Rabu, 21 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1922

15 New Messages

Digest #1922
2a
Re: Tabs Microsoft ADO Data Control by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: maco utk combo save ke sheet lain ? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
data validation dan IF by "indria pie" mas_pie3
4b
4c
Re: data validation dan IF by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6b
Re: ListBox: mengatur align kolom pada listbox by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7
Protect File Excel by "Kurei recca" yusajing_ehm
8
DATA VALIDATION URUT ABJAD by "indria pie" mas_pie3

Messages

Wed Nov 21, 2012 6:28 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear ibu Teti,

Jan tidak tau apakah solusi yang diinginkan oleh ibu Teti harus menggunakan
formula, macro, atau kombinasi keduanya.
Karena tidak disebutkan harus menggunakan apa, maka kali ini Jan menawarkan
solusi menggunakan kombinasi keduanya, karena pada awalnya ibu Teti sudah
menggunakan tabel, maka Jan berusaha mengoptimalkan fungsi-fungsi dari
tabel tersebut.

Tabel yang ada di sheet ALL, Jan beri nama TabelAll
Tabel yang ada di sheet Selected Awal, Jan beri nama TabelSelected
Tabel yang ada di sheet Pending, Jan beri nama TabelPending

Pada TabelAll, Jan melakukan penambahan 2 buah kolom, yaitu:
1. Kolom J untuk menetukan lokasi sheet untuk melakukan copy paste data
2. Kolom K untuk mengetahui apakah data sudah dicopy ke sheet yang sudah
ditentukan atau belum

Pada kolom J menggunakan formula:
=IF([@Status]="Sekolah","Pending","Selected Awal")

Pada kolom K menggunakan formula:
=IFERROR(IF([@CopyKeSheet]="Selected
Awal",MATCH([@Name],TabelSelected[Name],0),MATCH([@Name],TabelPending[Name],0)),"Belum")
jika data belum dicopy ke sheet tujuan, akan muncul keterangan Belum
jika data sudah dicopy ke sheet tujuan akan muncul nomer urut data di sheet
tujuan

Untuk melakukan copy paste ke sheet tujuan, Jan menggunakan VBA yang
dipanggil melalui sebuah shape, berikut adalah script yang digunakan:

Option Explicit
'
----------------------------------------------------------
'
' Prosedur Copy Paste ke Sheet Tujuan Berdasarkan Kriteria yang Telah
Ditentukan '
' Code by: Miss Jan Raisin
'
' Untuk millis Belajar Excel
'
' 22 November 2012
'
'
----------------------------------------------------------
'

' ini adalah nama prosedurnya
Sub CopyToSheet()

' deklarasikan variable dengan tipe Range untuk menyimpan objek berupa
range
' hdNama = header_nama, letaknya di sheet ALL, range B2
' rgNama = range_nama, letaknya mulai 1 baris di bawah hdNama sampai
dengan baris terakhir yang berisi data
' cNama = setiap 1 cell di dalam rgNama
Dim hdNama, rgNama, cNama As Range

' deklarasikan variabel dengan tipe String untuk menyimpan nama
worksheet
' ws = nama_worksheet
Dim ws As String

' non-aktifkan aplikasi screen update agar macro dapat berjalan lebih
cepat
Application.ScreenUpdating = False

' aktifkan sheet ALL
Sheets("ALL").Select

' tentukan lokasi variabel hdNama
' lokasinya adalah di sheet ALL di cell B2
Set hdNama = Range("b2")

' tentukan lokasi variabel rgNama
' lokasinya adalah 1 baris di bawah hdNama
' untuk menunjuknya gunakan perintah hdNama.Offset(1, 0)
' syntax dari OffSet adalah Offset(nomer_baris , nomer_kolom)
' jika nomer baris bernilai positif berarti bergerak ke arah bawah,
jika negatif berarti bergerak ke atas
' jika nomer kolom bernilai positif berarti bergerak ke arah kanan,
jika negatif berarti bergerak ke kiri
' jika menggunakan keyboard setara dengan menekan tombol panah sebanyak
nomer_baris atau nomer_kolom
' sampai dengan baris terakhir paling bawah dari hdNama yang ada datanya
' untuk menunjuknya gunakan perintah hdNama.End(xlDown)
' jika menggunakan keyboard maka akan setara dengan menekan tombol CTRL
dan tanda panah bawah
Set rgNama = Range(hdNama.Offset(1, 0), hdNama.End(xlDown))

' untuk setiap 1 cell cNama di dalam rgNama
For Each cNama In rgNama

' lakukan pengujian apakah data sudah dicopy ke sheet tujuan atau
belum
' lokasinya adalah 9 kolom (Kolom K) di sebelah kanan dari cNama
(Kolom B)
' jika nilai kolom tersebut adlah Belum, berarti data belum ada di
sheet tujuan
' jika nilai kolom tersebut adalah angka, berarti data sudah ada di
sheet tujuan
' dengan nomer urut sesuai dengan nilai yang tercantum di kolom K
' untuk menunjuknya gunakan perintah cNama.Offset(0, 9)
' untuk mengambil nilainya gunakan perintah .Value
' bahasa manusianya: Jika 9 kolom di sebelah kanan cNama nilainya
adalah Belum, maka
If cNama.Offset(0, 9).Value = "Belum" Then

' simpan nama worksheet ke dalam variabel ws
' nama sheet diambil dari 8 kolom di sebelah kanan dari cNama
ws = cNama.Offset(0, 8).Value

' lakukan copy data mulai dari cNama sampai dengan 7 kolom di
sebelah kanan cNama
Range(cNama, cNama.Offset(0, 7)).Copy

' setelah itu aktifkan worksheet sesuai dengan nama sheet yang
sudah disimpan dalam variabel ws
Sheets(ws).Select

' pergi ke cell B2
Range("b2").Select

' saat ini aktif cell berada di cell B2
' lakukan pengujian apakah 1 baris di bawah cell aktif ada
datanya atau tidak
' bahasa manusianya: jika 1 baris di bawah cell aktif tidak ada
datanya, maka
If ActiveCell.Offset(1, 0).Value = "" Then

' dari cell aktif turun 1 baris ke bawah
' berarti cell aktif saat ini ada di B3
ActiveCell.Offset(1, 0).Select

' 1 kolom di sebelah kiri cell aktif diberi nilai 1, karena
ini adalah data pertama
ActiveCell.Offset(0, -1).Value = 1

' selain itu
Else

' kalo sampai di sini berarti pada sheet tujuan sudah ada
datanya
' dari cell aktif turun ke bawah samapi dengan baris
terakhir yang berisi data
' gunakan perintah .End(xlDown)
' lalu turun lagi 1 baris ke bawah pada baris yang kosong
' gunakan perintah .Offset(1, 0)
ActiveCell.End(xlDown).Offset(1, 0).Select

' pada 1 kolom disebelah kiri dari cell yang aktif diberi
nomer urut
' nilainya adalah 1 baris di atas dan 1 kolom di sebelah
kiri ditambah dengan nilai 1
ActiveCell.Offset(0, -1).Value = ActiveCell.Offset(-1,
-1).Value + 1

' ini adalah akhir dari pengujian & penentuan lokasi penulisan
data yang baru
End If

' pada cell yang aktif, lakukan paste spesial dengan nilai dan
format sesuai dengan data asli
ActiveCell.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats

' setelah itu matikan mode copy paste
Application.CutCopyMode = False

' ini adalah akhir dari pengujian apakah data sudah dicopy ke sheet
tujuan atau belum
End If

' panggil kembali sheet ALL
Sheets("ALL").Select

' lakukan loop untuk cNama berikutnya
Next cNama

' aktifkan kembali aplikasi screen update
Application.ScreenUpdating = True

' ini adalah akhir dari prosedur
End Sub

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat langsung ke lampiran

Best Regard,

-Jan Raisin-

Pada 21 November 2012 16:41, Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear All,
> Mohon bantuannya , saya ada data yang ingin saya filter :
>
> 1. Dari sheet1 (sheet ALL) ke sheet2 (sheet SelectedAwal) tapi berdasarkan
> kriteria pada kolom Status semua yang DO, Tidak Sekolah, dan Tamat .
> Data-data yang terseleksi sesuai kriteria tersebut dicopy ke sheet2 dengan
> format tabel seperti pada sheet1... Kemudian data yang masih tinggal, yang
> tidak memenuhi kriteria (yang pada kolom status adalah Sekolah) akan dicopy
> pada sheet2 (sheet Pending). <File terlampir :
> 1.Bgm_Filter_DataSelectedAwal>.
>
>
> 2. Seperti pada lampiran kedua ( File : 2.Bgm_Filter_DataPending) , jika
> tadi telah ada data yang uda kian dikasi di sheet2 (sheet SelectedAwal)
> yang tadinya adalah hasil filter sebagian data dari sheet1 (Sheet ALL), nah
> bagaimana mengetahui data-data yang belum difilter atau data-data yang
> belum ada pada sheet SelectedAwal? kemudian data-data yang belum termasuk
> di sheet SelectedAwal tersebut dimasukkan/dicopy pada sheet Pending dan
> mengikuti format tabel yang ada?
>
> Makasih atas bantuan dan pencerahannya....
>
> Salam,
> Teti.
>
>
>

Wed Nov 21, 2012 7:24 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Teti,

File terlampir memanfaatkan Pivot Table.
Data source dibentuk menjadi sebuah pivot cache.
Sebuah pivot cache bisa digunakan untuk membentuk banyak pivot table.

Pivot table membutuhkan sebuah data source (tabel sumber data yang baik -
dalam kasus ini adalah tabel di sheet ALL) yang telah dibentuk menjadi
sebuah pivot cache.
Jika ingin membuat banyak pivot table dari sebuah pivot cache, copy pivot
table yang sudah jadi dan paste ke sheet lain atau ketempat lain dalam
sheet yang sama sesuai kebutuhan.

Hal ini akan membuat proses lebih cepat, karena Excel hanya butuh merefresh
1 (satu) pivot cache yang bersumber dari 1 tabel data source).
Dengan di-refreshnya pivot cache, maka seluruh pivot table yang data
sourcenya berasal dari pivot cache tersebut akan melakukan refresh tampilan
saja. Sedang seluruh datanya sudah direfresh oleh pivot cache.

Wassalam,
Kid.

2012/11/21 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear All,
> Mohon bantuannya , saya ada data yang ingin saya filter :
>
> 1. Dari sheet1 (sheet ALL) ke sheet2 (sheet SelectedAwal) tapi berdasarkan
> kriteria pada kolom Status semua yang DO, Tidak Sekolah, dan Tamat .
> Data-data yang terseleksi sesuai kriteria tersebut dicopy ke sheet2 dengan
> format tabel seperti pada sheet1... Kemudian data yang masih tinggal, yang
> tidak memenuhi kriteria (yang pada kolom status adalah Sekolah) akan dicopy
> pada sheet2 (sheet Pending). <File terlampir :
> 1.Bgm_Filter_DataSelectedAwal>.
>
>
> 2. Seperti pada lampiran kedua ( File : 2.Bgm_Filter_DataPending) , jika
> tadi telah ada data yang uda kian dikasi di sheet2 (sheet SelectedAwal)
> yang tadinya adalah hasil filter sebagian data dari sheet1 (Sheet ALL), nah
> bagaimana mengetahui data-data yang belum difilter atau data-data yang
> belum ada pada sheet SelectedAwal? kemudian data-data yang belum termasuk
> di sheet SelectedAwal tersebut dimasukkan/dicopy pada sheet Pending dan
> mengikuti format tabel yang ada?
>
> Makasih atas bantuan dan pencerahannya....
>
> Salam,
> Teti.
>
>
>

Wed Nov 21, 2012 6:32 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Harry,

Untuk menggunakan ADODC, maka perlu ada file ocx bernama 'msadodc.ocx'.
File ini bawaan VB6.
Biasanya terletak pada folder %systemroot%\System32 (untuk 32bit pada OS
64bit ada di %systemroot%\Syswow64). File ini harus sudah teregister.
[fyi. %systemroot% isinya adalah drive:\Windows]

Secara umum urutannya :
0. Cek keberadaan file msadodc.ocx
1. Jika ada difolder selain yang disebut, bisa langsung register atau
sebaiknya dipindah masuk ke folder tersebut dulu lalu register (bagian
register dibawah sana)
2. Download file msadodc.ocx dari internet atau install VB6 (*bagi yang
belum ada*) dan letakkan ke folder tersebut di atas.
3. Lakukan register library :
>> Pada Windows XP dan sebelumnya (selain Vista ke atas)
Start -> Run -> tulis :
regsvr32 %systemroot%\System32\msadodc.ocx

>> Pada windows vista ke atas :
- untuk OS 32Bit
1. cari Command Prompt (cari di dalam All program entah di sub menu folder
yang mana) -> klik kanan -> Run as Adimistrator
2. ketik cd\windows\system32 lalu tekan enter
3. ketik :
regsvr32 c:\windows\system32\msadodc.ocx
lalu tekan Enter

- untuk OS 64Bit
1. letakkan msadodc.ocx di folder c:\windows\syswow64
2. cari Command Prompt -> klik kanan -> run as administrator
3. ketik cd\windows\syswow64 lalu tekan enter
4. ketik :
regsvr32 c:\windows\syswow64\msadodc.ocx
lalu tekan Enter

jika error, cari di internet penyebab dan solusinya dengan menulis lengkap
kalimat error yang muncul di search engine

Setelah teregistrasi, maka library bisa digunakan.
Jika akan menggunakan control ADODC dalam userform :
1. insert sebuah userform (jika belum ada userform) [menu Insert ->
userform]
2. klik kanan toolbox atau ke menu Tools -> pilih additional control ->
cari Microsoft ADO Data Connection blabla -> centang atau silang -> OK
3. control bisa dipasang ke userform

Peringatan !!!
Pastikan seluruh komputer yang akan menggunakan file Excel beruserform yang
ada isinya ADODC tadi juga memiliki msadodc.ocx yang teregistrasi.
biasanya ribetnya minta ampun, apalagi kalau dah beda cabang ada di kota
lain, eh di pulau yang berbeda, dan susah dihubungi, internetnya lemot dan
akhirnya daku duduk ndepis dipojokan ruang sambil geleng-geleng terheran
heran dengan banner dalam benak melayang-layang bertuliskan 'kok ya daku
menggunakan control ini ya'

Wassalam,
Kid.

2012/11/21 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon informasi bagaimana caranya memunculkan Tabs Microsoft ADO Data
> Control pada Toolbox.
> Pada Project Explor (Toolbox) saya cari tidak ada.
> Mohon berkenan informasi teman-teman BeExcller.
>
> Wassalam,
>
> Harry
>
> Sent from Yahoo! Mail on Android
>
>
>

Wed Nov 21, 2012 6:32 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear mas Aji,

terima kasih mas Aji sudah berbaik hati melakukan koreksi terhadap script
Jan, tinggal menunggu tanggapan dari pembuat thread apakah solusi yang
ditawarkan sudah sesuai dengan harapan atau tidak.

Best Regard,

-Jan Raisin-

Pada 21 November 2012 18:29, aji mumpung <pupung1986@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> mbak Jan,
>
> izin untuk sedikit mengutak-atik script dari mbak Jan ya, agar script
> tersebut dapat berjalan dengan baik di dua buah file dari mr Kid
>
> Option Explicit
> ' --------------------------- '
> ' Code by: Miss Jan Raisin '
> ' untuk millis Belajar Excel '
> ' 21 November 2012 '
> ' Re-coded by: Aji Mumpung '
> ' 21 November 2012 '
> ' --------------------------- '
>
> ' ini adalah nama prosedurnya
> Sub RekapData()
>
> ' deklarasikan variabel bertipe Range untuk menyimpan objek berupa
> range
> ' rgData = range_Data, letaknya di sheet Nota mulai cell H13 samapai
> cell H17
> ' cData = cell_Data, adalah setiap 1 cell di dalam rgData
> Dim rgData, cData As Range
>
> ' deklarasikan variabel untuk menyimpan nomer baris dengan tipe Long
> ' r = nomor baris data pertama di sheet Rekap yaitu baris 7 sampai
> dengan nomer baris terakhir yang ada datanya
> ' data tersebut bisa berupa Null String, atau sebut saja yang nanya
> bikin semacam acara Jebakan Betmen
> ' Brs = nomor baris terakhir yang digunakan, letaknya antah berantah
> ' idxBrs = nomor baris di bawah data yang masih kosong atau Null String
> Dim r, Brs, idxBrs As Long
>
> ' non-aktifkan aplikasi screen update untuk mempercepat kerja macro
> Application.ScreenUpdating = False
>
> ' aktifkan sheet Nota, hal ini untuk berjaga-jaga jika sheet aktif
> bukanlah sheet Nota
> Sheets("Nota").Select
>
> ' tetapkan lokasi rgData, yaitu di sheet Nota >> sudah dipanggil
> sebelumnya
> ' letaknya di cell H13 sampai dengan cell H17
> Set rgData = Range("h13:h17")
>
> ' untuk setiap 1 cell (cData) di dalam rgData
> For Each cData In rgData
>
> ' jika nilai cData <> "" maka
> If cData.Value <> "" Then
>
> ' range cData sampai 8 kolom di sebelah kanan cData dicopy
> ' untuk menunjuk 8 kolom disebelah kanan cData digunakan
> perintah cData.Offset(0, 8)
> ' untuk melakukan copy digunakan perintah .Copy
> Range(cData, cData.Offset(0, 8)).Copy
>
> ' panggil / aktifkan sheet Rekap
> Sheets("Rekap").Select
>
> ' panggil / pergi ke cell A7
> Range("a7").Select
>
> ' saat ini cell aktif berada di cell A7
> ' pada cell aktif cek apakah ada datanya atau tidak
> ' jika pada aktif cell ada datanya, maka
> If ActiveCell.Value <> "" Then
>
> ' hitung nilai baris paling akhir yang berisi data
> ' bisa saja berupa Null String yang letaknya di antah
> berantah
> ' untuk mengetahui letak cell digunakan perintah
> .SpecialCells(xlCellTypeLastCell)
> ' untuk mengetahui nomer barisnya digunakan perintah .Row
> ' lalu nomer baris tersebut disimpan dalam sebuah variabel
> bernama Brs
> Brs = ActiveCell.SpecialCells(xlCellTypeLastCell).Row
>
> ' jika nilai Brs lebih besar dari 7
> ' kenapa harus 7? karena TS meminta data pertama berada di
> cell A7 (kolom A, baris 7)
> ' jika Brs lebih besar dari 7, maka
>
> '
> ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ '
> ' penambahan logika untuk seleksi dari :
> '
> ' If Brs > 7 Then
> '
> ' menjadi :
> '
> If Brs > 7 And Cells(Brs, 1).Value = "" Then
> '
> ' tujuannya adalah untuk mengecek apakah pada kolom A
> baris tersebut '
> ' ada datanya atau tidak
> '
> '
> ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ '
>
> ' lakukan loop mulai dari baris 7 sampai dengan nomer
> baris yang disimpan dalam variabel Brs
> For r = 7 To Brs
>
> ' lalukan pengecekan kondisi, apakah di baris
> tersebut pada kolom 1 ada datanya atau tidak
> ' untuk menunjukknya menggunakan perintah Cells(r,
> 1)
> ' syntaxnya adalah Cells(nomer_baris , nomer_kolom)
> ' jika pada baris tersebut pada kolom 1 tidak ada
> datanya atau Null Sring, maka
> If Cells(r, 1).Value = "" Then
>
> ' ambil nilai berisnya menggunakan perintah
> .Row
> ' lalu disimpan dalam variabel bernama idxBrs
> idxBrs = Cells(r, 1).Row
>
> ' jika sudah ketemu, lalu keluar dari loop
> Exit For
>
> ' ini adalah akhir dari pengecekan data pada sheet
> Rekap
> End If
>
> ' jika belum ketemu cell dengan data yang kosong, maka
> lanjutkan dengan baris berikutnya
> Next r
>
> ' ini adalah akhir pengecekan jika nilai Brs lebih besar
> dari 7
> End If
>
> '
> ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ '
> ' penambahan script untuk pengujian kondisi nilai baris
> '
> ' jika nilai idxBrs = 0, karena tidak memenuhi kriteria
> pengujian di atas '
> ' maka nilai idxBrs yang merupakan baris penulisan data
> berikutnya adalah '
> ' nilai Brs ditambah 1
> '
> ' nilai Brs adalah nilai baris dari data yang terakhir
> '
> If idxBrs = 0 Then
> '
> idxBrs = Brs + 1
> '
> End If
> '
> '
> ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ '
>
> ' panggil cell yang terpilih
> ' yaitu nomer baris sesuai nilai yang didapat dalam idxBrs
> dan kolom 1
> Cells(idxBrs, 1).Select
>
> ' ini adalah akhir pengecekan apakah cell A7 di sheet Rekap
> ada datanya atau tidak
> End If
>
> ' pada aktif cell sesuai dengan pengecekan beberapa kondisi di
> atas
> ' dilakukan paste special sesuai dengan nilai dan format data
> asal
> ActiveCell.PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
>
> ' setelah itu matikan aplikasi copy paste
> Application.CutCopyMode = False
>
> ' yang ini adalah akhir dari pemeriksaan apakah cData ada datanya
> atau tidak
> End If
>
> ' panggil kembali sheet Nota, karena saat ini yang aktif adalah
> sheet Rekap
> Sheets("Nota").Select
>
> ' lanjutkan untuk setiap cData berikutnya
> Next cData
>
> ' aktifkan aplikasi screen update
> Application.ScreenUpdating = True
>
> ' yang ini adalah akhir dari prosedur
> End Sub
>
> Yang diberi warna merah adalah penambahan dan peng-edit-an yang saya
> lakukan. Insya Allah sekarang script tersebut dapat berjalan dengan baik di
> kedua file, sebelumnya sudah dilakukan uji coba terhadap kedua file
> tersebut.
>
> Wassalam,
>
> -Aji Mumpung-
>
> Pada 21 November 2012 16:14, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>menulis:
>
> **
>>
>>
>> Dear Be Exceler,
>>
>> maaf, ternyata script dari Jan yang tadi hanya berjalan dengan baik di
>> file Sample.xls, jika ada waktu senggang nanti akan coba Jan perbaiki agar
>> dapat berjalan di kedua file, jika ada Be-Exceler yang ingin memperbaiki
>> script dari Jan, Jan mempersilakan dengan senang hati :)
>>
>> Best Regard,
>>
>> Jan Raisin
>>
>> Pada 21 November 2012 15:34, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>menulis:
>>
>>
>>>
>

Wed Nov 21, 2012 7:11 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir (re-sample.xls) menggunakan file workbook yang sudah relatif
clean bernama Sample_yang_relatif_clean.xls.
Prosedur event click pada *commandbutton *bernama cmdSimpan :
Private Sub cmdSimpan_Click()
Range("h13:p13").Copy
Sheets("Rekap").Range("a1").Offset( _
Sheets("Rekap").Range("a1") _
.CurrentRegion.Rows.Count _
).PasteSpecial xlPasteValues
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/11/21 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Dear BeExceller,
>
> Sepertinya penanya belum mengirmkan file lampiran yang lebih sesuai
> peraturan milis.
>
> File terlampir :
> 1. sample.xls adalah file dari penanya yang sudah dibersihkan sebagian
> baris-baris kosong atau baris-baris nullstring nya, dengan menyisakan
> sedikit di sheet rekap tentang keadaan sesungguhnya file dari penanya yang
> berpotensi menjebak para BeExceller ketika akan membuat prosedur penulisan
> data ke sheet rekap melalui VBA.
>
> 2. Sample_yang_relatif_clean.xls adalah file yang sheet rekapnya juga
> sudah dibersihkan.
>
> BeExceller seluruhnya, selamat berkreasi dengan file terlampir. Silakan
> pilih file yang mana saja untuk mencoba membuat VBA menulis ke sheet rekap.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/11/21 Ugenk Hksn <ugenk_h@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Para pakar excel....
>> Tolong macro combo utk mencopy ke sheet lain
>> Maaf masih newbie....File terlampir
>> Terima kasih
>>
>> Wasalam
>>
>> ugenk
>>
>> --- Mods ---
>> File lampiran 4MB dicekal.
>> Semoga penanya bersedia posting file dengan ukuran sesuai peraturan milis
>> (max 250KB)
>> ------------
>> _
>>
>>
>

Wed Nov 21, 2012 7:15 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

yth. 
temen2 exceler

mohon bantuannya bagaimana caranya menggunakan fungsi IF tapi lebih dari 7 kriteria dan juga berhubungan dengan validasi data seperti file yang saya sertakan berikut 

terima kasih,

salam,
snupy

Wed Nov 21, 2012 7:27 pm (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

pada cell i5:
=VLOOKUP(H5,$A$5:$B$14,2,FALSE)

pada cell j5:
=INDEX($C$5:$E$14,MATCH(H5,$A$5:$A$14,0),MATCH($I$2,$C$3:$E$3,0))

pada cell k5:
=INDEX($C$22:$E$31,MATCH(H5,$A$22:$A$31,0),MATCH($I$2,$C$20:$E$20,0))

copy ke bawah

wassalam,

-Aji Mumpung-

Pada 22 November 2012 10:15, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> yth.
> temen2 exceler
>
> mohon bantuannya bagaimana caranya menggunakan fungsi IF tapi lebih dari 7
> kriteria dan juga berhubungan dengan validasi data seperti file yang saya
> sertakan berikut
>
> terima kasih,
>
> salam,
> snupy
>
>
>

Wed Nov 21, 2012 7:32 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :
Angsuran :
=VLOOKUP($H5,$A$5:$E$14,$H$2*+2*,0)
*+2* adalah jumlah kolom dari kode sampai sebelum kolom JANUARI di tabel
angsuran

Bunga :
=VLOOKUP($H5,$A$22:$E$31,$H$2*+2*,0)
*+2* adalah jumlah kolom dari kode sampai sebelum kolom JANUARI di tabel
bunga

Wassalam,
Kid.

2012/11/22 indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id>

> **
>
>
> yth.
> temen2 exceler
>
> mohon bantuannya bagaimana caranya menggunakan fungsi IF tapi lebih dari 7
> kriteria dan juga berhubungan dengan validasi data seperti file yang saya
> sertakan berikut
>
> terima kasih,
>
> salam,
> snupy
>
>
>

Wed Nov 21, 2012 7:41 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

TERIMA KASIH PAK AJI

tapi barusan saya coba koq keluar hasilnya (303006 = no anggota) yaa..

salam

________________________________
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 22 November 2012 10:27
Judul: Re: [belajar-excel] data validation dan IF


 
pada cell i5:
=VLOOKUP(H5,$A$5:$B$14,2,FALSE)

pada cell j5:
=INDEX($C$5:$E$14,MATCH(H5,$A$5:$A$14,0),MATCH($I$2,$C$3:$E$3,0))

pada cell k5:
=INDEX($C$22:$E$31,MATCH(H5,$A$22:$A$31,0),MATCH($I$2,$C$20:$E$20,0))

copy ke bawah

wassalam,

-Aji Mumpung-

Pada 22 November 2012 10:15, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:


>yth. 
>temen2 exceler
>
>
>mohon bantuannya bagaimana caranya menggunakan fungsi IF tapi lebih dari 7 kriteria dan juga berhubungan dengan validasi data seperti file yang saya sertakan berikut 
>
>
>terima kasih,
>
>
>salam,
>snupy

Wed Nov 21, 2012 7:42 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

MAAF PAK AJI, saya tidak teliti liat rumusnya....

dan berhasil.....

matur suwun

________________________________
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 22 November 2012 10:27
Judul: Re: [belajar-excel] data validation dan IF


 
pada cell i5:
=VLOOKUP(H5,$A$5:$B$14,2,FALSE)

pada cell j5:
=INDEX($C$5:$E$14,MATCH(H5,$A$5:$A$14,0),MATCH($I$2,$C$3:$E$3,0))

pada cell k5:
=INDEX($C$22:$E$31,MATCH(H5,$A$22:$A$31,0),MATCH($I$2,$C$20:$E$20,0))

copy ke bawah

wassalam,

-Aji Mumpung-

Pada 22 November 2012 10:15, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:


>yth. 
>temen2 exceler
>
>
>mohon bantuannya bagaimana caranya menggunakan fungsi IF tapi lebih dari 7 kriteria dan juga berhubungan dengan validasi data seperti file yang saya sertakan berikut 
>
>
>terima kasih,
>
>
>salam,
>snupy

Wed Nov 21, 2012 7:23 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

Yth. Master Excel

mohon kami dibantu untuk permasalahan tentang formula excel untuk cuti karyawan

mohon solusi dan pencerahannya ?

terima kasih sebelumnya

salam,
snupy

Wed Nov 21, 2012 7:44 pm (PST) . Posted by:

"him mah"

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
setelah saya cari-cari di internet, apa memang untuk align kolom yang
ada di listbox ngga bisa diatur ya, misal untuk kolom number itu maka
dia akan rata kanan

terima kasih

Wed Nov 21, 2012 7:52 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Item listbox bertipe string. Semua kolom dalam multi column listbox akan
memiliki align yang sama.
Untuk membuat bilangan menjadi rata kanan, maka listbox harus menggunakan
fixedwidth font (misal Courier) dan angka yang akan menjadi item listbox
harus diubah menjadi teks dengan didahului karakter spasi. Jadi isi item
listbox akan memiliki jumlah karakter yang sama untuk angka berapapun.

Wassalam,
Kid.

2012/11/22 him mah <himmah.mlg@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
> setelah saya cari-cari di internet, apa memang untuk align kolom yang
> ada di listbox ngga bisa diatur ya, misal untuk kolom number itu maka
> dia akan rata kanan
>
> terima kasih
>
>

Wed Nov 21, 2012 8:13 pm (PST) . Posted by:

"Kurei recca" yusajing_ehm

Dear All Master Excel,

Saat ini saya sedang membuat protect macro dengan syarat :

1. Agar ketika nama file excel berubah maka file excel langsung di close tanpa ada pilihan apakah mau di "save","no","cancel",,
2. Agar file tersebut tidak dapat di copy,,

kira2 seperti apa ya coding macronya,

Mohon Pencerahannya,

Terimakasih

Mohon maaf jika pertanyaannya kurang jelas yaa,,

Wed Nov 21, 2012 8:14 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

salam Excel

mohon pencerahannya apa bisa list data validation dibuat urut 
berikut saya lamirkan contoh file-nya

terima kasih

salam,
snupy
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar