika ada 150 member, apakah juga akan ada
150 sheet berdasar nama member ?
4. Jika data ternyata disimpan dalam sheet-sheet berdasar nama member
tersebut, bagaimanakah cara membuat summary berdasar peringkatnya ?
5. Mungkinkah file tersebut disusun dalam bentuk :
>> ada sebuah sheet data yang berisi seluruh data dari seluruh member
>> ada sebuah sheet output yang bisa dipilih nama member yang akan
ditampilkan datanya
>> ada sebuah sheet input yang bisa dijadikan ruang mengisi data baru atau memperbarui
data yang sudah ada
>> sebuah sheet beranda yang sudah ada
Dengan susunan demikian, maka
>> formula penyusun output akan ada disheet output
>> penataan proses input data baru maupun memperbarui data baru terpusat
pada sheet input
>> kegiatan membuat summary data akan lebih mudah dan bisa menjadi output
lainnya
>> jumlah sheet yang dikelola lebih sedikit
>> proses print juga bisa diotomasi dengan mengubah-ubah nama member pada
sheet output

Wassalam,
Kid

2012/10/13 Owner Serbaonline <ownerserbaonline@ymail.com>

> **
>
>
> salam.
> sy minta tolong kpd suhu yg ada di groupyg ada, krna masih cetek ilmu ne
> cb otak2k sendiri g juga nemu..maklum otodidak..hehehe
>
> 1. saya mau melink kan antara AVAIL yg ada di beranda atas nama ABDUL HALIM ke Cell AVAIL yg ada di SHEET ABDUL HALIM. maksudnya agar jikan di klik bisa langsung tertuju ke AVAIL yg ada di sheet ABDUL HALIM.
> 2. saya mau membuat semacam drop-down agar lebih cepat dengan hanya diklik bisa langsung ke cell ke tujuan.
>
>
>

Sun Oct 14, 2012 2:37 am (PDT) . Posted by:

"Toni Kus indratno" tonny.kuzh@ymail.com

Tanya kakak-kakak semua yang jago Excel.
Kalau code macro untuk Cetak sekaligus ngeclose excel itu bagai mana ya,?
Jadi gini,,
1. saya mau buat soal ulangan harian menggunakan Excell,,nah disitu diharapkan siswa harus menjawab semua soal,,
2. Sebelum siswa sel;esai menjawab semua soal siswa tidak bisa mengeclose excel (dengan tanda X)
3. Setelah siswa menjawab soal terakhir siswa diarahkan ke sheet hasil ujiannya.
4. disitu ada tombol Print,,nah ketika siswa memencet tombol print tersebut hasil ujian akan keluar dari printer dan jendela excel akan tertutup otomatis..

Mohon pencerahannya...
saya tunggu..
Terinakasih sebelumnya

 
tonikus.staff.uad.ac.id

Sun Oct 14, 2012 3:43 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File emak diubah sana-sini pembuat closenya jadi seperti file
terlampir.Error gak ya...

Wassalam,
Kid.

2012/10/14 Toni Kus indratno <tonny.kuzh@ymail.com>

> **
>
>
> Tanya kakak-kakak semua yang jago Excel.
> Kalau code macro untuk Cetak sekaligus ngeclose excel itu bagai mana ya,?
> Jadi gini,,
> 1. saya mau buat soal ulangan harian menggunakan Excell,,nah disitu
> diharapkan siswa harus menjawab semua soal,,
> 2. Sebelum siswa sel;esai menjawab semua soal siswa tidak bisa mengeclose
> excel (dengan tanda X)
> 3. Setelah siswa menjawab soal terakhir siswa diarahkan ke sheet hasil
> ujiannya.
> 4. disitu ada tombol Print,,nah ketika siswa memencet tombol print
> tersebut hasil ujian akan keluar dari printer dan jendela excel akan
> tertutup otomatis..
>
> Mohon pencerahannya...
> saya tunggu..
> Terinakasih sebelumnya
>
>
> tonikus.staff.uad.ac.id
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar