Selasa, 13 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1902

7 New Messages

Digest #1902
1a
Re: menghapus baris yang berisi angka 0 by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: hapus baris yang ngga linknya by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5
YahooGroups Info by "belajar-excel-owner@yahoogroups.com"

Messages

Tue Nov 13, 2012 12:57 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :
1. Non aktifkan autofilter
2. Blok kolom kriteria (kolom yang jadi patokan bahwa nilai 0 akan dihapus
barisnya) [seluruh baris dalam kolom tersebut ~ 1 kolom saja]
>> cara : klik nama kolom excelnya (misal klik kolom G)
3. aktifkan autofilter (hanya 1 kolom ini saja ya)
4. lakukan filtter pada autofilter tersebut :
- hanya angka 0 yang di centang
>> cara1 : hilangkan centang dari select all, kemudian centang angka
0 saja
>> cara2 : custom filter -> pilih equal -> isi dengan 0
5. klik cell pertama data yang tampak (bukan header tabel ya), lalu blok
seluruh data di bawahnya (gunakan SHIFT panah bawah untuk blok seluruh data
sampai baris terkahir yang tampak)
6. pilih cells yang tampak :
>> tekan CTRL G (fitur Goto) -> tekon tombol Special (fitur Goto
Special) -> pilih visible cells only -> tekan OK
7. klik kanan salah satu cell yang ter blok -> pilih delete row
8. non aktifkan autofilter

Wassalam,
Kid.

2012/11/13 Aden S <adendum_81@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear all,
>
> Mohon bantuannya, Bagaimana menghapus baris yang berisi angka 0 dengan
> cara cepat bisa pakai macro atau cara lainnya, karena data di baris yang
> akan di hapus terdiri dari 20000 baris, sehingga cukup makan waktu jika
> dilakukan secara manual (tidak bisa menggunakan sort atau filter karena
> data untuk penjelasan sudah termerged), berikut contoh soal sesuai dengan
> lampiran
>
> Terima kasih
>
> Aden
>
> --- Mods ---
> File attachment dihilangkan karena melebihi batas peraturan milis (max
> 250KB).
> Semoga penanya bersedia memposting ulang file attachment yang ukuran fila
> telah sesuai peraturan milis.
> ------------
>
>

Tue Nov 13, 2012 1:18 am (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Kecepatan prosesing data di excel.

1. apakah di tentukan oleh banyak nya karakter di dalam formula tersebut.
semakin panjang , semakin lama waktu yg di butuhkan ?

2. misal nya : Range("$A$2:$A$36000") dan range ( "$D$1:$AB$1)
mana yg lebih cepat . : bila mengunakan sumproduct , index +macth ,
Vloopup + hLoopup atau lain nya

3. bagaimana urutan dari formula yg paling membebani kinerja dari prosesor
di komputer --- sampai yg paling ringan ?

4. Manakah yg akan lebih cepat dari pilihan dibawah ini ? Bila :
a: semula di 1 workbook di 1 worksheet : dengan
range("$A$2:$A$36000") dan range ( "$D$1:$AB$1)
b: menjadi 1 workbook dengan 5 worksheet dengan
range("$A$2:$A$6000") dan range ( "$D$1:$AB$1)
c: menjadi 5 workbook dengan 1 worksheet dalam 1 folder dengan
range("$A$2:$A$6000") dan range ( "$D$1:$AB$1)

5. apakah yg lebih cepat antara formula yg di tulis dalam macro bila di
bandingkan dengan formula yg di tulis di dalam excel
(sudah tentu saat menulis data nya . formula: calculation option
dalam posisi : manual)

Salam

Lukman

--- Mods ---
Untuk tambahan wacana :
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa730921%28v=office.12%29.aspx
------------

Tue Nov 13, 2012 1:59 am (PST) . Posted by:

"him mah"

Mohon bantuannya

saya punya file excel dengan nama fileA terdiri dari beberapa sheet
dengan nama "A","B","C","D", dan "E" status sheet tersebut
xlSheetVeryHidden

saya ingin melakukan move copy ke file excel baru untuk sheet tersebut
dan file baru tersebut dinamai fileB,

untuk di fileA sheet sheet tersebut statusnya biar xlSheetVeryHidden
sedangkan di di fileB sheet tersebut statusnya menjadi xlSheetVisible

kira-kira VBA nya seperti apa

terima kasih

Tue Nov 13, 2012 2:40 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Atau sedikit diubah prosedurnya hingga seperti prosedur berikut ini :
Public Sub DeleteNonHyperlink()
Dim rngData As Range, rng As Range
Set rngData = Sheet1.Range("a1").CurrentRegion.Resize(, 1).Offset(1, 1)
For Each rng In rngData
If rng.Hyperlinks.Count < 1 Then
rng.ClearContents
End If
Next rng
rngData.SpecialCells(xlCellTypeBlanks).EntireRow.Delete
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/11/13 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> **
>
>
> ibu Himmah,
>
> selamat ya.. senang rasanya solusi dari saya sesuai dengan yang ibu Himmah
> inginkan.
>
>
> Mas Aji,
>
> deklarasi di dalam Loop dimaksudkan untuk mendapatkan kembali nilai baris
> dari setiap data setelah dilakukan penghapusan terhadap suatu baris
> tertentu di dalam data tersebut.
>
> Jika deklarasi dilakukan di luar Loop, misal dilakukan penghapusan
> terhadap baris nomor 3 yang perintahnya terdapat dalam blok For Each -
> Next, maka setelah baris 3 terhapus maka baris 4 akan berubah menjadi baris
> 3 *(4 >> 3; 5 >> 4; 6 >> 5 dst)* sedangkan Excel akan menyimpan data
> bahwa sebelumnya operasi dilakukan pada baris 3.
>
> Maka pada saat macro kembali dijalankan untuk baris berikutnya (baris 4)
> maka sebetulnya yang sekarang dilakukan adalah operasi untuk baris 5 yang
> sudah menjadi baris 4, dan baris 4 yang sudah berubah menjadi baris 3 tidak
> akan dicek kembali.
>
> Untuk menghindari hak tersebut maka perlu dilakukan deklarasi kembali di
> dalam loop For Each - Next, dengan tujuan untuk mendapatkan kembali range
> data dan nomor baris dari setiap data tersebut.
>
> kira-kira begitu mas Aji, semoga penjelasan saya mudah untuk dimengerti
>
> Best Regard,
>
>
> Jan Raisin
>
> Pada 13 November 2012 10:45, aji mumpung <pupung1986@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> mbak Jan Raisin,
>>
>> kalo boleh tolong diterangkan kenapa deklarasi variabel ada yang dibuat
>> di dalam Loop ya? karena umumnya deklarasi kan selalu diletakan di baris
>> paling atas
>>
>> terima kasih sebelumnya
>>
>> wassalam,
>>
>> -aji mumpung-
>>
>> Pada 13 November 2012 10:17, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>menulis:
>>
>> **
>>>
>>>
>

Tue Nov 13, 2012 3:13 am (PST) . Posted by:

"belajar-excel-owner@yahoogroups.com"

Dear BeExceller,

Berikut kutipan berita dari YahooGroups :
"We're upgrading our systems and Yahoo! Groups will be unavailable for a few hours on the night of November 18th Pacific Standard Time. Emails sent to your groups will be delivered late during this time."

00:00 PST = 15:00 WIB (PST+8=GMT; WIB=GMT+7)

Demikian untuk diperhatikan.

Hormat Kami,
Moderator Belajar-Excel

Tue Nov 13, 2012 4:01 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Moka,

Coba langkah berikut :
1. Setiap sheet referensi dibuat nama range yang merujuk header (misal
baris 6) mulai dari kolom terkiri (mulai kolom B semua juga boleh).
2. Nama range setiap sheet referensi adalah gabungan teks 3 item (tanpa
underscore), yaitu item-item Plan, Mata Uang, Cara Bayar. Contoh : DGRSpr
3. Pada sheet Tbl NT, buat sebuah nama range yang dirujuk dengan suatu
formula berisi fungsi Indirect (bagian refers to berisi fungsi Indirect).
Formula tersebut adalah :
=INDIRECT('Tbl NT'!$D$2&'Tbl NT'!$D$3&'Tbl NT'!$D$4)
4. Misal nama range ini diberi nama dengan _RefTerpilih_
5. Buat formula pada sheet Tbl NT di cell C10 :
=IFERROR(HLOOKUP(C$9,_RefTerpilih_,$B10+2,),0)
6. Copy formula di C10 ke kanan dan ke bawah.
7. Jika nama range yang dirujuk dengan formula (_RefTerpilih_) diberi nama
yang berbeda, maka ganti seluruh formula yang merujuk ke nama range
tersebut (formula di nomor 5)

Jika kesulitan membuat nama range karena saking banyaknya, maka VBA bisa
membantu membuatkannya.
Untuk bagian ini, diserahkan para penggemar VBA dan para pembelajar VBA
saja ya... biar rame...

Wassalam,
Kid.

2012/11/12 Darmoka Purba <darmokapurba@yahoo.com>

> **
>
>
> *Kepada Para Guru/master excel
> *
> Mohon bantuannya atas kebingungan saya[image: '@^@||| pusing]
>
> di sheet 1 adalah nilai yang didapat dari sheet lain (referensi), sheet
> referensi ditentukan berdasarkan kriteria tertentu.
> bagaimana cara agar ketika kriteria diubah, otomatis nilai di sheet 1 juga
> berubah sesuai kriteria????
>
> Atas bantuannya[image: =D&gt; tepuk tangan][image: =D&gt; tepuk tangan][image:
> =D&gt; tepuk tangan][image: O:-) malaikat], sbelumnya saya ucapkan banyak
> terima kasih.
>
>
> Regards,
> Moka
>
>
>

Tue Nov 13, 2012 5:15 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

mas den bagus se jogja,

coba tambahkan script berikut ini di bawah deklarasi yang paling akhir,
tetapi di atas script yang berbunyi Application.ScreenUpdating = False

' =====================================================================
'
' modified by Miss Jan Raisin
'
' untuk millis Belajar Excel
'
' 13 November 2012
'
' penambahan script untuk menghapus data lama sebelum menulis data baru
'
' =====================================================================
'

' [AwalDariScriptTambahan]
' deklarasikan variabel untuk menyimpan objek berupa worksheet
Dim ws As Worksheet

' yang akan kita lakukan adalah menguji untuk setiap worksheet
' jika nama worksheet tidak sama dengan Input maka
' hapus data mulai dari cell B11 ke arah kanan dan ke bawah
' pertama-tama lakukan Loop terhadap semua worksheet
For Each ws In Worksheets

' lakukan pengujian nama worksheet menggunakan perintah .Name
If ws.Name <> "Input" Then

' hapus data dalam worksheet tersebut mulai dari cell B11
' untuk menunjuk gunakan perintah ws.Range("b11")
' sampai dengan baris paling bawah & paling kanan yang berisi
data
' untuk menunjuk gunakan perintah
ws.Range("b11").End(xlDown).End(xlToRight)
' perintah untuk menghapusnya adalah .ClearContents
Range(ws.Range("b11"),
ws.Range("b11").End(xlDown).End(xlToRight)).ClearContents

' ini adalah penutup dari pengujian nama worksheet
End If

' ini adalah blok penutup dari loop
Next ws

' [/AkhirDariScriptTambahan]

semoga yang ini sudah sesuai dengan yang diharapkan, kalo masih ada yang
kurang sesuai coba mas den bagus kutak-katik dulu, nanti kesulitannya
silakan dishare lagi ke millis

Best Regard,

Jan Raisin

Pada 13 November 2012 05:00, dhen.baguse <bagusejogja@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> wah walupun jan bukanlan programer tapi hasilnya sesuai yang diharapkan,
> ruar binasa dan top markotop seperti di bimbingan les private aje...:)
> mas atau mb jan mau tanya lagi, itu semisal tombol diklik yang ke 2
> kalinya kan munculnya data yang sama dan menambahkan dibawahnya, agar tidak
> membuat tambahan data dibawahnya tapi penghapus yang lama dan menggantik
> data dari perintah yang baru itu tambahan codingnya gmna jan?
>
> terimakasih jan;)
>
> ________________________________
> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Monday, November 12, 2012 1:26 PM
> Subject: Re: [belajar-excel] Pembagian ke masing masing sheet
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar