Minggu, 11 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1897

15 New Messages

Digest #1897
1a
Masukan tenang pembukuan by "dhen.baguse" bagusejogja
1b
Re: Masukan tenang pembukuan by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2a
Re: Sumproduct gagal by "aji mumpung"
3a
Re: concatenate by "aji mumpung"
3b
Re: concatenate by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Soft Copy Report by "aji mumpung"
5b
8a
rumus total by "Andrie -" sioean2
8b
Re: rumus total by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
8c
Re: rumus total by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
9
Plat Kendaraan by "Andrie -" sioean2

Messages

Sat Nov 10, 2012 11:12 am (PST) . Posted by:

"dhen.baguse" bagusejogja

Salam para master excel,

saya mohon bantuan untuk masukan, pencerahan dan sejenisnya untuk file yang saya lampirkan. Saya lampirkan sebagian data saja karena data di sheet-sheet tersebut bisa mencapai ribuan dan ukuran file sampai 2.000 KB. 

Saya coba memberikan garis besar workbook yang saya lampirkan sbb. :
1. Sheet code yang berisi kata kunci untuk mendistribusikan data yang diisikan di sheet input ke  masing-masing sheet
2. sheet saldo awal berisi saldo awal dan akhir berjalan
3. sheet inpt berisi sheet utama yang berisi database untuk didistribusikan ke shet-shetnya berdasar sheet code
4. sheet umum sampai sheet lain-lain merupakan sheet yang hanya menerima data dari sheet input.

Saya sekali lagi mohon masukan kepada master2 agar program simpel saya ini loading cepat walaupun database ribuan (sheet input +- 3.000 baris), saya menerima masukkan berupa VBA, makro maupun menggunakan fungsi-fungsi, yang intinya walaupun database sampai ribuan tanpa loading lama karena calculating :)

terimakasih atas perhatiannya semoga ada banyak pencerahan

wassalam

Sat Nov 10, 2012 4:03 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

dhen.baguse,
Banyak hal tidak sebagus yang kitainginkan, namun pepeatah mengatakan "Tidak ada akar batangpun jadi" (terbalik ga ya...)

Program terlampir sejatinya untuk laporan keuangan namun saya coba modifikasi (walaupun tidak pas dengan keinginan anda) sehingga sheet (GL) bisa mewakili semua Account, sedangkan saldo awal dan akhirnya bisa fleksibel (pakai Pivot).

Silakan dipelajari.

Salam,
Hendrik Karnadi

Cat: Jurnal termsauk Saldo Awal

________________________________
From: dhen.baguse <bagusejogja@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 11 November 2012, 0:23
Subject: [belajar-excel] Masukan tenang pembukuan


 
Salam para master excel,

saya mohon bantuan untuk masukan, pencerahan dan sejenisnya untuk file yang saya lampirkan. Saya lampirkan sebagian data saja karena data di sheet-sheet tersebut bisa mencapai ribuan dan ukuran file sampai 2.000 KB. 

Saya coba memberikan garis besar workbook yang saya lampirkan sbb. :
1. Sheet code yang berisi kata kunci untuk mendistribusikan data yang diisikan di sheet input ke  masing-masing sheet
2. sheet saldo awal berisi saldo awal dan akhir berjalan
3. sheet inpt berisi sheet utama yang berisi database untuk didistribusikan ke shet-shetnya berdasar sheet code
4. sheet umum sampai sheet lain-lain merupakan sheet yang hanya menerima data dari sheet input.

Saya sekali lagi mohon masukan kepada master2 agar program simpel saya ini loading cepat walaupun database ribuan (sheet input +- 3.000 baris), saya menerima masukkan berupa VBA, makro maupun menggunakan fungsi-fungsi, yang intinya walaupun database sampai ribuan tanpa loading lama karena calculating :)

terimakasih atas perhatiannya semoga ada banyak pencerahan

wassalam

Sat Nov 10, 2012 2:48 pm (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

terima kasih mr kid untuk koreksinya, dan maaf untuk mas opik ternyata
solusi saya untuk kolom C jawabnya salah..
waktu nulis : [mode Demam On] [mode Jauh_Dari_Keluarga On] [mode
Gak_Ada_Yang_Ngerawat On]
hehehehe :D

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 10 November 2012 17:57, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Oh begono...
> wakakaka... padahal tadi lihat filenya udah pake mode_oon = off kok ya
> tetep gak mudeng.
>
> Coba *array formula* *sebagai array blok 2 baris x 1 kolom *: (formula
> dibuat pada komputer dengan regional setting londo inggeris)
> >> kolom List Tanda : mendapatkan daftar unique item tanda terurut
> descending menurut jumlah cacah item.
> =INDEX({"Negatif"*;*"Positif"}*,*MOD(LARGE(COUNTIF(*$B$2:$B$7**,*
> {"Negatif"*;*"Positif"})*10+*ROW(1:2)**,**ROW(1:2)*)*,*10))
> *$B$2:$B$7* adalah tabel data kolom tanda.
>
> >> kolom jumlah cacah item : mendapatkan jumlah cacah item berdasar nilai
> di kolom List Tanda.
> =COUNTIF($B$2:$B$7,F2:F3)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/11/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Halah mas kid
>> Gini ada beberapa cell isinya Positif dan Negatif,
>>
>> A B C
>> Negatif Positif 4
>> Positif Negatif 2
>> Positif
>> Negatif
>> Positif
>> Positif
>>
>> Karena cuma 2 tanda positif dan negatif, maka pada B1 menampilkan tanda
>> yg jumlahnya paling besar (Positif) dan B2 menampilkan tanda yg julamnya
>> sedikit (Negatif). Kalau nilainya sama2 besar ga masalah mau tukeran posisi
>> Makasih mas kid :*
>> ------------------------------
>>
>

Sat Nov 10, 2012 2:58 pm (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

pak Triyoso,

untuk menggabungkan beberapa cell menjadi 1 selain menggunakan fungsi
Concatenate juga bisa menggunakan tanda &

coba fourmula berikut =C2 & " / " & TEXT(D2,"dd mmmm yyyy")

agar tanggal dapat muncul sesuai dengan format yang diinginkan dan bukan
sebagai nilainya, maka gunakan fungsi Text lalu diformat dalam bentuk "dd
mmmm yyyy"

tanda kutip digunakan saat menggabungkan data beripe String / Text dalam
formula tersebut.
Kalo menggunakan Concatenate berarti seperti ini:
=CONCATENATE(C2," / ",TEXT(D2,"dd mmmm yyyy"))

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 10 November 2012 23:32, Triyoso Rustamaji <trustamaji@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> assalamualaikum,
> yth. exeller
> saya menggabungkan dua kolom menggunakan rumus =CONCATENATE(C2,"/",D2)
> tetapi hasil yang terjadi dari tidak sesuai harapan.
> jika menggabungkan teks dengan date harus bagemana ya....
> mohon bantuan , contoh file terlampir.
>
> wassalamualaikum..
> triyoso
>
>
>

Sat Nov 10, 2012 5:18 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sedikit menambahkan...

Mengubah date serial number (angka hari berurut dari 1900-01-01 yang
bernilai 1 sampai hari yang diinginkan, yang bertipe numerik) agar menjadi
nilai bertipe text seperti 1 Januari 1900, bisa menggunakan fungsi Text
seperti yang dijelaskan oleh mas Aji pada bagian :
TEXT(D2,"*dd mmmm yyyy*")

Formulasi di atas akan mengubah date serial number yang tersimpan di cell
D2 yang bertipe numerik menjadi suatu nilai teks berformat dd mmmm yyyy.
Misal D2 berisi angka 1, maka hasilnya akan berupa teks berbunyi 1 Januari
1900 jika di komputer dengan regional setting (dari Windows Control Panel)
yang di-set Indonesia. Ketika berada di komputer yang regional setting-nya
londo Inggeris atau londo Amerika, maka akan menghasilkan teks berbunyi 1
January 1900.

Format date untuk menampilkan nama hari atau nama bulan bisa diatur agar
tetap mengikuti locale yang diinginkan (mengikuti bahasa yang diinginkan).
Susunan formatnya (yang di-*hijau*) diubah menjadi berbentuk :
[$-421]dd mmmm yyyy agar selalu locale Indonesia (dalam format ini, teks
nama bulan akan mengikuti cara penulisan nama bulan berbahasa Indonesia)
[$-409]dd mmmm yyyy agar selalu locale English (US)

Jadi, kode angka bernilai 409 dalam [$-409] adalah kode locale. Daftar
locale bisa dicari di-internet. Bisa juga didapatkan dengan mencoba
mengubah locale saat akan format cell number date, dengan cara :
klik kanan sebuah cell -> format cell -> number -> date -> pilih type yang
ada nama bulan (singkatan atau yang panjang tapi tanpa karakter *)
-> *ganti Locale dengan yang diinginkan* -> pindah dari opsi Date menjadi
Custom -> lihat susunan formatnya di-textbox
-> akan tampak bagian yang dikurung siku -> angka dalam kurung siku itu
adalah locale ID untuk locale yang dipilih tadi (proses warna *biru*)

Wassalam,
Kid.

2012/11/11 aji mumpung <pupung1986@gmail.com>

> **
>
>
> pak Triyoso,
>
> untuk menggabungkan beberapa cell menjadi 1 selain menggunakan fungsi
> Concatenate juga bisa menggunakan tanda &
>
> coba fourmula berikut =C2 & " / " & TEXT(D2,"dd mmmm yyyy")
>
> agar tanggal dapat muncul sesuai dengan format yang diinginkan dan bukan
> sebagai nilainya, maka gunakan fungsi Text lalu diformat dalam bentuk "dd
> mmmm yyyy"
>
> tanda kutip digunakan saat menggabungkan data beripe String / Text dalam
> formula tersebut.
> Kalo menggunakan Concatenate berarti seperti ini:
> =CONCATENATE(C2," / ",TEXT(D2,"dd mmmm yyyy"))
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
>

Sat Nov 10, 2012 3:26 pm (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

Pak Hari,

inti dari pertanyaan dalam kasus ini adalah menghasilkan Value dari sheet
Dummy pada sebuah sheet baru yang bernama Soft Copy Report.

coba gunakan cara berikut:

1. Lakukan looping untuk setiap data dalam sheet Dummy yang yang nomer
urutnya bertipe Number [untuk hal ini pak Hari sudah melakukannya dalam
file yang dikirim]
2. Jika ditemukan lalu copy baris data tersebut ke sheet yang baru dalam
bentuk Value dan format disesuaikan dengan yang diinginkan

atau..

1. Lakukan pengecekan untuk mendapat nomor baris akhir data di kolom A
sheet Dummy yang beripe Number
2. Lakukan Copy Paste dari sheet Dummy mulai range A3 sampai kolom H dengan
batas akhir baris adalah nomor baris yang sudah diperoleh melalui point 1
di atas, tujuannya adalah sheet yang baru mulai dari range A1, hasil
pastenya berupa Value dengan format sesuai yang tercantum dalam sheet Dummy

jika bingung caranya, coba gunakan rekam macro untuk mendapatkan kode untuk
point 2

sengaja tidak melampirkan kode dan hasil jadinya, agar pak Hari dapat lebih
maju belajarnya.. [lebih baik pusing sekarang tapi akhirnya paham, daripada
copas langsung tapi pusing selamanya]

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 10 November 2012 14:51, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Dalam pembuatan laporan bulanan, selain Hard Copy biasanya juga disertakan
> Soft Copynya.
> Lebih lanjut mengenai Pelaporan Soft Copy, biasanya biasanya data yang ada
> pada Soft Copy tersebut berupa rumus-rumus hasil dari database asli yang
> sangat tidak memungkin dikirimkan sebagai Laporan Soft Copy.
>
> Sebagaimana lampiran Studi Kasus (Soft Copy Report); terdiri dari Sheet
> Database, Sheet Dummy & Sheet Soft Copy Report yang saya sertakan, dengan
> menggunakan UserForm, bagaimana caranya supaya Sheet Dummy menjadi Sheet
> Soft Copy Report...??
>
> Terima kasih atas berkenan solusinya.
>
>
>
> Harry
>
>
>

Sat Nov 10, 2012 6:02 pm (PST) . Posted by:

"dhen.baguse" bagusejogja

Salam, terimakasih atas tanggapan dan masukannya, akan saya pelajari lagi. sebenrnya yang menjadi kendala itu waktu penyimpanan , banyak data dan proses calculating memakan waktu 4-8 detik setiap kita melakukan kegiatan. Apakah file dari mr Hendrik (bukan Kid) tadi jika di data jurnal ada 2000 baris proses calculatingnya tdk terlalu lama?
terimakasih.
Dikirim dari Yahoo! Mail pada Android

Sat Nov 10, 2012 10:20 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Seharusnya tidak, karena formulanya hanya sedikit, pivot menghitung kembali jika direfresh, GLnya pakai Macro.

Salam,

Hendrik Karnadi

________________________________
From: dhen.baguse <bagusejogja@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 11 November 2012, 8:52
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Masukan tenang pembukuan


 
Salam, terimakasih atas tanggapan dan masukannya, akan saya pelajari lagi. sebenrnya yang menjadi kendala itu waktu penyimpanan , banyak data dan proses calculating memakan waktu 4-8 detik setiap kita melakukan kegiatan. Apakah file dari mr Hendrik (bukan Kid) tadi jika di data jurnal ada 2000 baris proses calculatingnya tdk terlalu lama?
terimakasih.
Dikirim dari Yahoo! Mail pada Android

Sun Nov 11, 2012 2:26 am (PST) . Posted by:

"dhen.baguse" bagusejogja

Terimakasih master Excel. Bagaimana tambahan codingnya jika GL nya tidak dicetak saja melainkan dibuatkan masing-masing sheet dan tombol habus sheet untuk menghapus sheet yang pengganti cetak tadi.

tq tq master master excel....

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, November 11, 2012 1:20 PM
Subject: Re: Bls: Re: [belajar-excel] Masukan tenang pembukuan


 
Seharusnya tidak, karena formulanya hanya sedikit, pivot menghitung kembali jika direfresh, GLnya pakai Macro.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: dhen.baguse <bagusejogja@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 11 November 2012, 8:52
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Masukan tenang pembukuan


 
Salam, terimakasih atas tanggapan dan masukannya, akan saya pelajari lagi. sebenrnya yang menjadi kendala itu waktu penyimpanan , banyak data dan proses calculating memakan waktu 4-8 detik setiap kita melakukan kegiatan. Apakah file dari mr Hendrik (bukan Kid) tadi jika di data jurnal ada 2000 baris proses calculatingnya tdk terlalu lama?
terimakasih.
Dikirim dari Yahoo! Mail pada Android

Sat Nov 10, 2012 6:14 pm (PST) . Posted by:

"Sam Mun" samkawi59

Terima kasih Mr Kid, Problem solved

Salam

Sam

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 23:11
Judul: Re: [belajar-excel] agar #N/A tidak muncul


 
Biasanya, pengguna Excel akan menemui error value #N/A kalau ada proses lookup.
Anggap saja ada sebuah formula yang bisa menghasilkan error value dengan bunyi :
=formula_bla_bla_panjang_pendek

Jika formula tersebut menghasilkan error value, maka nilai error value tersebut ingin diganti dengan teks berbunyi "nilai jika terjadi error"
(sesuaikan nilai yang merah dengan keinginan Anda)

Pada Excel 2007 keatas ada fungsi bernama IFError.
=IFError(  formula_bla_bla_panjang_pendek , "nilai jika terjadi error" )

Pada seluruh versi Excel
=IF(   IsError( formula_bla_bla_panjang_pendek )  , "nilai jika terjadi error" , formula_bla_bla_panjang_pendek  )

Wassalam,
Kid.

2012/11/10 Sam Mun <samkawi59@yahoo.com>


>Yth Para master EXCEL
>
>
>Bagaimana caranya agar lambang #N/A tidak muncul seperti file terlampir?
>
>
>
>
>Terima kasih atas bantuannya
>
>
>Salam
>Sam
>
>

Sat Nov 10, 2012 9:53 pm (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Bila hendak merakit komputer desktop.

Kebanyakan hanya untuk excel. (nga pakai untuk game , multi media , atau
photoshop)

OS : win 7 : 64 bit

1. Prosesor : core to duo : 3,4 GB core 4 : 3 GB core 8 : 2,6
GB.
mana yg lebih cocok buat excel. (lebih cepat). GB nya atau banyak
nya core apakah bisa membuat excel lebih cepat.

2. memory .(ddr3) : 4 gb, 8 gb , 16 gb, 32 gb.
berapa jumlah memory ideal nya yg di butuhkan buat excel.

3. Bila didalam excel : banyak formula nya . Jumlah row nya lumanyan saja
: lebih butuh proseor atau memory ?

4. bila file excel nya row nya sangat banyak . lebih membutuhkan
prosesor atau memory ?

Salam

Lukman.

nb : file excel 40 MB ~ 89 Mb

Sat Nov 10, 2012 11:20 pm (PST) . Posted by:

"Andrie -" sioean2

Dear kk,
mohon bantuannya bagaimana rumus utk menghasilkan total stock yang saya beri warna kuning.

Total tsb diambil dari transaksi.

tq

Sat Nov 10, 2012 11:39 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pada sel B2 ketik :
=SUMIF(transaksi!$A$2:$A$9,A2,transaksi!$B$2:$B$9)+SUMIF(transaksi!$A$2:$A$9,A2,transaksi!$D$2:$D$9)-SUMIF(transaksi!$A$2:$A$9,A2,transaksi!$C$2:$C$9)

lalu copy ke bawah.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Andrie - <sioean2@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 11 November 2012, 13:52
Subject: [belajar-excel] rumus total


 
Dear kk,
mohon bantuannya bagaimana rumus utk menghasilkan total stock yang saya beri warna kuning.

Total tsb diambil dari transaksi.

tq

Sun Nov 11, 2012 2:39 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bisa juga dengan array formula Sum :
=SUM((transaksi!$A$2:$A$9=A2)*(transaksi!$B$2:$B$9+transaksi!$D$2:$D$9-transaksi!$C$2:$C$9))
atau memanfaatkan SumProduct (yang bukan array formula) :
=SUMProduct
((transaksi!$A$2:$A$9=A2)*(transaksi!$B$2:$B$9+transaksi!$D$2:$D$9-transaksi!$C$2:$C$9))
lalu copy ke bawah.

Wassalam,
Kid.

2012/11/11 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Pada sel B2 ketik :
>
> =SUMIF(transaksi!$A$2:$A$9,A2,transaksi!$B$2:$B$9)+SUMIF(transaksi!$A$2:$A$9,A2,transaksi!$D$2:$D$9)-SUMIF(transaksi!$A$2:$A$9,A2,transaksi!$C$2:$C$9)
>
> lalu copy ke bawah.
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ------------------------------
> **
>

Sun Nov 11, 2012 2:27 am (PST) . Posted by:

"Andrie -" sioean2

Dear all,
bagaimana sih caranya membuat format cell plat kenderaan
ex : B1234AC = B-1234-AC
       BA1234AC = BA-1234-AC

tq
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar