Jumat, 30 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1941

15 New Messages

Digest #1941
1a
Re: Add-In by "Mansur Widayat"
1b
Re: Add-In by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1c
Re: Add-In by "Mansur Widayat"
2.2
Re: Tes kecepatan macro ambil tanggal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
3b
Re: edit data..tidak mau berubah...? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
RUMUS MENUNJUKKAN BULAN DENGAN HURUF by "andi Kurniawan" kurnia45
4b
Re: RUMUS MENUNJUKKAN BULAN DENGAN HURUF by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
6a
Re: Inventory Variance by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Formula konversi by "rodhy hakim" odhyz83_assasaky
7b
Re: Formula konversi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Thu Nov 29, 2012 10:40 pm (PST) . Posted by:

"Mansur Widayat"

Terima kasih Mr. Kid

untuk file Excel yang Read only tadi sudah bisa, tapi untuk yang aktif.in
Add-In masih belum bisa. sudah saya centang file .xla yang di tuju tapi
setelah di klik Ok lembar excel tidak ada perubahan masih kosong.
saya pakai ms. office 2003
Terima kasih

----- Original Message -----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, November 30, 2012 12:53
Subject: Re: [belajar-excel] Add-In

> Pak Mansur,
>
> Ketika Excel dibuka dan ada workbook tertentu yang turut terbuka, maka
> workbook yang ikut terbuka itu filenya disimpan di folder XLStart.
> Jadi, coba :
> 1. tutup semua Excel
> 2. buka windows explorer dan search folder bernama xlStart
> 3. Pindahkan semua file yang ada dalam folder tersebut ke folder lain,
> sehingga folder tersebut menjadi kosong.
> 4. Coba buka Excel kembali (misal dengan Start -> All Program -> MSOffice
> -> Excel)
>
> Setelah Excel terbuka, maka proses pengaktifan Add In, yang menjadi target
> utama thread ini, bisa dicoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>
>
>> **
>>
>>
>> **
>> Terima kasih Mr. Kid
>>
>> saya buka file excel melalui start program kemudian office excel ada
>> pesan
>> read only kayak gambar berikut mr. padahal tidak ada file excel yang buka
>> satupun.
>>
>>
>>
>> Terima kasih.
>> Mansur
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
>> To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Sent: Friday, November 30, 2012 10:55
>> Subject: Re: [belajar-excel] Add-In
>>
>> > Pak Mansur,
>> >
>> > Excel Add-In adalah file berisi suatu tool untuk tugas tertentu.
>> > Cara aktifkan Add-In :
>> > 1. Jalankan aplikasi Excel (tidak perlu buka file excel apapun alias
>> > dari
>> > Start -> All Programs -> MS Office -> Excel)
>> > 2. ke Excel Options
>> >>> xl2007 :
>> > office button [pojok kiri atas] -> Excel Options -> page Add-In [sisi
>> kiri]
>> > -> Manage [agak kebawah sisi kanan] pilih Excel Add in -> tekan tombol
>> > Go
>> > -> muncul dialog -> jika file belum ada dalam daftar klik Browse dan
>> > cari
>> > file .xla atau .xlam Anda -> open file -> centang nama file Add In
>> > hasil
>> > browse tadi -> OK
>> >>> xl2003 :
>> > menu Tools -> Add in
>> > -> muncul dialog -> jika file belum ada dalam daftar klik Browse dan
>> > cari
>> > file .xla atau .xlam Anda -> open file -> centang nama file Add In
>> > hasil
>> > browse tadi -> OK
>> > 3. coba cari di daftar menu (xl2003) jika ada yang baru mumcul (xl2007
>> > kadang lihat di ribbon Data -> lihat ke sisi kanan ribbon). Jika ada,
>> coba
>> > klik tombol yang baru muncul itu.
>> >
>> > Untuk non-aktifkan Add In, seperti aktifkan add in. Pada daftar file
>> > yang
>> > ada, hilangkan centang.
>> >
>> > Wassalam,
>> > Kid.
>> >
>> > 2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp
>> >
>> >
>> >> **
>> >>
>> >>
>> >> **
>>
>> >> Dear para Master - Master
>> >>
>> >> Saya mau bertanya, gimana caranya buka file excel yang ber-type
>> *Microsoft
>> >> Office Excel Add-In* ? di klik2 kok tetep ga mau juga keluar.
>> >>
>> >> Terima kasih
>> >>
>> >> Mansur
>> >>
>> >>
>> >> _
>> >>
>> >
>>
>>
>>
>

Thu Nov 29, 2012 10:49 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Mansur,

Excel Add-In adalah file berisi suatu tool untuk tugas tertentu. Misalnya,
Solver Add In berisi tool untuk melakukan kalkulasi iterasi dengan banyak
syarat batas.
Jadi file Add In (.xla atau .xlam) bukanlah workbook kerja biasanya yang
bisa diedit dan diubah isinya. Tapi add in adalah suatu aplikasi tool (alat
bantu) untuk tugas tertentu.

Jika sudah selesai nomor 2 (dari email yang lalu tentang cara aktifkan
add-in), melangkahlah ke nomor 3 yang berbunyi :
"3. coba cari di daftar menu (xl2003) jika ada yang baru mumcul (xl2007
kadang lihat di ribbon Data -> lihat ke sisi kanan ribbon). Jika ada, coba
klik tombol yang baru muncul itu."

Contoh :
1. Aktifkan add in Solver.xla
2. pada worksheet, ke menu Tools -> cari item menu bernama SOLVER -> klik
item itu (begitulah cara pakai Add In)

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>

> **
>
>
> Terima kasih Mr. Kid
>
> untuk file Excel yang Read only tadi sudah bisa, tapi untuk yang aktif.in
> Add-In masih belum bisa. sudah saya centang file .xla yang di tuju tapi
> setelah di klik Ok lembar excel tidak ada perubahan masih kosong.
> saya pakai ms. office 2003
> Terima kasih
>
>
> ----- Original Message -----
> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Sent: Friday, November 30, 2012 12:53
> Subject: Re: [belajar-excel] Add-In
>
> > Pak Mansur,
> >
> > Ketika Excel dibuka dan ada workbook tertentu yang turut terbuka, maka
> > workbook yang ikut terbuka itu filenya disimpan di folder XLStart.
> > Jadi, coba :
> > 1. tutup semua Excel
> > 2. buka windows explorer dan search folder bernama xlStart
> > 3. Pindahkan semua file yang ada dalam folder tersebut ke folder lain,
> > sehingga folder tersebut menjadi kosong.
> > 4. Coba buka Excel kembali (misal dengan Start -> All Program -> MSOffice
> > -> Excel)
> >
> > Setelah Excel terbuka, maka proses pengaktifan Add In, yang menjadi
> target
> > utama thread ini, bisa dicoba.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> **
>
> >> Terima kasih Mr. Kid
> >>
> >> saya buka file excel melalui start program kemudian office excel ada
> >> pesan
> >> read only kayak gambar berikut mr. padahal tidak ada file excel yang
> buka
> >> satupun.
> >>
> >>
> >>
> >> Terima kasih.
> >> Mansur
> >>
> >>
> >> ----- Original Message -----
> >> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> >> To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
> >> Sent: Friday, November 30, 2012 10:55
> >> Subject: Re: [belajar-excel] Add-In
> >>
> >> > Pak Mansur,
> >> >
> >> > Excel Add-In adalah file berisi suatu tool untuk tugas tertentu.
> >> > Cara aktifkan Add-In :
> >> > 1. Jalankan aplikasi Excel (tidak perlu buka file excel apapun alias
> >> > dari
> >> > Start -> All Programs -> MS Office -> Excel)
> >> > 2. ke Excel Options
> >> >>> xl2007 :
> >> > office button [pojok kiri atas] -> Excel Options -> page Add-In [sisi
> >> kiri]
> >> > -> Manage [agak kebawah sisi kanan] pilih Excel Add in -> tekan
> tombol
> >> > Go
> >> > -> muncul dialog -> jika file belum ada dalam daftar klik Browse dan
> >> > cari
> >> > file .xla atau .xlam Anda -> open file -> centang nama file Add In
> >> > hasil
> >> > browse tadi -> OK
> >> >>> xl2003 :
> >> > menu Tools -> Add in
> >> > -> muncul dialog -> jika file belum ada dalam daftar klik Browse dan
> >> > cari
> >> > file .xla atau .xlam Anda -> open file -> centang nama file Add In
> >> > hasil
> >> > browse tadi -> OK
> >> > 3. coba cari di daftar menu (xl2003) jika ada yang baru mumcul (xl2007
> >> > kadang lihat di ribbon Data -> lihat ke sisi kanan ribbon). Jika ada,
> >> coba
> >> > klik tombol yang baru muncul itu.
> >> >
> >> > Untuk non-aktifkan Add In, seperti aktifkan add in. Pada daftar file
> >> > yang
> >> > ada, hilangkan centang.
> >> >
> >> > Wassalam,
> >> > Kid.
> >> >
> >> > 2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp
> >> >
> >> >
> >> >> **
> >> >>
> >> >>
> >> >> **
> >>
> >> >> Dear para Master - Master
> >> >>
> >> >> Saya mau bertanya, gimana caranya buka file excel yang ber-type
> >> *Microsoft
> >> >> Office Excel Add-In* ? di klik2 kok tetep ga mau juga keluar.
> >> >>
> >> >> Terima kasih
> >> >>
> >> >> Mansur
> >> >>
> >> >>
> >> >> _
> >> >>
> >> >
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>

Fri Nov 30, 2012 1:02 am (PST) . Posted by:

"Mansur Widayat"

Ok Mr. Kid saya pelajari dulu. he..... maklum macih awam sanget.
Terima Kasih.

----- Original Message -----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, November 30, 2012 13:48
Subject: Re: [belajar-excel] Add-In

Pak Mansur,

Excel Add-In adalah file berisi suatu tool untuk tugas tertentu. Misalnya,
Solver Add In berisi tool untuk melakukan kalkulasi iterasi dengan banyak
syarat batas.
Jadi file Add In (.xla atau .xlam) bukanlah workbook kerja biasanya yang
bisa diedit dan diubah isinya. Tapi add in adalah suatu aplikasi tool (alat
bantu) untuk tugas tertentu.

Jika sudah selesai nomor 2 (dari email yang lalu tentang cara aktifkan
add-in), melangkahlah ke nomor 3 yang berbunyi :
"3. coba cari di daftar menu (xl2003) jika ada yang baru mumcul (xl2007
kadang lihat di ribbon Data -> lihat ke sisi kanan ribbon). Jika ada, coba
klik tombol yang baru muncul itu."

Contoh :
1. Aktifkan add in Solver.xla
2. pada worksheet, ke menu Tools -> cari item menu bernama SOLVER -> klik
item itu (begitulah cara pakai Add In)

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>

> **
>
>
> Terima kasih Mr. Kid
>
> untuk file Excel yang Read only tadi sudah bisa, tapi untuk yang aktif.in
> Add-In masih belum bisa. sudah saya centang file .xla yang di tuju tapi
> setelah di klik Ok lembar excel tidak ada perubahan masih kosong.
> saya pakai ms. office 2003
> Terima kasih
>
>
> ----- Original Message -----
> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Sent: Friday, November 30, 2012 12:53
> Subject: Re: [belajar-excel] Add-In
>
> > Pak Mansur,
> >
> > Ketika Excel dibuka dan ada workbook tertentu yang turut terbuka, maka
> > workbook yang ikut terbuka itu filenya disimpan di folder XLStart.
> > Jadi, coba :
> > 1. tutup semua Excel
> > 2. buka windows explorer dan search folder bernama xlStart
> > 3. Pindahkan semua file yang ada dalam folder tersebut ke folder lain,
> > sehingga folder tersebut menjadi kosong.
> > 4. Coba buka Excel kembali (misal dengan Start -> All Program ->
> > MSOffice
> > -> Excel)
> >
> > Setelah Excel terbuka, maka proses pengaktifan Add In, yang menjadi
> target
> > utama thread ini, bisa dicoba.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> **
>
> >> Terima kasih Mr. Kid
> >>
> >> saya buka file excel melalui start program kemudian office excel ada
> >> pesan
> >> read only kayak gambar berikut mr. padahal tidak ada file excel yang
> buka
> >> satupun.
> >>
> >>
> >>
> >> Terima kasih.
> >> Mansur
> >>
> >>
> >> ----- Original Message -----
> >> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> >> To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
> >> Sent: Friday, November 30, 2012 10:55
> >> Subject: Re: [belajar-excel] Add-In
> >>
> >> > Pak Mansur,
> >> >
> >> > Excel Add-In adalah file berisi suatu tool untuk tugas tertentu.
> >> > Cara aktifkan Add-In :
> >> > 1. Jalankan aplikasi Excel (tidak perlu buka file excel apapun alias
> >> > dari
> >> > Start -> All Programs -> MS Office -> Excel)
> >> > 2. ke Excel Options
> >> >>> xl2007 :
> >> > office button [pojok kiri atas] -> Excel Options -> page Add-In [sisi
> >> kiri]
> >> > -> Manage [agak kebawah sisi kanan] pilih Excel Add in -> tekan
> tombol
> >> > Go
> >> > -> muncul dialog -> jika file belum ada dalam daftar klik Browse dan
> >> > cari
> >> > file .xla atau .xlam Anda -> open file -> centang nama file Add In
> >> > hasil
> >> > browse tadi -> OK
> >> >>> xl2003 :
> >> > menu Tools -> Add in
> >> > -> muncul dialog -> jika file belum ada dalam daftar klik Browse dan
> >> > cari
> >> > file .xla atau .xlam Anda -> open file -> centang nama file Add In
> >> > hasil
> >> > browse tadi -> OK
> >> > 3. coba cari di daftar menu (xl2003) jika ada yang baru mumcul
> >> > (xl2007
> >> > kadang lihat di ribbon Data -> lihat ke sisi kanan ribbon). Jika ada,
> >> coba
> >> > klik tombol yang baru muncul itu.
> >> >
> >> > Untuk non-aktifkan Add In, seperti aktifkan add in. Pada daftar file
> >> > yang
> >> > ada, hilangkan centang.
> >> >
> >> > Wassalam,
> >> > Kid.
> >> >
> >> > 2012/11/30 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp
> >> >
> >> >
> >> >> **
> >> >>
> >> >>
> >> >> **
> >>
> >> >> Dear para Master - Master
> >> >>
> >> >> Saya mau bertanya, gimana caranya buka file excel yang ber-type
> >> *Microsoft
> >> >> Office Excel Add-In* ? di klik2 kok tetep ga mau juga keluar.
> >> >>
> >> >> Terima kasih
> >> >>
> >> >> Mansur
> >> >>
> >> >>
> >> >> _
> >> >>
> >> >
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>

Thu Nov 29, 2012 11:05 pm (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504

Dear Mr Kid,

Mr Kid saya mencoba utk mengaplikasikan Public Sub UnikBanyakKolom() pada file terlampir
tapi ternyata tidak bisa jalan seperti yg dicontohkan

Apakah itu secara otomatis membaca kolom per kolom secara berurutan?bagaimana
kalau kolom yg akan difilter itu tidak selalu berurutan?
Mohon pencerahanya Mr Kid :)

Berikut saya lampirkan file dari Mr Kid dan file uji coba yg saya bikin

Regards,Winda

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 24 November 2012 23:25
Judul: Re: [belajar-excel] Tes kecepatan macro ambil tanggal


 
Maaf ada yang ketinggalan.

File terlampir adaalh perbaikan dari file sebelumnya, yang berisi :
1. Pengubahan prosedur Tes_01 agar lebih fleksibel terhadap baris data seperti Tes_02.
2. Pengubahan prosedur Tes_01 agar mengolah sisi time.
3. Pengubahan prosedur Tes_01 agar menghasilkan values.

Wassalam,
Kid.

Fri Nov 30, 2012 12:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

mbak Winda,

Betul mbak, bahwa contoh tersebut untuk kolom yang secara berurutan akan
disusun item unique-nya.
Kuncinya hanya satu mbak, yaitu proses copy dari tabel data ke ruang hasil
item-item unique.
Selama bisa menyusun tabel data (kolom-kolom yang akan diproses) menjadi
[tampak] rapat berurutan, maka proses seperti contoh bisa dilakukan.
Untuk membuat [tampak], Excel menyediakan properti Hidden dan methods Goto
Special

Contoh :
kolom Excel : A B C
D E F
myheader No Kode1 Desc Kode2
Nilai Status

Akan membuat daftar unik untuk Kode1,Kode2,Status.
Dengan meng-hide kolom A,C, dan E
Kemudian seluruh tabel di Goto Special opsi Visible cells only
Lalu copy ke ruang hasil
Baru deh jalankan proses penyusun unique list yang berupa loop berisi
methods RemoveDuplicate

Anda bisa coba record macro untuk proses copas di atas.
Hasil record macro, nanti bisa menggantikan proses copas dari tabel ke
ruang hasil yang ada di prosedur dalam file contoh itu, tepat sebelum loop
terhadap removeduplicate dimulai.

Kira-kira bisa ada gambarannya kan...

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Mr Kid,
>
> Mr Kid saya mencoba utk mengaplikasikan Public Sub UnikBanyakKolom() pada
> file terlampir
> tapi ternyata tidak bisa jalan seperti yg dicontohkan
>
> Apakah itu secara otomatis membaca kolom per kolom secara
> berurutan?bagaimana
> kalau kolom yg akan difilter itu tidak selalu berurutan?
> Mohon pencerahanya Mr Kid :)
>
> Berikut saya lampirkan file dari Mr Kid dan file uji coba yg saya bikin
>
> Regards,Winda
>
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Sabtu, 24 November 2012 23:25
> Judul: Re: [belajar-excel] Tes kecepatan macro ambil tanggal
>
>
>
>
> Maaf ada yang ketinggalan.
>
> File terlampir adaalh perbaikan dari file sebelumnya, yang berisi :
> 1. Pengubahan prosedur Tes_01 agar lebih fleksibel terhadap baris data
> seperti Tes_02.
> 2. Pengubahan prosedur Tes_01 agar mengolah sisi time.
> 3. Pengubahan prosedur Tes_01 agar menghasilkan values.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>

Fri Nov 30, 2012 1:18 am (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504

hmpp bgtu Mr Kid,oke Mr Kid akan saya coba terlebih dahulu
Trimakasi Mr Kid

Regards,
Winda

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 30 November 2012 15:52
Judul: Re: [belajar-excel] Tes kecepatan macro ambil tanggal


 
mbak Winda,

Betul mbak, bahwa contoh tersebut untuk kolom yang secara berurutan akan disusun item unique-nya.
Kuncinya hanya satu mbak, yaitu proses copy dari tabel data ke ruang hasil item-item unique.
Selama bisa menyusun tabel data (kolom-kolom yang akan diproses) menjadi [tampak] rapat berurutan, maka proses seperti contoh bisa dilakukan.
Untuk membuat [tampak], Excel menyediakan properti Hidden dan methods Goto Special

Contoh :
kolom Excel :           A          B            C                D             E            F
myheader             No        Kode1     Desc        Kode2     Nilai          Status

Akan membuat daftar unik untuk Kode1,Kode2,Status.
Dengan meng-hide kolom A,C, dan E
Kemudian seluruh tabel di Goto Special opsi Visible cells only
Lalu copy ke ruang hasil
Baru deh jalankan proses penyusun unique list yang berupa loop berisi methods RemoveDuplicate

Anda bisa coba record macro untuk proses copas di atas.
Hasil record macro, nanti bisa menggantikan proses copas dari tabel ke ruang hasil yang ada di prosedur dalam file contoh itu, tepat sebelum loop terhadap removeduplicate dimulai.

Kira-kira bisa ada gambarannya kan...

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>


>Dear Mr Kid,
>
>Mr Kid saya mencoba utk mengaplikasikan Public Sub UnikBanyakKolom() pada file terlampir
>tapi ternyata tidak bisa jalan seperti yg dicontohkan
>
>Apakah itu secara otomatis membaca kolom per kolom secara berurutan?bagaimana
>kalau kolom yg akan difilter itu tidak selalu berurutan?
>Mohon pencerahanya Mr Kid :)
>
>Berikut saya lampirkan file dari Mr Kid dan file uji coba yg saya bikin
>
>Regards,Winda
>
>----- Pesan yang Diteruskan -----
>Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Sabtu, 24 November 2012 23:25
>Judul: Re: [belajar-excel] Tes kecepatan macro ambil tanggal
>
>
>

>Maaf ada yang ketinggalan.
>
>File terlampir adaalh perbaikan dari file sebelumnya, yang berisi :
>1. Pengubahan prosedur Tes_01 agar lebih fleksibel terhadap baris data seperti Tes_02.
>2. Pengubahan prosedur Tes_01 agar mengolah sisi time.
>3. Pengubahan prosedur Tes_01 agar menghasilkan values.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>

Thu Nov 29, 2012 11:25 pm (PST) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com

mau berubah mr kid dimasing masing SHEET tertuju,,,mantap
tapi di Sheet Data siswa kok malah nambah data bukan merubah data?

mantap>>>mr kid.....trimakasih bantuanya...

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 30 November 2012 11:42
Judul: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?


 
Ganti event click tombol edit dengan yang ini :
Private Sub Cmd_EditInput_Click()
    Dim rng As Range
    If Sheets("input").ComboBox.ListIndex = -1 Then
        Exit Sub
    End If
    Set rng = Sheets(Sheets("input").ComboBox.Text) _
                .Range("b5").CurrentRegion.Resize(, 1).Find(Sheets("input").Range("b16").Value)
    If rng Is Nothing Then
        Exit Sub
    End If
    Sheets("input").Range("b16:h16").Copy
    rng.PasteSpecial xlPasteValues

    RefreshTabels
  
    ' sebelum records dlm tabel induk diubah,
    ' diselamatkan dulu (=dicopy) ke IndTBL histori
    ' sesuai saran jitu dari mas Kid
    IndTBL(Me.ScrollBar1 + 1, 1).Resize(1, IndTBL.Columns.Count).Copy
    HisTBL(hRow, 1).PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats
    HisTBL(hRow, 2).Offset(0, tCol) = Now
  
    ' Form Kanan (FORM2) yg mungkin telah diedit,
    ' data disave ke Tabel induk
    ' pelaksanaan entrying nya dgn dibantu prosedur "EntryData"
    Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 2, Form2)
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/11/29 achmad adi <didon13@ymail.com>


>masih belum mengerti MrKid>>> bingung
>bisa sertakanlampiran file nya?
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Rabu, 24 Oktober 2012 16:39
>
>Judul: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
>

>Coba lihat pada event click milik tombol edit.
>Disana ada baris berbunyi :
>Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 2, Form2)
>Biru : indeks baris penulisan
>Merah : range yang dikenai si indeks baris penulisan
>
>Coba ganti dengan :
>Call EntryData2(7, Form2)
>
>Kalau masih gak cocok, coba ganti dengan :
>Call EntryData2(Me.ScrollBar1, Form2)
>
>Masih gak cocok juga, coba ganti dengan :
>Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 7, Form2)
>
>Masih gak cocok juga ?
>Pantesnya berapa ya ?
>baris inilah yang harus Anda mengertikenapa dan mengapa mbake Siti memaksa adanya nilai yang dibiru itu.
>Dengan begitu, pemakainya yang suka copas tinggal ubah-ubah sampai sesuai selera mereka.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>2012/10/13 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>Untuk penulisan ke sheet masing-masing kelas mestinya sudah jalan.
>>Mungkin Anda belum menghapus baris
>>RefreshTabels ComboBox.Text
>>
>>Kalau yang dimaksud belum jalan adalah tentang penulisan ke sheet datasiswa, itu karena kesalahan dalam menentukan nomor baris dalam tabel disheet datasiswa. Bagian ini memang ndak diubah-ubah. Semuanya adalah asli ujicoba Anda.
>>Cukup memperbaiki baris pemanggilan prosedur penulis ke sheet datasiswa. Kalau ndak salah ingat, Anda ingin membuatnya dengan memanggil prosedur baru yang namanya entry2 atau apalah itu.
>>Penentuan nilai parameter pada sisi barislah yang harus diperbaiki. Kalau ndak salah inget lagi, sepertinya waktu itu Anda menggunakan nilai dari scroll bar atau spin yang ada di sheet Input. Nah bagian ini yang harus disesuaikan. Mungkin proses penambahan atau pengurangan terhadap nilai ini (nilai scrollbar atau spin ini) yang harus diubah supaya baris penulisannya ke sheet datasiswa nantinya menjadi tepat sasaran.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>2012/10/13 achmad adi <didon13@ymail.com>
>>
>>
>>> 
>>>Masih belum jalan mr Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Dikirim: Jumat, 12 Oktober 2012 16:39
>>>Judul: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>>>
>>>
>>>
>>> 
>>>Oh gitu...
>>>
>>>kalau gitu baris :
>>>RefreshTabels ComboBox.Text
>>>tidak boleh dipakai. Hapus saja dan ganti dengan yang ini.
>>>dim rng as range
>>>if sheets("input").combobox.listindex=-1 then
>>>   exit sub
>>>endif
>>>set rng=sheets( sheets("input").combobox.text ) _
>>>             .range("b5").currentregion.resize(,1).find( sheets("input").range("b16").value )
>>>if rng is nothing then
>>>    exit sub
>>>endif
>>>sheets("input").range("b16:h16").copy
>>>rng.pastespecial xlpastevalues
>>>
>>>moga-moga gak error
>>>
>>>Wassalam,
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>2012/10/12 <didon13@ymail.com>
>>>
>>>
>>>> 
>>>> Iya mrkid..thanks...sekarang permasalahanya..kebalik...disheet tertuju mau berubah..tapi didatasiswa tidak Ada perubahan Setelah pengeditan..
>>>>
>>>>Yang saya maksud setelah Ada pengeditan
>>>>Datasiswa berubah
>>>>Di sheet kelas jg berubah
>>>>Sesuai pengeditan
>>>>
>>>>Trimakasih
>>>>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>>>>________________________________
>>>>
>>>>From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>>Date: Fri, 12 Oct 2012 15:51:46 +0700
>>>>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>>Subject: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>>>>
>>>> 
>>>>Bukankah sudah disarankan :
>>>>1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam
prosedur)  diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
>>>>       RefreshTabels ComboBox.Text     'pastikan combobox sudah ada itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>>>>
>>>>
>>>>Wassalam,
>>>>Kid.
>>>>
>>>>
>>>>2012/10/12 <didon13@ymail.com>
>>>>
>>>>
>>>>> 
>>>>> Untuk tombol edit masih eror..
>>>>>Subscript out of range
>>>>>
>>>>>Set IndTBL=sheets(sShtName).range("A4").currentregion
>>>>>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>>>>>
>>>>>________________________________
>>>>>
>>>>>From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>>Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>>>Date: Fri, 12 Oct 2012 00:55:48 +0700
>>>>>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>>>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>>>Subject: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>>>>>
>>>>> 
>>>>>Deklarasi prosedur refreshtable diubah menjadi :
>>>>>
>>>>>Private Sub RefreshTabels(Optional sShtName As String = "datasiswa")
>>>>>
>>>>>Baris dalam prosedur refreshtable yang berbunyi :
>>>>>Set IndTBL = Sheets("datasiswa").Range("A4").CurrentRegion
>>>>>diubah menjadi :
>>>>>Set IndTBL = Sheets(sShtName).Range("A4").CurrentRegion
>>>>>
>>>>>Tambahkan pada event click tombol Edit :
>>>>>1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam prosedur)  diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
>>>>>       RefreshTabels ComboBox.Text     'pastikan combobox sudah ada itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>>>>>
>>>>>2. persis sebelum end sub diberi perintah untuk refresh table ke sheet datasiswa lagi
>>>>>       RefreshTabels
>>>>>
>>>>>Wassalam,
>>>>>Kid.
>>>>>
>>>>>
>>>>>2012/10/11 achmad adi <didon13@ymail.com>
>>>>>
>>>>>
>>>>>> 
>>>>>>dear master,
>>>>>>
>>>>>>mohon bantuanya masalah yang saya hadapi,,,
>>>>>>setelah menggabungkan beberapa rumusdari milis...ada yang bingung,,
>>>>>>saya sertakan file lebih jelasnya,,,
>>>>>>terimakasih....
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
>

Fri Nov 30, 2012 12:30 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Script ini bisa jalankan.
Private Sub Cmd_EditInput_Click()
Dim rng As Range
If Sheets("input").ComboBox.ListIndex = -1 Then
Exit Sub
End If
Set rng = Sheets(Sheets("input").ComboBox.Text) _
.Range("b5").CurrentRegion.Resize(,
1).Find(Sheets("input").Range("b16").Value)
If rng Is Nothing Then
Exit Sub
End If
Sheets("input").Range("b16:h16").Copy
rng.PasteSpecial xlPasteValues

RefreshTabels

' sebelum records dlm tabel induk diubah,
' diselamatkan dulu (=dicopy) ke IndTBL histori
' sesuai saran jitu dari mas Kid
IndTBL(Me.ScrollBar1 + 1, 1).Resize(1, IndTBL.Columns.Count).Copy
HisTBL(hRow, 1).PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats
HisTBL(hRow, 2).Offset(0, tCol) = Now

' Form Kanan (FORM2) yg mungkin telah diedit,
' data disave ke Tabel induk
' pelaksanaan entrying nya dgn dibantu prosedur "EntryData"

Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 2, Form2)
End Sub

Yang hijau adalah tahap menulis ke sheet masing-masing.

Untuk membuat tidak menulis jadi 2, maka perlu diubah seperti yang
disarankan kemarin, yaitu bagian yang berbunyi : (*merah*)
Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 2, Form2)
Yang biru dicoba penambah lainnya. Anda coba saja mulai dari +0 sampai +99,
mana yang cocok hasilnya. Bawaan dari mbak Siti kan + 2
Semuanya tergantung susunan tabel yang dituju. Kalau hal di atas tidak
dimengerti kenapa kok angka tertentu bisa cocok dan angka lain gak cocok
sesuai keinginan, begitu Anda ubah tabelnya sedikit saja, bisa-bisa Anda
minta copas script sebuah prosedur seperti di atas lagi.
Malah lama kan, pakai nunggu calon penanggap harus bisa memahami si script
dulu.

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> mau berubah mr kid dimasing masing SHEET tertuju,,,mantap
> tapi di Sheet Data siswa kok malah nambah data bukan merubah data?
>
>
> mantap>>>mr kid.....trimakasih bantuanya...
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 30 November 2012 11:42
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Ganti event click tombol edit dengan yang ini :
> Private Sub Cmd_EditInput_Click()
> Dim rng As Range
> If Sheets("input").ComboBox.ListIndex = -1 Then
> Exit Sub
> End If
> Set rng = Sheets(Sheets("input").ComboBox.Text) _
> .Range("b5").CurrentRegion.Resize(,
> 1).Find(Sheets("input").Range("b16").Value)
> If rng Is Nothing Then
> Exit Sub
> End If
> Sheets("input").Range("b16:h16").Copy
> rng.PasteSpecial xlPasteValues
>
> RefreshTabels
>
> ' sebelum records dlm tabel induk diubah,
> ' diselamatkan dulu (=dicopy) ke IndTBL histori
> ' sesuai saran jitu dari mas Kid
> IndTBL(Me.ScrollBar1 + 1, 1).Resize(1, IndTBL.Columns.Count).Copy
> HisTBL(hRow, 1).PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats
> HisTBL(hRow, 2).Offset(0, tCol) = Now
>
> ' Form Kanan (FORM2) yg mungkin telah diedit,
> ' data disave ke Tabel induk
> ' pelaksanaan entrying nya dgn dibantu prosedur "EntryData"
> Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 2, Form2)
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/29 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> masih belum mengerti MrKid>>> bingung
> bisa sertakanlampiran file nya?
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 24 Oktober 2012 16:39
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Coba lihat pada event click milik tombol edit.
> Disana ada baris berbunyi :
> Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 2, Form2)
> Biru : indeks baris penulisan
> Merah : range yang dikenai si indeks baris penulisan
>
> Coba ganti dengan :
> Call EntryData2(7, Form2)
>
> Kalau masih gak cocok, coba ganti dengan :
> Call EntryData2(Me.ScrollBar1, Form2)
>
> Masih gak cocok juga, coba ganti dengan :
> Call EntryData2(Me.ScrollBar1 + 7, Form2)
>
> Masih gak cocok juga ?
> Pantesnya berapa ya ?
> baris inilah yang harus Anda mengerti kenapa dan mengapa mbake Siti
> memaksa adanya nilai yang dibiru itu.
> Dengan begitu, pemakainya yang suka copas tinggal ubah-ubah sampai sesuai
> selera mereka.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2012/10/13 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> Untuk penulisan ke sheet masing-masing kelas mestinya sudah jalan.
> Mungkin Anda belum menghapus baris
> RefreshTabels ComboBox.Text
>
> Kalau yang dimaksud belum jalan adalah tentang penulisan ke sheet
> datasiswa, itu karena kesalahan dalam menentukan nomor baris dalam tabel
> disheet datasiswa. Bagian ini memang ndak diubah-ubah. Semuanya adalah
> asli ujicoba Anda.
> Cukup memperbaiki baris pemanggilan prosedur penulis ke sheet datasiswa.
> Kalau ndak salah ingat, Anda ingin membuatnya dengan memanggil prosedur
> baru yang namanya entry2 atau apalah itu.
> Penentuan nilai parameter pada sisi barislah yang harus diperbaiki. Kalau
> ndak salah inget lagi, sepertinya waktu itu Anda menggunakan nilai dari
> scroll bar atau spin yang ada di sheet Input. Nah bagian ini yang harus
> disesuaikan. Mungkin proses penambahan atau pengurangan terhadap nilai ini
> (nilai scrollbar atau spin ini) yang harus diubah supaya baris penulisannya
> ke sheet datasiswa nantinya menjadi tepat sasaran.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2012/10/13 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> Masih belum jalan mr Kid.
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 12 Oktober 2012 16:39
> *Judul:* Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Oh gitu...
>
> kalau gitu baris :
> RefreshTabels ComboBox.Text
> tidak boleh dipakai. Hapus saja dan ganti dengan yang ini.
> dim rng as range
> if sheets("input").combobox.listindex=-1 then
> exit sub
> endif
> set rng=sheets( sheets("input").combobox.text ) _
> .range("b5").currentregion.resize(,1).find(
> sheets("input").range("b16").value )
> if rng is nothing then
> exit sub
> endif
> sheets("input").range("b16:h16").copy
> rng.pastespecial xlpastevalues
>
> moga-moga gak error
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/10/12 <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> ** Iya mrkid..thanks...sekarang permasalahanya..kebalik...disheet
> tertuju mau berubah..tapi didatasiswa tidak Ada perubahan Setelah
> pengeditan..
>
> Yang saya maksud setelah Ada pengeditan
> Datasiswa berubah
> Di sheet kelas jg berubah
> Sesuai pengeditan
>
> Trimakasih
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 12 Oct 2012 15:51:46 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Bukankah sudah disarankan :
> 1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam prosedur)
> diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
> RefreshTabels ComboBox.Text 'pastikan combobox sudah ada
> itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/12 <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> ** Untuk tombol edit masih eror..
> Subscript out of range
>
> Set IndTBL=sheets(sShtName).range("A4").currentregion
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 12 Oct 2012 00:55:48 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Deklarasi prosedur refreshtable diubah menjadi :
>
> Private Sub RefreshTabels(Optional sShtName As String = "datasiswa")
>
> Baris dalam prosedur refreshtable yang berbunyi :
> Set IndTBL = Sheets("datasiswa").Range("A4").CurrentRegion
> diubah menjadi :
> Set IndTBL = Sheets(sShtName).Range("A4").CurrentRegion
>
> Tambahkan pada event click tombol Edit :
> 1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam prosedur)
> diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
> RefreshTabels ComboBox.Text 'pastikan combobox sudah ada
> itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>
> 2. persis sebelum end sub diberi perintah untuk refresh table ke sheet
> datasiswa lagi
> RefreshTabels
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/11 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> dear master,
>
> mohon bantuanya masalah yang saya hadapi,,,
> setelah menggabungkan beberapa rumusdari milis...ada yang bingung,,
> saya sertakan file lebih jelasnya,,,
> terimakasih....
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Nov 29, 2012 11:39 pm (PST) . Posted by:

"andi Kurniawan" kurnia45

maaf sebelumnya, saya ingin bertanya apakah ada rumus excel yang menunjukkan bulan dengan huruf.

Contoh : januari = A, February = B, ..... Desember = L.
Karena yang saya tahu hanya menunjukkan angka 1-12 dengan rumus =MONTH(SERIAL_NUMBER).

Terima Kasih.

Thu Nov 29, 2012 11:46 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Mohon posting baru berikutnya tidak menggunakan huruf kapital semua pada
judul thread. Kuatir dipersepsikan sedang cari perhatian dengan membentak
atau berteriak.

Pak Andi,

Untuk mendapatkan angka bulan dengan fungsi Month.
Untuk membiat urutan huruf dari A sampai L adalah dengan fungsi Char.
Huruf A kapital memiliki nomor ASCII 65.
Jika Anda sudah punya angka 1 sebagai Januari, maka untuk menjadikannya
bernilai A adalah dengan membuatnya menjadi 65. Tentu dengan menambah 64.
Kemudian proses pengubahan itu menjadi input parameter fungsi Char
=Char(64+Month(myDate))

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 andi Kurniawan <kurnia45@yahoo.com>

> **
>
>
> maaf sebelumnya, saya ingin bertanya apakah ada rumus excel yang
> menunjukkan bulan dengan huruf.
> Contoh : januari = A, February = B, ..... Desember = L.
> Karena yang saya tahu hanya menunjukkan angka 1-12 dengan rumus
> =MONTH(SERIAL_NUMBER).
>
> Terima Kasih.
>
>
>

Fri Nov 30, 2012 12:18 am (PST) . Posted by:

"andi Kurniawan" kurnia45

Terima Kasih Mr Kid. Dan mohon Maaf kepada Exceller semua karna judul Thread menggunakan huruf Kapital.

Salam

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 30 November 2012 14:45
Judul: Re: [belajar-excel] RUMUS MENUNJUKKAN BULAN DENGAN HURUF


 
Mohon posting baru berikutnya tidak menggunakan huruf kapital semua pada judul thread. Kuatir dipersepsikan sedang cari perhatian dengan membentak atau berteriak.

Pak Andi,

Untuk mendapatkan angka bulan dengan fungsi Month.
Untuk membiat urutan huruf dari A sampai L adalah dengan fungsi Char.
Huruf A kapital memiliki nomor ASCII 65.
Jika Anda sudah punya angka 1 sebagai Januari, maka untuk menjadikannya bernilai A adalah dengan membuatnya menjadi 65. Tentu dengan menambah 64.
Kemudian proses pengubahan itu menjadi input parameter fungsi Char
=Char(64+Month(myDate))

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 andi Kurniawan <kurnia45@yahoo.com>


>maaf sebelumnya, saya ingin bertanya apakah ada rumus excel yang menunjukkan bulan dengan huruf.
>
>Contoh : januari = A, February = B, ..... Desember = L.
>Karena yang saya tahu hanya menunjukkan angka 1-12 dengan rumus =MONTH(SERIAL_NUMBER).
>
>
>Terima Kasih.
>

Thu Nov 29, 2012 11:40 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Harry,

Coba file terlampir.

Syarat :
1. Ada library Microsoft ActiveX Data Object yang telah ter-install dan
terdaftar dalam komputer setempat.
>> Download dari Microsoft dan install

2. Tabel yang dikoneksi *harus berkaidah database*
>> Cari pada posting-posting lama di milis tentang kaidah database

3. Menguasai bahasa SQL, terutama varian bahasa SQL yang digunakan oleh
data provider.
>> Cari di internet tentang SQL MS Access

4. Memahami cara penggunaan object dalam library di nomor 1
>> Cari di internet tentang ADO (bukan ADODC, tapi cukup ADO atau ADODB)

5. Memahami karakteristik data provider yang digunakan.
>> Cari di internet tentang Microsoft Jet 4.0 yang digunakan dalam file
terlampir atau provider yang Anda gunakan sesuai keadaan nyata dilapangan.

Wassalam,
Kid.

2012/11/29 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Lebih jauh mengenai proses penginputan data oleh banyak PC secara
> bersamaan, selama ini saya menggunakan proses buka tutup file data
> sebagaimana rumus berikut:
>
> Private Sub UserForm_Initialize()
> 'deklarasi variabel workbook
> Dim wbkA As Workbook, wbkAKTIF As Workbook
>
> 'init workbooknya
> Set wbkA = ThisWorkbook
>
> '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> START
> Dim lTry As Long, lJeda As Long
> Application.ScreenUpdating = False
> Application.DisplayAlerts = False
> CobaBuka:
> For lTry = 1 To 20
> Set wbkAKTIF = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\DATA.xls")
> If wbkAKTIF.ReadOnly Then
> wbkAKTIF.Close False
> If lTry = 20 Then
> If MsgBox("Sudah dicoba membuka " & lTry & _
> " kali, dan masih digunakan oleh instansi Excel
> yang lain" & vbCrLf & _
> "Coba lagi ?", vbExclamation + vbYesNo, "Akses ke
> DATABASE PROGRAM") = vbYes Then
> GoTo CobaBuka
> Else
> Application.ScreenUpdating = False
> Exit Sub
> End If
> End If
> Else
> wbkA.Activate
> Exit For
> End If
> For lJeda = 1 To 100000000
> Next lJeda
> Next lTry
> Application.ScreenUpdating = True
> '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> END
>
> End Sub
>
> Tetapi seiring banyaknya data yang harus diinput, membuat sistem
> buka-tutup file data tersebut menjadi tidak efisien karena user harus
> bergantian melakukan proses buka-tutup file.
>
> Sebagaimana yang pernah diinformasikan oleh Mr. Kid yaitu dengan
> menggunakan ADO (ActiveX Data Objects) seya mengalami kesulitan untuk
> merealisasikan hal tersebut.
> Pernah saya mencoba untuk memanipulasi rumus yang pernah dibahas pada
> milis dengan subject : Add data from xl to Access, tetapi tidak berhasil.
>
> Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller dapat memberikan informasi
> (berbagi ilmu) mengenai bagaimana caranya melakukan proses input ke file
> data dengan tidak adanya proses buka-tutup file data sehingga banyak PC
> bisa melakukan proses input secara bersamaan waktu.
>
> Terima kasih atas berkanan informasi dari teman-teman BeExceller.
>
> Wassalam,
>
>
> Harry
>
> N/B:
> * Terlampir 2 file (Master.xls & Data.xls) sebagai referensi
> * File-file tersebut diatas masih tersimpan pada 1 folder yang sama.
> * Yang diinginkan adalah file Master.xls disimpan pada folder D: sedangkan
> file Data.xls disimpan pada folder C:.
> * File Data.xls masih membutuhkan proses buka tutup
> * Yang diinginkan adalah file Data.xls tetap dalam keadaan terbuka tanpa
> proses buka tutup
>
>
>
>
>

Fri Nov 30, 2012 2:19 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Amin,

Mungkin Bapak bersedia mencoba file terlampir. Mencoba tanpa VBA dan
mungkin hasilnya tidak terlalu benar (namanya mencoba kok).

Formula : (khusus xl2007. Untuk xl2003, ubah formulasi SumIFs dengan
SumProduct dengan rujukan tanpa menyertakan baris 1)
=MIN(MAX(SUMIFS('Stock tag'!$C$1:$C$317,'Stock tag'!$B$1:$B$317,B2,'Stock
tag'!$A$1:$A$317,"<="&A2)-SUMIFS('ONHAND system'!$C$1:$C$692,'ONHAND
system'!$A$1:$A$692,B2,'ONHAND
system'!$B$1:$B$692,"*ex*"),0),VLOOKUP(A2,'Stock tag'!$A$1:$C$317,3,0))

Wassalam,
Kid.

2012/11/28 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Be-Exceller , Miss. jan
>
> Setelah saya simulasikan data saya saya revisi, sudikah kiranya
> menganalisa lagi?
> pertanyaan:
> Part no. A002941-AN lokasi 78P1EX02 di onhand system = 45000
> Data di stock tag = 60000, yang dibutuhkan adalah memenuhi data di onhand
> system, (kalau pengurangan 60000 - 45000)
> itu adalah sisanya, tapi yang diinginkan adalah sbb:
> stock tag 141303 = 10000 ---> akan berkurang stocknya menjadi 0
> 141304 = 10000 ---> akan berkurang stocknya menjadi 0
> 141305 = 10000 ---> akan berkurang stocknya menjadi 0
> 141306 = 10000 ---> akan berkurang stocknya menjadi 0
> 141307 = 10000 ---> akan berkurang stocknya menjadi
> 5000 jadi total untuk memenuhi excess adalah 45000 dari 6 stock tag ini
> 141308 = 10000 ---> akan tetap 10000
> jadi sisanya akan masuk ke KEY IN SYSTEM
> saya lampirkan datanya
>
> terima kasih
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 28 November 2012 17:52
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Inventory Variance
>
>
> Pak Amin,
>
> jika ternyata seperti itu, asumsi:
>
> 1. Ada banyak kode lokasi (lebih dari 2 kode lokasi)
> 2. Perhitungan akan dilakukan berdasarkan Part Number yang telah
> ditentukan terhadap seluruh kode lokasi yang ada
> 3. Kode lokasi untuk yang akan dijumlah adalah yang mengandung kode "WP"
> sesuai dengan Part Number yang ditentukan
> 4. Kode lokasi sebagai pengurang adalah yang mengandung "EX" sesuai
> dengan Part Number yang ditentukan
> 5. Lokasi WP & EX selalu tetap, yaitu mulai daari digit ke 5 dari kode
> lokasi
>
> maka solusinya adalah sbb:
>
> =SUMPRODUCT((MID('ONHAND system'!$B$2:$B$692,5,2)="WP")*('ONHAND
> system'!$A$2:$A$692='KEY IN SYSTEM'!B2)*'ONHAND system'!$C$2:$C$692)+
> SUMPRODUCT((MID('Stock tag'!$D$2:$D$3,5,2)="WP")*('Stock
> tag'!$B$2:$B$3='KEY IN SYSTEM'!B2)*'Stock tag'!$C$2:$C$3)-SUMPRODUCT((MID('ONHAND
> system'!$B$2:$B$692,5,2)="EX")*('ONHAND system'!$A$2:$A$692='KEY IN
> SYSTEM'!B2)*'ONHAND system'!$C$2:$C$692)
>
> -- ganti tanda koma dengan titik koma, jika regional setting adalah
> Indonesia --
> Yang warna biru adalah seluruh WP di sheet OnHand System yang sesuai
> dengan Part Number yang sudah ditentukan
> Yang warna hijau adalah seluruh WP di sheet Stock Tag yang sesuai dengan
> Part Number yang sudah ditentukan
> Yang warna merah adalah seluruh EX di sheet OnHand System yang sesuai
> dengan Part Number yang sudah ditentukan
> Untuk mengambil WP atau EX menggunakan fungsi Mid
>
> Jika data berupa data dinamis yang bisa bertambah atau berkurang jumlah
> baris datanya, maka untuk alamat rujukan bisa memanfaatkan fungsi Tabel
> (Excel 2007 ke atas) atau List (Excel 2003 ke bawah)
>
> Best Regard,
>
> -Ms Jan Raisin-
>
> Pada 28 November 2012 15:55, ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>menulis:
>
> **
>
> Be- exceller,
>
> dari sistem di software kami seperti itu, ex adalah excess raw material
> produksi, wp = adalah raw material produksi
>
> terima kasih
>
>
> amin
>
> ------------------------------
> *Dari:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 28 November 2012 14:29
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Inventory Variance
>
>
> Pak Amin,
>
> sedikit yang masih agak membuat Jan bingung:
>
> 1. apakah kode lokasi hanya ada 2 saja?
> 2. jika ada lebih dari 2 kode lokasi (-- ini menurut analisa Jan saja--),
> apakah kode untuk kode lokasi yang dijumlah yang mengandung unsur "WP", dan
> sebagai pengurang adalah yang mengandung kode "EX" ?
>
> karena informasinya sangat minim sekali, jadi berikut ini adalah solusi
> berdasarkan pemahaman pribadi Jan
>
> pada sheet "Key In System" cell C2 ditulis formula berikut:
> =SUMPRODUCT(('ONHAND system'!$B$2:$B$692="78P1WP02")*('ONHAND
> system'!$A$2:$A$692='KEY IN SYSTEM'!B2)*'ONHAND system'!$C$2:$C$692)+
> SUMPRODUCT(('Stock tag'!$D$2:$D$3="78P1WP02")*('Stock tag'!$B$2:$B$3='KEY
> IN SYSTEM'!B2)*'Stock tag'!$C$2:$C$3)-
> SUMPRODUCT(('ONHAND system'!$B$2:$B$692='KEY IN SYSTEM'!D2)*('ONHAND
> system'!$A$2:$A$692='KEY IN SYSTEM'!B2)*'ONHAND system'!$C$2:$C$692)
>
> lalu dicopy ke bawah, semoga sesuai dengan harapan :)
>
> file terlampir
>
> Best Regad,
>
> -Ms Jan Raisin-
> Pada 28 November 2012 13:46, ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>menulis:
>
> **
>
> Dear Be-Exceller
>
> Bisakah Be-exceller membantu saya untuk memecahkan masalah ini untuk
> mengetahui hasil variance inventory
>
> berikut penjelasannya, kalau kurang mohon di maapin
>
> Qty Stock Tag + Qty Request System location 78P1WP02 HASIL dari
> PENJUMLAHAN ini untuk memenuhi location 78P1EX02, setelah dipenuhi baru
> sisanya masuk ke KEY IN SYSTEM
>
> Contoh:�
>
> 78P1WP02(Di ONHAND system) + 78P1WP02 (Di Stock tag) - 78P1EX02 (Di ONHAND
> system) = Hasil nya di transfer ke Qty KEY IN SYSTEM
>
> Terima kasih
>
> amin
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Fri Nov 30, 2012 4:20 am (PST) . Posted by:

"rodhy hakim" odhyz83_assasaky

Dear Mr.Kid.
Hilang satu tumbuh seribu, mungkin begitulah perumpamaannya hehe...
Untuk kasus sebelumnya sudah teratasi, sekarang muncul permasalahan yang sama tapi tidak serupa :)
saya ingin menjumlahkan total saldo harian dari penerimaan yang dalam bentuk box, pengambilan yang dalam bentuk pack dan pengambilan agen (box)
sekarang saya masih menggunakan formula yg manual. bagaimana menggunakan tabel referensi seperti pada kasus sebelumnya.
 
Terima kasih atas kelapangan hati mr.kid untuk membantuk...
salam
odhy
 
 

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 30, 2012 1:03 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula konversi

 
hehehe...

Pak Odhy ndak membaca secara detil semua arahannya.

Pakai file Bapak yang dulu (bukan lampiran terakhir hari ini).

Cell C25 array formula : -> artinya ::
          tulis formula di C25,jangan tekan Enter tapi tekan tekan 3 tombol CTRL   SHIFT    ENTER

=IFERROR(INT((C$24-SUM(C$24:C24*VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROW(C$2:C2),0)))/VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROWS(C$2:C4),0)),0)

copy ke kanan : -> Copy ke D25,E25,dst kekanan sana
dan bawah : -> setelah selesai copy kekanan, hasil copyan (dari C25 sampai ZZ25) di copy ke baris berikutnya ke C26:ZZ26, C27:ZZ27, dst sampai barinya Pack di baris 28

Karena baris 29 akan diberi array formula :
Cell C29 array formula :
=SUM(C25:C28*VLOOKUP(C23,$K$4:$P$12,ROW($3:$6),0))
copy ke kanan : -> copy ke D29,E29,dstJadi pada lampiran Bapak yang terakhir, di C7 harus dibuat jadi array formula. (ops lupa, bagaimana tadi caranya buat array formula ya ?)oh iya, :1. Tulis formulanya di sebuah cell2. jangan tekan ENTER3. tapi tekan 3 tombol bersamaan, yaitu tombol   CTRL    SHIFT   ENTERSetelah itu di copy ke kolom lain. Lalu, semua formula yang sudah jadi di baris 7, di copy ke baris berikut sampai baris PACK.Nanti dibaris Hasil baru pasang array formula seperti yang untuk C29 di atas (jangan lupa, Array Formula). Kemudian copy ke kolom lain di baris hasil itu.Selesai deh...Wassalam,Kid.

2012/11/30 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>
 
>Dear Mr. Kid,
>Saya sudah coba utak atik tapi formulanya belum berhasil ( apa saya yg terlalu bloon hehe...)
>Mohon bantuannya pak.....

>Terima kasih,

>salam,
>Odhy
>
>________________________________
>From: Mr. Kid <mailto:mr.nmkid%40gmail.com>To: mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com Sent: Thursday, November 29, 2012 9:11 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Formula konversi 
>Alur logikanya sama dengan yang tabel atas Pak.Untuk tabel data berorientasi vertikal (tabel atas), maka pergerakannya ke kolom lain (box sampai pack berbeda kolom untuk produk yang sama) pakai fungsi Column dan Columns untuk merujuk ke tabel referensi.Untuk tabel data berorientasi horisontal (tabel bawah), maka pergerakannya ke baris lain (box sampai pack berbeda baris untuk produk yang sama) pakai fungsi Row dan Rows untuk merujuk ke tabel referensi.Tabel referensi dirujuk dengan fungsi VLookUp.Logika matematikanya :Sisa dari jumlah total pack yang sudah diubah di kolom/baris sebelumnya menjadi paket yang lebih besar, diubah ke satuan paket dikolom itu.Pada file re-Formula untuk konversi ke box,slop dan pack_1.xlsx sudah dijabarkan langkah per langkah hitungan dari logika matematika ini.Wassalam,Kid.

Fri Nov 30, 2012 4:23 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Formula C10 :
=C4+C8+(C7+C9)*VLOOKUP(C$3,$M$4:$O$12,3,0)
Bagian VLookUp adalah untuk mengambil nilai konversi dari tabel referensi.

Wassalam,
Kid.

2012/11/30 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr.Kid.
> Hilang satu tumbuh seribu, mungkin begitulah perumpamaannya hehe...
> Untuk kasus sebelumnya sudah teratasi, sekarang muncul permasalahan yang
> sama tapi tidak serupa :)
> saya ingin menjumlahkan total saldo harian dari penerimaan yang dalam
> bentuk box, pengambilan yang dalam bentuk pack dan pengambilan agen (box)
> sekarang saya masih menggunakan formula yg manual. bagaimana menggunakan
> tabel referensi seperti pada kasus sebelumnya.
>
> Terima kasih atas kelapangan hati mr.kid untuk membantuk...
> salam
> odhy
>
>
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, November 30, 2012 1:03 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Formula konversi
> **
>
> hehehe...
>
> Pak Odhy ndak membaca secara detil semua arahannya.
>
> Pakai file Bapak yang dulu (bukan lampiran terakhir hari ini).
>
> Cell C25 *array formula* : -> artinya ::
> tulis formula di C25,* jangan tekan Enter *tapi tekan tekan *3
> tombol CTRL SHIFT ENTER*
>
>
> =IFERROR(INT((C$24-SUM(C$24:C24*VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROW(C$2:C2),0)))/VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROWS(C$2:C4),0)),0)
>
> *copy ke kanan : -> Copy ke D25,E25,dst kekanan sana
> dan bawah : -> setelah selesai copy kekanan, hasil copyan (dari C25 sampai
> ZZ25) di copy ke baris berikutnya ke C26:ZZ26, C27:ZZ27, dst sampai barinya
> Pack di baris 28
> *
> *
> Karena baris 29 akan diberi array formula :
> ****Cell C29 array formula :
> =SUM(C25:C28*VLOOKUP(C23,$K$4:*$P$12,ROW($3:$6),0))**
> copy ke kanan : -> copy ke D29,E29,dst****Jadi pada lampiran Bapak yang
> terakhir, di C7 harus dibuat jadi array formula. (ops lupa, bagaimana tadi
> caranya buat array formula ya ?)**oh iya, :**1. Tulis formulanya di
> sebuah cell**2. jangan tekan ENTER**3. tapi tekan 3 tombol bersamaan,
> yaitu tombol CTRL SHIFT ENTER****Setelah itu di copy ke kolom
> lain. Lalu, semua formula yang sudah jadi di baris 7, di copy ke baris
> berikut sampai baris PACK.****Nanti dibaris Hasil baru pasang array
> formula seperti yang untuk C29 di atas (jangan lupa, Array Formula).
> Kemudian copy ke kolom lain di baris hasil itu.****Selesai deh...****
> Wassalam,**Kid.**
> *
>
> *
> 2012/11/30 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>**
>
> **
>
> Dear Mr. Kid,
> Saya sudah coba utak atik tapi formulanya belum berhasil ( apa saya yg
> terlalu bloon hehe...)
> Mohon bantuannya pak.....
>
> Terima kasih,
>
> salam,
> Odhy
>
> ________________________________
> **From: Mr. Kid <mailto:mr.nmkid%40gmail.com <mr.nmkid%40gmail.com>>**To:
> mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com <belajar-excel%40yahoogroups.com> *
> *
> Sent: Thursday, November 29, 2012 9:11 PM
> **Subject: Re: [belajar-excel] Formula konversi**** **
> Alur logikanya sama dengan yang tabel atas Pak.**Untuk tabel data
> berorientasi vertikal (tabel atas), maka pergerakannya ke kolom lain (box
> sampai pack berbeda kolom untuk produk yang sama) pakai fungsi Column dan
> Columns untuk merujuk ke tabel referensi.**Untuk tabel data berorientasi
> horisontal (tabel bawah), maka pergerakannya ke baris lain (box sampai pack
> berbeda baris untuk produk yang sama) pakai fungsi Row dan Rows untuk
> merujuk ke tabel referensi.**Tabel referensi dirujuk dengan fungsi
> VLookUp.****Logika matematikanya :**Sisa dari jumlah total pack yang
> sudah diubah di kolom/baris sebelumnya menjadi paket yang lebih besar,
> diubah ke satuan paket dikolom itu.**Pada file re-Formula untuk konversi
> ke box,slop dan pack_1.xlsx sudah dijabarkan langkah per langkah hitungan
> dari logika matematika ini.****Wassalam,**Kid.****
>
> **
> ****
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar