Rabu, 19 Februari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2792

10 Messages

Digest #2792

Messages

Tue Feb 18, 2014 5:07 pm (PST) . Posted by:

"jackie yunianto" tanfidzularus


Thx u berat miss

untuk hasil nya memang sudah sesuai, cm jika range nya dinamic, apakah masih berlaku formulanya miss, atau perlu penyesuaian,

------------------------------
Pada Sel, 18 Feb 2014 09:32 ICT Jan Raisin menulis:

>Hmm.. pendekatannya beda ya? bisa kasih format yang diinginkan?
>Jan belum sempat membaca email-email yang agak lama, jadi kasih solusi
>berdasarkan email terakhir yang terbaca, karena tidak ada format laporan
>yang diminta maka solusi yang Jan berikan hasil improvisasi Jan sendiri
>dengan harapan mudah untuk dipelajari dan diterapkan pada kasus yang lain.
>
>dalam file yang Jan kirimkan, budget melekat kepada Grade (bukan ke nama),
>jadi jika nama diganti tidak akan mempengaruhi formula
>Actual melekat ke masing-masing person, jika nama akan diganti dengan angka
>misalnya NIP maka harus dipastikan bahwa NIP harus bersifat unik (tidak ada
>yang sama) dan format penulisannya pun seragam. Hal ini pun tidak akan
>mengubah formula, kecuali jika ada NIP 22 dan 122, maka kemungkinan besar
>formula harus diubah dengan menambahkan fungsi MATCH
>
>Wassalam,
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 18 Februari 2014 08.49, jackie yunianto <tanfidzularus@yahoo.co.id>menulis:
>
>>
>>
>>
>>
>> terima kasih banyak miss,
>>
>> pendekatan yg berbeda ternyata, ..
>>
>> jika pada kolom "nama" berupa angka,
>> apakah perlu penyesuaian rumus lagi miss?
>>
>> ------------------------------
>> Pada Sen, 17 Feb 2014 20:48 ICT Jan Raisin menulis:
>>
>> >coba cek file terlampir
>> >
>> >Wassalam,
>> >
>> >-Miss Jan Raisin-
>> >
>> >
>> >Pada 17 Februari 2014 15.40, jackie yunianto <tanfidzularus@yahoo.co.id
>> >menulis:
>> >
>> >
>> >
>> >
>> > resend
>> > mohon bantuan ya teman-teman
>>
>> >
>> > >Dear Om Kid,
>> > >
>> > >Terima Kasih banyak untuk response nya
>> > >
>> > >menyambung dari email om hendrik
>> > >
>> > >
>> > >Mungkin Penjelasannya yg kurang jelas
>> > >
>> > >Terlampir saya ulang
>> > >
>> > >
>> > >Pada attachment terdapat sheet :
>> > >
>> > >1. Expense : beban aktual tiap orang per bulan
>> > >
>> > >2. Budget : yg berisi informasi mengenai Budget masing-masing orang,
>> > grade tiap orang, dan product/ kode pembebanan(pengeluaran)
>> > >
>> > >
>> > >Yg ingin di ketahui adalah:
>> > >
>> > >1. Biaya actual dari masing-masing orang per bulan, apakah over budget
>> > atau tidak
>> > >
>> > >2. Sisa Budget Masing-masing orang
>> > >
>> > >3. Prakiraan biaya bulan yg akan datang yg di keluarkan dengan tren
>> > pengeluaran yg ada
>> > >
>> > >
>> > >------------------------------
>> > >Pada Rab, 12 Feb 2014 20:52 ICT Mr. Kid menulis:
>> > >
>> > >Hai Yunianto,
>> > >
>> > >*** lain kali ndak usah pakai cc, bcc, atau to ke selain akun milis
>> ya...
>> > >
>> > >cell M3 diberi formula :
>> >
>> >
>> >=SUMPRODUCT(ISNUMBER(FIND(TRIM(LOWER($H$3:$H$8)),LOWER(L3)))*$I$3:$I$8)-SUMPRODUCT(ISNUMBER(MATCH($E$4:$E$34,INDEX(ISNUMBER(FIND(TRIM(LOWER($H$11:$H$16)),LOWER(L3)))*$I$11:$I$16,0),0)*FIND(TRIM(LOWER($C$4:$C$34)),LOWER(L3)))*$D$4:$D$34)
>> > >
>> > >Wassalam,
>> > >Kid.
>> > >
>> > >
>> > >
>> > >
>> > >2014-02-12 13:35 GMT+07:00 jackie yunianto <tanfidzularus@yahoo.co.id
>> >:
>> >
>> > >
>> > >
>> > >
>> > >
>> > > dear teman semua,
>> > > mohn bantuannya untuk case yg saya hadapi berikut, karena selalu
>> muncul
>> > > hasilnya menjadi 0,
>> > >
>> > > thx
>>

Tue Feb 18, 2014 5:37 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Yunianto,

jika range bersifat dinamis maka bisa diatasi dengan salah satu cara
berikut ini:

1. Excel Table (excel 2007 ke atas) atau List (excel 2003 ke bawah)
2. Named Range
3. formula Index (tidak bersifat volatile)
4. formula OffSet (bersifat volatile)

mana diantara ketiga solusi tersebut yang sebaiknya digunakan?
Jan pribadi akan memilih berurutan mulai nomer 1 sampai nomer terakhir,
tergantung dengan kasus yang dihadapi, tetapi jika database disusun
berdasarkan tabel yang baik maka seharusnya pilihan nomer 1 sudah cukup
untuk membuat solusi.

Menyinggung file yang Jan kirimkan kemarin, ada 3 bagian yang Jan masukkan
yaitu:

1. Budget
2. Actual
3. Sisa Budget

jika dirasa solusi terlalu panjang, maka yang nomer 1 dan 2 bisa langsung
digabungkan sehingga akan menampilkan tabel Sisa Budget saja.
caranya gimana? cukup dengan menggabungkan formula pada Budget dengan
formula pada Actual, silakan dicoba langsung ^_^

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 18 Februari 2014 19.47, jackie yunianto <tanfidzularus@yahoo.co.id>menulis:

>
>
>
> Thx u berat miss
>
> untuk hasil nya memang sudah sesuai, cm jika range nya dinamic, apakah
> masih berlaku formulanya miss, atau perlu penyesuaian,
>
> ------------------------------
> Pada Sel, 18 Feb 2014 09:32 ICT Jan Raisin menulis:
>
>
> >Hmm.. pendekatannya beda ya? bisa kasih format yang diinginkan?
> >Jan belum sempat membaca email-email yang agak lama, jadi kasih solusi
> >berdasarkan email terakhir yang terbaca, karena tidak ada format laporan
> >yang diminta maka solusi yang Jan berikan hasil improvisasi Jan sendiri
> >dengan harapan mudah untuk dipelajari dan diterapkan pada kasus yang lain.
> >
> >dalam file yang Jan kirimkan, budget melekat kepada Grade (bukan ke nama),
> >jadi jika nama diganti tidak akan mempengaruhi formula
> >Actual melekat ke masing-masing person, jika nama akan diganti dengan
> angka
> >misalnya NIP maka harus dipastikan bahwa NIP harus bersifat unik (tidak
> ada
> >yang sama) dan format penulisannya pun seragam. Hal ini pun tidak akan
> >mengubah formula, kecuali jika ada NIP 22 dan 122, maka kemungkinan besar
> >formula harus diubah dengan menambahkan fungsi MATCH
> >
> >Wassalam,
> >
> >-Miss Jan Raisin-
> >
> >
> >Pada 18 Februari 2014 08.49, jackie yunianto <tanfidzularus@yahoo.co.id
> >menulis:
> >
> >>
> >>
> >>
> >>
> >> terima kasih banyak miss,
> >>
> >> pendekatan yg berbeda ternyata, ..
> >>
> >> jika pada kolom "nama" berupa angka,
> >> apakah perlu penyesuaian rumus lagi miss?
> >>
> >> ------------------------------
> >> Pada Sen, 17 Feb 2014 20:48 ICT Jan Raisin menulis:
> >>
> >> >coba cek file terlampir
> >> >
> >> >Wassalam,
> >> >
> >> >-Miss Jan Raisin-
> >> >
> >> >
>

Tue Feb 18, 2014 10:53 pm (PST) . Posted by:

"Soengging respati naba" respati007

Dear Para Master,

Mohon Pencerahan saya punya case Copy Paste antar Sheet
Case :
Saya ingin mengcopy sheet Target dan sheet Form Daily ke dalam Sheet RawData
dengan PasteSpecial xlPasteValues dan Transpose:= True, saya ingin
menambahkan Offset (1,0) bila saya ingin menyimpan kembali akan berada di
bawah hasil copy yang sebelum nya

saya sudah mencoba beberapa codding tapi tidak berhasil selalu debug.

Codding sudah ada di dalam ada 3 cara yang saya buat, Mohon pencerahan para
master.

Terlampir File tsb.

Terima kasih.

Wed Feb 19, 2014 1:02 am (PST) . Posted by:

"dony cahyadi" donycahyadi11

Saya dony dari tangerang, saya ingin bertanya bagaimana cara membuat suatu list menjadi berubah warna fontnya berdasarkan tanggal tertentu (terutama hari libur) ini saya butuhkan sekali untuk efisiensi pekerjaan saya.. saya akan lampirkan contoh file dalam bentuk attachment

terimakasih

dony





Wed Feb 19, 2014 1:36 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Don;

1. Block A2:P2

2. Click Format, Pilih Conditional Formatting …

3. Condition 1, pilih Formula Is

4. Isikan formula berikut =TEXT($C2,"ddd")="sun";

5. Atur format yg diinginkan lalu OK

6. Block A2:P2 lalu tekan tombol Ctrl+C (Copy)

7. Block A2:P29 lalu paste special, pilih formats lalu OK

8. Selesai

Wassalam

~ Bagus ~

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of dony cahyadi
Sent: Wednesday, February 19, 2014 3:55 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mod: Merubah warna tulisan untuk tanggal tertentu [1 Attachment]

Saya dony dari tangerang, saya ingin bertanya bagaimana cara membuat suatu list menjadi berubah warna fontnya berdasarkan tanggal tertentu (terutama hari libur) ini saya butuhkan sekali untuk efisiensi pekerjaan saya.. saya akan lampirkan contoh file dalam bentuk attachment

terimakasih

dony

Wed Feb 19, 2014 2:05 am (PST) . Posted by:

"dony cahyadi" donycahyadi11

maaf master,,, saya tidak menemukan conditional formating di menu format<home. apakah yang dimaksud master bukan format yg ada di menu home?

On Wednesday, February 19, 2014 4:54 PM, Bagus <bagus@kingjim.co.id> wrote:

 
Hai Don;
 
1.       Block A2:P2
2.       Click Format, Pilih Conditional Formatting …
3.       Condition 1, pilih Formula Is
4.       Isikan formula berikut =TEXT($C2,"ddd")="sun";
5.       Atur format yg diinginkan lalu OK
6.       Block A2:P2 lalu tekan tombol Ctrl+C (Copy)
7.       Block A2:P29 lalu paste special, pilih formats lalu OK
8.       Selesai
 
 
 
Wassalam
~ Bagus ~
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On
Behalf Of dony cahyadi
Sent: Wednesday, February 19, 2014 3:55 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mod: Merubah warna tulisan untuk tanggal
tertentu [1 Attachment]
 
 
Saya dony dari tangerang, saya ingin bertanya bagaimana cara
membuat suatu list menjadi berubah warna fontnya berdasarkan tanggal tertentu
(terutama hari libur) ini saya butuhkan sekali untuk efisiensi pekerjaan
saya..  saya akan lampirkan contoh file dalam bentuk attachment

terimakasih

dony
 

Wed Feb 19, 2014 3:22 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Dony;

Iya benar;

Utk excel 2007 up ada di Tab Home.

Utk excel 2003 ada di menu format

File terlampir

Wassalam

~ Bagus ~

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of dony cahyadi
Sent: Wednesday, February 19, 2014 4:48 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mod: Merubah warna tulisan untuk tanggal tertentu

maaf master,,, saya tidak menemukan conditional formating di menu format<home. apakah yang dimaksud master bukan format yg ada di menu home?

On Wednesday, February 19, 2014 4:54 PM, Bagus <bagus@kingjim.co.id> wrote:

Hai Don;

1. Block A2:P2

2. Click Format, Pilih Conditional Formatting …

3. Condition 1, pilih Formula Is

4. Isikan formula berikut =TEXT($C2,"ddd")="sun";

5. Atur format yg diinginkan lalu OK

6. Block A2:P2 lalu tekan tombol Ctrl+C (Copy)

7. Block A2:P29 lalu paste special, pilih formats lalu OK

8. Selesai

Wassalam

~ Bagus ~

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of dony cahyadi
Sent: Wednesday, February 19, 2014 3:55 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mod: Merubah warna tulisan untuk tanggal tertentu [1 Attachment]

Saya dony dari tangerang, saya ingin bertanya bagaimana cara membuat suatu list menjadi berubah warna fontnya berdasarkan tanggal tertentu (terutama hari libur) ini saya butuhkan sekali untuk efisiensi pekerjaan saya.. saya akan lampirkan contoh file dalam bentuk attachment

terimakasih

dony

Wed Feb 19, 2014 2:25 am (PST) . Posted by:

"kiki tanjung" kieki_e

Dear Miss Jan

Thanks so much atas pencerahannya. Semoga ada masukan dari master-master yang lain.

On Monday, February 17, 2014 9:25 PM, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:

 
Hai Kiki,

sependek pengetahuan Jan, skydrive tidak mendukung file dengan maro embeded, jika ingin tetap melakukan kolaborasi dengan user lain menggunakan web app mungkin bisa mencoba GDoc, hanya saja macronya harus ditulis ulang dengan bahasa Java.
cmiiw,

Mungkin mr. Kid, pak Anton, dan pak De Premor yang merupakan para pakar IT bisa memberikan masukkan tambahan.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 15 Februari 2014 15.38, <kieki_e@yahoo.com> menulis:

 
>Dear BeExceller
>Salam hormat dari saya..
>Mohon petunjuknya, apakah file excel kita yang berisi macro tidak dapat running di excel web apps (microsoft skydrive).
>Bagaimana solusinya jika file yang berisi macro itu merupakan file kolaborasi beberapa users dan tetap ingin menggunakan excel web apps. Jika macro-macro itu di ubah menjadi rumus-rumus formula, maka ukuran file menjadi membengkak.
>Demikian pertanyaan saya yang sangat awam ini.
>Thanks so much
>

Wed Feb 19, 2014 4:46 am (PST) . Posted by:

"kiki tanjung" kieki_e

Dear BeExceller

Mohon pencerahan atas kasus yg sy alami

Sy punya satu file workbook Excel 2013 yang berbentuk tabel fakta, output report atas tabel tersebut menggunakan Pivot Table.
Workbook berisi :

Sheet 1 :
- 10 kolom
- 2000 Row

Sheet 2 :
- 26 kolom, hanya ada 1 kolom berisi data numerik dan tidak ada kolom yg berisi perhitungan matematis.
- 120.113 Row
- Dari 26 kolom, 10 kolom berisi rumus vlookup referensi dari sheet 1

Dengan data tersebut, workbook tersebut ukurannya adalah 25 MB.

Sementara jika kolom yang berisi rumus vlookup itu di delete, maka ukurannya mengecil menjadi 10 MB.

Pertanyaannya :
1. Apakah penggunaan rumus vlookup membuat ukuran file membengkak?
2. Bagaimana solusinya membuat file menjadi kecil dengan tetap menggunakan kolom berisi rumus vlookup tersebut, karena jika kolom tersebut dihilangkan, maka inputannya akan manual dan menghabiskan waktu.

Demikian pertanyaan saya. Semoga dapat menjadi pencerahan jg untuk rekan2 lain yg mungkin mempunyai masalah yg sama.
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar