Sabtu, 17 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1910

15 New Messages

Digest #1910
1b
Re: mengunci kursor bila data OK dan NG by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1d
Re: mengunci kursor bila data OK dan NG by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Menghapus sel dengan kriteria isi sel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5
Absensi dengan Barcode by "dadang" cep_dadangs

Messages

Fri Nov 16, 2012 10:29 am (PST) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

Mr. Kid

Benar bila OK bisa melanjutkan input, kalau NG apakah bisa menampilkan error messagenya?

Terima kasih

amin

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 16 November 2012 23:16
Judul: Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG


 
Pak Amin,

Apakah itu artinya input harus sampai OK baru boleh lanjut input ?
Jika ya, lebih baik sediakan baris input diluar tabel.
Dengan begitu, tabel ndak perlu diurus lagi. Yang masuk hanya yang boleh masuk alias yang di baris inputnya sudah OK saja.
Sediakan tombol untuk simpan didekat baris input itu. Jadi kalau dipencet maka akan disimpan. Kalau gak dipencet ya gak disimpan.

Wassalam,
Kid.

2012/11/16 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>


>Be-exceller
>
>
>minta support dari master2 exceller,  untuk mengunci kursor bila ada pesan OK atau NG
>Bila result  menghasilkan NG, maka  kursor tidak bisa kebawah
>Bila result menghasilkan OK, maka kursor tidak bisa digerakkan
>keatas, atau tidak bisa didelete
>
>
>Terima kasih
>
>
>amin

Fri Nov 16, 2012 3:16 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.
Lakukan entry data pada baris 2.

Wassalam,
Kid.

2012/11/17 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Mr. Kid
>
> Benar bila OK bisa melanjutkan input, kalau NG apakah bisa menampilkan
> error messagenya?
>
> Terima kasih
>
> amin
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 16 November 2012 23:16
> *Judul:* Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG
>
>
> Pak Amin,
>
> Apakah itu artinya input harus sampai OK baru boleh lanjut input ?
> Jika ya, lebih baik sediakan baris input diluar tabel.
> Dengan begitu, tabel ndak perlu diurus lagi. Yang masuk hanya yang boleh
> masuk alias yang di baris inputnya sudah OK saja.
> Sediakan tombol untuk simpan didekat baris input itu. Jadi kalau dipencet
> maka akan disimpan. Kalau gak dipencet ya gak disimpan.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/16 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Be-exceller
>
> minta support dari master2 exceller, untuk mengunci kursor bila ada pesan
> OK atau NG
> Bila result menghasilkan NG, maka kursor tidak bisa kebawah
> Bila result menghasilkan OK, maka kursor tidak bisa digerakkan
> keatas, atau tidak bisa didelete
>
> Terima kasih
>
> amin
>
>
>
>
>
>

Fri Nov 16, 2012 3:35 pm (PST) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

alhamdullilah,

setelah di coba entry data, ternyata sesuai dengan harapan,

terimakasih banyak Mr. Kid

wassalam

amin

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 17 November 2012 6:16
Judul: Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG


 
Coba file terlampir.
Lakukan entry data pada baris 2.

Wassalam,
Kid.

2012/11/17 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>


>Mr. Kid
>
>
>Benar bila OK bisa melanjutkan input, kalau NG apakah bisa menampilkan error messagenya?
>
>
>Terima kasih
>
>
>amin
>
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Jumat, 16 November 2012 23:16
>Judul: Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG
>
>
>

>Pak Amin,
>
>Apakah itu artinya input harus sampai OK baru boleh lanjut input ?
>Jika ya, lebih baik sediakan baris input diluar tabel.
>Dengan begitu, tabel ndak perlu diurus lagi. Yang masuk hanya yang boleh masuk alias yang di baris inputnya sudah OK saja.
>Sediakan tombol untuk simpan didekat baris input itu. Jadi kalau dipencet maka akan disimpan. Kalau gak dipencet ya gak disimpan.
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/11/16 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Be-exceller
>>
>>
>>minta support dari master2 exceller,  untuk mengunci kursor bila ada pesan OK atau NG
>>Bila result  menghasilkan NG, maka  kursor tidak bisa kebawah
>>Bila result menghasilkan OK, maka kursor tidak bisa digerakkan
>>keatas, atau tidak bisa didelete
>>
>>
>>Terima kasih
>>
>>
>>amin
>
>
>

Fri Nov 16, 2012 3:38 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Alhamdulillah tidak ada error.

Tapi, kok sudah sesuai harapan ya...
Saat Feeder dan Part No sudah bisa menghasilkan status OK :
- Bagaimana jika kolom Lot No dan Part Name belum terisi tapi user sudah
memencet tombol Simpan ?

Wassalam,
Kid.

2012/11/17 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>

> **
>
>
> alhamdullilah,
>
> setelah di coba entry data, ternyata sesuai dengan harapan,
>
> terimakasih banyak Mr. Kid
>
> wassalam
>
> amin
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 17 November 2012 6:16
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG
>
>
> Coba file terlampir.
> Lakukan entry data pada baris 2.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/17 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Mr. Kid
>
> Benar bila OK bisa melanjutkan input, kalau NG apakah bisa menampilkan
> error messagenya?
>
> Terima kasih
>
> amin
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 16 November 2012 23:16
> *Judul:* Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG
>
>
> Pak Amin,
>
> Apakah itu artinya input harus sampai OK baru boleh lanjut input ?
> Jika ya, lebih baik sediakan baris input diluar tabel.
> Dengan begitu, tabel ndak perlu diurus lagi. Yang masuk hanya yang boleh
> masuk alias yang di baris inputnya sudah OK saja.
> Sediakan tombol untuk simpan didekat baris input itu. Jadi kalau dipencet
> maka akan disimpan. Kalau gak dipencet ya gak disimpan.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/16 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Be-exceller
>
> minta support dari master2 exceller, untuk mengunci kursor bila ada pesan
> OK atau NG
> Bila result menghasilkan NG, maka kursor tidak bisa kebawah
> Bila result menghasilkan OK, maka kursor tidak bisa digerakkan
> keatas, atau tidak bisa didelete
>
> Terima kasih
>
> amin
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Fri Nov 16, 2012 4:27 pm (PST) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

he.. he.. iya ya mr. kid

saya jadi kepikir lagi nih, bagaimana jika tombol simpan diganti dengan tombol verifikasi untuk mengaktifkan kolom operator name dan verifed by, jadi kalau kolom ini terisi akan otomatis tersimpan?

jadi user tidak perlu untuk interaksi dengan keyboard hanya dengan alat barcode scanner, begitu mr. kid ide ceritanya

wassalam

amin

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 17 November 2012 6:38
Judul: Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG


 
Alhamdulillah tidak ada error.

Tapi, kok sudah sesuai harapan ya...
Saat Feeder dan Part No sudah bisa menghasilkan status OK :
- Bagaimana jika kolom Lot No dan Part Name belum terisi tapi user sudah memencet tombol Simpan ?

Wassalam,
Kid.

2012/11/17 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>


>alhamdullilah,
>
>
>setelah di coba entry data, ternyata sesuai dengan harapan,
>
>
>terimakasih banyak Mr. Kid
>
>
>wassalam
>
>
>amin
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Sabtu, 17 November 2012 6:16
>
>Judul: Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG
>
>
>

>Coba file terlampir.
>Lakukan entry data pada baris 2.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/11/17 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Mr. Kid
>>
>>
>>Benar bila OK bisa melanjutkan input, kalau NG apakah bisa menampilkan error messagenya?
>>
>>
>>Terima kasih
>>
>>
>>amin
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Jumat, 16 November 2012 23:16
>>Judul: Re: [belajar-excel] mengunci kursor bila data OK dan NG
>>
>>
>>
>> 
>>Pak Amin,
>>
>>Apakah itu artinya input harus sampai OK baru boleh lanjut input ?
>>Jika ya, lebih baik sediakan baris input diluar tabel.
>>Dengan begitu, tabel ndak perlu diurus lagi. Yang masuk hanya yang boleh masuk alias yang di baris inputnya sudah OK saja.
>>Sediakan tombol untuk simpan didekat baris input itu. Jadi kalau dipencet maka akan disimpan. Kalau gak dipencet ya gak disimpan.
>>
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>2012/11/16 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>>
>>
>>> 
>>>Be-exceller
>>>
>>>
>>>minta support dari master2 exceller,  untuk mengunci kursor bila ada pesan OK atau NG
>>>Bila result  menghasilkan NG, maka  kursor tidak bisa kebawah
>>>Bila result menghasilkan OK, maka kursor tidak bisa digerakkan
>>>keatas, atau tidak bisa didelete
>>>
>>>
>>>Terima kasih
>>>
>>>
>>>amin
>>
>>
>>
>
>
>

Fri Nov 16, 2012 3:34 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Jika dengan VBA untuk kegiatan setiap kali entry data di kolom C ada is
di VBE, object sheet yang bersangkutan, pilih combobox kiri item Worksheet,
pilih combobox kanan item Change
(ini namanya membuat blok prosedur event change milik worksheet.)
Lalu isi blok tersebut (blok dibuka dengan deklarasi public atau private
sub atau function blabla dan ditutuo dengan end sub atau end function)
dengan script :
with target
if .count=1 then 'yang berubah isi hanya 1 cell
if .row>1 then 'asumsi header 1 baris di baris 1 excel, yang
berubah adalah dibawah header
if .column=3 then 'yang berubah adalah kolom ke-3 excel =
kolom C
if ucase$(.value)="APEL" then
.offset(0,-2).clearcontents 'dari kolom C,
lompat (offset) 0 baris dan 2 kolom ke kiri (negatif), hapus isinya
(clearcontents)
endif
endif
endif
endif
end with

jika untuk banyak cell sekaligus :
1. turnoff fitur autofilter
2. blok kolom C (klik nama kolom Excel yang bunyinya C)
3. aktifkan autofilter
4. lakukan filter untuk item-item yang jadi kriteria, misal 'Apel' saja
yang dicentang, caranya :
>> hilangkan centang dari item berbunyi (select all)
>> centang item-item yang jadi kriteria, misal centang item berbunyi
'Apel'
5. blok data di kolom A (mulai record pertama dan tidak boleh disertai
header sampai record terakhir yang tampak)
6. tekan CTRL G (fitur GOTO) -> tekan tombol Special (fitur GOTO Special)
-> pilih visivle cells only -> tekan OK
7. klik kanan yang masih terblok setelah proses 6 -> pilih Clear Contents
8. turnoff autofilter.

Wassalam,
Kid.

2012/11/17 HaDi <face_call15@yahoo.com>

> **
>
>
> Assmkm para master
>
> ada yang ingin sy tanyakan bagai mana caranya menghapus isi sel dengan
> kriteria isi sel lainnya
>
> misalnya saya memiliki kolom A terdapat nama hewan dan di kolom c terdapat
> nama buah, saya ingin menghapus kolom sel pada kolom A dengan kriteria Apel
> pada kolom C, terima kasih sebelumnya
>
> _
>

Sat Nov 17, 2012 6:57 am (PST) . Posted by:

"HaDi" face_call15

terimakasih Mr.Kid saya coba dulu ke TKP :)

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Jika dengan VBA untuk kegiatan setiap kali entry data di kolom C ada is
> di VBE, object sheet yang bersangkutan, pilih combobox kiri item Worksheet,
> pilih combobox kanan item Change
> (ini namanya membuat blok prosedur event change milik worksheet.)
> Lalu isi blok tersebut (blok dibuka dengan deklarasi public atau private
> sub atau function blabla dan ditutuo dengan end sub atau end function)
> dengan script :
> with target
> if .count=1 then 'yang berubah isi hanya 1 cell
> if .row>1 then 'asumsi header 1 baris di baris 1 excel, yang
> berubah adalah dibawah header
> if .column=3 then 'yang berubah adalah kolom ke-3 excel =
> kolom C
> if ucase$(.value)="APEL" then
> .offset(0,-2).clearcontents 'dari kolom C,
> lompat (offset) 0 baris dan 2 kolom ke kiri (negatif), hapus isinya
> (clearcontents)
> endif
> endif
> endif
> endif
> end with
>
> jika untuk banyak cell sekaligus :
> 1. turnoff fitur autofilter
> 2. blok kolom C (klik nama kolom Excel yang bunyinya C)
> 3. aktifkan autofilter
> 4. lakukan filter untuk item-item yang jadi kriteria, misal 'Apel' saja
> yang dicentang, caranya :
> >> hilangkan centang dari item berbunyi (select all)
> >> centang item-item yang jadi kriteria, misal centang item berbunyi
> 'Apel'
> 5. blok data di kolom A (mulai record pertama dan tidak boleh disertai
> header sampai record terakhir yang tampak)
> 6. tekan CTRL G (fitur GOTO) -> tekan tombol Special (fitur GOTO Special)
> -> pilih visivle cells only -> tekan OK
> 7. klik kanan yang masih terblok setelah proses 6 -> pilih Clear Contents
> 8. turnoff autofilter.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/11/17 HaDi <face_call15@...>
>
> > **
> >
> >
> > Assmkm para master
> >
> > ada yang ingin sy tanyakan bagai mana caranya menghapus isi sel dengan
> > kriteria isi sel lainnya
> >
> > misalnya saya memiliki kolom A terdapat nama hewan dan di kolom c terdapat
> > nama buah, saya ingin menghapus kolom sel pada kolom A dengan kriteria Apel
> > pada kolom C, terima kasih sebelumnya
> >
> > _
> >
>

Fri Nov 16, 2012 6:03 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Mr. Kid dan rekan2 Be-Excel,

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Mr. Kid yang telah memberikan "dongeng" yang begitu indah, khususnya fungsi debug.print nya

Dongeng memang baik tidak hanya untuk anak2 melainkan juga untuk orang dewasa karena di dalam nya terdapat banyak solusi "yang tidak terpikirkan sebelumnya".Setelah dongeng tersebut saya renungkan dan bawa mimpi akhirnya "terlihat" solusinya yang seakan-akan nun jauh di sana padahal ada di depan mata.

Namun untuk tidak mengulangi kekeliruan yang sama yaitu "nafsu" untuk memecahkan masalah secara instan, saya ajak rekan2 Be-Excel untuk menjadikan kasus ini sebagai pembelajaran dan langkah awal untuk belajar "logika" programming.

Tips untuk menyelesaikan masalah ini adalah posisi kita pada saat melakukan sortir dan penempatan hasil sortir sehingga yang dicopy selalu No Rek Awal atau "1121"

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 16 November 2012, 13:27
Subject: Re: [belajar-excel] Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir


 
Begini saja,

Bagaimana kalau Pak Hendrik mencoba baris berikut, diletakkan tepat setelah baris For.
debug.print "i:" & i , "shtAktif:" & range("g9").parent.name, "shtKriteria:" & range("a5").parent.name, "shtCopyTo:" & range("f8").parent.name

pastikan window immediate pada VBE sudah diaktifkan (tampak). run prosedur dan lihat hasil di immediate window.
baris info di atas bisa jadi memberi ide buat Pak Hendrik untuk berbuat sesuatu.
jika ada kebingungan, coba off-kan dulu bagian pembuat sheet yang baru beserta proses copy paste valuesnya. run ulang prosedur dan lihat immediate lagi.
kemudian on-kan lagi baris pembuat sheet baru beserta proses copy. run ulang prosedur dan lihat immediate lagi.

baris info proses dengan debug.print di atas adalah salah satu cara mengikuti suatu proses dalam sebuah prosedur.
jangan lupa untuk bagi-bagi penyebabnya dan tindakan yang diambil untuk membetulkannya ke milis.
kalau masih belum nemu juga, coba re-post disertai salah satu copas hasil debug.print -nya....

selamat mencoba...

Wassalam,
Kid.

2012/11/16 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Dear Rekan2 Be-Excel,
>
>Dalam rangka mencoba menjawab pertanyaan seorang member "Bagaimana tambahan codingnya jika GL nya tidak dicetak saja melainkan dibuatkan masing-masing sheet", saya mencoba merevisi Code warna hijau dengan Code warna biru dalam macro berikut ini:
>
>
>Sub Lihat()
>    Dim rng As Range
>    Dim ttl As Range
>    Range("Counter") = Range("Mulai")
>    For i = Range("Mulai") To Range("Sampai")
>        Range(Range("G9"), Range("G9").End(xlDown)).ClearContents
>        Sheets("Jurnal").Columns("A:F").AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
>            CriteriaRange:=Range("A4:C5"), CopyToRange:=Range("A8:F8"), _
>            Unique:=True
>        Set rng = Range("A8").CurrentRegion
>        Set ttl = Range("A8").Offset(rng.Rows.Count)
>       
ttl(, 4).Value =
"Total"
>        ttl(, 5).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
>        ttl(, 6).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
>        Range("G9").FormulaR1C1 = "=R6C7+SUM(R8C5:RC[-2])-SUM(R8C6:RC[-1])"
>        If Range("A10") <> "" Then
>            Range("G9").AutoFill Destination:=Range("G9").Resize(rng.Rows.Count - 1, 1), Type:=xlFillDefault
>        End If
>        'rng.Resize(rng.Rows.Count + 1).PrintPreview
>        Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
>        ActiveSheet.Name = Sheets("GL").Range("A6")
>        Sheets("GL").Columns("A:G").Copy
>        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
>        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormats
>        Application.CutCopyMode = False
>        If Range("Counter") = Range("Sampai") Then
>            Exit Sub
>        Else
>            Range("Counter") = Range("Counter") +
1
>        End If
>    Next i
>End Sub
>
>
>dimana, ketika kita menekan tombol PREVIEW GL, fungsi PrintPreview diganti dengan menampilkan sheet masing2 sesuai No Rek yang dipilihpada sheet GL(file terlampir).
>
>
>Permasalahan:
>Looping pada No Rek akhir (No Rek 1123) koq bisa2nya mengambil No Rek Awal (No Rek 1121)
>
>
>Saya yakin dongeng Mr. Kid atau petuah Miss Jan Raisin dan para pakar lainnya bisa menjelaskan hal ini.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>
>
>

Fri Nov 16, 2012 8:58 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Ada ralat pada kata2 di bawah ini :
sehingga yang dicopy selalu No Rek Awal atau "1121"seharusnya sehingga yang dicopy selalu No Rek Akhir yang dipilih.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 17 November 2012, 7:56
Subject: Re: [belajar-excel] Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir


 
Dear Mr. Kid dan rekan2 Be-Excel,

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Mr. Kid yang telah memberikan "dongeng" yang begitu indah, khususnya fungsi debug.print nya

Dongeng memang baik tidak hanya untuk anak2 melainkan juga untuk orang dewasa karena di dalam nya terdapat banyak solusi "yang tidak terpikirkan sebelumnya".Setelah dongeng tersebut saya renungkan dan bawa mimpi akhirnya "terlihat" solusinya yang seakan-akan nun jauh di sana padahal ada di depan mata.

Namun untuk tidak mengulangi kekeliruan yang sama yaitu "nafsu" untuk memecahkan masalah secara instan, saya ajak rekan2 Be-Excel untuk menjadikan kasus ini sebagai pembelajaran dan langkah awal untuk belajar "logika" programming.

Tips untuk menyelesaikan masalah ini adalah posisi kita pada saat melakukan sortir dan penempatan hasil sortir sehingga yang dicopy selalu No Rek Awal atau "1121"

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 16 November 2012, 13:27
Subject: Re: [belajar-excel] Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir


 
Begini saja,

Bagaimana kalau Pak Hendrik mencoba baris berikut, diletakkan tepat setelah baris For.
debug.print "i:" & i , "shtAktif:" & range("g9").parent.name, "shtKriteria:" & range("a5").parent.name, "shtCopyTo:" & range("f8").parent.name

pastikan window immediate pada VBE sudah diaktifkan (tampak). run prosedur dan lihat hasil di immediate window.
baris info di atas bisa jadi memberi ide buat Pak Hendrik untuk berbuat sesuatu.
jika ada kebingungan, coba off-kan dulu bagian pembuat sheet yang baru beserta proses copy paste valuesnya. run ulang prosedur dan lihat immediate lagi.
kemudian on-kan lagi baris pembuat sheet baru beserta proses copy. run ulang prosedur dan lihat immediate lagi.

baris info proses dengan debug.print di atas adalah salah satu cara mengikuti suatu proses dalam sebuah prosedur.
jangan lupa untuk bagi-bagi penyebabnya dan tindakan yang diambil untuk membetulkannya ke milis.
kalau masih belum nemu juga, coba re-post disertai salah satu copas hasil debug.print -nya....

selamat mencoba...

Wassalam,
Kid.

2012/11/16 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Dear Rekan2 Be-Excel,
>
>Dalam rangka mencoba menjawab pertanyaan seorang member "Bagaimana tambahan codingnya jika GL nya tidak dicetak saja melainkan dibuatkan masing-masing sheet", saya mencoba merevisi Code warna hijau dengan Code warna biru dalam macro berikut ini:
>
>
>Sub Lihat()
>    Dim rng As Range
>    Dim ttl As Range
>    Range("Counter") = Range("Mulai")
>    For i = Range("Mulai") To Range("Sampai")
>        Range(Range("G9"), Range("G9").End(xlDown)).ClearContents
>        Sheets("Jurnal").Columns("A:F").AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
>            CriteriaRange:=Range("A4:C5"), CopyToRange:=Range("A8:F8"), _
>            Unique:=True
>        Set rng = Range("A8").CurrentRegion
>        Set ttl = Range("A8").Offset(rng.Rows.Count)
>       
ttl(, 4).Value =
"Total"
>        ttl(, 5).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
>        ttl(, 6).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
>        Range("G9").FormulaR1C1 = "=R6C7+SUM(R8C5:RC[-2])-SUM(R8C6:RC[-1])"
>        If Range("A10") <> "" Then
>            Range("G9").AutoFill Destination:=Range("G9").Resize(rng.Rows.Count - 1, 1), Type:=xlFillDefault
>        End If
>        'rng.Resize(rng.Rows.Count + 1).PrintPreview
>        Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
>        ActiveSheet.Name = Sheets("GL").Range("A6")
>        Sheets("GL").Columns("A:G").Copy
>        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
>        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormats
>        Application.CutCopyMode = False
>        If Range("Counter") = Range("Sampai") Then
>            Exit Sub
>        Else
>            Range("Counter") = Range("Counter") +
1
>        End If
>    Next i
>End Sub
>
>
>dimana, ketika kita menekan tombol PREVIEW GL, fungsi PrintPreview diganti dengan menampilkan sheet masing2 sesuai No Rek yang dipilihpada sheet GL(file terlampir).
>
>
>Permasalahan:
>Looping pada No Rek akhir (No Rek 1123) koq bisa2nya mengambil No Rek Awal (No Rek 1121)
>
>
>Saya yakin dongeng Mr. Kid atau petuah Miss Jan Raisin dan para pakar lainnya bisa menjelaskan hal ini.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>
>
>

Sat Nov 17, 2012 2:48 am (PST) . Posted by:

"dhen.baguse" bagusejogja

wah ternyata rumit juga ya, tapi mantap bener nih para master-master excel. Saya coba pelajari, jika ada pertanyakan nanti saya "lempar" kemaster-master lagi...

ayo kawan kita belajar bersama...tq para master...

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, November 17, 2012 10:45 AM
Subject: Fw: [belajar-excel] Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir


 
Ada ralat pada kata2 di bawah ini :
sehingga yang dicopy selalu No Rek Awal atau "1121"seharusnya sehingga yang dicopy selalu No Rek Akhir yang dipilih.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 17 November 2012, 7:56
Subject: Re: [belajar-excel] Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir


 
Dear Mr. Kid dan rekan2 Be-Excel,

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Mr. Kid yang telah memberikan "dongeng" yang begitu indah, khususnya fungsi debug.print nya

Dongeng memang baik tidak hanya untuk anak2 melainkan juga untuk orang dewasa karena di dalam nya terdapat banyak solusi "yang tidak terpikirkan sebelumnya".Setelah dongeng tersebut saya renungkan dan bawa mimpi akhirnya "terlihat" solusinya yang seakan-akan nun jauh di sana padahal ada di depan mata.

Namun untuk tidak mengulangi kekeliruan yang sama yaitu "nafsu" untuk memecahkan masalah secara instan, saya ajak rekan2 Be-Excel untuk menjadikan kasus ini sebagai pembelajaran dan langkah awal untuk belajar "logika" programming.

Tips untuk menyelesaikan masalah ini adalah posisi kita pada saat melakukan sortir dan penempatan hasil sortir sehingga yang dicopy selalu No Rek Awal atau "1121"

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 16 November 2012, 13:27
Subject: Re: [belajar-excel] Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir


 
Begini saja,

Bagaimana kalau Pak Hendrik mencoba baris berikut, diletakkan tepat setelah baris For.
debug.print "i:" & i , "shtAktif:" & range("g9").parent.name, "shtKriteria:" & range("a5").parent.name, "shtCopyTo:" & range("f8").parent.name

pastikan window immediate pada VBE sudah diaktifkan (tampak). run prosedur dan lihat hasil di immediate window.
baris info di atas bisa jadi memberi ide buat Pak Hendrik untuk berbuat sesuatu.
jika ada kebingungan, coba off-kan dulu bagian pembuat sheet yang baru beserta proses copy paste valuesnya. run ulang prosedur dan lihat immediate lagi.
kemudian on-kan lagi baris pembuat sheet baru beserta proses copy. run ulang prosedur dan lihat immediate lagi.

baris info proses dengan debug.print di atas adalah salah satu cara mengikuti suatu proses dalam sebuah prosedur.
jangan lupa untuk bagi-bagi penyebabnya dan tindakan yang diambil untuk membetulkannya ke milis.
kalau masih belum nemu juga, coba re-post disertai salah satu copas hasil debug.print -nya....

selamat mencoba...

Wassalam,
Kid.

2012/11/16 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Dear Rekan2 Be-Excel,
>
>Dalam rangka mencoba menjawab pertanyaan seorang member "Bagaimana tambahan codingnya jika GL nya tidak dicetak saja melainkan dibuatkan masing-masing sheet", saya mencoba merevisi Code warna hijau dengan Code warna biru dalam macro berikut ini:
>
>
>Sub Lihat()
>    Dim rng As Range
>    Dim ttl As Range
>    Range("Counter") = Range("Mulai")
>    For i = Range("Mulai") To Range("Sampai")
>        Range(Range("G9"), Range("G9").End(xlDown)).ClearContents
>        Sheets("Jurnal").Columns("A:F").AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
>            CriteriaRange:=Range("A4:C5"), CopyToRange:=Range("A8:F8"), _
>            Unique:=True
>        Set rng = Range("A8").CurrentRegion
>        Set ttl = Range("A8").Offset(rng.Rows.Count)
>       
ttl(, 4).Value =
"Total"
>        ttl(, 5).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
>        ttl(, 6).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
>        Range("G9").FormulaR1C1 = "=R6C7+SUM(R8C5:RC[-2])-SUM(R8C6:RC[-1])"
>        If Range("A10") <> "" Then
>            Range("G9").AutoFill Destination:=Range("G9").Resize(rng.Rows.Count - 1, 1), Type:=xlFillDefault
>        End If
>        'rng.Resize(rng.Rows.Count + 1).PrintPreview
>        Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
>        ActiveSheet.Name = Sheets("GL").Range("A6")
>        Sheets("GL").Columns("A:G").Copy
>        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
>        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormats
>        Application.CutCopyMode = False
>        If Range("Counter") = Range("Sampai") Then
>            Exit Sub
>        Else
>            Range("Counter") = Range("Counter") +
1
>        End If
>    Next i
>End Sub
>
>
>dimana, ketika kita menekan tombol PREVIEW GL, fungsi PrintPreview diganti dengan menampilkan sheet masing2 sesuai No Rek yang dipilihpada sheet GL(file terlampir).
>
>
>Permasalahan:
>Looping pada No Rek akhir (No Rek 1123) koq bisa2nya mengambil No Rek Awal (No Rek 1121)
>
>
>Saya yakin dongeng Mr. Kid atau petuah Miss Jan Raisin dan para pakar lainnya bisa menjelaskan hal ini.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>
>
>

Sat Nov 17, 2012 2:52 am (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Pak Kid.

Mungkin yang ini maksud nya : formula enable multi_treadad calculation ?
di Office 2010 : 64 bit.

default nya sudah di centang.

Teima kasih.

Salam .

Lukman

2012/11/16 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> hehehe... multithread memanfaatkan multi core ya.
> Setahu saya, Excel 2007 ke atas sudah mulai memanfaatkan multithread pada
> multi core.
> Tapi ada syaratnya, antara lain (ada banyak, tapi sepertinya yang 2 ini
> lebih mudah untuk dibayangkan) :
> 1. Prosesnya harus yang berupa proses intensif.
> 2. Kalkulasi yang bisa multithread adalah yang tidak sequence artinya,
> kalkulasi cell tersebut bisa dilakukan berbarengan dengan cell lain yang
> sedang dikalkulasi.
>
> Dari syarat nomor 2 saja, maka sudah jelas bahwa tidak semua formula bisa
> diproses secara multithread. Hanya formula yang tidak tergantung pada hasil
> kalkulasi sebelumnya yang bisa di proses secara multithread. Jika ada jalur
> ketergantungan hasil kalkulasi cell lain (entah 1 atau banyak), maka
> formula tersebut akan diproses (masuk sebagai thread) setelah cell yang
> dirujuk selesai dikalkulasi.
>
> Pakai contoh saja kali ya... kira-kira begini. (pakai 1 record data saja
> dulu)
> - Cell A2 sampai D2 berisi nilai hasil entry (values kan ya).
> - Cell E2 berisi =Sum(A2:D2)
> - Cell F2 berisi formula hitung discount 10% dari sum =10%*E2
> - Cell G2 berisi formula hitung total harga yang harus dibayar =E2-F2
> >> Formula yang ada dalam contoh di atas tidak dapat diperlakukan dalam
> multithread (ingat ya, ini berdasar 1 record data).
> >> Formula E2,F2,G2 akan diproses berurutan alias tidak multithread. Jadi
> hanya akan ada 1 thread.
> >> 1 thread ini hanya masuk kedalam 1 core (salah satu core yang nganggur)
> >> Jika ada record di baris 3 dan 4 yang formulanya copy-an dari formula
> baris 2, maka kalkulasi record 2,3,4 akan diperlakukan secara multithread.
> >> Jadi akan ada 3 thread, dan masing-masing bisa masuk ke core yang
> berbeda-beda tergantung core yang nganggur yang mana.
>
> Pada kasus lain, jika :
> - E2 berisi formula =Sum(A2:D2)
> - F2 berisi formula =Sum(A2:D2)*10%
> - G2 berisi formula =Sum(A2:D2)*90%
> >> formula E2,F2,G2 akan diproses sebagai multithread (alias jadi 3 thread
> dan disebar ke core yang nganggur).
> >> Jika ada record di baris 3 dan 4, maka akan terbentuk 3 thread per
> record x 3 record = 9 thread yang akan disebar ke core yang nganggur.
>
> Jadi, permasalahan utama dalam menyusun formula bukanlah hardwarenya maju
> atau tidak, kuat atau tidak, dsb. Justru yang perlu diperhatikan pertama
> kali adalah bagaimana susunan formula agar bisa terbentuk banyak thread,
> tapi jumlah cell yang berformula juga tidak banyak-banyak amat alias
> secukupnya.
>
> Jika dilihat melalui task manager (misal di resource monitornya), mestinya
> akan tampak bahwa setiap formula yang bisa dikalkulasi bersamaan karena *saat
> itu* sudah tidak tergantung hasil cell lain atau cell lain sudah selesai
> diproses, maka formula-formula itu akan diproses dalam multithread. Hal ini
> akan membuat processor tampak digunakan sampai 100% (mendekatilah).
>
> Jika ada proses yang tidak bisa multithread, maka proses diserahkan ke
> sebuah core. Core yang dapet tugas, bisa jadi berproses sampai 100% nya.
> Core lainnya bisa jadi nganggur (parked). Jika komputer punya 4 core, maka
> secara total, 100% core berproses hanyalah 1/4 total kemampuan komputer,
> yang tampil sebagai 25% total CPU.
>
> Memori (RAM) akan digunakan ketika banyak data yang harus diproses. Misal
> sorting. Jika data yang kena sort (bukan hanya data di kolom kriterianya
> saja) sangat banyak, maka bisa jadi memori akan digunakan sangat banyak
> (persenannya tinggi). Tapi, bisa jadi pemrosesan terhadap kolom
> kriterianya, hanya butuh 1 core saja. Bisa jadi persennya di core itupun
> misal hanya 50% (bisa jadi lebih atau kurang dari itu). Jadi adalah 2 hal
> yang berbeda antara memori dengan cpu.
>
> Itu tadi masih membahas sebuah proses, yaitu proses terhadap aplikasi
> excel yang sedang aktif. Nah, bisa jadi ada aplikasi excel lainnya yang
> tidak aktif terlihat dan butuh proses juga. Jika dalam task manager ada 2
> proses aplikasi excel, maka masing-masing proses adalah urusan
> masing-masing. Secara total CPU, hitungannya tetap berdasar seberapa total
> persen core yang sedang digunakan seluruh proses dalam komputer dibagi
> jumlah core si komputer. Jika excel nomor 1 sedang butuh 100% core 1 saja
> dan excel 2 hanya butuh 50% core 3 saja dan proses aplikasi lain diabaikan
> karena kecil, maka total persen cpu terpakai adalah 150% / 4 core
>
> Jika hanya ada 1 aplikasi excel yang mengolah banyak workbook, maka
> prosesnya tergantung si aplikasi excel itu. Siapa yang sedang diproses,
> maka bagian itu yang akan masuk ke CPU. Jika aplikasi excel itu sedang
> memproses workbook 3 dan butuh proses sampai 100% di core 0, maka total
> persen cpu adalah 100% / 4 core = 25%
>
> Bagaimana supaya CPU komputer bisa dipakai 70% sampai 80% ?
> >> Pertanyaannya sama saja dengan kalimat begini :
> "Bagaimana caranya supaya Excel bisa memecah satu proses berupa 1 thread
> bisa menjadi banyak thread, sehingga CPU bisa digunakan sepenuhnya ?"
> hehehe...
> Kalau sebagai pengguna Excel, kira-kira :
> 1. (xl2007 ke atas) set di excel options page advanced item enable MTC
> dicentang dan pilih opsi use all processor
> 2. susun proses dalam workbook agar menjadi lebih banyak thread dengan
> cara mengurangi tingkat ketergantungan ke cell lain. Misal, dengan kolom
> bantu, maka bisa jadi banyak cell sebaris yang selain di kolom bantu yang
> bisa diproses dalam banyak thread karena kolom bantu sudah selesai diproses
> lebih dulu.
>
> mungkin masih ada banyak cara lainnya. Tapi inti permasalahannya tetap
> sama, yaitu memperbanyak jumlah proses yang bisa diproses secara bersamaan.
> Jika Anda akan mengkalkulasi sebuah record data dari input sampai banyak
> laporan, maka buatlah menjadi banyak proses dan mengurangi ketergantungan
> cell satu ke cell lainnya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>

Sat Nov 17, 2012 2:56 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kalau yang opsi MTC sudah tercentang (biasanya default), maka sekarang
harus bisa memecah alur proses pengolahan data menjadi banyak thread
(proses-proses mandiri), sehingga dapat diproses secara bersamaan
menggunakan seluruh core. Dengan begitu, maka persentase penggunaan core
akan lebih dari 25%.

Wassalam,
Kid.

2012/11/17 lkm jktind <lkmjktind@gmail.com>

> Pak Kid.
>
> Mungkin yang ini maksud nya : formula enable multi_treadad calculation ?
> di Office 2010 : 64 bit.
>
> default nya sudah di centang.
>
>
>
>
>
> Teima kasih.
>
>
>
> Salam .
>
> Lukman
>
>
>
>
>

Sat Nov 17, 2012 2:52 am (PST) . Posted by:

"dadang" cep_dadangs

salam excel,

mohon bantuan friend-friend exceler, saya mau input absensi dengan barcode dengan File terlampir

terima kasih,
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sat Nov 17, 2012 2:52 am (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Bagaimana cara penulisannya di macro excel :
dengan contoh di bawah ini :

Sumproduct(("$A$2:$A$36000"=$A25)*(("$D$1:$AB$1=F$)*($D$2:$AB$36000)
Index($D$2:$AB$36000;match("$A$2:$A$36000";$A25); match("$D$1:$AB$1;F$))
Hloopup= (F$1;$D$1:$D$3600;Match($A$1:$A$3600;$A25);0)

Cells(r,5) = application.worksheetfunction.sumproduct(
Cells(r,6) = application.worksheetfunction.Index(
Cells(r,7) = application.worksheetfunction.Hlookup(

Salam

Lukman.

nb : maaf nga begitu bisa bahasa inggris.

Sat Nov 17, 2012 7:15 am (PST) . Posted by:

"romi jayadiguna" rjayadiguna

selamat malam...

saya baru pertama sekali belajar excel dengan menggunakan macro dan VBA..
kebetulan saya coba membuat aplikasi sederhana untuk pekerjaan saya di
kantor.. tepatnya untuk pembuatan aplikasi SPJ perjalanan dinas.

saya masih kebingungan dalam mengotomatiskan dari data yg sy input masuk k dalam formatt yg saya sdh buat..

contoh kasus : berangkat perjalanan dinas hanya 2 orang sedangkan format d
surat tugas dan Surat perjalanan Dinas saya setting 4 orang...

pertanyaaannya: bagaimana supaya bisa otomatis masuk menyesuaikan dengan data yg saya
input spt contoh kasus diatas...karena untuk yg point orang ke tiga dan
ke empat di format tersebut jadi ada tulisan 0 atau #NA....

mohon bantuannya dan penjelasannya...karena sayang jg aplikasi dengan excel yg sy buat jd tdk berguna...
atas saran, bantuan serta ilmu yg diberkannya saya ucapkan terima kasih.....

--- Mods ---
Mohon posting dikirim ke milis Belajar-Excel : belajar-excel@yahoogroups.com
tanpa menyertakan ke owner atau ke email lain.

Berikan subject mail yang mencerminkan kasus yang diungkapkan setiap kali mengirimkan kasus baru. Subject mail akan menjadi judul thread.

Menyertakan contoh workbook (attachment file berupa file excel) akan lebih dapat membantu penjelasan kasus yang diutarakan dan memudahkan calon penanggap dalam berkreativitas mencari ide solusi. Untuk dapat mengirim attachment, disarankan untuk melakukan posting dari akun email Anda dan tidak melalui website milis.

Download attachment dapat dilakukan melalui link download attachment dalam email yang masuk ke Inbox akun email Anda.
------------

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar