Jumat, 16 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1908

15 New Messages

Digest #1908
1a
hapus baris by "indria pie" mas_pie3
1b
Re: hapus baris by "Bagus" bagus4bls
1c
Re: hapus baris by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1d
Bls: [belajar-excel] hapus baris by "indria pie" mas_pie3
2a
Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2b
Re: Looping yang tidak ngeloop pada bagian akhir by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: copy unique record only by "Bagus" bagus4bls
4
formula excel untuk cuti karyawan by "indria pie" mas_pie3
6a
Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional by "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80
6b
Re: Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6c
Re: Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional by "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80
6d
Re: Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6e
Re: Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional by "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80

Messages

Thu Nov 15, 2012 6:17 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

salam excel,

mohon bantuan friend-friend exceler untuk permsalahan untuk menghapus baris yang saya kirimkan ini.

terima kasih,

Thu Nov 15, 2012 6:47 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Pie;

Mungkin begini;

Pada cell A3, ketik =MAX(A$2:A2)+1

Copy kebawah

Bagus

----- Original Message -----
From: indria pie
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 16, 2012 9:17 AM
Subject: [belajar-excel] hapus baris

salam excel,

mohon bantuan friend-friend exceler untuk permsalahan untuk menghapus baris yang saya kirimkan ini.

terima kasih,

Thu Nov 15, 2012 6:49 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Indria,

Jika yang dimaksud adalah melanjutkan no sebelumnya anda bisa mendrag (dengan mouse) No 2 (A3+1) ke bawah.

Kalau yang diinginkan mulai dari no 1 lagi (seperti contoh disebelahnya) anda cukup mengetik angka "1" pada baris pertama yang mengandung #Ref setelah dihapus (baris ke 5) .

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 16 November 2012, 9:17
Subject: [belajar-excel] hapus baris


 
salam excel,

mohon bantuan friend-friend exceler untuk permsalahan untuk menghapus baris yang saya kirimkan ini.

terima kasih,

Thu Nov 15, 2012 10:30 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

terima kasih pak hendrik, Pak bagus

jawabannya langsung saya terapkan dan 'its work'

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 16 November 2012 9:49
Judul: Re: [belajar-excel] hapus baris


 
Dear Indria,

Jika yang dimaksud adalah melanjutkan no sebelumnya anda bisa mendrag (dengan mouse) No 2 (A3+1) ke bawah.

Kalau yang diinginkan mulai dari no 1 lagi (seperti contoh disebelahnya) anda cukup mengetik angka "1" pada baris pertama yang mengandung #Ref setelah dihapus (baris ke 5) .

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 16 November 2012, 9:17
Subject: [belajar-excel] hapus baris


 
salam excel,

mohon bantuan friend-friend exceler untuk permsalahan untuk menghapus baris yang saya kirimkan ini.

terima kasih,

Thu Nov 15, 2012 6:37 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Rekan2 Be-Excel,

Dalam rangka mencoba menjawab pertanyaan seorang member "Bagaimana tambahan codingnya jika GL nya tidak dicetak saja melainkan dibuatkan masing-masing sheet", saya mencoba merevisi Code warna hijau dengan Code warna biru dalam macro berikut ini:

Sub Lihat()
    Dim rng As Range
    Dim ttl As Range
    Range("Counter") = Range("Mulai")
    For i = Range("Mulai") To Range("Sampai")
        Range(Range("G9"), Range("G9").End(xlDown)).ClearContents
        Sheets("Jurnal").Columns("A:F").AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
            CriteriaRange:=Range("A4:C5"), CopyToRange:=Range("A8:F8"), _
            Unique:=True
        Set rng = Range("A8").CurrentRegion
        Set ttl = Range("A8").Offset(rng.Rows.Count)
        ttl(, 4).Value =
"Total"
        ttl(, 5).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
        ttl(, 6).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
        Range("G9").FormulaR1C1 = "=R6C7+SUM(R8C5:RC[-2])-SUM(R8C6:RC[-1])"
        If Range("A10") <> "" Then
            Range("G9").AutoFill Destination:=Range("G9").Resize(rng.Rows.Count - 1, 1), Type:=xlFillDefault
        End If
        'rng.Resize(rng.Rows.Count + 1).PrintPreview
        Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
        ActiveSheet.Name = Sheets("GL").Range("A6")
        Sheets("GL").Columns("A:G").Copy
        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
        Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormats
        Application.CutCopyMode = False
        If Range("Counter") = Range("Sampai") Then
            Exit Sub
        Else
            Range("Counter") = Range("Counter") +
1
        End If
    Next i
End Sub

dimana, ketika kita menekan tombol PREVIEW GL, fungsi PrintPreview diganti dengan menampilkan sheet masing2 sesuai No Rek yang dipilihpada sheet GL(file terlampir).

Permasalahan:
Looping pada No Rek akhir (No Rek 1123) koq bisa2nya mengambil No Rek Awal (No Rek 1121)

Saya yakin dongeng Mr. Kid atau petuah Miss Jan Raisin dan para pakar lainnya bisa menjelaskan hal ini.

Terima kasih.

Salam,
Hendrik Karnadi

Thu Nov 15, 2012 10:27 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Begini saja,

Bagaimana kalau Pak Hendrik mencoba baris berikut, diletakkan tepat setelah
baris For.
debug.print "i:" & i , "shtAktif:" & range("g9").parent.name,
"shtKriteria:" & range("a5").parent.name, "shtCopyTo:" & range("f8").
parent.name

pastikan window immediate pada VBE sudah diaktifkan (tampak). run prosedur
dan lihat hasil di immediate window.
baris info di atas bisa jadi memberi ide buat Pak Hendrik untuk berbuat
sesuatu.
jika ada kebingungan, coba off-kan dulu bagian pembuat sheet yang baru
beserta proses copy paste valuesnya. run ulang prosedur dan lihat immediate
lagi.
kemudian on-kan lagi baris pembuat sheet baru beserta proses copy. run
ulang prosedur dan lihat immediate lagi.

baris info proses dengan debug.print di atas adalah salah satu cara
mengikuti suatu proses dalam sebuah prosedur.
jangan lupa untuk bagi-bagi penyebabnya dan tindakan yang diambil untuk
membetulkannya ke milis.
kalau masih belum nemu juga, coba re-post disertai salah satu copas hasil
debug.print -nya....

selamat mencoba...

Wassalam,
Kid.

2012/11/16 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Rekan2 Be-Excel,
>
> Dalam rangka mencoba menjawab pertanyaan seorang member "Bagaimana
> tambahan codingnya jika GL nya tidak dicetak saja melainkan dibuatkan
> masing-masing sheet", saya mencoba merevisi Code warna hijau dengan Code
> warna biru dalam macro berikut ini:
>
> Sub Lihat()
> Dim rng As Range
> Dim ttl As Range
> Range("Counter") = Range("Mulai")
> For i = Range("Mulai") To Range("Sampai")
> Range(Range("G9"), Range("G9").End(xlDown)).ClearContents
> Sheets("Jurnal").Columns("A:F").AdvancedFilter
> Action:=xlFilterCopy, _
> CriteriaRange:=Range("A4:C5"), CopyToRange:=Range("A8:F8"), _
> Unique:=True
> Set rng = Range("A8").CurrentRegion
> Set ttl = Range("A8").Offset(rng.Rows.Count)
> ttl(, 4).Value = "Total"
> ttl(, 5).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
> ttl(, 6).FormulaR1C1 = "=Sum(R8C:R[-1]C)"
> Range("G9").FormulaR1C1 = "=R6C7+SUM(R8C5:RC[-2])-SUM(R8C6:RC[-1])"
> If Range("A10") <> "" Then
> Range("G9").AutoFill
> Destination:=Range("G9").Resize(rng.Rows.Count - 1, 1), Type:=xlFillDefault
> End If
> 'rng.Resize(rng.Rows.Count + 1).PrintPreview
> Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
> ActiveSheet.Name = Sheets("GL").Range("A6")
> Sheets("GL").Columns("A:G").Copy
> Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
> Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormats
> Application.CutCopyMode = False
> If Range("Counter") = Range("Sampai") Then
> Exit Sub
> Else
> Range("Counter") = Range("Counter") + 1
> End If
> Next i
> End Sub
>
> dimana, ketika kita menekan tombol PREVIEW GL, fungsi PrintPreview
> diganti dengan menampilkan sheet masing2 sesuai No Rek yang dipilih pada
> sheet GL (file terlampir).
>
> Permasalahan:
> Looping pada No Rek akhir (No Rek 1123) koq bisa2nya mengambil No Rek
> Awal (No Rek 1121)
>
> Saya yakin dongeng Mr. Kid atau petuah Miss Jan Raisin dan para pakar
> lainnya bisa menjelaskan hal ini.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>

Thu Nov 15, 2012 6:55 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Woooww...

Mantab Mr. Kid

Alhamdulillah dapat ilmu baru.

Bagus

----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, November 15, 2012 10:24 PM
Subject: Re: [belajar-excel] copy unique record only

Sama-sama.

hehehe... sarapannya array formula Pak, ;P

Andai saja array formula :
=IFERROR(INDEX($D$2:$D$12;MATCH(0;COUNTIF($E$1:E1;$D$2:$D$12);0));"")

diubah sedikit saja menjadi :
=IFERROR( INDEX( $D$2:$D$12 ; MATCH( Sum( CountIF( $D$2:$D$12 , $E$1:E1 ) ) ; COUNTIF( $D$2:$D$12 ; ">" & $D$2:$D$12 ) ; 0 ) ) ; "" )
maka bisa didapat daftar unique yang sorted descending. Array formula di atas bisa digunakan untuk tipe data text.
Tanda ">" adalah untuk sorting descending. Jika diganti menjadi "<" maka hasilnya akan sorted ascending.
Proses Sum terhadap array hasil CountIF data sumber dengan kriteria semua item yang sudah diperoleh adalah petugas pemilih data unique-nya.

hehehe... masih Index Match kan... Dalemannya Match yang ketambahan Sum.

Wassalam,
Kid.

2012/11/15 Mardi <sumardiana596@gmail.com>

Terima kasih banyak Mr Kid dan juga Pak Hendrik,
Sangat gamblang sekali pemaparan Mr Kid , Yang saya salut dari master-master semua.....bisa-bisanya menuangkan bahasa manusia ke bahasa formula ,makananya apaaaaa gitu lho . Mbok sekali-kali diajakin makan bareng biar ketularan pinternya....he..he.. Setau saya index match ya fungsinya hampir sama kayak vlookup/hlookup gitu doang , ternyata bisa juga buat nyari uniq record.
Terima kasih banyak Mr Kid
salam

mardi

On 15/11/2012 19:56, Mr. Kid wrote:

Thu Nov 15, 2012 8:09 pm (PST) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

Yth. Master Excel

mohon kami dibantu untuk permasalahan tentang formula excel untuk cuti karyawan

mohon solusi dan pencerahannya ?

terima kasih sebelumnya

salam,
snupy

Thu Nov 15, 2012 9:43 pm (PST) . Posted by:

"Kelik Pitoyo"

Selamat Pagi,

Mr Kid

Ok, terima kasih,

Dari seseorang, untuk ukuran : activesheet.pagesetup.PaperSize = xlPaperFolio

Terima kasih semua.

Salam,

Kelik

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 14 Nopember 2012 13:51
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Kode cetak dng ukuran kertas, posisi landskip/portrait

Mas Kelik.

Landscape atau portrait itu disebut orientasi.
Jadi gunakan properti Orientation

activesheet.pagesetup.orientation = xlLandscape
atau
activesheet.pagesetup.orientation = xlPortrait

Wassalam,
Kid.

2012/11/14 Kelik Pitoyo <kelik@shindengen.co.id>

Dear Be Exceller,

Langsung ke TKP, Bila pengkodean cetak sbb:

Private Sub CommandButton1_Click()

' cetak Macro

' print 100%

Application.ScreenUpdating = False

ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "$x$3:$ag$25"

With ActiveSheet.PageSetup

.TopMargin = Application.InchesToPoints(0.1358267716535)

.BottomMargin = Application.InchesToPoints(0.33110236220472)

.RightMargin = Application.InchesToPoints(0.11110236220472)

.LeftMargin = Application.InchesToPoints(0.100000236220472)

.Zoom = 100

End With

ActiveWindow.SelectedSheets.PrintPreview

Application.ScreenUpdating = True

End Sub

Bila ingin menambahkan ukuran kertas dan posisi Landskip atau Portrait, bagaimana pengkodeannya ya?

Mohon bantuannya?

Terima kasih sebelumnya,

Salam,

Kelik

Thu Nov 15, 2012 10:25 pm (PST) . Posted by:

"hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80

Dear All,
Saya ingin membuat tanggal jatuh tempo dgn tidak memperhitungkan libur nasional dan hari minggu, saya ada mengadop VBA dr Alm mba siti, tetapi hasil yg diinginkan kurang tepat, adakah yg bisa membantu..
Terima kasih sebelumnya
Salam
Tiny

Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
Date: Fri, 16 Nov 2012 05:46:30
To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
Subject: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional


CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended only for the use of the individual or entity named above and may contain information that is privileged, confidential and exempt from disclosure under applicable law. If the reader of this message is not the intended recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or copying of this communication is strictly prohibited. If you have received this message in error, please immediately notify the sender and delete the mail. Thank you.

Thu Nov 15, 2012 10:30 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba pada D7 :
=b7 + c7

Wassalam,
Kid.

On Fri, Nov 16, 2012 at 1:16 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> Dear All,
> Saya ingin membuat tanggal jatuh tempo dgn tidak memperhitungkan libur
> nasional dan hari minggu, saya ada mengadop VBA dr Alm mba siti, tetapi
> hasil yg diinginkan kurang tepat, adakah yg bisa membantu..
> Terima kasih sebelumnya
> Salam
> Tiny
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>
> -----Original Message-----
> From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
> Date: Fri, 16 Nov 2012 05:46:30
> To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
> Subject: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional
>
>
> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
> only for the use of the individual or entity named above and may contain
> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
> mail. Thank you.
>
>
>

Thu Nov 15, 2012 10:35 pm (PST) . Posted by:

"hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80

Tidak mewakili Mr Kid, karena jika saya menggunakan hari kerja 4 hari maka tgl terakhir adalah 28 Okt, sedangkan tgl 28 adalah hari minggu yaitu hari yg tidak diperhitungkan sebagai hari kerja, jadi jika 4 hari seharusnya jatuh pada tgl 29 karena tgl 26 dan 28 adalah tanggal merah.
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 16 Nov 2012 13:30:07
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional

Coba pada D7 :
=b7 + c7

Wassalam,
Kid.

On Fri, Nov 16, 2012 at 1:16 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> Dear All,
> Saya ingin membuat tanggal jatuh tempo dgn tidak memperhitungkan libur
> nasional dan hari minggu, saya ada mengadop VBA dr Alm mba siti, tetapi
> hasil yg diinginkan kurang tepat, adakah yg bisa membantu..
> Terima kasih sebelumnya
> Salam
> Tiny
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>
> -----Original Message-----
> From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
> Date: Fri, 16 Nov 2012 05:46:30
> To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
> Subject: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional
>
>
> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
> only for the use of the individual or entity named above and may contain
> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
> mail. Thank you.
>
>
>

Thu Nov 15, 2012 10:58 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...
coba *array formula* : (asumsi : maksimal jumlah *hari tambahan* adalah 50.
Ganti angka *100 *dengan angka lainnya (*2 kali lipat maksimal jumlah hari
tambahan*))
=SMALL(IF(COUNTIF(*LibNas*,B7+ROW($1:$*100*))=0,B7+ROW($1:$*100*)),*C7*)
Pastikan hari *minggu *masuk dalam daftar *LibNas*

Tapi formula di atas belum dicoba untuk banyak macam posisi hari dan *tambahan
hari* (nilai *C7*)

Wassalam,
Kid.

On Fri, Nov 16, 2012 at 1:35 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> ** Tidak mewakili Mr Kid, karena jika saya menggunakan hari kerja 4 hari
> maka tgl terakhir adalah 28 Okt, sedangkan tgl 28 adalah hari minggu yaitu
> hari yg tidak diperhitungkan sebagai hari kerja, jadi jika 4 hari
> seharusnya jatuh pada tgl 29 karena tgl 26 dan 28 adalah tanggal merah.
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 16 Nov 2012 13:30:07 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional
>
>
>
> Coba pada D7 :
> =b7 + c7
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> On Fri, Nov 16, 2012 at 1:16 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Dear All,
>> Saya ingin membuat tanggal jatuh tempo dgn tidak memperhitungkan libur
>> nasional dan hari minggu, saya ada mengadop VBA dr Alm mba siti, tetapi
>> hasil yg diinginkan kurang tepat, adakah yg bisa membantu..
>> Terima kasih sebelumnya
>> Salam
>> Tiny
>>
>> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>>
>> -----Original Message-----
>> From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
>> Date: Fri, 16 Nov 2012 05:46:30
>> To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
>> Subject: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional
>>
>>
>> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
>> only for the use of the individual or entity named above and may contain
>> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
>> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
>> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
>> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
>> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
>> mail. Thank you.
>>
>>
>
>

Thu Nov 15, 2012 11:07 pm (PST) . Posted by:

"hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80

:( hasilnya masih sama dgn yg tadi Mr Kid, bahkan lompat harinya lebih jauh, tidak tepat seperti hasil akhir tgl yg diinginkan
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 16 Nov 2012 13:57:42
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional

hehehe...
coba *array formula* : (asumsi : maksimal jumlah *hari tambahan* adalah 50.
Ganti angka *100 *dengan angka lainnya (*2 kali lipat maksimal jumlah hari
tambahan*))
=SMALL(IF(COUNTIF(*LibNas*,B7+ROW($1:$*100*))=0,B7+ROW($1:$*100*)),*C7*)
Pastikan hari *minggu *masuk dalam daftar *LibNas*

Tapi formula di atas belum dicoba untuk banyak macam posisi hari dan *tambahan
hari* (nilai *C7*)

Wassalam,
Kid.

On Fri, Nov 16, 2012 at 1:35 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> ** Tidak mewakili Mr Kid, karena jika saya menggunakan hari kerja 4 hari
> maka tgl terakhir adalah 28 Okt, sedangkan tgl 28 adalah hari minggu yaitu
> hari yg tidak diperhitungkan sebagai hari kerja, jadi jika 4 hari
> seharusnya jatuh pada tgl 29 karena tgl 26 dan 28 adalah tanggal merah.
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 16 Nov 2012 13:30:07 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional
>
>
>
> Coba pada D7 :
> =b7 + c7
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> On Fri, Nov 16, 2012 at 1:16 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Dear All,
>> Saya ingin membuat tanggal jatuh tempo dgn tidak memperhitungkan libur
>> nasional dan hari minggu, saya ada mengadop VBA dr Alm mba siti, tetapi
>> hasil yg diinginkan kurang tepat, adakah yg bisa membantu..
>> Terima kasih sebelumnya
>> Salam
>> Tiny
>>
>> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>>
>> -----Original Message-----
>> From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
>> Date: Fri, 16 Nov 2012 05:46:30
>> To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
>> Subject: Tidak Memperhitungkan Libur Nasional
>>
>>
>> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
>> only for the use of the individual or entity named above and may contain
>> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
>> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
>> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
>> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
>> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
>> mail. Thank you.
>>
>>
>
>

Fri Nov 16, 2012 12:36 am (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Terima Kasih .

Pak Jan Raisin dan Pak Kid.

ini pengalaman yg saya alami sebagai berikut :
sebelum nya : saya pakai desk top dengan prosesor intel E7400 core to
duo 2.8 Ghz. dengan memory 4 GB (DDR 2) FSB nya lupa berapa .
hard disk pakai yg lama : sata
OS : win xp dan office 2007 32 bit untuk calculate : masih bisa
walaupun lambat . tapi saat di gunakan buat sort : tidak bisa
OS : win 7 dan Office 2010 64 bit untuk calculate : jauh lebih cepat
. tapi saat digunakan buat sort untuk semua data sekali jalan : tidak
bisa
terpaksa sekali sort : hanya untuk 4.000 rows baru bisa .

sekarang : dengan Intel I5 3450 4 core : 3.1 Ghz dengan memory DDR 3 :
2 X 8 Gb (masih bisa di expanse menjadi 32 GB : 4 X 8 Gb) FSB sesuai
dengan MB nya.
Hard disk pakai yg lama .
OS win 7 dan office 2010 64 bit . untuk calculate : lebih cepat (walaupun
masih harus menunggu) dan untuk sort data : sudah bisa di laksanakan.

aneh nya di monitor : dengan task manager : Performance : Resouce monitor
:
saat ada data baru : CPU yg terpakai : 25 % saja . memory yg
terpakai : nga seberapa .
saat sort data : memory yg terpakai : 100 % beberapa waktu kemudian
. baru cpu yg terpakai : 100 % dan selesai.

Bila saya buka file excel 2 kali dengan file berbeda (dua kali klik
excel) :jadi di task manager : application : ada excel , excel
saat ada data baru : CPU yg terpakai bisa 50 % an .

Bila saya buka excel file A , lalu buka lagi file B di excel yg sama .
CPU yg terpakai : 25 %

mungkin kah karena 4 core : maka cpu yg terpakai hanya 25 % 1 kali klik di
excel nya (pada ada perubahan / penambahan data) ?
kalau buka 2 file di excel yg
berbeda CPU yg terpakai : 50 % . (untuk percobaan saja)

apa yg harus di settiing di komputer biar cpu yg terpakai : bisa samapai
70 ~ 80 % an ?

Salam

Lukman

2012/11/13 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> ops e...
> hehehe...
> miss.ujan..
>
> mbak jan sudah memberi gambaran dengan gamblang tentang prosesor, fsb,
> memori, dsb...
>
> saya iseng nyimpulin walau gak bener-bener amat.
>
> 1. Prosesor : core to duo : 3,4 GB core 4 : 3 GB core 8 :
> 2,6 GB.
> mana yg *lebih cocok buat excel*. (*lebih cepat*). GB nya atau
> banyak nya core apakah bisa membuat excel lebih cepat.
> >> Cocok untuk kriteria cepat buat Excel saja (bukan cocok untuk secara
> keseluruhan) :
> - kalikan jumlah core dengan frekuensi prosessornya, ambil yang
> paling tinggi nilainya
>
>
> 2. memory .(ddr3) : 4 gb, 8 gb , 16 gb, 32 gb.
> berapa jumlah memory *ideal *nya yg di butuhkan buat excel.
> >> ideal belum didefinisikan dengan jelas, maka diasumsikan juga sebagai
> cepat saja :
> - ambil yang paling luas (paling tinggi nilainya GB)
>
>
> 3. Bila didalam excel : banyak formula nya . Jumlah row nya lumanyan saja
> : lebih butuh proseor atau memory ?
> >> pengaruh jenis formula dan cara menyusun formulanya dimaklumi jika
> membuat tidak optimum :
> - butuh keduanya. memory yang tinggi akan memperluas area antrian
> yang mudah dipanggil untuk diproses. Makin tinggi frekuensi prosesor akan
> mempercepat proses setiap formula. Makin banyak core akan memperbanyak
> tempat prosesnya.
> - hanya saja, office 2007 masih kurang lihai memanfaatkan multi core.
> Mungkin office 2010 atau setelahnya akan lebih baik. Meski kurang lihai,
> masih cukup terasa perbedaan antar jumlah core.
>
>
> 4. bila file excel nya row nya sangat banyak . lebih membutuhkan
> prosesor atau memory ?
> >> untuk formulanya sedikit dan sederhana atau malah tidak ada, lebih
> butuh memori.
> >> untuk formulanya banyak (sederhana atau kompleks, optimum atau tidak),
> butuh prosesor untuk proses kalkulasi dan butuh memori untuk memperbanyak
> item excel yang masuk ruang antrian untuk diproses.
>
> Excel yang digunakan dengan baik umumnya membutuhkan spesifikasi yang
> tidak terlalu tinggi pada sisi enginenya. Coba lihat minimum
> requirements-nya.
> Untuk pengolahan data sekitar 900K records pada 5 sheet untuk disusun
> menjadi 13 sheet output lainnyadengan formula, dengan core4 2 koma sekian
> GHz pada RAM 4GB sudah sangat cepat. Masalahnya, memang harus ada proses
> optimasi yang dilakukan. Coba pelajari cara optimasi formula.
> Oh iya, pemanfaatan VBA pada contoh data sekitar 900K tersebut akan lebih
> efisien ketika mengurangi jumlah loop.
>
> gitu kali ya...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/11/12 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Pak Lukman,
>>
>> sekedar berbagi pengetahuan yang saya dapat saat saya pertama masuk ke
>> sebuah perusahaan komputer yang perwakilannya hampir bisa ditemukan di mana
>> saja kita menunjuk suatu tempat di bola dunia.
>>
>> Jumlah core processor komputer dapat diibaratkan dengan jumlah truk yang
>> digunakan untuk mengangkut barang dari 1 tempat ke tempat lain, semakin
>> banyak truk yang kita miliki dan semakin besar ukuran muatan truk tentu
>> saja proses memindahkan barang dari 1 tempat ke tempat lain akan semakin
>> cepat.
>>
>> Bagaimana jika jumlah core dan kecepatann processor yang kita bandingkan
>> berbeda, bukan perbandingan apel to apel?
>> Secara logika perhitungannya juga akan sama dengan waktu yang kita
>> butuhkan untuk memindahkan barang berdasarkan kapasitas truk dan jumlah
>> truk yang kita miliki, jadi tinggal kita kalikan saja jumlah core dengan
>> kecepatannya, semakin besar nilainya maka akan semakin cepat waktu
>> prosesnya.
>>
>> Tapi, selain jumlah core dan kecepatan processor, kecepatan kerja
>> komputer juga dipengaruhi oleh FSB, apa sih FSB itu? FSB bisa diibaratkan
>> sebagai sebuah jalan, jika jalan tersebut sangat lebar tentu saja akan
>> dapat dilewati kendaraan secara bersamaan dalam jumlah yang banyak,
>> dibandingkan dengan jalan yang sempit yang mengharuskan kendaraan berjalan
>> dengan cara antri, atau bahkan mungkin saja terjadi fenomena bottleneck
>> saat kapasitas kendaraan melebihi lebar jalan yang ada.
>>
>> Ada sebuah istilah yang disebut OverClocking, yaitu suatu upaya
>> meningkatkan kecepatan kerja komputer dengan cara meningkatkan nilai FSB,
>> biasanya kecepatan processor bisa naik sampai kisaran 20% s/d 30% dari
>> kecepatan normal, tentu saja ada efek samping dari overclocking ini,
>> misalnya panas yang berlebih atau terjadinya kekurangan daya, akan menarik
>> jika pak Lukman melihat kompetisi overclocking, dimana saya menyaksikan
>> bahwa kecepatan kerja komputer naik secara signifikan tetapi akhirnya
>> terbakar karena over heating (saya sangat menyukai saat melihat komputer
>> peserta yang terbakar karena over heating xixixixi :D)
>>
>> processor mana yang lebih baik antara Intel atau AMD? untuk ini saya
>> tidak dapat menjawab karena pada saat salah satu pemegang merk tersebut
>> mengusulkan diadakan kompetisi di Sgp, usulan tersebut tidak ditanggapi
>> oleh pemegang merk yang lain, alhasil uji coba yang pernah saya lihat hanya
>> dilakukan oleh 1 pemegang merk saja maka saya rasa hasilnya akan tidak
>> objektif jika saya ceritakan di sini.
>>
>> Lalu bagaimana dengan memory? memory atau RAM biasa digunakan untuk
>> menyimpan data sementara dari program yang aktif, semakin besar kapasitas
>> RAM yang kita miliki maka akan semakin besar data yang bisa disimpan dalam
>> RAM tersebut. Secara umum komputer akan mengambil data yang sudah disimpan
>> dalam RAM dibanding mengambil langsung dari HDD agar proses dapat berjalan
>> lebih cepat.
>>
>> Kalau jumlah baris & kolom dalam Excel sudah dibatasi sampai dengan
>> jumlah tertentu, hanya saja dalam excel versi 2007 ke atas, jumlah sheet &
>> conditional formating dibatasi dengan kapasitas memory komputer.
>>
>> cmiiw
>>
>> Jan Raisin
>>
>> Pada 11 November 2012 11:50, lkm jktind <lkmjktind@gmail.com> menulis:
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Bila hendak merakit komputer desktop.
>>>
>>> Kebanyakan hanya untuk excel. (nga pakai untuk game , multi media ,
>>> atau photoshop)
>>>
>>> OS : win 7 : 64 bit
>>>
>>> 1. Prosesor : core to duo : 3,4 GB core 4 : 3 GB core 8 :
>>> 2,6 GB.
>>> mana yg lebih cocok buat excel. (lebih cepat). GB nya atau
>>> banyak nya core apakah bisa membuat excel lebih cepat.
>>>
>>> 2. memory .(ddr3) : 4 gb, 8 gb , 16 gb, 32 gb.
>>> berapa jumlah memory ideal nya yg di butuhkan buat excel.
>>>
>>> 3. Bila didalam excel : banyak formula nya . Jumlah row nya lumanyan
>>> saja : lebih butuh proseor atau memory ?
>>>
>>> 4. bila file excel nya row nya sangat banyak . lebih membutuhkan
>>> prosesor atau memory ?
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>>
>>> Lukman.
>>>
>>>
>>> nb : file excel 40 MB ~ 89 Mb
>>>
>>>
>>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar