Senin, 12 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1899

15 New Messages

Digest #1899
2
Pembagian ke masing masing sheet by "dhen.baguse" bagusejogja
3a
Re: macro_menambah di tengah jalan by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4a
Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu by "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
4b
Re: Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
5a
Formula pembayaran sewa pe 3 bln by "Dicky" dicky.zulkifli
6a

Messages

Sun Nov 11, 2012 10:39 am (PST) . Posted by:

"Ronny Wardhana" paklik_sioom


Dear Master-master Makro Excel, saya minta bantuan para master, maklum masih belajaran jadi bingung gimana cara untuk bikin code supaya dari satu user form bisa digunakan untuk beberapa sheet. selama ini yang saya buat untuk satu sheet menggunakan 1 user form, sehingga kalau sheet yang akan saya isikan ada 31 sheet saya harus membuat 31 User Form yang sama juga yang otomatis akan menambah besar ukuran file excelnya.  Untuk contoh file terlampir. sebelumnya saya sampaikan terima kasih.

Sun Nov 11, 2012 6:06 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

selamat pagi paklik.. apa harus saya panggil si om ya xixixi...

kelihatannya hasil input di user form akan digunakan sebagai database..
kalau benar maka sebaiknya database digabung dalam 1 sheet dengan tambahan
1 kolom yaitu kolom tanggal.. nanti kalau paklik ingin membuat report,
misal perkembangan kemampuan siswa dari hari ke hari lengkap dengan chart
maka perlu repot-repot lagi harus melakukan proses penggabungan semua sheet
terlebih dahulu.

salam,

Miss Jan Raisin

Pada 12 November 2012 00:09, Ronny Wardhana <paklik_sioom@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
>
> Dear Master-master Makro Excel, saya minta bantuan para master, maklum
> masih belajaran jadi bingung gimana cara untuk bikin code supaya dari satu
> user form bisa digunakan untuk beberapa sheet. selama ini yang saya buat
> untuk satu sheet menggunakan 1 user form, sehingga kalau sheet yang akan
> saya isikan ada 31 sheet saya harus membuat 31 User Form yang sama juga
> yang otomatis akan menambah besar ukuran file excelnya. Untuk contoh file
> terlampir. sebelumnya saya sampaikan terima kasih.
> *
> *
>
>
>
>
>
>

Sun Nov 11, 2012 10:09 pm (PST) . Posted by:

"Ronny Wardhana" paklik_sioom

Selamat pagi juga Miss Jan.raisin (bukan jan isinan pokoke yah...xixixixi...)

Tengkyu atas tanggapanya Miss Jan, untuk hasil input dari user form nantinya tidak masuk ke database. karena hasil inputan ini akan dijadikan report untuk setiap harinya dan nantinya ada satu sheet lagi sebagai summarynya untuk 1 bulan. jadi gimana ini ya, jadi pada intinya yang digabungkan tetap user formnya bukan sheetnya.....

 

 

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, November 12, 2012 9:57 AM
Subject: Re: [belajar-excel] 1 User Form digunakan untuk beberapa sheet yang sama di daily report


 
selamat pagi paklik.. apa harus saya panggil si om ya xixixi...

kelihatannya hasil input di user form akan digunakan sebagai database.. kalau benar maka sebaiknya database digabung dalam 1 sheet dengan tambahan 1 kolom yaitu kolom tanggal.. nanti kalau paklik ingin membuat report, misal perkembangan kemampuan siswa dari hari ke hari lengkap dengan chart maka perlu repot-repot lagi harus melakukan proses penggabungan semua sheet terlebih dahulu.

salam,

Miss Jan Raisin

Pada 12 November 2012 00:09, Ronny Wardhana <paklik_sioom@yahoo.com> menulis:


>
>Dear Master-master Makro Excel, saya minta bantuan para master, maklum masih belajaran jadi bingung gimana cara untuk bikin code supaya dari satu user form bisa digunakan untuk beberapa sheet. selama ini yang saya buat untuk satu sheet menggunakan 1 user form, sehingga kalau sheet yang akan saya isikan ada 31 sheet saya harus membuat 31 User Form yang sama juga yang otomatis akan menambah besar ukuran file excelnya.  Untuk contoh file terlampir. sebelumnya saya sampaikan terima kasih.
>
>
>

>
>

>

Sun Nov 11, 2012 2:43 pm (PST) . Posted by:

"dhen.baguse" bagusejogja

salam para master,

saya mencoba tanya mengenai masalah yang tidak jauh dari sebelumnya. File saya lampirkan garis besarnya bagaimana cara membuat makro atau
vba jika tombol "Distribusi ke 
sheet masing-masing"  diklik,
kolom J - R (warna merah) pindah sesmua sheet yang tersedia (seperti sheet yang
sudah ada). jika di kolom J - R tertulis "D/K" nanti mengisikan dikolom debit dan kredit ke sheet yang tertera diatas(warna merah),
jika "D" menggisikan di kolom Debit 
atau "K" menggisikan di kolom Kredit ke sheet yang tertera di atas dan jika terisi "0" tidak dipindahkan ke
sheet.

Mohon bantuannya dan pencerahan para master excel.  

Sun Nov 11, 2012 10:08 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Ada sedikit masalah teknis.

Pada Awalnya Function terbilang berada pada baris paling bawah, jadi "Form1" tidak mengikut sertakan baris tersebut.
Setelah ditambah baris, tentunya semua baris harus diikut sertakan.

Ketika "Form1" dihapus (ClearContents) maka function tsb ikut terhapus sehingga funtion tsb harus ditulis lagi sebelum "Form1" diinput ke database, baik pada waktu input maupun edit

Range pendeteksi baris kosong memang harus diedit (bukan nekat).

Berikut saya lampirkan file yang macronya sudah dikoreksi.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Triyoso Rustamaji <trustamaji@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 11 November 2012, 22:17
Subject: [belajar-excel] macro_menambah di tengah jalan


 
Assalamualaikum.

yth. 
Pak Hendrik, 
mr. Kid
Aji Mumpung
Almarhum 'mbak Siti' (semoga Alloh selalu memberikan ampunan_Nya)

terimakasih 
sudah saya utak atik arahan (pak Hendrik) tentang data_dinamis nya, dan sudah bisa siap diterapkan.
baik untuk susunan surat yang mau diprint maupun penggunaan formula concatenate (dari mR. KiD dan AJi Mumpung) untuk penggabungan teks dan date.
cuma karena saya tidak/belum paham vlookup dan index match, untuk sheet_surat nya dengan rumus sederhana.(=cell).

yang menjadi masalah lagi.... ( ujung2nya ya....)
- jika menambahkan data inputan (di tengah jalan) prosedur apa yang harus dijalankan???
- saya mencoba di sheet_input diberikan insert baris dan di sheet_data diberikan judul yang sesuai....ternyata tidak bisa
- saya coba buka macro, dan memahami macros nya kok ya nggak nyambung2 di kepala.
- nekat saya rubah angka 20 dan 17 menjadi 22 dan 19, juga tidak ada reaksi yang timbul...

pertanyaaannya,
bagaimana menambah keinginan di tengah jalan itu?? 

demikian file ilustrasi saya sertakan.

Wassalamualaikum.
Triyoso

Sun Nov 11, 2012 10:10 pm (PST) . Posted by:

"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey

Hi all,

Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4 angka depan.
Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya

Sun Nov 11, 2012 10:54 pm (PST) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Coba file terlampir.

Masih menggunakan cell bantuan.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of the_x_mikey@yahoo.com
Sent: Monday, November 12, 2012 11:21 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu

Hi all,

Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4
angka depan.
Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya

Sun Nov 11, 2012 11:19 pm (PST) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

formula  pertama ditulis di D2 sheet mentari (formula array)

{=IFERROR(INDEX('no tlp'!$A$2:$A$18;SMALL(IF(LEFT('no tlp'!$A$2:$A$18;4)=$A$1;MATCH('no tlp'!$A$2:$A$18;'no tlp'!$A$2:$A$18;0));ROW(1:1)));"")}

copy ke bawah

selanjutnya formula bisa dicopy ke sheet lainnya karena referensi cellnya sama

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: "the_x_mikey@yahoo.com" <the_x_mikey@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 12 November 2012 11:21
Judul: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu


 
Hi all,

Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4 angka depan.
Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya

Mon Nov 12, 2012 4:09 am (PST) . Posted by:

"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey

Hi pak zainul dan pak Ghozi,

Rumus yang kalian berikan berjalan baik dalam kasus yang saya sebutkan.
Tapi saya lupa kalau tiap provider mempunyai bukan hanya 1 tipe 4 angka didepan (berarti acuan di A1 tidak bisa dipakai). Saya sudah mencoba fungsi or("0812","0811","0813","0852","0853","0821","0822","0831") tapi tidak bisa. Apa harus bikin index bantuan?
-----Original Message-----
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 12 Nov 2012 15:19:08
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu

formula  pertama ditulis di D2 sheet mentari (formula array)

{=IFERROR(INDEX('no tlp'!$A$2:$A$18;SMALL(IF(LEFT('no tlp'!$A$2:$A$18;4)=$A$1;MATCH('no tlp'!$A$2:$A$18;'no tlp'!$A$2:$A$18;0));ROW(1:1)));"")}

copy ke bawah

selanjutnya formula bisa dicopy ke sheet lainnya karena referensi cellnya sama

wassalam

Ghozi Alkatiri




________________________________
Dari: "the_x_mikey@yahoo.com" <the_x_mikey@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 12 November 2012 11:21
Judul: [belajar-excel] Index berurutan berdasarkan kriteria tertentu


 
Hi all,

Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4 angka depan.
Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya



Mon Nov 12, 2012 4:10 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hi Mikey,

coba array formula berikut ini, contoh solusi untuk nomer Mentari

=INDEX('no tlp'!A2:A18,SMALL(IF(LEFT('no tlp'!A2:A18,4)=Mentari!A1,ROW(1:17)
),ROW(1:17)))

logikanya sebagai berikut:
yang dimerahin adalah untuk melakukan pengujian apakah 4 digit di sebelah
kiri sama dengan kriteria yang ditentukan,
jika kriteria terpenuhi maka ambil nomor barisnya, sesuai yang dikasih warna
biru, angka 17 dalam Row (1:17) menunjukkan bahwa tinggi baris dari data
adalah 17 baris dihitung dari baris pertama adalah 1.
Setelah itu dilakukan pengurutan data secara Ascending dengan menggunakan
fungsi Small sehingga yang muncul di atas adalah nomor baris yang sesuai
dengan kriteria.
Kalo sudah dapat nomor barisnya, lalu ambil data yang diinginkan
menggunakan fungsi Index, kalo yang ini kelihatannya om Mikey sudah paham
cara penggunaannya.

by the way, any way, bus way.. setau Jan nomer operator bisa macam-macam,
misalnya merk raja Siang (bukan raja singa lho xixixi :D) ada yang 0815
dan 0816, ada lagi yang merk-nya besar besar kalo gak salah mulai dari
0817, 0818, 0819.

mungkin untuk kedepannya bisa dibuat tabel bantu yang berisi kode-kode
operator di Indonesia dan pengambilan datanya menggunakan VLookUp.

Best Regard,

Jan Raisin

Pada 12 November 2012 11:21, <the_x_mikey@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Hi all,
>
> Saya mau memisahkan list no telepon ke sheet terpisah dengan kriteria 4
> angka depan.
> Udah coba index match dan countif tp belum bisa. Tolong dibantu ya
>
>
>

Mon Nov 12, 2012 1:21 am (PST) . Posted by:

"Dicky" dicky.zulkifli

Dear Master Excel,

Mohon bantuan, kira2 pakai formula apa file terlampir.
Yang saya inginkan adalah :
1. Pembayaran sewa akan tampil per 3 bln sekali, sesuai kolom yg ada.
2. Setiap akhir masa sewa, akan diperpanjang secara otomatis, akan tetapi sewanya naik sesuai persentase yg ada dan tampilnya jg per 3 bln.
3. Setiap tenant berbeda masa sewanya, sehingga kenaikan terjadi ada yg per 2 thn, per 3 thn bisa jg per 5 tahun, tergantung dr masa sewa yg pertamanya.

Atas perhatian dan solusi yg diberikan, saya ucapkan banyak terimakasih

Regards

Dicky Zulkifli

Mon Nov 12, 2012 4:09 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

pak Dicky

coba tulis formula ini di cell I4

=
IF((MOD(MONTH(I$3)-MONTH($C4),3)=0)*(DATE(YEAR(I$3),MONTH(I$3)+1,DAY(1)-1)>=$D4)
,$F4*$G4*3*(1+$H4),IF((MOD(MONTH(I$3)-MONTH($C4),3)=0)*(DATE(YEAR(I$3),MONTH(I$3)+1,DAY(1)-1)>=$C4),$F4*$G4*3,0))

lalu copy ke kanan & ke bawah

hasil akhir bisa dilihat dalam lampiran

Best Regard,

Jan Raisin

Pada 12 November 2012 16:21, Dicky <dicky.zulkifli@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Mohon bantuan, kira2 pakai formula apa file terlampir.
> Yang saya inginkan adalah :
> 1. Pembayaran sewa akan tampil per 3 bln sekali, sesuai kolom yg ada.
> 2. Setiap akhir masa sewa, akan diperpanjang secara otomatis, akan tetapi
> sewanya naik sesuai persentase yg ada dan tampilnya jg per 3 bln.
> 3. Setiap tenant berbeda masa sewanya, sehingga kenaikan terjadi ada yg
> per 2 thn, per 3 thn bisa jg per 5 tahun, tergantung dr masa sewa yg
> pertamanya.
>
> Atas perhatian dan solusi yg diberikan, saya ucapkan banyak terimakasih
>
> Regards
>
> Dicky Zulkifli
>
>

Mon Nov 12, 2012 4:03 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Dicky;

File terlampir semoga sesuai keinginan

Bagus

----- Original Message -----
From: Dicky Zulkifli
To: belajar-excel
Sent: Thursday, November 08, 2012 1:25 PM
Subject: [belajar-excel] Formula untuk figur penerimaan

Dear Master,

Mohon bantuannya dengan menggunakan formula apa untuk mengisi cell-cell yng berwarna kuning sehingga didapatkan hasil yang sesuai ketentuannya.

Yaitu dapat mengakomodir penerimaan per tigabulanan serta persentase kenaikan biaya sewa pertahunnya sewa.

Untuk jelasnya file terlampir.

Terimakasih sebelumnya atas solusi yang diberikan, dan mohon maaf kalau ada kekurangan dalam hal penyampaiannya.

Regards,

Dicky

Mon Nov 12, 2012 4:09 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Pak Lukman,

sekedar berbagi pengetahuan yang saya dapat saat saya pertama masuk ke
sebuah perusahaan komputer yang perwakilannya hampir bisa ditemukan di mana
saja kita menunjuk suatu tempat di bola dunia.

Jumlah core processor komputer dapat diibaratkan dengan jumlah truk yang
digunakan untuk mengangkut barang dari 1 tempat ke tempat lain, semakin
banyak truk yang kita miliki dan semakin besar ukuran muatan truk tentu
saja proses memindahkan barang dari 1 tempat ke tempat lain akan semakin
cepat.

Bagaimana jika jumlah core dan kecepatann processor yang kita bandingkan
berbeda, bukan perbandingan apel to apel?
Secara logika perhitungannya juga akan sama dengan waktu yang kita butuhkan
untuk memindahkan barang berdasarkan kapasitas truk dan jumlah truk yang
kita miliki, jadi tinggal kita kalikan saja jumlah core dengan
kecepatannya, semakin besar nilainya maka akan semakin cepat waktu
prosesnya.

Tapi, selain jumlah core dan kecepatan processor, kecepatan kerja komputer
juga dipengaruhi oleh FSB, apa sih FSB itu? FSB bisa diibaratkan sebagai
sebuah jalan, jika jalan tersebut sangat lebar tentu saja akan dapat
dilewati kendaraan secara bersamaan dalam jumlah yang banyak, dibandingkan
dengan jalan yang sempit yang mengharuskan kendaraan berjalan dengan cara
antri, atau bahkan mungkin saja terjadi fenomena bottleneck saat kapasitas
kendaraan melebihi lebar jalan yang ada.

Ada sebuah istilah yang disebut OverClocking, yaitu suatu upaya
meningkatkan kecepatan kerja komputer dengan cara meningkatkan nilai FSB,
biasanya kecepatan processor bisa naik sampai kisaran 20% s/d 30% dari
kecepatan normal, tentu saja ada efek samping dari overclocking ini,
misalnya panas yang berlebih atau terjadinya kekurangan daya, akan menarik
jika pak Lukman melihat kompetisi overclocking, dimana saya menyaksikan
bahwa kecepatan kerja komputer naik secara signifikan tetapi akhirnya
terbakar karena over heating (saya sangat menyukai saat melihat komputer
peserta yang terbakar karena over heating xixixixi :D)

processor mana yang lebih baik antara Intel atau AMD? untuk ini saya tidak
dapat menjawab karena pada saat salah satu pemegang merk tersebut
mengusulkan diadakan kompetisi di Sgp, usulan tersebut tidak ditanggapi
oleh pemegang merk yang lain, alhasil uji coba yang pernah saya lihat hanya
dilakukan oleh 1 pemegang merk saja maka saya rasa hasilnya akan tidak
objektif jika saya ceritakan di sini.

Lalu bagaimana dengan memory? memory atau RAM biasa digunakan untuk
menyimpan data sementara dari program yang aktif, semakin besar kapasitas
RAM yang kita miliki maka akan semakin besar data yang bisa disimpan dalam
RAM tersebut. Secara umum komputer akan mengambil data yang sudah disimpan
dalam RAM dibanding mengambil langsung dari HDD agar proses dapat berjalan
lebih cepat.

Kalau jumlah baris & kolom dalam Excel sudah dibatasi sampai dengan jumlah
tertentu, hanya saja dalam excel versi 2007 ke atas, jumlah sheet &
conditional formating dibatasi dengan kapasitas memory komputer.

cmiiw

Jan Raisin

Pada 11 November 2012 11:50, lkm jktind <lkmjktind@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Bila hendak merakit komputer desktop.
>
> Kebanyakan hanya untuk excel. (nga pakai untuk game , multi media , atau
> photoshop)
>
> OS : win 7 : 64 bit
>
> 1. Prosesor : core to duo : 3,4 GB core 4 : 3 GB core 8 :
> 2,6 GB.
> mana yg lebih cocok buat excel. (lebih cepat). GB nya atau
> banyak nya core apakah bisa membuat excel lebih cepat.
>
> 2. memory .(ddr3) : 4 gb, 8 gb , 16 gb, 32 gb.
> berapa jumlah memory ideal nya yg di butuhkan buat excel.
>
> 3. Bila didalam excel : banyak formula nya . Jumlah row nya lumanyan saja
> : lebih butuh proseor atau memory ?
>
> 4. bila file excel nya row nya sangat banyak . lebih membutuhkan
> prosesor atau memory ?
>
>
> Salam
>
>
> Lukman.
>
>
> nb : file excel 40 MB ~ 89 Mb
>
>
>

Mon Nov 12, 2012 4:09 am (PST) . Posted by:

"Darmoka Purba" darmokapurba

Kepada Para Guru/master excel

Mohon bantuannya atas kebingungan
saya

di sheet 1 adalah nilai yang didapat dari sheet lain (referensi), sheet referensi ditentukan berdasarkan kriteria tertentu.
bagaimana cara agar ketika kriteria diubah, otomatis nilai di sheet 1 juga berubah sesuai kriteria????

Atas bantuannya, sbelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Regards,
Moka
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar