Selasa, 13 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1901

15 New Messages

Digest #1901
1b
Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
2a
Re: Pembagian ke masing masing sheet by "dhen.baguse" bagusejogja
6a
vlokkup pada formuser by "HaDi" face_call15
6b
Re: vlokkup pada formuser by "HaDi SyaH" face_call15
7a
7b

Messages

Mon Nov 12, 2012 2:26 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba array formula :
=IFERROR(INDEX('no tlp'!$A$2:$A$18,SMALL(IF(COUNTIF($A$1:$F$1,LEFT('no
tlp'!$A$2:$A$18,4)),ROW('no tlp'!$A$2:$A$18)-1),ROW()-1)),"")

Coba manfaatkan pivot table.

Wassalam,
Kid.

2012/11/12 <the_x_mikey@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Hi pak zainul dan pak Ghozi,
>
> Rumus yang kalian berikan berjalan baik dalam kasus yang saya sebutkan.
> Tapi saya lupa kalau tiap provider mempunyai bukan hanya 1 tipe 4 angka
> didepan (berarti acuan di A1 tidak bisa dipakai). Saya sudah mencoba fungsi
> or("0812","0811","0813","0852","0853","0821","0822","0831") tapi tidak
> bisa. Apa harus bikin index bantuan?
> ------------------------------
> *From: * ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 12 Nov 2012 15:19:08 +0800 (SGT)
> *To: *belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Bls: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria
> tertentu
>
>
>
> formula pertama ditulis di D2 sheet mentari (formula array)
>
> {=IFERROR(INDEX('no tlp'!$A$2:$A$18;SMALL(IF(LEFT('no
> tlp'!$A$2:$A$18;4)=$A$1;MATCH('no tlp'!$A$2:$A$18;'no
> tlp'!$A$2:$A$18;0));ROW(1:1)));"")}
>
> copy ke bawah
>
> selanjutnya formula bisa dicopy ke sheet lainnya karena referensi cellnya
> sama
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* "the_x_mikey@yahoo.com" <the_x_mikey@yahoo.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 12 November 2012 11:21
> *Judul:* [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu
>
>
> Hi all,
>
> Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4
> angka depan.
> Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya
>
>
>
>
>

Mon Nov 12, 2012 5:27 pm (PST) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Bagaimana kalo pakai advance filter?

Silahkan dipelajari contoh terlampir.

Thanks

-zainul-

2012/11/12 <the_x_mikey@yahoo.com>

Hi pak zainul dan pak Ghozi,

Rumus yang kalian berikan berjalan baik dalam kasus yang saya sebutkan.
Tapi saya lupa kalau tiap provider mempunyai bukan hanya 1 tipe 4 angka
didepan (berarti acuan di A1 tidak bisa dipakai). Saya sudah mencoba fungsi
or("0812","0811","0813","0852","0853","0821","0822","0831") tapi tidak bisa.
Apa harus bikin index bantuan?

_____

From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>

Sender: belajar-excel@yahoogroups.com

Date: Mon, 12 Nov 2012 15:19:08 +0800 (SGT)

To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>

ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com

Subject: Bls: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu

formula pertama ditulis di D2 sheet mentari (formula array)

{=IFERROR(INDEX('no tlp'!$A$2:$A$18;SMALL(IF(LEFT('no
tlp'!$A$2:$A$18;4)=$A$1;MATCH('no tlp'!$A$2:$A$18;'no
tlp'!$A$2:$A$18;0));ROW(1:1)));"")}

copy ke bawah

selanjutnya formula bisa dicopy ke sheet lainnya karena referensi cellnya
sama

wassalam

Ghozi Alkatiri

_____

Dari: "the_x_mikey@yahoo.com" <the_x_mikey@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 12 November 2012 11:21
Judul: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu

Hi all,

Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4
angka depan.
Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya

Mon Nov 12, 2012 7:40 pm (PST) . Posted by:

"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey

Mr Kid,

Thanks atas solusinya, rumus berjalan dengan baik
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 13 Nov 2012 05:26:30
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu

Coba array formula :
=IFERROR(INDEX('no tlp'!$A$2:$A$18,SMALL(IF(COUNTIF($A$1:$F$1,LEFT('no
tlp'!$A$2:$A$18,4)),ROW('no tlp'!$A$2:$A$18)-1),ROW()-1)),"")

Coba manfaatkan pivot table.

Wassalam,
Kid.

2012/11/12 <the_x_mikey@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Hi pak zainul dan pak Ghozi,
>
> Rumus yang kalian berikan berjalan baik dalam kasus yang saya sebutkan.
> Tapi saya lupa kalau tiap provider mempunyai bukan hanya 1 tipe 4 angka
> didepan (berarti acuan di A1 tidak bisa dipakai). Saya sudah mencoba fungsi
> or("0812","0811","0813","0852","0853","0821","0822","0831") tapi tidak
> bisa. Apa harus bikin index bantuan?
> ------------------------------
> *From: * ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 12 Nov 2012 15:19:08 +0800 (SGT)
> *To: *belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Bls: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria
> tertentu
>
>
>
> formula pertama ditulis di D2 sheet mentari (formula array)
>
> {=IFERROR(INDEX('no tlp'!$A$2:$A$18;SMALL(IF(LEFT('no
> tlp'!$A$2:$A$18;4)=$A$1;MATCH('no tlp'!$A$2:$A$18;'no
> tlp'!$A$2:$A$18;0));ROW(1:1)));"")}
>
> copy ke bawah
>
> selanjutnya formula bisa dicopy ke sheet lainnya karena referensi cellnya
> sama
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* "the_x_mikey@yahoo.com" <the_x_mikey@yahoo.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 12 November 2012 11:21
> *Judul:* [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu
>
>
> Hi all,
>
> Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4
> angka depan.
> Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya
>
>
>
>
>

Mon Nov 12, 2012 2:29 pm (PST) . Posted by:

"dhen.baguse" bagusejogja

wah walupun jan bukanlan programer tapi hasilnya sesuai yang diharapkan, ruar binasa dan top markotop seperti di bimbingan les private aje...:)
mas atau mb jan mau tanya lagi, itu semisal tombol diklik yang ke 2 kalinya kan munculnya data yang sama dan menambahkan dibawahnya, agar tidak membuat tambahan data dibawahnya tapi penghapus yang lama dan menggantik data dari perintah yang baru itu tambahan codingnya gmna jan?

terimakasih jan;)

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, November 12, 2012 1:26 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Pembagian ke masing masing sheet


 
mas den bagus yang katanya paling bagus se-Jogja xixixixi :D,

Jan coba kasih solusi ya.. tapi belum tentu solusi yang optimal karena Jan bukanlah programer, hanya sekedar tertarik dengan Excel.
pertama-tama Jan ubah dulu semua tabel di setiap sheet agar antara header dengan data tidak dipisah dengan baris kosong,
kedua, Jan melakukan penambahan 1 sheet dengan nama Kas karena ternyata di sheet Input yang dimerahin ada nama sheet Kas di kolom K
ketiga, Jan mengubah nama sheet "Lain lain" menjadi "Lain" agar sesuai dengan nama sheet yang tercantum di cell R7 sheet Input

kode berikut di tulis dalam sebuah modul VBA, untuk menampilkannya tekan F11, pilih Insert >> Module

Option Explicit
' ---------------------------- '
'  Code by Jan Raisin          '
'  untuk millis Belajar Excel  '
'  12  November 2012           '
' ---------------------------- '
' nama prosedur
Sub DistKeSheet()
   ' deklarasi header Tanggal, range Tanggal, & cell Tanggal
    ' tipe data adalah range karena yang akan diambil adalah object-nya
    Dim hdTgl, rgTgl, cTgl As Range
    
    ' deklarasi varabel untuk menyimpan nomor baris data
    ' tipe data adalah long integer (Long) agar dapat memuat nilai yang sangat besar
    Dim rData, c As Long
    
    ' deklarasi variabel untuk menyimpan nama sheet
    ' tipe data adalah string karena akan digunakan menyimpan data berupa text / string
    Dim NamaSheet As String
    
    ' deklarasi variabel untuk menyimpan saldo akhir
    ' tipe data adalah dobel untuk mengantisipasi nilai dalam bentuk desimal
    Dim Saldo As Double
    
    ' non-aktifkan fitur screen update agar vba berjalan lebih cepat
    Application.ScreenUpdating = False
    
    ' pertama, aktifkan sheet input
    Sheets("Input").Select
    
    ' tentukan lokasi header untuk tanggal
    ' letaknya di sheet input cell b8
    Set hdTgl = Sheets("Input").Range("b8")
    
    ' tentukan lokasi range tanggel
    ' letaknya 1 baris di bawah header
    ' sampai dengan baris terakhir yang berisi data
    Set rgTgl = Range(hdTgl.Offset(1, 0), hdTgl.End(xlDown))
    
    ' lakukan loop terhadap range tanggal
    For Each cTgl In rgTgl
        
        ' ambil nilai baris dari setiap tanggal dengan menggunakan perintah .Row
        rData = cTgl.Row
            
            ' lakukan loop untuk kolom J (kolom nomer 10) sampai R (kolom nomer 18)
            For c = 10 To 18
            
                ' periksa kondisi apakah perpotongan antara baris & kolom bernilai 0 (nol) atau tidak
                If Cells(rData, c).Value <> 0 Then
                
                    ' jika perpotongan baris & kolom <> 0 (nol)
                    ' ambil nilai di baris 7 pada kolom tersebut menggunakan perintah .Value
                    ' cara menunjuknya adalah menggunakan perintah Cells(7, c)
                    ' nilai ini adalah nama setiap sheet yang akan menerima distribusi data
                    ' dan disimpan dalam variabel yang bernama NamaSheet
                    NamaSheet = Cells(7, c).Value
                    
                    ' panggil sheet tersebut sesuai dengan namanya
                    Sheets(NamaSheet).Select
                    
                    ' pergi ke cell B10, karena ini adalah header tanggal dari setiap sheet
                    Range("b10").Select
                    
                    ' periksa apakah 1 baris di bawah header tanggal tersebut ada datanya atau tidak
                    If ActiveCell.Offset(1, 0) = "" Then
                        
                        ' jika 1 baris di bawah header tidak ada datanya, maka
                        ' dari header turun 1 baris ke bawah menggunakan perintah .Offset(1, 0)
                        ActiveCell.Offset(1, 0).Select
                        
                        ' karena ini adalah data pertama, maka
                        ' beri nilai 1 pada kolom nomer bukti
                        ' letaknya adalah 1 kolom di sebelah kanan dari cell yang aktif
                        ' untuk menunjuk lokasinya menggunakan perintah .Offset(, 1)
                        ActiveCell.Offset(, 1).Value = 1
                        
                        ' selain itu
                        Else
                        
                        ' kalo sampai di sini, berarti di sheet tersebut sudah ada datanya
                        ' dari header turun ke data yang paling bawah menggunakan perintah .End(xlDown)
                        ' lalu turun lagi 1 baris ke baris yang kosong dengan menggunakan perintah .Offset(1, 0)
                        ActiveCell.End(xlDown).Offset(1, 0).Select
                        
                        ' karena sebelumnya sudah ada data, maka nomer bukti adalah
                        ' nomer bukti pada baris di atasnya ditambah dengan nilai 1
                        ActiveCell.Offset(, 1).Value = ActiveCell.Offset(-1, 1).Value + 1
                        
                    ' yang ini adalah akhir dari pemeriksaan apakah di sheet yang dituju sudah ada datanya atau belum
                    End If
                    
                    ' mulai dari sini kita akan bekerja dengan cell yang aktif pada sheet yang sudah terpilih
                    ' untuk itu selalu dibuka dengan perintah With nama_object
                    ' dan selalu ditutup dengan End With
                    With ActiveCell
                    
                        ' pada aktif cell diisi dengan tanggal
                        ' nilainya berasal dari sheet Input, terletak pada perpotongan baris dengan kolom 2 (kolom B)
                        .Value = Sheets("Input").Cells(rData, 2).Value
                        
                        ' 2 kolom di sebelah kanan aktif cell diisi dengan nilai yang berasal dari
                        ' perpotongan antara baris dengan kolom (mulai kolom 10 atau kolom J sampai kolom 18 atau kolom R)
                        .Offset(, 2).Value = Sheets("Input").Cells(rData, c).Value
                        
                        ' 3 kolom di sebelah kanan aktif cell diisi dengan Uraian Transaksi
                        ' nilainya berasal dari sheet Input, terletak pada perpotongan baris dengan kolom 5 (kolom E)
                        .Offset(, 3).Value = Sheets("Input").Cells(rData, 5).Value
                        
                        ' sekarang kita melakukan pengujian data terhadap kode yang tercantum dalam kolom nama baris
                        ' dan perpotongan baris tanggal
                        ' kondisi pertama jika kode adalah D/K
                        If Sheets("Input").Cells(rData, c) = "D/K" Then
                        
                            ' maka nilai kolom Masuk & kolom Keluar pada sheet yang terpilih
                            ' diisi dengan nilai yang berasal dari kolom Jumlah pada sheet Input
                            ' untuk menunjuk kolom masuk yang terletak 4 kolom di sebelah kanan cell aktif
                            ' menggunakan perintah .Offset(, 4)
                            .Offset(, 4).Value = Sheets("Input").Cells(rData, 8).Value
                            
                            ' untuk menunjuk kolom masuk yang terletak 5 kolom di sebelah kanan cell aktif
                            ' menggunakan perintah .Offset(, 5)
                            .Offset(, 5).Value = Sheets("Input").Cells(rData, 8).Value
                            
                        ' lakukan pengujian dengan kondisi berikutnya yaitu kode adalah D
                        ElseIf Sheets("Input").Cells(rData, c) = "D" Then
                        
                            ' pada kondisi ini yang diisi dengan nilai adalah kolom Masuk
                            .Offset(, 4).Value = Sheets("Input").Cells(rData, 8).Value
                            
                            ' sedangkan kolom keluar diisi dengan nilai 0 (nol)
                            .Offset(, 5).Value = 0
                            
                        ' selain itu, berarti kode adalah K
                        Else
                            
                            ' pada kondisi ini kolom Masuk diisi dengan 0 (nol)
                            .Offset(, 4).Value = 0
                            
                            ' sedangkan kolom Keluar diisi dengan nilai yang berasal dari sheet Input
                            .Offset(, 5).Value = Sheets("Input").Cells(rData, 8).Value
                        
                        ' ini adalah penutup dari pengecekan kode
                        End If
                        
                        ' sekarang dilakukan pengujian untuk menenukan nilai Saldo Akhir
                        ' jika cell aktif ada di baris 11, berarti ini adalah data pertama
                        If ActiveCell.Row = 11 Then
                        
                            ' maka Saldo akhir adalah nilai pada cell H7 + F11 - G11
                            Saldo = Range("h7").Value + Range("f11").Value - Range("g11").Value
                        
                        ' selain itu, berarti ini bukanlah data pertama
                        Else
                        
                            ' nilai Saldo akhir berasal dari saldo akhir pada 1 baris di atasnya
                            ' letaknya adalah 1 baris di atas cell aktif
                            ' dan 6 kolom di sebelah kanan cell aktif
                            ' untuk menunjuknya digunakan perintah .Offset(-1, 6)
                            ' ditambah nilai pada kolom Masuk
                            ' letaknya 4 kolom di sebelah kanan cell aktif
                            ' untuk menunjuknya digunakan perintah .Offset(, 4)
                            ' dikurangi nilai kolom Keluar
                            ' letaknya 5 kolom di sebelah kanan cell aktif
                            ' untuk menunjuknya digunakan perintah .Offset(, 5)
                            Saldo = .Offset(-1, 6).Value + .Offset(, 4).Value - .Offset(, 5).Value
                        
                        ' ini adalah penutup dari perhitungan Saldo Akhir
                        End If
                        
                        ' pada cell H8 & kolom Saldo diisi dengan nilai Saldo Akhir yang sudah diperoleh sebelumnya
                        Range("h8").Value = Saldo
                        .Offset(, 6).Value = Saldo
                    
                    ' ini adalah penutup dari blok With ActiveCell
                    End With
                
                ' ini adalah penutup dari blok pemeriksaan kode transaksi
                End If
                
                ' panggil kembali sheet Input
                Sheets("Input").Select
            
            ' periksa kolom berikutnya
            Next c
    
    ' periksa baris tanggal berikutnya
    Next cTgl
    
    ' aktifkan kembali fitur screen update
    Application.ScreenUpdating = True
    
' ini adalah akhir dari prosedur Distribusi ke setiap sheet
End Sub

lalu kode tersebut di-assign dengan tombol yang sudah ditentukan

semoga cerita yang sangat panjang ini dapat menjadi pembuka bagi Jan berbagi bersama member millis ini.

Best Regard,

Jan Raisin

Mon Nov 12, 2012 2:55 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ops e...
hehehe...
miss.ujan..

mbak jan sudah memberi gambaran dengan gamblang tentang prosesor, fsb,
memori, dsb...

saya iseng nyimpulin walau gak bener-bener amat.
1. Prosesor : core to duo : 3,4 GB core 4 : 3 GB core 8 : 2,6
GB.
mana yg *lebih cocok buat excel*. (*lebih cepat*). GB nya atau
banyak nya core apakah bisa membuat excel lebih cepat.
>> Cocok untuk kriteria cepat buat Excel saja (bukan cocok untuk secara
keseluruhan) :
- kalikan jumlah core dengan frekuensi prosessornya, ambil yang
paling tinggi nilainya

2. memory .(ddr3) : 4 gb, 8 gb , 16 gb, 32 gb.
berapa jumlah memory *ideal *nya yg di butuhkan buat excel.
>> ideal belum didefinisikan dengan jelas, maka diasumsikan juga sebagai
cepat saja :
- ambil yang paling luas (paling tinggi nilainya GB)

3. Bila didalam excel : banyak formula nya . Jumlah row nya lumanyan saja
: lebih butuh proseor atau memory ?
>> pengaruh jenis formula dan cara menyusun formulanya dimaklumi jika
membuat tidak optimum :
- butuh keduanya. memory yang tinggi akan memperluas area antrian yang
mudah dipanggil untuk diproses. Makin tinggi frekuensi prosesor akan
mempercepat proses setiap formula. Makin banyak core akan memperbanyak
tempat prosesnya.
- hanya saja, office 2007 masih kurang lihai memanfaatkan multi core.
Mungkin office 2010 atau setelahnya akan lebih baik. Meski kurang lihai,
masih cukup terasa perbedaan antar jumlah core.

4. bila file excel nya row nya sangat banyak . lebih membutuhkan
prosesor atau memory ?
>> untuk formulanya sedikit dan sederhana atau malah tidak ada, lebih butuh
memori.
>> untuk formulanya banyak (sederhana atau kompleks, optimum atau tidak),
butuh prosesor untuk proses kalkulasi dan butuh memori untuk memperbanyak
item excel yang masuk ruang antrian untuk diproses.

Excel yang digunakan dengan baik umumnya membutuhkan spesifikasi yang tidak
terlalu tinggi pada sisi enginenya. Coba lihat minimum requirements-nya.
Untuk pengolahan data sekitar 900K records pada 5 sheet untuk disusun
menjadi 13 sheet output lainnyadengan formula, dengan core4 2 koma sekian
GHz pada RAM 4GB sudah sangat cepat. Masalahnya, memang harus ada proses
optimasi yang dilakukan. Coba pelajari cara optimasi formula.
Oh iya, pemanfaatan VBA pada contoh data sekitar 900K tersebut akan lebih
efisien ketika mengurangi jumlah loop.

gitu kali ya...

Wassalam,
Kid.

2012/11/12 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> **
>
>
> Pak Lukman,
>
> sekedar berbagi pengetahuan yang saya dapat saat saya pertama masuk ke
> sebuah perusahaan komputer yang perwakilannya hampir bisa ditemukan di mana
> saja kita menunjuk suatu tempat di bola dunia.
>
> Jumlah core processor komputer dapat diibaratkan dengan jumlah truk yang
> digunakan untuk mengangkut barang dari 1 tempat ke tempat lain, semakin
> banyak truk yang kita miliki dan semakin besar ukuran muatan truk tentu
> saja proses memindahkan barang dari 1 tempat ke tempat lain akan semakin
> cepat.
>
> Bagaimana jika jumlah core dan kecepatann processor yang kita bandingkan
> berbeda, bukan perbandingan apel to apel?
> Secara logika perhitungannya juga akan sama dengan waktu yang kita
> butuhkan untuk memindahkan barang berdasarkan kapasitas truk dan jumlah
> truk yang kita miliki, jadi tinggal kita kalikan saja jumlah core dengan
> kecepatannya, semakin besar nilainya maka akan semakin cepat waktu
> prosesnya.
>
> Tapi, selain jumlah core dan kecepatan processor, kecepatan kerja komputer
> juga dipengaruhi oleh FSB, apa sih FSB itu? FSB bisa diibaratkan sebagai
> sebuah jalan, jika jalan tersebut sangat lebar tentu saja akan dapat
> dilewati kendaraan secara bersamaan dalam jumlah yang banyak, dibandingkan
> dengan jalan yang sempit yang mengharuskan kendaraan berjalan dengan cara
> antri, atau bahkan mungkin saja terjadi fenomena bottleneck saat kapasitas
> kendaraan melebihi lebar jalan yang ada.
>
> Ada sebuah istilah yang disebut OverClocking, yaitu suatu upaya
> meningkatkan kecepatan kerja komputer dengan cara meningkatkan nilai FSB,
> biasanya kecepatan processor bisa naik sampai kisaran 20% s/d 30% dari
> kecepatan normal, tentu saja ada efek samping dari overclocking ini,
> misalnya panas yang berlebih atau terjadinya kekurangan daya, akan menarik
> jika pak Lukman melihat kompetisi overclocking, dimana saya menyaksikan
> bahwa kecepatan kerja komputer naik secara signifikan tetapi akhirnya
> terbakar karena over heating (saya sangat menyukai saat melihat komputer
> peserta yang terbakar karena over heating xixixixi :D)
>
> processor mana yang lebih baik antara Intel atau AMD? untuk ini saya tidak
> dapat menjawab karena pada saat salah satu pemegang merk tersebut
> mengusulkan diadakan kompetisi di Sgp, usulan tersebut tidak ditanggapi
> oleh pemegang merk yang lain, alhasil uji coba yang pernah saya lihat hanya
> dilakukan oleh 1 pemegang merk saja maka saya rasa hasilnya akan tidak
> objektif jika saya ceritakan di sini.
>
> Lalu bagaimana dengan memory? memory atau RAM biasa digunakan untuk
> menyimpan data sementara dari program yang aktif, semakin besar kapasitas
> RAM yang kita miliki maka akan semakin besar data yang bisa disimpan dalam
> RAM tersebut. Secara umum komputer akan mengambil data yang sudah disimpan
> dalam RAM dibanding mengambil langsung dari HDD agar proses dapat berjalan
> lebih cepat.
>
> Kalau jumlah baris & kolom dalam Excel sudah dibatasi sampai dengan jumlah
> tertentu, hanya saja dalam excel versi 2007 ke atas, jumlah sheet &
> conditional formating dibatasi dengan kapasitas memory komputer.
>
> cmiiw
>
> Jan Raisin
>
> Pada 11 November 2012 11:50, lkm jktind <lkmjktind@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Bila hendak merakit komputer desktop.
>>
>> Kebanyakan hanya untuk excel. (nga pakai untuk game , multi media ,
>> atau photoshop)
>>
>> OS : win 7 : 64 bit
>>
>> 1. Prosesor : core to duo : 3,4 GB core 4 : 3 GB core 8 :
>> 2,6 GB.
>> mana yg lebih cocok buat excel. (lebih cepat). GB nya atau
>> banyak nya core apakah bisa membuat excel lebih cepat.
>>
>> 2. memory .(ddr3) : 4 gb, 8 gb , 16 gb, 32 gb.
>> berapa jumlah memory ideal nya yg di butuhkan buat excel.
>>
>> 3. Bila didalam excel : banyak formula nya . Jumlah row nya lumanyan saja
>> : lebih butuh proseor atau memory ?
>>
>> 4. bila file excel nya row nya sangat banyak . lebih membutuhkan
>> prosesor atau memory ?
>>
>>
>> Salam
>>
>>
>> Lukman.
>>
>>
>> nb : file excel 40 MB ~ 89 Mb
>>
>>
>
>

Mon Nov 12, 2012 4:31 pm (PST) . Posted by:

"him mah"

maaf mau tanya: misal saya punya tabel seperti dibawah (terdiri dari 2
kolom) misal kolom NO dan ALAMAT, untuk kolom alamat terdapat data
yang mempunyai link dan tidak ada hyperlink

NO ALAMAT
1 id.yahoo.com/?p=us
2 detik.com
3 republika.co.id/
4 www.inilah.com/
5 gmail.com
6 kompas.com
7 milis-belajar-excel

yang diinginkan itu adalah menghapus baris yang pada bagian kolom
ALAMAT tidak ada hyperlink nya, kira-kira VBAnya seperti apa. misal no
2 dan nomor 5 tidak ada hyperlinknya maka baris itu akan terhapus

sehingga hasilnya

NO ALAMAT
1 id.yahoo.com/?p=us
3 republika.co.id/
4 www.inilah.com/
6 kompas.com
7 milis-belajar-excel

saya lampirkan contoh filenya

Mon Nov 12, 2012 7:17 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

ibu Himmah,

coba kode berikut yang ditulis dalam sebuah modul VBA, untuk menampilkan
modul tersebut dari lembar kerja Excel tekan tombol F11, klik Insert >>
Module

Option Explicit
' -------------------------- '
' Code by Miss Jan Raisin '
' untuk millis Belajar Excel '
' 13 November 2012 '
' -------------------------- '

' nama prosedur
Sub HLink()

' deklarasikan variabel untuk menyimpan objek data
' FData = data pertama
' rgData = range Data
' cData = cell yang berisi data
' tipe data adalah Range karena yang akan diambil adalah objeknya
(Range-nya)
Dim FData, rgData, cData As Range

' tentukan letak dari data pertama (FData)
' letaknya di sheet dengan nomor index 1 di cell B2
Set FData = Sheet1.Range("b2")

' tentukan letak dari range data (rgData)
' letaknya mulai dari data pertama (FData)
' sampai dengan baris terakhir yang berisi data (FData.End(xlDown)
Set rgData = Range(FData, FData.End(xlDown))

' lakukan Loop untuk setiap cell yang berisi data (cData)
For Each cData In rgData

' lakukan deklarasi untuk menyimpan objek yang akan diuji
HyperLink-nya
' FLink = data pertama yang akan diuji link-nya
' rgLink = range data yang akan diuji link-nya
' cLink = setiap cell yang akan diuji link-nya
Dim FLink, rgLink, cLink As Range

' tentukan posisi data pertama yang akan diuji link-nya
' mulainya dari posisi data pertama
Set FLink = FData

' tentukan posisi range data yang akan diuji link-nya
' posisinya mulai dari data pertama = FLink
' sampai baris terakhir yang berisi data FLink.End(xlDown)
Set rgLink = Range(FLink, FLink.End(xlDown))

' lakukan Loop untuk setiap cell yang akan diuji link-nya
For Each cLink In rgLink

' pengujian dilakukan dengan menggunakan perintah
.Hyperlinks.Count
' jika cell memiliki target tujuan HyperLink maka nilainya
adalah 1
' jika cell tidak memiliki target tujuan HyperLink maka
nilainya adalah 0
If cLink.Hyperlinks.Count = 0 Then

' jika ditemukan cell dengan target tujuan = 0
' maka hapus seluruh baris dalam cell tersebut
cLink.EntireRow.Delete

' ini adalah penutup pemeriksaan cell dengan HyperLink
End If

' lakukan pengujian dengan baris berikutnya
Next cLink

' lakukan pengujian dengan baris berikutnya
Next cData

' ini adalah penutup dari prosedur
End Sub

Best Regard,

Jan Raisin

Pada 13 November 2012 07:31, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> maaf mau tanya: misal saya punya tabel seperti dibawah (terdiri dari 2
> kolom) misal kolom NO dan ALAMAT, untuk kolom alamat terdapat data
> yang mempunyai link dan tidak ada hyperlink
>
> NO ALAMAT
> 1 id.yahoo.com/?p=us
> 2 detik.com
> 3 republika.co.id/
> 4 www.inilah.com/
> 5 gmail.com
> 6 kompas.com
> 7 milis-belajar-excel
>
> yang diinginkan itu adalah menghapus baris yang pada bagian kolom
> ALAMAT tidak ada hyperlink nya, kira-kira VBAnya seperti apa. misal no
> 2 dan nomor 5 tidak ada hyperlinknya maka baris itu akan terhapus
>
> sehingga hasilnya
>
> NO ALAMAT
> 1 id.yahoo.com/?p=us
> 3 republika.co.id/
> 4 www.inilah.com/
> 6 kompas.com
> 7 milis-belajar-excel
>
> saya lampirkan contoh filenya
>
>

Mon Nov 12, 2012 7:45 pm (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

mbak Jan Raisin,

kalo boleh tolong diterangkan kenapa deklarasi variabel ada yang dibuat di
dalam Loop ya? karena umumnya deklarasi kan selalu diletakan di baris
paling atas

terima kasih sebelumnya

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 13 November 2012 10:17, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> ibu Himmah,
>
> coba kode berikut yang ditulis dalam sebuah modul VBA, untuk menampilkan
> modul tersebut dari lembar kerja Excel tekan tombol F11, klik Insert >>
> Module
>
> Option Explicit
> ' -------------------------- '
> ' Code by Miss Jan Raisin '
> ' untuk millis Belajar Excel '
> ' 13 November 2012 '
> ' -------------------------- '
>
> ' nama prosedur
> Sub HLink()
>
> ' deklarasikan variabel untuk menyimpan objek data
> ' FData = data pertama
> ' rgData = range Data
> ' cData = cell yang berisi data
> ' tipe data adalah Range karena yang akan diambil adalah objeknya
> (Range-nya)
> Dim FData, rgData, cData As Range
>
> ' tentukan letak dari data pertama (FData)
> ' letaknya di sheet dengan nomor index 1 di cell B2
> Set FData = Sheet1.Range("b2")
>
> ' tentukan letak dari range data (rgData)
> ' letaknya mulai dari data pertama (FData)
> ' sampai dengan baris terakhir yang berisi data (FData.End(xlDown)
> Set rgData = Range(FData, FData.End(xlDown))
>
> ' lakukan Loop untuk setiap cell yang berisi data (cData)
> For Each cData In rgData
>
> ' lakukan deklarasi untuk menyimpan objek yang akan diuji
> HyperLink-nya
> ' FLink = data pertama yang akan diuji link-nya
> ' rgLink = range data yang akan diuji link-nya
> ' cLink = setiap cell yang akan diuji link-nya
> Dim FLink, rgLink, cLink As Range
>
> ' tentukan posisi data pertama yang akan diuji link-nya
> ' mulainya dari posisi data pertama
> Set FLink = FData
>
> ' tentukan posisi range data yang akan diuji link-nya
> ' posisinya mulai dari data pertama = FLink
> ' sampai baris terakhir yang berisi data FLink.End(xlDown)
> Set rgLink = Range(FLink, FLink.End(xlDown))
>
> ' lakukan Loop untuk setiap cell yang akan diuji link-nya
> For Each cLink In rgLink
>
> ' pengujian dilakukan dengan menggunakan perintah
> .Hyperlinks.Count
> ' jika cell memiliki target tujuan HyperLink maka nilainya
> adalah 1
> ' jika cell tidak memiliki target tujuan HyperLink maka
> nilainya adalah 0
> If cLink.Hyperlinks.Count = 0 Then
>
> ' jika ditemukan cell dengan target tujuan = 0
> ' maka hapus seluruh baris dalam cell tersebut
> cLink.EntireRow.Delete
>
> ' ini adalah penutup pemeriksaan cell dengan HyperLink
> End If
>
> ' lakukan pengujian dengan baris berikutnya
> Next cLink
>
> ' lakukan pengujian dengan baris berikutnya
> Next cData
>
> ' ini adalah penutup dari prosedur
> End Sub
>
>
> Best Regard,
>
> Jan Raisin
>
> Pada 13 November 2012 07:31, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> maaf mau tanya: misal saya punya tabel seperti dibawah (terdiri dari 2
>> kolom) misal kolom NO dan ALAMAT, untuk kolom alamat terdapat data
>> yang mempunyai link dan tidak ada hyperlink
>>
>> NO ALAMAT
>> 1 id.yahoo.com/?p=us
>> 2 detik.com
>> 3 republika.co.id/
>> 4 www.inilah.com/
>> 5 gmail.com
>> 6 kompas.com
>> 7 milis-belajar-excel
>>
>> yang diinginkan itu adalah menghapus baris yang pada bagian kolom
>> ALAMAT tidak ada hyperlink nya, kira-kira VBAnya seperti apa. misal no
>> 2 dan nomor 5 tidak ada hyperlinknya maka baris itu akan terhapus
>>
>> sehingga hasilnya
>>
>> NO ALAMAT
>> 1 id.yahoo.com/?p=us
>> 3 republika.co.id/
>> 4 www.inilah.com/
>> 6 kompas.com
>> 7 milis-belajar-excel
>>
>> saya lampirkan contoh filenya
>>
>
>
>

Mon Nov 12, 2012 8:02 pm (PST) . Posted by:

"him mah"

iya terima kasih bu, sudah bisa

Mon Nov 12, 2012 8:26 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

ibu Himmah,

selamat ya.. senang rasanya solusi dari saya sesuai dengan yang ibu Himmah
inginkan.

Mas Aji,

deklarasi di dalam Loop dimaksudkan untuk mendapatkan kembali nilai baris
dari setiap data setelah dilakukan penghapusan terhadap suatu baris
tertentu di dalam data tersebut.

Jika deklarasi dilakukan di luar Loop, misal dilakukan penghapusan terhadap
baris nomor 3 yang perintahnya terdapat dalam blok For Each - Next, maka
setelah baris 3 terhapus maka baris 4 akan berubah menjadi baris 3 *(4 >>
3; 5 >> 4; 6 >> 5 dst)* sedangkan Excel akan menyimpan data bahwa
sebelumnya operasi dilakukan pada baris 3.

Maka pada saat macro kembali dijalankan untuk baris berikutnya (baris 4)
maka sebetulnya yang sekarang dilakukan adalah operasi untuk baris 5 yang
sudah menjadi baris 4, dan baris 4 yang sudah berubah menjadi baris 3 tidak
akan dicek kembali.

Untuk menghindari hak tersebut maka perlu dilakukan deklarasi kembali di
dalam loop For Each - Next, dengan tujuan untuk mendapatkan kembali range
data dan nomor baris dari setiap data tersebut.

kira-kira begitu mas Aji, semoga penjelasan saya mudah untuk dimengerti

Best Regard,

Jan Raisin

Pada 13 November 2012 10:45, aji mumpung <pupung1986@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> mbak Jan Raisin,
>
> kalo boleh tolong diterangkan kenapa deklarasi variabel ada yang dibuat di
> dalam Loop ya? karena umumnya deklarasi kan selalu diletakan di baris
> paling atas
>
> terima kasih sebelumnya
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 13 November 2012 10:17, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>menulis:
>
> **
>>
>>

Mon Nov 12, 2012 6:33 pm (PST) . Posted by:

"Dicky Zulkifli" dicky.zulkifli

Dear all Master,

Terimakasih untuk solusi yang diberikan, semoga amalnya dilipatgandakan
balasannya, kami akan coba aplikasikan .

Regards,

Dicky

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: Monday, November 12, 2012 5:46 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [Bulk] Re: [belajar-excel] Formula pembayaran sewa pe 3 bln

pak Dicky

coba tulis formula ini di cell I4

=IF((MOD(MONTH(I$3)-MONTH($C4),3)=0)*(DATE(YEAR(I$3),MONTH(I$3)+1,DAY(1)-1)>
=$D4),$F4*$G4*3*(1+$H4),IF((MOD(MONTH(I$3)-MONTH($C4),3)=0)*(DATE(YEAR(I$3),
MONTH(I$3)+1,DAY(1)-1)>=$C4),$F4*$G4*3,0))

lalu copy ke kanan & ke bawah

hasil akhir bisa dilihat dalam lampiran

Best Regard,

Jan Raisin

Pada 12 November 2012 16:21, Dicky <dicky.zulkifli@yahoo.co.id> menulis:

Dear Master Excel,

Mohon bantuan, kira2 pakai formula apa file terlampir.
Yang saya inginkan adalah :
1. Pembayaran sewa akan tampil per 3 bln sekali, sesuai kolom yg ada.
2. Setiap akhir masa sewa, akan diperpanjang secara otomatis, akan tetapi
sewanya naik sesuai persentase yg ada dan tampilnya jg per 3 bln.
3. Setiap tenant berbeda masa sewanya, sehingga kenaikan terjadi ada yg per
2 thn, per 3 thn bisa jg per 5 tahun, tergantung dr masa sewa yg pertamanya.

Atas perhatian dan solusi yg diberikan, saya ucapkan banyak terimakasih

Regards

Dicky Zulkifli

Mon Nov 12, 2012 8:49 pm (PST) . Posted by:

"HaDi" face_call15

dear para master

saya sedang mengerjakan pengisian formulir data penduduk di excel, pada saat sy mencoba membuat formuser untuk input,edit,cari,simpan dan hapus ada beberapa kendala,
yang ingin sy tannyakan :

1. bagaimana code vba untuk fromuser yang terdapat combobox, apabila combobox dipilih otomatis textbox yg ada pada form terisi berdasarkan data pada tabel sheet.

2. setelah memilih combobox dan textbox pada form terisi, apakah data tersebut dapat kita edit dan kita simpan pada tabel di sheet 1 dan tabel pada sheet 2

atas bantuan para master sebelumnya sy ucapkan terima kasih.

Mon Nov 12, 2012 8:54 pm (PST) . Posted by:

"HaDi SyaH" face_call15

maaf double post kelupaan masukkan attachmentsnya
dear para master

saya sedang mengerjakan pengisian formulir data penduduk di excel, pada
saat sy mencoba membuat formuser untuk input,edit,cari,simpan dan hapus
ada beberapa kendala,
yang ingin sy tannyakan :

1. bagaimana code vba untuk fromuser yang terdapat combobox, apabila
combobox dipilih otomatis textbox yg ada pada form terisi berdasarkan
data pada tabel sheet.

2. setelah memilih combobox dan textbox pada form terisi, apakah data
tersebut dapat kita edit dan kita simpan pada tabel di sheet 1 dan tabel
pada sheet 2

atas bantuan para master sebelumnya sy ucapkan terima kasih.

Tue Nov 13, 2012 12:12 am (PST) . Posted by:

"Aden S" adendum_81

Dear all,

Mohon bantuannya, Bagaimana menghapus baris yang berisi angka 0 dengan cara cepat bisa pakai macro atau cara lainnya, karena data di baris yang akan di hapus terdiri dari 20000 baris, sehingga cukup makan waktu jika dilakukan secara manual (tidak bisa menggunakan sort atau filter karena data untuk penjelasan sudah termerged), berikut contoh soal sesuai dengan lampiran

Terima kasih

Aden

--- Mods ---
File attachment dihilangkan karena melebihi batas peraturan milis (max 250KB).
Semoga penanya bersedia memposting ulang file attachment yang ukuran fila telah sesuai peraturan milis.
------------

Tue Nov 13, 2012 12:51 am (PST) . Posted by:

"Aden S" adendum_81

Dear all,

Mohon bantuannya, Bagaimana menghapus baris yang berisi angka 0 dengan
cara cepat bisa pakai macro atau cara lainnya, karena data di baris yang
akan di hapus terdiri dari 20000 baris, sehingga cukup makan waktu jika
dilakukan secara manual (tidak bisa menggunakan sort atau filter karena
data untuk penjelasan sudah termerged), berikut contoh soal sesuai
dengan lampiran (contoh sudah di batasi karena ukuran file 250kb)

Terima kasih

Aden
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar