Senin, 15 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1844

15 New Messages

Digest #1844
2a
Re: Rumus Sumifs yang lebih efisien by "Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w
3a
Re: menampilkan beberapa nama yang sama by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Index Data Beberapa Kolom atau Lebih by "M.Ade Alfarid" aderyo
6b
Re: Index Data Beberapa Kolom atau Lebih by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6e
8
Data Harian menjadi  Sebuah JURNAL by "ratim sugianto" ratimsugianto

Messages

Sun Oct 14, 2012 11:25 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sambil menunggu rekan BeExceller yang dituju penanya :

1. apa sih beda nya pake rumus sumproduct ama rumus sumif??
>> SumProduct untuk Sum hasil perkalian (product). Selain itu, karena
adanya unsur perkalian setiap itemnya didalam proses kalkulasi, maka bisa
diisi dengan ekspresi penyusunan kriteria. Jumlah kriteria yang bisa
disusun adalah lebih dari 1.
>> SumIF adalah menjumlahkan suatu data yang memenuhi sebuah kriteria
tertentu saja.
>> SumIFs (mulai xl2007) adalah menjumlahkan data yang memnuhi banyak
kriteria tertentu. Hal ini akan sama dengan SumProduct item-item yang
dikalkulasi adalah berupa nilai yang akan dijumlah beserta seluruh ekspresi
kriteria.

2. array formula
>> penulisan formula diakhiri dengan menekan 3 tombol sekaligus, yaitu
tombol CTRL SHIFT ENTER
>> kalkulasi didalamnya adalah kalkulasi semua item sebagai sebuah array
(larik data). Jika akan mengkalkulasi 2 kolom x 5 baris secara sekaligus
sebagai range yang harus diperiksa atau diproses, maka data 2 kolom x 5
baris itu akan membentuk suatu array. Karena data yang diproses adalah
berupa array, maka formula harus di Enter sebagai Array Formula.
>> beberapa fungsi bawaan Excel ada yang bakat orok-nya adalah memproses
array data, seperti fungsi SumProduct atau LookUp. Dengan begitu, maka
penggunaan fungsi tersebut tidak perlu menekan CTRL SHIFT ENTER lagi. Hal
ini berlaku jika didalam penggunaannya, tidak ada array yang dibentuk oleh
fungsi IF. Jika ada array yang itemnya disusun melalui penggunaan fungsi
IF, maka tetap harus di-Enter sebagai array formula (menggunakan CTRL SHIFT
ENTER).

3. beberapa hal dalam formula Sumproduct berikut :
(formula disusun dalam komputer yang setting regional-nya Indonesia
~ kehadiran karakter titik koma [;] sebagai pemisah item pramater
input fungsi ~)
SUMPRODUCT((RIGHT($B$5:$B$76;*LEN*($B85))=$B85)***($D$5:$D$76))
A. makna *LEN *disitu sbg apa ya mas,
>> Len digunakan untuk menghitung jumlah karakter suatu nilai tertentu.
Nilai bisa bertipe teks maupun numerik.
>> Pada formula diatas, hasil kalkulasi Len adalah nilai inputan untuk
parameter jumlah karakter yang akan diambil dalam fungsi Right.

B. baru tau ada fungsi LEN di rumus,
>> sama, saya juga baru tahu sekitar lebih dari 10 tahun terakhir ~ just
kidding ~
>> jika ada waktu senggang, coba jalan-jalan ke Help Excel (pencet F1)
kalau di-install,
atau ke http://www.techonthenet.com/excel/index.php
<http://www.techonthenet.com/excel/index.php>(penuh dengan pemandangan
indah perbukitan dan hamparan lembah hijau yang
dilengkapi dengan bungalow-bungalow mungil nan asri disana... murah kok.)

C. trus ada tanda *** diantara tanda kurung itu mksd nya apa??
>> Karakter asterix (*) adalah operator perkalian yang setara logika AND
>> Bagian (RIGHT($B$5:$B$76;*LEN*($B85))*=*$B85) akan menghasilkan nilai
TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0) karena ada operator perbandingan
berupa karakter sama dengan '*=*'
>> Karena data yang diproses oleh right ada banyak, berarti membentuk suatu
array.
>> Hasil Right ini (yang berupa array 1 atau 0) akan dikalikan (*) dengan
bagian ($D$5:$D$76).
>> Jadi hasil akhir perkalian (*) itu nantinya adalah nilai dalam *kolom D
yang dirujuk* atau *0* tergantung hasil sisi fungsi Right menghasilkan *1*atau
*0*.

4. SUMIF($B$5:$B$76;"*"&B85;$D$5:$D$76) kenapa tanda bintang nya dikasi
tanda kutip?? ("*")
>> Bagian yang biru adalah ekspresi kriteria yang harus dipenuhi agar nilai
di $B$5:$B$76 diambil untuk di-total-ken
>> Karakter * pada ekspresi kriteria tersebut adalah sebuah wildcard
character (jadi sebuah teks kan ya) yang artinya sebarang karakter. Karena
berupa sebuah data teks (bukan sebagai operator proses perkalian), maka
harus diapit oleh pembentuk data teks, yaitu tanda petik dua (")

5. bisa ajarin saya gak bahasa logika dari masing2 rumus nya
A. SUM(IF(RIGHT($B$5:$C$76;11)=B85;$D$5:$D$76))
>> array formula
>> Bahasa manusianya :
"Jumlahkan semua data (Sum) yang dihasilkan fungsi kondisi (IF) dimana
ketika 11 karakter terkanan [Right(,11)] dari suatu area data di $B$5:$C$76
yang tetap (absolute reference ~ tanda $ didepan baris dan kolom), adalah
sama dengan nilai di suatu cell (B85), maka hasil fungsi kondisi (IF)
adalah pengambil nilai kolom D nya ($D$5:$D$76)"

B. SUMIF($B$5:$B$76;"*"&B85;$D$5:$D$76)
>> bukan array formula
>> Bahasa manusianya :
"Jumlahkan yang sesuai dengan *sebuah* kriteria (SumIF) seluruh nilai data
di $B$5:$B$76 yang memenuhi kriteria bahwa *diawali dengan sebarang
karakter entah seberapa banyak* (*"*"*) dan digabung dengan suatu teks (&)
sehingga diakhir oleh nilai disuatu cell pada kolom tetap ($B85)"

C. SUMPRODUCT((RIGHT($B$5:$B$76;*LEN*($B85))=$B85)***($D$5:$D$76))
>> bukan array formula
>> Bahasa manusianya :
"Jumlahkan (SumProduct) seluruh nilai $D$5:$D$76 yang dikalikan (*) dengan
hasil perbandingan tertentu, dimana yang diperbandingkan adalah kesamaan
(=) antara nilai di suatu cell ($B85) dengan setiap item dalam array berupa
sebanyak jumlah karakter di cell B85 (Len) terkanan (Right)"

Wassalam,
Kid.

2012/10/15 veeria_165 <vee_nha@yahoo.com>

> **
>
>
> Makasi buat smua sesepuh dsini yang udah bantu jawab, mas aji mumpung, mas
> muh.ferdy dan mas ghozi atas bantuan nya,,,bermanfaat skali,,,krn saya udah
> seharian nyari rumus nya tapi tetap ga bisa...maklum baru belajar...
>
> dari ketiga versi jawaban yang saya terima,,,ada beberapa yang ingin saya
> tanyakan..
>
> - apa sih beda nya pake rumus sumproduct ama rumus sumif??
>
> - trus buat mas ghozi, saya baru tau klo ada istilah formula array (enter
> dengan menahan shift +ctrl) ? maklum, saya blajar rumus excel otodidak dan
> modal browsing,,,ga pake kursus2 :p dan kenapa yg di sorot pd rumus nya ada
> 2 kolom sekaligus?? SUM(IF(RIGHT($B$5:$C$76;11)=B85;$D$5:$D$76)) yaitu dari
> kolom B smpi C spti yg saya bold)
>
> - dari jawaban mas ferdy, ada dua cara solusi. yg saya tanyakan,
> SUMPRODUCT((RIGHT($B$5:$B$76;LEN($B85))=$B85)*($D$5:$D$76)) >> makna LEN
> disitu sbg apa ya mas, baru tau ada fungsi LEN di rumus, trus ada tanda *
> diantara tanda kurung itu mksd nya apa??
>
> dan rumus SUMIF($B$5:$B$76;"*"&B85;$D$5:$D$76) kenapa tanda bintang nya
> dikasi tanda kutip?? ("*")
>
> - buat mas aji mumpung dan smua nya yg udah bantu jawab, bisa ajarin saya
> gak bahasa logika dari masing2 rumus nya,,,biar kedepan nya klo ktmu mslh
> yg rada2 mirip sprti ini saya udah tau seperti apa bahasa logika rumus nya
> dan rumus sprti apa yg harus saya pakai...
>
> mis : bahasa utk logika rumus ini :
> SUM(IF(RIGHT($B$5:$C$76;11)=B85;$D$5:$D$76)) ?? >>> "jumlah kan angka kolom
> D5 smpai dengan D76, jika 11 karakter dari kanan kolom B sama dengan cell
> B85.
>
> makasi atas tanggapan nya
>
> maaf klo pertanyaan nya ribet dan membingungkan
>
> ________________________________________________________
>
>
>

Mon Oct 15, 2012 12:03 am (PDT) . Posted by:

"Arie Bowo Witjaksono" arie_b_w

Dear Mr Kid,
 

     That`s Correct, so cute.... apa yang saya inginkan sudah tercapai. begitu menurut saya, karena rumus saya yang sebelumnya menjumlah seluruh data di kolom D tanpa ada batas, sedangkan jika dirumuskan dengan batasan banyak data seperti yang dicontohkan sangat membantu, at least jika data sudah ratusan ribu akan lemot juga..... he he he... terima kasih.
 
Regards,
 
Arie
--- On Mon, 10/15/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Sumifs yang lebih efisien
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Monday, October 15, 2012, 12:22 AM

 

Boleh ya ikutan...

Ini sekedar pendapat orang yang ndak mudeng seberapa rumit ngitungnya.
1. Jika akan dengan SumIF atau SumIFs,
>> coba buat nama range pada sheet data, dengan rujukan berupa formula dinamis.
>> misal :
A. header mulai kolom A sampai kolom ke-999 excel dan dibaris 1 saja,
B. tidak ada kolom kosong atau dimerge,
C. seluruh data selalu rapat (tidak ada baris kosong)
D. tidak ada baris yang di-merge
rujukan formula dalam pembuatan nama rangenya : (anggap saja nama rangenya _myStock_)
=INDEX(STOCK!$1:$1,1,COUNTA(STOCK!$1:$1)):INDEX(STOCK!$A:$A,COUNTA(STOCK!$A:$A))
>> Seluruh formula sumif atau sumifs, merujuk ke nama range tersebut.
>> Jika ingin mengambil data seluruh baris data (hanya yang ada datanya saja) di kolom ke-3 (kolom C)
Index(_myStock,0,3)
>> Jika ingin mengambil data seluruh kolom di baris Excel (bukan nomor record) ke 325
Index(_myStock,235,0)
>> Jika ingin mengambil seluruh data beserta header :
_myStock_
>> Jika ingin mengambil data tanpa header sebanyak 3 kolom :
Index(_myStock_,2,1):Index(_myStock_,Rows(_myStock_),3)

2. Penyusunan data di sheet Stock ataupun sheet lain yang berkaidah database akan memudahkan penggunaan fitur MS-Query.
3. Data stock dsb yang berkaidah database maupun yang berupa hasil penggunaan MS-Query bisa disusun menjadi report menggunakan Pivot table seperti pada file terlampir.
4. Pivot table bisa menjadi tabel antara yang simply. Proses pengolahan bisa menggunakan data yang ada dalam pivot table. Lebih baik  dengan merujuk ke rangenya langsung dibanding menggunakan fungsi GetPivotData, ketika menggunakan pivot table sebagai tabel proses antara.
5. Kesesuaian pivot table sebagai tabel antara sangat ditentukan dengan susunan kolom-kolom pada data source pivot table.
6. Penggunaan nama range yang dinamis (seperti yang dijelaskan dalam nomor 1) terhadap range yang berisi pivot table akan sangat membantu proses pengolahan selanjutnya.
7. Penggunaan VBA untuk menyusun formula yang pada dasarnya memang si formula itu lemot, akan tetap saja menghasilkan proses yang lemot.
8. Mohon maaf kalau ada pendapat yang salah (maklum... gak mudeng njelimetnya cara ngitungnya) karena pendapat ini hanya berdasar karakteristik tabel data yang baik yang akan memudahkan pengolahan data.

Wassalam,
Kid.

 

2012/10/15 Arie Bowo Witjaksono <arie_b_w@yahoo.com>

 

Dear Mas Aji,
 
      Terima kasih atas sarannya, sebenarnya saya membutuhkan data total per week bukan hanya harian saja, karena ada 2 sheet yang hampir sama seperti diatas dan ada 1 sheet lagi perhitungannya yang njelimetnya minta ampun.
 
2 sheet yang saya kirimkan adalah stock setiap minggu, dan 2 sheet yang lain adalah pemakaian setiap minggu ( rumus hampir sama). 1 sheet yang saya buat adalah monitoring dan perencanaan dimana 2 sheet rumusan (actual stock dan pemakaian) saya jadikan 1 kembali dimana harus sesuai (actual).saya tidak bisa share di milis ini karena besar sekali (total hampir 4 MB).
 
Jika saya harus menggunakan pivot, mungkin berguna sebagai report yang sudah tidak diolah lagi, sedangkan file yang saya kirimkan adalah data mentah dimana masih perlu diolah lagi....
 
Saya sudah kepikiran menggunakan makro untuk membuat rumus yang fleksibel, tetapi membutuhkan waktu yang lama, sedangkan file terlampir semakin lama semakin tidak terkontrol (dalam arti lemotnya minta ampun....). terima kasih atas sharingnya semoga ada rekan yang lain yang mempunyai solusi lain.....
 
Regards,
 
Arie.

Mon Oct 15, 2012 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2012/10/15 Edhi Agustianto <edhi.agustianto@yahoo.com>

> **
>
>
> Mohon bantuannya :
> Bagaimana caranya memunculkan beberapa data/nama yang mirip dengan
> data/nama yang saya ketik ?
> Contoh :
> Saya ketik nama : "Pulpen" kemudian otomatis muncul semua nama yang ada
> kata "Pulpen Pilot","Pulpen Zebra","Pulpen Hitec" yang kemudian akan
> dipilih yang diinginkan
> Terima Kasih atas bantuannya.
>
>
>
>

Mon Oct 15, 2012 12:16 am (PDT) . Posted by:

"Emi" emilestariklcc

 Yth Guru dan teman BeExcel,
 
Saya mau buat makro untuk menambah beberapa perkara di dalam table.
 
 
1. Copy data dari sheet1 ke sheet 2
2. Convert data dari text ke number format( Col Amount)
3. Masukkan filter di row 10 dan sort decending
4. Auto numbering di kolum A, sekiranya ada data di kolum B
5. Auto sum bagi semua item., di row terakhir
6. Setting untk mencetak- orientation = lanscape
7. Click margin = narrow
8. Click page break view (fit in one page)
9. Print title= row to repeat (16-17)
10. Print
11. Done
 
Saya sudah coba buat recording makro, tetapi masih banyak yang kurang berhasil., karena row data berubah ubah.
 
Mohon bantuan.
 
Terima kasih
 
Emi Lestari

Mon Oct 15, 2012 1:04 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Emi,
Bisa dicopy rekaman macronya ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Emi <emilestariklcc@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 15 October 2012, 14:16
Subject: [belajar-excel] Auto Numbering, Totalling, Sorting & Printing dengan makro


 
 Yth Guru dan teman BeExcel,
 
Saya mau buat makro untuk menambah beberapa perkara di dalam table.
 
 
1. Copy data dari sheet1 ke sheet 2
2. Convert data dari text ke number format( Col Amount)
3. Masukkan filter di row 10 dan sort decending
4. Auto numbering di kolum A, sekiranya ada data di kolum B
5. Auto sum bagi semua item., di row terakhir
6. Setting untk mencetak- orientation = lanscape
7. Click margin = narrow
8. Click page break view (fit in one page)
9. Print title= row to repeat (16-17)
10. Print
11. Done
 
Saya sudah coba buat recording makro, tetapi masih banyak yang kurang berhasil., karena row data berubah ubah.
 
Mohon bantuan.
 
Terima kasih
 
Emi Lestari

Mon Oct 15, 2012 1:21 am (PDT) . Posted by:

"Emi" emilestariklcc

Pak Hendrik,
 
File recording makro seperti dilampirkan.
 
 
Terima kasih

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, October 15, 2012 4:04 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Auto Numbering, Totalling, Sorting & Printing dengan makro

 
Dear Emi,
Bisa dicopy rekaman macronya ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Emi <emilestariklcc@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 15 October 2012, 14:16
Subject: [belajar-excel] Auto Numbering, Totalling, Sorting & Printing dengan makro

 
 Yth Guru dan teman BeExcel,

Saya mau buat makro untuk menambah beberapa perkara di dalam table.

1. Copy data dari sheet1 ke sheet 2
2. Convert data dari text ke number format( Col Amount)
3. Masukkan filter di row 10 dan sort decending
4. Auto numbering di kolum A, sekiranya ada data di kolum B
5. Auto sum bagi semua item., di row terakhir
6. Setting untk mencetak- orientation = lanscape
7. Click margin = narrow
8. Click page break view (fit in one page)
9. Print title= row to repeat (16-17)
10. Print
11. Done

Saya sudah coba buat recording makro, tetapi masih banyak yang kurang berhasil., karena row data berubah ubah.

Mohon bantuan.

Terima kasih

Emi Lestari

----------

Sub ModifyData()
'
' ModifyData Macro
'

'
Columns("A:A").Select
Selection.Insert Shift:=xlToRight
Range("B1:H3").Select
Selection.Cut
Range("A1").Select
ActiveSheet.Paste
Range("H11:H104").Select
ActiveWindow.SmallScroll Down:=-75
Columns("H:H").Select
Selection.NumberFormat = "_(* #,##0.00_);_(* (#,##0.00);_(* ""-""??_);_(@_)"
Range("A10").Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = "No."
Range("A9:J10").Select
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.IndentLevel = 0
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = True
End With
Selection.UnMerge
Range("A10:J10").Select
Selection.AutoFilter
Range("F17").Select
ActiveWorkbook.Worksheets("DataAsal").Sort.SortFields.Clear
ActiveWorkbook.Worksheets("DataAsal").Sort.SortFields.Add Key:=Range( _
"H11:H104"), SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending, DataOption:= _
xlSortNormal
With ActiveWorkbook.Worksheets("DataAsal").Sort
.SetRange Range("A10:J104")
.Header = xlYes
.MatchCase = False
.Orientation = xlTopToBottom
.SortMethod = xlPinYin
.Apply
End With
Range("A11").Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = "1"
Range("A11").Select
Selection.AutoFill Destination:=Range("A11:A104"), Type:=xlFillSeries
Range("A11:A104").Select
ActiveWindow.SmallScroll Down:=-18
Range("A11:A104").Select
Selection.Borders(xlDiagonalDown).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlDiagonalUp).LineStyle = xlNone
With Selection.Borders(xlEdgeLeft)
.LineStyle = xlContinuous
.ColorIndex = 0
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
With Selection.Borders(xlEdgeTop)
.LineStyle = xlContinuous
.ColorIndex = 0
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
With Selection.Borders(xlEdgeBottom)
.LineStyle = xlContinuous
.ColorIndex = 0
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
With Selection.Borders(xlEdgeRight)
.LineStyle = xlContinuous
.ColorIndex = 0
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
With Selection.Borders(xlInsideVertical)
.LineStyle = xlContinuous
.ColorIndex = 0
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
With Selection.Borders(xlInsideHorizontal)
.LineStyle = xlContinuous
.ColorIndex = 0
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
Range("C23").Select
ActiveWindow.SmallScroll Down:=81
Range("H105").Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-94]C:R[-1]C)"
Range("F105").Select
Selection.Borders(xlDiagonalDown).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlDiagonalUp).LineStyle = xlNone
With Selection.Borders(xlEdgeLeft)
.LineStyle = xlContinuous
.Color = -8947849
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
Selection.Borders(xlEdgeTop).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlNone
With Selection.Borders(xlEdgeRight)
.LineStyle = xlContinuous
.Color = -8947849
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
Selection.Borders(xlInsideVertical).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlInsideHorizontal).LineStyle = xlNone
With Selection
.HorizontalAlignment = xlGeneral
.VerticalAlignment = xlBottom
.WrapText = True
.Orientation = 0
.AddIndent = False
.ShrinkToFit = False
.ReadingOrder = xlContext
.MergeCells = False
End With
Selection.NumberFormat = "@"
ActiveCell.FormulaR1C1 = "Total"
With ActiveCell.Characters(Start:=1, Length:=5).Font
.Name = "Calibri"
.FontStyle = "Regular"
.Size = 11
.Strikethrough = False
.Superscript = False
.Subscript = False
.OutlineFont = False
.Shadow = False
.Underline = xlUnderlineStyleNone
.ThemeColor = xlThemeColorLight1
.TintAndShade = 0
.ThemeFont = xlThemeFontMinor
End With
Range("H105").Select
Selection.Borders(xlDiagonalDown).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlDiagonalUp).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlEdgeLeft).LineStyle = xlNone
With Selection.Borders(xlEdgeTop)
.LineStyle = xlContinuous
.Color = -8947849
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThin
End With
With Selection.Borders(xlEdgeBottom)
.LineStyle = xlDouble
.ColorIndex = 0
.TintAndShade = 0
.Weight = xlThick
End With
Selection.Borders(xlEdgeRight).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlInsideVertical).LineStyle = xlNone
Selection.Borders(xlInsideHorizontal).LineStyle = xlNone
Range("F105").Select
ActiveWindow.SmallScroll Down:=-90
End Sub

Mon Oct 15, 2012 4:13 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Silakan dicoba.
- Jangan hapus formula yang sudah ada di sheet Output.
- Jangan hapus baris kosong yang ada dari baris 1 sampai baris berisi
tulisan End Report pada sheet output
- Jangan hapus kolom atau insert kolom, kecuali jika dilanjutkan dengan
penyesuaian rujukan kolom dalam event click tombol susun data

Wassalam,
Kid.

2012/10/15 Emi <emilestariklcc@yahoo.com>

> **
>
>
> Yth Guru dan teman BeExcel,
>
> Saya mau buat makro untuk menambah beberapa perkara di dalam table.
>
>
>
> 1. Copy data dari sheet1 ke sheet 2
> 2. Convert data dari text ke number format( Col Amount)
> 3. Masukkan filter di row 10 dan sort decending
> 4. Auto numbering di kolum A, sekiranya ada data di kolum B
> 5. Auto sum bagi semua item., di row terakhir
> 6. Setting untk mencetak- orientation = lanscape
> 7. Click margin = narrow
> 8. Click page break view (fit in one page)
> 9. Print title= row to repeat (16-17)
> 10. Print
> 11. Done
>
>
> Saya sudah coba buat recording makro, tetapi masih banyak yang kurang
> berhasil., karena row data berubah ubah.
>
> Mohon bantuan.
>
> Terima kasih
>
> Emi Lestari
>
>
>

Mon Oct 15, 2012 12:42 am (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

karena pertanyaan tidak disertai attachment contoh, maka  saya membuat contoh daftar sederhana :

range A2:A7 berisi daftar nama barang yang mengandung kata pulpen dan buku

di cell C1 saya siapkan key word dari data validation yang bisa diganti buku atau pulpen

pada cell C2 saya isi formula yang akan memfilter data dari range A2:A7 berdasarkan jenis data yang dipilih di C1
ketika yang dipilih pulpen maka pada range C2 ke bawah akan terfilter data pulpen begitu juga jika lainnya yang dipilih

formula pada C2 adalah (formula array)
=IFERROR(INDEX($A$2:$A$7;SMALL(IF(ISNUMBER(FIND(C$1;$A$2:$A$7));MATCH($A$2:$A$7;$A$2:$A$7;0));ROW(1:1)));"")
copy ke bawah.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Edhi Agustianto <edhi.agustianto@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 15 Oktober 2012 12:31
Judul: [belajar-excel] menampilkan beberapa nama yang sama


 
Mohon bantuannya :
Bagaimana caranya memunculkan beberapa data/nama yang mirip dengan data/nama yang saya ketik ?
Contoh :
Saya ketik nama : "Pulpen" kemudian otomatis muncul semua nama yang ada kata "Pulpen Pilot","Pulpen Zebra","Pulpen Hitec" yang kemudian akan dipilih yang diinginkan
Terima Kasih atas bantuannya.

Mon Oct 15, 2012 2:07 am (PDT) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

BeExceller,

Bagaimana untuk mengurut banyak data beberapa kolom,
data dobel dihitung sekali saja?
Terimakasih
--
ade

Mon Oct 15, 2012 2:31 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.
Ada yang dibantu oleh sebuah kolom untuk menyusun data multi kolom menjadi
data sekolom.

Wassalam,
Kid

2012/10/15 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>

> **
>
>
> BeExceller,
>
> Bagaimana untuk mengurut banyak data beberapa kolom,
> data dobel dihitung sekali saja?
> Terimakasih
> --
> ade
>
>

Mon Oct 15, 2012 3:33 am (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

butuhkan

________________________________
Dari: M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 15 Oktober 2012 16:01
Judul: [belajar-excel] Index Data Beberapa Kolom atau Lebih


 
BeExceller,

Bagaimana untuk mengurut banyak data beberapa kolom,
data dobel dihitung sekali saja?
Terimakasih
--
ade

Mon Oct 15, 2012 4:15 am (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri



dibutuhkan satu kolom bantu untuk memfilter tabel menjadi satu kolom dulu(G3:G62)
formula di G3 (formula array)

{=INDEX($B$3:$F$14;MOD(ROW(1:1)-1;12)+1;TRUNC((ROW(1:1)-1)/12)+1)}
copy ke bawah.

tabel satu kolom ini difilter kembali

formula di H3 (formula array)
{=INDEX($G$3:$G$62;MATCH(;COUNTIF(H$2:H2;$G$3:$G$62);0))}
copy ke bawah
akan menghasilkan data unik

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 15 Oktober 2012 16:01
Judul: [belajar-excel] Index Data Beberapa Kolom atau Lebih


 
BeExceller,

Bagaimana untuk mengurut banyak data beberapa kolom,
data dobel dihitung sekali saja?
Terimakasih
--
ade

Mon Oct 15, 2012 4:27 am (PDT) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

Dear,

Terimakasih solusinya,
Bekerja baik

Ade

dibutuhkan satu kolom bantu untuk memfilter tabel menjadi satu kolom dulu
(G3:G62)
formula di G3 (formula array)
{=INDEX($B$3:$F$14;MOD(ROW(1:1)-1;12)+1;TRUNC((ROW(1:1)-1)/12)+1)}
copy ke bawah.

tabel satu kolom ini difilter kembali
formula di H3 (formula array)
{=INDEX($G$3:$G$62;MATCH(;COUNTIF(H$2:H2;$G$3:$G$62);0))}
copy ke bawah
akan menghasilkan data unik

wassalam

Ghozi Alkatiri

On Mon, 15 Oct 2012 16:30:55 +0700, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

> Coba file terlampir.
> Ada yang dibantu oleh sebuah kolom untuk menyusun data multi kolom
> menjadi
> data sekolom.
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
> 2012/10/15 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> BeExceller,
>>
>> Bagaimana untuk mengurut banyak data beberapa kolom,
>> data dobel dihitung sekali saja?
>> Terimakasih
>> --
>> ade
>>
>>

--
Regards,

M.ADE ALFARID
KMI

Mon Oct 15, 2012 2:47 am (PDT) . Posted by:

"Arieyanto"

Assalamualaikum Para Masters,

Mohon bantuannya pada kasus saya ini.
Langsung saja dilihat pada lampiran ya..

Terima Kasih

Wassalam,
Arie

Mon Oct 15, 2012 3:18 am (PDT) . Posted by:

"ratim sugianto" ratimsugianto

Halo para master xl
selamat sore.
Sebagaimana  disebut dalam subjek diatas, mohon kiranya bantuan formula utk mendefinisikan sebuah data transaksi harian (rekapitulasi harian) yang saya ambil dari copy paste dari aplikasi lain menjadi bentuk "Jurnal Harian"
Data ini saya simpan di sheet "Transaksi", kemudian untuk keperluan penjurnalan di aplikasi lain, dari data ini harus mengisi ke sheet "Jurnal Harian" dengan criteria dan aturan yang sudah ditetapkan di sheet "Data" yang didalamnya berupa pemetaan jika transkasi A, maka harus dijurnal ke jurnal B, dan seterusnya.
Utk lebih jelasnya, saya lampirkan attachmennya.
Atas bantuan baik dalambentuk rumus/formula ataupun langsung menyempurnakan file yang saya attach, saya ucapkan banyak terima kasih.
Wassalam
R. Sugianto
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar