Senin, 26 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1930

15 New Messages

Digest #1930
1a
Garis Border Dinamis by "Winda Miranti" winda_1504
1b
Re: Garis Border Dinamis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1c
Bls: [belajar-excel] Garis Border Dinamis by "Winda Miranti" winda_1504
2a
Sort Data Pakai Rumus by "Winda Miranti" winda_1504
2b
Re: Sort Data Pakai Rumus by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Bls: [belajar-excel] Sort Data Pakai Rumus by "Winda Miranti" winda_1504
2d
Re: Sort Data Pakai Rumus by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2e
Bls: [belajar-excel] Sort Data Pakai Rumus by "Winda Miranti" winda_1504
3a
Formula Index, Indirect, Offset by "Gilang Sedar" gilangsedar9662
3b
Re: Formula Index, Indirect, Offset by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: split data by "Johan hung" joeh2_007
6a
Menggabungkan 2 kolom dengan format yang berbeda by "Agung hermansyah" agung_mospsi

Messages

Sun Nov 25, 2012 5:57 pm (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504

Dear Mr Kid,

Mr Kid saya mau bertanya mengenai border data yg secara otomatis mengikuti jumlah data yg muncul (pada Kolom K)

seperti yg pernah Mr Kid bikin sebelumnya
Bagaimanakah cara membikinnya?
Saya sudah mencoba tetapi bordernya masi tidak dinamis
Mohon pencerahanya

Regards,
Winda

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 9 Juni 2012 1:36
Judul: Re: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus


 
Biasanya disebut filtering data.
Umumnya menggunakan array formula filtering seperti Small( IF () )

Wassalam,
Kid.

2012/6/6 Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>


>Dear XL-mania

>Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih
belum ketemu seperti yang saya harapkan.
>Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
dari para XL-mania.
>Terimakasih.

>Salam XL,

>Antonius

Sun Nov 25, 2012 6:12 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Winda,

File terlampir.
Secara garis besar, border otomatis dibuat dengan :
1. Blok seluruh range yang akan diberi Conditional Formatting
2. Hilangkan semua border darinya.
3. ke ribbon (menu) Home -> grup Styles -> Conditional Formatting -> pilih
New Rule
-> pilih opsi rule type : Format only cells that contain -> pilih rule
desc : No Blanks -> atur format bordernya -> OK sampai kembali ke worksheet

Wassalam,
Kid.

2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Mr Kid,
>
> Mr Kid saya mau bertanya mengenai border data yg secara otomatis mengikuti
> jumlah data yg muncul (pada Kolom K)
> seperti yg pernah Mr Kid bikin sebelumnya
> Bagaimanakah cara membikinnya?
> Saya sudah mencoba tetapi bordernya masi tidak dinamis
> Mohon pencerahanya [image: :) senang]
>
> Regards,
> Winda
>
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* XL-mania@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 9 Juni 2012 1:36
> *Judul:* Re: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>
> Biasanya disebut filtering data.
> Umumnya menggunakan array formula filtering seperti Small( IF () )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/6 Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
>
> **
>
> Dear XL-mania****
> ** **
> Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih belum
> ketemu seperti yang saya harapkan. ****
> Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
> dari para XL-mania. ****
> Terimakasih.****
> ** **
> Salam XL,****
> ** **
> Antonius****
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 6:34 pm (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504

Trimakasi Mr Kid,akan saya coba terlebih dahulu

Regards,
Winda

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 26 November 2012 9:12
Judul: Re: [belajar-excel] Garis Border Dinamis


 
Hai Winda,

File terlampir.
Secara garis besar, border otomatis dibuat dengan :
1. Blok seluruh range yang akan diberi Conditional Formatting
2. Hilangkan semua border darinya.
3. ke ribbon (menu) Home -> grup Styles -> Conditional Formatting -> pilih New Rule
    -> pilih opsi rule type : Format only cells that contain -> pilih rule desc : No Blanks  -> atur format bordernya -> OK sampai kembali ke worksheet

Wassalam,
Kid.

2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>


>Dear Mr Kid,
>
>
>Mr Kid saya mau bertanya mengenai border data yg secara otomatis mengikuti jumlah data yg muncul (pada Kolom K)
>
>seperti yg pernah Mr Kid bikin sebelumnya
>Bagaimanakah cara membikinnya?
>Saya sudah mencoba tetapi bordernya masi tidak dinamis
>Mohon pencerahanya
>
>
>Regards,
>Winda
>
>
>
>----- Pesan yang Diteruskan -----
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
>Dikirim: Sabtu, 9 Juni 2012 1:36
>Judul: Re: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>

>Biasanya disebut filtering data.
>Umumnya menggunakan array formula filtering seperti Small( IF () )
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/6/6 Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
>
>
>> 
>>Dear XL-mania
>> 
>>Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih
belum ketemu seperti yang saya harapkan.
>>Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
dari para XL-mania.
>>Terimakasih.
>> 
>>Salam XL,
>> 
>>Antonius
>
>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 5:57 pm (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504



Dear Master Excel,

Saya mempunyai case mengenai sort data dan solusinya pernah dibahas..
Setelah saya coba saya mempunyai sedikit kendala..
Mohon pencerahanya dari para master excel :)

Data terlampir..

Regards,
Winda

________________________________
Dari: moheb boellah <brohebnol@yahoo.com>
Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 8 Juni 2012 13:01
Judul: Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus


 
Dear pak Antonius,
Case sejenis ini sudah beberapa kali muncul..
Terlampir saya copas dari postingan teman2 sebelumnnya..

Regards,

Muhib

________________________________
Dari: Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 6 Juni 2012 12:25
Judul: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus


 
Dear XL-mania
 
Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih
belum ketemu seperti yang saya harapkan.
Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
dari para XL-mania.
Terimakasih.
 
Salam XL,
 
Antonius

Sun Nov 25, 2012 6:17 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Winda,

Sort data pakai formula ya.
Coba file terlampir. Bandingkan array formula di tabel hasil kolom nomor.
Bagian mana yang beda ?
Mungkin array formulanya agak beda dengan yang ada di file lampiran dari
mbak Winda. Moga-moga hasilnya sama dan bisa lebih mudah diutak-atik.

Pesan sponsor :
"Dalam array formula, hindari merujuk seluruh cell dalam sebuah kolom atau
seluruh cell dalam sebuah baris. Semua cell yang dirujuk akan dikalkulasi
dalam array formula. Selalu rujuk secupkupnya saja. Gunakan nama range yang
refers to-nya berisi formula penmbentuk referensi range dinamis. Misal
menggunakan *Index (recommended)* atau offset maupun indirect. Bila perlu,
manfaatkan fitur Excel Table (di xl2007 keatas) atau fitur List (xl2003).

Wassalam,
Kid.

2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Saya mempunyai case mengenai sort data dan solusinya pernah dibahas..
> Setelah saya coba saya mempunyai sedikit kendala..
> Mohon pencerahanya dari para master excel :)
>
> Data terlampir..
>
> Regards,
> Winda
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* moheb boellah <brohebnol@yahoo.com>
> *Kepada:* "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Jumat, 8 Juni 2012 13:01
> *Judul:* Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>
> Dear pak Antonius,
> Case sejenis ini sudah beberapa kali muncul..
> Terlampir saya copas dari postingan teman2 sebelumnnya..
>
> Regards,
>
> Muhib
>
> ------------------------------
> *Dari:* Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
> *Kepada:* XL-mania@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 6 Juni 2012 12:25
> *Judul:* ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>
> Dear XL-mania
>
> Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih belum
> ketemu seperti yang saya harapkan.
> Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
> dari para XL-mania.
> Terimakasih.
>
> Salam XL,
>
> Antonius
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 6:43 pm (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504

Trimakasi Mr Kid atas solusinya,akan saya coba ulik terlebih dahulu..

Tapi saya masi blm bisa membayangkan ttng "Gunakan nama range yang refers to-nya berisi formula pembentuk referensi range dinamis", contohnya bagaimana Mr Kid?
Karena memang baris akir data yg ingin di refer itu selalu dinamis
Dan salah satu solusinya pernah dpt dr milis ini dengan menggunakan makro

Kalau rekomendasi Mr Kid dengan menggunakan index atau fitur excel tabel tersebut bgmnkah contohnya?

Regards,
Winda

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 26 November 2012 9:16
Judul: Re: [belajar-excel] Sort Data Pakai Rumus


 
Hai Winda,

Sort data pakai formula ya.
Coba file terlampir. Bandingkan array formula di tabel hasil kolom nomor. Bagian mana yang beda ?
Mungkin array formulanya agak beda dengan yang ada di file lampiran dari mbak Winda. Moga-moga hasilnya sama dan bisa lebih mudah diutak-atik.

Pesan sponsor :
"Dalam array formula, hindari merujuk seluruh cell dalam sebuah kolom atau seluruh cell dalam sebuah baris. Semua cell yang dirujuk akan dikalkulasi dalam array formula. Selalu rujuk secupkupnya saja. Gunakan nama range yang refers to-nya berisi formula penmbentuk referensi range dinamis. Misal menggunakan Index (recommended) atau offset maupun indirect. Bila perlu, manfaatkan fitur Excel Table (di xl2007 keatas) atau fitur List (xl2003).

Wassalam,
Kid.

2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>


>
>
>Dear Master Excel,
>
>Saya mempunyai case mengenai sort data dan solusinya pernah dibahas..
>Setelah saya coba saya mempunyai sedikit kendala..
>Mohon pencerahanya dari para master excel :)
>
>Data terlampir..
>
>Regards,
>Winda
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: moheb boellah <brohebnol@yahoo.com>
>Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
>Dikirim: Jumat, 8 Juni 2012 13:01
>Judul: Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>

>Dear pak Antonius,
>Case sejenis ini sudah beberapa kali muncul..
>Terlampir saya copas dari postingan teman2 sebelumnnya..
>
>
>Regards,
>
>
>Muhib
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
>Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
>Dikirim: Rabu, 6 Juni 2012 12:25
>Judul: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>

>Dear XL-mania

>Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih
belum ketemu seperti yang saya harapkan.
>Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
dari para XL-mania.
>Terimakasih.

>Salam XL,

>Antonius
>
>
>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 7:51 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

mbak Winda,

untuk nama range rujukan dinamis dengan Index, lihat di thread Pak Gilang
ya, atau lihat posting berikut :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/20845

untuk pemanfaatan fitur Excel Table di xl2007 ke atas atau fitur List di
xl2003, lihat file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Trimakasi Mr Kid atas solusinya,akan saya coba ulik terlebih dahulu..
>
> Tapi saya masi blm bisa membayangkan ttng "Gunakan nama range yang refers
> to-nya berisi formula pembentuk referensi range dinamis", contohnya
> bagaimana Mr Kid?
> Karena memang baris akir data yg ingin di refer itu selalu dinamis
> Dan salah satu solusinya pernah dpt dr milis ini dengan menggunakan makro
>
> Kalau rekomendasi Mr Kid dengan menggunakan index atau fitur excel tabel
> tersebut bgmnkah contohnya?
>
> Regards,
> Winda
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 26 November 2012 9:16
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Sort Data Pakai Rumus
>
>
> Hai Winda,
>
> Sort data pakai formula ya.
> Coba file terlampir. Bandingkan array formula di tabel hasil kolom nomor.
> Bagian mana yang beda ?
> Mungkin array formulanya agak beda dengan yang ada di file lampiran dari
> mbak Winda. Moga-moga hasilnya sama dan bisa lebih mudah diutak-atik.
>
> Pesan sponsor :
> "Dalam array formula, hindari merujuk seluruh cell dalam sebuah kolom atau
> seluruh cell dalam sebuah baris. Semua cell yang dirujuk akan dikalkulasi
> dalam array formula. Selalu rujuk secupkupnya saja. Gunakan nama range yang
> refers to-nya berisi formula penmbentuk referensi range dinamis. Misal
> menggunakan *Index (recommended)* atau offset maupun indirect. Bila
> perlu, manfaatkan fitur Excel Table (di xl2007 keatas) atau fitur List
> (xl2003).
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>
>
> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Saya mempunyai case mengenai sort data dan solusinya pernah dibahas..
> Setelah saya coba saya mempunyai sedikit kendala..
> Mohon pencerahanya dari para master excel :)
>
> Data terlampir..
>
> Regards,
> Winda
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* moheb boellah <brohebnol@yahoo.com>
> *Kepada:* "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Jumat, 8 Juni 2012 13:01
> *Judul:* Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>
> Dear pak Antonius,
> Case sejenis ini sudah beberapa kali muncul..
> Terlampir saya copas dari postingan teman2 sebelumnnya..
>
> Regards,
>
> Muhib
>
> ------------------------------
> *Dari:* Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
> *Kepada:* XL-mania@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 6 Juni 2012 12:25
> *Judul:* ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>
>
> Dear XL-mania
>
> Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih belum
> ketemu seperti yang saya harapkan.
> Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
> dari para XL-mania.
> Terimakasih.
>
> Salam XL,
>
> Antonius
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Nov 26, 2012 12:04 am (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504

Trimakasi Mr Kid,akan saya pelajari terlebih dahulu

Regards,
Winda

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 26 November 2012 10:50
Judul: Re: [belajar-excel] Sort Data Pakai Rumus


 
mbak Winda,

untuk nama range rujukan dinamis dengan Index, lihat di thread Pak Gilang ya, atau lihat posting berikut :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/20845

untuk pemanfaatan fitur Excel Table di xl2007 ke atas atau fitur List di xl2003, lihat file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>


>Trimakasi Mr Kid atas solusinya,akan saya coba ulik terlebih dahulu..
>
>
>Tapi saya masi blm bisa membayangkan ttng "Gunakan nama range yang refers to-nya berisi formula pembentuk referensi range dinamis", contohnya bagaimana Mr Kid?
>Karena memang baris akir data yg ingin di refer itu selalu dinamis
>Dan salah satu solusinya pernah dpt dr milis ini dengan menggunakan makro
>
>
>Kalau rekomendasi Mr Kid dengan menggunakan index atau fitur excel tabel tersebut bgmnkah contohnya?
>
>
>Regards,
>Winda
>
>
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 26 November 2012 9:16
>Judul: Re: [belajar-excel] Sort Data Pakai Rumus
>
>
>

>Hai Winda,
>
>Sort data pakai formula ya.
>Coba file terlampir. Bandingkan array formula di tabel hasil kolom nomor. Bagian mana yang beda ?
>Mungkin array formulanya agak beda dengan yang ada di file lampiran dari mbak Winda. Moga-moga hasilnya sama dan bisa lebih mudah diutak-atik.
>
>Pesan sponsor :
>"Dalam array formula, hindari merujuk seluruh cell dalam sebuah kolom atau seluruh cell dalam sebuah baris. Semua cell yang dirujuk akan dikalkulasi dalam array formula. Selalu rujuk secupkupnya saja. Gunakan nama range yang refers to-nya berisi formula penmbentuk referensi range dinamis. Misal menggunakan Index (recommended) atau offset maupun indirect. Bila perlu, manfaatkan fitur Excel Table (di xl2007 keatas) atau fitur List (xl2003).
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/11/26 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>
>>
>>Dear Master Excel,
>>
>>Saya mempunyai case mengenai sort data dan solusinya pernah dibahas..
>>Setelah saya coba saya mempunyai sedikit kendala..
>>Mohon pencerahanya dari para master excel :)
>>
>>Data terlampir..
>>
>>Regards,
>>Winda
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: moheb boellah <brohebnol@yahoo.com>
>>Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
>>Dikirim: Jumat, 8 Juni 2012 13:01
>>Judul: Bls: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>>
>>
>> 
>>Dear pak Antonius,
>>Case sejenis ini sudah beberapa kali muncul..
>>Terlampir saya copas dari postingan teman2 sebelumnnya..
>>
>>
>>Regards,
>>
>>
>>Muhib
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Antonius Almanda <mantini05@gmail.com>
>>Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
>>Dikirim: Rabu, 6 Juni 2012 12:25
>>Judul: ]] XL-mania [[ Sort Data Pakai Rumus
>>
>>
>> 
>>Dear XL-mania
>> 
>>Saya sudah cari referensi ke berbagai penjuru dunia, tetapi masih
belum ketemu seperti yang saya harapkan.
>>Berikut ini saya kirimkan file. Kiranya file ini kembali dengan solusi
dari para XL-mania.
>>Terimakasih.
>> 
>>Salam XL,
>> 
>>Antonius
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 6:34 pm (PST) . Posted by:

"Gilang Sedar" gilangsedar9662

Dear All,
Semangat pagi

Ada sedikit yg saya tidak pahami dari formula-formula berikut, yaitu :
1. Index
2. Indirect
3. Offset

Sekiranya rekan-rekan memiliki contoh nya, mohon share nya ya. Terus terang dari help nya si excel ini, saya masih kurang mudeng. Atau mungkin bisa di-combine dengan formula yg lain.

Terima kasih
-Gilang Sedar-

Best Regards,
Gilang Sedar

Sun Nov 25, 2012 7:40 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Gilang,

Coba file terlampir.
Ada offset,indirect,index, dan cara buat nama range dinamis.

Wassalam,
Kid.

2012/11/26 Gilang Sedar <gilang.smartdroid@gmail.com>

> **
>
>
> Dear All,
> Semangat pagi
>
> Ada sedikit yg saya tidak pahami dari formula-formula berikut, yaitu :
> 1. Index
> 2. Indirect
> 3. Offset
>
> Sekiranya rekan-rekan memiliki contoh nya, mohon share nya ya. Terus
> terang dari help nya si excel ini, saya masih kurang mudeng. Atau mungkin
> bisa di-combine dengan formula yg lain.
>
> Terima kasih
> -Gilang Sedar-
>
> Best Regards,
> Gilang Sedar
>
>

Sun Nov 25, 2012 6:56 pm (PST) . Posted by:

"Teti Zhe" teti_zhe

Hai Mr. Kid...
Heheh.. tengkyu baru ngerti aq :D...
matur nuwun banyak2 :D

 
Salam,
Teti.

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, November 24, 2012 11:50 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Cara Filter Data ke Sheet yang lain berdasar kriteria


 
Hai Teti,

Coba ubah bentuk layout report :
1. refresh dulu jika belum di-refresh
2. klik pivot table
3. ribbon Pivot Table -> Design -> grup Layout -> klik Report Layout -> Pilih tabular atau Outline

Wassalam,
Kid.

2012/11/24 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>


>Dear Mr. Kid, 
>Maaf merepotkan terus neh..penjelasanya dapat saya pahami. Namun ada yang saya bingungkan, belum dapet cara mbuatnya gimana heheh.. untuk menjadikan row label nya menjadi header column seperti yang Mr. Kid uda contohkan.
>file yang saya buat terlampir <pada sheet1>... 
>Mkasih...

>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, November 23, 2012 5:25 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Cara Filter Data ke Sheet yang lain berdasar kriteria
>
>
>

>Coba file terlampir.
>
>Untuk nomor urut, biasanya dibuat sendiri dengan formula dan di-copy ke banyak baris sebagai persiapan berubahnya jumlah record dalam pivot table.
>Jadi buat formula yang sesederhana mungkin.
>
>Untuk persentase dalam pivot table, maka bagian Values harus diisi dengan suatu field.
>Jika ingin jumlah cacah data (jumlah record), maka klik kanan field yang dimasukkan tadi, pilih field setting, tab Summarize by pilih item Count.
>Untuk persentase, pada field setting tersebut, ke tab Show Values as, pilih item % of Total atau apapun yang dibutuhkan.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/11/23 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Dear Mr. Kid,
>>Saran dari Mr.Kid juga sangat membantu, sebagai solusi lain selain macro yang diperkenalkan Ms Jan pada saya.. Dua-dua nya sungguh membantu hehehe.. <dengan ekspresi senang ^^>
>>Makasih pengenalan tentang pivot tabel.,.teman saya pernah bilang dengan pivot tabel juga bisa menghitung persenan.. kebetulan nih Mr Kid, boleh tolong ajari saya, karena data di tabel All itu nanti nya (juga di tabel2 lainnya) akan saya hitung berapa persen yang DO/Tidak Sekolah/Tamat , dan berapa persen dari kategori tersebut yang Female dan Male, kira2 salah satu kategori seperti itu,,dan masih banyak lagi data yang akan saya ekstrak dari tabel itu untuk laporan tapi musti menggunakan angka persen gitu..nah, saya berharap, Mr.Kid boleh kasi pencerahan dnk... 
>>Cuma solusi pake pivot tabel, nomer urut nya ga bisa berurutan ya ..??
>>
>>
>>Thanks,..
>> 
>>Salam,
>>Teti.
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Thursday, November 22, 2012 10:24 AM
>>
>>Subject: Re: [belajar-excel] Cara Filter Data ke Sheet yang lain berdasar kriteria
>>
>>
>> 
>>Hai Teti,
>>
>>File terlampir memanfaatkan Pivot Table.
>>Data source dibentuk menjadi sebuah pivot cache.
>>Sebuah pivot cache bisa digunakan untuk membentuk banyak pivot table.
>>
>>Pivot table membutuhkan sebuah data source (tabel sumber data yang baik - dalam kasus ini adalah tabel di sheet ALL) yang telah dibentuk menjadi sebuah pivot cache.
>>Jika ingin membuat banyak pivot table dari sebuah pivot cache, copy pivot table yang sudah jadi dan paste ke sheet lain atau ketempat lain dalam sheet yang sama sesuai kebutuhan.
>>
>>Hal ini akan membuat proses lebih cepat, karena Excel hanya butuh merefresh 1 (satu) pivot cache yang bersumber dari 1 tabel data source).
>>Dengan di-refreshnya pivot cache, maka seluruh pivot table yang data sourcenya berasal dari pivot cache tersebut akan melakukan refresh tampilan saja. Sedang seluruh datanya sudah direfresh oleh pivot cache.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>2012/11/21 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Dear All,
>>>Mohon bantuannya , saya ada data yang ingin saya filter : 
>>>
>>>
>>>1. Dari sheet1 (sheet ALL) ke sheet2 (sheet SelectedAwal) tapi berdasarkan kriteria pada kolom Status semua yang DO, Tidak Sekolah, dan Tamat . Data-data yang terseleksi sesuai kriteria tersebut dicopy ke sheet2 dengan format tabel seperti pada sheet1... Kemudian data yang masih tinggal, yang tidak memenuhi kriteria (yang pada kolom status adalah Sekolah) akan dicopy pada sheet2 (sheet Pending). <File terlampir : 1.Bgm_Filter_DataSelectedAwal>.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2. Seperti pada lampiran kedua ( File : 2.Bgm_Filter_DataPending) , jika tadi telah ada data yang uda kian dikasi di sheet2 (sheet SelectedAwal) yang tadinya adalah hasil filter sebagian data dari sheet1 (Sheet ALL), nah bagaimana mengetahui data-data yang belum difilter atau data-data yang belum ada pada sheet SelectedAwal? kemudian data-data yang belum termasuk di sheet SelectedAwal tersebut dimasukkan/dicopy pada sheet Pending dan mengikuti format tabel yang ada?
>>>
>>>
>>>Makasih atas bantuan dan pencerahannya....
>>> 
>>>Salam,
>>>Teti.
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 8:41 pm (PST) . Posted by:

"Teti Zhe" teti_zhe

Dear Mr. Kid..
Mohon maaf ada satu lagi pertanyaan saya tentang pivot table ini, dengan case seperti yang saya punya ini.,berdasarkan hasil pivot table di sheet Selected Awal, apakah bisa di sheet yang sama menjelaskan berapa persen perhitungan female dan male menurut tabel yang Selected Awal tersebut? atau mesti buat di sheet baru yang lain?
Mohon pencerahannya, terimakasih.. maaf merepotkan terus....
 
Salam,
Teti.

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, November 24, 2012 11:50 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Cara Filter Data ke Sheet yang lain berdasar kriteria


 
Hai Teti,

Coba ubah bentuk layout report :
1. refresh dulu jika belum di-refresh
2. klik pivot table
3. ribbon Pivot Table -> Design -> grup Layout -> klik Report Layout -> Pilih tabular atau Outline

Wassalam,
Kid.

2012/11/24 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>


>Dear Mr. Kid, 
>Maaf merepotkan terus neh..penjelasanya dapat saya pahami. Namun ada yang saya bingungkan, belum dapet cara mbuatnya gimana heheh.. untuk menjadikan row label nya menjadi header column seperti yang Mr. Kid uda contohkan.
>file yang saya buat terlampir <pada sheet1>... 
>Mkasih...

>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, November 23, 2012 5:25 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Cara Filter Data ke Sheet yang lain berdasar kriteria
>
>
>

>Coba file terlampir.
>
>Untuk nomor urut, biasanya dibuat sendiri dengan formula dan di-copy ke banyak baris sebagai persiapan berubahnya jumlah record dalam pivot table.
>Jadi buat formula yang sesederhana mungkin.
>
>Untuk persentase dalam pivot table, maka bagian Values harus diisi dengan suatu field.
>Jika ingin jumlah cacah data (jumlah record), maka klik kanan field yang dimasukkan tadi, pilih field setting, tab Summarize by pilih item Count.
>Untuk persentase, pada field setting tersebut, ke tab Show Values as, pilih item % of Total atau apapun yang dibutuhkan.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/11/23 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Dear Mr. Kid,
>>Saran dari Mr.Kid juga sangat membantu, sebagai solusi lain selain macro yang diperkenalkan Ms Jan pada saya.. Dua-dua nya sungguh membantu hehehe.. <dengan ekspresi senang ^^>
>>Makasih pengenalan tentang pivot tabel.,.teman saya pernah bilang dengan pivot tabel juga bisa menghitung persenan.. kebetulan nih Mr Kid, boleh tolong ajari saya, karena data di tabel All itu nanti nya (juga di tabel2 lainnya) akan saya hitung berapa persen yang DO/Tidak Sekolah/Tamat , dan berapa persen dari kategori tersebut yang Female dan Male, kira2 salah satu kategori seperti itu,,dan masih banyak lagi data yang akan saya ekstrak dari tabel itu untuk laporan tapi musti menggunakan angka persen gitu..nah, saya berharap, Mr.Kid boleh kasi pencerahan dnk... 
>>Cuma solusi pake pivot tabel, nomer urut nya ga bisa berurutan ya ..??
>>
>>
>>Thanks,..
>> 
>>Salam,
>>Teti.
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Thursday, November 22, 2012 10:24 AM
>>
>>Subject: Re: [belajar-excel] Cara Filter Data ke Sheet yang lain berdasar kriteria
>>
>>
>> 
>>Hai Teti,
>>
>>File terlampir memanfaatkan Pivot Table.
>>Data source dibentuk menjadi sebuah pivot cache.
>>Sebuah pivot cache bisa digunakan untuk membentuk banyak pivot table.
>>
>>Pivot table membutuhkan sebuah data source (tabel sumber data yang baik - dalam kasus ini adalah tabel di sheet ALL) yang telah dibentuk menjadi sebuah pivot cache.
>>Jika ingin membuat banyak pivot table dari sebuah pivot cache, copy pivot table yang sudah jadi dan paste ke sheet lain atau ketempat lain dalam sheet yang sama sesuai kebutuhan.
>>
>>Hal ini akan membuat proses lebih cepat, karena Excel hanya butuh merefresh 1 (satu) pivot cache yang bersumber dari 1 tabel data source).
>>Dengan di-refreshnya pivot cache, maka seluruh pivot table yang data sourcenya berasal dari pivot cache tersebut akan melakukan refresh tampilan saja. Sedang seluruh datanya sudah direfresh oleh pivot cache.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>2012/11/21 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Dear All,
>>>Mohon bantuannya , saya ada data yang ingin saya filter : 
>>>
>>>
>>>1. Dari sheet1 (sheet ALL) ke sheet2 (sheet SelectedAwal) tapi berdasarkan kriteria pada kolom Status semua yang DO, Tidak Sekolah, dan Tamat . Data-data yang terseleksi sesuai kriteria tersebut dicopy ke sheet2 dengan format tabel seperti pada sheet1... Kemudian data yang masih tinggal, yang tidak memenuhi kriteria (yang pada kolom status adalah Sekolah) akan dicopy pada sheet2 (sheet Pending). <File terlampir : 1.Bgm_Filter_DataSelectedAwal>.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2. Seperti pada lampiran kedua ( File : 2.Bgm_Filter_DataPending) , jika tadi telah ada data yang uda kian dikasi di sheet2 (sheet SelectedAwal) yang tadinya adalah hasil filter sebagian data dari sheet1 (Sheet ALL), nah bagaimana mengetahui data-data yang belum difilter atau data-data yang belum ada pada sheet SelectedAwal? kemudian data-data yang belum termasuk di sheet SelectedAwal tersebut dimasukkan/dicopy pada sheet Pending dan mengikuti format tabel yang ada?
>>>
>>>
>>>Makasih atas bantuan dan pencerahannya....
>>> 
>>>Salam,
>>>Teti.
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 7:21 pm (PST) . Posted by:

"Johan hung" joeh2_007

Thanks Mr. Kid atas pencerahannya

Thanks

2012/11/24 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Pak Johan,
>
> File terlampir memanfaatkan Pivot Table Consolidation Range.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/11/23 Johan hung <johan.hung@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>>
>>
>> Dear pakar excel�
>>
>> Saya mempunyai kesulitan seperti contoh terlampir dalam mengabungkan
>> laporan keuangan cabang. dimana selama ini saya gabungkan secara manual dan
>> itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Mohon bantuan teman-teman untuk
>> memberikan pencerahan apakah dalam bentuk macro atau ada software tertentu
>> yang bisa di gunakan..
>>
>> Thanks
>>
>> _
>>
>
>
>

Sun Nov 25, 2012 10:44 pm (PST) . Posted by:

"Agung hermansyah" agung_mospsi

Dear all Pakar Excel,

Mohon bantuannya untuk memberikan solusi untuk penggabungan 2 kolom dengan
format yang berbeda (number & text).

File contoh terlampir.

Maaf jika repost.

Terima kasih atas perhatian & kerja samanya.

Salam,

Agung H

Sun Nov 25, 2012 10:48 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba formula berikut di cell G2, lalu dicopy ke bawah:

=TEXT(D2,"#,#")&A2

-Jan Raisin

Pada 26 November 2012 13:43, Agung hermansyah
<a-hermansyah@bluegaz.co.id>menulis:

> **
>
>
> Dear all Pakar Excel,****
>
> Mohon bantuannya untuk memberikan solusi untuk penggabungan 2 kolom dengan
> format yang berbeda (number & text).****
>
> File contoh terlampir.****
>
> Maaf jika repost.****
>
> Terima kasih atas perhatian & kerja samanya.****
>
> ** **
>
> Salam,****
>
> Agung H****
>
> ** **
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar